Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 27 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Sejumlah Menteri Telah Dipanggil Presiden

Rabu 27/7/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Publik sangat menanti kemampuan Presiden dalam melakukan reshuffle Kabinet Kerja.
Wapres JK dampingi Presiden temui sejumlah menteri di Istana Kepresidenan.

JAKARTA. – Pertanda bakal ada pergantian menteri di Kabinet Kerja terus muncul sepanjang Selasa (26/7).

Selain Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dikabarkan ditelepon langsung Presiden Joko Widodo untuk segera ke Jakarta dari Makassar, sejumlah menteri juga disebutsebut dipanggil mendadak ke Istana Kepresidenen.

Diperoleh informasi, saat Jusuf Kalla telah bersama Presiden Jokowi, beberapa jam kemudian sejumlah menteri terlihat bergantian menuju Istana. Menteri yang datang di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Sofjan Djalil.

Selanjutnya ada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin hingga Menko Polhukam, Luhut Pandjaitan.

Namun, sejumlah menteri yang menemui presiden itu banyak yang bungkam. Selain itu, tidak seperti biasa, mereka masuk lewat pintu samping di Wisma Negara bukan lewat belakang atau pintu sebelah Istana Negara. Menpan Yuddy Chrisnandi, misalnya, saat ditanya mengenai pemanggilan oleh Presiden Jokowi hanya menjawab santai.

“Dipanggil biasa saja, besok (hari ini) kan ada rapat paripurna,” katanya sembari berjalan masuk lewat pintu masuk Istana Negara. Namun, usai dipanggil Presiden, raut wajah Yuddy tampak kebingungan. Politisi Hanura ini bahkan seperti tidak biasa ke Istana.

“Saya mau nyari (mobil dinas) dulu,” katanya. Hal berbeda ditunjukkan Mendag Thomas Lembong. Menteri yang selalu berpenampilan rambut klimis ini masih sempat menebar senyum dan langsung masuk lewat pintu samping Istana Negara.

Sementara menteri lain yang masuk lewat Wisma Negara memilih tidak memberikan pernyataan.

Saat itu penjagaan dari Paspampres juga lumayan ketat. Tidak hanya menteri kabinet yang mendatangi Istana di sela-sela ramainya isu reshuffle kabinet, terlihat juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nuwawea, menyambangi Istana. Namun, Andi menampik kedatangannya untuk bertemu Presiden Jokowi.

Menanggapi kegiatan mendadak Presiden Jokowi tersebut, pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, mengatakan hal itu tidak lazim.

“Sebab, kalau hanya mau sidang paripurna kabinet kenapa harus mendadak, kan sudah jauh-jauh hari diberitahukan Mensesneg. Boleh jadi, menteri yang dipanggil mendadak presiden itu bagian dari evaluasi kinerja atau memang akan ada reshuffle,” katanya.

Hendri menambahkan, publik saat ini sangat menanti kemampuan Jokowi dalam melakukan reshuffle.

Publik juga ingin melihat leadership Presiden dalam reshuffle, selain itu publik juga ingin melihat apakah menteri-menteri yang akan masuk mengisi kabinet, adalah pilihan murni Presiden atau tidak.

“ Jadi, publik ingin melihat, bagaimana kemampuan Jokowi dalam memilih menteri-menterinya. Tentu dengan catatan reshuffle memang akan dilakukan,” kata Hendri.

Pengarahan Presiden

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi, menyatakan hari ini, Rabu (27/7), merupakan jadwal Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada seluruh menteri kabinet kerja dalam sidang paripurna kabinet.

“Topiknya pengarahan presiden. Bentuk pengarahan seperti apa saya tidak tahu,” kata Johan. Johan menjelaskan bahwa setiap sidang paripurna seluruh menteri memang diminta mendengarkan pemaparan presiden.

“Maksud paripurna (sidang paripurna) adalah mendengar pengarahan presiden. Wajib didengar oleh menteri kabinet kerja,” ujar Johan.

“Sidang paripurna kali ini tidak seperti yang biasa dilakukan setiap awal bulannya,” imbuhnya. Saat disinggung apakah setelah pengarahan presiden akan berujung perombakan kabinet, Johan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

Namun, sepengetahuan dia, saat rapat paripurna digelar tidak ada yang istimewa selain pengarahan. “Sepanjang yang saya tahu, tidak ada yang istimewa. Pengarahan ke menteri-mentri kabinet kerja kan biasa,” jelas Johan. fdl/ags/AR-2

Kejagung Beritahukan Beberapa Kedubes

Rabu 27/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memberitahukan kepada beberapa kedutaan besar terkait dengan rencana eksekusi mati terhadap terpidana mati yang berkewarganegaraan asing.

Namun, Kejagung tidak merinici kedutaan besar mana saja yang telah diberitahukan. “Sudah, sudah dilakukan notifikasi, itu dalam … Selengkapnya

Indonesia akan Selalu Hadapi Ketidakpastian Global

Rabu 27/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan Indonesia harus selalu siap menghadapi kondisi saat pasar global selalu bergerak volatil akibat dari pelemahan ekonomi yang terjadi dimana-mana, bahkan hampir di semua negara yang ekonominya tergolong besar.

Menurut Bambang, keluarnya Inggris … Selengkapnya

Istri Santoso Buang Senjata Suaminya di Hutan

Selasa 26/7/2016 | 06:58
A   A   A   Pengaturan Font

Akibat kelelahan saat melarikan diri, istri almarhum Santoso, Jumiatun, membuang senjata milik suaminya di hutan Poso, Sulawesi Tengah.

PALU – Istri almarhum Santoso, pimpinan kelompok sipil bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah, Jumiatin alias Umi Delima terpaksa membuang senjata suaminya dalam … Selengkapnya

mondial

Rumah Kaum Difabel di Tokyo Diserang, 19 Orang Tewas

Rabu 27/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tsukui Yamayuri-En biasanya terkunci pada malam hari, tetapi pelaku menerobos masuk dengan menghancurkan sebuah kaca.

TOKYO. – Di tengah banyaknya aksi teror oleh kelompok radikal di berbagai negara, pada Selasa (26/7) dini hari masyarakat Jepang dikejutkan dengan sebuah serangan yang dilakukan seorang pemuda Satoshi Uematsu, 26 tahun.

Satoshi menyerang rumah perawatan kaum difabel dengan keterbelakangan mental, Tsukui Yamayuri-En, di Kota Sagamihara, dekat Tokyo, Jepang. Dalam insiden tersebut, 19 orang tewas dan 25 orang mengalami luka-luka.

Dari 25 korban yang luka-luka itu 20 diantaranya dalam kondisi sangat kritis. Para korban tewas berusia mulai dari 19 tahun hingga 70 tahun dengan perincian 9 laki-laki dan 10 perempuan.

“Ini kejadian yang sangat memilukan dan mengejutkan, dimana banyak orang-orang tidak berdosa menjadi korban,” kata Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga.

Kota Sagamihara berada sekitar 40 kilometer di sebelah barat Kota Tokyo. Rumah perawatan kaum difabel dengan keterbelakangan mental, Tsukui Yamayuri-En, itu di berdiri di atas tanah selauas 3 hektar.

Kawasan ini merupakan merupakan fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah daerah Tokyo untuk merawat pasien-pasien cacat. Saat melancarkan aksinya, Satoshi Uematsu mengenakan kaos hitam dan celana panjang.

Tsukui Yamayuri-En biasanya terkunci pada malam hari, tetapi pelaku menerobos masuk dengan menghancurkan sebuah kaca.

Dia lalu mengeluarkan sebilah pisau dan menyerang para korban secara membabi-buta. Berdasarkan keterangan aparat kepolisian, pelaku meneriakkan kata- kata ‘saya ingin mengenyahkan orang-orang cacat di dunia ini’.

Muncul pula laporan yang menyebutkan, Satoshi Uematsu nekat menjalankan aksinya karena dipecat dari pekerjaannya di fasilitas perawatan Tsukui Yamayuri- En.

Namun sampai sekarang, kepolisian belum mau berkesimpulan dan akan menginvestigasi motif pelaku yang sebenarnya.

Ditahan Polisi

Saat ini, kepolisian kota Tokyo telah menahan Satoshi Uematsu. Dia menyerahkan diri ke kepolisian.

Sebelum melancarkan aksinya, Satoshi Uematsu menyerahkan sepucuk surat ke parlemen majelis rendah Jepang pada Februari lalu untuk menyerukan euthanasia bagi orang-orang berkebutuhan khusus.

Euthanasia adalah pembunuhan dalam segi medis yang disengaja, dengan aksi atau dengan penghilangan suatu hak pengobatan yang seharusnya didapatkan oleh pasien, agar pasien tersebut dapat meninggal secara wajar.

“Tujuan saya adalah pada kasus-kasus yang sangat sulit bagi orang-orang berkebutuhan khusus untuk tinggal di rumah dan beraktifitas sosial, mereka boleh melakukan euthanasia dengan persetujuan para malaikat yang mendampingi mereka,” demikian bunyi petikan surat yang dikirimkan Satoshi Uematsu.

Aparat kepolisian mengaku mendapatkan laporan mengenai penyerangan itu pada sekitar pukul 02.30 dari the Tsukui Yamayuri- en centre, tak lama setelah pelaku mendobrak masuk ke fasilitas tersebut.

Pelaku menyebut bahwa kaum difabel harus dimusnahkan. “Dokter telah mengonfirmasi bahwa ada 19 korban tewas,” ungkap pejabat di dinas pemadam kebakaran itu.

Pelaku lalu menyerahkan diri pada sekitar pukul 03.00 WIB dinihari, atau sekitar pukul 1.00 WIB dinihari. Di kantor polisi, dia langung mengakui perbuatannya.

Selama ini, Jepang dikenal memiliki tingkat kejahatan bersenjata yang sangat rendah. Serangan-serangan macam ini merupakan kasus langka di negara itu. Namun, bukan berarti kasus seperti ini tidak pernah terjadi.

Di tahun 2008, di Kota Tokyo, seorang lelaki membajak sebuah truk dan melakukan serangan di kerumunan orang di pusat perbelanjaan di Distrik Akihabara. Pelaku tewas ditikam pengguna jalan, setelah sebelumnya menewaskan tujuh orang dan melukai 10 lainnya. uci/Rtr/P-4

Ankara Ganti Dubes yang Diduga Terkait Kudeta

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 ANKARA – Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, dalam sesi wawancara dengan Haberturk TV pada Senin (25/7) menyatakan akan mengganti sejumlah duta besar mereka. “Pergantian ini ada kaitannya dengan aksi percobaan kudeta pada pertengahan Juli lalu,” kata Menlu Cavusoglu.

Kabar … Selengkapnya

ASEAN Akhiri Kebuntuan Soal LTS

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Ke-10 negara anggota ASEAN akhirnya mencapai kata sepakat mengenai sengketa LTS dalam pernyataan bersama mereka dan menempuh resolusi damai sesuai dengan hukum internasional.

 VIENTIANE – Secara tak terduga, ASEAN Ministerial Meeting (AMM) ke-49 atau pertemuan para menteri luar negeri ASEAN … Selengkapnya

Tiongkok Bangun Pesawat Amfibi Terbesar

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 HONG KONG – Pihak Tiongkok diwartakan kantor berita Xinhua pada Senin (25/7) telah berhasil menyelesaikan pembangunan sebuah pesawat amfibi terbesar di dunia. “Pesawat amfibi AG600 itu memiliki dimensi sebesar pesawat Boeing 737 dan akan dipergunakan bagi misi pemadaman kebakaran hutan … Selengkapnya

ekonomi

Pengelolaan Anggaran Mesti Efektif

Selasa 26/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Realisasi anggaran 2016 masih sangat rendah disebabkan banyak persoalan, meliputi kelambanan birokrasi, kerancuan antara perencanaan dan implementasi, ketersediaan anggaran.

Jakarta – Pengelolaan anggaran tahun ini dinilai belum optimal. Hal ini terlihat dari rendahnya realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 yang masih di bawah 30 persen.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Enny Sri Hartati menilai ketidakoptimalan tersebut disebabkan beberapa faktor. Pertama, menurut Enny, persoalan administrasi birokrasi lamban tanpa adanya reformasi perbaikan.

Kedua, persoalan perencanaan dan implementasi selama ini dinilai Enny tidak linear. Menurut Enny, perencanan harus baku dan jelas ketika diimplementasikan sehingga tidak sampai menimbulkan multi tafsir.

Ketiga, masalah ketersediaan anggaran. “Kalau target penerimaan pemerintah tidak sesuai target, jangan-jangan ketersediaan anggaran untuk mengeksekusinya memang tidak cukup,” ucap Enny di Jakarta, Senin (25/7).

Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 berada dalam kondisi defisit 230,7 triliun rupiah atau 1,83 persen terhadap PDB karena tingginya realisasi belanja dan rendahnya penerimaan perpajakan. Target defisit dalam APBN Perubahan 2016 sebesar 2,35 persen atau 296,7 triliun rupiah.

Dua alasan defisit membesar adalah karena realisasi belanja negara lebih tinggi 113 triliun rupiah dan penerimaan negara lebih rendah 33 triliun rupiah dari periode sama tahun lalu.

Pendapatan negara pada semester I-2016 mencapai 634,7 triliun rupiah atau 35,5 persen dari target 1.786,2 triliun rupiah serta belanja negara 865,4 triliun rupiah atau 41,5 persen dari pagu 1.984,1 triliun rupiah. Tahun lalu, defisit anggaran hingga akhir semester I hanya sebesar 84,3 triliun rupiah atau 0,73 persen terhadap PDB.

Meskipun kinerja defisit anggaran sudah mencapai 77,7 persen dari target 296,7 triliun rupiah, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro optimistis defisit fiskal akan mengecil pada akhir tahun, yang salah satunya dipengaruhi oleh realisasi penerimaan dari program amnesti pajak.

Bambang memperkirakan penerimaan dari sektor perpajakan bisa mencapai 1.017,2 triliun rupiah dengan proyeksi defisit anggaran pada semester II-2016 sebesar 66 triliun rupiah atau sekitar 0,52 persen terhadap PDB.

Jaga Defisit

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan upaya menjaga defisit anggaran harus dilakukan sesuai UU, yaitu dibawah tiga persen terhadap PDB, agar pemerintah tidak berutang secara berlebihan.

“Jangan sampai utangnya bablas. Jangan sampai utangnya berlebihan dan saat dunia sedang susah, kita kemudian bisa mengalami goncangan ekonomi,” kata Darmin.

Darmin mengatakan pengelolaan defisit anggaran harus dilakukan secara prudent dan berhati-hati.

Peraturan “Holding” BUMN Energi Segera Keluar

Selasa 26/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno memperkirakan peraturan pemerintah (PP) terkait pembentukan induk usaha (holding) BUMN energi terbit pada pekan ini. “Yang hampir selesai PP-nya adalah holding BUMN energi. Kita berharap dengan pecah telor, empat holding BUMN lainnya bisa … Selengkapnya

Reksadana Berefek Derivatif Perlu Disosialisasikan

Selasa 26/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kendala utama reksadana berefek derivatif adalah belum adanya bursa derivatif yang aktif dan likuid di Indonesia.

JAKARTA – Belum adanya bursa derivatif yang aktif dan likuid menjadi kendala bagi produk investasi reksadana berefek derivatif di Indonesia. Apalagi instrumen ini lebih … Selengkapnya

G20 Bersinergi Atasi Gejolak Global Pasca-Brexit

Selasa 26/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Negara anggota G20 sepakat untuk proaktif dan bersinergi dalam mengatasi konsekuensi yang timbul pada perekonomian dan keuangan global pascakeluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Karenanya, G20 menekankan pentingnya upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi global di tengah tingginya ketidakpastian … Selengkapnya

rona

Fauzi Baadilla Setuju Pokemon Go Dilarang

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tengah marak permainan Pokemon Go di kalangan anak muda, namun Fauzi Baadilla mengaku tak tertarik memainkan game petualangan lewat telepon selular itu.

Aktor dan model ini tak ingin latah mengikuti tren yang sedang digandrungi oleh anak muda baik di mancanegara dan juga kini di Tanah Air. “Gue sendiri nggak pernah mainin. Kalau menurut gue sih, biasa kan orang Indonesia latah. Mungkin pada latah aja.” ujar Fauzi, baru-baru ini, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta.

Aktor kelahiran Kairo, 25 September 1979 ini mengetahui tren permainan itu lewat media sosial yang ramai menjadi obrolan. Fauzi bahkan setuju jika permainan seperti itu dilarang lantaran cenderung bisa berbahaya. Bahkan, Fauzi sempat mengetahui bahwa pemuka agama juga sempat melarang permainan itu. “Sempat lihat di medsos, katanya permainan itu nggak dibolehin, ada juga katanya nggak boleh dari sisi agama,” sebut Fauzi. Aktor yang berlakon di film 9 Naga (2006) ini bahkan menolak jika disuruh main permainan Pokemon Go. Menurutnya, permainan itu tak ada faedahnya sama sekali. “Ogah, kayak orang bego jadinya. Nggak tahu ya. Gue bukannya ngatain orang yang main itu bego. Cuma, bego-begoan aja pasti. Pokemon Go nggak berhasil memikat gue,” sahut Fauzi tertawa lebar.

Tak hanya soal itu, saat disinggung soal aktivitasnya di dunia film, Fauzi mengatakan sedang melakoni peran untuk sebuah film serial televisi terbaru bertajuk Cleansing Kalijodo, yang rencananya akan ditayangkan di saluran televisi berlangganan pada 30 Juli mendatang. Di film itu, Fauzi berperan sebagai tokoh Daeng Aziz. “Gue senang, beruntung bisa diajak kerja sama produksi. Secara keseluruhan ceritanya tentang kepolisian Indonesia dalam mengungkap dan memberantas kejahatan,” pungkas Fauzi. yzd/S-1

Chika Jessica Jadi Wanita Petarung

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam kesehariannya, Chika Jessica dikenal sebagai sosok selebritas yang riang, lucu dan ceria. Namun siapa sangka jika aktris dan presenter ini bisa berkelahi. Setidaknya begitu yang diperankannya dalam film Triangle : The Dark Side. Di film itu, Chika harus berhadapan … Selengkapnya

Netral Berjalan Sendiri-sendiri?

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Masih ingat band aliran “keras” Netral yang kini berganti menjadi Ntrl? Band yang ditukangi Bagus, Enno, dan Coki tersebut memang sepertinya bubar karena tiap personel seakan berjalan sendiri-sendiri. Benar bubarkah? Vokalis Bagus, misalnya, belum lama merilis single bersama DJ Stroo. … Selengkapnya

Menjaga Asupan Makan pada Anak

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Belajar pada kasus obesitas Arya Permana (10), para orang tua kini harus lebih memperhatikan asupan makan si anak. Agar ke depan kejadian serupa tidak terulang kembali.

Untuk seukuran seorang anak berumur 10 tahun, bobot tubuh Arya Permana memang sangat berlebihan. … Selengkapnya

megapolitan

Puluhan Makam di Pondok Ranggon Dibongkar

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 28 makam diduga fiktif ditemukan di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/7). Dari jumlah tersebut, 25 unit sudah positif dan dibongkar. Sementara tiga lainnya masih dalam penyelidikan.

Kasus terbongkarnya makam fiktif itu hasil iventigasi dan identifikasi petugas di TPU Pondok Ranggon selama dua bulan terakhir ini. Petugas mendata secara administrasi dan mengecek kondisi lapangan, kemudian untuk mengetahuinya, petugas mendeteksi dengan menancapkan besi ke makam.

Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan, sangat mudah membedakan makam asli dan palsu. Walaupun semua makam itu sudah ada gundukannya dan batu nisannya. Namun jika tidak ada Izin Penggunaan Tanah Makan (ITPM) maka dipastikan makam fiktif. 

“Namun yang ditemukan di TPU Pondok Ranggon itu hanya makam yang ada gundukannya, tanpa batu nisan. Seluruhnya kita bongkar karena khawatir disalahgunakan pihak-pihak tak bertanggungjawab,” ujar Christian

Menurutnya, sejauh ini belum diketahui apakah ada oknum PNS atau pejabat bermain. Namun jika ada maka akan dikenai sanksi. Untuk staf akan dipindahkan ke sudin lain, jika pejabat maka akan distafkan. Sejauh ini penyelidikan masih difokuskan pada pekerja harian lepas (PHL).

Ke 28 makam fiktif itu tersebar di beberapa blok. Di antaranya di Blok 5, Blok AA1 dan sejumlah blok lainnya. “Kita bongkar dan diratakan. Lalu kita ratakan lagi tanahnya,” tandas Christian.

Di TPU Pondok Kelapa sendiri terdapat 64 ribu petak makam yang terhampar di atas lahan seluas 67 hektare.

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan oknum-oknum yang terbukti membuat makam fiktif akan langsung ditindak tegas, yakni dilaporkan ke kepolisian.

“Kalau memang sudah terbukti terlibat atau bahkan ikut membuat makam-makam fiktif, kami tidak akan segan-segan untuk melaporkan ke pihak kepolisian. Kami selesaikan secara hukum,” kata Ahok.

Menurut dia, pembuatan makam-makam fiktif itu merupakan perbuatan yang sangat merugikan warga, sehingga harus ditindak tegas. Maka dari itu, pihaknya pun tidak hanya memecat oknum petugas yang terlibat, tetapi juga melaporkannya ke kepolisian. “Jadi, saya tegaskan, saya tidak hanya akan memecat oknum-oknum pelaku, tetapi juga menyerahkannya kepada pihak yang berwajib. Karena sudah banyak sekali warga yang dirugikan dengan banyaknya praktik makam fiktif itu,” ujar Ahok.

Lebih lanjut, Ahok mengakui sejauh ini telah memecat beberapa oknum yang berkaitan dengan makam fiktif. Akan tetapi, pihaknya masih kesulitan dalam mengusut pegawai negeri sipil (PNS) yang terlibat masalah tersebut.

Seperti diketahui, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta masih terus membongkar makam fiktif di beberapa taman pemakaman umum (TPU) di Jakarta. Di salah satu TPU bahkan telah ditemukan sebanyak 80 makam fiktif.

Makam-makam fiktif yang ditemukan itu telah dipasangi batu nisan namun tidak dilengkapi dengan identitas yang jelas, yakni hanya ada nama almarhum namun tidak dicantumkan tanggal lahir dan waktu kematiannya. nis/P-5

“Tax Amnesty” Mampu Percepat Pembangunan DKI

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mendukung implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2016 tentang pengampunan pajak (tax amnesty). Kebijakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fiskal pemerintah dalam membiayai program-program pembangunan yang nantinya akan berpotensi menambah likuiditas perekonomian nasional

Kepala BI … Selengkapnya

Kontribusi 15% Mengacu Keppres

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Dana kontribusi pengembang akan rawan dipermainkan oknum, jika tak disebutkan nominalnya.

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ngotot kontribusi pengembang perlu ditambah, meskipun para pengembang telah memiliki perjanjian dengan Pemprov DKI pada 1997. Sebab, tambahan kontribusi itu … Selengkapnya

Pergub ERP Ditandatangani, Lelang Segera Digelar

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA  –  Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) telah ditandatangani. Dengan adanya Pergub itu, Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah bisa segera melakukan lelang ERP pekan ini.

“Hari ini … Selengkapnya

olahraga

Mancini akan Hengkang

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Perseteruan pelatih Inter Milan, Roberto Mancini dengan manajemen baru Inter Milan tampaknya menimbulkan perpecahan. Seperti dilansir Sky Sport Italia, buntut dari perselisihan tersebut mantan pelatih Manchester City itu akan mundur dari jabatannya dalam beberapa hari ke depan.

Beberapa media terkemuka di Italia melansir, Presiden Inter, Erick Thohir langsung terbang ke Amerika Serikat menemui Mancini yang tengah resah. Mancini merasa klub tak mendengarkan permintaannya untuk memperkuat skuat serta tak memiliki kesamaan soal ide dasar sepak bola.

Sementara tuntutan dari manajemen seperti diungkapkan Erick Thohir sebelumnya, memberikan target agar klub berjuluk “Nerazzurri” itu lolos ke Liga Champions musim depan. Dengan target tersebut, Mancini berharap klub membangun kekuatan dengan mendatangkan pemain-pemain berpengalaman seperti Yaya Toure dan Antonio Candreva, karena skuatnya untuk saat ini tak terlalu kuat.

Hanya saja pemilik baru Inter, Suning Group dikabarkan telah menolak dua permintaan Mancio untuk mendatangkan dua pemain dambaannya dengan alasan mereka sudah berusia di atas 30-an. Sedang klub menginginkan Mancini berinvestasi untuk pemain muda.

Corriere dello Sport melaporkan Erick Thohir dan CEO Bolingbroke sudah mulai berkonsentrasi mencari pengganti Roberto Mancini. Thohir menilai jika Frank De Boer akan menjadi pengganti yang tepat. Masih ada opsi lain yang saat ini berstatus tanpa klub seperti Marcelo Bielsa, Guus Hiddink dan Rudi Garcia.  S-1

Bukan “Dream Team”, Tim Basket AS Tetap Favorit di Olimpiade

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TORONTO – Tim bola basket Amerika Serikat (AS) untuk Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil tetap menjadi favorit meraih medali emas. Meskipun demikian, tim AS bukan lagi “dream team” karena tidak diperkuat oleh bintang-bintang elite NBA.

Tim basket AS untuk Olimpiade … Selengkapnya

Rodriguez Ingin Lebih Sering Dimainkan

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – James Rodriguez telah berbicara tentang keinginannya untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain di Real Madrid menyusul musim keduanya yang naik turun di Santiago Bernabeu. Gelandang serang flamboyan tiba di ibukota Spanyol di tengah banyak kemeriahan menjelang musim 2014-2015 … Selengkapnya

Manor Racing Segera Putuskan Nasib Rio

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tim Manor Racing akan memutuskan nasib Rio Haryanto pada Rabu besok. Bila gagal memenuhi kewajibannya, kemungkinan besar Rio akan digantikan pebalap Belgia, Stoffel Vandoorne.

JAKARTA – Nasib pebalap Indonesia yang memperkuat Manor Racing, Rio Haryanto di ajang Formula 1 terancam … Selengkapnya

kupas

Pemerintah Masih Menimbang Sistem Pemilu 2019

Selasa 26/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah dan DPR, berencana bakal menyatukan Undang-Undang tentang Pemilu. Regulasi yang bakal disatukan adalah UU tentang pemilihan legislatif, pemilihan presiden, dan UU tentang Penyelenggara Pemilu. Nantinya, jika sudah disatukan dalam sebuah UU, regulasi tersebut bakal diberi nama UU Penyelenggaraan Pemilu.

Pemerintah sendiri jadi insiator atau pengusul penyatuan UU tersebut. Tugas menyusun naskah pun ada di tangan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

Dan, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo telah menugaskan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum untuk membentuk tim penyusun naskah. Draf naskah sendiri kabarnya sudah disusun.

Bahkan, secepatnya diserahkan ke Istana. Selain isu tentang sistem proporsional tertutup yang digulirkan, isu lain yang mulai disuarakan partai adalah isu tentang ambang batas partai atau parliamentary treshold.

Partai Nasional Demokrat adalah salah satu partai yang sudah mulai menggulirkan wacana tentang treshold tersebut.

Partai pimpinan Surya Paloh itu mengusulkan agar ambang batas partai ditetapkan sebesar 7 persen. Usulan itu pun langsung dapat reaksi dari partai lain. Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya lewat Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan, langsung menolaknya.

Untuk mengetahui sikap pemerintah terkait isu-isu yang bakal masuk dalam penyatuan UU pemilu, Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Berikut petikan wawancara Koran Jakarta dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Revisi UU tentang pemilu belum juga dibahas. Tapi, partai sudah mulai bersuara. Partai Nasdem misalnya mengusulkan agar ambang batas ditetapkan 7 persen. Sikap pemerintah sendiri?

Ya, ambang batas parpol untuk menempatkan wakil di parlemen pada pemilu 2014 itu kan sudah ditetapkan 3,5 persen. Kemarin memang Nasdem usul jadi 7 persen.

Pemerintah sendiri setuju tetap atau dinaikan?

Saya kira seluruh aspirasi partai politik dan DPR akan kami tampung dulu. Karena pemerintah hanya akan menyanpaikan draft alternatif. Nanti kita akan bahas dengan DPR. Kan yang memutuskan UU itu adalah pemerintah dengan DPR.

Terkait revisi UU Pemilu, juga mencuat wacana dikembalikannya sistem proporsional tertutup. Menurut pemerintah, lebih baik tertutup atau terbuka?

Seluruh usulan baik, tapi kan menyamakan semua usulan misalnya proporsional tertutup ada baiknya, terbuka, ada baiknya tertutup.

Nah, Nasdem bilang gabungan. PAN juga bilang gitu. Sehingga kedaulatan rakyat dan parpol terjaga. Berartikan selektiflah, rekrutmen mencari anggota DPR yang baik kan dari partai.

Untuk usulan treshold, posisi pemerintah sendiri bagaimana?

Belum diputuskan nanti ada mau rapat.

Pemerintah lebih condong ke opsi tertutup atau terbuka?

Masih mau dirapatkan kabinet. Kan keputusan pemerintah satu, enggak bisa kami sendiri.

Tapi ada yang menganggap jika dikembalikan ke sistem proporsional tertutup justru membuka peluang menguatnya oligarki di tubuh partai. Menurut Anda bagaimana?

Saya kira, semakin modern kan harus makin transparan. Kita kembalikan ke parpollah rekruitmennya.

Harus ada psikotes, harus tahu rekam jejaknya. Sama kayak menjadi polisi dan tentara. Jangan mentang-mentang punya duit langsung DPR, kan repot kalau begitu.

Kenyataannya sekarang begitu?

Kan masing-masing partai politik punya kebijakan sendiri-sendiri Kembali ke ambang batas partai atau treshold.

Sepertinya akan naik?

Belum tahu, belum diputuskan lewat kabinet.

Kalau naik misalnya, pertimbangannya apa harus naik?

Ya tunggulah. Harus rapat kabinet. Enggak bisa ngomong sendiri saya. Isu lainnya adalah pemilu nanti juga akan ada perubahan soal mekanisme atau metode pemungutan suara.

Nah, nanti akan menggunakan sistem contreng atau coblos?

Tunggulah nanti ya.

Soal e-voting, akan masuk dalam draf?

Ya, itu masuk. Nah, sekarang soal yang mungkin agak sensitif bagi partai.

Nanti, partai baru langsung bisa mencalonkan calon presiden dan wakilnya, atau bagaimana?

Wah, tunggu saja nanti. Saya tak mau berkomentar dulu soal itu.  agus supriyatna/AR-3

Eksekusi Mati Domain Penegak Hukum, Presiden Tidak Ikut Campur

Senin 25/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Freddy Budiman, gembong narkoba yang telah divonis mati oleh pengadilan tingkat pertama.

Tak lama berselang, Merry Utama, kurir narkoba 1,1 heroin yang juga divonis mati di pengadilan tingkat pertama … Selengkapnya

“Kami Temukan Adanya Indikasi Persekongkolan”

Sabtu 23/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dua produsen sepeda motor ternama, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YMMI) dan PT Astra Honda Motor (AHM), diduga kuat melakukan praktik monopoli penjualan sepeda motor skuter matik 110-125 cc.

Dugaan ini dilayangkan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), lembaga yang … Selengkapnya

“Kalau Ibu Mega yang Meminta, Saya Enggak Bisa Jawab”

Jumat 22/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam berbagai hasil survei terkait elektabilitas calon Gubernur DKI Jakarta, nama Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok, masih yang tertinggi. Peluang Ahok yang berstatus petahana tersebut cukup besar untuk memenangi pemilihan 2017.

Beberapa nama memang sudah muncul sebagai calon … Selengkapnya

berita lain

Desain Cantik di Lahan Panjang dan Sempit

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agar tercipta desain dan penataan ruangan yang sedap dipandang, pemilik rumah harus menyesuaikan dengan bentuk lahan. Penataan untuk rumah dengan lahan kotak akan berbeda dengan penataan rumah berbentuk memanjang.

Tantangan dalam mengatur dan menata furnitur di ruangan persegi panjang adalah … Selengkapnya

Laptop Tertipis Segmen Premium

Selasa 26/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Semakin kecilnya komponen memungkinkan perangkat semakin tipis ringan. Produsen komputer HP kini merilis ke pasar model laptop tertipis untuk segmen pasar kelas atas.

Dengan layar 13 inci beresolusi full HD laptop ini memililiki ketebalan hanya 10.4 mm, atau mengalahkan MacBook … Selengkapnya

Civic R Versi Standar Cetak Rekor Waktu

Rabu 20/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keluaran terbaru dari Honda yaitu All New Honda Civic Type R berhasil mendapatkan beberapa prestasi dalam hal waktu.

Pada sesi tes resmi yang dilakukan oleh di lima sirkuit balap kelas dunia yaitu sedan ini berhasil mencetak waktu terbaru. Pada sesi … Selengkapnya