Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 1 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pengacara Jessica Minta Jaksa Tidak Paksakan Dakwaan

Kamis 1/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua Tim Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, mendesak majelis hakim untuk menghentikan persidangan yang menjerat kliennya, Jessica. Pasalnya, dari kesaksian ahli kedokteran forensik dari Universitas Indonesia, Profesor dr Budi Sampurna, penyebab kematian Wayan Mirna Salihin belum bisa dipastikan karena sianida.

“Dalam kesaksian dijelaskan bahwa yang dapat membuktikan penyebab utama kematian adalah autopsi. Tapi proses autopsi itu tidak dilakukan terhadap korban paska dinyatakan tewas di Rumah Sakit Abdi Waluyo,” ujar Otto dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (31/8).

Bila kematian Mirna tidak bisa dipastikan karena sianida, berarti kan tidak ada kasus. “Kan kasus ini ada karena ditemukan kematian Mirna oleh sianida. Jadi kalau matinya tidak bisa ditegakkan karena sianida, ya otomatis kasus ini sebenarnya harus gugur,” kata Otto.

Selain itu, Otto meminta agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak memaksakan dakwaan. Karena kesaksian Budi telah memaparkan jika penyebab kematian korban belum dapat dipastikan karena sianida. Penyebab kematian korban jangan dipaksakan lantaran mengacu pada dakwaan. Sebab, sejumlah tanda kematian sianida seperti berry red atau ruam merah akibat berubahnya warna darah yang terkontaminasi sianida, tidak ditemukan. Sementara, bibir korban berwarna biru yang semula diduga akibat pecahnya pembuluh darah akibat keracunan juga dikatakannya tidak benar.

Otto menjelaskan saksi ahli yang dihadirkan atas ajuan JPU sebagian besar mengatakan kematian Mirna tidak bisa dipastikan karena sianida, hanya gejalanya sama dengan kasus orang meminum sianida.

“Selama ini kita sudah terkecoh dengan pernyataan bahwa biru di mulut Mirna karena Sianida. Padahal saksi mengatakan biru itu bukan karena sianida, biru itu karena oksigen tidak sampai ke otak sehingga biru,” jelasnya.

Dalam sidang kemarin, Budi hanya menjelaskan gejala- gejala yang ditunjukkan Mirna sesuai dengan gejala orang yang keracunan sianida. Kesesuaian gejala tersebut kemudian dikaitkan dengan bukti ditemukannya sianida 0,2 miligram per liter di lambung Mirna.

“Jadi saudara tidak mengatakan Mirna mati karena sianida, tidak ya?” tanya Otto lagi.

Pertanyaan Otto pun menarik perhatian anggota majelis hakim Binsar Gultom. Binsar pun turut bertanya. “Jadi menarik ini. Keterangan saudara jadi berbeda dengan ahli-ahli yang lain?” tanya Binsar.

Budi menjelaskan gejalagejala orang yang keracunan sianida. Dia menyebut gejala orang keracunan sianida itu sesuai dengan gejala yang terjadi pada Mirna.

Budi menyatakan adanya korelasi antara sianida dengan kematian Mirna terlihat dari masuknya sianida ke dalam tubuh, adanya nyeri di mulut dan perut, dan lambung yang mengalami kerusakan.

“Kemudian gejalanya sebagai hasil dari kerja sianida itu adanya nyeri, napas yang cepat, kejang-kejang, dan kemudian koma, dan meninggal. Itu bisa dikatakan sesuai,” ucap Budi.

Memotivasi Mahasiswa Yogyakarta Belajar ke Luar Negeri

Rabu 31/8/2016 | 06:44
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam tulisannya yang dimuat di Medium, sebuah aplikasi untuk para bloger, Managing Director Ideosuorce Andy S Boediman menyebut salah satu masalah bagi kemajuan industri di Indonesia di level sumber daya manusia (SDM) adalah karena sedikitnya orang yang berwawasan global. Saat … Selengkapnya

Desa Surplus Pangan Hemat Devisa Negara

Kamis 1/9/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Alokasi lahan negara untuk petani tak bertanah akan tingkatkan produktivitas pangan. RI surplus sumber daya produktif yang tak optimal, bahkan cenderung dikorup.

JAKARTA – Pemerintah diminta mempercepat pelaksanaan redistribusi lahan negara sebagaimana terkandung dalam Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah … Selengkapnya

Ahok Ingin Awasi Program Prioritas

Kamis 1/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seluruh program prioritas itu memberikan manfaat pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Pemprov DKI.

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan fungsi pengawasan sangat dibutuhkan untuk memastikan terlaksananya proses penganggaran yang baik untuk program-program prioritas yang harus masuk … Selengkapnya

mondial

168 WNI Calon Haji Dibolehkan Pulang

Kamis 1/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sebanyak 168 orang dari total 177 orang calon haji Indonesia di Filipina sudah diizinkan kembali ke Tanah Air. Sementara sembilan orang calhaj lainnya masih berada di Filipina. Pemerintah Filipina belum membolehkan mereka meninggalkan Manila sebab masih ada informasi yang diperlukan dari mereka.

“Hasil pertemuan Dubes Indonesia dengan Departemen Hukum Filipina menghasilkan kesepakatan 168 calhaj Indonesia sudah diizinkan untuk tinggalkan Manila,” ujar Retno di Gedung DPR, Jakarta Rabu (31/8).

Sebanyak 177 calon haji Indonesia ditangkap petugas imigrasi Bandara Internasional Filipina, 18 Agustus lalu. Sebagian dari mereka menggunakan paspor Filipina. Paspor itu asli, namun diduga diperoleh secara ilegal. Mereka akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dengan menggunakan kuota haji Filipina.

Retno mengatakan Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memerintahkan agar 177 warga negara Indonesia itu dapat segera dipulangkan ke Indonesia. Retno mengatakan pemulangan terhadap sebagian besar calhaj tersebut berhasil dilakukan setelah pemerintah beberapa kali menemui otoritas Filipina. Misalnya, kata Retno, pertemuan Duta Besar Indonesia dengan Departemen Hukum Filipina yang menghasilkan kesepakatan untuk memulangkan sebanyak 168 calhaj Indonesia dari Filipina.

Retno menjelaskan koordinasi terus dilakukan dengan kementerian dan lembaga terkait. Tujuannya untuk membongkar sindikat agen travel nakal.

Keberangkatan ke-177 WNI tersebut menggunakan kuota haji Filipina yang diatur tujuh agensi, yakni PT Taskiah, PT Aulad Amin, PT Aulad Amin Tours Makassar, Travel Shafwa Makassar, Travel Hade El Barde, KBIH Arafah, KBIH Arafah Pandaan.

Rute Penerbangan Reguler AS-Kuba Diresmikan

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

FORT LAUDERDALE – Pada Rabu (31/8) kemarin untuk pertama kalinya layanan penerbangan reguler Amerika Serikat (AS) – Kuba diresmikan setelah lebih dari setengah abad ditutup. Maskapai pertama yang menempuh rute terbang AS-Kuba yaitu JetBlue Airways yang melayani rute penerbangan dari … Selengkapnya

Malaysia Tangkap 3 Teroris

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KUALA LUMPUR – Otoritas keamanan Malaysia pada Rabu (31/8) menahan tiga tersangka teroris yang merencanakan serangan teror di beberapa lokasi di Kuala Lumpur jelang tengah malam pada perayaan Kemerdekaan Malaysia.

“Tiga orang itu ditahan pada 27-29 Agustus. Mereka menerima instruksi … Selengkapnya

AS Tak Akan Memprovokasi Konflik Teritorial

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 NEW DELHI – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, menyerukan agar pemerintah Tiongkok dan Filipina mematuhi putusan Mahkamah Arbitrasi Internasional terkait sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang dihadapi kedua negara. Seruan itu disampaikan menyusul akan segera digelarnya pertemuan … Selengkapnya

ekonomi

Produk “Unit Link” Jadi Andalan Naikkan Kinerja

Kamis 1/9/2016 | 01:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perusahaan asuransi jiwa, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), optimistis kinerja tahun ini bisa melampaui pencapaian tahun lalu meskipun di tengah pelambatan ekonomi nasional akibat imbas dari ketidakpastian global.

Optimalisasi kanal penjualan produk, investasi dan pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat mendukung peningkatan penjualan premi perusahaan di sisa waktu tahun ini.

“Kami yakin pertumbuhan tahun ini bisa signifikan. Dari hasil semester pertama tahun ini, bisnis kami meningkat, baik di kanal agency (keagenan), bancassurance, employee benefit, asset management, hingga syariah,” ungkap Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Indren S Naidoo di Jakarta, Rabu (31/8).

Dia menambahkan, sepanjang semester I- 2016, Manulife secara konsolidasi yang mencakup asuransi jiwa (termasuk syariah), dana pensiun, dan manajemen aset, membukukan kinerja positif. Dia mengungkapkan total premi bisnis baru Manulife selama JanuariJuni 2016 tercatat 1,8 triliun rupiah, tumbuh 28 persen dari periode sama tahun lalu (yoy).

Dia menjelaskan capaian itu mayoritas ditopang penjualan produk investasi yang mencapai satu triliun rupiah, sedangkan sisanya dari produk proteksi sebesar 764 miliar rupiah.

Pada semester I-2016, produk investasi Manulife sebesar 785 miliar rupiah dan proteksi sebesar 652 miliar rupiah. Peningkatan juga terjadi pada total premi dan deposit.

Sepanjang semester I-2016, total premi dan deposit mencapai 9,1 triliun rupiah, naik 12 persen secara yoy. Sementara itu, pembayaran klaim dan manfaat masih stabil. Sepanjang Januari-Juni 2016, total klaim dan manfaat yang dibayarkan ke nasabah mencapai 3,4 triliun rupiah, sama dengan semester I-2015.

Potensi Besar
Naidoo meyakini kinerja Manulife akan terus tumbuh. Apalagi melihat kondisi ekonomi Indonesia yang terus membaik seiring peningkatan populasi kelas menengah yang diperkirakan jumlahnya 100 juta orang pada 2020. Hal itu, lanjutnya, tentu menjadi peluang besar karena mereka akan membeli produk investasi.

“Makanya Manulife fokus pada produk unit link. Sebab, nasabah di Indonesia ingin return (pengembalian) yang besar hingga mencapai double digit. Saat ini, 80 persen kontribusi premi dari produk investasi unit link, karena memang konsumen mengharapkan return yang lebih tinggi,” tutur Naidoo yang resmi bergabung ke Manulife sejak 11 Mei 2016.

Menurut dia, faktor yang membuatnya optimistis bisa tumbuh di Indonesia karena Manulife menghadirkan produk sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Selain itu, tambah dia, adanya dukungan tiga bank besar sebagai mitra strategis, yakni Bank Muamalat Indonesia, Bank DBS untuk kemitraan di tingkat Asia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk asuransi jiwa kredit, dan kemitraan distribusi dengan Bank OCBC NISP.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengatakan hal senada. Menurut dia, industri asuransi nasional akan terus tumbuh. Apalagi terbukti saat krisis, industri asuransi tetap bertahan, malah meningkat. mad/E-10

Perusahaan Jamu Tumbuhkan Minat Wirausaha

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA– Perusahaan jamu dan farmasi, PTSido Muncul Tbk, akan mengembangkan usaha ribuan cafe jamu di berbagai daerah di seluruh tanah air. Langkah tersebut sebagai upaya untuk membuka peluang usaha dan menciptakan pekerjaan bagi masyarakat, sekaligus membantu progam pemerintah dalam pengentasan … Selengkapnya

Segmen Mobil Penumpang Kembali Bergeliat

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG- Setelah sempat stagnan pada tahun lalu, penjualan segmen mobil penumpang atau multipurpose vehicle (MPV) kembali bergairah pada semester I-2016. Meningkatnya kembali permintaan akan kendaraan serbaguna itu karena konsumen melihat bahwa kendaraan jenis itu sangat cocok dengan kebutuhan masyrakat Indonesia.

Selengkapnya

Realisasi Listrik 35 GW di Bawah 50%

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Realisasi proyek listrik hanya sebesar 16.000 MW atau sekitar 45,7 persen dari target sebesar 35.000 MW lantaran masih banyak pembangunan yang mangkrak di berbagai daerah.

 Jakarta – Realisasi program elektrifikasi nasional diperkirakan tak sampai 50 persen dari target yang diharapkan … Selengkapnya

rona

Yayan Ruhian Kumpulkan Pendekar Madura

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemeran Tasu Leech dalam Star Wars: The Force Awakens, Yayan Ruhian, terus memperdalam kariernya di dunia layar lebar. Setelah menjadi kriminal intergalaksi dalam saga karya George Lucas itu, pria kelahiran Desa Cibeber, Tasikmalaya, ini kembali bekerja sama dengan sutradara asal Blitar yang berhasil menembus Hollywood, Livi Zheng.

Livi yang sempat melibatkan Yayan dalam Insight sebagai fighting choreographer, kini tengah mempersiapkan sebuah film bergenre drama laga berlatar belakang budaya lokal Madura.

“Konsepnya memang kita ingin memperkenalkan budaya asli Indonesia. Kali ini tentang perjuangan hidup seorang Putra Madura, tentu dengan latar belakang kearifan lokalnya, seperti Karapan Sapi dan Pencak Silat aliran Madura,” ujar Livi belum lama ini di Surabaya.

Sementara Yayan menambahkan, belum jelas apakah dalam proyek tersebut dia akan mendapat kesempatan bermain, atau hanya sebagai koreografer laga. “Yang jelas film ini ingin menampilkan budaya Madura, termasuk pertarungan yang khas dengan unsur silat Madura yang kental. Untuk fighter-nya akan menggandeng pesilat-pesilat yang menguasai lebih spesifik silat Madura, harus dan kami tidak boleh melewatkan itu,” papar pria dengan julukan Mad Dog ini.

SBMenurut Yayan, seni pencak silat Indonesia sangat kaya akan beragam aliran sesuai asalnya, dan layak diperkenalkan ke dunia internasional. “Kami sangat berharap film ini nanti didukung baik oleh warga Madura, dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia agar terus maju. Karena budaya bila hanya dikenalkan lewat panggung ke panggung dari satu negara ke negara, membutuhkan waktu yang sangat lama. Tetapi kalau lewat media layar lebar akan menjadi sarana yang efektif, agar bisa dinikmati penonton berbagai negara karena film ini diproduksi oleh Hollywood,” kata dia.

Terkait perannya dalam Star Wars VII, instruktur Perguruan Silat Tenaga Dasar Indonesia (PSTD) ini mengaku bisa terlibat dan tetap antusias menunggu kesempatan dari studio besar Hollywood selanjutnya. “Tunggu saja nanti. Yang jelas kami sangat senang, apalagi 90 persen adegan syuting saat itu ditampilkan di layar bioskop, bangga juga sampai karakter tersebut diproduksi action figure-nya,” pungkas Yayan.  SB/S-1

Nirina Zubir Bintangi Film Drama Keluarga

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak kesan dan pesan yang dihayati oleh Nirina Zubir dari film terbarunya yang berjudul Aku Ingin Ibu Pulang. Berperan sebagai ibu dari tokoh utama cilik di film produksi Maxima Pictures itu, Nirina merasa film yang dibintanginya itu menginspirasi bagaimana peran … Selengkapnya

Lady Avisha Bangkitnya Kerinduan Bermusik

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hampir tak ada yang mengenali sosok wanita cantik dengan gaya busana berhijab ini adalah rocker wanita yang pernah mengorbit di era 1990-an silam, lewat sejumlah tembang ciptaan Deddy Dorres. Setelah memutuskan untuk gantung mik, Lady Avisha mengaku lebih tenang dan … Selengkapnya

Pesona Karya Batik Adiluhung Nusantara

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Event besar yang memaknai kearifan lokal bertajuk Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) 2016 tengah digelar. Pameran wastra batik bernuansa premium ini menampilkan batik tulis, cap dan kombinasinya dengan nuansa berbeda dan original.

Suguhan karya-karya batik elok nan cantik mempesona yang … Selengkapnya

megapolitan

Polisi Buru Penganiaya Andre yang Mirip Ahok

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Polda Metro Jaya memburu penganiaya penumpang bus Transjakarta dituduh mirip Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Andre Budikusuma. “Penyidik Resmob sedang mengejar pelakunya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Jakarta Rabu.

Awi mengatakan penyidik kepolisian telah memeriksa korban Andrew dan tiga orang saksi, termasuk petugas keamanan halte busway yang melihat kejadian penganiayaan.

Diungkapkan Awi, polisi juga telah menyita rekaman video tersembunyi yang akan dianalisa secara digital forensik di Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri. Andrew melaporkan para pelaku sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/4132/VIII/2016/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 30 Agustus 2016 dengan sangkaan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Sebelumnya, sebanyak empat pelaku menganiaya Andrew, kejadian berawal saat hendak pulang kerja menumpang bus Transjakarta di Halte Kuningan Jakarta Selatan pada Jumat(26/8) sekitar pukul 22.00 WIB. pik/P-5

Tak ada PHK Massal Transjakarta

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono menegaskan, tidak ada rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) Massal di Transjakarta. Justru, pihakya akan menambah karyawan karena banyaknya armada baru.

“Saya tidak tahu itu. Dapat infonya juga dari berita. Tapi tidak ada … Selengkapnya

Ahok Minta Penanganan Banjir Sesuai SOP

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta anak buahnya untuk menangani banjir di Jakarta sesuai standar operasional prosedur (SOP). Pasalnya, banjir genangan yang muncul di Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran Hotel Indonesia, disebabkan karena banyaknya sumbatan pada … Selengkapnya

AR Pekerjakan 99 Anak

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Polisi memperkirakan AR memiliki 99 anak yang dipekerjakan sebagai pelacur.

 JAKARTA – Tersangka pelaku praktik prostitusi “online” bagi para homoseksual yang melibatkan anak di bawah umur, AR, menawarkan bisnisnya melalui jejaring sosial Facebook. 

“Hasil cyber patrol kami menemukan ada satu … Selengkapnya

olahraga

Christo dan David Jadi Tumpuan di AGS-Nassau Men’s Future

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Petenis Christopher Rungkat dan Agung David Susanto menjadi tumpuan akhir kubu tuan rumah dalam turnamen AGS-Nassau Men’s Future 2016. Keduanya berhasil memenangi laga babak kedua yang berlangsung di lapangan tenis Elite Club Rasuna Epicentrum Jakarta, Rabu (31/8).    

Christo yang menempati unggulan keempat kejuaraan berhadiah total 10.000 dollar AS atau sekitar 130 juta rupiah itu, mengalahkan petenis kualifikasi asal Jepang, Ken Onoda. Peringkat 516 dunia itu menang rubber set, 6-0, 4-6, 6-1 dalam tempo satu jam 30 menit.      

Pada perempat final yang digelar, Kamis (1/9), Christo yang merajai dua event sebelumnya itu bakal meladeni non-unggulan asal Jepang, Soichiro Moritani yang menyisihkan seeded ketujuh dari Jerman, Sami Reinwein 6-4, 2-1 retired.    

David Agung Susanto mengikuti jejak Christo melaju ke delapan besar setelah mengalahkan petenis kualifikasi asal Tiongkok, Zhao Tai Li. David menang straight set 6-4, 6-3 dalam durasi satu jam 27 menit. Selanjutnya, peringkat 823 dunia itu akan menjajal ketangguhan unggulan kelima dari Tiongkok, Chuhan Wang (613).    

“Aku belum pernah ketemu dia, tapi sudah beberapa kali melihat permainannya saat bertanding di turnamen yang sama. Dia seperti pada umumnya tipe petenis Tiongkok. Kuat di base line dan ulet serta konsisten, jarang unforced error,” tutur David, lajang kelahiran Semarang 21 Juli 1991 ini.

Sayangnya langkah gemilang sang kakak gagal diikuti oleh adiknya. Anthony Susanto harus rela tersingkir di babak kedua, di tangan unggulan teratas, Finn Tearney asal Selandia Baru. Anthony kalah 1-6, 3-6.      

“Capek banget, hari ini saya harus main dua kali. Pertandingan babak pertama melawan Arief Rahman harus tertunda karena hujan,” ucap Anthon seusai laga berdurasi satu jam 14 menit.       

Petenis Merah Putih lainnya, Aditya Hari Sasongko juga harus tersingkir dari persaingan turnamen penutup dari tiga rangkaian kejuaraan bertajuk Indonesia Men’s Futures 2016 ini karena kelelahan harus bertanding rangkap dua babak sekaligus. Si kidal Adit harus mengakui keunggulan seeded kedelapan, Masato Shiga (Jepang) 1-6, 4-6. baz/S-2

 

Conte Ingin Chelsea Belajar

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Chelsea telah membuat awal yang menjanjikan untuk musim baru Liga Inggris, tapi pelatih Antonio Conte ingin pemain tetap mengingat kesulitan musim lalu dan belajar dari pengalaman itu. Chelsea telah memenangkan tiga pertandingan liga sejauh ini, memiliki poin sama … Selengkapnya

Diego Costa Ingin Kembali ke Atletico

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Striker Chelsea Diego Costa mengakui dia memiliki harapan untuk kembali ke Atletico Madrid pada bursa transfer. Tapi mengungkapkan kesepakatan untuk itu gagal karena detail kecil.

Costa sudah sangat terkait dengan kembali ke Vicente Calderon di pra musim, klub di mana … Selengkapnya

Barcelona Pagari Luis Enrique

Kamis 1/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Barcelona dan Luis Enrique setuju untuk menunda pembicaraan kontrak baru hingga akhir musim ini.

MADRID – Barcelona dan pelatih Luis Enrique telah sepakat untuk menunda pembicaraan perpanjangan kontrak sampai awal tahun depan, demikian diungkap Presiden klub Josep Maria Bartomeu. Luis … Selengkapnya

kupas

Pengurangan Anggaran Akibatkan Rehab Total Sekolah Tertunda

Kamis 1/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama DPRD DKI sedang menggodok pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkena dampak perubahan itu adalah Dinas Pendidikan.

Sedikitnya ada anggaran mencapai satu triliun rupiah yang terkoreksi dalam rancangan tersebut. Dalam APBD 2016, Dinas Pendidikan DKI mendapat anggaran sebesar 14 triliun rupiah. Namun, berkurangnya anggaran hingga satu triliun rupiah itu menyebabkan pembangunan rehab total beberapa sekolah harus ditunda.

Untuk mengetahui lebih lanjut akan hal itu, Koran Jakarta mewawancarai Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Bowo Irianto, Kamis (akhir pekan lalu di Jakarta, berikut petikannya:

Sejauh apa anggaran perubahan pada Dinas Pendidikan?

Saya belum tahu. Kemarin, saya nggak mengikuti persis saat rapat di DPRD karena harus menghadiri acara di Balai Agung. Tapi, kemarin itu pada anggaran Dinas Pendidikan ada yang dikembalikan sebesar kurang lebih satu triliun rupiah. Namun katanya bergeser lagi, karena KJP (Kartu Jakarta Pintar) dikoreksi segala macam.

Dalam APBD 2016, berapa yang diperoleh Dinas Pendidikan?

Saya nggak hapal, kalau tidak salah sekitar 14 triliun rupiah. Kenapa ada pengurangan anggaran dalam APBD Perubahan? Ya di antaranya ada kegiatan yang sudah dilaksanakan di kementerian sehingga anggaran itu dikembalikan. Juga ada sisa mati dari kegiatan-kegiatan yang selama ini berjalan. Artinya, sisa mati misalnya kita menganggarkan untuk satu kegiatan dalam DPA sebesar 10 juta rupiah, tapi cuma terpakai hanya 9 juta rupiah. Sisanya ini kita kumpulkan dan dikembalikan.

Program apa saja yang disesuaikan?

Yang dominan memang fisik, pembangunan gedung sekolah. Kegiatan lainnya hanya kegiatan double, yakni kegiatan yang dianggarkan kementerian dan juga Dinas. Kita sesuaikan itu. Seperti kita mengusulkan, untuk uang transport panitia lomba nasional misalnya, kita serahkan pada fasilitaa dari kementerian.

Bukannya penyesuaian fisik karena gagalnya lelang?

Ya, karena tidak adanya peminat. Proses pelelangannya kan ada di BPPJB. Setelah semua di BPPJB, kita tandatangai kotrak jika ada pemenang lelangnya. Nah, ini kan peminatnya juga nggak ada. Kemudian, proses gagal lelang ini dikarenakan ada beberapa lokasi sekolah yang susah dijangkau, sehingga peminatnya berkurang. Saat susah dijangkau ini, kaitannya dengan ketersediaan waktu yang ada. Kan proses ideal pengerjaan fisik rehab total sekitar 6 bulan. Jadi, setidaknya pada awal Juli sudah ditandatangani kontrak. Karena tidak ada peminat, BPPJB menyampaikan ke kami, ya sudah, nanti dicoba lelang kembali.

Ada berapa sekolah yang akan direhab total tahun ini?

Totalnya ada 83 sekolah yang akan kami bangun di seluruh wilayah Jakarta. Baik di Jakarta Selatan, Utara, Pusat, Timur, Barat termasuk di Kepulauan Seribu. Ada yang SD, SMP, SMA ataupun SMK dengan anggarannya mencapai sekitar satu triliun rupiah.

Lalu, berapa lokasi sekolah yang gagal lelang?

Saya nggak hapal persisnya. Kalau tidak salah ada 45 unit sekolah dengan anggaran sekitar 571 miliar rupiah.

Beberapa sekolah sudah dihancurkan tapi belum dibangun, dampaknya ke proses KBM?

Ya pasti berdampak. Namanya kita terbiasa di rumah sendiri, lalu tiba-tiba di rumah mertua beda kan. Mereka juga ada beberapa yang sudah pindah. Kita coba juga dibantu dengan ongkos pindah, menyimpan barang yang disimpan di gudang, kita juga sediakan ongkos gudang.

Ke mana peserta didik dipindahkan selama bangunan belum selesai?

Rata-rata ke sekolah negeri terdekat dengan sekolah yang akan dibangun itu.

Apakah Rehab total sekolah yang gagal ini dianggarkan kembali pada tahun depan?

Saya tidak mengikuti secara utuh. Tapi idealnya, lelang yang tidak terlaksana tahun ini bisa dianggarkan pada tahun depan tapi butuh komunikasi dalam usulan penganggaran nanti.

Pelaku Percobaan Bom Bunuh Diri Adalah Simpatisan Isis

Rabu 31/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Aksi percobaan bom bunuh diri terjadi di Medan. Seorang anak muda bernama Ivan Armadi Hasugian, 18 tahun, mencoba meledakkan diri di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep Medan, Sumatera Utara, pada Minggu (28/8). Untungnya tas berisi bom yang dibawa pelaku, gagal … Selengkapnya

Kali Krukut Harus Dilebarkan dengan Membeli Lahan Sekitar Aliran Kali

Selasa 30/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta Sabtu (27/8), membuat kawasan pemukiman mewah, Kemang, Jakarta Selatan bak lautan terbuka. Pasalnya, air di kali Krukut yang melintas kawasan itu meluap dan menyebabkan jebolnya lima rumah warga yang berdiri di pinggirnya.

Sedikitnya, … Selengkapnya

Penanganan Karhutla Bukan Karena Desakan Negara Lain

Senin 29/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Saat ini Indonesia tengah memasuki musim krusial kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Meski jumlah hotspot atau titik api secara nasional berkurang hingga 70-90 persen, namun kewaspadaan terus ditingkatkan seiring dengan mulai masuknya musim kering.

Dari laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan … Selengkapnya

berita lain

Lebih Dinamis, Agen Properti Kian Ekspansif

Senin 29/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agen properti PROMEX Real Estate mendapat kepercayaan dari pengembangpengembang terkemuka seperti Agung Podomoro Land, Ciputra Group, Modernland, Sentul City, Mugie Bali Indah, Pikko Group, dan lain-lain untuk memasarkan proyek-proyek yang sedang dibangun dan dikembangkan.

Menurut Sulihin Widjaja, Chief Executive Officer … Selengkapnya

Sinyal Cepat “e-Commerce” di ASEAN

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar perdagangan daring (e-Commerce) terus menujukkan tren positif. Riset Google dan Temasek mencatat, nilai pasar e-Commerce akan mencapai 46 miliar dolar AS atau sekitar 608 triliun rupiah pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 26 persen.

Sebuah riset berjudul ‘Economy SEA: … Selengkapnya

Penjualan “Ngebut” LCGC 7 Penumpang

Rabu 31/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hadirnya mobilmobil baru pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS ) 2016 menambah pilihan konsumen. Di antara beragam varian, jajaran mobil LCGC 7 penumpang menjadi mobil yang paling laku.

Gelaran otomotif berskala internasional, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) … Selengkapnya