Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Inggris Tolak Pasar Tunggal, Berdampak Buruk bagi Indonesia

Sabtu 25/6/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Fondasi ekonomi RI sangat rapuh akan sulit di jangka menengah dan panjang.
Tanpa reformasi total, RI akan kesulitan menghadapi arus balik dari proteksi.

JAKARTA. – Keputusan rakyat Inggris untuk keluar dari Uni Eropa (UE) melalui hasil referendum British Exit atau Brexit pada 23 Juni 2016 diperkirakan akan berdampak buruk bagi Indonesia, terutama terkait dengan prinsip antipasar bebas.

Indonesia akan menghadapi kesulitan besar karena tidak pernah siap menghadapi arus balik dari proteksi yang bakal diterapkan Inggris dan negara maju. Hal itu terutama disebabkan kebergantungan pada impor pangan sudah akut akibat praktik rent seeking dan kroni.

Implikasi dari Brexit antara lain Inggris juga ingin tetap menggunakan mata uang poundsterling, padahal Inggris dikenal sebagai dedengkot pasar bebas. Ini artinya, free market bukan hanya perdagangan tapi pasar tunggal (single market), tanpa batas (borderless), termasuk barang, jasa, uang, manusia dan peraturannya.

Menurut ekonom senior UGM Yogyakarta, Revrisond Baswir, kemenangan Brexit dari Uni Eropa merupakan pukulan telak bagi ilusi bahwa pasar bisa menyelesaikan segala persoalan. Pasar ternyata tidak bisa mengatur dirinya sendiri.

“Peraturanlah yang nyata-nyata mengatur pasar, dan peraturan dibuat oleh pengaruh politik, maka kalau Indonesia masuk ke pasar yang peraturan dibuat oleh negara lain, tidak ada masa depan lain bagi Indonesia kecuali hanya akan menjadi negara pecundang,” kata dia saat dihubungi, Jumat (24/6).

Inggris merupakan mitra strategis Indonesia sejak tahun 2012. Nilai perdagangan kedua negara pada 2015 mencapai 2,35 miliar dolar AS sementara itu nilai investasi Inggris di Indonesia 503,2 juta dolar AS.

Mengenai dampak Brexit, Revrisond mengungkapkan sekalipun banyak pejabat tidak khawatir dengan Brexit namun pada saatnya nanti Indonesia akan terkena pengaruh juga.

Apalagi, dalam kabinet ada menteri yang tidak menyadari bahwa perekonomian Indonesia itu rapuh dan tidak paham persaingan dunia.

“Menteri itu gemar impor dan melemahkan industri pertanian sehingga Indonesia menjadi tidak siap menghadapi proteksi yang mulai dibangun Inggris,” papar dia.

Indonesia juga akan kesulitan besar karena tidak pernah siap menghadapi arus balik dari proteksi negara yang sudah maju. Hal ini terjadi karena kebergantungan Indonesia pada impor pangan sudah akut akibat rent seeking dan kroni.

Tak cuma itu, cadangan devisa negara yang likuid, bukan dari standby loan, sangat tipis. Bank Indonesia selama ini memasukkan standby loan sebagai devisa sehingga sebagai net importir, defisit perdagangan RI akan kian mencemaskan. Hal itu bisa terjadi karena tidak pernah dibangun sektor pertanian pangan nasional yang kuat.

Defisit anggaran Indonesia juga parah. Sebab, walaupun adanya tax amnesty yang diharapkan merangsang repatriasi dan pendapatan pajak, tapi hal itu tidak cukup bertahan karena jumlah impor pangan pokok strategis sulit diturunkan.

Menteri Tak Kompeten

Inilah akibatnya jika ada menteri yang tidak kompeten menyebabkan Indonesia akan terbelalak atau kaget karena tidak pernah siap dengan iklim perdagangan sosial dunia.

Menteri yang tidak kompeten ditempatkan di posisi strategis dalam ketahanan dan keamanan pangan, serta industri dalam negeri untuk bersaing yang sangat kompetitif dengan dunia yang sudah maju.

Sedangkan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyatakan hasil referendum akan melahirkan tatanan politik dan ekonomi baru di Inggris dan Eropa. Namun dampak langsung referendum tersebut baru akan terlihat setidaknya dua tahun mendatang.

“Hasil referendum di Inggris tidak serta merta langsung berlaku, karena pasal 50 perjanjian Uni Eropa (treaty on European Union) harus diaktifkan dan proses negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa harus berlangsung untuk menyepakati “Withdrawal Agreement” (Kesepakatan Pengunduran Diri),” jelasnya.

Revrisond menjelaskan dalam gagasan besar Uni Eropa, sesungguhnya Eropa menginginkan sebuah blok perdagangan semacam The United States of Eropa dan bukan danau pasar bebas Eropa yang kemudian diperbesar menjadi lautan besar pasar bebas dunia.

Namun, kenyataannya, untuk menjadi sebuah blok perdagangan dibutuhkan subsidi silang yang besar yang sulit dikerjakan di tengah penurunan ekonomi Eropa 10 tahun terakhir. YK/SB/ils/WP

Tujuh Awak Kapal WNINI Disandera Abu Sayyaf

Sabtu 25/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.-Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi membenarkan terjadi penyanderaan terhadap tujuh warga negara Indonesia (WNI) oleh kelompok bersenjata asal Filipina. Tujuh WNI tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) TB Charles 001 dan kapal tongkang Robi 152.

“Pada 23 Juni … Selengkapnya

Bus Laik Jalan Baru 70%

Sabtu 25/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bus untuk mudik lebaran harus memenuhi lima aspek dasar salah satunya alat penunjuk kecepatan (speedometer) harus berfungsi.

JAKARTA. — Kementerian Perhubungan menyatakan bus laik jalan saat ini baru sekitar 70 persen per 24 Juni 2016 sebagaimana tenggat waktu pemenuhan syarat … Selengkapnya

Kurikulum SMK Disempurnakan

Jumat 24/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Sekolah kejuruan akan terus tingkatkan kompetensinya agar lulusanya bisa bekerja secara profesional dan berdaya saing.

JAKARTA – Pemerintah akan mempercepat penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) terkait revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Inpres tersebut juga mengagendakan sejumlah kementerian terkait untuk membuat peta … Selengkapnya

mondial

“Brexit” Hambat Unifikasi Eropa

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa menghasilkan keputusan keluarnya Inggris (Brexit) dari UE. Hasil ini menuai beragam komentar dan tanggapan dari sejumlah pemimpin Eropa.

 LONDON – Hasil referendum Inggris yang keluar pada Jumat (24/6) kemarin, menyatakan keluarnya Inggris dari UE. Hasil ini telah menimbulkan reaksi dan tanggapan beragam dari para pemimpin Eropa. 

Salah satunya keluar dari pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus. “Hal (hasil referendum Inggris) itu keinginan rakyat dan keputusan tersebut membutuhkan tanggung jawab yang amat besar demi menjamin kebaikan bagi warga Inggris dan juga kebaikan serta eksistensi benua Eropa,” ucap Paus.

Reaksi penyesalan disampaikan Kanselir Jerman, Angela Merkel. “Kami akui keputusan dari mayoritas warga Inggis hari ini dengan penuh keprihatinan. Hari ini Eropa menitikkan air mata bagi proses unifikasi Eropa,” kata Merkel.

Komentar optimistis dilontarkan Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker. “Keputusan Inggris meninggalkan EU bukan awal dari berakhirnya Uni Eropa,” kata Juncker.

Tanggapan terkait Brexit juga disampaikan Sekjen NATO, Jens Stoltenberg. “Posisi Inggris dalam NATO tak akan berubah walau Inggris memutuskan UE,” kata Stoltenberg.

Presiden Prancis, Francois Hollande, menyebut hasil referendum Inggris merupakan tantangan bagi UE. “Hasil Brexit merupakan tantangan serius bagi UE dan saya akan mengeluarkan inisiatif untuk membangkitkan UE kembali ke jalur yang benar,” ucap Hollande. 

Komentar senada juga disampaikan Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk. “Kami bertekad untuk menjaga persatuan 27 negara anggota UE dan saya akan memulai sebuah penelaahan bagi menjamin persatuan kami di masa depan,” kata Tusk.

Tanggapan yang amat kritis dilontarkan Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg, dan Perdana menteri Hungaria, Viktor Orban.

“Dilaksanakannya referendum merupakan sinyal kekecewaan bagi pemilik suara di Inggris dan pemilik suara di seluruh Eropa yang menilai UE tak bisa memberikan jawaban yang amat sepadan dengan tantangan yang tengah bergulir saat ini,” kata PM Solberg.

Sementara PM Orban berkata bahwa Brussels (markas UE) harus lebih peka terhadap suara warga UE dan pelaksanaan referendum Inggris harus jadi pelajaran. “Eropa akan kuat jika bisa menjawab masalah-masalah seperti isu imigrasi yang akan memperkuat Eropa dan bukan sebaliknya. UE telah gagal mencari solusi isu-isu tersebut,” ujar PM Orban.

Keputusan Bersama

Selain komentar dari pemimpin Eropa, tercetus pula sebuah keputusan bersama para pemimpin negara anggota UE. “Kami akan tetap tegar dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur UE bagi mempromosikan perdamaian dan kemakmuran warganya,” demikian pernyataan bersama UE.

“Secara bersama, kami akan memperjuangkan tantangan bersama untuk menciptakan pertumbuhan, meningkatkan kemakmuran dan menjamin keamanan dan ruang lingkup yang aman bagi warga kami,” imbuh mereka. 

Dalam keputusan bersama juga dijelaskan hubungan UE dengan Inggris di masa depan setelah “Brexit”. “Terkait hubungan kami dengan Inggris, kami berharap Inggris bisa tetap jadi mitra dekat UE di masa depan,” pungkas mereka. Rtr/I-1 

Tiongkok Tolak India Bergabung di NSG

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BEIJING – Sikap pemerintah Tiongkok tidak berubah. Negara Tirai Bambu itu menentang India untuk masuk menjadi anggota Nuclear Suppliers Group (NSG). Pernyataan sikap tersebut, disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Jumat (24/6), dalam pertemuan anggota-anggota NSG di Ibu Kota Seoul, … Selengkapnya

“Brexit” Ancaman Bagi Semangat Globalisasi

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Bagi masyarakat Inggris, 23 Juni 2016 akan menjadi hari yang tidak terlupakan. Setelah melalui perdebatan selama bertahun-tahun, akhirnya masa penentuan tiba. Pada hari itu, masyarakat Inggris berbondong-bondong melaksanakan referendum untuk memutuskan keluar dari Uni Eropa (UE) atau tetap bertahan dengan … Selengkapnya

Inggris Tolak Pasar Tunggal, Berdampak Buruk bagi Indonesia

Sabtu 25/6/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Fondasi ekonomi RI sangat rapuh akan sulit di jangka menengah dan panjang.Tanpa reformasi total, RI akan kesulitan menghadapi arus balik dari proteksi.

JAKARTA. – Keputusan rakyat Inggris untuk keluar dari Uni Eropa (UE) melalui hasil referendum British Exit atau Brexit … Selengkapnya

ekonomi

Menguat Diikuti Aksi Beli

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan cenderung melemah. Pada perdagangan awal pekan, Senin (20/6), IHSG ditutup menguat naik 0,59 persen atau 28,39 poin ke level 4.863, asing tercatat melakukan aksi jual dengan net sell 268,2 miliar rupiah. 

Penguatan masih berlanjut pada perdagangan hari kedua, Selasa (21/6), IHSG ditutup menguat naik 0,31 persen atau 15,18 poin ke level 4.878. Laju IHSG masih sama seperti kemarin, pada perdagangan hari ketiga, Rabu (22/6) ditutup menguat naik 0,37 persen atau 18,14 poin ke level 4.896. Akan tetapi pada perdagangan hari keempat, Kamis (23/6), IHSG ditutup melemah turun 0,46 persen atau 22,54 poin ke level 4.874. 

Sedangkan di hari terakhir perdagangan pekan ini, Jumat (24/6), IHSG ditutup melemah di level 4.834. Pada penutupan perdagangan pekan ini, posisi IHSG berada di bawah tipis perdagangan pekan sebelumnya di level 4.835. 

Analis saham PT Reliance Securities Tbk, Lanjar Nafi, mengatakan bursa Asia mayoritas mengalami penguatan di awal pekan ini, seiring terkoreksinya aset safe haven termasuk nilai tukar yen dan emas. Perdebatan mengenai Brexit kembali mereda setelah naiknya dukungan untuk tetap di Uni Eropa sekitar 45 persen dan dukungan untuk keluar sekitar 42 persen survei di sana. yni/AR-2 

Tertekan Dampak “Brexit”

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (24/6) sore, melemah 105 poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.353 rupiah per dollar AS. Pelemahan disebabkan dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) atau Brexit.

“Sentimen Inggris keluar dari … Selengkapnya

KPPU Minta Klarifikasi Telkomsel dan Indosat

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pengawas Persangan Usaha (KPPU) memanggil kedua operator telekomunikasi dalam negeri yaitu Telkomsel dan Indosat atas adanya informasi monopoli usaha yang dilakukan kedua perusahaan tersebut. Pemanggilan itu untuk mendengar klarifikasi dari kedua perusahaan tersebut terkait dugaan dimaksud.

Ketua … Selengkapnya

Daya Beli Masyarakat Masih Lesu

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Lemahnya daya beli masyarakat menjadi salah satu faktor yang membuat inflasi Juni-Juli 2016 lebih rendah ketimbang tahun lalu meskipun ada momentum Ramadan dan Idul Fitri. 

 Jakarta– Peningkatkan konsumsi selama Ramadan dan Idul Fitri akan menggerakkan inflasi pada Juni dan Juli … Selengkapnya

rona

Liza Natalia: Rahasia Bugar Selama Ramadan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski di bulan Ramadan, kegiatan berpuasa jangan sampai menghalangi untuk tetap rutin berolahraga. Setidaknya begitu menurut Liza Natalia. Penyanyi, aktris dan instruktur senam ini mengatakan meski berpuasa bulan Ramadan, kita harus tetap menjaga kebugaran. “Olah raga yang bisa kita lakukan, waktunya itu saat mendekati jam-jam berbuka puasa,” kata Liza, baru-baru ini, di bilangan Senayan, Jakarta.

Liza menyebut olah raga tidaklah harus yang berat-berat, olah raga ringan pun bisa dilakukan menjelang berbuka, dan setelah berbuka sebelum makan besar. “Olah raga bisa aja dilakukan di kantor, atau pada saat kita di mall, ada jam-jam tertentu kita bisa melakukan olah raga, sebaiknya satu jam sebelum buka puasa. Olah raga ringan aja, seperti streching, yoga. Tidak boleh yang berat. Itu tidak disarankan, karena akan cepat membuat haus,” ujar Liza.

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, menurutnya tak hanya soal olah raga saja, namun juga perlu menjaga pola makan yang baik. Agar tubuh bugar saat berpuasa, Liza juga punya tips sehat. “Untuk sahur, saya menyarankan tidak makan makanan yang manismanis. Teh manis pun jangan terlalu banyak. Usahakan lebih memperbanyak air putih dan buah,” ucap artis kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 ini.

Liza pun juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat. “Lebih baik banyak makanan yang mengandung serat atau biji-bijian. Tapi kalau banyak makan makanan yang berat, justru akan membuat kita lemas dan cepat lapar,” saran kakak ipar artis Ashanty ini.

Liza menganjurkan, pada saat berbuka puasa, sebisa mungkin disarankan tidak langsung makan makanan yang berat. “Karena membuat kita gampang lemas dan ngantuk. Sebisa mungkin diusahakan bertahap, takjil dulu, minum, baru makan berat. Jadi kalau bisa bertahap aja. Kalau yang kebiasaan olah raga, sehabis minum air putih, kurma, takjil segala macam, baru olah raga,” tutur bintang film drama komedi Cintaku di Rumah Susun ini.  yzd/S-1

Calvin Harris Buka Suara Soal Taylor Swift

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Calvin Harris akhirnya buka mulut perihal berakhirnya jalinan cinta dengan Taylor Swift. DJ Skotlandia itu menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi antara ia dan penyanyi 26 tahun itu dengan membalas komentar penggemar di Instagram.

Dalam beberapa jawaban yang ia unggah, Harris … Selengkapnya

Peduli Kesehatan dan Lingkungan melalui Kompetisi

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menjaga lingkungan bukan tugas orang per orang, melainkan menjadi tugas semua elemen masyarakat. Pasalnya, menjaga lingkungan melibatkan semua kepentingan.

Banyak cara untuk menanamkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan atau menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan terhadap anak, salah satunya melalui berbagai kegiatan … Selengkapnya

Led Zeppelin Menang Gugatan Hak Cipta “Stairway to Heaven”

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Grup music legendaris Led Zeppelin memenangi kasus gugatan hak cipta yang dilayangkan terhadap anggota grup band rock asal Inggris itu, setelah juri menolak klaim bahwa petikan gitar pembuka Stairway to Heaven diambil dari band asal AS, Spirit.

Keputusan juri, yang … Selengkapnya

megapolitan

Pemudik Gunakan Kereta Api Diprediksi 1,5 Juta Orang

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Antisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan jasa kereta api, PT KAI mensiagakan 52 KA Reguler.

 Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memprediksi jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran 2016 meningkat 5 persen hingga sebanyak 1.598.000 penumpang dibandingkan pada 2015 sebanyak 1.519.487 penumpang.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang, Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 52 KA reguler, 14 KA tambahan, dan 7 KA fakultatif yang bisa dijalankan sewaktu-waktu selama masa posko angkutan Lebaran 26 Juli-17 Juli 2016. 

“Selama masa angkutan Lebaran ada 73 perjalanan KA dengan jumlah 37.948 tempat duduk yang tersedia setiap harinya,” kata Senior Manager Humas PT KAI Persero Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno saat ditemui di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Ia mengatakan tiket perjalanan KA untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual, sedangkan untuk tujuan Jawa Barat seperti Cirebon, Tegal, dan Bandung masih 65 persen tersedia.

Bambang menambahkan Daop 1 Jakarta menambah fasilitas di stasiun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Penambahan fasilitas yang disediakan antara lain mencakup mesin cetak tiket mandiri (CTM) dan posko kesehatan. 

“Mesin CTM sudah kita tambah dari yang tadinya 26 unit sekarang jadi 30 unit tersebar di stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, dan Bogor,” kata Khusus untuk stasiun Gambir dan Pasar Senen yang semula memiliki masing-masing 8 dan 7 CTM, jumlahnya telah ditambah menjadi masing-masing 12 CTM.

Sementara untuk pos kesehatan telah disediakan di setiap stasiun mulai dari stasiun Merak, Sukabumi, hingga Cikampek. “Namun, pos kesehatan yang jam operasionalnya sampai 24 jam hanya di stasiun-stasiun khusus yakni Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, dan Cikampek,” ujar Bambang.

Daop 1 Jakarta memprediksi jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran 2016 meningkat 5 persen hingga sebanyak 1.598.000 penumpang dibandingkan pada 2015 sebanyak 1.519.487 penumpang.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang, Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 52 KA reguler, 14 KA tambahan, dan 7 KA fakultatif yang bisa dijalankan sewaktu-waktu selama masa posko angkutan Lebaran 26 Juli-17 Juli 2016. “Selama masa angkutan Lebaran ada 73 perjalanan KA dengan jumlah 37.948 tempat duduk yang tersedia setiap harinya,” kata Bambang.

Ia mengatakan tiket perjalanan KA untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual, sedangkan untuk tujuan Jawa Barat seperti Cirebon, Tegal, dan Bandung masih 65 persen tersedia.

Bus Gratis

Sementara itu Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Latif Usman megatakan Polda Metro Jaya menyiapkan armada bus gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. “Kami siapkan empat bus untuk mengangkut pemudik menggunakan sepeda motor yang berlebihan penumpang,” kata Ajun Komisaris Besar Latif Usman

Latif menyebutkan armada bus yang mengangkut pemudik itu disiagakan di titik pemeriksaan Kedung Waringin Bekasi Jawa Barat. Pihak kepolisian akan menyiapkan tujuh lokasi pemeriksaan terhadap pemudik menggunakan sepeda motor di sepanjang Kalimatang hingga Bekasi.

Dijelaskan Latif, petugas kepolisian akan memeriksa pemudik menggunakan sepeda motor bagi yang berpenumpang lebih akan diturunkan.

Selanjutnya, petugas akan membawa dan memindahkan pemudik itu menuju pos terdekat guna meneruskan perjalanan menuju kampung halamannya menggunakan bus gratis.

Bus tanpa ongkos perjalanan tersebut menurut Latif akan membawa pemudik hingga menuju Semarang Jawa Tengah. Latif mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor memperhatikan keselamatan berlalu lintas. Ant/P-5

Tiga Pengadang Gubernur Ahok Ditangkap

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Polres Jakarta Utara menangkap tiga orag yang diduga terlibat demo anarkis dan pengadangan rombongan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, usai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Penjaringan Indah, Kamis (23/6).

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Daniel … Selengkapnya

PNS Pemprov DKI Dilarang Terima Parsel

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengharapkan tak seorang pun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima parsel saat lebaran mendatang. “PNS jangan terima parsel ya. Tidak boleh,” kata Djarot di Jakarta, … Selengkapnya

Pengunjung Mulai Padati Pasar Tanah Abang

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kurang dari dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai ramai dikunjungi masyarakat khususnya kaum perempuan. Pasar Tanah Abang menjadi surga berbelanja fesyen karena jenis dan model yang bervariatif.

Pantauan Koran Jakarta sejak … Selengkapnya

olahraga

Meksiko Pertahankan Osorio

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MEXICO CITY – Federasi Sepak Bola Meksiko tetap mempertahankan posisi Juan Carlos Osorio sebagai pelatih tim nasional, meskipun “El Tri” kalah telak 0-7 dari juara bertahan Chile pada laga perempat final kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016.

Meski tersingkir selepas pertandingan di Santa Clara, California, AS, pada Sabtu (18/6), Meksiko menjadi salah satu tim unggulan pada Piala Amerika ke- 100 itu dengan jumlah pendukung yang melimpah dalam setiap pertandingannya.

Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Meksiko, Guillermo Cantu mengatakan sebuah konferensi pers tentang kepergian Osorio bukanlah pilihan yang bagus. Pelatih asal Kolombia itu akan tetap melatih tim Meksiko hingga Piala Dunia 2018 di Rusia yang merupakan tugas utama Osorio sejak Oktober 2015.

“Hasil dari Copa America kemarin adalah gagal, tapi tujuan kami adalah Piala Dunia Russia 2018. Kami harus mempercayakan tim dan dengan pemimpin seperti Juan Carlos Osorio,” Kata Cantu, seperti dilansir ESPN, Kamis (23/6) waktu setempat. “Kami harus mempercayai seseorang, karena itu kami bisa melihat apa yang akan terjadi setelahnya,” lanjutnya.

Kekalahan dari Chile pada perempat final, yang disebut sebagai kekalahan paling pahit dan memalukan dalam sejarah sepak bola Meksiko oleh sebagian media di negara itu, mengakhiri 22 pertandingan tidak terkalahkan.  ben/Rtr/S-2

Portugal Serukan Kebangkitan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Portugal akan tampil lebih tajam untuk menang setelah imbang pada tiga laga babak penyisihan grup.

LYON – Setelah berhasil melaju ke babak sistem gugur Piala Eropa 2016 dengan hanya meraih tiga hasil imbang, Portugal siap untuk merebut kemenangan saat berhadapan … Selengkapnya

Cedera, Azarenka Mundur dari Ajang Wimbledon

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Petenis asal Belarusia, Victoria Azarenka mengundurkan diri dari arena Grand Slam Wimbledon akibat cedera lutut kanan yang menimpanya. Azarenka sebenarnya menempati unggulan keenam di ajang ini dan prestasi terbaiknya mencapai babak semifinal di tahun 2001 dan 2012. Cedera … Selengkapnya

Demi Kehormatan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tuan rumah Amerika Serikat akan berupaya mengakhiri partisipasi di Copa America Centenario 2016 dengan berada di level terbaik, finis di posisi ketiga.

ARIZONA – Amerika Serikat dan Kolombia akan bertemu untuk kedua kalinya di ajang Copa America Centenario, Minggu (26/6) … Selengkapnya

kupas

Pemilu Akan Lebih Efesien Jika Disatukan

Sabtu 25/6/2016 | 02:33
A   A   A   Pengaturan Font

Simplikasi paket Undang-Undang Politik, mendesak dilakukan. Paket UU Politik itu sendiri terdiri dari UU Pemilu Legislatif, UU Pemilihan Presiden, UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah dan UU Penyelenggara Pemilu.

Saat ini, kesemua regulasi tentang pemilihan berdiri sendiri. Kerapkali, karena jadi UU tersendiri, terjadi tumpang tindih. Antara satu klausul dengan yang lain, acapkali saling bertentangan. Padahal menyangkut isu yang sama.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sendiri telah menunjukan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum sebagai ‘leader’ perumus naskah simplikasi paket UU Politik. Seperti dituturkan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo, telah dibentuk tim khusus yang juga melibatkan para pakar untuk menyusun naskah tersebut. Sekarang, tim sudah mulai bekerja menyusun naskah.

Untuk mengetahui, sudah sejauhmana tim penyusun naskah simplikasi paket UU Politik bekerja, Wartawan Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Profesor Djohermansyah Djohan.

Mantan Dirjen Otonomi Daerah tersebut, adalah salah satu anggota tim perumus naskah simplikasi paket UU Politik. Berikut petikan wawancaranya.

Pemerintah sepakat akan melakukan simplikasi paket UU Politik. Kira-kira UU apa saja yang akan disatukan?

Setidaknya ada tiga Undang-Undang yang terkait dengan pemilihan umum. Tiga UU itu, yakni UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden atau biasa disebut UU Pilpres. Lalu UU Penyelenggara Pemilu, dan UU Pemilu Legislatif.

Tiga UU itu yang akan disatukan. Namanya nanti apa jika sudah disatukan?

Nanti, namanya UU Penyelenggaraan Pemilu. Tapi kan itu baru usulan nama saja. Belum final.

Pemerintah sudah bentuk tim. Anda salah satu yang masuk jadi anggota tim. Tim sekarang sudah bekerja?

Sudah. Sudah mulai bekerja. Bahkan draf pendahuluan sudah dibuat. Bila sudah dibuat, dan disatukan.

Apa sebenarnya manfaatnya?

Bila sudah disatukan, ini akan jadi payung hukum penyelenggaraan pemilihan di Indonesia. Ini akan jadi payung hukum pelaksanaan Pilpres yang digelar bersamaan dengan Pileg.

Kalau bicara manfaat ya banyak. Misalnya, rakyat atau pemilih kan tidak perlu lagi bolak-balik ke TPS untuk memilih anggota legislatif, lantas memilih kembali lagi milih presiden dan wakil presiden. Mereka cukup sekali saja datang ke TPS, bisa milih legislatifnya juga eksekutifnya.

Manfaat lainnya? Ini ju

ga sangat bermanfaat bagi penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu. Jadi mereka hanya satu persiapannya, tak lagi seperti dulu mempersiapkan Pileg, setelah itu Pilpres.

Dua kali bekerja. Sekarang satu kali bekerja. Dari sisi energi, waktu juga mungkin anggaran juga akan lebih hemat.

Dari sisi isu. Kira-kira isu krusial yang akan masuk dalam simplikasi paket UU Politik apa saja?

Isu yang masuk, salah satunya tentang sistem pemilu, apakah tetap proporsional terbuka, seperti yang kita pakai pada pemilu 2014 atau proporsional tertutup. Sekarang menguat agar proporsional terbuka kembali diubah menjadi proporsional tertutup.

Pemerintah sendiri condongnya seperti apa? Kita

bukan bicara condongnya seperti apa. Kita tugasnya susun sistem yang terbaik. Paling baik. Ya, suara dari partai-partai yang muncul sekarang kan kuatnya agar sistem itu dikembalikan ke sistem proporsional tertutup.

Jadi kalau kembali ke proporsional tertutup, partai yang tentukan daftar. Jadi, nanti pemilih itu coblos gambar partai, bukan caleg. Kalau terbuka kan caleg.

Tapi menurut partai, proporsional terbuka itu memunculkan konflik di internal. Konflik antar caleg dalam satu partai.

Pemilih pun banyak juga yang bingung, karena tak kenal caleg-calegnya yang ada dalam kerta suara.

Sepertinya akan kembali ke proporsional tertutup?

Ya tidak juga. Nanti ya, tidak serta merta langsung diubah begitu saja menjadi proporsional tertutup. Prinsipnya bukan mentahmentah kembali ke proporsional tertutup.

Pastinya ada penyempurnaan- penyempurnaan. Misalnya, dalam menentukan nomor urut nantinya parpol juga perlu melakukan semacam pemilihan pendahuluan.

Targetnya kapan simplikasi paket UU Politik bisa selesai?

Ada dua tahap. Untuk tahap I, kita harapkan pada tahun 2016 ini, harus sudah selesai penyatuan beberapa UU.

Yang disatukan UU Pemilihan Presiden, UU Pemilu Legislatif dan UU Penyelenggara Pemilu. Nanti kan hasilnya berupa UU Penyelenggaraan Pemilu. Ini yang akan digunakan untuk pemilu pada bulan April tahun 2019.  agus supriyatna/AR-3

 

“Kami Menambah Loket Penjualan dan E-Ticketing”

Jumat 24/6/2016 | 06:18
A   A   A   Pengaturan Font

Penumpukan penumpang yang biasa terjadi menjelang arus mudik dan balik saat pengendara ingin naik kapal penyeberangan diharapkan tidak terjadi lagi pada Lebaran kali ini.

Guna mewujudkan layanan penyeberangan yang aman, lancar, nyaman dan selamat sampai tujuan, PT ASDP Indonesia Ferry … Selengkapnya

Kehidupan Keluarga Tito Sederhana dan Jauh dari Kesan Glamor

Kamis 23/6/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hari ini Komisi III DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal menggantikan Kapolri Jenderal … Selengkapnya

Sikap Indonesia di Perairan Natuna Sudah Benar

Rabu 22/6/2016 | 02:30
A   A   A   Pengaturan Font

Insiden pengusiran 10-12 kapal pencuri ikan asing yang sedang mencari ikan di perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Jumat (17/6) telah menimbulkan ketegangan antara Indonesia dan Tiongkok.

Beijing secara resmi mengajukan surat protes kepada pemerintah Indonesia atas insiden tersebut, dimana satu … Selengkapnya

berita lain

KPR iB BTN Beri Kontribusi Sejuta Rumah di Aceh

Jumat 24/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Potensi bisnis perbankan berbasis iB di Propinsi Aceh diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar terhadap realisasi program sejuta rumah dengan layanan KPR iB Bank BTN. Dengan potensi yang besar itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menambah lagi kantor cabang … Selengkapnya

“Payment Gateway” Permudah Transaksi UKM

Kamis 23/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sistem pembayaran saat ini masih menjadi salah satu kendala bagi sistem pembayaran produk usaha kecil. UKM butuh solusi tanpa ribet agar pembeli dapat melakukan berberapa pilihan transaksi tanpa harus memiliki portal e- commerce.

Biasanya sistem pembayaran dimiliki pelaku ecommerce dengan … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya