Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 26 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Audit Seluruh JPO di Jakarta

Senin 26/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

YLKI menyatakan ambruknya jembatan penyeberangan orang di Jakarta merupakan kasus tragis.

JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan inventarisasi papan reklame yang dibangun di atas jembatan penyeberangan orang (JPO). Papan reklame yang menyalahi aturan, segera dibongkar agar tidak membahayakan pengguna jalan.

“Seluruh JPO kita inventarisir yang ada papan iklannya. Yang menyalahi akan kita bongkar bersama instansi terkait,” ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi ( Dishubtrans) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Minggu (25/9) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Pernyataan Sigit itu merespons ambruknya bagian dari jembatan penyeberangan orang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (24/9). Ambruknya JPO ini terjadi setelah diterpa hujan lebat disertai angin kencang sekitar pukul 15.20 WIB. Akibat kejadian ini, tiga orang tewas dan tujuh orang mengalami luka-luka.

Papan reklame yang dipasang pada JPO Pasar Minggu itu, kata Sigit, telah habis izinnya sejak tahun 2010. Namun hingga kini pemilik iklan masih memasang dan diduga ini menjadi salah satu penyebab robohnya jembatan.

“Soalnya sekitar 100 meter dari lokasi ada JPO juga, tapi aman saja. Makanya diduga itu karena struktur papan iklan menutupi railling jembatan, ketika angin kencang bebannya meningkat,” kata Sigit.

Pemasangan papan reklame di JPO ini tidak sesuai dengan aturan. Ketinggian reklame yang kurang-lebih 3 meter hampir menutupi seluruh ruang sisi railing JPO. Padahal seharusnya letak papan reklame berada 30 sentimeter dari gelagar (bentangan baja) ke bawah dengan ketinggian maksimal 1 meter.

Kondisi itu diperparah lagi dengan konstruksi papan reklame yang menempel pada railing JPO. Seharusnya konstruksinya berdiri sendiri. JPO tidak memiliki ruang sirkulasi udara. Bila muncul tekanan angin yang besar, rangka railing JPO tidak akan kuat menahan gaya angin yang besar itu sehingga mengakibatkan railing JPO roboh.

Menurut Sigit, JPO tersebut dibangun pada 2002 dan mendapatkan perawatan pada 2012 lalu. Dugaan sementara, bagian atap dan samping JPO roboh karena tidak kuat menahan beban reklame yang berat ditambah angin kencang.

“Ini dibangun dari data yang saya terima dibangun tahun 2002. Perawatan terakhir tahun 2012-2013. Panjang 30 meter lebar 1,5 meter. Sedang kita teliti analisis penyebab utamanya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Pusat Laboratorium Forensik Markas Besar Polri melakukan penyisiran sisa reruntuhan jembatan penyeberangan orang di Pasar Minggu itu. Kepala Bidang Balistik Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik Komisaris Besar Ulung Kanjaya mengatakan, dalam penyisiran tersebut ditemukan beberapa bagian jembatan yang korosi.

Beberapa barang, seperti sisa korosi di bagian bawah jembatan dan sambungan las akan dibawa untuk pemeriksaan. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap temuan itu, kata dia, akan digunakan beberapa alat bantu, seperti XRay Fluorescence dan Reduction Optical Spectrometry.

“Memang ada korosi, nanti akan menentukan penyebabnya setelah diperiksa di labfor,” kata Ulung, di Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu.

Kasus Tragis

Sementara itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menyatakan ambruknya jembatan penyeberangan orang (JPO) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, termasuk kasus tragis.

“Hal ini mengindikasikan, sebagai fasilitas publik, JPO tersebut tidak memenuhi standar kelayakan, keamanan, dan keselamatan,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui keterangan tertulisnya, Minggu.

Tulus menduga masih banyak jembatan yang tidak memenuhi standar di Jakarta. “Karena itu, YLKI mendesak Gubernur DKI Jakarta memerintahkan instansi terkait (Dinas Pekerjaan Umum) mengaudit semua JPO di Jakarta,” ujar Tulus.

Dia menilai audit JPO ini sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada warga Jakarta. Apalagi beberapa waktu sebelumnya, ada warga Jakarta yang meninggal karena terkena setrum listrik di JPO. Ada pula yang dijambret, ditodong senjata, bahkan dibunuh di JPO.

“JPO yang layak dan manusiawi, memenuhi standar keamanan dan keselamatan adalah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakannya,” tutur Tulus.

Otak “Human Trafficking” Ditangkap

Senin 26/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Aparat kepolisian membekuk pelaku atau otak penyelundupan dan perdagangan manusia (human trafficking), Abraham Louhenapessy atau disapa Kapten Bram di Jakarta Barat. Bram ditangkap di Perumahan Taman Semanan Indah, Kalideres, Jakbar, Jumat (23/9), pukul 02.00 WIB. Kali ini Abraham … Selengkapnya

9 Tewas Akibat Longsor di Banjarnegara

Senin 26/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANJARNEGARA – Sebanyak sembilan orang tewas tertimbun tanah longsor di Dusun Tambak Sari, Sidengkok, Pejawaran, RT 6/5, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (25/9). Longsor dipicu oleh guyuran air hujan yang terjadi sejak Sabtu (24/9) hingga Minggu pagi.

Kepala Pusat Data … Selengkapnya

KPK Terus Telusuri Aset Rohadi

Sabtu 24/9/2016 | 06:57
A   A   A   Pengaturan Font

KPK tengah fokus mengusut penyaluran dana Rohadi untuk membangun sekolah tinggi. Untuk itu, penyidik terus menelusuri aset Rohadi.

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelusuri aset milik panitera Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara Rohadi. Saat ini KPK tengah … Selengkapnya

mondial

Korsel Ungkap Rencana Pembunuhan Pemimpin Korut

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Karena takut pemimpin Korea Utara akan menggunakan senjata nuklir untuk menyerang Korea Selatan, pihak Seoul telah menyiapkan pasukan elite yang bertugas membunuh Kim Jong-un.

 SEOUL – Kantor berita CNN edisi Jumat (23/9) memuat kabar mengejutkan tentang pengungkapan rencana pihak pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang telah menyiapkan pasukan elite yang siap ditugaskan untuk membunuh pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un.

“Pasukan elite Korsel telah siaga untuk misi membunuh Kim Jong-un jika Korsel merasa terancam oleh senjata nuklir Korut,” demikian pernyataan Menteri Pertahanan Korsel yang diungkap pekan ini. “Ya, kami memiliki rencana itu,” kata Menhan Han Min-koo saat ditanya mengenai apakah ada pasukan khusus telah dibentuk untuk membunuh Kim Jong-un saat ia berada di gedung parlemen, Rabu (21/9).

“Korsel memiliki ide dan rencana untuk menggunakan misil yang amat presisi yang mempu menargetkan fasilitas musuh dalam lingkup yang luas dan juga menyingkirkan kepemimpinan musuh,” imbuh Menhan Korsel itu.

Sebenarnya rencana itu telah diduga jauh-jauh hari, namun keterusterangan Menhan Han Min-koo amat mengejutkan banyak pihak.

Sementara itu pihak Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan bahwa opsi itu merupakan sebuah skenario terburuk dan jika Korut kembali mempersiapkan uji coba ledakan nuklir ke-6.

Pada awal bulan ini, ketua Direktur Perencanaan Strategis di Kepala Staf Militer Korsel, Leem Ho Young, menyatakan bahwa rencana itu merupakan sebuah inisiatif terbaru yang diberi nama Upaya Balas Dendam dan Hukuman Terberat Korea (KMPR). Inisiatif KMPR muncul selang beberapa jam setelah Korut berhasil melakukan uji coba hulu ledak nuklir pada 9 September lalu. “Inisiatif ini melibatkan serangan misil berpresisi tinggi, unit perang khusus yang ekslusif yang bisa menyerang pemimpin Korut jika Korsel merasa terancam oleh serangan nuklir,” kata Leem.

Menurut pengamat politik dari Troy University, Daniel Pinkston, Presiden Korsel, Park Geun-hye ingin memiliki opsi. Jika opsi itu tak diberikan pada Presiden Park, maka akan jadi sebuah kesalahan fatal,” ungkap Pinkston.

Saat ini di Korsel kampanye anti-Pyongyang terutama yang mengarah pada kepemimpinan Korut semakin diintensifkan akibat kesuksesan Korut melakukan uji coba ledakan hulu ledak nuklir pada 9 September lalu. Selain itu pada pekan ini Korut juga berhasil menguji coba mesin roket berkuatan tinggi terbaru yang bisa dipergunakan untuk misil balistik antarbenua.

Sementara itu terkait ketegangan yang kian memanas di Semenanjung Korea, pihak Korut mengecam aksi provokasi Amerika Serikat yang telah menerbangkan pesawat bomber supersonik di atas udara Korea. “Provokasi itu merupakan sebuah rencana jahat untuk mendahului serangan nuklir terhadap Pyongyang,” demikian lapor kantor berita Korut, KCNA.

Usulan Korsel

Sementara itu di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York yang saat ini sedang menggelar acara tahunan Sidang Umum PBB, pihak Korsel dalam forum internasional itu mengusulkan agar keanggotaan Korut di PBB dipertimbangkan untuk dicabut.

“Korut telah mengejek PBB dengan uji coba nuklir dan misil sehingga saat ini waktunya untuk mempertanyakan apakah Korut masuk dalam kualifikasi anggota PBB,” kata Menteri Luar Negeri Korsel, Yun Byung-se, Kamis (22/9). 

“Dewan Keamanan PBB harus mengadopsi sanksi yang lebih kuat dan komprehensif terhadap Korut setelah mereka melakukan uji coba nuklir pada 9 September lalu dan menutup setiap peluang untuk kembali melakukan uji coba lagi,” imbuh Menlu Korsel.

Yun juga menegaskan bahwa pelanggaran dan ketidakpatuhan Korut atas resolusi DK PBB dan aturan hukum internasional tak bisa diterima dan tak pernah terjadi dalam sejarah PBB. “Oleh karena itu, sudah saatnya mempertimbangkan apakah Korut masuk kualifikasi sebagai negara anggota PBB yang cinta perdamaian dan hal ini pun sudah dipertanyakan oleh banyak negara lainnya,” imbuh dia.

Bahasan mengenai pemberian sanksi terbaru PBB terhadap Korut memang tengah dibahas. Namun semuanya itu berpulang pada Tiongkok, negara pemegang hak veto yang juga merupakan sekutu dekat dan satu-satunya untuk Korut.

Dalam kesempatan pidato di Sidang Umum PBB pada Rabu (21/9) lalu, Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang, menegaskan komitmen penghapusan senjata nuklir di Semenanjung Korea harus ditegakkan seraya terus mencari solusi terkait isu nuklir Korut melalui dialog. CNN/Rtr/I-1

Dennis Rodman Nikahi Adik Kim Jong-un

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 PYONGYANG – Sebuah berita mengejutkan disampaikan mantan bintang pemain basket profesional NBA Dennis Rodman pada Kamis (22/9) pagi. Dalam konferensi pers di Pyongyang, Rodman, 55 tahun, mengumumkan pernikahannya dengan adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, yang bernama Kim … Selengkapnya

Dunia Dengarkan Suara Penyitas Pengungsi dan Migran pada SU PBB

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Acara tahunan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-71 yang saat ini masih digelar, ternyata tak hanya mendengarkan pidato para pemimpin dan kepala negara dunia. Sejumlah aktivis bahkan penuturan dari saksi hidup korban kekejaman dunia juga turut bersuara.

Sidang Umum PBB tahun … Selengkapnya

Peretas Curi Data dari 500 Juta Akun Pengguna Yahoo

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 SUNNYVALE – Perusahaan internet multinasional, Yahoo, pada Kamis (22/9) menyatakan ada sekitar 500 juta akun pengguna Yahoo telah diretas pada 2014 dan pelakunya diduga disokong oleh sebuah negara. Aksi peretasan ini disebut sebagai kebocoran data siber terbesar di dunia hingga … Selengkapnya

ekonomi

Indonesia Tidak Bisa Lagi Bergantung Ekonomi Global

Senin 26/9/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah sadar ekonomi domestik makin penting tapi kebijakannya tak konsisten.
Sektor industri hanya tumbuh 4,25 persen pada 2015, kontribusinya juga merosot.

JAKARTA – Sejumlah kalangan mengingatkan dalam beberapa waktu ke depan, perekonomian Indonesia tidak bisa lagi bergantung kepada banyak negara di dunia.

Pelemahan ekonomi global yang semakin terasa bakal kian berdampak pada ekonomi Indonesia.

Dengan demikian, tren ekonomi global yang belum kunjung menemukan momentum perbaikan itu mesti dianggap sebagai sinyal penting bagi Indonesia untuk matimatian menjaga ekonomi domestik.

“Sayangnya, ekonomi domestik selama ini hanya dipacu dari konsumsi yang lebih banyak mengandalkan impor sehingga seberapapun konsumsi sulit untuk mendorong ekonomi melompat tinggi,” kata peneliti Centre of Reform on Economic (Core) Indonesia, Achmad Akbar Susamto, saat dihubungi, Minggu (25/9).

Ia menambahkan yang sangat disayangkan lagi, pemerintah saat ini justru tidak konsisten antara semangat yang mereka sebutkan sendiri dan kebijakan yang kemudian diambil. “Pemerintah sudah bahwa ekonomi domestik makin penting tapi kebijakannya masih jauh dari semangatnya. Semangat swasembada, misalnya, roadmap- nya ada tapi juga tidak dijalankan konsisten,” kata Achmad Akbar.

Oleh karena itu, menurut dia, sulit untuk mengharapkan kinerja ekonomi yang lebih baik pada pemerintahan saat ini kecuali mereka mau melaksanakan sungguh-sungguh apa yang sudah diprogramkan. Bagi Achmad Akbar, pelaksanaan dan evaluasi yang konsisten sudah akan memberikan sentimen positif bagi dunia usaha maupun masyarakat luas.

“Jangan malah roadmap dianulir oleh kebijakan pragmatis impor yang sampai hari ini data pendukung impor juga masih terus bias pengusaha importir,” ungkap dia.

Achmad Akbar menegaskan negara yang mengandalkan ekonomi domestik mau tidak mau harus bisa menciptakan produksi dalam negeri. “Di sisi lain, memutus kebergantungan pada impor dan mengubah menjadi industri dalam negeri yang kuat, itu bukan hal yang mudah. Perlu komitmen dan kesabaran yang luar biasa.”

Senada dengan Achmad Akbar, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Yoga Affandi, menyatakan penurunan volume perdagangan internasional serta anjloknya harga komoditas menjadi faktor utama lemahnya pertumbuhan ekonomi global. “Ke depan kita tidak bisa lagi bersandar pada pertumbuhan ekonomi global. Sebetulnya agak bahaya karena kita akan domestic oriented,” jelas Yoga.

Salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia saat ini seperti Tiongkok juga tengah merasakan dampak dari pelemahan ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok pun turut berpengaruh terhadap Indonesia karena besarnya transaksi perdagangan kedua negara.

“Kalau Tiongkok stabil, tentu akan dorong ekonomi Indonesia,” tutur Yoga.

Paket Kebijakan

Sementara itu, implementasi 13 paket kebijakan ekonomi yang dirilis pemerintah dinilai belum mampu menggairahkan sektor industri. Bahkan, sejak paket kebijakan itu dirilis tepat setahun lalu, kinerja sektor industri bukannya menanjak justru menurun.

Peneliti dari Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengkajian Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Ina Primiana, mengungkapkan sektor industri hanya tumbuh 4,25 persen sepanjang 2015. Kontribusi sektor industri terhadap perekonomian nasional juga merosot.

“Kontribusi terhadap PDB terus menurun. Kami masih belum tahu arahnya ke mana. UKM (Usaha Kecil dan Menengah) pun di ASEAN share-nya tidak sampai 1 persen, hanya 0,8 persen, “ ujar Ina, akhir pekan lalu.

Ina juga memaparkan sejumlah evaluasi dampak aket kebijakan ekonomi terhadap kinerja sektor industri. Pertama, paket kebijakan belum mampu mendongkrak peran produksi industri Indonesia dalam rantai nilai global (global value chain). Peran produk industri domestik masih kurang dari 1 persen.

Kedua, laju pertumbuhan industri di triwulan- II 2016 melambat meski 13 paket kebijakan ekonomi sudah digulirkan. Ina mencontohkan industri pengolahan yang hanya tumbuh 4,74 persen pada tiwulan-II 2016, jauh di bawah pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,18 persen.

Ketiga, belum tampak realisasi atau perencanaan terpadu terkait paket-paket kebijakan antarkementerian terkait. Keempat, paket kebijakan ekonomi yang berisi insentif pajak berupa tax holiday dan tax allowance, bea masuk, serta insentif daerah, belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh industri. “Dibutuhkan langkah yang sama dari semua kementerian dan lembaga untuk mempercepat hilirisasi industri,” ujar dia.

IHSG Sepekan Cenderung Menguat

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan cenderung menguat, bahkan penguatan masih terjadi pada hari terakhir perdagangan pekan ini. Pada perdagangan di akhir pekan, Jumat (23/9), IHSG ditutup menguat naik 0,71 persen atau 37,67 poin ke level 5.380.

Selengkapnya

Pertamina Geothermal Pacu Eksplorasi Panas Bumi

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor panas bumi, mengintensifkan kegiatan eksplorasi di Tanah Air dengan melakukan pemboran sebanyak 11-12 sumur panas bumi setiap tahun.

“PGE sudah agresif karena jika rata-rata per sumur … Selengkapnya

Nendia Primarasa Sajikan Menu Tradisional

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Nendia Primarasa menghadirkan menu khusus di Gebyar Pernikahan Indonesia (GPI) kelima di Balai Kartini, Jakarta, 23-25 September 2015. Sajian tradisional menjadi makanan yang dipilih untuk para calon pengantin yang hadir sepanjang digelarnya pameran.

Lontong cap gomeh, nasi gudeg … Selengkapnya

rona

Marion Cotillard Bantah Jadi Orang Ketiga Jolie-Pitt

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris Prancis Marion Cotillard mengatakan perpisahan pasangan Hollywood Angelina Jolie dan Brad Pitt yang mendadak tidak ada sangkut pautnya dengan dirinya. Dia bahkan mendoakan pasangan itu menemukan titik temu dan mengonfirmasi bahwa ia sedang mengandung anak dari pasangan lamanya.

Cotillard (40) mengunggah pernyataan di akun Instagram sehari setelah Jolie menggugat cerai Pitt, di tengah laporan media yang menyebut kemungkinan Cotillard dan Pitt, yang sama-sama membintangi drama perang Allied, diam-diam menjalin asmara.

Aktris peraih Oscar itu mengatakan pernyataan tersebut akan menjadi komentar satu-satunya atas “berita menggemparkan yang muncul 24 jam lalu dan menyeret saya ke dalamnya.”

“Karena situasi ini semakin rumit dan mempengaruhi orang-orang yang saya cintai, saya harus bicara. Pertama, beberapa tahun lalu saya bertemu dengan pria yang saya cintai, ayah dari putra kami dan bayi yang sedang saya kandung. Dia kekasih saya, sahabat saya, satu-satunya orang yang saya butuhkan,” kata Cotillard, merujuk pada aktor Prancis Gullaume Canet.

Dia menutup pernyataan itu dengan menulis, “Saya sangat berharap Angelina dan Brad, yang keduanya sangat saya hormati, akan menemukan titik temu di tengah kegemparan ini.” Nama Cotillard dibawabawa dalam beberapa berita saat media dan penggemar berusaha memahami alasan di balik perceraian mendadak salah satu pasangan paling tersohor Hollywood yang dikenal karena penampilan menawan, film yang sukses serta aktivisme.  Ant/S-1

Ayu Azhari Cintai Betawi Lewat Seni Musik

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selepas menelurkan album Negeri Pelangi, Ayu Azhari nampaknya kian aktif mempresentasikan budaya Betawi lewat sejumlah tembangnya yang kental bernuansa Betawi itu. Kamis (22/9) sore lalu, Ayu berkesempatan melantunkan tembang-tembangnya saat menjadi bintang tamu di event Lomba Seni Nuansa Islami di … Selengkapnya

Konsumsi Keju Kaya Lemak untuk Kesehatan Jantung

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berita baik buat penyuka keju. Dalam sebuah penelitian terbaru menyebut olahan susu memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, salah satunya keju.

Makanan yang satu ini merupakan favorit banyak orang. Hasil olahan makanan dari bahan ini pun banyak dan beragam. … Selengkapnya

David Beckham “Push Up” Amal di Pesawat

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

David Beckham menerima tantangan untuk melakukan push up 22 kali demi meningkatkan kesadaran terhadap peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh para mantan prajurit. Setelah menerima tantangan dari Sutradara Guy Ritchie, mantan kapten sepak bola Inggis ini melakukan push up untuk … Selengkapnya

megapolitan

Dua Pasangan Cagub Daftar ke KPU

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Hingga hari penuntupan pendaftaran, cagub dan cawagub DKI Jakarta, 23 September 2017, KPU menerima tiga pasangan untuk bertarung di pilkada 2017. 

 JAKARTA – Dua bakal calon gubernur (cagub) serta bakal calon wakil Gubernur DKI Jakarta mendaftar diri ke KPU DKI Jakarta untuk Pilkada 2017, Jumat (23/9). Kedua bakal cagub dan cawagub itu adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dan pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno. 

Pasangan Agus-Sylviana berangkat ke KPU DKI Jakarta untuk mendaftarkan diri dari kantor DPP Partai Demokrat pada pukul 19.00 WIB, menggunakan bus berwarna merah. Keduanya tiba di kantor lembaga penyelenggara pemilu Jakarta itu pada pukul 19.45 WIB, dengan masing-masing mengenakan pakaian khas Betawi berwarna putih. Kedatangan Agus-Sylviana disambut oleh penampilan qasidah dari para relawan yang juga bersalawat di depan kantor KPUD. 

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PPP, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni harus melengkapi beberapa syarat. Antara lain surat pengundurkan diri dari posisi masing-masing, 

Selang beberapa menit, setelah pasangan Agus-Sylvi meninggalkan KPU DKI Jakarta, Iringan rebana mengiringi kedatangan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno di kantor KPU DKI Jakarta, untuk mendaftarkan diri sebagai Cagub dan Cawagub di Pilkada DKI Jakarta 2017

Mereka yang diusung dua partai yaitu Gerindra dan PKS tiba di kantor KPU DKI Jakarta sekitar pukul 20.45 WIB. Baik Anies maupun Sandiaga kompak mengenakan atasan putih lengkap dengan kalungan sarung di leher masing-masing.

Selain itu, pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung empat partai lainnya yakni PDI Perjuangan, Golkar, NasDem dan Hanura telah mendaftarkan diri Rabu (21/10) lalu. 

Pilkada Banten 

Sementara itu, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Rano Karno-Embay Mulya Syarif (Rano-Mulya), mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi menaiki mobil oplet yang dipakai dalam film ‘Si Doel’. Sehari sebelumnya satu pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy mendaftar ke KPU Banten.

Pasangan bakal calon yang diusung PDI Perjuangan, PPP, dan Partai Nasdem tersebut tampak duduk di bagian belakang mobil oplet biru diiringi ribuan pendukungnya menuju KPU Provinsi Banten di Jalan Syekh Nawawi Al-bantani, Cipocok Jaya, Kota Serang.

Sebelum berangkat ke KPU untuk mendaftar, tiga partai koalisi pendukung pasangan Rano-Mulya melakukan deklarasi di Stadion Maulana Yusuf Serang. Naskah deklarasi dibacakan bersamaan oleh Ketua DPD PDIP Banten M Sukira, Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Banten Agus Setiawan, dan Ketua DPD Partai Nasdem Wawan Iriawan.

Dalam deklarasi tersebut diisi orasi politik dari masing-masing pengurus DPP Partai pendukung, Ketua masing-masing Parpol di tingkat Provinsi Banten, tokoh dan aktivis pergerakan pemuda Banten Uday Suhada serta mantan Ketua KPK Taufiqurahman Ruki. Hadir juga sejumlah tokoh Banten seperti Muhtar Mandala dan Daenulhay. 

Sementara itu tokoh masyarakat Banten yang juga mantan Ketua KPK Taufiqurahman Ruki juga menyampaikan orasi politiknya di depan ribuan simpatisan dan pendukung pasangan tersebut. 

“Pasangan Rano-Mulya, jika dipercaya untuk memimpin Banten pada 2017-2022 agar bisa mewujdukan cita-cita pembentukan Provinsi Banten yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Taufiqurahman Ruki. pin/nis/pik/emh/Ant/P-5

Bawaslu Pantau Kegiatan Politik Lokasi Terlarang

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta akan memantau kegiatan politik selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 berlangsung. Termasuk memantau lokasi terlarang kegiatan politik seperti sarana pendidikan dan rumah ibadah.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti … Selengkapnya

Pemprov Cari Pengganti Sylviana Murni

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta akan mengadakan lelang jabatan untuk jabatan Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Kepala BKD DKI Jakarta, Agus Suradika mengatakan, untuk jabatan eselon satu, lelang jabatan terbuka bagi seluruh PNS di … Selengkapnya

Penanganan Puting Beliung Diserahkan Ke Bupati

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan, penanganan bencana angin puting beliung di pulau Tidung, Kepulauan Seribu diserahkan kepada Bupati Kepulauan Seribu. Saat ini, tim penanggulangan bencana terus menyalurkan bantuan bagi korban puting beliung.

“Bupati sudah tangani. … Selengkapnya

olahraga

Misi Kembali ke Jalur

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Manchester United berupaya ke jalur kemenangan saat menghadapi juara bertahan Leicester City.

LONDON – Setelah kekalahan berturut-turut di Liga Inggris, Manchester United (MU) akan berharap untuk mengembalikan energi mereka yang hilang dengan merebut kemenangan saat menjamu juara bertahan Leicester City di Old Trafford, Sabu (24/9).

Setelah kalah dari pemimpin klasemen Manchester City dan Watford dan takluk dari Feyenoord di Liga Europa, MU tepaut enam poin dari tim asuhan Pep Guardiola. MU mengoleksi sembilan poin dan berada di posisi ketujuh.

Pelatih MU Jose Mourinho telah berbicara dan bereaksi buruk terhadap hasil negatif itu. Beberapa pengamat merasaakan itu terjadi saat dia mengkritik bek Luke Shaw setelah kekalahan 1-3 dari Watford akhir pekan lalu.

Kemenangan 3-1 atas Northampton Town di Piala Liga, tengah pekan ini mencegah kekalahan berturut-turut, tapi itu bukan kinerja sepenuhnya meyakinkan MU melawan tim kasta ketiga.

Akan ada kepentingan tertentu dalam seleksi tim Mourinho saat menjamu Leicester. Apakah kapten Inggris dan MU Wayne Rooney yang berada dalam performa buruk akan tetap berada pada posisinya.

City yang memenangkan lima pertandingan liga pertama mereka di bawah Guardiola untuk berada di puncak klasemen akan mengunjungi Swansea City untuk kedua kalinya dalam empat hari. City menang 2-1 atas Swansea dalam pertandingan Piala Liga, Rabu.

Striker Sergio Aguero akan tersedia setelah menyelesaikan skorsing tiga pertandingan. City mencetak enam gol tanpa dia dalam dua pertandingan liga melawan MU dan Bournemouth. Everton dan Tottenham Hotspur, dua tim yang terkalahkan lainnya dan masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga, menghadapi perjalanan panjang pada hari Sabtu.

Everton pergi ke pantai selatan untuk menghadapi Bournemouth, yang berada empat tempat dari posisi terbawah. Meski demikian Bournemouth menahan Eeverton 3-3 dalam salah satu pertandingan paling dramatis musim lalu, dengan empat gol tercipta di 10 menit terakhir.

Tottenham, kehilang striker Harry Kane yang cedera dalam lawatan ke klub promosi Middlesbrough. Pendatang baru itu memulai musim dengan baik sebelum kalah pada dua pertandingan terakhir mereka.

Arsene Wenger yang mencapai 20 tahun sebagai pelatih Arsenal pekan ini, akan berharap untuk merayakan kemenangan di derby London saat menjamu Chelsea di Emirates Stadium.

Tim asuhan Antonio Conte tergelincir saat menghadapi Liverpool Jumat lalu turun ke posisi kelima sebelum bangkit dari kekalahan 1-2 itu dengan kemenangan 4-2 atas Leicester di Piala Liga.

Kemenangan Liverpool di Stamford Bridge membawa mereka naik ke urutan keenam dan akan berupaya untuk kemenangan liga ketiga saat berhadapan dengan Hull City.

Jawab Kritik

Pelatih MU Jose Mourinho telah mengecam pengamat sepak bola dengan menyebutnya sebagai “Einstein” karena mengkritik dirinya menyusul tiga kekalahan beruntun.

Meskipun memenangkan empat pertandingan pertama masa jabatannya, Mourinho telah berada di bawah tekanan setelah kemerosotan MU. “Kami memiliki pekan yang buruk. Saya tahu bahwa dunia ini penuh dengan Einstein, saya tahu bahwa mereka mencoba untuk menghapus 16 tahun karier saya,” ujar Mourinho kepada MUTV.

“Mereka mencoba untuk menghapus sejarah yang luar biasa dari Manchester United Football Club dan fokus pada pekan yang buruk dengan tiga hasil buruk. Tapi itulah sepak bola baru, penuh dengan Einstein,” sambungnya.

MU telah diberi kesempatan untuk menebus kekalahan liga terakhir mereka dari City setelah hasil undian Piala Liga kembali mempertemukan dua klub asal Manchester itu di Old Trafford pada babak keempat Piala Liga.

Dengan laga kandang melawan Leicester City dan klub asal Rusia FC Zorya Luhansk di Liga Europa serta Stoke City dalam tiga pertandingan selanjutya, Mourinho berharap timnya bisa kembali merebut beberapa momentum yang hilang itu dalam beberapa pekan mendatang.  ben/Rtr/S-1

Napoli Serukan Kebangkitan

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Pelatih Napoli Maurizio Sarri memprotes wasit setelah timnya gagal menaklukkan Genoa dan menyerukan kebangkitan saat menjamu Chievo Verona di San Paolo, Minggu (25/9) dini hari WIB. Pertandingan itu bakal menyulitkan Napoli karena performa Chievo yang tengah menanjak.

Skor … Selengkapnya

Angkatan Sama, Lifter Jatim Berhak Emas

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Lifter Jawa Timur Dedi Aprianto meraih medali terakhir pada cabang angkat besi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat, yang diselenggarakan di Gelora Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (23/9) sore.

Ia sebenarnya mempunyai total angkatan sama … Selengkapnya

Emre Can Mulai dari Nol

Sabtu 24/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain tengah Liverpool Emre Can mengatakan dia bersedia memulai dari nol untuk mendapatkan kembali tempat reguler dalam tim setelah pulih dari cedera pergelangan kaki. Pemain asal Jerman berusia 22 itu mengalami cedera dalam kemenangan 5-0 atas Burton Albion di Piala … Selengkapnya

kupas

Kemendagri Terus Memantau Setiap Tahapan Pilkada

Sabtu 24/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Dalam Negeri telah membentuk tim pemantauan pemilihan kepala daerah. Tim ini salah satu tugasnya melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam proses pemilihan. Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Daerah-daerah rawan konflik itu antara lain Aceh, Papua, Banten dan juga DKI Jakarta. Karena itu diperlukan deteksi dini untuk mencegah agar konflik ekses dari Pilkada tak terjadi. Tim bentukan Kementerian Dalam Negeri, akan mengumpulkan setiap informasi terkait dinamika yang terjadi dalam tahapan pemilihan.

Hasil pemantauan itu yang akan jadi bahan masukan ke Menteri Dalam Negeri. Tim juga bekerjasama dengan seluruh unsur intelijen, mulai dari Polri, TNI, BIN dan intelijen kejaksaan. Diharapkan dengan adanya kerja deteksi dini, potensi konflik bisa diminimalisir.

Seperti diketahui, tiga pasangan calon yang sudah mendaftar ke KPUD DKI Jakarta, yakni duet Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDIP, NasDem, Hanura dan Golkar. Kedua pasangan Agus Hari Murti Yudhoyono dan Silviana Murni yang diusung Demokrat, PPP, PAN, dan PKB. Serta pasangan ketiga yang didukung Gerindra dan PKS yaitu Anies Baswedan- Sandiaga Uno.

Untuk mengetahui hal itu, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo. Wawancara dilakukan, usai Soedarmo mendampingi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo bertemu dengan Kepala BIN, Jenderal Budi Gunawan, di kantor Kementerian Dalam Negeri. Berikut petikan wawancaranya.

Kemendagri sudah bentuk tim pemantauan Pilkada. Di tahapan mana, menurut hasil pantauan yang rawan terjadinya gesekan?

Setiap pentahapan itu menjadi prioritas pemantauan, jadi kita selalu pada setiap pentahapan kita harus melakukan deteksi secara maksimal sesuai dengan tim yang ada pada masing-masing daerah itu.

Bawaslu kemarin sudah melansir indeks kerawanan pemilu. Salah satunya mencatat, Aceh dan Papua punya tingkat kerawanan yang tinggi. Menurut Anda?

Oh menurut Bawaslu, ya hampir samalah memang daerah-daerah itu jadi prioritas artinya kalau pemantauannya, tapi sampai sekarang masih kondusif juga kedua provinsi yang dianggap rawan tinggi ya. Sampai sekarang masih cukup kondusif.

Pilgub DKI bagaimana? Dipantau Khususkah?

Ya selalu. Apalagi Jakarta jadi barometer. Ya kita sama juga lah bersama-sama dengan yang lain yang masuk dalam tim monitoring, termasuk dengan mitra kita dari BIN, apa namanya, kepolisian kan terus bekerja sama untuk melakukan deteksi dini secara maksimal. Sama dengan tadi dari BIN juga kan, memantau situasi di DKI.

Koordinasi tim dengan institusi intelijen bagaimana bentuknya?

Kan unsurnya di Kesbangpol itu dari BIN, TNI, Polri, Kejaksaan, kan semuanya ada. Termasuk yang di pusat semua utusan ada. Termasuk ya koordinasi kan artinya sudah punya SOP masing-masing. Tetapi karena mereka masih satu tim dan satu tim menemukan mungkin sesuatu yang perlu didiskusikan, ya didiskusikan bersama. Nah ini menjadi masukan ke pimpinan masing-masing.

Jadi yang diprioritaskan dipantau, DKI Jakarta, Aceh dan Papua. Kalau Banten bagaimana?

Termasuk daerah rawan? Banten juga kan. Ya Banten kan karena strik masyarakatnya. Jadi melihatnya ini indikator karakterisitik masyarakatnya. Itu kan juga perlu jadi perhatian.

Anggota TNI dan Polri, harus mundur jika nyalon. Kapan surat pengunduran diri diajukan?

Sebelum masuk, sebelum mendaftar, pada saat mendaftar mereka sudah keluar dari TNI. Itu di TNI yah.

“Kalau Ada yang Menilai PON XIX Kacau, Itu Penilaian Gegabah”

Jumat 23/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 mulai berlangsung 17 September dan akan berakhir 29 September mendatang. 44 Cabang olah raga dipertandingkan pada PON tahun ini. Namun dipertengahan event, sejumlah insiden bermunculan. Mulai dari kericuhan antara atlet, supporter hingga … Selengkapnya

Alokasi Kursi DPR Saat Ini Cederai Amanat Konstitusi

Kamis 22/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Proses penyusunan regulasi penyelenggaraan Pemilu 2019 telah mulai. Saat ini Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri tengah menyusun Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu 2019 (RUU Pemilu). Dari sejumlah materi yang menjadi isu krusial dalam RUU tersebut, isu alokasi kursi DPR ke setiap … Selengkapnya

“Jaksa Farizal Kita Serahkan ke KPK untuk Diproses”

Rabu 21/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pemberantasan Korupsi KPK (KPK) menetapkan Ketua DPD Irman Gusman menjadi tersangka perkara dugaan penerimaan gratifikasi terkait pengurusan kuota gula impor untuk Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 yang diberikan Perum Bulog kepada CV Semesta Berjaya (SB).

Wakil Ketua KPK Laode … Selengkapnya

berita lain

Motif Tradisional Rasa Global

Jumat 23/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gabungan pola tradisional dan komposisi moderen melahirkan interior lokal lekat suasana kontemporer. Paduan interior ini menghiasi ruang publik yang sarat lalu lalang orang dari berbagai latar belakang.

Kawung maupun Jumputan merupakan pola-pola yang biasa terdapat dalam kain tradisional. Pola tersebutlah … Selengkapnya

Teknologi Simulasi 3D untuk “Smart City”

Kamis 22/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

3D experience dapat membantu para penyedia layanan digital untuk mengoptimalkan konten, teknologi dan aplikasi pada perumahan. Untuk kota pintar, teknologi ini bisa membantu memperbaiki kehidupan, kota, dan gaya hidup, melalui sensor-sensor atau Internet of Things.

Kota butuh solusi pintar dalam … Selengkapnya

Mobilio E Prestige CVT 1,5: Nyaman dan Lincah

Rabu 21/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Honda Prospect Motor (HPM ) untuk melahirkan kendaraan bersegmen low MP V memang sangat tepat. Pertama kali muncul pada medio 2014, Honda Mobilio langsung menjadi salah satu idola di segmen low MPV.

Honda Mobilio yang menjadi produk perdana Honda … Selengkapnya