Koran Jakarta | September 19 2019
No Comments

Barca Buang Peluang

Barca Buang Peluang

Foto : afp/ FRANCK FIFE
A   A   A   Pengaturan Font

Barca melakukan total 25 tembakan ke arah gawang tetapi hanya lima tepat sasaran dan gagal mencetak satu gol-pun.

LYON – Barcelona ditahan imbang 0-0 oleh Olympique Lyonnais dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Hasil pertandingan yang berlang­sung di Stadion Groupama, Lyon, Rabu (20/2) dini hari WIB itu me­mastikan kedua belah pihak tetap tak terkalahkan dalam kompetisi antar klub tertinggi Eropa terse­but musim ini.

Barca yang merupakan pe­mimpin klasemen La Liga men­dominasi pertandingan. Tapi tim asuhan Ernesto Valverde kurang akurat di depan gawang lawan dan mereka berterima kasih ke­pada kiper Marc Andre ter Ste­gen yang membuat dua penyela­matan hebat.

Lyon bersemangat di babak pertama tetapi kehabisan tenaga setelah istirahat. Tuan rumah bertahan pada tahap akhir laga ketika Lionel Messi mencoba membuka pertahanan.

Barca melakukan total 25 tembakan ke arah gawang te­tapi hanya lima tepat sasaran. Peluang terbaik mereka datang di menit terakhir ketika upaya Ser­gio Busquets dari jarak 18 meter melayang di atas mistar gawang Anthony Lopes.

Leg kedua akan berlangsung di Camp Nou pada 13 Maret. Pada pertandingan itu Lyon akan me­nyambut kembalinya striker dan kapten mereka Nabil Fekir, yang diskors pada leg pertama.

“Kami bisa tampil lebih baik di babak pertama dan mengonversi peluang kami, tetapi kami tidak ke­bobolan gol sehingga pelu­ang kami masih utuh,” ujar bek Lyon Leo Dubois.

Pelatih Lyon Bruno Genesio membuat kejutan dengan menu­runkan Martin Terrier di sayap kiri, bukannya Maxwell Cornet, dan pemain berusia 21 tahun itu tidak mengecewakan.

Barca mendominasi pengua­saan bola sejak awal. Tapi Lyon melakukan dua tembakan per­tama tepat sasaran dan butuh beberapa penyelamatan hebat dari Ter Stegen. Dia menangkis tembakan Hassem Aouar di me­nit kelima sebelum melakukan penyelamatan satu tangan untuk menahan tembakan Terrier.

Pemain depan Barca Ous­mane Dembele nyaris mence­tak gol di menit ke-19 ketika dia menggiring bola melewati Du­bois di sayap kiri. Namun kiper Anthony Lopes berhasil maga­lahkannnya dalam duel satu la­wan satu.

Hasil tersebut membuat Barca kini gagal memenangkan salah satu dari enam pertandingan tandang terakhir mereka di babak sistem gugur Liga Champions. Kemenangan terakhir mereka diraih di kandang Arsenal pada Februari 2016.

Barca kini harus meningkat­kan performa mereka karena te­lah bermain imbang pada empat dari lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Messi dkk hanya mencetak gol sekali, dari penalti, dalam tiga pertandingan terakhir mereka.

Meski demikian Valverde tetap menemukan hal positif dari tim asuhannya. “Kami memainkan sepakbola yang bagus, tetapi kami harus mencapai tar­get juga, dan kami tidak melaku­kannya,” ujarnya.

“Namun, kami berada di jalan yang benar dan masih memiliki peluang yang jelas. Kami akan berusaha memenangkannya di depan para penggemar kami,” sambungnya.

“Saya tidak senang dengan hasilnya, tetapi saya senang den­gan kinerja dan dengan apa yang kami ciptakan. Kami tidak men­cetak gol, tetapi itulah yang ter­jadi,” tandasnya.

Tak Terkalahkan

Lyon masih belum terkalahkan di kompetisi antar klub tertinggi Eropa. Tim asuhan Genesio telah mengambil empat poin kemung­kinan enam saat bersaing dengan Manchester City di babak peny­isihan grup. Mereka juga menang di kandang melawan Paris Saint- Germain di Ligue 1.

Mereka masih belum terka­lahkan di Eropa musim ini, mes­kipun ini adalah hasil imbang ke­enam secara beruntun.

“Ini hasil yang memuaskan karena memberi kami peluang untuk leg kedua, dan kami tidak kebobolan. Jika kami bisa mence­tak gol di Camp Nou, kami akan memiliki peluang untuk lolos,” ujar Genesio. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment