Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | August 24 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Enam Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Makin banyaknya titik api pada musim kemarau yang puncaknya diperkirakan pada Oktober 2016, enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

JAKARTA – Sebanyak enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Penetapan ini dilakukan menyusul puncak musim kemarau yang diperkirakan akan terjadi di September hingga Oktober 2016.

“Mengantisipasi bencana asap akibat Karhutla tersebut membuat enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Provinsi tersebut adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan,” kata Kepala Pusat Data Infomasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa (23/8).

Menurut Sutopo, periode siaga darurat Karhutla masing-masing provinsi adalah Riau (1/3/2016 – 30/11/2016), Jambi (27/7/2016 – 14/10/2016), Sumatera Selatan (7/3/2016 – 30/11/2016), Kalimantan Barat (1/6/2016 – 1/9/2016), Kalimantan Tengah (11/7/2016 – 8/10/2016), dan Kalimantan Selatan (15/8/2016 – 15/11/2016).

Pada bulan September hingga Oktober diperkirakan akan memasuki periode puncak kemarau. Biasanya saat puncak kemarau, tambah Sutopo, terjadi akan berbanding lurus dengan meningkatnya potensi peningkatan jumlah hot spot atau puncak panas kebakaran hutan dan lahan.

“Periode hot spot terbanyak dari Karhutla di Sumatera dan Kalimantan selama Agustus hingga Oktober dengan puncak September. Gubernur Kalimantan Barat telah menyiapkan perpanjangan masa siaga darurat Karhutla di Kalimantan Barat hingga November 2016,” kata Sutopo.

Lebih Baik

Penetapan status siaga darurat oleh 6 provinsi ini lebih baik jika dibandingkan sebelumnya. Pada tahun 2015, tambah Sutopo, beberapa daerah mengalami keterlambatan penetapan status darurat Karhutla sehingga penanganan menjadi tidak optimal.

Api Karhutla sudah terlanjur besar dan meluas sehingga sulit dipadamkan. Adanya status siaga darurat tersebut maka adanya kemudahan akses bagi BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menggerakkan potensi sumber daya yang ada.

BNPB telah mengerahkan delapan helikopter water bombing, dua pesawat water bombing, dan dua pesawat hujan buatan. Untuk di Riau BNPB menempatkan tiga heli water bombing, dua pesawat water bombing, dan satu pesawat casa hujan buatan.

Total 21,7 juta liter air yang dijatuhkan heli dan pesawat water bombing untuk padamkan Karhutla di Riau sejak 1 April 2016 hingga sekarang. “Sedangkan untuk hujan buatan telah ditaburkan 40 ton garam (NaCl) ke dalam awan-awan potensial dari pesawat casa,” ujar Sutopo.

Hingga saat ini 2.937 hektare hutan dan lahan terbakar di Riau telah berhasil dipadamkan oleh tim Satgas darat. Sebanyak 64 kejadian perkara dengan 79 orang tersangka ditangani oleh satgas penegakan hukum pada tahun 2016. Di Sumatera Selatan, kata Sutopo, BNPB menempatkan dua heli water bombing dan satu pesawat hujan buatan.

Di Kalimantan Tengah ditempatkan dua pesawat heli water bombing, dan di Kalimantan Barat ditempatkan satu heli water bombing. BNPB sedang mempersiapkan pengiriman satu heli water bombing dan satu pesawat hujan buatan untuk dioperasikan di Kalimantan Barat.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar seluruh jajaran membentuk Posko Karhutla hingga tingkat kecamatan untuk mencegah dan menangani kejadian tersebut. Presiden meminta seluruh jajaran termasuk Kemendagri, TNI, Polri, untuk mengupayakan adanya posko di tingkat kecamatan.

“Presiden mengingatkan seluruh jajaran untuk melakukan tindakan sejak awal agar kejadian kebakaran hutan dan lahan pada 2015 tidak terulang lagi,” kata Pramono. Karena itu dari awal sudah harus disiapkan adanya sistem peringatan dini agar kalau terjadi tanda-tanda akan terjadi kebakaran di beberapa slot karena sekarang sudah dideteksi dengan satelit, maka bisa dilakukan pencegahan di awal.

Presiden mengingatkan harus ada deteksi dini Karhutla sehingga upaya penanganan harus dilakukan secara terkoordinasi di bawah koordinasi Menko Polhukam dan Menko Perekonomian. cit/Ant/N-3

Robot Kapal Selam Bantu Pemetaan Dasar Laut

Rabu 24/8/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Dalam rangka mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), robot kapal selam jenis Autonomus Underwater Vehicle (AUV) dapat membantu dalam membuat pemetaan dasar laut.

Dengan AUV para peneliti sangat terbantu dalam mengoleksi sampel geologi hingga pemantauan oseanografi. “Robot … Selengkapnya

KPK Harus Periksa Nama yang Disebut Darmaji

Rabu 24/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mesti menindaklanjuti keterangan saksi yang menyebutkan keterlibatan nama-nama pejabat dan pengacara dalam kasus suap dengan terdakwa Doddy Aryanto Supeno.

Apalagi, terdapat nama pengacara yang berulang kali terlibat dalam skandal peradilan. Pegiat antikorupsi dari Kaukus … Selengkapnya

Bakteri Fermentasi Siap Gantikan Produk Impor

Rabu 24/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Bakteri asam laktat tipe (galur/strain) baru yang dikembangkan dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Prof Dr Ir Endang Sutriswati Rahayu dalam waktu dekat akan diluncurkan untuk pasar komersial dan siap bersaing dengan produk serupa yang selama ini masih … Selengkapnya

mondial

Menteri Logistik Mesir Dituntut Mundur

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KAIRO – Jabatan Menteri Logistik Mesir yang saat ini dipegang oleh Khaled Hanafi berada diujung tanduk setelah pihak komisi pencari fakta yang menyelidiki kasus korupsi, pada Senin (22/8) lalu menghadap parlemen dan melaporkan skandal korupsi pada sektor pasokan gandum domestik yang telah merugikan negara jutaan dollar AS.

Skandal korupsi ini mencuat setelah ada dugaan bahwa angka total panen hasil gandum di Mesir sengaja digelembungkan demi keuntungan para importir lokal. Mesir diketahui saat ini merupakan negara importir gandum terbesar dunia dengan angka total hampir 12 juta ton.

“Sejauh ini kami mendapat data ada sekitar 200 ribu ton hilang di 10 gudang gandum milik swasta. Kami menduga sebenarnya ada lebih dari 1 juta ton gandum yang hilang namun sayangnya kami tak tahu angka pasti gandum yang hilang karena keterbatasan kami dalam melakukan inspeksi,” kata Yasser Omar, ketua Komisi Pencari Fakta.

Omar kemudian mengatakan bahwa pihak parlemen akan melakukan kajian atas laporan temuan komisi selama sepekan dan kemungkinan pekan depan parlemen akan melakukan mosi tak percaya yang bisa menjatuhkan jabatan Hanafi sebagai Menteri Logistik Mesir. Rtr/I-1

 

Duterte Minta Senat Tak Intervensi

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 MANILA – Kepolisian Filipina melakukan investigasi terkait pelaksanaan eksekusi terhadap para pengedar dan pengguna narkoba yang jumlahnya mencapai lebih dari 1.900 orang yang ditembak mati dalam tempo 36 hari. Direktur Jenderal Kepolisian Filipina, Ronald dela Rosa, menyatakan sekitar 1.100 kematian … Selengkapnya

Ratusan Warga AS Terdampar di Kanada

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TORONTO – Ratusan warga Amerika Serikat (AS) dilaporkan terdampar di Kanada pada Senin (22/8) saat mereka mengikuti aktivitas tahunan naik perahu karet dan tubing bernama Port Huron Float Down yang digelar pada Minggu (21/8) di Sungai St Clair yang berada … Selengkapnya

PM Lee Sakit, Singapura Resah

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sakitnya Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, telah membangkitkan pertanyaan kesiapan Singapura dalam hal perbaikan perekonomian dan suksesi politik.

 SINGAPURA – Kabar absennya Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, dari pemerintahan karena ingin memulihkan kesehatannya, telah menimbulkan keresahan di … Selengkapnya

ekonomi

Biaya “Crossing” Saham Didiskon Hingga 45 Persen

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

BEI akan mempermudah proses transaksi balik nama di bursa saham atau dengan melakukan transaksi crossing (tutup sendiri).

JAKARTA – Insentif diskon transaksi biaya balik nama saham (crossing) hingga 45 persen akan menjadi daya tarik investor dalam melakukan transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kebijakan ini juga akan membuat pasar modal dalam negeri bergairah karena kepemilikan saham didominasi bangsa sendiri.

Analis PT Anugerah Sentra Investama, Yusuf Nugraha, mengatakan terobosan tersebut bisa menjadi daya tarik investor dalam melakukan transaksi perdagangan saham. Apalagi biaya crossing saham didiskon hingga 45 persen dari tarif transaksinya saat ini 0,03 persen.

“Menurut saya ini terobosan cukup bagus,” ungkapnya kepada Koran Jakarta, Selasa (23/8). Seperti diketahui, guna mendukung program Amnesti Pajak (Tax Amnesty), BEI menganjurkan kepada para wajib mengikuti program tersebut, termasuk aset yang berbentuk portofolio saham.

Diperkirakan sekitar 400 triliun rupiah aset berbentuk saham bukan dengan atas nama pemiliknya, tapi menggunakan nama asing. Untuk itu BEI meminta Warga Negara Indonesia yang memiliki saham dengan menggunakan nama lain, agar segera melakukan deklarasi kepemilikannya, selanjutnya melakukan balik nama atas namanya sendiri.

BEI akan mempermudah proses transaksi balik nama tersebut di bursa saham atau dengan melakukan transaksi crossing (tutup sendiri). Bagi mereka yang akan melakukan crossing, bursa menurutnya siap memberikan potongan (diskon) komisi transaksi hingga 45 persen ari tarif transaksinya saat ini 0,03 persen.

Menurut Yusuf, jika biaya balik nama saham didiskon hingga 45 persen akan meringankan wajib pajak. “Diskon 45 persen cukup lumayan angka. Apalagi biaya transaksi saham banyak,” imbuhnya. Seperti diketahui, biaya transaksi yang dikenakan oleh BEI sebesar 0,03 persen dari nilai per transaksi. Kini, BEI akan memberikan keringanan atas biaya tersebut.

Diskon diberikan mulai dari nilai crossing kurang dari 500 miliar rupiah h mendapat diskon 20 persen, lalu untuk crossing saham senilai 500 miliar rupiah sampai 1 triliun rupiah mendapat diskon 30 persen.

Kemudian nilai crossing dari 1 triliun rupiah hingga 3 triliun rupiah mendapat diskon 35 persen. Selanjutnya 3 triliun rupiah hingga 5 triliun rupiah diskon 45 persen. Apabila lebih dari 5 triliun rupiah diskonnya bisa lebih dari 45 persen.

Batas Waktu
Dijelaskan Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan, diskon crossing hanya akan diberlakukan dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini diskon crossing dilakukan sebelum 30 September 2016. “Untuk diskon, ada batasan tergantung nilainya. Maksimum bisa 45 persen diskon crossing fee,” ujarnya. Nicky menambahkan bahwa kebijakan ini merupakan bentuk komitmen bursa dalam mendukung tax amnesty.

Selain itu, BEI pun tengah menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait rencana pembebasan biaya pencatatan saham perdana yang berlaku sampai Maret 2017 atau sepanjang program tax amnesty dan draft peraturannya pun sudah jadi dan tinggal menunggu persetujuan OJK.

“Kami tetap butuh persetujuan komisaris dan OJK. Jadi tinggal menunggu tanggal mainnya saja,” tambahnya. Sedangkan Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, menuturkan, terkait dengan program Amnesti Pajak yang sudah melakukan crossing secara resmi belum ada. yni/AR-2

Deflasi Harus Dikelola untuk Tekan Kemiskinan

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Inflasi rendah dan pertumbuhan yang cukup tinggi dapat dioptimalkan untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran secara lebih cepat.

Jakarta – Pemerintah perlu mengoptimalkan momentum penurunan inflasi untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat. Optimalisasi inflasi rendah disertai angka pertumbuhan ekonomi yang terus … Selengkapnya

Pemda Kembali Endapkan Dana di Bank

Rabu 24/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Keuangan akhirnya kembali membekukan alokasi transfer dana ke daerah sebesar 19,4 triliun rupiah kepada 169 pemerintah daerah. Pembekuan dana tersebut karena Pemerintah Daerah (Pemda) kembali melakukan kebiasaan buruk lama mereka dengan menimbun transfer dana yang mereka dalam … Selengkapnya

Emiten Properti Suntik Dana Anak Usaha Rp1 Triliun

Rabu 24/8/2016 | 06:18
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Emiten properti, PT PP (Persero) Tbk (PTPP), akan suntik dana untuk modal anak usaha, PT PP Energi sebesar 1 triliun rupiah. Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbianto, mengatakan tambahan modal untuk PP Energi tersebut akan dilakukan pada kuartal IV-2016 … Selengkapnya

rona

Kezia Roslin Cikita Warou Semarakkan Panggung Merah Putih di Hong Kong

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Putri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warou merasakan kehangatan tanah air saat berada di Hong Kong, terutama berada di tengah-tengah buruh migran Indonesia.

“Apa kabar semuanya, saya merasa seperti tidak berada di Hong Kong, saya seperti berada di Indonesia,” katanya, menyapa para buruh migran Indonesia yang memadati lapangan Victoria, Causeway Bay, Hong Kong untuk menyaksikan Panggung Merah Putih merayakan HUT ke-71 Republik Indonesia, Minggu kemarin.

Wanita kelahiran Jakarta ini menambahkan, “Saya merayakan kehangatan Indonesia di sini, luar biasa saya bisa berada di sini, bersama kalian.”

Kezia didaulat menyampaikan hadiah kepada para pemenang lomba kontes kecantikan bagi para buruh migran yang diselenggarakan Mustika Ratu dan Konsulat Jenderal RI di Hong Kong.
Panggung Merah Putih 2016 ini juga dimeriahkan penampilan sejumlah artis ibu kota, seperti pedangdut Inul Daratista, Aris “Idol”, Rizki Ridho, dan band Indonesia di Hong Kong “ID Talent band”.

Meski hujan mengguyur Hong Kong sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi, namun para buruh migran tetap datang menyaksikan penampilan artis idola mereka. “Ayo mbak ini hanya hujan, semangat kita, semangat 45!,” kata salah satu dari mereka, Rahayu, menyemangati rekannya, yang ragu-ragu menuju lokasi acara karena hujan dan lapangan yang becek serta sedikit berlumpur.

Semarak Panggung Merah Putih diawali dengan penampilan ID Talent Band, disusul Aris “Idol” serta Tari Lenggong Keraton dari Bali. Selain itu ditampilkan pula peragaan busana pengantin tradsional dari sembilan daerah di Indonesia.

Panggung Merah Putih 2016 yang mengusung tema “Mewujudkan BMI Cerdas, Indonesia Bangga” juga diisi dengan sejumlah edukasi atau sosialisasi dari Konsul Imigrasi, Konsul Kejaksaan, dan Konsul Bea Cukai untuk mengingatkan para BMI agar mematuhi segala ketentuan yang berlaku baik aturan yang diterapkan Pemerintah Wilayah Otoritas Hong Kong maupun Indonesia terkait BMI.

Semakin siang, dan ketika hujan telah berhenti jumlah buruh migran yang datang semakin banyak dan Panggung Merah Putih semakin semarak dengan penampilan Inul Daratista yang membawakan empat lagu andalan, termasuk “Buaya Buntung”, dan “Masa Lalu”.

Hadir dalam acara ini, Konjen RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat, Konjen RI Guangzhou Ratu Silvy Gayatri dan perwakilan seluruh BUMN RI di Hong Kong. Panggung Merah Putih rutin digelar KJRI Hong Kong bekerja sama dengan komponen instansi RI di Hong Kong untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dan memberikan hiburan kepada para buruh migran Indonesia. Ant/S-2

Siri Salah Lafalkan Nama Barbra Streisand

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Barbra Streisand meminta Apple membetulkan pelafalan Siri atas namanya. Penyanyi itu sampai menelpon CEO Apple Tim Cook untuk meminta perubahan iOS10.

Dalam wawancara dengan NPR, pembawa acara Scott Simon bertanya pada Siri: “Siapa satu-satunya vokalis perempuan yang punya lagu terkenal … Selengkapnya

Cut Mini Perankan Ibu Jusuf Kalla

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Didapuk menjadi tokoh sentral dalam film Athirah, Cut Mini mengungkapkan rasa senangnya, bisa ikut kembali di film produksi Miles garapan sutradara Riri Riza, setelah sebelumnya ia juga sukses lewat film Laskar Pelangi. Cut Mini mengatakan film terbarunya kali ini termasuk … Selengkapnya

Menanam Mangrove Memelihara Biota

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hutan mangrove nasional semakin memprihatinkan. Perlu tindakan nyata untuk menyelamatkan sebab di dalamnya bisa menyelamatkan begitu banyak biota laut. Mari menanam mangrove untuk menjaga abrasi.

Sekarang ini kondisi hutan mangrove Indonesia semakin parah. Kehancuran dari waktu ke waktu semakin tinggi. … Selengkapnya

megapolitan

APBD-P Ditetapkan September

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta kebut pembahasan RPABD DKI 2017. Dewan dan Tim pemerintah membahas secara maraton hingga Desember.

 JAKARTA – Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta menargetkan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan disahkan pada akhir September.

“Saat ini, kami fokus mempercepat penyelesaian pembahasan APBD Perubahan DKI 2016. Ditargetkan pada 30 September 2016, kami sudah menggelar rapat paripurna penetapan APBD Perubahan DKI 2016,” kata Ketua Banggar DPRD DKI Triwisaksana di Jakarta, Selasa (23/8).

Menurut dia, saat ini, Banggar DPRD DKI Jakarta bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI masih terus melakukan pembahasan APBD Perubahan DKI Jakarta Tahun Anggaran (TA) 2016.

“Karena APBD Perubahan DKI 2016 sangat dibutuhkan dan harus segera diselesaikan supaya program pembangunan yang sudah dimasukkan ke dalam APBD Perubahan DKI 2016 juga bisa dilaksanakan tepat waktu,” ujar Triwisaksana.

Lebih lanjut, dia menuturkan apabila tidak segera diselesaikan, maka akan banyak program pembangunan yang sudah dianggarkan tidak terlaksana, termasuk pembayaran gaji, TKD dan biaya telepon, air, listrik dan internet (TALI).

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah mengatakan dalam pembahasan APBD-Perubahan 2016, salah satu program yang akan menjadi fokus pembahasan yakni soal pembebasan lahan.

Terlebih saat ini, kata Saefullah, ada sejumlah lahan masyarakat yang sudah dipakai tapi belum dibayarkan. Nantinya anggaran itu akan dimasukkan ke dalam perubahan agar segera dibayar dan pengerjaan MRT bisa terus dilakukan.

Menurutnya, dari draf yang diajukan ke dewan ada perubahan sekitar Rp 4,6 triliun dari sebelumnya 67,3 triliun rupiah menjadi 62,6 triliun rupiah. Efisiensi ini dilakukan karena dana bagi hasil dari pemerintah pusat yang tidak bisa dipenuhi.

RAPBD 2017

Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta memperkirakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2017 akan dimulai pada Oktober 2016.

“Jadwal pembahasan RAPBD DKI 2017 belum disusun karena masih menunggu usulan jadwal dari pihak eksekutif, namun kira-kira Oktober,” kata Triwisaksana .

Menurut dia, pembahasan RPABD DKI 2017 diperkirakan akan dimulai secara maraton pada bulan Oktober hingga Desember 2016. Jika tidak ada halangan, pengesahan RAPBD DKI 2017 sudah dapat dilakukan pada akhir Desember 2016 atau awal Januari 2017.

“Yang pasti, saat ini kami bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI sedang membahas APBD Perubahan DKI 2016. Jadi, kami tunggu usulan jadwal dari Pemprov DKI saja,” ujar Triwisaksana.

Sementara itu, Anggota Banggar DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman menuturkan jadwal pembahasan RAPBD untuk tahun berikutnya selalu dimulai sekitar September atau Oktober. 

“Memang mekanismenya seperti itu, pembahasan RAPBD untuk tahun berikutnya dibahas pada akhir tahun, sekitar September atau Oktober. Sedangkan pengesahannya bisa akhir tahun ini atau awal tahun depan,” tutur Prabowo.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang menjadi rencana induk RAPBD DKI 2017 saat ini juga belum diterima oleh Banggar DPRD DKI. nis/Ant/P-5

Cegah Pencurian Listrik, PLN Sambangi Sekolah-Sekolah

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Rawannya kebakaran di Jakarta ditengarai terjadi karena banyaknya korsleting listrik. Untuk itu, PT PLN (Persero) melalui program PLN Mengajar menyambangi sekolah untuk mengedukasi peserta didik tentang keselamatan listrik. Pasalnya, korsleting listrik terjadi disebabkan oleh tidak adanya pengaman listrik … Selengkapnya

Sandiaga Tawari Yoyok Jadi Wakil

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Koalisi Kekeluargaan minus PDI-P hingga kini masih belum ada kesepakatan soal cawagub. 

 JAKARTA – Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terus mencari calon wakil gubernur (cawagub) untuk dijadikan pasangan pada Pilkada 2017. Salah satu yang masuk ke radarnya adalah … Selengkapnya

BPTJ Segera Kelola Terminal Pulo Gebang

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebagai tanggung jawab membenahi masalah transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyatakan kesiapannya dalam mengambil alih wewenang pengelolaan terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Kepala BPTJ, Elly Adriani Sinaga mengatakan … Selengkapnya

olahraga

Laga Formalitas City

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan telak atas Steaua Bucharest pada leg pertama membuat pertemuan kedua hanya menjadi formalitas bagi Manchester City.

MANCHESTERManchester City akan memastikan langkah untuk bergabung di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini saat menghadapi Steaua Bucharest pada leg kedua play off kualifikasi di Etihad Stadium, Kamis (25/8) dini hari WIB.

Laga ini ini merupakan formalitas belaka untuk klub asuhan Pep Guardiola. City menang telak 5-0 atas klub asal Rumania pada leg pertama. David Silva membuka keunggulan di menit ke-13, kemudian Sergio Aguero membuat kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-41. Rekrutan baru Nolito membuat tuan rumah kian terpuruk saat dia mencetak gol ke-3 di menit ke-49. Selanjutnya Sergio Aguero memastikan kemenangan saat ia menyelesaikan hatrick di menit ke-78 dan 89.

Pasukan Guardiola juga tampak dominan dalam dua pertandingan terakhir. Mereka menang pada pertandingan Liga Inggris kontra Stoke City dengan skor 4-1. Aguero juga mencetak dua gol dalam pertandingan itu dan pemain asal Argentina itu kini memiliki total enam gol pada musim ini.

City melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu setelah dengan mengejutkan menyingkirkan Paris Saint-Germain di perempat final. Tapi Real Madrid berhasil menghentikan langkah mereka dengan kemenangan 1-0 di dua leg untuk akhirnya merebut trofi.

Di sisi lain Steaua Bucharest akan berharap untuk keajaiban dalam perjalanan mereka ke Etihad. Mereka butuh keajaiban untuk membalikkan defisit lima gol. Steaua saat ini berada di posisi kedua klasemen liga domestik mereka setelah 4 pertandingan, dengan koleksi 10 poin. Tapi harapan mereka belum hilang dan berharap untuk membuat sejarah dengan mengalahkan City.

Manchester City jelas menjadi favorit pemenang. Mereka telah mencetak total 11 gol dalam 3 pertandingan terakhir dan hanya kebobolan dua kali. Mereka juga telah mencetak setidaknya dua gol dalam 3 pertandingan terakhir.

Steaua Bucuresti tetap harus diwaspadai City karena kecuali pada leg pertama pertandingan ini, mereka telah tak terkalahkan dalam beberapa laga terakhir. Mereka telah memenangkan tiga dari lima pertandingan terakhir mereka dan juga terus menjaga tiga clean sheet dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Tetap Waspada

Pep Guardiola mengatakan timnya tetap waspada dan tak akan bermain bertahan meski City terlihat telah memastikan tempat di babak penyuisihan grup. “Saya akan mengubah sesuatu. Saya akan menganalisis tim bersama-sama dengan staf dan memutuskan siapa yang membutuhkan lebih banyak pelatihan dibanding pertandingan. Tapi pada saat yang sama, kami tidak akan pergi ke lapangan untuk sekedar melakoni formalitas, tapi untuk menang, Kami akan mempersiapkan diri,” ujarnya.

“Saya paham akan tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa kita tidak berkualitas, tapi saya harus mengatakan bahwa kami baru mendekati. Kami masih bersaing untuk tempat di babak grup Liga Champions, kami harus menghormati lawan, dan hal terbaik untuk itu adalah melakukan pekerjaan kami, datang dan mencoba untuk memenangkan pertandingan dengan persiapan yang kami lakukan pada latihan sejauh ini,” sambung Guardiola setelah kemenangan atas Stoke.

Di sisi lain pelatih Steaua Reghecampf tetap optimistis dan mengatakan tidak takut menghadapi City. “Tidak, saya tidak takut, mengapa saya harus takut. Saya tahu ada kekalahan yan lebih telak pada level lain seperti Brasil takluk 1-7 dari Jerman.

Kami mencoba untuk membuat tim yang kuat dengan banyak mendatangkan pemain baru,” ujarnya. “Kami tidak perlu mencela diri kami, kami masih menginginkan banyak hal dan saya tidak berpikir kami harus mencela diri kami karena ini adalah pengalaman yang berharga. City adalah salah satu dari lima tim top di Eropa, kami harus bangkit dan siap menghadapi mereka,” sambung Reghecampf. ben/ Rtr/S-1

Timnas Senior Siap Uji Coba

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Susunan skuat tim nasional senior Indonesia yang dijadwalkan akan melakoni laga uji coba melawan Malaysia, telah rampung dibentuk oleh tim pelatih yang dipimpin Alfred Riedl.

“Skuat sudah rampung dibentuk oleh tim pelatih, kami sudah kantongi namanama dalam skuat … Selengkapnya

Tuchel Puji Penampilan Dortmund

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

DORTMUND – Pelatih Borussia Dortmund Thomas Tuchel merasa timnya bisa menjadi sedikit lebih tajam di depan gawang lawan. Meski demikian dia menyatakan dirinya puas terhadap penampilan tim secara keseluruhan setelah menang 3-0 atas Eintracht Trier di laga DFB-Pokal, Selasa (23/8) … Selengkapnya

Joe Hart Dipilih Allardyce

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kiper Manchester City Joe Hart akan menjadi bagian dari skuad Inggris dalam lawatan ke Slovakia di kualifikasi Piala Dunia pertama mereka. Demikian diungkap pelatih tim nasional Inggris Sam Allardyce.

Hart, yang memiliki 63 caps untuk Inggris, belum membuat penampilan untuk … Selengkapnya

kupas

Kelompok Abu Sayyaf Kini Dikepung 10 Ribu Pasukan Filipina

Rabu 24/8/2016 | 05:29
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filipina terkait pembebasan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang masih disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina.

Hal ini dilakukan meski dua sandera atas nama Sofyan (anak buah kapal TB Charles 001) dan Ismail.

Sebelumnya Kelompok Abu Sayyaf telah menetapkan batas waktu untuk penyerahan uang tebusan 60 miliar rupiah sebagai syarat pembebasan sandera pada 15 Agustus 2016.

Kelompok bersenjata ini tidak segan membunuh sandera bila tuntutan mereka tidak dipenuhi. Namun ultimatum diabaikan Pemerintah Indonesia,Pemerintah seperti dtegaskan Presiden Joko Widodo, tidak ingin memberikan uang tebusan dan terus berupa mencari jalan pembebasaan antara lain berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina.

Untuk mengetahui bagaimana kelanjutan pembebasan sisa sandera WNI oleh pemerintah Filipina dan tindak lanjut dari pertemuan trilateral Indonesia, Malaysia dan Filipina, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Pertahanan RI Jenderal (Purn) Ryamizard Riyacudu, Selasa (23/8), berikut petikannya:

Apa yang dilakukan pemerintah terkait sisa pembebasan sandera?

Saya selalu berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Filipina, kemarin ditemukan markas besarnya di dalam tanah di Basila dan sudah bersih, tinggal di Jolo.

Kenapa masih kesulitan dalam pembebasan, memang ada berapa banyak pasukan Abu Sayyaf?

Kalau saya hitung jumlah mereka itu ada 300, yang sudah tewas ada 100 orang dan belum lagi yang luka, ini signifikan.

Jadi kita sampaikan terima kasih kepada pemerintah Filipina yang bener-bener serius mengerahkan cukup banyak pasukan sampai 10.000 pasukan.

Apa TNI juga ikut gabung bersama 10.000 pasukan Filipina?

10.000 pasukan itu setara satu divisi, setengah dari (pasukan) Kostrad. Jadi, kalau kita nanti masuk ditakutkan ada salah tembak, tapi kita monitor terus, kalau diperlukan ya kita koordinasi ke sana.

Bisa dijelaskan soal bebasnya dua sandera dari Abu Sayaf?

Mereka (Abu Sayyaf) ini ditekan terus oleh militer Filipina dan dengan banyaknya sandera yang ada, mereka tidak waspada dan lengah mereka (sandera) bisa lari.

Kapan akan dibawa pulang?

Belum tahu, saya belum melakukan komunikasi. Nanti kalau sudah baru (dikabari).

Terkait pertemuan trilateral, bagaimana tindak lanjutnya?

Adanya tekan tentara Filipina itu adalah bagian dari tindaklanjut trilateral dan kemudian pengamanan dilaut juga sudah dilaksanakan, kemudian di pangsai itu banyak rumah yang menjorok dan gubuk-gubuk nampaknya itu juga tempat mereka dan sekarang Menhan Malaysia meminta agar ditutup, itu dampak juga dari trilateral.

Soal pengawalan kapal yang membawa batu bara agar tidak kembali penyanderaan seperti apa?

Jadi begini, kalau sudah ada pengawalan ya jalan, tapi kalau belum ada yang belum. Kenapa itu dilakukan biar ekonomi kita berjalan.

Dengan batu bara penambahan (pemasukan) negara, terus Filipina lampunya tergantung batu bara, jadi semua menguntungkan, makanya semua kerjasama dengan baik. muhammad fadloli/AR-3

“Jalan Pintas Memotong Antrean Berhaji Berbuah Malapetaka”

Selasa 23/8/2016 | 06:24
A   A   A   Pengaturan Font

Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI ) menggunakan paspor Filipina aspal (asli tapi palsu) untuk berhaji ke Tanah Suci. Paspor diketahui aspal, karena dokumennya asli, tapi cara mendapatkannya ilegal.

Saat inAkibatnya, i ke-177 WNI tersebut ditahan di pusat penahanan imigrasi … Selengkapnya

Danau Toba Cepat Berkembang Jika Aksesnya Dikebut

Senin 22/8/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak dipungkiri bahwa Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sumatera Utara,yang merupakan kawah seluas 1.145 kilometer persegi ini terus menjadi perhatian dunia karena keindahannya.

Untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan berikut ini perbincangan reporter Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas dengan … Selengkapnya

“Blue Print Kita Akan Fokus pada Cabang Olah Raga di Olimpiade”

Sabtu 20/8/2016 | 05:47
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia dituntut untuk memiliki blue print pembinaan olah raga nasional. Itu mutlak diperlukan jika prestasi di Olimpaide menjadi target utama pembinaan olah raga nasional ke depannya. Sejauh ini, beberapa cabang belum menjadikan Olimpiade sebagai tujuan utama pembinaan mereka.

Tak ada … Selengkapnya

berita lain

Interior Bambu Terkendala Pengawetan

Jumat 19/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan bambu sebagai bahan interior maupun pelengkap arsitektur masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, bambu memerlukan perawatan khusus. Sehingga, para desain interior maupun arsitek masih enggan menggunakan sebagai pelengkap interior maupun arsitektur.

Proses pengawetan selalu menjadi kendala setiap akan mengelah … Selengkapnya

“Update” Windows 10 Pacu Industri Kreatif

Selasa 23/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Industri kreatif seperti animasi, film, iklan, arsitektur, game, mode dan lainnya butuh dukungan teknologi dalam menjalankannya. Dengan teknologi hasil kreatifita mereka menjadi lebih indah dan bahkan bisa lebih dramatis.

Di Indonesia menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pertumbuhan ekonomi kIndonesia reatif … Selengkapnya

Teknologi Mesin Kian Inovatif

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para produsen otomotif terus menyempurnakan mesin bakar (combustion engine). Pasar sudah dijejali teknologi hibrida, mesin listrik, dan fuel cell. Pabrikan terus berusaha membuat mesin bakar tampil lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan tetap bertenaga.

Mazda dan BMW merupakan salah satu pabrikan … Selengkapnya