Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments

Data Center Dukung Perekonomian Digital

Data Center Dukung Perekonomian Digital

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Ketika teknologi digital berlum berkembang seperti sekarang, Telkom memiliki Stasiun Telepon Otomat (STO), yang tersebar di berbagai daerah. STO befungsi untuk menyambungkan layanan telepon antar pelanggan.

Namun di era digital dan internet seperti sekarang ini teknologi STO tidak dibutuhkan lagi. Telkom menyulap ruangan bekas STO di berbagai wilayah di Indonesia sebagai data center bernama NeuCentrIX singkatan dari Neutral Cloud and Internet Exchange.

Terakhir pada Januari 2019, Telkom mengubah STO di kota Manado menjadi NeuCentrIX. NeucentrIX ID-10 di Manado kini telah tergabung dalam 14 data center yang dioperasikan Telkom Group untuk melayani Indonesia.

NeuCentrIX di Manado merupakan fasilitas data center tier-2 seluas 460 meter persegi dengan ruang IT hall seluas 227 meter persegi. Data center ini terletak di lokasi strategis Second Gateway yang merupakan pintu konektifitas global dan main Point of Presence (PoP) yang merupakan agregasi network nasional sehingga akan memperbaiki latency, packet loss dan jitter HSI ke Amerika Serikat dan untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Data center NeuCentrIX, bagi Telkom merupakan merek data center dengan kualifikasi tier 2. “NeuCentrIX menghadirkan data center yang terkoneksi dengan network Telkom maupun operator lain baik domestik maupun global,” ujar dia.

Bagi para pelanggan, dengan menggunakan content provider domestik mereka bisa mengunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dan dapat merasakan manfaat akses global. Hal ini karena layanannya tergolong dalam neutral data center yang terkoneksi ke berbagai servis dan jaringan provider dari seluruh dunia.

Saat ini NeuCentriX terdapat di 17 lokasi, di 11 kota di dalam negeri, 3 lokasi di Singapura dan 1 lokasi di Hong Kong.

NeuCentrIX dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional untuk mengakomodasi peluang pasar konten provider di regional yang terhubung dengan 260 juta masyarakat Indonesia. NeuCentriX serta jutaan lainnya melalui keberadaan 65 point of presences di seluruh penjuru dunia yang dikelola anak perusahaan Telkom yakni Telin. Dengan layanan data center tersebut dihgarapkan menjadi bagian dari inisiatif Telkom- Group untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Digital Hub.

Hal ini diwujudkan dengan menyelesaikan proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan sistem kabel dari dua benua, yakni Eropa dan Amerika. Salah satu implementsi strategis dari Global Digital Hub diwujudkan dengan tersedianya data center guna mendukung dan mempercepat pembangunan ekosistem digital di Indonesia.

“Kehadiran NeuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia. Karenanya peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia,” demikian kata Edwin.

Kami percaya bahwa kehadiran Telkom pada konvensi ini akan bermanfaat tidak hanya bagi Profesional IT dalam memperoleh pengetahuan terbaru mengenai teknologi cloud dan data center. Selain itu juga akan menambah wawasan mengenai perkembangan cloud dan data center di Indonesia,” ujar Edwin. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment