Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 28 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Gubernur Seluruh Sumatera Harus Saling Dukung

Kamis 28/7/2016 | 07:03
A   A   A   Pengaturan Font

Lampung – Seluruh pemerintah daerah se-Pulau Sumatera harus saling dukung, dan saling melengkapi. Bukan saling hambat. Sehingga akselerasi pembangunan di seluruh Sumatera bisa melaju kencang. Dan, yang tak kalah penting, pembangunan benar- benar terintegrasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Yuswandi A Temenggung mengatakan itu saat membuka Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera di Lampung, Rabu (27/7). Dalam kesempatan itu juga Yuswandi meminta para gubernur seluruh Sumatera membuat semacam mitigasi persoalan ekonomi.

“Terus terang saya mengapresiasi kegiatan Rakorgub Sumatera ini,” kata dia.

Menurutnya, Rakorgub Sumatera sangat penting, sebagai upaya memajukan wilayah. Zaman dulu, semua serba terpusat. Semua ditentukan oleh Jakarta. Sekarang, daerah harus punya inisiatif. Tidak bisa lagi solusi pembangunan dibuat secara seragam. Antar daerah kerap berbeda. Sehingga, antar daerah wajib saling dukung. Saling melengkapi. Ego kedaerahan dihilangkan.

“Mengikuti perkembangan waktu, saya kira itu tak mungkin lagi, apalagi, banyak tantangan daerah yang mana satu sama lain tentu berbeda-beda. Jadi harus saling dukung, saling melengkapi,” katanya.

Dan yang sangat penting lanjut Yuswandi, hendaknya dibuat semacam kajian atau mitigasi terhadap permasalahan yang ada di wilayah Sumatera. Upaya mitigasi bisa melibatkan kalangan akademisi. Sebab faktanya, selama tiga tahun berturut-turut terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi di Sumatera.

“Mari kita mitigasi dan telusuri apa penyebabnya. Lalu dari arah mana harus memajukan wilayah ini,” ujarnya.

Yuswandi menambahkan, selama ini komoditas jadi bagian paling penting dalam pertumbuhan ekonomi di Sumatera. Bahkan di wilayah lain. Jadi, hal itu yang harus diperhatikan serius seluruh pemangku kebijakan di Sumatera.

“Selama ini unsur komoditaslah yang menjadi pengaruh perlambatan ekonomi. Saya menyarankan perlu ada pendekatan ke arah sana untuk selesaikan persoalan ekonomi Sumatera,”katanya.

Di acara yang sama, Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, mengatakan dalam menggenjot akselerasi pembangunan di wilayah Sumatera, salah satu yang dibutuhkan adalah harmonisasi antar daerah. Jadi, antara satu daerah dengan daerah lainnya harus saling dukung. Saling melengkapi. Misal dalam menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Jangan sampai ada tumpang tindih pembangunan.

“Jadi, istilahnya jangan sama- sama membangun masjid berdekatan. Nanti kita rebutan jamaah. Maksudnya, pembangunan di Sumatera harus saling berbagi peran, saling mendukung bukan menghambat,”kata Ridho Ficardo. – ags/AR-3

Golkar Siapkan Strategi untuk 2019

Kamis 28/7/2016 | 06:56
A   A   A   Pengaturan Font

Pemilu legislatif dan pilpres masih sangat jauh, tetapi partai berlambang pohon beringin sudah menyusun strategi pemenangan. Bahkan Golkar sudah punya capres, Jokowi.

Jakarta – Partai Golongan Karya atau Golkar bertekad untuk menyiapkan berbagai strategi dalam menghadapi tantangan politik dan agenda … Selengkapnya

Pengurusan Perkara Selalu Lapor Ke Eddy Sindoro

Kamis 28/7/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Saksi menyebut dua pengurusan perkara terkait Lippo Grup di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat selalu diketahui mantan Presiden Komisirasi Lippo Grup, Eddy Sindoro.

JAKARTA – Dua pengurusan perkara terkait Lippo Grup di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat selalu diketahui mantan Presiden Komisirasi … Selengkapnya

Presiden Titip Dua Program Khusus

Kamis 28/7/2016 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font

Optimalisasi Kartu Indonesia Pintar dan memperdalam pendidikan vokasional menjadi prioritas tugas Kemdikbud baru.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menitipkan dua program khusus yang harus menjadi perhatian bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru, Muhadjir Effendy. Dua program yang diminta … Selengkapnya

mondial

Hakim Bebaskan Pria Penembak Presiden Reagan

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHINGTON – John Hinckley Jr, pria yang mencoba membunuh Presiden Amerika Serikat (AS), Ronald Reagan, dan melukai 3 orang lainnya pada 1981, akan dibebaskan setelah 35 tahun mendekam di penjara. “Hinckley harus dibebaskan dan ia bisa hidup bersama ibundanya,” demikian keputusan hakim federal AS pada Rabu (27/7).

Hakim Wilayah AS, Paul L Friedman, mengatakan bahwa Hinckley saat ini bukan ancaman bahaya bagi dirinya maupun pada orang lain dan ia sudah bisa dibebaskan dari rumah sakit jiwa St Elizabeth di Washington.

“Hinckley, 61 tahun, diperbolehkan tinggal sepenuhnya di Williamsburg, Virginia, setelah dinyatakan sembuh. Ia sudah bebas mulai 5 Agustus 2016 mendatang,” demikian secuil bunyi putusan hukum setebal 14 halaman yang dibacakan Hakim Friedman.

Ibunda Hinckley saat ini tinggal di Williamsburg, sekitar 210 kilometer sebelah selatan Washington dan Hinckley akan tinggal di sana.

Dalam putusan disebutkan bahwa Hinckley wajib menjalani terapi dan menemui psikiatrisnya di Washington sekurangnya sebulan sekali dan wajib memberitahu pihak agen rahasia saat ia bepergian untuk janji temu terapi.

Sebenarnya dalam persidangan atas percobaan pembunuhan Presiden Ronald Reagan, juri menyatakan Hinckley tak bersalah dengan alasan sakit jiwa. Hinckley menembak Presiden Reagan dan 3 orang lainnya saat Presiden AS itu hendak meninggalkan Hotel Washington Hilton pada 30 Maret 1981. Saat itu Hinckley baru berusia 25 tahun.

Berdasarkan pengakuan Hinckley, ia melakukan aksi nekat menembak Presiden AS pada 1981 dengan alasan ingin membuat kagum aktris Jodie Foster, sosok pemeran film Taxy Driver yang amat diidolakan Hinckley.

Atas keputusan hakim tersebut, pihak keluarga Reagan terutama anaknya yaitu Ron Reagan Jr dan Patti Reagan Davis, amat menentangnya. “Saya harap hasil pemeriksaan dokter bahwa John Hinckley bukan lagi ancaman bahaya itu benar, namun saya merasa mereka itu salah,” kata Patti.

Kontrol Senjata

Selain melukai Presiden Reagan, pistol kaliber 0,22 milimeter yang ditembakkan Hinckley juga melukai juru bicara kepresidenan James Brady, agen rahasia Tim McCarthy, dan petugas polisi Washington bernama Thomas Delahanty.

Brady yang kemudian mengalami kelumpuhan akibat luka tembakan yang dideritanya, kemudian bersama istrinya, Sarah, memperjuangkan diberlakukannya rancangan undang-undang kontrol kepemilikan senjata di AS.

Berkat kegigihan mereka, akhirnya RUU Brady tentang Pencegahan Kekerasan Senjata Api berhasil dikukuhkan jadi undang-undang pada 1993. Melalui undang-undang ini telah memungkinkan penegak hukum federal melakukan screening terhadap pembelian senjata api dan setiap orang yang ingin membeli senjata api harus menunggu waktu tenggang selama 5 hari. Rtr/I-1

Anggota Militer Turki Ajukan Suaka ke Yunani

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ATHENA – Delapan perwira militer Turki yang kabur ke Yunani, sehari setelah upaya kudeta militer yang gagal, dilaporkan telah mengajukan suaka pada pemerintahan di Athena. Atas permintaan suaka tersebut, pihak pemerintah Yunani pada Rabu (27/7) menyatakan menunda pengajuan mereka karena … Selengkapnya

Penjagaan di Bandara Jenewa Diperketat

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA – Polisi Swiss pada Rabu (27/7) diwartakan kian memperketat penjagaan keamanan di sebuah bandara di Jenewa, setelah mereka menerima informasi dari Kepolisian Prancis akan kemungkinan adanya ancaman ledakan bom.

“Langkah pengamanan preventif telah dilakukan di sekitar Bandara Cointrin yang … Selengkapnya

Filipina Kecewa Hasil Komunike

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Filipina kecewa atas kegagalan memasukkan putusan mahkamah internasional mengenai sengketa LTS pada komunike pertemuan Menlu ASEAN di Laos beberapa waktu lalu. 

MANILA – ASEAN Ministerial Meeting (AMM) atau pertemuan para menteri luar negeri ASEAN di Ibu Kota Vientiane, Laos, yang … Selengkapnya

ekonomi

Tim Ekonomi Mesti Lakukan Transformasi Struktural

Kamis 28/7/2016 | 05:34
A   A   A   Pengaturan Font

Apabila penguatan kepercayaan pasar tidak mampu diterjemahkan untuk melakukan transformasi struktural, dampaknya untuk pertumbuhan ekonomi tetap minim.

JAKARTA – Reshuffle atau perombakan menteri Kabinet Kerja yang kedua khususnya di tim ekonomi disambut positif kalangan pelaku pasar keuangan. Hal itu tecermin pada indeks harga saham gabungan (IHSG) yang ditutup positif di level 5.274,36 atau naik 49,96 poin (0,95 persen) dan rupiah menguat ke level 13.123 rupiah per dollar AS.

Namun, modal kepercayaan saja tidak cukup sehingga harus diimbangi dengan transformasi struktural dan kelembagaan pemerintahan Indonesia.

Transformasi struktural dan kelembagaan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Enny Sri Hartati di sela-sela seminar Kajian Tengah Tahun Indef 2016 bertajuk Evaluasi Paket, Evaluasi Ekonomi di Jakarta, Rabu (27/7).

Enny mengatakan transformasi harus dilakukan oleh kementeriankementerian teknis yang berkaitan dengan perekonomian. “Kalau kapitalisasi ini tidak mampu diterjemahkan untuk mendorong sektor riil, melakukan transformasi struktural, memperbaiki problem kelembagaan, maka dampak untuk pertumbuhan ekonomi tetap minimal dan perubahan secara signifikan terhadap transformasi struktural juga minimal,” kata Enny.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo merombak kabinet, termasuk di tim ekonomi. Presiden menunjuk Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro yang digeser menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menggantikan Sofyan Djalil.

Saat ini, tim ekonomi di kabinet kerja mempunyai pekerjaan rumah sangat berat. Negara tengah dihadapkan pada pelambatan ekonomi sebagai imbas dari pelemahan pemulihan global. Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia di bawah lima persen.

Defisit Anggaran
Tak hanya itu, pemerintah saat ini juga dihadapkan pada masalah fiskal. Tingginya belanja negara tak dibarengi dengan realisasi penerimaan yang besar mengancam pelebaran defisit anggaran. Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 berada dalam kondisi defisit 230,7 triliun rupiah atau 1,83 persen terhadap PDB karena tingginya realisasi belanja dan rendahnya penerimaan perpajakan.

Target defisit dalam APBN Perubahan 2016 sebesar 2,35 persen atau 296,7 triliun rupiah. Dua alasan defisit membesar adalah karena realisasi belanja negara lebih tinggi 113 triliun rupiah dan penerimaan negara lebih rendah 33 triliun rupiah dari periode sama tahun lalu.

Pendapatan negara pada semester I-2016 mencapai 634,7 triliun rupiah atau 35,5 persen dari target 1.786,2 triliun rupiah serta belanja negara 865,4 triliun rupiah atau 41,5 persen dari pagu 1.984,1 triliun rupiah.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution menekankan defisit anggaran sebaiknya tetap sesuai UU Keuangan Negara, yakni dibawah tiga persen terhadap PDB, agar pemerintah tidak berutang secara berlebihan. “Kita harus prudent dan berhati-hati, kalau tidak ada batasan itu kita bablas,” ujar Darmin. bud/E-10

“Reshuffle” Dorong Kapitalisasi Pasar

Kamis 28/7/2016 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font

Nilai kapitalisasi pasar modal Indonesia sebesar 5.676,6 triliun rupiah, menembus rekor sebelumnya pada 20 Juli 2016 yang sebesar 5.639,4 triliun rupiah.

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan sehingga mendorong nilai kapitalisasi pasar … Selengkapnya

Perusahaan Properti Optimistis Prospek Membaik

Kamis 28/7/2016 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Emiten properti, PT Intiland Development Tbk (DILD), percaya prospek industri properti nasional sudah mulai berangsur-angsur membaik. Iklim investasi dan minat belanja properti masyarakat mulai bergerak ke arah positif.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono, … Selengkapnya

BI Perkirakan Inflasi Juli 2016 Terkendali

Kamis 28/7/2016 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juli 2016 cenderung terkendali dan sejalan dengan target inflasi 4 plus minus 1 persen hingga akhir tahun 2016. Optimisme itu didasarkan pada perkiraan inflasi pada minggu pertama sebesar 1,2 persen yang mengarah … Selengkapnya

rona

Keuntungan Memakai Best Western Rewards

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta,  memperkenalkan program ‘Best Western Rewards’ yang diterbitkan dari kantor pusat Best Western International yang berada di Phoenix, Arizona.

 

Kartu ini  diberikan secara gratis kepada tamu dengan masa berlaku seumur hidup. Kartu ini juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan poin yang nantinya bahkan mendapatkan gratis menginap di Best Western Hotel yang tersebar di seluruh dunia.

 

Kartu tersebut terbagi dalam beberapa level yaitu Blue, Gold Elite, Platinum Elite, Diamond Elite, sampai dengan level tertinggi Diamond Select.

 

Keistimewaan yang dapat langsung dirasakan pemilik kartu pada saat menginap yaitu mulai dari jalur khusus untuk check-in di hotel; kopi, teh dan snack untuk sore hari,  diskon 50 persen  untuk makanan, 30 persen untuk laundry dan pijat, sarapan gratis, late check-out sampai dengan jam empat sore, upgrade kamar, buah-buahan gratis, bahkan waktu yang fleksibel untuk check-in atau check-out.

Program spesial penyetaraan level atau yang disebut dengan Status Match No Catch untuk level Elite ke atas, dimana tamu yang merupakan member dengan level Elite atau level tinggi lainnya di hotel lain akan mendapatkan level yang sama saat menjadi member di program ini.

Berlaku juga untuk tamu walk-in atau tamu yang melakukan reservasi hotel melalui online. ars

Sharon Stone Ikut Menyumbang Jeans untuk Pengungsi

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bintang-bintang Hollywood menyumbangkan celana jeans mereka untuk program amal Jeans for Refugees (Jin untuk Pengungsi). Salah satunya adalah aktris kenamaan Sharin Stone.

Bintang yang terkenal lewat film Basic Instinct itu memang dikenal kerap memberikan sumbangan dan memiliki kepedulian sosial tinggi. … Selengkapnya

Sheryl Sheinafia Merawat Kecantikan dengan Olah Raga Rutin

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi Sheryl Sheinafia mengungkapkan pentingnya merawat kecantikan, tidak hanya dari luar, namun juga dari dalam. Menurut presenter acara musik yang baru-baru ini juga terjun ke dunia film itu kecantikan luar dan dalam sangat mempengaruhi satu sama lain.

“Perawatan kulit penting … Selengkapnya

Awas, Penjahat “Cyber” Ancam Dunia Usaha

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen bisnis belakangan menjadi target serangan menarik para penjahat siber (Cyber Crime). Hal ini dikarenakan, masih lemahnya kesadaran perusahaan, sekaligus pekerja saat menggunakan perangkat mobile-nya.

Menurut hasil laporan Kaspersky Lab berbasis data Security Network (KSN), jumlah serangan terhadap sektor korporasi … Selengkapnya

megapolitan

Tak Ada Pelanggaran Pidana Ahok Keluarkan Diskresi

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Jakarta- Diskresi yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok agar pengembang pulau reklamasi Teluk Jakarta memberikan kontribusi tambahan sebesar 15 persen, tidak bisa dipidana. Sejauh ini diskresi yang dikeluarkan Ahok sesuai dengan kewenangannya dan mengacu pada aturan undang-undang (UU).Hal itu dikatakan Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin dan Refly Harun di Jakarta, Rabu (27/7). 

Irman Putra Sidin mengatakan, diskresi merupakan tindakan atau kebijakan pejabat pemerintahan untuk mengatasi persoalan konkret yang dihadapi, tetapi tak ada landasan hukumnya atau ada landasan hukumnya tetapi tidak memberikan kepastian.”Namun, penggunaannya harus oleh pejabat yang berwenang dan sesuai dengan tujuannya. Dan semua pejabat pemerintahan bisa mengeluarkan diskresi” kata pendiri Firma Hukum Sidin Constitution itu. 

Pendapat senada dikatakan Refly Harun. Menurut dia, apapun alasannya diskresi Ahok tak bisa dipidana karena itu kebijakan, kecuali mengandung niat jahat.”Jadi diskresi tak bisa dipidana, hanya niat jahat menguntungkan pihak tertentu atau perbuatan konspiratifnya yang bisa dipidana,” kata Refly Harun. 

Dalam konteks reklamasi pantai utara Jakarta, kata Refly Harun, ada landasan hukumnya yakni Keputusan Presiden Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta dan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 1995 tentang Penyelenggaraan Reklamasi dan Rencana Tata Ruang Kawasan Pantura Jakarta. sur/P-5 

Aguan Mengaku Beri Rp220 Miliar ke DKI

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan mengaku perusahaan milikinya sudah memberikan 220 miliar rupiah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai kewajiban karena menjadi pengembang mereklamasi. 

“Saya dengar pemerintah zaman Pak Ahok minta kontribusi tambahan, untuk PT … Selengkapnya

Pergub ERP Kembali Tertunda

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengakui peraturan gubernur (Pergub) terkait jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) kembali tertunda. “Saya targetnya kemarin menandatangani Pergub ERP itu. Tapi, kadang-kadang pejabatnya nggak ada. Parafnya tertunda, belum sampai ke meja saya … Selengkapnya

Hari Pertama Gagal Kurangi Macet

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku ujicoba ganjil genap lalu lintas di Jakarta terasa lebih macet.

 JAKARTA – Hari pertama penerapan ujicoba sistem ganjil genap, di sembilan ruas jalur protokol di DKI Jakarta, Rabu (27/7), belum terlihat mengurangi kemacetan., … Selengkapnya

olahraga

PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 untuk Tarik Wisatawan ke Pelabuhan Ratu

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SUKABUMI – Sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat (Jabar) dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XV/2016 terus digencarkan. Dua event olah raga nasional itu diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar mengatakan sosialiasi ini akan terus dilaksanakan hingga acara terselenggara. Selain bertujuan mengingatkan kepada seluruh lapisan masyakat Jabar, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke daerah yang memiliki nilai historis kuat dan beberapa legenda yang tersohor.

“Untuk Pelabuhan Ratu, banyak sekali tempat-tempat wisata yang perlu dipublikasikan ke wisatawan lokal dan mancanegara seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Karang Hawu, Pantai Cimaja, Goa Lalay, Pemandian Air Panas Cisolok dan masih banyak tempat-tempat menarik lainnya, dengan adanya PON XIX di Wilayah Pelabuhan Ratu, kami berharap dapat sekaligus mengangkat tempat-tempat wisata tersebut,” ujar Deddy Mizwar di Alunalun Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (24/7) kemarin.

Selain itu, Deddy juga berharap khususnya di Sukabumi Selatan ini ada destinasi wisata yang bersekala internasional. Untuk itu infrastruktur harus dibenahi, bukan hanya untuk PON saja tapi juga untuk menyambut hadirnya UNESCO Global Geopark di Pelabuhan Ratu.

“PON ini menjadi salah satu pemicu 55 tahun penantian Jabar menjadi juara umum, tahun inilah waktunya setiap warga Jabar berkontribusi menciptakan sejarah Jawa Barat menjadi juara umum PON dan PEPARNAS 2016,” tambahnya.

Acara Sosialisasi PON XIX dan PEPARNAS XV di Pelabuhan Ratu ini ditandai dengan jalan sehat bersama yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan dimeriahkan dengan tarian khas Sukabumi yaitu Tari Dog-dog Lojor dan Pencak Silat Debus. Kabupaten Sukabumi dipilih sebagai tuan rumah PON untuk cabang olahraga Tinju yang akan mempertandingkan 16 nomor pertandingan.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyambut gembira Kabupaten Sukabumi dipilih untuk menyelanggarakan acara PON XIX dan PEPARNAS XV untuk cabang olah raga tinju. “Dari segi kesiapan atlit, Insya Allah sudah siap, hingga kini latihan terus digalakkan dan untuk infrastruktur juga sedang kami benahi, Insya Allah pada saat pelaksanaan PON XIX dan PEPARNAS XV, Kabupaten Sukabumi sudah siap semuanya,” ujarnya.

55 hari menuju PON XIX dan 83 hari menuju PEPARNAS XV Jawa Barat 2016 sudah semakin dekat, semua persiapan hampir mencapai seratus persen. Jawa Barat mencanangkan target juara umum sebagai wujud Sukses Prestasi, selain itu Jawa Barat juga menargetkan tiga sukses lainnya yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Ekonomi Masyarakat dan Sukses Administrasi, yang disebut dengan “Catur Sukses”.

Untuk PON XIX Tahun 2016 Jawa Barat ini akan mempertandingkan 44 Cabang Olahraga, yang terdiri atas 753 Nomor Pertandingan. Medali yang diperebutkan sebanyak 2.492 keping, terdiri atas 756 emas, 756 perak dan 980 perunggu. Lokasi pertandingan atau venues PON XIX tersebar di 16 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, termasuk venue tinju yang terdapat di Kabupaten Sukabumi. tgh/S-2

Barcelona Lupakan Luciano Vietto

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA – Upaya Barcelona untuk melengkapi lini serang yang kini ditempati Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar, tampaknya masih berlanjut setelah target mereka Luciano Vietto siap untuk bergabung ke Sevilla dengan status pinjaman.

Pemain Atletico Madrid yang tidak ikut pada … Selengkapnya

Higuain Resmi ke Juventus

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gonzalo Higuain meninggalkan Napoli dan resmi bergabung ke Juventus.

ROMA – Juventus telah resmi mendatangkan striker asal Argentina Gonzalo Higuain dari Napoli dengan nilai transer 90 juta euro (sekitar 1,3 triliun rupiah). Jumlah itu menjadi ketiga tertinggi yang pernah … Selengkapnya

Thomas Muller Ingin Kembali Kalahkan Dortmund

Kamis 28/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Striker Bayern Munich Thomas Muller melihat tidak ada alasan untuk panik menyusul bursa transfer sibuk Borussia Dortmund. Dia malah merasa itu akan lebih menyenangkan untuk mengalahkan rival Bundesliga mereka itu kembali musim ini.

Dortmund kehilangan pemain kunci seperti Mats Hummels, … Selengkapnya

kupas

“Saya Bertekad untuk Membangun Sistem yang Lebih Baik”

Kamis 28/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo meminta agar manajemen di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diperbaiki lagi pasca terbongkarnya kasus vaksin palsu yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak balita.

Presiden Jokowi berharap terjadinya kasus vaksin palsu yang merupakan kejahatan luar biasa ini mampu dijadikan momentum bagi semua pihak untuk berbenah diri memperbaiki tata kelola dan industri farmasi nasional.

Permintaan Presiden tersebut menjadi tugas khusus bagi Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito yang baru dilantik pada Rabu (20/7).

Seperti apa langkah-langkah yang akan dilakukan Kepala BPOM, Penny K Lukito, Koran Jakarta mewawancarainya beberapa waktu lalu. Berikut petikannya:

Apa yang akan dilakukan oleh Ibu setelah dilantik jadi Kepala BPOM?

Pertama saya terima kasih atas amanah dan jabatan yang diberikan Bapak Presiden. Tentunya tugas berat ada di depan tetapi ini tugas bersama-sama.

Saya percaya, kita akan bekerja sama dengan lebih erat lagi dengan di antara BPOM dan semua stakeholder yang terkait.

Lalu, langkah apa yang akan dilakukan terkait vaksin palsu yang telah menjadi atensi Presiden agar segera dituntaskan?

Apa yang sedang terjadi dengan kasus vaksin palsu sudah ada dalam proses penindakan dan proses lebih jauh saat ini.

Progresnya seperti apa?

Sudah ada tim yang dibentuk. Mari kita bersama bekerjasama, kami berkomitmen meneruskan proses tersebut.

Lalu soal reformasi di BPOM seperti apa?

Tugas saya ke depan adalah, seperti keinginan Pak Presiden, mendukung penguatan BPOM, tugas kami adalah memperkuat sistem pengawasan obat dan makanan untuk menjaga kesehatan masyarakat, keselamatan bangsa, dan masa depan bangsa kita, anak- anak kita.

Saya sangat simpati untuk keluarga yang terkena dengan vaksin palsu. Tentunya saya ikut prihatin, mudah-mudahan ini tidak akan terjadi lagi.

Ibu disebut jago dalam pengawasan barang, untuk pengawasan vaksin ke depan seperti apa?

Pak Presiden jelas menegaskan permasalahan ke depan itu adalah masalah manajemen, pengelolaan, tata kelola dari pengawasan obat dan makanan.

Itu saja. Saya berkomitmen untuk lebih membangun sistem yang lebih baik, kerja sama yang baik dalam tindak lanjut hasil pengawasan.

Karena pengawasan itu pada intinya adalah dua hal, kemandirian dan kedua pengawasan dari tindak lanjut hasil pengawasan itu sendiri. Itu yang masih lemah dalam hal ini dan itu yang kita perkuat dengan dukungan penuh dari Bapak Presiden.

Terkait wacana penambahan wewenang BPOM, bagaimana tanggapannya?

Pertama, tentunya adalah legal sistem-nya. Itu yang akan kita perkuat dan kami semua sudah sepakat berkoordinasi dengan kementerian kesehatan dan mitramitra lain terkait, dengan penyidik, dan sebagainya.

Apakah dengan legal sistem ini akan muncul UU BPOM?

Insya Allah. muhammad fadloli/AR-3

Pemerintah Masih Menimbang Sistem Pemilu 2019

Selasa 26/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah dan DPR, berencana bakal menyatukan Undang-Undang tentang Pemilu. Regulasi yang bakal disatukan adalah UU tentang pemilihan legislatif, pemilihan presiden, dan UU tentang Penyelenggara Pemilu. Nantinya, jika sudah disatukan dalam sebuah UU, regulasi tersebut bakal diberi nama UU Penyelenggaraan Pemilu.

Selengkapnya

Eksekusi Mati Domain Penegak Hukum, Presiden Tidak Ikut Campur

Senin 25/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Freddy Budiman, gembong narkoba yang telah divonis mati oleh pengadilan tingkat pertama.

Tak lama berselang, Merry Utama, kurir narkoba 1,1 heroin yang juga divonis mati di pengadilan tingkat pertama … Selengkapnya

“Kami Temukan Adanya Indikasi Persekongkolan”

Sabtu 23/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dua produsen sepeda motor ternama, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YMMI) dan PT Astra Honda Motor (AHM), diduga kuat melakukan praktik monopoli penjualan sepeda motor skuter matik 110-125 cc.

Dugaan ini dilayangkan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), lembaga yang … Selengkapnya

berita lain

Desain Cantik di Lahan Panjang dan Sempit

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agar tercipta desain dan penataan ruangan yang sedap dipandang, pemilik rumah harus menyesuaikan dengan bentuk lahan. Penataan untuk rumah dengan lahan kotak akan berbeda dengan penataan rumah berbentuk memanjang.

Tantangan dalam mengatur dan menata furnitur di ruangan persegi panjang adalah … Selengkapnya

Teknologi Bajos untuk Tingkatkan Getah Pinus

Kamis 28/7/2016 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketidakseimbangan antara produksi getah pinus dan yang dibutuhkan industri menuntut adanya terobosan cerdas untuk mengatasinya. Dunia industri sangat membutuhkan getah pinus, yang bisa diolah menjadi bahan untuk aneka produk, antara lain gondorukem, terpentin, pewangi lantai, dan parfum.

Kekurangan pasokan … Selengkapnya

Mobil Konsep dan Baru di GIIAS 2016

Rabu 27/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan dihelat pada 11-21 Agustus, Mitsibishi akan menampilkan mobil konsep.

Mobil konsep yang bakal dihadirkan kali ini berasal dari segmen Small Crossover MPV. Mobil konsep ini memadukan ketangguhan sebuah SUV … Selengkapnya