Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 1 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Reklamasi Pulau G Disetop Selamanya

Jumat 1/7/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pulau G masuk kategori pelanggaran berat yang mengancam proyek vital strategis.
Penghentian sejalan keputusan PTUN Jakarta yang memenangkan gugatan nelayan.

JAKARTA – Pemerintah memutuskan untuk membatalkan pembangunan proyek reklamasi di Pulau G yang dikembangkan PT Muara Wisesa Samudra, anak perusahaan PT Agung Podomoro Land. Untuk selanjutnya, bekas proyek pulau buatan di Teluk Jakarta itu akan dijadikan sebagai lahan terbuka hijau.

Keputusan pemerintah itu diambil usai Komite Gabungan Reklamasi Teluk Jakarta menggelar rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, dan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

“Kami putuskan pembangunan Pulau G harus dihentikan dalam waktu seterusnya,” kata Menteri Rizal Ramli di kantornya, Jakarta, Kamis (30/6).

Rizal menjelaskan pembangunan pulau reklamasi itu harus dibatalkan lantaran Pulau G masuk kategori pelanggaran berat yang mengancam lingkungan hidup, proyek vital strategis, pelabuhan, dan lalulintas laut. Misalnya, sekitar 300 meter dari Pulau G terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Muara Karang. Pembangkit vital ini memasok kebutuhan listrik di wilayah Jakarta seperti di Bandara Soekarno- Hatta dan Stasiun Gambir. PLTU itu mengandalkan air laut sebagai air baku untuk menghasilkan listrik dan air pendingin mesin pembangkit. Karenanya, jika pembangunan tetap dilanjutkan berpotensi mengganggu pasokan listrik ke Jakarta.

Selain itu, lanjut Rizal, pembangunan di Pulau G juga akan mengganggu kabel bawah laut yang menghubungkan jaringan nasional dan internasional. Reklamasi di Pulau G ini juga menggangu lalu lintas kapal nelayan. Nelayan jadi kesulitan berlabuh ke Muara Angke. Sebab, yang tadinya nelayan bisa lebih cepat mencapai Muara Angke, kini nelayan harus memutar dulu. “Jadi ngabisin solar nelayan,” jelas dia.

Komite gabungan masih akan mengevaluasi belasan pulau reklamasi lainnya. Evaluasi ditargetkan rampung tiga bulan ke depan. “Pulau yang belum dievaluasi total jumlahnya 13 lagi. Yang belum dibangun kan juga ada. Selain itu, Komite Gabungan juga dibebankan untuk melakukan harmonisasi dan sinkronisasi peraturan yang nantinya akan menjadi benchmark seluruh proyek reklamasi di Indonesia,” ujar Rizal

Komite gabungan sudah membagi tugas evaluasi. Pulau reklamasi bersinggungan dengan pelabuhan menjadi domain Kementerian Perhubungan. Pulau yang akan dibangun di laut lepas, urusan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertugas menguji anasis dampak lingkungan dari reklamasi tersebut. “Komite Gabungan 2 minggu setelah lebaran bekerja lagi, kami beri waktu 3 bulan,” kata Rizal.

Rizal menambahkan pembatalan merupakan risiko yang harus diterima pihak pengembang. “Ya itu risiko pengembang karena membahayakan berbagai kepentingan,” kata dia.

Respons Ahok

Menanggapi keputusan pemerintah itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan dasar pemprov Jakarta mengeluarkan izin adalah adanya Keputusan Presiden Nomor 52 tahun 1995. “Itu kan dasarnya Keppres, ini kan rekomendasi? Berarti (penghentian) ini mesti naik ke Kepresidenan,” ujar Ahok.

Namun, Ahok belum mengetahui seperti apa aturan hukum untuk membatalkan reklamasi sebuah pulau.

Keputusan pemerintah menghentikan proyek reklamasi Pulau G sejalan dengan keputusan majalis hakim PTUN Jakarta yang memenangkan gugatan nelayan. Menurut Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia Jakarta, Kuat Wibisono, para nelayan telah berjuang menolak reklamasi selama berbulan-bulan.

“Setelah PTUN mengabulkan gugatan, kini pemerintah mendukungnya dengan menghentikan proyek reklamasi itu untuk selamanya,” katanya.

KPK Ungkap Mahar Politik Pilkada

Kamis 30/6/2016 | 06:16
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis hasil riset terkait pendanaan (mahar) kampanye pasangan calon kepala daerah dalam penyelenggaraan Pilkada pada Desember 2015. Biaya terbesar adalah mahar partai politik yang dihitung berdasarkan jumlah kursi di DPRD.

“Berdasarkan keterangan salah satu … Selengkapnya

KPK Kembali Tangkap Seorang Panitera Pengganti

Jumat 1/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Kamis (30/6) malam. Menurut informasi yang diperoleh Koran Jakarta, sasaran KPK lagi ini seorang oknum panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pengganti berinisial S dan dua orang penyuap.

Selengkapnya

Eddy Sindoro Didakwa Menyuap Panitera PN Jakpus

Kamis 30/6/2016 | 06:56
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk melancarkan perkara yang dihadapi Lippo Group di PN Jakarta Pusat, mantan Preskom Lippo Group, Eddy Sindoro didakwa menyuap panitera PN Jakpus, Edy Nasution.

JAKARTA – Mantan Presiden Komisaris (Preskom) Lippo Group Eddy Sindoro bersama empat orang lain disebut … Selengkapnya

mondial

Pelaku Bom di Turki Warga Negara Asing

Jumat 1/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

ANKARA – Tiga pelaku teror yang menjalankan misi bom bunuh diri di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki berasal dari tiga kewargaan negara yang berbeda. Mereka masing-masing berasal dari Rusia, Uzbekistan, dan Kirgizstan

“Kami melakukan konfirmasi kewarganegaran para pelaku serangan teror di Istanbul yakni dari Russia, Uzbekistan, dan Kirgizstan,” kata seorang pejabat Turki tanpa menyebut namanya, Kamis (30/6).

Penembakan dan serangan bom bunuh diri dilakukan oleh tiga orang di Bandara Ataturk, pada Selasa (28/6). Akibat serangan itu, 42 orang tewas dan ratusan orang terluka. Ankara sebelumnya telah menuding kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah sebagai dalang serangan.

Aparat keamanan Turki, Kamis (30/6), menangkap 13 tersangka anggota ISIS terkait bom bunuh diri di bandara Ataturk. Sebelumnya, aparat Turki melakukan penggerebekan di 16 lokasi di seluruh Istanbul. Seorang pejabat mengatakan, dari seluruh tersangka, tiga di antaranya adalah warga asing.

Kemarin, pemerintah Turki merilis rekaman CCTV yang menampilkan dua dari tiga pelaku bom bunuh diri di bandara internasional Ataturk, Istanbul itu. Rekaman CCTV itu memperlihatkan bagaimana para penyerang melakukan aksinya dengan presisi luar biasa untuk mengakibatkan korban sebanyak mungkin.

PM Turki Binali Yildirim mengatakan, aparat keamanan yakin, salah seorang penyerang meledakkan diri di luar terminal kedatangan bandara. Di saat kepanikan terjadi, dua pelaku lainnya masuk ke dalam terminal, lalu meledakkan diri sehingga menimbulkan banyak korban.

Dalam jumpa pers pada Rabu (29/6/) malam itu, pemerintah Turki membeberkan beberapa foto para tersangka yang melakukan aksi brutal tersebut.

Foto lainnya menunjukkan seorang pria yang mengenakan setelan serba hitam dan membawa senapan. Dia berjalan di terminal kedatangan, sementara para penumpang merunduk penuh ketakutan.

Meski serangan itu mengakibatkan banyak korban tewas, sejumlah pejabat Turki mengatakan, para penyerang sebelumnya sempat tertahan oleh ketatnya pengamanan bandara.

“Salah seorang dari mereka meledakkan diri di luar, dan dua rekannya mengambil kesempatan di tengah kepanikan dan masuk ke dalam terminal lalu meledakkan diri,” ujar Yildirim.

Sementara itu, surat kabar Yeni Safak, mewartakan para pelaku bom bunuh diri di bandar udara Internasional Ataturk, Istanbul, berasal dari Kyrgyzstan, Uzbekistan dan Dagestan, sebuah wilayah di Selatan Russia. Kota Dagestan berbatasan dengan Chechnya. Di sana Moskowa telah melakukan dua operasi melawan militan separatis sejak Uni Soviet runtuh pada 1991.

Dalam pemberitaan dituliskan pula terduga otak serangan teror bernama Akhmed Chatayev, yang merupakan keturunan Chechen. Dalam daftar PBB, Chatayev diketahui sebagai salah satu pemimpin ISIS.

Hillary Clinton Masih Pimpin Raihan Dukungan

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 NEW YORK – Hasil jajak pendapat yang dilakukan Reuters/Ipsos dan dipublikasikan pada Selasa (28/6) menyatakan bahwa calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari kubu Demokrat, Hillary Clinton masih memimpin raihan popularitas bagi merebut kursi di Gedung Putih.

“Jajak pendapat Reuters/Ipsos menyatakan … Selengkapnya

Peringkat “Human Trafficking” Thailand Membaik

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHINGTON – Pihak Amerika Serikat (AS) pada laporan tahunannya yang dirilis pada Rabu (29/6) memutuskan untuk menarik nama Thailand dari urutan negara terburuk dengan pelanggaran perdagangan manusia.

“Langkah ini akan membantu pemulihan hubungan yang lebih baik lagi antara pemerintahan di … Selengkapnya

Inggris Tak Mungkin Kembali

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Keluarnya Inggris dari Uni Eropa tak semudah membalik telapak tangan. Selain harus mengikuti prosedur yang berbelit, keluarnya Inggris dari UE (Brexit) harus menunggu keputusan pemimpin Inggris berikutnya.

 LONDON – Inggris tidak akan kembali dan seharusnya tidak balik lagi menjadi anggota … Selengkapnya

ekonomi

Penyaluran Kredit Bank Melambat

Kamis 30/6/2016 | 06:31
A   A   A   Pengaturan Font

Pelonggaran moneter, terutama melalui penurunan bunga acuan, oleh Bank Indonesia sepertinya belum efektif meningkatkan fungsi intermediasi perbankan.

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan pada tahun ini bakal tumbuh melambat di kisaran 8-10 persen atau lebih rendah dari target yang disampaikan sebelumnya di atas 10 persen. Padahal, BI sendiri telah memperlonggar kebijakan moneternya guna membantu menstimulasi pernyaluran kredit.

Koreksi terhadap pertumbuhan itu terlihat dari realisasi penyaluran kredit tahun berjalan atau year to date dari periode Januari hingga Mei 2016 yang baru mencapai 0,3 persen. “Sulit untuk mencapai pertumbuhan kredit 12 persen, paling mungkin 8 hingga 10 persen,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara di Jakarta, Selasa (28/6) malam.

Mirza mengatakan permintaan kredit baru terlihat pada semester II-2016, sehingga diharapkan bisa mengimbangi lesunya permintaan pembiayaan pada semester I-2016. Menurut dia, peningkatan permintaan pada paruh kedua tahun ini tidak terleapas dari relaksasi makroprudensial dengan penaikan batas bawah rasio pinjaman terhadap pendanaan bank (Loan to Funding Ratio/LFR) menjadi 80 persen dari 78 persen, sehingga bank bisa menambah kapasitas pembiayaannya.

Selain itu, bank sentral juga telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran rasio pinjaman kredit dari agunan (Loan To Value/LTV) Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) menjadi 85 persen dari 80 persen, yang diyakini bisa menggenjot permintaan kredit lini konsumer tersebut.

“Secara tren kuartal III dan IV memang akan naik, tapi agak sulit memang menyentuh 12 persen,” kata Mirza. Terkait dengan insentif makroprudensial lain untuk mendorong konsumsi, yakni pelonggaran kredit kendaraan bermotor (KKB), Mirza mengatakan BI masih mengkaji hal itu.

Bank Sentral juga masih ingin mencermati seberapa cepat perbankan bisa melakukan penyesuaian dengan kebijakan pelonggaran LTV dan penyesuaian LFR dari bank sentral. Bank Sentral pada awal tahun sempat mematok proyeksi pertumbuhan kredit perbankan sebesar 12-14 persen.

Namun, proyeksi tersebut harus terdegradasi menyusul masih lambatnya kinerja saluran kredit perbankan dan permintaan masyarakat. Pertumbuhan kredit perbankan dibandingkan tahun ke tahun pada April 2016 sebesar 8 persen atau lebih rendah dari pertumbuhan kredit dari tahun ke tahun pada Maret 2016 yang sebesar 8,7 persen.

Siklus Ekonomi
Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad mengatakan pertumbuhan kredit pada triwulan I-2016 cenderung melambat karena mengikuti siklus pertumbuhan ekonomi tahun ke tahun yang selalu rendah pada triwulan I.

“Triwulan I-2016, pertumbuhan kredit agak melambat karena pertama siklusnya memang seperti itu,” kata Muliaman. Pertumbuhan kredit akan mulai meningkat pada triwulan II atau III, seiring dengan mulai cairnya belanja pemerintah.

“Target pertumbuhan kredit tahun ini 13 persen atau lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, tetapi masih lebih rendah dibandingkan beberapa tahun lalu yang mencapai 16 persen,” kata Muliaman.

Pertumbuhan kredit, lanjut Muliaman, akan selalu mengikuti pertumbuhan ekonomi. Dari hasil riset menunjukkan kredit akan tumbuh setelah pertumbuhan ekonomi naik. bud/E-10

“Tax Amnesty” Dorong Kenaikan Transaksi Harian

Kamis 30/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar efek akan terkena dampak positif dari pandangan positif investor tentang sehingga transaksi di pasar cenderung lebih ramai.

JAKARTA – Masuknya dana repatriasi dari tax amnesty (pengampunan pajak) ke pasar modal dapat meningkatkan nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia … Selengkapnya

BI Atur Transaksi Pembayaran “E-Commerce”

Kamis 30/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Bank Indonesia (BI) segera mengeluarkan peraturan mengenai sistem pembayaran untuk perdagangan daring atau e-commerce. Sebab, kegiatan perdagangan berbasis digital saat ini semakin pesat pertumbuhannya. Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan pihaknya akan mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) untuk … Selengkapnya

Perusahaan Perkebunan Tak Pasang Target Spesifik

Kamis 30/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) tidak memasang target penjualan secara spesifik. Namun Perseroan secara umum memberikan gambaran apa yang terjadi pada 2015, memiliki tiga tantangan besar sehingga dampaknya masih terasa pada 2016.

Direktur Investor Relations UNSP, … Selengkapnya

rona

BJ Habibie Berharap Kisahnya Jadi Inspirasi

Kamis 30/6/2016 | 19:09
A   A   A   Pengaturan Font

BJ Habibie memiliki impian yang tersimpan setelah pengalaman hidupnya diadopsi ke layar lebar lewat ‘Habibie & Ainun’ dan ‘Rudy Habibie’. Dengan diangkatnya kisah hidup BJ Habibie itu diharapkan akan lebih banyak tokoh inspirasional yang lahir di Indonesia.

“Anak bangsa ini harus memiliki ‘Eyang-Eyang’ lainnya di dalam diri mereka,” ujar pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini di Solo, Rabu (29/6) kemarin.

Impian itu muncul setelah Habibie bertemu sejumlah orang yang terinspirasi oleh filmnya tersebut. Salah satunya seorang remaja asal Yogyakarta yang membuat skripsi berdasarkan film ‘Habibie & Ainun’.

“Saya terinspirasi sama film Eyang dan membuat skripsi tentang film ‘Habibie & Ainun’,” ujar Rahadiyan, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selain itu ada pula seseorang yang menemuinya usai Gala Premiere di Tangerang belum lama ini. Ia mengungkapkan kekagumannya kepada sosok BJ Habibie yang ternyata satu almamater denganya yang sama-sama lulusan Aachen, Jerman.

“Pria itu masih muda dan sama-sama lulusan S1 dan S2 nya di Aachen. Dia sudah diterima kerja di Jerman, tapi setelah menonton film ini ia mengaku telah memutuskan untuk tinggal di Indonesia,” tutur BJ Habibie.

Semoga film ‘Rudy Habibie’ menjadi kado terindah bagi tokoh yang menciptakan pesawat N-250 Gatot Kaca itu dan menginspirasi banyak anak muda lainnya untuk bercita-cita dan berkarya demi bangsa.  Ant/S-2

Pangeran Harry Jadi “Anggota” Coldplay

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Coldplay kedatangan anggota baru mereka saat konser amal untuk HIV/AIDS di Istana Kensington, Pangeran Harry. Sang pangeran bergabung di panggung konser pop pertama di istana tersebut untuk menyanyikan salah satu lagu baru Coldplay Up & Up.

Sambil memperkenalkan Coldplay, Pangeran … Selengkapnya

Titi Kamal Optimistis Lakoni Bisnis Kuliner

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mendekati momen lebaran ini, Titi Kamal punya harapan, apa yang tengah diusahakannya kini, diharapkannya bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selain berkarier di dunia hiburan, Titi juga tengah mengembangkan bisnis kuliner. Titi tak segan untuk menjajal peruntungannya di dunia bisnis … Selengkapnya

Perangkat Notebook Bertenaga untuk Pekerja

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bekerja tidak harus di rumah, bisa di mana pun dan kapan pun. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki medan kerja seperti ini, rasanya perlu didukung dengan perangkat notebook andal nan bertenaga.

Bagi para pekerja profesional, sudah saatnya membekali diri … Selengkapnya

megapolitan

PPATK Diminta Telusuri Pembelian Lahan Cengkareng

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri uang pembelian lahan 4,5 hektare di Cengkareng, Jakarta Barat. 

“Kita ingin tahu, duit yang ditransfer itu kemana. Ibu Toeti kan gugat ke pengadilan, dia bilang 200 miliar rupiah nggak terima. Duitnya ditahan. Berarti ada bagi-bagi duit kalau begitu. Makanya harus dibawa ke aparat penegak hujum saja, panggilin mereka semua biar ketahuan. PPATK bisa telusuri duitnya kemana,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/6).

Menurutnya, Pemprov DKI telah membayarkan pembelian tanah itu seni lai 668 miliar rupiah. Namun, jika ada 200 miliar yang belum diterima penjual, maka ada permainan dalam pembelian itu. Padahal, Ahok sudah memerintahkan agar setiap transaksi harus non tunai, termasuk pembelian lahan.

“Apa kamu gendeng, keluarkan duit 200 miliar rupiah kontan, disimpan di gudang. Saya kira, simpan duit 200 juta rupiah di rumah, takut kita. Nah itu ditelusuri saja ppatk. Akan ketahuan kok. Saya kan sudah mewajibkan, satu rupiah pun tidak noleh tarik tunai,” katanya.

Menurut Ahok, 01 dia mendapat laporan dari Dinas Perumahan bahwa pembelian tanah itu telah ditransfer kepada pemegang surat kuasa. Padahal, katanya, setiap pembelian lahan oleh Pemprov DKI harus ditransfer langsung ke pemilik lahan itu.

“Disini banyak pemain sandiwara. Waktu itu kan saya langsung ngomong mesti digugat, karena ini penipuan kan. Langsung yang ngaku punya tanah juga gugat. Ini kan sengketa. BPN resmi keluarin sertifikat. BPN menganggap tidak ada double sertifikat. Kita buktikan di pengadilan,” jelasnya.

Ahok menduga, pembelian tanah sendiri ini berkaitan erat dengan kasus gratifikasi pada Dinas Perumahan dengan nilai lebih dari 10 miliar rupiah. Saat itu, Kepala Dinas Perumahan dan Bangunan Gedung DKI, Ika Lestari Adji melaporkan gratifikasi oleh kepala bidangnya. Hal itu langsung dilaporkan KPK dan Bareskrim Polri untuk segera ditindaklanjuti.

“Kita curiga saja, kok BPN bisa keluarkan sertifikat. Terus saya curiga, begitu dia dapat gratifikasi, saya baru ingat. Kenapa beli lahan tanya sama saya melulu. Urusan lahan kan bukan urusan saya. Kalau ketemu di depan pendopo, paling saya tulis, tolong diperiksa aprraisal dan sesuai aturan. Masa mau deal, bayar suruh saya juga,” ungkapnya.

Ahok mengaku sengaja memberikan disposisi dengan harga appraisal agar tidak terjadi lagi disengketakan seperti kasus pembelian lahan RS Sumber Waras. Menurutnya, dengan sistem appraisal akan lebih teliti, berapa harga yang layak, bagaimana kondisi tanahnya, kelengkapan dan statusnya. Apalagi, dalam penentuan appraisal itu melibatkan banyak pihak, termasuk Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Diketahui, Dinas Perumahan dan Gedung DKI telah membeli sebidang tanah di Cengkareng, Jakarta Barat. Tanah itu dibeli dengan harga 14,1 juta rupiah per meter persegi atau jauh lebih mahal ketimbang nilai jual objek pajak (NJOP) yang hanya 6,2 juta rupiah. pin/P-5

Sembilan Bus di Terminal Pasar Minggu Tak Laik Jalan

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Pasar Minggu, dalam kondisi tidak laik saat dilakukan pemeriksaan kelaikan jalan untuk arus mudik. Karena itu, petugas Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan, tidak memperbolehkan bus-bus tersebut beroperasi.

Selengkapnya

Gubernur Minta Perusahaan Daftarkan Karyawan ke BPJS

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta semua perusahaan yang ada di Ibukota harus mendaftarkan karyawannya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Setidaknya ada dua jaminan yang harus diikutsertakan yakni BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. “Semua perusahaan sesuai undang-undang … Selengkapnya

Mudik Murah, Fasilitas Premium

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 KM Mutiara Sentosa III kini menjadi satu pilihan alternatif bagi masyarakat Jakarta yang ingin pulang kampung wilayah Sumatera bisa melalui Pelabuhan Bogasari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Dengan kapal memiliki panjang 160 meter dengan lebar 25 meter ini, pemudik dimanjakan dengan … Selengkapnya

olahraga

Rivalitas Dua Tim Generasi Emas

Jumat 1/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Generasi emas Wales dan Belgia akan bentrok untuk mendapat tempat di semi final Piala Eropa 2016.

BORDEAUX — Wales dengan senang hati menempatkan diri mereka dalam posisi underdog jelang laga perempat final Piala Eropa 2016 kontra Belgia Sabtu (2/7) dini hari WIB. Tapi sikap itu bertujuan agar mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaik.

Belgia yang akhirnya bangkit dan menaklukkan Hungaria 4-0 di laga babak 16 besar akan memulai pertandingan melawan Wales sebagai favorit.

Meski demikian kedua belah pihak, menyadari sepenuhnya bahwa Wales telah membuktikan keberanian mereka melawan Belgia. Gareth Bale dan kawan kawan mengalahkan Belgia 1-0 di Cardiff dan meraih hasil imbang di Brussels dalam tahap kualifikasi turnamen.

Belgia yang akan bermain di depan sejumlah besar pendukung mereka di kota Prancis utara Lille, berada di bawah tekanan besar untuk generasi emas mereka yang banyak digembar- gemborkan bakal memenuhi janji untuk bersaing hingga final merebut trofi besar pertama mereka.

Wales juga bisa mengklaim telah mengembangkan generasi emas yang dipelopori oleh Gareth Bale, bahkan meski mereka memiliki pemain yang kurang terkenal dan membela tim-tim kelas dua di dunia.

Pada laga itu semua mata akan tertuju pada penampilan Bale dan Eden Hazard. Bale, pemain termahal di dunia, telah mencetak tiga gol dan menembakkan bola yang mengarahkan gol bunuh diri ke gawang Irlandia Utara dalam kemeangan Wales 1-0 di babak 16 besar. Kemampuannya untuk mencetak gol saat ini, bukan hanya dari tendangan bebas.

Di sisi lain Hazard datang untuk menghidupkan serangan melawan Hungaria – seperti yang dilakukan seluruh tim setelah awal buruk di awal gelaran Piala Eropa 2016. Dia menyiapkan gol kedua yang dicetak Michy Batshuayi dan mencetak gol dengan usaha sendiri dua menit kemudian untuk menghancurkan harapan Hungaria. Hazard kemudian mengatakan itu adalah permainan terbaik yang pernah dia lakukan untuk negaranya.

Belgia Lebih Unggul

Wales yang bermain di turnamen besar pertama mereka sejak Piala Dunia 1958, saat itu mereka kalah di perempat final dari Brasil yang akhirnya menjadi juara.

“Wales adalah tim yang sangat kuat, dan tidak hanya dengan Gareth Bale, mereka memiliki pemain bagus lainnya,” ujar pelatih Belgia Marc Wilmots memperingatkan timnya. Wales pun berpikir srupa. “Mereka memiliki pemain dengan kemampuan yang sama di lapangan dan bangku cadangan dan itu akan menjadi keuntungan bagi tim nasional,” ujar pelatih Wales Chris Coleman.

Daniele De Rossi Diragukan Hadapi Jerman

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gelandang Daniele De Rossi tidak ikut dalam sesi latihan Italia pada Selasa (28/6) waktu setempat saat pelatih Antonio Conte mempersiapkan timnya setelah kemenangan atas Spanyol di babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Federasi Sepak bola Italia (FIGC) mengatakan bahwa De … Selengkapnya

Polandia Waspadai Ronaldo

Kamis 30/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

MARSEILLE – Polandia memiliki catatan pertahanan mengesankan di Piala Eropa 2016, tapi langkah mereka menuju semifinal akan mendapat ujian Cristiano Ronaldo ketika menghadapi Portugal dalam bentrokan babak delapan besar di Marseille, Jumat (1/7) dini hari WIB.

Menggambarkan Ronaldo yang … Selengkapnya

Senjata Pamungkas Prancis

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Didier Deschamps telah melakukan segalanya dengan benar sejauh ini, membuat perubahan taktis cerdas dan menurunkan tim pada waktu yang tepat.

PARIS – Senjata pamungkas Prancis di Piala Eropa 2016 mungkin bukan naluri mencetak gol dari Antoine Griezmann ataupun kelincahan Dimitri … Selengkapnya

kupas

Cukai Akan Menurunkan Daya Beli Masyarakat

Kamis 30/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan mengenaikan cukai plastik kemasan menuai protes dari beragam kalangan. Protes yang paling keras dilancarkan oleh pelaku industri yang menilai pemerintah tidak serius untuk mendorong pertumbuhan ekonomi jika kebijakan itu jadi dieskekusi.

Pengenaan cukai terhadap kemasan plastik dinilai hanya melemahkan daya saing industri. Industri makanan dan minuman yang selama ini pertumbuhannya di atas 7 persen akan tiarap jika keputusan itu jadi diberlakukan.

Penolakan juga bukan hanya dari industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai pembina industri pun turut turun tangan. Kemenperin meminta agar nasib industri perlu dijaga, bukannya dikorbankan.

Namun, menyikapi beragam penolakan itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro membantah bahwa pengenaan cukai plastik merugikan industri. Menurutnya, nilainya terlalu kecil sehingga tidak membenani industri.

Untuk mendalami dampak dari kebijakan cukai plasitik tersebut, berikut kutipan wawancara Koran Jakarta dengan Peneliti Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Eugenia Mardanugraha. Eugenia telah membuat simulasi riset terkait dampak dari perluasan Barang Kena Cukai (BKC) terhadap plastik kemasan terhadap industri dan penerimaan negara.

Anda telah melalukan simulasi riset terkait dampak cukai plastik jika diberlakukan, bisa dijelaskan?

Intinya, negara bakal kehilangan pendapat cukai seitar setengah triliun rupiah. Penghitungan ini dilakukan dengan menggunakan data bulanan periode Januari 2013- Januari 2016 yang memakai metode regresi linear untuk memperkirakan besarnya penurunan permintaan terhadap kenaikan harga.

Regresi linear atau ordinary least square merupakan metode untuk mengestimasi besarnya elastisitas permintaan terhadap harga minuman dalam kemasan. Minuman dalam kemasan plastik terdiri dari air, soda, the dan jus. Dalam penelitian ini dilakukan estimasi nilai elastisitas terhadap keempat macam minuman dan dua macam kemasan.

Lalu, apa hasilnya?

Kami mengasumsikan pengenaan cukai untuk setiap kemasan gelas dikenakan 50 rupiah dan untuk kemasan botol sebesar 200 rupiah, maka dalam setahun pemerintah diperkirakan memperoleh pendapatan sebesar 1,9 triliun rupiah. Namun, di sisi lain dengan memperhitungkan nilai elastisitas dari masing-masing produk, total penurunan penjualan yang dihadapi oleh industri minuman diperkirakan sebesar 10,2 triliun rupiah. Penurunan penjualan akan menurunkan penerimaan pemerintah dari Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pajak Pertambahan hasil (PPh) Badan yang disetorkan oleh perusahaan berdasarkan nilai penjualannya PPn dikenakan sebesar 10 persen dari nilai penjualan, sementara PPh badan dihitung dengan menggunakan setoran pajak.

Negara memang akan memperoleh penerimaan sebesar 1,91 triliun rupiah tetapi di sisi lain akan kehilangan penerimaan hingga 2,44 triliun rupiah, sebagai dampak dari turunnya penerimaan dari PPn dan PPh badan. Pemerintah bakal mengalami kerugian sebesar 528 miliar rupiah per tahun, belum termasuk dengan biaya pemungutan cukai yang harus dikeluarkan pemerintah.

Apa tujuan dari simulasi riset tersebut?

Simulasi ini untuk mengingatkan pemerintah bahwa pengenaan cukai plastik bukannya menguntungkan tetapi justru kontra produktif. Kebijakan itu diyakini tidak akan menyelesaikan isu sampah plastik serta menghambat pertumbuhan industri. Ekstensfisikasi cukai kemasan botol dan gelas plastik minuman memang meningkatkan pendapatan cukai pemerintah, namun di sisi lain menurunkan disposable income rumah tangga, menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan penjualan. Apa yang anda khawatirkan jika pemerintah tidak mendengar masukan dari industri maupun dari pihak lainnnya ? Yang pasti kebijakan ini akan berdampak pada kenaikan harga produk, menurunkan permintaan minuman serta menurunkan pendapatan pemerintah. Ini akan memperlemah daya saing industri. Selain itu juga berpeluang menimbulkan masalah baru yakni menjamurnya cukai palsu karena mekanisme cukai yang rumit dan mahal. Kebijakan ini juga akan memberikan dampak buruk terhadap usaha kecil (UMKM) pengguna kemasan botol dan gelas plastik yang berjumlah sekitar 650 perusahaan.

Lalu, apa saran Anda?

Objek cukai baru sebaiknya dikenakan kepada barang-barang yang dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi, sehingga kenaikan harga yang ditanggungnya tidak menurunkan konsumsi. Tidak hanya itu, perlu ada studi komperehensif mengenai dampak Lingkungan Hidup (LH) dan kondisi sampah kemasan plastk. Itu untuk memperoleh kebijakan kemasan cukai plastik yang efektif.

“Saya Curiga Ada Unsur Penipuan”

Rabu 29/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disibukkan lagi dengan kasus pembelian lahan untuk pembangunan rumah susun Cengkareng Barat, Jakarta, yang diduga terjadi salah perhitungan.

Disebut-sebut, Pemprov DKI Jakarta membeli lahan miliknya sendiri sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai terjadi penggunaan anggaran … Selengkapnya

Masyarakat Bisa Layangkan Gugatan “Class Action” pada Pemerintah

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Terungkapnya peredaran vaksin palsu belakangan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Praktik pemalsuan vaksin ini dinilai merupakan buah dari kelalaian pemerintah dalam melakukan pengawasan, mengingat sudah terjadi sepanjang 13 tahun.

Untuk itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersedia memfasilitasi masyarakat … Selengkapnya

Bnn Tembak di Tempat Pengedar Narkoba Setelah Revisi Uu

Senin 27/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum baik itu Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bersinergi untuk mengejar, menangkap dan menghajar para bandar narkoba tersebut agar generasi muda Indonesia … Selengkapnya

berita lain

Tren Konsep Dekorasi Monokrom

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Warna monokromatik sekarang ini sedang banyak diminati oleh para pemilik rumah karena tampilannya yang terlihat simpel dan modern. Berikut ini informasi mengenai pro dan kontra warna monokromatik yang sedang menjadi tren dekorasi di kalangan pemilik rumah.

Kombinasi Warna Senada

Selengkapnya

Trik Operator Kurangi Delay Pengguna FB

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya akses ke media sosial yang dimiliki para OTT sepeca Twitter, Facebook (FB), Youtube sebenarnya cukup membebani bagi operator telekomunikasi di Indonesia. Selain banyaknya bandwidth yang harus ke luar negeri akses ke media sosial yang rata-rata berada di luar negeri … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya