Koran Jakarta | July 17 2018
No Comments

Belanda Bangun Perumahan dari Printer 3D Pertama

Belanda Bangun Perumahan dari Printer 3D Pertama

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

DEN HAAG - Kota Eindhoven di Belanda selatan, berencana untuk meluncurkan proyek kompleks perumahan yang dibangun dengan menggunakan printer 3D pertama di dunia pada tahun depan. Para penggagasnya yakin teknologi ini bisa merevolusi industri bangunan dengan mempercepat dan menyesuaikan proses konstruksi.”Ini baru permulaan. Ini teknologi revolusioner dan cara baru membangun yang akan berkembang seiring waktu,” kata Rudy van Gurp, salah seorang manajer proyek Milestone, Kamis (12/7).

Gurp menambahkan bahwa salah satu keuntungan besar dari printer 3D adalah rumah-rumah pod dapat sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan dan bahkan dibangun di sekitar benda-benda alam. Selain mempercepat proses pembangunan dari bulan ke minggu, teknologi printer 3D juga memecahkan masalah mendesak lainnya, di antaranya kelangkaan pengrajin terampil di Belanda, yang menaikkan harga.

Proyek perumahan 3D ini dicetak menggunakan beton oleh lengan robot. Proyek ini didukung oleh dewan kota, Eindhoven Technical University dan beberapa perusahaan konstruksi itu menargetkan untuk menyelesaikan rumah pertama dengan tiga kamar tidur mereka pada Juni 2019.

Teknologi printer 3D sebelumnya pernah dipergunakan insinyur dari Belanda untuk membangun jembatan yang berada di Amsterdam. 

AFP/I-1/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment