Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 16 2021
iklan koran jakarta

Belum Ada Kemauan Kuat Menekan Impor

Sabtu 16/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Impor komoditas yang besar adalah bawang putih, AC, jeruk mandarin, dan apel segar. » Target substitusi impor 35 persen pada 2022 tak akan terealisasi selama...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

UU Desa Mampu Mendorong Perkembangan Desa

Sabtu 16/1/2021 | 01:10
A   A   A   Pengaturan Font

Samarinda - Asisten I Sekprov Kaltim M Jauhar Efendi mengatakan selama 7 tahun pemberlakukan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), kini banyak desa di Kaltim yang terus mengalami perkembangan.

"Indikatornya antara lain bisa dilihat dari perkembangan Indeks Desa Membangun (IDM) yang kian tahun kian meningkat. Sekarang Kaltim sudah memiliki 11 desa mandiri, 107 desa maju, dan 415 desa berkembang," ujar Jauhar di Samarinda, Jumat.

Perkembangannya desa dari tahun ke tahun ini tentu tidak lepas dari dua aspek yang diberikan pemerintah, yakni dari sisi kewenangan dengan lahirnya UU Desa pada 15 Januari 2014, kemudian dari sisi anggaran yang dialokasikan melalui Dana Desa (DD).

Selain itu, lanjut Jauhar yang mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim ini, perkembangan desa juga tidak lepas dari komitmen Pemprov Kaltim yang turut membangun dari pinggiran.

Salah satu komitmen tersebut adalah Pemprov Kaltim memberikan Bantuan Keuangan (Bankeu) Desa bagi 841 desa se-Kaltim yang nilainya mencapai Rp42,05 miliar, atau masing-masing desa memperoleh Rp50 juta.

Namun demikian, lanjutnya, pembinaan harus terus dilakukan baik oleh Pemprov Kaltim, pemerintah kabupaten, maupun oleh tenaga pendamping, terutama bagi desa-desa yang masih menyandang status desa tertinggal maupun sangat tertinggal.

Selain itu, pembinaan juga perlu terus dilakukan bagi desa yang masih cenderung menggunakan DD untuk pembangunan infrastruktur, bukan lebih mengarah pada pembangunan yang berdampak pada pengembangan ekonomi.

Apalagi tahun ini DD meningkat lagi, yakni setiap desa rata-rata menerima sebesar Rp1,1 miliar, sehingga ia berharap pemerintah desa sesuai dengan kewenangannya, lebih mengarahkan penggunaan anggaran untuk peningkatan ekonomi.

"Tahun ini ada tiga prioritas penggunaan DD, diantaranya untuk menguatkan kerja sama antardesa dan kerja sama desa dengan pihak ketiga, serta pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Melalui prioritas ini diharapkan ekonomi desa lebih meningkat," ucap Jauhar. Ant/N-3

Tampilkan Semua

BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada Kemungkinan Gempa Susulan Sulbar

Sabtu 16/1/2021 | 01:04
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan di Sulawesi Barat. "Masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan...
Selengkapnya

Brimob Kerahkan Pasukan Bantu Pemulihan Pascagempa Sulbar

Sabtu 16/1/2021 | 00:54
A   A   A   Pengaturan Font
Makassar - Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Provinsi Sulawesi Selatan mengerahkan pasukan untuk membantu penanganan pemulihan pascagempa berkekuatan 6,2 magnitudo yang berdampak di dua daerah, Provinsi Sulawesi Barat. "Dua SSK...
Selengkapnya

Belum Ada Kemauan Kuat Menekan Impor

Sabtu 16/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Impor komoditas yang besar adalah bawang putih, AC, jeruk mandarin, dan apel segar. » Target substitusi impor 35 persen pada 2022 tak akan terealisasi selama para mafia impor bergentayangan.   JAKARTA – Badan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Singapura dan Malaysia Tinjau Ulang Penggunaan Vaksin Sinovac

Sabtu 16/1/2021 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Singapura dan Malaysia memutuskan un­tuk meninjau ulang data klinis dan pengunaan vaksin korona yang dikembangkan oleh Sino­vac Biotech Tiongkok. Kepu­tusan itu diambil menyusul hasil efikasi yang diumumkan Brasil pada Selasa (12/1) hanya efektif 50,4 persen mencegah gejala simtomatik.

Hasil itu hampir tidak me­menuhi ambang batas untuk mendapatkan persetujuan re­gulasi, sekaligus turun dari hasil efikasi sebelumnya yang diumumkan Brasil pekan lalu yaitu 78 persen.

Menteri Kesehatan Singa­pura, Gan Kim Yong, pada Rabu (13/1), mengatakan vaksin Sinovac harus melalui pengawasan peraturan dan otorisasi oleh Otoritas Ilmu Ke­sehatan Singapura (HAS) se­belum dapat diberikan kepada publik.

“Kami akan teliti datanya kembali saat datang, daripada bergantung pada angka yang dilaporkan. Lebih baik meng­andalkan data resmi yang kami terima dari Sinovac sendiri,” kata Gan seperti dikutip dari Straits Times.

Gan menjelaskan HAS akan menilai datanya dan komite ahli Covid-19 negara juga akan mengevaluasi apakah vaksin itu cocok untuk vaksinasi di Singapura.

“Kami akan membagikan lebih detail jika sudah terse­dia,” ujarnya.

Sementara itu di Malaysia, di hari yang sama, Rabu (13/1), Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi, Khairy Jamaluddin, mengatakan pihaknya akan melanjutkan pengadaan pa­sokan vaksin Sinovac hanya jika vaksin itu memenuhi stan­dar keamanan dan keman­juran regulator lokal.

Dia men-cuit di Twitter bah­wa Malaysia pertama-tama akan meninjau data klinis Sinovac sebelum memberikan keputusan.

“Jika kami tidak puas de­ngan keamanan dan keman­juran, kami tidak akan melaku­kan pengadaan,” cuitnya.

Sehari sebelumnya, Selasa (12/1), Pharmaniaga Bhd Ma­laysia menandatangani kese­pakatan dengan Sinovac untuk membeli 14 juta dosis vaksin Covid-19 dan kemudian mem­produksinya di dalam negeri.

Selain itu, Malaysia juga se­dang dalam pembicaraan de­ngan produsen vaksin lainnya, yakni CanSino Biologics Tiong­kok dan Institut Gamaleya Rus­sia untuk mengamankan total 23,9 juta dosis vaksin Covid-19.

n SB/AFP/CNN/P-4

Tampilkan Semua

Tiongkok Luncurkan Prototipe Kereta Maglev Supercepat

Sabtu 16/1/2021 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
CHENGDU – Tiongkok te­lah meluncurkan prototipe (purwarupa) lokomotif (kere­ta) dengan teknologi levitasi magnetik (magnetic levita­tion/maglev), di Kota Cheng­du, Tiongkok barat daya, Rabu (13/1). Kereta ini...
Selengkapnya

Tim Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi pada Olimpiade Sains “Internasional Zhautykov Olympiad 2020” di Kazakhstan

Jumat 15/1/2021 | 22:57
A   A   A   Pengaturan Font
ALMATY – Delegasi Indonesia pada Olimpiade Sains International Zhautykov Olympiad (IzhO) Ke-17 berhasil memperoleh prestasi tertinggi dalam ajang tersebut. Delegasi Indonesia yang diwakili Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri...
Selengkapnya

Korut Ungkapkan SLBM Baru dalam Parade Militer

Jumat 15/1/2021 | 22:45
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Korea Utara (Korut) tampaknya telah merilis misil balistik berbasis kapal selam (submarine-launched ballistic missile/SLBM) jenis baru dalam parade militernya baru-baru ini. Kantor Pusat Berita Korea Utara (Korean Central News...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Gibran Bantah Terlibat Kasus Dugaan Korupsi di Kemensos

Senin 21/12/2020 | 15:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membantah adanya informasi bahwa pihaknya terlibat dalam kasus dugaan korupsi bantuan sosial Menteri Sosial Juliari Batubara.

Melalui siaran pers, Jakarta, Senin (21/12), Gibran menekankan bahwa pihaknya tidak pernah ikut campur atau merekomendasikan pengadaan goodie bag dari PT Sritex yang digunakan sebagai wadah paket bansos yang dibagikan Kemensos.

"Tidak benar itu, saya tidak pernah rekomendasikan atau memerintah atau ikut campur dalam urusan bansos, apalagi rekomendasikan goodie bag, tidak pernah. Itu berita tak benar," kata Gibran melalui rilis seperti dikutip dari Antara.

Gibran pun menantang agar semua pihak membuktikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menelusuri kebenaran isu tersebut.

Selain itu, dia juga meminta agar melakukan pengecekan kepada pihak Sritex.

"Nanti silakan di-crosscheck KPK, crosscheck ke Sritex, sepertinya Sritex juga sudah keluarkan statement, jadi itu berita tidak benar dan tidak bisa dibuktikan. Kalau mau korupsi, kenapa kok baru sekarang, tidak dulu-dulu? Tidak, saya tidak pernah seperti itu," ujar Gibran.

Terkait dengan dana kampanye, Gibran pun mempersilakan seluruh pihak untuk memeriksa secara langsung mengingat laporan itu secara terbuka dan transparan.

"Lho 'kan bisa dicek sendiri, bisa dicek semua LHKPN, dana kampanye bisa semua dicek online. Silakan nanti dicek kepada Bu Roro selaku bendahara tim Gibran, kami tak pernah tutup-tutupi," tutur Gibran.bud/E-9

Tampilkan Semua

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia. "Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui...
Selengkapnya

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Ketua OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga Sepanjang 2020

Jumat 15/1/2021 | 20:41
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan stabilitas sektor jasa keuangan terjaga dengan baik sepanjang 2020, meski terdapat tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Wimboh menuturkan hal itu terjadi sebagai hasil dikeluarkannya berbagai kebijakan forward looking dan countercyclical policies yang ditujukan untuk mengurangi volatilitas pasar dan memberikan ruang bagi sektor riil untuk dapat bertahan.

"Kebijakan-kebijakan tersebut sangat efektif sehingga perekonomian domestik secara bertahap terus membaik dan stabilitas sistem keuangan sampai saat ini masih terjaga dengan baik," katanya dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) di Jakarta, Jumat.

Wimboh menyebutkan kebijakan pengendalian volatilitas yang dikeluarkan OJK sejak awal pandemi serta tindakan tegas pengawasan OJK untuk industri pasar modal telah meningkatkan kepercayaan investor.

Hal ini tercermin dengan membaiknya IHSG di atas 6.000 poin pada awal 2021 setelah sebelumnya terpuruk di posisi terendah di 3.937,6 pada 24 Maret 2020.

Menurutnya, penguatan IHSG tidak terlepas dari meningkatnya jumlah investor ritel di pasar modal yang mencapai 3,88 juta investor sedangkan penghimpunan dana melalui penawaran umum mencapai Rp118,7 triliun dengan 53 emiten baru yang merupakan angka tertinggi di ASEAN.

Kemudian untuk industri perbankan, pelambatan aktivitas di sektor riil dan belum penuh beroperasinya korporasi besar membuat kinerja intermediasi perbankan mengalami tekanan dan terkontraksi 2,41 persen (yoy) pada 2020.

Di sisi lain, kredit Bank BUMN masih mampu tumbuh sebesar 0,63 persen, bank pembangunan daerah (BPD) tumbuh 5,22 persen, dan bank syariah tumbuh 9,50 persen.

Untuk sektor UMKM, berbagai kebijakan stimulus yang diberikan oleh OJK dan pemerintah berdampak pada stabilnya pertumbuhan kredit UMKM dan mulai tumbuh positif secara month to month pada beberapa bulan terakhir.

Penempatan dana pemerintah di perbankan sebesar Rp66,7 triliun telah disalurkan sebesar Rp323,8 triliun atau memberikan leverage sebesar 4,8 kali.

Kebijakan restrukturisasi kredit perbankan yang telah diperpanjang hingga akhir Desember telah mencapai Rp971 triliun atau 18 persen dari total kredit yang berasal dari sekitar 7,6 juta debitur UKM dan korporasi.

Ia menjelaskan kebijakan ini menghasilkan profil risiko perbankan yang terkendali dengan rasio NPL gross pada level 3,06 persen, atau net 0,98 persen dan didukung oleh permodalan yang cukup tinggi yaitu CAR sebesar 23,78 persen.

Sejalan dengan itu, likuiditas perbankan masih cukup memadai yaitu ditandai oleh alat likuid perbankan yang terus meningkat mencapai sebesar Rp2.111 triliun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp1.251 triliun serta dana pihak ketiga tumbuh sebesar 11,11 persen (yoy).

Sementara untuk alat likuid per non-core deposit sebesar 146,72 persen dan liquidity coverage ratio sebesar 262,78 persen atau lebih tinggi dari threshold-nya.

Selanjutnya untuk kinerja intermediasi IKNB masih tertekan akibat pandemi COVID-19 karena premi asuransi komersial terkontraksi 7,34 persen (yoy) dibandingkan 2019 sebesar 4,77 persen (yoy).

Untuk piutang perusahaan pembiayaan juga terkontraksi sebesar 17,1 persen (yoy) dibanding pada 2019 sebesar 3,7 persen akibat belum pulihnya berbagai sektor perekonomian.

Untuk kebijakan restrukturisasi kredit di perusahaan pembiayaan mampu berjalan dengan baik yaitu mencapai Rp189,96 triliun atau 48,52 persen dari total pembiayaan yang berasal dari 5 juta kontrak.

"Hal ini telah menjaga profil risiko perusahaan pembiayaan dengan NPF yang masih terkendali sebesar 4,5 persen," ujarnya.

Untuk profil risiko IKNB masih terjaga dalam level yang terkendali yaitu terlihat dari risk-based capital (RBC) industri asuransi jiwa dan asuransi umum yang masing-masing sebesar 540 persen dan 354 persen atau jauh di atas ambang batas ketentuan sebesar 120 persen.

"Begitupun, gearing ratio perusahaan pembiayaan yang tercatat sebesar 2,19 persen yaitu jauh di bawah maksimum 10 persen," katanya.ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Sosialisasi Pemanfaatan EBT Harus Diintensifkan

Jumat 15/1/2021 | 20:12
A   A   A   Pengaturan Font
PURWOKERTO- Peneliti Senior Laboratorium Teknik Sistem Termal dan Energi Terbarukan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ropiudin mengatakan sosialisasi dan promosi secara masif tentang potensi dan pemanfaatan energi terbarukan harus...
Selengkapnya

Karya UMKM Diharapkan Hiasi Ajang Balap MotoGP di Mandalika

Jumat 15/1/2021 | 20:10
A   A   A   Pengaturan Font
MATARAM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta hasil kerajinan tangan yang dihasilkan perajin di Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menghiasi ajang balap bergengsi...
Selengkapnya

Rokan Siap Hidupkan Kembali Lahan Sawit

Jumat 15/1/2021 | 18:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Perusahaan Rokan Bono Malaka (RBM) siap mengaktifkan kembali  lahan-lahan yang sempat terbengkalai. Lahan-lahan tersebut segera ditanami sawit. Sekarang tengah dimatangkan prosesnya, termasuk mengundang investor atau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

5.293 Warga Batam Covid-19

Kamis 14/1/2021 | 18:43
A   A   A   Pengaturan Font

BATAM - Satuan Tugas Covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat tambahan 35 orang positif sehingga totalnya mencapai 5.293 orang terkonfirmasi vrus korona.

Ketua Bidang Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Kota Batam Didi Kusmarjadi, mencatat tambahan 31 orang sembuh dari virus tersebut sehingga totalnya 4.584 orang.

"Sebanyak 137 orang meninggal dan 572 orang dalam perawatan," kata dia. Dari tambahan 35 orang yang positif, 19 di antaranya konfirmasi bergejala dan 16 lainnya konfirmasi tanpa gejala.

Dari penambahan, Satuan Tugas mencatat tingkat kesembuhan sebesar 86,6 persen, tingkat kematian 2,6 persen, dan tingkat kasus aktif 10,8 persen. 

Hingga kini, Satuan Tugas Kota Batam telah memeriksa 22.714 RT PCR. Hasilnya, 17.398 negatif dan 5.293 lainnya positif. Sedangkan 23 sampel lainnya masih dalam proses. Ant/G-1

Tampilkan Semua

Pertamina Bangun Pertshop di Kawasan Wisata Danau Aur

Kamis 14/1/2021 | 17:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi pedesaan, PT Pertamina (Persero) telah mendirikan Pertashop di kawasan Danau Aur, sebuah destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan dan berlokasi di Kabupaten...
Selengkapnya

RS Palangka Raya Penuh

Kamis 14/1/2021 | 16:17
A   A   A   Pengaturan Font
PALANGKA RAYA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya tidak menerima pasien rujukan Covid-19 karena ruangan khusus penanganan virus korona jenis baru itu penuh. "Kondisi RSUD Doris Sylvanus penuh. Ada  112...
Selengkapnya

Kalbar Surplus Beras 57.227 Ton Pada 2020

Selasa 12/1/2021 | 17:50
A   A   A   Pengaturan Font
PONTIANAK-  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Florentinus Anum menyebutkan bahwa pada 2020 Kalbar surplus beras mencapai 57.227 ton."Produksi beras Kalbar periode Januari-Desember 2020...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Yamaha Segarkan Tampilan MX King

Jumat 15/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Yamaha Indonesia mengawali strategi penjualan mereka pada tahun 2021 dengan merilis motor bebek Yamaha MX King dalam versi penyegaran warna.

Tiga warna teranyar motor bebek berjuluk "The King of Street" itu adalah Aggressive Red atau merah agresif yang menyasar konsumen dari kalangan muda dengan berkarakter ingin menjadi pusat perhatian.

Warna kedua adalah Active Blue atau biru yang mengambil inspirasi dari kelir khas Yamaha Racing untuk menyasar konsumen yang menggemari dunia motor sport, dan warna terakhir adalah Sporty Black Yellow untuk konsumen muda yang ingin tampil beda.

"Di bulan pertama tahun 2021 ini, kami memperkenalkannya untuk konsumen yang ingin memiliki MX King 150 warna baru di tahun yang baru, agar lebih sporty dan fresh dengan beragam pilihan warna terbaik,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran pers, Kamis (14/1) seperti dikutip dari Antara.

Yamaha menyebut desain MX King 150 Sporty Black Yellow dan Aggressive Red menggunakan desain agresif sporty yang ditunjukkan melalui perpaduan striping yang tajam, downforce line angle dan grafis asymetrical. Kombinasi itu diklaim memberikan tampilan yang kian gagah dan kental gaya sporty.

MX King 150 warna baru sebagai pesaing Honda Supra GTR 150, dipasarkan dengan harga Rp24.075.000 berstatus on the road Jakarta.bud/E-9

Tampilkan Semua

Budi Luhur dan LIPI Kolaborasi Melahirkan Motor Listrik Bergaya Sporty

Kamis 14/1/2021 | 18:19
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Universitas Budi Luhur yang melakukan kolaborasi bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage lahirkan motor Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bergaya sport yang 100...
Selengkapnya

Honda Jazz Modifikasi Dipajang di Pameran Virtual Tokyo Motorshow

Kamis 14/1/2021 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Honda akan memajang mobil modifikasi Honda FIT (dikenal dengan nama Jazz) e:HEV Crosstar dan Honda N-VAN "open café" pada pameran virtual Auto Salon 2021 yang berlangsung Jumat (15/1) besok di Jepang.Melalui keterangan...
Selengkapnya

Pangsa Pasar Daihatsu di 2020 Capai 17,3 Persen

Kamis 14/1/2021 | 17:42
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen otomotif PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa performa penjualannya di tahun 2020 terbilang baik, dengan adanya kenaikan pangsa pasar (market share) sebesar 0,3 persen menjadi 17,3 persen di akhir tahun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Cloudera Perkirakan Trend Teknologi Asia Pasifik Masih Berbasis Data

Kamis 14/1/2021 | 17:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Perusahaan penyedia platform data cloud, Cloudera, memperkirakan trend teknologi tahun ini, khususnya di Asia Pasifik, masih digerakkan oleh data.

SE Lead Cloudera Indonesia, Fajar Muharandy, pada jumpa pers virtual, Kamis (14/1), menyampaikan ada empat tren yang akan mempengaruhi strategi data perusahaan di Asia Pasifik.

Tren pertama, adopsi 5G di Asia Pasifik diyakini bisa menimbulkan gelombang tsunami data yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Teknologi ini akan menandakan gelombang digitalisasi berikutnya," kata Fajar seperti dikutip dari Antara.

Teknologi 5G diperkirakan berdampak pada strategi data perusahaan karena menjanjikan konektivitas besar-besaran untuk penggunaan internet of things (IoT).

Kedua, akan ada lebih banyak orang yang bisa mengakses teknologi machine learning. Perusahaan di Asia Pasifik diprediksi akan semakin banyak yang mengadopsi teknologi ini untuk menjawab tantangan di dunia digital.

Selama ini, hanya divisi tertentu yang berwenang mengakses data sebuah perusahaan, misalnya tim TIK. Seiring dengan meluasnya penggunaan machine learning, divisi lain juga akan tertarik untuk mengakses data demi meningkatkan kinerja mereka.

Tren ketiga, pengelolaan data secara hybrid diperkirakan semakin terkenal tahun ini. Hybrid cloud, perpaduan platform millik sendiri, cloud privat dan cloud publik, akan semakin banyak digunakan di infrastruktur perusahaan.

Teknologi hybrid cloud juga diperkirakan akan semakin banyak digunakan di Indonesia tahun ini.

Bahkan, Cloudera menemukan adanya permintaan menggunakan platform on-premise, namun, memiliki pengalaman layaknya di cloud.

"Manajemen pengelolaan data, mana data yang perlu ditaruh di cloud. Dalam lingkungan hybrid, pengelolaan data ini penting," kata Fajar.

Perusahaan yang tidak mengelola data dengan baik akan rentan menjadi target serangan siber. Perusahaan juga bisa kesulitan untuk mematuhi regulasi soal perlindungan data dan kewajiban mengenal pelanggan, know your customer.

Tren keempat berkaitan dengan persoalan etika di kecerdasan buatan, artificial intelligence (AI). Semakin banyak AI figunakan, semakin banyak pula risiko reputasi, regulasi dan hukum.

Masalah etis AI muncul ketika semakin luas pengumpulan, analisis dan penggunaan data. Pembahasan etika AI saat ini seputar anonimisasi data.

Menurut Cloudera Indonesia, etika pada AI ini merupakan salah satu pembahasan yang kompleks dan diharapkan praktiknya tidak melanggar etika.bud/E-9

Tampilkan Semua

Acer Luncurkan Laptop Konvertibel Berbasis Chromebook

Rabu 13/1/2021 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen komputer Acer akhirnya meluncurkan laptop konvertibel berbasis Chromebook dengan Prosesor AMD Ryzen Mobile dan Grafis AMD Radeon untuk masyarakat di Indonesia.Laptop berjuluk Chromebook Spin 514 tersebut menurut General...
Selengkapnya

iPhone 13 akan bawa peningkatan kamera?

Minggu 10/1/2021 | 15:14
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Bocoran tentang seri iPhone 13 muncul dari blog Jepang MacOtakara yang membeberkan beberapa informasi menarik tentang flagship generasi berikutnya dari Apple. Dikutip dari Phone Arena, Minggu (10/1), seri iPhone 12 menawarkan...
Selengkapnya

Transformasi Digital di Asia Tenggara Sangat Rawan Serangan Siber

Rabu 6/1/2021 | 18:48
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Transformasi digital di wilayah Asia Tenggara, yang terjadi akibat pandemi virus corona, diperkirakan akan tetap berlangsung tahun ini, namun, rawan serangan siber.Perusahaan yang bergerak di keamanan siber, Kaspersky, melihat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Surya Internusa Group Luncurkan Subang Smartpolitan

Selasa 22/12/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah sukses mengembangkan kawasan industri Suryacipta City of Industry di Karawang, Surya Internusa Group (SSIA) melalui anak usahanya, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) telah meluncurkan pembangunan kawasan kota mandiri masa depan yang berkonsep smart & sustainable city bertajuk “Subang Smartpolitan”. 
 
Subang Smartpolitan yang berada di kawasan Rebana Metropolitan ini telah menjadi incaran para pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan mengembangkan usahanya di Indonesia khususnya di koridor timur Jawa Barat.
 
Presiden Direktur Surya Internusa Group, Johannes Suriadjadja, mengatakan Subang Smartpolitan a city made from future dengan konsep smart & sustainable. Kita bangun kota mandiri berkualitas yang selaras dengan visi perusahaan yakni Building a Better Indonesia. Subang Smartpolitan akan menjadi kota modern penuh kreatifitas yang memberikan kontribusi bukan hanya pada kota Subang tetapi juga untuk Indonesia.
 
“Subang Smartpolitan menyediakan infrastruktur berbasis IoT dimana perencanaannya mengedepankan teknologi dan sistem perkotaan yang efisien dan terintegrasi, sehingga Subang Smartpolitan bisa menjadi contoh ideal bagi pengembangan kota mandiri selanjutnya di Indonesia,” kata Johannes dalam keterangan tertulisnya.  
 
Sedangkan, VP Sales & Marketing, Abednego Purnomo menjelaskan definisi “sustainable” pada konsep smart & sustainable kami tidak hanya berkiblat kepada ramah lingkungan, namun “sustainable” disini juga diartikan bahwa setiap investasi/bisnis yang dilakukan di Subang Smartpolitan berjalan berkesinambungan.
 
“Pengalaman kami selama 31 tahun di Suryacipta City of Industry di Karawang telah kami tingkatkan dengan mengadopsi teknologi terkini guna mengedepankan efisiensi dan efektifitas dalam berinvestasi. Sebagai contoh dimana nantinya investor dapat memonitor dan mengontrol operational di Subang Smartpolitan dari kantor mereka di Jakarta, atau bahkan dari kantor pusat mereka di negara asal,” katanya.
 
Abednego juga mengatakan bahwa Subang Smartpolitan juga menerapkan konsep ramah lingkungan (green technology) seperti pengolahan limbah cair Waste Water Treatment Plant (WWTP) yang dimonitor secara  ketat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktifitas industri di Subang Smartpolitan. 
 
“Untuk limbah cair akan diolah di WWTP hingga limbah yang dikembalikan ke alam sudah dipastikan aman. Untuk limbah padat atau limbah B3 (mengandung zat beracun/berbahaya) akan diserahkan pada pengelola limbah terakreditasi dan bersertifikat, sedangkan limbah rumah tangga akan diangkut oleh petugas kebersihan,” katanya. 
 
Sementara itu, VP Investor Relations & Corporate Communications SSIA, Erlin Budiman, mengatakan Subang Smartpolitan berdiri di atas lahan 2,700 Ha dengan pengembangan tahap pertama 400 Ha termasuk kawasan industri, residensial serta komersial (pendidikan, rumah sakit dan hotel) sehingga menjadikan kawasan ini sebagai cikal bakal kota mandiri masa depan yang tepat untuk aktivitas bekerja, tinggal, belajar serta hiburan.
 
“Ada 2 rumah sakit yang sedang dalam tahap penjajakan, selain itu juga akan dibangun shopping mall, factory outlet, fasilitas hiburan dan olahraga. Dalam kawasan juga akan terdapat danau dan suasana asri dari pepohonan dan taman yang menambah nyaman suasana. Semua kita rencanakan secara matang dan ditargetkan pembangunan tahap pertama rampung dalam 5 tahun” katanya.
 
Seperti yang diketahui bahwa Subang Smartpolitan merupakan pelopor di Rebana Metropolitan, yang memiliki akses langsung melalui tol Cipali, Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, serta kereta cepat yang bisa dijangkau dengan mudah dari Jakarta. Pembangunan akses tol dari KM 89 Cipali menuju kawasan Subang Smartpolitan yang juga membuka akses langsung ke Pelabuhan Patimban akan dirampungkan pada tahun 2024.
 
Sejumlah investor dari berbagai industri sudah menyatakan tertarik mengembangkan bisnis di Subang Smartpolitan. Ditargetkan di kawasan tersebut akan hadir perusahaan dari sektor otomotif, consumer goods, pharma & medical equipment, high precision industries, IT, data services, logistic, warehouse dan sebagainya. “Berkaca dari pengalaman di Suryacipta City of Industry, perusahaan yang mengisi kawasan industri kami 70% dari perusahaan multinasional dan sisanya perusahaan nasional,” tutup Erlin.  mza
Tampilkan Semua

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE...
Selengkapnya

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Jonatan Christie Takluk Ditangan Axelsen Dalam Perempat Final Thailand Open

Jumat 15/1/2021 | 20:46
A   A   A   Pengaturan Font

Bangkok-Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal melanjutkan perjuangan di Yonex Thailand Open karena dihentikan wakil Denmark Viktor Axelsen pada babak perempat final di Impact Arena, Bangkok, Jumat.

Dalam laga yang berlangsung 40 menit itu, unggulan keenam tunggal putra ini dihabisi dua gim langsung oleh unggulan keempat Axelsen dengan 14-21, 5-21.

Dari total enam pertemuan dengan juara All England 2020 itu, kekalahan ini menjadi yang keempat kalinya bagi Jonatan.

Hasil ini membuat Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia  pada semifinal yang dilangsungkan esok Sabtu.



Jonatan membuka gim pertama dengan unggul terlebih dahulu sebelum diimbangi 3-3 oleh Axelsen. Sempat kembali memimpin mendekati interval, namun Axelsen ganti memegang keunggulan untuk menutup paruh pertama dengan skor 11-9.

Selepas jeda, Jonatan kesusahan mematikan bola lawan dan tak mampu mengejar ketertinggalan.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu hanya mampu bertahan pada angka 14. Axelsen memegang kendali sisa pertandingan untuk kemudian memungkas gim pertama dengan skor 21-14.

Memasuki gim kedua, penampilan wakil Indonesia ini tak kunjung membaik. Pemain yang akrab disapa Jojo itu tak mampu memberikan perlawanan sehingga membuat langsung tertinggal 0-5.

Selepas interval, selisih poin antara kedua pemain semakin jauh. Skor 4-13 sudah tak mampu disalip oleh Jonatan. Dia hanya menambah satu poin sebelum  gim kedua ini pun kembali dimenangkan oleh Axelsen dengan 21-5.ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Praveen/Melati Siap Hadapi Semifinal Thailand Open

Jumat 15/1/2021 | 20:37
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Ganda campuran andalan Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mengaku banyak melakukan evaluasi demi meningkatkan performanya pada semifinal Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Sabtu (16/1). Pada...
Selengkapnya

Pierre Cherpin Meninggal Usai Kecelakaan di Reli Dakar

Jumat 15/1/2021 | 20:34
A   A   A   Pengaturan Font
JEDDAH - Pebalap sepeda motor Prancis Pierre Cherpin meninggal dunia lima hari setelah mengalami kecelakaan pada etape ketujuh Reli Dakar, kata penyelenggara reli, Jumat (15/1). Pebalap amatir berusia 52 tahun yang ambil bagian tanpa...
Selengkapnya

Ahsan/Hendra Tersingkir di Perempat Final Thailand Open

Jumat 15/1/2021 | 20:25
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal melaju ke semifinal Thailand Open setelah disingkirkan pasangan Korea Selatan Choi SolGyu/Seo Seung Jae pada babak perempatfinal di Impact Arena, Bangkok, Jumat (15/1). Pasangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

.Pemakzulan Trump

Jumat 15/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Trump bisa melakukan hal yang lebih dari ini jika tidak dikendalikan, dan pemakzulan adalah satu-satunya cara untuk mengendalikannya.

Mayoritas anggota parlemen (DPR) Amerika Serikat (AS) menyetujui usulan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump. Dalam pemungutan suara, Rabu (13/1) itu, sebanyak 232 anggota setuju pemakzulan, mengalahkan pihak yang menolak yakni 197 suara.

Sepuluh perwakilan Partai Republik membelot dengan menyetujui pemakzulan yang diajukan Partai Demokrat itu.Dengan demikian, Trump menjadi Presiden AS pertama yang dua kali ingin dimakzulkan oleh parlemen. Sebelumnya, pemakzulan pernah dialami Trump pada awal 2020 lalu.

Sejauh ini tidak ada presiden AS yang dilengserkan melalui pemakzulan. Bill Clinton pada 1998 dan Andrew Johnson pada 1868 juga sempat dimakzulkan oleh DPR, tetapi kemudian dibebaskan oleh Senat.

Usai DPR sepakat pemakzulan, proses berikutnya dibawa ke Senat. Nanti, Senat bersidang untuk mengusut dugaan pelanggaran tingkat tinggi yang dilakukan Trump.

Usulan pemakzulan ini tak lepas dari kericuhan di Gedung Capitol Hill pada pekan lalu. Massa pendukung Trump yang tak puas dengan hasil Pilpres menyerbu gedung tersebut. Tak sedikit anggota parlemen yang terancam keselamatannya akibat tindakan kekerasan para ­demonstran. Enam orang tewas, puluhan orang lalu ditangkap dan segera disidangkan.

Partai Demokrat menuding kericuhan terjadi akibat pidato Trump sehari sebelumnya. Demokrat menilai pidato Trump itu provokatif dan menyulut emosi pendukungnya hingga berani membuat kericuhan di Gedung Capitol.

Proses pemakzulan digulirkan saat masa jabatan Trump hanya tinggal menghitung hari sebelum presiden terpilih, Joe Biden, dilantik menjadi Presiden AS ke-46 pada 20 Januari nanti.

Upaya DPR AS melanjutkan pencopotan Trump itu sesungguh untuk menyelamatkan muka AS sebagai ikon ­demokrasi di mata dunia. Dunia sekarang menganggap AS bukan lagi contoh demokrasi yang baik pascakerusuhan di Gedung Capitol itu. Selama kepemimpinan Trump ini terlihat sekali banyak konflik horizontal, konflik antara partai, dan konflik AS dengan negara lain.

Parlemen dan Kongres AS menyadari meski tinggal ­enam hari lagi jabatan Trump, banyak hal yang bisa dilakukan Trump yang akan semakin merugikan AS.

Trump bisa saja membuat pernyataan sembarangan ­yang dapat semakin mempermalukan negara adidaya itu, menyulut konflik horizontal di dalam negeri, hingga mengkritik negara lain yang bisa berdampak terhadap politik ­luar negeri dalam jangka panjang.

Trump bisa melakukan hal yang lebih dari ini jika tidak dikendalikan, dan pemakzulan adalah satu-satunya cara untuk mengendalikannya.

Upaya pemakzulan Trump kali ini juga menjadi ujian tersendiri bagi Partai Republik. Publik akan melihat apakah mereka tetap setia kepada partai, Trump, atau negara.

Jika Partai Republik tidak menunjukkan sikap tegas dalam pemakzulan Trump, ini akan menjadi preseden buruk bagi partai ke depan.

Masyarakat AS akan mencap mereka lebih loyal kepada partai dari pada bangsa. Sepuluh anggota Republik yang membelot itu sadar sekali tentang risiko itu. n

Tampilkan Semua

Kredit Bermasalah Properti

Kamis 14/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Situasi sulit ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran bagi pengembang untuk tidak jor-joran dalam mengembangkan bisnisnya. Pembangunan gila-gilaan proyek properti di berbagai wilayah di Indonesia sudah lama diprediksi ­akan menjadi...
Selengkapnya

Jeritan Petani Kedelai

Rabu 13/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tanpa ada keberpihakan pemerintah pada mereka, jangan harap persoalan kedelai ini akan selesai. Yang diuntungkan hanya importir dan spekulan. Petani kedelai selamanya akan menderita. Saat membuka rapat kerja nasional pembangunan...
Selengkapnya

Vaksin CoronaVac Siap Disuntikkan

Selasa 12/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Vaksin CoronaVac produksi Sinovac ini merupakan satu dari total 7 vaksin yang bakal digunakan di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Inovasi Teknologi Ponsel Unggulan Terbaru

Jumat 15/1/2021 | 20:16
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Diluncurkannya ponsel unggulan (flagship) bisa menjadi panduan teknologi ponsel yang akan berkembang tahun ini. Biasanya teknologi pada ponsel akan diadopsi pada seri-seri di bawahnya.

Melanjutkan seri Galaxy S20, Samsung meluncurkan seri S terbaru yaitu melalui varian tertinggi yaitu Galaxy S21 Ultra. Ponsel yang dirancang mendukung produktivitas penggunanya ini menawarkan beberapa inovasi menarik.

 “Samsung senantiasa menggerakkan inovasi yang penuh arti demi memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada orang-orang yang ingin memperkaya dan memberdayakan hidup mereka untuk mengekspresikan diri,” kata President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh melalui siaran pers Jumat (15/1)

Inovasi tersebut berupa desain yang menawan, kemampuan kamera yang ditingkatkan, dan konektivitas 5G, layar yang semakin mulus dan masih banyak lagi.

Pada desain ponsel ini menampilkan rumah kamera Contour Cut yang menonjol namun menyatu dengan mulus dengan bingkai logam, dengan pilihan warna Phantom Black dan Phantom Silver. Untuk warna eksklusif tersedia pilihan Phantom Titanium, Phantom Navy, dan Phantom Brown.

Galaxy S21 Ultra hadir dengan sistem kamera pro-grade dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Empat kameranya berupa ultra-wide, wide dan dual tele-lens dengan kamera utama dilengkapi sensor pro 108 MP yang ditingkatkan. Pengguna dapat mengambil foto HDR 12-bit dengan color data 64 kali lebih kaya serta dynamic range yang lebih dari tiga kali lebih besar dan bisa memotret gambar 4K pada 60fps.

Konektivitasnya 5G yang cepat didukung Wi-Fi 6E untuk bandwidth yang lebih banyak dan koneksi internet yang empat kali lebih cepat. Teknologi jaringan  hyper-fast, ultra-low latency membuat ponsel mampu melakukan unduhan kilat, konferensi dan streaming video yang mulus.

 “Berkat kemampuan Ultra-wideband (UWB) yang tertanam di Galaxy S21 Ultra dan S21 +, Anda akan segera dapat menggunakan perangkat Galaxy S21 untuk membuka kunci pintu mobil secara otomatis tanpa perlu mengeluarkan kunci anda,” ujar TM Roh.

SmartThings di Android Auto, berguna untuk mengontrol perangkat-perangkat pintar di rumah, dimulai dari mobil melalui aplikasi Android Auto. Pengguna bisa menyalakan lampu beranda atau bahkan menyalakan AC sebelum pengguna sampai di rumah.

Galaxy S21 Ultra ditenagai  Exynos 2100 5G, untuk komputasi canggih, dan hemat energi. Saat baterai hampir habis, pengisian daya hingga 50 persen hanya perlu waktu 30 menit.

Layarnya memakai teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran layar 6,8 inci. Dengan refresh rate antara 10 Hz hingga 120 Hz yang ponsel otomatis menyesuaikan untuk mendapatkan gambar terbaik. Dibandingkan dengan Galaxy S20, S21 Ultra menawarkan gambar 25 persen lebih terang dengan kecerahan puncak 1.500nits cocok untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Hay/G-1

 

Tampilkan Semua

India Tuntut WhatsApp Terkait Data

Jumat 15/1/2021 | 16:56
A   A   A   Pengaturan Font
NEW DELHI - Platform perpesanan milik Facebook, WhatsApp, menghadapi tantangan hukum dengan diajukannya sebuah petisi di pengadilan India, Kamis (14/1). India menyatakan bahwa kebijakan WhatsApp yang diperbarui mengancam privasi...
Selengkapnya

Wapres AS: Semua Wanita Bisa Melakukan Apa pun

Jumat 15/1/2021 | 13:36
A   A   A   Pengaturan Font
Ada yang menarik dalam tampilan Vogue. Untuk edisi Februari, Wakil Presiden Amerika, Kamala Harris, menjadi sampul sebagaimana dikutip hollywood.com. Laman ini menulis, “Selamat datang di Good in the Wood Wednesday, tempat kami...
Selengkapnya

Sherina: Tolong Beri Contoh yang Baik

Jumat 15/1/2021 | 13:33
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia sudah mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19. Tidak banyak yang dipilih untuk divaksin pertama. Maka termasuk orang istimewa kalau mendapat kesempatan pertama. Selain Presiden, para pejabat, ada juga selebritas seperti Raffi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

SAR Yontaifib Gunakan ROV Cari CVR Sriwijaya Air

Jumat 15/1/2021 | 23:58
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Tim pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR) Batalyon Intai Ambfibi (Yontaifib) Mainir I menggunakan alat yang dioperasikan dari jarak jauh (remotely operated vehicle/ROV) untuk mencari serpihan dan perekam pembicaraan pilot di kokpit (cockpit voice recorder/CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu.

"ROV merupakan robot bawah air atau drone bawah air yang dioperasikan dengan menggunakan pengontrol dengan kedalaman 305 meter dan kecepatan 2,5 knot yang dilengkapi dengan kamera dengan kualitas 4K," jelas Komandan Yontaifib I Marinir, Mohammad Abdilah di Perairan Kepulauan Seribu, Jumat (15/1).

Pencarian di hari ketujuh ini dibantu ROV untuk melihat apakah ada obyek di bawah dengan harapan serpihan pesawat atau CVR bisa terlihat.

Selain itu, pencarian dilakukan di atas permukaan air dengan menerjunkan delapan penyelam. Abdilah menjelaskan kedalaman laut di lokasi penyelaman diperkirakan 15 - 20 meter. Namun, bukan menjadikan pencarian menjadi lebih mudah.

Hingga hari ketujuh operasi, komponen rekaman percakapan pilot dengan co-pilot atau CVR itu belum juga ditemukan.

Sebelumnya, pada Selasa (12/1) petang, salah satu bagian dari kotak hitam yakni Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan telah ditemukan tim penyelam dari TNI Angkatan Laut (AL).

Basarnas memperpanjang masa pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu hingga 18 Januari 2021. ant/P-5

Tampilkan Semua

10 Bupati/Walikota Raih Anugerah Kebudayaan PWI

Jumat 15/1/2021 | 23:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat telah menetapkan 10 nama Bupati/ Wali Kota yang terpilih untuk meraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 pada acara puncak Hari Pers Nasional 2021 di Jakarta, Selasa (9/2). Ketua...
Selengkapnya

34 Persen di DKI Jakarta Dialokasikan untuk COVID-19

Jumat 15/1/2021 | 23:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA -  Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan saat ini di Jakarta, 34 persen dari kapasitas total seluruh rumah sakit (RS) di DKI Jakarta sudah dialokasikan untuk pasien Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). ...
Selengkapnya

.926 Pelanggar Masker Ditindak

Jumat 15/1/2021 | 23:49
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta hingga saat ini telah menindak ribuan pelanggaran, termasuk 1.926 pelanggar masker, menyusul Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai arahan Pemberlakuan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Jam Tangan Siang dan Malam Pertama Di Dunia

Sabtu 16/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Desian jam tangan selalu membuat kejutan yang tak henti-hentinya dari kerajinan mereka, tidak diragukan lagi telah memikat para pembuat jam tangan untuk mereka lebih banyak alasan untuk mendorong batas mereka untuk menciptakan arloji berikutnya yang menarik minat sambil menghadirkan fungsionalitas baru ke pergelangan tangan kolektor.

Banyak jam tangan dicirikan oleh desain statisnya yang akan menampilkan waktu dengan beberapa fitur tambahan sedikit demi sedikit, sehingga jam tangan 'HYPERION' telah dirancang untuk mengubahnya secara drastis.

Untuk menghadirkan kesegaran pada industri jam tangan, salah satu pendekatan adalah dengan merepresentasikan elemen visual secara artistik dalam kombinasi dengan estetika desain yang seimbang yang menjadikan olahraga sebagai jam tangan setiap hari sejak membelinya.

Mungkin, inilah saatnya untuk membuat gerakan itu dan memperindah pergelangan tangan dengan jam tangan yang merupakan salah satu dari jenisnya, mengalir dengan keseimbangan harmonis antara desain dan gaya yang berani yang selalu diperhatikan siapa pun.

Melansir laman Trendhunter.com, gagasan dari Jam Tangan Stefano Braga yang berbasis di Tramelan (sebuah kota kecil di kanton Bernese di Swiss) jam tangan HYPERION yang dirancang secara artistik dengan bodi DLC baja tahan karat mewakili paduan sempurna dari tarian surgawi, karena masing-masing indikator fase bulan dan fase matahari yang menakjubkan menutupi setengah dari dial 40mm.

Arloji ini dilengkapi dengan dial yang perlahan-lahan akan bertransisi sepanjang hari antara pemandangan matahari dan bulan. Ini akan membantu menonjolkan pengalaman melihat aksesori pada saat itu dengan sempurna dan membuatnya tampak sangat berbeda sepanjang hari.

Jam tangan 'HYPERION' semakin ditingkatkan dengan serangkaian pilihan dial metalik yang akan menambahkan sentuhan kustomisasi dan kepribadian tambahan. Jam tangan juga diimbangi dengan berbagai tali yang hadir dalam berbagai pilihan.

Ide untuk menampilkan benda langit itu unik karena perancangnya memadukan cita rasa terbaik pembuatan jam Swiss sambil mencerminkan keseimbangan estetika dari transisi yang mulus dari siang ke malam.

Jam tangan hybrid tahan air 3 ATM dilengkapi dengan sempurna oleh Ronda 505.24 yang presisi (dengan modifikasi SBW-05 internal) mesin jam Swiss dan pabrikan kulit Italia yang memberikan daya tarik tersendiri pada jam tangan ini. Hyperion adalah satu-satunya jam tangan di dunia yang memiliki setengah pelat jam dengan detail Matahari dan Bulan yang menandai fase hari, menjadikannya sangat langka.

Menurut Stefano Braga, setiap hari adalah kematian kecil dan kelahiran, untuk merepresentasikan kompleksitas ini dengan sempurna, mereka telah membuat jam tangan dengan bentuk Ying Yang yang meruntuhkan penghalang keragaman budaya sebagaimana orang Jepang menyebutnya “Ying Yang", Dan orang Yunani suka menyebutnya "Nemesis".

Idenya adalah untuk mewakili keseimbangan alam semesta dan hukum yang mengaturnya, membuat jam tangan ini kontemporer namun tertanam dengan kompleksitas perhitungan matematis, membentuk harmoni antara desain yang seimbang dan fungsionalitas yang bergaya. HYPERION juga beresonansi dengan keseimbangan rumit namun rumit antara Matahari, Bulan, Siang, dan Malam yang membuat tetap membumi setiap saat memberikan kesan motif inti dalam menciptakan jam tangan abadi ini.

Pilihan warna dial yang jelas dalam pilihan warna putih, hitam, hijau, oranye, merah, abu-abu, teal, dan lainnya benar-benar diimbangi oleh banyaknya pilihan tali yang datang dalam pilihan kulit premium buatan tangan Barbour atau suede klasik lagi-lagi dalam warna yang disukai.

Sungguh HYPERION telah berhasil mencapai integritas desain yang sempurna dengan estetika berani yang seimbang. Seperti yang Dylan Thomas nyatakan, 'Jangan bersikap lembut pada malam yang baik itu' - dengan setengah dial Siang & Malam yang belum pernah terlihat sebelumnya, Anda akan menjadi pusat perhatian ke mana pun Anda masuk dengan jam tangan ini di pergelangan tangan. arn

Tampilkan Semua

Jam Tangan Rado Terbuat dari Keramik

Sabtu 16/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ingat arloji saku tua dengan rumah pelindung untuk melindungi dial dan mekanisme kerja bagian dalam, kini telah berevolusi cukup jauh dari faktor bentuk jam tangan yang paling awal - berakhir dengan desain jam tangan yang keterlaluan...
Selengkapnya

Desain Jam Tangan Ramping dan Casing Transparan

Sabtu 16/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ada berbagai jam tangan yang unik dan sudah tercipta dari jam tangan persegi dari keramik, jam dansa yang disinkronkan, dan bahkan jam tangan dengan dunia mimpi cyberpunk yang terbungkus dalam kubah kaca. Mungkin ada banyak desain jam...
Selengkapnya

Sepeda Motor Listrik Multi-Posisi 'Kaishi' Mudah Digunakan

Jumat 15/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Belajar mengendarai sepeda motor bisa jadi sulit bagi sebagian orang, terutama ketika mereka tidak tahu cara menyeimbangkan diri. Kaishi adalah sebuah konsep sepeda motor listrik multi-posisi untuk membantu pengendara pemula untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Efek Samping yang Ditimbulkan Nyeri, Iritasi, Kemerahan, dan Demam

Rabu 13/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia telah memasuki bulan ke-10 masa pandemi Covid-19. Pemerintah terus berupaya untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah program vaksinasi Covid-19.

 

Vaksin diharapkan menjadi penentu dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini. Kendati begitu, meski oto­ritas kesehatan di Indonesia sudah memastikan vaksin aman, masih ada masyarakat yang meragukan bahkan menolak vaksinasi. Hal ini tentu dapat menghambat pena­nganan Covid-19.

Untuk mengupas terkait per­kembangan vaksin, Koran Ja­karta mewawancarai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), Penny K. Lukito. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa Anda jelaskan terkait emergency use authorization (EUA) dalam penerbitan izin vaksin?

Emergency use authorization (EUA) atau persetujuan penggu­naan dalam kondisi darurat untuk vaksin Covid-19 merupakan ke­bijakan yang kami ambil dengan memperhatikan kondisi kedaru­ratan dan merespons kebutuhan percepatan penanganan Covid-19. Semua otoritas regulatori obat di seluruh dunia untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini juga mene­rapkan EUA.

Apa saja yang menentukan pe­nerapan EUA ini?

Secara internasional, kebijakan EUA ini selaras dengan panduan WHO, yang menyebutkan bah­wa EUA dapat ditetapkan dengan beberapa kriteria. Pertama, telah ditetapkan keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat oleh pemerintah. Kedua, terdapat cukup bukti ilmiah terkait aspek keamanan dan khasiat dari obat (termasuk vaksin) untuk mencegah, mendiagnosis, atau mengobati penya­kit/keadaan yang serius dan mengan­cam jiwa berdasarkan data non-klinik, klinik, dan pedoman penatalaksa­naan penyakit terkait.

Kriteria ketiga, obat (termasuk vaksin) memiliki mutu yang me­menuhi standar yang berlaku serta dan Cara Pembuatan Obat yang Baik. Keempat, memiliki kemanfaatan lebih besar dari risiko (risk-benefit analy­sis) didasarkan pada kajian data non-klinik dan klinik obat untuk indikasi yang diajukan, dan terakhir belum ada alternatif pengobatan/penatalaksanaan yang memadai dan disetu­jui untuk diagnosa, pencegahan atau pengobatan pe­nyakit penyebab kondisi kedaru­ratan kesehatan masyarakat.

Bisa Anda jelaskan terkait proses dari uji klinis fase 3 vaksin Sinovac?

Hasil evaluasi uji klinis fase 3 di Indonesia, Turki, dan Brasil menunjukkan vaksin Sinovac aman. Kejadian efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, indurasi (iritasi), kemerahan, dan pembengkakan. Selain itu terdapat efek samping sistemik berupa myalgia (nyeri otot), fatigue, dan demam.

Apakah vaksin ini benar-be­nar mampu memberi kekebalan untuk mencegah Covid-19?

Vaksin Sinovac telah menunjuk­kan kemampuan dalam pemben­tukan antibodi di dalam tubuh dan juga kemampuan antibodi dalam membunuh atau menetralkan virus atau imunogenisitas. Ini diihat dari mulai uji klinik fase 1 dan 2 di Tiongkok dengan periode peman­tauan sampai enam bulan.

Pada uji klinik fase 3 di Ban­dung, data imunogenisitas menun­jukkan hasil yang baik. Sampai tiga bulan jumlah subjek yang memiliki antibodi masih tinggi yaitu sebesar 99,23 persen.

Hasil efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen apa sudah sesuai?

Memang untuk hasil analisis efikasi dari uji klinik di Bandung menunjukkan efikasi vaksin sebe­sar 65,3 persen. Tapi, hasil tersebut telah memenuhi persyaratan WHO dengan minimal efikasi vaksin adalah 50 persen. Efikasi vaksin sebesar 65,3 persen dari hasil uji klinik di Bandung tersebut me­nunjukkan harapan bahwa vaksin ini mampu untuk menurunkan kejadian penyakit Covid-19 hingga 65,3 persen.

n muhamad ma’rup/P-4

Tampilkan Semua

Tahun 2021 Kemendikbud Tetap Fokus pada Transformasi Pendidikan

Selasa 12/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pendidikan merupakan sektor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan berbagai seri kebijakan Merdeka Belajar sebagai upaya peningkatan...
Selengkapnya

Vaksin Sinovac Tidak Mengandung Bahan-bahan yang Berbahaya

Jumat 8/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah akan menggelar program vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021. Adapun produk vaksin yang disuntikkan yaitu vaksin produksi Sinovac (CoronaVac), dari Tiongkok.   Saat ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) masih...
Selengkapnya

Banyak Peserta Lulus SNMPTN Malah Mengambil Sekolah Kedinasan

Kamis 7/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) 2021 jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Vaksinasi Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Sabtu 9/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pandemi Covid-19 boleh dibilang justru memasuki babak baru. Angka kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa mutasi dari virus Sars-Covid-2 kini telah menjadi ancaman baru, mengingat daya penularannya yang jauh lebih cepat. Varian baru yang muncul pertama di Inggris itu kini telah merebak kawasan Eropa dan sudah pasti menjadi ancaman besar bagi Indonesia.

Penanganan untuk mence­gah lonjakan kasus positif terus diupayakan oleh pemerintah. Awal tahun 2021 ini, setiap negara termasuk Indonesia, kembali memperketat mobilitas penduduk. Di Indonesia, mulai 11 Januari 2021 pemerintah telah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk menekan laju pe­ningkatan kasus Covid-19.

Di sisi lain, penanganan Co­vid-19 memasuki tahap vaksinasi. Indonesia sendiri sudah men­datangkan vaksin produksi Sinovac (CoronaVac). Rencananya, vaksin­asi digelar pada 13 Januari 2020 dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi orang pertama proses vaksinasi Covid-19.

Sektor kesehatan tentu meme­gang peran yang sangat vital dalam penanganan pandemi Covid-19. Pemerintah juga telah menunjuk sosok baru untuk memimpin Ke­menterian Kesehatan (Kemenkes). Untuk mengetahui terkait proses penanganan Covid-19 di Indonesia, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup mewawancarai Menteri Ke­sehatan (Menkes), Budi Gunadi Sa­dikin dalam beberapa kesempatan. Berikut petikan wawancaranya.

Sebagai Menkes baru, apakah ada pesan khusus dari Presiden RI Joko Widodo kepada Anda?

Tugas dari Presiden yaitu agar bagaimana menangani masalah pandemi Covid-19 sebaik-baik­nya dan secepat-cepatnya. Agar semua murid bisa kembali sekolah dengan segera, agar semua peng­usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa segera kembali meng­gelar tokonya, agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahim, dan agar seluruh rakyat Indonesia bisa hidup normal kembali.

Masalah ini adalah masalah yang sangat besar dan tidak mung­kin kami lakukan (penanganan) sendiri. Kemenkes tidak mungkin melakukannya secara ekslusif, kita harus melakukannya secara inklu­sif. Dan kami percaya tidak cukup pemerintah membuat program sendiri, tapi harus suatu gerakan yang dilakukan bersama sama mas­yarakat Indonesia.

Bagaimana kondisi terkini ka­sus Covid-19 di Indonesia?

Saat ini ada lonjakan kasus Co­vid-19 yang selalu terjadi pascali­buran. Adanya pembatasan sosial 11 Januari nanti akan membantu menekan kasus korona dan mem­perhatikan tenaga kesehatan yang sudah kelelahan.

Saya ingin ajak masyarakat, ayo kita bersama-sama mengurangi mobilitas agar mengurangi kasus aktif sesudah Nataru (Natal dan Tahun Baru). Kita tekan agar ja­ngan sampai kenaikan kasus tinggi, memberi tekanan ke rumah sakit, tenaga kesehatan, yang seharusnya kita lindungi.

Apa target dalam penanganan pandemi Covid-19 ke depan?

Target jangka pendek, untuk se­gera dilakukan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan. Meski begi­tu, rencana vaksinasi harus dilaku­kan dengan mengedepankan prin­sip kehati-hatian serta persiapan matang. Paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama, di antaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distri­busi, serta proses vaksinasi.

Untuk menyamakan pema­haman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, pemerintah pusat men­jalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah. Kemenkes siap untuk membahas lebih lanjut dengan dinas kesehatan baik pro­vinsi maupun kabupaten/kota, aso­siasi puskesmas, asosiasi RS swasta maupun klinik.

Sejauh ini vaksin yang ada baru dari Sinovac. Apakah ke de­pan akan ada vaksin produk lain?

Kami melakukan koordinasi de­ngan beberapa perusahaan penye­dia vaksin, di antaranya Sinovac, Novavac, AstraZeneca, Pfizer, dan COVAX/GAVI. Dari kelima jalur pengadaan vaksin tersebut, telah diperoleh jumlah dosis yang diberi­kan untuk Indonesia. Diperkira­kan jumlahnya mencapai 400 juta dosis. Jumlah ini akan diupayakan untuk ditambah, mengingat untuk mencapai kekebalan kelompok, dibutuhkan kurang lebih sebanyak 468,8 juta dosis vaksin yang diper­untukkan bagi 181,5 juta jiwa.

Kita memastikan bahwa kita bisa mengamankan jumlah tersebut. Diharapkan vaksin-vaksin ini bisa datang secara bertahap ke Indone­sia dan kita bisa segera melakukan penyuntikan bagi seluruh rakyat Indonesia yang 181 juta orang.

Bagaiman upaya pemerintah untuk mendapatkan vaksin gratis dari Aliansi Vaksin Dunia (GAVI)?

Terbaru, pemerintah sudah menandatangani formulir B vak­sin Aliansi Vaksin Dunia (GAVI) COVAX Facility guna melengkapi konfirmasi keikutsertaan dalam pengadaan 108 juta dosis vaksin Covid-19 gratis dari lembaga in­ternasional tersebut. Ini adalah salah satu milestone penting untuk Indonesia bisa memperoleh akses atas maksimal 108 juat dosis vaksin gratis dari GAVI.

Sebanyak 108 juta vaksin ini gra­tis sehingga pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Dengan kehadiran vaksin dari GAVI ini diharap­kan akan melengkapi kebutuhan vaksin untuk 181,5 juta penduduk Indonesia dalam program vaksinasi Covid-19.

Setelah proses penandatangan­an, Gavi akan meninjau ulang keikutsertaan Indonesia untuk bisa mendapatkan kelayakan vaksin gratis dari aliansi vaksin dunia ter­sebut. Selain itu, akan ada pemilih­an salah satu posisi penting di Gavi. Harapannya Ibu Menteri Luar Ne­geri bisa terpilih sehingga 108 juta dosis vaksin ini bisa kita peroleh. Karena saya tahu seluruh negara di seluruh dunia akan berebut men­dapatkan vaksini ini.

Jadi, berapa jumlah potensi vaksin yang akan dimiliki Indo­nesia?

Sebelumnya, Indonesia sudah mendapatkan komitmen 125 juta vaksin dari Sinovac, 50 juta dosis vaksin dari Astrazeneca, 50 juta do­sis dari Novavac sehingga total 225 juta dosis vaksin yang sudah dapat dipastikan.

Selain itu, dalam waktu dekat, Indonesia juga akan menandata­ngani pembelian vaksin dari Pfizer yang berpotensi untuk menem­buhkan kebutuhan vaksin untuk Indonesia dan ditambah dengan potensi 108 juta dosis vaksin dari GAVI. Mudah-mudahan akan cu­kup jumlah vaksin untuk 181 juta rakyat Indonesia.

Tahapan vaksinasinya seperti apa?

Rencananya vaksinasi akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dengan periode vaksin­asi mulai Januari–April 2021 akan diprioritaskan bagi 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas pelayan publik.

Vaksin yang akan diberikan kepada nakes di 34 provinsi di Indonesia nantinya telah lolos uji klinis dan mendapatkan Emer­gency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Pelaksanaannnya juga akan menerapkan prinsip kehati-hatian dan bertahap.

Ada pandangan bahwa pen­duduk lanjut usia (lansia) harus menerima vaksinasi. Bagaimana tanggapan Anda?

Kebijakan negara-negara lain memang memasukkan penduduk lansia berusia lebih dari 60 tahun dalam vaksinasi. Uji Klinis vaksin Sinovac di Turki dan Brasil juga diberikan ke orang-orang dengan grup usia di atas 60 tahun. Kami sudah berbicara dengan Badan POM untuk mengoordinasikan hal ini, sehingga nanti Badan POM akan melengkapi datanya, sebe­lum mengambil keputusan akhir mengenai. Rentang usia yang bisa diberikan.

Otomatis keragaman itu akan ada. Itu sebabnya juga karena seba­gian besar vaksin kita akan datang mungkin sekitar semester kedua atau akhir kuartal kedua 2021 dan kalau kita lihat tadi tahapannya lansia kita taruh agak belakang­an karena kita ingin memastikan bahwa semua data scientific me­ngenai pemberian vaksin ke grup lansia ini Badan POM sudah feel comfortable.

Apakah ada upaya percepatan vaksin?

Presiden memberikan tantangan apakah bisa dipercepat, sehingga bisa selesai dalam waktu 12 bulan? Kami akan berusaha keras dan kami. Butuh dukungan dari seluruh teman-teman untuk lakukan hal ini. Rencana awal kami untuk vaki­nasi 181 juta rakyat Indonesia agar kekebalan komunitas terpenuhi akan selesai dalam 15 bulan.

Persiapan apa saja yang perlu dilakukan fasilitas kesehatan ter­kait vaksinasi ini?

Seluruh puskesmas, rumah sakit, dan klinik di Indonesia ha­rus segera mendaftar ke aplikasi Pcare milik BPJS Kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kalau belum mendaftarkan, akan sulit bagi mereka untuk bisa mela­yani vaksinasi ini terutama untuk mencatat dan menangani kalau ada kejadian ikutan pasca imuniasi.

Khusus puskesmas yang keku­rangan pendingin untuk menyim­pan vaksin segera menghubungi dinas kesehatan setempat. Tolong kontak Kementerian Kesehatan, aparatnya yang terdekat, kalau perlu juga bisa dikirimkan ke media sosial saya supaya kami bisa cepat tangani.

Perlu diingat bahwa tahapan berikutnya yang lebih besar yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Kami harap­kan bisa kita mulai di bulan Maret atau April 2021. Untuk itu sangat membutuhkan dua hal yang kami minta tolong seluruh klinik dan puskesmas untuk mendaftarkan ke Pcare-nya BPJS Kesehatan.

Tidak sedikit masyarakat yang masih menolak vaksin maupun vaksinasi. Apakah nanti akan ada sanksi bagi yang menolak vaksinasi?

Sampai sekarang diskusi ke arah situ belum pernah terjadi di pe­merintah pusat. Pemerintah masih akan melihat dinamika yang ada di lapangan. Kalau saya pribadi percaya bahwa meyakinkan dengan cara persuasif itu akan jauh lebih baik untuk penerimaan masyara­kat disuntik oleh vaksin. Kami juga sudah mengirimkan Short Message Service (SMS) blast secara serentak kepada seluruh penerima vaksin Covid-19 yang telah terdaftar pada tahap pertama. Ini merupakan bagian dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Jangan ada pihak yang me­mentingkan diri sendiri, tapi kuat bersama-sama divaksin agar kita bisa menjaga keluarga, teman, tetangga, rakyat kita. Perlu ada 70 persen dari masyarakat yang sudah vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebaln komunitas atau herd im­munity. Kekebalan komunitas ini demi meningkatkan perlindungan pada setiap kelompok usai vaksin­asi Covid-19.

Apa pesan Anda kepada tenaga kesehatan?

Terima kasih teman-teman telah berjuang merawat pasien, saya sen­diri merasakan ternyata memakai APD itu lama dan panas, bukanya juga susah, mesti mandi juga agar aman, saya terus terang bangga dengan perjuangan teman-teman. Tenaga kesehatan adalah garda ter­depan yang saya ingin pastikan kita maksimalkan perlindungan yang bisa kita berikan kepada mereka.

Menurut saya, sudah terlalu banyak kita kehilangan tenaga kesehatan dan adalah kewajiban kita untuk melindungi mereka. Atas nama pemerintah, saya turut berbelasungkawa dan saya berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.

Apakah ada yang masih ingin disampaikan terkait penanganan Covid-19?

Sebab sudah saatnya seluruh ele­men masyarakat bersatu melawan Covid-19. Saling bersinergi, bahu-membahu, saling mengingatkan serta berkomitmen penuh untuk melakukan upaya pencegahan de­ngan selalu memakai masker, men­jaga kebersihan diri serta menjaga jarak saat melakukan kontak sosial langsung dengan orang lain. Tetap memakai masker itu yang paling utama, rajin mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Riwayat Hidup*

Nama : Budi Gunadi Sadikin

Tempat, tanggal lahir : Bandung, Jawa Barat, 8 Juli 1964

Istri : Ida Rachmawati

Anak : Sabila Maharani, Reza Abdurahman dan Nabila Raihana

Pendidikan:

  • Sarjana Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung (1988)
  • Magister Ekonomi di Washington University, AS (1990)

Karier:

  • Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999-2004)
  • Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004–2006)
  • Direktur Mikro and Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk (2006–2013)
  • Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013–2016)
  • Staf Khusus Menteri BUMN (2016–2017)
  • Komisaris Utama PT Inalum (2017)
  • Direktur Utama PT Inalum (2017-2019)
  • Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (2019)
  • Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (2019-2020)
  • Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (2020)
  • Menteri Kesehatan (Desember 2020-sekarang)

Penghargaan:

  • CEO Visioner BUMN Terbaik (2018)

*BERBAGAI SUMBER/LITBANG KORAN JAKARTA/AND

S-2

Tampilkan Semua

Utamakan Peremajaan Sawit Rakyat

Sabtu 2/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepanjang tahun 2020 ini, BPDPKS telah menyalurkan anggaran sebesar 2,55 triliun rupiah untuk program peremajaan sawit rakyat (PSR). Dana PSR ini untuk membantu petani sawit meningkatkan produktivitas yang masih rendah. Program mandatori...
Selengkapnya

Goa Maria Kerep 100 Persen Jalankan Protokol Kesehatan

Minggu 27/12/2020 | 13:12
A   A   A   Pengaturan Font
Para pengunjung yang mau ziarah ke Goa Maria Kerep, Ambarawa, Jateng, harus mengikuti prosedur yang ditetapkan pengurus untuk ­menekan persebaran Covid-19. “Kami menjalankan per sesi untuk masuk ke Goa Maria,” kata salah...
Selengkapnya

Tempat-Tempat Lain yang Merangkai Cerita

Minggu 27/12/2020 | 13:08
A   A   A   Pengaturan Font
Saat ke Betlehem di Palestina salah satu tujuan utamanya adalah Church of Nativity yang dipercaya menjadi tempat kelahiran Yesus. Namun, beberapa tempat lain turut menyumbang rangkaian cerita.   Museum Betlehem Tempat ini berupa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta