Koran Jakarta | July 23 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Perkuat Sektor Pertanian Guna Tekan Ketimpangan

Sabtu 22/7/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai tulang punggung perekonomian nasional, pertanian mesti menjadi prioritas pembangunan. Alihkan dana alokasi pembayaran bunga obligasi rekap untuk sektor produktif. Sebagai tulang punggung perekonomian nasional, pertanian mesti menjadi prioritas pembangunan. Alihkan dana alokasi pembayaran bunga obligasi rekap untuk sektor produktif. ...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Mahasiswa Diharapkan Jadi Agen Perubahan

Sabtu 22/7/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

BATUJAJAR – Para mahasiswa yang ikut Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian Selatan tahun 2017 diharapkan dapat menjadi agen perubahan. Perubahan dalam hal cara berpikir, bekerja, dan hidup yang dapat membangun masyarakat yang bermartabat, berkemajuan, dan bergotong royong.

“Dalam penjelajahan Ekspedisi NKRI kali ini juga diharapkan dapat diperoleh berbagai temuan baru, baik sumber kekayaan alam maupun budaya,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, saat melepas peserta Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian Selatan tahun 2017, di lapangan Pusdik Kopassus, Batujajar, Jawa Barat, Jumat (21/7).

Ekspedisi NKRI kali ini melibatkan 1.180 peserta dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda, dengan jumlah yang diberangkatkan dari Jakarta sebesar 574 peserta dan 606 akan direkrut di sekitar Papua, 311 orang merupakan mahasiswa dari 103 perguruan tinggi di Indonesia. cit/N-3

Tampilkan Semua

Choel Mallarangeng Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Sabtu 22/7/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Andi Zulkarnaen Anwar Mallarangeng alias Choel Mallarangeng dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung. Choel pada 6 Juli 2017 lalu divonis 3,5 tahun penjara ditambah denda 250 juta rupiah subsider 3 bulan...
Selengkapnya

Kementan Siapkan 10 Poltek Pembangunan Pertanian

Sabtu 22/7/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA - Kementerian Pertanian menyiapkan sepuluh Politeknik Pembangunan Pertanian yang tersebar di sejumlah provinsi untuk mencetak sumber daya manusia terampil di bidang pertanian. “Tahun ini masih dalam proses persiapan,...
Selengkapnya

KPK Akan Sasar Korporasi dalam Kasus E-KTP

Sabtu 22/7/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk mengungkap secara menyeluruh dalam dugaan korupsi e-KTP, penyidik KPK akan menyasar korporasi yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menutup kemungkinan akan menyasar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

KPK Akan Sasar Korporasi dalam Kasus E-KTP

Sabtu 22/7/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengungkap secara menyeluruh dalam dugaan korupsi e-KTP, penyidik KPK akan menyasar korporasi yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menutup kemungkinan akan menyasar korporasi dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (e-KTP). Menyidik suatu kasus itu bisa orangnya dulu, bisa korporasinya dulu.

“Khusus kasus e-KTP itu kan orangnya dulu. Kalau nanti seandainya dalam proses dilihat bahwa korporasinya berperan sangat penting, tidak tertutup kemungkinan KPK menyasar pada korporasinya,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/7). Syarif menyatakan KPK memang sudah mempunyai tim khusus untuk menangani tindak pidana oleh korporasi.

Waktu itu setelah KPK ada aturan dari Mahkamah Agung untuk menyelesaikan tanggung jawab pidana korporasi, KPK membentuk tim khusus untuk penyelidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab pidana korporasi. Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan KPK telah melimpahkan dari proses penyidikan ke penuntutan terhadap pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Dia menjadi tersangka tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan e-KTP. “Untuk tersangka Andi Agustinus, hari ini dilakukan pelimpahan tahap kedua. Jadi, pelimpahan dari proses penyidikan ke penuntutan. Persidangan untuk Andi Narogong direncanakan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

KPK telah menetapkan Andi Narogong sebagai tersangka terkait proyek pengadaan e-KTP pada Kamis (23/3) lalu. Andi disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat (1) atas Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun denda paling banyak satu miliar rupiah.

Dalam dakwaan perkara e-KTP disebutkan Andi Narogong membentuk tiga konsorsium, yaitu konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), konsorsium Astapraphia, dan konsorsium Murakabi Sejahtera. Seluruh konsorsium itu sudah dibentuk Andi Narogong sejak awal untuk memenangkan konsorsium Percetakan Nasional Indonesia untuk dengan total anggaran 5,95 triliun rupiah dan mengakibatkan kerugian negara 2,314 triliun rupiah.

Selain itu terdapat empat anggota konsorsium PNRI pada proyek pengadaan paket e-KTP tersebut, yaitu PNRI, PT Sucofindo, PT LEN Industri, PT Quadra Solution, dan PT Sandipala Arthaputra. Dalam dakwaan juga disebut beberapa anggota tim Fatmawati, yaitu Jimmy Iskandar Tedjasusila, alias Bobby, Eko Purwoko, Andi Noor, Wahyu Setyo, Benny Akhir, Dudi, dan Kurniawan menerima masing-masing sejumlah 60 juta rupiah terkait proyek sebesar 5,95 triliun rupiah tersebut.

Sebelumnya, hakim Pengadilan Tipikor di Jakarta pada Kamis (20/7) menjatuhkan hukuman penjara tujuh tahun kepada mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Irman, dan lima tahun penjara kepada mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kemendagri, Sugiharto. Putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor juga menjelaskan sejumlah penerima aliran dana proyek e-KTP yang berasal dari anggota DPR, pengacara, anggota konsorsium, staf Kemendagri, hingga pihak-pihak lain. mza/Ant/N-3

Tampilkan Semua

Hak Angket KPK Cacat Prosedur

Jumat 21/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Anggota Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Muhammad Isnur, mengatakan hak angket yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cacat prosedur. Berdasarkan Pasal 199...
Selengkapnya

Hasil Survei, Saifullah Yusuf Raih Suara Tertinggi

Jumat 21/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Lembaga survei The Initiative Institute mencatat nama Saifullah Yusuf sebagai peraih suara tertinggi dibandingkan Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini jika pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan hari...
Selengkapnya

Polri Kaji Densus Antikorupsi Punya Kewenangan Menyadap

Jumat 21/7/2017 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Mabes Polri tengah mengkaji apakah Densus Antikorupsi akan memiliki kewenangan untuk menyadap. Mabes berpendapat penyadapan merupakan teknik untuk menyidik kasus korupsi. “Penyadapan merupakan teknik untuk mengumpulkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Duterte Ingin Hancurkan Pemberontak Maois

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Filipina bertekad untuk menghancurkan pemberontak Maois setelah perundingan damai dibatalkan. Ketegasan Rodrigo Duterte ini disampaikan setelah terjadi serangan terhadap pasukan elite pengawal presiden pada pertengahan pekan ini.

MANILA – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menyatakan bahwa dirinya sudah tak tertarik lagi dengan perundingan damai dengan kelompok pemberontak Maois dan bertekad untuk membumihanguskan mereka setelah pasukan militernya mengambil alih kembali Kota Marawi dari tangan kelompok militan.

Pernyataan Presiden Duterte ini disampaikan saat berpidato dihadapan pasukan militer yang sedang menjalankan misi untuk memberantas kelompok militan pro-Islamic State (ISIS) di Kota Marawi, Mindanao, Filipina selatan.

“Saya tak mau lagi perundingan damai. Saya akan memberikan perintah serangan terhadap pemberontak New People’s Army (NPA) setelah Kota Marawi kembali dibawah kontrol pemerintahan. Selesaikan konflik di Marawi, terus kita melakukan reorientasi untuk memburu mereka (pemberontak Maois),” kata Duterte. “Usai sudah perundingan dan mari kita teruskan pertempuran,” imbuh Presiden Filipina saat berpidato dihadapan sejumlah pebisnis di Kota Davao pada Jumat (21/7).

Sebelumnya pada Kamis (20/7), Presiden Duterte secara diam-diam berkunjung ke pos militer Filipina dekat Kota Marawi. Kunjungannya ini dirahasiakan untuk keselamatan Presiden Duterte.

Pada Rabu (19/7) pagi, iring-iringan kendaraan pasukan elite pengawal presiden yang hendak menuju wilayah konflik, diserang oleh kelompok pemberontak NPA yang menyamar sebagai tentara yang menjaga sebuah pos pemeriksaan di Provinsi Cotabato Utara, Mindanao. Dalam serangan ini satu anggota paramiliter tewas sementara 6 pengawal presiden mengalami luka-luka.

Menurut Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, pembatalan perundingan informal dengan petinggi kelompok NPA yang rencananya akan digelar akhir pekan ini di Belanda, harus diambil hingga kelompok pemberontak itu menghentikan serangan-serangannya. “Kita hanya bisa berunding jika dua pihak benar-benar menginginkan perdamaian,” kata Menhan Lorenzana.

Laporan Sidney Jones

Seiring dengan masih berlanjutnya perang kota antara pasukan militer dengan kelompok militan di Kota Marawi di Filipina selatan, maka potensi serangan oleh kelompok radikal di Asia Tenggara akan lebih sering terjadi, termasuk serangan terhadap warga asing.

“Risiko (serangan kelompok radikal) tak akan berhenti hingga pihak militer (Filipina) menyatakan kemenangan mutlak,” kata direktur Institute of Policy Analysis of Conflict (IPAC), Sidney Jones, dalam laporan IPAC yang dipublikasikan pada Jumat (21/7).

Pakar dan peneliti terorisme di Asia Tenggara dan penasihat senior dari International Crisis Group yang bermarkas di Jakarta itu menambahkan bahwa ancaman-ancaman serangan kelompok radikal akan terus terjadi di negara tetangga seperti Indonesia dan Malaysia yang merupakan dua negara dengan populasi Muslim mayoritas.

“Indonesia dan Malaysia akan menghadapi ancaman-ancaman baru dalam bentuk kembalinya para petempur anggota kelompok radikal dari Mindanao, sementara Filipina hanya akan jadi persinggahan bagi kelompok sel yang kecil dan terpencar-pencar namun memiliki kapasitas melakukan kekerasan dan indoktrinasi,” imbuh Jones.

Koalisi kelompok militan di Filipina yang juga dibantu oleh petempur asing, sekitar dua bulan lalu menguasai Kota Marawi yang berada di Pulau Mindanao. Kelompok militan yang telah mengambil sumpah setia pada Islamic State (ISIS) itu, saat ini masih menguasai sebagian Marawi walau pasukan militer Filipina terus melakukan gempuran.

Sebelumnya sejak penghujung tahun lalu di Filipina telah terjadi sejumlah serangan oleh kelompok militan, namun jangka waktu serta keganasan pertempuran di Marawi telah membuat negara-negara di Asia Tenggara waspada dan khawatir bahwa pertempuran itu akan menginspirasi yang mempersatukan kelompok-kelompok militan Islam di kawasan yang sebelumnya tersebar dimana-mana.

Menurut laporan IPAC, saat pertempuran di Marawi berakhir, maka pemimpin ISIS untuk kawasan Asia Tenggara akan menyerukan anggota militan simpatisan terutama yang baru pulang dalam medan pertempuran, untuk membuat sebuah target baru termasuk menyasar warga atau institusi asing. Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Doha Terbitkan Dekrit Terorisme

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DOHA – Untuk mematahkan tudingan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya, Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, mengeluarkan sebuah dekrit yang mengamandemen sejumlah ketentuan hukum pemberantasan terorisme pada Kamis (20/7)...
Selengkapnya

Dua Petinggi Regulator Pasar Modal Tiongkok Ditahan

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING – Pemerintah Tiongkok diwartakan telah kembali berhasil membekuk dua pelaku korupsi kelas kakap. Komisi Pusat Inspeksi Kedisiplinan (Central Commission for Discipline Inspection/CCDI) pada Jumat (21/7) menyebut mantan...
Selengkapnya

Putusan Pengadilan Ditunda Hingga Bulan Depan

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK – Mahkamah Agung (MA) Thailand akan memutuskan nasib Yingluck Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand, pada 25 Agustus mendatang. Yingluck, yang merupakan adik kandung mantan perdana menteri Thailand, Thaksin...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Saham AISA Anjlok

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Saham PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA) anjlok menurun hingga menyentuh batas bawah auto rejection yakni sebesar 24,92 persen menjadi 1.205 rupiah per saham pada perdagangan akhir pekan ini (Jumat, 21/7). Bursa Efek Indonesia (BEI) bahkan berencana memanggil AISA untuk melakkan paparan publik.

Pengamat pasar modal Hans Kwee menilai bahwa penurunan harga saham PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk akibat kasus anak usahanya, yakni PT Indo Beras Unggul (IBU) yang diduga melakukan penipuan.

“Produk beras perseroan dengan merek Maknyuss dan Cap Ayam Jago sedang ada masalah akibat penipuan. Situasi itu memengaruhi kinerja saham perseroan,” ujar Hans Kwee yang juga Direktur PT Investa saran Mandiri di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan bahwa sekitar 17-18 persen bisnis AISA didapatkan dari hasil penjualan beras. Dengan munculnya kabar negatif itu maka pasar berekspektasi kinerja perseroan ke depan dapat terganggu yang akhirnya berdampak negatif ke harga sahamnya.

Sementara itu, Direktur Tiga Pilar Sejahtera, Jo Tjong Seng mengatakan bahwa anak usaha perseroan, PT IBU baru- baru ini telah diinspeksi oleh satuan tugas pangan yang berwenang.

“Kami sangat kooperatif dan transparan kepada semua pihak yang berwenang dan saat ini sedang melakukan koordinasi secara internal dan eksternal untuk melakukan verifikasi semua fakta,” katanya. Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menggerebek gudang beras PT Indo Beras Unggul di Jalan Rengas km 60 Karangsambung, Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Ant/AR-2

Tampilkan Semua

Tak Kenal Kata “Menyerah”

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pembentukan kepribadian yang ditanamkan oleh orang tua sejak kecil berperan pada perjalanan kariernya sekarang hingga menduduki posisi sebagai International Director John Robert Powers. Sejak dirintis pendiriannya sebagai agensi model...
Selengkapnya

IHSG Berakhir Melemah

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Indeks Harga Saham Sabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan akhir pekan ini berakhir melemah 59,78 poin atau 1,02 persen menjadi 5.765,42 poin. Hal ini terjadi karena investor asing kembali melakukan...
Selengkapnya

Kemenhub Larang Bus Pesta Beroperasi

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bus pesta atau yang lebih dikenal dengan Royale VIP Bus dilarang beropersi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebab, bus pariwisata yang desain interiornya dimodifikasi menjadi ruangan pesta itu tidak sesuai dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Warga Bandung Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Cegah Teror

Senin 17/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bandung kembali diguncang oleh kasus meledaknya bom panci. Namun kali ini, bom panci itu meledak di rumah kontrakan pelaku sehingga tidak memakan korban jiwa atau luka-luka. Teror di tengah hari itu membuat warga Bandung resah karena ternyata pelaku teror masih mudah keluar-masuk Kota Bandung tanpa terdeteksi.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, merasa jengkel dengan lolosnya pantauan aparat terbawah setingkat RT dan RW atas adanya pendatang yang justru membuat resah warga Bandung. Butuh kerja keras dari semua pihak, termasuk masyarakat untuk membantu mencegah maraknya teror.

Untuk mengetahui apa yang akan dilakukan Pemkot Bandung mengatasi masalah tersebut, wartawan Koran Jakarta, Teguh Rahardjo, berkesempatan mewawancarai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Bandung, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Tidak lama berselang sejak bom panci di Kelurahan Pandawa, kembali terjadi hal serupa di Buah Batu. Sepertinya kurang tertata pengawasannya, terutama di tingkat aparat terendah?

Pelaku itu pendatang dari Garut yang ngontrak rumah di daerah Buah Batu. Saya kembali mengingatkan masyarakat, khususnya pejabat di daerah, tingkat ketua RT dan RW. Jangan diam, harus proaktif dalam mendata warganya, terutama jika ada warga baru yang ngekos atau ngontrak. Harus bisa mengenali warga baru dan perhatikan perilakunya.

Bandung itu kan magnet bagi pendatang. Banyak yang datang untuk mengadu nasib, mencari perbaikan ekonomi. Bandung menjadi tempat singgah bagi pendatang. Tidak bisa dihindari, sehingga pengawasan juga harus diberikan hingga tingkat RT dan RW.

Setelah kembali terjadinya ledakan, apa yang harus dilakukan?

Saya ingin mengevaluasi kembali, khususnya perhatian terhadap tingkat aktivitas sosial warga terhadap warga lain. Apakah bergaul baik dengan warga lain atau tidak. Pelaku adalah warga pendatang yang tidak ikut bersosialisasi dengan warga dan cenderung tidak terdeteksi aktivitas di lingkungannya. Faktanya, dia bukan warga Bandung, mencari nafkah di Bandung.

Meskipun begitu, saya meminta warga untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Tidak perlu ada kepanikan. Dalam situasi seperti ini, masyarakat harus tetap tenang dan melaksanakan kegiatan sehari-hari, hanya tingkat kewaspadaan ditingkatkan.

Bagaimana bentuk dari meningkatkan kewaspadaan tanpa menimbulkan kecurigaan?

Kewaspadaan warga bisa dimulai dengan lebih sering bersosialisasi aktif dengan warga sekitar. Dengan begitu, warga bisa dengan mudah memperhatikan jika ada warga asing yang tinggal di daerah setempat. Ada instrumen khusus untuk mengevaluasi warga yang bisa digunakan oleh para ketua RT dan RW.

Dengan instrumen tersebut, warga bisa lebih aktif dalam menjalankan aktivitas sosial di lingkungan sekitar. Ada formatnya, dibuat oleh bagian pemerintahan umum, apakah dia rajin kerja bakti, atau rajin rapat. Kalau dia nilainya minus-minus semua maka patut dicurigai.

Apakah ada langkah lain, misalkan memanfaatkan IT?

Kota Bandung dengan sistem smart city-nya telah memiliki piranti lunak untuk menjadi penanganan pertama saat terjadi kriminalitas, yakni panic button. Aplikasi yang telah hadir sejak tahun 2015 itu bisa menjadi solusi bagi warga yang membutuhkan bantuan kepolisian di saat darurat. Atau melaporkan jika ada kecurigaan, seperti teroris ini.

Bagaimana cara kerjanya?

Pemerintah Kota Bandung telah memperkokoh sinergi dengan kepolisian untuk bekerja sama mengoperasikan aplikasi ini. Sebanyak empat polisi secara bergilir telah disiagakan di Bandung Command Center untuk merespons laporan masyarakat dengan cepat. Aplikasi ini akan terkoneksi dengan mobil-mobil patroli polisi yang telah dilengkapi dengan global positioning system (GPS).

Saat pengguna mengetukkan jari beberapa kali di layar ponsel pintarnya, aplikasi ini akan segera aktif terkoneksi dengan server di Bandung Command Center dan langsung menghubungi mobil patroli terdekat. Dengan begitu, polisi akan langsung meluncur ke lokasi dan melakukan penindakan segera.

Aplikasi ini didapat di mana?

Silakan download aplikasinya. Jadi, kalau ada kejadian kita panik tidak bisa menelepon, dalam hitungan kurang dari satu menit, asal layar ponselnya dipijit itu akan ketahuan lokasinya. Saat memasang aplikasi itu di ponsel pintar, pengguna akan dimintai nama dan alamat lengkap, serta kontak terdekat yang bisa dihubungi saat keadaan darurat. Dengan demikian, polisi dapat memverifikasi yang menghubungi keluarga dekat jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Sudah bisa digunakan?

Saat seluruh sistem sudah terintegrasi, Pemerintah Kota Bandung dan Polrestabes Bandung akan menyosialisasikan lagi kepada masyarakat penggunaan aplikasi panic button. Aplikasi ini sudah bisa diunduh di play store dengan kata kunci “X-Igent Panic Button” bagi ponsel berbasis Android. Mudah-mudahan dengan sosialisasi lagi sistem ini bisa menjadi langkah preventif juga pada situasi darurat. N-3

Tampilkan Semua

Rekayasa Transportasi Berhasil Urai Kemacetan Mudik di Jatim

Senin 10/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Fenomena pulang kampung atau mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan seperti Idul Fitri. Mudik yang memiliki dimensi keagamaan sekaligus sosial, telah menjadi peristiwa yang sangat semarak,...
Selengkapnya

“Rest Area” di Jateng Perlu Tampung Pedagang UMKM

Senin 3/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1438 H di Jawa Tengah (Jateng) berjalan aman, tertib, dan lancar. Masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan aman. Demikian juga dengan arus lalu lintas baik pada mudik dan balik yang melalui Jateng...
Selengkapnya

Jalan di Wilayah Jawa Tengah Siap Dilewati Pemudik

Senin 19/6/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu daerah yang tersibuk dawn pusat arus mudik Lebaran bagi para pemudik dari Jabodetabek, baik yang tujuan ke Jateng maupun Jawa Timur (Jatim). Jalur pantai utara (Pantura) menjadi pilihan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Pembiayaan Perumahan Perlu Inovasi

Jumat 21/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ignezjz Kemalawarta, Wakil Komite Tetap Kadin Bidang Hukum dan Regulasi Properti mengatakan bahwa perlambatan penjualan properti terkait dengan pembiayaan. Meski kondisi ekonomi global dan ekonomi dalam negeri cenderung positif, tapi tren penjualan masih lesu.

“Terjadi keluhan penjualan properti, solusinya terkait pembiayaan,” ujar Ignezjz, dalam acara Strategi penanganan pembiayaan Sektor properti di Tengah Melemahnya Daya Beli: Kiat Bagi Pelaku Usaha, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (20/7). Biaya pinjaman yang sangat tinggi dan dana-dana yang ditempatkan sebagai deposito menyebabkan flat rate perbankan sangat tinggi. “Kita tertinggi di Asia Tenggara,” ujar Ignezjz tentang flat rate perbankkan.

ANTARA /Puspa Perwitasari

Kondisi itu menjadi salah satu penghambat meningkatkan penjualan terutama untuk perumahan menengah ke bawah. Di sisi lain, saat ini, pembiayaan perumahan masih ditangani perbankan semata. Ignezjz mencatat bahwa sumbangan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di dalam negeri tergolong rendah dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Penyerapan KPR dalam negeri sebesar 2,8 persen dibandingkan Produk Domestik Bruto (PDB).

Nilai tersebut di bawah Singapura senilai 45 persen terhadap PDB. Malaysia mencatat KPR sebanyak 37 persen dari PDB sedangkan Thailand sebanyak 22 persen terhadap PDB. Filipina memiliki nilai yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu sebesar 3,3 persen terhadap PDB. Sementara Jonathan Karsa, Chief Finance Officer GMT Holding mengatakan, perlu inovasi untuk meningkatkan penjualan perumahan. Selama ini, perbankan hanya mendapatkan modal dari pihak ketiga sehingga dana yang dimiliki mengalami keterbatasan.

ANTARA /Aditya Pradana Putra

“Perlu dikembangkan inovasi pembiayaan yang bisa meringankan konsumen untuk mempertahankan industri properti,” ujar dia. Sebab, menurut Jonathan, pembiayaan properti dalam jangka panjang merupakan masalah klasik dalam perbankan. Solusi berikunya adalah memperpanjang waktu kredit sehingga meringankan beban angsuran. Salah satunya dapat dilakukan dengan kerja sama perusahaan untuk melakukan pembiayaan bersama terhadap para pegawainya.

Hal lainnya sebagai inovasi adalah memanfaatkan pasar mendapmodal untuk menghidupkan dana jangka panjang dengan cara menerbitkan obligasi jangka panjang maupun jangka menengah. Selain itu yang tidak kalah penting, pengembang perlu melakukan inovasi dalam pemasaran. Para pengembang dapat membuat permukiman dengan menciptakan lingkungan strategis dengan berbagai fasilitas infrastruktur internal.

ANTARA /R Rekotomo

Namun yang perlu diwaspadai, adanya ekspektasi over suplai jika pengembang memiliki pemikiran yang sama maka ketersediaan pemukiman bakal memiliki konsep yang sama. “Sehingga perlu ada kerja sama antara developer, diharapkan situasinya win win solution,” ujar dia. Hal lainnya adalah menciptakan infrastruktur transparan yang menyediakan tentang situasi permintaan, rencana produksi maupun informasi daya serap pasar dari berbagai asosiasi. Jonathan mencatat, saat ini banyak pembeli yang membeli rumah tinggal untuk konsumsi dibandingkan sebagai investasi. din/E-6

Tampilkan Semua

Hati-hati, Harus Selektif Memilih Bank Rekanan

Jumat 21/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengembang perlu berhati- hati dalam memilih perbankan sebagai rekanan pembiayaan. Hal ini dilakukan agar pengembang tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Terutama, sejumlah bank plat merah yang menyalurkan dananya untuk pemberian...
Selengkapnya

Kota Pintar Hambat Kelesuan Ekonomi

Senin 17/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Membangun kota baru yang integral dan modern tidak hanya sekadar menyiapkan infrastruktur jalan dan hunian. Kota baru haru mengadopsi Konsep kota pintar atau "smart city"‎. Yakni kota yang berbasis teknologi. Dengan ‎membangun...
Selengkapnya

Kontribusi Material Gypsum untuk Lingkungan

Senin 17/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemanasan global mendorong lahirnya berbagai inovasi produk dalam industri bahan bangunan. Salah satu inovasi di industri bahan bangunan adalah konsep green construction. Ko‎nsep ini menekankan pada perencanaan,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Operator Pangkas Tarif Percakapan

Kamis 20/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Layanan telekomunikasi berbasis data melalui aplikasi pihak ketiga berdampak pada menurunnya trafik SMS dan juga percakapan. Untuk mendorong trafik suara operator terus memutar otak agar pelanggan memanfaatkan panggilan suara.

Mengikuti langkah Indosat Ooredoo yang manawarkan tarif percakapan 1 rupiah per detik, XL Axiata meluncurkan program yang disebut dengan “Super Ngobrol.” 

Dengan membeli kartu perdana terbarupelanggan akan mendapatkan manfaat “tanpa batas” untuk layanan panggilan/voice, SMS, akses internet. Super Ngobrol menawarkan  gratis nelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL, nelpon  1 rupiah per detik ke operator lain, 50 rupiah per SMS ke operator lain, dan akses internet 50 rupiah per MB.

Chief Commerce Officer XL Axiata Allan Bonke, masih banyak konsumen yang memiliki potensi untuk berkomunikasi melalui telefon ketimbang hanya melalui pesan instan. Mereka adalah para pebisnis yang membutuhkan komunikasi dengan rekannya. “Orang pacaran juga butuh komunikasi suara,” ujar dia di Jakarta Senin (17/7).

Pada program yang berlaku mulai 7 Juli - 31 Desember 2017, XL Axiata berharap mendapatkan pelanggan baru dengan mengakuisi pesaing. Alasannya, penggunaan kartu untuk keperluan telefon dan SMS cenderung tidak gonta-ganti, tidak seperti kartu data yang setelah habis lalu dibuang.

Allan menjelaskan, kemajuan teknologi telekomunikasi telah memungkinkan untuk menghadirkan layanan voicedan SMS dengan tarif yang sangat murah secara on-nett, selaras dengan komitmen kami membangun infrastruktur secara agresif.

Saat ini jumlah pengguna layanan suara dan SMS yang minim dalam penggunaan layanan data ada di luar perkotaan. Wilayah ini biasanya kurang tersedia jaringan data secara baik, sehingga mereka hanya memiliki pilihan menggunakan panggilan suara dan SMS. Trafik datavoice dan sms XL Axiata sendiri saat ini mencapai 251 juta menit/hari dan SMS 92,5 juta/hari.

Apa yang dilakukan XL memang diakui mengikuti jejak Indosat Ooredoo. Pada Mei 2017 lalu operator ini meluncurkan tarif 1 rupiah per detik untuk panggilan ke semua operator selama 30 detik pertama.

Indosat memang sedang merusak kemapanan industri telekomunikasi. Division Head Data Services Product Development & Management Indosat Ooredoo Sharif Mahfoedz

Jika percakapan pelanggan melebihi 30 detik berlaku tarif standar, tapi tetap tarifnya lebih murah ketimbang operator lain, bahkan, untuk tarif dari Indosat yang sebelumnya. hay/E-6

Tampilkan Semua

Vendor “Game” Sasar Warnet

Kamis 20/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tumbuhnya para pemain game danjuga atlit e-sport harus diimbangidengan jumlah warnet bermutu. Warnetterkesan membosankan lantaran tidakdiimbangi dengan teknologi terkini, dan manajemen yang baik. Potensi pasar game online di Indonesia...
Selengkapnya

Teknologi Baru Ponsel Moto

Selasa 18/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Motorola Indonesia resmi menghadirkan Moto Z2 Play bagi konsumen Indonesia. Ponsel dengan baterai tahan lama ini memiliki kamera ganda, dengan bodi tipis, dan ringan. “Dengan Moto Mods, smartphone ini bertransformasi menjadi...
Selengkapnya

Lebih Inovatif dengan Aplikasi Keuangan

Selasa 18/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Akses internet mobile dari ponsel telah membantu pengguna dalam menjalankan bermacam aktivitas. Pengguna bisa mencari informasi, menjalankan pekerjaan, menjual, dan membeli produk melalui ponselnya. Berdasarkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Pelumas Harus Memenuhi 5 Fungsi

Rabu 19/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Cairan pelumas merupakan bagian penting untuk kendaraan. Dengan adanya cairan pelumas tersebut, mesin dapat bekerja dengan lancar dan mulus, karena dapat meminimalisir gesekan antara bagian mesin satu dengan yang lainnya.

Ketika sebuah mesin dalam keadaan aus, hal tersebut menandakan bahwa mesin membutuhkan cairan pelumas agar dapat kembali bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, cairan pelumas juga mampu melindungi mesin dari karat dan juga membersihkan kotoran yang terdapat di sela-sela bagian mesin.

“Cairan pelumas memiliki banyak kegunaan untuk mesin kendaraan. Salah satu fungsinya tentu untuk mengurangi gesekan antara bagian mesin yang satu dengan yang lainnya untuk mencegah keausan, pelindung engsel, berfungsi penetrasi, pembesih, dan penghilang kelembaban,” ujar Brand Manager WD-40 Dwi Anton Ernawan, di Jakarta baru-baru ini.

Rio mengklaim oli WD-40 memiliki 5 fungsi  yang harus ada pelumas mutahir. Tidak hanya berfungsi untuk masalah seputar otomotif, namun produk-produk WD-40, khususnya WD-40 Multi-Use Product juga berfungsi untuk masalah seputar peralatan rumah tangga.

Sebagai cairan pelindung pelumas erfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin agar tidak terjadi gesekan, cairan pelumas juga berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan kopling tangan untuk melindunginya dari keausan. Selain itu, cairan pelumas pun berguna juga untuk melumasi rantai agar rotasi pada rantai berjalan dengan lebih lancar.

Cairan pelumas memiliki fungsi penetrasi, misalnya untuk embuka baut ban yang keras, dibutuhkan cairan yang mampu masuk ke dalam rongga-rongga yang sangat kecil sekali pun. Cairan pelumas harus memiliki fungsi yang mampu menyebar dan masuk ke dalam celah terkecil.

“Pada saat-saat tertentu, seperti musim hujan, ada kalanya saat mur pada ban dan bagian-bagian kecil pada mesin kendaraan khususnya motor sangat sulit dibuka karena terkena air kotor dari jalanan. Di sinilah, fungsi cairan pelumas sebagai pelunak dibutuhkan,” ujar dia.

Fungsi pelumas lainnya adalah cairan anti karat. Semakin bertambahnya usia mesin, bagian-bagian mesin tertentu dapat mengalami korosi atau karat. Hal ini dapat ditanggulangi dengan cairan pelumas, karena cairan pelumas pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai anti karat.

Oleh karenanya rajin memeriksa kondisi mesin dan memastikannya agar masih dapat bekerja secara optimal dan baik. Pengguna harus secara rutin memberikan cairan pelumas pada mesin kendaraan dan bagian-bagiannya seperti rantai, jeruji ban, dan bagian lainnya yang rentan mengalami karat.

Sementara sebagai pembersih, pelumas dapat membersihkan bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan. Di sinilah cairan pelumas yang mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja mesin kendaraan.

Fungsi pelumas terakhir adalah sebagai penghilang kelembaban. Pada saat musim hujan, mesin kendaraan terutama motor kadang harus melewati genangan air. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin yang menyebabkan kendaraan tidak dapat berfungsi secara optimal.

“Cairan pelumas dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah kendaraan mengalami mogok saat berkendara pada musim hujan,” tambah Rio.  hay/E-6

Tampilkan Semua

Kompetisi Ketat Sedan Para Eksekutif

Rabu 19/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada segmen premium, kompetisi kendaraan roda empat terlihat makin sengit. Pabrikan berusaha merakit produk secara lokal agar harga terjangkau. Untuk bersaing dengan Mercedes-Benz E Class, BMW meluncurkan model BMW Seri 5 rakitan...
Selengkapnya

5 Motor dengan Livery MoviStar

Rabu 12/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para penggemar MotoGP khusus yang menjagokan tim pabrikan Yamaha, mereka kini bisa memiliki motor dengan livery Movistar khas MotoGP Yamaha. Motor dengan livery Yamaha antara lain R25, All New R15 VVA 155, All New V-ixion, Aerox 155 VVA,...
Selengkapnya

APM Perang Amunisi di GIIAS 2017

Rabu 12/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ada empat hal yang ditunggu dalam pameran mobil internasional tahun ini, yaitu teknologi baru, mobil konsep, model baru, dan mobil baru. Beberapa agen pemegang merek (APM) telah ancang-ancang dalam menghadirkan mobil baru pada ajang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Dani Ceballos Siap Belajar dari Para Bintang

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bintang Spanyol yang bersinar di ajang Piala Eropa U-21, Dani Ceballos mengatakan sangat bangga bisa bergabung dengan klub raksasa sekelas Real Madrid. Gelandang berusia 20 tahun itu bergabung dengan Madrid dari Real Betis dengan mahar 18 juta Euro dan kontrak berdurasi enam tahun, setelah sebelumnya dia juga diminati raksasa Spanyol lainnya, Barcelona.

Dalam perkenalannya sebagai pemain Madrid, Ceballos bertekad memberikan kontribusi penting bagi klub berjuluk “Los Blancos”. Bahkan dia memiliki cita-cita bisa menyamai peran penting gelandang Madrid lainnya seperti Luka Modric dan Toni Kroos dalam membantu klub ibu kota Spanyol itu merebut gelar Liga Champions musim lalu.

“Saya pemain muda,” papar Ceballos, Kamis waktu setempat atau Jumat (21/7) WIB. “Saya memiliki harapan besar untuk dinikmati, saya bisa belajar dari para pemain fantastis yang berada di sini, para pemain dengan level yang tinggi. Belajar dari mereka dan berusaha siapa tahu suatu hari saya bisa seperti Luka dan Toni, menjadi bagian dari sejarah klub ini.”

Ceballos tampil dalam 30 pertandingan La Liga musim lalu bagi Betis, dan menolong klub menjauh dari zona degradasi. Namun gelandang tersebut mengatakan, dia tidak pernah ragu untuk memilih Madrid dan akan berusaha keras untuk mendapatkan tempat pertama di tim penuh bintang tersebut.

“Mengenakan seragam Madrid memberikan kebanggaan besar bagi saya dan menjadi bagian keluarga klub ini, ini adalah klub raksasa. Saya ingin mengenakan seragam ini untuk tahun-tahun yang lama. Ini adalah yang terbaik di dunia. Sejujurnya saya tidak ragu untuk memilih klub ini,” tandas dia.  Rtr/drb/S-1

Tampilkan Semua

Ibrahimovic Kirim Pesan ke United

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MANCHESTER – Manajer Manchester United, Jose Mourinho sempat mengatakan, dirinya masih membuka pintu bagi penyerang veteran Zlatan Ibrahimovic yang saat ini tengah menjalani pemulihan. Kontrak penyerang jangkung Swedia itu berakhir...
Selengkapnya

Zidane Akui Tertarik Mbappe

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID – Manajer Real Madrid, Zinedine Zidane mengakui jika dirinya sangat tertarik pada penyerang muda Prancis, Kylian Mbappe. “Penyerang AS Monaco Kylian Mbappe sangat bagus,”papar Zidane yang kian menguatkan...
Selengkapnya

Vettel Yakin Bangkit di GP Hungaria

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BUDAPEST - Terobsesi ingin terus me­ningkatkan penampilannya bersama Fer­rari, Sebastian Vettel yakin timnya mampu bertahan mengadapi persaingan dengan Mercedes. Meski demikian pebalap For­mula 1 asal Jerman itu khawatir...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Melepas Beban Berat Pretty Asmara

Sabtu 22/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Pretty Asmara dikenal sebagai pemain—sinetron, film, pembawa acara, pelawak, juga penyanyi. Bawaannya dalam bergaul menyenangkan:

banyak tawa, banyak keringat, mengundang tawa, walau matanya sering memicing. Takut sendirian dalam lift, cepat akrab. Omongan spontan, banyak tentang diri sendiri.

“Mas yakin paha mas lebih besar dari lengan saya?” Atau “Kalau soal berat, yang saya sebutkan angka di atas sekuintal.” Atau: “Saya tahu Mas membayangkan bagaimana saya pacaran to?”


Pretty, 39 tahun, putra seorang seniman yang dulu ikut dalam grup lawak tenar, Kwartet S, mengaku sejak kecil suka mentas, sejak masih di kota kelahirannya Lamongan, Jawa Timur.

Sebelum kemudian pergi ke Yogya, lolos dalam berbagai lomba, melalui berbagai ajang pencari bakat. Saya sempat mengenal dekat ketika membintangi serial televisi yang mengangkat namanya, Saras 008, tahun 1999.

Perkenalan yang kurang nyaman. Saya menulis cerita dalam seri itu kurang mendidik. Tokoh utama yang dimainkan Pretty memakai kesaktian kentut untuk melumpuhkan lawan.

Saya menghitung dalam tayangan kurang dari 30 menit, Saras belasan kali menghempaskan lawan dengan suara kentut, juga baunya.


Pretty Asmara cukup mampu berakting—dengan lucu, bukan mengandalkan cara yang jorok. Sejak itu, kami agak dekat, kadang curhat. Soal kekasih, soal pakaian yang susah mendapatkan karena ukurannya.

Saya pernah mengajaknya membaca puisi saat memperkenalkan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, dalam acara yang dihadiri Presiden Yudhoyono saat itu. Dan Pretty mengundang tawa dengan lirik: “Hukuman koruptor ditambah memangku saya”.


Sabtu lalu, (15/07/17), Pretty ditangkap bersama 7 orang lain—ada penyanyi dangdut, penyanyi pop, model, pemain film, sinetron, dalam sebuah hotel karena pesta sabu.

Apakah benar ini jebakan—karena yang memberi order tak muncul, atau begitulah selalu ajakan mereka yang tertangkap, biarlah bahasa hukum yang berlanjut. Meskipun memang kalau tidak “tangkap tangan”, sering terjadi bias akan kejadian yang sebenarnya.


Yang jelas, inilah konsekuensi sebagai artis, sebagai selebritas. Pretty Asmara—sebagaimana yang lain, berada dalam pusaran itu.

Kiri-kanan dan pergaulan yang dilakoni sangat dekat dengan dunia narkotika—tawaran, godaan, atau yang disaksikan. Satu-satunya sikap yang bisa menjauhkan adalah: jangan bersentuhan sama sekali.

Dengan menolak sama sekali, ia bisa menjadi bersih. Kalau antara “yes” dan “no” atau “kadang iya–kadang tidak”, memang mudah terjebak, dan susah mengelak.


Saya senang mendengar kabar bahwa saat tes urine, Pretty dinyatakan “bersih”, atau “tidak menggunakan.” Juga kecil kemungkinan dia menjadi penggedar. Atau tuduhan sembrono, mengatur “prostitusi” dunia artis.


Tapi, tak perlu kelewat cemas atau gentar. Itu semua peristiwa biasa yang akan menyambar, membakar, menyeret-nyeret dunia selebritas, dunia artis.

Akan selalu dikaitkan dengan kasus-kasus seperti itu yang menjadi hafalan. Seperti juga akan dikaitkan dengan nama lain—syukur nama tenar, sebagai selingkuhan atau suami atau pacar gelap siapa. Itulah dunia yang terlalu mudah dicurigai, dan diurai sisi gelapnya.


Satu hal: saya mempercayai Pretty Asmara mampu mengatasi, mampu melalui beban berat dalam hidupnya—bukan hanya berat badan, juga tuduhan dan godaan dan perjalanan hidup ini.

Saya ingat ketika ia untuk kesekian kali gagal dalam percintaan, atau gagal menetapkan kapan menikah, dia mengatakan, kurang lebih: “Saya tak mau sedih lama.

Saya akan konsentrasi sebagai artis saja.”Benar, dan itu masih berlaku saat ini. Kamu mampu melalui ini Pret, sungguh.

Tampilkan Semua

Melindungi Anak secara Maksimal

Sabtu 22/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Melindungi anak secara maksimal, bisakah? Setiap kali terjadi kasus kekerasan anak, entah pemukulan, pemerkosaan, bahkan pembunuhan, sesudahnya lalu muncul desakan untuk melindungi anak secara maksimal. Hal itu termuat dalam kepres...
Selengkapnya

UU Pemilu

Sabtu 22/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jumat (21/7) dini hari, mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu. Pengesahan ini termasuk menetapkan keputusan atas lima isu krusial dalam RUU Pemilu yang belum mencapai kesepakatan...
Selengkapnya

Bongkar Total Korupsi E-KTP

Jumat 21/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Hemat Dwi Nuryanto Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bekerja keras menuntaskan megakorupsi dalam kasus proyek KTP elektronik (e-KTP). Membongkar total sampai ke akar-akarnya korupsi KTP elektronik adalah kehendak rakyat....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Mike Shinoda Sangat Kehilangan Bennington

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berita kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington, membuat Mike Shinoda rekan Bennington di band tersebut mengalami syok. Dalam akun Twitter-nya, sang musisi mengaku kaget dan hatinya hancur mengetahui kabar mengejutkan ini.

"Kaget dan hancur, tetapi ini benar. Pernyataan resmi akan ada nanti," tulis dia.

Seketika warganet ikut berkomentar atas cuitan Mike. Sebagian besar menyatakan kesedihannya atas kematian Chester, termasuk musisi Tsuko G. Dia menuliskan ikut berduka dan kaget atas meninggalnya Chester.

"Aku ikut berduka atas kehilanganmu. Ini benar-benar mengejutkan," tulis dia.

Hal senada dituliskan Frank Gioa. "Mike, aku tak bisa berkata-kata," tulis Gioa.

Sebelum meninggal, Chester Bennington pernah mengungkapkan keinginannya melakukan bunuh diri. Pada Kamis (20/7), mata publik benar-benar terbuka karena keinginan itu menjadi kenyataan. Chester bunuh diri dengan cara gantung diri di kediaman pribadinya yang terletak di Palos Verdes Estates di Los Angeles.

Pilihan Chester mengakhiri hidupnya sama seperti mendiang sang sahabat, Chris Cornell pada Mei lalu. Musisi dan pencipta lagu dari band Soundgarden itu ditemukan bunuh diri dengan cara menggantung dirinya.  Rtr/S-1

Tampilkan Semua

Chester Bennington Tewas Gantung Diri, Selebritas Tanah Air Ikut Berduka

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berita kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington, membuat Mike Shinoda rekan Bennington di band tersebut mengalami syok. Dalam akun Twitter-nya, sang musisi mengaku kaget dan hatinya hancur mengetahui kabar mengejutkan...
Selengkapnya

Maria Calista Ajak Anak Muda Cintai Lagu Kebangsaan

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ecintaan Maria Calista terhadap lagu-lagu bertema kebangsaan ternyata demikian besar. Sebagai anak muda negeri ini, Maria mengatakan sudah seharusnya ia menyukai lagu-lagu yang berasal dari negeri sendiri. Tak hanya di bibir saja,...
Selengkapnya

Awas, Perundungan Picu Anak Bunuh Diri

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus perundungan atau bullying dalam lima tahun terakhir makin marak. Herannya, pelaku perundungan justru meng-upload tindakannya tersebut ke media sosial. Seperti yang terjadi belakangan. Insiden perundungan yang dilakukan sejumlah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Agenda

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Key Rei Jazz

Pekan ini, Motion Blue, Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, menampilkan Key Rei Jazz mempersembahkan kehadiran Key Rei Jazz yang akan menampilkan Rei Narita & Ear Candy Jazz Factory Feat. Regina Poetiray.

Rei Narita adalah komposer, pianis, produser, dan pemilik label studio Luna Azul. Dia adalah salah satu seniman jazz keren terkemuka oleh penggemar jazz.

Rei Narita cukup dipertimbangkan di luar negeri, dan menerima banyak tawaran dari Amerika dan Eropa. Dia juga telah ditinjau oleh para ahli German Smooth Jazz dan dipuji sebagai “Immaculate Diamond” dan “The Kaleidoscope of Melody” yang menarik. Band ini terdiri dari Rei Narita di piano, Bassis wanita sensasional Sakura Naoko, dan drummer wanita Sato Kanade yang berusia 15 tahun.

Jangan lewatkan penampilan menarik dari Rei Narita bersama Ear Candy Jazz Factory memainkan lagu dari album pertama mereka yang berjudul “Tangerin Peel jam” dan lagu hits lainnya dan akan berkolaborasi dengan penyanyi country berbakat Regina Poetiray pada 21-22 Juli 2017, di Motion Blue Jakarta.

Tanggal : 21-22 Juli 2017

Waktu : 20.00 WIB

Tempat : Fairmont Hotel, Motion Blue, Senayan, Jakarta

 

OK. Pangan OK. Video

Indonesia Media Arts Festival 2017

Tanggal : 22 Juli – 16 Agustus 2017

Waktu : 12.00-17.30 WIB 18.30-21.00 WIB

Tempat : Hall A1, Hall A4, Hall B, Ruru Gallery of Gudang Sarinah Ekosistem

Pada edisi ke-delapan yang diselenggarakan tahun ini, OK. Video mencoba melihat peluang seni media dalam menarasikan dan mewacanakan isu politik pangan. Isu ini dihadirkan sebagai upaya untuk melihat pangan sebagai medium yang memiliki sejarah kebudayaan yang mencakup sosial, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana teknologi-media sains, dilihat tidak hanya berperan sebagai pendukung bagi pengadaan dan pengembangan kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga sebagai media kritis yang menanggapi situasi eksplorasi dan komodifikasi pangan itu sendiri yang memiliki dampak besar terhadap perubahan lingkungan, sosial, politik, dan ekonomi.

Seni media ditempatkan sebagai sebuah upaya untuk melacak, menelusuri, menemukan, memaparkan, mendukung, menyerang, dan/ atau bertindak sebagai media yang mencoba mengintegrasikan antara gagasan, hasrat, peluang, dan usaha nyata dalam pemenuhan kebutuhan pangan, melalui peluang eksplorasi artistik. Sebanyak 39 seniman / lembaga / komunitas , dari dalam dan luar negeri , turut berpartisipasi dalam pameran dan program Open Lab tersebut.

 

Suropati Syndicate

Dengan niat untuk mengelaborasi permasalahan ketimpangan yang memunculkan kecemburuan sosial sehingga menciptakan konflik horizontal di tengah masyarakat, maka Suropati Syndicate akan mengadakan diskusi dengan tema “Menakar Keberpihakan Jakarta dalam Mengatasi Ketimpangan Ekonomi” .

Narasumber : Sandiaga Uno, Eka Sastra, Berly Martawardaya, Nasihin Masha, Adyatma Arifin. 

Tanggal : Minggu, 23 Juli 2017

Waktu : 20.30 WIB-Selesai WIB

Tempat : Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat

 

Indonesia Fashion and Craft 2017

Salah satu pameran fashion dan aksesoris terbesar di Indonesia ini akan menghadirkan beragam item fashion dan tentu saja bagi anda penggemar aksesoris. Beragam pilihan aksesori unik, bermotif etnik hingga modifikasi motif dan bahan material moderen. Atau bagi anda yang ingin mencari berbagai kerajinan tangan untuk rumah anda juga tidak ada salahnya datang di acara ini.

Tanggal : 19-23 Juli 2017

Tempat : Lobby hall, Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC)

 

Ruci Art Space I Too Am Untranslateable

Tanggal : 22 Juli – 13 Agustus 2017

Waktu : 11.00 – 19.00 WIB

Tempat : RUCI’s Joint & Art Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

RUCI ArtSpace mempersembahkan sebuah karya yang dikurasi oleh Roy Voragen bertajuk I Too am Untranslateable. Pertunjukan ini terdiri dari beragam aspek seni yang akan dibawakan oleh 4 seniman dari Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Acara ini mengekspos perjalanan empart seniman yang mengeksplorasi batasan dan potensi tubuh, sekaligus mempertunjukan konsep badan pergerakan badan tanpa mengasimilasi pengaruh dari luar.

Seniman yang akan berpartisipasi di pertunjukan seni ini adalah Deden Hendan Durahman (Fotografi), Jabbar Muhammad (Pelukis), Kelvin Atmadibrata (Performance Art), dan Theresia Agustina Sitompul (Installation and Printmaking).

 

Shabby Chic Fair

Tanggal : 19-23 Juli 2017

Tempat : Mall of Indonesia

Shabby Chic Fair merupakan pameran dekorasi rumah di Jakarta dan sekitarnya. Pameran ini akan menampilkan bedding, bunga, furniture, wallpaper, perangkat dapur untuk melengkapi interior rumah. Dalam pameran tersebut Shabby Chic akan berpartisipasi dengan toko online untuk menghubungkan masyarakat satu dengan yang lainnya. Pameran berlangsung di Mall of Indonesia pada 19 sampai 23 Juli.

 

Membangun Tanpa Paku Mengikat Tubuh Timur

 

Tanggal : Sabtu, 22 Juli 2017 (performance)

Minggu, 23 Juli 2017 (zentai walk)

Tempat : Galeri Cipta II, Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Jakarta

Masih dalam rangkaian program Lintas Media, Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode 2015-2018 yang beranggotakan Afrizal Malna, Adinda Luthviandi, Budi Sobar, dan Rita Matumona melihat pentingnya proyek performance art “Membangun Tanpa Paku: Mengikat Tubuh Timur” di bawah koordinasi Kelvin Atmadibrata.

 

Treasure Market Jakarta’s Biggest Curated Preloved Market

Tanggal : 21-23 Juli 2017

Tempat : FX Sudirman, Jakarta

ApakahAnda siap untuk pasar loak curated tersebut di Jakarta? Tandai tanggalnya! Ayo pergi berburu preloved!

60+ Preloved Fashion, Gaya Hidup, Vintage & FnB Booth! Pertunjukan Musik, Pameran Seni, Talkshows dan banyak lagi!

Tunjukin aplikasi Carousell mu agar bisa tuker hadiah-hadiah seru! 

 

Indonesia International Toys & Kids Expo

Tanggal : 23-25 Juli 2017

Waktu : 10:00 - 18:00 WIB

Tempat : Jiexpo Kemayoran

Acara pameran mainan dan produk anak terbesar di Indonesia “Indonesia International Toys & Kids Expo” akan kembali digelar. Bertempat di Hall B1 dan B2 Jakarta International Expo Kemayoran, pameran yang dinanti-nanti banyak orang tua akan menjajakan bergama mainan dan kebutuhan anak dari segala brand selama 3 hari penuh.

Dan tidak cuma mainan, nantinya dalam pameran ini juga akan diramaikan dengan booth dari produk keperluan anak seperti produk perawatan bayi, perlengkapan bayi, alat tulis, makanan, dan masih banyak lagi. 

Tampilkan Semua

Kejati Selamatkan Uang Negara dari Korupsi Rp16,2 Miliar

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada semester pertama 2017 menyelamatkan kerugian negara dari tindak pidana korupsi sebesar 16,2 miliar rupiah. “Jumlah penyelamatan keuangan negara dari uang pengganti dan denda itu berasal...
Selengkapnya

Dinas Penanaman Modal Terapkan Sistem “Online”

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta, menerapkan sistem online untuk layanan pembuatan izin usaha di Ibu kota. Langkah tersebut, untuk mencegah terjadinya praktik Korupsi, Kolusi dan...
Selengkapnya

DKI Buatkan “Open Camp” untuk Napi

Sabtu 22/7/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DKI menyiapkan lahan 1.000 hektare untuk memindahkan Lapas Salemba, Jakarta Pusat. JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuatkan lembaga pemasyarakatan (lapas) berupa open camp bagi narapidana di Jakarta. Lapas ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Kelangsungan Pendidikan Pelaku Perundungan Harus Dijamin

Jumat 21/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Video perundungan atau bullying yang dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 273 di area sebuah pusat perbelanjaan, tepatnya di Thamrin City Jakarta, telah menjadi viral dan mendapat perhatian banyak pihak. Sejak itu pula respons masyarakat langsung merebak dan meminta pelakunya diberi sanksi tegas.

 

Tak cuma itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga telah melalukan investigas terhadap kasus itu untuk mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya.

Bahkan untuk memberi efek jera, Kepala Dinas DKI Jakarta akan menjatuhkan sanksi pencabutan Kartu Jakarta Pintar (KJP) terhadap siswa-siswi yang terlibat.

Guna mengetahui sikap pemerintah terhadap kasus perundungan itu, Koran Jakarta mewancarai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana sikap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait perundungan yang dilakukan oleh siswa SMPN 273 Jakarta?

Sudah ditangani Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelakunya juga sudah diamankan.

Apa langkah antisipasinya jika ada perundungan lain di masa pengenalan lingkungan sekolah?

Saya minta pengawas, kepala sekolah, khususnya bidang kesiswaan dan guru, meningkatkan pengawasan dan perhatian kepada aktivitas siswasiswinya pada saat musim pengenalan siswa baru maupun sesudahnya.

Pengawasan ditingkatkan pada saat mana siswa-siswi senior sedang mengalami puncak kegairahan untuk mencari perhatian dan menunjukkan dominasinya terhadap juniornya.

Dinas Pendidikan DKI memberi sanksi pencabutan KJP, tanggapan Anda?

Apa pun keputusannya, harus tetap menjamin kelangsungan pendidikan mereka.

Komisi Perlindungan Anak dan Ibu (KPAI) mengkhawatirkan sanksi yang diberikan kepada siswa-siswi berpotensi melanggar hak pelaku dalam mendapat pendidikan, bagaimana pendapat Anda?

Siswa mendapatkan KJP, dan bilamana KJP itu dicabut pasti sudah ada aturannya. Nanti dicarikan jalan keluarnya.

Pelaku juga terancam akan dikeluarkan dari sekolah, sikap Anda?

Tidak dikeluarkan. Kalau ada kebijakan memindah ke sekolah lain itu justru demi menjaga suasana psikis yang bersangkutan.

Bagaimana agar kasus perundungan tidak terulang lagi?

Saya meminta masyarakat bekerja sama, mengawasi, dan mencegah terjadinya tindak perundungan. Saya juga meminta masyarakat melaporkan kepada pihak-pihak terkait bila menemukan kejadian serupa.

Bagaimana menyudahi kemarahan publik terhadap siswa pelaku perundungan?

Mohon tidak dilebihkan, karena mereka sebetulnya berteman. Hal terpenting yang harus menjadi prioritas saat ini adalah proses tumbuh kembang dan kondisi psikologis, baik pelaku maupun pelajar yang menjadi korban.

Sudah jangan dibesarkan lagi. Ini menyangkut pendidikan anak-anak dan nasib mereka. citra larasati/AR-2

Tampilkan Semua

Pemerintah Punya Bukti Kuat untuk Memblokir

Kamis 20/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Disebabkan mengandung konten ilegal yang mengarah pada radikalisasi hingga jaringan teroris, pemerintah memutuskan mengambil langkah tegas terhadap aplikasi Telegram. Langkah yang ditempuh ini melalui sejumlah tahap, selain dengan...
Selengkapnya

Perppu Ormas untuk Antisipasi Jika Ada Ormas yang Melanggar

Selasa 18/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah akhirnya mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017. Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Dalam Negeri menjadi dua kementerian garda depan dalam implementasi Perppu Ormas. ...
Selengkapnya

Rektor Wajib Memetakan Pandangan Dosen dan Mahasiswa

Senin 17/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Paham radikalisme sudah mulai masuk ke lingkungan kampus atau perguruan tinggi. Hal ini diakui oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, sehingga mencetuskan untuk mendeklarasikan antiradikalisme di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Melepas Beban Berat Pretty Asmara

Sabtu 22/7/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Pretty Asmara dikenal sebagai pemain—sinetron, film, pembawa acara, pelawak, juga penyanyi. Bawaannya dalam bergaul menyenangkan:

banyak tawa, banyak keringat, mengundang tawa, walau matanya sering memicing. Takut sendirian dalam lift, cepat akrab. Omongan spontan, banyak tentang diri sendiri.

“Mas yakin paha mas lebih besar dari lengan saya?” Atau “Kalau soal berat, yang saya sebutkan angka di atas sekuintal.” Atau: “Saya tahu Mas membayangkan bagaimana saya pacaran to?”


Pretty, 39 tahun, putra seorang seniman yang dulu ikut dalam grup lawak tenar, Kwartet S, mengaku sejak kecil suka mentas, sejak masih di kota kelahirannya Lamongan, Jawa Timur.

Sebelum kemudian pergi ke Yogya, lolos dalam berbagai lomba, melalui berbagai ajang pencari bakat. Saya sempat mengenal dekat ketika membintangi serial televisi yang mengangkat namanya, Saras 008, tahun 1999.

Perkenalan yang kurang nyaman. Saya menulis cerita dalam seri itu kurang mendidik. Tokoh utama yang dimainkan Pretty memakai kesaktian kentut untuk melumpuhkan lawan.

Saya menghitung dalam tayangan kurang dari 30 menit, Saras belasan kali menghempaskan lawan dengan suara kentut, juga baunya.


Pretty Asmara cukup mampu berakting—dengan lucu, bukan mengandalkan cara yang jorok. Sejak itu, kami agak dekat, kadang curhat. Soal kekasih, soal pakaian yang susah mendapatkan karena ukurannya.

Saya pernah mengajaknya membaca puisi saat memperkenalkan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, dalam acara yang dihadiri Presiden Yudhoyono saat itu. Dan Pretty mengundang tawa dengan lirik: “Hukuman koruptor ditambah memangku saya”.


Sabtu lalu, (15/07/17), Pretty ditangkap bersama 7 orang lain—ada penyanyi dangdut, penyanyi pop, model, pemain film, sinetron, dalam sebuah hotel karena pesta sabu.

Apakah benar ini jebakan—karena yang memberi order tak muncul, atau begitulah selalu ajakan mereka yang tertangkap, biarlah bahasa hukum yang berlanjut. Meskipun memang kalau tidak “tangkap tangan”, sering terjadi bias akan kejadian yang sebenarnya.


Yang jelas, inilah konsekuensi sebagai artis, sebagai selebritas. Pretty Asmara—sebagaimana yang lain, berada dalam pusaran itu.

Kiri-kanan dan pergaulan yang dilakoni sangat dekat dengan dunia narkotika—tawaran, godaan, atau yang disaksikan. Satu-satunya sikap yang bisa menjauhkan adalah: jangan bersentuhan sama sekali.

Dengan menolak sama sekali, ia bisa menjadi bersih. Kalau antara “yes” dan “no” atau “kadang iya–kadang tidak”, memang mudah terjebak, dan susah mengelak.


Saya senang mendengar kabar bahwa saat tes urine, Pretty dinyatakan “bersih”, atau “tidak menggunakan.” Juga kecil kemungkinan dia menjadi penggedar. Atau tuduhan sembrono, mengatur “prostitusi” dunia artis.


Tapi, tak perlu kelewat cemas atau gentar. Itu semua peristiwa biasa yang akan menyambar, membakar, menyeret-nyeret dunia selebritas, dunia artis.

Akan selalu dikaitkan dengan kasus-kasus seperti itu yang menjadi hafalan. Seperti juga akan dikaitkan dengan nama lain—syukur nama tenar, sebagai selingkuhan atau suami atau pacar gelap siapa. Itulah dunia yang terlalu mudah dicurigai, dan diurai sisi gelapnya.


Satu hal: saya mempercayai Pretty Asmara mampu mengatasi, mampu melalui beban berat dalam hidupnya—bukan hanya berat badan, juga tuduhan dan godaan dan perjalanan hidup ini.

Saya ingat ketika ia untuk kesekian kali gagal dalam percintaan, atau gagal menetapkan kapan menikah, dia mengatakan, kurang lebih: “Saya tak mau sedih lama.

Saya akan konsentrasi sebagai artis saja.”Benar, dan itu masih berlaku saat ini. Kamu mampu melalui ini Pret, sungguh.

Tampilkan Semua

Pahala N Mansury

Sabtu 22/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Garuda Indonesia Tbk yang digelar pertengahan April lalu akhirnya memutuskan memilih Pahala N Mansury sebagai direktur utama perusahaan pelat merah ini. Pria yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan...
Selengkapnya

Masa Depan Diganosa Penyakit Berbasis Nafas

Sabtu 22/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Cairan tubuh mengandung banyak informasi tentang status kesehatan seseorang. Secara medis, dokter memilih darah dan urin sebagai bahan analisis untuk mendapatkan petunjuk tentang sebuah penyakit. Belakang banyak peneliti yang mulai...
Selengkapnya

Sensor Inovatif untuk Diagnosa Penyakit

Sabtu 22/7/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah tim peneliti berhasil mengembangkan sensor diagnostik dengan menggunakan nanocatalis protein yang dienkapsulasi. Teknologi ini mampu mendiagnosis penyakit tertentu dengan hanya menganalisis nafas keluar dikeluarkan dari mulut....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta