Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 24 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

RI Harus Unggul dalam Persaingan

Selasa 24/5/2016 | 10:34
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah langkah harus ditempuh Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan maju. Karena itu semua elemen bangsa harus bersatu guna memenangkan persaingan

Yogyakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, untuk menjadi bangsa yang maju seluruh stake holder perlu bersatu padu serta tidak mementingkan kelompoknya masing-masing.

“Jangan mau kita diadu domba untuk kepentingan sempit, musuh kita jelas, kemiskinan keterbelakangan serta ketertinggalan. Dan sekarang ini kita sedang bersaing dengan bangsa lain. Mari kita bersatu menjadi bangsa pemenang,” ujar Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan kepala negara ketika membuka Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UNY) Yogyakarta, sebagaimana keterangan dari Tim Komunikasi Presiden, Senin (23/5).

Presiden Jokowi lalu menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke Korea Selatan minggu lalu. Menurutnya, Korsel pada tahun 1950 hingga 1970-an memiliki kondisi yang hampir lebih sama seperti Indonesia.

Namun, memasuki tahun 1970 ke atas, Korea Selatan memulai era industri mereka, tapi Indonesia pun sebetulnya telah memiliki industri saat itu, yakni PT PAL.

“Melihat sejarah kedua negara ada yang bisa dipetik, di Korsel mulai industri, di Indonesia memulainya juga pertanian. Namun pada dekade berikutnya Korea menjadi raksasa ekonomi dunia dengan GDP luar biasa dibandingkan kita,” ucap Presiden.

Presiden menjelaskan ada dua kunci keberhasilan Korea Selatan, yakni keterbukaan dan keberanian melakukan inovasi. ”Mereka terbuka dan berlomba- lomba untuk berinovasi dan mereka berlomba-lomba untuk mengejar kemajuan. Dan mereka karena terbuka mereka berani bersaing dengan negara lain,” kata Presiden.

Kejar Ketertinggalan

Dalam kesempatan itu, Presiden pun mengingatkan bahwa Indonesia adalah sebuah negara besar dengan penduduk 252 juta dan memiliki 17 ribu pulau. ”Dan anugerah diberikan Allah kepada kita, berlimpah ruahnya sumber daya alam. Kenapa kita bisa ditinggal oleh mereka (Korea Selatan)?” ucap Presiden.

Dalam pandangannya, Presiden menilai bahwa ketertinggalan Indonesia karena ketidakonsistenan untuk melajukan kerja keras, berpikir rasional dan positif.

“Untuk bekerja produktif dan bekerja dengan inovasi-inovasi yan baik, kita selalu terjebak pada selalu besar-besarkan masalah, berpikir yang tidak produktif, selalu menjelekkan orang lain, gampang sekali mencomooh yang lain,” ucap Presiden.

Oleh karena itu, pemerintah, lanjut Presiden, tengah mengejar ketertinggalan dari negara lain dengan mempercepat pembangunan infrastruktur, deregulasi besar-besaran dan pembangunan SDM.

Percepatan pembangunan infrastruktur akan memberikan daya saing bangsa kita. Menurutnya, berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan antara lain perpanjangan runway bandara, pembangunan bandara baru, pembangunan jalan tol, pelabuhan-pelabuhan baru.

Sementara, untuk pembangunan SDM, Presiden mengatakan bahwa telah terjadi keterlambatan. “Kita haru mengembangkan sekolah vokasional, dimagangkan dengan industri di daerah, kalau itu tidak dilakukan secara besarbesaran kita akan ditinggal,” ujar Presiden.

Turut hadir pada acara ini, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar selaku tuan rumah.

Abdul Khoir Dituntut 2,5 Tahun Penjara

Selasa 24/5/2016 | 10:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir dituntut 2,5 tahun penjara karena menyuap empat anggota Komisi V DPR yaitu Andi Taufan Tiro, Musa Zainuddin, Damaanti Wisnu Putranti dan Budi Supriyanto dan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) … Selengkapnya

Utamakan Pemberatan Hukuman

Selasa 24/5/2016 | 09:32
A   A   A   Pengaturan Font

Pemberatan hukuman kepada pelaku kekerasan seksual terhadap anak harus dikedepankan sebelum memberikan hukuman tambahan berupa kebiri dan mempublikasikan identitas pelaku.

JAKARTA – Pemerintah mesti mengedepankan pemberatan hukuman daripada penambahan hukuman bagi pelaku kasus kekerasan seksual kepada anak. Hukuman tambahan seperti … Selengkapnya

Korban Banjir Bandang Subang Segera Direlokasi

Selasa 24/5/2016 | 06:13
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sebanyak 388 jiwa korban banjir bandang Subang, Jawa Barat (Jabar) akan direlokasi. Proses pencarian yang dilakukan tim SAR telah ditutup, dengan enam korban meninggal dunia, lima luka berat, dan dua luka ringan.

“Sudah selesai masa pencarian, tinggal penanganan … Selengkapnya

mondial

Tiongkok Bangun Markas SAR di LTS

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Kunjungan Presiden AS ke Vietnam, semakin menjadikan situasi ketegangan di kawasan sengketa LTS semakin memanas. Beijing pun semakin berani memperkuat kehadirannya di wilayah sengketa.

 BEIJING – Tiongkok terus melakukan pembangunan infrastruktur militer dan sipil di wilayah yang sedang dipersengketakan di Laut Tiongkok Selatan (LTS). Yang paling anyar, China Daily mewartakan pemerintah Tiongkok sedang berencana membangun sebuah markas untuk kapal misi penyelamatan (SAR) di Kepulauan Spratly, LTS. 

“Kapal yang akan berlabuh di markas tersebut nantinya akan membawa wahana tanpa awak (drone) dan robot-robot bawah laut,” demikian diwartakan China Daily

Menurut Chen Xingguang, Komisi Bidang Politik Kapal Penyelamat Tiongkok, mengatakan pembangunan markas kapal penyelamat tersebut diharapkan rampung pada tahun ini, dimana pembangunannya akan berada di bawah pengawasan Dinas SAR untuk Kawasan LTS yang berada dibawah Kementerian Transportasi Tiongkok. Ditambahkan Chen, dinas SAR ini akan memiliki 31 kapal dan 4 helikopter yang melakukan misi penyelamatan di kawasan LTS dan menempatkan sejumlah pegawai pemerintahan dari Kementerian Transportasi Tiongkok untuk bekerja bersama personel militer di kawasan LTS.

Tiongkok selama ini telah membangun pulau-pulau buatan di Kepulauan Spratly, padahal wilayah perairan tersebut diperebutkan pula oleh Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Taiwan. 

Pada halaman berbeda di China Daily, Beijing menyatakan telah membangun dua menara mercu suar dan empat rambu suar di Kepulauan Paracel, yang juga dipersengketakan. Tak hanya itu, Beijing juga mendirikan 4 stasiun radio komunikasi dan jaringan telepon genggam bagi warga sipil. 

Sedangkan surat kabar People’s Liberation Army menuliskan di kawasan LTS telah dikerahkan armada militer guna mendukung kemampuan Tiongkok dalam memerangi kemampuan negara-negara Barat. 

Terkait dengan kehadiran pihak Barat dalam sengketa LTS, pihak Beijing telah menyindir kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, ke Vietnam selama tiga hari. Tiongkok juga menyatakan kekecewaan karena Obama melakukan hal itu di tengah-tengah memburuknya ketegangan di LTS.

Kantor berita Xinhua mewartakan, membaiknya hubungan bilateral AS-Vietnam seharusnya tidak menempatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia dalam risiko. “Tidak masalah Vietnam meningkatkan hubungan bilateralnya dengan negara-negara lain, termasuk AS. Akan tetapi, pendekatan semacam ini harusnya tidak dimanfaatkan oleh AS untuk mengancam atau merusak kepentingan strategi sebuah negara ketiga,” demikian bunyi pemberitaan Xinhua, Minggu (22/5) .

Cabut Embargo

Sementara itu Presiden Obama berkunjungan ke Vietnam terkait upayanya untuk memperluas hubungan dengan Hanoi sebagai bagian dari strategi keseimbangan terhadap Asia untuk mencegah pertumbuhan kekuatan Tiongkok dikawasan. Dalam kunjungannya itu, Obama menyatakan telah mencabut semua embargo senjata terhadap Vietnam.

Setelah pencabutan embargo diberlakukan, untuk pertama kali kedua negara menandatangani kerja sama pembelian 100 unit pesawat Boeing bagi memperkuat maskapai VietJet senilai 11,3 miliar dollar AS. Dalam kunjungannya itu, Obama melakukan pertemuan dengan Presiden Vietnam, Tran Dai Quang, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan Kepala Partai Komunis Nguyen Phu Trong.

“Apakah kami membicarakan hubungan ekonomi dan komersial atau konsultasi bidang militer, yang telah kami lihat kerja sama kedua negara telah mengalami peningkatan yang menguntungkan masyarakat di kedua belah pihak,”kata Presiden Quang.

Hubungan bilateral AS-Tiongkok mengalami kemajuan secara signifikan sejak 2014 menyusul memburuknya hubungan antara Vietnam dan Tiongkok akibat sengketa LTS. Pemerintah Vietnam telah meningkatkan keberadaan militernya menyusul sikap Beijing yang terus-menerus melakukan pembangunan di LTS.  uci/Rtr/I-1

Kebakaran di Sekolah Thailand, 17 Siswi Tewas

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Sebuah kebakaran yang melalap sekolah berasrama di Pithakkiart Witthaya, Provinsi Chiang Rai, dilaporkan pihak kepolisian Thailand pada Senin (23/5) telah menewaskan 17 siswi.

“Kebakaran yang menghanguskan seluruh sekolah berasrama Kristen itu terjadi pada Minggu (22/5) tengah malam. Selain … Selengkapnya

Tentara Irak Serbu Kubu ISIS di Falluja

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BAGHDAD – Pasukan militer Irak menyerbu kubu pertahanan militan Islamic State (ISIS) di dekat Kota Falluja, sebuah kota yang berlokasi 50 kilometer dari Ibu Kota Baghdad, Senin (23/5). 

Falluja adalah kota pertama di Irak yang jatuh ke tangan ISIS pada … Selengkapnya

Korsel Tolak Proposal Perundingan dari Korut

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) kembali menolak proposal perundingan militer dari Korea Utara (Korut). Disebutkan bahwa alasan penolakan Korsel karena perundingan itu merupakan “tipu daya perdamaian yang menyesatkan” sebab tak ada rencana yang pasti bagi mengakhiri program nuklir Korut.

Selengkapnya

ekonomi

Likuiditas BEI Masih Relatif Rendah

Selasa 24/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Mantan Direktur Utama Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) periode 1991-1996, Hasan Zein Mahmud, menilai bahwa perkembangan pasar modal domestik saat ini cukup menggembirakan.

“Banyak indikator industri pasar modal yang maju luar biasa, di antaranya jumlah saham yang bertambah, peningkatan nilai transaksi hingga perkembangan teknologi,” ujar Hasan Zein Mahmud di sela peringatan ulang tahun sistem otomasi perdagangan Jakarta Automated Trading Systems (JATS) di Jakarta, Senin (23/5).

Kendati demikian, lanjut dia, perkembangan yang positif di pasar modal Indonesia saat ini bukan berarti tidak ada yang perlu diperbaiki lagi. Likuiditas pasar modal Indonesia masih relatif rendah jika dibandingkan bursa saham di negara tetangga.

“Kita masih tertinggal oleh bursa saham Singapura, Malaysia, dan Thailand,” katanya. Menurut dia, penambahan jumlah perusahaan tercatat atau emiten di Bursa Efek Indonesia cenderung bejalan lamban.

Saat ini jumlah perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) baru sebanyak 525 emiten. “Pada 20 tahun lalu (1996), jumlah emiten sebanyak 192, sekarang tercatat sebanyak 525 emiten. Cukup lambat penambahan jumlah emitennya,” katanya.

Ia mengharapkan BEI lebih mendorong perusahaan rintisan (startup) untuk masuk ke pasar modal agar mendapatkan modal ekspansi yang akhirnya dapat berdampak positif bagi perekonomian domestik.

“Pasar modal, idealnya untuk perusahaan ‘startup’,” katanya. Dalam kesempatan itu, Hasan Zein Mahmud mengatakan bahwa pasar modal dunia saat ini terjadi tren proses demutualisasi Bursa di berbagai negara.

Demutualisasi diharapkan dapat memacu keterlibatan masyarakat lebih dalam. “Melalui demutualisasi, keterlibatan masyarakat dapat menjadi lebih luas dan Bursa boleh mencari untung atau menjadi lembaga berorientasi pada laba,” katanya.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa realisasi demutualisasi membutuhkan proses panjang karena harus merevisi Undang-undang 8/1995 tentang Pasar Modal.

Dalam UU Pasar Modal menyebutkan pihak yang diizinkan menjadi pemegang saham BEI hanyalah perusahaan sekuritas atau Anggota Bursa.  Ant/AR-2

Telkom Resmikan“Living Lab Smart City Nusantara” Tahap I

Selasa 24/5/2016 | 02:07
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta, 19 Mei 2016 – Sebagai wujud komitmen peran serta dan pengabdian dalam mendorong percepatan pemanfaatan Teknologi ICT untuk mewujudkan tata kelola pemerintah daerah serta untuk layanan kepada masyarakat yang prima, melalui solusi Smart City, maka PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) … Selengkapnya

Perluas Ruang Fiskal Tanpa Utang

Selasa 24/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah mampu memperluas ruang fiskal tanpa berutang melalui optimalisasi penerimaan perpajakan secara serius dan efisiensi sektor publik.

Jakarta – Pemerintah perlu menciptakan ruang fiskal luas tanpa menggunakan sumber pembiayaan dari utang.

Sebab, saat ini, ruang fiskal dalam Anggaran Pendapatan dan … Selengkapnya

Instrumen Sukuk Diminati Investor

Selasa 24/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Emisi SBSN sebagai instrumen berbasis syariah memerlukan underlying asset baik berupa Barang Milik Negara maupun proyek-proyek.

JAKARTA.- Minat terhadap Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara sebagai alternatif pembiayaan pembangunan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Akumulasi penerbitan SBSN … Selengkapnya

rona

3 Faktor Penting Saat Memilih Gula

Selasa 24/5/2016 | 18:23
A   A   A   Pengaturan Font

Gula merupakan salah satu kebutuhan yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir semua makanan dan minuman olahan membutuhkan gula sebagai pemanis. Sayangnya, karena alasan tertentu, masih banyak yang memilih gula atau pemanis buatan. Padahal, menurut temuan ahli kesehatan, pemanis buatan mengandung zat kimia yang dapat merugikan kesehatan.

Dalam hal memilih gula – yang bukan pemanis buatan – kita juga harus berhati-hati. Ada tiga faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih gula yang baik, yaitu:

Alami

Ditinjau dari sisi kesehatan, gula alami jauh lebih baik daripada gula buatan. Gula alami yang dimaksud adalah berasal dari tebu asli dan diproses tanpa menggunakan pewarna dan bahan kimia lainnya.

Untuk mengetahui gula yang benar-benar alami itu seperti apa, ada baiknya kita mengetahui proses produksinya. Seperti dikutip dari laman resmi Gulaku, sari tebu diproses untuk menghilangkan kotoran yang mengendap pada bagian bawah. Kemudian memasuki proses perebusan untuk menghilangkan kadar air yang cukup besar agar menghasilkan sari tebu yang pekat, air gula yang jernih dan padat.

Pada langkah ini, benih gula ditambahkan ke dalam sari tebu di mana molekul gula mengikat benih gula, meningkatkan ukuran, dan membentuk kristal gula.

Pembentukan kristal dimonitor secara ketat untuk memastikan konsistensi dari ukuran kristal. Ketika mencapai tahapan formasi terakhir, kristal gula dikeringkan dengan udara panas sebelum dipindahkan ke pabrik pengemasan.

Murni

Dikatakan sebagai gula murni adalah jika gula pasir tersebut benar-benar hasil pemrosesan tebu tanpa campuran pewarna atau zat-zat lainnya. Berbeda dengan gula atau pemanis buatan yang proses pembuatannya dilakukan secara kimiawi untuk menghasilkan rasa manis, gula pasir yang murni merupakan sukrosa yang diperoleh dari tebu.

Karena gula atau pemanis buatan mengandung zat kimia maka kita perlu mewaspadai dampak negatif bagi kesehatan. Gula buatan seperti Aspartame, misalnya. Gula buatan ini mengandung zat adiktif neurotoksik yang sangat berbahaya bagi jaringan saraf.

Higienis

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kebersihan gula adalah melalui kemasannya. Gula di dalam kemasan cenderung lebih bersih daripada gula curah. Selain bebas dari kotoran, logam, atau benda-benda asing lainnya, kualitas gula di dalam kemasan lebih terjaga.

Kualitas kemasan juga dapat menjadi indikator seberapa tinggi komitmen perusahaan tersebut dalam menjaga kebersihan produknya. Selain itu, otomatisasi seperti dalam proses pengemasan Gulaku, juga berperan penting dalam menjaga kebersihan produk karena menghilangkan sentuhan langsung tangan manusia.

Itulah tiga faktor yang perlu diperhatikan saat memilih gula yang baik.(ars)

Madonna: Penghormatan Terakhir untuk Prince di Billboard Music Award

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selama pelaksanaan Billboard Music Awards 2016, penyanyi Madonna memberikan penghormatan kepada penyanyi legendaris Prince. Pada ajang tersebut, dengan mengenakan busana serba ungu, Madonna memberikan kejutan kepada para penonton dengan berkolaborasi bersama penyanyi Stevie Wonder menyanyikan Purple Rain.

Selama memberikan penghormatannya, … Selengkapnya

Glenn Fredly, D’Masiv dan Trio Lestari Ramaikan HUT BJB ke-55 Tahun

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah artis nasional ikut memeriahkan ulang tahun PT Bank Jabar Banten (Bank BJB) yang ke 55 tahun. Event yang dipersembahkan untuk mengibur masyarakat itu dimeriahkan sejumlah artis antara lain Beby Ze, artis dangdut yang menggoyang panggung utama di lapangan parkir … Selengkapnya

Perangkat Portable untuk Deteksi Jantung

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Deteksi dini yang tepat sangat penting untuk mencegah perkembangan penyakit jantung. Untuk mendeteksi gangguan jantung secara real time, teknokrat menciptakan perangkat portable yang lebih “mobile”.

Para peneliti di Technological Institute of Morelia (ITM), Meksiko, menciptakan sebuah perangkat portable untuk mendeteksi … Selengkapnya

megapolitan

Harga Bahan Pokok Naik

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pemerintah Provinsi DKI berusaha untuk mengendalikan harga beberapa bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan.

 JAKARTA – Menjelang bulan Ramadan, harga bahan pangan mulai merangkak naik. Seperti yang terjadi pada komoditi daging, telur, bawang, dan minyak goreng.

Pantauan Koran Jakarta di Pasar Pademangan Timur, Jakarta Utara harga jual daging sapi kembali melambung hingga 130.000 rupiah per kilogram dari yang sebelumnya 110.000 rupiah per kilogram. Salah satu faktor yang diduga penyebab meningkatnya harga daging sapi dikarenakan permintaan pasar yang cukup tinggi.

“Biasanya kan sebelum Ramadan banyak yang mengadakan selametan jadi pembeli daging sapi meningkat,” kata pedagang daging sapi, Manto (38) di Pasar Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (23/5).

Sementara itu bahan pangan lainnya yang juga mengalami peningkatan terjadi pada minyak goreng dari 12.000 rupiah per kilogram menjadi 14.000 rupiah per kilogram. Lalu, harga telur ayam ras juga ikut merangkak dari 22.000 rupiah per kilogram menjadi 23.000 rupiah per kilogram.

Selain itu, untuk komoditi bawang cenderung tidak stabil. Harga bawang merah dan bawang putih dalam beberapa hari terkahir mengalami kenaikan dan juga penurunan. “Kalau lagi naik bisa 40.000 per kilogram, kalau lagi turun bisa 38.000 per kilogram. Sekarang lagi naik, 40.000 per kilogram untuk bawang merah dan 44.000 untuk bawang putih,” ungkap pedagang bumbu dapur, Tini (42).

Sama halnya dengan Bawang, lanjut Tini, harga cabe juga terus mengalami peningkatan. Diketahui harga cabe merah keriting saat ini menyebtuh harga 28.000 rupiah per kilogram dari yang sebelumnya 25.000 rupiah per kilogram. “Cabe kemarin sempat turun, tapi sekarang naik lagi. Rata-rata harganya sampai 29.000 per kilogram,” urai dia.

Situasi juga dengan pasar Tradisional Ciputat, Tangerang Selatan. Ateng, pemilik kios sayur mayur di Pasar Ciputat mengaku sejumlah bahan pokok rata-rata merangkal naik. Semua sudah naik, terutama cabe ujarnya.

Tetapi untuk harga bawang merah dan bawang putih sangat fluktuatif, bisa berubah-ubah setiap saat. Yang bergerak cepat itu bawang, kata Ateng.

Kendalikan Harga

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) berusaha untuk mengendalikan harga beberapa bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan.

“Makanya kami sudah berusaha minta tambahan daging termasuk beras dan gula dan mencoba masuk PT RNI,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Jakarta, Senin (23/5).

Terkait penambahan stok tersebut Pemprov DKI akan mengirim surat ke pemerintah pusat untuk melakukan kerja sama dalam pengendalian harga bahan pokok, katanya lagi.

“Jadi namanya pengendalian inflasi daerah itu harus kerja sama pusat dan daerah. Kalau kayak begini yah susah ‘kan. Kecuali kami dikasih izin ibu kota khusus kita boleh impor sendiri, mengatur sendiri, nah itu penting,” kata Ahok.

Sebelumnya, DKI Jakarta akan mengajukan impor daging sapi beku dari Selandia Baru untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat. “Kami juga sudah mengajukan untuk impor daging beku dan dari Selandia Baru terutama untuk memenuhi kebutuhan daging sapi pemegang Kartu Jakarta Pintar,” kata Ahok. nis/emh/Ant/P-5

Diskresi untuk Kepentingan Umum, Tak Masalah

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), memberlakukan ‘perjanjian preman’ dengan para pengembang yang mengerjakan reklamasi di pantai Jakarta, dipersoalkan. Kebijakan itu dianggap melanggar aturan, karena tak ada payung hukumnya. Namun, menurut Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, … Selengkapnya

Ahok: Peredaran Minuman Keras Perlu Dibatasi

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membolehkan minuman keras (miras) beredar di Jakarta. Hanya saja, peredaran miras itu perlu dibatasi, tidak bisa dikonsumsi sembarang warga Jakarta.

“Kalau menurut perdanya, sebenarnya boleh. Asal dibatasi, ada umurnya. Perda kita … Selengkapnya

Temuan Selongsong Gas Air Mata di Demo Anti Ahok Diselidiki

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA Polda Metro Jata melakukan pemeriksaan satu buah selongsong gas air mata saat kericuhan di gedung Komisi Pemberantasab Korupsi (KPK).

“Selongsong gas air mata itu bukan milik kepolisian, jadi sedang kami selidiki darimana asalnya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya … Selengkapnya

olahraga

Mourinho Dianggap Tepat untuk MU

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Jose Mourinho akan menjadi pilihan yang sempurna sebagai pelatih Manchester United, hal itu diungkap mantan bek klub Phil Neville, Minggu (22/5) waktu setempat. Media Inggris melaporkan bahwa pria asal Portugal berusia 53 tahun akan menerima pekerjaan sebagai pelatih MU pekan ini. Itu akan mengakhiri dua tahun era pelatih asal Belanda Louis van Gaal di Old Trafford setelah ia memimpin timnya untuk kemenangan di final Piala FA, Sabtu.

“Mourinho telah terbukti sebagai pemenang. Fans Mu ingin tim bersaing untuk gelar liga, mereka tidak ingin tim finis di posisi ketujuh atau kelima,” ujar Neville kepada BBC.

Mourinho dipecat oleh Chelsea pada bulan Desember, tujuh bulan setelah memimpin mereka merebut gelar Liga Inggris di periode kedua bertanggung jawab atas klub London.

“Ketika Jose selesai di klub ada pola di mana ia merotasi pemain dan itu aka membuat tim puas,” ujar Neville. “Saya tidak bisa melihat dia tinggal terlalu lama di MU – mungkin dua atau tiga tahun cukup baginya di sebuah klub. Tapi selama ia membawa kesuksesan fans United akan bahagia,” sambungnya.

Sejak Sir Alex Ferguson mengundurkan diri sebagai pelatih tiga tahun lalu setelah memimpin MU meraih gelar juara Liga Inggris untuk kali ke-13, MU finis di posisi ketujuh klasemen di bawah David Moyes, tempat dan keempat dan kelima di bawah Van Gaal.

“Dia (Mourinho) bukan tipe manajer yang akan datang dan mengatakan ini adalah masa transisi dan finis keempat di liga akan cukup – yang tidak akan cukup untuk fans United,” ujar Neville yang bermain untuk MU di bawah Ferguson 1995-2005.

Mourinho juga berhasil di Porto, Inter Milan dan Real Madrid, memenangkan gelar liga setidaknya sekali masing- masing bersama klub itu. Dia juga memimpin Porto dan Inter untuk kemenangan di Liga Champions.

“Saya seorang penggemar Manchester United dan musim depan saya ingin mereka untuk memenangkan liga. Itu akan menjadi tuntutan dan saya yakin dia akan memiliki harapan yang sama,” sambung Neville.  ben/Rtr/S-1

Gareth Bale Wujudkan Mimpi Wales

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gareth Bale sukses mewujudkan mimpi tim nasional Wales untuk tampil di ajang Piala Eropa setelah pemain depan Real Madrid itu mencetak gol satu-satunya saat mengalahkan Siprus dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup B September lalu.

Bale akhirnya membawa Wales … Selengkapnya

CLS Knights Tantang Pelita Jaya di Final IBL

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Sejarah baru tercipta di Indonesian Basketball League (IBL) 2016. CLS Knights Surabaya berhasil menyingkirkan juara bertahan, Satria Muda Pertamina Jakarta, untuk tampil ke final. Jamarr Johnson dan kawan-kawan akan menghadapi Pelita Jaya Jakarta dalam laga final yang bakal … Selengkapnya

Barcelona Raih Dua Gelar

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Sepuluh pemain Barcelona mempertahankan gelar juara Copa del Rey dengan kemenangan 2-0 atas Sevilla, Senin (23/5) dini hari WIB. Kemenangan yang diraih dengan dua gol masing-masing dari Jordi Alba dan Neymar di Stadion Vicente Calderon itu juga memastikan … Selengkapnya

kupas

Mendagri Tidak Pernah Mencabut Perda Anti Miras

Selasa 24/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Informasi tentang Menteri Dalam Negeri,Tjahjo Kumolo akan mencabut Peraturan Daerah anti minuman keras atau perda miras, terus menuai pro- kontra. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sendiri dengan tegas membantah, akan atau telah mencabut perda anti miras.

Bahkan, ia mendukung penuh daerah yang mengeluarkan aturan tentang larangan dan pembatasan miras. Seperti Provinsi Papua yang telah mengeluarkan Perda anti miras. Ia sangat mengapresiasi kebijakan Gubernur Papua. Dan dari dulu, ia mendorong agar Papua punya aturan tentang miras.

Sebab, peredaran dan konsumsi miras di Bumi Cendrawasih sudah sangat meresahkan. Pun kepada daerah lain, ia juga mendorong hal yang sama. Hanya saja, kata dia, setiap penyusunan aturan tetap punya rambu-rambunya. Ada aturan mainnya.

Aturan yang dibuat daerah, termasuk soal miras, tak boleh bertentangan dengan peraturan diatasnya. Sehingga tak ada tumpang tindih, atau saling bertabrakan dan bertentangan. Untuk mengetahui duduk perkaranya, Koran Jakarta mewawancarai Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Doddy Riyatmadji. Berikut petikan wawancaranya.

Terkait polemik soal perda anti miras, sebenarnya duduk perkaranya seperti apa? Begini, yang ingin saya sampai supaya publik jelas betul terkait dengan posisi Kemendagri, khususnya terkait dengan Perda miras atau Perda minuman beralkohol, sebenarnya, kalau dari perspektif Mendagri selaku pembina pemerintahan daerah, maka menurut UU Pemda, Mendagri bisa melakukan pencabutan atau pembatalan perda. Tapi problemnya kemudian adalah terkait dengan perda miras ini, kita melihat perspektifnya bahwa miras ini sudah banyak merusak anak-anak muda yang kemudian berbuat negatif.

Tapi apa benar ada pencabutan? Bentar dulu. Maka terkait persoalan diperbolehkannya untuk membatalkan atau mencabut, langkah-langkah yang dilakukan tentu itu ada masukan, namanya verifikasi perda oleh Direktur Produk Hukum Daerah pada Ditjen Otda, lalu kemudian bersama-sama biro hukum untuk dimajukan ke Mendagri.

Dan setahu saya bahwa untuk beberapa peraturan daerah yang dalam Perpres Nomor 74 tahun 2014 dan Permendag yang menjadi payung hukum diterbitkannya Perda, bukan Permendagri. Itu terkait pengendalian dan pengawasan miras. Sementara itu, dalam perspektif regulasi sebenarnya DPR dan pemerintah sekarang ini sedang membahas rancangan UU terkait dengan bagaimana pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol.

Jadi tak benar dong Mendagri sudah mencabut Perda anti miras? Yang saya tahu Pak Mendagri Tjahjo Kumolo tidak membatalkan. Tidak pula sudah mencabut Perda yang mengatur terhadap pengendalian peredaran minuman beralkohol itu.

Sikap Mendagri sendiri bagaimana terhadap miras ini? Beliau berkomitmen kok. Sangat mendorong, karena yang terakhir seperti peristiwa di Yogyakarta kan sangat tragis. Minuman oplosan bodrex dicampur dengan sprite, mengakibatkan 13 orang meninggal. Itu baru terakhir sekali kaitannya dengan terjadinya korban minuman oplosan. Nah, ini yang perlu dikendalikan, diawasi, di seluruh Indonesia.

Tapi nformasi yang beredar Mendagri akan mencabut perda miras. Mana yang benar? Enggak ada itu. Belum pernah mengeluarkan produk hukum yang namanya pembatalan atau pencabutan perda miras.

Tapi benar ada penyelarasan? Terkait dengan yang diverifikasi itu begini, Permendag itu kan mengatakan hanya mengatur pengawasan dan pengendalian. Kalau di Perda itu substansinya melakukan pelarangan. Artinya kan perlu diharmonisasi dengan Permendag. Harmonisasi itu akan aman sekali apabila kita menunggu UU yang sekarang sedang dibahas DPR bersama pemerintah.

Jadi tak benar Mendagri mencabut Perda miras? Saya kembali tegaskan, Pak Mendagri, Pak Tjahjo Kumolo mencabut terhadap Perda miras dan seterusnya sama sekali belum pernah dilakukan.

Komisi II kabarnya akan klarifikasi itu ke Mendagri. Benarkah? Kalau itu kemungkinan nanti akan ada panggilan dari Komisi II DPR RI untuk diajak dialog atau dilakukan raker untuk mendengar apa yang dikatakan Pak Tjahjo Kumolo.

Dari tiga ribuan Perda yang dipangkas, sebenarnya ada berapa Perda yang mengatur soal miras? Begini, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Mendagri agar jalannya investasi di daerah berjalan lancar yang saat ini terhambat oleh sekitar tiga ribuan perda, lalu perda-perda itu saling berulang-ulang.

Misalnya kalau saya ingin mendirikan perusahaan, maka yang harus saya lakukan harus ada izin prinsip, izin HO, belum lagi kaitannya dengan persoalan harus punya NPWP dan lain-lain, banyak sekali prosedurnya. Nah, yang dilakukan Mendagri adalah menyederhanakan dari berbagai perda-perda yang saling tumpang tindih. Saya kira itu yang dilakukan terkait masalah regulasi, penyederhanaan aturan. agussuptiyatna/AR-3

Kontribusi Tambahan untuk Membangun Infrastruktur

Senin 23/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, untuk meminta konrtibusi tambahan kepada pengembang menuai polemik. Pasalnya, Ahok telah menggunakan kewenangannya untuk menyepakati perjanjian kerja sama bersama para pengembang dengan menetapkan kontribusi tambahan sebesar 15 persen.

Ahok memutuskan hal itu dengan … Selengkapnya

Kami Tidak Pandang Bulu, yang Salah Akan Kena Sanksi

Sabtu 21/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan membekukan sementara izin kegiatan pelayanan penumpang dan bagasi (groundhandling) Lion Group di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan dan PT Indonesia Air Asia di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pembekuan itu dimulai lima hari kerja setelah … Selengkapnya

Perusahaan Besar Melakukan Kesepakatan Memainkan Harga

Jumat 20/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah memulai sidang terkait kartel bisnis unggas. Kasus tersebut melibatkan belasan perusahaan besar.

KPPU menuding perusahaan tersebut telah bersekongkol untuk menetapkan harga dengan membatasi suplai dan kompetisi perdagangan pangan ayam dalam negeri.

Untuk mengupas … Selengkapnya

berita lain

BTN, Permudah UM Rumah hingga Bagi Hadiah Mewah

Senin 23/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja yang terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK ) kian dipermudah untuk mendapatkan bantuan uang muka (UM) perumahan dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN). Bank pelat merah ini terus berkomitmen memberikan kemudahan dalam penyediaan … Selengkapnya

“e-Money” di Taksi Berbasis Aplikasi

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Taksi konvensional mulai adoposi teknologi digital dalam pemesanan. Bahkan taksi konvensional sudah memberlakukan tarif tetap untuk merebut konsumen di tengah persaingan yang makin ketat dengan taksi aplikasi.

Revolusi digital telah merubah cara-cara konvesional yang ribet, lama, tidak efisien menjadi lebih … Selengkapnya

Versi Murah SUV Kompak Premium

Rabu 18/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selain multipurpose vehicle, salah satu segmen produk yang paling diminati adalah segmen sport utility vehicle (SUV). Pada segmen ini hadir banyak pemain, sehingga konsumen memiliki banyak pilihian.

APM tampaknya harus waspada dengan BMW. Meski berada pada segmen premium, SUV BMW … Selengkapnya