Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 30 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

KPK Usut Transaksi Keuangan Nurhadi

Senin 30/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

PPATK juga pernah memberikan data transaksi keuangan mencurigakan atas nama istri dari Nurhadi.

JAKARTA — Setelah mendapatkan laporan data aliran transaksi keuangan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sedang mempelajari laporan tersebut untuk membuktikan apakah transaksi tersebut berkaitan dengan kasus korupsi.

“Laporan itu laporan hasil analisa transaksi keuangan. KPK memang menerima dari PPATK. Laporan itu nanti akan dipilah lagi,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati yang dihubungi, Minggu (29/5).

Ketika disinggung tentang isi laporan aliran transaksi keuangan Nuhadi itu, Yuyuk enggan merincinya. Yuyuk hanya mengatakan laporan itu tengah dipelajari oleh KPK apakah memang ada yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi atau tidak.

Sebelumnya, Ketua PPATK M Yusuf mengaku telah memberikan data aliran keuangan milik Nurhadi kepada KPK. “Ada permintaan dari KPK dan kami sudah penuhi, cuma saya tidak bisa bicara detail pokoknya,” ujar Ketua PPATK M Yusuf, saat ditemui di Gedung Lemhanas, Jakarta, Sabtu.

Menurut Yusuf, permintaan tersebut disampaikan KPK tak lama setelah menangkap tangan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.Aliran keuangan yang ditelusuri PPATK berbeda dengan uang sebesar 1,7 miliar rupiah, yang disita penyidik KPK dari kediaman Nurhadi, beberapa hari setelah operasi tangkap tangan.

Nurhadi setidaknya telah dua kali dikaitkan dengan perkara suap di lembaga peradilan. Untuk kasus-kasus tersebut, Nurhadi juga telah diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK.

Pertama, Nurhadi diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penundaan pengiriman salinan kasasi dalam perkara korupsi pembangunan pelabuhan di Nusa Tenggara Barat, tahun 2007-2008 dengan Direktur PT Citra Gading Asritama, Ichsan Suaidi, sebagai terdakwa.

Dalam kasus tersebut, KPK menangkap tangan Kasubdit Kasasi Perdata Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Mahkamah Agung Andri Tristianto Sutrisna.

Laporkan ke Kejaksaan

Sementara itu, Nurhadi juga diduga mengetahui perkara suap yang melibatkan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ia pun telah dicegah agar tidak bepergian ke luar negeri. Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan KPK terhadap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution dan pihak swasta bernama Doddy Ariyanto Supeno. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka selaku pemberi dan penerima suap.

Uang sebesar 50 juta rupiah yang disita dalam operasi tangkap tangan tersebut diduga terkait pengajuan peninjauan kembali (PK), dua perusahaan swasta yang sedang berperkara di PN Jakarta Pusat.

Dalam kasus ini, KPK juga telah menyita uang sebesar 1,7 miliar rupiah di kediaman milik Nurhadi di Jalan Hang Lekir, Kebayoran Baru, Jakarta. KPK menduga uang tersebut terkait dengan perkara hukum yang sedang ditelusuri di PN Jakpus.

PPATK juga pernah memberikan data transaksi keuangan mencurigakan atas nama istri dari Nurhadi kepada Kejaksaan Agung. Namun, hingga kini belum diketahui tindak lanjut dari laporan tersebut.

“Kami pernah temukan rekening atas nama istrinya, sudah kami kirim ke Kejaksaan pada 2010,” ujar Yusuf. mza/P-4

56 Persen Anak Ke Sekolah Tanpa Sarapan

Sabtu 28/5/2016 | 06:17
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sebanyak 56 persen anak di Indonesia pergi sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu di rumah. Dampaknya tidak bisa menangkap pelajaran secara maksimal. Pelajaran yang diberikan oleh guru pun menjadi sia-sia, karena anak tidak konsentrasi akibat perut kosong.

“Kemampuan murid … Selengkapnya

Dihantam Kiri Kanan, NKRI Harus Tetap Tegak

Sabtu 28/5/2016 | 05:56
A   A   A   Pengaturan Font

Hawa udara di Kota Medan, Jumat siang (27/5), terasa begitu terik. Tapi, teriknya tikaman matahari, tak menyurutkan langkah ratusan warga untuk berkumpul di Lapangan Banteng, sebuah lapangan di tengah kota Medan.

Ratusan warga yang datang dari berbagai organisasi masyarakat, berkumpul … Selengkapnya

Mahasiswa Kalteng Ikuti ‘Outbond” Pancasila

Sabtu 28/5/2016 | 05:47
A   A   A   Pengaturan Font

PALANGKARAYA – Untuk menanamkan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila, UUD’45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada generasi muda Indonesia, MPR menerapkan cara baru agar tidak monoton. Dengan teknik pemaparan, diskusi digabung dengan out bound di lapangan, MPR berharap generasi muda dapat … Selengkapnya

mondial

A da Ratusan Pembuat “Offshore” ala Fonseca

Senin 30/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON. – Firma hukum Mossack Fonseca, yang menjadi fokus pada kasus bocornya dokumen Panama Papers, bukanlah satu-satunya perusahaan yang membuat perusahaan cangkang secara masif dengan cara “rahasia dan bersahabat” di beberapa negara bagian di
Amerika Serikat (AS), seperti Wyoming, Nevada, dan Delaware.

Saat seluruh mata dunia tertuju pada Mossack Fonseca, yang aktivitasnya secara hukum dan etis dipertanyakan, namun ada beberapa perusahaan cangkang yang berdiri dengan legitimasi bisnis atau alasan pribadi.

Di antara perusahaan yang sudah terdaftar di Nevada, bahkan memiliki reputasi. Sayang, ada saja klien mereka yang menyalahgunakan fasilitas perlindungan kerahasiaan yang diberikan perusahaan.

Surat kabar USA Today edisi Jumat (27/5) mewartakan berdasarkan data yang sangat terbatas, beberapa negara bagian di AS kedapatan membuat catatan perusahaan terselubung. Dari data tersebut terlihat, Mossack Fonseca mendaftarkan kurang dari 2 persen perusahaan offshore di Nevada, dengan alamat klien mereka di luar AS.

Selain di Nevada, ditemukan pula data serupa di Wyoming, yang memperlihatkan ada 24 perusahaan dari 2 ribu perusahaan asing terdaftar sejak 1990, dibuat oleh Mossack Fonseca cabang Wyoming.

Sejumlah negara bagian itu kemudian menjadi partner bisnis yang saling menguntungkan, dimana keuntungan yang dihasilkan bisa mencapai jutaan dollar AS bagi pemerintah negara bagian tersebut.

“Jika Anda berfikir hanya ada satu firma hukum yang merancang ini semua, maka ini sungguh hebat,” kata David Brunori, profesor Kebijakan Publik dan Administrasi Publik dari Universitas George Washington.

Pernyataan Brunori itu terkait pada firma lain di Nevada, yang kliennya memiliki alamat di luar negeri.

Salah satu firma yang dicurigai tersebut adalah Nevada Commercial Registered Agents LC, yang terkoneksi dengan lebih dari 200 perusahaan bisnis, dimana enam dari jumlah tersebut memiliki jejak yang sama dengan firma hukum di Panama itu.

Kajian atas pendaftaran perusahaan memperlihatkan ada lebih dari 50 perusahaan offshore di Nevada yang terdaftar kurang lebih sama seperti Mossack Fonseca, dan kebanyakan memiliki jejak bisnis yang tersebar dibeberapa tempat, mulai dari Panama hingga ke pulau-pulau di bibir pantai Eropa. Motif dari pemerintah negara bagian AS itu tentunya sangat sederhana yakni tambahan pendapatan.

Sedangkan di Nevada, data memperlihatkan ada lebih dari 20 ribu perusahaan dengan alamat asing terdaftar di negara itu sejak 1975.

Di negara bagian Delaware, yang tidak menerapkan retribusi penjualan atau pajak-pajak properti pribadi, keuntungan yang diperoleh dari Division of Corporations Delaware pada 2014, mencapai 928 juta dollar AS atau hanpir 30 persen dari total pendapatan pajak. Sekitar 90 persen dari pendapatan itu, berasal dari pajak yang ditagihkan ke perusahaan-perusahaan baru. uci/WP

Tiongkok akan Ubah Kepulauan di LTS jadi Wisata Resor

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Pemerintah Tiongkok berkeinginan untuk mengubah pulau-pulau yang ada di wilayah sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) menjadi wisata resor yang mirip dengan destinasi wisata resor di Maladewa. “Pembangunan resor-resor di sana bisa dipergunakan untuk resepsi pernikahan sehingga tak perlu … Selengkapnya

KTT G7 Deklarasikan Prioritas Pertumbuhan Ekonomi Global

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 KTT G7 berakhir kemarin. Dalam pertemuan internasional itu, tercetus upaya penguatan pertumbuhan ekonomi global dan upaya mengakhiri krisis penghambat perekonomian, serta keprihatinan atas krisis-krisis yang terjadi di seluruh dunia.

 ISE-SHIMA – Tujuh kelompok negara kekuatan industri dunia (G7) yaitu Inggris, … Selengkapnya

“African Day”, Momentum Eratkan dan Tingkatkan Kemitraan RI-Afrika

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA –  Suasana ballroom Hotel Borobudur pada Rabu (25/5) sore perlahan mulai menyemut. Mereka adalah tamu undangan yang sebagian besar adalah tamu kehormatan yang hadir untuk menyemarakkan perayaan “African Day” ke-50.

Diantara sekian banyak tamu kehormatan, tampak Duta Besar Belgia … Selengkapnya

ekonomi

Impor Bukti Mandeknya Pembangunan Sektor Pangan

Senin 30/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Keberpihakan negara kepada petani lokal belum menunjukkan peningkatan berarti.
Impor yang terus dilanggengkan pemburu rente menghancurkan semangat petani.

JAKARTA. – Kebijakan pemerintah yang mengedepankan pembukaan keran impor berbagai komoditas pangan, termasuk gula mentah, guna stabilisasi harga secara musiman, seperti puasa dan lebaran, merupakan salah satu bentuk kegagalan membangun kemandirian pangan.

Rencana impor pangan tanpa kendali dengan jumlah terus bertambah setiap tahun yang dilakukan menteri terkait pangan tersebut juga menandakan mandeknya pembangunan sektor pangan nasional.

“Mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan tidak jauh berbeda dengan yang kebijakan sebelum-sebelumnya. Untuk mencukupi stok pangan kita masih dan makin tergantung pada impor. Distribusi dan perdagangannya juga dikuasai segelintir orang, sementara keberpihakan negara terhadap petani lokal masih belum terasa dampaknya,” kata pengamat ekonomi dari Universitas Surabaya, Wibisono Hardjopranoto, saat dihubungi, Minggu (29/5).

Menurut dia, pemerintah semestinya tidak terlalu gampang memutuskan untuk mengimpor hanya karena dalih kekhawatiran. Sebab, jika pemerintah hanya terlalu mengandalkan prediksi akan selalu dimanfaatkan spekulan.

“Jadi, keputusan impor itu harus benar-benar strategis dan memerlukan pertimbangan rasional dari pemerintah. Terpenting lagi timing juga harus tepat agar tidak mengganggu pasar dan semangat petani dalam negeri,” kata Wibisono.

Sebelumnya, sejumlah kalangan berharap kepada Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kebijakan pangan yang berorientasi impor, seperti halnya rencana menteri BUMN mengimpor gula mentah.

Sebab, selain tidak sejalan dengan dengan program dan cita-cita kemandirian pangan, kebergantungan pada impor sama dengan tidak percaya dengan kemampuan produksi petani dalam negeri.

Anggota kelompok kerja khusus Dewan Ketahanan Pangan (DKP), Ahmad Yakub, mengatakan Presiden sebagai ketua Dewan Ketahanan Pangan seharusnya memerintahkan menterinya untuk tidak mengedepankan impor sebagai kebijakan prioritas. “Presiden mesti menindak para menteri yang lebih suka panen di luar negeri,” kata dia.

Sebagaimana dikabarkan, rencana Menteri BUMN, Rini M Soemarno, yang menugaskan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengimpor gula mentah 381.000 ton di saat petani tebu sedang memulai panen raya pertama dinilai akan merusak konsep dan cita-cita kemandirian pangan yang sedang dijalankan pemerintahan Joko Widodo.

Kebijakan jangka pendek berupa impor yang terus dilanggengkan pemburu rente itu juga akan mengganggu tatanan pasar serta menghancurkan semangat petani meningkatkan produksi.

Stabilitas Harga

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron, menyatakan yang dibutuhkan sekarang ini adalah stabilitas harga pangan. Namun, pengendalian stabilitas harga pangan itu bukan melalui impor tapi dari upaya pemerintah meningkatkan pasokan dan menjaga distribusi pangan.

“Kalau selalu impor yang susah bukan saja pemerintah, petani juga ikut susah karena selalu kalah bersaing,” ujar dia.

Menurut Herman, guna menjaga stabilitas harga hingga pascalebaran mendatang, pemerintah mesti optimal mengawasi produksi dan distribusi pangan.

“Para pembantu presiden mesti satu persepsi tentang komoditas yang bisa diproduksi di dalam negeri harus seutuhnya disuplai oleh dalam negeri. Selain itu juga harus bertekad agar kuantitas produksi di tingkat petani bisa dipertahankan,” jelas dia.

Terkait dengan sektor pertanian nasional, Wibisono menambahkan salah satu penyebab rapuhnya struktur sektor tersebut adalah lemahnya koordinasi antarlembaga terkait, baik antarkementrian maupun dari pusat ke jajaran di daerah.

“Koordinasinya belum solid. Padahal, negara lain semakin agresif membangun pertanian dan menjual hasilnya ke kita.”

Ia pun mengingatkan apabila perhatian pemerintah ke petani kurang seperti saat ini maka sektor pertanian pangan anasional makin sulit maju sehingga kebergantungan pada impor kian tinggi.

“Yang perlu diwaspadai lagi adalah kalau sudah tidak ada orang yang mau jadi petani karena rugi terus maka tinggal tunggu waktu pereknomian kita makin merosot,” ungkap dia. SB/YK/WP

Air Asia Gandeng BRI

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Maskapai penerbangan Air Asia Indonesia dan Bank BRI menjalin kerja sama dalam penyediaan dan pemanfaatan layanan jasa perbankan.

“Kerja sama strategis ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses bertransaksi bagi jutaan nasabah BRI untuk menikmati kualitas pelayanan AirAsia menuju … Selengkapnya

Menjembatani Kebutuhan Masyakarat Menengah ke Bawah

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Senyum mengembang nampak jelas di wajah Sunarko Adhiatmoko, 39 tahun. Laptop yang diidam-idamkannya selama setahun terakhir ini, akhirnya bisa dimiliki.

“Saya enggak punya uang cukup untuk beli tunai. Sales (penjual) di Electronic City lalu menginformasikan saya soal Home Credit. Setelah … Selengkapnya

Tekanan Ekonomi Global Mulai Reda

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Gejolak di pasar keuangan juga menurun, karena kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Britain to Exit/Brexit) mengecil.

 JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan kondisi ekonomi global akhir Mei 2016 mulai membaik, sehingga tekanan terhadap negara berkembang mereda … Selengkapnya

rona

Waspada, Migrain Bisa Picu Stroke

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Studi terbaru menunjukkan peningkatan risiko stroke bagi penderita migrain. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki frekuensi migrain kompleks dua kali lebih banyak, akan memiliki risiko stroke di masa depan.

Semua kalangan mulai dari anak-anak, orang usia muda, wanita, dan orang lanjut usia sering merasakan migrain alias sakit kepala sebelah karena berbagai penyebab. Sering migrain ternyata dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan seseorang terserang stroke.

Seperti dilansir dari medicalnewstoday, migrain biasanya sering disebabkan oleh alergi, lampu yang terlampau terang, suara bising, bau menyengat, stres, pola tidur tidak teratur, merokok aktif atau pasif, terlambat makan, alkohol, fluktuasi siklus menstruasi, kontrasepsi, fluktuasi hormon saat menopause, makanan yang mengandung tyramine (anggur merah, keju, ikan asap, hati ayam, dan beberapa kacang-kacangan), monosodium glutamat (MSG), atau nitrat (seperti daging dan hot dog). Dan juga makanan lain seperti cokelat, kacang, selai kacang, alpukat, pisang, jeruk, bawang, produk susu, dan makanan yang difermentasi atau acar.

“Migrain bisa menjadi faktor risiko terserang stroke,” kata Dr Ashwin M. Rumawas, dokter spesialis saraf RS Royal Taruma Jakarta, pekan ini.

Menurut Ashwin, migrain yang disertai dengan keluhan photophobia (ketakutan pada cahaya terang), sonophobia (ketakutan pada suara bising), vertigo (sakit kepala yang berputar-putar), gemetaran, menggigil, wajah memerah, keringat dingin, muntah, menurunnya kemampuan bicara dan disertai melemahnya salah satu bagian tubuh, bisa meningkatkan risiko seseorang terserang stroke.

“Sebaiknya berhati-hati bila Anda sering terserang migrain, karena bisa jadi itu dapat meningkatkan faktor risiko Anda terserang stroke,” ujarnya.

20140519174549dokter

Perhatikan Tanda-tandanya

Banyak orang menganggap migrain hanya sakit kepala biasa, tapi jika lama-lama dibiarkan migrain dapat berbahaya. Tapi penelitian terbaru menemukan fakta yang mengkhawatirkan bagi para wanita yang secara rutin mengalami migrain dan aura – gangguan persepsi, biasanya visual, seperti kilatan atau cahaya zigzag atau penglihatan buram. Sakit kepala seperti ini biasanya dianggap biasa terjadi.

“Tanpa menunjukkan gejala akan terjadi,” ucap Lenore Launer, PhD, kepala neuroepidemiologi di National Institute on Aging (NIA) di AS. Tapi anggapan itu sudah tidak berlaku.

Lalu bagaimana tanda-tanda migrain yang sudah berbahaya? Untuk membantu mengidentifikasi gejala, berikut beberapa tanda yang mesti Anda perhatikan.

penyebab-stroke

1. Sering Menguap dalam Sehari

Menguap biasanya identik dengan tubuh lelah, butuh istirahat dan mengantuk. Namun hal ini bisa jadi tanda bahaya dari migrain. Anda akan sering menguap sehari atau dua hari sebelum migrain menyerang. Bila hal ini tejadi berarti tubuh sedang memberikan sinyal untuk segera berobat.

2. Aura

Tanda yang ini berkaitan dengan penglihatan. Sebelum migrain datang Anda akan melihat bintik-bintik atau bintang, pandangan kabur dan tidak fokus. Tanda ini akan muncul sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum sakit kepala sebelah.

3. Sensitif Pada Cahaya dan Suara

Mereka yang sering migrain akan mengeluhkan sakit disertai sensitif akut ketika diterpa cahaya atau suara bising. Beberapa juga mengalami kulit sensitif. Bahkan cahaya, kebisingan dan bau bisa jadi pemicu sakit kepala sebelah.

4. Kesemutan hingga Mati Rasa

Penderita migrain parah biasanya akan sering mengalami kesemutan di kaki dan tangan. Bahkan beberapa kali mengalami mati rasa di tangan, kaki, bahu, wajah dan semua bagian tubuh yang berhubungan dengan otak. Ini terjadi karena efek sakit migrain itu sendiri. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena terasa sakit dan meningkatkan kecemasan.

5. Mual

Tanda ini tidak selalu dialami semua penderita migrain. Rasa mual bisa terjadi ketika kondisi kesehatan menurun karena flu atau meningitis. Nafsu makan menurun, muntah, diare dan gangguan pencernaan juga bisa dialami bersamaan saat migrain.  Rtr/pur/R-1

Terapi Magnet

penyebab-migrain

Perangkat bermedan magnet bisa digunakan untuk terapi beberapa tipe migrain. National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mengungkapkan, meski buktinya masih terbatas, transcranial magnetic stimulation (TMS), atau sebuah proses yang menggunakan medan magnet untuk menstimulasi sel saraf di otak, bisa membantu mengurangi gejala migrain pada beberapa pasien.

NICE mengatakan, prosedur ini masih relatif baru dan membutuhkan lebih banyak data untuk membuktikan keamanan dan efisiensi jangka panjang. Namun, terapi magnet bisa bermanfaat untuk pasien yang tidak berhasil mengatasi migrain dengan cara sebelumnya.

Ada beberapa tipe migrain, baik dengan atau tanpa sakit kepala. Pilihan terapinya pun beragam, termasuk mengonsumsi pereda sakit seperti parasetamol.

Meski migrain tak bisa disembuhkan total, kondisi ini masih mungkin dicegah atau dikurangi serangannya. NICE merekomendasikan banyak obat, termasuk pilihan terapi seperti akupunktur, dan kini ada pilihan terapi baru, yakni TMS. Meski begitu, semua terapi migrain perlu dijalani dengan pengawasan dokter spesialis.

Untuk terapi magnet sendiri, dokter ahli menggunakan perangkat portabel yang digunakan di kulit kepala untuk mengirimkan getaran magnetik singkat.

Peter Goadsby, Ketua British Association for the Study of Headache, mengatakan banyak pasien migrain merasakan manfaat TMS.

Dalam percobaan terhadap 164 pasien, TMS sama dampaknya dengan terapi placebo. Sebanyak 40 persen pasien mengaku tak mengalami sakit selama dua jam setelah menggunakan alat bermedan magnet ini.

“Banyak orang merasa hidupnya suram akibat migrain. Kami menyambut baik rekomendasi NICE ini, yang mungkin bisa memberi pencerahan bagi pasien yang tak berhasil menjalani terapi lain untuk mengatasi migrain,” ungkap Wendy Thomas, pejabat eksekutif pada organisasi amal Migraine Trust. Rtr/pur/R-1

mual-setelah-makan-apa-sebabnya

Batik Motif Flora untuk Sambut Ramadan dan Lebaran

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seakan tak ingin menanggalkan balutan motif Batik Kudus dalam setiap koleksinya, perancang Denny Wirawan kali ini menampilkan busana berbalut batik motif flora yang mudah dipadupadankan.

Berpotongan loose dan layering dengan dominasi warna summer seperti olive green, beige khaki, mocha, oranye … Selengkapnya

Paul McCartney Sempat Alami Depresi setelah “The Beatles” Bubar

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Paul McCartney sempat mengalami depresi setelah grup musik legendaris The Beatles membubarkan diri, bahkan ia hampir saja ingin berhenti dari kegiatan bermusik.

“Saya mengalami depresi,” kata Paul kepada BBC Radio 4. “Sungguh sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan sesudah … Selengkapnya

Maher Zain Luncurkan Album Islami Terbaru

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi asal Swedia Maher Zain meluncurkan album terbarunya bertajuk One dengan dua single yang telah dirilis sebelumnya, The Power dan Medina.

“Kenapa album ini berjudul One? Itu karena semua hal penting yang kita lakukan sebenarnya terhubung pada satu hal, yakni … Selengkapnya

megapolitan

Langgar Perda Rokok, “Tenant” Akan Disegel

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Mal Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, Jumat (27/5). 

“Penindakan terhadap perokok-perokok, kita menyambut Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang baru. Tujuan supaya jangan ngerokok sembarangan, itu sangat mengganggu. Kita juga melindungi perokok pasif dari bahaya asap rokok,” kata Hotman Sinambela, Kepala Seksi Penegakan Hukum Satpol PP DKI Jakarta, di lokasi. 

Dikatakan Hotman, apabila ditemukan perokok di tenant atau tempat usaha, pihaknya akan memberikan sanksi kepada pihak pengelola. “Perokok kena, pengelola kena. Kalau sanksi sesuai perda, restoran dan toko kita segel. Karena mengganggu pengunjung yang tidak merokok,” tegas Hotman. 

Kepada Satpol PP di wilayah, hingga tingkat kelurahan, dia menginstruksikan agar rutin untuk melakukan sidak serupa ke sejumlah gedung pusat perbelanjaan. Sehingga, operasi semacam ini tidak dipandang sebelah mata oleh pengunjung, pengelola gedung maupun manajemen tenant. pin/P-5 

Buwas Minta Tranjakarta Dipasangi Kampanye Anti Narkoba

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso (Buwas) Jumat (27/5) berkoodinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memasang iklan kampanye antinarkoba di Bus Transjakarta.

“Saya koordinasi untuk masalah pemasangan gambar kampanye ‘Stop Narkoba’ di Transjakarta,” kata … Selengkapnya

Tersangka Pembunuh Eno, Rahmat Salim Diserahkan Ke Kejaksaan

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 TANGERANG – Tersangka Rahmat Alim, 16 tahun, salah seorang tersangka pembunuh Eno Parihah mendapat perlakuan khusus dalam pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang lantaran yang bersangkutan masih berstatus di bawah umur.

“Sesuai ketentuan, karena tersangka di bawah umur, jadi diperlakukan … Selengkapnya

Polemik Reklamasi: Standar Ganda Ahok dan Blunder KLHK

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan penyegelan pulau buatan hasil reklamasi (Pulau C, D dan G) di Teluk Jakarta. Penyegelan tersebut merupakan reaksi Kementerian LHK atas skandal reklamasi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Penyegelan pulau buatan hasil … Selengkapnya

olahraga

Mahkota Eropa ke-11 Bagi “El Real”

Senin 30/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Untuk keduakalinya Real Madrid kembali memupuskan harapan Atletico Madrid merebut gelar juara Liga Champions.

Dua tahun setelah final kemenangan pada partai puncak yang sama, tendangan penalti Cristiano Ronaldo di San Siro, Minggu (29/5) dini hari WIB memastikan gelar ke-11 bagi Real Madrid di kompetisi antar klub tertinggi Eropa.

Pertandingan berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu. Seperti biasa Atletico, menampilkan kinerja yang tak pernah menyerah setelah kebobolan gol awal dan gagal mengeksekusi penalti.

Mereka berhasil menyamakan kedudukan untuk memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu dan adu penalti.

Tapi itu semua sia-sia karena bola tendangan Juanfran pada penalti keempat membentur tiang gawang. Kondisi itu memungkinkan Ronaldo melangkah tenang untuk mencetak gol menentukan dalam kemenangan 5-3 melalui adu penalti. Itu menjadi sukses ketigakalinya Real merebut gelar melalui adu penalti.

Mantan playmaker Real, Zinedine Zidane merayakan kemenangan kompetisi antar klub tertinggi Eropa hanya lima bulan setelah memulai pekerjaan sebagai pelatih tim utama.

Pria asal Prancis itu juga menjadi orang ketujuh yang sukses merebut trofi baik sebagai pemain maupun manajer-pelatih.

Tapi itu akhir lain yang melemahkan semangat pelatih Atletico Diego Simeone. Dan bagi Atletico, ini kegagalan ketiga setelah mereka juga mengalami nasib serupa di final Piala Champions 1974 dan Liga Champions 2014.

Pada final sebelumnya kontra Real, Sergio Ramos mencetak gol pada menit akhir untuk mengatur timnya merebut kemenangan 4-1 melalui perpanjangan waktu.

Kali ini, Ramos membawa Real memimpin pada menit ke-15. Namun setelah Antoine Griezmann gagal penalti bagi Atletico di awal babak kedua, pemain pengganti Yannick Carrasco menyamakan kedudukan pada menit ke-79 untuk membuat pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Kapten Real, Ramos, yang menjadi eksekutor keempat pada adu penalti mengatakan gelar itu adalah penghargaan atas kerja keras mereka.

“Kami tahu bahwa itu adalah kesempatan unik untuk membuat sejarah dan setelah musim yang naik turun, itu adalah hadiah,” ucapnya.

Real gagal merebut gelar La Liga dengan hanya terpaut satu poin dari juara Barcelona di puncak klasemen akhir. Ronaldo yang mencetak gol penentu kemenangan menambahkan.

“Adu penalti selalu untung-untungan. Kami tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, tapi tim kami menunjukkan lebih banyak pengalaman. Malam yang fantastis bagi kami,” ujarnya.

Puji Simeone

Simeone yang kecewa mengatakan: “Sungguh menyakitkan melihat orang-orang yang membayar untuk tiket dan saya tidak bisa memberikan apa yang mereka inginkan. Itu lebih menyakitkan dari apa pun. Saya bangga dengan pemain saya, mereka telah membuat upaya luar biasa, mengalahkan Barcelona dan Bayern Munich (di putaran sebelumnya). Upaya itu benar-benar luar biasa,” sambungnya.

“Siapa pun yang menang adalah yang terbaik hari ini. Saya tidak percaya pada ketidakadilan. Saya tidak akan membuat alasan apa pun,” imbuh pria berusia 46 tahun tersebut.

Namun Zidane justru memuji Simeone. “Saya ingin memuji Diego Simeone untuk semua yang telah dilakukannya bersama Atletico,” kata Zidane.

“Simeone adalah pelatih hebat dan dia terus menunjukkannya,” lanjut Zidane. “Dia memiliki banyak karakter sebagai pemain dan pelatih. Saya tahu banyak tentang dia saat jadi pemain.” ben/Rtr/S-1

Andriy Yarmolenko Reinkarnasi Shevchenko

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain sayap Dynamo Kiev, Andriy Yarmolenko, menjadi pemain andalan dalam skuat asuhan Mykhaylo Fomenko. Pemain 26 tahun ini telah mencetak 22 gol dalam 55 penampilan internasional.

Dengan bakat luar biasa dan tampil menakjubkan bersama tim cadangan Dynamo Kiev, Yarmolenko diprediksikan … Selengkapnya

Nadal Menuju Rekor Baru

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – “The King of Clay”, Rafael Nadal melaju mulus ke babak ketiga Prancis Terbuka 2016 usai mengalahkan Facundo Bagnis 6-3,6-0, dan 6-3, Kamis (26/5) malam. Kemenangan ini merupakan kemenangan ke-200 Nadal, sekaligus membuatnya berpeluang menyamakan rekor Stefan Edberg secara … Selengkapnya

Manajemen Rio Minta Perpanjang “Deadline” hingga Akhir Juni

Sabtu 28/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Manajemen Rio Haryanto berharap Manor Racing bisa memperpanjang tenggat waktu untuk melunasi kewajiban pembayaran sebesar 15 juta euro dari batas semula, 31 Mei 2016 menjadi 31 Juni 2016. Itu diminta usai adanya peluang bantuan sponsor dari salah satu … Selengkapnya

kupas

Tidak Ada Intervensi Dalam Pemberkasan Perkara Jessica

Sabtu 28/5/2016 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyidikan kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin, usai minum kopi (bercampur sianida) di Restoran Olivier di Grand Indonesia Shopping Towns, Jakarta, pada 6 Januari 2016, telah sampai di titik kulminasi. Kamis (26/5), jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyatakan berkas kasus tersebut, telah lengkap atau P-21.

Dengan dinyatakan sempurna, penyidik wajib menyerahkan berkas perkara dan tersangka, Jessica Kumala Wongso ke kejaksaan segera. Sempurnanya berkas kasus tersebut menandai berakhirnya bolak balik berkas perkara dari kejaksaan ke kepolisian.

Dan dengan sempurnanya berkas ini, membuat Jessica batal menghirup udara bebas, karena sesuai KUHP, masa berakhirnya penahanan Jessica pada Sabtu ini.

Jessica sendiri dijerat dengan pasal menyeramkan Pasal 340 KUHP atau pembunuhan berencana dengan hukuman maksimal mati.

Apa yang dilakukan kejaksaan paska berkas kasus tersebut dinyatakan lengkap?
Berikut wawancara Koran Jakarta dengan Asisten Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, M Nasrun di Gedung Kejati DKI Jakarta, Kamis (26/5).

Bagaimana perkembangan terakhir kasus Jessica?

Untuk perkembangan kasus Jessica, berkas telah diterima kemudian diteliti oleh jaksa peneliti, dan dinyatakan berkas lengkap atau P-21 alias sempurna Berdasarkan pasal 139 KUHAP, secara formil dan materil dinyatakan P-21.

Setelah berkas dinyatakan lengkap, apa langkah berikutnya?

Setelah P-21 surat sudah dikirim penyidik yalni Polda Metro Jaya. Selanjutnya penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti. Sesegera mungkin.

Barang buktinya apa?

Petunjuk-petunjuk telah dipenuhi. Lalu, sejumlah barang bukti yang menguatkan juga diserahkan.

Kemudian langkah apa yang dilakukan kejaksaan?

Setelah menerima barang bukti dan tersangka. Kita meneliti. Setelah itu membuat surat dakwaan. Dan sesegera mungkin akan disidangkan.

Sebenarnya apa yang membuat berkas itu bolak balik dari kepolisian ke kejaksaan?

Ada alat bukti yang kurang.

Berapa alat bukti?

Itu Sudah masuk materi perkara.

Masa penahanan Jessica tinggal dua hari lagi, apa ada tekanan ke jaksa agar menyatakan berkas kasusnya lengkap?

Kan sudah P-21 tidak ada intervensi kan berkas sudah bolak balik berdasarkan petunjuk sudah dilengkapi. Tidak ada penekanan dari mana pun.

Karena punya kewenangan masing-masing, kita kan kasih petunjuk penyidik melengkapi. Untuk tahap dua (Jumat) di Kejari Jakarta Pusat termasuk tersangka dan barang bukti. eko nugroho/AR-3

Ini Akibat Salah Kelola di Mahkamah Agung

Jumat 27/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT), pada Senin (23/5) berhasil menangkap Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang, Bengkulu bernama Janer Purba, 55 tahun. Selain itu, juga ditangkap hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Bengkulu Toton, dan Panitera Pengganti … Selengkapnya

Tunggakan Pengembang Diserahkan Kepada Jaksa

Kamis 26/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Persoalan tunggakan kewajiban pengembang atas fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) telah berlangsung bertahuntahun. Pemerintah Provinsi DKI pun dibuat tidak berkutik untuk menagih kewajiban para pengembang hitam ini.

Padahal, nilai tunggakan 28 pengembang pemilik Surat Izin Penunjukan Penggunaan … Selengkapnya

“Kita Jangan Mewariskan Impor”

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan instansi pemerintah yang secara tegas menolak impor komoditas pangan. Sebab, impor hanya memperkaya petani di negara lain tetapi memiskinkan atau mematikan petani di negeri sendiri.

Lagi pula, Kementan merupakan lembaga yang berfungsi untuk membantu petani dalam … Selengkapnya

berita lain

Desain Baru Bangunan di Kota Tua

Jumat 27/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pengecatan membuat bangunan tampak rapi dan baru. Hal serupa yang akan dilakukan di sejumlah bangunan heritage di Kota Tua, Jakarta. Bangunan yang berusia ratusan tahun bersolek dengan memperbaharui warna yang telah kusam.

Gedung-gedung yang berada di kawasan Kota Tua, Jakarta … Selengkapnya

Kian Inovatif, Sistem Pembayaran Toko “Online”

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Rendahnya kepemilikan kartu kredit dan debit menjadi tantangan tersendiri bagi industri e-commerce dan transaksi online. Pasalnya dari 250 juta takyat negeri ini jumlah kartu kredit hanya sebesar 6,81 juta sedangkan jumlah kartu debit 60 juta saja.

Untuk memberikan kemudahan bagi … Selengkapnya

Desain CR-Z Lebih Agresif dan Sporty

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen mobil sport kian mengerucut. Pabrikan Jepang, Honda, kian unjuk gigi dengan “hybrid sport” CR-Z. Mobil ini kian merebut hati konsumen sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Generasi mutakhir, Honda … Selengkapnya