Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 9 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Akibat Miras, 26 Orang Tewas di Yogyakarta

Selasa 9/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sleman. – Korban miras oplosan di Daerah Istimewa Yogyakarta terus bertambah. Sampai dengan Senin (8/2), korban meninggal diduga akibat menenggak miras oplosan itu telah mencapai 26 orang.

“Sampai hari ini berdasarkan data ada 26 orang yang meninggal,” ujar Kapolres Sleman AKBP Yulianto, di Sleman, Yogyakarta, Senin (8/2). Yulianto mengungkapkan, lokasi korban meminum miras oplosan berada di beberapa tempat, yakni di wilayah Sleman, Kota Yogya, dan Bantul.

Dari keterangan saksi yang didapat, beberapa korban membeli miras oplosan dari SK, seorang warga Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman. SK dan Istrinya, SB, selama ini memang menjadi peracik sekaligus penjual miras oplosan jenis Sari Vodka.

Selain SK, korban lainnya membeli miras oplosan dari MT dan PY, warga Margoluwih, Seyegan, Sleman. Kedua pasangan suami–istri (pasutri) tersebut saat ini telah ditahankan di Polres Sleman. Menurut Yulianto, guna mengetahui secara pasti penyebab kematian, pihaknya telah mengambil sampel urine, darah, dan sisa muntahan korban.

Sampel tersebut pun telah dikirim ke Laboratorium Forensik di Semarang untuk d teliti. Tak hanya mengirimkan sampel ke Forensik, pada Minggu (7/2/), Polres Sleman juga melakukan olah TKP di rumah SK dan SB, daerah Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Rumah tersebut merupakan lokasi SK dan SB meracik miras oplosan. Dari dapur peracikan, polisi menemukan 1 galon fermentasi salak dan 2 botol sisa minuman. Selain itu, di lokasi ditemukan pula obat anti serangga cair dan obat anti pegal berbentuk cairan.

Ada pula beberapa cairan yang belum dapat di identifikasi. Berupa cairan warna coklat yang ada di dalam gelas dan bubuk berwarna putih. Miras yang dijual oleh SK merupakan racikan cairan ethanol 96 persen di campur air, pemanis dan di tambah perasa buah-buahan.

“SK dan istrinya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” tegas dia. Sementara itu, selain di Caturtunggal, jajaran Polres Sleman juga mengamankan pasangan suami istri MS dan suaminya.

Pasangan ini merupakan penjual miras oplosan di daerah Seyegan, Sleman. “Di Seyegan kami juga amankan dua orang. Mereka merupakan penjual,” tandas Yulianto. YK/Ant/P-4

Pewarta Harus Bergerak dari Sekadar Konfirmasi Menjadi Verifikasi

Selasa 9/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

MATARAM. – Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) mengajak seluruh insan pers Indonesia untuk tidak saja menjaga profesionalisme tapi juga meningkatkan jati diri sebagai pewarta Indonesia.

Setiap produk jurnalistik hendaknya melalui proses yang lebih dalam, dengan melakukan pemeriksaan tentang kebenaran laporan … Selengkapnya

Mutasi Solusi Masalah Novel Baswedan

Selasa 9/2/2016 | 01:56
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Novel Baswedan, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan akan dipindahtugaskan ke lembaga lain, untuk membantu melakukan pemberantasan korupsi di sana. KPK dikabarkan membebaskan Novel untuk ditempatkan di lembaga yang disukainya.

Saat dikonfirmasi tentang rencana pemindahan Novel tersebut, … Selengkapnya

Revisi UU Memperlemah KPK

Selasa 9/2/2016 | 01:48
A   A   A   Pengaturan Font

Perdebatan soal revisi UU tentang KPK terus bergulir meski DPR dan Pemerintah belum membahasnya. Namun klaim DPR dan masyarakat yang berbeda, harus dipertemukan.

Jakarta – Revisi Undang- Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pembrantasan Korupsi atau KPK dinilai publik … Selengkapnya

mondial

Beijing Beri Hadiah Bagi Informan Soal Terorisme

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SHANGHAI – Pemerintah Tiongkok kembali menawarkan hadiah bagi siapa saja yang bisa melaporkan konten terorisme pada suatu laman online dengan imbalan sebesar 100 ribu yuan. “Tawaran ini diajukan setelah tahun lalu, Beijing merogoh uang sekitar 2 juta yuan,” demikian diwartakan kantor berita Xinhua pada Minggu (7/2).

Menurut sumber dari Kantor Pusat Urusan Laman Siber Tiongkok yang dilansir Xinhua mengatakan bahwa internet saat ini telah jadi saluran teroris untuk menyebarluaskan ide-ide ekstremisme yang bisa membangkitkan konflik etnik dan membenarkan separatisme.

Kantor itu juga menyebut mikroblog dan pesan instan yang populer saat ini bisa dipergunakan kelompok teroris untuk mencuci otak pihak-pihak yang jadi sasaran mereka. Spanjang 2015, sudah ada sekitar 200 laporan kasus ide-ide ekstremisme yang tersebar lewat dunia maya yang berhasil diungkap.

Kabar terakhir pada Desember tahun lalu, pihak Beijing berhasil mengungkap kelompok teroris Islamic State (ISIS) mempergunakan lagu berbahasa Tiongkok sebagai media perekrutan mereka. Rtr/I-1

Pemilu Presiden Myanmar Dipercepat

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NAYPYITAW – Parlemen Myanmar diwartakan pada Senin (8/2) akan melaksanakan pemilu bagi memilih presiden yang baru pada 17 Maret mendatang. Tanggal Itu berarti lebih cepat dari tenggat 1 April yang tercantum dalam roadmap transisi politik di Myanmar.

Belum diketahui mengapa … Selengkapnya

Korsel dan AS Mulai Perundingan Sistem Misil Pertahanan

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Peluncuran roket Korut pada Minggu pagi telah menimbulkan masalah baru yang pelik dan panjang. Kini pihak AS sedang membahas kemungkinan menempatkan sistem misil pertahanan di negara-negara sekutunya di Asia.

WASHINGTON – Sejumlah analis dan pejabat di Amerika Serikat (AS) pada … Selengkapnya

Media Amerika Ungkap Jati Diri Eksekutor ISIS

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Dua media asal Amerika Serikat, Washington Post dan BuzzFeed, pada Minggu (7/2) mengklaim bahwa mereka berhasil mengidentifikasi anggota militan Islamic State (ISIS) yang menjadi eksekutor para sandera beberapa waktu lalu. Penjagal ISIS yang dijuluki “the Beatles” itu diduga … Selengkapnya

ekonomi

Wanita Pengusaha Minta Bunga KUR 5 Persen

Selasa 9/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Para pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) meminta kepada pemerintah agar menurunkan lagi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bawah sembilan persen menjadi sekitar lima persen. Permintaan itu disampaikan agar biaya produksi para pengusaha mikro dan kecil bisa bersaing di pasar seiring dengan mulai berlakunya pasar bersama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini.

Ketua Umum, IWAPI, Nita Yudi dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, pekan lalu mengatakan produk mereka sulit bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, karena biaya produksi akibat suku bunga tinggi menyebabkan marjin sangat tipis.

“Kami menyambut gembira pemerintah mengambil kebijakan menurunkan suku bunga KUR jadi satu digit menjadi 9 persen, tetapi dibanding Thailand, pengusaha kita masih kalah karena suku bunga kredit mereka cuma 2,2 persen,” kata Nita.

Sebab itu, dia berharap pemerintah menurunkan bunga KUR lagi setengahnya jadi 5 persen, karena kebanyakan pengusaha pemula memanfaatkan program tersebut sebagai sumber modal,” katanya.

Bank Belum Efisien

Menanggapi permintaan tersebut, Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, KUR awal diperkenalkan ke masyarakat, bunganya berkisar 22-24 persen untuk pembiayaan mikro. Sebab itu, Presiden Joko Widodo, jelasnya, menginstruksikan kepada jajaran menterinya untuk mengaji dan mengatakan sudah saatnya tingkat bunga pinjaman bagi pengusaha pemula itu diturunkan.

Hal itu yang menyebabkan pemerintah tahun lalu menurunkan suku bunga KUR menjadi 12 persen karena pemerintah memperbesar subsidi bunga yang dialokasikan dari subsisi bahan bakar minyak.

“Tahun ini kita tambah subsidinya, sehingga bunganya bisa 9 persen. Kalau peluang turun lagi terbuka untuk tahun depan asal dua syarat bisa dipenuhi yakni inflasi tetap terkendali rendah dan bank-bank penyalur bisa lebih efisien,” kata Menkeu.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 mengalokasikan dana KUR sebesar 100 triliun rupiah yang disalurkan kepada pengusaha mikro dan kecil dengan bunga 9 persen. Program tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan jumlah wirausahawan dalam negeri sebagai salah satu penopang perekonomian nasional.

“Ini kesempatan bagi masyarakat jadi wirausahawan sebagai syarat Indonesia menjadi negara maju,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan pemerintah berupaya menurunkan suku bunga empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN untuk menggenjot kegiatan industri, sehingga kontribusinya lebih maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi.

BEI Kaji Batas Harga Terendah Saham

Selasa 9/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Bursa Efek Indonesia sedang mengkaji perubahan batasan harga terendah perdagangan saham di pasar sekunder yang saat ini berada pada posisi 50 rupiah per saham.

“BEI masih mengkaji harga minimal saham di BEI 50 rupiah per lembar, bisa lebih … Selengkapnya

HK Realtindo Luncurkan Hunian Baru

Selasa 9/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

DEPOK – PT HK Realtindo (HKR), anak usaha PT. Hutama Karya (Persero) terus mengembangkan bisnisnya. Kali ini perusahaan yang berencana go public tahun ini meluncurkan satu lagi proyek terbarunya di bidang properti.

Direktur Komersial PT. HKR, Hendy Pagar Alam … Selengkapnya

Pasar Obligasi Tetap Menguat

Selasa 9/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Yield obligasi tenor menengah turun lebih besar dari tenor yang lain.

JAKARTA – Pasar obligasi diperkirakan di pekan ini mempertahankan penguatannya. Sentimen yang terjadi di pekan lalu diharapkan masih dapat dirasakan pelaku pasar, sehingga dapat mempertahankan laju pasar obligasi. “Di … Selengkapnya

rona

Beyonce Panaskan Pertunjukan Super Bowl

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Coldplay menjadi bintang dalam pertunjukan paruh waktu Super Bowl pada Minggu (7/2) waktu serempat, tapi megabintang R&B Beyonce dan Bruno Mars-lah yang menghidupkan acara penghormatan bagi para pemain itu.

Coldplay yang utamanya dikenal dengan hit-hit lembut memompa energi dengan menampilkan Viva La Vida di lantai yang bersinar warna-warni dikelilingi para pemain biola yang menari.

Setelah Coldplay menggembirakan para penonton dengan Paradise dan Adventure of a Lifetime, Mars yang menjadi bintang pertunjukan paruh waktu tahun 2014 muncul dengan pakaian kulit, memantul dengan Uptown Funk! bersama produser Mark Ronson di meja DJ di panggung.

Tapi semua mata tertuju pada Beyonce, yang membawakan single terkini  Formation – lagu kekuatan untuk ras dan feminisme yang menjadi debut mengejutkan pada Sabtu.

Video musiknya menampilkan gambar-gambar kuat banjir New Orleans setelah Badai Katrina, juga menggambarkan graffiti dengan tulisan sugestif stop shooting us (berhenti menembak kami) dari gerakan Black Lives Matter, yang muncul sesudah pembunuhan pria berkulit hitam tanpa senjata.

Sebelum pertandingan itu, beberapa penggemar berspekulasi di media sosial bahwa Beyonce akan tampil dengan muatan politik.

Tapi, bermitra dengan Mars di lapangan football, nada yang dia sampaikan lebih ringan ketimbang dalam video.

Mereka secara halus menyampaikan tema Formation dengan para penari perempuan berkostum pendek hitam, atasan kutung dan baret, dalam apa yang dianggap sebagai penghormatan bagi nasional berkulit hitam dalam gerakan Black Panther Party tahun 1960an dan 70an.

Cedric Betts dari Millbrae, California, yang menyaksikan pertunjukan dalam pertandingan itu, mengatakan bahwa pesan Beyonce jelas.

“Sebagai orang berkulit hitam kita harus merengkuh momen-momen ini karena tidak sering kita mendapatkannya,” kata dia.

Segera setelah pertunjukan itu diumumkan rencana tur dunia Formation Beyonce pada April, tur besar pertamanya dalam tiga tahun.

Sebelum mengakhiri penampilan di ajang olahraga terbesar Amerika itu, Beyonce dan Mars bergabung dengan pentolan Coldplay Chris Martin menampilkan kembali Uptown Funk!.  Ant/S-1

Tina Toon Doa Jodoh di Momen Imlek

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di momen Imlek tahun ini, seperti biasa Tina Toon merasa itu adalah hari yang sangat spesial baginya. Penyanyi dan aktris yang meroket lewat tembang Bolo-Bolo (1999) saat masih jadi penyanyi anak itu selalu merayakan Imlek bersama keluarganya. “Kalau tradisi lebih … Selengkapnya

Ussy Sulistyawati Pergi Umrah Ketiga Kali

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris dan presenter Ussy Sulistyawati berencana pergi ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah pada 12-22 Februari 2016 ini. Tak sendiri, Ussy akan berserta suaminya Andhika Pratama. Ussy menyebutkan, umrahnya kali ini adalah kali yang ketiga dan kini ia tengah dalam … Selengkapnya

Individu dengan Pola Kerja Otak Berbeda

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kasus kopi maut Mirna telah mengantar Jessica menjadi tersangka. Di awal kasus ini mencuat, ada pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak, menyebutnya psikopat. Benarkah demikian? Hanya penyidik dan psikolog yang memeriksanya yang tahu.

Di luar kasus kopi maut, mungkin Anda … Selengkapnya

megapolitan

Bantar Gebang akan Disulap Jadi Tujuan Wisata

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI- Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot) , Jawa Barat, akan menjadikan Kecamatan Bantargebang yang selama ini identik dengan sampah menjadi daerah tujuan wisata alam bagi warga Jabodetabek.

“Rencana pembangunan tempat wisata dimulai  2016 dengan melakukan kajian secara meyeluruh dari berbagi aspek,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Bekasi, Encu Hermana di Bekasi, Senin (8/2).

Menurut dia, kawasan yang akan dikembangkan menjadi tujuan wisata adalah aliran Kali Cileungsi yakni Curug Parigi yang berlokasi di Pangkalan V, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang.

Menurut dia, Curug Parigi memiliki potensi menjadi ikon Kota Bekasi, khususnya wilayah Bantargebang yang selama ini terlanjur dikenal sebagai tempat pembuangan sampah (TPS). Ant/P-5

Puncak Hujan Lebat, Warga DKI Diminta Siaga

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor  dan sekitarnya, Senin  (8/2)  membuat ketinggian muka air di Bendung Katulampa naik hingga 80 sentimeter atau berstatus siaga  III.

“Ketinggian air mencapai 80 sentimeter ketika pukul 16.00. Sampai kini, ketinggian air di bendung … Selengkapnya

Perayaan Berlangsung Sederhana

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) mengimbau agar umat Konghucu menjadikan Imlek sebagai momen untuk berintrospeksi diri.

JAKARTA – Warga keturunan Tionghoa di Jakarta memadati sejumlah vihara di Jakarta. Ribuan warga sejak Minggu (7/8) hingga Senin (8/2) padati Wihara Dharma … Selengkapnya

REI Rampungkan Rusunawa Pulogebang

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pengembang anggota Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta,  merampungkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) di Pulogebang, Jakarta Timur. Rusunawa tersebut merupakan bagian dari penyelesaian kewajiban serta dukungan pengembang REI DKI atas program pembangunan rusunawa oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI … Selengkapnya

olahraga

Misi Tebus Kesalahan

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LIVERPOOL – Adam Lallana ingin Liverpool menebus kesalahan di Liga Inggris, melaju di Piala FA dengan mengalahkan West Ham pada laga ulangan putaran keempat di Upton Park, Rabu (10/1) dini hari WIB.

Kedua tim masih berpeluang melaju setelah pada pertemuan awal di Anfield 30 Januari lalu Liverpool ditahan imbang 0-0. “The Reds” hanya memenangkan satu dari enam pertandingan harus puas dengan hasil imbang 2-2 kontra Sunderland meski memimpin lebih dulu dalam laga Liga Inggris, Sabtu.

Pada pertemuan dengan West Ham di Upton Park 2 Januari, Liverpool kalah 0-2 dan Lallana yang mencetak gol melawan Sunderland – bersemangat untuk menghindari terulangnya hal serupa.

Tapi Liverpool mungkin tidak dapat mengandalkan semangat pelatih Jurgen Klopp di ruang istirahat, karena ia melanjutkan pemulihan dari operasi setelah diagnosis apendisitis.

“Ini adalah tentang bekerja keras,” ujar Lallana kepada situs resmi klub. “Kami punya pertandingan lain pada Selasa. Merupakan hal terbaik sebagai pemain, untuk kembali ke lapangan secepat mungkin dan menempatkan hal yang benar,” sambungnya.

“Performa kami di liga belum terlalu baik sehingga kami harus memastikan bahwa hari Selasa kami melaju (di Piala FA),” tandasnya.

Di sisi lain West Ham akan menjadikan pertemuan dengan Liverpool untuk bangkit dari kekalahan 0-1 di di Southampton.

Tim asuhan Slaven Bilic mendominasi n sebagian besar paruh keduan melawan 10 orang setelah Victor Wanyama diusir, tetapi tidak mampu untuk mendapatkan hasil imbang.

Hasil itu membuat kecewa pelatih asal Kroasia dan d ia sangat ingin melihat timnya melaju di Piala FA dengan mengalahkan Liverpool untuk ketiga kalinya musim ini. ben/Rtr/S-1

Napoli dan Juve Terus Melaju

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SAN PAOLO – Napoli mengalahkan 10 pemain Carpi 1-0 dan Juventus menang 2-0 atas Frosinone. Hasil laga yang berlangsung Minggu (7/1) itu membuat kedua tim pemuncak klasemen Serie A itu memperpenjang catatan kemenengan dan bergerak untuk unggul lebih jauh.

Napoli … Selengkapnya

Rusia Dipermalukan di Piala Fed

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Rusia dan Italia, yang memenangi delapan dari 12 gelar terakhir Piala Fed, secara mengejutkan tersingkir dari ajang ini setelah dikalahkan lawan-lawannya. Sedangkan juara bertahan Republik Ceko melaju ke semifinal untuk menghadapi Swiss.

Rusia, juara 2004, 2005, 2007, dan … Selengkapnya

CLS Knights Pantas Ditakuti

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MALANG – Kejutan besar yang terjadi pada hari terakhir Series 2 IBL 2016 di Malang, Sabtu (6/2) kemarin, membuktikan kalah CLS Knights Surabaya (CLS) telah menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan dalam peta persaingan kompetisi basket Tanah Air. CLS membuktikan … Selengkapnya

kupas

Publik Tetap Menuntut Akurasi dan Kelengkapan Isi Berita

Selasa 9/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketua Dewan Pers Bagir Manan berbicara soal kehidupan pers masa kini, di tengah era digital.

Di Nusa Tenggara Barat, tempat dihelatnya puncak acara Hari Pers Nasional 2016 (HPN 2016), Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Ketua Dewan Pers, Bagir Manan di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB. Berikut petikan wawancaranya.

Catatan Anda tentang makin menguatnya peran media sosial seperti apa?Adakah pengaruhnya terhadap media-media mainstream atau konvensional?

Perkembangan media sosial sangat berpengarauh terhadap eksistensi dan kiprah media tradisional, mulai cetak, radio dan TV.

Didapati beberapa faktor yang mempercepat perkembangan media sosial. Pertama, perkembangan teknologi komunikasi. Tidak berlebihan apabila dikatakan, teknologi komunikasi berkembang sangat cepat. Baik sebagai penemuan baru maupun pengembangan yang sudah adadibandingkan dengan teknologi lain.

Kedua, perubahan masyarakat. Disatu pihak, masyarakat makin sadar informasi dengan cepat dan mutakhir, baik untuk sekedar mengetahui maupun sebagai bagian dari aktifitas, seperti aktifitas politik, ekonomi dan lain-lain.

Dipihak lain, akibat dinamika kehidupan yang berkembang dengan cepat, dan keterbatasan waktu, masyarakat makin tergantung pada media yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat.

Ketiga, persayaratan normatif, persyaratan manajemen dan fasilitas yang diperlukan untuk menyelenggarakan media sosial sangat mudah dan sederhana dibandingkan dengan penyelenggaraan media tradisional seperti cetak, radio, TV.

Tantangan pers kedepan?

Paling tidak, ada dua segi masalah dan tantangan. Pertama, pers menerapkan kebebasan secara berlebihan. Dalam kaitan ini, cukup populer sebutan:”pers kebablasan”.

Kemerdekaan memperoleh dan menyebarkan informasi menjalankan fungsi jurnalistik, dimaknai tanpa batas. Setiap prosedur apalagi perbuatan memperoleh informasi atau menjalankan tugas-tugas jurnalistik serta merta dianggap sebagai ancaman terhadap kemerdekaan pers.

Soal persaingan antar pers?

Kebebasan menyelenggarakan usaha pers mengakibatkan persaingan sangat bebas antar pers. Pers yang kuat mengembangkan usaha pers dengan membuat badan usaha yang tersebar hampir di seluruh Tanah Air.

Dalam berbagai hal terjadi persaingan tidak sehat seperti berebut iklan, memurahkan harga, yang dapat mematikan usaha pers lainnya. Media cetak tengah menuju senjakalanya.

Tanggapan Anda?

Telah dikemukakan mengenai perkembangan luar biasa media sosial. Kemudahan yang disediakan teknologi, kecepatan informasi, perubahan sikap masyarakat mendorong kapasitas media sosial.

Berbagai pendapat menyataakan, perkembangan media sosial merupakan ancaman bagi pers cetak atau pers tradisional lainnya.

Bahkan ada yang meramalkan media cetak akan mati. Apakah semudah itu?

Hal ini bergantung pada hubungan kepercayaan publik. Pertama, walaupun publik menghadapi kecepatan, kemudahan informasi, tetapi tetap menuntut akurasi, kelengkapan isi berita, bahkan kedalaman isi berita.

Hal ini-paling tidak pada saat ini di Tanah Air kita-sulit dipenuhi oleh media sosial. Dipihak lain, media cetak, sepanjang dijalankan secara profesional dan mengikuti azas dan kaidah jurnalistik yang benar- lebih mudah memenuhi tuntutan akurasi, kedalaman dan kelengkapan berita.

Jadi apa yang harus dilakukan pers cetak untuk bertahan?

Pertama, meninjau kembali-terutama satu sikap media, melakukan konglomerasi menguasai media secara berlebihan, sekaligus menerbitkan bermacam-macam media cetak, TV, media sosial, radio.

Menghentikan penerbitan media cetak yang berdiri sendiri di daerah-daerah. Hal ini akan menjadi beban manajemen yang memberatkan. Kedua, membangun sistem manajemen untuk mencapai setingginya efisiensi, yang akan mempunyai dampak ganda. agus supriyatna/ AR-3

“Kita Akan Segera Putuskan untuk Ditarik”

Sabtu 6/2/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dan mantan Ketua KPK, Abraham Samad, serta Komisioner KPK, Bambang … Selengkapnya

Kecil Kemungkinan Berdampak pada Orang Dewasa

Jumat 5/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah akhirnya mengeluarkan travel advisory kepada masyarakat Indonesia yang akan berpergian ke sejumlah negara endemik Virus Zika seperti Amerika latin.

Peringatan ini dikeluarkan pasca World Health Organization (WHO) menyatakan darurat kesehatan global untuk Virus Zika beberapa hari lalu.

Travel … Selengkapnya

Revisi UU Terorisme Tetap Mengedepankan Hak Asasi Manusia

Kamis 4/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Guna menangkal dan mempersempit ruang gerak terorisme, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera merevisi Undang- Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Ada beberapa poin yang akan direvisi, perluasan masa penahanan selama penyelidikan atau penyidikan, … Selengkapnya

berita lain

Danai Rumah Murah, BTN Siap Kelola Dana Tapera

Jumat 5/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembiayaan untuk rumah murah harus menjadi prioritas pemerintah. Untuk mendukung pembiayaan hunian murah, Bank Tabungan Negara (BTN) siap mengelola dana tabungan perumahan rakyat (tapera) yang potensinya mencapai puluhan triliun setiap bulannya. Rencananya bulan ini DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tapera … Selengkapnya

Jasa Logistik Melesat di Era e-Commerce

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Produk kreatif Indonesia akan kian melesat tahun ini. Platform e-commerce (bisnis digital) bakal marak dengan segmentasi usaha yang beragam. Industri kreatif juga makin mendapat tempat di hati konsumen karena tumbuhnya marketplace hingga penyedia layanan jasa logistik.

Pertumbuhan e-commerce sekarang ini … Selengkapnya

Hujan, Perhatikan Daya Cengkram Ban

Rabu 3/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Saat hujan yang hampir mengguyur setiap hari seperti sekarang perlu diperhatikan kondisi ban. Pemilihan ban yang tepat menjadi penting agar dalam kondisi jalan berair masih bisa mencengkram dengan baik.

Menurut Product Marketing Manajer PT Michelin Indonesia, Refil Hidayat, ban yang … Selengkapnya