Ceko Incar Proyek Kereta Api Bandara di Yogyakarta | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2020
No Comments
Infrastruktur Perhubungan

Ceko Incar Proyek Kereta Api Bandara di Yogyakarta

Ceko Incar Proyek Kereta Api Bandara di Yogyakarta

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Pemerintah Republik Ceko berkeinginan menggandeng Pemerintah Dae­rah (Pemda) DIY bekerja sama dalam hal transportasi. Tindak lanjut dari keinginan ini akan segera dilaksanakan, utamanya untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan ke banda­ra baru Yogyakarta.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Guber­nur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko, Miloslav Stasek, awal pekan ini.

Bertempat di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yo­gyakarta, Gubernur DIY meng­ungkapkan, kerja sama dalam hal transportasi ini akan di­lakukan oleh beberapa peru­sahaan asal Ceko yang terkait dengan kereta api. “Kerja sama ini sudah terkonsolidasi dan akan dilakukan dengan PT.KAI. Namun memang lokasi kerja sama ada di Jogja (Yogyakarta). Pertama, akan ada kereta api yang menghubungkan banda­ra dengan Kota Yogyakarta, ke­dua, menghubungkan bandara dengan objek wisata Borobu­dur,” jelas Sri Sultan.

Sri Sultan mengatakan, pembicaraan terkait kerja sama di bidang transportasi ini sudah mulai diinisiasi se­jak tahun lalu. PT KAI juga su­dah melakukan pengecekan. Nantinya, kereta api yang akan beroperasi menghubungkan bandara dengan Kota Yogya­karta adalah model kereta dari Ceko yang berstandar Jerman, tapi harga lebih murah.

Sementara itu, Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko, Miloslav Stasek mengatakan, kedatan­gannya bertemu dengan Gu­bernur DIY bertujuan untuk membicarakan potensi yang bisa dikerjasamakan antara DIY dengan Republik Ceko. Dalah hal ini, bidang yang menjadi sasaran kerja sama adalah transportasi, yakni pe­nyediaan kereta api sebagai pilihan transportasi terbaik un­tuk menghubungkan beberapa tempat di DIY.

“Sudah ada pembicaraan untuk kami ikut berpartisipasi terkait konektivitas yang men­ghubungkan antara bandara yang baru dengan Kota Yog­yakarta, serta bandara dengan Borobudur. Saat ini sudah ada minat yang ditunjukkan beber­apa perusahaan asal Ceko un­tuk kerja sama ini,” imbuhnya. YK/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment