Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 5 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Dubes Nepal Untuk Indonesia Tunjuk Konsul Jenderal

Sabtu 6/2/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo telah menerima Surat Kepercayaan dari 13 Duta Besar Luar Biasa (LBBP). Penyerahan ini menandai dimulainya penugasan resmi para dubes di Indonesia. Duta Besar Republik Demokratik Federal Nepal untuk Republik Indonesia, Niranjan Man Singh Basnyat mengatakan, tugas pertama yang dilakukan yaitu mengangkat Konsul Jenderal di Indonesia. Konsul tersebut bertanggungjawab untuk memfasilitasi masalah perdagangan, pendidikan serta memfasilitasi masyarakat Nepal yang ada di Indonesia.

“Berdasarkan kesepakatan Wina (Konvensi Wina tahun 1963), bahwa negara yang tidak memiliki Duta Besar maka mereka boleh menunjuk Konsul untuk negaranya. Dia akan bertanggungjawab untuk memfasilitasi kunjungan antar kedua negara, baik dari Indonesia ke Nepal maupun sebaliknya,” kata Niranjan di Jakarta, Jumat (5/2).

Niranjan menjelaskan, seorang Konsul Jenderal tidak akan mendapat gaji dari negara Nepal. Tetapi dia akan mewakili Nepal dari berbagai hal termasuk untuk hubungan diplomatik. Kemudian, ada juga suatu keuntungan bagi seorang Konsul yaitu dia bisa berada di komunitas diplomat Jakarta dan juga mempunyai perlindungan sebagai seorang diplomat, serta menggunakan plat nomor diplomat.

“Konsul memiliki tanggungjawab penuh dan bertugas seperti kedutaan besar. Pada dasarnya tanggungjawabnya sama dengan duta besar atau diplomat dari negara Nepal,” kata Niranjan. uci/AR-3

Presiden Ingin Sampah Diolah Jadi Energi Listrik

Sabtu 6/2/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik yang memiliki beberapa manfaat. Salahsatunya menjadi solusi bagi penumpukan sampah di kota-kota besar yang padat penduduknya.

“Manfaat lain yang didapat adalah tersedianya sumber energi listrik baru … Selengkapnya

Pengadaan Barang Jangan Numpuk di Akhir Tahun

Sabtu 6/2/2016 | 06:03
A   A   A   Pengaturan Font

Berkaca pada penyerapan anggaran tahun 2015 yang mengecewakan, Kemendagri pacu penyerapan anggaran tahun ini lebih maksimal.

Jakarta – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo meminta agar proses pengadaan barang dan jasa dipercepat. Sehingga, penyerapan anggaran bisa lebih optimal. Jangan sampai kemudian, … Selengkapnya

LBH APIK Laporkan Masinton ke MKD

Rabu 3/2/2016 | 09:15
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan melaporkan anggota Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu ke Mahkamah Kehormatan Dewan karena diduga melakukan pelanggaran etik, atas dugaan pemukulan terhadap stafnya, Dita Aditia Ismawati.

“Sesuai dengan peluang menindak anggota DPR … Selengkapnya

mondial

Infrastruktur Transportasi Tiongkok Bersiap Hadapi Lonjakan Pemudik

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Terhitung sejak 24 Januari lalu, arus mudik di Tiongkok sudah mulai terasa. Ratusan juta warga Tiongkok bergerak menuju kampung halaman masing-masing dari perantauan mereka di kota-kota besar dan tak sabar untuk segera tiba untuk berkumpul bersama sanak keluarga mereka untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 8 Februari lusa.

Dilansir dari kantor berita Xinhua pada Kamis (4/2) lalu, selama periode 40 hari arus mudik dan balik diperkirakan ada lebih dari 2,9 milyar kali trayek perjalanan. Angka itu setara dengan kapasitas layanan Bandara Heathrow di Inggris untuk periode waktu 40 tahun jika dihitung dari jumlah penumpang yang ada pada tahun lalu.

Dari angka trayek yang amat fantastis terbagai dalam 332 juta perjalanan lewat moda transportasi kereta, 2,48 milyar perjalanan mempergunakan sarana jalan raya, 42,8 juta perjalanan dengan moda kapal laut, serta 54,55 juta perjalanan dengan moda pesawat udara.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik, Kementerian Transportasi Tiongkok akan mengerahkan 6.284 rangkaian kereta dan 2,6 juta trayek pulang pergi bus antarkota setiap harinya. Sementara itu 520 ribu trayek perjalanan udara serta 20 ribu trayek perjalanan laut dipersiapkan selama periode 40 hari.

Untuk melayani arus mudik dan balik, pihak pemerintah Tiongkok dikabarkan juga akan mengintensifkan daya angkut kereta supercepat mereka. China Railway Corporation (CRC), operator kereta supercepat Tiongkok menyatakan mereka akan meningkatkan kapasitas angkutnya sekitar 14,5 persen dari kapasitas tahun lalu dengan menambah 3,488 unit gerbong.

Para pemudik di Tiongkok pun selain bisa sampai ke tujuan mereka dalam tempo waktu yang lebih singkat, juga ditawari ongkos yang lebih murah untuk setiap perjalanan mereka selama arus mudik dan balik Imlek. Jaringan layanan perjalanan kereta supercepat pun tahun ini telah lebih banyak dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Bagi pekerja seperti saya yang hanya bisa mendapat gaji pertahun sebanyak 60 ribu yuan, lebih baik naik kereta supercepat ini. Tiketnya hanya 200-an yuan dan itu amat terjangkau,” kata pekerja migran bernama Zhu Chuanlai, 53 tahun asal Jinan, Shandong, yang hendak mudik ke Shucheng, Anhui.

Tujuan Wisata
Selain infrastruktur transportasi, industri wisata juga bersiap untuk menyambut hiruk pikuk para pelancong yang ingin berwisata saat musim liburan perayaan Imlek tahun ini. Ada 174 jalan raya, 27 taman kota dan pusat turisme, dan 28 area bisnis di pusat bisnis yang akan dihiasi dengan 62 ribu lampion untuk memeriahkan perayaan Imlek.

Sementara itu menurut sebuah survei yang dilakukan China Youth Daily pada Jumat (6/2) telah mengungkapkan perubahan sosial yang amat mencengangkan yang terjadi di kalangan generasi muda di Tiongkok terkait rencana mengisi liburan Tahun Baru Imlek tahun ini.

Dari hasil survei itu didapati fakta bahwa ada lebih dari setengah populasi generasi muda Tiongkok yang merencanakan perjalanan saat liburan perayaan Imlek dan sebagian besar ingin pergi keluar negeri, dibandingkan mereka merayakan tradisi pergantian tahun bersama sanak keluarga mereka.

Para responden warga Tiongkok yang disurvei, menurut China Youth Daily berusia antara 26 hingga 46 tahun.

Data yang diperoleh China Youth Daily menyebut 51,2 persen dari 2.004 responden generasi muda yang menyatakan ingin pergi berwisata selama libur panjang jelang Imlek yang dimulai sejak 7 Februari lalu, dan hanya 26,9 persen saja yang ingin merayakan malam pergantian tahun bersama keluarga di rumah masing-masing. Sisa responden lainnya malah tak memberikan jawaban apapun.

Diperoleh data juga dari angka tertinggi diatas bahwa 40 persen dari mereka ingin pergi ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand, yang merupakan tujuan wisata favorit mereka. Negara tujuan lainnya adalah Taiwan, Hong Kong, Amerika Serikat, dan Prancis.

Berdasar isian angket survei disebutkan banyak responden akan mengambil kesempatan musim liburan yang amat panjang ini untuk bersantai daripada mesti repot-repot mempersiapkan tradisi perayaan Imlek. Xinhua/I-1

Mengenal Mekanisme Demokrasi di Amerika

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pesta demokrasi di Amerika Serikat (AS) sudah dimulai. Para bakal calon presiden sudah berstrategi agar bisa memenangkan dukungan terbanyak. Jika tidak ada aral melintang, pemilu presiden AS akan dilaksanakan pada 8 November nanti.

Dalam sistem pemerintahan AS, proses pemilihan presiden … Selengkapnya

Pulihnya Angka Kelahiran Jepang Diragukan

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Pulihnya angka kelahiran di Jepang sejak 2005 dianggap sebagai permainan kata-kata statistik yang tidak mencerminkan peningkatan fundamental dalam proses melahirkan. Hal yang memprihatinkan itu diungkap sebuah lembaga demografi terkemuka Jepang seperti dilansir Financial Times edisi Kamis (4/2) lalu.

Selengkapnya

Prancis Sidik Penyogokan Najib

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, kembali diterpa kasus hukum. Kali ini pihak jaksa penuntut asal Prancis menyidik keterlibatan Najib atas tuduhan menerima sogokan saat ia masih menjabat sebagai Menhan Malaysia.

PARIS – Pihak jaksa penuntut Prancis diwartakan Financial Times (FT) … Selengkapnya

ekonomi

Menyukai Tantangan Baru

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Heri mengaku lebih setia kepada pekerjaan daripada jabatan

Pandangannya jauh menerawang ke arah Sirkuit Sentul Bogor. Sementara kabut masih menyelimuti bukit-bukit di sekitar Hotel Lorin Sentul. Dialah   Heri Heryosa SE,CMAP,MM, Direktur PT.LOR International Hotel, perusahaan  yang bergerak di bidang Hotels & Resorts Management, tengah mencari inspirasi untuk menyelesaikan berbagai hal dari 11 hotel yang dikelolanya.

Heri yang selalu berpenampilan dandy tersebut memang tipe pimpinan yang selalu menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas. Sebanyak  11 hotel kini berada di bawah pengawasannya. Sebut saja Lorin Solo Hotel, Syariah Hotel Solo, Lodging Hotel Solo, D’wangsa HAP Solo, Loji Hotel Solo, Lorin New Kuta Hotel Bali, Lorin Belitung Hotel, Lorin Sentul Hotel Bogor, Lorin D’wangsa Hotel Solo, Amantis Hotel Demak dan Noormans Hotel Semarang.

Menurut Heri, semua hotel tersebut memiliki persoalan yang khas, sangat tergantung dari daerah dimana hotel berada. Pria yang setiap saat harus berkeliling ke semua hotel yang dipimpinnya itu mengungkapkan bahwa keberhasilannya mengatasi berbagai masalah  yang muncul adalah karena kesabaran dan kecermatan dalam menghitung situasi.

Menyesuaikan Lingkungan

Ia mencontohkan bagaimana saat mengelola Amantis Hotel Demak. “Kota Demak dikenal sebagai kota wali. Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mengelola hotel.  

Keberadaan hotel di kota tersebut memang jauh dari pengujung. Tamu lebih senang ke Semarang, sebab lingkungan hotel memang lebih mengarah ke nuansa agamis. Heri cepat bertindak untuk menaikkan tingkat hunian. “Caranya saya kerjasama dengan pihak pemda setempat, kita harus mengerti di sana tempat hiburan terbatas, yang ada justru wisata ziarah ke tempat wali. Maka kita buat wisata ziarah,”katanya.

Dengan tempat yang dinilai paling representatif di sana, maka banyak kegiatan rapat, pernikahan resepsi lainnya yang memakai hotel tersebut. “Sekarang ini tingkat hunian sudah tinggi dan berjalan lancar,”ungkap Heri.

Sebelum bergabung dengan Lorin, pria kelahiran Cirebon ini  tengah asyik dengan jabatan General Manager FX Sudirman Jakarta, sebuah tempat yang dikonsepkan untuk tempat makan dan minum.

Tempat ini juga menjadi ajang pemuas tantangan Heri. “Saya lihat suasana gedungnya suram, sekitarnya semrawut, banyak preman, orang males mampir,” katanya.

Konsep oleh Heri dirubah dengan melengkapi semua kebutuhan penghuni apartemen. Ada resto, salon, tempat belanja, bank, bioskop dan yang lainnya. “Jadi penghuni apartemen tidak usah kemana-mana, tinggal turun saja dan semua tersedia,” jelasnya.

Lingkungan juga diperbaiki, yang tadinya dipenuhi oleh pedagang kaki lima, menjadi bersih dan berkelas.

Apartemen yang dijual tadinya kurang peminat, oleh Heri dirubah menjadi sistem sewa kamar. Orang bisa sewa sehari, seminggu atau sebulan. “Dengan tinggal di apartemen, mulanya sewa, karena tertarik, akhirnya beli,”katanya.  Bagian lain gedung dibuat menjadi hotel. Segera saja FX diserbu pembeli hingga laris manis.

Situasi ini membuat Heri kehilangan tantangan. Dia mengaku jenuh. “Saya orang yang tidak loyal pada jabatan, tapi pada pekerjaan,” ungkapnya. Jadi kalau pekerjaan sudah selesai, dia segera mencari tantangan baru.

Disaat galau itulah Heri lalu bertemu dengan pihak Lorin  yang sedang  mengadakan pertemuan di FX, dimana hadir sejumlah petinggi Lorin. “Saya kenal salah satunya, lalu kami ngobrol yang akhirnya datang penawaran untuk mengelola Lorin Sentul,” katanya.

Ambil Tantangan

Tawaran tidak diterima begitu saja, karena banyak masukan mengenai hotel yang berada di area sirkuit tersebut. “Setelah saya cek dan yakin,maka saya terima tawaran tersebut, padahal hampir semua yang kenal saya mengatakan saya bunuh diri kalau ambil jabatan general manager di hotel tersebut,” ungkap Heri.

Namun karena merasa ingin mengatasi tantangan tersebut, pada Juni 2011, Heri bergabung dengan Lorin.

Kenyataannya memang tidak jauh dari masukan yang didapat. Saat melihat Lorin Sentul dirinya mendapat tantangan besar. Suasana hotel suram, parkir dan kolam renang belum jadi. “Tamunya juga tidak jelas. Kalau hotelnya ada di kota Bogor, tamunya jelas, Jakarta, tamunya jelas, nah kalau Sentul dimana, kendaraan umum susah lewat,” katanya.

Heri lalu mengadakan analisa, ada akses keluar tol Jagorawi langsung ke sirkuit Sentul, berarti pasarnya orang-orang yang punya kendaraan pribadi. Daerah itu  juga masuk dalam  kawasan terpadu,  ada  sirkuit balap, padang golf dan gokart.

Lalu kawasan industri dimana  pabrik semen, mebel, perumahan elit,  yang  menarik lagi masuk daerah Jabar,  jadi banyak orang yang suka mengadakan rapat, berarti mengarah ke MICE, ke pemerintahan karena lokasi luar kota.

Hal lain adanya pemandangan yang indah gunung Pancar dan  Hambalang. Semakin membuka peluang dengan adanya  Pusat Nasional Anti Terorisme serta beberapa lembaga asing. “Posisi hotel ini juga sangat menentukan, di Sentul saat itu kita masih sendiri,  tidak ada kompetitor,” kata Heri.

Di atas itu semua Heri meyakini akan  nama besar dari pemilik seperti Tinton Soeprapto, Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto. “ Siapa yang tidak kenal mereka, ini saya jadikan  dari strategi marketing,” jelasnya lagi.

Manfaatkan Macet

Heri lalu menetapkan konsep business and leisure. Ini karena melihat situasi dimana  kalau Puncak macet orang  pasti ke Sentul.

Perubahan segera dilakukan, hotel dibuat bersinar dengan mengganti cat, lalu memperbaiki manajemen. Sasaran konsumen diperjelas, Heri mencari rekanan kerja seperti pemda, perusahaan-perusahaan yang ada di area Sentul dan komunitas-komunitas untuk hadir dan tahu dulu bahwa di Sentul ada hotel yang berkelas.

Dirinya tidak mengejar tamu yang walk in atau datang mendadak. ars/E-7

Aksi Beli Mulai Marak

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung menguat selama sepekan. Aksi beli marak dilakukan investor asing. Tercatat selama lima hari perdagangan, investor asing melakukan beli bersih 2,73 triliun rupiah.

Pada perdagangan awal pekan, Senin (1/2), IHSG sudah menguat 0,21 … Selengkapnya

Didorong Sentimen Internal

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore, bergerak menguat sebesar 198 poin menjadi 13.603 rupiah per dollar AS. Penguatan ditengarai akibat respons terhadap kinerja pertumbuhan dalam negeri.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova … Selengkapnya

Angka Pengangguran Berpotensi Naik

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Langkah restrukturisasi bisnis sejumlah perusahaan di Indonesia, termasuk melalui PHK karyawan, berisiko mendorong tingkat pengangguran sehingga dapat menggerus konsumsi domestik.

JAKARTA – Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan dalih restrukturisasi bisnis di beberapa sektor industri, mulai dari elektronik hingga farmasi, … Selengkapnya

rona

Taylor Swift Siap Luncurkan “Game” Ponsel

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Taylor Swift artis dengan penjualan terbaik serta pemenang tujuh Grammy Awards akan bekerja sama eksklusif dengan Glu mobile dalam pengembangan sebuah game di ponsel. Kesepakatan itu diumumkan pertengahan pekan ini, menandai invasi pertama Swift di ranah game ponsel.

Laman Variety melansir game tersebut saat ini dijadwalkan untuk dirilis akhir 2016. Glu Mobile mengatakan mereka akan memberikan detil tambahan terkait perkembangan game tersebut serta keterlibatan Swift di kemudian hari.

“Kami sadar bahwa Taylor dan fan base globalnya berharap sebuah pengalaman game ponsel yang baru dan sangat berbeda,” kata CEO Glu Niccolo de Masi saat mengumumkan kesepakatan. “Glu sama berkomitmennya untuk mendisain elemenelemen permaianan game yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan memanfaatkan kreativitas Taylor yang unik. Oleh sebab itu, kami akan menghabiskan waktu pengembangan yang dibutuhkan guna memastikan inovasi ini terwujud.”

Swift memiliki pengikut di media sosial yang luar biasa banyak, termasuk 74 juta fans di Facebook, 70,4 juta follower di Twitter dan 64,8 juta di Instagram serta 18 juta di Vevo.

Pembuat game Glu Mobile sebelumnya telah merilis game-game top dengan Kim Kardashian dan Katy Perry. Perusahaan itu, bulan lalu, mengumumkan kesepakatan dengan bintang koki televisi Gordon Ramsay untuk mengembangkan game ponsel.

Game gratis yang dimotori bintang telah menjadi kesuksesan Glu; game berdasarkan selebritis pertamanya, “Kim Kardashian: Hollywood” menghasilkan 43 juta dolar Amerika Serikat pada tiga bulan pertamanya.

Swift telah menjual lebih dari 40 juta album dan lebih dari 130 juta lagu ter-download di seluruh dunia. Pada musim gugur tahun 2014, album kelimanya “1989”, memecahkan rekor dengan menjual 1,3 juta kopi pada minggu pertamanya. Dia telah dinominasikan tujuh kali di Grammy Awards tahun 2016 termasuk untuk album “1989”.

Saham Glu Mobile melonjak lebih dari 26 persen pada penjualan kesepakatan dengan Swift diumumkan.  Ant/S-1

Christine Hakim Bintangi Film “Silet di Belantara Digoel Papua”

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Biasanya, Christine Hakim sangat pemilih dalam menerima peran untuk sebuah film. Tema cerita tentunya menjadi patokan utamanya selama ini. Tahun ini, aktris peneriMa Lifetime Achievement SCTV Awards 2002 ini akan bermain untuk film bertajuk Silet di Belantara Digoel Papua, sebuah … Selengkapnya

Ponsel Selfie yang Makin Bertenaga

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Awal 2016 OPPO resmi meluncurkan lini terbarunya yang memiliki kemampuan kamera “narsis” bertenaga. Itu artinya tren smartphone selfie kian digandrungi.

Hobi memfoto diri sendiri atau selfie kian digemari masyarakat, bahkan saking populernya berdasarkan penelitian Yahoo! pada 2014, mengungkap setidaknya ada … Selengkapnya

Livi Zheng Karyanya Kian Menyebar di Belahan Dunia Lain

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Livi Zheng, sineas muda Indonesia yang berkarya di Hollywood bercerita mengenai rencananya ke depan. Karya Livi yang sudah diputar di perfilman dunia termasuk di Indonesia adalah Brush with Danger. Di film action tersebut dia menyutradarai sekaligus membintanginya.

Menurutnya, saat ini, … Selengkapnya

megapolitan

DKI Segel 15 Klinik Ilegal

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggencarkan razia klinik kesehatan tak berizin. Hasilnya, sejak Januari hingga awal Februari, belasan klinik tak berizin disegel.

“Kita kerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk pengawasannya. Selama Januari sudah ada 15 yang kita segel dan setop operasi,” ujar Jupan Royter Tampubolon, Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Jumat (5/2)

Diakuinya, tidak tertutup kemungkinan saja masih ada klinik lain yang belum terlacak dan masih beroperasi. Oleh karena itu, pihaknya akan rutin melakukan pengawasan dengan melibatkan para pimpinan wilayah “Kita terus sisir dan koordinasikan dengan PTSP. Kita cek suratnya, kalau memang tak berizin langsung kita segel,” tandasnya. pin/P-5

Masa Penahanan Jessica Diperpanjang

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Penahanan Jessica Kumala Wongso, tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin bisa diperpanjang hingga empat bulan.

“Kalau memang diperlukan tambahan waktu penyidikan, kami bisa memperpanjang waktu penahanan,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian di Polda Metro Jaya, … Selengkapnya

Vihara Petak Sembilan Sambut Imlek dengan Sederhana

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Suasana tahun baru Cina atau Imlek sudah mulai terasa begitu memasuki wilayah petak sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Kawasan yang menyimpan sejarah panjang akulturasi budaya Betawi dan Tionghoa tersebut terdapat salah satu Wihara tertua yakni Vihara Dharma Bhakti.

Sayangnya,  Wihara yang … Selengkapnya

Pemkot Depok Kekurangan PNS Kesehatan

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

DEPOK – Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, masih kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang kesehatan terutama dokter, kata Kepala Bidang Data dan Administrasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok, Nancy di Balaikota Depok, Jumat (5/2)

“Depok masih membutuhkan tambahan … Selengkapnya

olahraga

Motor Baru Ducati Siap Bersaing

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, cukup optimistis dengan perubahan motornya, Desmosedici16 untuk mengarungi musim balap MotoGP 2016. Dari hasil tes di Sepang dalam tiga hari kemarin, menjadi tolok ukurnya meski hanya berada di posisi ke-13.

“Pergerakan bodi motor lebih sedikit dibanding 2015. Jadi saya yakin tentang pengembangan motor dibandingkan tahun lalu. Tetapi masih terlalu dini untuk bicara soal detil karena kami masih perlu banyak melakukan sesuatu dan beberapa hal untuk dimengerti tentang ban. Sebab saya merasa sangat berbeda dibanding (ban) tahun lalu,” tutur Dovizisio kepada wartawan di The Breeze, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (5/2).

Menurut pebalapa asal Italia itu, Ducati terus melakukan pengembangan terutama di bagian sayap. “Ya, ada pengembangan baru pada bagian sayap, tapi sebenarnya ini tidak baru-baru amat, karena kami sudah menggunakannya tahun lalu. Dibanding tahun lalu kami sudah mengganti cukup banyak perbedaan yang bisa dilihat saat balapan dibanding tahun lalu,” sambungnya ketika ditanya soal winglet baru di motornya.

Pebalap 29 tahun itu mengungkapkan winglet baru itu akan diganti bergantung dari trek yang dihadapi. “Setiap trek kita bisa mengganti ukurannya, tergantung karakteristik trek. Karena pada beberapa trek, saat butuh akselerasi seperti di Motegi, Jepang, sangat penting menggunakan wings. Pada trek berbeda kami punya wings lebih pendek,” ungkapnya.

Dovizioso sedang berada di Indonesia atas undangan sponsornya dan untuk mengadakan meet and greet bersama bersama Ducatisti, sebutan untuk pemiliki motor Ducati, yang tergabung di Ducati Desmo Owners Club (DDOCI) dan Ducati Superbike Owners (DSO).

Dovizioso tiba di Jakarta pada Kamis (4/2) malam, setelah tiga hari melakoni tes di Sepang. Ini adalah kali kedua rider Italia mengunjungi Indonesia, setelah yang pertama pada 25 Februari 2011. baz/S-2

Ujian Berat “The Foxes”

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Leicester City akan menghadapi ujian berat dalam 10 hari ke depan dan dimulai dari laga kontra Manchester City.

LONDON – Leicester City akan menghadapi ujian berat dalam upaya mereka meraih gelar Liga Inggris selama 10 hari kedepan. Laga sulit akan … Selengkapnya

Lazio Dihukum Akibat Rasis

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Lazio harus menjalani laga tanpa penonton di Stadio Olimpico untuk dua pertandingan kandang berikutnya. Hukuman itu dijatuhkan setelah pada pertengahan pekan ini saat laga kontra Napoli dihentikan ketika fans tuan rumah melakukan pelecehan rasis pada pemain tim tamu.

Selengkapnya

Misi Pulihkan Diri

Sabtu 6/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

VALENCIA – Pelatih Valencia Gary Neville, yang tim asuhannya kalah telak 0-7 dari Barcelona di leg pertama semifinal Copa del Rey akan berupaya bangkit saat lawatan ke Real Betis, Minggu (7/1). Laga itu akan menjadi upaya Neville meraih kemenangan pertama … Selengkapnya

kupas

“Kita Akan Segera Putuskan untuk Ditarik”

Sabtu 6/2/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dan mantan Ketua KPK, Abraham Samad, serta Komisioner KPK, Bambang Widjojanto.

Penyelesaian kasus tersebut dapat dilakukan dengan melakukan deponeering atau mengeluarkan Surat Ketetapan Pengesampingan Perkara (SKP2) demi kepentingan umum, seperti dalam kasus dua Komisioner KPK sebelumnya, Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah. Khusus kasus Novel yang sudah telanjur dilimpahkan ke pengadilan, ada kemungkinan akan diselesaikan dengan penarikan dakwaan. Terkait dengan hal itu, Jaksa Agung HM Prasetyo menjelaskan cara-cara penyelesaian yang akan dilakukan kejaksaan. Berikut cara-cara yang akan ditempuh Kejagung untuk menyelesaikan ketiga kasus tersebut.

Bagaimana langkah penyelesaian yang akan dilakukan kejaksaan terkait dengan kasus Novel Baswedan, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto? Selama ini yang menangani (kasus-kasus tersebut) masih di level jaksa penuntut umum (JPU) dan sampai level tertinggi oleh Jampidum (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum). Saya sebagai Jaksa Agung, sebagai penuntut yang tertinggi mengambilalih itu, saya akan pelajari dan teliti lagi dengan seksama, sambil kita memperhatikan aspirasi yang ada di masyarakat, yang tentunya di situ ada kepentingan umum. Saya akan memutuskan apakah perkara tersebut layak dan patut untuk diajukan ke persidangan atau tidak.

Untuk kasus Novel yang sudah telanjur dilimpahkan ke pengadilan, apakah berkasnya sudah dan dapat ditarik dari pengadilan? Kasus Novel sudah dibahas bersama antara KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kejagung (Kejaksaan Agung) dan Mabes Polri termasuk dengan MA (Mahkamah Agung), saya katakan sebagai penuntut umum tertinggi mengambil alih kasus ini bukan lagi ditangani oleh jaksa penuntut umum dan Jampidum tapi juga oleh Jaksa Agung. Kita akan melihat dan mendengarkan sejauh mana aspirasi yang ada di masyarakat, yang disitu ada kepentingan umum. Tunggu saja.

Apakah untuk menyelesaikan kasus tersebut, Kejagung akan melakukan deponeering? Itu nanti saya yang akan menentukan, berdasarkan aspirasi dan kepentingan umum, akan ada berbagai macam opsi.

Sebenarnya bagaimana sebenarnya instruksi Presiden untuk menyelesaikan kasus tersebut? Presiden hanya menanyakan kalau kasus itu diselesaikan, itu yang diminta beliau.

Apa opsi yang akan diambil Kejagung? Saya kan sudah katakan.

Berapa lama waktu untuk menyelesaikan kasus tersebut? Lebih cepat lebih baik.

Saat ini menggunakan pasal 144 KUHAP? Untuk saat ini tentunya kita gunakan pasal itu supaya berkasnya bisa ditarik kembali dari pengadilan. eko nugroho/AR-2

Kecil Kemungkinan Berdampak pada Orang Dewasa

Jumat 5/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah akhirnya mengeluarkan travel advisory kepada masyarakat Indonesia yang akan berpergian ke sejumlah negara endemik Virus Zika seperti Amerika latin.

Peringatan ini dikeluarkan pasca World Health Organization (WHO) menyatakan darurat kesehatan global untuk Virus Zika beberapa hari lalu.

Travel … Selengkapnya

Revisi UU Terorisme Tetap Mengedepankan Hak Asasi Manusia

Kamis 4/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Guna menangkal dan mempersempit ruang gerak terorisme, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera merevisi Undang- Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Ada beberapa poin yang akan direvisi, perluasan masa penahanan selama penyelidikan atau penyidikan, … Selengkapnya

“Money Changer” Dijadikan Sarana Kejahatan Narkotika

Rabu 3/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek sebuah gudang mebel CV Jeparaya Int’l di Desa Pekalongan RT 07/RW 02, Kecamatan Batealit, Jepara, Jawa Tengah, akhir bulan lalu. Gudang tersebut dijadikan sebagai tempat penyimpanan ratusan kilogram narkotika jenis sabu milik jaringan internasional.

Dugaan … Selengkapnya

berita lain

Danai Rumah Murah, BTN Siap Kelola Dana Tapera

Jumat 5/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembiayaan untuk rumah murah harus menjadi prioritas pemerintah. Untuk mendukung pembiayaan hunian murah, Bank Tabungan Negara (BTN) siap mengelola dana tabungan perumahan rakyat (tapera) yang potensinya mencapai puluhan triliun setiap bulannya. Rencananya bulan ini DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tapera … Selengkapnya

Fitur Software Navigasi Waze Kian Lengkap

Kamis 4/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan transportasi dapat memanfaatkan aplikasi navigasi dalam menjalankan operasi mereka. Perusahaan dapat memanfaatkan fitur layanan berupa rute, perkiraan waktu kedatangan dan lainnya.

Apliaksi Waze misalnya baru saja meluncurkan inisiatif terbarunya dengan nama Waze Transport SDK (Software Developer Kit). Aplikasi ini … Selengkapnya

Hujan, Perhatikan Daya Cengkram Ban

Rabu 3/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Saat hujan yang hampir mengguyur setiap hari seperti sekarang perlu diperhatikan kondisi ban. Pemilihan ban yang tepat menjadi penting agar dalam kondisi jalan berair masih bisa mencengkram dengan baik.

Menurut Product Marketing Manajer PT Michelin Indonesia, Refil Hidayat, ban yang … Selengkapnya