Koran Jakarta | August 22 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Tingkatkan Transparansi Fiskal

Selasa 22/8/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Penggunaan utang dan hasil yang dicapai mesti diungkapkan lebih transparan. Rekayasa akuntansi pembukuan utang bisa mendistorsi kondisi yang sebenarnya. Penggunaan utang dan hasil yang dicapai mesti diungkapkan lebih transparan. Rekayasa akuntansi pembukuan utang bisa mendistorsi kondisi yang sebenarnya.   JAKARTA –...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Tingkatkan Transparansi Fiskal

Selasa 22/8/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Penggunaan utang dan hasil yang dicapai mesti diungkapkan lebih transparan. Rekayasa akuntansi pembukuan utang bisa mendistorsi kondisi yang sebenarnya.

 

JAKARTA – Pemerintah diminta menjalankan transparansi fiskal yang lebih baik sehingga bisa menjelaskan kepada rakyat alokasi anggaran negara, yang banyak berasal dari utang, beserta hasil yang telah dicapai.

Sebab, selama ini utang negara kian membengkak hingga membebani keuangan negara, dan anggaran kesejahteraan rakyat dilaporkan terus meningkat, namun belum terlihat hasil yang nyata bagi rakyat.

Ketimpangan dan kemiskinan belum mampu diperbaiki secara signifikan. Pengamat keuangan, Ahmad Iskandar, mengatakan salah satu bukti utang bertambah, namun output atau hasil yang dicapai tidak optimal adalah ketimpangan yang melebar.

“Jadi sah-sah saja kita bertanya, ke mana uang dari hasil utang? Ini juga merupakan skandal karena APBN Indonesia tak bisa lagi membantu rakyatnya untuk program sosial,” kata dia saat dihubungi, Senin (21/8).

Iskandar mengungkapkan secara khusus Bank Dunia pada 2015 mencatat laju peningkatan ketimpangan ekonomi di Indonesia paling tinggi di Asia Timur. Bahkan, dalam distribusi aset lebih memprihatinkan, yaitu rasio gini penguasaan lahan mencapai angka 0,72.

Angka ini lebih tinggi daripada rasio gini pendapatan. “Nah, kondisi ketimpangan yang semakin parah ini kalau kita bedah merupakan akibat langsung model kebijakan pemerintah yang tidak berubah sejak dulu,” jelas dia.

Sebelumnya, sejumlah kalangan menilai meskipun anggaran penanggulangan kemiskinan dalam APBN terus meningkat setiap tahun, namun penggunaan anggaran tersebut belum efektif untuk menekan kemiskinan dan ketimpangan.

“Efektivitasnya tidak sebesar anggaran yang dikeluarkan,” kata ekonom Indef, Achmad Heri Firdaus. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan per Maret 2017 jumlah penduduk miskin di Indonesia bertambah 6.900 orang mencapai 27,77 juta orang dibandingkan dengan September 2016.

Angka itu sekitar 10,64 persen dari total penduduk. Sedangkan ketimpangan di Indonesia, diukur dalam gini ratio per Maret 2017 sebesar 0,393 atau relatif stagnan dibandingkan gini ratio pada September 2016 yang mencapai 0,394.

Menyinggung soal manajemen utang, Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Mudrajad Kuncoro, pemerintah mesti mampu menjelaskan kualitas penggunaan utang itu sebab pada dasarnya utang dinilai terutama dari bagaimana secara maksimal mampu mendukung programprogram prioritas pemerintah.

“Nah, yang mesti dijelaskan itu prioritasnya apa kok sampai utang terus? Bagaimana utang mampu membantu mengejar prioritas-prioritas itu. Pemerataan, bagaimana bisa merata? Infrastruktur bagaimana bisa menopang ekonomi? Kita butuh pemerintah terbuka dengan evaluasi atas rencananya sendiri,” papar Mudrajad.

Secara terpisah, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan pemerintah sedang berupaya menyehatkan APBN.

Salah satu caranya yaitu dengan meminimalisir besaran utang yang kini hampir mencapai 4.000 triliun rupiah itu. “Tapi, kami enggak bisa ngerem (utang) secara medadak,” ujar dia. Menurut Sri Mulyani, upaya menyehatkan APBN bisa dilihat dalam RAPBN 2018. Pemerintah menuturkan anggaran 2018 disusun dengan optimistis, namun tetap hati-hati.

Efek Bola Salju

Menanggapi hal itu, Iskandar mengapresiasi kejujuran pemerintah yang tidak bisa menghentikan utang secara mendadak. Namun, pemerintah juga mesti terbuka langkah luar biasa apa yang akan dilakukan untuk mengurangi utang itu. “Sebab, utang juga tidak bisa didiamkan saja seperti biasa. Makin lama makin bengkak dan menimbulkan efek bola salju,” tukas dia.

Apalagi, lanjut dia, belakangan ini santer muncul kabar seolah- olah pemerintahan saat ini menarik utang baru yang sangat besar dalam dua tahun terakhir. Padahal, penarikan utang saat ini juga disebabkan kebutuhan untuk menutup kewajiban bunga utang lama pemerintahan sebelumnya yang sangat besar.

“Tidak tertutup kemungkinan juga terjadi differed booking, sehingga utang yang dipakai tahun sebelumnya baru dibukukan sekarang. Ini yang menyebabkan seolah-olah pemerintah sekarang menarik utang yang lebih besar,” jelas Iskandar.

Ekonom Indef, Bhima Yudhistira, mengatakan dalam ilmu akuntansi, praktik differed booking kerap dilakukan untuk menjaga defisit tidak melebihi batas yang ditentukan oleh UU Keuangan Negara atau seakanakan tidak bergantung pada utang. Padahal, ada penerbitan utang baru. “Di satu sisi, ini sebenarnya pemberian informasi yang tidak transparan pada publik,” kata Bhima. YK/SB/ahm/WP

Tampilkan Semua

Uzbekistan Tertarik Pelajari Program Pembangunan Presiden Joko Widodo

Selasa 22/8/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA — Pemerintah Uzbekistan tertarik mempelajari program pembangunan di Indonesia. Fokus utamanya adalah bidang perikanan dan pertanian. “Presiden Uzbekistan sangat tertarik dengan programprogram pembangunan Presiden...
Selengkapnya

KPK Amankan Seorang Panitera PN Jaksel

Selasa 22/8/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melancarkan operasi tangkap tangan (OTT) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), Senin (21/8). Sebanyak empat orang, di antaranya panitera dan pengacara, digelandang ke KPK untuk...
Selengkapnya

Daya Saing Pemandu Wisata Mesti Ditingkatkan

Senin 21/8/2017 | 09:10
A   A   A   Pengaturan Font
BADUNG - Koperasi dan UKM yang mengelola homestay, dan para pemandu wisata (tour guide) perlu mengikuti pelatihan kompetensi pariwisata. Dengan pelatihan diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan pelayanan kepada wisatawan di Tanah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

LPSK Dukung Pemberian Penghargaan Pengunggah Pungli

Senin 21/8/2017 | 08:41
A   A   A   Pengaturan Font

Jaka rta – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mendukung langkah pimpinan Polda Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video oknum polisi melakukan pungutan liar (pungli).”Masyarakat memiliki potensi besar untuk membantu gerakan saber pungli termasuk melaporkan pungli disertai rekaman video,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai melalui keterangan tertulis di Jakarta Minggu (20/8).

Semendawai mengharapkan pemberian penghargaan itu menjadi contoh dan memotivasi masyarakat untuk mengungkap penyimpangan yang dilakukan oknum penegak hukum. Ia menyatakan tindakan tegas yang dilakukan pimpinan Polda Kalimantan Selatan dengan menahan dua oknum polisi lalu lintas sebagai pelaku pungli akan berdampak jera terhadap anggota lain. Semendawai mendorong masyarakat tidak hanya menyebarkan oknum penegak hukum yang terlibat pungli namun melaporkan secara resmi kepada instansi terkait. sur/Ant/AR-3

Tampilkan Semua

DPD PDIP Jatim Gelar Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah

Senin 21/8/2017 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah PDI-Perjuangan Jawa Timur menggelar tes penjaringan tahap pertama bagi 50 orang bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk ajang pilkada 2018, Minggu (20/8). Ketua DPD PDIP Jatim...
Selengkapnya

Mensos Nyatakan Komitmen Mengawal Nawacita

Senin 21/8/2017 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Surabaya – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, komitmen terus mengawal sembilan agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo, yang dikenal dengan istilah Nawacita. Saat menghadiri acara peringatan ulang tahun ke-3 organisasi...
Selengkapnya

“Surat Keputusan Bersama Ormas Bersifat Pembinaan”

Senin 21/8/2017 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana akan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang pembinaan organisasi kemasyarakatan. Menurut Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Soedarmo SKB tersebut merupakan tindak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Dukungan Bagi Pemerintahan Australia merosot

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY – Hasil jajak pendapat yang diumumkan Senin (21/8) menyatakan bahwa dukungan terhadap pemerintah Australia berada diposisi terendah selama 6 bulan terakhir. Rendahnya dukungan ini terjadi setelah muncul krisis kewarganegaraan yang berpeluang mendepak 3 menteri dibawah kabinet pimpinan Perdana Menteri Malcolm Turnbull dari kursi parlemen.

“Selisih dukungan antara pemerintahan koalisi Turnbull melawan oposisi Partai Buruh berada pada perbandingan 54-46. Dukungan terhadap pemerintah pimpinan PM Turnbull ini merupakan yang terendah sejak Februari 2017 lalu,” demikian pernyataan Newspoll.

Parlemen Australia mengalami guncangan setelah pengungkapan tujuh politisi, termasuk 3 menteri, yang memiliki kewarganegaraan ganda. Jika terbukti, politisi ini akan dinyatakan tak memenuhi syarat untuk menjabat posisi di pemerintahan. Sejumlah analis politik menyatakan agar krisis kewarganegaraan ini segera “disingkirkan” untuk mempertahankan pemerintahan sekarang. Salah satu opsi yang dimungkinkan yaitu segera digelar pemilihan umum karena pemilu berikutnya masih cukup lama yaitu akan digelar pada 2019. Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Satu Hotel di Mekkah Dievakuasi Akibat Kebakaran

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
RIYADH - Sebuah hotel di Kota Makkah, Arab Saudi, yang menampung sebanyak 600 jemaah haji pada Senin (21/8) harus dievakuasi karena terjadi kebakaran. Menurut keterangan juru bicara dinas pertahanan sipil Arab Saudi, Nayef al-Sharif,...
Selengkapnya

Kapal Perang AS Tabrak Tanker

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah insiden  maritim terjadi di  perairan Singapura  pada Senin dini  hari. Dalam insiden  itu, sebuah kapal  perang AS menabrak  kapal tanker dan  menyebabkan 10  awak kapal perang...
Selengkapnya

Patung-Patung Simbol Supremasi Kulit Putih AS Disingkirkan

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
AUSTIN – Universitas Texas yang berada di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), pada Senin (21/8) dini hari diwartakan telah menyingkirkan 3 patung-patung figur era Konfederasi dari kompleks kampus mereka. Alasan mereka...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Emdeki Utama Incar Dana IPO Rp400 Miliar

Selasa 22/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Emdeki Utama Tbk berencana melepas saham ke publik melalui mekanisme penawaran saham perdana (Initial Public Offering/ IPO). Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 500 juta lembar saham baru atau 25 persen dari total modal disetor dan ditempatkan setelah IPO.

Harga saham IPO ditawarkan dengan rentang 590-800 rupiah per saham sehingga diperoleh dana segar sekitar 295-400 miliar rupiah. Chief Executive Officer PT Yuanta Sekuritas Indonesia, Francis S Widjaja mengatakan dari penempatan saham Perseroan secara sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa masuk ke sektor manufaktur atau kimia.

Apalagi kalau dilihat dari net return on investment (RoI) Perseroan cukup bagus berkisar 21-22 persen. “Secara per sektoral BEI yang menentukan tapi menurut kami yang paling pas ke sektor chemical,” ungkap Francis di Jakarta, Senin (21/8). Mengacu pada persaingan pasar sambungnya, pasar luar negeri dari produsen karbida kebanyakan berasal dari Tiongkok.

Perusahaan di sektor tersebut yang sudah tercatat di Tiongkok rata-rata price earning ratio (PER) sebanyak 20 kali dan net profit yang lebih rendah dari Perseroan. “Makanya Emdeki kita buat supaya menarik pricing-nya, kami memberikan diskon kepada comparable, jadi diskonnya antara 20-30 persen. Kalau PER 20 kali dan didiskon 30 persen maka sekitar 14 kali. Untuk itu PER Perseroan 11-14 kali,” jelas dia.

Mengacu pada PER sebanyak 11-14 kali maka Perseroan menggunakan target pendapatan pada 2018, setelah Perseroan mendapatkan uang dari IPO. Dana IPO akan digunakan sekitar 73,91 persen untuk belanja modal dengan komposisi 48,96 persen untuk membangun pabrik high grade silica alloy, dan 24,95 persen untuk membangun pabrik carbride desulphuriser.

Kemudian, 13,41 persen akan digunakan untuk modal kerja kedua pabrik tersebut. Sisanya, sekitar 12,68 persen akan digunakan untuk modal kerja produksi kalsium.

 

Bangun Pabrik

 

Direktur Independen Emdeki, Kilambi Chakravarthi menuturkan Perseroan berencana membangun satu pabrik ferrosilicon di Gresik, berkapasitas produksi 6.500 ton per tahun hingga 7.500 ton per tahun.

Produk ini digunakan sebagai bahan aditif dalam produksi baja dan aluminium untuk keperluan industri konstruksi, otomotif, serta kemasan makanan dan minuman. Dalam membangun pabrik ini, Perseroan membutuhkan dana sebesar 180 miliar rupiah untuk membangun pabrik ferrosilica. 

 

yni/AR-2

Tampilkan Semua

BMRI Lakukan “Stock Split” 1:2

Selasa 22/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemecahan saham perlu dilakukan Bank Mandiri untuk meningkatkan kepemilikan investor ritel. JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mengajukan pemecahan saham (stock split) dengan rasio 1 : 2 guna memperbanyak investor ritel dan...
Selengkapnya

Pasar Obligasi Pemerintah Diprediksi Menguat

Selasa 22/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pasar Surat Utang Negara (SUN) atau obligasi pemerintah diharapkan mengalami kenaikan seperti yang diharapkan oleh pelaku pasar. Diperkirakan, pada awal pekan ini pasar obligasi mengalami penguatan. Analis Binaartha Sekuritas,...
Selengkapnya

OCBC NISP Terbitkan Obligasi Rp2 Triliun

Selasa 22/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Bank OCBC NISP Tbk melakukan penerbitan instrumen obligasi berkelanjutan II Tahap II Tahun 2017 sebesar 2 triliun rupiah untuk pembiayaan pertumbuhan kredit perseroan. “Aksi korporasi ini bertujuan untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha

Senin 21/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Jawa Barat (Jabar) jatuh pada 19 Agustus 2017. Apel besar seluruh aparatur sipil negara berlangsung Sabtu (19/8), di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Setiap kabupaten dan kota di Jabar mengirimkan perwakilan 100 aparatur sipil negara, termasuk bupati dan wakilnya serta wali kota dan wakilnya untuk mengikuti upacara.

Peringatan HUT Jabar tahun ini dilakukan sederhana, namun tidak meninggalkan kesan sakral, sesuai dengan kondisi saat ini yang belum pantas jika peringatan dilakukan dengan mewah. Untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukan selama ini, wartawan Koran Jakarta, Teguh Rahardjo, berkesempatan mewawancarai Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di Bandung, Sabtu (19/8). Berikut petikan selengkapnya.

Bapak sudah dua periode memimpin Jabar. Bagaimana perkembangan Jabar selama sembilan tahun terakhir?

Berdasarkan data dan fakta telah mengalami perubahan lebih baik, khususnya dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir. Seperti naiknya Indeks Pembangunan Manusia, indeks pendidikan, indeks kesehatan, indeks daya beli, serta angka makro pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen lebih, termasuk angka partisipasi sekolah, khususnya SMA dan SMK yang dikelola pemprov dari 850 ribu siswa, kini di angka dua juta siswa SMA dan SMK.

Itu angka secara makro, secara mikro atau riilnya bagaimana?

Tentu saja yang paling kami inginkan seluruh peningkatan tersebut hadir pada angka mikro nantinya. Pembangunan yang telah dilakukan berorientasi pada tiga angka mikro yang paling penting, yaitu pembangunan harus berhasil menurunkan kemiskinan, pengangguran, dan pelestarian lingkungan.

Alhamdulillah, angka kemiskinan sudah turun dari angka 13 persen sekarang tinggal sekitar 8 persen. Lalu, pengangguran turun dari 12 persen sekarang jadi 3 persen lebih. Ada penurunan yang signifikan. Indeks gini rasio juga turun, kesenjangan yang kaya dan miskin tidak terlalu jauh di Jabar.

Sembilan tahun ini prestasi yang diakui oleh pemerintah pusat apa saja?

Dalam kurun waktu sembilan tahun ini pun, Pemprov Jabar berhasil meraih 234 penghargaan tingkat nasional dan internasional. Ini merupakan prestasi yang diraih oleh seluruh pihak, termasuk masyarakat, gubernur hanya kebagian populernya saja.

Beberapa prestasi yang dinilai secara menyeluruh dan menggambarkan kondisi Jabar, yaitu berhasilnya mempertahankan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2011. Kemudian, diraihnya penghargaan dalam penyelenggaraan laporan keuangan pemerintah daerah, penghargaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan prestasi tertinggi “A”, dan dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kalau prestasi terbaik ini bisa bertahan sampai tahun depan maka Jabar akan mendapatkan anugerah Parasamya Purnakarya Nugraha. Mudah-mudahan dapat tercapai. Kami minta doa dari seluruh stakeholders dan masyarakat untuk mendorong dan mengawasi terus kinerja yang lebih bagus lagi.

Pendidikan dan infrastruktur bagaimana?

Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Jabar. Pembangunan sekolah baru, ruang kelas baru, serta tunjangan profesi pendidik para guru dan honorer terus ditingkatkan hingga mencapai angka ideal. Tahun depan, mudah-mudahan bisa. Bagaimanapun kami harus memperhatikan kesejahteraan guru supaya pendidikannya berkualitas di samping pembangunan fisik, seperti kelas dan lain sebagainya.

Fokus pembangunan harus dilakukan di sektor infrastruktur, terutama yang memiliki peran signifikan dalam mendukung sektor pariwisata di Jabar.

Pariwisata bisa menjadi sektor primadona bagi Jabar karena bidang lain, seperti minyak dan gas bumi, serta kelapa sawit sudah mulai turun pengaruhnya terhadap ekonomi daerah.

Bagaimana peran aparatur sipil negara selama ini?

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara yang selama ini bekerja mewujudkan cita-cita Jabar menjadi provinsi yang maju dan sejahtera untuk warganya.

Tanpa dukungan masyarakat, mustahil Jabar menjadi provinsi termaju di Indonesia. Terima kasih kepada seluruh aparatur sipil negara dan masyarakat yang telah bekerja bersama-sama mewujudkan kesejahteraan, kecerdasan, kemajuan serta keadilan sosial di Jabar.

Adakah penghargaan untuk aparatur sipil negara yang berprestasi?

Kami memberikan penghargaan kepada aparatur sipil negara yang berdedikasi tinggi dan kepada masyarakat melalui anugerah inovasi bidang lingkungan hidup, anugerah prakarsa Jabar bidang kesehatan, dan anugerah pelopor pemberdayaan masyarakat. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan uang kadeudeuh senilai 50 juta rupiah.

Puncak acara HUT Jabar kapan?

Untuk acara puncak peringatan HUT ke-72 Jabar akan digelar tanggal 29–30 September 2017 dengan tajuk Gedung Sate Festival yang dikemas dalam semarak pesta rakyat. N-3

Tampilkan Semua

Bantu Petani dan Nelayan untuk Kikis Kemiskinan di Gorontalo

Senin 14/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pembangunan infrastruktur seperti bendungan hingga jalan penghubung terus dilakukan di Provinsi Gorontalo. Pembangunan tersebut dilakukan agar roda perekonomian di provinsi ini berjalan baik. Pemerintah Provinsi Gorontalo juga fokus...
Selengkapnya

Musi Banyuasin Masuki Era Pendidikan Modern

Senin 7/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017. Penghargaan diberikan kepada daerah yang memenuhi capaian di 31 indikator yang dirangkum dalam lima klaster pemenuhan...
Selengkapnya

Membangun dengan Keberagaman di Kabupaten Alor

Senin 31/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, mendapat anugerah Harmony Award Tingkat Nasional dari pemerintah pusat pada Februari 2017 lalu. Alor menjadi contoh bagaimana hidup beragama yang berbeda-beda justru menjadi kekuatan dari sebuah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Bedah Rumah Veteran

Senin 21/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BTN sebagai perusahaan perbankan yang komitmen membiayai pembangunan perumahan untuk rakyat kecil, menggelar program bedah rumah veteran di daerah.

Program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diluncurkan sejak tahun 2015 memberikan ruang bagi seluruh BUMN, termasuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk berpartisipasi. Sebagai rangkaian acara perayaan Hari Kemerdekaan RI ke- 72 dan program BUMN Hadir untuk Negeri, Bank BTN akan mengadakan sejumlah acara, diantaranya Siswa Mengenal Nusantara (SMN), upacara bendera HUT RI, jalan sehat dan Bedah Rumah Veteran. Sesuai dengan instruksi dari dari Kementerian BUMN, Bank BTN mendapat giliran untuk menggelar rangkaian acara tersebut di Gorontalo.

“Kami berterimakasih atas keramahan dan kerjasama Pemerintah Provinsi Gorontalo yang selalu membantu Bank BTN untuk mempersiapkan dan memastikan acara BUMN Hadir untuk Negeri berjalan lancar,” kata Corporate Secretary Bank BTN, Agus Susanto di Jakarta, belum lama ini.

Program yang wajib diselenggarakan oleh BUMN tersebut rutin diselenggarakan untuk memupuk rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan menyosialisasikan peran BUMN di 34 provinsi di Indonesia. Adapun Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program pertukaran pelajar yang mulai diadakan sejak tahun 2015. Sebanyak 20 siswa-siswa yang terpilih dari Gorontalo merupakan siswa yang sudah memenuhi persyaratan, antara lain duduk di kelas XI, berbudi pekerti baik, berprestasi dan memiliki cerita motivasi untuk program SMN.

Para siswa tersebut akan dikirim ke Pontianak, Kalimantan Barat. Selama sepekan di Pontianak, peserta SMN akan tinggal dengan orang tua asuh selama kurang lebih sepekan untuk mempelajari keragaman nilai seni, budaya dan pendidikan dan bertukar pengetahuan di Kalimantan Barat. Sementara peserta SMN yang terpilih di Pontianak akan diterima di Gorontalo untuk mempelajari keanekaragaman budaya, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Gorontalo, termasuk hidup bersama suku Bajo di Torosiaje.

“Kami memilih siswa yang bisa mempresentasikan Gorontalo, 20 siswa terpilih berasal dari kota Gorontalo dan 5 kabupaten yang berbeda. Kelak mereka akan menjadi duta Gorontalo di Pontianak,” kata Agus.

Selain SMN, Bank BTN juga akan menggarap Program Bedah Rumah Veteran (BRV). Tahun ini, ada sekitar 15 rumah veteran yang tersebar di desa Ayula Selatan, Lowoo, Pangi, dan kelurahan Biau, Tanjungamat, Kalumoto yang akan direnovasi. BRV menyasar rumah veteran yang sudah rusak, atau tidak layak. BRV menyasar veteran yang masuk dalam data dan verifikasi Legiun Veteran Republik Indonesia dan koordinasi Kodim setempat.

Sebagai rangkaian acara menjelang Kemerdekaan RI, Bank BTN akan mengadakan acara jalan sehat dan pasar murah bagi warga kota Gorontalo. Puncak dari acara Bank BTN di Gorontalo adalah Upacara 17 Agustus. “Rangkaian acara bertujuan mempererat kebersamaan, meningkatkan kebanggan dan rasa cinta tanah air, kami harap dukungan dari warga Gorontalo,” kata Agus.

Menghormati Pejuang

Untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, pada hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke- 72, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengadakan Upacara Bendera di Museum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno di Desa Iluta, Kecamatan Batuda'a, Kabupaten Gorontalo. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur Utama Bank BTN, Maryono sementara Pembantu Letnan Satu, Suyanto yang merupakan anggota Kodim 1304 Gorontalo bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara Bendera dilakukan semi terapung di tepi danau Limboto dan dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo beserta jajaran pemerintah kabupaten serta 200 peserta yang terdiri dari para nelayan di kawasan danau Limboto, masyarakat dan perangkat pemerintah daerah setempat serta perwakilan dari sejumlah BUMN di Gorontalo. Acara juga disaksikan oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa Survey dan Konsultan II Kementerian BUMN, Wien Irwanto dan Direktur Bank BTN Budi Satria. Penentuan lokasi upacara di Meseum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno dilatarbelakangi oleh sejarah kedatangan Presiden RI pertama Ir Soekarno di Provinsi Gorontalo untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indnesia. “Dengan menjadikan museum ini sebagai tempat upacara, kami mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk menjunjung tingggi NKRI, mengenang dan mengapresiasi perjuangan para pahlawan Gorontalo menjaga kemerdekaan RI,” kata Maryono di Desa Iluta, Gorontalo, Kamis (17/8). yun/E-6

Rumah Kreatif BUMN

Dalam pidatonya saat Upacara Bendera, Maryono memberikan pesan khusus mengenai HUT Kemerdekaan RI 72 mengenai peran Generasi Muda untuk menjaga kesatuan RI. Peran Generasi Muda sangat krusial di tengah arus informasi yang berkembang lewat media sosial. Didukung perkembangan teknologi informasi, peran media sosial bisa menjadi pisau bermata dua yang berpotensi memecah belah bangsa, dan sisi lain menjadi media untuk memperat toleransi dan saling menghormati. “Oleh karena itu generasi muda harus terus menggaungkan semangat bahwa kita Indonesia, kita ini Pancasila, ” kata Maryono.

Sementara itu dalam mendukung pemerintah untuk membangun daerah yang belum berkembang diwujudkan secara nyata oleh Bank BTN dalam program bantuan sosial. Pada kesempatan ini, Bank BTN menyerahkan bantuan berupa 6 unit perahu senilai Rp 100 juta ke Kadis UMKM Kabupaten Gorontalo Ayuba SG . Perahu tersebut diperuntukan bagi masyarakat sekitar danau Limboto.

Sementara di sektor pariwisata, Bank BTN juga menyerahkan bantuan rehabilitasi untuk 2 unit homestay atau rumah singgah di Desa Wisata Bahari Olele sebesar Rp 100 juta yang diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran.

Upacara Bendera yang digelar 17 Agustus 2017 merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Program BUMN Hadir untuk Negeri yang digelar Bank BTN di Provinsi Gorontalo. Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak April lalu, diantaranya Program Siswa mengenal Nusantara (SMN). SMN diikuti oleh 20 pelajar kelas XI SMAN, SMKN dan SLB yang terpilih untuk diberangkatkan dari Gorontalo tanggal 23 Juli 2017 ke Pontianak, dan kembali ke tanah kelahiran tanggal 1 Agustus 2017. Selain SMN, Bank BTN juga melakukan Bedah Rumah Veteran yang direalisasikan untuk 15 rumah veteran di Gorontalo serta acara jalan sehat dan pasar sembako murah di Taman Kota akhir pekan lalu.

Bank BTN secara konsisten mendukung Program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain program wajib tersebut, Bank BTN juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Adapun program tanggung jawab sosial BUMN yang telah Bank BTN laksanakan antara lain pendirian Rumah Kreatif BUMN di sejumlah provinsi di Indonesia , dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Borobudur, Jawa Tengah. yun/E-6

Tampilkan Semua

Rumah di Bogor Andalkan Nuansa Asri

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bogor menjadi salah satu kota favorit ‎untuk pengembangan hunian dengan beragan segmen, vertikal maupun landed house. Kawasan Bogor yang sejuk membuat masyarakat menjatuhkan pilihan pada Bogor sebagai tempat tinggal.  Kota...
Selengkapnya

Integrasi TOD, Peradaban Baru Kawasan Hunian

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pembangunan sistem transportasi massal diharapkan akan mampu mengubah kehidupan masyarakat Jakarta, dimana yang selama ini menggunakan sarana transportasi pribadi, berubah menggunakan sarana transportasi umum. Layaknya sebuah kota...
Selengkapnya

IPEX 2017, Komitmen untuk Sejuta Rumah

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
IPEX 2017 digelar sebagai salah satu langkah Bank BTN untuk memudahkan masyarakat memiliki rumah dalam rangka Program Satu Juta Rumah, peningkatan pangsa pasar KPR, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI   Jakarta, 11...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Akses Global Aman via Komputasi Awan

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya adopsi komputasi awan (cloud) secara masif baik oleh perusahaan perusahaan besar ataupun sekala UKM tidak lain karena kepercayaan pada keamanan dan juga kemampuan menghadirkan efisiensi biaya.

Berdasarkan penelitian Frost & Sullivan, Indonesia diperkirakan akan mengalami Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (Compound Annual Growth Rate /CAGR) sebesar 38,6 persen dari pertumbuhan pembelanjaan layanan cloud dari tahun 2016 hingga 2022. 

Beberapa layanan cloud yang menawarkan keamanan kelas tinggi adalah private cloud dan hybrid cloud.  “Cloud ini memungkinkan perusahaan melalui interkoneksi private untuk mengontrol infrastruktur, sambil memanfaatkan kemudahan dan fleksibilitas dari layanan cloud,’ ujar  CEO DCI Indonesia Toto Sugiri, dalam peluncuran kerjasama Equinix dengan DCI di Jakarta Senin (7/8).

Pelanggan cloud lokal kini dapat terhubung dengan cloud global melalui jaringan private. Melalui hasil kerjasama dengan DCI dan Equinix, pelanggan mendapatkan akses ke cloud global melalui sistem pertukaran (cloud exchange) yang aman dan handal secara cepat dan efisien. 

Cloud and Enterprise Business Group Lead for Microsoft Indonesia Yos Vincenzo, mengatakan, “Kerja sama Equinix dengan PT DCI Indonesia memberikan akses ke layanan cloud kami secara aman dan langsung, memungkinkan pelanggan enterprise kami untuk meraih manfaat dari layanan cloud, namun tetap menjaga data mereka tetap berada di Indonesia dan aman,” ujar dia.

Layanan DCI CloudConnect sendiri memiliki tiga tipe berbeda yakni CloudConnect Platinum, Gold dan Silver. Layanan ini dirancang untuk menyasar segmen pasar perusahaan kelas menengah  ke bawah, seperti para start up dan sejenisnya.  hay/E-6

Tampilkan Semua

Nonton Video Nyaman dengan Layar 6 Inci

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Nonton video berisi film, musik, dan konten lainnya kini telah menjadi kebiasaan pengguna perangkat mobile. Apalagi saat ini operator menyediakan bonus kuota untuk menonton konten aplikasi. Indosat misalnya menyediakan bonus data untuk...
Selengkapnya

Integrasi Digital untuk Layanan Logistik

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sektor logistik saat ini tumbuh sangat pesat. Daya beli yang meningkat dan maraknya belanja online, menjadi faktor pendorong utama meningkatkan sektor logistik. Di tengah meningkatnya arus logistik, kompetisi antar penyedia layanan juga...
Selengkapnya

Mesin Pintar untuk Pencari Kerja

Selasa 8/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan aplikasi berbasis algoritma, pelamar kerja tidak perlu aktif mencari informasi lowongan pekerjaan secara manual. Sebaliknya, pencari tenaga kerja kini juga bisa menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi. Dengan jumlah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Kembalinya “Si Anak Hilang”

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merek Volvo pernah begitu terlihat di jalanan negeri ini. Apalagi pada masa kekuasanaan “Orde Baru,” kendaraan para menteri jaman itu  dikenal karena seri Volvo 264 GL. Namun Volvo nyaris tidak pernah terdengar beberapa tahun ini.

Merek dengan symbol kimia untuk besi ini kini hadir kembali melalui APM, PT Garansindo Distributor Indonesia (GDI). Perusahaan ini berjanji membangkitkan merek asal Swedia yang lama tenggelam.

Chief Executive Officer Volvo Cars Indonesia Satya Saptaputra mengatakan, untuk kehadiran kembali di pasar tanah air Volvo menghadirkan model premium.

“Volvo sebagai ikon kendaraan premium di Indonesia masih melekat kuat dalam benak berbagai lapisan konsumen kendaraan nasional,” ujar dia pada cara Gaikindo International Motor Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Menurut Satya, meski sudah lama absen dari hingar binger industri otomotif nasional, namun Volvo masih meninggalkan goresan tinta emas sebagai merek kendaraan premium di Indonesia. “Garansindo menyambung sejarah itu," kata dia.

Pada GIIAS 2017 Volvo Cars mengusung rancang bangun dan teknologi kendaraan terkini, dengan menghadirkan empat model , yaitu New XC90, New S90,  New S60, dan New V40 Cross Country. Empat model ini diharapkan dapat mengusir kerinduan para pecinta mobil premium di Tanah Air terhadap kendaraan berkeselamatan tinggi ini.

Beberapa tahun terakhir Volvo Cars Group telah melakukan transformasi global. “Prestasi itu kini tak lagi sekadar jadi tontonan bagi konsumen Indonesia namun juga harus merasakan hasil tranformasi yang dilakukan,” ujar Wakil Presiden Volvo Car Group wilayah Asia Pasifik Jari Kohonen.

Menurut Khonen, model Volvo Cars yang dihadirkan merupakan definisi baru dalam kelas kemewahan serta kecantikan sempurna dalam tata desain mobil premium. Sebuah konsep baru berbagi platform yang disebut sebagai Scalable Product Architecture (SPA) juga telah dikembangkan dalam rangkaian produknya, di mana salah satu contohnya dapat dilihat pada penampilan S90 dan XC90 yang tampak bersaudara. 

Karena itu, baik S90 maupun XC90 terbaru muncul bagaikan sebuah maha karya pahatan. Ini bukan sebuah pernyataan yang dibuat sendiri, namun penghargaan dari berbagai institusi dan media internasional yang telah diraihnya.

Di sisi lain, performa tanpa kompromi juga menjadi keistimewaan baru yang sulit dikesampingkan dari Volvo Cars. Teknologi Drive-E yang dikembangkan Volvo Cars telah menghasilkan efek performa tinggi tanpa perlu mengonsumsi bahan bakar tinggi. Dan, itulah yang menjadikan alasan majalah Ward's Autoworld untuk memasukkan mesin T6 Drive-E sebagai salah satu dari 10 Mesin Terbaik 2016.

"Tentu saja peningkatan gengsi dan segala teknologi terbaru yang kini dimiliki pada keluarga Volvo Cars akan kami imbangi dalam bentuk pelayanan jual dan purnajual sempurna, tanpa kompromi," tegas Satya.

Garansindo telah menyiapkan showroom respresentatif berstatus 3S (Sales, Service, Spare Part) telah disiapkan di Jakarta dan akan dikembangkan ke kota-kota lain di Indonesia. 

Fasilitas layanan ini akan dibangun sesuai standard Volvo Cars Retail Experience (VRE) guna memberikan pengalaman premium Skandanavia yang otentik untuk para konsumen.  ‎hay/E-6

Tampilkan Semua

GIIAS 2017 Saatnya APM Kebut Penjualan

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gelaran world class auto show series, G aikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10-20 Agustus 2017. Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”. Pameran otomotif...
Selengkapnya

Moge AS Adopsi Mesin Baru

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bukan hanya pemeran kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua juga menampilkan produk premiumnya pada ajang bertema “Rise of the FutureMobility.”   Salah satu...
Selengkapnya

Mobil Konsep Listrik Futuristik

Rabu 9/8/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan tema 'Rise of the Future Mobility', pameran GIIAS 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City Tangerang Selatan, akan menampilkan mobil konsep masa depan. Mobil ini menarik dicermati karena biasanya akan menjelma...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Duo Milan Rebut Kemenangan

Selasa 22/8/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Dua tim raksasa Kota Milan, AC Milan dan Inter Milan, memulai musim baru Serie A 2017-2018 lewat kemenangan mudah 3-0, Senin (21/8) dini hari WIB.

AC Milan menurunkan tujuh pemain baru di starting line up mereka saat menang atas Crotone. Rossoneri mencetak semua gol mereka pada 30 menit pembuka laga lewat Franck Kessie, Patrick Cutrone, danSuso.

Mauro Icardi mencetak dua gol dalam 15 menit pertama untuk membuat Inter memimpin dan meraih kemenangan di kan­dang Fiorentina.

Pada laga lainnya, rekrutan baru AS Roma, Aleksandar Kolarov, mencetak gol dengan ten­dangan bebas untuk memberi kemenangan 1-0 di kandang Atalanta.

Usai laga pelatih Milan, Vincenzo Montel­la, memuji rasa lapar yang dimiliki lini serang tim asuhannya. “Sikap pemain sangat menye­nangkan saya. Mereka bermain dengan per­hatian dan intensitas,” ujar mantan striker tim nasional Italia itu.

Cutrone mengaku senang bisa mencetak gol pada pertandingan itu. Meski demikian dia memuji rekan setimnya, Suso. “Ini adalah perasaan yang hebat untuk mencetak gol pertama saya di Serie A,” sambungnya. ben/ Rtr/S-2

Tampilkan Semua

Neymar Terus Unjuk Gigi

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Neymar yang direkrut Paris St Germain (PSG) dengan rekor transfer dunia, mencetak dua gol pada laga keduanya di kandang klub barunya tersebut. Pemain asal Brasil itu berperan besar membawa timnya menang 6-2 atas Toulouse, Senin (21/8)....
Selengkapnya

Alonso Menangkan Chelsea

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON - Dua gol dari Marcos Alonso memberi Chelsea kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur dalam laga lajutan Liga Inggris yang digelar untuk pertama kalinya di Stadion Wembley, Minggu (20/8) waktu setempat. Dengan suasana bising...
Selengkapnya

Pemanasan Sempurna Muguruza

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
CINCINNATI - Unggulan keempat asal Spanyol, Garbine Muguruza, mempersiapkan dirinya dengan baik jelang Grand Slam Amerika Serikat Terbuka akhir bulan ini. Muguruza merebut gelar setelah mengalahkan Simona Halep 6-1, 6-0 pada final...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Politik Tanpa Prinsip

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Muhammad Najib

Sejarah India mencatat Mohandas Karamchand Gandhi (1869–1948) sebagai tokoh besar dan paling berpengaruh bagi India setelah Gautama. Sumbangsih Gandhi terhadap India sungguh luar biasa. Dia tokoh penentang penguasa Inggris, tanpa menggunakan kekerasan (ahimsa). Berkat langkah itu, menjadikan India terbebas dari belenggu penjajahan asing.

Mahatma Gandhi juga terkenal sebagai tokoh yang gandrung akan keadilan. Saat menjadi pengacara di Afrika Selatan, dia menemukan berbagai persoalan rasial pertama kalinya. Dalam perjalanan kereta api menuju Pretoria, Gandhi diminta meninggalkan kursi penumpang kelas satu meskipun telah membayar tiket.

Kondektur kereta yang berkulit putih dengan sinis mengatakan selain orang kulit putih, tidak diperkenankan menempati kursi kelas utama. Tetapi, Gandhi menolak dipindah dan bersikeras tetap di kursi. Sang kondektur lalu menurunkannya di sebuah stasiun kecil.

Berangkat dari persistiwa tersebut, membuatnya selalu berjuang untuk menegakkan keadilan. Dia selalu mencontohkan, manusia dapat melawan ketidakadilan, tanpa kekerasan (ahimsa). Gandhi yakin, dengan menolak bekerja sama dengan penguasa, oknum akhirnya akan menyadari kesalahannya dan kemudian menghentikan sikap tak adilnya.

Cara seperti itulah yang membuat penguasa Inggris “tidak betah” dan akhirnya terlempar dari India. Nah, berkat kegigihannya itu, dia dikenal banyak orang dan tak jarang juga ada yang mengapresiasi luar biasa. Bahkan, dia juga dinominasikan dalam Penghargaan Perdamaian Nobel.

Bagi Indonesia, sosok Gandhi mungkin tidak begitu langsung sumbangsihnya. Namun, dia termasuk tokoh yang berpengaruh di dunia versi Michael Hart, dalam Seratus Tokoh yang Berpengaruh di Dunia. Salah satu gagasan yang fenomenal Gandhi adalah “Tujuh Dosa Sosial” yang akan terjadi dan menimpa suatu negara. Sungguh ironis, “dosa” itu begitu kentara di Indonesia.

Bagaimana tidak. Pertama, kekayaan tanpa kerja. Akhir tahun 2016 silam, publik digegerkan perilaku Kanjeng Dimas Taat Pribadi karena dianggap mampu menggandakan uang. Tidak hanya itu, kekayaan tanpa kerja pun sudah mengakar di benak bangsa ini. Kasus megaskandal korupsi yang memunculkan rekening gendut. Kasus e-KTP yang menyeret elite penguasa merupakan bukti nyata dosa sosial yang menyayat hati dan merusak kesejahteraan bersama itu belum terenyahkan.

Kedua, politik tanpa prinsip. Dalam beberapa dekade belakangan, banyak pengamat mengatakan politik di negeri ini sudah kehilangan arah. Politik seolah hanya ajang untuk mendapat dan mempertahankan kekuasaan. Lebih parahnya lagi, politik dijadikan arena menjegal lawan dan menyandera orang maupun kelompok tertentu. Walhasil, kepentingan rakyat terabaikan.

Ketiga, kenikmatan tanpa nurani. Politik tanpa prinsip juga melahirkan kenikmatan tanpa nurani. Kita saksikan betapa masifnya hedonis dalam kalangan elite. Mereka “tertawa” di atas penderitaan jutaan masyarakat miskin. Program pengentasan kemiskinan dan pembangunan sekolah disunat. Dalam posisi inilah, kenikmatan tanpa nurani bermain. Ini sungguh menyakitkan.

Keempat, ilmu tanpa kemanusiaan. Sering kali orang mempelajari ilmu tanpa memperhatikan aspek kemanusiaan. Mereka mempelajari disiplin ilmu tertentu untuk merusak lingkungan, bahkan melemahkan kekuatan lawan. Tentu tidak asing dengan istilah aktor intelektual dalam sebuah kasus. Istilah ini juga pernah dilontarkan Novel Baswedan, di balik penyiraman air keras, ada aktor intelektual bermain.

Kelima, mengetahui sesuatu, tetapi buta integritas. Hal ini sangat relevan dengan kondisi Indonesia kini. Banyak orang pintar tanpa integritas pribadi. Mereka merusak tatanan moral seperti membobol bank, membuat trik-trik kartu ATM palsu, bahkan lebih ironis lagi. Karena pengetahuan agamanya “kaffah” ia menjadi pemimpin agama akan, tetapi menjual pengetahuan agamanya untuk mendapat pundi-pundi uang dan kekuasaan. Begitu juga dengan para pakar hukum yang ujung-ujungnya menipu keadilan.

Keenam, bisnis tanpa moralitas. Banyaknya penggelapan pajak dan menyogok pentolan negara untuk melancarkan bisnis. Padahal, aspek ekonomi sangat urgen untuk membangun dalam rangka menyejahterakan rakyat. Maka selama aspek tersebut dihuni para “tikus” selama itu pula rakyat Indonesia akan sengasara.

Ketujuh, ibadah tanpa pengorbanan. Indonesia terkenal sebagai negara yang penduduknya mengaku taat beragama. Namun, itu hanya kulitnya. Kelakuannya sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai spiritual. Malah bisa dikatakan menimpang dari nilai-nilai yang diajarkan agama.

Ritual/ibadah hanya dijadikan sebuah kewajiban. Maka tak heran banyak orang ahli ibadah, tapi masih suka menghitung untung rugi dari ritual tersebut. Padahal, jalan menuju Tuhan adalah pengorbanan.

Revolusi Mental

Hampir segala lini kehidupan berbangsa dan bernegara tak luput dari ketujuh dosa tersebut. Tepatlah tujuh dosa besar gagasan Gandhi tadi tepat melanda Indonesia. Namun, bukan berarti negeri ini tidak mempunyai kesempatan berbenah. Semua masih bisa diperbaiki. Syaratnya, mulai dari presiden, menteri-menteri, DPR, hingga tukang becak harus bersatu padu melakukan perubahan.

Tanpa ada upaya, kesadaran, dan gerakan semesta, perubahan tujuh dosa sosial ala Gandhi akan terus terjadi. Puncaknya, negeri ini akan tinggal kenangan. Bayangkan saja ketika manusia sudah memegang prinsip “kaya tak harus usaha keras” mereka cukup menipu, menyelewengkan dana umat, dan lain sebagainya. Ini akan memunculkan gejolak sosial. Pada saat itulah kehancuran akan nyata.

Dalam kondisi dan posisi inilah, revolusi mental gagasan Presiden Joko Widodo mempunyai tempat yang tepat. Aktualisasinya tidak bisa ditunda lagi. Sebab, tujuh dosa sosial itu hanya bisa disembuhkan dengan revolusi mental. Ini sebuah perubahan cara berpikir yang lebih mengedepankan kepentingan bersama.

Setiap individu menjadi agen perubahan ke arah perbaikan. Semua harus menebar perdamaian, menghargai proses, mengelola perbedaan, menginspirasi, serta berperilaku postif. Itulah buah-buah revolusi mental. 

Penulis Dosen Stebank Islam Mr Sjafruddin Prawiranegara Jakarta

Tampilkan Semua

Ganjil-Genap di Tol

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana menerapkan sistem pelat nomor kendaraan ganjil-genap untuk membatasi kepadatan lalu-lintas di Tol Jakarta-Cikampek. Sistem ganjil-genap ini akan diterapkan pada jam kerja pagi...
Selengkapnya

Sastrawan Muda Membedah Korupsi Kepala Daerah

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Puisi Menolak Korupsi 6: Membedah Korupsi Kepala Daerah Kurator : Sosiawan Leak Penerbit : Elmatera Cetakan : Juni, 2017 Tebal : 184 ISBN : 978-602-6549-17-4 Indonesia merupakan negara yang bisa berdemokrasi dengan baik....
Selengkapnya

Bendera Merah Putih Terbalik di Malaysia

Senin 21/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Malaysia selama ini sering melecehkan dan menghina masyarakat Indonesia. Sikap mereka kerap kali tidak menghormati dan cenderung merendahkan dalam banyak hal. Ini juga kelemahan pemerintah Indonesia karena tidak pernah berani tegas dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Jerry Lewis, Komedian Legendaris Itu Tutup Usia

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktor sekaligus komedian Jerry Lewis meninggal dunia dalam usia 91 tahun. “Komedian terkenal, aktor, dan penghibur legendaris Jerry Lewis meninggal dunia dengan damai hari ini karena sebab alamiah pada usia 91 tahun di rumahnya di Las Vegas di sisi keluarganya," umum keluarga besar Lewis.

Juru bicaranya, Candi Cazau, menyebutkan via wawancara telepon bahwa sang komedian menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat. Lewis terkenal berkat perannya sebagai si dungu yang bermitra dengan si sopan yang diperankan Dean Martin serta menjadi komik ikonik Prancis. Suatu kali dia pernah berkata bahwa "saya mencetak sukses besar karena menjadi si dungu total".

Lewis sudah berusia 87 tahun ketika film terakhirnya, "Max Rose," rilis pada 2013, yang memerankan pianis jazz yang mempertanyakan pernikahannya setelah mendapati kenyataan istrinya ternyata tidak setia.

Lewis menjadi bintang pada awal 1950-an sebagai mitra Martin baik di panggung, televisi maupun 16 film layar lebar. Pada puncak kejayaannya, mereka pernah sepopuler Frank Sinatra dan The Beatles.

Kemitraan mereka berakhir karena perselisihan hebat dan Lewis membintangi film-film komedinya sendiri. Pribadi Lewis dalam film, termasuk karakter yang dia ciptakan saat bermitra dengan Martin, berubah-ubah dari film ke film, termasuk memerankan karakter pembadut. Dia sudah membintangi lebih dari 45 film selama lima dekade berkarier. Rtr/S-2

Tampilkan Semua

Anindya Putri Isi Kemerdekaan dengan Tanggung Jawab

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika banyak orang mengartikan kemerdekaan dengan kebebasan, maka Anindya Putri memaknainya dengan sikap tanggung jawab. Tidak hanya puas dengan kata merdeka saja, namun Putri Indonesia 2015 ini merasa bahwa sebagai bangsa Indonesia harus...
Selengkapnya

Konser Aku Indonesia Suarakan Persatuan dan Kebinekaan

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Konser musik bertajuk Aku In­donesia sukses digelar di Au­ditorium TVRI Pusat, Jakarta, Minggu (20/8). Menariknya, di event menyambut HUT ke-72 Kemer­dekaan Indonesia itu sangat kental bernuansa etnik. Dari sekitar 200 artis...
Selengkapnya

Ajang Seleksi Inspiratif Desainer Muda

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ORBIT mencari desainer muda mumpuni yang inovatif dalam berkarya untuk menjadi bagian dalam mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf ) Indonesia yang sebelumnya menggulirkan program...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Festival Lampion, Pertukaran Budaya Indonesia-Tiongkok

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Warga Tangerang, Jakarta dan sekitarnya mulai 18 Agustus 2017 bisa menyaksikan Festival Lampion atau Indonesia Lantern Festival (ILF) 2017 di Maze Market, Cikokol, Tangerang.

Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono mengatakan festival lampion merupakan bentuk pertukaran budaya Tiongkok - Indonesia yang dilakukan secara business-to-business.

Pertukaran budaya dapat membantu meningkatkan hubungan antara kedua negara, seperti yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo. .Hubungan dagang Indonesia-Tiongkok sudah terjadi sejak lama, paling tidak pada abad ke 15 pedagang muslim Tiongkok telah mennginjakkan kaki di Jawa Tengah dan di Palembang. Budaya lampion yang dimulai saat Dinasti Han Timur sekitar 2,000 tahunan yang lalu pun juga sudah menjadi tradisi di Indonesia, khususnya di Solo, Semarang, dan Jepara,” kata Diaz, kemarin.

Diaz berharap pameran lampion tersebut dapat berkontribusi kepada ekonomi secara umum, dan secara khusus dapat menggairahkan industri lampion lokal seperti yang ada di Jawa Tengah. Secara filosofis, ia menjelaskan bahwa pada dasarnya lampion adalah sinar.

Sementara itu, Direktur Maze Market Rudi Salim dan Direktur Zigong Lantern Group Huang Dechun berterima kasih kepada semua pihak termasuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang telah membantu terselenggaranya pameran tersebut. ro/P-5

Tampilkan Semua

Penerapan di Tol Cikampek-Jakarta Dinilai Tidak Tepat

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEKASI- Kepala Unit Patroli Jalan Raya Tol Jakarta-Cikampek Kompol Deni Setiawan menilai wacana penerapan pembatasan kendaraan dalam tol dengan mekanisme plat nomor ganjil - genap tidak tepat. “Buat saya tidak tepat. Terlalu...
Selengkapnya

Pelanggar Trotoar Dikenakan Tipiring

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemprov DKI Jakarta bakal mencabut BPJS atau KJP bagi warga Jakarta yang melakukan pelanggaran tertib trotoar dua kali. JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengenakan pasal tindak pidana (tipiring) kepada penyerobot...
Selengkapnya

Menciptakan Trotoar Ramah Bagi Pejalan Kaki

Selasa 22/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan bulan Agustus, sebagai bulan tertib trotoar. Hal ini dilakukan karena semakin banyak sepeda motor yang melintasi trotoar. Tidak sedikit juga, pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Usut Tuntas dan Hukum Pemilik First Travel”

Selasa 22/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Polisi tengah mengusut kasus dugaan penipuan yang dilakukan bos PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel), Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Setelah sebelumnya Kementerian Agama mencabut izin operasional PT First Travel (FT) sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Umrah (PPIU).

 

Bagaimana selanjutnya pengelolaan penyelenggaraan ibadah umrah secara umum setelah pelajaran berharga dari kasus First Travel ini? Berikut wawancara dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Sikap Anda terkait pengusutan pihak kepolisian terhadap First Travel?

Saya dukung penuh Polri untuk mengusut tuntas kasus First Travel. Pemilik FT harus bertanggung jawab dan tak boleh lepas tangan atau melemparkan tanggung jawabnya ke pihak lain. Kasus ini harus segera dibawa ke pengadilan agar hukum bekerja secara adil dalam menyelesaikan masalah ini.

Imbauan kepada calon jemaah umrah seperti apa?

Melalui putusan hukum atas kasus ini, saya berharap keadilan ditegakkan. Kasus FT ini juga bisa menjadi pelajaran berharga bagi para calon jemaah umrah untuk senantiasa cermat, teliti, dan kritis dalam memilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) atau biro travel umrah. PPIU juga agar benar-benar amanah dalam melayani jemaah melakukan perjalanan ibadah ke Baitullah.

Sanksi dari Kemenag sendiri seperti apa?

Kementerian Agama secara resmi telah menjatuhkan sanksi administratif pencabutan izin operasional PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Sanksi itu ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 589 Tahun 2017 per tanggal 1 Agustus 2017.

Evaluasi secara umum penyelenggaraan ibadah umrah bagaimana?

Kementerian Agama sedang mengkaji dan mendalami, plus-minus manfaat mudarat dari perlu tidaknya batas minimal biaya umrah. Aturan itu nantinya diharapkan dapat menjadi acuan bagi para agensi perjalanan.

Selama ini aturan mengenai pembiayaan umrah memang seperti apa?

Selama ini aturan itu sebenarnya sudah ada, hanya dalam bentuk batas minimal layanan, bukan batas biaya minimal. Jadi, selama ini yang sudah diterapkan adalah batas minimal pelayanan yang harus diterima oleh jemaah. Itu sudah ditetapkan, misalnya hotelnya seperti apa, pesawatnya seperti apa, dan lain lain. citra larasati/ AR-3

Tampilkan Semua

“Perangkat Pencegahan Sudah Komplit”

Jumat 18/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Pamekasan dalam kasus dugaan suap dana desa memang cukup menyita perhatian publik. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sendiri merasa masygul dengan kasus yang terjadi di...
Selengkapnya

KPU Siapkan Beberapa Opsi untuk Kotak Suara Pemilu

Rabu 16/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pada 2019, untuk pertama kalinya bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi serentak yang menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden satu waktu. Tentu itu membutuhkan persiapan matang.   Salah satu yang ramai...
Selengkapnya

“Kita Maunya Tidak Perlu Impor Garam Lagi”

Jumat 11/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Melalui koordinasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan BUMN, PT Garam, pemerintah memutuskan untuk mengimpor garam guna industri makanan sejumlah 75 ribu ton.   Garam tersebut akan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

17-08-17: Angka Cantik

Sabtu 19/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Tanggal 17 bulan Agustus tahun 1945 adalah hari keramat. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahun diperingati secara resmi, maupun yang dirayakan, hampir, semua lapisan masyarakat.

Yang kedua ini lebih terasakan, lebih membumi, lebih menandai kebebasan, lebih menunjukkan nilai kemerdekaan. Barang kali hanya di negeri ini peringatan kemerdekaan negerinya yang dirayakan secara luas— sangat luas dan menyeluruh.

Selain upacara resmi, termasuk di setiap kantor kelurahan, di kampung, di beberapa lapangan terbuka,-- juga di gereja dan rumah ibadah, perayaan sudah dimulai pada malam sebelumnya, dengan tugur—berjaga semalaman, dan atau tirakat—

berdoa sekaligus tidak makan atau minum, ada pula yang tidak menekuk lutut alias tidak duduk, yang dilakukan secara bersama-sama. Dan tentu saja kegembiraan yang sekali lagi ditandai dengan bebas dan merdeka dalam berbagai lomba. Baik yang klasik :

lomba makan kerupuk ( kini ada modifikasinya dengan jongkok), lomba memasukkan pensil ke dalam botol dengan “pantat”, lomba membawa kelereng dalam sendok, sampai yang benar-benar berbau olah raga. Pertandingan sepak bola dengan pemain menggenakan daster. (Kini ada modifikasi “sepak bola bebek”.

Campuran antara balap karung yang dipakai pemain, dan bolanya adalah bebek yang digiring ke gawang lawan). Kalau didaftar jumlah dan jenisnya makin lama makin banyak. Kini, disebut dengan angka cantik: 17-08- 17. Angka “ajaib” yang biasa digunakan untuk memberi makna menarik.

(Dulu ada judul-judul menggunakan angka, misalnya : 7 Hari Mencari Cinta, atau Langsing dalam 2 Hari.) Penekanan menjadi “angka cantik” hidup di kalangan anak muda, yang memiliki ekspresi bebas dan merdeka dengan idiomnya.

Dan sesungguhnya, saya ingin mencatat bahwa kali ini, angka cantik itu terasakan getarnya secara keseluruhan. Kemerdekaan Republik Indonesia bukan hanya dirayakan dan dirasakan maknanya di gapura-gapura jalanan, atau kantor resmi, atau Lembaga Pemasyarakatan.

(Dalam hal ini karena napi yang berkelakuan baik mendapat remisi tergantung berapa lama ditahan, dan berlaku untuk semuanya: yang beragama Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan semua kasus, kecuali ada pengecualian tertentu).

Kali ini saya melihat sendiri di berbagai sudut di mana “pesta kemerdekaan” dirayakan. Bahkan, jauh hari ketika di meme media sosial memeriahkan dengan jenaka. Salah satu dialog pembeli yang menawar harga umbul-umbul atau bendera, dan dijawab penjual:

NKRI harga mati. Juga kaos-kaos bertulisan “NKRI dead price”, yang di balik kelucuan tergambarkan semangat merayakan dan mensyukuri tanggal keramat: 17 Agustus. Saya adalah generasi yang dibesarkan dengan upacara dan kemeriahan pawai 17 Agustus, atau dikenal sebagai rangkaian “Agustusan”.

Kini, saya tertular aura yang milenial, yang kiwari, justru dalam arti di mana busana daerah dikenakan dengan segala kebesarannya. Ekspresi demi ekspresi, dan keberagaman yang terpamerkan secara visual.

17 Agustus cantik adalah kebebasan adalah kemerdekaan adalah keberagaman yang lebih luas dan lebih kaya lebih dari luas Tanah Air—karena ada seragam negeri manca yang terlihatkan, dan semua dengan wajah-wajah dan bahasa tubuh penuh kegembiraan, penuh rasa syukur. Kebesaran negeri ini tergambarkan penuh. Saya, sungguh, trenyuh sekaligus bangga.

Tampilkan Semua

Wimboh Santoso

Sabtu 19/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada akhir 2011 dalam upaya reformasi sektor keuangan, pemerintah dan DPR sepakat mendirikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga ini dibentuk agar krisis 1998 tidak terulang. OJK mengawasi uang triliuan rupiah yang bergerak di sektor...
Selengkapnya

Film Plastik Pencegah Bakteri pada Makanan

Sabtu 19/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah riset yang dikembangkan ilmuwan di University Of California, Amerika Serikat ini, berhasil mengembangkan film plastik yang dirancang secara khusus. Fungsinya, dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri di industri makanan dan...
Selengkapnya

Deteksi Kontaminan Makanan via Ponsel Pintar

Sabtu 19/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Periset telah menemukan cara baru untuk menguji kontaminan bakteri pada makanan. Hasil pengujiannya sendiri bisa dilihat dengan mata telanjang atau dengan smartphone atau ponsel pintar. Patogen bawaan makanan Escherichia coli O157...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta