Koran Jakarta | May 25 2019
No Comments

Dirilis, Chipset dengan “Speaker” Pintar

Dirilis, Chipset dengan “Speaker” Pintar

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Internet of things (IoT) membuka kesempatan bagi vendor chipset untuk mentenagai lebih banyak perangkat. Salah satu yang menjadi bidikan penyedia chipset adalah speaker pintar, yang terhubung dengan aplikasi Amazon Alexa, Apple Siri, dan Google Assistant.

MediaTek, yang selama ini dikenal mentenagai perangkat ponsel, menggandeng Amazon untuk mentenagai Alexa, seperti speaker pintar Echo Plus, Echo Sport, Echo Dot dan Echo input. Dengan teknologi Mediatek NeuroPilot, MediaTek memiliki AI dari sumber platform dari sumber terbuka (open source).

Platform AI NeuroPilot dikembangkan lebih lanjut karena pada tahun lalu di Google I/O, Android Things sudah mulai dicanangkan oleh Google dan Mediatek merupakan salah satu partner mereka, dalam pengembangan speaker pintar.

Senior Manager Corporate Sales Asia & Africa MediaTek, Pang Sui Yen, menuturkan Mediatek menjadi penguasa pasar di perangkat assiten suara, dan menjadi nomor satu di pasar tablet Android meski hanya berada di urutan dua untuk perangkat ponsel.

“Kami sejauh ini menjadi nomor satu di perangkat asisten suara,” ungkap Joyce Hsiung, dalam kunjungannya di Jakarta.

Penguasaan ini sebenarnya kurang bernilai dibandingkan pada pasar ponsel, karena penguasaan pasar di tablet kurang begitu besar secara uniti.

Di Indonesia, hanya Samsung dan Advan yang menawarkan produk tablet kepada konsumen. “Memang pasar tablet semakin menurun, kondisi ini tidak hanya di Indonesia tapi di global,” kata dia.

Menurut laporan IDC, pasar tablet Android pada kuartal kedua 2018 mengalami penurunan sebesar dua digit. Padahal kuartal dan beberapa tahun sebelumnya penurunan hanya satu digit. Angka pengiriman global tablet Android yang awalnya 33 juta berkurang sebanyak lima juta unit pada kuartal tersebut. IDC menyebut penurunannya menyentuh 13,5 persen.

Tren penurunan tersebut diantipasi MediaTek dengan menggarap pasar speaker suara. Dengan menurunnya pasang pasar tablet MediaTek kemudian bermain di pasar smart home device, salah satunya di smart speaker. Speaker pintar diyakini akan berkembang di masa depan, dengan teknologi AI di dalamnya yang membutuhkan system on chip.

MediaTek memiliki modal teknoogi AI NeuroPilot yang telah dibenamkan pada MediaTek P60 yang dirilis 2018. Teknologi ini juga ditanam pada MediaTek P70, yang memilki konsep EdgeAI, yang berbeda dengan teknologi AI yang lain.

Jika kebanyakan proses kerja teknologi yang sama mengandalkan koneksi internet cepat dan bekerja di platform cloud, yang kinerjanya akan tergantung dengan kecepatan koneksi internet, EdgeAI bekerja berkerja di dalam perangkat.

Melalui teknologi AI NeuroPilot yang berada di dalam smart speaker Amazon Echo, asisten digital mendukung kemampuan AI, dan bisa mengenali kebiasaan penggunanya dengan sangat mendalam untuk menyajikan pengalaman yang lebih personal dan terbaik. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment