Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Akibat Spekulasi Kebijakan ECB

Akibat Spekulasi Kebijakan ECB

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan menguat, hari ini (15/1), melanjutkan apresiasi dari sehari sebelumnya. Kurs dollar AS diprediksi masih tertekan di tengah menguatnya spekulasi pengurangan stimulus bank sentral Eropa (ECB). “Risalah dari pertemuan ECB Desember, menunjukkan bahwa bank sentral dapat beralih dari upaya-upaya kebijakan moneter ultra-longgar tahun ini,” menurut Market Watch, akhir pekan lalu.

Peninjauan kembali bisa terjadi jika ekonomi zona euro terus berkembang dan jika inflasi terus meningkat menuju target bank sekitar 2,00 persen. Para analis mengatakan bahwa risalah pertemuan ECB terakhir sedikit di sisi hawkish dan memberikan beberapa dukungan terhadap euro. Di sisi ekonomi, Indeks Harga Konsumen AS untuk semua konsumen perkotaan meningkat 0,1 persen pada Desember disesuaikan secara musiman, sejalan dengan perkiraan pasar, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, Jumat pekan lalu.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (12/1) sore, menguat 13 poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.382 rupiah per dollar AS. “Nilai tukar rupiah melanjutkan apresiasi terhadap dollar AS seiring masih optimisnya pelaku pasar terhadap ekonomi nasional,” ujar pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia, Rully Nova di Jakarta.

Dia mengatakan pelaku pasar uang dalam negeri optimistis pada data perdagangan Indonesia yang sedianya akan dirilis pada awal pekan depan akan kembali mencatatkan surplus. Dia menambahkan dengan kinerja ekspor dan impor yang mencatatkan hasil positif maka akan mendukung perbaikan prospek pertumbuhan ekonomi dan kinerja transaksi berjalan ke depan. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment