Koran Jakarta | September 21 2018
No Comments

Dua MPV Premium Tanpa Tanding

Dua MPV Premium Tanpa Tanding

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil tujuh penumpang menjadi pilihan hampir semua kelas ekonomi di Indonesia. Mereka yang menggunakan MPV menengah bisa naik kelas ke premium yang menawarkan banyak kelebihan.

Dua mobil multi purpose vehicle (MPV/mobil keluarga multifungsi) premium  yang saat ini digemari kalangan atas di Indonesia adalah Toyota, yakni Alphard dan Vellfire. Kedua mobil ini pada 2017 berhasil meningkatkan pangsa pasar menjad 91,9 persen dari 86,5 persen pada 2016, dengan penjualan 4.126 unit atau naik 41,45 persen dibandingkan 2016 sebesar 2.917 unit.

Dengan meningkatnya jumlah kelas menengah, angka pertumbuhan Alphard dan Vellfire jauh di atas pertumbuhan penjualan segmen luxury MPV secara nasional sebesar 33,17 persen. “Kami sangat mengapresiasi pilihan pelanggan yang telah menempatkan Alphard dan Vellfire sebagai market leader di segmen luxury MPV,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran pers terkait hadirnya model baru dua mobil tersebut. 

Kali ini TAM memang hanya tidak melakukan peluncuran resmi model baru dari Alphard dan Vellfire.  Kedua model baru yang nyaris tanpa pesaing ini mengalami kenaikan antara 20,5 juta hingga 50,3 juta rupiah tergantung tipe.

"Untuk memberikan benefit yang lebih tinggi kepada pelanggan, pada hari ini, Toyota secara resmi meluncurkan New Alphard dan New Vellfire dengan penampilan dan kenyamanan yang lebih advance,” imbuh Henry.

Tipe terdendah yaitu Alphard 2.5 X dibanderol sebesar  925.200.000 rupiah, atau mengalami kenaikan 20,5 juta rupiah. Alphard Tipe 2.5 G dijual pada harga 1.079.600.000 rupiah, atau naik 24,9 juta rupiah. Alphard Tipe 3.5 Q dikenakan harga 1.773.400.000, atau naik 50,3 juta rupiah, dan Vellfire 2.5 G dijual 1.077.600.000 rupiah atau naik 22,5  juta rupiah.

Henry mengatakan Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang berbeda kendati menempati segmen MPV mewah. New Alphard didesain dengan nuansa yang lebih formal dan dinamis sedangkan New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan penuh dengan sentuhan hightech.

Buat semua varian Alphard warna kabin didominasi metal brown wood, namun khusus buat varian tertinggi, 3.5 Q dilengkapi brown olive ash brull woodgrain. Sementara itu pada Vellfire varian 2.5 G memakai ornamen interior metal wood dominasi hitam. Toyota Vellfire 2018. Toyota Vellfire 2018. 

Desainer Toyota telah melakukan sejumlah perubahan untuk lebih menyempurnakan penampilan, kenyamanan, dan fitur keselamatan pada Alphard dan Vellfire. Dengan desain baru, tampilannya terlihat semakin mewah dengan perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel menjadikan New Alphard dan New Vellfire kian menarik perhatian.

Alphard dan Vellfire terbaru dilengkapi fiturdigital rear view mirror yang menambah sudut pandang kamera parkir. Buat Vellfire sekarang ada tambahan blind spot monitor dan untuk varian 3.5 Q ada teknologi auto idling. Buat Alphard varian Q kini menggunakan mesin V6 3.5L bertransmisi baru, otomatis 8-percepatan.

“Melalui penyempurnaan desain, baik eksterior dan interior, New Alphard kini tampil semakin mewah dan menawan, sementara New Vellfire kian menampilkan gaya khasnya yang lebih berani,” ujar Henry.

Kedua mobil ini dilengkapi beberapa fitur yang menunjang kenyamanan pada saat berkendara antara lain Digital Rear View Mirror untuk melengkapi kamera parkir yang sudah ada sebelumnya dengan tambahan angle pengelihatan pada saat parkir.

Khusus untuk varian 2.5 G, 3.5 Q, 2.5 G Vellfire, dan Hybrid mendapat fitur tambahan berupa Blind Spot Monitor yang berfungsi lebih mempermudah pengemudi dengan menambah luas pandangan di bagian blind spot. Guna mendukung kinerja konsumsi bahan bakar, varian 3.5 Q telah menggunakan teknologi auto idling terbaru.

New Alphard dan New Vellfire menawarkan warna baru, yaitu Steel Blonde Metallic dan Graphite Metallic menggantikan warna pada model sebelumnya. Khusus untuk varian Q dilengkapi dengan mesin berteknologi V6 dengan VVt-i dan menggunakan transmisi baru, yaitu 8 AT. Selain hemat bahan bakar, teknologi ini juga diklaim semakin ramah lingkungan. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment