Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 7 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Tiga Negara Sepakat Patroli Bersama

Sabtu 7/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Yogyakarta – Pemerintah Indonesia, Filipina dan Malaysia sepakat untuk melaksanakan patroli bersama di wilayah perairan masing-masing untuk mencegah terjadinya aksi pembajakan. Selain itu, ketiga negara juga sepakat untuk meningkatkan koordinasi pemberian bantuan cepat bagi warga dan kapal yang berada dalam keadaan bahaya.

“Patroli bersama dibutuhkan demi membuat warga negara di kawasan ASEAN aman ketika beraktivitas di area tersebut. Terlebih wilayah perairan Sulu-Sulawesi sudah menjadi alur perairan ekonomi yang strategis,” tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usai pertemuan trilateral di Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (5/5).

Presiden Jokowi memimpin pertemuan trilateral itu. Selain Menlu Retno dan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, pertemuan trilateral ini dihadiri Menteri Luar Negeri Filipina Jose Rene D Almendras dan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Sri Anifah Aman. Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Tan Sri Dato’ Sri Jend Zulkifeli Mohd Zin, dan Plt Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Laksamana Muda Caesar C Taccad ikut mendampingi.

Pertemuan trilateral diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia pasca 10 ABK tunda Brahma 12 dan tongkang Anand 12 diculik oleh kelompok milisi Abu Sayyaf. Insiden penculikan itu juga menimpa 4 ABK asal Malaysia dan 1 warga Filipina. Saat ini msih ada empat awak kapal WNI yang masih disandera. Retno menjelaskan lebih dari 18 juta orang melintasi wilayah perairan Sulu tersebut.

Indonesia berpandangan apabila ancaman perompakan, penyanderaan dan tindak kejahatan lintas batas lainnya tidak segera diatasi bisa berdampak pada tingkat kepercayaan di bidang perdagangan. Poin lain yang disepakati adalah meningkatkan kerja sama pertukaran informasi dan intelijen, serta memperkuat dan memastikan efektivitas kerja sama dalam keadaan darurat dan ancaman keamanan.

Selain itu ketiga negara sepakat membentuk hotline komunikasi antara ketiga negara untuk meningkatkan koordinasi seandainya ditemui keadaan darurat dan ancaman keamanan. Pertemuan trilateral ini berlangsung hanya satu jam, lebih cepat dari yang perkiraan. Hal itu disebabkan sudah ada pertemuan sebelumnya di Jakarta.

Sementara itu, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, menjelaskan saat ini tim dari ketiga negara masih terus membahas Prosedur Standar Operasi (SOP) patroli tersebut. “Bulan ini rencananya SOP tersebut akan selesai, lalu kami lanjutkan dengan pertemuan di Jakarta,” ujar Gatot.

Menanggapi pertemuan trilateral itu, pengamat hukum internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menyarankan pembuatan SOP itu harus dilakukan secara berhati-hati dan menghormati konstitusi negara tetangga seperti Filipina.

Dalam konstitusinya, Filipina tidak mengizinkan adanya militer negara asing memasuki wilayahnya. “Jika hal tersebut dilanggar, maka berpotensi Presidennya bisa di-impeach oleh parlemen,” katanya. Hikmahanto menambahkan upaya patroli bersama militer tiga negara tidak menghilangkan strategi pendekatan kultural. fdl/Ant/P-4

Pengembang Abaikan Keputusan Moratorium Reklamasi

Sabtu 7/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Moratorium atau penghentian pembangunan proyek reklamasi di Teluk Jakarta ternyata tidak berjalan sebagaimana mestinya. Selain pengembang masih terus melakukan aktivitas pembangunan, pengamanan di proyek Pulau Reklamasi C dan D, Jakarta Utara, itu sangat ketat.

Ketua Forum Kerukunan … Selengkapnya

Enam Calon Ketum Lolos Verifikasi

Sabtu 7/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif menilai iuran wajib senilai 1 miliar rupiah itu masuk kategori politik uang.

JAKARTA – Steering Committee (SC) Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar memutuskan enam dari delapan orang bakal calon ketua umum Golkar, … Selengkapnya

Hakim Periksa ke Lapangan Objek Sengketa

Rabu 4/5/2016 | 10:12
A   A   A   Pengaturan Font

BATAM – Kasus sengketa kepemilikan Batam City Condotel (BCC) Hotel & Recidence antara dua pengusaha Batam, Tjipta Fudjiarta dan Conti Chandra kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam. Dalam sidang kali ini, Majelis Hakim melakukan pemeriksaan setempat di Gedung BCC … Selengkapnya

mondial

Mochammad Luthfie Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Nicolas

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 VENEZUELA – Mochammad Luthfie Witto´eng telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letter of Credence) sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Venezuela dan Letter of Recall pendahulunya kepada Presiden Republik Bolivarian Venezuela, H.E. Nicolas Maduro, di Istana Presiden Venezuela, Rabu (4/5).

Pada kesempatan itu, Luthfie menyampaikan: salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Nicolas Maduro dan rakyat Venezuela. Suatu kehormatan bagi saya dapat menyerahkan surat Kepercayaan dalam waktu 10 hari setelah ketibaan saya di Venezuela, kekaguman terhadap mendiang Hugo Chavez, harapan kerjacsama erat kedua negara serta komitmen meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang, menjadi fokus tugas saya, tegas Luthfie Witto´eng.

Pada hari yang sama, terdapat empat Duta Besar Negara lainnya yang menyerahkan Surat Kepercayaan, yaitu Jerman, Guyana Inggris, Mesir dan Meksiko. Pada pukul 20.15 waktu setempat Dubes RI menuju Istana Presiden Miraflores dengan pengawalan. Setibanya di Istana Presiden Venezuela di Miraflores disambut oleh Menteri Kantor Presiden, Brigjen Jesus Rafael Salazar dan Kepala Protokol Kemlu H.E. Felix Plasencia. Dubes RI dan rombongan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan oleh pasukan kehormatan. 

Dubes RI menyampaikan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Nicolas Maduro itu disaksikan oleh istri Ibu Diana Kusuma Dewi Luthfie, PF Politik M. Siradj Parwito dan PF Protokol-Konsuler Fauziah Rahmah Muin KBRI Caracas. Turut menyaksikan, Brigjen Jesus Rafael Salazar, Wamenlu Venezuela Xoan Noya Alarcon, dan Wamenlu Kerjasama Internasional. 

Dalam pidato penyambutannya, Nicolas Maduro menjelaskan soal keinginan negaranya untuk menjalin kerja sama yang reta kedua negara.

Kami mengharapkan kerjasama erat kedua negara dapat ditingkatkan dan saling memberikan dukungan untuk meningkatkan eksistensi (visibility) kedua Negara, tegas Nicolas Maduro.

Nicolas Maduro juga menjelaskan pada September mendatang, Venezuela kan menjadi tuan rumah untuk Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok ( KTT GNB). Karena itu, Venezuela berharap Indonesia dapat berpartisipasi dalam rangka memperkuat hubungan bilateral pada event tersebut.

Venezuela juga sangat terbuka untuk meningkatkan kerja sama pembangunan, terutama di bidang teknologi. Demikian juga kerja sama yang erat di bidang politik dan kerjasama lainnya di berbagai bidang, tegas Nicolas Maduro.

Nicolas Maduro menjelaskan Venezuela saat ini sedang dalam proses mengbah sejarah guna mewujudkan cita-cita Bolivar. Proses tersebut bukan hal mudah. namun pemerintah yakin dapat mengatasi berbagai hambatan, tegas Nicolas Maduro. RO/ril/P-4

Timor Leste Belum Sempurna

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Tidak mudah bagi sebuah negara baru yang merdeka di era modern saat ini, apalagi dukungan sumber daya manusia dan alam yang masih minim. Namun, Timor Leste tetap optimistis mencapai kemajuan.

 Jakarta– Tantangan yang dihadapi Timor Leste saat ini tidak jauh … Selengkapnya

Hilversum, Kota Media di Tengah Kepungan Pohon-Pohon Raksasa

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Menjelang senja pada akhir pekan, kota Hilversum sudah lengang. Tidak banyak dijumpai orang di jalan-jalan kota itu yang besar. Gedung-gedung perkantoran sudah sepi, hanya udara musim semi yang semakin dingin menggigit. Itulah pemandangan Hilversum pada Jumat (22/5) pukul 19.00.

Dalam … Selengkapnya

Tiga WNI Tewas dalam Kecelakaan di AS

Sabtu 7/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MISSISSIPPI – Lima Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi korban kecelakaan tabarakan beruntun di Hancock County, Mississippi, Amerika Serikat. Tiga orang tewas dan dua orang lainnya luka parah serta harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Tiga korban yang tewas itu … Selengkapnya

ekonomi

Menguat Dipenuhi Aksi Jual

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia selama sepekan cenderung menguat namun dipenuhi aksi jual oleh investor asing. 

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan belum adanya sentimen positif membuat laju IHSG pada awal perdagangan pekan ini (2/5) masih dalam zona pelemahannya. Apalagi laju bursa saham Asia seharian cenderung berada di zona merah setelah merespons laju indeks harga di bursa saham AS yang berakhir melemah di akhir pekan kemarin setelah saham-saham ritel terimbas negatif oleh data pengeluaran konsumen yang lemah sehingga menyeret saham-saham AS lebih rendah. Asing tercatat kembali melakukan aksi jual sebesar 503,8 miliar rupiah. 

“Tidak hanya itu, melemahnya data manufaktur Asia juga turut menambah sentimen negatif. Adanya rilis deflasi tidak banyak memberikan sentimen yang cukup positif pada laju IHSG,” ungkapnya. 

Pada perdagangan awal pekan, Senin (2/5), IHSG ditutup melemah turun 0,63 persen atau 30,26 poin ke level 4.808. Namun pada perdagangan hari kedua, Selasa (3/5), IHSG ditutup menguat naik 0,08 persen atau 3,94 poin ke level 4.812. Asing tercatat kembali melakukan aksi jual (dari net sell 503,8 miliar rupiah menjadi net sell 641,6 miliar rupiah). Menutup perdagangan terakhir sebelum libur panjang, Rabu (4/5), IHSG naik 10,331 poin (0,21 peren) ke level 4.822,595. yni/AR-2 

Garuda Siapkan Pesawat Berbadan Lebar

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia, menyiapkan sejumlah pesawat berbadan besar (wide body) untuk sejumlah rute dengan trafik penumpang yang tinggi. Langkah ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya peningkatkan trafik penumpang pada periode liburan panjang akhir pekan ini. 

VP Corporate … Selengkapnya

Selalu Positif Melihat Banyak Hal

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Jika sesuatu pekerjaan dibawa susah ya pasti susah. Tapi kalau pekerjaan itu dibawa optimis maka semua kesulitan yang ada itu bisa terjawab dengan baik. 

 Terjun ke dalam perusahaan di bawah bendera Grup Astra Internasional selama 33 tahun menjadikan dirinya selalu … Selengkapnya

Terpengaruh Data Pelambatan Ekonomi Triwulan I-2016

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (4/5) sore, melemah menjadi 13.246 rupiah dari posisi penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar 13.162 rupiah per dollar AS. Depresiasi terjadi setelah Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan data pelambatan laju pertumbuhan ekonomi … Selengkapnya

rona

Tessa Kaunang Tampil Cantik dengan Sulam Alis

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ingin menjaga penampilan agar tetap cantik di usianya kini, Tessa Kaunang rutin melakukan perawatan kecantikan. Sulam alis menjadi salah satu usahanya untuk membuatnya terlihat menarik di depan publik.

“Sulam alis ya karena mau bikin saya lebih cantik. Jadi saya ikutin sih. Buat tubuh sih paling rambut yang paling rajin, ke salon tiga hari sekali udah pasti. Kalau yang lainnya, kayak creambath, luluran, bisa sebulan sekali. Tapi nggak prioritas juga sih,” kata Tessa, belum lama ini, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski begitu, aktris dan presenter ini mengaku harus dibarengi dengan olah raga dan juga menjaga pola makan yang sehat. “Sejauh ini masih biasa aja sih, nggak yang milih-milih banget. Kebetulan saya juga dari dulu nggak terlalu pilih makanan. Nasi masih makan tapi memang nggak banyak. Dialihin ke olahraga, Olah raganya harus rajin,” ujar Tessa.

Bagi Tessa, kecantikan dan kebugaran penting bagi setiap wanita. Apalagi semenjak ia berstatus janda. Kini memang Tessa belum terlihat memiliki calon pasangan hidup. Namun ia masih punya keinginan untuk kembali membangun rumah tangga lagi ke depannya. “Ada keinginan, tapi nggak dalam waktu dekat ini. Saya masih menikmati kesendirian saya. Saya pisah kan belum lama menurut saya, jadi nggak mau buru-buru,” tutur Tessa.

Mantan istri Shandy Tumiwa ini tak mau menutup diri untuk lelaki lain. “Ada yang dekat, tapi bukan calon. Arti dekat itu mengenal sosoknya juga kan. Anak juga masih kecil, nggak terlalu nanya gimana-gimana,” sebutnya.

Tessa mengatakan ia tak menutup kemungkinan punya pasangan hidup yang bukan dari kalangan artis. Tessa kini hanya ingin fokus dengan pekerjaan dan mengurus anaknya terlebih dulu.

Disinggung soal kriteria pendamping yang diinginkannya, putri penyanyi Arthur Kaunang ini ingin pasangan hidup yang seiman dan bertanggung jawab. “Seiman dan bertanggungjawab pastinya. Sayang keluarga, sama anak-anak saya, berpikiran dewasa, dan berpenghasilan tetap,” pungkas Tessa.  yzd/S-2

 

Penyadaran Publik akan Pentingnya Imunisasi

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekan Imunisasi Dunia 2016 yang berlangsung pada 24-30 April 2016 kembali mengingatkan akan pentingnya Imunisasi sebagai cara mencegah penyakit tertentu menjadi berat sehingga anak terhindar dari kecacatan dan kematian.

Ada beberapa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) di antaranya … Selengkapnya

Sheza Idris Isi Waktu Luang dengan Jualan Batik

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setiap orang punya banyak cara untuk mengisi waktu luang. Begitu pula dengan Sheza Idris. Aktris, model, dan penyanyi ini memilih untuk berbisnis di bidang fashion. Sheza mengaku tertarik dengan jualan batik lewat cara online di sela kesibukannya syuting.

“Kesibukan aku … Selengkapnya

Ketika Candaan Berbuah Hujatan

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tersentak ketika pedangdut Zaskia Gotik melakukan tindakan pelecehan terhadap lambang negara dalam acara reality show di sebuah stasiun televisi swasta. Kasus pun lantas bergulir, kendati berakhir dengan damai.

 Belakangan, tak sedikit tayangan televisi yang ditegur KPI, … Selengkapnya

megapolitan

Liburan Sambil Belajar Fauna dan Flora di Ragunan

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Tak sedikit masyarakat Kota Jakarta memutuskan liburan panjang di dalam kota. Destinasi wisata dalam kota yang sering kali menjadi pilihan warga Jakarta ialah Taman Margasatwa.

Salah satu Taman Margasatwa di Jakarta yang tak pernah sepi dari pengunjung adalah Kebun Binatang Ragunan (KBR). KBR yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini sangat mudah dijangakau dari segala penjuru kota Jakarta dan sekitarnya. Dari segi transportasi, selain menggunakan kendaraan pribadi masyarakat juga bisa menggunakan angkutan umum seperti Transjakarta dan juga kereta api.

Selain akses transportasi yang sangat mudah, Kebun Binatang Ragunan ini dapat menjadi alternatif pilihan liburan hemat bersama keluarga karena dari segi tiket juga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Untuk tiket masuk Kebun Binatang Ragunan kategori dewasa seharga 4.000 rupiah dan kategori anak-anak cukup membayar 3.000 rupiah.

Namun, saat ini pengelola Kebun Binatang Ragunan memberlakukan sistem tiket elektronik sejak beberapa hari yang lalu. Sehingga, pengunjung harus membeli kartu jakcard terlebih dahulu seharga 30.000 rupiah dengan isi saldo 20.000 rupiah atau jakcard dengan harga 40.000 rupiah dengan isi saldo 30.000 rupiah. Jakcard ini bisa digunakan untuk pemakaian wahana atau fauna di Ragunan.

“Tiket bisa dibeli lebih awal dan juga bisa untuk rombongan. Harga masuknya tetap sama, hanya saja sekarang menggunkan Jakcard. Dengan adanya Jakcard kami berharap bisa memudahkan para pengunjung,” kata Humas Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang di Jakarta, Jumat (6/5).

Pantauan Koran Jakarta, sejak pagi terlihat banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang ke Ragunan. Pengunjung yang pada umumnya terdiri dari rombongan keluarga itu sangat antusias untuk melihat aneka satwa koleksi ragunan sehingga sering kali terjadi dorong mendorong di pintu masuk.

Ketika memasuki area Kebun Binatang, beberapa pengunjung nampak langsung mengitari area Ragunan sambil melihat-lihat binatang. Seperti misalnya Anak Gajah Sumatera, Komodo, Kandang Beruk, Jerapa, Rusa Totol, Burung, Ular dan masih banyak lagi. Sementara beberapa pengunjung lainnya, sedang asik mencari tempat terlebih dahulu untuk menggelar tiker dan menikmati bekal makanan yang mereka bawa dari rumah.

Beberapa pengunjung mengungkapkan, alasan memilih Kebun Binatang Ragunan sebagai tempat mengisi liburan mereka karena biaya yang dikeluarkan cenderung murah dibandingkan dengan tempat wisata lain di Jakarta.  Anisa Ibrahim/P-5

Semua Dokumen Penting Aman

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Khrisna Murti mengatakan, tidak ada dokumen penting yang terbakar dalam kebakaran yang terjadi di salah satu ruangan di Gedung Biro SDM Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/5)

“Itu ruang … Selengkapnya

Dishubtrans Siapkan Rp20 Miliar untuk Pembelian Parkir Elektronik

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtran) DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar 20 miliar rupiah untuk pembelian mesin Terminal Parkir Elektronik (TPE).

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, dalam waktu dekat TPE akan tayang di e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan … Selengkapnya

Posyandu di Halim Dirusak Sekelompok Massa

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA -Posyandu Mawar di Gang Nasir, Kampung Baru I, RT 05/05, Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur dirusak sekelompok orang tak dikenal. Tidak hanya Posyandu, tiga rumah warga di sekitarnya juga menjadi sasaran amukan mereka.

Yadi, 48 tahun, seorang warga yang … Selengkapnya

olahraga

Dani Pedrosa Targetkan Menang di Le Mans

Sabtu 7/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dani Pedrosa dispekulasikan bakal hengkang ke Movistar Yamaha untuk menggantikan Jorge Lorenzo. Namun, Pedrosa memilih fokus memenangi GP Prancis, kendati Honda sudah mempersiapkan Cal Crutchlow jika dia hengkang.

LE MANS – Dani Pedrosa siap membuktikan masih bisa bersaing dengan para rivalnya di ajang Moto GP 2016. Pebalap Repsol Honda asal Spanyol itu tampil sangat percaya diri sehingga mampu menjadi yang tercepat pada latihan bebas pertama Sirkuit Le Mans, Prancis, Jumat (6/5).

Di liar dugaan, Pedrosa sukses menjadi yang terdepan dengan catatan waktu satu menit 34,042 detik di sesi latihan pertama. Praktis, hal tersebut sangat mengejutkan mengingat pebalap asal Spanyol itu tak diunggulkan di balapan Le Mans kali ini.

Di sesi pertama menjajal sirkuit Le Mans, Pedrosa berhasil mengangkangi pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo lewat selisih 0,044 detik. Lorenzo adalah pebalap yang diprediksi menjadi juara di Le Mans musim ini.

Tak hanya itu, Pedrosa juga berhasil mengalahkan catatan pebalap Yamaha lainnya, Valentino Rossi yang di seri sebelumnya, di Jerez mampu keluar sebagai juara. Pedrosa juga mampu mengunggulirekan setimnya Marc Marquez yang berada di posisi tiga.

Meski begitu, Pedrosa tak ingin cepat puas dengan hasil tersebut. Pebalap yang namanya kian santer dikait-kaitkan dengan Yamaha untuk menggantikan Lorenzo itu, berharap bisa terus melakukan balapan dengan baik hingga lomba berakhir.

Pengganti Lorenzo

Sementara itu, terkait pengganti Lorenzo di Yamaha yang nyaring terdengar jelang balapan Le Mans, Marqurez tak mau berspekulasi. Namun menurutnya, timnya, Repsol Honda tidak akan melepaskan Pedrosa pindah ke Movistar Yamaha.

Sebelumnya, ada dua nama yang santer disebut-sebut calon pengganti Lorenzo. Mereka adalah pebalap yang saat ini memperkuat Repsol Honda, Pedrosa dan Maverick Vinales dari Suzuki yang punya peluang lebih kecil untuk menggantikan posisi Lorenzo di Yamaha.

“Kurasa Honda akan mencoba mempertahankan Pedrosa karena dia adalah seorang pebalap yang bagus, punya pengalaman, dan dia juga cepat,” ujar Marquez dikutip Crash.net.

Menurut pebalap berjuluk “Baby Alien” itu, posisi Pedrosa sangat penting di tim Repsol Honda. Apalagi kerja sama bertahun-tahun yang selama ini dibina dengannya mampu mengangkat Honda menjadi salah satu tim terkuat yang diisi oleh pebalap terkuat dunia.

Kendati Marquez yakin Honda bakal mempertahankan Pedrosa, namun tim pabrikan asal Jepang itu justru sudah mempersiapkan segalanya. Cal Crutchlow disebut-sebut bakal mendampingi Marquez jika Pedrosa hengkang.

Sementara itu, meski dirinya diisukan hengkang dari Honda, Pedrosa justru enggan menanggapinya dengan serius. Sebab, pebalap 30 tahun itu masih memiliki kontrak dengan timnya di 14 balapan lagi, termasuk di Le Mans nanti. Dirinya hanya ingin fokus dan mencoba merebut kemenangan pertamanya di MotoGP pada musim ini.

“Mengenai spekulasi itu, saya tidak tahu. Tapi situasi ini masih sama seperti saat di Jerez,” kata Pedrosa. “Jadi, masa depan saya saat ini adalah berjuang di akhir pekan ini. Dan saya hanya fokus untuk balapan dan mencoba kembali ke target saya, yaitu mencoba untuk menjadi yang terdepan. Karena dalam empat balapan pertama saya tidak dalam kecepatan yang baik,” imbuhnya.

Sejak bergabung dengan Honda pada 2006, Pedrosa tak kunjung menunjukkan penampilan terbaiknya. Justru, dia membantu beberapa rekannya menjadi juara dunia seperti Nicky Hayden pada 2006, Casey Stoner (2011), serta Marquez (2013 dan 2014). Catatan terbaiknya hanya menjadi runner up pada musim 2007, 2011, dan 2012.

Sementara itu, Rossi mengaku tidak tahu harus memilih siapa di antara Pedrosa dan Vinales sebagai partnernya untuk musim 2017. “Dalam beberapa hari terakhir, banyak rumor tentang Pedrosa. Sebagai pebalap kedua, Movistar ingin pebalap Spanyol, dan menurut saya Vinales atau Pedrosa merupakan pilihan yang paling mungkin,” kata Rossi.  baz/S-2

Higuain Menangkan Napoli

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ROMA – Striker Napoli Gonzalo Higuain dan pemain veteran AS Roma striker Francesco Totti bersinar pada Selasa (3/5) dini hari WIB saat kedua tim meraih kemenangan. Hasil itu membuat kedua tim bersaing ketat untuk tempat otomatis Liga Champions.

Higuain menambah … Selengkapnya

Berharap Ronaldo

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Madrid butuh ketajaman Ronaldo kontra Manchester City pada leg kedua semifinal Liga Champions.

MADRID – Real Madrid berharap kepulihan Cristiano Ronaldo dapat membawa mereka ke final Liga Champions meskipun pasangannya di lini serang Karim Benzema tetap diragukan untuk pertandingan leg … Selengkapnya

Kemenangan Leicester City Alasan Mencintai Sepak Bola

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lionel Messi berbicara tentang hal yang membuat sepak bola menarik ketika ia mengomentari pencapaian luar biasa Leicester City memenangkan Liga Inggris. Melalui media sosial twiter Messi mengatakan: “Itu alasan mengapa kita semua cinta sepak bola. Selamat.”

Presiden FIFA Gianni Infantino … Selengkapnya

kupas

UU Perlindungan Anak Harus Direvisi

Sabtu 7/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Yuyun, 14 tahun, siswi SMP 5 di Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Bengkulu, menjadi korban pemerkosaan sekaligus pembunuhan oleh 14 orang laki-laki. Sedihnya, tujuh pelaku di antaranya masih berstatus pelajar.

Tragedi yang serupa dengan Yuyun terus berulang di Indonesia. Anak dan perempuan menjadi korban kekerasan yang berujung pada kematian. Berikut tanggapan Menteri Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA), Yohana Yambise terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap dua golongan masyarakat yang rentan. Berikut petikannya.

Bagaimana Anda memandang kasus Yuyun, korban pemerkosaan dan pembunuhan di Bengkulu? Yuyun adalah korban dari pelaku yang sudah terpapar pornografi dan minuman keras. Minuman keras membuat pelaku berani dan lupa diri, ini jadi pembelajaran untuk kita semua, terutama pembelajaran bagi kementerian kami. Yuyun dan anak-anak Indonesia lainnya adalah anak-anak kita semua. Harus ada peran penanganan dari pemerintah.

Sanksi apa yang layak dijatuhkan pada pelaku? Ancaman maksimal 15 tahun penjara, tapi karena sampai menyebabkan kematian maka bisa menjadi 30 tahun penjara untuk setiap pelakunya.

Bagaimana Anda menilai hukuman yang layak bagi pelaku kejahatan terhadap perempuan dan anak? Kekerasan seksual sampai sekarang belum masuk ke kategori kejahatan berat. Indonesia juga belum punya hukum yang spesifik untuk menindak kekerasan seksual. Peraturan perundangan saat ini lemah dalam melindungi perempuan dan anak.

Saya kecewa, seorang pelaku kasus pencabulan pada belasan anak yang hanya diberi hukuman 15 tahun penjara. Sebab, berbagai hukuman itu tidak setimpal dengan trauma bahkan nyawa korban kekerasan seksual. Penyelesaian kasus melalui mediasi atau dengan cara perdata dan adat juga menihilkan efek jera. Perlu ada revisi undang-undang agar sanksi bagi pelaku lebih jelas dan tegas.

Apakah kasus ini cukup kuat untuk mendorong diterapkannya hukuman kebiri? Pemerintah kan sudah buat, tapi pro kontra di masyarakat masih cukup banyak. Minggu ini ada rapat eselon 1 tentang hukuman kebiri, akan terus kita dorong.

Lalu hukuman apa yang harus diberikan kepada pelaku yang masih anak-anak? Sesuai UU Perlindungan Anak, anak-anak yang berhadapan dengan hukum akan mendapat perlakuan khusus, yakni hanya diancam hukuman penjara paling lama 10 tahun. Pelaku di bawah umur tersebut akan mendapat pembinaan selama berada di lembaga permasyarakatan khusus anak. Bangunan di dalam lapas ini, lanjut Yohana, dibuat menyerupai sekolah dan asrama. Jadi anak-anak di sana tetap diperhatikan hak-haknya dengan sekolah, bermain, dan kegiatan lain.

Kenapa kasus kekerasan serupa ini terus berulang? Dulu kasus Engelina kita sudah memetik pembelajaran. Untuk itu kita sudah targetkan ada penurunan angka kekerasan perempuan dan anak kita juga terus berusaha memberantas perdagangan anak.

Kasus Yuyun ini relatif baru karena melibatkan pelaku yang mencapai 14 orang sekaligus. Bahkan tujuh di antaranya adalah anak-anak, ini akan memaksa kita melihat kembali UU Perlindungan anak. Kasus seperti ini belum ada di UU Perlindungan Anak, akan kami lihat untuk direvisi kembali. Intinya tidak boleh ada Yuyun-Yuyun lainnya. citra larasati/AR-2

Jangan Bebani Calon Ketua Umum dengan Uang

Rabu 4/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Jika tak ada aral melintang, Partai Golongan Karya (Golkar), akan menggelar hajatan pentingnya, melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub. Salah satu agenda pentingnya adalah memilih orang nomor satu di beringin.

Munaslub kali ini, memiliki arti penting. Karena ini jadi … Selengkapnya

Mutu dan Akses Guru Kunci Pendidikan Berkualitas

Selasa 3/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Tema yang dipilih dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”. Kata pelita dipilih untuk merepresentasi pendidikan, yang diyakini akan menjadi kunci bagi anak bangsa untuk meraih cita-cita.

Namun bagaimana kondisi pendidikan nasional kita saat ini? Apa … Selengkapnya

Perubahan untuk Menguatkan Sinyal Kebijakan Moneter

Senin 2/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menurunkan suku bunga acuan BI Rate tiga bulan berturut-turut, Bank Indonesia (BI) pada pertengahan bulan April ini mengumumkan kebijakan dengan mereformulasi BI Rate sebagai suku bunga kebijakan menjadi BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Kebijakan ini akan menjadi acuan utama … Selengkapnya

berita lain

Merawat Lantai Kayu agar Lebih Artistik

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lantai yang terbuat dari kayu memang sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Lantai kayu harus dirawat dengan hati-hati agar tampilannya tetap terlihat indah.

Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus diperhatikan tetapi keawetan lantai kayu … Selengkapnya

NFV Bikin Komunikasi Kian Lancar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi baru NFV membantu operator dalam mengatasi ledakan jaringan saat hari besar agama. Dengan teknologi ini mampu menyerderhanakan jaringan dan operasi. Bagaimana caranya?

Saat lebaran ketika para pemudik dari kota besar berpindah ke kota-kota kecil dan pedesaan hal ini menjadi … Selengkapnya

ABS Jadi Fitur Wajib Roda Dua

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Fitur keselamatan bagi sepeda motor seharusnya sudah ditigkatkan. Fitur pengereman antilock braking systems (ABS), seharusnya sudah menjadi kelengkapan standar untuk sepeda motor saat ini.

Pemerintah India pada Merte 2016 lalu mengumumkan akan menerapkan fitur ABS sebagai fitur standar pada 2018 … Selengkapnya