Koran Jakarta | July 19 2018
No Comments
Pornas

Atlet Sepakbola Difabel Jakarta Tanding di Swedia

Atlet Sepakbola Difabel Jakarta Tanding di Swedia

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas kontingen Tuna Grahita atau penyandang disabilitas intelektual untuk berlaga di Gothia Cup Swedia. Para kontingen disabilitas ini diharapkan bisa mempertahankan juara untuk masyarakat Jakarta.

“Kepada Kontingen Sepakbola Difabel Provinsi DKI Jakarta agar siap mempertahankan sebagai Juara pada Turnamen Gothia Cup 2018,” ujar Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (12/7).

Dalam kesempatan itu, Anies juga melepas kontingan tuna grahita yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) ke-8 Special Olympics Indonesia (SOIna) Riau. Para atlet asal Jakarta ini diharapkan meraih prestasi mumpuni meski terbatasi dengan keterbatasan fisik.

“Keterbatasan fisik bukanlah sebuah hambatan untuk dapat meraih prestasi dan berkarya. Selama di Pekanbaru, Riau, terus menjaga kebugaran dan siap untuk menjadi juara,” katanya.

Sedikitnya, ada 68 atlet SOIna asal DKI Jakarta akan bertanding di 12 cabang olahraga pada PORNAS ke-8 SOIna, pada 19 - 23 Juli 2018, di Pekanbaru, Riau. Adapun ke-12 cabang olahraga yang diikuti, antara lain Atletik, Bocce, Tenis Meja, Bulutangkis, Renang, Basket, Sepakbola, Futsal, Bowling, Bola Tangan, Bola Voli dan Senam Ritmik.

PORNAS ke-8 SOIna ini diselenggarakan untuk menyeleksi kurang lebih 120 atlet terbaik yang berasal dari seluruh Indonesia guna mengikuti event dunia Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2019 di Abu Dhabi-UEA Maret 2019 mendatang.

Pengurus Daerah SOIna DKI Jakarta pun telah melaksanakan pelatihan sepanjang tahun bagi atlet SOIna dan telah melaksanakan kometisi olahraga bagi para atletnya secara berkala. Pada Maret 2018 yang Lalu Pengda SOIna DKI Jakarta telah melaksanakan Seleksi Daerah (Selekda) SOIna DKI Jakarta yang digunakan untuk menseleksi atlet yang akan bertanding di PORNAS ke-8 SOIna.

Sejak 5 Juli 2018, delegasi DKI Jakarta sudah memasuki central pelatihan di Rawamangun, Jakarta Timur, untuk meningkatkan kemampuan dan menjaga kestabilan tubuh para atlet sekaligus menjadi sarana agar atlet belajar untuk mandiri.

“Delegasi yang terpilih untuk bertanding di PORNAS ke-8 SOIna merupakan atlet-atlet terbaik SOIna DKI Jakarta yang telah berlatih dengan rajin dan memiliki prestasi yang luar biasa,” ujar Ketua Umum Pengurus SOIna DKI Jakarta Ahmad A. Dzazimi.

 

pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment