Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

“Rent Seeking” Impor Jadi Candu yang Mematikan Petani Tebu

Rabu 25/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Petani negara eksportir disubsidi negaranya, petani RI dimatikan kebijakan impor.
Presiden pernah berjanji akan mengurangi impor pangan dan lebih peduli pada petani.

JAKARTA – Sejumlah kalangan menilai perintah menteri BUMN kepada satu BUMN untuk mengimpor gula mentah (raw sugar) di saat petani tebu sedang memulai panen raya pertama memunculkan dugaan adanya praktik perburuan rente atau rent seeking di kalangan oknum pejabat negara.

Pasalnya, setiap tahun pemerintah terlihat seperti kecanduan mengimpor gula dengan dalih menstabilkan harga, tanpa berusaha lebih keras untuk meningkatkan produktivitas gula nasional guna mencapai cita-cita swasembada pangan. Padahal, impor gula tanpa kendali seperti yang selama ini dilakukan pemerintah selain menjauhkan dari target swasembada, juga mematikan kehidupan petani tebu nasional.

Dan, sebaliknya justru menguntungkan petani negara lain. Guru Besar Ekonomi Pertanian UGM Yogyakarta, Masyhuri, mengatakan dengan logika paling awam sekalipun, kalau ingin memenuhi kebutuhan dengan kemampuan sendiri maka jalan membeli dari orang lain adalah pilihan terakhir.

Sayangnya, hal yang paling sederhana itu terus dimentahkan dengan argumen muluk-muluk yang intinya impor terus diambil bahkan saat panen raya. “Kita sudah pusing melihat kinerja menteri, maka sah kalau kita curiga memang impor dipelihara demi rente,” kata Masyhuri saat dihubungi, Selasa (24/5).

Ia mengakui jalan menuju swasembada gula memang tidak mudah. Namun, rakyat butuh semangat dan tekad kuat dari semua pengambil kebijakan bahwa swasembada benar-benar menjadi cita-cita bersama. “Masalahnya, yang terjadi justru sebaliknya. Kabinet terus saja melanggengkan politik impor. Padahal, rent seeking impor jadi candu yang mematikan petani,” tegas dia.

Sebelumnya, anggota Pokjasus Dewan Ketahanan Pangan, Gunawan, mengatakan kebijakan Menteri BUMN, Rini M Soemarno, yang menugaskan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan impor gula mentah sebanyak 381.000 ton sarat dengan kepentingan kroni dan pedagang. Kebijakan impor itu juga dianggap salah sasaran karena pada ujungnya malah menguntungkan petani asing dan mematikan petani tebu nasional akibat kalah bersaing.

“Padahal, presiden pernah berjanji untuk mengurangi impor pangan, peduli pada petani, dan menciptakan kemandirian pangan,” ujar Gunawan. Masyhuri menegaskan butuh sinyal kuat keberpihakan pemerintah untuk mengatasi tantangan utama sektor gula nasional, yakni ketersediaan lahan dan tingkat rendeman yang terkait dengan produktivitas petani dan pabrik.

“Minimal ada perbaikan data sehingga blueprint kedaulatan pangan jelas. Ini kan enggak, terus saja ngajak debat yang intinya impor sah dilakukan dan mekanisme wajar. Ini kan kacau,” katanya. Sedangkan pengamat ekonomi dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Ahmad Muzaki, mengatakan ke depan negara yang menjadi pemenang bukan hanya yang menguasai teknologi, tetapi yang berhasil menjaga kedaulatan pangan.

“Inilah sebab banyak negara memberikan subsidi kepada petaninya agar bisa meningkatkan produksi. Namun, petani di negara kita yang tidak dibantu negara disuruh bersaing dengan asing. Akibatnya, petani kita yang sudah kalah semakin miskin, sedangkan petani asing yang sudah banyak mendapat kemudahan dari negaranya makin kaya,” tutur dia.

Berdampak Buruk

Sementara itu, pakar pertanian dari Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa, menyatakan impor raw sugar yang terus meningkat tiap tahun dari dulu selalu berdampak buruk bagi petani tebu rakyat, sehingga alasan menteri BUMN terkait impor gula tak bisa diterima.

Menurut dia, impor yang dilakukan secara terus-menerus dilandasi oleh keuntungan menggiurkan dari segelintir pihak. Itulah alasannya pemerintah tidak kunjung menghentikan impor gula mentah.

“Karena menggiurkan itulah makanya nasib petani selalu diabaikan, padahal petani telah bekerja keras menanam tebu, namun dimatikan dengan keputusan impor pemerintah,” ujar Dwi.

Ia juga menilai jika izin impor itu dilaksanakan maka waktunya tidak tepat karena realisasinya baru 2-3 bulan lagi, dan pada saat yang bersamaan yakni Juli-September terjadi panen raya tebu rakyat. Artinya, harga tebu rakyat dan gula berbasis tebu rakyat akan jatuh karena impor raw sugar.

Dengan demikian, lanjut Dwi, jika pemerintah memikirkan nasib petani domestik maka rencana impor itu mesti dibatalkan. Jika tidak, pemerintah sama saja lebih memilih memperkaya petani asing. “Mestinya nasib petani sendiri harus diutamakan, tinggalkan semua kepentingan,” tukas dia. YK/SB/ers/WP

Kepala PN Kepahiang Ditetapkan sebagai Tersangka

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan lima orang sebagai tersangka setelah menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Bengkulu pada Senin (23/5). Dari lima tersangka, dua di antaranya adalah hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Bengkulu.

“Setelah melakukan … Selengkapnya

Presiden Minta Menteri Turun ke Lapangan

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta kepada para pembantunya agar melakukan pengecekan ke lapangan terkait paket kebijakan yang telah digulirkan. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat memimpin Rapat Terbatas untuk mengevaluasi paket kebijakan ekonomi 1-12 di Kantor Presiden, Jakarta, … Selengkapnya

Sekretaris MA Diperiksa KPK Selama 8 Jam

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

KPK telah menyita uang sebesar 1,7 miliar rupiah di kediaman Sekretaris MA Nurhadi Abdurrachman di Jalan Hang Lekir, Kebayoran Baru, Jakarta.

JAKARTA — Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (24/5/). Nurhadi tiba di … Selengkapnya

mondial

Obama Ungkit Isu Sengketa LTS

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Keputusan AS untuk meningkatkan hubungan bilateral serta mengakhiri embargo terhadap Vietnam, dipantau ketat oleh Tiongkok. Pihak Beijing menilai itikad AS terhadap Vietnam itu sebagai upaya untuk melawan Tiongkok.

 HO CHI MINH – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, kembali menyinggung soal sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) pada hari terakhirnya kunjungan kenegaraannya di Vietnam, Selasa (24/5). Presiden kulit hitam pertama AS itu menekankan pentingnya kebebasan bernavigasi di wilayah LTS, dimana Tiongkok membangun pulau-pulau buatan, jalan dan pelabuhan di wilayah yang dipersengketakan itu.

“Negara yang besar, seharusnya tidak menjajah negara yang kecil. Persengketaan ini harus diselesaikan dengan damai,” kata Obama, tanpa menyebut Tiongkok secara gamblang yang mengklaim lebih dari 80 persen kepemilikan LTS.

Menjawab posisi sikap AS itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan negara diluar kawasan harusnya menghormati negara-negara yang sedang berusaha menjaga perdamaian dan keamanan kawasan. Hua menyebut pemerintah Tiongkok sangat meyakini ukuran sebuah negara seharusnya tidak boleh dimanfaatkan sebagai dasar untuk menentukan apakah posisinya dibenarkan.

Sindiran Obama terhadap sikap Tiongkok atas sengketa LTS, dibalas dengan sindiran oleh Beijing. Surat kabar Tiongkok, Global Times, mewartakan pemerintah Tiongkok mencemooh keputusan AS untuk mencabut embargo senjata terhadap Vietnam dan ikhtikad baik AS untuk melunakkan hubungan bilateral dengan Vietnam terkait HAM, yang semua itu dilakukan semata-mata guna melawan Tiongkok. AS pun dituding mengambil keuntungan dari Vietnam agar lebih membangkitkan masalah di LTS.

Obama secara resmi mengumumkan bahwa AS telah mencabut sepenuhnya embargo penjualan senjata kepada Vietnam yang telah diberlakukan selama lebih dari lima dekade. Pencabutan embargo tersebut diumumkan Obama saat berkunjung ke Vietnam. Dalam kesempatan itu, Obama pun berjanji tak akan lagi mengungkit-ungkit sejarah kelam bekas musuh AS tersebut.

“Vietnam kini telah memasuki era baru yang sejahtera. Pada tahapan ini pula, Vietnam dan AS telah melakukan sejumlah kerja sama, termasuk militer, yang mencerminkan bahwa di antara kedua negara telah terjalin rasa saling percaya dan juga saling menghargai,” ujar Obama. 

“Peace Corps”

Pada hari terakhir kunjungannya di Vietnam, Presiden Obama juga mengajukan tawaran kepada pemerintah Vietnam untuk mengizinkan Peace Corps, sebuah organisasi nirlaba, agar beroperasi di Vietnam, dimana fokus utamanya pada pengajaran bahasa Inggris.

Tawaran itu pun disambut positif oleh pemerintah Vietnam dan menjadi puncak upaya Peace Corps selama bertahun-tahun agar dapat masuk ke negara itu. Peace Corps didirikan tahun 1961 oleh Presiden John F Kennedy untuk mendorong perdamaian dan persahabatan dunia. Sejak itu, lebih dari 220 ribu relawan Amerika telah bertugas di 141 negara.

Pada 2012, direktur Peace Corps, yang saat itu dijabat oleh Aaron Williams, berkunjung ke Vietnam selama tiga hari untuk mempelajari peluang pembukaan program Peace Corps di sana.

“Saya sangat senang untuk pertama kalinya Peace Corps akan bekerja di Vietnam,” kata Presiden Obama. “Relawan Peace Corps kami akan memusatkan perhatian pada pengajaran bahasa Inggris dan persahabatan yang diupayakan oleh para relawan ini akan memperat hubungan kita dalam beberapa dekade mendatang,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Peace Corps menyebut telah bekerja sama dengan Vietnam dalam menyelesaikan dan menandatangani perjanjian untuk menyusun program kurikulum. Hal ini akan menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk terus mengembangkan hubungan yang erat dan memperdalam hubungan antar masyarakat. Selain pendidikan, Peace Corps akan bekerja selama 27 bulan di negara tuan rumah dalam bidang pertanian, pengembangan masyarakat, lingkungan, kesehatan dan pemuda. uci/Rtr/VoA/I-1

Capres Partai Kebebasan Austria Kalah Tipis

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WINA – Calon presiden dari Partai Kebebasan Austria, Norbert Hofer, pada Senin (23/5) waktu setempat, akhirnya mengakui kekalahan dirinya dalam pemilu presiden yang dilaksanakan pada Minggu (22/5). Walau penghitungan suara masih dilakukan, dari hasil hitung cepat oleh Kementerian Dalam Negeri … Selengkapnya

Menteri Perencanaan Brasil Mundur

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BRASILIA – Pemakzulan terhadap Presiden Brasil, Dilma Rousseff, rupanya berbuntut panjang. Pada Senin (23/5), Menteri Perencanaan Brasil, Romero Juca, memutuskan untuk mengundurkan diri. Padahal kabinet yang baru dibentuk beberapa hari lalu.

Keputusan tersebut mengejukan Presiden Brasil sementara, Michel Temer, mengingat … Selengkapnya

Imam Besar Al-Azhar Temui Paus di Vatikan

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 VATIKAN – Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus melakukan pertemuan dengan imam besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb, Senin (23/5) waktu setempat. Kunjungan ini menandai membaiknya hubungan antara Vatikan dengan kalangan Islam Sunni setelah lima tahun lalu hubungan keduanya membeku.

Masjid Agung … Selengkapnya

ekonomi

BTN-Garuda Terbitkan “Co-Brand”

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.-Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk dan PT Garuda Indonesia Persero Tbk, melakukan sinergi guna meningkatkan kinerja.

Kedua BUMN itu meluncurkan kartu debit untuk transaksi elektronik bernama Co-Brand yang diharapkan dapat memudahkan pembayaran non-tunai untuk pembelian jasa maskapai pelat merah tersebut.

“Kami akan cetak 60 ribu kartu Co-Brand tahun ini,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, dalam peluncuran kartu debit Co-Brand di Jakarta, Selasa (24/5).

 Maryono mengatakan nasabah yang melakukan pembayaran dengan Co-Brand akan mendapat fasilitas yakni bonus poin dari program 1.000 miles welcome bonus Garuda, diskon pembelian tiket dan penukaran hadiah tiket, jalur pendaftaran penumpang ke pesawat (check-in) khusus, dan fasilitas dari Garuda Miles Fast Track.

“Kartu ini juga multi-manfaat dan terkoneksi dengan layanan produk lainnya dari BTN,” kata dia. Menurut Maryono, keterhubungan dengan produk BTN lain itu, misalnya, nasabah pemegang Co-Brand yang melakukan akad kredit kepemilikan rumah (KPR) BTN akan mendapatkan “1.000 miles” dari Garuda.

“Selain itu setiap transaksi dengan nominal 100 ribu rupiah visa mesin elektronik perekam data (EDC) dan juga melalui perdagangan daring (e-commerce) akan mendapatkan satu Garuda Miles dan kelipatannya. Diharapkan penerbitan Co-Brand dapat menambah jumlah nasabah BTN yang merupakan pelanggan Garuda,” jelas Maryono.

BTN hingga April 2016 telah menyalurkan KPR untuk pembiayaan 59 ribu unit rumah dan kredit konstruksi 28.400 unit.

Jumlah itu, belum ditambah 250 ribu unit KPR yang sedang dalam proses pengembangan. Dengan capaian per April 2016 tersebut, BTN optimis target pembiayaan perumahan hingga 570 ribu unit pada 2016 dapat tercapai.

Pada 2017, BTN menargetkan dapat meningkatkan pembiayaan KPR hingga 800 ribu unit hunian. Untuk mencapai target itu, BTN telah menggandeng 3000-4000 pengembang perumahan.

Di semester II 2016, perseroan juga berencana untuk menerbitkan obligasi Rp3 triliun untuk menambah ekspansi kredit, khususnya sektor KPR.

Sinergi BUMN

Sementara itu, Direktur Utama Garuda, Arif Wibowo, mengatakan peluncuran Co-Brand merupakan bentuk sinergi BUMN untuk mengembangkan bisnis masing- masing perseroan dan bersaing dengan pihak lain untuk melayani pelanggan secara optimal.

“Kartu ini akan memberikan nilai tambah dan memberikan banyak keuntungan, karena kita akan memberikan prioritas, misalkan priroritas untuk check in dan juga fasilitas lainnya,” kata Arif.

Selain menggandeng BTN, Garuda sebelumnya dipercaya pemerintah menerbangkan 79.020 ribu jamaah Indonesia yang tergabung dalam 205 kelompok terbang dari delapan embarkasi. bud/AR-2

Harga SUN Mulai Turun

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.–Harga Surat Utang Negara (SUN) mengalami penurunan sehingga membuat yield bergerak naik. Penurunan harga obligasi lebih dipengaruhi oleh sentimen domestik ketimbang global. Direktur Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Wahyu Trenggono,

mengatakan kenaikan yield yang terjadi sekarang dikarenakan beberapa hal yang … Selengkapnya

Bank di Jabar Diminta Agresif Dorong Laku Pandai

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

GARUT. – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perbankan di Jawa Barat (Jabar) meningkatkan akses keuangan masyarakat di tingkat pedesaan melalui layanan branchless banking atau terkenal dengan sebutan Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif ).

“Masyarakat di … Selengkapnya

Fraksi Harga Baru Lebih Menguntungkan

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Penerapan aturan fraksi harga saham yang baru berdampak pada peningkatan rata- rata frekuensi perdagangan harian efek di pasar modal domestik.

JAKARTA – Aturan fraksi harga yang baru (penawaran jual atau permintaan beli) berdampak positif bagi pasar saham domestik. Pelaku pasar … Selengkapnya

rona

ARTJOG Ke-9 Kukuhkan Diri Sebagai Artis Fair Terbaik di Dunia

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perayaan tahunan seni rupa kontemporer internasional ARTJOG yang berbasis di Yogyakarta akan kembali digelar untuk umum mulai tanggal 27 Mei hingga 27 Juni mendatang di Jogja National Museum (JNM). Dengan mengangkat tema ‘Universal Influence’, ARTJOG benar-benar ingin mengukuhkan dirinya sebagai artis fair terbaik di dunia.

Pendiri sekaligus direktur artistic ARTJOG, Heri Pemad mengatakan, ARTJOG saat ini sudah berhasil masuk dalam agenda gelaran seni rupa dunia sejajar dengan artfair di Singapura, Hongkong, dan lainnya. “ARTJOG dinilai unik karena berbeda dengan artfair di negara lain yang diiukuti oleh galeri-galeri, ARTJOG justru diikuti oleh senimannya langsung,” ungkap Heri Pemad di Greenthost Yogya, akhir pekan lalu.

Heri Pemad menerangkan, sudah terlalu lama diskusi mengenai institusi seni rupa modern yang gagal terbangun di Indonesia, seperti museum, kampus, galeri, media, artfair, dan lain sebagainya. Kehadiran ARTJOG yang terus berusaha maju hingga tahun ke-9 ini adalah usaha untuk terus menjadi bagian penting dari perjalanan seni rupa kontemporer dunia.

“Tentu ada banyak rintangan, tapi yang namanya terobosan pasti akan memberi banyak jalan lain bagi pertumbuhan seni rupa kita. Yang pasti, dunia kini tahu ada ARTJOG yang secara serius berusaha menghadirkan seniman-seniman muda kontemporer terbaik di Indonesia,” kata Heri Pemad.

Melibatkan 72 seniman dengan 97 karya, ARTJOG 9 menargetkan ada penjualan karya senilai 20 miliar rupiah dengan harga karya termahal di kisaran 1 miliar – 3 miliar rupiah. Puluhan museum, galeri, kolektor, dan kritikus rupa dunia tercatat sudah mengatur perjalanan dan penginapan di Yogya untuk menghadiri ARTJOG 9.  YK/S-2

Angelina Jolie Jadi Dosen Mata Kuliah Perempuan

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris Hollywood Angelina Jolie akan menjadi dosen tamu di London School of Economics (LSE) dalam mata kuliah baru mengenai perempuan, perdamaian, dan keamanan.

LSE mengatakan mata kuliah yang dimulai tahun depan adalah yang pertama kali dibuat dalam lingkup global. Mata … Selengkapnya

Shu Qi Menuai Sukses Setelah Hijrah ke Hongkong

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merasa diganggu oleh pria di negaranya, aktris kenamaan Taiwan, Shu Qi, terpaksa hijrah ke Hongkong. Tanpa disangka, Shu Qi akhirnya bertemu dengan seorang sutradara bernama Andrew Lau dan menawarinya berperan untuk film bertajuk “All You Need is Love”.

“Alasan saya … Selengkapnya

Aneka Ayam Geprek

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Masakan dengan lauk ayam sangat digemari di Indonesia. Sajian sangat beragam. Salah satu yang khas adalah ayam geprek. Seperti apa sensasi menikmati kuliner ayam geprek?

Ayam Geprek Khas Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya budaya dan kota wisata. Yogyakarta juga kota kuliner. … Selengkapnya

megapolitan

Ledakan Tabung Lukai Delapan Orang

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ledakan tabung gas melukai delapan orang warga di Rumah Makan Sederhana Baru Slipi Jakarta Barat pada Selasa (24/5).

“Korban menjalani perawatan di Rumah Sakit Pelni Petamburan Jakarta Barat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Jakarta Selasa (24/5).

Awi menyebutkan kejadian berawal saat salah satu karyawan rumah makan sedang memasak mencium bau gas yang diduga dari tabung bocor.

\Karyawan itu berupaya menutup kebocoran tabung gas itu namun tidak lama kemudian terjadi semburan api. “Semburan api mengena para korban,” ujar Awi.

Korban yang terluka kena semburan api yakni Sharing, Suheri, Anto, Andri, Yono, Was dan Budi Hartono. Para Korban kebanyakan mengalami luka bakar dan luka terkena pecahan kaca pada bagian tubuhnya. Ant/P-5

Dewan Minta Apartemen Penunggak Fasos/Fasum Disegel

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

  BPKAD belum mampu menginventarisir dengan baik berapa pengembang yang masih menunggak fasos/fasum.

JAKARTA – Banyaknya penunggak kewajiban fasilitas sosial/fasilitas umum (fasos/fasum) dari beberapa pengembang di Jakarta, anggota DPRD DKI meminta agar properti baik apartemen atau rail estate milik pengembang nakal … Selengkapnya

Bursa Kerja Kota Tangerang Dibanjiri Pencari Kerja

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Sebanyak 4.036 lowongan kerja tersedia dalam bursa kerja yang digelar Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan tanggal 24-26 Mei 2016 di pusat perbelanjaan Tangerang City.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Abduh Surahman di Tangerang, Selasa (24/5), mengatakan lowongan … Selengkapnya

Jokowi Persilahkan Warga Kunjungi Istana

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Kegiatan Istana Untuk Rakyat yang digelar Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat dalam rangka Hari Jadi Bogor ke-534 mendapat respon positif dari Presiden Joko Widodo yang mempersilakan warga untuk berkunjung.

“Presiden mempersilakan warga untuk berkunjung ke Istana Bogor, dan … Selengkapnya

olahraga

Misi Akhiri Penantian

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sejak 1972, Jerman menjadi negara yang tak pernah absen tampil di putaran final Piala Eropa. Tapi tidak semua perjalanan Jerman di Piala Eropa berjalan mulus.

Termotivasi menjadi pemenang Piala Dunia 2014, Jerman akan berupaya mengakhiri penantian 20 tahun gelar juara Piala Eropa di Prancis bulan depan. Jerman adalah tim yang paling sering tampil di putaran final Piala Eropa. Mereka sudah 11 kali lolos dan tiga kali menjadi juara.

Namun mereka telah menunggu lama untuk kembali mengangkat trofi. Terakhir kali Jerman jadi juara terjadi pada 1996. Karena itulah gelaran Piala Eropa 2016 menjadi kesempatan untuk mengakhiri penantian panjang. Jerman berada di grup C, bersaing dengan Ukraina, Polandia, dan Irlandia.

Sejak 1972, Jerman menjadi negara yang tak pernah absen tampil di putaran final Piala Eropa. Mereka selalu lolos dalam event empat tahunan itu. Tapi tidak semua perjalanan Jerman di Piala Eropa berjalan mulus. Bahkan beberapa kali mereka tersingkir di putaran awal.

Meski memiliki laju mulus di babak sistem gugur Piala Dunia, langkah Jerman di Piala Eropa lebih berat. Tercatat, tiga kali mereka tersingkir di fase penyisihan grup putaran final Piala Eropa. Dua kali di antaranya finis di peringkat Ketiga klasemen penyisihan grup (1984 dan 2004), serta menempati peringkat dasar klasemen pada 2000.

Padahal secara umum, Jerman adalah tim yang memegang sejumlah rekor di Piala Eropa. Di antaranya mereka termasuk di antara tim-tim raksasa Eropa yang punya pengalaman tiga kali juara Eropa.

Tim berjuluk “Die Mannschaft” itu telah memenangkan 23 pertandingan di antara 43 laga putaran final yang dilakoninya. Terbanyak di antara timnas-timnas negara Eropa lainnya.

Meski punya catatan rekor gemilang tersebut, Jerman tak pernah bisa jadi juara pada periode 1996 hingga sekarang.

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew berambisi untuk meraih gelar juara Piala Eropa. Sebuah gelar yang belum bisa dia raih setelah menjadi pelatih pada 2006 hingga sekarang maupun saat menjabat asisten pelatih pada 2004-2006.

Loew yakin para pemain yang telah dipilih untuk mengisi skuadnya jelang Piala Eropa 2016 sudah tepat. “Kami memilih para pemain ini karena yakin tim ini punya perpaduan yang bagus antara pengalaman dan semangat muda,” ujar pelatih berusia 56 tahun itu.

“Secara keseluruhan kami memiliki skuad yang diisi dengan kualitas, dan fleksibilitas yang tinggi, kondisi itu bagus untuk bisa meraih kesuksesan di Piala Eropa,” sambungnya.

Pemain-pemain berpengalaman di timnas Jerman seperti Manuel Neuer, Mats Hummels, dan kapten Bastian Schweinsteiger, masuk dalam skuad sementara Jerman jelang Piala Eropa tersebut.

Mereka akan dipadukan dengan pemain-pemain muda seperti Joshua Kimmich (21 tahun-Bayern Muenchen), Julian Weigl (20-Borussia Dortmund), dan Julian Brandt (20-Bayer Leverkusen), yang baru pertama kali dipanggil ke timnas senior Jerman.

Di sisi lain, Loew juga tak memungkiri merasa khawatir karena sejumlah pemain mengalami cedera berkepanjangan.  ben/S-1

Pemain Bintang Ramaikan Copa America

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CALIFORNIA – Peraih penghargaan pemain terbaik dunia sebanyak lima kali Lionel Messi dari Argentina, bintang asal Chile Alexis Sanchez dan pemain Brasil Dani Alves berada di antara nama-nama bintang di daftar nama akhir turnamen Copa America Centenario, yang akan digelar … Selengkapnya

Rashford Siap Jalani Debut Timnas

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Striker Marcus Rashford kemungkinan akan membuat debut di tim nasional saat Inggris melawan Australia pada hari Jumat (27/5) setelah bergabung dengan skuad Piala Eropa 2016. Meski demikian pelatih Roy Hodgson mengatakan pemain muda itu tidak memiliki waktu banyak … Selengkapnya

Dadi Tetap Puas Tampil di TdF 2016

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LABUAN BAJO – Stage Best Indonesian Rider dari tim Trengganu Cycling Team, Dadi Suryadi, mengaku puas dengan hasil yang diperolehnya di Tour de Flores (TdF) 2016. Meskipun pebalap asal Jawa Barat itu jatuh di etape pertama dan mengalami cedera di … Selengkapnya

kupas

“Kita Jangan Mewariskan Impor”

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan instansi pemerintah yang secara tegas menolak impor komoditas pangan. Sebab, impor hanya memperkaya petani di negara lain tetapi memiskinkan atau mematikan petani di negeri sendiri.

Lagi pula, Kementan merupakan lembaga yang berfungsi untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi. Kemudian, jika impor dilakukan maka tentunya segala bentuk bantuan yang diberikan Kementan sama sekali tidak berguna. Atas dasar itu pula Kementan tetap menolak rencana impor pangan jelang ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2016. Guna mengetahui sikap Kementan itu, berikut wawacara Koran Jakarta dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Bagaimana sikap Anda terhadap kebijakan impor komoditas pangan? Saya dengan tegas menolaknya. Dalam rapat rapat kabinet beberapa hari lalu, ada yang mau impor bawang merah. Tapi saya katakan tidak karena kebutuhan bahan pokok bisa kita penuhi tanpa harus impor, apalagi pada tahun ini produksi bawang merah banyak dan surplus. Sekarang ini produksi bawang merah di Indonesia adalah 241.600 ton sementara kebutuhannya 175.600 ton.

Kalau impor beras, bagaimana? Demikian pula dengan impor beras, saya menolak. Karena serapannya jelang ramadan telah hampir dua kali lipat dari tahun lalu, yakni 2 juta ton beras dan 2,3 juta ton gabah dari petani.

Meski sebelumnya sempat khawatir ada lonjakan harga beras, sehingga terpaksa impor 600 ribu ton beras beberapa waktu lalu. Namun, kami menjamin beras impor tersebut hanya cadangan dan tidak akan dijual ke masyarakat. Apalagi saat ini stok beras telah mencukupi. Itu termasuk dengan kebutuhan bahan pokok lain, takkan ada impor.

Apa yang menguatkan Anda untuk mengatakan tidak perlu impor? Kalau tidak ada Panglima TNI dan KSAD, mungkin saya sudah menyerah. Perlu anda ketahui, banyak pihak yang menginginkannya melanjutkan impor. Bahkan beberapa malam yang lalu ada beberapa orang yang mendesak dilakukan impor, tapi saya tolak.

Terus, bagaimana langkah anda untuk menjamin hal itu? Kami bisa mengatasi mafia beras yang selama ini mengakar di Indonesia. Perlu diingat hal yang paling berat untuk merealisasi kestabilan bahan pokok adalah mengajak petani menanam padi. Karena itu, dia menggandeng TNI untuk meningkatkan luasan lahan tanam padi dan jumlah penyerapan padi.

Adakah pihak yang terganggu dengan sikap Anda? Saya menyadari menolak impor beras berarti banyak pula yang diganggu. Misal, sebelumnya pemerintah Thailand menelepon saya terkait impor sapi, tetapi saya tolak. Namun, terkait reshuffle itu wewenang presiden sendiri, itu hak prareogratif presiden. Yang terpenting bagi kami adalah kerja, kerja dan kerja.

Bagaimana konsep pembangunan pertanian yang Anda maksud? Membangun pertanian adalah sesuatu yang mutlak karena tidak hanya dinikmati oleh generasi saat ini, namun juga untuk generasi yang akan datang. Kita dapat berteduh hari ini, karena ada orang lain yang menanam pohon itu lama sebelumnya, karenanya kita jangan mewariskan impor dan kemiskinan bagi generasi mendatang.

Terus, apa yang harus dilakukan? Pembangunan berbasis pertanian perlu diubah menjadi berorientasi pada dua paradigma baru yaitu paradigma pertanian untuk pembangunan dan paradigma pertanian bioindustri yang berkelanjutan. Tujuannya adalah mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani. erik sabini/AR-2

Mendagri Tidak Pernah Mencabut Perda Anti Miras

Selasa 24/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Informasi tentang Menteri Dalam Negeri,Tjahjo Kumolo akan mencabut Peraturan Daerah anti minuman keras atau perda miras, terus menuai pro- kontra. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sendiri dengan tegas membantah, akan atau telah mencabut perda anti miras.

Bahkan, ia mendukung penuh … Selengkapnya

Kontribusi Tambahan untuk Membangun Infrastruktur

Senin 23/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, untuk meminta konrtibusi tambahan kepada pengembang menuai polemik. Pasalnya, Ahok telah menggunakan kewenangannya untuk menyepakati perjanjian kerja sama bersama para pengembang dengan menetapkan kontribusi tambahan sebesar 15 persen.

Ahok memutuskan hal itu dengan … Selengkapnya

Kami Tidak Pandang Bulu, yang Salah Akan Kena Sanksi

Sabtu 21/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan membekukan sementara izin kegiatan pelayanan penumpang dan bagasi (groundhandling) Lion Group di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan dan PT Indonesia Air Asia di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pembekuan itu dimulai lima hari kerja setelah … Selengkapnya

berita lain

BTN, Permudah UM Rumah hingga Bagi Hadiah Mewah

Senin 23/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja yang terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK ) kian dipermudah untuk mendapatkan bantuan uang muka (UM) perumahan dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN). Bank pelat merah ini terus berkomitmen memberikan kemudahan dalam penyediaan … Selengkapnya

“e-Money” di Taksi Berbasis Aplikasi

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Taksi konvensional mulai adoposi teknologi digital dalam pemesanan. Bahkan taksi konvensional sudah memberlakukan tarif tetap untuk merebut konsumen di tengah persaingan yang makin ketat dengan taksi aplikasi.

Revolusi digital telah merubah cara-cara konvesional yang ribet, lama, tidak efisien menjadi lebih … Selengkapnya

Desain CR-Z Lebih Agresif dan Sporty

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen mobil sport kian mengerucut. Pabrikan Jepang, Honda, kian unjuk gigi dengan “hybrid sport” CR-Z. Mobil ini kian merebut hati konsumen sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Generasi mutakhir, Honda … Selengkapnya