Koran Jakarta | August 22 2017
No Comments

Bubarkan BPKP, Bentuk Perwakilan KPK di Daerah

Bubarkan BPKP, Bentuk Perwakilan KPK di Daerah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Korupsi di Indonesia, tidak akan mudah dikikis, bila aparat penegak hukum tidak mengutamakan unsur pencegahan. Perlu dipikirkan untuk membentuk cabang-cabang KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di daerah-daerah. Hal tersebut diungkapkan Pengamat hukum kerugian keuangan negara, Sudirman saat ditemui di acara peluncuran buku ‘Kriminalisasi Audit Kerugian Keuangan Negara’ di Jakarta, Kamis (10/8).

Menurut Sudirman, korupsi di Indonesia sudah semakin parah. “Sampai kiamat, kalau cara pemberantasannya dengan cara menindak, tidak akan habis korupsi di Indonesia,” kata Sudirman. Tingginya biaya politik saat seseorang mencalonkan diri menjadi pimpinan daerah, menjadi penyebab kenapa oknum kepala daerah melakukan korupsi.

“Karena mereka berusaha mengembalikan modal yang telah dikeluarkannya. Jalan pintasnya melakukan korupsi,” ujar Sudirman. Karena itu kalau korupsi mau habis, maka yang perlu diutamakan adalah melakukan upaya pencegahan. “Kalau berharap KPK melakukan pencegahan juga, itu cuma mimpi indah,” kata Sudirman. eko/AR-3

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment