Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | April 29 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Beban Obligasi Rekap Membuat RI Terus Berutang

Jumat 29/4/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Alihkan bunga obligasi rekap untuk laksanakan kewajiban konstitusional negara.
Pemerintah mesti transparan ungkap beban negara akibat megaskandal BLBI.

JAKARTA – Pemerintah setiap tahun selalu mencari tambahan utang untuk menambal defisit APBN yang semakin melebar. Anggaran negara kian terbebani oleh pembayaran bunga-berbunga obligasi rekapitalisasi perbankan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) karena pemerintah senantiasa menerbitkan surat berharga negara (SBN) yang mengandung bunga.

Tahun ini, pemerintah akan mengusulkan pelebaran defisit dalam revisi APBN 2016. Saat ini target defisit APBN ditetapkan 273,2 triliun rupiah atau 2,15 persen produk domestik bruto (PDB), dan dalam Rancangan APBN Perubahan diusulkan naik menjadi 315,3 triliun rupiah atau 2,5 persen PDB.

Pemerintah berencana mencari tambahan utang 46 triliun rupiah pada tahun ini antara lain dengan menerbitkan Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR002. Pengamat ekonomi dan politik dari Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad, menilai defisit APBN 2016 sangat mengkhawatirkan.

Di satu sisi, pemerintah kesulitan meningkatkan pendapatan pajak, di sisi lain beban pembayaran cicilan pokok dan bunga utang, terutama bunga obligasi rekap kian memberatkan. “Berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan belum juga berhasil. Bahkan, kebijakan tax amnesty diperkirakan akan molor, sementara kebutuhan untuk belanja negara tidak bisa dihindari.

Di tengah posisi sulit ini pemerintah malah menerbitkan surat utang lagi. Ini artinya akan semakin membuat bangsa kita masik ke dalam jebakan utang,” kata Herdi saat dihubungi, Kamis (28/4). Menurut dia, pemerintah harus berani membuat kebijakan yang berpihak rakyat dan bersifat jangka panjang.

“Seharusnya pemerintah bisa mengurangi pengeluaran yang selama ini membebani anggaran, yakni pembayaran bunga obligasi rekap. Kalau obligasi rekap dipertahankan, sampai kapan pun APBN kita tidak sehat dan utang negara sulit terbayar,” papar Herdi.

Sebelumnya, sejumlah kalangan, seperti Koalisi Anti Utang (KAU), juga menilai aneh sikap pemerintah yang tidak menganggap pembayaran utang sebagai beban anggaran dan membatasi kemampuan negara untuk menjalankan kewajiban konstitusi yaitu, melindungi, mencerdaskan, dan menyejahterakan rakyat.

Padahal, beban pemerintah dalam membayar utang tersebut termasuk bunga obligasi rekapitalisasi dari BLBI, akan terus menggerogoti APBN hingga 2055.

Transparansi APBN
KAU pun mendesak pemerintah transparan dalam setiap Nota Keuangan APBN dengan cara membuka status obligasi rekap, termasuk serangkaian rekayasa surat utang seperti reprofiling (diperpanjang) hingga 2043 yang membuat obligasi rekap terlihat seolah sebagai surat utang negara (SUN) reguler.

Melalui transparansi itu akan terlihat beban bunga SUN maupun rincian yang berasal dari obligasi rekap, yang merupakan beban akibat kejahatan ekonomi dalam mega skandal BLBI. Selain itu, pemerintah harus menghapuskan pembayaran bunga obligasi rekap dalam APBN dan mengalihkan dana untuk melaksanakan kewajiban konstitusional negara.

Terkait penerbitan SBR, Direktur Jenderal Pengelolaan dan Pembiyaan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Robert Pakpahan, mengatakan SBR002 dapat menampung sedikitnya 3 triliun rupiah dana individu. “Targetnya 3 triliun rupiah. Penawaran agen penjual lebih dari 3 triliun rupiah mendekati 4 triliun rupiah,” ujar Robert. YK/SB/bud/WP

UKM Diberikan Kemudahan Usaha

Jumat 29/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengumumkan paket kebijakan deregulasi XII tentang kemudahan memulai usaha bagi usaha kecil menengah (UKM). Pengumuman paket kebijakan deregulasi XI itu disampaikan langsung oleh Presiden dengan cara pemaparan kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/4). … Selengkapnya

5 Warga Tiongkok Pekerja Kereta Cepat Akan Dideportasi

Jumat 29/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima buruh Tiongkok yang ditangkap di Halim itu tidak memiliki izin kerja dan hanya menggunakan visa turis.

JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan pemerintah akan mendeportasi lima warga negara Tiongkok yang ditangkap Tim Patroli TNI … Selengkapnya

Lamban Usut Superblok GI, Kejagung Diprotes

Jumat 29/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sejumlah elemen masyarakat memprotes Kejaksaan Agung (Kejagung) karena dinilai lamban dalam menangani perkara penyalahgunaan kontrak Superblok Grand Indonesia, yakni pembangunan Menara BCA dan Apartemen Kempinski, yang diduga merugikan keuangan negara sekitar 1,29 triliun rupiah.

Elemen masyarakat dari … Selengkapnya

mondial

KBRI Kembali Repatriasi 41 WNI dari Suriah

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus kembali melakukan repatriasi warga negara Indonesia (WNI) gelombang ke-274, dan sebanyak 41 orang dipulangkan ke Tanah Air dari Suriah pada 25 April 2016.

“Para WNI yang merupakan pekerja migran itu dipulangkan ke Indonesia via Bandara Internasional Damaskus setelah diselesaikan segala permasalahannya,” demikian keterangan pers dari KBRI Damaskus yang diterima di Jakarta, Kamis (28/4).

Para pekerja migran Indonesia yang direpatriasi tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, dan lainnya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTB. Mereka berhasil dipulangkan setelah segala permasalahan dan hak-haknya dengan majikan diselesaikan.

Jumlah WNI yang dipulangkan pada gelombang 274 itu merupakan yang terbanyak sejak tahun lalu, dan repatriasi kali ini didampingi oleh staf KBRI Damaskus, Mohammad Zubair Moehdir. Dengan keberangkatan sebanyak 41 WNI itu, hingga saat ini di tempat perlindungan di KBRI Damaskus masih terdapat sekitar 20 WNI korban perdagangan manusia yang sedang diperjuangkan hak dan kepulangannya. Ant/I-1

Presiden Xi Tak Ingin Peperangan di Semenanjung Korea

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sebagai sekutu dekat Korut, pihak Tiongkok tak ingin terjadi peperangan akibat peningkatan ketegangan di wilayah Semenanjung Korea dan mengharapkan kawasan itu bebas dari persenjataan nuklir.

 BEIJING – Pemerintah Tiongkok tidak akan membiarkan kekacauan dan peperangan meletup di Semenanjung Korea. Demikian … Selengkapnya

Trump Kembali Mainkan Isu Jender

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHINGTON – Persaingan antara bakal calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, dan Partai Demokrat Hillary Clinton, mulai makin memanas. Trump menuding Hillary telah mengeksploitasi jendernya sebagai perempuan untuk memenangkan suara.

Trump dan Clinton sama-sama bakal calon … Selengkapnya

RI Akan Gelar Pertemuan Trilateral

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Menyusul kasus penyanderaan 14 warga negara Indonesia (WNI) oleh kelompok militan di Filipina yang masih menggantung, pemerintah Indonesia akan menggelar sebuah pertemuan tiga negara antar para Menteri Luar Negeri dan Panglima Militer dari Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Pertemuan … Selengkapnya

ekonomi

Literasi Keuangan Masih Rendah

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ke depan, risiko dan biaya kesehatan meningkat signifikan sehingga dibutuhkan perencanaan keuangan yang tepat guna mengantisipasi permasalahan.

Jakarta – Tingkat literasi keuangan masyarakat, terutama di bidang asuransi, masih rendah sehingga permasalahan finansial acapkali muncul di kemudian hari. Karenanya, dibutuhkan peran serta, bukan hanya pembuat kebijakan (stakeholder) melainkan juga perusahaan asuransi, untuk bersama-sama meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Lemahnya tingkat perencanaan keuangan masyarakat diindikasikan dari masih minimnya penterasi asuransi. Data terbaru menunjukkan tingkat penetrasi industri asuransi, terutama asuransi jiwa, hanya mencapai hampir dua persen dari total populasi penduduk Indonesia sekitar 250 juta.

Bahkan, hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013 menunjukkan dari 100 orang, hanya 17 orang yang paham terhadap asuransi. “Banyak masyarakat berpandangan asuransi tak dapat diambil sewaktu-waktu, berbeda dengan tabungan. Padahal, asuransi berorientasi untuk jangka panjang,” jelas Direktur Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah OJK, Mochamad Muchlasin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Charlie Limboro, Direktur Keuangan AXA Financial Indonesia (AFI) menilai pola pikir lama sebagian masyarakat menjadi salah satu faktor utama rendahnya perencanaan keuangan mereka.

“Selama ini, mereka (masyakarat) masih mengandalkan anggota keluarga lain jika menghadapi kesulitan keuangan, termasuk dalam hal biaya pengobatan. Padahal, saat ini, kondisi telah banyak berubah. Anggota keluarga lainnya pastinya mempunyai kebutuhan masing-masing sehingga tak dapat membantu secara maksimal,” jelasnya dalam media gathering menyoal kampanye kesehatan oleh AXA di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karenanya, Charlie menambahkan perencanaan keuangan, terutama untuk perlindungan kesehatan, untuk penyakit kritis, sangat penting.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan penyakit kritis akan menyebabkan 75 persen kematian di dunia pada 2020.

Menyadari atas peningkatan risiko penyakit kritis di masyarakat, AXA menghadirkan perlindungan lengkap dari tahap awal hingga akhir serta perlindungan pada Anak.

“Ini sesuai dengan komitmen AXA untuk menyediakan solusi perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” kata Dr. Faustinus Wirasadi, Direktur Operasional AFI.

WIKA “Rights Issue” Rp2 Triliun

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Sekalipun pemerintah telah mengalokasikan Penyertaan Modal Negara namun WIKA akan tetap melakukan rights issue.

JAKARTA – Emiten pelat merah bidang konstruksi, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), berencana akan menerbitkan saham baru melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau rights … Selengkapnya

Tiga BUMN Kerja Sama Integrasi

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa transportasi, yaitu PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Angkasa Pura I bekerja sama di bidang integrasi antarmoda transportasi.

“Kerja sama tersebut untuk mewujudkan komitmen dalam mendukung … Selengkapnya

“Net Sell” Mendominasi Pasar Efek

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Selama hampir sepekan aksi investor asing mendominasi pasar saham. Meski di awal perdagangan investor asing lebih banyak melakukan aksi beli (net buy) dengan perolehan sebesar 118,34 miliar rupiah, namun pada perdagangan tiga hari berikutnya justru terjadi aksi jual … Selengkapnya

rona

Menjelajah Tempat-tempat Belanja di Kota Bandung

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berwisata sambil belanja pasti jadi hal menyenangkan bagi para penggemar shopping. Sambil menikmati waktu santai bersama orang-orang tercinta, sekaligus mencuci mata dan berbelanja juga. Mulai dari melihat dan memilih barang bagus, menawar, dan akhirnya membeli, tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Masalah tempat tujuan, Kota Bandung yang dikenal dengan sebutan Kota Kembang dan julukan Paris Van Java adalah juaranya. Tanpa perlu kesulitan Anda akan menemukan beragam destinasi wisata belanja mulai mall, pertokoan, factory outlet, hingga distro.

Tidak hanya produk lokal, produk mancanegara dengan harga terjangkau pun tersedia lengkap sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, sebelum berburu tempat perbelanjaan yang nyaman dan sesuai keinginan, ada baiknya mengetahui dulu tempat mana saja yang bisa dijadikan objek wisata belanja untuk si shopaholic. Berikut informasinya.

Pasar Baru

pasar-baru-bandung1

Pasar Baru merupakan pasar tradisional terbesar di Bandung yang dulunya sempat dinobatkan sebagai pasar terbersih se Hindia Belanda. Meskipun telah dipugar ulang menjadi pusat pertokoan lengkap pada 2001, pasar baru tidak berubah nama dan tetap menawarkan harga murah serta bisa ditawar. Berlokasi di jalan Oto Iskandardinata (Otista), pasar baru sudah terkenal hingga ke mancanegara sebagai surganya fashion berupa pakaian grosiran, aneka jenis dan model kerudung, batik, pakaian formal, dan banyak perlengkapan lainnya dengan harga terjangkau.

Bandung Trade Center (BTC)

BTC

Tak berbeda dengan kelengkapan barang fashion yang terdapat di Pasar Baru, BTC juga menawarkan harga murah dengan kenyamanan yang lebih. Berlokasi di Jalan Dr Djundjunan No. 143- 149, bisa dilewati jika menuju tol Pasteur, BTC dijuluki juga sebagai fashion centre yang tak boleh dilewatkan sebagai objek wisata belanja di Bandung.

Cibaduyut

cibaduyut

Sejak memecahkan rekor kawasan wisata belanja terpanjang di dunia dan diresmikan oleh Pemerintah RI pada 1989 sebagai tempat tujuan wisata, Cibaduyut semakin dikenal luas sebagai sentra kerajinan tangan dan pengrajin sepatu berkualitas.

Berlokasi tak jauh dari terminal Leuwipanjang, produk-produk buatan sendiri yang dikreasikan para pengrajin Cibaduyut sudah terkenal hingga mancanegara. Makanya jangan aneh jika banyak produk lokal keluaran Cibaduyut memiliki kualitas bergengsi sekelas pasar dunia.

Selain sepatu, aneka produk lainnya seperti jaket, tas, dompet, aksesoris serta souvenir berbahan kulit asli juga diproduksi dan bisa didapatkan dengan harga relatif murah.

Cihampelas

cihampelas

Cihampelas telah dikenal sejak lama sebagai lokasi perbelanjaan jeans terbesar di Bandung. Mulai dari baju, tas, hingga pernak-pernik lainnya berbahan jeans dengan harga terjangkau mudah ditemukan di sepanjang tempat ini. Selain menawarkan varian produk fashion jeans dengan harga dan kualitasnya yang bersaing, deretan toko di sepanjang Cihampelas juga didesain dengan unik sehingga menarik dan layak menjadi lokasi wisata yang menyenangkan. Tambah lagi, di Cihampelas juga terdapat mall Ciwalk yang populer sebagai lokasi hangout dan wisata belanja.

Factory Outlet (FO)

bdg-factory-outlet (edit)

Sejauh ini Bandung dikenal sebagai surganya factory outlet. Bagi penggemar wisata belanja, pilihan satu ini tentu menjanjikan barang berkualitas ekspor dengan harga miring sekaligus kenyamanan berwisata. Meskipun nyaris di tiap sudut kota Bandung terdapat factory outlet, namun 3 titik utama FO bisa ditemukan sepanjang jalan Dago, jalan Riau, dan jalan Setiabudi. Sambil berwisata, kerindangan pohon dan kuliner khas Bandung bisa sekaligus dinikmati sepanjang jalan tersebut.

Gasibu

Berlokasi di pusat kota sekitar gedung sate, pasar dadakan Gasibu bisa dijadikan objek wisata belanja terutama pada hari minggu pagi. Mulai dari berbagai item fashion seperti celana, pakaian, kerudung, pernak-pernik, hingga perlengkapan sekolah, kuliner, dan peralatan rumah tangga tersedia lengkap di pasar kaget satu ini. Jadi, jadwalkan hari minggu pagi untuk berolahraga sekaligus bersantai bersama keluarga sambil wisata belanja murah di tempat ini.

Cimol Gede Bage

cimol gedebage

Salah satu wisata belanja di Bandung yang tidak boleh dilewatkan adalah Pasar Induk Gede bage. Sebagaimana namanya, cimol bermula dari kemunculan Cibadak Mall pada akhir 90-an. Uniknya, Cibadak mall bukanlah pusat perbelanjaan berbentuk mall, melainkan hanyalah nama yang mewakilkan para pedagang emperan membuka lapak pakaian bekas di sepanjang jalan Cibadak. Setelah berpindah lokasi sekian kali, saat ini cimol dipusatkan di Gede bage.

Sentra penjualan pakaian bekas terbesar di Kota Bandung ini memiliki harga miring, namun kualitas pakaian yang dijual merupakan pilihan-pilihan terbaik. Bayangkan saja, meskipun bekas, nyaris seluruh komoditas pakaian di daerah ini merupakan produk fashion berkualitas dari luar negeri. Selain memiliki brand, kondisi layak pakai mengundang para wisatawan lokal hingga mancanegara berbondong-bondong meramaikan Cimol Gedebage.

Gang Tamim

gang tamim

Tak jauh dari pasar Baru, gang tamim bisa dijadikan tempat berburu belanjaan terutama kain meteran. Segala jenis bahan pakaian dari berbagai penjuru di Indonesia juga dijual di sini dengan harga murah berkualitas jempolan. Misalnya saja untuk menjahit sendiri pakaian pernikahan, baju pesta, atau seragam, dan keperluan pribadi.

Cigondewah

cigondewah

Selain Tamim dan pasar baru, Bandung selatan juga memiliki kawasan sentra kain yang murah meriah dan cocok dijadikan objek wisata belanja anti-mainstream. Mulai dari bahan tekstil sisa ekspor hingga yang masih gres seperti katun, brokat, spandek, sifon, wol, dll, juga produk olahan siap pakai seperti topi, tas, jaket, seprei, bed cover, kerudung dan ragam busana, semua bisa ditemukan hanya di kawasan sentra tekstil Cigondewah.

Toko Tiga

Jika anda mencari pakaian atau celana jeans bermerk dengan harga yang relatif murah, toko tiga yang terletak di jalan Ahmad Yani bisa menjadi pilihan wisata belanja. Jeans original Levi’s, Lee, Lea, dan banyak lagi merk lainnya dijual dengan harga diskon.  tgh/R-1

toko tiga

Variasi Olahan Belut

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski terlihat begitu menggelitik dan menggelikan namun hewan belut ini akan berubah nikmat setelah diolah menjadi berbagai resep masakan sedap. Anda yang suka sekali dengan sajian masakan belut dapat mencoba sajian aneka resep masakan belut berikut ini.

Nikmatnya Sajian Cobek … Selengkapnya

Ngemil Cantik

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Dorongan untuk ngemil atau menyantap makanan ringan bisa datang kapan saja. Apalagi diwaktu-waktu yang tanggung, yakni menjelang siang, sore atau malam hari, seperti pukul 10-11 pagi atau pukul 3-5 sore. 

Kebiasaan ngemil sebenarnya sah-sah saja, namun tetap harus diperhatikan intensitasnya. … Selengkapnya

Kedelai sebagai Agen Anti Mikroba Alami

Kamis 28/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kedelai dapat menjadi agen antimikroba yang lebih efektif daripada sejumlah bahan-bahan kimia sintetik yang sudah terdaftar saat ini.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan para ilmuan dari University of Guelph menemukan bahwa kandungan insoflavon dan peptida dalam kedelai dapat berperan dalam … Selengkapnya

megapolitan

Pemprov Ingin Pendataan Lengkap

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengharapkan pendataan Sensus Ekonomi 2016 untuk masyarakat yang dilaksanakan di Jakarta lengkap.

“Jadi presiden ingin data ini betul- betul satu data, yang kita harap Jakarta memang harus betul-betul lengkap karena kita ingin bukan hanya pedagang permanen termasuk pedagang kaki lima yang di jalan manapun yang nonformal harus dapat semua,” kata Ahok di Jakarta, Kamis (28/4). 

Pendataan Sensus Ekonomi diharapkan lengkap, agar dalam melakukan penyaluran kredit oleh Pemprov DKI tidak mengalami kesulitan, katanya.

“Kombinasi sensus ini, data 2016 ditambah dengan kita mengeluarkan ‘Jakarta One’ dengan sistem transaksi nontunai yang kita harapkan 2017, kita kerja lebih gampang dan baik,” kata Ahok.

Sensus ekonomi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ini, digelar mulai 1 Mei 2016 hingga 31 Mei 2016. Ahok berpesan, agar petugas sensus tidak mengarang-ngarang data mengingat jumlah penduduk Jakarta cukup banyak.

“Memang kesabarannya harus tinggi, jauh lebih tinggi dari pada saya. Jangan enggak sabar nanti baru dapat 10 orang terus ngarang-ngarang. ini buat kebaikan saudara juga. Kepentingan anak dan keluarga. Jadi mulailah berpikir saya melakukan ini untuk saya,” jelasnya.

Kepala BPS DKI Jakarta, Syech Suhaimi mengatakan, pihaknya mengerahkan 22.035 petugas untuk melakukan Sensus Ekonomi 2016. Petugas BPS itu akan mengumpulkan data perusahaan non-pertanian, baik yang berlokasi permanen dan tidak permanen. “Sensus Ekonomi dilaksanakan setiap 10ntahun sekali dan ini yang keempat, sejak tahun 1986, 1996, dan 2006,” katanya.

Menurutnya, BPS akan menyisir responden atau sumber data setiap perusahaan atau usaha non pertanian seperti mall, pasar, supermarket, kantor, hotel, restoran, bank, pabrik, pedagang kaki lima, pasar kaget, tukang jajanan keliling, penyedia jasa keliling, warung hingga tukang isi pulsa.

“Data yang dikumpulkan berupa umum seperti nama usaha/perusahaan, alamat, tahun mulai beroperasi, status badan usaha, dan kegiatan utama usaha, jaringan usaha, ketenagakerjaan, bulan kerja, pengeluaran usaha, dan lainnya,” ungkapnya.

Dengan melakukan sensus ekonomi ini, tegasnya, pemerintah mengharapkan ada peta potensi ekonomi menurut wilayah, jenis, skala unit usaha/perusahaan. Juga ada direktori lengkap tentang pelaku usaha berskala mikro, kecil, menengah dan besar.

Dia menjelaskan, Sensus Ekonomi 2016 ini selaras dengan program Nawacita pemerintah, yakni Nawacita ke-6 dan Ke-7. Kedua Nawacita itu adalah meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya. J

“Data hasil Sensus Ekonomi 2016 menjadi strategis karena dapat dijadikan sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan. Serta untuk menjadi potret daya saing bisnis di Indonesia,” tandasnya. pin/P-5

459 Siswa di Kepulauan Seribu Siap Hadapi Ujian Nasional

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 459 siswa dari tujuh SMP negeri di Kepulauan Seribu dipastikan siap menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan digelar mulai 9-12 Mei 2016 mendatang. Sebab, ratusan peserta ujian akhir tersebut sebelumnya telah mengikuti berbagai macam pembekalan dan pelatihan … Selengkapnya

Warga Rusun Diminta Lapor Jika Tempat Tinggalnya Rusak

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta warga yang tinggal di rumah susun agar segera melapor apabila tempat tinggal yang dihuninya mengalami kerusakan

“Sama seperti kalau tinggal di rumah, kan bisa rusak juga rumahnya. Hanya saja, karena ini … Selengkapnya

16.443 Personel Siaga Amankan Hari Buruh

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 16.443 personel TNI/Polri akan disiagakan mengamankan Peringatan Hari Buruh atau May Day, Minggu (1/5) mendatang di Ibukota. Belasan ribu personel itu akan disebar ke sejumlah titik obyek vital di Jakarta.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes … Selengkapnya

olahraga

Final Four Berlangsung Lebih Ketat

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Kompetisi Pertamina Proliga 2016 memasuki babak final four. Putaran pertama babak empat besar akan berlangsung di GOR C-Tra Arena Bandung, 29 April – 1 Mei 2016 dan diprediksi bakal berlangsung lebih ketat dibanding dua putaran reguler sebelumnya.

Pelatih putri Jakarta Pertamina Energi, Risco Herlambang mengatakan kalau tim asuhannya terus melakukan peningkatan performa jelang laga empat besar. Di Bandung, Risco berharap dua pemain asingnya, Logan Tom dan Marianne Mari Stei Brecher dalam kondisi yang prima untuk bisa mengangkat permainan pemain lokal, terutama dari sisi mental.

“Logan kurang sehat dan Marianne orang tuanya meninggal dunia. Sehingga ini berpengaruh kepada pemain local. Makanya, kami putaran kedua dalam kondisi menurun,” tambah Risco.

Dari bagian putra, juara lima kali Proliga, Tim Jakarta BNI Taplus mengaku perjalanannya menuju babak final four penuh perjuangan. Oleh sebab itu, tim asuhan pelatih asal Brasil, Edwardo de Paolo ini meningkatkan persiapan tim.

“Persiapan kami menghadapi final four ini lebih baik dibanding waktu menghadapi regular. Perjalanan kami lolos ke final four ini sangat sulit. Makanya begitu kami lolos, tentunya kami evaluasi penampilan anak-anak di putaran satu dan dia babak regular,” tutur Endang Hidayatullah, manajer tim BNI Taplus.  baz/S-1

Marquez Tak Suka Pakai Sayap

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JEREZ – Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez terus bersuara atas ketiDak sepahamannya atas penggunaan sayap di MotoGP agar terlihat modis. Menurutnya, itu seperti yang digunakan di ajang Formula 1 dan bisa mempersulit pebalap untuk melakukan overtake terhadap pebalap … Selengkapnya

Pemerintah Lanjutan Reformasi Sepakbola

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan tahapan lanjutan strategis dari reformasi tata kelola yang tengah bergulir. Tahapan lanjutan yang fundamental itu akan ditempuh dengan dua cara yakni lewat gelaran Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dan penyempurnaan regulasi pemerintah.

Selengkapnya

Atletico Pegang Kendali

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan di Calderon memberikan keuntungan bagi Atletico.

MADRID – Torehan gol lewat aksi individual Saul Niguez menempatkan Atletico Madrid memiliki keuntungan pada laga semifinal Liga Champions melawan Bayern Munich dengan kemenangan 1-0 pada leg pertama, Kamis (28/4) dini hari WIB.

Selengkapnya

kupas

“Feedloter” dengan Sengaja Menahan Stok

Kamis 28/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjatuhkan sanksi senilai 106 miliar rupiah kepada 32 perusahaan penggemukan sapi atau feedloter.

Hukuman itu diberikan karena feedloter tersebut menahan pasokan yang memicu terjadinya kenakan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek. Akibatnya, daya beli masyarakat tertekan karena harus membeli harga daging dengan harga yang tidak normal bahkan mencapai 170 ribu rupiah per kilogram (kg) dari normalnya di sekitar 100 ribu rupiah per kilogram.

Tentu saja sejumlah feedloter menolak. Mereka berpendapat hanya dijadikan kambing hitam terhadap persoalan tersebut. Menyikapi penolakan itu, pihak KPPU membuka ruang bagi feedloter untuk mengajukan gugatan. Berikut penjelasan Ketua KPPU, Muhammad Syarkhawi Rauf, terkait dengan sanksi kepada 32 feedloter yang terlibat kartel tersebut.

Apa alasan KPPU menjatuhkan sanksi terhadap feedloter tersebut? Feedloter itu dengan sengaja menahan stok. Kondisi ini selanjutnya memicu masalah di pasar, yang mana pada bulan tertentu terjadi kekurangan pasokan yang berujung pada melonjaknya harga daging. Temuan inilah yang menjadi dasar bagi KPPU untuk melakukan investigasi terhadap praktik kartel itu dan fakta yang kami angkat dalam persidangan semuanya telah diuji kebenarannya.

Tidak mungkin penyidik salah terkait temuannya karena ini melalui proses yang panjang dan selalu dicek benar tidaknya fakta tersebut agar di persidangan makin kuat. KPPU menjatuhkan sanksi ini setelah melakukan pemeriksaan lanjutan selama 120 hari sejak September tahun lalu.

Bisa dijelaskan ketentuan apa saja yang dilanggar? Terlapor 1 hingga 32 terbukti melanggar pasal 11 dan pasal 19 huruf c Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Karena pelanggaran itulah makanya KPPU menjatuhkan denda senilai 106 miliar rupiah untuk ke-32 perusahaan tersebut dengan denda terendah sebesar 194 juta rupiah dan terberat 21 miliar rupiah. Keputusan ini bersifat mutlak.

Seperti apa kronologisnya sehingga 32 feedloter tersebut menahan pasokan? Kuota diberikan mengacu pada kebutuhan per bulan selama tahun lalu yang mana feedloter mestinya melepas sapi setelah digemukan sesuai dengan jadwal atau kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sebelumnya pelaku usaha mengimpor sapi bakalan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memenuhi kebutuhan sapi dari Aprill-Mei 2015 misalnya pemerintah memberikan kuota untuk impor pada Januari, untuk selanjutnya digemukan. Lama penggemukan sekitar 3-4 bulan agar beratnya mencapai 450 kilogram, namun persoalan terjadi ketika rescheduling atau pengaturan penjualan, ketika itu feedloter justru menahan pasokan sehingga harga naik.

Para feedloter telah menyampaikan keberatan dengan keputusan ini, bagaimana tanggapan KPPU? Saya mempersilakan mereka untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri apabila keberatan dengan hukuman yang diberikan KPPU. Itu dapat dilakukan paling lambat 14 hari setelah feedloter itu meneriman salinan putusan. KPPU siap menghadapi gugatan itu karena dasar hukum kita sudah kuat.

KPPU telah mengantongi bukti-bukti yang kuat seperti halnya salinan dan rekaman pengakuan dari beberapa pihak terlapor yang terungkap di persidangan. Terlapor tersebut telah mengakui telah mengakui adanya pemantauan harga melalui asosiasi, pemantauan itulah yang menjadi pola pengaturan pasokan sapi ke Jabodetabek.

Terus apa kemungkinan lainnya selain ke pengadilan negeri? Perlu diketahui pengadilan negeri membutuhkan jangka waktu selama 30 hari untuk memeriksa dan membuat keputusan. Apabila nantinya putusan pengadilan negeri tidak diterima maka selanjutnya bisa diteruskan ke tingkat kasasi ke Mahkamah Agung (MA) sampai dengan peninjauan kembali. Kami siap memperjuangkan keputusan ini di tingkat MA. erik sabini/AR-2

AKP Ichwan Lubis Diancam Pasal Pencucian Uang

Rabu 27/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis (IL) ditangkap anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan dugaan menerima dana hasil kejahatan narkoba sebesar 2,3 miliar rupiah dari bandar narkoba.

Uang hasil kejahatan narkoba itu diduga diberikan agar bandar narkoba yang saat itu … Selengkapnya

Perbanyak Bendung Kecil Agar Tercipta Ekosistem Air Baru

Selasa 26/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang cenderung memilih reklamasi Teluk Jakarta sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan laut atau rob dinilai kurang tepat.

Jakarta, yang selama ini berada di daerah rendah, seharusnya mengembangkan wilayah terbuka hijau dan daerah … Selengkapnya

Jangan Paksakan Sidak Narkoba di Lapas Jika Tidak Kondusif

Senin 25/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM ), Yasonna Hamonangan Laoly menduga ada pemaksaan yang berujung pada kekerasan saat sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Jawa Barat melakukan pemeriksaan terhadap dua narapidana (napi) lapas tersebut.

Selengkapnya

berita lain

Desain Dapur Minimalis

Senin 25/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah dapur minimimalis sekarang ini menjadi salah satu desain favorit bagi keluarga kecil yang sangat menyukai sesuatu yang sederhana. Bagaiamana mendesain dapur berkonsep minimalis?

Dapur minimalis sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar dan hanya memiliki ruangan yang terbatas. … Selengkapnya

Layanan Video “Streaming” Banting Harga

Kamis 28/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak hadirnya penyedia konten video berbayar cukup menguntungkan bagi pelanggan. Kompetisi yang sengit diantara mereka membuat pelanggan mendapatkan harga murah, dengan beragam kualitas.

Setelah konten video berbayar Netflix sempat tampil, belakangan ini muncul Tribe, Hooq, dan juga Iflix. Tribe misalnya … Selengkapnya

Beijing Auto Show 2016 Memburu Pasar Raksasa

Rabu 27/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok saat ini menjadi salah satu kiblat industri otomotif di Asia setelah Jepang. Pada 2014 misalnya sebanyak 23,48 juta mobil terjual di Tiongkok. Kini pameran mobil Beijing Auto Show 2016 menjadi yang paling ditunggu. Produk apa saja yang diluncurkan?

Sebagai … Selengkapnya