Koran Jakarta | December 13 2017
No Comments

Brasil Siap Rebut Gelar Keenam

Brasil Siap Rebut Gelar Keenam

Foto : REUTERS/Leonardo Benassatto
OPTIMISTIS I Para pemain Brasil saat merayakan kemenangan mereka atas Chile 3-0, beberapa waktu lalu. Brasil optimistis menatap persaingan Piala Dunia Russia 2018 dan bertekad merebut gelar keenam di ajang sepakbola paling bergengsi tersebut.
A   A   A   Pengaturan Font

RIO DE JANIERO – Tiga tahun lalu Brasil kalah telak 1-7 dari Jerman di semifinal Piala Dunia di depan pendukung mereka sendiri. Namun setelah laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018, pelatih Tite mengatakan “Seleceao” kembali menunjukkan permain terbaik dan siap untuk merebut gelar keenam Piala Dunia.

“Saya ingin memberi lebih banyak pemain kesempatan tapi saya tidak bisa, tidak ada cukup waktu,” ujar Tite setelah timnya, yang memuncaki grup kualifikasi Amerika Selatan, mengalahkan Chile 3-0, Rabu (11/10).

Mantan pelatih Corinthians itu telah mengubah performa tim sejak mengambil alih pada Juni tahun lalu. Saat itu Brasil masih mengalami kekecewaan kalah di Piala Dunia, baru saja tersingkir dari Copa America dan berada di urutan keenam dalam kualifikasi 10 tim Amerika Selatan.

Di bawah bimbingannya, “Seleceao” telah memenangkan 10 dan imbang dua kali di babak kualifikasi sejak saat itu. Brasil menyelesaikan kualifkiasi dengan unggul 10 poin di atas Uruguay yang menempati posisi kedua.

Brasil kembali menunjukkan penamplan impresif dengan empat bek yang solid, lini tengah yang kuat dan lini serang mematikan.

“Sepakbola yang dimainkan tim ini membuat saya senang,” ujar Tite. “Ini menunjukkan apa apa yang saya yakini di sepakbola, menghubungkan keefektifan dengan permainan cantik dan kemenangan,” sambungnya.

“Saya tidak memiliki kemampuan untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan, saya tidak tahu ke mana kami akan melangkah,” tandasnya.

Brasil telah memiliki 11 starter, namun akan ada persaingan untuk tempat bagi 23 skuad untuk Piala Dunia tahun depan di Russia.

Tite mengatakan Marcelo, Filipe Luis dan Alex Sandro berada dalam pandangannya untuk dua tempat tersisa. Gil, Jemerson dan Rodrigo Caio juga akan bersaing untuk tempat di lini pertahanan bersama Miranda dan Thiago Silva. Ada juga perdebatan mengenai siapa yang akan menjadi pilihan ketiga setelah kiper Alisson dan Ederson.

Douglas Costa, Diego Tardelli dan Taison semua berharap bisa memenangkan satu tempat di lini serang. Sementara di lini tengah, Tite harus memutuskan apakah akan membawa gelandang muda Gremio Luan dan Artur atau memilih pemain bepengalaman Giuliano, Lucas Lima atau Diego.

Sebagai bagian dari persiapan jelang Piala Dunia, Brasil menghadapi Inggris di Wembley pada 10 November dan Jepang di Lille empat hari kemudian. Mereka juga akan menghadapi Jerman di Berlin pada tanggal 27 Maret tahun depan.

Sementara penyerang Brasil, Neymar, mengaku bahagia Argentina bisa lolos ke Piala Dunia dan turut bahagia dengan keberhasilan sahabatnya Lionel Messi. Kedua pemain bermain bersama selama empat musim di Barcelona.

"Saya bahagia melihat seorang teman akan berpartisipasi di kompetisi yang begitu penting. Saya juga punya teman di timnas Chile, namun kami semua adalah pria. Kami bermain untuk memenangkan semua pertandingan." ben/Rtr/S-1

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment