Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | August 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Presiden Minta Prioritaskan Cabor Berprestasi

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kontingen peraih medali di Olimpiade Brasil 2016 itu diarak dari kantor Kemenpora hingga Istana Negara.

JAKARTA — Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi memberi perhatian lebih kepada cabang-cabang olah raga (cabor) yang berpotensi berprestasi di tingkat internasional seperti Asian Games dan Olimpiade.

“Saya kira kalau ini dilakukan dengan sebuah perencanaan jangka panjang yang baik, saya meyakini bahwa emasemas yang lain juga bisa kita dapatkan lebih banyak di cabang olahraga yang sekarang sudah mencapai medali maupun di cabang yang belum,” ucap Presiden Jokowi saat menerima Menpora Imam Nahrawi bersama rombongan pahlawan olah raga Indonesia di Olimpiade Brasil 2016, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/8) pagi.

Mereka adalah pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang meraih medali emas. Hadir pula Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi yang meraih medali perak, Presiden mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pahlawan olah raga Indonesia yang sukses meraih medali di Olimpiade Brasil 2016.

Kepala Negara mengingatkan capaian ini adalah hasil dari perjalanan kerja keras yang panjang. Ia optimistis capaian yang lebih baik bisa didapatkan Indonesia jika dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu, Jokowi sudah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi untuk memberikan prioritas pada cabang-cabang olah raga yang sudah kelihatan prestasinya, baik dari sisi sarana dan prasana maupun tempat untuk pelatihan.

“Fokus, enggak semua harus kita kerjakan. Fokus di tempattempat yang memungkinkan kita untuk mendapatkan medali,” kata Jokowi. Secara terpisah, Menpora Imam Nahrawi mengaku siap menjalankan instruksi tersebut.

Ia mengaku sudah memetakan cabang olah raga apa saja yang berpotensi mendapat medali dan akan menjadi prioritas pemerintah. “Yang pasti bulu tangkis, panahan, angkat besi, rowing, atletik, dan renang,” kata dia.

Banjir Hadiah
Pemerintah memberikan apresiasi berupa bonus kepada pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan. Besarannya untuk peraih medali emas sebesar 5 miliar rupiah, peraih perak 2 miliar rupiah, dan perunggu 1 miliar rupiah.

Pemerintah juga memberikan tunjangan hari tua. Untuk Owi dan Butet, bonus spesial sebesar 1 miliar rupiah juga sudah disiapkan oleh PP PBSI. Bonus kemungkinan besar juga bertambah dari klubnya. Air Asia juga memberikan tiket gratis untuk para atletatlet di negara Asia Tenggara yang bagi peraih medali Olimpiade Rio De Janeiro 2016. fdl/baz/P-4

Polri Berangkatkan 4 Penyidik ke Filipina

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, pada Rabu (24/8), Bareskrim Polri mengirim tim beranggotakan empat orang ke Manila, Filipina. Mereka akan memeriksa 177 orang calon jemaah haji asal Indonesia yang diamankan otoritas Filipina terkait identitas … Selengkapnya

Gubernur Sultra Dicegah ke Luar Negeri

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, dicegah bepergian ke luar negeri. Permintaan pencegahan tersebut disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati, mengatakan pencegahan … Selengkapnya

Enam Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Makin banyaknya titik api pada musim kemarau yang puncaknya diperkirakan pada Oktober 2016, enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

JAKARTA – Sebanyak enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Penetapan … Selengkapnya

mondial

Italia Diguncang Gempa, 38 Tewas

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

ACCUMOLI – Korban tewas akibat gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) yang melanda Italia pada Rabu (24/8) pagi, terus bertambah. Dilaporkan, sudah ditemukan 38 orang tewas sementara 150 lainnya hilang. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan pusat gempa bumi di Italia tengah lebih dekat ke arah selatan atau di kota Accumoli dan Amatrice.

Kerusakan menjadi sangat parah karena kedalaman titik gempa cukup dangkal, yakni hanya 4 kilometer di bawah permukaan bumi. Gempa yang terjadi saat penduduk sedang tidur, yakni sekitar pukul 3.36 pagi waktu setempat, menyebabkan setengah Kota Amatrice hancur.

Wali Kota Amatrice, Sergia Pirozzi, menyebutkan tiga perempat dari kota saat ini sudah tidak ada lagi. Sedangkan Wali Kota Accumoli, Stefano Petrucci, mengatakan gempa bumi telah meratakan rumah-rumah penduduk dan membuat jalan-jalan utama retak-retak.

Sejumlah fasilitas gawat darurat memperlihatkan foto Amatrice, sebuah kota yang diguncang gempa bumi dalam kondisi remuk dengan puing-puing memenuhi jalan hingga ke dekat kota Accumoli. “Saat hari mulai siang, kami bisa melihat situasi lebih mengerikan dari yang kami takutkan. Gedung-gedung runtuh, banyak orang terjebak di dalam reruntuhan dan tidak terdengar suara tanda-tanda kehidupan,” kata Petrucci.

Sementara itu, stasiun televisi Sky Italia melaporkan terdapat 10 korban tewas di dekat desa Pescara del Tronto. Sedangkan sekitar 100 orang dari desa Arquata del Tronto masih dilacak keberadaannya.

Sedangkan Reuters melaporkan, rumah sakit pusat di kota Amatrice dalam kondisi rusak parah sehingga pasien-pasien banyak yang dievakuasi hingga ke di pinggir jalan. Adapun situs berita RAI melaporkan dua perempuan asal Afganistan yang sedang dalam proses meminta suaka di Amatrice masuk dalam daftar korban hilang.

Dahsyatnya guncangan gempa bumi juga membuat tiga kota lainnya mengalami kerusakan, yakni Umbria, Lazio dan Marche. Dahsyatnya guncangan gempa bumi terasa hingga ke ibukota Roma, dimana mebel dan lampu gantung bergoyang, bahkan alaram mobil ikut berbunyi.

“Guncangan gempa bumi terasa kuat sekali. Tempat tidur terasa bergoyang padahal kami sedang tidur diatasnya,” kata Lina Mercantini of Ceselli, penduduk Umbria, sebuah kota yang terletak 75 kilometer dari titik gempa bumi.

Sementara itu, pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, memutuskan untuk membatalkan kegiatannya pada Rabu itu. Sebaliknya, Paus mengirimkan doa bagi para korban dan mereka yang selamat.

“Mendengarkan apa yang disampaikan Walikota Amatrice, bahwa kota itu tidak lagi ada dan mendengarkan ada anakanak diantara para korban, saya sangat sedih,” kata Paus Fransiskus di hadapan ribuan masyarakat yang mengerumuninya di St. Peter Square. Rtr/uci/AR-2

Menteri Logistik Mesir Dituntut Mundur

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KAIRO – Jabatan Menteri Logistik Mesir yang saat ini dipegang oleh Khaled Hanafi berada diujung tanduk setelah pihak komisi pencari fakta yang menyelidiki kasus korupsi, pada Senin (22/8) lalu menghadap parlemen dan melaporkan skandal korupsi pada sektor pasokan gandum domestik … Selengkapnya

Ratusan Warga AS Terdampar di Kanada

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TORONTO – Ratusan warga Amerika Serikat (AS) dilaporkan terdampar di Kanada pada Senin (22/8) saat mereka mengikuti aktivitas tahunan naik perahu karet dan tubing bernama Port Huron Float Down yang digelar pada Minggu (21/8) di Sungai St Clair yang berada … Selengkapnya

Duterte Minta Senat Tak Intervensi

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 MANILA – Kepolisian Filipina melakukan investigasi terkait pelaksanaan eksekusi terhadap para pengedar dan pengguna narkoba yang jumlahnya mencapai lebih dari 1.900 orang yang ditembak mati dalam tempo 36 hari. Direktur Jenderal Kepolisian Filipina, Ronald dela Rosa, menyatakan sekitar 1.100 kematian … Selengkapnya

ekonomi

Perlu Revolusi Mental Keuangan Negara untuk Kurangi Utang

Kamis 25/8/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ketimpangan akan terjadi karena bunga utang hanya untungkan pemilik surat utang.
Pemerintah harus berani ambisius dalam menghentikan beban utang skandal BLBI.

JAKARTA – Pemerintah diharapkan berani mengambil langkah nyata untuk melakukan revolusi mental khusus keuangan negara pada rezim defisit anggaran saat ini. Negara harus melakukan kebijakan penyelamatan kebergantungan pada utang agar APBN di masa depan adalah APBN yang sehat demi kesejahteraan generasi penerus.

Penyelesaian beban yang membelit keuangan negara, seperti pembayaran bunga obligasi rekapitalisasi perbankan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan menekan tambahan utang baru merupakan warisan paling berharga ketimbang memaksakan diri dengan APBN yang ekspansif tapi terlalu mengandalkan utang.

Ekonom Universitas Muhammadiyah Yogya (UMY), Achmad Ma’ruf, mengatakan hal itu ketika dihubungi, Rabu (24/8). Menurut dia, utang negara yang sangat besar memang warisan rezim masa lalu namun rezim hari ini akan jauh lebih bersalah kalau terus melanggengkan utang tersebut.

“Apalagi kalau sampai makin menambah utang seperti yang dilakukan oleh pemerintah hari ini dalam dua tahun kekuasaannya,” ujar Ma’ruf. Seperti dikabarkan, utang luar negeri (ULN) Indonesia pada kuartal II-2016 secara tahunan (year-on-year/yoy) naik 6,2 persen menjadi 323,8 miliar dollar AS atau sekitar 4.209,3 triliun rupiah (pada kurs 13.000 rupiah per dollar AS).

Sementara hingga Juli lalu, total utang pemerintah pusat mencapai 3.362,74 triliun rupiah. Jumlah utang itu bakal terus meningkat karena dalam RAPBN 2017 pemerintah masih akan menarik utang baru untuk menutup defisit sebesar 332,8 triliun rupiah.

Terkait dengan kondisi keuangan negara itu, peneliti Ekonomi Politik Anggaran FITRA, Apung Widadi, mengatakan pemerintah sebenarnya juga mengakui bahwa RAPBN 2017 tidak sehat. Pasalnya, ada defisit keseimbangan primer senilai 111,4 triliun rupiah.

Keseimbangan primer adalah total penerimaan dikurangi belanja negara tanpa kewajiban bunga utang. Bila keseimbangan primer defisit, itu berarti pemerintah menarik utang untuk membayar utang. (Lihat infografis) Apung menambahkan beberapa langkah perlu diambil untuk revolusi keuangan pada rezim defisit ini.

Pertama, pemerintah perlu meminimalisir penarikan utang luar negeri. Tidak semua utang yang ditarik sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, banyak yang ternyata tidak terserap oleh pemerintah sendiri, tetapi tetap dihitung penuh dengan segala konsekuensi bunganya.

Kedua, lanjut dia, seperti halnya ambisius dalam tax amnesty, pemerintah juga harus ambisius dalam upaya pemutihan utang luar negeri. “ Hal ini penting, mengingat jika hanya mengandalkan membayar rutin cicilan dan bunga, dikhawatirkan sampai Indonesia merdeka 100 tahun nanti, saat 2045 kelak, Indonesia belum akan merdeka dari utang luar negeri,” papar Apung.

Solusi Pembiayaan
Menurut dia, dampak kenaikan utang dan pembayaran cicilan pokok serta bunga akan terus dirasakan. Dalam jangka pendek, khususnya alokasi anggaran, akan terjadi salah alokasi dan menyebabkan ketimpangan. APBN untuk belanja publik dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan, misalnya infrastruktur, justru habis untuk membayar utang.

Ketimpangan terjadi karena, bunga utang hanya menguntungkan pemilik surat utang dan negara debitur. Sedangkan upaya distribusi keadilan guna menjalankan mandatory spending justru gagal. Ketimpangan masih terjadi karena uang APBN tidak didistribusikan sesuai prioritas karena kalah oleh kewajiban membayar utang.

Ma’ruf menambahkan pemerintah tidak bisa berlasan pembangunan infrastruktur membutuhkan utang karena solusi untuk menarik pembiayaan lain masih banyak yang bisa dipilih. Perbaikan hukum dan sinkronisasi pusat-daerah, sinkronisasi antardeparteman, adalah solusi-solusi tanpa utang yang justru sangat penting untuk memacu keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur.

“Kurangi utang ini domain pemerintah, perbaikan hukum juga. Jika hal itu dilakukan maka problem pendaan akan ada jalan keluar. Mau bangun infratruktur raksasa kalau tidak ada kepastian hukum, investor juga tidak akan berani investasi,” tukas Ma’ruf.

Padahal, lanjut dia, tujuan pembangunan infrastruktur adalah memacu ekonomi nasional yang berdaya saing. Namun, kunci dari daya saing sebenarnya adalah semua yang intangible bukan infrastruktur keras yang bersandar utang. “Jadi, warisan yang paling berharga bukan infratruktur keras tapi revolusi mental itu dijalankan, hukum terutama, termasuk hukum utang swasta seperti BLBI,” kata Ma’ruf. YK/SB/WP

Biaya “Crossing” Saham Didiskon Hingga 45 Persen

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

BEI akan mempermudah proses transaksi balik nama di bursa saham atau dengan melakukan transaksi crossing (tutup sendiri).

JAKARTA – Insentif diskon transaksi biaya balik nama saham (crossing) hingga 45 persen akan menjadi daya tarik investor dalam melakukan transaksi perdagangan saham … Selengkapnya

Deflasi Harus Dikelola untuk Tekan Kemiskinan

Rabu 24/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Inflasi rendah dan pertumbuhan yang cukup tinggi dapat dioptimalkan untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran secara lebih cepat.

Jakarta – Pemerintah perlu mengoptimalkan momentum penurunan inflasi untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat. Optimalisasi inflasi rendah disertai angka pertumbuhan ekonomi yang terus … Selengkapnya

Pemda Kembali Endapkan Dana di Bank

Rabu 24/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Keuangan akhirnya kembali membekukan alokasi transfer dana ke daerah sebesar 19,4 triliun rupiah kepada 169 pemerintah daerah. Pembekuan dana tersebut karena Pemerintah Daerah (Pemda) kembali melakukan kebiasaan buruk lama mereka dengan menimbun transfer dana yang mereka dalam … Selengkapnya

rona

Kezia Roslin Cikita Warou Semarakkan Panggung Merah Putih di Hong Kong

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Putri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warou merasakan kehangatan tanah air saat berada di Hong Kong, terutama berada di tengah-tengah buruh migran Indonesia.

“Apa kabar semuanya, saya merasa seperti tidak berada di Hong Kong, saya seperti berada di Indonesia,” katanya, menyapa para buruh migran Indonesia yang memadati lapangan Victoria, Causeway Bay, Hong Kong untuk menyaksikan Panggung Merah Putih merayakan HUT ke-71 Republik Indonesia, Minggu kemarin.

Wanita kelahiran Jakarta ini menambahkan, “Saya merayakan kehangatan Indonesia di sini, luar biasa saya bisa berada di sini, bersama kalian.”

Kezia didaulat menyampaikan hadiah kepada para pemenang lomba kontes kecantikan bagi para buruh migran yang diselenggarakan Mustika Ratu dan Konsulat Jenderal RI di Hong Kong.
Panggung Merah Putih 2016 ini juga dimeriahkan penampilan sejumlah artis ibu kota, seperti pedangdut Inul Daratista, Aris “Idol”, Rizki Ridho, dan band Indonesia di Hong Kong “ID Talent band”.

Meski hujan mengguyur Hong Kong sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi, namun para buruh migran tetap datang menyaksikan penampilan artis idola mereka. “Ayo mbak ini hanya hujan, semangat kita, semangat 45!,” kata salah satu dari mereka, Rahayu, menyemangati rekannya, yang ragu-ragu menuju lokasi acara karena hujan dan lapangan yang becek serta sedikit berlumpur.

Semarak Panggung Merah Putih diawali dengan penampilan ID Talent Band, disusul Aris “Idol” serta Tari Lenggong Keraton dari Bali. Selain itu ditampilkan pula peragaan busana pengantin tradsional dari sembilan daerah di Indonesia.

Panggung Merah Putih 2016 yang mengusung tema “Mewujudkan BMI Cerdas, Indonesia Bangga” juga diisi dengan sejumlah edukasi atau sosialisasi dari Konsul Imigrasi, Konsul Kejaksaan, dan Konsul Bea Cukai untuk mengingatkan para BMI agar mematuhi segala ketentuan yang berlaku baik aturan yang diterapkan Pemerintah Wilayah Otoritas Hong Kong maupun Indonesia terkait BMI.

Semakin siang, dan ketika hujan telah berhenti jumlah buruh migran yang datang semakin banyak dan Panggung Merah Putih semakin semarak dengan penampilan Inul Daratista yang membawakan empat lagu andalan, termasuk “Buaya Buntung”, dan “Masa Lalu”.

Hadir dalam acara ini, Konjen RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat, Konjen RI Guangzhou Ratu Silvy Gayatri dan perwakilan seluruh BUMN RI di Hong Kong. Panggung Merah Putih rutin digelar KJRI Hong Kong bekerja sama dengan komponen instansi RI di Hong Kong untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dan memberikan hiburan kepada para buruh migran Indonesia. Ant/S-2

Siri Salah Lafalkan Nama Barbra Streisand

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Barbra Streisand meminta Apple membetulkan pelafalan Siri atas namanya. Penyanyi itu sampai menelpon CEO Apple Tim Cook untuk meminta perubahan iOS10.

Dalam wawancara dengan NPR, pembawa acara Scott Simon bertanya pada Siri: “Siapa satu-satunya vokalis perempuan yang punya lagu terkenal … Selengkapnya

Cut Mini Perankan Ibu Jusuf Kalla

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Didapuk menjadi tokoh sentral dalam film Athirah, Cut Mini mengungkapkan rasa senangnya, bisa ikut kembali di film produksi Miles garapan sutradara Riri Riza, setelah sebelumnya ia juga sukses lewat film Laskar Pelangi. Cut Mini mengatakan film terbarunya kali ini termasuk … Selengkapnya

Menanam Mangrove Memelihara Biota

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hutan mangrove nasional semakin memprihatinkan. Perlu tindakan nyata untuk menyelamatkan sebab di dalamnya bisa menyelamatkan begitu banyak biota laut. Mari menanam mangrove untuk menjaga abrasi.

Sekarang ini kondisi hutan mangrove Indonesia semakin parah. Kehancuran dari waktu ke waktu semakin tinggi. … Selengkapnya

megapolitan

APBD-P Ditetapkan September

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta kebut pembahasan RPABD DKI 2017. Dewan dan Tim pemerintah membahas secara maraton hingga Desember.

 JAKARTA – Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta menargetkan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan disahkan pada akhir September.

“Saat ini, kami fokus mempercepat penyelesaian pembahasan APBD Perubahan DKI 2016. Ditargetkan pada 30 September 2016, kami sudah menggelar rapat paripurna penetapan APBD Perubahan DKI 2016,” kata Ketua Banggar DPRD DKI Triwisaksana di Jakarta, Selasa (23/8).

Menurut dia, saat ini, Banggar DPRD DKI Jakarta bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI masih terus melakukan pembahasan APBD Perubahan DKI Jakarta Tahun Anggaran (TA) 2016.

“Karena APBD Perubahan DKI 2016 sangat dibutuhkan dan harus segera diselesaikan supaya program pembangunan yang sudah dimasukkan ke dalam APBD Perubahan DKI 2016 juga bisa dilaksanakan tepat waktu,” ujar Triwisaksana.

Lebih lanjut, dia menuturkan apabila tidak segera diselesaikan, maka akan banyak program pembangunan yang sudah dianggarkan tidak terlaksana, termasuk pembayaran gaji, TKD dan biaya telepon, air, listrik dan internet (TALI).

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah mengatakan dalam pembahasan APBD-Perubahan 2016, salah satu program yang akan menjadi fokus pembahasan yakni soal pembebasan lahan.

Terlebih saat ini, kata Saefullah, ada sejumlah lahan masyarakat yang sudah dipakai tapi belum dibayarkan. Nantinya anggaran itu akan dimasukkan ke dalam perubahan agar segera dibayar dan pengerjaan MRT bisa terus dilakukan.

Menurutnya, dari draf yang diajukan ke dewan ada perubahan sekitar Rp 4,6 triliun dari sebelumnya 67,3 triliun rupiah menjadi 62,6 triliun rupiah. Efisiensi ini dilakukan karena dana bagi hasil dari pemerintah pusat yang tidak bisa dipenuhi.

RAPBD 2017

Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta memperkirakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2017 akan dimulai pada Oktober 2016.

“Jadwal pembahasan RAPBD DKI 2017 belum disusun karena masih menunggu usulan jadwal dari pihak eksekutif, namun kira-kira Oktober,” kata Triwisaksana .

Menurut dia, pembahasan RPABD DKI 2017 diperkirakan akan dimulai secara maraton pada bulan Oktober hingga Desember 2016. Jika tidak ada halangan, pengesahan RAPBD DKI 2017 sudah dapat dilakukan pada akhir Desember 2016 atau awal Januari 2017.

“Yang pasti, saat ini kami bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI sedang membahas APBD Perubahan DKI 2016. Jadi, kami tunggu usulan jadwal dari Pemprov DKI saja,” ujar Triwisaksana.

Sementara itu, Anggota Banggar DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman menuturkan jadwal pembahasan RAPBD untuk tahun berikutnya selalu dimulai sekitar September atau Oktober. 

“Memang mekanismenya seperti itu, pembahasan RAPBD untuk tahun berikutnya dibahas pada akhir tahun, sekitar September atau Oktober. Sedangkan pengesahannya bisa akhir tahun ini atau awal tahun depan,” tutur Prabowo.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang menjadi rencana induk RAPBD DKI 2017 saat ini juga belum diterima oleh Banggar DPRD DKI. nis/Ant/P-5

Cegah Pencurian Listrik, PLN Sambangi Sekolah-Sekolah

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Rawannya kebakaran di Jakarta ditengarai terjadi karena banyaknya korsleting listrik. Untuk itu, PT PLN (Persero) melalui program PLN Mengajar menyambangi sekolah untuk mengedukasi peserta didik tentang keselamatan listrik. Pasalnya, korsleting listrik terjadi disebabkan oleh tidak adanya pengaman listrik … Selengkapnya

Sandiaga Tawari Yoyok Jadi Wakil

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Koalisi Kekeluargaan minus PDI-P hingga kini masih belum ada kesepakatan soal cawagub. 

 JAKARTA – Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terus mencari calon wakil gubernur (cawagub) untuk dijadikan pasangan pada Pilkada 2017. Salah satu yang masuk ke radarnya adalah … Selengkapnya

BPTJ Segera Kelola Terminal Pulo Gebang

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebagai tanggung jawab membenahi masalah transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyatakan kesiapannya dalam mengambil alih wewenang pengelolaan terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Kepala BPTJ, Elly Adriani Sinaga mengatakan … Selengkapnya

olahraga

Laga Formalitas City

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan telak atas Steaua Bucharest pada leg pertama membuat pertemuan kedua hanya menjadi formalitas bagi Manchester City.

MANCHESTERManchester City akan memastikan langkah untuk bergabung di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini saat menghadapi Steaua Bucharest pada leg kedua play off kualifikasi di Etihad Stadium, Kamis (25/8) dini hari WIB.

Laga ini ini merupakan formalitas belaka untuk klub asuhan Pep Guardiola. City menang telak 5-0 atas klub asal Rumania pada leg pertama. David Silva membuka keunggulan di menit ke-13, kemudian Sergio Aguero membuat kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-41. Rekrutan baru Nolito membuat tuan rumah kian terpuruk saat dia mencetak gol ke-3 di menit ke-49. Selanjutnya Sergio Aguero memastikan kemenangan saat ia menyelesaikan hatrick di menit ke-78 dan 89.

Pasukan Guardiola juga tampak dominan dalam dua pertandingan terakhir. Mereka menang pada pertandingan Liga Inggris kontra Stoke City dengan skor 4-1. Aguero juga mencetak dua gol dalam pertandingan itu dan pemain asal Argentina itu kini memiliki total enam gol pada musim ini.

City melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu setelah dengan mengejutkan menyingkirkan Paris Saint-Germain di perempat final. Tapi Real Madrid berhasil menghentikan langkah mereka dengan kemenangan 1-0 di dua leg untuk akhirnya merebut trofi.

Di sisi lain Steaua Bucharest akan berharap untuk keajaiban dalam perjalanan mereka ke Etihad. Mereka butuh keajaiban untuk membalikkan defisit lima gol. Steaua saat ini berada di posisi kedua klasemen liga domestik mereka setelah 4 pertandingan, dengan koleksi 10 poin. Tapi harapan mereka belum hilang dan berharap untuk membuat sejarah dengan mengalahkan City.

Manchester City jelas menjadi favorit pemenang. Mereka telah mencetak total 11 gol dalam 3 pertandingan terakhir dan hanya kebobolan dua kali. Mereka juga telah mencetak setidaknya dua gol dalam 3 pertandingan terakhir.

Steaua Bucuresti tetap harus diwaspadai City karena kecuali pada leg pertama pertandingan ini, mereka telah tak terkalahkan dalam beberapa laga terakhir. Mereka telah memenangkan tiga dari lima pertandingan terakhir mereka dan juga terus menjaga tiga clean sheet dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Tetap Waspada

Pep Guardiola mengatakan timnya tetap waspada dan tak akan bermain bertahan meski City terlihat telah memastikan tempat di babak penyuisihan grup. “Saya akan mengubah sesuatu. Saya akan menganalisis tim bersama-sama dengan staf dan memutuskan siapa yang membutuhkan lebih banyak pelatihan dibanding pertandingan. Tapi pada saat yang sama, kami tidak akan pergi ke lapangan untuk sekedar melakoni formalitas, tapi untuk menang, Kami akan mempersiapkan diri,” ujarnya.

“Saya paham akan tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa kita tidak berkualitas, tapi saya harus mengatakan bahwa kami baru mendekati. Kami masih bersaing untuk tempat di babak grup Liga Champions, kami harus menghormati lawan, dan hal terbaik untuk itu adalah melakukan pekerjaan kami, datang dan mencoba untuk memenangkan pertandingan dengan persiapan yang kami lakukan pada latihan sejauh ini,” sambung Guardiola setelah kemenangan atas Stoke.

Di sisi lain pelatih Steaua Reghecampf tetap optimistis dan mengatakan tidak takut menghadapi City. “Tidak, saya tidak takut, mengapa saya harus takut. Saya tahu ada kekalahan yan lebih telak pada level lain seperti Brasil takluk 1-7 dari Jerman.

Kami mencoba untuk membuat tim yang kuat dengan banyak mendatangkan pemain baru,” ujarnya. “Kami tidak perlu mencela diri kami, kami masih menginginkan banyak hal dan saya tidak berpikir kami harus mencela diri kami karena ini adalah pengalaman yang berharga. City adalah salah satu dari lima tim top di Eropa, kami harus bangkit dan siap menghadapi mereka,” sambung Reghecampf. ben/ Rtr/S-1

Timnas Senior Siap Uji Coba

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Susunan skuat tim nasional senior Indonesia yang dijadwalkan akan melakoni laga uji coba melawan Malaysia, telah rampung dibentuk oleh tim pelatih yang dipimpin Alfred Riedl.

“Skuat sudah rampung dibentuk oleh tim pelatih, kami sudah kantongi namanama dalam skuat … Selengkapnya

Tuchel Puji Penampilan Dortmund

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

DORTMUND – Pelatih Borussia Dortmund Thomas Tuchel merasa timnya bisa menjadi sedikit lebih tajam di depan gawang lawan. Meski demikian dia menyatakan dirinya puas terhadap penampilan tim secara keseluruhan setelah menang 3-0 atas Eintracht Trier di laga DFB-Pokal, Selasa (23/8) … Selengkapnya

Joe Hart Dipilih Allardyce

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kiper Manchester City Joe Hart akan menjadi bagian dari skuad Inggris dalam lawatan ke Slovakia di kualifikasi Piala Dunia pertama mereka. Demikian diungkap pelatih tim nasional Inggris Sam Allardyce.

Hart, yang memiliki 63 caps untuk Inggris, belum membuat penampilan untuk … Selengkapnya

kupas

Amendemen Bisa Direalisasi 2017

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wacana amendemen Undang-Undang Dasar 1945 terus bergulir. Adalah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang getol menyuarakan itu. Konstitusi perlu diamendemen. Terlebih setelah bergulirnya wacana tentang perlunya Garisgaris Besar Haluan Negara atau GBHN.

Seperti gayung bersambut, dukungan terhadap amendemen datang pula dari lembaga lainnya. Dewan Perwakilan Daerah (DPD), adalah salah satu lembaga yang mendukung dan memandang perlu konstitusi kembali diamendemen. Tapi, DPD berpendapat, amendemen sebaiknya dilakukan terbatas.

Lembaga para senator ingin amendemen memasukan pula penguatan DPD. Kewenangan DPD serta perannya perlu diperkuat. Dan, itu bisa dilakukan lewat amendemen. Dengan begitu, posisi DPD tak lagi seakan-akan jadi ‘pemanis’ serta ‘pelengkap’ lembaga legislatif.

Tapi, punya peran, kewenangan, juga ‘taring’. Untuk mengetahui hal itu lebih jauh, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Wakil Ketua DPD, GKR Hemas, di Jakarta, Rabu (24/8) malam. Berikut petikan wawancaranya.

DPD mendukung penuh rencana amendemen UUD 1945, apa pertimbangannya? Kami, di DPD RI mendukung penuh rencana MPR untuk melakukan amendemen UUD 1945. Hanya saja kami mendukung amendemen itu dilakukan terbatas. Jadi amendemen terbatas.

Kapan idealnya amendemen dilakukan? Menurut saya, rencana amendemen sudah bisa direalisasikan pada Rapat Paripurna MPR yang akan digelar September 2017. Dan, langkah menuju amendemen ke-5 UUD 1945 sebenarnya kan sudah bergulir, ketika MPR membentuk Lembaga Kajian Konstitusi (LKK) periode 2014-2019 ini.

LKK ini merupakan kelanjutan dari rekomendasi MPR RI periode lalu. Ini hasil kajian Tim Kajian Sistem Ketatanegaraan Indonesia (Tim KSKI). LKK pun telah menghasilkan berbagai kajian penting. Saya kira jadwal pelaksaan amendemen pada September 2017 itu sangat tepat. Saya berharap seluruh proses menuju amendemen ke-5 dapat berjalan dengan baik.

Amendemen ini kan sifatnya terbatas. Ini menyangkut apa saja? Amendemen itu terbatas pada perlunya haluan negara yang bersifat komprehensif, yakni berisi pembangunan jangka panjang dalam bidang sosial budaya, politik, pertahanan, Pancasila serta bidang lainnya. Dan penguatan peran DPD RI. Itu yang kami sangat sepakat.

Langkah DPD sendiri dalam mengawal proses amendemen seperti apa? DPD RI tentu akan mengawal agar proses selanjutnya berjalan dengan baik dan benar sehingga tujuan utama amendemen berupa penyempurnaan sistem ketatanegaraan Indonesia dapat terwujud sesuai cita-cita reformasi dan demokrasi.

Mengenai penguatan DPD sendiri? Penguatan DPD melalui amendemen ini bukan semata-mata hanya untuk kepentingan DPD. Tapi lebih besar dari itu, ini demi perbaikan sistem ketatanegaraan yang ada di Indonesia.

Pimpinan DPD getol melakukan komunikasi dengan pimpinan partai. Ini terkait itu? Agar amendemen kelima ini terwujud ya tentu DPD membutuhkan dukungan dari partai-partai politik. agus supriyatna/AR-3

Kelompok Abu Sayyaf Kini Dikepung 10 Ribu Pasukan Filipina

Rabu 24/8/2016 | 05:29
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filipina terkait pembebasan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang masih disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina.

Hal ini dilakukan meski dua sandera atas nama Sofyan (anak buah kapal TB Charles 001) … Selengkapnya

“Jalan Pintas Memotong Antrean Berhaji Berbuah Malapetaka”

Selasa 23/8/2016 | 06:24
A   A   A   Pengaturan Font

Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI ) menggunakan paspor Filipina aspal (asli tapi palsu) untuk berhaji ke Tanah Suci. Paspor diketahui aspal, karena dokumennya asli, tapi cara mendapatkannya ilegal.

Saat inAkibatnya, i ke-177 WNI tersebut ditahan di pusat penahanan imigrasi … Selengkapnya

Danau Toba Cepat Berkembang Jika Aksesnya Dikebut

Senin 22/8/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak dipungkiri bahwa Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sumatera Utara,yang merupakan kawah seluas 1.145 kilometer persegi ini terus menjadi perhatian dunia karena keindahannya.

Untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan berikut ini perbincangan reporter Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas dengan … Selengkapnya

berita lain

Interior Bambu Terkendala Pengawetan

Jumat 19/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan bambu sebagai bahan interior maupun pelengkap arsitektur masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, bambu memerlukan perawatan khusus. Sehingga, para desain interior maupun arsitek masih enggan menggunakan sebagai pelengkap interior maupun arsitektur.

Proses pengawetan selalu menjadi kendala setiap akan mengelah … Selengkapnya

“Update” Windows 10 Pacu Industri Kreatif

Selasa 23/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Industri kreatif seperti animasi, film, iklan, arsitektur, game, mode dan lainnya butuh dukungan teknologi dalam menjalankannya. Dengan teknologi hasil kreatifita mereka menjadi lebih indah dan bahkan bisa lebih dramatis.

Di Indonesia menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pertumbuhan ekonomi kIndonesia reatif … Selengkapnya

Teknologi Mesin Kian Inovatif

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para produsen otomotif terus menyempurnakan mesin bakar (combustion engine). Pasar sudah dijejali teknologi hibrida, mesin listrik, dan fuel cell. Pabrikan terus berusaha membuat mesin bakar tampil lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan tetap bertenaga.

Mazda dan BMW merupakan salah satu pabrikan … Selengkapnya