Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | April 30 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Kejagung Lamban, Pemberantasan Korupsi Terganggu

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Lambannya Kejaksaan Agung (Kejagung) menangani perkara penyalahgunaan kontrak Superblok Grand Indonesia (GI), yakni pembangunan Menara BCA dan Apartemen Kempinski, yang merugikan keuangan negara sekitar 1,29 triliun rupiah, bakal mempengaruhi program pemberantasan korupsi. Pengamat hukum dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Julius Ibrani, mengatakan Kejagung sebaiknya seiring dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus korupsi. “Ini jelas berbeda dengan KPK, yang seusai mengeluarkan Sprindik (Surat Perintah Penyidikan) selalu bisa menetapkan tersangkanya,” kata Julius di Jakarta, Jumat (29/4).

Julius menambahkan, seharusnya Kejagung bisa lebih cepat dari KPK. Apalagi kejaksaan dalam perkara Superblok GI telah meningkatkan kasus tersebut ke tahap penyidikan. “Dengan ditingkatkan ke tahap penyidikan, menandakan kalau kejaksaan itu telah memiliki dua alat bukti yang cukup dan menemukan adanya indikasi pidana dalam kasus tersebut,” kata Julius.

Karena itu, imbuh Julius, sangat aneh kalau kejaksaan itu tak kunjung menetapkan siapa yang menjadi tersangka kasus Grand Indonesia. “Aneh memang, seperti ada yang intervensi,” pungkasnya.

Supervisi KPK

Sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi protes mendesak Kejagung untuk segera menetapkan tersangka kasus Superblok Grand Indonesia dan melimpahkannya ke pengadilan. “Bukti-bukti sudah lengkap, hasil audit BPK juga ada, dan sejumlah saksi juga sudah dimintai keterangan, untuk itu Kejagung harus segera menetapkan tersangka. Jangan ditunda-tunda lagi, apalagi kasus tersebut sudah masuk dalam tahap penyidikan,” kata Hariyanto, Koordinator Lapangan Gerakan Selamatkan Aset Negara (GSAN), saat melakukan aksi di depan Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (28/4).

GSAN sendiri melihat tidak ada upaya dari pemerintah untuk melindungi aset-aset negara. “Pihak Kejagung seperti tutup mata dan tidak mengupayakan penyelesaian, sementara sengketa terus berlanjut,” kata Hariyanto.

Tak cuma GSAN, Indonesia Corruption Watch (ICW) bahkan meminta KPK untuk melakukan supervisi terhadap kinerja Kejaksaan. Alasannya, ada kejanggalan dalam penanganan perkara. Meski penanganan perkara dugaan korupsi dalam perkara ini telah ditingkatkan ke penyidikan, namun hingga saat ini pihak Kejagung belum menetapkan satu pun pelaku sebagai tersangka korupsi. Kenaikan status penanganan perkara ke tahap penyidikan tanpa penetapan tersangka merupakan suatu hal yang tidak lazim. “Kita juga khawatir proses hukum perkara ini dihentikan dan dialihkan ke proses perdata,” kata peneliti ICW, Lalola Easter.

Sedangkan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, mengatakan, kalau kasus sudah masuk dalam tahap penyidikan berarti kejaksaan sudah memiliki dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan seseorang sebagai tersangka.

Jokowi Perintahkan Menteri Perbaiki Pasar Tradisional

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

BIMA – Presiden Joko Widodo memerintahkan menterinya untuk memperbaiki pasar tradisional di Bima, Nusa Tenggar Barat, agar tidak kalah bersaing dengan pasar modern. Presiden juga meminta pejabat terkait untuk memperhatikan pedagang agar bisa berjualan di dalam pasar.

“Tadi saya … Selengkapnya

Langgar Kode Etik, Ketua MK Kena Teguran Lisan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Majelis Dewan Etik MK menilai nota dinas itu tidak layak dibuat oleh seorang penjaga konstitusi.

Jakarta – Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan Ketua MK Arief Hidayat telah melakukan pelanggaran etik karena memberikan memo kepada mantan Jaksa Agung Muda Pidana … Selengkapnya

Pelayanan Publik Harus Direformasi

Jumat 29/4/2016 | 02:34
A   A   A   Pengaturan Font

Perubahan radikal harus dilakukan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat terutama yang ingin mengurus perizinan, agar semuanya berlangsung cepat.

JAKARTA. – Pemerintah Indonesia sangat serius untuk menggenjot perekonomian nasional. Salah satu upaya pemerintah dalam hal tersebut ialah dilakukannya deregulasi berkelanjutan dalam … Selengkapnya

mondial

KBRI Kembali Repatriasi 41 WNI dari Suriah

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus kembali melakukan repatriasi warga negara Indonesia (WNI) gelombang ke-274, dan sebanyak 41 orang dipulangkan ke Tanah Air dari Suriah pada 25 April 2016.

“Para WNI yang merupakan pekerja migran itu dipulangkan ke Indonesia via Bandara Internasional Damaskus setelah diselesaikan segala permasalahannya,” demikian keterangan pers dari KBRI Damaskus yang diterima di Jakarta, Kamis (28/4).

Para pekerja migran Indonesia yang direpatriasi tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, dan lainnya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTB. Mereka berhasil dipulangkan setelah segala permasalahan dan hak-haknya dengan majikan diselesaikan.

Jumlah WNI yang dipulangkan pada gelombang 274 itu merupakan yang terbanyak sejak tahun lalu, dan repatriasi kali ini didampingi oleh staf KBRI Damaskus, Mohammad Zubair Moehdir. Dengan keberangkatan sebanyak 41 WNI itu, hingga saat ini di tempat perlindungan di KBRI Damaskus masih terdapat sekitar 20 WNI korban perdagangan manusia yang sedang diperjuangkan hak dan kepulangannya. Ant/I-1

Presiden Xi Tak Ingin Peperangan di Semenanjung Korea

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sebagai sekutu dekat Korut, pihak Tiongkok tak ingin terjadi peperangan akibat peningkatan ketegangan di wilayah Semenanjung Korea dan mengharapkan kawasan itu bebas dari persenjataan nuklir.

 BEIJING – Pemerintah Tiongkok tidak akan membiarkan kekacauan dan peperangan meletup di Semenanjung Korea. Demikian … Selengkapnya

Trump Kembali Mainkan Isu Jender

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHINGTON – Persaingan antara bakal calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, dan Partai Demokrat Hillary Clinton, mulai makin memanas. Trump menuding Hillary telah mengeksploitasi jendernya sebagai perempuan untuk memenangkan suara.

Trump dan Clinton sama-sama bakal calon … Selengkapnya

RI Akan Gelar Pertemuan Trilateral

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Menyusul kasus penyanderaan 14 warga negara Indonesia (WNI) oleh kelompok militan di Filipina yang masih menggantung, pemerintah Indonesia akan menggelar sebuah pertemuan tiga negara antar para Menteri Luar Negeri dan Panglima Militer dari Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Pertemuan … Selengkapnya

ekonomi

Moratorium Obligasi Rekap Bisa Selamatkan Krisis APBN

Sabtu 30/4/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pejabat penting negara telah mengakui obligasi rekap bisa jadi beban seumur hidup. Setop pembayaran bunga obligasi rekap dan fokus urus hak kesejahteraan rakyat.

JAKARTA – Pemerintah sebaiknya jujur mengakui bahwa moratorium pembayaran bunga obligasi rekapitalisasi perbankan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), yang bahkan menurut pemerintah kini mencapai 100 triliun rupiah setahun, merupakan cara yang lebih efisien untuk menyelamatkan krisis APBN ketimbang berbagai upaya lain.

Selama ini, pemerintah hanya mengambil cara mudah untuk membayar bunga obligasi akibat megaskandal BLBI itu dengan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) yang juga berbunga. Akibatnya, negara kini justru terlilit utang yang terus membengkak hingga hampir 4.000 triliun rupiah akibat akumulasi bunga-berbunga yang dihasilkan dari upaya untuk terus-menerus mengorbankan uang rakyat guna menutup kesalahan segelintir obligor BLBI.

Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO), Indonesia Human Right Committee for Social Justice (IHCS), Gunawan, mengemukakan kondisi sekarang justru sebaliknya, kebijakan pemerintah tampak berpihak pada konglomerat pengemplang utang. Sementara rakyat menengah bawah malah dikejar-kejar untuk membayar pajak dan diancam dengan berbagai aturan yang memberatkan.

“Problem mendasar pemerintahan hari ini dan pemerintahan sebelumnya adalah ketidaktegasan dalam menyelesaikan belenggu masa lalu,” tegas Gunawan ketika dihubungi, Jumat (29/4). Padahal, belenggu masa lalu yang menjadi akar dari kesulitan keuangan negara maupun perubahan arah kebijakan ekonomi. Sebenarnya, dalam beberapa kesempatan pejabat penting RI telah mengungkapkan makin beratnya beban APBN dalam menanggung akibat skandal BLBI.

Setiap tahun anggaran negara tersedot hingga 100 triliun rupiah hanya untuk membayar bunga obligasi rekap itu. Namun, sayangnya belum sekalipun terdengar sikap tegas presiden terkait hal tersebut. Padahal, kewajiban ini harus terus ditanggung sampai puluhan tahun ke depan atau bahkan sampai seumur hidup. “Akibat krisis 1998, kita masih membayar bunga utang BLBI 100 triliun rupiah setiap tahun.

Kita sudah 15 tahun bayar, mungkin 30 tahun lagi jadi beban kita, mungkin juga seumur hidup,” ungkap ekonom UMY, Achmad Ma’ruf, beberapa waktu lalu. Menurut Ma’ruf, bunga berbunga obligasi rekap nilainya kian membengkak setiap tahun karena pemerintah membayar bunga tersebut dengan menerbitkan utang berupa SBN yang juga berbunga.

Dengan demikian, secara kumulatif bunga-berbunga yang harus ditanggung negara dan belum termasuk pokoknya, setelah 17 tahun sudah mencapai 200 triliun rupiah setahun. “Ini akan terus membengkak lagi di tahun 2020, bisa menyentuh 300 triliun dan itu hanya untuk membayar bunganya saja. Jadi segala penghematan akan percuma kalau akar pemborosan ini tidak dihentikan,” tegas dia.

Mengabdi Rakyat
Gunawan pun mempertanyakan butuh berapa krisis lagi untuk meyakinkan negara bahwa ekonomi berbasis kerakyatan yang ditopang oleh struktur pertanian dan hilirisasi yang kuat adalah jawaban bagi krisis. Impor yang sedemikian besar, lanjut dia, hanya menguntungkan segelintir pengusaha dan oknum pejabat pemburu rente kuota impor, sementara defisit anggaran ditambah defisit neraca berjalan menyulitkan negara melaksanakan kewajiban sebagaimana mandat UUD 1945.

“Ini pemerintahan yang mendapat dukungan besar dari rakyat maka sudah seharusnya kebijakannya mengabdi kepada rakyat. Setop pembayaran bunga obligasi rekap, kurangi utang, sehingga bisa fokus mengurusi hak ekonomi dan sosial rakyat,” kata Gunawan. Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Ahmad Muzakki, mengatakan hal senada.

Menurut dia, utang baru bukanlah solusi atas ketatnya APBN 2016. “Kalau utang baru digunakan untuk program pembangunan mungkin masih bisa dipahami, tetapi kalau hanya untuk menutupi menutup lubang utang lama dari BLBI jadinya mubazir,” papar dia. Padahal, lanjut Muzakki, APBN telah belasan tahun tersedot untuk menutup utang para obligor nakal yang rakyat tidak ikut menikmatinya.

“Tidak perlu menambah beban baru. Jika memang berniat lebih baik, pemerintah bisa melakukan perombakan mendasar dengan cara moratorium obligasi rekap, juga jalankan hak tagih terhadap para pengemplang pinjaman BLBI itu,” ujar dia. YK/SB/WP

Literasi Keuangan Masih Rendah

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ke depan, risiko dan biaya kesehatan meningkat signifikan sehingga dibutuhkan perencanaan keuangan yang tepat guna mengantisipasi permasalahan.

Jakarta – Tingkat literasi keuangan masyarakat, terutama di bidang asuransi, masih rendah sehingga permasalahan finansial acapkali muncul di kemudian hari. Karenanya, dibutuhkan peran … Selengkapnya

WIKA “Rights Issue” Rp2 Triliun

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Sekalipun pemerintah telah mengalokasikan Penyertaan Modal Negara namun WIKA akan tetap melakukan rights issue.

JAKARTA – Emiten pelat merah bidang konstruksi, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), berencana akan menerbitkan saham baru melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau rights … Selengkapnya

Tiga BUMN Kerja Sama Integrasi

Jumat 29/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa transportasi, yaitu PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Angkasa Pura I bekerja sama di bidang integrasi antarmoda transportasi.

“Kerja sama tersebut untuk mewujudkan komitmen dalam mendukung … Selengkapnya

rona

Pesona Timur Indonesia

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan kondisi alam yang tidak sebasah Indonesia bagian barat, Indonesia bagian Timur tetap tidak pernah kehilangan pesonananya.

Danau Kelimutu Flores

Nusa Tenggara Timur  Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu  yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya  di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.  Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna  yang berbeda di tiap kawahnya, ada merah, biru, dan putih. Warna-warna tersebut  selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. 

Danau ini berada di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut. Menurut  kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau ini memiliki arti  masing-masing dan memiliki kekuatan alam.  Dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam  danau. Danau berwarna biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai oleh masyarakat  setempat diartikan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah  meninggal. 

Danau yang berwarna merah atau Tiwu Ata Polo merupakan tempat berkumpulnya  jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan  kejahatan atau tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau Tiwu Ata Mbupu  artinya tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.  Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. 

Awal mulanya daerah ini diketemukan oleh Van Such Telen, warga negara  Belanda, tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan  dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang  menikmati keindahan danau tersebut.  Kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional  sejak 26 Februari 1992. 

Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini masuk dalam  rangkaian Taman Nasional Kelimutu. 

Untuk ke sini dari ibukota Propinsi NTT, yakni Kupang, menggunakan pesawat  menuju kota Ende, di Pulau Flores. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan  angkutan umum berupa mini bus, menuju Desa Kaonara, yang berjarak 93  kilometer, atau sekitar tiga jam perjalanan. Dari Desa Koanara menuju Puncak  Danau Kelimutu, berjalan sepanjang 2,5 kilometer. 

Taman Nasional Komodo

Meliputi Pulau Komodo, Rinca dan Padar, ditambah pulau-pulau lain merupakan  habitat asli komodo.  Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian  komodo. Tak hanya komodo, tempat ini juga untuk melindungi berbagai macam  tumbuh-tumbuhan dan satwa, termasuk binatang-binatang laut. 

UNESCO menetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986.  Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini dikenal sebagai  habitat asli hewan komodo. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi  Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Pulau ini tempat hewan komodo hidup dan berkembang biak. Di sini terdapat  sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan  dan Pulau Gili Motang, jumlah keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor.  Keberadaan hewan langka tersebut menjadi salah satu atraksi menarik bagi  wisatawan yang datang. ars

HHFFG

Wisata Alam Legendaris

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keindahan alam tidak akan pernah habis pesonanya, dari taman rekreasi Selecta hingga Danau Toba yang spektakuler.

Taman Rekreasi Selecta Batu Malang

Malang dan Batu adalah kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata, seperti Museum Mobil Antik, Alun-Alun Batu, … Selengkapnya

Menjelajah Tempat-tempat Belanja di Kota Bandung

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berwisata sambil belanja pasti jadi hal menyenangkan bagi para penggemar shopping. Sambil menikmati waktu santai bersama orang-orang tercinta, sekaligus mencuci mata dan berbelanja juga. Mulai dari melihat dan memilih barang bagus, menawar, dan akhirnya membeli, tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Selengkapnya

Variasi Olahan Belut

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski terlihat begitu menggelitik dan menggelikan namun hewan belut ini akan berubah nikmat setelah diolah menjadi berbagai resep masakan sedap. Anda yang suka sekali dengan sajian masakan belut dapat mencoba sajian aneka resep masakan belut berikut ini.

Nikmatnya Sajian Cobek … Selengkapnya

megapolitan

Pemprov Ingin Pendataan Lengkap

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengharapkan pendataan Sensus Ekonomi 2016 untuk masyarakat yang dilaksanakan di Jakarta lengkap.

“Jadi presiden ingin data ini betul- betul satu data, yang kita harap Jakarta memang harus betul-betul lengkap karena kita ingin bukan hanya pedagang permanen termasuk pedagang kaki lima yang di jalan manapun yang nonformal harus dapat semua,” kata Ahok di Jakarta, Kamis (28/4). 

Pendataan Sensus Ekonomi diharapkan lengkap, agar dalam melakukan penyaluran kredit oleh Pemprov DKI tidak mengalami kesulitan, katanya.

“Kombinasi sensus ini, data 2016 ditambah dengan kita mengeluarkan ‘Jakarta One’ dengan sistem transaksi nontunai yang kita harapkan 2017, kita kerja lebih gampang dan baik,” kata Ahok.

Sensus ekonomi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ini, digelar mulai 1 Mei 2016 hingga 31 Mei 2016. Ahok berpesan, agar petugas sensus tidak mengarang-ngarang data mengingat jumlah penduduk Jakarta cukup banyak.

“Memang kesabarannya harus tinggi, jauh lebih tinggi dari pada saya. Jangan enggak sabar nanti baru dapat 10 orang terus ngarang-ngarang. ini buat kebaikan saudara juga. Kepentingan anak dan keluarga. Jadi mulailah berpikir saya melakukan ini untuk saya,” jelasnya.

Kepala BPS DKI Jakarta, Syech Suhaimi mengatakan, pihaknya mengerahkan 22.035 petugas untuk melakukan Sensus Ekonomi 2016. Petugas BPS itu akan mengumpulkan data perusahaan non-pertanian, baik yang berlokasi permanen dan tidak permanen. “Sensus Ekonomi dilaksanakan setiap 10ntahun sekali dan ini yang keempat, sejak tahun 1986, 1996, dan 2006,” katanya.

Menurutnya, BPS akan menyisir responden atau sumber data setiap perusahaan atau usaha non pertanian seperti mall, pasar, supermarket, kantor, hotel, restoran, bank, pabrik, pedagang kaki lima, pasar kaget, tukang jajanan keliling, penyedia jasa keliling, warung hingga tukang isi pulsa.

“Data yang dikumpulkan berupa umum seperti nama usaha/perusahaan, alamat, tahun mulai beroperasi, status badan usaha, dan kegiatan utama usaha, jaringan usaha, ketenagakerjaan, bulan kerja, pengeluaran usaha, dan lainnya,” ungkapnya.

Dengan melakukan sensus ekonomi ini, tegasnya, pemerintah mengharapkan ada peta potensi ekonomi menurut wilayah, jenis, skala unit usaha/perusahaan. Juga ada direktori lengkap tentang pelaku usaha berskala mikro, kecil, menengah dan besar.

Dia menjelaskan, Sensus Ekonomi 2016 ini selaras dengan program Nawacita pemerintah, yakni Nawacita ke-6 dan Ke-7. Kedua Nawacita itu adalah meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya. J

“Data hasil Sensus Ekonomi 2016 menjadi strategis karena dapat dijadikan sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan. Serta untuk menjadi potret daya saing bisnis di Indonesia,” tandasnya. pin/P-5

459 Siswa di Kepulauan Seribu Siap Hadapi Ujian Nasional

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 459 siswa dari tujuh SMP negeri di Kepulauan Seribu dipastikan siap menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan digelar mulai 9-12 Mei 2016 mendatang. Sebab, ratusan peserta ujian akhir tersebut sebelumnya telah mengikuti berbagai macam pembekalan dan pelatihan … Selengkapnya

Warga Rusun Diminta Lapor Jika Tempat Tinggalnya Rusak

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta warga yang tinggal di rumah susun agar segera melapor apabila tempat tinggal yang dihuninya mengalami kerusakan

“Sama seperti kalau tinggal di rumah, kan bisa rusak juga rumahnya. Hanya saja, karena ini … Selengkapnya

16.443 Personel Siaga Amankan Hari Buruh

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 16.443 personel TNI/Polri akan disiagakan mengamankan Peringatan Hari Buruh atau May Day, Minggu (1/5) mendatang di Ibukota. Belasan ribu personel itu akan disebar ke sejumlah titik obyek vital di Jakarta.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes … Selengkapnya

olahraga

Persipura Ditahan Persija di Laga Perdana

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAYAPURA – Persipura bermain imbang 1-1 saat menjamu Persija Jakarta dalam pertandingan pembuka Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang resmi digulirkan di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (29/4) malam. Gol Persija diciptakan Ade Jantra sedangkan James Koko mencetak gol balasan Persipura dari titik penalti.

Tampil dengan kekuatan penuh, termasuk kapten Boaz Salossa, Persipura yang saat ini ditukangi pelatih Jafri sastra mengambil inisiatif serangan. Namun barisan pertahanan Persija mampu meredam permainan cepat Persipura. Bahkan di menit ke 11 Persija yang melakukan serangan balik mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Ade Jantra yang sebelumnya mengenai kaki Bio Paulin sebelum menjebol gawang Persipura.

Tapi hanya berselang 7 menit , skor menjadi 1-1 setelah tuan rumah mendapat hadiah pinalti di menit ke 18 yang dieksekusi James Koko. Kompetisi sepak bola yang rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo, akhirnya dibuka Panglima Jendral Gatot Nurmantyo yang didampingi Kapolri Badrodin Haiti.

Presiden Jokowi yang mengalami keterlambatan karena gangguan cuaca akhirnya meniup peluit tanda babak kedua dimulai. Dalam ccara pembukaan yang berlangsung meriah diataranya diisi degan tarian dan nyanyian khas Papua, Yambo Rambe Yamko.

Pertandingan lainnya antara Semen Padang yang menjamu PSM Makassar masih berlangsung ketika berita ini ditulis. Untuk pertandingan Sabtu (30/4), Persela Lamongan akan menjamu Persegres Gresik, sedangkan Persib Bandung menjamu Sriwijaya FC. Sehari setelahnya, Minggu (1/5), tuan rumah Bali United akan menghadapi Pusamania Borneo FC dan Persiba Balikpapan dijamu Arema Indonesia di Malang. PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator dan para sponsor menyediakan hadiah total 5 Miliar rupiah bagi para juara. ISC A menggunakan sistem kompetisi penuh.

Setiap tim akan bertanding setiap pekannya. Dijadwalkan kompetisi rampung pada Desember 2016. Untuk juara pertama akan menerima hadiah sebesar 3 miliar rupiah dan runner-up mendapat 2 Miliar rupiah. “Juara akan mendapat Rp3 miliar dan runner-up akan mendapat 2 Miliar, rupiah” ujar Joko Driyono Joko juga menyebut ada gelar top skor, pemain terbaik, tetapi belum bisa disebutkan berapa jumlahnya masing-masing. ISC terdiri dari dua bagian, A dan B. ISC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL).

ISC B dihuni 59 klub Divisi Utama. ISC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi. Menurut Joko sistem promosi dan degradasi tak diterapkan lantaran masih diberlakukannya SK Pembekuan terhadap PSSI. Jika nantinya SK dicabut sebelum kick-off, maka bisa saja sistem promosi dan degradasi diterapkan.

Format untuk ISC A adalah satu wilayah dengan menggunakan sistem kandang tandang. Sedangkan, ISC B menggunakan sistem yang berbeda. Sebanyak 59 klub peserta di ISC B dibagi ke dalam delapan grup di babak penyisihan. Kemudian, dua klub teratas dari masing-masing grup akan berlaga di babak 16 besar.

Selanjutnya, para pemenang tampil di perempat final, semifinal, dan final. Juara ISCB akan menerima uang pembinaan 1 miliar rupiah, sedangkan peringkat kedua 750 juta rupiah, kemudian untuk peringkat ketiga dan keempat 500 juta rupiah. drb/S-1

Final Four Berlangsung Lebih Ketat

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Kompetisi Pertamina Proliga 2016 memasuki babak final four. Putaran pertama babak empat besar akan berlangsung di GOR C-Tra Arena Bandung, 29 April – 1 Mei 2016 dan diprediksi bakal berlangsung lebih ketat dibanding dua putaran reguler sebelumnya.

Pelatih … Selengkapnya

Marquez Tak Suka Pakai Sayap

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JEREZ – Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez terus bersuara atas ketiDak sepahamannya atas penggunaan sayap di MotoGP agar terlihat modis. Menurutnya, itu seperti yang digunakan di ajang Formula 1 dan bisa mempersulit pebalap untuk melakukan overtake terhadap pebalap … Selengkapnya

Pemerintah Lanjutan Reformasi Sepakbola

Jumat 29/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan tahapan lanjutan strategis dari reformasi tata kelola yang tengah bergulir. Tahapan lanjutan yang fundamental itu akan ditempuh dengan dua cara yakni lewat gelaran Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dan penyempurnaan regulasi pemerintah.

Selengkapnya

kupas

Izin Kerja Ada Tapi Disalahgunakan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditangkap karena melakukan pengeboran tanah untuk proyek kereta cepat tanpa izin di wilayah Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara.

Pemeriksaan terkait izin kerja lima TKA pekerja kereta cepat tersebut kemudian dilakukan. Hasilnya, ternyata empat dari lima TKA yang melakukan kegiatan ilegal tersebut sebenarnya memiliki IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing). Hanya saja, IMTA yang mereka kantongi telah disalahgunakan. Selain itu, keberadaan mereka di Tanah Air juga tanpa koordinasi dengan pihak terkait Berikut wawancara Koran Jakart dengan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, tentang penanangan TKA asal Tiongkok tersebut.

Apa saja temuan dari hasil pemeriksaan terhadap ke-5 TKA asal Tiongkok yang ditangkap aparat TNI AU di Halim Perdanakusuma? Setelah dicek di data Direktorat Pengendalian dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing (PPTKA) Kemnaker dan setelah di-cross check dengan data perlintasan di Direktorat Imigrasi Kemenkumham ditemukan fakta bahwa dari lima orang pekerja asing asal Tiongkok itu hanya satu yang tidak memiliki Izin kerja IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing).

Berarti, dari sisi kepemilikan izin kerja, hanya satu orang jelas-jelas melanggar karena bekerja tanpa izin kerja. Namun, dari empat orang pekerja asing yang memegang izin kerja itu pun hanya memiliki izin kerja jangka pendek (6 bulan) dengan jabatan dua orang technical engineer, satu orang finance manager, dan satu orang lainnya sebagai research and development manager. Dalam hal jabatan ini tidak masalah karena memenuhi ketentuan yang ada.

Apakah IMTA mereka sesuai dengan pelaksanaannya? Setelah dikroscek antara fakta di lapangan dan hasil pemeriksaan pihak Imigrasi Jakarta Timur, ditemukan bahwa empat orang tersebut memiliki IMTA atas nama PT Teka Mining Resources (TMR).

Artinya, PT TMR itulah pengguna sah dari keempat pekerja asing tersebut. Ternyata dari hasil pemeriksaan Imigrasi, keempat orang tersebut di lapangan bekerja atas nama PT. GCM (Geo Central Mining). Dalam hal ini berarti ada pelanggaran dalam pelaksanaan IMTA terkait dengan perubahan perusahaan pengguna. Ini merupakan penyalahgunaan izin kerja (IMTA).

Selain ketidaksesuaian nama perusahaan, ada temuan pelanggaran apa lagi? Setelah dikroscek data jabatan di izin kerja (IMTA) dengan aktivitas pekerjaan di lapangan sesuai hasil pemeriksaan Imigrasi dan Otoritas Pangkalan Udara Halim, ternyata berbeda juga. Menurut izin kerjanya, keempat pekerja asing tersebut berposisi 2 orang sebagai, satu orang manajer keuangan dan satu orang sebagai research and development manager.

Tetapi di lapangan mereka melakukan aktivitas pekerjaan yang berbeda. Ini berarti ada penyalahgunaan izin kerja terkait jabatan atau pekerjaan juga. Khusus terkait dengan aktivitas ilegal mereka di kawasan Halim Perdanakusuma tentunya menjadi ranah dari otoritas yang bandara.

Sanksi terhadap perusahaan yang mempekerjakan mereka apa? Dengan temuan-temuan tersebut, maka Kemnaker mengambil beberapa langkah. Pertama, PT TMR dan PT GCM diblokir sementara dari sistem pelayanan TKA online di Direktorat PPTKA Kemnaker. Kedua, PT TMR dan PT GCM dipanggil untuk klarifikasi.

Kami juga akan menurunkan pengawas ketenagakerjaan ke lapangan untuk berkoordinasi dengan Imigrasi, otoritas Pangkalan Udara Halim, dan instansi terkait guna pemeriksaan kasus. Kemudian melakukan pendalaman pemeriksaan kepada para pekerja asing yang melanggar, lalu penegakan hukum sesuai ketentuan yang ada.

Sanksi yang dijatuhkan terhadap para TKA ilegal tersebut? Jika mereka melakukan pelanggaran ya harus ditindak sesuai ketentuan yang ada, termasuk pencabutan IMTA dan memudikkan pekerja asing yang melanggar ke kampung asalnya.

Warga negara asing sebenarnya boleh bekerja di Indonesia sepanjang memenuhi syarat, baik terkait izin tinggal dari Imigrasi, izin kerja, syarat kompetensi, jabatan yang diduduki dan lain-lain termasuk membayar levy (retribusi) melalui bank dan langsung ke kas negara. Selama orang asing bekerja di Indonesia mengantongi izin dan di lapangan bekerja sesuai dengan izin tinggal maupun izin kerja yang diterbitkan. citra larasati/AR-2

“Feedloter” dengan Sengaja Menahan Stok

Kamis 28/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjatuhkan sanksi senilai 106 miliar rupiah kepada 32 perusahaan penggemukan sapi atau feedloter.

Hukuman itu diberikan karena feedloter tersebut menahan pasokan yang memicu terjadinya kenakan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek. Akibatnya, daya beli … Selengkapnya

AKP Ichwan Lubis Diancam Pasal Pencucian Uang

Rabu 27/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis (IL) ditangkap anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan dugaan menerima dana hasil kejahatan narkoba sebesar 2,3 miliar rupiah dari bandar narkoba.

Uang hasil kejahatan narkoba itu diduga diberikan agar bandar narkoba yang saat itu … Selengkapnya

Perbanyak Bendung Kecil Agar Tercipta Ekosistem Air Baru

Selasa 26/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang cenderung memilih reklamasi Teluk Jakarta sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan laut atau rob dinilai kurang tepat.

Jakarta, yang selama ini berada di daerah rendah, seharusnya mengembangkan wilayah terbuka hijau dan daerah … Selengkapnya

berita lain

Desain Dapur Minimalis

Senin 25/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah dapur minimimalis sekarang ini menjadi salah satu desain favorit bagi keluarga kecil yang sangat menyukai sesuatu yang sederhana. Bagaiamana mendesain dapur berkonsep minimalis?

Dapur minimalis sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar dan hanya memiliki ruangan yang terbatas. … Selengkapnya

Layanan Video “Streaming” Banting Harga

Kamis 28/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak hadirnya penyedia konten video berbayar cukup menguntungkan bagi pelanggan. Kompetisi yang sengit diantara mereka membuat pelanggan mendapatkan harga murah, dengan beragam kualitas.

Setelah konten video berbayar Netflix sempat tampil, belakangan ini muncul Tribe, Hooq, dan juga Iflix. Tribe misalnya … Selengkapnya

Beijing Auto Show 2016 Memburu Pasar Raksasa

Rabu 27/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok saat ini menjadi salah satu kiblat industri otomotif di Asia setelah Jepang. Pada 2014 misalnya sebanyak 23,48 juta mobil terjual di Tiongkok. Kini pameran mobil Beijing Auto Show 2016 menjadi yang paling ditunggu. Produk apa saja yang diluncurkan?

Sebagai … Selengkapnya