Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 27 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Kualitas Produk dan SDM Tentukan Minat Investasi

Senin 27/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>> Harapannya, produk IKM tembus pasar AS dan Eropa melalui platform Amazon. >> Tingkatkan kualitas produksi industri nasional agar mencapai standar...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kualitas Produk dan SDM Tentukan Minat Investasi

Senin 27/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

>> Harapannya, produk IKM tembus pasar AS dan Eropa melalui platform Amazon.

>> Tingkatkan kualitas produksi industri nasional agar mencapai standar global.

JAKARTA – Sejumlah kalangan menilai peningkatan kualitas sumber daya manu­sia (SDM) dan produksi industri nasional sangat menentukan minat investasi per­usahaan multinasional di Indonesia. Hal itu termasuk rencana raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), Amazon Web Ser­vices Inc atau AWS, untuk berinvestasi di sektor manufaktur dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Indonesia.

Pengamat ekonomi dari Universitas Surabaya (Ubaya), Wibisono Hardjo­pranoto, mengingatkan agar pemerintah tidak menyia-nyiakan rencana raksasa teknologi AS, AWS, untuk berinvestasi di sektor manufaktur dan IKM. Rencana itu harus disambut dengan kesiapan daya saing, terutama faktor sumber daya ma­nusia (SDM) yang menjadi penentu.

E-commerce sebesar Amazon mung­kin tertarik karena melihat keragaman potensi IKM kita yang ditunjang dengan sumber daya alam yang melimpah, yang jadi modal dasar kita,” ujar Wibisono, ketika dihubungi, Minggu (26/1).

Tapi sekali lagi, lanjut dia, kalau SDM-nya belum siap, akan percuma saja apalagi di sektor manufaktur. Jadi mau tidak mau, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas SDM, dan itu tidak mudah, ti­dak bisa instan karena peringkat daya saing Indonesia masih tergolong ren­dah. Jadi perlu upaya yang luar biasa.

“Sebenarnya, kesiapan SDM dalam mendukung daya saing ini sifatnya mut­lak, ada atau tidak ada investor dari per­usahaan semacam Amazon. Kalau tidak siap, kita akan terus ketinggalan,” jelas Wibisono.

Pengamat ekonomi, Bhima Yudhisti­ra, menambahkan sebenarnya yang di­tawarkan Amazon itu investasi produk jasa pelayanan bisnis dari AWS. Melalui layanan jasa penunjang bisnis harapan­nya pengusaha khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan dukungan untuk me­ningkatkan skala usahanya.

Menurut Bhima, patut disyukuri ada software gratis untk mendorong UMKM go global melalui jasa Amazon. Dia juga menyarankan agar kualitas SDM juga harus bisa mendukung rencana itu. Kualitas SDM menjadi kunci IKM dan UMKM bisa go global atau tidak. “Jadi, harapannya produk UMKM dan IKM tembus pasar AS dan Eropa melalui platform Amazon,” kata dia.

Sementara itu, pemerhati bisnis digi­tal Edi Humaidi menyatakan pemerin­tah mesti bisa mempengaruhi perusa­haan e-commerce skala global, seperti Amazon dan Alibaba untuk memasar­kan produk-produk Indonesia.

“Indonesia dengan populasi keem­pat terbesar dunia merupakan pasar yang sangat penting dan strategis untuk pertumbuhan pasar masa depan bagi Amazon, Alibaba, dan e-commerce glo­bal lainnya. Untuk itu, pemerintah harus mempunyai pengaruh besar untuk men­dorong e-commerce agar komit meng­ekspor produk-produk dari Indonesia,” kata dia. (Koran Jakarta, Kamis, 15/1).

Sejumlah kalangan sebelumnya juga menyarankan agar produk Indonesia la­yak masuk jaringan e-commerce global, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Pertama, kualitas produksi industri na­sional harus ditingkatkan agar menca­pai standar internasional. Para menteri dan pejabat negara harus membantu memfasilitasi agar industri nasional me­ningkatkan mutu sesuai standar inter­nasional.

Kedua, untuk industri yang sudah mencapai standar mutu internasional harus terus dibela, harus dilindungi agar tetap bertahan, jangan dimatikan dengan produk impor.

Menyambut Baik

Menteri Perindustrian, Agus Gumi­wang Kartasasmita, mengatakan perusa­haan teknologi raksasa asal AS, Amazon Web Services Inc, tertarik untuk berin­vestasi di sektor manufaktur dan IKM.

“Jadi, kami menyambut baik rencana investasi Amazon Web Services (AWS) di Indonesia. Kami harapkan ini akan me­macu pengembangan sektor manufak­tur, startup hingga IKM di Tanah Air un­tuk bertransformasi ke arah industri 4.0,” kata Agus di Davos, Swiss, Kamis (23/1).

Perusahaan milik Jeff Bezos ini juga berencana ekspansi ke Indonesia pada akhir tahun 2021 atau awal 2022. AWS Jakarta bakal menjadi AWS region ke-9 di kawasan Asia Pasifik, yang bergabung dengan region yang sudah ada di Bei­jing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, dan Hong Kong. Saat ini, AWS telah menghadirkan 69 Availability Zone di 22 region di seluruh dunia.

“Investasi ini sangat penting, karena akan mendukung posisi Indonesia se­bagai digital hub yang strategis untuk pelanggan AWS,” jelas dia. SB/ers/WP

Tampilkan Semua

Pemerintah Harus Transparan dan Membuka Diri

Senin 27/1/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Anggota Badan Legislasi (Baleg) Dewan Per­wakilan Rakyat (DPR), Firman Soebagyo, meminta pemerin­tah transparan dan membuka diskusi dengan sejumlah pi­hak terkait Rancangan Un­dang-Undang (RUU) Omnibus Law...
Selengkapnya

Fasilitas Infrastruktur PNS di Ibu Kota Baru Harus Memadai

Senin 27/1/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah harus menyiapkan sejumlah infrastruktur yang memadai, mulai dari tempat tinggal, sekolah, rumah sakit, hingga keperluan infrastruktur lain­nya agar aparatur sipil negara (ASN) nyaman dan tidak berat hati...
Selengkapnya

BNPB Luncurkan Uji Coba Layanan Operasional Call Center 24 jam

Sabtu 25/1/2020 | 09:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan uji coba operasional call center guna memberikan layanan selama 24 jam bagi masyarakat, terutama dalam tanggap darurat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Kembali Lima WNI Diculik di Perairan Malaysia

Sabtu 18/1/2020 | 11:05
A   A   A   Pengaturan Font

NUNUKAN - Penculikan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia di perairan Tambisan, Tungku Lahad Datu, Sabah, Malaysia, kembali terjadi. Dari delapan kru kapal semuanya WNI, lima orang diculik dan tiga lainnya dibebaskan bersama kapalnya.

Informasi yang diperoleh melalui siaran tertulis aparat kepolisian Tambisan, Sabtu (18/1) menyebutkan lokasi penculikan tidak jauh dari kasus yang menimpa Muhammad Farhan Cs pada 23 September 2020 tepatnya di perairan Tambisan Tungku Lahad Datu.

Kali ini kejadiannya berlangsung pada Kamis (16/1) sekira pukul 20.00 waktu setempat saat kedelapan WNI ini menangkap ikan menggunakan kapal kayu dengan izin terdaftar Nomor SSK 00543/F.

Musibah terhadap kedelapan WNI yang menggunakan kapal yang terdaftar atas nama majikan di Sandakan ini diterima laporannya oleh aparat kepolisian maritim Lahad Datu pada Jumat (17/1) sekira pukul 13.17 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian negara itu bergerak melajukan pencarian akhirnya melihat kapal bergerak dari arah Filipina memasuki perairan Malaysia. Keberadaan kapal yang digunakan WNI tersebut terpantau radar Pos ATM Tambisan pada Jumat sekira pukul 21.10 waktu setempat.

Aparat kepolisian maritim Lahad Datu menahan kapal tersebut sambil melakukan penggeledahan dan ditemukan tiga kru semuanya WNI. Ketiga WNI yang ditemukan bersama kapalnya adalah Abdul Latif, 37 tahun, Daeng Akbal, 20 tahun, dan Pian bin Janiru, 36 tahun.

Sedangkan lima rekannya yakni Arsyad bin Dahlan, 42 tahun, selaku juragan, Arizal Kastamiran, 29 tahun, La Baa, 32 tahun, Riswanto bin Hayono, 27 tahun, dan Edi bin Lawalopo, 53 tahun, dipastikan disandera.           

“Hasil interogasi terhadap ketiga WNI yang dilepaskan menceritakan bahwa pada saat sedang menangkap ikan didatangi enam orang bertopeng menggunakan kapal cepat,” demikian bunyi siaran tertulis aparat kepolisian maritim Lahad Datu.

“Setelah itu, langsung dibawa bersama kapalnya ke wilayah perairan Filipina. Namun hanya lima rekannya yang disandera sedangkan tiga orang dibiarkan pulang untuk membawa kapalnya kembali ke Tambisan,” imbuh mereka.

Aparat kepolisian Lahad Datu berjanji akan melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban.

Sebelumnya, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo pernah menyatakan, agar tidak ada lagi kasus penculikan terhadap WNI pasca penyelamatan Muhammad Farhan, 27 tahun, dari sandera Kelompok Abu Sayyaf. Pada kesempatan itu, Djati sapaan Konsul RI Tawau ini mengingatkan WNI yang beraktifitas di laut agar menjaga keselamatan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang mencurigakan. Ant/ils

Tampilkan Semua

Uji Materi UU KPK

Kamis 9/1/2020 | 08:17
A   A   A   Pengaturan Font
Pemohon uji materi UU KPK, Erry Riyana Hardjapamekas (kanan) bersama pemohon lainnya meninggalkan ruangan seusai mengikuti uji materi, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (8/1). Sidang uji materi perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002...
Selengkapnya

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa 7/1/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.   METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi...
Selengkapnya

Sidang Paripurna DPD

Selasa 7/1/2020 | 08:28
A   A   A   Pengaturan Font
Senator asal Kepulauan Riau, Ria Saptarika (kanan) menyampaikan laporan hasil reses saat sidang paripurna ke-7 DPD, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/1). Sidang di antaranya mengagendakan Pembukaan Masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Virus Korona Dapat Menyebar pada Masa Inkubasi

Senin 27/1/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Pemerintah Tiongkok mengeluarkan per­ingatan bahwa penyebaran virus korona baru yang mema­tikan diperkirakan akan lebih cepat. Seruan itu makin me­ningkatkan kekhawatiran tentang bahaya wabah yang telah menewaskan puluhan orang di Tiongkok itu dan menyebar ke sejumlah negara tersebut.

Menteri Komisi Kesehatan Tiongkok, Ma Xiaowei, mengungkapkan masa inkubasi virus Corona nCoV ter­sebut adalah antara satu hingga 14 hari, dan selama masa inkubasi itu, virus juga dapat menular tanpa seseorang yang terjangkit menunjukkan gejala.

Hal itu yang membedakan wabah korona baru ini de­ngan SARS, jenis virus korona yang sebelumnya juga ber­asal dari Tiongkok, dan menewaskan hampir 800 orang pada tahun 2002–2003. Wabah SARS diketahui tidak menu­lar pada masa inkubasi.

“Kami memperkirakan wabah akan berlanjut,” kata Ma pada konferensi pers di Beijing, Minggu (26/1), sambil memberi catatan bahwa virus itu menyebar dengan cepat.

Pengumuman itu muncul ketika Tiongkok mengonfir­masi bahwa 56 orang telah meninggal karena penyakit per­napasan itu. Sementara 2.033 orang lain juga dilaporkan terinfeksi, termasuk tiga orang di Taiwan.

Taipei telah melarang hampir semua kunjungan dari Tiongkok sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus di pulau itu. Larangan itu bersamaan dengan pe­ningkatan upaya oleh pemerintah di seluruh dunia untuk menghentikan penyebaran penyakit yang mirip SARS itu.

Kondisi darurat kesehatan akibat menyebarnya wabah korona ini terjadi saat masyarakat Tiongkok tengah me­rayakan tahun baru. Studi ilmiah tentang wabah ini yang dirilis pada akhir pekan, menunjukkan betapa sulit upaya untuk menahan dan penyebaran infeksi itu.

Pemodelan komputer yang dilakukan oleh dua kelompok peneliti dari Imperial College London dan Lancaster Univer­sity, di Inggris, telah menemukan bahwa rata-rata setiap kasus menginfeksi sekitar 2,5 orang lainnya, sementara dua tim il­miah di Tiongkok memberikan data klinis terperinci pertama yang menunjukkan penularan virus antarmanusia.

“Langkah-langkah pengendalian perlu memblokir lebih dari 60 persen penularan agar efektif dalam mengendali­kan wabah,” kata ahli dari sekolah kesehatan masyarakat Imperial College, Neil Ferguson.

“Tidak jelas apakah wabah ini dapat diatasi di Tiongkok. Kita perlu merencanakan kemungkinan soal tidak mung­kin menahan epidemi ini,” tambahnya.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, mengatakan saat ini Tiong­kok menghadapi situasi yang sulit akibat virus korona ini. Xi mengadakan pertemuan politbiro pada Sabtu mengkaji lang­kah-langkah untuk memerangi wabah berbahaya ini. “Nega­ra sedang menghadapi situasi gawat akibat virus,” kata Presi­den Tiongkok, Xi Jinping, pada pertemuan pimpinan puncak Partai Komunis, Sabtu (25/1). SB/FT/AFP/P-4

Tampilkan Semua

Manuver Demokrat Presiden Berbahaya Jelang Pilpres

Senin 27/1/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Tim pembela Trump dilaporkan akan melanjutkan kembali paparan mereka, Senin (27/1).   WASHINGTON – Pengacara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, hanya tampil selama dua jam untuk menguraikan pembelaaan mereka dalam...
Selengkapnya

Akibat Virus Korona, Kota Bersejarah Itu Seperti Kota Mati

Senin 27/1/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keputusan Beijing mengisolasi warga Kota Wuhan sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus korona bukan­lah hal yang mudah, apalagi ibu kota Provinsi Hubei itu memiliki wilayah yang cukup luas, yakni sekitar lima kali Kota London,...
Selengkapnya

Data Terbaru Wabah Virus Corona: 56 Orang Meninggal, 2.000 Tertular

Minggu 26/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font
SHANGHAI - Lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia tertular virus corona baru, yang sebagian besar di antaranya di Tiongkok, dan sebanyak 56 orang di Tiongkok meninggal karena wabah tersebut, menurut data-data yang dikeluarkan pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Berjuang Dari Titik Terendah

Jumat 24/1/2020 | 09:13
A   A   A   Pengaturan Font
Usai menjadi tentara dan bergabung di perusahaan jasa logistik, Ren Zhengfei memulai usaha sendiri di bidang suku cadang elektronika dan telekomunikasi cikal bakal Huawei Technologies, hingga akhirnya menjadi perusahaan raksasa di Tiongkok dan global.

Huawei Technolo­gies adalah raksasa teknologi telekomu­nikasi asal Tiongkok yang berdiri sejak 1988. Produk dan servis dari perusahaan yang menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya untuk litbang ini, telah menjangkau lebih dari 140 negara, dan digunakan oleh 45 dari 50 perusahaan operator telekomunikasi terbesar dunia.

Pada 2018, Huawei men­catat rekor pengiriman 200 juta unit produknya, dan meraih laba bersih sebesar 8,656 miliar dollar AS, dengan total aset 97,109 miliar dollar AS, dan total ekuitas sebe­sar 33,994 miliar dollar AS. Huawei juga memiliki pusat litbang di Stockholm, Swedia; Dallas dan Silicon Valley, Amerika Serikat (AS); Banga­lore, India; Ferbane di Offaly, Irlandia; dan Moskwa, Russia.

Namun, saat ponsel anda­lan terbaru Huawei, Mate 30, diluncurkan di Munich pada September tanpa perincian spesifikasiya, telah men­egaskan bagaimana raksasa telekomunikasi terbesar dunia itu harus berjuang di bawah tekanan perang dagang AS. Penjualan ponsel cerdas itu di pasar terbesarnya di luar Tiongkok, dan Eropa, juga harus tertunda karena produk itu tidak memiliki akses ke aplikasi dan layanan Google.

Ini terjadi, setelah Presiden Donald Trump me­masukkan Huawei ke daftar hitam perusahaan yang dilarang memiliki teknologi dari AS. Bahkan putri Ren, Meng Wangzhou, yang juga CFO Huawei, ditangkap di Kanada atas permintaan AS. Ia dikenakan tuduhan peni­puan perbankan dan transfer bank yang melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Walaupun terancam, pendiri sekaligus CEO Hua­wei, Ren Zhengfei, optimistis perusahaannya akan mampu bertahan dan selamat melewati tekanan itu. Dia memperkirakan tekanan AS hanya bersifat sementara dan penjualan akan kembali pulih pada 2021.

Sebagai sosok pebisnis ulung, Ren Zhengfei lahir pada 25 Oktober 1944, dari pasangan Ren Moxun dan Chen Yuanzhao. Ia meng­habiskan masa sekolah di sebuah kota pegunungan terpencil di Guizhou. Sete­lah SMA, ia melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Institut Teknik Sipil dan Ar­sitektur, Universitas Chongq­ing, pada 1963.

Pasca­lulus, ia mendaftar menjadi Tentara Pem­be­basan Rakyat atau People’s Liberation Army (PLA) pada tahun 1974, dan ditempatkan di Korps Teknik militer. Sete­lah sembilan tahun mengabdi, pemerintah Tiongkok melaku­kan pengurangan jumlah tentara demi penghematan, sehingga berdampak pada pemberhentian 500.000 ten­tara aktif. Ren menjadi warga sipil, lalu pindah ke Shenzen dan bekerja sebagai pegawai jasa logistik di Shenzhen South Sea Oil Corporation.

Kurang puas dengan pe­kerjaan itu, Ren memutuskan untuk keluar dan dengan mo­dal 21.000 yen, mulai mem­bangun bisnis suku cadang elektronika dan telekomu­nikasi, yang sekarang dikenal dengan nama Huawei.

Pada awal 2000, Huawei mempekerjakan kurang dari 20 ribu pegawai di selu­ruh dunia. Dalam 10 tahun, jumlah pegawai perusahaan meningkat hampir 500 persen yaitu mencapai 95 ribu orang, 27 ribu di antaranya tersebar di luar Tiongkok. Teknologi Huawei sendiri telah diap­likasikan di lebih dari 100 negara, termasuk di Jerman, Prancis, dan Swedia.

Sebagai pendiri Huawei, Ren menyerahkan kepe­milikan perusahaan pada karyawan untuk menjamin kelanjutan Huawei. Pada kuartal I-2018, Huawei me­ngeluarkan 39,3 juta unit ponsel pintar, setara dengan 11,8 persen persentase pasar ponsel pintar di dunia. Kini, Huawei menjadi produsen ponsel pintar terbesar nomor ketiga, di bawah Samsung dan Apple. Ia pun menjadi orang terkaya nomor 1.028 di dunia dengan total kekayaan 2,2 miliar dollar AS atau 29,26 triliun rupiah.

Pengagum Amerika

Meski menjadi salah satu korban perang dagang yang dilancarkan AS, Ren mengaku tetap mengagumi kebesaran negar adidaya tersebut. Da­lam sebuah wawancara de­ngan CNN, ia mengaku sejak muda hingga sekarang salut akan kebesaran AS.

“Hari ini, saya masih percaya bahwa AS adalah negara yang hebat. Institusi canggih Anda, mekanisme inovasi yang fleksibel, hak properti yang jelas, dan penghor­matan serta perlindungan hak individu telah me­narik bakat terbaik dunia un­tuk berin­vestasi dan berinovasi di AS. Miliaran orang telah berpartisipasi dalam proses ini. Tanpa ke­terbukaan, Anda tidak akan bisa berkembang menjadi kekuatan paling unggul di dunia hanya dalam lebih dari 200 tahun,” tuturnya.

Terkait tekanan perda­gangan AS kepada Huawei, Ren mengaku telah mencoba agar perusahaannya tetap menjaga profil, seperti domba yang diam. Tanpa memeduli­kan apa yang orang lain kata­kan, perusahaan selalu tetap diam dan tidak menyangkal apa yang dikatakan.

“Ketika kami bereks­pansi ke pasar luar negeri, beberapa orang mengatakan kami komunis. Kemudian, ketika kami kembali ke Tiong­kok, orang lain mengatakan kami kapitalis, karena kami membagi keuntungan kami dengan karyawan kami dan banyak dari karyawan kami memiliki pendapatan tinggi. Kita tidak tahu apakah kita komunis atau kapitalis, dan kita tidak membuang waktu untuk menjelaskan siapa diri kita. Sebagai gantinya, kami menghabiskan waktu kami untuk memperbaiki manajemen internal kami dan menyediakan produk dan layanan yang lebih baik, sehingga pelanggan akan memahami dan menerima kami,” tuturnya.

Menurutnya, AS mulai me­nyerang Huawei sejak lebih dari 10 tahun yang lalu kare­na curiga ketika perusahaan mulai berekspansi ke pasar luar negeri. Upaya itu diang­gap sebagai langkah-langkah komunis memperluas pengaruh. Akhirnya, Huawei menggugat pemerintah AS karena pembatasan yang dit­erapkan. Selocahyo/E-12

Tampilkan Semua

Pasar Berpeluang Menguat

Jumat 24/1/2020 | 09:07
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan berpeluang mengalami kenaikan. Pada per­dagangan, Jumat (24/1), IHSG akan melaju pada rentang 6.202-6.378. Vice President Research De­partment PT Indosurya Ber­sinar...
Selengkapnya

Perdagangan Efek Lima Emiten Dihentikan Sementara

Jumat 24/1/2020 | 09:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Oto­ritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator pasar modal di Indonesia, memutuskan penghentian sementara perda­gangan efek lima emiten. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima...
Selengkapnya

Pencatatan Saham Perdana

Jumat 24/1/2020 | 09:03
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Utama PT Diamond Food Indonesia Tbk Chen Tsen Nan (tengah) bersama Komisaris Independen Lim Beng Lin (kiri) dan Komisaris Independen Corneiles Tedjo Endriyarto (kanan) menekan tombol disaksikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Aliran Listrik di Dayeuhkolot Kab Bandung Dipadamkan Terkait Banjir

Minggu 26/1/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Aliran listrik di wilayah banjir yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) dipadamkan terkait semakin meningginya air di kawasan tersebut. "Aliran listrik sudah dipadamkan untuk wilayah Kecamatan Dayeuhkolot ya. Itu yang dipadamkan adalah rumah warga yang terendam banjir. Ini dilakukan demi faktor keselamatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Enjang Wahyudin, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (26/1).

Enjang mengatakan pemadam aliran listrik di rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dilakukan sejak Sabtu (25/1) malam. "Dipadamkan sejak kemarin malam dan sampai sekarang masih dipadamkan," kata dia.

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, mengatakan kerugian materi akibat banjir di Kabupaten Bandung juga bertambah, yakni menjadi 7.638 rumah terendam, 13 sekolah terendam dan 32 tempat ibadah terendam.

Saat ini, warga terdampak mengungsi ke tempat yang lebih aman, yaitu di Kecamatan Dayeuhkolot. Jumlah pengungsi di kantor kecamatan setempat sebanyak 113 KK (kepala keluarga) atau 364 jiwa.

Selanjutnya, warga di Kecamatan Baleendah mengungsi ke sejumlah tempat, seperti shelter dan Gedung Inkanas Baleendah dengan jumlah pengungsi 95 KK atau 331 jiwa. Ant/ils

Tampilkan Semua

Ratusan Warga di Pekalongan dan Batang Mengungsi Karena Banjir

Minggu 26/1/2020 | 11:51
A   A   A   Pengaturan Font
PEKALONGAN - Hujan deras disertai angin yang melanda Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sejak Sabtu (25/1) malam hingga Minggu (26/1) menyebabkan banjir sehingga ratusan warga di dua daerah itu mengungsi. Berdasar data...
Selengkapnya

Sebanyak 40.844 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Bandung

Minggu 26/1/2020 | 09:33
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Sebanyak 40.844 jiwa terdampak banjir yang melanda Kawasan Bandung selatan, tepatnya di lima kecamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) sejak Kamis (23/1) hingga Minggu (26/1) "Update banjir di Kabupaten Bandung hingga...
Selengkapnya

Ribuan Rumah Terendam akibat Banjir di Kabupaten Bandung

Sabtu 25/1/2020 | 12:54
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan banjir yang menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang terjadi sejak Kamis (23/1) telah menyebabkan 3.744 unit rumah,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Alternatif Pembiayaan Perumahan

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari kiri) Ketua Umum Pengembang Indonesia (PI) Barkah Hidayat bersama Plt Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Setyo Maharso, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida dan Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaya memberikan keterangan pers mengenai perlunya alternatif subsititusi dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Properti (FLPP) untuk perumahan umum yang saat ini menipis di Menara Kadin Indonesia, Kamis (23/1). Pelaku properti berharap pemerintah dapat mendukung realisasi program perumahan untuk rakyat melalui optimalisasi kebijakan fiskal

Tampilkan Semua

Mengecat Bangunan di Tahun Tikus Logam

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tahun tikus logam, bagian barat daya maupun barat rumah maupun perusahaan memiliki Qi atau energi positif yang besar. Untuk itu, pengecatan dinding pada bagian tersebut tidak hanya mendapatkan suasana baru, melainkan untuk menarik Qi...
Selengkapnya

Revitalisasi Laboratorium Teknik Sipil Universitas Bung Hatta Sumatera Barat

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (“Perseroan”) merevitalisasi Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Material dan Struktur, Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat. Peresmian dilakukan pada...
Selengkapnya

Pengembangan Parador Hotel & Resort di Surabaya

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mengawali tahun 2020 Parador Hotels & Resorts (Parador) terus berkembang di Indonesia dengan melaksanakan groundbreaking Vega Hotel Surabaya pada Kamis (23/1). Vega Hotel Surabaya akan menjadi hotel ke-2 dari Parador yang berdiri di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Ponsel Luna Hadirkan Internet Tanpa Kartu SIM

Kamis 23/1/2020 | 17:07
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Luna, merek ponsel asal Korea Selatan (Korsel), menggandeng penyedia layanan subscriber identification module (SIM) virtual SIMO untuk menghadirkan layanan internet tanpa kartu SIM fisik dan tanpa terhubung ke WiFI.

"Kami ingin menjadi yang pertama adaptasi SIM virtual," kata manajer pemasaran Luna Indonesia, Suryadi Willim, saat peluncuran di Jakarta, Kamis (23/1).

Dengan teknologi yang dibawa SIMO ponsel Luna dapat terhubung ke jaringan internet tanpa harus mengaktifkan paket data di kartu SIM maupun tersambung ke WiFi. Virtual SIM dari SIMO menyediakan koneksi jaringan 4G terkuat yang ada di lokasi pengguna ponsel berada.

Ponsel Luna memiliki aplikasi pre-loaded SIMO, pengguna dapat membeli berbagai paket internet yang ada dengan beragam pilihan harga. Untuk dapat mengaktifkan SIMO, pengguna harus memasang satu nomor dari operator seluler mana pun di ponsel Luna.

Setelah aktif, SIMO akan mencari sinyal terkuat dari operator mana pun, meski pun operator tersebut tidak sama dengan yang ada di kartu SIM fisik.

Country manager SIMO Indonesia, Wisnu Adhi Prabowo, menyatakan mereka sudah bekerja sama dengan operator seluler antara lain Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo untuk internet di SIMO.

Setiap ponsel wajib memiliki nomor IMEI yang terhubung ke satu nomor seluler. Luna untuk ponsel yang bekerja sama dengan SIMO ini menyediakan tiga nomor dalam satu ponsel, yaitu dua IMEI untuk slot kartu SIM konvensional dan satu IMEI untuk SIMO.

Ponsel Luna SIMO memiliki layar IPS sebesar 6,08 inci dengan rasio 19,5:9, dengan model layar waterdrop notch. Kamera Luna SIMO pun telah didukung lensa sebesar 13MP dan 2MP di belakang, sementara untuk kamera depan 5MP.

Untuk RAM, Luna membekali model ini sebesar 3GB diapdukan dengan kapasitas internal 32GB yang bisa diperluas hingga 128GB. Ponsel itu dijual seharga 1.299.000 rupiah. Ant/ils

 

Tampilkan Semua

Grip untuk Pengoperasian Kamera secara Nirkabel

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengguna kamera membutuhkan aksesoris tambahan untuk menunjang pengambilan gambar secara lebih mudah dan lebih baik. Sony menciptakan alat pegangan (grip) nirkabel untuk kamera, agar penggunanya dapat mengoperasikan kamera secara lebih...
Selengkapnya

Aplikasi Mobile Mulus dengan Cloud Latensi Rendah

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan-perusahaan memanfaatkan cloud latensi rendah guna mendukung mulusnya aplikasi mobile mereka Bagi perusahaan, komputasi awan menawarkan banyak manfaat, ketimbang memiliki peladen (server), dan piranti lunak sendiri. Layanan...
Selengkapnya

Mesin Cuci Pintar Berbasis AI

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kecerdasan buatan yang mampu berpikir dan melakukan pengaturan sendiri, mulai diterapkan pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Yang terbaru LG Electronics membekali mesin cuci front loading dengan teknologi artificial...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Bugatti Belum Mau Ikut Tren Mobil Listrik

Minggu 26/1/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Manufaktur mobil super (supercar) asal Prancis, Bugatti, menyatakan belum mau mengikuti tren otomotif dunia yang beralih dari mesin bakar (combustion engine) ke mobil berpenggerak listrik. CEO Bugatti Stephan Winkelmann menyatakan bahwa populasi Bugatti yang tidak terlalu banyak, dinilai tidak memberikan dampak emisi yang signifikan

Winkelmann juga menjelaskan mesin W16 dengan 16 piston silinder yang digunakan mobil-mobil Bugatti memberikan sensasi kecepatan dan daya tarik emosional untuk para pemiliknya, sehingga mereka belum berniat menggantinya dengan mesin listrik.

"Untuk 10 tahun ke depan, hanya mesin W16 yang memberikan emosi dan sensasi yang diharapkan oleh konsumen supercar kami," kata Stephan Winkelmann dilansir AFP, Minggu (26/1).

Saat ini, kurang dari 700 unit Bugatti yang beredar di seluruh dunia. Mobil super itu juga tidak dipakai setiap hari oleh pemiliknya, melainkan hanya 1.200 kilometer per tahun atau 100 kilometer per bulan. "Mungkin karena rata-rata pemilik Bugatti punya koleksi 42 mobil untuk dipakai," kata perusahaan itu.

Tim Bravo, kepala divisi komunikasi perusahaan mengatakan pemilik Bugatti umumnya bukan pejuang lingkungan, namun mereka berkontribusi terhadap perubahan iklim dengan cara lain, misalnya berdonasi. "Banyak dari mereka menyumbang untuk masalah lingkungan, meskipun kebanyakan orang mungkin tidak mengetahuinya," kata Tim Bravo.

Winkelmann kembali menambahkan bahwa pada 2019 adalah tahun sangat baik bagi Bugatti, yang terbaik sejak 1998 dalam hal pendapatan, pengiriman, dan pendapatan.

Konsumen Bugatti adalah kalangan berdompet tebal karena harga Chiron 2,8 juta dollar AS (35 miliar rupiah) sedangkan harga Bugatti Divo menembus 75 miliar rupiah dan harga itu belum dikenakan pajak. Ant/ils

Tampilkan Semua

Kia akan Luncurkan 11 Kendaraan Listrik

Minggu 26/1/2020 | 10:15
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Kia Motors, akan meluncurkan 11 kendaraan listrik (EV/ Electric Vehicle) pada 2025 dan menargetkan 6,6 persen dari pangsa pasar kendaraan listrik global. “Kia Motors akan mengubah...
Selengkapnya

Hyundai Motor akan Produksi Mobil Hidrogen Komersial di Tiongkok

Sabtu 25/1/2020 | 13:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dalam Forum EV100 Tiongkok yang diadakan di Beijing pada 10-12 Januari, Wakil Presiden Eksekutif Lee In-cheon, kepala Divisi Bisnis Kendaraan Komersial Hyundai, telah mengumumkan pihaknya akan memproduksi mobil hidrogen...
Selengkapnya

GM Cruise, Mobil Swakemudi Listrik Tanpa Setir dan Pedal

Rabu 22/1/2020 | 12:16
A   A   A   Pengaturan Font
SAN FRANCISCO – Pembuat mobil swakemudi Cruise telah memperkenalkan kendaraan listrik tanpa setir dan pedal yang dinamai "Cruise Origin". Mobil swakemudi itu dikembangkan bersama Honda Motor, yang mengambil saham minoritas di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

James Lewati Rekor Bryant, Lakers Tumbang

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PHILADELPHIA – Penampilan LeBron James kembali menyedot perhatian setelah berhasil melewati rekor Kobe Bryant di daftar pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA. Sayangnya, aksi gemilang small forward berusia 35 tahun itu gagal menghindarkan LA Lakers dari kekalahan di markas Philadelphia 76ers.

James tampil cukup menawan di Wells Fargo Center, Minggu (26/1) WIB, dengan menyumbang 29 poin selama bermain 35,21 menit. Bahkan, sebelum itu, dia bisa membukukan sejarah dengan menyodok ke peringkat tiga dalam daftar pencetak poin terbanyak NBA. Sebelum memulai laga itu, James hanya terpaut 18 poin dari rekor Bryant.

Itu baru terlewati pada kuarter ketiga. Tembakan jarak dekatnya membuatnya membukukan total 33.644 poin sepanjang karier. Itu melampaui torehan Bryant dengan 33.643 poin yang semasa aktifnya hanya membela Lakers. Setelah melewati catatan Bryant, James sempat melambaikan tangannya kepada pendukung Sixers yang dibalas dengan standing ovation.

Sayangnya, pesta bintang kelahiran Akron, Ohio itu harus berakhir tragis karena Lakers menelan kekalahan 91-108. Kekalahan ini membuat Lakers gagal memetik tiga kemenangan beruntun di NBA.

Sebelumnya, Lakers sempat menundukan New York Knicks (100-92) dan Brooklyn Nets (128-113). Meski demikian, mereka tetap menempati posisi atas Wilayah Barat dengan 36 menang dan 10 kalah.

“Terus melangkah maju disetiap pertandingan @KingJames. Rasa hormat sebesar-besarnya kepada saudara saya #33644,” tulis Bryant, diakun twitternya, dilansir sports.yahoo.  Ant/S-2

Tampilkan Semua

Sensasi Coco Gauff Terhenti

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sensasi dari bocah ajaib, Coco Gauff di ajang Grand Slam Australian Open 2020 terhenti di babak 16 besar MELBOURNE - Upaya petenis Amerika Serikat (AS), Coco Gauff untuk mencetak sejarah di Australia Open berakhir pada babak 16 besar,...
Selengkapnya

Hafiz/Gloria “Runner Up” Thailand Masters

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK – Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja gagal menjadi juara dalam turnamen Thailand Masters 2020 yang diselenggarakan di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand. Pada pertandingan babak final...
Selengkapnya

Meski Menang, Emosi Pemain SumselBabel Perlu Dibenahi

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PEKANBARU - Meski memenangi pertandingan pertama pada Proliga 2020, pemain tim voli putra Palembang Bank SumselBabel masih perlu membenahi aspek psikologis terutama emosi saat bertanding. Pelatih Palembang Bank SumselBabel, Mashudi,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, apa yang harus dilakukan ketika menyambut karyawan baru di departemen kami? Saya memperhatikan beberapa karyawan baru di departemen lain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi. Setelah sekian lama baru berani menunjukkan potensi-potensi mereka. Saya ingin para staf baru di departemen kami bisa segera menyesuaikan diri dan berprestasi. Mohon advisnya Bu.

Jawaban:

Kehadiran karyawan baru dalam dunia kerja merupakan hal yang biasa, dalam arti bukan sesuatu yang istimewa. Karena itu kehadirannya kerap dihadapi dengan sikap biasa-biasa pula.

Tetapi bagi karyawan baru itu sendiri, sebenarnya hari pertama di tempat kerja merupakan hari yang cukup mendebarkan. Tak jarang karyawan baru merasa sangat asing menghadapi rekan-rekan dan lingkungannya yang sama sekali baru. Kondisi ini kadang membuatnya membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Akibatnya dia juga membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Tentu saja hal ini tidak kondusif, baik bagi karyawan baru itu sendiri maupun lingkungannya. Nah jika Bapak/Ibu membawahi karyawan baru tersebut, harus segera tanggap agar karyawan tersebut cepat beradaptasi dan bisa bekerja secara maksimal.

Bagaimana caranya? Coba ikuti tips-tips berikut ini: – Tugaskan seorang sekretaris atau salah satu staf untuk memperkenalkan karyawan baru pada semua personel di divisi.

Perkenalkan juga pada pimpinan yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya nanti. Beritahukan fasilitas fisik seperti ruang meeting, rest room, pantry, komputer, mesin fax, mesin foto kopi, dll.

Pengenalan seperti ini akan membuat si karyawan baru lebih cepat menyatu dengan setiap unsur dalam lingkungan kantor barunya. – Jelaskan posisi dia di divisinya. Dan berikan gambaran yang jelas mengenai dampak dari kontribusinya di perusahaan. Terangkan bahwa posisinya berperan dalam mencapai target tertentu dalam perusahaan.

Hal ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi tersendiri baginya. – Berikan panduan dan deskripsi kerja yang jelas. Selain memberi petunjuk secara tertulis, berikan penjelasan secara langsung mengenai berbagai peraturan dan kebijakan yang berlaku. Tekankan poin-poin penting yang wajib ia patuhi, misalnya masalah jam kerja atau kedatangan.

Jelaskan juga cara meng-handle pekerjaannya. – Terangkan secara umum mengenai gambaran atau sejarah perusahaan, sehingga dapat menangkap kultur yang berlaku di perusahaan dan tidak bertingkah laku di luar batas toleransi perusahaan. Dengan demikian dia pun akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerjanya. 

Jelaskan masa percoban atau orientasi yang harus dijalani, misalnya tiga bulan atau enam bulan (tergantung kebijakan perusahaan). Jelaskan pula apa saja yang sudah bisa didapatkan dan belum diperoleh selama masa orienrasi tersebut seperti masalah gaji penuh, tunjangan kesehatan, cuti, dll. Sehingga dia tidak akan bertanya-tanya sendiri.

– Jangan lupa untuk memonitor setiap karyawan baru secara berkala dalam 3 bulan pertama. Pelajari ritme kerja, inisiatif, kreativitas, sistematika kerja dan sosialisasinya. Begitu juga dengan prestasinya dalam bekerja. Bersikaplah peka dalam menangani mereka. Jika Bapak/Ibu menangkap kesan masih banyak hal yang belum dimengerti anda harus memberikan penjelasan sekali lagi. Sebaiknya Bapak/Ibu juga menekankan padanya agar tidak perlu ragu bertanya, baik pada anda maupun rekan-rekannya.

– Meskipun dia karyawan baru, beri kesempatan untuk menangani pekerjaan sesuai cara-caranya. Jika hasil kerjanya bagus, sesekali berikan pujian. Walaupun pujian kecil, besar artinya bagi seorang karyawan baru.

Ia akan merasa sangat dihargai dan diakui keberadaannya. Nah dengan menerapkan cara-cara tadi, karyawan baru akan lebih mudah beradaptasi, baik dengan lingkungan kerjanya maupun dengan tugas-tugasnya, sehingga tidak akan kesulitan untuk mengekspresikan kreativitasnya dan menunjukkan performa terbaiknya.

Tampilkan Semua

Membangun Kepercayaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus penyalahgunaan dana masyarakat Asuransi Jiwasraya telah menyita perhatian masyarakat. Betapa tidak, dana triliunan rupiah begitu mudah berpindah tangan ke pihak lain kemudian tak jelas rimbanya. Bukan saja merugikan pemilik dana,...
Selengkapnya

Memupuk Loyalitas Karyawan

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, perusahaan kami baru merekrut karyawan-karyawan baru fresh graduate dari universitas negeri ternama. Mereka cerdas, penuh semangat, kompetitif dan juga abisius. Merekrut mereka tidak mudah dan perusahaan juga...
Selengkapnya

Prolegnas Ambisius

Sabtu 18/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap akhir tahun, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selalu mengeluarkan daftar Rancangan Undang-undang (RUU) prioritas yang akan dibahas pada tahun berikutnya. Daftar itu menjadi acuan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat bersama pemerintah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Film “Lima” Beri Pesan Toleransi

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemutaran film Lima di Moskow mengawali rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia. Film diputar di Dom Kino (House of Cinema), Moskow Kamis (23/1) disaksikan sekitar 500 warga Rusia.

Hadir pula Lola Amaria, sang sutradara dan Baskara Mahendra, salah satu pemeran utama. Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi saat membuka pemutaran film mengatakan, Lima merupakan salah satu langkah lebih memperkenalkan Indonesia kepada warga Rusia.

Ini juga dalam rangka memeriahkan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara serta Festival Film negara-negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

“Pada 3 Februari 2020 hubungan diplomatik Indonesia- Rusia akan genap 70 tahun dan pemutaran film ini sebagai pembuka untuk memeriahkan perayaan ini,” kata Dubes Wahid. Menurut Wahid, hubungan kedua negara terus meningkat di berbagai bidang seperti perdagangan, pariwisata, dan budaya. Sementara itu, Lola Amaria dan Baskara Mahendra sangat terkesan tanggapan positif warga Rusia terhadap filmnya.

Tidak sedikit penonton menghampiri keduanya usai nonton. Mereka menyampaikan beragam pertanyaan mengenai film, berfoto bersama, atau minta tanda tangan.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa memperkenalkan Indonesia kepada warga Rusia melalui karya dan dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik,” kata Lola.

Film Lima dirilis Mei 2018 menceritakan sebuah keluarga menghadapi dan memecahkan masalah kehidupan. Film memberikan pesan pluralisme, toleransi, dan perenialisme.

Ide utama film berasal dari lima sila Pancasila. Film sudah diputar di 21 kota di 12 negara, termasuk Rusia. Anna Shaposhnikova, salah satu warga Rusia yang menonton mengatakan, bahwa film ini sangat bagus karena menceritakan kehidupan seharihari di tengah masyarakat majemuk. Sur/G-1

Tampilkan Semua

Taylor Swift Mungkin Absen

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hari ini, Senin (27/) waktu Indonesia, atau Minggu (26/1) waktu setempat, Grammy Awards ke-62 akan diumumkan. Ajang penghargaan musik paling bergengsi ini bakal dihelat di The Staples Center, Los Angelas, California, Amerika...
Selengkapnya

Bakal Menang Besar di Grammy?

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Banyak pengamat musik menjagokan Ariana Grande dalam ajang Grammy Awards makam ini. Dia digadanggadang akan menjadi pemenang besar ajang puncak musik dunia ke-62 tersebut. Grammy Awards ke-62 akan kembali dihelat Minggu (26/1) waktu...
Selengkapnya

“Memberikan Nyawa”

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah sukses membintangi film horor Makmum, aktris Tissa Biani kembali terlibat dalam sebuah film horror kali ini berjudul KKN: di Desa Penari. Tissa mengaku tak kapok untuk terus berperan dalam film horor karena menurutnya sangat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Hari Ini Jakarta Diprediksi Hujan Sejak Pagi

Minggu 26/1/2020 | 07:51
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Hari Minggu (26/1) ini, Provinsi DKI Jakarta diprediksi bakal diguyur hujan pada sebagian besar area atau empat wilayah kota dan kabupaten serta akan bersambung dengan hujan di seluruh wilayah pada siang hari. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam data yang disiarkan di Jakarta, Minggu, peringatan dini mengenai cuaca yang akan terjadi sejak siang hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir atau angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari," tulis BMKG dalam keterangannya pada Minggu pagi.

Adapun berdasar data BMKG, cuaca Jakarta pada Minggu pagi ini, empat wilayah kabupaten/kota akan mengalami hujan dengan intensitas ringan yakni Jakarta Barat, Pusat, Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Sementara dua wilayah lain yakni Jakarta Timur dan Selatan akan berawan.

Pada siang hari, seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas berbeda yakni ringan, lokal dan berpetir. Untuk hujan ringan akan berlangsung di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Pusat, sementara untuk hujan lokal akan berlangsung di Jakarta Barat dan Timur, serta di Jakarta Selatan akan turun hujan dengan berpetir.

Adapun pada malam hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan mengalami hujan berbagai intensitas. Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Barat akan mengalami hujan berintensitas lokal. Sementara Jakarta Pusat dan Timur akan turun hujan dengan intensitas ringan, adapun Jakarta Selatan akan berawan.

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 33 derajat Celsius yang memiliki rincian Jakarta Barat (24-33), Jakarta Pusat (25-32), Jakarta Selatan (24-33), Jakarta Timur (24-33), Jakarta Utara (25-32) dan Kepulauan Seribu (26-31).

Adapun kelembapan udara di Jakarta, berada antara 80 persen hingga 100 persen dengan rincian Jakarta Barat (80-100), Jakarta Pusat (80-95), Jakarta Selatan (80-100), Jakarta Timur (80-100), Jakarta Utara (80-95) dan Kepulauan Seribu (85-95). Ant/ils

Tampilkan Semua

Layanan SIM Keliling Hari ini Beroperasi di 3 Lokasi di Jakarta

Minggu 26/1/2020 | 07:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali mengadakan layanan SIM keliling bagi warga Jakarta di tiga titik pada Minggu (26/1) ini. Namun untuk layanan Samsat Keliling tidak beroperasi pada hari...
Selengkapnya

Lokasi Sim Keliling Hari Ini

Sabtu 25/1/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - Layanan SIM keliling dibuka di enam lokasi di Jakarta hari ini, Sabtu (25/01) Menurut data dari @TMCPolda Metro Jaya wilayah yang melayani SIM Keliling hari ini akan di buka wiilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan,...
Selengkapnya

Hari Raya Imlek, Jabodetabek Hujan Lebat

Sabtu 25/1/2020 | 06:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Di hari raya Imlek yang jatuh hari ini, Sabtu (25/1), hujan dengan intensitas lebat kembali mengguyur wilayah Jabodetabek pada pagi hari ini. Seperti dikutip dari situs resmi BMKG, hujan lebat akan terjadi pada pukul 05:35 WIB...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Panja Fokus pada Kepastian Hukum dan Kejelasan Pengembalian Uang Nasabah

Jumat 24/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Merespons persoalan besar PT Asuransi Jiwasraya yang menimbulkan potensi kerugian negara sebasar 13,7 triliun rupiah dan merugikan para nasabahnya baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat bersama Jaksa Agung menghasilkan kesimpulan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja).

 

Pembentukan Panja dimaksudkan agar kepastian pembayaran nasabar bisa dilakukan Jiwasraya serta menyelamatkan aset negara. Untuk mengupas soal ini, Koran Jakarta mewawa­ncarai Wakil Ketua Komisi III, Desmond J Mahesa, di Jakarta, Selasa (21/1).

Kenapa Komisi III lebih me­milih membentuk Panja daripada Panitia Khusus (Pansus)?

Kami belum melihat fraksi lain serius mengusulkan Pansus. Se­mentara ini baru Komisi VI dan XI yang sudah membuat Panja. Akan tetapi, untuk ke Pansus itu punya ruang, kalau Komisi III pasti akan menilai dari aspek hukum. Tentu perlu bikin Panja pengawasan Jiwasraya, kalau kita lihat Panja Komisi VI dan XI akan meng­gali semua masalah hanya saja tidak pada persoalan nasib pembayaran nasabahnya masih belum jelas. Nah itu yang akan menjadi fokus Panja Komisi III.

Lalu, fokus Panja Komisi III ini apa?

Fokus substansi Panja Komisi III, pertama bagaimana kepastian hukum nasabahnya ten­tang pembayaran. Karena kalau penyitaan aset menjadi tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) Jaksa Agung yang bisa menyita aset para pelaku kejahatan Jiwasraya. Nantinya tinggal dihitung saja ke semua aset yang disita Kejaksaan cukup tidak untuk membayar para nasabahnya.

Jika ternyata Jiwas­raya tak mampu membayar semua nasabah?

Kalau pada akhirnya Jiwasraya tidak bisa membayar semua, negara mensubsidi berapa, nah ini yang harus dihitung. Karena selisihnya itu akan ditanggung negara dan akan keluar duit nah ini kan duit rakyat. Atas dasar urgensi inilah pentingnya Panja penegakan hukum atau pengawasan di Komisi III juga sebagai pelengkap di Panja komisi lainnya.

Peran Panja sendiri bagaimana jika hak nasabah belum dilunasi?

Nantinya, apabila dari hasil lelang aset masih ada kekurangan dana yang harus dikembalikan, Panja akan melakukan pem­bahasan untuk memberi dana tambahan.

Lantas bagaimana Komisi III menyikapi aset negara yang ber­potensi hilang karena Jiwasraya?

Sekarang berkaitan dengan menjaga aset-aset yang hilang dalam rangka Kasus Jiwasraya. Itu juga tujuannya agar kepastian pembayaran kewajiban Jiwasaya terhadap nasabah bisa tercapai. Penegakan hukum ini diperlukan mengingat apakah aset itu bisa membayar semua kalau tidak bisa semua negara mau subsidi berapa? Selisihnya berapa?

Jika begitu, tidak tumpang tin­dih antarkomisi dalam bertugas?

Nantinya, program kerja pada setiap Panja akan terbagi ke dalam beberapa sektor mulai dari Panja Komisi XI dalam fungsi pengawasan. Lalu, Panja Komisi VI pada pendalaman peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pengembalian dana. Kemudian fungsi penegakan hukum ada di Panja Komisi III. Jika sudah jelas begitu, tidak akan terjadi tum­pang tindih dalam pelaksanaan tugasnya. yasir arafat/AR-3

Tampilkan Semua

Pendataan Rumah Tangga Miskin Masih Lemah

Kamis 23/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana untuk mengubah skema distribusi elpiji 3 kilogram (kg) dari terbuka menjadi tertutup. Kementerin Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan langkah ini bertujuan agar penyaluran subsidi tepat sasaran. ...
Selengkapnya

Korpri Tunggu Konsep dan Simulasi Penyederhanaan Birokrasi

Rabu 22/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah sudah mengebut untuk menyederhanakan struktur birokrasi hanya dua level saja. Penyederhanaan birokrasi cukup dua level ini merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo yang diucapkan saat berpidato usai dilantik jadi...
Selengkapnya

Rehabilitasi Psikologi untuk Siswa Perlu Digencarkan

Selasa 21/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Rehabilitasi psikologi di sekolah perlu digencarkan untuk mengatasi peserta didik yang mengalami trauma. Salah satu bukti perlunya rehabilitasi sekolah adalah peristiwa bunuh diri siswa SMP di salah satu sekolah di Jakarta yang berinisial...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Melampaui Hukum Moore

Jumat 24/1/2020 | 07:39
A   A   A   Pengaturan Font

Sirkuit terpadu silikon, yang digunakan da­lam prosesor komputer, mendekati kepadatan layak maksimum transistor pada satu chip - setidaknya, dalam array dua dimensi.

Sekarang, tim insinyur di University of Michigan, AS, te­lah menumpuk lapisan kedua transistor secara langsung di atas chip silikon yang canggih.

Mereka mengusulkan bahwa desain mereka dapat menghilangkan kebutuhan untuk chip kedua yang meng­konversi antara sinyal tegan­gan tinggi dan rendah, yang saat ini berdiri di antara chip pemrosesan tegangan rendah dan antarmuka pengguna tegangan tinggi.

“Pendekatan kami dapat mencapai kinerja yang lebih baik dalam paket yang lebih kecil, lebih ringan,” kata Becky Peterson, profesor teknik elektro dan ilmu komputer dan pemimpin proyek.

Hukum Moore menyatakan bahwa daya komputasi per dolar berlipat ganda kira-kira setiap dua tahun. Sebagai tran­sistor silikon telah menyusut dalam ukuran untuk menjadi lebih terjangkau dan hemat daya, tegangan di mana mere­ka beroperasi juga turun.

Tegangan yang lebih tinggi akan merusak transistor yang semakin kecil. Karena itu, chip pemrosesan canggih tidak kompatibel dengan kom­ponen antarmuka pengguna bertegangan tinggi, seperti panel sentuh dan driver layar. Ini perlu dijalankan pada tegangan yang lebih tinggi un­tuk menghindari efek seperti sinyal sentuhan palsu atau pengaturan kecerahan yang terlalu rendah.

“Untuk mengatasi ma­salah ini, kami menginte­grasikan berbagai jenis perangkat dengan rangkai­an silikon dalam 3D, dan perangkat itu memungkin­kan Anda melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh transistor silikon,” kata Peterson.

FOTO : ISTIMEWA

Karena lapisan kedua tran­sistor dapat menangani tegan­gan yang lebih tinggi, mereka pada dasarnya memberikan masing-masing transistor silikon interpreternya sendiri untuk berbicara dengan dunia luar. Ini mengatasi pertukaran saat ini menggunakan prose­sor canggih dengan chip tam­bahan untuk mengkonversi sinyal antara prosesor dan perangkat antarmuka - atau menggunakan prosesor tingkat rendah yang beroperasi pada tegangan yang lebih tinggi.

Tim Peterson mengelo­la ini dengan menggunakan semikonduktor yang berbeda, yang dikenal sebagai oksida logam amorf. Untuk mene­rapkan lapisan semikonduk­tor ini ke chip silikon tanpa merusaknya, mereka menutup chip dengan larutan yang me­ngandung seng dan timah dan memutarnya untuk membuat lapisan yang rata.

FOTO : ISTIMEWA

Selanjutnya, mereka me­manggang chip sebentar untuk mengeringkannya. Mereka mengulangi proses ini untuk membuat lapisan seng-timah-oksida setebal 75 nanometer - sekitar seperseribu ketebalan rambut manusia. Selama pe­manggangan terakhir, logam-logam tersebut berikatan dengan oksigen di udara, menciptakan lapisan seng-timah-oksida. pur/R-1

Tampilkan Semua

Transistor Fungsional yang Dapat Memproses dan Menyimpan Informasi

Jumat 24/1/2020 | 07:37
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti memecahkan tantangan berusia puluhan tahun dalam membangun transistor fungsional yang terintegrasi dengan RAM feroelektrik.   Para peneliti telah mencip­takan cara yang lebih layak untuk menggabungkan transistor...
Selengkapnya

I Gusti Ayu Bintang Darmawati : Berdayakan Perempuan dengan Kewirausahaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu negara yang bakal mendapat bonus demografi di masa mendatang. Hal tersebut mesti segera dipersiapkan oleh seluruh sektor, tidak terkecuali sektor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. ...
Selengkapnya

Komunitas One Day Traveling

Jumat 24/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bisakah wisata ke luar kota hanya dalam satu hari? Ternyata itu bisa dilakukan. Hal tersebut dibuktikan oleh Komunitas One Day Traveling atau komunitas wisata satu hari. Komunitas tersebut berbasis di Jakarta. Para anggota komunitas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta