Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | August 12 2020
iklan koran jakarta

Gerakan Cinta Produk Lokal Jangan Sekadar Slogan

Rabu 12/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Batik sebagai ikon nasional semestinya diikuti produk lokal lainnya. » Pemerintah harus mampu menjaga aksesibilitas buah-buahan lokal. JAKARTA – Gerakan...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Gerakan Cinta Produk Lokal Jangan Sekadar Slogan

Rabu 12/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Batik sebagai ikon nasional semestinya diikuti produk lokal lainnya.

» Pemerintah harus mampu menjaga aksesibilitas buah-buahan lokal.

JAKARTA – Gerakan cinta produk lo­kal, baik konsumsi produk pertanian, perikanan, serta hasil kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kembali digagas Presiden Joko Widodo, pekan lalu, diharapkan tidak sekadar slogan yang tidak ditindaklan­juti dengan langkah nyata dari jajaran kementerian teknis seperti Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebab, gerakan tersebut sebelumnya juga sudah digagas, namun yang baru kelihatan hasilnya saat ini yakni ajakan untuk mengenakan batik pada acara-acara resmi, termasuk acara kenegaraan.

Keberhasilan batik sebagai ikon na­sional Indonesia itu seharusnya bisa di­ikuti oleh produk-produk lainnya yang selama ini lebih banyak dipasok melalui impor, padahal komoditasnya bisa di­produksi dalam negeri.

Peneliti dari Institute Pertanian Bogor (IPB), Dikky Indrawan, yang dikonfirma­si di Jakarta, Selasa (11/8), mengatakan ajakan Presiden mengonsumsi produk lokal ketimbang barang-barang impor adalah tantangan yang sudah lama, na­mun kembali digaungkan karena mo­mentum Covid-19, terutama impor buah.

Impor buah, jelasnya, mengalami penurunan karena pandemi Covid-19, sehingga konsumen khawatir mengon­sumsi buah-buah impor terutama dari negara yang angka penyebaran Covid-nya tinggi. Di sisi lain, pemerintah berupaya menggenjot produksi dalam negeri untuk memacu kembali konsumsi yang turun.

“Meskipun impor buah-buahan tu­run, namun secara umum perdagangan buah Indonesia masih defisit, karena masih mengimpor buah-buahan, seper­ti anggur, apel, pir bahkan jeruk dari pa­sar internasional. Impor empat buah ini sangat mendominasi jenis buah impor. Kalau dibandingkan dengan nilai de­fisitnya saja mencapai kurang lebih 80 persen dari defisit neraca perdagangan buah,” kata Dikky.

Di sisi lain, ekspor buah Indone­sia yang secara tradisional masih pada komoditas nanas, manggis, mangga, pi­sang dan salak yang belum mampu me­nandingi nilai impor buah-buahan.

Menurut Dikky, momentum Cov­id-19 dan resesi di beberapa negara pen­ting dimanfaatkan pemerintah karena kebutuhan akan buah-buahan impor tersebut harus mampu disubstitusi oleh buah-buahan lokal.

Peranan Kementerian Pertanian, Perindustrian dan Perdagangan ha­rus mampu mendorong konsumsi pro­duk-produk lokal termasuk buah-bua­han. “Khususnya buah-buahan lokal harus mampu memanfaatkan kesempatan pergeseran kebutuhan masyarakat akan asupan gizi untuk kesehatan dan imunitas,” kata Dikky.

Jamin Aksesibilitas

Seiring dengan meningkatnya ke­butuhan dalam negeri, maka peme­rintah, papar Dikky, harus mampu memacu produksi dan rantai pasok buah-buahan lokal. Pemerintah mela­lui Kementerian Pertanian dan Perda­gangan harus mampu menjamin aksesi­bilitas buah-buahan lokal. Tidak hanya melalui transportasi, tetapi juga tekno­logi untuk menjangkau ke konsumen.

“Kementan dan Kemenperin harus mampu mendesain stimulus produktif bagi produksi buah-buahan lokal dan produk turunannya pada industri terkait, khususnya terkait pemanfaatannya un­tuk kesehatan dan imunitas,” kata Dikky.

Untuk Kemendag, perlu mendesain stimulus konsumtif untuk konsumsi buah-buahan lokal. “Momentum Co­vid-19 ini memberikan peluang untuk menurunkan defisit neraca perdagangan buah-buahan, sekaligus menumbuhkan peluang pada industri hortikultura dan industri lainnya,” katanya.

Kementerian Desa pun seharusnya berperan membangun ekonomi perde­saan terutama sektor pertanian dengan memanfaatkan dana desa.

Potensi Besar

Menteri Perdagangan, Agus Supar­manto, dalam acara “Gerakan Konsumsi Buah Nusantara” mengatakan buah-bua­han mampu menjadi komoditas andal­an dalam menambah devisa negara di tengah pandemi Covid-19. Sebab, buah-buahan menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Salah satu buah tropis Indonesia yang berpotensi terus dikembangkan ada­lah buah naga. Data BPS menunjukkan ekspor buah naga pada Januari–Maret 2020 tumbuh 234,35 persen. “Buah naga berpotensi terus dikembangkan menga­lahkan Vietnam karena buah naga Indo­nesia dapat dipanen sepanjang tahun karena letak geografis Indonesia di garis khatulistiwa,” jelasnya. n ers/E-9

Tampilkan Semua

Calon Vaksin Covid-19 Disuntikkan kepada 20 Relawan

Rabu 12/8/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Pemerintah Indonesia mulai melakukan uji klinis fase III vaksin Covid-19. Uji klinis fase III itu ditan­dai dengan penyuntikan calon vaksin kepada 20 relawan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas...
Selengkapnya

Presiden Kembali Ingatkan K/L untuk Memacu Belanja

Rabu 12/8/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Lambannya penyerapan belanja negara kembali menjadi kendala di tengah upaya pemerintah untuk lolos dari resesi ekonomi.   BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat me­ninjau Pos Koordinasi Penanganan Covid-19 di...
Selengkapnya

SEDIAKAN INTERNET GRATIS

Rabu 12/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEDIAKAN INTERNET GRATIS I Siswa belajar dengan memanfaatkan internet gratis di Balai Kelurahan Bugih, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (11/8). Layanan internet gratis tersebut disediakan pejabat Kelurahan Bugih untuk membantu siswa dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Russia Namai Vaksin Baru Covid-19 "Sputnik V"

Rabu 12/8/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

Moskwa- Russia menamai vaksin COVID-19 pertamanya 'Sputnik V' untuk pasar asing, yang mengacu pada satelit pertama dunia dan apa yang dianggap Moskwa sebagai kesuksesan untuk menjadi negara pertama yang menyetujui sebuah vaksin korona, kata pejabat tinggi, Selasa.

Kepala Russian Direct Investment Fund (RDIF), Kirill Dmitriev, mengatakan Rusia telah menerima permintaan dari lebih 20 negara untuk satu miliar dosis vaksin COVID-19 yang baru terdaftar tersebut.

Dmitriev menyampaikan hal itu setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan persetujuan untuk vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan melakukan uji klinis pada manusia.

Kecepatan Rusia untuk meluncurkan vaksin COVID-19 membuat sejumlah ilmuwan internasional mempertanyakan apakah Moskow lebih memprioritaskan gengsi negara ketimbang pengetahuan dan keamanan kesehatan.Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Eks Menkeu Malaysia Kembali Dikenai Dakwaan Gratifikasi

Rabu 12/8/2020 | 02:20
A   A   A   Pengaturan Font
KUALA LUMPUR – Mantan Menteri Keuangan Malaysia dan istrinya pada Selasa (11/8) dikenai dakwaan korupsi. Sebelumnya, Lim Guan Eng yang jadi Menteri Keuangan Malaysia selama dua tahun hingga Februari lalu, juga telah dikenai dua...
Selengkapnya

AS Wajibkan Barang Impor dari Hong Kong Berlabel “Made In China”

Rabu 12/8/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Peme­rintahan Amerika Serikat (AS) mewajibkan barang-barang yang diimpor dari Hong Kong, yang akan dijual di Amerika Serikat, harus ditandai atau diberi label “made in China”. Aturan ini adalah...
Selengkapnya

Putri Putin Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19

Rabu 12/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKWA – Presiden Russia, Vladimir Putin, mengatakan vaksin Covid-19 yang dikem­bangkan negaranya siap digu­nakan, dan bahkan sudah diuji coba pada putrinya sendiri. Pu­tin menegaskan, putrinya me­miliki suhu 38...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font

 

Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita bohong.

Keputusan itu diambil sehari setelah Facebook dijatuhi denda karena tidak mematuhi putusan hakim Mahkamah Agung yang memerintahkan demikian.

Juru bicara perusahaan media sosial itu mengatakan perintah tersebut amat ekstrem serta mengancam kebebasan berekspresi di lingkup luar kewenangan hukum Brazil, namun pihak perusahaan telah menyetujuinya.

"Dengan adanya kemungkinan ancaman kriminal terhadap seorang pegawai lokal, pada titik ini kami tidak menemukan jalan selain mematuhi keputusan untuk memblokir akun-akun terkait secara global, sementara kami melakukan banding kepada Mahkamah Agung," ujar juru bicara Facebook.



Pada Kamis (30/7), Hakim Alexandre de Moraes menyatakan bahwa Facebook dan Twitter telah gagal mematuhi perintah pemblokiran terhadap akun-akun tersebut karena kedua perusahaan hanya memblokir di dalam negeri, padahal akun masih dapat diakses dengan menggunakan alamat IP asing.

Satu hari kemudian, Jumat (31/7), hakim yang sama memutuskan bahwa Facebook harus membayar denda sebesar 1,92 juta  real Brazil (setara Rp5,4 miliar) atas kegagalan mematuhi perintah, serta akan didenda tambahan 100.000 real Brazil (setara Rp281 juta) per hari jika tidak segera melakukan pemblokiran global.

Sebelum hukuman denda diumumkan, Facebook menyebut akan mengajukan banding atas keputusan tersebut. Perusahaan menyatakan pihaknya menghormati hukum di negara tempat mereka beroperasi, namun juga Brazil harus memahami batas yurisdiksi negara.

Sejauh ini denda tersebut hanya menyasar ketidakpatuhan hukum yang dilakukan Facebook, dan belum jelas apakah Twitter juga akan dijatuhi hukuman serupa.

Awalnya, hakim memutuskan pada Mei lalu untuk memblokir 16 akun Twitter dan 12 akun Facebook pendukung Bolsonaro yang terkait dengan penyelidikan atas penyebaran berita palsu selama periode pemilu Brazil 2018.

Akun-akun tersebut diblokir atas dugaan bahwa mereka melanggar regulasi mengenai ujaran kebencian.Ant/P-4

Tampilkan Semua

Penyaluran Gas

Selasa 28/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Transaksi Perbankan Rawan “Malware”

Kamis 23/7/2020 | 18:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat transaksi perbankan secara daring meningkat. Namun demikian, peningkatan memunculkan ancaman kejahatan siber, seperti yang pernah terjadi pada insiden Cyberheist pada 2016 dengan kerugian sebesar 81...
Selengkapnya

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font
  Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Fasilitas Pembiayaan

Rabu 12/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Sinergi BUMN

Rabu 12/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Pertumbuhan Industri Mamin Masih Positif

Rabu 12/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pembukaan pusat perbelanjaan berdampak positif terhadap industri makanan dan minuman (mamin). Industri mamin merupakan salah satu sektor manufaktur yang masih tumbuh positif pada triwulan II-2020. Sektor mamin tetap...
Selengkapnya

Penggabungan BUMN Harus Hati-hati

Rabu 12/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penggabungan itu perlu mempertimbangkan apakah akan memberikan konsekuensi terhadap sektor swasta di sektor pariwisata. Jakarta – Pemerintah perlu berhati-hati dalam merealisasikan wacana penggabungan BUMN penerbangan dan pariwisata...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Tiongkok Dominasi Investasi di Sulawesi Tengah

Selasa 11/8/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font

PALU- Tiongkok tercatat sebagai negara yang mendominasi investasi pada berbagai sektor di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulteng, capaian realisasi investasi triwulan II 2020 negara Tirai Bambu itu di Sulteng mencapai 3,96 triliun rupiah atau menurun dibanding triwulan II 2019 senilai 4,53 triliun rupiah.

“Jumlah tersebut 61,48 persen dari total capaian realisasi investasi triwulan II 2020 di Sulteng. Berikutnya Singapura 1,53 triliun rupiah atau 23,69 persen, Hongkong 894,57 miliar rupiah,” kata Kepala DPMPTSP Sulteng Christina Shandra Tobondo dalam Web- Seminar (Webinar) bertajuk “Menatap Pelemahan Ekonomi Dampak Covid-19 di Sulteng” yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulteng di Palu, Selasa (11/8).

Berikutnya Inggris dengan nilai investasi di Sulteng pada triwulan II 2020 sebesar 30,76 miliar rupiah atau 0,48 persen, India 17,51 miliar rupiah atau 0,27 persen dan Jepang 10,59 miliar rupiah atau 0,16 persen.

“Berdasarkan sektor usahanya, capaian realisasi investasi di Sulteng paling banyak pada sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya senilai 5,24 triliun rupiah atau 59,9 persen,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Kemudian, lanjut Shandra, sektor listrik, gas dan air 1,80 triliun rupiah atau 20,6 persen. Adapun capaian investasi pada sektor tanaman pangan, perkebunan dan peternakan senilai 743,75 miliar rupiah atau 8,5 persen.

“Transportasi, gudang dan telekomunikasi 407,71 miliar rupiah atau 4,7 persen, perumahan, kawasan industri dan perkantoran 217,09 miliar rupiah atau 2,5 persen, industri makanan 147,96 miliar rupiah atau 1,7 persen, pertambangan 121,59 miliar  rupiah atau 1,4 persen dan sektor lainnya 72,01 miliar  rupiah atau 0,8 persen,” kata Shandra.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Sulteng menargetkan realisasi investasi Sulteng pada tahun 2020 senilai 24,20 triliun rupiah.

Dari target tersebut, hingga periode Januari-Juni capaian realisasi investasi dari hasil penambahan nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) senilai 14,88 triliun rupiah.bud/E-9

Tampilkan Semua

Gubernur Sulsel Ajak PT IKI Sejahterakan Nelayan

Senin 10/8/2020 | 23:03
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengajak Direktur Utama PT Industri Perkapalan Indonesia (PT IKI Persero) Diana Rosa untuk bersama-sama mensejahterakan nelayan di pulau-pulau melalui penyediaan 20 unit kapal fiber...
Selengkapnya

PLTB Sidrap Tahap II Segera Dibangun

Senin 10/8/2020 | 22:44
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap Tahap II dipastikan segera mulai dibangun, setelah pengembang PT UPC Renewables Indonesia melengkapi persyaratan perizinan ekspansinya. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan...
Selengkapnya

Labuan Bajo Terus Berbenah Menyambut KTT G-20

Senin 10/8/2020 | 22:36
A   A   A   Pengaturan Font
MANGGARAI BARAT-  Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur terus berbenah meningkatkan kualitas layanan menuju kesiapan diri sebagai tuan rumah ASEAN Summit dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang akan digelar pada 2023. Direktur...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Ducati dan MT Distribution Hadirkan Lini Baru Sepeda Lipat Elektrik

Minggu 9/8/2020 | 14:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Setelah merilis skuter listrik, perusahaan otomotif Ducati bersama MT Distribution, menghadirkan tiga model baru untuk lini sepeda lipat elektrik (folding e-bikes) dengan pedal assistance.

Dikutip dari laman resmi Ducati, Minggu (9/8), e-bike lipat dirancang untuk mereka yang ingin berkeliling kota tanpa mengurangi gaya dan kenyamanan. Lini ini terdiri dari tiga model, yaitu Ducati Urban-E, serta Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport.

Seperti produknya di lini skuter listrik, perhatian yang cukup besar pun diberikan pada desain dalam pengembangan e-bikes, yang menjadi tanggung jawab Centro Stile Ducati.

Untuk model Urban-E, desainer Ducati berkolaborasi dengan Italdesign, untuk mengusulkan model unik dari jenisnya, dengan komponen khusus yang dicirikan oleh gaya original nan khas.

Ducati Urban-E tersedia dalam warna hitam dan abu-abu. Sepeda dibangun di sekitar bingkai aluminium khusus dengan sistem penguncian lipat yang mudah.

Setang memiliki LCD display terintegrasi penuh di stem yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol semua fungsi bantuan, untuk memeriksa sisa daya baterai dan untuk menyalakan dan mematikan lampu LED yang terintegrasi dalam rangka.

Desainer dan pengembang telah bekerja sama untuk membuat e-bike dengan gaya yang bersih dan linier. Baterai 378 Wh terintegrasi ke dalam rangka dan menjadi elemen gaya itu sendiri, mengingatkan pada tangki bahan bakar motor dengan warna merah khas Ducati dan bentuk melengkung.

Lebih lanjut, varian SCR-E adalah satu dari dua model sepeda berbantuan pedal (pedal assistance) yang dibuat dengan merek Ducati Scrambler. Roda 20''x4'' memungkinkan pengendara melakukan perjalanan dengan cengkeraman penuh bahkan di bagian yang kasar atau off-road.

Baterai 374,4 Wh terintegrasi penuh ke dalam rangka dan jika terisi penuh, memungkinkan pengguna untuk menempuh jarak hingga 70 km.

Rangkanya terbuat dari aluminium dan dilengkapi dengan pegangan mewah dengan teknologi lipat yang mudah untuk dilipat sedemikian rupa dengan sederhana dan cepat.

Lampu belakang diintegrasikan ke tiang jok untuk menjaga garis estetika yang bersih dan menarik. Sepeda ini memiliki LCD display untuk generasi terbarunya, dan dilengkapi sensor senja untuk menyalakan lampu secara otomatis dan mendeteksi suhu eksternal.

Sementara, varian SCR-E SPORT adalah versi yang lebih sporty dari model SCR-E. Model suspensi penuh dilengkapi dengan peredam kejut ganda (double shock absorber).

Velg dinding tunggal dan ban road tyres memberikan model tampilan yang halus dan sporty. Baterai 468 Wh yang ditingkatkan terintegrasi sepenuhnya ke dalam sasis dan dapat menempuh jarak hingga 80 km.

“Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport sudah tersedia di pasar sejak Juli, sedangkan e-bike Ducati Urban-E akan tersedia untuk dibeli mulai Oktober,” demikian rilis dari Ducati. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Honda Diperkirakan Bakal Hidupkan Kembali Konsep MotoCompo

Senin 3/8/2020 | 21:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - MotoCompo yang sempat diluncurkan pada 1981 hingga 1983, tampaknya akan kembali hadir dengan serangkaian pembaharuan yang mengusung konsep kendaraan bertenaga listrik yang nantinya akan diberi julukan Motocompacto. Nantinya,...
Selengkapnya

Motor Listrik Gesits Hadir di Tokopedia

Sabtu 1/8/2020 | 22:34
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gesits membuka official store di Tokopedia guna memperluas akses penjualan motor listrik Gesits, sekaligus sebagai solusi agar konsumen tidak perlu ke diler selama pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, sekarang memasuki fase new...
Selengkapnya

Berkendara Aman dengan Teknik Pengereman yang Benar

Kamis 30/7/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tidak hanya bisa menggunakan sepeda motor, pengendara juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang mumpuni agar tidak membahayakan dirinya dan juga pengguna jalan lain. Saat ini, sepeda motor tak kalah canggih dengan mobil yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Produksi iPhone 12 Segera Dimulai  

Selasa 11/8/2020 | 15:58
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - Apple dikabarkan akan segera mulai produksi iPhone 12 yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini.

Laman Apple Insider, dikutip Selasa (11/8), melaporkan Foxconn, salah satu manufaktur besar iPhone, sudah mulai merekrut pekerja untuk pabrik di Zhengzhou, China.

Pabrik Foxconn di Zhangzhou disebut membuka lowongan kerja hampir untuk satu juta pekerja, jauh lebih banyak dibandingkan pekerja mereka saat bukan musim produksi (off-season) yang berjumlah puluhan ribu.

Laman tersebut menulis Foxconn setiap tahun memang membuka lowongan kerja ketika akan memproduksi iPhone, namun, perekrutan pekerja tahun ini terlambat dibandingkan 2019 lalu.

Tahun lalu, Foxconn membuka lowongan kerja pada Juli, sebulan kemudian, iPhone diluncurkan. Keterlambatan pembukaan lowongan kerja di Foxconn senada dengan pernyataan CFO Apple, Luca Maestri, akhir Juli lalu kepada investor, bahwa peluncuran iPhone akan tertunda.

"Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan pasokan tersedia beberapa minggu kemudian," kata Maestri, dikutip dari The Verge, Jumat (31/7).

Klaim yang beredar menyebutkan Apple memesan Foxconn untuk memproduksi sekitar 80 juta unit iPhone 12, namun, karena situasi, manufaktur harus mengubah regulasi, yang bisa menyebabkan jumlah pesanan berkurang secara signifikan. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Huawei Akan Hentikan Produksi Chipset Kirin karena Tekanan AS

Minggu 9/8/2020 | 18:31
A   A   A   Pengaturan Font
 Huawei akan berhenti memproduksi chipset Kirin andalannya bulan depan, karena meningkatnya dampak tekanan Amerika Serikat terhadap raksasa teknologi asal China tersebut. Tekanan AS terhadap Huawei telah membuat...
Selengkapnya

Apple Konfirmasi Penundaan Peluncuran iPhone 12

Sabtu 1/8/2020 | 06:32
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple dalam pertemuan dengan para investor mengonfirmasi akan menunda peluncuran iPhone 12 yang biasanya dilakukan setiap September. "Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan...
Selengkapnya

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Brad Binder Pebalap Afsel Pertama yang Memenangkan Kelas Utama

Senin 10/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

BRNO – Brad Binder finis di posisi pertama pada seri Mo­toGP Republik Ceska, di Sirkuit Autodrom, Brno, Minggu, (9/8). Hasil itu membuat Binder menjadi pebalap debutan atau rookie pertama yang memenangkan seri MotoGP sejak Marc Marquez di Austin 2013. Tak hanya itu, dia juga menjadi pebalap asal Afrika Selatan dan tim pabrikan KTM pertama yang memenangkan kelas utama.

“Terima kasih kepada semua yang men-support saya. Ini hasil yang sangat fantastis dan saya mewujudkan mimpi bisa menjadi juara,” ujar Binder dalam wawancara usai balapan.

Posisi kedua ditempati Franco Morbidelli. Sempat memimpin di awal lomba, dia harus puas berada di belakang Binder.

“Saya menikmati momen dan melakukan semuanya, sempat memimpin tapi hanya berhasil di podium kedua, terima kasih kepada tim,” ujar pebalap tim Petronas Yamaha SRT.

Johann Zarco dari tim yang start di pole position berada di podium ke­tiga. “Kadang saya melakukan start dengan bagus, kadang ti­dak. Saya tidak melakukannya di tikungan pertama, penalti long lap berhasil saya lewati dengan baik dan tidak terlalu ketinggalan,” ujar Zarco yang mendapat penalti long lap karena melakukan pelanggaran terhadap Pol Espargaro.

Posisi Kelima

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, yang berharap merebut podium ke-200 di Brno, hanya berhasil finis di posisi kelima setelah memu­lai balapan dari uru­tan ke-10.

Grand Prix Repub­lik Ceska adalah seri ketiga dari ajang balap MotoGP 2020 seusai kembali bergulir setelah sempat terhenti terkait pan­demi virus korona. Sebelum MotoGP Ceska, balapan telah berlangsung pada MotoGP Spa­nyol dan MotoGP Andalusia.

Sementara itu dari kelas Moto2, pebalap Italia, Enea Bastianini dari tim Kalex tampil impresif. Ia memimpin dari awal hingga finis. Hasil itu membuat Bastianini merebut kemenangan kedua berturut-turut dan naik ke puncak klase­men pebalap.

Pada balapan yang dige­lar tanpa penonton itu, Sam Lowes dari Inggris berada di urutan kedua, sementara Joe Roberts dari Amerika Serikat berada di posisi ketiga.

“Saya memulai dengan awal yang bagus dan memimpin sejak lap pertama,” ujar Bas­tianini yang berusia 22 ta­hun dan menempati urutan ke-10 dalam balapan musim lalu. “Saya mendorongnya sepenuhnya dan harus ber­juang keras selama lima lap terakhir,” sambungnya.

Pebalap Italia lainnya, Dennis Foggia dari Honda, memenangi Grand Prix perta­manya di kelas Moto3. Albert Arenas berada di posisi kedua. Foggia yang berusia 19 tahun merupakan produk akademi VR46 milik Valentino Rossi. Pebalap Honda, Ai Ogura dari Jepang, menempati posisi ke­tiga untuk podium keduanya musim ini.

Usai berlangsung di Brno, MotoGP berlanjut ke Aus­tria untuk dua seri di Sirkuit Red Bull Ring, pada 16 dan 23 Agustus. n ben/AFP/P-4

Tampilkan Semua

DFL Rilis Jadwal Liga Jerman Musim 2020/2021

Sabtu 8/8/2020 | 19:03
A   A   A   Pengaturan Font
BERLIN - Operator Liga Jerman, DFL, merilis jadwal musim untuk dua kompetisi strata tertinggi Jerman melalui laman resminya. Kedua kompetisi tertinggi Jerman itu akan dimulai pada Jumat, 18 September. Keputusan perihal pertandingan...
Selengkapnya

Juara Liga 2 Musim 2020 Raih Rp1,5 Miliar

Sabtu 8/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan bahwa juara Liga 2 musim 2020 total akan mendapatkan uang sebesar Rp1,5 miliar yang berasal dari hadiah dan subsidi yang diberikan bertahap sejak babak...
Selengkapnya

Rudi Garcia Sebut Singkirkan Juventus Jadi Momen Terbaik di Kariernya

Sabtu 8/8/2020 | 18:55
A   A   A   Pengaturan Font
TURIN - Pelatih Olympique Lyon, Rudi Garcia, menganggap menyingkirkan Juventus dari Liga Champions di Allianz Arena sebagai momen terbaik dalam kariernya sejauh ini. “Ini merupakan momen-momen paling memuaskan dalam karier saya,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Protokol Kesehatan Penumpang Pesawat

Senin 10/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dunia penerbangan mulai beranjak ramai. Setelah selama tiga bulan lebih mati suri karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini beberapa bandara mulai sibuk. Masyarakat sudah berani bepergian, baik untuk urusan bisnis, urusan pribadi, maupun untuk berwisata setelah selama masa PSBB banyak diam di rumah.

PT Angkasa Pura II (AP II) melalui program Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience berhasil menarik minat masyarakat untuk bepergian menggunakan pesawat dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Selama periode 1–6 Agustus 2020, jumlah penumpang pesawat dari 19 bandar udara yang dikelolanya meningkat 41 persen dibanding periode 1–6 Juli 2020. Selama periode 1–6 Agustus tersebut terdapat 4.500 traffic pesawat yang mengangkut sekitar 400.000 penumpang. Pihak AP II berjanji akan terus menjaga kepercayaan masyarakat sehingga bandara yang dikelolanya bisa optimal dalam menjaga konektivitas dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional.              

Senada dengan AP II, PT Angkasa Pura I (AP I) pun menerapkan protokol kesehatan guna melindungi pengguna jasa. Mereka menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandara yang dikelolanya. Hal itu selain untuk meningkatkan kepercayaan, juga untuk memudahkan masyarakat yang ingin bepergian selama masa adaptasi kebiasaan baru. AP I mencatat pertumbuhan jumlah penumpang meningkat 110 persen selama bulan Juli, sebanyak 1.363.912 penumpang dibanding periode Juni 2020 sebanyak 648.567 penumpang.

Garuda Indonesia tidak mau ketinggalan. Satu-satunya maskapai Indonesia yang masuk dalam kategori Five Star Airline versi perusahaan riset yang berbasis di Inggris, Skytrax, memberikan kenyamanan dan jaminan kesehatan bagi pelanggannya dengan teknologi High Efficiency Particulate Arrestors (HEPA) filter. Melalui alat itu, sirkulasi di dalam pesawat tidak stagnan, fore aft rendah, dan dapat dipastikan suplai udara di dalam kabin terfilter dengan baik.

Sayangnya, langkah brilian AP I, AP II, maupun Garuda Indonesia tersebut tidak diikuti oleh stakeholder lain, seperti maskapai non-garuda maupun penumpang itu sendiri. Kalau toh menerapkan protokol kesehatan, tapi tidak dilakukan secara konsisten.

Dalam penerbangan Jakarta–Malang dengan salah satu maskapai, akhir Juli lalu, protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Bangku tengah sengaja dikosongkan, yang diisi hanya tempat duduk di jendela dan lorong saja. Penumpang maksimal hanya 2/3 saja dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Namum selang tiga hari, dalam penerbangan Banyuwangi–Jakarta, masih maskapai yang sama, semua tempat duduk diisi penuh. Penerbangan siang hari itu ternyata digabung dengan penerbangan pagi hari dari maskapai yang masih satu grup dengannya. Praktis protokol kesehatan tidak dilakukan. Penumpang berdesakan, tidak ada pembatas, dan juga tidak ada face shield.

Banyak penumpang khawatir dengan kondisi itu. Mereka takut tertular sehingga muncul klaster penularan Covid-19 baru dalam penerbangan tersebut. Tetapi apa boleh buat, penerbangan dari Banyuwangi–Jakarta hari itu hanya ada satu, tidak ada pilihan. Itu hanya beberapa contoh tidak diterapkannya protokol kesehatan dalam penerbangan. Tentu banyak hal serupa terjadi dalam penerbangan rute lain.

Tapi, sebenarnya yang harus perduli dan harus mengikuti protokol kesehatan adalah penumpang itu sendiri. Langkah-langkah AP I, AP II, dan Garuda Indonesia untuk membuat penumpang pesawat nyaman dan aman, tidak berguna sama sekali jika penjumpang, yaitu pihak yang hendak diselamatkan dari penularan Covid-19, justru tidak peduli dengan itu semua.

Sebagai contoh, saat hendak turun atau keluar dari pesawat, cabin crew mengatur sedemikian rupa agar jarak antarpenumpang (physical distancing) selalu terjaga, tetapi kenyataanya banyak yang tidak sabar. Mereka berebutan keluar meski belum ada perintah atau tanda dari cabin crew. Kalau itu yang terjadi, sia-sialah semua yang dilakukan pihak lain. Mencegah penularan Covid-19 di dunia penerbangan tidak bisa dilakukan oleh satu, dua, atau beberapa stakeholder, tapi harus semua. Hanya dengan itu, tidak akan muncul klaster baru penularan Covid-19 dari dunia penerbangan. ν

Tampilkan Semua

Iklim Investasi

Sabtu 8/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara lain lebih cepat memperbaiki diri. Ini yang membuat meski skor Indonesia naik, tetapi peringkatnya stagnan bahkan cenderung turun. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perekonomian negara-negara di dunia ambruk dan terpuruk, termasuk...
Selengkapnya

Penggelontoran Bantuan Sosial

Jumat 7/8/2020 | 13:33
A   A   A   Pengaturan Font
Dari berbagai bantuan sosial tersebut, kalau diterima dan diberikan secara tepat sasaran serta tepat waktu, mestinya cukup dapat menambah setidaknya “napas” dapur rakyat. Memang tidak mudah menghadapi situasi belakangan ini baik...
Selengkapnya

“Generasi Stunting”

Kamis 6/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka stunting Indonesia tahun 2019 masih sebesar 27,6 persen. Pemerintah me­nargetkan angka stunting di Indonesia turun menjadi 14 persen pada tahun 2024. Idealnya, jumlah stunting maksimal 20 persen atau seperlima dari total keseluruhan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

ISEF 2020 Akan Digelar Daring

Selasa 11/8/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta- Indonesia Economic Sharia Festival (ISEF) 2020 kembali dilaksanakan tahun ini dengan mengambil tema "Sustainable Fashion Sustainable Lifestyle" dan dilakukan secara daring.

Fesyen muslim sendiri merupakan bagian dari ISEF 2020, sebab kontribusinya cukup besar dalam menyokong perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor.

"Sektor fesyen menyumbangkan kontribusi kepada perekonomian nasional. Sejak 2018 kita mengembangkan fesyen muslim dan menyediakan outlet bagi pelaku usaha fesyen muslim lainnya," ujar Kepala Grup Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Prijono dalam jumpa pers daring, Selasa.



Fesyen ISEF 2020 akan berlangsung pada 27-31 Oktober 2020 atau puncak dari kegiatan ISEF yang terdiri dari trade show, peragaan busana, konferensi, talkshow dan jumpa pers. Seluruh rangkaian acara tersebut pun dilakukan secara daring.

Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma mengatakan bahwa tema tersebut dipilih untuk mengingatkan masyarakat jika sustainable fashion atau fesyen yang berkelanjutan bukan hanya sekadar strategi penjualan namun hadus menjadi gaya hidup.

"Sustainable bukan hanya strategi bisnis tapi gaya hidup, dengan gaya hidup bisnis yang berkelanjutan, bisnis fesyen ini akan berjalan dengan baik," kata Ali.

Selama empat hari, akan ada 164 perancang busana yang menawarkan koleksinya melalui peragaan busana dan semua show akan dilakukan secara streaming.

"Kegiatan kita di fesyen akan ada fesyen show yang ditayangkan streaming. Semoga kita benar-benar bisa menggunakan teknologi untuk menjual produk kita, target kita membantu semua penjualan. Nantinya ISEF 2020 akan kami diskusikan untuk bertukar pikiran bagaimana caranya menguasai pasar indonesia," kata Ali.Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Kenali Gejala Penyakit Autoimun Sindrom Sjogren

Selasa 11/8/2020 | 21:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Sindrom Sjogren (Sjogren’s Syndrome) merupakan kelainan genetik penyebab sekumpulan gejala yang identik dengan kondisi mulut dan mata kering. Sindrom Sjogren umumnya tidak berdiri sendiri karena sering ditemukan...
Selengkapnya

Istirahat Tidak Menyembuhkan

Selasa 11/8/2020 | 13:51
A   A   A   Pengaturan Font
Sindrom kelelahan kronis (Chronic fatigue syndrome/CFS) meski belum diketahui penyebab pastinya, sering terlihat gejalanya pada wanita berusia 40-an dan 50-an tahun. Diketahui, wanita dua hingga empat kali lebih banyak mengalaminya...
Selengkapnya

Misteri Penyebab Sindrom Kelelahan Kronis

Selasa 11/8/2020 | 13:49
A   A   A   Pengaturan Font
Mereka yang mengalami kelelahan ekstrem, meski tidak melakukan aktivitas berat dan tidak hilang setelah beristirahat, bisa jadi sedang mengalami sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome/CFS). Sindrom ini tidak dapat dijelaskan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Silpa Rp277 Miliar TA 2019 Sebagai Penopang APBD 2020

Selasa 11/8/2020 | 23:38
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR  - Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran  (Silpa) APBN 2019 senilai 277 miliar rupiah dianggap menguntungkan untuk tahun anggaran 2020. Pasalnya, anggaran 2020 di refocusing untuk penangana Covid.

"Tapi saya bersyukur ada Silpa itu. Kalau enggak ada Silpa, jeblok," ujar Bupati Ade Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setia yang ditemui usai  Raperda  Laporan Kerja Pertanggung Jawaban APBD 2019 di Kantor DPRD Kota Bogor, Selasa (11/8).


Di sisi lain, Ade menggarisbawahi,  besarnya nilai Silpa tersebut bukan karena disengaja. " Tapi sepakat, jangan Silpa dibuat secara sengaja. Karena ini ada SKPD tidak mampu melaksanakan kegiatan sehingga muncul Silpa," ujar dia. 

Adanya Silpa yang tergolong besar. Ke depan,  pengelolaan anggaran diharapkan dapat berjalan maksimal. Ade mencatat empat point, pertama dia sepakat adanya pertemuan dengan badan anggaran paling tidak tiga bulan sekali untuk pemantauan penggunaan anggaran. Kedua terkait dengan inspektorat, dia sepakat pencegahan dilakukan di awal supaya tidak ditemukan BPK.

Ketiga, keberhasilan memperoleh WTP selama empat kali berturut-turut bukan sebagai euforia semata melainkan sebagai pendorong untuk memanfaatkan anggaran secara maksimal tanpa kebocoran. Keempat, terkait anggaran, dia sepakat dengan pemberian reward dan punishment untuk SKPD untuk memotivasi kerja.

Atang Trisnanto, Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Bogor, Atang Trisnonanto,  mengatakan,  telah menyetujui rancangan Perda pertanggung jawaban pelaksana APBD 2019. "Kita menganggap adanya Silpa ini menunjukkan adanya terkait perencanaan yang bisa jadi tidak tepat sasaran," ujar dia. din/P-5

Tampilkan Semua

27 Pegawai Puskesmas di Bogor Terpapar Covid-19

Selasa 11/8/2020 | 23:19
A   A   A   Pengaturan Font
Bogor  - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan menemukan 27 orang pegawai Puskesmas dan Labkesda di kota itu terkonfirmasi positif Covid-19. "Kegiatan penemuan aktif atau 'active case finding' dilakukan...
Selengkapnya

Anji Dicecara 45 Pertanyaan Terkait Dugaan Seberkan Hoaks

Selasa 11/8/2020 | 22:55
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya mencecar musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan 45 pertanyaan saat diperiksa terkait perkara dugaan penyebaran kabar bohong alias hoaks soal obat COVID-19. "Kemarin Anji atau pemilik akun...
Selengkapnya

Polda Periksa Saksi Ahli Dugaan Hoaks Obat Covid-19

Selasa 11/8/2020 | 22:53
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya  memeriksa sejumlah saksi ahli dalam perkara dugaan penyebaran kabar bohong alias hoaks mengenai obat Covid-19 yang diunggah oleh kanal YouTube Dunia Manji. "Saksi ahli juga dilakukan pemeriksaan, pertama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Kasing Smartphone Berbentuk Walkie Talkie

Rabu 12/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam perjalanan di alam terbuka kecepatan berkomunikasi tanpa halangan sering dibutuhkan. Salah satunya dengan menggunakan walkie talkie

The Bakeey A10 iPhone Case Enhances Smartphone Connectivity

Sekarang umum digunakan HP untuk melakukan komunikasi ketika melakukan perjalanan dalam sebuah grup. Namun terkadang penggunaan alat ini terkendala dengan kecepatan atau terhalang sinyal. Untuk itu masih efektif digunakan alat komunikasi walkie talkie. Namun bagaimana bila tidak punya walkie talkie karena alasan repot membawa beberapa pengkat komunikasi selain HP.

Laman Trendhunter.com mengupas bagaimana Bakeey A10 iPhone Case yang mampu meningkatkan konektivitas smartphone. Kasing Bakeey A10 iPhone adalah aksesori canggih untuk perangkat HP, yang akan menawarkan pengguna kemampuan untuk tetap berhubungan, dengan anggota lain, sekalipun berlokasi di hutan belantara.

Kasing ini berfungsi dengan dipasangkan di smartphone, dan langsung berfungsi memberikan pengguna dengan fungsi walkie talkie, di jalur frekuensi publik mulai dari 400MHz hingga 470MHz.

Layar LED bawaan akan memungkinkan pengguna mengawasi jalur yang disiarkan, sementara paket baterai 3,500mAh di dalam kasing akan memberikan daya terus menerus, untuk membuat pengguna tetap terhubung. Kasing iPhone Bakeey A10 sangat ideal untuk digunakan di area di mana penerimaan jalur telepon seluler mungkin terbatas, dan juga akan memberikan perlindungan tambahan dari kerusakan.

Kasing Bakeey A10 iPhone ini memiliki korespondensi jarak super panjang, tersedia 16 saluran koresponden penyimpanan, lalu frekuensi perubahan operasi bisa secara manual.Kontrol volume 6 angka, irit penggunaan daya, waktu siaga baterai 120 jam, bisa memilih dengan suara yang keras atau mode sunyi. Tersedia fitur berbagai bahasa.

 Military-Grade Smartphone Cases (CASETiFY's Ultra Impact Case Was Created for the New iPhone Models)

Kasing Smartphone Standar Militer Bila senang bertualang di alam bebas, tentunya pengamanan terhadap alat komunikasi juga sudah diperhitungkan. Salah satunya adalah kasing pengaman HP dengan standar militer.  Laman Trendhunter.com menampilkan ketangguhan dari kasing Ultra Impact CASETiFY yang dibuat untuk model iPhone baru. CASETiFY telah menciptakan versi baru dari Impact Case, yang akan dirilis bersama Apple iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max baru.  Ultra Impact Case akan memiliki kisaran harga dari 54-65 dolar AS, dan saat ini tersedia untuk pelanggan di situs web CASETiFY. Kasing ini menawarkan tiga warna berbeda, termasuk neon, warna-warni, dan opsi dua warna. Ultra Impact Case baru CASETiFY mampu melindungi terhadap benturan saat HP terjatuh dari ketinggian hingga tiga meter. Ultra Impact Case telah meningkatkan perlindungan ketika HP jatuh, karena bumper QiTech-nya, yang menyerap guncangan, dan bekerja dengan perlindungan standar militer yang sudah ada, di bagian tepi dan belakang kasing.

Kasing ini tersedia untuk setiap iPhone dari seri 7 dan seterusnya dan pengguna dapat memilih dari pola warna-warni, atau desain sendiri. Pilihan warna dengan kasing dasar dari Frost, Black, atau Baby Pink di sekitar tepinya. Pengguna juga dapat membuat tampilan diri sendiri sepenuhnya, dengan mengunggah logo, desain, atau foto sendiri.

 

Ini adalah kasing serius yang dirancang untuk perlindungan. Tepi-tepinya memiliki pinggiran yang memberi pengguna cengkeraman yang lebih aman di ponsel, agar tidak terjatuh. Namun, jika menjatuhkan ponsel, tidak usah khawatir karena ponsel mendapat perlindungan tingkat militer. Casetify's Impact Case dibuat dengan bahan qitech dua lapis, dan diuji dengan dijatuhkan dari ketinggian hingga tiga meter.


Meskipun dilapis perlindungan, ponsel masih sangat ramping. Semua tombol tertutup, tetapi beroperasi penuh. Semua port, sakelar, pengeras suara, dan kamera tidak terhalang. Pengisian nirkabel masih berfungsi. Bibir kasing ini muncul di atas layar iPhone, jadi jika pengguna mengatur layar ponsel terlebih dahulu, itu tidak akan menyentuh permukaan. Pengguna juga tidak merasa kesulitan untuk memakai, dan melepas dari telepon genggam itu sendiri. ars

Tampilkan Semua

Wisata di Jakarta Saat Pandemi

Selasa 11/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) No. 131 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata pada Masa Transisi. Ini berarti beberapa tempat...
Selengkapnya

Taman Mini Indonesia Indah

Selasa 11/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka kembali pada 20 Juni 2020. Secara resmi TMII sudah mengeluarkan surat edaran perihal operasional tersebut. Meskipun wabah pandemi sedang melanda, Badan Pengelola dan Pengembangan...
Selengkapnya

Main ke Taman Margasatwa Ragunan

Selasa 11/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata pada Masa Transisi. Berdasarkan isi SK tersebut,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Sistem Pendidikan Harus Terus Tanamkan Norma Sosial dalam Bertingkah Laku

Rabu 12/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup warga dunia, termasuk Indonesia. Peringatan WHO yang mengatakan ahwa virus itu bisa menyebar lewat udara, mengharuskan kita beraktivitas dengan kebiasaan baru.

 

Pertemuan tatap muka di­kurangi, diganti pertemuan virtual dengan bantuan teknologi. Tapi belum se­lesai menghadapi pandemi ini, kita juga dihadapkan dengan masalah baru yakni kejahatan siber.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta telah merangkum jawaban dari Guru Besar Krimi­nologi ,FISIP, Universitas Indonesia, Mustofa. Pernyataan Mustofa itu dis­ampaikan dalam webinar bertema Kejahatan Siber di Masa Covid-19 dan Penanganannya yang digelar Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia, Senin (10/8).

Bagaimana Anda melihat keja­hatan siber yang terjadi pada saat pandemi Covid-19?

Saya akan menjelaskan ini secara makro sosiologis. Pertama kali, yang perlu kita pahami adalah ini men­gacu kepada banyak sosiologi posi­tivisme, yang mengatakan bahwa perubahan sosial yang cepat akan berdampak pada banyaknya ang­gota masyarakat yang kebingungan dalam memilih di dalam mencari acuan norma bertingkah laku. Dan dia (Durkheim-Sosiologis) menye­butnya sebagai keadaan anomie.

Tema ini (Kejahatan Siber dan Covid-19) adalah dua hal yang berhubungan dengan perubahan sosial. Pertama, perkembangan teknologi siber telah berdampak dalam perubahan sosial yang besar, khususnya dalam cara orang ber­interaksi sosial.

Dan pandemi Covid-19, juga ber­dampak berdampak pada peruba­han sosial yang besar dan dalam cara orang berinteraksi sosial. Dua keadaan yang sedang kita hadapi sekarang ini, saya sebut sebagai anomie berganda. Jadi tingkat keseriusannya berlipat ganda.

Bantuan teknologi juga dapat menjadi permasalah di dalam masa pandemik Covid-19?

Perkembangan teknologi siber, kalau kita lihat terlebih dahulu, telah menyebabkan manusia bisa bekerja secara efisien, tanpa dihalan­gi oleh waktu dan tempat.

Namun, seiring dengan penerapan teknologi siber dalam setiap dimensi kehidupan manu­sia, ternyata diikuti juga dengan penyalahgunaan teknologi siber untuk tujuan kejahatan, dan ini adalah musibah. Pandemi Covid-19 lebih besar musibahnya, ada juga berkahnya, tapi sedikit. Dan bila cyber crime terjadi bersa­maan dengan pan­demi Covid-19, ini adalah musibah ber­ganda.

Bagaima­na jalan keluarnya?

Cara mengatasi masalah cyber crime dalam era pandemi Covid-19 harus disesuai­kan dengan akar masalahnya. Pertama, tidak kalah pentingnya dan harus diingat, menjadi kegiatan yang rutin bukan proyek, melaku­kan literasi nilai norma sosial secara komperhensif, baik yang bersifat luring maupun daring.

Karena perubahan sosial yang tidak berhubungan dengan cyber crime, itu menyebabkan anomie ketika orang kemudian membuat orang kehilangan norma bertingkah laku. Ini harus disadari, masyarakat akan selalu berubah, sistem pendidikan harus secara sadar menanamkan nilai norma sosial dalam bertingkah laku.

Agen-agen pengendalian sosial yang penting, yang pertama adalah orang tua. Tapi banyak orang yang tidak punya kapasitas untuk men­jadi agen pengendalian sosial. Ke­mudian sekolah, guru juga banyak yang tidak mempunyai kapasitas dan kompetensi.

Sehingga, negara harus secara aktif proaktif memberdayakan, me­nyosialisasikan literasi norma sosial baik dilakukan secara di luar jar­ingan maupun di dalam jaringan, melalui berbagai macam. Program di tv daripada menonton sinetron rebutan waris, pembunuhan, pertempuran, lebih baik membuat sinetron bagaimana berinteraksi sosial seusai dengan norma sosial ketika secara luring maupun daring. Dan ini harus dilakukan.

Kedua, literasi manfaat dan bahaya teknologi siber secara komperhensif dan terus menerus. Ketiga, melakukan fasilitasi kepada warga masyarakat untuk dapat mengakses teknologinya siber dalam masa pandemi Covid-19. Keempat, perlu mengintensifkan cyber patrol. Kelima, hanya kalau terpaksa saja, baru dilakukan penegakan hukum dalam rangka penghukuman. n yolanda permata putri syahtanjung/P-4

Tampilkan Semua

Sinergi dan Kolaborasi “Triple Helix” Kunci Kesuksesan Inovasi

Selasa 11/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kita tidak boleh bergantung pada sumber daya alam sebagai basis ekonomi. Dengan target empat besar negara dengan ekonomi tertinggi pada 2045, Indonesia mesti berbenah.   Pola ekonomi yang semula berbasis sumber daya alam atau...
Selengkapnya

“Kita Berharap Korporasi Jauh dari Budaya Kriminal”

Jumat 7/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penetapan tersangka tindak pidana korupsi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) sering kali hanya dibebankan kepada orang-perorangan.   Padahal, kasus aliran uang panas itu, terjadi memba­wa nama perusahaan yang tentunya...
Selengkapnya

Masalah Utamanya Arogansi Birokrasi dan Tumpang Tindih Aturan di Daerah

Rabu 5/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah terus mendorong masuknya investasi baru. Dengan adanya investasi baru diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru.   Pasalnya, saat ini ada sekitar tujuh juta orang (eksisting) yang tengah mencari kerja. Badan Koordinasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Budi Gunadi Sadikin, Ketua Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Jaga Pertumbuhan Ekonomi dengan Dorong UMKM

Sabtu 8/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tugas berat kini dipikul oleh Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Mantan Direktur PT. Inalum itu diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Tim Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) yang ditugaskan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Lantas langkah-langkah dan program apa saja yang akan dilakukan Budi Gunadi Sadikin terkait dengan pemulihan ekonomi Indonesia saat ini, menjaga agar pertumbuhan ekonomi kuartal III tidak negatif, dan tersedianya lapangan kerja di tengah pandemi korona. Berikut kutipan wawancara wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, dengan Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baru-baru ini Kementerian BUMN menjalin kerja sama dengan organisasi internasional yang juga menjadi anggota World Bank Group, International Finance Corporation (IFC). Apa tujuannya?

Itu demi meningkatkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam peranan Direksi dan Dewan Komisaris BUMN. Kerja sama ini ditandai dengan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada 13 Juli lalu. Diharapkan mampu memperbaiki kualitas penerapan GCG pada BUMN, utamanya terkait peningkatan peran dan profesionalitas Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

Dengan semakin membaiknya GCG tersebut, kami yakin ke depan akan berpengaruh positif bagi BUMN dalam hal mendorong efisiensi dan efektivitas operasional serta transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BUMN, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja dan daya saing BUMN itu sendiri.

Anda ditunjuk menjadi Ketua Satgas PEN. Apa tugas khusus yang dimandatkan Presiden untuk Anda?

Pesan khusus dari Presiden supaya Satgas ini bisa menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama kuartal III sampai akhir bulan September 2020. Tentu instruksi itu penting dijaga demi pertumbuhan tidak negatif.

Presiden juga memberikan pesan agar kita bisa menjaga lapangan kerja bagi rakyat Indonesia dan juga menjaga agar level income-nya bisa dipertahankan di level yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Kita akan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi ini dengan kita menjaga tingkat ketersediaan lapangan kerja, kita juga menjaga kemampuan belanja dari seluruh rakyat.

Perlu diketahui bahwa krisis ekonomi yang terjadi saat ini berbeda dengan sebelumnya tahun 1998, 2008, dan 2013. Penyebabnya ialah krisis-krisis ekonomi tersebut disebabkan oleh krisis keuangan, sedangkan kali ini krisis ekonominya disebabkan krisis kesehatan, sehingga semua program-program ekonomi kami harus mendukung dan men-support kegiatan atau program-program kesehatan.

Program kesehatan diperlukan supaya masyarakat itu kembali menjadi memiliki rasa aman. Dengan masyarakat memiliki rasa aman maka akan kembali ke luar, kontak fisik akan terjadi, dan aktivitas ekonomi akan berputar kembali. Hanya masalah saat ini ialah masyarakat tidak berani keluar karena ada krisis kesehatan, kontak fisik tidak terjadi sehingga kegiatan ekonomi juga berkurang drastis.

Kontak-kontak fisik yang diganti dengan kontak digital atau kontak virtual, belum bisa sama level aktivitas ekonominya seperti kontak fisik biasa.

Dampaknya, semakin lama rasa aman ini terbangun kembali, akan kian banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani karena aktivitas ekonomi belum kembali.

Kalau kita bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat, kita bisa lebih cepat mengajari masyarakat dengan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatan yang lebih disiplin, rasa aman ini akan kembali, orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal.

Satgas ekonomi dinamakan satgas pemulihan dan transformasi ekonomi maksudnya fokus ke bidang pemulihan ekonomi yang sifatnya cepat dan jangka pendek, dan juga harus fokus ke program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Dalam masa pemulihan rasa aman, insentif ekonomi atau stimulus fiskal diperlukan agar rakyat tetap merasakan pertumbuhan walaupun berkurang aktivitas kerjanya tetap mendapatkan income-nya cukup.

Ada banyak program yang sudah dibuat dan melihat bahwa kuartal III penting, sehingga akan fokus ke beberapa program secara spesifik tugasnya adalah mencoba menahan menjaga pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di rakyat.

Dua program utama yang akan kami konsentrasikan dalam dua sampai empat minggu ke depan adalah program bantuan UMKM produktif. Bantuan ini dalam bentuk grant dalam bentuk bantuan, bukan dalam bentuk pinjaman.

Rencananya, akan diberikan sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan diharapkan bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga digunakan oleh para UMKM untuk mulai berusaha.

Arahan Presiden diusahakan, cepat mulai, dan secara bertahap bisa dinaikkan 10 hingga 12 juta UMKM yang bisa mendapatkan bantuan usaha ini. Ini akan langsung kita berikan secara bertahap ke mulainya dari satu juta yang sudah kita identifikasi, nanti akan naik secara bertahap ke 12 juta UMKM.

Apa program berikutnya?

Program kedua ialah menyalurkan kredit usaha berbunga rendah ke UMKM. Ini grant sifatnya, tapi kredit pinjaman menggunakan mekanisme yang sudah ada dan ditargetkan ke pengusaha-pengusaha yang diutamakan adalah terkena PHK dan memiliki usaha rumah tangga.

Rencana kami adalah program kredit berbunga rendah UMKM ini akan kami integrasikan dengan program bantuan UMKM yang tadi, sehingga kita akan berikan dulu program UMKM-nya untuk mereka yang baru di-PHK atau memang baru memulai usaha.

Kalau memang usahanya sudah mulai jalan, akan ditambahkan dengan fasilitas kredit berbunga rendah UMKM agar mereka mulai bisa menggulirkan usahanya. Kredit ini diharapkan besarnya adalah dua juta rupiah untuk masing-masing keluarga dan bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhannya modal kerja.

Kita harapkan dua program yang fokus ke UMKM ini baik dalam bentuk bantuan maupun dalam bentuk kredit berbunga rendah, ini bisa mencapai dua perintah Bapak Presiden tadi.

Jadi, bantuan ini bisa menjaga pendapatan masyarakat baik yang kehilangan pekerjaan atau tinggal di rumah tangga. Bantuan ini bisa digunakan untuk awal modal kerja berusaha yang produktif dan nanti akan ditambah dengan kredit berbunga rendah untuk yang mulai berusaha.

Dua program itu yang akan kami dorong. Kami pun akan monitor ketat pelaksanaannya dalam dua sampai empat minggu ke depan dan mudah-mudahan angkanya bisa segera kita lihat.

Saya diberi tugas untuk mengidentifikasi sektor mana yang paling terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Tim yang saya pimpin nantinya akan berdiskusi dengan instansi dan pengusaha untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Kemudian, kita akan susun program-program prioritas dengan tajam untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program yang selama ini berjalan, seperti bantuan sosial untuk warga yang terdampak, masih akan berlanjut. Kita akan terus menggali ide

bagaimana kita bisa meningkatkan pendapatan negara supaya kita bisa mendukung pembiayaan masif yang kita lakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merupakan arahan presiden.

Apa ada hal lainnya?

Selain fokus pada pemulihan ekonomi jangka pendek, dalam menghadapi pandemi Covid-19, pihaknya juga fokus pada program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Kami juga diingatkan oleh Pak Airlangga (Ketua Komite Kebijakan) dan Pak Erick Thohir (Ketua Pelaksana Komite) agar memastikan program-program kita di mana kita akan spending ratusan triliun di sini selain dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental untuk masa yang akan datang.

Bagaimana tanggapan Anda dengan Satgas PEN terkait diperpanjangnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Apa ini tak berdampak ke fiskal?

Ruang fiskal negara saat ini berpotensi tidak mampu lagi menopang perekonomian apabila kegiatan ekonomi masyarakat tidak segera dibuka.

Untuk itu, pembukaan kegiatan ekonomi harus dilakukan secara bertahap dan menggunakan prinsip “gas dan rem” sesuai dengan kondisi penyebaran virus korona atau Covid-19 di setiap wilayah. Kalau terus-menerus lockdown, enggak akan tahan ruang fiskal kita. Perlu kita sama-sama membangkitkan rasa aman dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Apabila rasa aman semakin lama terbangun, maka akan semakin banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani aktivitas ekonomi yang belum kembali.

Sebaliknya, jika bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat dengan mengajari masyarakat akan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatannya lebih disiplin, maka rasa aman akan cepat kembali, dan orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar, sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal. Itu sebabnya memang kami harus benar-benar bekerja bersama-sama dengan sektor kesehatan, dengan Pak Doni (Ketua Satgas Penanganan Covid-19).

Pemerintah menganggarkan 695,2 triliun rupiah untuk menangani masalah kesehatan sekaligus memulihkan ekonomi hingga akhir tahun ini. Saat ini, ruang fiskal masih sangat lebar.

Kami juga minta pelaku usaha segera memanfaatkan berbagai insentif fiskal seperti PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), PPh final UMKM DTP, pembebasan PPh Pasal 22 impor, diskon angsuran PPh Pasal 25, dan restitusi pajak PPN dipercepat.

Kami masih punya room yang cukup banyak untuk bisa memberikan stimulus fiskal, untuk mengganjal perlambatan ekonomi. Arah kebijakan fiskal 2021 tetap akan memuat agenda pemulihan perekonomian dari tekanan pandemi.

Pemerintah juga masih berupaya mencari vaksin virus korona. Diharapkan vaksin bisa ditemukan tahun ini sehingga program vaksinasi bisa langsung terlaksana tahun depan, dan ekonomi bisa pulih sepenuhnya. Kami sudah mempersiapkan, sudah mengajukan, dan kami sudah anggarkan ruang fiskal yang cukup untuk bisa mengganjal aktivitas ekonomi di tahun depan.

Bagaimana dengan bantuan sektor UMKM?

Tentunya dalam mengeluarkan stimulus ekomomi selama pandemi ini, pemerintah memprioritaskan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, bukan berarti tidak memperhatikan pengusaha besar.

Tabungan pengusaha UMKM tidak sebanyak pengusaha besar. Selain itu, jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak meski skala usahanya tidak besar, sehingga secara agregat kontribusi ke ekonomi juga besar.

Presiden mengarahkan Satgas PEN untuk memprioritaskan UMKM. Apalagi, UMKM menyerap tenaga kerja yang sangat banyak, sehingga itu juga menjadi prioritas kita. Kita berikan perhatian ke pengusaha Indonesia tapi fokus ke UMKM.

Pemerintah bakal menerapkan dua program bantuan bagi UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi covid-19. Bantuan pertama yaitu uang tunai sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan bukan bersifat pinjaman. Program selanjutnya yaitu menyalurkan kredit usaha berbunga rendah bagi UMKM. Bantuan ini bersifat pinjaman.

Bagaiamana Anda melihat ekonomi ke depannya?

Perekonomian nasional masih berpotensi tumbuh positif pada periode Juli hingga September 2020. Pertumbuhan ekonomi kita tahu pertumbuhan ini di seluruh negara susah. Tapi, chance untuk memperoleh pertumbuhan yang tidak negatif di kuartal III masih ada.

Diharapkan dapat merealisasikan pertumbuhan yang positif, perlu adanya upaya bersama untuk memunculkan kepercayaan dari pelaku aktivitas ekonomi, di tengah bayang-bayang pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilakukan dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam operasional berbagai aktivitas ekonomi. Itu akan dibantu oleh kami, percepatan disbursement anggaran fiskal yang sudah diberikan dan cukup besar.

Melalui operasional aktivitas ekonomi dengan protokol kesehatan yang ketat dan percepatan realisasi stimulus oleh pemerintah, diharapkan pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun ini tidak berada di level negatif. Harapan kesempatan chance mendapat pertumbuhan yang flat atau nol itu masih ada.

S-1

Tampilkan Semua

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, CSFA: ”Saya Ingatkan, PEN Banyak Lubang”

Sabtu 1/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat pemerintah mengucurkan dana 695 triliun rupiah guna mencegah terus meluasnya penyebaran. Di sisi lain, kementerian keuangan juga mengatakan, belanja pemerintah pada semester II-2020...
Selengkapnya

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Drh Wiku Bakti Bawono Adisasmito, MSc, PhD : Tenaga Kesehatan Harus Kita Lindungi

Sabtu 25/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penanganan wabah Covid-19 di Indonesia memasuki babak baru. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan...
Selengkapnya

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M : Menegakkan Kedaulatan NKRI di Laut

Sabtu 18/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Adanya pelanggaran hukum yang terjadi di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia oleh negara lain dan krisis di laut Natuna Utara yang semakin mengarah pada konflik terbuka antara Tiongkok dan Amerika Serikat mengharuskan untuk meningkatkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta