Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | August 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

7 Pembawa 63 Kg Sabu Ditangkap

Kamis 25/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam operasi pemberantasan narkoba, Bareskrim menangkap tujuh tersangka dengan barang bukti 63 kilogram sab-sabu, termasuk salah satunya jaringan internasional Taiwan.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengekspos keberhasilan jajaran Bareskrim yang menangkap tujuh tersangka kasus narkoba dengan barang bukti 63 kilogram sabu-sabu. Penangkapan ini dari tiga kasus sejak awal Agustus 2016. “Ini hasil pengungkapan tanggal 6, 9, dan 17 Agustus.

Kami ekspos pengungkapan sejumlah kasus narkoba. Ada tujuh tersangka yang ditangkap dari tiga jaringan narkoba. Ini termasuk jaringan intenasional yang melibatkan WNA,” kata Jenderal Tito Karnavian, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/8).

Menurut Kapolri, kasus pertama pada Sabtu (6/8), polisi menangkap seorang WNI bernama Dede Fahrul Bin Hasan Neran yang menjadi tersangka kejahatan narkotika jenis sabu-sabu. Kasus tersebut terungkap setelah penyidik memperoleh informasi ada sindikat yang akan bertransaksi sabu-sabu di daerah Tangerang.

Tersangka Dede, tambah Tito, membawa sabu yang disamarkan dalam bungkus kardus bekas seterikaan yang dibungkus plastik dan diletakkan di motornya. Tersangka mengaku disuruh temannya untuk menerima sabu dari seseorang laki-laki bernama Ahong, kemudian diantarkan lagi kepada seseorang yang tidak dikenal.

Barang bukti yang disita yakni narkotika jenis sabu sebanyak dua kilogram, satu ponsel merek Samsung, satu unit sepeda motor merek Yamaha Mio Z kuning emas nopol B 6126 VKM. Selanjutnya kasus kedua yang diungkap polisi adalah kasus sindikat narkoba internasional jaringan Nigeria.

Pada Selasa (9/8), tim Bareskrim menangkap seorang WNA Kenya bernama Mutua Benard Mbithi yang membawa narkoba jenis methamphetamine di Terminal Kedatangan Luar Negeri Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Modus Ditelan

Modusnya, Benard membawa methamphetamine dengan menelan 96 kapsul methamphetamine yang total bobotnya 1,1 kilogram. “Narkotika jenis methamphetamine dibungkus plastik berbentuk kapsul lalu ditelan tersangka,” katanya.

WN Nigeria bernama Enu merupakan daftar pencarian orang (DPO) yang mengendalikan tersangka Benard. Enu diketahui meminta Benard untuk menyerahkan narkoba tersebut untuk dua pemesan di Indonesia.

Setelah penangkapan Benard, pada Rabu (10/8), polisi menangkap dua konsumen Benard di Hotel Kalimas, Jalan KS Tubun Tanah Abang, Jakarta Pusat yakni Suparno (40 tahun, warga Klaten) dan Zamzami (24 tahun, warga Aceh Utara).

Suparno dan Zamzami ditangkap saat menerima masing-masing 50 butir kapsul dan 46 butir kapsul methamphetamine dari Benard. “Hasil pemeriksaan, tersangka Suparno diperintahkan untuk mengantarkan 50 butir kapsul tersebut kepada Yuli Handoyo Putra di Surakarta.

Tim melanjutkan control delivery dan pada 11 Agustus 2016 dilakukan penangkapan terhadap Yuli Handoyo Putra di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Surakarta, Solo Jawa Tengah,” katanya. Sementara pada kasus ketiga, pelakunya yang merupakan sindikat jaringan internasional Taiwan ditangkap polisi pada Rabu (17/8).

Kasus ini terungkap berawal dari informasi masyarakat tentang adanya sindikat narkoba Taiwan yang mengatur peredaran sabu di beberapa apartemen di Jakarta. Setelah penyelidikan, penyidik mengidentifikasi beberapa WN Taiwan yang dicurigai datang dan pergi ke Indonesia tanpa tujuan yang jelas dan berlangsung sangat singkat serta silih berganti.

Penyidik mencurigai beberapa apartemen yang disewa oleh WN Taiwan tersebut yang diduga digunakan untuk menyimpan sabu. Kemudian penyidik menangkap dua WN Taiwan bernama Lin Hsin Han dan Huang Chin Wei di sebuah apartemen dengan barang bukti sebanyak 60 kilogram sabu yang disimpan dalam tiga koper.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan beberapa saksi, yakni tiga WN Taiwan bernama Pai Chun Yi, Siau Yi Yen, dan Cehn Long Jian serta satu orang WNI bernama Martin sebagai sopir rental. Atas perbuatannya, ketujuh tersangka dijerat dengan Pasal 112 Ayat (1) dan Ayat (2) dan Pasal 113 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu, peneliti Pusat Studi Anti Korupsi (Pukat) UGM, Hifdzil Alim, mengatakan kondisi umum lembaga permasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia yang mayoritas membeludak melebihi kapasitas harus dicarikan solusi. Kementerian Hukum dan Ham mesti melihat data penghuni Lapas berdasarkan tindak kejahatan dan berat ringannya hukuman.

Solusi yang diambil belum tentu pembangunan Lapas baru yang membutuhkan anggaran sangat besar ataupun obral remisi. “Seperti pengguna narkoba yang dikurung di Lapas jumlahnya 22 ribu ini bisa dilihat lagi kalau hanya pemakai dan bukan pengedar, mestinya direhabilitasil,” kata Hifdzil. eko/YK/SM/N-3

eFishery, Solusi Digital Budidaya Ikan

Kamis 25/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam ulasannya awal bulan lalu, Forbes menyebut eFishery berpotensi besar menjadi perusahaan teknologi raksasa di Tanah Air.

Tahun-tahun mendatang akan menjadi tahun yang sangat sibuk bagi Gibran Huzaifah, perintis dan CEO Cybreed nama informal dari PT Multidaya Teknologi Nusantara yang … Selengkapnya

10 Proyek Kemdikbud Menyimpangdalam

Kamis 25/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

ICW menemukan 10 proyek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencurigakan, dan berpotensi menyimpang.

JAKARTA – Sebanyak 10 proyek tender pengadaan barang dan jasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2015 berpotensi menyimpang. Ke depan, pengetatan perlu dilakukan agar … Selengkapnya

Kemenkop-Kemdes PDTT Kembangkan OVOP

Kamis 25/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) siap melakukan kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam mengembangkan program satu desa satu produk (one village one product /OVOP) untuk mempermudah aktivitas … Selengkapnya

mondial

Mantan Sekjen PBB Jadi Ketua Komisi HAM di Rakhine

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

YANGON – Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri Myanmar, Aung San Suu Kyi, pada Rabu (24/8) menunjuk mantan Sekjen PBB dan peraih anugerah Nobel Perdamaian, Kofi Annan, sebagai ketua komisi pengawas HAM di Negara Bagian Rakhine. Di negara bagian ini sering terjadi kekerasan antara umat Buddha dan minoritas Muslim Rohingya sehingga program reformasi demokrasi di Myanmar ini selalu terhambat.

“Pemerintah Myanmar ingin menyelesaikan isu politik pelik di Rakhine dan karena alasan itu maka kami membentuk komisi pengawas Rakhine,” demikian pernyataan yang dikeluarkan kantor Suu Kyi. 

Aksi kekerasan berdarah di Rakhine pada 2012 telah menyebabkan lebih dari 100 orang tewas dan 125 ribu warga minoritas Rohingya yang tak diakui kewarganegaraannya oleh Myanmar, harus mengungsi di kamp-kamp dan pergerakan mereka amat dibatasi. Rtr/I-1/AR-3 

“Polling” Terbaru Hillary Pimpin 12 Poin

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari kubu Demokrat, Hillary Clinton, memimpin perolehan jajak pendapat yang dilakukan Reuters/Ipsos dengan angka 12 persen poin atas pesaingnya, Donald Trump, Capres AS dari kubu Republik. “Angka ini yang tertinggi yang pernah … Selengkapnya

Peneliti Oxford: Trump Lebih Psikopat dari Hitler

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 OXFORD – Psikolog dari Universitas Oxford, Inggris, Kevin Dutton, menyimpulkan bahwa calon presiden AS, dari Partai Republik, Donald Trump, memiliki sifat lebih psikopat dari diktator Jerman, Adolf Hitler. Dutton melakukan penelitian menggunakan alat psikometri standar the Psychopathic Personality Inventory – … Selengkapnya

Thailand Kembali Diguncang Bom

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BANGKOK – Thailand kembali diserang bom. Pada Selasa (23/8) tengah malam dua bom meledak di kota Pattani, Thailand. Terdapat satu korban tewas dan 30 korban luka-luka.Serangan bom ini terjadi kurang dari dua pekan setelah serangan bom dan aksi pembakaran di … Selengkapnya

ekonomi

Pemerintah Sasar Kebutuhan Papan Masyarakat Bawah

Kamis 25/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Saat ini, pengembang perumahan mewah enggan melaksanakan kewajibannya untuk menyediakan hunian menengah dan murah.

Jakarta. – Pemerintah mengumumkan paket deregulasi XIII yang berkaitan dengan penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Paket kebijakan ekonomi tersebut dimaksudkan mendorong tercapainya target Program Pembangunan satu juta rumah, meningkatkan aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan rumah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/8), mengatakan paket kebijakan ini diharapkan akan mendorong harga terjangkau, perijinan sederhana, regulasi sederhana, biaya pembangunan juga akan lebih murah.

Pramono mengatakan paket kebijakan XIII ini menjawab apa yang menjadi dasar yang harus dijalankan atau tanggungjawab negara yang berkaitan dengan salah satu kebutuhan pokok, yaitu sandang, papan, pangan. “Ini berkaiatan dengan papan (rumah),” kata Pramono.

Dengan paket kebijakan XIII ini, katanya, pemerintah berharap dapat direspons dunia perbankan dan pelaku usaha perumahan untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tujuan paket kebijakan ini adalah mendorong tercapainya target Program Pembangunan satu juta rumah, meningkatkan aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan rumah.

Paket kebijakan ini juga akan 10.121menyederhanakan perizinan dan mengurangi biaya serta waktu yang diperlukan untuk pengurusan izin pengembangan hunian murah, mengatur percepatan perizinan pembangunan rumah tapak bagi MBR di atas lahan maksimal 5 ha, sehingga peraturan yang akan disiapkan akan lebih mudah diimplementasikan dan mendorong iklim berusaha bagi badan hukum di bidang perumahan dan permukiman sekaligus dalam upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Darmin mengungkapkan, saat ini rata-rata kepemilikan rumah (ownership home rate) sebesar 78,7 persen, sisanya non milik (sewa/kontrak/numpang) dan 3,1 juta rumah tangga memiliki rumah lebih dari satu serta 11,8 juta rumah tangga tidak memiliki rumah sama sekali.

Pengembang Enggan

Menko Perekonomian mengungkapkan, saat ini masih terjadi keengganan pengembang hunian mewah untuk melaksanakan kewajiban guna menyediakan hunian menengah dan hunian murah.

Hal ini dikarenakan untuk membangun hunian murah seluas 5 Ha memerlukan proses perizinan lama, yang saat ini terdapat 33 izin atau syarat dan memerlukan 769-981 hari serta biaya yang besar.

Untuk itu, perlu adanya penyederhanaan perizinan bagi pembangunan rumah khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang juga didukung berbagai Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah.

Dengan demikian, pemerintah mengeluarkan paket kebijakan XIII, yaitu yang akan menyederhanakan jumlah dan waktu perizinan dengan menghapus atau mengurangi berbagai perizinan dan rekomendasi yang diperlukan oleh pengembang untuk membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada awalnya diidentifikasikan sebanyak 33 perizinan dan tahapan dideregulasi menjadi 11 perizinan guna mempercepat waktu penyelesaian proses perizinan.

Dengan pengurangan perizinan dan tahapan serta percepatan waktu proses perizinan tersebut maka waktu pembangunan MBR selama ini yang rata-rata mencapai 769-981 hari dapat dipercepat menjadi 44 hari.

Darmin menyebutkan perizinan yang dihilangkan menyangkut izin lokasi dengan waktu 60 hari kerja, rekomendasi peil banjir dengan waktu 30-60 hari kerja, persetujuan gambar Master Plan dengan waktu 7 hari kerja.

Selanjutnya surat permohonan pengesahan gambar site plan dengan waktu 5-7 hari kerja, persetujuan dan pengesahan gambar site plan dengan waktu 5-7 hari kerja, dan izin cut and fill dengan waktu 5 hari kerja serta Analisa Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Andal Lalin) dengan waktu 30 hari kerja. fdl/Ant/E-10

Butuh Kerja Keras Kejar Target

Kamis 25/8/2016 | 06:23
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Pemerintah mesti bekerja lebih keras lagi untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini. Sebab, sejumlah faktor baik eksternal maupun internal berpotensi menghambat upaya pemerintah mencapai target pertumbuhan 5,2 persen, seperti tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan … Selengkapnya

DPR Setujui 4 BUMN Diprivatisasi

Kamis 25/8/2016 | 06:05
A   A   A   Pengaturan Font

DPR juga meminta kepada Kementerian BUMN untuk memprioritaskan produk dalam negeri, pekerja lokal, sinergi BUMN, dan kontraktor nasional dalam pengadaan barang dan jasa.

JAKARTA. – Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pemerintah melakukan privatisasi empat Badan Usaha Milik Negara … Selengkapnya

Bank Mandiri Terbitkan Obligasi Rp5 Triliun

Kamis 25/8/2016 | 06:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap I dengan target indikatif 5 triliun rupiah.

Perseroan telah menunjuk empat perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Securities dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Direktur … Selengkapnya

rona

Demi Lovato Digugat Hak Cipta oleh Band Indie Sleigh Bells

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi dan aktris Demi Lovato dituduh melanggar hak cipta oleh band rock indie Amerika Sleigh Bells. Alexis Krauss dan Derek Miller dari band yang berbasis di Brooklyn itu menyatakan dalam gugatan yang diajukan di pengadilan California bahwa Stars, lagu dari album Confident (2015) milik Lovato, berisi materi signifikan yang diambil dari lagu mereka berjudul Infinity Guitars yang rilis pada 2010.

Dalam dokumen itu, Sleigh Bells menyatakan kemiripan antara dua lagu itu bukan cuma kebetulan.

Dalam tweet pada November 2015, Sleigh Bells (@sleighbells) terang-terangan mempertanyakan hal itu kepada penyanyi yang dulunya bintang Disney Channel itu.

“@ddlovato Demi Lovato flattered you guys sampled Infinity Guitars & Riot Rhythm for “Stars: but we were not contacted,” tulis dua musisi itu. “Gotta clear those.”

Saat itu, produser Stars Carl Falk dan Rami Yacoub mengatakan tidak ada pelanggaran hak cipta dan Lovato tidak terlibat dalam produksi lagu.

Band indie itu ingin dugaan pelanggaran hak cipta diproses secara hukum serta meminta bayaran atas kerugian yang besarnya belum diketahui. Perwakilan Lovato belum berkomentar.  Ant/S-1

Noah Mulai Siapkan Materi Album Baru

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tampil memukau di konser Anniversary Celebration, Selasa (23/8) malam lalu, di MNC Studio, Jakarta Barat, grup band Noah nampaknya berhasil membuktikan diri masih menjadi salah satu band paling sukses di Tanah Air. Selain tampil solo, Noah juga sukses berkolaborasi dengan … Selengkapnya

Tukul Arwana Ikhlaskan “Kepergian” Sang Istri

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Istri komedian Tukul Arwana, Hj Susiana, atau sering dipanggil Susi Similikiti meninggal dunia pada Selasa (23/8) pukul 18.00 WIB di RS Brawijaya, Jakarta. Susiana dinilai sebagai sosok yang pendiam. Hal tersebut disampaikan pelawak sekaligus sahabat Tukul, Nunung, yang mengaku mengenal … Selengkapnya

Awas Amuba Air Tawar Pemakan Otak

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sungguh menyenangkan bisa menjalankan hobi. Hal tersebut tidak berlaku bagi Hally Yust, warga Kansas, AS. Bagi dia, hobi bermain ski air berujung malapetaka. Amuba yang mengontaminasi air tawar menyerang jaringan otaknya dan berakibat fatal.

Sebenarnya amuba memiliki banyak jenis spesies. … Selengkapnya

megapolitan

Polisi Visum Terduga Korban Pencabulan Supir

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Penyidik Polda Metro Jaya akan memvisum pelajar SMP berinisial ASN, 15 tahun, yang diduga menjadi korban pencabulan dilakukan supir Ahmad Asri (26) guna memastikan terdapat unsur tindak pidana atau tidak.

Kepala Unit V Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Buddy Towoliu di Jakarta, Rabu (24/8), mengatakan penyidik juga akan membujuk kepada orang tua korban agar ASN bercerita perihal kelakuan Ahmad. “Orang tuanya agar membujuk ASN menceritakan perbuatan apa saja yang dilakukan Ahmad,” kata Buddy.

Penyidik kepolisian juga, menurut Buddy menunggu orang tua ASN melapor ke Polda Metro Jaya terkait tindakan yang telah dilakukan Ahmad tersebut. 

Buddy menyatakan sejauh ini Ahmad membantah telah bertindak asusila terhadap putri majikannya itu saat mengemudikan mobil. Ahmad beralasan foto ASN yang terlihat tidak pantas pada telepon selular itu merupakan bercandaan dengan korban saat di mobil.

Sebelumnya, seorang pengendara mengirimkan viral melalui pesan singkat “Whatsapp” terkait seorang supir diduga mencabuli seorang anak di dalam mobil bernomor polisi B-8506-HO pada Senin (22/8). pik/ant/P-5

Ratusan Preman Sempat Menduduki Usakti

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Konflik  di Universitas Trisakti kembali memanas. Pada Rabu dini hari (24/8), ratusan orang yang diduga preman  berusaha menduduki universitas berlokasi di Grogol, Jakarta Barat tersebut. Pihak keamanan yang sedang berjaga malam di kampus,  dilumpuhkan oleh mereka. Setelah itu, … Selengkapnya

350 Wajib Pajak Ikut Sosialisasi Amnesti Pajak

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA -Sebanyak 350 wajib pajak (WP) menghadiri sosialisasi amnesti pajak yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kecamatan Tanjung Priok, di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (24/8).

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Utara, Rusdiyanto mengatakan, program amnesti pajak merupakan … Selengkapnya

Polisi Kantongi Calon Tersangka Pembunuh Akseyna

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Penyidik Polda Metro mulai menemukan titik terang misteri kematian mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) Akseyna Ahad Dori. Polisi mengantongi nama yang berpotensi menjadi tersangka.

“Sudah ada satu potential suspectnya, tapi … Selengkapnya

olahraga

Cristiano Ronaldo Termotivasi Zidane

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Cristiano Ronaldo memuji penunjukan Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid. Dia mengatakan hal itu sebagai katalis untuk salah satu musim terbaik dari karirnya.

Laporan di Spanyol mengatakan Ronaldo memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan mantan pelatih kepala Rafael Benitez, yang kemudian digantikan oleh Zidane di Santiago Bernabeu pada bulan Januari lalu.

Benitez menuai banyak kritik untuk gaya negatif yang diterapkannya pada gaya permainan Madrid. Tapi di bawah Zidane, klub menyelesaikan La Liga dengan memenangkan 12 laga beruntun dan hanya kalah satu poin dari Barcelona yang menjadi juara. Sementara mereka juga memenangkan Liga Champions melalui adu penalti dramatis atas Atletico Madrid.

Ronaldo melanjutkan prestasinya dengan meraih gelar internasional pertama bersama Portugal di Piala Eropa 2016. Sukses pemain berusia 31 tahun bersama klub dan negaranya membuat dia favorit untuk membawa pulang penghargaan Pemain Terbaik Eropa yang akan diberikan pada Kamis malam waktu setempat.

“Kami memenangkan Liga Champions dan saya pencetak gol terbanyak dan itu mungkin salah satu musim terbaik dalam karir saya,” sambungnya.

“Hanya dengan melihat trofi, saya yakin itu menjadi musim terbaik saya. Saya juga memenangkan Piala Eropa bersama Portugal, yang merupakan keberhasilan luar biasa bagi saya,” tandasnya.

Ronaldo berada pada daftar tiga nominasi penerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa bersama dengan rekan setimnya Gareth Bale dan striker Atletico Antoine Griezmann. Pengumuman pemenang akan berlangsung di Monaco pada undian babak grup Liga Champions.  ben/Rtr/S-1

Christo/David Melaju ke Perempat Final

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MAKASSAR – Petenis andalan Indonesia, Christopher Rungkat berhasil melaju ke perempat final Permata Bank Men’s Future 2016, baik untuk nomor tunggal maupun ganda yang berlangsung di lapangan tenis Karebosi, Makassar. Di tunggal putra, peringkat 564 dunia itu mengalahkan petenis kualifikasi … Selengkapnya

Ekiden 10 K, Ketegori Baru di Combi Run 2016

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perhelatan tahun keempat Combi Run 2016 bakal menghadirkan kategori baru lomba lari di Indonesia. Adalah Ekiden 10 K yang merupakan lomba lari estafet di mana pemenangnya akan mendapatkan tiket untuk tampil di Singapura Marathon 2017 mendatang.

CEO Combiphar, … Selengkapnya

Kedatangan Bravo Sinyal Kepergian Hart

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Claudio Bravo telah meninggalkan Bandara Barcelona pada Selasa (23/8) waktu setempat dan kepindahannya ke Manchester City kemungkinan akan memicu kepergian kiper Joe Hart. Bravo yang kini berusia 33 tahun akan menjalani tes medis di Stadion Etihad pekan ini … Selengkapnya

kupas

Amendemen Bisa Direalisasi 2017

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wacana amendemen Undang-Undang Dasar 1945 terus bergulir. Adalah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang getol menyuarakan itu. Konstitusi perlu diamendemen. Terlebih setelah bergulirnya wacana tentang perlunya Garisgaris Besar Haluan Negara atau GBHN.

Seperti gayung bersambut, dukungan terhadap amendemen datang pula dari lembaga lainnya. Dewan Perwakilan Daerah (DPD), adalah salah satu lembaga yang mendukung dan memandang perlu konstitusi kembali diamendemen. Tapi, DPD berpendapat, amendemen sebaiknya dilakukan terbatas.

Lembaga para senator ingin amendemen memasukan pula penguatan DPD. Kewenangan DPD serta perannya perlu diperkuat. Dan, itu bisa dilakukan lewat amendemen. Dengan begitu, posisi DPD tak lagi seakan-akan jadi ‘pemanis’ serta ‘pelengkap’ lembaga legislatif.

Tapi, punya peran, kewenangan, juga ‘taring’. Untuk mengetahui hal itu lebih jauh, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Wakil Ketua DPD, GKR Hemas, di Jakarta, Rabu (24/8) malam. Berikut petikan wawancaranya.

DPD mendukung penuh rencana amendemen UUD 1945, apa pertimbangannya? Kami, di DPD RI mendukung penuh rencana MPR untuk melakukan amendemen UUD 1945. Hanya saja kami mendukung amendemen itu dilakukan terbatas. Jadi amendemen terbatas.

Kapan idealnya amendemen dilakukan? Menurut saya, rencana amendemen sudah bisa direalisasikan pada Rapat Paripurna MPR yang akan digelar September 2017. Dan, langkah menuju amendemen ke-5 UUD 1945 sebenarnya kan sudah bergulir, ketika MPR membentuk Lembaga Kajian Konstitusi (LKK) periode 2014-2019 ini.

LKK ini merupakan kelanjutan dari rekomendasi MPR RI periode lalu. Ini hasil kajian Tim Kajian Sistem Ketatanegaraan Indonesia (Tim KSKI). LKK pun telah menghasilkan berbagai kajian penting. Saya kira jadwal pelaksaan amendemen pada September 2017 itu sangat tepat. Saya berharap seluruh proses menuju amendemen ke-5 dapat berjalan dengan baik.

Amendemen ini kan sifatnya terbatas. Ini menyangkut apa saja? Amendemen itu terbatas pada perlunya haluan negara yang bersifat komprehensif, yakni berisi pembangunan jangka panjang dalam bidang sosial budaya, politik, pertahanan, Pancasila serta bidang lainnya. Dan penguatan peran DPD RI. Itu yang kami sangat sepakat.

Langkah DPD sendiri dalam mengawal proses amendemen seperti apa? DPD RI tentu akan mengawal agar proses selanjutnya berjalan dengan baik dan benar sehingga tujuan utama amendemen berupa penyempurnaan sistem ketatanegaraan Indonesia dapat terwujud sesuai cita-cita reformasi dan demokrasi.

Mengenai penguatan DPD sendiri? Penguatan DPD melalui amendemen ini bukan semata-mata hanya untuk kepentingan DPD. Tapi lebih besar dari itu, ini demi perbaikan sistem ketatanegaraan yang ada di Indonesia.

Pimpinan DPD getol melakukan komunikasi dengan pimpinan partai. Ini terkait itu? Agar amendemen kelima ini terwujud ya tentu DPD membutuhkan dukungan dari partai-partai politik. agus supriyatna/AR-3

Kelompok Abu Sayyaf Kini Dikepung 10 Ribu Pasukan Filipina

Rabu 24/8/2016 | 05:29
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filipina terkait pembebasan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang masih disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina.

Hal ini dilakukan meski dua sandera atas nama Sofyan (anak buah kapal TB Charles 001) … Selengkapnya

“Jalan Pintas Memotong Antrean Berhaji Berbuah Malapetaka”

Selasa 23/8/2016 | 06:24
A   A   A   Pengaturan Font

Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI ) menggunakan paspor Filipina aspal (asli tapi palsu) untuk berhaji ke Tanah Suci. Paspor diketahui aspal, karena dokumennya asli, tapi cara mendapatkannya ilegal.

Saat inAkibatnya, i ke-177 WNI tersebut ditahan di pusat penahanan imigrasi … Selengkapnya

Danau Toba Cepat Berkembang Jika Aksesnya Dikebut

Senin 22/8/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak dipungkiri bahwa Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sumatera Utara,yang merupakan kawah seluas 1.145 kilometer persegi ini terus menjadi perhatian dunia karena keindahannya.

Untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan berikut ini perbincangan reporter Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas dengan … Selengkapnya

berita lain

Interior Bambu Terkendala Pengawetan

Jumat 19/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan bambu sebagai bahan interior maupun pelengkap arsitektur masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, bambu memerlukan perawatan khusus. Sehingga, para desain interior maupun arsitek masih enggan menggunakan sebagai pelengkap interior maupun arsitektur.

Proses pengawetan selalu menjadi kendala setiap akan mengelah … Selengkapnya

Speaker “Bluetooth” Beragam Fungsi

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu aksesori yang dibutuhkan dalam mendengarkan musik dari ponsel adalah speaker. Speaker dengan koneksi bluetooth dengan bermacam fungsi dan model bakal hadir di pasaran sebentar lagi.

LG akan segera memamerkan empat produk speaker dengan koneksi bluetooth pada ajang IFA … Selengkapnya

Teknologi Mesin Kian Inovatif

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para produsen otomotif terus menyempurnakan mesin bakar (combustion engine). Pasar sudah dijejali teknologi hibrida, mesin listrik, dan fuel cell. Pabrikan terus berusaha membuat mesin bakar tampil lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan tetap bertenaga.

Mazda dan BMW merupakan salah satu pabrikan … Selengkapnya