Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 4 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Menristek Dukung Hilirisasi Hasil Penelitian ITS

Rabu 4/5/2016 | 06:14
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mendukung penuh terhadap program hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pasalnya, hal ini sesuai keinginan pemerintah agar perguruan tinggi bisa berkontribusi terhadap laju pertumbuhan industri.

Dukungan tersebut disampaikan Menristekdikti, seusai menyaksikan penandatangan kerja sama (MoU) antara ITS dengan beberapa mitra industri yang berkeinginan untuk memanfaatkan hasil penelitian ITS ke arah komersialisasi, di Gedung Nasdec, Kampus ITS, Surabaya, Selasa (3/5).

“Kementerian mendukung penuh terhadap apa yang dilakukan ITS dalam upaya melakukan hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian. Karena itu program pembangunan technopark harus terus dilakukan, agar kampus atau perguruan tinggi berkontribusi bagi bangsa dan negara,” kata dia.

Dalam kesempatan itu Menristekdikti juga meluncurkan motor listrik GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) yang merupakan karya ITS di Gedung Riset Mobil Listrik (Molina) ITS, sekaligus menyaksikan penyerahan kepada PT Garansindo untuk komersialisasi, dan meresmikan Pusat Pelatihan Mekatronika dan Otomasi Industri di Gedung Pusat Robotika ITS. Mantan rektor Universitas Diponegoro ini berharap apa yang pernah ia jumpai di kampus luar negeri, terkait dengan pengembangan technopark bisa juga dilakukan ITS.

“Melalui pengelolaan technopark akan tumbuh industri yang dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat maupun perekonomian bangsa. Technopark yang digagas ITS dikelola dengan baik, dan hasil penelitian yang dilakukan jangan hanya berorientasi pada pengembangan ilmu dan memenuhi unsur keunikan, tapi juga harus bisa dijual dan digunakan oleh masyarakat nantinya,” tutur dia.

Nasir juga berharap hasil komersialisasi motor listrik ITS oleh PT Garansindo nantinya bisa dinikmati oleh kalangan masyarakat luas. “Semoga produk motor listrik yang nanti akan dilepas ke masyarakat atau dikomersialkan harganya harus bisa terjangkau,” ujar dia.

Tiga Fokus
Sementara itu, Rektor ITS, Joni Hermana mengatakan, tiga fokus perhatian yang kini sedang disiapkan ITS. Pertama, terkait dengan transformasi ITS untuk menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Kedua, terkait upaya berkontribsi di dalam program pembangunan baik nasional maupun regional di Jatim dan Indonesia Timur. “kami berharap pemerintah daerah untuk bisa menyampaikan berbagai persoalan pembangunan untuk bisa diselesaikan secara bersama-sama dengan tim ITS,” papar dia.

Ketiga lanjut Joni, ITS sedang menyiapkan desain technopark yang nantinya produkproduk yang dihasilkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sekaligus meningkatkan reputasi internasional, baik melalui peningkatan jumlah publikasi ilmiah maupun kegiatan-kegiatan penelitian dan lainnya, “ pungkas dia. SB/E-3

Pelaku Harus Dihukum Maksimal

Rabu 4/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerkosa dan pembunuh Yuyun, 14 tahun di Bengkulu harus mendapat hukuman pidana maksimal. Maraknya kekerasan dan tingkat kriminalitas di kalangan pelajar membuat efektifitas program pendidikan karakter dipertanyakan. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise mengatakan kasus Yuyun … Selengkapnya

Pelatihan Vokasional Digelar di Daerah Tertinggal

Rabu 4/5/2016 | 05:48
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan vokasional di beberapa daerah tertinggal, di antaranya di Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat Provinsi Lampung. Pelatihan vokasional atau pendidikan kejuruan ini sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah saat … Selengkapnya

Lokasi 4 WNI yang Masih Disandera Sudah Diketahui

Rabu 4/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.– Pemerintah sudah mendapatkan informasi tentang identitas kelompok yang menyandera empat orang warga negara Indonesia WNI di Filipina.

Keberadaan mereka juga telah diketahui. Meski demikian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi belum bersedia untuk mengungkapkannya lebih detail.

“Kami tahu … Selengkapnya

mondial

Manila Siap Laksanakan Pilpres

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Kurang dari sepekan lagi Filipina akan menggelar pesta akbar demokrasi bagi menentukan presiden baru. Agar pilpres berjalan aman dan lancar, sejumlah persiapan pun telah laksanakan.

 MANILA – Suasana pesta demokrasi di Filipina semakin terasa. Pada Selasa (3/5), pemerintah Filipina mengumumkan seluruh sistem sudah siap untuk menyelenggarakan pemilu presiden pada 9 Mei nanti.

Menurut Herminio Coloma Jr, Presidential Communications Operations Office Secretary, seluruh pihak terkait penyelenggaraan pemilu ini telah melakukan pengecekan guna memastikan penyelenggaraan pemilu pada awal pekan depan berjalan seperti rencana, damai dan lancar. Kepastian juga disampaikan oleh Andres Bautista, Ketua Komisi Pemilihan Umum, yang menyebut akan memberikan pengamanan ekstra di tempat-tempat yang dipandang rawan, dimana para kandidat calon presiden tinggal.

“Kami sekarang sudah lebih siap dibanding dua pemilu sebelumnya,” kata Bautista.

Diperkirakan ada sekitar 54,36 juta masyarakat Filipina akan menyerahkan hak suara mereka pada pemilu presiden Senin depan. Pada pemilu presiden 2016 ini, terdapat 5 calon presiden yang akan saling bersaing.

Bakal Capres

Dalam bursa calon presiden Filipina, saat ini Rodrigo “Digong” Roa Duterte, 71 tahun, Wali Kota Davao di Kepulauan Mindanao, berada di garda depan. Duterte sebenarnya tengah menghadapi tuduhan pelanggaran HAM dan menyembunyikan harta kekayaannya lewat sejumlah rekening berisi saldo jutaan dollar AS. Untuk itu, posisi Duterte yang sekarang diunggulkan cukup mengejutkan. Sejauh ini ia menyangkal memiliki rekening gendut.

Dalam kampanyenya, Duterte berjanji akan mempertahankan pulau-pulau di Laut Tiongkok Selatan yang sekarang diduduki oleh Beijing. Dia juga berjanji akan memburu sindikat-sindikat obat terlarang serta membersihkan birokrasi Filipina dari korupsi. Dalam panggung politik Filipina, Duterte, telah sukses mengatasi gelombang frustrasi masyarakat terhadap sistem tata kelola negara.

Penantang Duterte terkuat adalah Grace Poe, 47 tahun, anggota senat. Status kewarganegaraan Poe saat ini menjadi perdebatan. Poe merupakan anak adopsi dari seorang aktor terkenal, yang kemudian membawanya keluar dari Filipina ketika dia masih bayi.

Poe tidak ingin terlalu mencemaskan status kewarganegaraannya itu, yang sebelum mencalonkan diri adalah warga negara Amerika Serikat (AS). Untuk memenangkan pemilu, Poe berjanji bakal menurunkan pajak pendapatan usaha dan mendorong perusahaan-perusahaan agar mengakhiri sistem kerja kontrak. Tak hanya itu, dia pun menjanjikan akan mencabut aturan konstitusi soal larangan kepemilikan asing dalam beberapa bidang guna mendorong masuknya dana investasi.

Dibawah Poe adalah Manuel “Mar” Roxas II, 58 tahun, mantan anggota Senat yang pencalonannya mendapat dukungan dari Presiden Filipina, Benigno Aquino III. Sayang, pada saat yang sama dia menghadapi tuduhan korupsi.

Roxas berasal dari keluarga kaya raya di Filipina. Dia pun menempuh pendidikan di luar negeri. Bagi Roxas, ini adalah kali kedua maju dalam pemilu presiden Filipina setelah yang pertama pada 2010 silam, dimana dia memutuskan mengundurkan diri guna membuka jalan pada Aquino III untuk maju. 

Dalam kampanyenya, Roxas berencana menggelar perundingan damai dengan para pemberontak yang ada di Filipina Selatan dan membangun lebih banyak jalan serta jembatan di kawasan Mindanao. Dia juga berjanji untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Miriam Defensor Santiago, 70 tahun, mantan hakim, sejauh ini kandidat calon presiden dengan dukungan terendah. Santiago sudah tiga kali maju dalam bursa calon Presiden Filipina dan saat ini sedang dalam pengobatan sakit kanker.

Publik Filipina mengenal Santiago sebagai hakim muda yang telah berjasa memberikan izin pada para aktifis untuk melakukan aksi protes melawan kediktatoran era Ferdinand Marcos. Dukungan baginya mulai memperlihatkan peningkatan saat dia berjanji akan membangun sebuah pemerintahan alternatif di wilayah utara Manila.

Kandidat calon presiden Filipina yang terakhir adalah Jejomar Binay, 73 tahun, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Filipina. Dia mencoba memenangkan pemilu presiden 2016 dengan mengklaim sebagai pejuang kaum miskin Filipina. Dia juga berjanji akan menjaga kedaulatan Filipina dengan mempertahankan Kepulauan Spratly tetapi pada saat yang sama terus meningkatkan hubungan baik dengan Tiongkok.

Sayang, hasil jajak pendapat memperlihatkan dukungan kepada Binay terus merosot menyusul dugaan tindak kejahatan korupsi yang diarahkan padanya. Sekarang ini, sekutu-sekutu Binay sudah disidik atas dugaan korupsi namun Binay menegaskan dirinya tidak ada sangkut paut dalam kasus hukum itu. uci/Bloomberg/al-Jazeera/I-1

Wapres Brasil Siap Ambil Alih Kekuasaan

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

RIO DE JANEIRO – Wakil Presiden Brasil, Michel Temer, diwartakan telah menemui sejumlah pemimpin dari berbagai sektor untuk membahas peluang dirinya mengambil kekuasaan dari Presiden Dilma Rousseff yang saat ini sedang menghadapi tuntutan pemakzulan (impeachment).

Salah satu pemimpin yang ditemui … Selengkapnya

Seoul Khawatir Korut Jadi Uji Coba Nuklir

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 SEOUL – Pemerintah Korea Utara (Korut) mulai menyambut para delegasi dari berbagai penjuru Korut yang akan menghadiri Kongres Partai Komunis ke-36 di Ibu Kota Pyongyang pada Jumat (6/5) mendatang. Perhelatan akbar di Korut ini diwarnai dengan kekhawatiran bahwa Pyongyang akan … Selengkapnya

Spanyol Gelar Pemilu Nasional pada 26 Juni

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Raja Spanyol, Felipe, pada Selasa (3/5) mengumumkan pembubaran parlemen dan menyatakan segera diselenggarakannya pemilu nasional bagi memilih anggota parlemen yang baru pada 26 Juni mendatang. Seruan Raja Felipe bagi diselenggarakannya pemilu nasional ini setelah gagalnya perundingan koalisi partai … Selengkapnya

ekonomi

Asuransi Asing Diminta IPO

Rabu 4/5/2016 | 06:08
A   A   A   Pengaturan Font

Sudah seharusnya perusahaan asuransi yang lebih dari 80 persen sahamnya dimiliki asing untuk segera mengurangi kepemilikan asingnya.

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perusahaan asuransi yang lebih dari 80 persen sahamnya dimiliki asing, untuk mempertimbangkan mekanisme penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di lantai bursa. Hal ini dimaksudkan agar porsi kepemilikan domestik minimal 20 persen sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 39/2008 tentang Penyelenggaraan Perasuransian terpenuhi.

“Pernah ada (perusahaan asuransi) yang omong-omong ke saya. Tapi apakah dia ambil itu (IPO) sebagai jalan keluar? Saya bilang ke pasar modal itu bisa jadi opsi,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK, Firdaus Djaelani, di Jakarta, Selasa (3/5) Firdaus mengatakan, sudah seharusnya perusahaan asuransi yang lebih dari 80 persen sahamnya dimiliki asing untuk segera mengurangi kepemilikan asingnya menjadi maksimal 80 persen, seperti ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39/2008 tentang Perubahan Kedua Tentang Penyelenggaran Perasuransian Di dalam ketentuan tersebut, kepemilikan saham asing melalui penyertaan langsung paling banyak 80 persen. Namun, menurut direktori perasuransian 2015 OJK, setidaknya terdapat sekitar sembilan perusahaan yang komposisi saham asingnya lebih dari 80 persen.

“Kita ingin terus dorong, dia harus bisa menunjukkan kepemilikan dari mitra lokalnya,” ujar Firdaus PP Nomor 39/2008 masih berlaku hingga PP turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 40/2014 tentang Perasuransian terbit.

Sementara di UU Nomor 40/2014 tertulis kepemilikan warga negara asing dalam Perusahaan Perasuransian diatur dalam Peraturan Pemerintah Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Togar Pasaribu menyarankan pembatasan kepemilikan asing dalam perusahaan asuransi sebesar 80 persen dikaji pemerintah kembali Menurutnya, pembatasan kepemilikan asing itu kontradiktif dengan rencana pemerintah yang ingin menarik realisasi investasi langsung dari asing ke dunia usaha dalam negeri.

Togar menilai, lebih baik pemerintah mengurangi aliran laba perusahaan asuransi itu ke luar negeri. Salah satu caranya, lanjut dia, dengan memberikan insetif agar perusahaan asuransi itu reinvestasi di pasar doemstik. “Mendingan kasih insentif. Misalnya profit harus reinvestasi di dalam negeri, dengan iming-iming keringanan pajak. Kreatiflah, lebih baik kaji lagi,” ujarnya

Obligasi BUMN
Pada bagian lain, OJK juga berencana untuk memperluas kategori surat berharga atau obligasi negara yang akan menjadi sasaran 20 persen investasi dari premi industri asuransi dan dana pensiun.

“Nanti akan ada Surat Edaran tenang 20 persen investasi dari premi asuransi dan dana pensiun tidak hanya bisa ditanamkan pada obligasi negara, namun juga pada obligasi BUMN sektor infrastruktur, kata Firdaus Firdaus mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang seluruh pimpinan BUMN sektor infrastruktur untuk membahas kebutuhan tambahan pendanaan yang akan dicari melalui penerbitan obligasi Seperti diketahui, mulai awal tahun ini, OJK mewajibkan pelaku industri keuangan non-bank, seperti asuransi dan dana pensiun, untuk menaruh investasi dari preminya sebesar 20 persen ke Surat Utang Negara atau obligasi negara.

Ketentuan itu agar porsi kepemilikan domestik di pasar SUN dapat lebih besar. Saat ketentuan itu dibuat, 38,4 persen dari kepemilikan SUN dikuasai investor asing Firdaus mengatakan, pada awalnya ketentuan untuk menempatkan obligasi BUMN infrastruktur sebagai instrumen investasi dari asuransi dan dana pensiun ingin diterapkan pada 2017.

Pada tahun depan, memang syarat porsi investasi asuransi dan dana pensiun ke SUN naik dari 20 persen menjadi 30 persen Namun, dia melihat perluasan instrumen investasi itu bisa diterapkan tahun ini, terlebih kebutuhan pendanaan BUMN infrastruktur juga cukup mendesak Di sisi lain, dengan bertambahnya ketersediaan surat utang sebagai instrumen wajib investasi bagi asuransi dan dana pensiun, dapat menjaga imbal hasil yang nanti diterima pelaku industri. Saat ini, imbal hasil SUN bergerak di sekitar 7 persen. Ant/AR-2

Investasi Jadi Penggerak Utama

Rabu 4/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I-2016 diperkirakan sejalan dengan estimasi pemerintah di kisaran 5,1-5,2 persen.

Jakarta – Kinerja ekonomi nasional diperkirakan mendapatkan kembali momentum pertumbuhannya awal tahun ini meskipun lajunya masih termoderasi. Investasi, baik pemerintah dan swasta, ditengarai menjadi mesin … Selengkapnya

AIIB-ADB Teken MoU Penguatan Kerja Sama

Rabu 4/5/2016 | 05:50
A   A   A   Pengaturan Font

Beijing – Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) dan Bank Pembangunan Asia (ADB) awal pekan ini menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MOU) untuk memperkuat kerja sama, AIIB mengatakan dalam sebuah pernyataan. Perjanjian ini mencakup pengaturan rencana untuk proyekproyek yang dibiaya … Selengkapnya

KAI Siap Akuisisi Inka

Rabu 4/5/2016 | 05:50
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero siap mengambilalih PT Industri Kereta Api (Inka) untuk membangkitkan industri lokomotif di Tanah Air “Jika ditugasi pemegang saham (Kementerian BUMN), kita siap untuk mengakuisisi Inka,” kata Dirut KAI Edi Sukmoro, di Kantor … Selengkapnya

rona

Hype Street Food and Design Market Manjakan Pengunjung dengan Konsep “Weekend”

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pantai Indah Kapuk (PIK) kini memiliki destinasi wisata weekend market, bahkan bisa dikatakan yang pertama di Jakarta, yakni Hype Street Food and Design Market yang mengusung konsep The All New Hype yang akan memberikan nuansa baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya dalam berbelanja, menikmati berbagai sajian kuliner dan arena bermain bersama keluarga.

Hype Street Food and Design Market sebelumnya telah beroperasi sejak 2015 dan setelah absen selama 2 bulan terakhir, Hype Street Food and Design Market kembali dibuka untuk umum pada 22 April hingga akhir Desember2016 dengan konsep dan layout yang baru, pada minggu terakhir dan pertama (Jum’at-Minggu) setiap bulannya.

Willy Kurniawan, CEO Hype.ID menjelaskan bahwa Hype Street Food and Design Market PIK merupakan lokasi yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga, kekasih, sahabat atau orang-orang yang dicintai.

Pengunjung juga berkesempatan mengikuti banyak kegiatan seperti workshop, eating competitions, serta kegiatan lainnya sesuai dengantema yang dihadirkan saat acara-acara tertentu.

Dengan total area seluas 20 ribu M2, Hype Street Food and Design Market memiliki 200 penyewa untuk fashion, gaya hidup dan kuliner yang telah di seleksi secara khusus oleh tim dari Hype dan selalu diubah setiap akhir pekan.

“Di sini pengunjung dapat memilih aktivitas untuk berbelanja, menikmati kuliner atau bahkan dua aktivitas sekaligus sambil mendengarkan music Top 40 yang digelar live oleh band-band lokal berkualitas, Hype juga menawarkan banyak fasilitas lainnya seperti Dog Park, Kids Area, Garden House dan banyak fasilitas lainnya,” ungkap Willy.

Hype merupakan sebuah wadah yang dapat menyatukan komunitas dari local entrepreneur, artis lokal dan pecinta seni untuk dapat bergabung dalam sebuah bazar terbesar di kawasan Jakarta Utara. Hype.ID meluncurkan project pertama pada 2015 dengan nama Hype Festival di kota-kota besar di seluruh Indonesia, sementara Hype Street Food and Design Market digelar di kawasan PIK Jakarta Utara.

“Kami berharap Hype Street Food and Design Market PIK menjadi tujuan destinasi wisata weekend market untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” pungkas Willy.  pur/S-2

Krakatau Reunion Gelar Konser Tur Tujuh Kota

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah vakum hampir 25 tahun, enam personil grup band Krakatau sepakat berkumpul lagi di tahun 2014 lalu dengan nama baru, Krakatau Reunion. Band fusion yang digawangi Dwiki Dharmawan dan Indra Lesmana (keyboard), Gilang Ramadhan (drums), Pra Budi Dharma (bass), Donny … Selengkapnya

“The Jungle Book” Tetap Terlaris

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

“The Jungle Book” tetap berada menjadi terlaris dengan meraup 42,4 juta dollar AS pendapatan dari penjualan tiket untuk tiga pekan berturut-turut sehingga film produksi Disney yang ditarik dari novel karya Rudyard Kipling itu sudah menangguk pemasukan 252,1 juta dollar AS … Selengkapnya

Afgan Persiapkan Fisik

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mempersiapkan tur konsernya di 5 kota 14 Mei mendatang, Afgan sudah mulai melakukan prosesi latihan musik beserta seluruh band pengiringnya. Proses latihan untuk konser bertajuk “Sides – Indonesia Tour 2016″ itu sekaligus menentukan jumlah final 22 lagu yang akan … Selengkapnya

megapolitan

Camat dan Lurah akan Diberi Uang Operasional

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan memberikan bantuan operasional kepada lurah dan camat. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk menghadiri setiap resepsi pernikahan warga. Hal ini juga untuk lebih mendekatkan aparatur dengan masyarakat.

“Saya akan beri bantuan uang kepada lurah untuk pergi ke kondangan warga. Sebulan 2 juta rupiah. Camat juga akan dapat. wali kota sudah dikasih,” ujar Ahok, Selasa (3/5). 

Dikatakan Ahok, pemberian bantuan kepada lurah, camat dan wali kota bertujuan agar dapat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Sehingga, lurah dan camat dapat mudah berkomunikasi dengan warga untuk mengetahui persoalan di wilayah.

“Kalau lurah, camat dan wali kota sering datang ke undangan pernikahan warga, komunikasi semakin erat ibarat orangtua dengan anak. Pemimpin harus bisa mengetahui dan memahami kondisi wilayah,” katanya. 

Ahok menawarkan kepada lurah maupun camat pindah sesuai domisili. Namun, setelah dipindah sesuai domisili, lurah dan camat harus lebih optimal dalam bekerja. nis/P-5

Waspadai “Bencana Kemacetan”

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Kepolisian mewaspadai peningkatan volume kendaraan di ruas jalan nasional, tol dalam kota dan tol keluar Jakarta.

 JAKARTA – Sebanyak 6.295 personel Polda Metro Jaya mengamankan kegiatan libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj pada 5-6 Mei 2016. “Pengamanan … Selengkapnya

Kuasa Hukum Jessica Ajukan Permohonan Pemeriksaan

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Hidayat Boetam mengungkapkan pihaknya telah mengajukan permohonan pemeriksaan kliennya ke dokter spesialis paru-paru.

“Surat permohonan sudah kami kirimkan beberapa waktu lalu, namun kami belum mendapatkan waktu kapan dilakukan pemeriksaan,” ujar Hidayat di Jakarta, Selasa … Selengkapnya

Kunjungan Wisman Ke Jakarta Meningkat 21,72 Persen

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Jumlah kunjungan wisata mancanegara (wisman) ke Jakarta melalui tiga pintu masuk yaitu Soekarno-Hatta, Tanjung Priok, dan Halim Perdana Kusumah pada bulan Maret 2016 mencapai 208.788 kunjungan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 21,72 persen dibandingkan kunjungan wisman Februari 2016 yang … Selengkapnya

olahraga

Higuain Menangkan Napoli

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ROMA – Striker Napoli Gonzalo Higuain dan pemain veteran AS Roma striker Francesco Totti bersinar pada Selasa (3/5) dini hari WIB saat kedua tim meraih kemenangan. Hasil itu membuat kedua tim bersaing ketat untuk tempat otomatis Liga Champions.

Higuain menambah koleksinya untuk torehan di Serie A menjadi 32 gol dengan menjaringakan bola dua kali dalam kemenangan kandang Napoli 2-1 atas Atalanta. Sementara pada laga lainnya tendangan bebas spektakuler Totti membantu Roma meraih kemenangan 3-2 atas Genoa.

Hasil tersebut membuati Napoli tetap di tempat kedua klasemen dengan 76 poin dari 36 pertandingan, unggul dua poin dari Roma dengan dua pertandingan tersisa. Dua tim di puncak klasemen lolos otomatis ke tahap grup sedangkan tim urutan ketiga masuk putaran playoff.

Totti masuk pada babak kedua dengan Roma tertinggal 2-1. Roma unggul melalui Mohamed Salah namun tertinggal setelah Panagiotis Tachtsidis dan Leonardo Pavoletti membuat Genoa unggul.

Roma menyamakan melalui tendangan bebas Totti. Stephan El Shaarawy mencetak gol kemenangan Roma di menit ke-87 dari umpan Edin Dzeko.

Sementara Higuain membawa Napoli memimpin pada menit ke-14 dan menggandakan keunggulan dengan sundulan yang luar biasa di menit ke- 77. Gol bunuh diri Raul Albiol menjadi hiburan bagi Atalanta di akhir laga.  ben/Rtr/S-1

Berharap Ronaldo

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Madrid butuh ketajaman Ronaldo kontra Manchester City pada leg kedua semifinal Liga Champions.

MADRID – Real Madrid berharap kepulihan Cristiano Ronaldo dapat membawa mereka ke final Liga Champions meskipun pasangannya di lini serang Karim Benzema tetap diragukan untuk pertandingan leg … Selengkapnya

Kemenangan Leicester City Alasan Mencintai Sepak Bola

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lionel Messi berbicara tentang hal yang membuat sepak bola menarik ketika ia mengomentari pencapaian luar biasa Leicester City memenangkan Liga Inggris. Melalui media sosial twiter Messi mengatakan: “Itu alasan mengapa kita semua cinta sepak bola. Selamat.”

Presiden FIFA Gianni Infantino … Selengkapnya

David De Gea Pemain Terbaik MU

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kiper Manchester United David de Gea meraih penghargaan pemain terbaik klub untuk kali ketiga berturut-turut setelah dia kembali dianugerahi Sir Matt Busby Player of the Year.

Penjaga gawang asal Spanyol itu menjadi pemain pertama yang memenangkan penghargaan tiga tahun berturut-turut … Selengkapnya

kupas

Jangan Bebani Calon Ketua Umum dengan Uang

Rabu 4/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Jika tak ada aral melintang, Partai Golongan Karya (Golkar), akan menggelar hajatan pentingnya, melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub. Salah satu agenda pentingnya adalah memilih orang nomor satu di beringin.

Munaslub kali ini, memiliki arti penting. Karena ini jadi ajang untuk menyelesaikan konflik internal yang membelah partai yang pernah digjaya di era Orde Baru tersebust dalam dua kubu.

Bahkan, dua kubu yang berseteru, sempat berjibaku di pengadilan.  Dua kubu itu, adalah kubu hasil Munas Jakarta, dan kelompok hasil Munas Bali. Kubu Jakarta dimotori oleh Agung Laksono dkk.

Sementara kubu Bali, dikomandani oleh Aburizal Bakrie Cs.Kini, dua kubu sepakat, menggelar Munaslub, sebagai bagian dari proses islah. Panitia Munaslub pun sudah dibentuk.

Beberapa bakal kandidat sudah menyatakan siap maju. Belum juga Munaslub digelar, sudah muncul pro kontra dengan adanya syarat bagi calon ketua umum menyetor dana 1 miliar.

Untuk membahas itu, Koran Jakarta mewawancarai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung. Berikut petikan wawancaranya.

Munaslub Golkar akan digelar, 15 Mei 2016, tapi, muncul syarat calon ketua harus setor 1 miliar rupiah, Anda sebagai tokoh senior Golkar setujukah?

Saya menolak syarat iuran 1 miliar rupiah tersebut

Kenapa menolak?

Munaslub adalah kesempatan bagi partai untuk mendapatkan orang, kader yang memiliki gagasan. Partai harus diisi orang yang memiliki nilai dan gagasan perjuangan. Biasanya orang seperti itu tidak memiliki dana besar.

Kalau dibebankan dengan kewajiban memberi uang 1 miliar rupiah, ini menyulitkan mereka yang mempunyai keterpanggilan politik menjadi pemimpin. Apalagi jumlahnya besar. Akibatnya, mereka tidak bisa ikut.

Iuran 1 miliar rupiah itu baikkah bagi partai?

Menurut saya, kewajiban iuran sebesar itu justru tak baik bagi partai. Itu akan menumbuhkan budaya negatif bagi organisasi. Ini bukan contoh yang baik.

Pengurus di lapisan bawah, bisa saja akan mengikutinya. Dan, pemilihan dengan nuansa uang itu bukanlah hal yang biasa dalam organisasi politik.

Tapi dana itu katanya untuk membantu pendanaan partai mengelar Munaslub. Menurut Anda?

Jika memang kesulitan dana untuk menyelenggarakan Munaslub, disampaikan secara terbuka, apa yang menjadi hambatan.

Saya sarankan, panitia mengajak semua yang peduli pada partai untuk ikut berkontribusi. Jangan kemudian memungut 1 miliar rupiah setiap calon ketua umum. Ini masalah bersama. Saya yakin, semua memberikan kontribusinya.

Munaslub sebelumnya juga ada permasalahan dana. Tapi, hal semacam itu (iuran) tidak pernah ada. Meski ada unsur uang, saat itu bersifat sukarela.

Daripada membebani calon ketua umum, lebih baik mencari sumber lain. Tapi dana yang masuk harus dibuka secara transparan. Gunakan dana yang dimiliki, cari dari kader dan orang yang mengapresiasi partai.

Ini akan jadi pengalaman pertama Golkar menggelar Munaslub dengan mengharuskan calon ketua umum memberikan uang.Munas-munas sebelumnya tidak, apalagi munas pada zaman Orde Baru. Sama sekali tidak ada.

Tentang masalah waktu yang dimajukan, Anda keberatan?

Saya kira tak ada masalah. Saya yakin, walau waktunya terbatas, panitia telah mempersiapkannya dengan matang. Walaupun sudah agak mendesak, saya yakin DPP Partai Golkar telah siap. SC dan OC-nya telah mempersiapkan.

Tapi dengan waktu pendek, apakah mungkin para calon ketua umum bisa menggalang dukungan secara optimal?

Jadi waktu yang masih ada ini akan dioptimalkan untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang mau maju, untuk menemui daerah-daerah yang belum dikunjungi. agus supriyatna/AR-3

Mutu dan Akses Guru Kunci Pendidikan Berkualitas

Selasa 3/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Tema yang dipilih dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”. Kata pelita dipilih untuk merepresentasi pendidikan, yang diyakini akan menjadi kunci bagi anak bangsa untuk meraih cita-cita.

Namun bagaimana kondisi pendidikan nasional kita saat ini? Apa … Selengkapnya

Perubahan untuk Menguatkan Sinyal Kebijakan Moneter

Senin 2/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menurunkan suku bunga acuan BI Rate tiga bulan berturut-turut, Bank Indonesia (BI) pada pertengahan bulan April ini mengumumkan kebijakan dengan mereformulasi BI Rate sebagai suku bunga kebijakan menjadi BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Kebijakan ini akan menjadi acuan utama … Selengkapnya

Izin Kerja Ada Tapi Disalahgunakan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditangkap karena melakukan pengeboran tanah untuk proyek kereta cepat tanpa izin di wilayah Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara.

Pemeriksaan terkait izin kerja lima TKA pekerja kereta cepat … Selengkapnya

berita lain

Merawat Lantai Kayu agar Lebih Artistik

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lantai yang terbuat dari kayu memang sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Lantai kayu harus dirawat dengan hati-hati agar tampilannya tetap terlihat indah.

Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus diperhatikan tetapi keawetan lantai kayu … Selengkapnya

NFV Bikin Komunikasi Kian Lancar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi baru NFV membantu operator dalam mengatasi ledakan jaringan saat hari besar agama. Dengan teknologi ini mampu menyerderhanakan jaringan dan operasi. Bagaimana caranya?

Saat lebaran ketika para pemudik dari kota besar berpindah ke kota-kota kecil dan pedesaan hal ini menjadi … Selengkapnya

ABS Jadi Fitur Wajib Roda Dua

Rabu 4/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Fitur keselamatan bagi sepeda motor seharusnya sudah ditigkatkan. Fitur pengereman antilock braking systems (ABS), seharusnya sudah menjadi kelengkapan standar untuk sepeda motor saat ini.

Pemerintah India pada Merte 2016 lalu mengumumkan akan menerapkan fitur ABS sebagai fitur standar pada 2018 … Selengkapnya