Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 29 2020
iklan koran jakarta

Asing Mulai Kembali ke Pasar Obligasi

Rabu 28/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Yield obligasi negara tenor 10 tahun akan turun ke kisaran 6,25 persen di kuartal IV-2020. » Pertumbuhan kredit dan belanja pemerintah akan dipacu maksimal...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Presiden: Keteladanan Nabi, Memandu Membangun Indonesia Maju

Kamis 29/10/2020 | 12:15
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan tuntunan dan keteladanan Nabi Muhammad SAW memandu bangsa dalam membangun Indonesia maju.

"Tuntunan dan keteladanan baginda Nabi Muhammad SAW memandu kita dalam membangun Indonesia yang maju," ujar Presiden dalam unggahan di akun Instagram @jokowi berkaitan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagaimana dikutip di Jakarta, Kamis.

Presiden mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari ini dilakukan dengan menyampaikan selawat kepada Nabi.

"Seraya mengingat beratnya perjuangan beliau dalam membawa kebenaran, tuntunan, dan teladan bagi umat manusia," ujar Presiden. Ant/N-3

Tampilkan Semua

Panglima TNI Pimpin Sertijab 2 Jenderal Bintang Tiga

Kamis 29/10/2020 | 12:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin serah terima jabatan (Sertijab) dua jenderal bintang tiga. Mereka yang melaksanakan Sertijab adalah Letjen TNI Joni Supriyanto dan  Letjen TNI M Herindra. Sertijab digelar di...
Selengkapnya

Jalur Rel yang Tertimbun Longsor di Banyumas Sudah Dibersihkan

Kamis 29/10/2020 | 12:01
A   A   A   Pengaturan Font
PURWOKERTO - Petugas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto sudah membersihkan jalur rel yang tertimbun material longsoran di antara Stasiun Notog dan Stasiun Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan jalur...
Selengkapnya

Pemkab Minta Pengelola Wisata Ingatkan Wisatawan Protokol Kesehatan

Kamis 29/10/2020 | 11:55
A   A   A   Pengaturan Font
BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta para pengelola objek wisata daerah itu selalu mengingatkan wisatawan yang berkunjung untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 selama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

India dan AS mengatakan CoC LTS Seharusnya Tak Membenci Negara Apa Pun

Rabu 28/10/2020 | 19:51
A   A   A   Pengaturan Font

NEW DELHI - India dan Amerika Serikat (AS) pada Selasa (27/10) menyatakan bahwa Kode Perilaku (Code of Conduct/CoC) di Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang sedang dinegosiasikan Tiongkok dan blok negara-negara di Asia Tenggara, harustetap mematuhi hukum internasional.

Pernyataan itu itu muncul dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah para diplomat dan pejabat pertahanan AS dan India mengadakan apa yang disebut pertemuan "2+2" di New Delhi.

“Kode Etik di Laut Tiongkok Selatan tidak boleh mengurangi hak dan kepentingan yang sah dari negara mana pun sesuai dengan hukum internasional," demikian bunyi pernyatan bersama India-AS seperti dilansir laman berita BenarNews, Rabu (28/10).

Tiongkok dan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) telah melakukan negosiasi yang amat panjang untuk membahas kode etik yang akan mengatur perilaku antara negara yang mempersengketakan wilayah teritorialnya di LTS.

Tiongkok, yang klaim teritorialnya di LTS tumpang tindih dengan beberapa negara anggota Asean, ingin menyelesaikan negosiasi soal CoC ini pada akhir 2021.

AS dan India tidak mengutarakan keprihatinan mereka tentang bagaimana kode etik tersebut dapat merugikan hak-hak negara.

Pada bagiannya, AS telah mengambil garis yang lebih keras dalam beberapa bulan terakhir mengenai intrusi Tiongkok ke wilayah perairan negara penuntut lain, dengan menyatakan bahwa Tiongkok tidak memiliki hak ekonomi di dalam zona ekonomi eksklusif negara lain atau di sekitar fitur yang disengketakan.

India, seperti AS, bukanlah pihak yang terlibat dalam sengketa teritorial LTS. Tetapi Delhi telah menunjukkan keinginan yang meningkat untuk mengomentari masalah tersebut karena hubungannya sendiri dengan Beijing telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir setelah pasukan Tiongkok dan India bentrok di perbatasan.

Pernyataan bersama India-AS juga menegaskan kembali dukungan untuk supremasi hukum, kebebasan navigasi dan penerbangan, penyelesaian sengketa secara damai, dan sentralitas Asean.

ASEAN terdiri dari Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Filipina, Brunei, Malaysia, Indonesia, Myanmar, dan Singapura. Sentralitas Asean mengacu pada peran utama negara-negara anggota Asean bersikeras agar blok tersebut mengambil alih perdamaian di seluruh kawasan, dan tanpa campur tangan eksternal. I-1

Tampilkan Semua

Indonesia Desak Prancis Agar Tidak Hubungkan Islam dan Aksi Teror

Rabu 28/10/2020 | 19:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah Indonesia memprotes isi pidato yang disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron awal bulan ini dan mendesak agar pemerintah Prancis tidak menghubungkan Islam dan aksi terorisme atau ekstremisme. Juru Bicara...
Selengkapnya

PBB: Semester I 2020, Investasi Asing Langsung Dunia Berkurang 50 Persen

Rabu 28/10/2020 | 18:59
A   A   A   Pengaturan Font
  JENEWA - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (27/10) mengatakan investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) global turun 49 persen pada paro pertama 2020 dari periode yang sama tahun lalu. Penurunan tersebut...
Selengkapnya

Kasus Covid-19 India Akan Lewati Angka 8 Juta

Rabu 28/10/2020 | 18:35
A   A   A   Pengaturan Font
MUMBAI - Penghitungan kasus infeksi virus korona jenis baru di India kurang dari 10.000 kasus lagi menuju dan akan melewati rekor suram delapan juta kasus Covid-19. Data dari kementerian kesehatan federal menunjukkan lonjakan sebanyak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Sisa Massa Demonstran di Patung Kuda Minta Air dan Rokok ke Petugas Keamanan

Selasa 20/10/2020 | 19:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sejumlah orang yang tidak teridentifikasi kelompoknya dan masih berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, meminta air dan rokok kepada petugas keamanan dari TNI dan polisi.

Permintaan itu disampaikan saat diminta untuk membubarkan diri.

"Haus pak haus," kata mereka yang terlihat berperawakan remaja dan rata-rata menggunakan pakaian serba hitam di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Selasa (20/10).

Petugas dari TNI pun akhirnya meminta petugas keamanan lainnya memberikan air yang diminta oleh para massa itu.

"Mau minum? Aparat tolong beri mereka air dari pinggir. Tapi jangan anarkis," ujar petugas dari TNI yang memimpin anggotanya dari mobil komando seperti dikutip Antara.

Tak lama dari itu massa yang berpakaian hitam-hitam itu meminta awak media yang menggunakan rompi oranye agar mundur dari lokasi berkumpulnya massa.

Petugas dari TNI pun meminta kepada petugas media untuk mundur sehingga dengan cepat awak media pun mundur dari lokasi itu.

Namun permintaan yang terakhir dari massa tak dipenuhi oleh petugas keamanan. Mereka itu meminta rokok kepada para petugas.

"Kami tidak ada yang merokok. Jadi tidak ada rokok. Sudah harap pulang kawan-kawan," ujar petugas TNI.

Massa dari buruh dan mahasiswa telah bubar sejak pukul 16.10 WIB dan 16.30 WIB.bud/E-9





Tampilkan Semua

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong E-Voting di Pilpres dan Pilkada

Senin 19/10/2020 | 16:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah bisa segera bertransformasi dari cara konvensional melalui pencoblosan surat suara menjadi menggunakan electronik voting...
Selengkapnya

PWI Menyambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

PWI Sambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Libur Panjang, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman

Rabu 28/10/2020 | 16:26
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan pasokan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), LPG dan avtur dalam kondisi aman dan distribusi lancar, selama libur panjang cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020,

 

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (28/10/2020), menyatakan dalam rangka mengantisipasi kebutuhan energi akibat meningkatnya mobilitas manusia dalam liburan panjang selama 5 hari, Pertamina telah menyediakan pasokan yang cukup.

 

Untuk jenis BBM mulai dari pertaseries, dexseries, premium dan solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG di atas 18 hari dan akan terus terjamin ketersediaannya.

 

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386 ribu KL," kata Fajriyah.

 

Menurutnya, Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama. Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kg selama libur panjang ini, Pertamina menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen atau sekitar 5.750 metrik ton/hari.

 

“Agar kebutuhan energi tetap terpenuhi dan masyarakat tetap nyaman menikmati liburan panjang, Pertamina akan terus memantau adanya kenaikan permintaan LPG dan akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan. Namun kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu dapat menggunakan LPG nonsubsidi dengan varian Bright Gas,” imbuh Fajriyah.

 

Di tengah pandemi Covid-19, lanjut Fajriyah, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

“Pertamina semenjak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG termasuk SPBU. Sehingga kami akan sangat berterima kasih apabila konsumen juga dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan tersebut," tambah Fajriyah.Ant/E-10

Tampilkan Semua

KBRI Praha Ingin Gaet Investor Ceko

Rabu 28/10/2020 | 16:23
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengelar diskusi peningkatan kerja sama perdagangan dan...
Selengkapnya

Kerajinan Masker asal Batang Tembus Pasar Malaysia

Rabu 28/10/2020 | 16:18
A   A   A   Pengaturan Font
BATANG - Kerajinan masker yang diproduksi oleh perajin Tri Amalia Lestari, warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah mampu menembus pasar Malaysia dengan omzet mencapai Rp3 juta per bulan.   Perajin masker Tri Amalia Lestari di Batang,...
Selengkapnya

Kantor Pos Tetap Buka selama "Long Weekend"

Rabu 28/10/2020 | 16:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) tetap membuka operasional Kantor Pos dan layanan lainnya selama libur panjang pada pekan ini demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.   "Jaringan layanan Pos Indonesia tetap buka...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Awal November 2020, Warga Asing Bisa Masuk Kembali ke Batam

Selasa 27/10/2020 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font

BATAM- Warga Negara Asing (WNA) mulai bisa masuk melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre pada awal November 2020, setelah mendapatkan persetujuan, sesuai kesepakatan pengaturan koridor perjalanan (travel corridor arrangement/ TCA) Indonesia-Singapura.

"Kemungkinan untuk 'safe travel pass' disetujui, mulai masuk tanggal 1 atau 2 November," kata Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum di Batam, Senin (25/10) seperti dikutip Antara.

Sesuai dengan kesepakatan kedua negara, maka mulai hari ini, Senin (26/10) warga yang hendak menyeberang ke Batam atau Singapura bisa mengajukan perjalanan secara daring.

Apabila disetujui, maka warga yang dinilai berhak mendapatkan fasilitas itu yaitu pelaku perjalanan bisnis penting, perjalanan diplomatik dan perjalanan kedinasan yang mendesak, baru bisa berlayar pada awal bulan depan, setelah memastikan dirinya negatif Covid-19.

Karena pelaku perjalanan yang berhak harus melakukan pemeriksaan tes usap Covid-19, tiga hari sebelum melakukan pelayaran, kata Syamsul.

Sesuai dengan kesepakan, pelaku perjalanan yang berhak harus memastikan dirinya tidak terpapar Virus Corona, dengan dua kali pemeriksaan tes usap, yaitu 72 jam sebelum perjalanan, dan setibanya di Singapura. Demikian pula sebaliknya.

Keistimewaan dari kebijakan TCA adalah pelaku perjalanan tidak perlu menjalani karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Singapura. Dengan begitu, mereka bisa segera beraktivitas.

"Yang terpenting swab disetujui 2 pihak, Singapura dan Indonesia," kata dia.

Ia mengingatkan, untuk dapat berlayar ke Singapura, maka warga harus memiliki sponsor di Singapura. Begitu pula sebaliknya.

"Sponsor yang harus menjemput," kata dia.

Pelaku perjalanan yang berhak juga harus memiliki rencana perjalanan yang dipatuhi.

"Mereka tidak bisa pergi di luar jadwal. Mereka akan di-'tracking'," katanya.bud/E-9

Tampilkan Semua

AP I Akan Gelar Konser Virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta

Senin 26/10/2020 | 15:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- PT Angkasa Pura I (Persero)/AP I melakukan konser virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) tanggal 28 Oktober 2020 pukul 18.00 WIB dengan menampilkan pentas musik, seni dan budaya lokal."Latar belakang...
Selengkapnya

Resort Loh Buaya di Pulau Rinca Ditutup Sementara

Senin 26/10/2020 | 15:55
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG-  Balai Taman Nasional Komodo menutup sementara resort Loh Buaya di pulau Rinca dari kunjungan wisatawan sebagai bentuk upaya penataan sarana prasanara wisata alam di pulau yang juga terdapat banyak hewan Komodo (veranus...
Selengkapnya

Komodo Hadang Mobil Truk

Senin 26/10/2020 | 15:43
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG-  Anggota Komisi IV DPR RI menyoroti foto viral seekor Komodo (Veranus Komodoensi) yang terlihat menghadang satu unit truk yang membawa sejumlah material untuk pembangunan di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca yang masuk dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Tata Motor Catat Rekor Produksi 4 Juta Mobil Penumpang

Senin 26/10/2020 | 16:19
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Manufaktur mobil India, Tata Motors pada Minggu (25/10) mengumumkan tonggak sejarah baru, telah memproduksi 4 juta mobil penumpang sejak merilis mobil penumpang pertama Tata Sierra pada 1991.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat signifikan bagi Tata Motors. Sangat sedikit pemain di industri yang telah mencapai pencapaian tersebut. Ini merupakan perjalanan yang panjang sejak kami meluncurkan Tata Sierra pada tahun 1991," kata Presiden Passenger Car Tata Motors, Shailesh Chandra, dalam siaran pers di laman resmi perusahaan seperti dikutip dari Antara.

Tata Sierra merupakan sport utility vehicle (SUV) tiga pintu pertama kali dibuat Tata, dengan mengambil basis dari pickup Telcoline. Mobil itu memakai mesin 2.000cc dari Peugeot XD88 dengan lisensi yang telah dibeli oleh Tata.

Tata kemudian menambah lini modelnya pada 1992 melalui mobil keluarga Tata Estate, Tata Sumo SUV pada 1995, dan Tata Safari pada 1998.

Perusahaan menyatakan bahwa pencapaian 1 juta unit diraih pada 2005, lalu 10 tahun kemudian pada 2015 mereka mencapai 3 juta unit, dan pada 2020 mereka telah membuat 4 juta unit mobil.

Ia mengatakan, selama periode itu terdapat beberapa model mobil yang menjadi tulang punggung penjualan Tata Motors, antara lain Indica, Sierra, Sumo, Safari, dan Nano.

Shailesh mengatakan, faktor yang membuat Tata Motors mampu membangun kepercayaan konsumen adalah mereka memiliki konsep "satu atap" dalam melayani penjualan, layanan servis, hingga pengembangan produk yang efisien dan berorientasi pada pelanggan di India.

Tata Motor juga tercatat sebagai produsen mobil India pertama yang memiliki fasilitas uji tabrak untuk memastikan keselamatan konsumen.

Mereka juga memiliki studio desain untuk menciptakan prototipe dan simulasi produk secara digital, serta fasilitas uji emisi bahan bakar.

Tata memiliki beberapa fasilitas produksi, antara lain di Pune, Gujarat dan Ranjangaon.bud/E-9

Tampilkan Semua

Geely Akan Memproduksi Mobil Listrik di Bawah Merek Polestar Premium.

Senin 26/10/2020 | 16:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Sebuah laporan mengatakan bahwa pabrik kendaraan listrik (EV) yang direncanakan oleh grup pembuat mobil Tiongkok, Geely akan memproduksi mobil di bawah merek Polestar premium.Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd berencana untuk...
Selengkapnya

Jeep Segera Pasarkan Wrangler 4xe, Kendaraan Offroad Listrik yang Ramah Lingkungan

Senin 26/10/2020 | 16:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-  Jeep telah memperkenalkan Wrangler 4xe, kendaraan offroad listrik yang ramah lingkungan dan akan mulai dipasarkan di Eropa, Tiongkok, dan Amerika Serikat (AS) pada awal 2021 sebelum diedarkan ke pasar global dengan...
Selengkapnya

Renault Hentikan Pembuatan Van Fiat Talento

Senin 26/10/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Renault akan berhenti membuat van Fiat Talento untuk Fiat Chrysler (FCA), menurut wakil kepala eksekutif Clotilde Delbos usai menyelesaikan perjanjian merger dengan Peugeot PSA Group.Dalam kesepakatan yang dibuat di bawah mantan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Infinix Hot 10 Resmi Di Luncurkan Di Indonesia

Selasa 20/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penjualan yang sukses pada seri-seri produk smartphone sebelumnya, kini membawa Infinix menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari. Terbukti dari pencapaiannya sebagai TOP 1 Brand Smartphone Terlaris pada 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia.
 
Melalui peluncuran online secara livestreaming pada hari Senin (19/10) kemarin di social media INFINIX dan Aplikasi Lazada, INFINIX HOT 10 akhirnya resmi di perkenalkan di Indonesia sebagai salah satu produk terbaru dari INFINIX Indonesia. 
 
“Dengan spirit baru dari INFINIX Indonesia yaitu Take The Lead, maka yang kami harapkan para anak muda di Indonesia bisa menjadi pemimpin dalam setiap pertandingan yang mereka jalani, baik itu di kantor, di sekolah, di rumah atau dimanapun mereka berada. Ini adalah saatnya untuk para anak muda di Indonesia agar bergerak maju dan menjadi leader, dimana dengan support dan inovasi dari INFINIX, pengguna bisa tetap produktif dengan spesifikasi ter up to date namun dengan harga yang terjangkau. Hal itu juga yang akhirnya membawa Infinix dengan bangga memperkenalkan INFINIX HOT 10 secara resmi di Indonesia. Seri HOT yang diyakini menjadi seri yang paling laris dan ditunggu banyak penggunanya ini memiliki spesifikasi yang #ANTIKALAH karena memiliki performa berbeda dari seri HOT sebelumnya. Jelas Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Smartphone Indonesia.
 
Infinix HOT 10 memiliki chipset khusus untuk gaming yakni Helio G70. Chipset ini menjadi yang pertama disematkan pada seri HOT dari Infinix. Tidak hanya itu, spesifikasi lainnya untuk mendukung pengalaman gaming yang makin seru juga sudah lah sangat lengkap pada Infinix HOT 10 seperti  layar dengan luas 6.78 Inch Punch Hole Display, dimana layar ini sendiri memiliki peningkatan dibandingkan dengan seri HOT sebelumnya. Dan juga baterai dengan kap