Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 3 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pemerintah Fokus Pembebasan 4 WNI

Selasa 3/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Pemerintah kembali fokus mengupayakan pembebasan 4 warga negara Indonesia (WNI) yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf setelah 10 WNI lainnya dibebaskan.

“Dalam rapat tadi kami membahas soal pembebasan 4 WNI yang masih disandera. Jadi kami akan segera berkoordinasi untuk mengupayakan pembebasan sandera yang lain,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai rapat dengan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan dan Panglima Tentara Nasional Indonesia Gatot Nurmantyo, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (2/5).

Sebelumnya, dua kapal berbendera Indonesia dibajak di perairan perbatasan antara Filipina dan Malaysia pada 16 April 2016 lalu. Dari 10 anak buah kapal, 4 di antaranya masih disandera pembajak.

Kedua kapal tersebut, yakni Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi, dibajak pada Jumat (15/4), sekitar pukul 18.31 WIB.

Dalam peristiwa tersebut, 1 orang ABK tertembak, 5 orang selamat, dan 4 orang diculik. Satu ABK yang tertembak berhasil diselamatkan oleh Polisi Maritim Malaysia ke wilayah Malaysia guna mendapatkan perawatan. Meski mengalami luka tembak, ABK tersebut dalam kondisi stabil.

Sementara itu, lima ABK lain yang selamat telah kembali ke tanah air. Retno mengatakan, pemerintah terus berupaya membebaskan empat warga negara Indonesia yang masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf itu.

Saat ini pemerintah masih bekerja keras. “Pemerintah masih akan terus memanfaatkan semua opsi terbuka untuk dapat membebaskan empat sandera tersebut,” kata dia.

Retno menjelaskan, dalam pembebasan empat WNI, pemerintah tetap akan menerapkan strategi diplomasi total. Ini merupakan diplomasi yang dipimpin oleh pemerintah, tetapi tetap melibatkan unsur anak bangsa.

Selain itu, Retno juga menegaskan tidak akan membayar tebusan dalam membebaskan empat WNI yang masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

“Pemerintah tidak akan membayar tebusan kepada penyandera. Karenanya, keberadaan lokasi empat WNI yang masih tersandera masih terus terpantau dari waktu ke waktu,” kata Retno.

Ke depan, pemerintah akan terus meningkatkan keamanan wilayah perbatasan dan sekitarnya, dengan mengadakan pertemuan oleh perwakilan Malaysia dan Filipina. Keamanan perbatasan dan wilayah menjadi konsen bagi pemerintah.

“5 Mei mendatang kami akan bertemu dengan mitra dari Malaysia dan Filipina di Indonesia demi meningkatkan pengamanan wilayah perbatasan dan sekitar,” ucap Retno.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerahkan 10 anak buah kapal korban penyanderaan kelompok Abu Sayyaf kepada salah satu perwakilan keluarga di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Penyerahan ini diwakili oleh Yola, istri dari Alvian Elvis Peti, salah satu ABK. Dalam kesempatan itu, Retno menyampaikan terima kasih kepada pihak keluarga ABK yang telah bersabar selama proses pembebasan. uci/Ant/P-4

Abu Sayyaf Sering Ancam Bunuh Sandera

Selasa 3/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Memang ada upaya menekan meski hal tersebut diyakini hanya untuk menakutnakuti sandera.

JAKARTA. – Kapten kapal Brahma 12, Julian Phillip, yang menjadi salah satu korban penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf, mengaku stres selama masa penyanderaan. Sebab, Julian dan rekan-rekannya kerap kali … Selengkapnya

KPK Cegah Bekas Bos Lippo Ke Luar Negeri

Selasa 3/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah Chairman Paramount International, Eddy Sindoro, ke luar negeri. Pencegahan ini terkait dengan penyidikan kasus suap pengurusan pengajuan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan tersangka panitera Edy Nasution dan Doddy Aryanto … Selengkapnya

Oesman Sapta: Nilai-nilai Kebangsaan Mulai Luntur

Senin 2/5/2016 | 11:33
A   A   A   Pengaturan Font

Solok – Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Oesman Sapta Odang mengatakan mengatakan saat ini Indonesia telah terjadi kelunturan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat. Hal tersebut terlihat dengan menurunnya rasa cinta Tanah Air pada generasi muda saat ini. Oleh karena … Selengkapnya

mondial

Korsel Peringatkan Risiko Penculikan oleh Korut

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 SEOUL – Pihak pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada Senin (2/5) mewanti-wanti warga negaranya terkait kemungkinan pihak Korea Utara (Korut) bakal menculik mereka saat di luar negeri atau menuduh melakukan aksi teror, sebagai balasan setelah pihak Pyongyang menuduh Korsel “menculik” warga Korut yang bekerja di restoran di Tiongkok. 

“Semua tindakan kehati-hatian diumumkan demi keselamatan warga Korsel di luar negeri, termasuk meningkatkan keamanan bagi misi diplomatik,” demikian diumumkan Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani isu Korut.

“Kami tengah meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan pihak Korut akan melakukan penculikan terhadap warga kami atau menuduh melakukan aksi teror di luar negeri,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel, Jeong Joon-hee, dalam sebuah taklimat.

Kekhawatiran akan aksi balasan oleh Korut ini terjadi di tengah semakin memanasnya situasi di Semenanjung Korea sejak awal tahun ini dimana pihak Korut melakukan uji coba bom nuklir ke-4 dan diikuti serangkaian uji coba penembakan misil balistik yang melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Terkait raibnya 13 pekerja warga Korut yang bekerja di sebuah restoran di Tiongkok pada April lalu, pihak Korsel mengatakan bahwa para pekerja itu melakukan aksi pembelotan, sementara Korut menyebut mereka diculik secara tak beradab.

Terkait pembelotan ini, pihak Pyongyang telah dua kali mengeluarkan permintaan agar 13 pekerja Korut itu dipertemukan dengan keluarga mereka. Namun pihak Seoul menolak tawaran itu.

Sejak terjadi Perang Korea pada 1950-1953, sekitar 29 ribu orang meninggalkan Korut dan lari ke Korsel. Sejak awal tahun ini, 342 warga Korut sudah melakukan pembelotan dan lari ke Korsel.

Kematian Pendukung

Pada bagian lain, kantor berita Yonhap pada Minggu (1/5) mewartakan tewasnya pemuka agama bersuku Korea berkewarganegaraan Tiongkok di sebuah kota di timur laut Tiongkok, yang berbatasan dengan Korut.

“Peristiwa itu menimbulkan kecurigaan akan kemungkinan Korut terlibat dalam kematian tersebut,” demikian dilaporkan kantor berita dari Korsel itu.

Jasad pendeta tersebut yang diidentifikasi miliki nama marga Han dan diketahui aktif dalam mendukung sejumlah kegiatan pembelotan warga Korut, menurut keterangan seorang saksi, ditemukan Sabtu (30/4) sore. Atas kematian Han, pihak polisi Tiongkok pun segera mengumumkan pemeriksaan.

Han dikenal atas pelayanannya di Gereja Changbai di wilayah Changbai, Provinsi Jilin, yang dihuni warga Chaoxian atau suku Korea yang tinggal di Tiongkok. 

Berdasar pernyataan saksi menyebut kematian Han kemungkinan akibat pembunuhan walau ia membantah memiliki keterangan terkait kematian Han karena ada keterlibatan Korut. Ant/Rtr/I-1

Banjir Bandang Landa Myanmar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

YANGON – Hujan lebat selama sepekan di wilayah Negara Bagian Kachin di utara Myanmar, telah memicu banjir bandang sehingga menyebabkan lebih dari 500 orang harus kehilangan tempat tinggal mereka.

“Ada 95 rumah di Kota Chibwe yang hancur diterjang banjir. Sejauh … Selengkapnya

AS-India Bahas Pelacakan Kapal Selam

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW DELHI – Pihak militer India dan Amerika Serikat (AS), diwartakan saat ini sedang membahas kerja sama terkait pelacakan kapal selam di Samudera Hindia. Menurut keterangan bersama pejabat militer kedua negara, kerja sama ini selain memperkuat hubungan militer antara New … Selengkapnya

Perpanjangan Gencatan Senjata Terus Diupayakan

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Perundingan terkait solusi konflik di Suriah, terus dibahas. Gencatan senjata yang saat ini terjadi, diupayakan untuk diperpanjang untuk memberi kesempatan dialog yang mengarah pada perdamaian.

 JENEWA – Upaya perdamaian bagi Suriah terus diupayakan. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John … Selengkapnya

ekonomi

Perlu Perubahan Mendasar Watak Birokrat demi Kemudahan Bisnis

Selasa 3/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Watak birokrasi patrimonial menghambat pengambilan keputusan yang cepat. Deregulasi mesti dibarengi dengan pengawasan lebih ketat terhadap menteri terkait.

JAKARTA. – Paket Kebijakan Ekonomi XII yang secara khusus membenahi berbagai regulasi yang dinilai menghambat kemudahan berbisnis tidak akan berjalan efektif tanpa perubahan mendasar di bikorasi.

Terbukti, sudah bertahuntahun era reformasi, ditandai dengan berbagai perubahan konstelasi politik, ternyata belum berhasil mengentaskan Indonesia dari keterpurukan.

Pakar administrasi negara UGM Yogyakarta, Agus Heruanto Hadna, menyatakan upaya pemerintah melakukan deregulasi melalui Paket Kebijakan Ekonomi XII mesti juga diikuti dengan perubahan di sistem birokrasi.

Ini artinya, watak dasar birokrasi pemerintah yang sangat patrimonial dan European Continental warisan Belanda ternyata tidak gampang diubah.

“Meski telah dimasuki manajemen modern sekalipun tapi kita belum bisa lepas dari watak patrimonial. Terlihat dalam pengambilan keputusan selalu akan meminta persetujuan dari atas. Ini yang sangat menghambat. Sebenarnya mereka diberi hak diskresi, tapi diskresi ini tidak akan dimanfaatkan karena tidak akan berani,” kata Agus saat dihubungi, Senin (2/5).

Sebelumnya, Sejumlah kalangan menilai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XII relevan dengan kebutuhan untuk memperbaiki performa ekonomi nasional.

Selain itu, dalam paket kebijakan yang antara lain bertujuan memperbaiki peringkat kemudahan berbisnis (ease of doing business/EoDB) Indonesia tersebut juga dipandang lebih konkret karena secara langsung merekapitulasi berbagai perubahan yang fokus untuk memperbaiki peringkat EoDB Indonesia dari posisi 109 menjadi posisi 40.

Presiden Joko Widodo menyatakan deregulasi aturan menjadikan prosedur pendirian usaha UMKM kini semakin mudah, dengan total pemangkasan prosedur perizinan menjadi 49 tahap dari sebelumnya 94 tahap.

Selain itu, waktu untuk menyelesaikan pendirian usaha juga semakin cepat, menjadi 132 hari dari sebelumnya 1.566 hari. Adapun, total izin yang harus diproses kini hanya 6 izin dari sebelumnya 9 izin.

Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya, Buchori, menilai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XII secara umum sudah bagus, terutama pada pembayaran pajak yang berkurang drastis dan bisa online sehingga akan mempermudah serta lebih menjamin transparansi.

“Memang kalau bisa dipangkas lagi akan lebih baik terutama di proses waktu yang masih mencapai empat bulan lebih, kalau bisa ditekan sampai dibawah dua atau tiga bulan, agar mempercepat pertumbuhan yang memang diharapkan semua pihak,” tutur dia.

Buchori menambahkan untuk paket kebijakan berikutnya pemerintah perlu fokus dengan visi untuk meningkatkan ekspor.

Pasalnya, salah satu problem perekonomian Indonesia adalah lemahnya ekspor sehingga alangkah baiknya perizinan untuk usaha yang berorientasi ekspor didukung habis-habisan.

“Contohnya, kita ingin ekspor kerang ke Eropa izinnya lebih rumit daripada ekspor ke seputar Asia. Pengurusan izin di dinas perindustrian dan perdagangan berbeda. Untuk ekspor ke wilayah Asia pun, misalnya ke Malaysia dan Tiongkok izinnya juga berbeda. Ini tentu merepotkan. Memang terkadang dari negara tujuan banyak persyaratan, namun menjadi tugas pemerintah untuk menegosiasikan,” ungkap dia.

Etos Kerja

Terkait dengan watak dasar birokrasi Indonesia, Agus menambahkan patrimonial membuat kultur birokrasi sangat bergantung pada pimpinan, bukan pada etos kerja keras, inovatif, dan solutif.

Jadi, meski Key Performance Indicators (KPI) yang dikembangkan saat ini sudah mengambil model Anglo-Saxon, namun landasan birokrasi masih European Continental yang nafas KPI-nya adalah kesesuaian dengan UU, regulasi, dan perintah pimpinan.

“Reformasi birokrasi mengenalkan model Anglo-Saxon yang KPI-nya adalah problem. Apa problem publik? Problem bisnis terkait negara? Bagaimana bisa memecahkan problem itu? Tapi model itu tidak jalan. Faktanya masih sangat patrimonial dan kodifikasi hukum seperti zaman penjajahan,” jelas dia.

Untuk itu, Agus mengharapkan Presiden memberikan perhatian lebih pada kinerja menteri pemberdayaan aparatur negara dan mulai melakukan revolusi mental dengan tahapan dan KPI yang jelas.

“Gubernur Ahok di Jakarta telah melakukan terobosan besar dalam mengubah watak birokrasi. Namun, gaya Ahok justru hanya menimbulkan kepanikan birokrasi. Maka butuh usaha yang jauh lebih sistemik yang digerakkan oleh pemerintah pusat,” papar dia. YK/SB/WP

Bisnis “E-Commerce” Menjamur

Senin 2/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sektor baru yang akan masuk radar survei adalah e-commerce, mengingat bisnis tersebut 10 tahun lalu belum ada atau booming.

JAKARTA – Usaha rumah tangga dan bisnis berbasis teknologi informasi secara online diperkirakan menjadi usaha baru yang menjamur dalam beberapa tahun … Selengkapnya

Aturan Baru Tingkatkan Likuditas

Senin 2/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyesuaian fraksi harga saham untuk mendorong likuiditas dan kapitalisasi pasar di BEI.

JAKARTA – Setelah sempat memberikan sinyal perubahan, pada hari ini (2/5) akhirnya PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menerapkan aturan baru fraksi harga saham (penawaran jual atau permintaan beli). … Selengkapnya

Bank Bermodal Cekak Bakal Tereliminasi

Senin 2/5/2016 | 05:51
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengebut aturan tentang ketentuan modal minimum perbankan untuk memperbarui regulasi Bank Indonesia (BI) sebelumnya yang menetapkan modal minimum bank 100 miliar rupiah. Dengan adanya aturan baru yang akan menaikkan ketentuan modal minimum … Selengkapnya

rona

Kendall Jenner Impikan Keluarga Bahagia di Usia 30

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Model Hollywood Kendall Jenner melansir impiannya ketika kelak berusia 30 tahun, yang ia sebut sebagai kehidupan masa depan yang ideal.

Setelah menyebutkan bahwa ia ingin bermain dalam serial The Sims, kakak Kylie Jenner ini menuliskan keinginannya yang lain.

“Aku ingin memiliki rumah yang indah, terpencil di Malibu dengan suami menarik dan sepasang anak,” tulisnya seperti dilansir MTV.com.

Presenter cantik ini bahkan mengutarakan bahwa ia ingin seperti model Cindy Crawford dan Gisele hidup santai tapi sangat beruntung dan berbahagia sepertinya apa yang diinginkannya. “Mereka hidup santai dan bahagia, betul-betul seperti yang saya inginkan,” ujarnya.

Kendall juga menuliskan, selain berkeluarga, dia juga ingin memiliki seekor anjing dan seekor kuda.

Kendall sendiri saat ini memang tengah menapaki karier sebagai presenter. Model Victoria’s Secret itu kabarnya sangat diinginkan oleh produser America’s Next Top Model, untuk menggantikan Tyra Banks yang telah membawa acara tersebut hingga season 22. Tapi tetap saja, ibunda Kendall, Kris Jenner tidak menginginkan anaknya menerima tawaran itu.

“Kris melarang anaknya untuk menjadi pembawa acara America’s Next Top Model. Ia (Kris) berpikir hal itu tidak bagus untuk karier Kendall Jenner,” ungkap sang sumber.  Ant/S-1

Ricky Harun Gemas Lihat Tingkah Lucu Anak

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ricky Harun senang anaknya tumbuh kembang dengan baik dan sempurna. Meski sibuk dengan aktivitas kesehariannya, namun aktor dan model ini sepertinya tak ingin melewatkan kesempatan untuk memantau perkembangan kedua buah hatinya. “Gua kan yang lumayan sibuk ya. Paling kalau memang … Selengkapnya

Dikemas dalam Acara “Solo Menari 24 Jam”

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ribuan penari dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri ikut memeriahkan gelaran tahunan “Solo Menari 24 Jam” dalam rangka memeringati World Dance Day (Hari Tari Dunia).

World Dance Day atau Hari Tari se Dunia, kali pertama diperkenalkan oleh Conseil … Selengkapnya

Natasha Dematra Harumkan Indonesia di Festival Film Mancanegara

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lewat film bertajuk Tears of Ghost, Natasha Dematra berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi untuk kategori Sutradara Terbaik di ajang film festival mancanegara, seperti di ajang California Film Award (CFA) 2016 dan juga penghargaan Gold Award Editor Terbaik di International Independent … Selengkapnya

megapolitan

DKI Anggarkan KJP Rp18 Juta untuk Mahasiswa

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim, mutu pendidikan di Jakarta cukup membaik. Pasalnya, Pemprov DKI telah mengucurkan sejumlah dana pendidikan untuk berbagai tingkatan, baik SD, SMP, SMA, maupun tingkat perguruan tinggi.

“Saya kira kita sudah melaksanakan, target seperti tadi. Kita ada peningkatan mutu karena tahun ini pemegang KJP (Kartu Jakarta Pintar), bisa masuk perguruan tinggi negeri,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai memimpin apel peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin(2/5).

Menurutnya, Pemprov DKI akan menganggarkan dana pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP) sebesar 18 juta rupiah per anak yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta, akunya, Pemprov DKI sedang menyiapkan mekanisme beasiswa bagi pemegang KJP yang lolos persyaratan beasiswa. Setelah itu, mahasiswa swasta ini pun akan diberikan bantuan pendidikan sebesar 18 juta rupiah juga per anak.

“Jadi dengan pola ini, kita harapkan pendidikan diutamakan. Termasuk tahun ini, kita uji coba juga bantuan nutrisi kepada pemegang KJP. Jadi, operasi pasar nanti, kita arahkan operasi pasar daging, beras dan lainnya, semua untuk pemegang KJP,” katanya.

Dikatakan Ahok, masalah pendidikan tidak boleh ada diskriminasi. Begitu pun yang dilakukan di Jakarta, peningkatan mutu pendidikan itu tidak hanya dalam pemberian KJP, bus sekolah tapi juga keterjaminan anak didik untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke yang lebih tinggi. 

“Dengan demikian, kami harapkan pendidikan kita ini tidak ada diskriminasi buat orang yang rajin belajar. Jadi, anak pemegang KJP tidak patah semangat karena ada jaminan biaya hidup dari kami,” tegasnya.

Dalam sambutannya, kata Ahok, Presiden Joko Widodo menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. Manusia terdidik dan tercerahkan, katanya, adalah kunci kemajuan bangsa. 

“Salah satu dukungan yang perlu kita berikan kepada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya,” katanya.

Keterampilan utuh yang diperlukan anak-anak Indonesia, ungkapnya, mencakup tiga kompenen dasar, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi. Untuk kualitas karakter, katanya, perlua ditingkatkan karakter moral dan karakter kinerja. Sedangkan untuk kemampuan literasi, selain menerapkan literasi baca, tulis dan berhitung, juga perlu ditanamkan literasi sains, teknologi, finansial dan budaya.

“Terakhir adalah komponen kompetensi. Anak didik membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi, serta kemampuan kolaborasi,” tegasnya. pin/P-5

Harga BBM Turun, DKI Jakarta Deflasi 0,27 Persen

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Indeks Harga Konsumen (IHK) di DKI Jakarta pada April 2016 mengalami deflasi 0,27 persen setelah pada bulan sebelumnya terjadi inflasi sebesar 0,15 persen. Dengan demikian IHK DKI Jakarta selama tahun 2016 mencapai 0,05 persen, sementara laju inflasi tahun … Selengkapnya

86 Kios Pasar Blok F Tanah Abang Akan Dikosongkan

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – PD Pasar Jaya dalam waktu dekat akan mengosongan 86 kios di Pasar Blok F Tanah Abang. Pasalnya pemilik kios tidak membayar kewajiban Perpanjangan Hak Pakai (PHP) yang berakhir terhitung sejak Tahun 2012. 

“Mereka memang sebelumnya berdagang disana, hanya … Selengkapnya

KAI Operasikan Kereta Fakultatif

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 PT KAI tidak menyediakan kereta tambahan untuk seluruh pemberangkatan kereta.

 JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan kereta api fakultatif atau kereta yang tetap berjalan meski libur untuk memenuhi permintaan masyarakat selama libur akhir pekan ini.

“Menjelang libur long weekend … Selengkapnya

olahraga

Ambisi Munich

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Guardiola akan berupaya mengakhiri kegagalan di semifinal saat menghadapi Atletico.

MUNICH – Bayern Muenchen akan berupaya memutus rantai kegagalan, tersingkir untuk kali ketiga berturut-turut dari klub Spanyol di semifinal Liga Champions saat menjamu Atletico Madrid Rabu (4/5) dini hari WIB. Laga itu juga menjadi pertaruhan bagi pelatih Pep Guardiola yang ingin mengakhiri kiprahnya di Bundesliga dengan capaian tertinggi.

Guardiola pernah membawa klub yang dilatihnya berkuasa di Eropa. Tapi sejak dia bergabung ke Bayern pada 2013, pria asal Spanyol itu mengalami kegagalan di semifinal berturut-turut sejak Muenchen disingkirkan Real Madrid pada 2014 dan oleh mantan klubnya Barcelona musim lalu.

Harapannya mencapai final pertama Liga Champions sejak membawa Barcelona mengalahkan Manchester United 3-1 pada 2011 dirusak oleh gol satu-satunya yang dicetak Saul Niguez untuk kemenangan Atletico 1-0 pada leg pertama.

Ini adalah kesempatan terakhir Guardiola membawa Bayern merebut mahkota Eropa sebelum dia menukangi Manchester City musim depan. Bayern memenangkan gelar pertama dari lima trofi kompetisi antar klub tertinggi Eropa itu dengan mengalahkan Atletico di final tahun 1974.

“Ini belum berakhir, kami masih memiliki kesempatan,” ujar Guardiola. “Jika kami kalah, Anda dapat membunuh saya, tapi kami masih memiliki kesempatan,” sambungnya.

Menatap laga leg kedua, Muenchen harus berusaha menghindari terbawa rasa frustrasi gagal mengamankan gelar Bundesliga. Borussia Monchengladbach memastikan perayaan mereka tertunda setelah mengimbangi Munchen 1-1 di Bavaria pada hari Sabtu.

Meski Bayern yang unggul lima poin dari rival terdekat Borussia Dortmund masih yakin akan merebut gelar liga Jerman keempat berturut-turut, kegagalan mereka untuk mengalahkan Gladbach, bisa menjadi perhatian.

“Kami masih butuh satu poin untuk gelar juara. Sekarang kami harus fokus pada Atletico. Pertandingan itu akan menjadi berbeda. Kami harus bermain lebih baik,” papar Guardiola.

Arjen Robben yang absen selama dua bulan karena cedera hamstring, mengatakan bahwa ia berjuang untuk kembali ke performa terbaik musim ini dan masih akan absen. Guardiola menegaskan dia tidak tahu apakah Franck Ribery akan bisa pulih. “Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memiliki Franck pulih kembali,” ujar Guardiola, yang juga tanpa bek Holger Badstuber.

Masih Terbuka

Pelatih Atletico Diego Simeone juga yakin persaingan masih terbuka. “Bermain di Munich berarti mereka akan memiliki fans yang mendukung mereka, tapi kami memiliki kesempatan untuk mencetak gol tandang,” ujarnya.

Sementara Bayern yang tidak meyakinkan pada hari Sabtu, Atletico sedang tampil dalam performa terbaik di Spanyol, setelah memenangkan enam pertandingan liga terakhir dan tidak kebobolan dalam empat laga berturutturut.

Mereka mengoleksi poin sama dengan pemimpin klasemen La Liga Barcelona setelah mengalahkan Rayo Vallecano 1-0 pada Sabtu.

“Itu akan menjadi pertandingan ketat seperti pertandingan hari ini,” ujar Simeone setelah pertandingan kontra Rayo. “Kami akan melihat siapa yang membuat sebagian besar peluang pada laga itu,” sambungnya.

Bek tengah berpengaruh Diego Godin telah pulih dari cedera hamstring, Yannick Ferreira Carrasco juga tersedia dan Tiago Mendes ikut dalam lawatan itu meskipun belum terlalu fit untuk bermain.

Atletico juga mengistirahatkan sejumlah pemain untuk bentrokan mereka dengan Rayo Vallecano, namun Antoine Griezmann yang masuk dari bangku cadangan mencetak gol kemenangan untuk menjaga tim asuhan Simeone tetap dalam perburuan gelar Liga.

“Saya pikir pada tahap ini ketika kami memainkan pertandingan, menang adalah hal yang paling penting,” ujar Simeone. “Kami melakukan itu dan itu yang membuat kami senang,” tandasnya.  ben/Rtr/S-1

Indonesia Dominasi Kejuaraan Atletik Singapura Terbuka

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia mempertahankan dominasi Kejuaraan Atletik Singapura Terbuka 2016. Sayangnya, kendati berhasil menajamkan rekor nasional, nomor estafet putra gagal menembus limit Olimpiade.

JAKARTA – Indonesia membawa pulang sembilan medali emas, empat perak, dan dua perunggu dari kejuaraan atletik Singapura Terbuka 2016. … Selengkapnya

Inter Gagal ke Tiga Besar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ROMA – Pelatih Roberto Mancini marah dengan penampilan Inter Milan yang kalah dari Lazio dalam laga lanjutan Serie A, Senin (2/5). Dia menyebut itu adalah salah satu yang terburuk yang pernah dilihatnya.

Inter menuju ke Stadio Olimpico, dengan membutuhkan kemenangan … Selengkapnya

Hamilton Tak Yakin Pertahankan Gelar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SOCHI – Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, mulai meragukan dirinya bisa kembali memakai mahkota juara dunia Formula 1 musim ini. Pasalnya, dari empat seri yang sudah berjalan, dia belum juga mampu meraih podium teratas usai dikalahkan rekan satu timnya, Nico Rosberg.

Selengkapnya

kupas

Mutu dan Akses Guru Kunci Pendidikan Berkualitas

Selasa 3/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Tema yang dipilih dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”. Kata pelita dipilih untuk merepresentasi pendidikan, yang diyakini akan menjadi kunci bagi anak bangsa untuk meraih cita-cita.

Namun bagaimana kondisi pendidikan nasional kita saat ini?
Apa saja yang menjadi harapan dan tantangan yang harus ditaklukan untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan hak yang sama atas pendidikan yang layak dan berkualitas?
Berikut wawancara dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Rasyid Baswedan, tentang strategi pendidikan nasional.

Nyalakan Pelita, Terangkan cita- cita untuk Hardiknas tahun ini?

Kita berharap pendidikan benarbenar menjadi pelita bagi setiap anak indonesia.

Bagaimana konsep pengelolaan pendidikan yang Anda lakukan untuk memastikan setiap anak mendapat pelita?

Jadi sejak tahun lalu kami mencanangkan pendidikan sebagai sebuah gerakan. Kita ingin agar dalam mengelola dan memajukan pendidikan menjadi ikhtiar semua.

Di dalamnya ada pemerintah di mana pemerintah memiliki tanggungjawab amat besar, tetapi tidak boleh hanya sekedar progrm pemerintah.

tengah dihadapi pendidikan nasional?

Tantangannya ada banyak.Tapi hari ini tantangannya adalah satu pada mutu, dua pada akses.

Tantangan mutu seperti apa yang tengah kita hadapi?

Mutu artinya apa yang terjadi di ruang kelas, harus memcerminkan, tantangan masa depan. Jadi ketika kita bicara tentang masa depan, kita harus berubah dari pola pendidikan yang konsepnya dari baca, tulis, hitung, menjadi 4C yaitu creativitas, critical thinking, colaboration, communication. Ini tantangan yang kita hadapi.

Pondasinya tetap sama, pendidikan itu adalah tentang penumbuhan karakter. Pendidikan itu tentang bagaimana kita menumbuhkan akal budi, rasa, pikir. Itu juga yang akan menjadi tantangan pertama di bidang mutu.

Lalu tantangan akses seperti apa?

Akses ini artinya belum semua anak Indonesia mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama. Sebagian sudah mendapatkan yang baik sebagian belum.

Angka putus sekolah sesudah SMP masih cukup tinggi. Karena itu persiden Jokowi menggariskan wajar 12 tahun adalah untuk menjangkau itu.

Pengembangan wajib belajar 12 tahun dititikberatkan pada apa?

Kita akan mengembangkannya terutama dalam bidang vokasi. Hari ini selama ini pertumbuhan vokasi itu sangat kecil, pertahun kira kira hanya 24 tambahan sekolah SMK, mulai tahun kemaren kita mulai menambah menjadi 27 dan tahun ini kita tambah 341 vokasi baru.

Bagaimana kondisi kompetensi guru saat ini?

Kalau kita bicara kualitas pendidikan pada akhirnya akan bicara pada kualitas gurunya. Karena itu mulai tahun ini kita menggunakan hasil asesmen.

Bulan November kemarin kita melakukan melakukan uji kompetensi guru, ada 2,9 juta guru. Dari uji itu ada potret untuk tiap guru, seperti rapor dari rapor itu tiap guru dikembangkan sesuai kebutuhannya.

Jadi ke depan kita ingin perbaiki mutu, perbaiki akses dan tingkatkan mutu gurunya. Tiga itu yang menjadi kunci perbaikan pendidikan.

Bagaimana cara Kemdikbud memeringati Hardiknas tahun ini?

Kita sebenarnya merayakan bulan pendidikan. Kita merayakan bersama seluruh komunitas. Lebih dari 70 komunitas bersama-sama di Monas, di depan diorama Taman Siswa kita meluncurkan bulan pendidikan.

Dan dalam sebulan ini kita tidak hanya merayakan upacara saat 2 Mei saja, tetapi justru kita merayakannya selama 1 bulan.Tiap minggu ada tema yang beda-beda. 

Anda juga mewajibkan seluruh sekolah dan di instansi-instansi pendidikan menggunakan pakaian adat, pesan apa yang ingin disampaikan?

Dalam upacara hari pendidikan di seluruh sekolah di semua tempat kita gunakan pakaian adat, karena pendidikan adalah bagian dari kebudayaan.

Kita ingin memastikan bahwa anak-anak kita bisa, bukan hanya mengapresiasi, melestarikan, tapi juga mengembangkan kebudayaan kita dari mulai pakaian, makanan, sampai dengan ekspresi nilai dalam konteks kekinian. citra larasati/AR-2

Perubahan untuk Menguatkan Sinyal Kebijakan Moneter

Senin 2/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menurunkan suku bunga acuan BI Rate tiga bulan berturut-turut, Bank Indonesia (BI) pada pertengahan bulan April ini mengumumkan kebijakan dengan mereformulasi BI Rate sebagai suku bunga kebijakan menjadi BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Kebijakan ini akan menjadi acuan utama … Selengkapnya

Izin Kerja Ada Tapi Disalahgunakan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditangkap karena melakukan pengeboran tanah untuk proyek kereta cepat tanpa izin di wilayah Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara.

Pemeriksaan terkait izin kerja lima TKA pekerja kereta cepat … Selengkapnya

“Feedloter” dengan Sengaja Menahan Stok

Kamis 28/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjatuhkan sanksi senilai 106 miliar rupiah kepada 32 perusahaan penggemukan sapi atau feedloter.

Hukuman itu diberikan karena feedloter tersebut menahan pasokan yang memicu terjadinya kenakan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek. Akibatnya, daya beli … Selengkapnya

berita lain

Merawat Lantai Kayu agar Lebih Artistik

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lantai yang terbuat dari kayu memang sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Lantai kayu harus dirawat dengan hati-hati agar tampilannya tetap terlihat indah.

Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus diperhatikan tetapi keawetan lantai kayu … Selengkapnya

NFV Bikin Komunikasi Kian Lancar

Selasa 3/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi baru NFV membantu operator dalam mengatasi ledakan jaringan saat hari besar agama. Dengan teknologi ini mampu menyerderhanakan jaringan dan operasi. Bagaimana caranya?

Saat lebaran ketika para pemudik dari kota besar berpindah ke kota-kota kecil dan pedesaan hal ini menjadi … Selengkapnya

Beijing Auto Show 2016 Memburu Pasar Raksasa

Rabu 27/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok saat ini menjadi salah satu kiblat industri otomotif di Asia setelah Jepang. Pada 2014 misalnya sebanyak 23,48 juta mobil terjual di Tiongkok. Kini pameran mobil Beijing Auto Show 2016 menjadi yang paling ditunggu. Produk apa saja yang diluncurkan?

Sebagai … Selengkapnya