Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Dipengaruhi Dinamika Perang Dagang

Dipengaruhi Dinamika Perang Dagang

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan menguat, hari ini (26/8), melanjutkan apresiasi pada perdagangan akhir pekan lalu. Peningkatan kembali ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok menjadi penyebabnya.

Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara Tiongkok akhir pekan lalu menyatakan pihaknya akan mengenakan tarif tambahan pada barang-barang impor dari AS senilai sekitar 75 miliar dollar AS sebagai tanggapan atas kenaikan tarif Amerika yang baru diumumkan terhadap barang-barang Tiongkok.

Berdasarkan undang-undang dan disetujui oleh Dewan Negara, total 5.078 produk AS akan dikenakan tarif tambahan 10 persen atau lima persen. “Kenaikan tarif akan dilaksanakan dalam dua kelompok dan mulai berlaku masing-masing pada pukul 24.01 malam waktu Beijing pada 1 September dan pukul 24.01 malam waktu Beijing pada 15 Desember,” menurut pernyataan Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara.

Di tengah kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan AS dan Tiongkok, kurs dollar AS turun tajam terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat (23/8) waktu New York atau Sabtu (24/8). Indeks dollar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,55 persen menjadi 97,6408 pada akhir perdagangan.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore terapresiasi, masih terimbas kebijakan Bank Indonesia yang memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan atau BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR). Rupiah menguat 22 poin dari sehari sebelumnya menjadi 14.213 rupiah per dollar AS. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment