Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
DISKONTO

BRI Dukung Kampanye “Traveling” Aman Ke Mancanegara

BRI Dukung Kampanye “Traveling” Aman Ke Mancanegara

Foto : Koran Jakarta/M. Fachri
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kedua dari kanan) bersama Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (kedua dari kiri) saat peluncuran BRIZZI edisi Safe Travel di sela pembukaan Festival The Safe Travel Fest 2018 di Jakarta , Sabtu (14/4). Dukungan Bank BRI terhadap peluncuran mobile Safe Travel Kemlu merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan WNI di luar negeri.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTATA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendukung program Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu) meningkatkan perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Dukungan itu disampaikan dalam acara The Safe Travel Fest 2018 yang berlangsung di Jakarta dari 11 hingga 15 April 2018 yang dihadiri Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto serta Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto. Dalam acara puncak The Safe Travel Fest 2018, diluncurkan aplikasi mobile Safe Travel Kemlu yang menjadi multi-platform (android, iOS, web, dan media sosial).

“Mengutip data dari Kemenlu, sekitar 3 juta WNI berada di luar negeri sebagai pekerja migran, pelajar dan anak buah kapal (ABK). Sementara tercatat 18 juta WNI traveling ke luar negeri untuk keperluan wisata (termasuk wisata religi). Jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar. Oleh karenanya Bank BRI ingin berpartisipasi aktif untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan WNI di luar negeri,” ujar Suprajarto.

Aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan membantu WNI dalam mengenal negara tujuannya lebih baik lagi. Fitur-fitur Safe Travel Kemlu yang dapat WNI manfaatkan antara lain Informasi lengkap negara-negara di dunia, yang meliputi, status negara (Berupa tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna.), Akses Pelayanan Perwakilan RI, Daftar 130 Perwakilan RI ( Menyediakan informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan hotline Perwakilan RI, baik Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun bila terdapat Konsulat RI.

Salah satu fitur yang sangat krusial adalah adanya Tombol Darurat, dimana dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian. A plikasi juga memberikan kemudahan bagi para traveler untuk menemukan titik-titik krodinat Unit Kerja Luar Negeri Bank BRI yang ada di negara yang dikunjungi. 

 

bud/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment