Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments
Tokyo Motor Show

Adu Canggih Mobil Ramah Lingkungan

Adu Canggih Mobil Ramah Lingkungan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Industri otomotif saat ini sedang menuju perubahan yang cukup drastis. Meski mesin bakar masih menjadi andalan, pabrikan terus berinovasi menghasilkan mobil ramah lingkungan.

Tokyo Motor Show (TMS) 2017 menjadi salah satu perhatian pecinta otomotif dunia selain Internationale Automobil-Ausstellung (IAAatau  Frankfurt Motor Show yang telah berlalu. Gambaran mobil ramah lingkungan akan pada ajang ini yang akan berlangsung 27- 5 November 2017.

Nissan bakal menampilkan versi terbaru dari Leaf.  Mobil dengan tenaga listrik ini mengalami kemajuan karena kini dapat menempuh jarak lebih jauh yaitu 400 km berdasarkan standar pengetesan di Jepang (Japan JC08 cycle), sekali pengisian baterai.

Tenaga All New Leaf  bearsal dari motor listrik jenis EM57 dengan pasokan listrik dari baterai lithium-ion berkapasitas  40 kWh. Kapasitanya meningkat dari 24 kWh menjadi 30 kWh. Dari sisi tenaga Leaf terbaru mengalami peningkatan tenaga sebasar 38-26 persen. kini tenagana mencapai110 kW atau 148 tenaga kuda dengan dengan torsi sebesar 320 Nm.

Menurut  paultan.org, Nissan berjanji akan membuat versi lebih bertenaga pada 2018. Versi terbaru akan mampu menjangkau jarak lebih jauh, dan tentu harganya akan menjadi lebih mahal dari versi saat ini.

Sementara Honda sudah terang-terangan degan mengumumkan model terbaru yang bakal meluncur pada TMS 2017. Beberapa produk yang bakal tampil adalah Honda Sports EV Concept, Honda Urban EV Concept, Honda NeuV dan All-New Honda CR-V serta beberapa produk lainnya.

SUV Honda CR-V akan tampail dengan performa sekelas sedan. Mobil ini dilengkapi fungsionalitas tinggi dan telah dikenal di lebih dari 160 negara di seluruh dunia. Generasi kelima CR-V terdiri darirangkaian hybrid yang dilengkapi “Sport Hybrid i-MMD” yakni sistem two-motor hybrid yang akan tersedia untuk varian FWD dan 4WD.

“Selain itu, utilitas telah disempurnakan dengan menambah kursi tiga baris untuk model Honda CR-V berbahan bakar serta menjadikan fitur keamanan “Honda Sensing ” sebagai fitur standar,” demikian siaran pers Honda Senin (2/10).

Hebatnya mobil-mobil Honda tadi mengusung teknologi artificial intelligence, autonomous driving dan mesin listrik. Honda akan menampilkan banyak model elektrik melalui peluncuran perdana Honda Sports EV Concept, serta kehadiran beberapa model global seperti All New Honda CR-V.

Mobil cerdas Honda Sports EV Concept hadir untuk mewujudkan rasa kesatuan antara pengendara dengan mobilnya, melalui kombinasi performa EV (listrik) dan AI (Artificial Intelligence) dalam bentuk yang lebih ringkas.

Honda EV Concept versi Sport memiliki siluet yang memukau, bentuk wajah depan yang sesuai dengan berbagai gaya hidup dan permukaan yang dinamis menjadikannya sebagai mobil Sport masa depan yang membawa kesenangan dan perasaanemosional.

Honda Urban EV Concept dibangun pada platform khusus EV, yang mencerminkan desain masa depan dari produksi massal Honda Urban EV. Ukuran yang kompak cocok untuk berkendara di perkotaan, dilengkapi desain simpel yang membawa kesenangan berkendara dan kesan tersendiri bagi konsumen.

“Honda Urban EV Concept mewujudkan komunikasi antara pengendara dengan mobilnyamelalui teknologi AI dan layar depan yang dapat menampilkan pesan untuk pengendara lain,” jelas Honda. Mobil konsep lain yang bakal tampil di TMS 2017 adalah Honda NeuV. Mobil ini juga mengusung teknologi AI dan autonomous driving. Mobil ini memiliki fitur keamanan diantaranya fitur mengenali tingkat stress.

Fitur pengenalan stress didapat dengan menangkap ekspresi wajah dan suara pengendara. Mempelajari gaya hidup dan preferensi pengendara, menyediakan sugesti pada situasi tertentu, serta mewujudkan komunikasi antara pengendara dengan mobilitas. hay/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment