Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | August 30 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pilkada di Papua Paling Rawan

Selasa 30/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 2017, terdapat tujuh provinsi yang menggelar pemilihan provinsi. Dari pemetaan Bawaslu, kerawanan paling tinggi ada di Papua Barat.

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melaunching Indek Kerawanan Pemilu (IKP). Dari hasil pemetaan serta kajian badan pengawas, pemilihan di Papua paling rawan.

Definisi kerawanan pemilu adalah egala hal yang berpotensi atau menghambat proses pemilu yang demokratis. Dari hasil pemetaan badan pengawas, yang kemudian tertuang dalam IKP, ada tiga dimensi kerawanan.

Pertama, penyelenggaraan, kedua kontestasi dan ketiga menyangkut partisipasi. Hal tersebut dikatakan Anggota Bawaslu, Daniel Zuchron saat memaparkan IKP versi lembaganya di Jakarta, Senin (29/8).

Menurut Daniel, penyusunan indek kerawanan, latar belakang tujuannya adalah untuk memetakan potensipotensi konflik yang sangat mungkin akan terjadi dalam pemilihan kepala daerah.

Indek kerawanan juga akan berguna sebagai instrumen dalam melakukan deteksi dini. “Tujuannya adalah pemetaan dan deteksi dini. Identifikasi ciri, karakteristik, mengembangkan database kepemiluan,” kata Daniel.

“Nah, untuk dimensi penyelenggaraan, prosentase kerawanannya mencapai 30 persen,” kata dia. Kerawanan yang dipicu dari aspek penyelenggaraan kata Daniel, terkait erat dengan intensitas dan netralitas penyelenggara.

Selain terkait dengan penyalahgunaan kewenangan. Sementara dimensi partisipasi yang bisa menimbulkan kerawanan adalah terkait dengan hak pilih serta karakteristik lokal. “Lalu skala pengukuran kerawanan, 0-99 adalah kategori rendah. Skala 200-299 sedang.

Dan, skala 300-500 kategorinya tinggi,” katanya. Seperti diketahui, lanjut Daniel, dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 2017, terdapat tujuh provinsi yang menggelar pemilihan provinsi. Dan, dari pemetaan Bawaslu, kerawanan paling tinggi ada di Papua Barat.

Kemudian Aceh dan berikutnya Banten. Sementara kerawanan dengan kategori sedang ada di Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Barat dan Gorontalo.

“Sedangkan hasil IKP untuk kabupaten atau kota di 94 pemilihan kabupaten dan kota, kerawanan tertinggi terdapat di Tolikara, Intan Naya, Nduga, Lanny Jaya,” ujarnya. Kerawanan dengan kategori sedang, lanjut Daniel, ada di 40 kabupaten dan kota.

Sementara kerawanan kategori rendah, ada di 50 kabupaten serta kota.

Jangan Ekslusif

Ketua Bawaslu Muhammad, mengatakan sangat penting mendekatkan pemilu ke masyarakat. Pemilu jangan ekslusif, semata jadi ajang elit.

Namun, pemilu harus jadi pesta rakyat. Karena itu partisipasi pemilih harus jadi perhatian semua pihak terkait. “Pandangan yang bilang pemilu adalah hajatan kami sudahi itu, tapi ini hajatan rakyat.

Maka itu kami ingin mengajak bahwa sukses pemilu kepala daerah dari proses dan hasil ada di tangan kita semua. Maka diharapkan partisipasi aktif masyarakat,” ujarnya.

Muhammad juga berharap, pemilihan kepala daerah dan pemilu, jangan kemudian hanya jadi rutinitas lima tahunan saja. Namun, pesta demokrasi yang digelar, adalah instrumen untuk menegakan serta menguatkan sendi-sendi demokrasi.

“Dengan IKP, kita semua punya antisipasi lebih dini. Kalau kita punya upaya antisipasi sedini mungkin maka konfliknya bisa ditekan,” ujar Muhammad. Muhammad juga menegaskan, IKP disusun dengan cari ilmiah.

Jadi, apa yang disusun lembaganya berdasarkan penelitian ilmiah. Harapannya indek kerawanan bisa jadi instrumen yang membuat pemilihan kepala daerah lebih baik dan lebih bermartabat.

Dengan menempatkan rakyat sebagai pemegang kuasa mandat. Acara launching IKP sendiri, dihadiri beberapa pejabat penting. Hadir Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Jaksa Agung, HM Prasetyo dan Ketua KPU, Juri Ardiantoro.

Dalam kata sambutannya, Juri mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bawaslu dengan menyusun indek kerawanan. Menurut Juri, dengan itu, Bawaslu ikut membantu pengelolaan Pilkada 2017. Dan, bagi KPU sendiri IKP sangat berguna.

“Setidaknya KPU juga bisa mengantisipasi sedini mungkin terkait adanya hambatan dalam pemilihan,” katanya. Juri menambahkan, dari teknis penyelenggaraan, masalah Pilkada bisa dilihat dari kontruksi hukum penyelenggaranya.

Masalah Pilkada terkait erat dengan sejauh mana produk hukum bisa mengantisipasi kerawanan. “Setiap tahap punya potensi terjadinya masalah,” katanya. Sementara itu, Wiranto mengataan, saat ini Indonesia sudah masuk dalam sistem demokrasi. Dalam sistem demokrasi, pemilihan pemimpin sangat penting.

Dan, di banyak negara, jatuh bangunnya sebuah bangsa salah satu faktornya tergantung kepad pemimpinnya. “Proses Pilkada adalah untuk memilih. Kita harapkan output- nya pemimpin kompeten dan punya kualitas,” katanya. ags/AR-3

Kinerja Kemdikbud Tak Maksimal

Selasa 30/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Penemuan kelebihan anggaran tunjangan profesi guru oleh Kementerian Keuangan menjadi peringatan keras bagi Kemdikbud.

JAKARTA – Komisi X DPR mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) untuk menelusuri data guru yang menyebabkan terjadinya kelebihan alokasi anggaran.

Pemotongan anggaran sertifikasi guru sebesar 23,4 … Selengkapnya

Presiden Lantik Hasyim Asy’ari Jadi Anggota KPU

Selasa 30/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Hasyim Asy’ari sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk sisa masa jabatan periode 2012-2017.

Hasyim dilantik menjadi anggota KPU guna menggantikan komisioner Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pada Juli lalu.

Selengkapnya

Pemerintah Didesak Segera Negerikan Usakti

Selasa 30/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Meskipun segenap Civitas Akademika Usakti sejak tahun 2012 telah mendeklrasikan keinginannya untuk kembali kepada negara dengan cara perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) guna mengakhiri konflik antara pihak universitas dengan Yayasan Trisakti, namun hingga kini masih belum … Selengkapnya

mondial

Mayoritas Warga Ingin Abe Tetap Jadi PM Jepang Hingga 2020

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan Nikkei Business Daily pada Senin (29/8) menyatakan bahwa lebih dari 60 persen responden warga Jepang ingin agar Shinzo Abe tetap jadi Perdana Menteri Jepang hingga 2020 nanti atau saat Tokyo jadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade.

“Dukungan pada kabinet PM Abe mencapai 62 persen pada jajak pendapat yang dilakukan pada 26-28 Agustus,” demikian lapor Nikkei Business Daily. “Peningkatan dukungan ini terjadi akibat demam olimpiade dimana saat penutupan Olimpiade Rio de Janeiro lalu, Abe tampil dengan kostum karakter video game Mario,” imbuh media bisnis Jepang itu.

Masa jabatan PM Abe untuk periode ke-2 akan berakhir pada September 2018 mendatang, dan jika warga Jepang menginginkan Abe dipertahankan hingga penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 nanti, maka harus ada perombakan aturan di partai pimpinan Abe yaitu Partai Demokratik Liberal yang membatasi masa jabatan PM yaitu hanya dua periode saja. Rtr/I-1

Xi Tunjuk Orang Kepercayaan untuk Posisi Kunci

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 – Secara mengejutkan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, melakukan perombakan di tubuh Partai Komunis Tiongkok (PKT). Sebanyak tiga pucuk pimpinan PKT dilevel provinsi di putar posisinya menyusul langkah Xi yang ingin menempatkan orang-orang terbaik pilihannya untuk menduduki posisi kunci menjelang kongres … Selengkapnya

Gempa Susulan Timbulkan Kerusakan di Italia Tengah

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

AMATRICE – Kantor berita Ansa pada Senin (29/8) melaporkan bahwa gempa susulan kembali mengguncang Italia Tengah pada Minggu (28/8) sore, dan mengakibatkan sejumlah kerusakan baru di Kota Amatrice.

“Sejak gempa berkekuatan 6,0 skala Richter yang menewaskan 291 orang pada Rabu … Selengkapnya

Polisi Kaitkan Serangan Bom Thailand dengan Separatisme

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Pihak kepolisian Thailand pada Senin (29/8) menyimpulkan bahwa serangan serangkaian bom yang meneror destinasi turis di wilayah selatan Thailand pada 11-12 Agustus lalu, ada kaitannya dengan gerakan separatis Muslim yang berada di kawasan itu.

Kesimpulan itu diambil polisi … Selengkapnya

ekonomi

RI-Jepang Perkuat Komitmen Perdagangan Karbon

Selasa 30/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Pemerintah berkomitmen mendorong pertumbuhan rendah karbon ke depan. Komitmen tersebut sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan lingkungan serta kinerja perekonomian nasional secara berkelanjutan.

“Indonesia menyadari, pembangunan rendah karbon adalah sebuah tren baru. Karena itu upaya menggenjot ekonomi tak boleh dipisahkan dari pertumbuhan rendah emisi dan pertumbuhan berkelanjutan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam pidato sambutan pembukaan Seminar Nasional Peringatan Tiga Tahun Kerjasama Bilateral Kemitraan Pertumbuhan Rendah Karbon antara Indonesia dengan Jepang di Jakarta, Senin (29/8).

Darmin menjelaskan, sejak 2013, pemerintah berkomitmen dengan Jepang, melalui skema mekanisme kredit bersama (JCM), untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang perdagangan karbon, dengan melibatkan tujuh kementerian terkait yang bekerja sesuai standar ISO 14065.

“Dengan mematuhi standar ini, seluruh implementasi dalam kerangka JCM, seperti efisiensi energi, pembangkit listrik energi terbarukan, manajemen limbah, transportasi, dan manajemen lahan, harus berkualifikasi kegiatan rendah karbon, mampu mengurangi emisi CO2, sembari menjaga produktivitas dan efisiensi,” jelasnya.

Darmin mengharapkan penguatan komitmen dalam perdagangan karbon, disertai oleh kerangka kerja yang efisien serta standar yang memadai, akan memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi nasional dan global secara keseluruhan.

Selain itu, Darmin menegaskan adanya empat strategi yang harus dilakukan sebagai komitmen pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi karbon, seperti yang telah disampaikan sebelumnya ke UNFCCC.

Empat strategi itu meliputi perbaikan dan penguatan berbagai kegiatan berdasarkan sumberdaya alam dan konservasi lingkungan serta implementasikomitmen terhadap pertumbuhan rendah karbon dan adaptasi perubahan iklim.

Kemudian, memperkuat dan memperdalam kemitraan dengan tujuan untuk merancang tindakan-tindakan lebih jauh ke arah pengurangan emisi dan membuat kemitraan menjadi lebih kondusif bagi kerjasama bisnis dan investasi.

Selama tiga tahun sejak berlangsungnya kerja sama bilateral ini, skema JCM berhasil menyalurkan lebih dari 37 juta dollar AS subsidi kepada pihak swasta Indonesia untuk menjaga kesehatan lingkungan.

Kontribusi pihak swasta Indonesia dalam skema itu mencapai 113 juta dollar AS, sehingga total nilai investasi dalam skema JCM diperkirakan lebih dari 150 juta dollar AS. Sampai saat ini, skema JCM di Indonesia direalisasikan melalui penyediaan pendanaan secara penuh terhadap 108 studi kelayakan dan pendanaan sebagian untuk 28 proyek.

Skema Kredit
Sekretaris JCM Indonesia Dicky Edwin Hindarto menyampaikan skema bantuan kredit bersama merupakan tindakan nyata pemerintah untuk mencapai target Nationally Determined Contribution pada COP 21 di Paris.

“Implementasi kerja sama semacam ini akan lebih membantu upaya Indonesia untuk pertumbuhan rendah karbon dan peningkatan investasi,” kata Dicky. Ant/E-10

Jasa Marga “Rights Issue” Rp1,8 Triliun

Selasa 30/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berencana meningkatan Modal Ditempatkan dan Modal Disetor Perseroan melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) I dengan penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau Rights Issue senilai 500 rupiah per lembar saham.

“Itu … Selengkapnya

Tambal Lubang Utang APBN yang Kian Menganga

Selasa 30/8/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Gali lubang tutup lubang. Itulah kalimat yang tepat disematkan pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sejak 2012 seolah sulit keluar dari jebakan utang.

Meskipun sifatnya baru rancangan dan sementara dalam pembahasan di parlemen, tetapi hampir dipastikan … Selengkapnya

Awasi Ketat Persaingan di “Fintech”

Selasa 30/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Persaingan di industri fintech harus dikawal supaya tidak ada bleeding for nothing atau usaha yang mengeluarkan uang banyak tetapi tidak mencapai target akibat kalah bersaing dengan perusahaan besar.

jakar ta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat regulasi teknologi finansial … Selengkapnya

rona

Berlian Hutauruk Masih Punya Suara Brilian

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di era tahun 1980an, nama Berlian Hutauruk sebagai penyanyi wanita begitu berkibar. Kualias suara vokal tinggi miliknya sulit dicari tandingannya. Ternyata, hingga kini pun Berlian Hutauruk masih tetap aktif bernyanyi.

“Masih tetap nyanyi ya. Kalau sekarang pentasnya ya di mana-mana, off air di mana aja. Tapi biasanya selalu spesial event, seperti pelayanan, acara-acara khusus, atau benyanyi saat kumpul dengan rekan-rekan, atau keluarga. Masih aktif kok,” kata Berlian saat ditemui di peresmian restoran Jamuan Samudra, di bilangan Jalan Joko Sutono, Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski tak muda lagi, penyanyi senior berusia kepala lima ini masih punya suara yang brilian. Tak jauh berbeda dengan era keemasannya sekitar 30 tahun lalu.

“Puji Tuhan. Saya dikasih talenta yang selalu terus saya asah. Saya nggak punya resep apa-apa untuk suara. Sampai sekarang saya masih terus nyanyi, jadi mungkin suaranya jadi terasah terus. Nggak ada pantangan-pantangan tertentu kok, biasa aja,” ungkap Berlian.

Pelantun tembang Badai Pasti Berlalu ini menyebut jaman sekarang juga penyanyi banyak yang bagus. Meski begitu, Berlian tak sudi menyebut mana yang lebih bagus antara penyanyi dulu atau yang ada di era sekarang ini.

“Berjalan sesuai jamannya ya. Saya nggak bisa bilang sekarang lebih maju atau dulu lebih maju, Kalau buat saya yang dulu memang bagus, jadi ya punya keistimewaan sendiri-sendiri,” sebut pemilik tembang Matahari ini. yzd/S-1

Al Kahn, Sosok di Balik Kesuksesan Pokemon

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pokemon, yang kepopulerannya tengah memuncak melalui game berkonsep augmented reality ini, menyimpan beberapa ‘suksesor’ andal, yang mungkin Anda belum tahu bagaimana kisah di balik kejayaannya, sampai saat ini.

Selain John Hanke, veteran Google sekaligus CEO dan pendiri Niantic yang bergelut … Selengkapnya

Beyonce Berjaya di MTV VMA

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Beyonce tampil memukau dan mengantongi banyak piala di MTV Video Music Awards yang berlangsung di Madison Square Garden, New York pada Minggu (28/8). Beyonce tampil selama 15 menit membawakan lima lagu dari album Lemonade yang bercerita tentang pengkhianatan, balas dendam … Selengkapnya

Melestarikan Jajanan Nusantara ala Gulaku

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu kekayaan kuliner Indonesia terletak pada keragaman kue-kue tradisionalnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ragam kue tradisional dengan ciri khas dan keunikan masing-masing.

Aneka kue tradisional seperti kue putri kandis dari Jambi, kue lepet jagung khas Jawa Timur, … Selengkapnya

megapolitan

Tahun Depan, ERP Efektif Diterapkan

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) tahun depan. Saat ini, pihaknya masih terus berupaya melakukan lelang ERP. Untuk masa transisi setelah mencabut kebijakan 3 in 1, Pemprov DKI akan menegakkan pembatasan kendaraan ganjil genap untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Ganjil genap akan kita terapkan sampai ERP terpasang. Saya kira, ERP tahun depan bisa berfungsi,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/8).

Rencananya, kebijakan ganjil genap akan mulai diberlakukan hari ini Selasa (30/8) pada ruas jalan tertentu. Nantinya, pengguna kendaraan yang melanggat kebijakan ini akan dikenakan denda tilang sebesar 500 ribu rupiah

Untuk mendukung kebijakan ERP utu, kata Ahok, Pemprov DKI terus mendatangkan banyak bus untuk digunakan Tranajakarta. Dia berharap, warga Jakarta bisa beralih kepada angkutan umum agar kemacetan di Jakarta bisa menurun.

“Ada, kita akan datangkan bus. Untuk jalur koridor 1 bus kita sudah bagus sekali. Busnya disiapkan yang berlantai pendek. Bus itu akan masuk lebih dari 100 sampai akhir tahun yang lowerdack, paling telat Januari 2017. Ukurannya lebih panjang dari metro mini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, Kebijakan Ganjil Genap merupakan salah satu dari 3 program strategis penanganan kemacetan lalu lintas di Jakarta yaitu Peningkatan Angkutan Umum, Pembatasan Lalu Lintas dan Peningkatan Infrastruktur Jalan sebagaimana tertuang dalam Pola Transportasi Makro (PTM).

Secara terpisah, , Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di mengatakan Polda Metro Jaya akan menjatuhkan sanksi pidana terhadap pengendara yang memalsukan pelat nomor kendaraan di jalur ganjil-genap. Sanksi pidana yang digunakan untuk menjerat pelaku yakni Pasal 263 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pemalsuan Dokumen.

“Pemalsuan pelat kita kenakan Pasal 263 KHUP dengan ancaman kurungan dua bulan,” kata AKBP Budiyanto,

Menurut Budiyanto, pemalsuan plat kendaraan termasuk tindak pidana berat umum dan harus dilakukan penyelidikan untuk disesuaikan identitas pemilik dengan di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). pin/P-5

Djarot: Ahok Tak Perlu Mendaftar ke Partai PDI-P

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Djarot Saiful Hidayar memastikan calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tak perlu mendaftar ke partainya.

Saat ini, Ahok tak bergabung sebagai kader partai politik manapun. Dia juga didukung oleh tiga partai … Selengkapnya

Terlibat Tawuran, 14 Pelajar MTsN Diamankan

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 14 pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 32 Petukangan, Jakarta Selatan diamankan petugas Polsek Kembangan, Jakarta Barat.

Kapolsek Metro Kembangan, Kompol Aldo Ferdinand mengatakan, diamankannya 14 siswa MTsN 32 itu dilakukan petugas dan warga saat tawuran di Jalan … Selengkapnya

Dokter Yakin Mirna Meninggal Sebelum di RS

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Dokter umum di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Prima Yudho dan Ardianto, yang menjadi saksi fakta dalam kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin diduga akibat kopi bersianida, meyakini korban meninggal sebelum sampai ke rumah sakit atau dalam perjalanan.

Dalam persidangan … Selengkapnya

olahraga

Kemenangan ke-100 Luis Enrique

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sundulan Ivan Rakitic memastikan juara bertahan La Liga Barcelona menang atas Athletic Billbao.

BARCELONA – Juara bertahan La Liga Spanyol Barcelona menghadapi ujian sulit yang melelahkan di San Memes, Senin (29/8) dini hari WIB. Meski demikian gol sundulan Ivan Rakitic pada menit ke- 21 memastikan kemenangan 1-0 atas Athletic Bilbao.

Di tempat lain, Las Palmas mengalahkan Granada 5-1 untuk berada di puncak klasemen dengan enam poin dari dua pertandingan. Las Palmas berada di atas Barca dan Real Madrid karena unggul selisih gol. Sementara juara bertahan Liga a Europa Sevilla ditahan imbang tanpa gol oleh Villarreal.

Dari jalannya laga Barca kontra Billbao, gelandang asal Kroasia Rakitic menerima umpan silang Arda Turan untuk mencetak gol. Barca tumbuh dalam keyakinan setelah istirahat, tapi kapten Lionel Messi gagal memaksimalkan. Luis Suarez juga gagal memanfaatkan beberapa peluang yang jelas.

“Saya senang dengan hasil kemenangan melawan lawan yang sulit,” ujar Luis Enrique dalam konferensi pers. “Kami bisa memastikan kemenangan lebih awal, tapi itu adalah kinerja yang baik dan tiga poin yang bisa diraih dengan baik,” sambungnya.

Luis Enrique memuji kekuatan skuad Barcelona dalam kemenangan ke-100 sebagai pelatih klub Catalan itu. Sejak pengangkatannya pada bulan Mei 2014, Luis Enrique mencapai kemenangan ke-100 itu dalam 126 pertandingan.

“Kami memiliki awal musim seperti akhir musim lalu. Kami ini ingin membuat kecepatan yang memungkinkan kami tetap berada di puncak. Meskipun kami kehilangan beberapa pemain, saya melihat tim yang sangat positif, bersemangat untuk bersaing,” jelas Luis Enrique.

Luis Enrique membuat satu rotasi dari tim yang mengalahkan Real Betis 6-2 dalam pertandingan pembukaan musim. Kiper Marc- Andre ter Stegen menggantikan posisi Claudio Bravo, yang bergabung dengan Manchester City.

Ter Stegen berjuang keras pada laga terakhirnya di San Mames, ketika Barcelona dikalahkan 0-4 pada laga Supercopa de Espana, tapi pemain 24 tahun itu mampu menjaga clean sheet saat ini. Dia sempat bermain buruk di awal pertandingan .

Luis Enrique menambahkan: “Kami membuat kesalahan awal, tapi kami harus mempertimbangkan apakah ini adalah kesalahan kami atau hasil dari keberhasilan saingan kami. Di babak kedua kami mengontrol pertandingan selama 30 menit pertama, tapi akhirnya Athletic membuatnya menjadi pertandingan yang ketat dan kami tidak dapat menambah gol.”

“Meskipun saya lebih suka untuk memiliki kontrol lebih di saat menyerang, kami harus melihat di mana ruang yang ada. Dengan tiga orang melawan tiga, kami memiliki ruang-ruang dalam permainan bola panjang, tapi kemudian kami kehilangan presisi,” sambungnya.

“Kami telah sangat sukses dan serius dan telah membuat upaya pemulihan fisik yang baik. Saya pikir kami bisa menutup laga lebih awal tapi kami membuat performa yang hebat,” tandasnya. Luis Enrique telah memperingatkan bahwa kunjungan ke San Mames selalu menjadi salah satu yang paling sulit untuk laga tandang Barca.

Ter Stegen memberikan tim tamu kekhawatiran ketika dia melakukan kesalahan memberikan bola kepada Benat Etxebarria, namun kiper itu berhasil menahan tembakan gelandang itu. Dia kemudian juga menggagalkan upaya Aritz Aduriz dan Benat.

Las Palmas Menang

Las Palmas melanjutkan kemenangan 4-2 mereka atas Valencia pekan lalu dengan penampilan dominan atas Granada. Nabil El Zhar mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1.

Gelandang Kevin-Prince Boateng mencetak gol pada laga kedua setelah bergabung dengan Las Palmas dari AC Milan. Dia menddedikasikan golnya untuk korban gempa bumi pekan lalu di Italia yang telah menewaskan sedikitnya 290 orang.

“Saya melompat dari kursi saya karena itu adalah gol dari serangan balik yang berkualitas dan dia mencetaknya dengan hatinya,” ujar pelatih Las Palmas Quique Setien.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung Minggu waktu setempat, Alaves bermain imbang 0-0 kontra Sporting Gijon.  ben/Rtr/S-1

Shkodran Mustafi Diyakinkan Oezil

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jelang kepindahannya ke Emirates Stadium, Shkodran Mustafi mengungkapkan ia diyakinkan oleh bintang Arsenal Mesut Oezil.

Mustafi akan dikukuhkan sebagai pemain Arsenal pekan ini setelah pelatih Arsene Wenger mengumumkan hanya beberapa dokumen yang harus diselesaikan untuk membereskan transfer pemain internasional Jerman … Selengkapnya

Raikkonen Salahkan Verstappen

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

STAVELOT – Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen menyebut tindakan Max Verstappen menjadi penyebab atas terjadinya insiden besar pada Grand Prix (GP) Belgia di Sirkuit de Spa-Francorchamps, Minggu (28/8), yang membuat dirinya gagal finis. Pasalnya, selama balapan keduanya tercatat dua kali terlibat … Selengkapnya

“The Citizen” ke Puncak

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Manchester City yang merupakan juara Liga Inggris pada tahun 2012 dan 2014, berada di puncak klasemen dengan kemenangan 3-1 atas West Ham United, Minggu (28/8) waktu setempat. Unggul selisih gol membawa mereka berada di atas Chelsea dan tetangga … Selengkapnya

kupas

Kali Krukut Harus Dilebarkan dengan Membeli Lahan Sekitar Aliran Kali

Selasa 30/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta Sabtu (27/8), membuat kawasan pemukiman mewah, Kemang, Jakarta Selatan bak lautan terbuka. Pasalnya, air di kali Krukut yang melintas kawasan itu meluap dan menyebabkan jebolnya lima rumah warga yang berdiri di pinggirnya.

Sedikitnya, ada 39 RW di 15 kelurahan 8 kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur terendam banjir saat itu. Sebanyak 10.538 kepala keluarga atau 31.622 jiwa pun harus terdampak langsung oleh banjir.

Untuk mengetahui lebih lanjut akan hal ini, Koran Jakarta mewawancarai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Senin (29/8) di Balai Kota, Jakarta Pusat. Berikut petikannya:

Apa tanggapan Anda terkait banjir di Kemang, Jakarta Selatan kemarin?

Saya sampaikan, kalau secara logika, wilayah selatan kan tinggi dan utara rendah. Jika rob tidak pasang, datang air berapa pun pasti lewat. Nggak akan tergenang lama. Tapi yang jadi masalah di Selatan, di Kemang, dia kan banyak wilayah berbentuk mangkok-mangkok. Nah, kalau ada yang jebol agak lama, karena rumah-rumah kosong orang itu jebol. Ada 5 rumah yang jebol. Kami lagi selidiki kenapa hotel kok bisa menempel di Kali Krukut.

Di zaman Belanda, Kali Krukut itu lebarnya 25 meter, kenapa sekarang tinggal 5 meter. Karena saat kemarau, nggak ada air di bantaran kali, orang-orang bikin sertifikat hak milik.

Apa tindakan Anda untuk meminimalisir banjir di wilayah itu?

Harus normalisasi, nggak ada pilihan. Karena lembah kan sudah dibuat Kemang Village. Dia bikin ada bak tampungan. Bak tampungan bisa nggak gantiin air? Nggak bisa dong. Kalau kamu lembah kan beda sama bak tampungan. Kalau bak tampungan datang sekian ya sekian. Nggak ada resapan ke bawah. Itu yang masalah. Kita juga nggak mungkin bongkar. Hak milik semua. Ini kan kejadian-kejadian dulu yang berusaha kami perbaiki.

Beberapa pengamat bilang normalisasi nggak efektif, harusnya naturalisasi sungai, apa pendapat Anda?

Nggak bisa. makanya saya bilang kalau ada yang kritik saya, kan saya sering katakan, mau nggak mau yang tinggal dipinggiran harus kita pindahkan ke rusun. Tapi kalau sudah jadi sertifikat, saya nggak mau berdebat bagaimana mendapatkan sertifikat ya. Sejak zaman Belanda, sungai itu lebarnya 25 meter kok, berarti rumah-rumah sekarang berada di aliran sungai, badan sungai, tinggal 5 meter. Itu urusan dulu lah. Saya nggak mau berdebat soal itu. Sekarang ya harus bongkar, beli.

Termasuk hotel-hotel yang ada dipinggiran sungai itu?

Makanya kita nggak tau, kita mau selidiki, hotelnya dapat sertifikat dari mana. Dia punya kewajiban nggak? ini mesti diteliti. Tapi nggak bisa diperkarakan karena ada sertifikatnya. Apa yang mau diperkarakan. Nah itu saya bilang, pengusaha harus ada tenggang rasa juga, kita sudah mau beli tanah Anda dengan harga pasar, ya jual dong ke kami agar kami bisa bikin waduk. Kamu liat Kemang, naik-turun kan (jalannya), itu semua naik turun bukan dibuat orang, itu daerah aliran sungai. Kalau lagi musim hujan bisa kelok-kelok turun karena airnya lewat setinggi ini, kemarau ya cuma segini, begitu segini jangan bikin rumah dong. Sekarang Kemang sudah minta ampun, hotel segala macem, itu peruntukan nggak boleh dari dulu. Kamu baca kajian tahun 1960-an.

Menurut Anda, pengembang hotel atau apartemen di kawasan Kemang sudah benar?

Semua benar, jadi semua sertifikat, IMB, mereka bener semua. Pertanyaan kita, kok dikasih gitu lho?

Siapa yang mengeluarkan izin waktu itu?

Karena itu zaman dulu belum dibuat perda, semua keputusan ditangani gubernur. Makanya pas Pak Jokowi masuk, pak Jokowi nggak bisa. Kita berdua harus tegaskan, supaya kalau kita tidak jadi gubernur lagi, orang nggak bisa seenaknya mengubah aturan. Tapi kan barang sudah jadi semua nih, nah kita kerjain, makanya jangan kritik-kritik kita. Kita mau kerjain pelan-pelan. Sekarang yang sudah nggak banjir banyak nggak?

Lalu, apa solusi terbaiknya untuk mengatasi banjir di sana?

Makanya, saya tanya yang pintar pintar ngomong normalisasi sungai bagaimana caranya. Yang saya tahu, ya dilebarin? Ya harus beli tanah. kalau nggak ya didalamin. Sekarang mau nggak kita dalamin? Nggak berani. Orang kritik saya kok di tengah kota pakai sheetpile pakai beton. Kalau kamu pakai batu bronjong saja, kamu gali 1 meter roboh nggak tuh batu? Kamu sheetpile sampai 6-8 meter, 12 meter, baru bisa gali sampai 5-6 meter. Nah sekarang orang ngajarin tengah kota kok pakai sheetpile, kalau ga pakai sheetpile pakai apaan dong coba? Memangnya mau bikin zamannya Adam dan Hawa sungai masih 120 meter lebarnya.

Solusi dalam waktu dekat apa?

Kita sudah ada pompa di Kemang Jaya. Ada juga di Ulujami, ada cuma 4-5 rumah dia di lembah tiap kali hujan, banjir, dia minta pasang pompa. Pasang pompa tiap tahun beroperasi miliaran. Pantas enggak? Untuk 4-5 orang yang dulu pernah melanggar beli tanah di lembah. Saya tawarkan, sudah deh kamu nih memang sudah tempat tampungan air, kamu jual ke kita saja deh daripada kita invest miliaran buat pompa, biaya operasional miliaran buat pompa. Nggak mau juga.

Penanganan Karhutla Bukan Karena Desakan Negara Lain

Senin 29/8/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Saat ini Indonesia tengah memasuki musim krusial kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Meski jumlah hotspot atau titik api secara nasional berkurang hingga 70-90 persen, namun kewaspadaan terus ditingkatkan seiring dengan mulai masuknya musim kering.

Dari laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan … Selengkapnya

Warga Negara Asing Terlibat Dalam Pembuatan Paspor Ilegal

Sabtu 27/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mabes Polri sudah bertekad untuk menjadikan kasus ditangkapnya 177 jemaah haji asal Indonesia oleh otoritas Filipina sebagai pintu masuk untuk menyelidiki kasus-kasus serupa yang menimpa jemaah haji asal Indonesia di negara lain.

Dalam kasus 177 calon jemaah haji di Filipina … Selengkapnya

Jangan Sampai Setiap 5 Tahun Undang-undang Diganti

Jumat 26/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah mengaku sudah menyelesaikan draf RUU Penyelenggaraan Pemilu. UndangUndang ini diproyeksikan jadi regulasi yang akan menggabungkan tiga UU terkait pemilu, yakni UU Pemilu ­Legislatif, UU Pemilihan Presiden dan UU Penyelenggara Pemilu.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal itu, wartawan Koran … Selengkapnya

berita lain

Lebih Dinamis, Agen Properti Kian Ekspansif

Senin 29/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agen properti PROMEX Real Estate mendapat kepercayaan dari pengembangpengembang terkemuka seperti Agung Podomoro Land, Ciputra Group, Modernland, Sentul City, Mugie Bali Indah, Pikko Group, dan lain-lain untuk memasarkan proyek-proyek yang sedang dibangun dan dikembangkan.

Menurut Sulihin Widjaja, Chief Executive Officer … Selengkapnya

Sinyal Cepat “e-Commerce” di ASEAN

Selasa 30/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar perdagangan daring (e-Commerce) terus menujukkan tren positif. Riset Google dan Temasek mencatat, nilai pasar e-Commerce akan mencapai 46 miliar dolar AS atau sekitar 608 triliun rupiah pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 26 persen.

Sebuah riset berjudul ‘Economy SEA: … Selengkapnya

Teknologi Mesin Kian Inovatif

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para produsen otomotif terus menyempurnakan mesin bakar (combustion engine). Pasar sudah dijejali teknologi hibrida, mesin listrik, dan fuel cell. Pabrikan terus berusaha membuat mesin bakar tampil lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan tetap bertenaga.

Mazda dan BMW merupakan salah satu pabrikan … Selengkapnya