Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Narkoba dan Seks Bebas Menjebak Para Pemuda

Rabu 25/5/2016 | 09:36
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kondisi sebagian pemuda di Tanah Air saat ini sangat memprihatinkan, narkoba dan seks bebas telah menjebak mereka. Seharusnya, anak muda fokus sebagai penerus bangsa.

Bukan hanya itu, sebagian besar bangsa Indonesia masih banyak yang miskin. “Ribuan bahkan jutaan rakyat Indonesia masuk kategori sangat miskin karera nganggur. Karena itu, salah besar bila Pemerintah Indonesia menghadirkan tenaga kerja asing di negeri ini,” kata Ketua Umum Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah (IMM), Beni Pramula dalam acara Muktamar IMM XVII di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (24/5).

Untuk itu, dia mengharapkan kedepan pemuda dan mahasiswa harus sukses, baikn secara akademis dan organisatoris. Serta harus seimbang antara akademisi dan berjuang dengan rakyat kecil. “Harus seimbang antara bangku kuliah dan perjuangan,” ucap Beni.

Setelah itu dilakukan, kata dia, baru pemuda bisa bersaing ke seluruh dunia karena memiliki pemahaman dan wawasan yang luas hingga bisa membantu membangun bangsa. “Wawasan pengalaman dan pemikiran harus luas untuk membangun bangsa dan membangun organisasinya untuk itu perlu mendunia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengingatkan tentang pentingnya Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. Para pemuda harus dimengerti dan dipahami hal itu, kemudian diamalkan.

“Pancasila untuk sebagian besar rakyat Indonesia sebenarnya tidak perlu diajarkan lagi. Pancasila adalah hasil penggalian kembali dari karakter asli bangsa Indonesia,” kata Zulkifli saat menjadi pembicara pada acara muktamar tersebut.

Zulkifli meminta generasi muda memahami Pancasila secara utuh. “Harus dihafal, diresapi dan dimengerti. Pancasila juga memiliki arti cinta kasih, toleransi dan gotong royong,” imbuhnya.

TKI Informal ke Timteng Tidak Akan Dibuka

Rabu 25/5/2016 | 09:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah meminta tidak ada pihak yang berspekulasi mengenai kunjungan Menteri Ketenagakerjaan ke Timur Tengah Pekan ini. Pemerintah tidak akan mengubah keputusannya menutup penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sektor informal (pembantu rumah tangga) ke negara itu.

Menteri Ketenagakerjaan … Selengkapnya

Sekolah Kejuruan Akan Diperkuat

Rabu 25/5/2016 | 09:16
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah akan memperbanyak jumlah SMK. Penambahan SMK juga akan diiringi dengan penambahan jumlah guru.

MALANG– Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) akan menuntaskan wajib belajar 12 tahun, dengan fokus pada ekspansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara besar-besaran. Langkah ini … Selengkapnya

Cegah Korupsi Kementerian ESDM Gandeng KPK

Rabu 25/5/2016 | 09:09
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka pencegahan terhadap korupsi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan bahwa dirinya dan beberapa pejabat menyambangi kantor KPK membahas … Selengkapnya

mondial

Obama Ungkit Isu Sengketa LTS

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Keputusan AS untuk meningkatkan hubungan bilateral serta mengakhiri embargo terhadap Vietnam, dipantau ketat oleh Tiongkok. Pihak Beijing menilai itikad AS terhadap Vietnam itu sebagai upaya untuk melawan Tiongkok.

 HO CHI MINH – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, kembali menyinggung soal sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) pada hari terakhirnya kunjungan kenegaraannya di Vietnam, Selasa (24/5). Presiden kulit hitam pertama AS itu menekankan pentingnya kebebasan bernavigasi di wilayah LTS, dimana Tiongkok membangun pulau-pulau buatan, jalan dan pelabuhan di wilayah yang dipersengketakan itu.

“Negara yang besar, seharusnya tidak menjajah negara yang kecil. Persengketaan ini harus diselesaikan dengan damai,” kata Obama, tanpa menyebut Tiongkok secara gamblang yang mengklaim lebih dari 80 persen kepemilikan LTS.

Menjawab posisi sikap AS itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan negara diluar kawasan harusnya menghormati negara-negara yang sedang berusaha menjaga perdamaian dan keamanan kawasan. Hua menyebut pemerintah Tiongkok sangat meyakini ukuran sebuah negara seharusnya tidak boleh dimanfaatkan sebagai dasar untuk menentukan apakah posisinya dibenarkan.

Sindiran Obama terhadap sikap Tiongkok atas sengketa LTS, dibalas dengan sindiran oleh Beijing. Surat kabar Tiongkok, Global Times, mewartakan pemerintah Tiongkok mencemooh keputusan AS untuk mencabut embargo senjata terhadap Vietnam dan ikhtikad baik AS untuk melunakkan hubungan bilateral dengan Vietnam terkait HAM, yang semua itu dilakukan semata-mata guna melawan Tiongkok. AS pun dituding mengambil keuntungan dari Vietnam agar lebih membangkitkan masalah di LTS.

Obama secara resmi mengumumkan bahwa AS telah mencabut sepenuhnya embargo penjualan senjata kepada Vietnam yang telah diberlakukan selama lebih dari lima dekade. Pencabutan embargo tersebut diumumkan Obama saat berkunjung ke Vietnam. Dalam kesempatan itu, Obama pun berjanji tak akan lagi mengungkit-ungkit sejarah kelam bekas musuh AS tersebut.

“Vietnam kini telah memasuki era baru yang sejahtera. Pada tahapan ini pula, Vietnam dan AS telah melakukan sejumlah kerja sama, termasuk militer, yang mencerminkan bahwa di antara kedua negara telah terjalin rasa saling percaya dan juga saling menghargai,” ujar Obama. 

“Peace Corps”

Pada hari terakhir kunjungannya di Vietnam, Presiden Obama juga mengajukan tawaran kepada pemerintah Vietnam untuk mengizinkan Peace Corps, sebuah organisasi nirlaba, agar beroperasi di Vietnam, dimana fokus utamanya pada pengajaran bahasa Inggris.

Tawaran itu pun disambut positif oleh pemerintah Vietnam dan menjadi puncak upaya Peace Corps selama bertahun-tahun agar dapat masuk ke negara itu. Peace Corps didirikan tahun 1961 oleh Presiden John F Kennedy untuk mendorong perdamaian dan persahabatan dunia. Sejak itu, lebih dari 220 ribu relawan Amerika telah bertugas di 141 negara.

Pada 2012, direktur Peace Corps, yang saat itu dijabat oleh Aaron Williams, berkunjung ke Vietnam selama tiga hari untuk mempelajari peluang pembukaan program Peace Corps di sana.

“Saya sangat senang untuk pertama kalinya Peace Corps akan bekerja di Vietnam,” kata Presiden Obama. “Relawan Peace Corps kami akan memusatkan perhatian pada pengajaran bahasa Inggris dan persahabatan yang diupayakan oleh para relawan ini akan memperat hubungan kita dalam beberapa dekade mendatang,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Peace Corps menyebut telah bekerja sama dengan Vietnam dalam menyelesaikan dan menandatangani perjanjian untuk menyusun program kurikulum. Hal ini akan menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk terus mengembangkan hubungan yang erat dan memperdalam hubungan antar masyarakat. Selain pendidikan, Peace Corps akan bekerja selama 27 bulan di negara tuan rumah dalam bidang pertanian, pengembangan masyarakat, lingkungan, kesehatan dan pemuda. uci/Rtr/VoA/I-1

Capres Partai Kebebasan Austria Kalah Tipis

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WINA – Calon presiden dari Partai Kebebasan Austria, Norbert Hofer, pada Senin (23/5) waktu setempat, akhirnya mengakui kekalahan dirinya dalam pemilu presiden yang dilaksanakan pada Minggu (22/5). Walau penghitungan suara masih dilakukan, dari hasil hitung cepat oleh Kementerian Dalam Negeri … Selengkapnya

Menteri Perencanaan Brasil Mundur

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BRASILIA – Pemakzulan terhadap Presiden Brasil, Dilma Rousseff, rupanya berbuntut panjang. Pada Senin (23/5), Menteri Perencanaan Brasil, Romero Juca, memutuskan untuk mengundurkan diri. Padahal kabinet yang baru dibentuk beberapa hari lalu.

Keputusan tersebut mengejukan Presiden Brasil sementara, Michel Temer, mengingat … Selengkapnya

Imam Besar Al-Azhar Temui Paus di Vatikan

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 VATIKAN – Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus melakukan pertemuan dengan imam besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb, Senin (23/5) waktu setempat. Kunjungan ini menandai membaiknya hubungan antara Vatikan dengan kalangan Islam Sunni setelah lima tahun lalu hubungan keduanya membeku.

Masjid Agung … Selengkapnya

ekonomi

Kabinet Kerja Jokowi Tak Sejalan

Rabu 25/5/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenko Perekonomian menyerukan impor komoditas pangan, terutama bawang merah untuk menekan lonjakan harga jelang Ramadan tetapi Kementan menyatakan posokan bahan pokok surplus.

Jakarta. – Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali terpecah terkait upaya stabilitas harga komoditas pangan. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyerukan impor bahan pangan, termasuk bawang merah,

untuk menekan lonjakan harganya menjelang Ramadan. Namun, Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan terjadinya surplus bawang merah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan impor bahan makanan bisa dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan menjelang bulan puasa yang jatuh pada awal Juni 2016.

“Kita tugaskan BUMN untuk melakukan impor agar harganya bisa ditekan turun, khususnya menghadapi bulan puasa dan Lebaran,” kata Darmin seusai memimpin rapat koordinasi harga pangan di Jakarta, Selasa (24/5).

Darmin mengakui beberapa harga pangan sedang naik seperti daging sapi maupun bawang merah hingga akhir Mei 2016. Untuk menjaga pasokan dan upaya stabilisasi harga, katanya, pemerintah ingin mengimpor agar tidak ada kelangkaan bahan makanan yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat dan harganya tidak melambung terlalu tinggi.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), beberapa harga komoditas pangan menjelang akhir Mei 2016 cenderung mengalami kenaikan, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut pantauan BPS, harga bawang merah pada Mei 2016 naik 36 persen dibandingkan Mei 2015, bahkan melonjak 46 persen dibandingkan periode April 2015.

“Kalau year on year, memang masih pada naik. Mei sekarang dibandingkan Mei tahun lalu,” kata Kepala BPS, Suryamin usai rapat koordinasi harga pangan di Jakarta, Selasa (24/5).

Sayangnya, Kementerian Pertanian (Kementan) secara tegas menentang impor komoditas pangan, terutama bawang merah, dengan dalih menjaga stabilitas harga.

Menurut Kementan, produksi bawang merah saat ini memadai dan berdasarkan harga komoditas tersebut di sejumlah pasar saat ini sudah turun.

“Saya tidak akan mengeluarkan izin impor bawang karena masih surplus,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Stok Berlimpah

Sebelumnya, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KKPU) M. Syarkawi Rauf menegaskan saat ini tidak relevan jika pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membuka kran impor bawang merah, sebab stok di Tanah Air melimpah.

“Indonesia masih surplus, sehingga tidak relevan jika ditempuh langkah mengimpor bawang merah. Yang relevan itu mengatur pasokan, intervensi pasar dengan cara menyerap saat musim panen,” kata Syarkawi Rauf, awal pekan ini.

Syarkawi mengatakan, produksi bawang merah di Indonesia mencapai 1,2 juta ton, padahal konsumsi hanya sekitar 975 ribu ton per tahun, sehingga dipastikan masih surplus.  bud/Ant/E-10

BTN-Garuda Terbitkan “Co-Brand”

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.-Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk dan PT Garuda Indonesia Persero Tbk, melakukan sinergi guna meningkatkan kinerja.

Kedua BUMN itu meluncurkan kartu debit untuk transaksi elektronik bernama Co-Brand yang diharapkan dapat memudahkan pembayaran … Selengkapnya

Sistem Pensiun Mesti Segera Dibenahi

Rabu 25/5/2016 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Perencanan pensiun di Indonesia dinilai masih rendah sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan beban demografi ke depan. Karenanya,  diperlukan pembenahan baik dalam sistem pensiun maupun pola pikir masyarakat terkait perencanaan keuangan di masa depan.

Bank Dunia memperingatkan sistem pensiun di … Selengkapnya

Harga SUN Mulai Turun

Rabu 25/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA.–Harga Surat Utang Negara (SUN) mengalami penurunan sehingga membuat yield bergerak naik. Penurunan harga obligasi lebih dipengaruhi oleh sentimen domestik ketimbang global. Direktur Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Wahyu Trenggono,

mengatakan kenaikan yield yang terjadi sekarang dikarenakan beberapa hal yang … Selengkapnya

rona

ARTJOG Ke-9 Kukuhkan Diri Sebagai Artis Fair Terbaik di Dunia

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perayaan tahunan seni rupa kontemporer internasional ARTJOG yang berbasis di Yogyakarta akan kembali digelar untuk umum mulai tanggal 27 Mei hingga 27 Juni mendatang di Jogja National Museum (JNM). Dengan mengangkat tema ‘Universal Influence’, ARTJOG benar-benar ingin mengukuhkan dirinya sebagai artis fair terbaik di dunia.

Pendiri sekaligus direktur artistic ARTJOG, Heri Pemad mengatakan, ARTJOG saat ini sudah berhasil masuk dalam agenda gelaran seni rupa dunia sejajar dengan artfair di Singapura, Hongkong, dan lainnya. “ARTJOG dinilai unik karena berbeda dengan artfair di negara lain yang diiukuti oleh galeri-galeri, ARTJOG justru diikuti oleh senimannya langsung,” ungkap Heri Pemad di Greenthost Yogya, akhir pekan lalu.

Heri Pemad menerangkan, sudah terlalu lama diskusi mengenai institusi seni rupa modern yang gagal terbangun di Indonesia, seperti museum, kampus, galeri, media, artfair, dan lain sebagainya. Kehadiran ARTJOG yang terus berusaha maju hingga tahun ke-9 ini adalah usaha untuk terus menjadi bagian penting dari perjalanan seni rupa kontemporer dunia.

“Tentu ada banyak rintangan, tapi yang namanya terobosan pasti akan memberi banyak jalan lain bagi pertumbuhan seni rupa kita. Yang pasti, dunia kini tahu ada ARTJOG yang secara serius berusaha menghadirkan seniman-seniman muda kontemporer terbaik di Indonesia,” kata Heri Pemad.

Melibatkan 72 seniman dengan 97 karya, ARTJOG 9 menargetkan ada penjualan karya senilai 20 miliar rupiah dengan harga karya termahal di kisaran 1 miliar – 3 miliar rupiah. Puluhan museum, galeri, kolektor, dan kritikus rupa dunia tercatat sudah mengatur perjalanan dan penginapan di Yogya untuk menghadiri ARTJOG 9.  YK/S-2

Angelina Jolie Jadi Dosen Mata Kuliah Perempuan

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris Hollywood Angelina Jolie akan menjadi dosen tamu di London School of Economics (LSE) dalam mata kuliah baru mengenai perempuan, perdamaian, dan keamanan.

LSE mengatakan mata kuliah yang dimulai tahun depan adalah yang pertama kali dibuat dalam lingkup global. Mata … Selengkapnya

Shu Qi Menuai Sukses Setelah Hijrah ke Hongkong

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merasa diganggu oleh pria di negaranya, aktris kenamaan Taiwan, Shu Qi, terpaksa hijrah ke Hongkong. Tanpa disangka, Shu Qi akhirnya bertemu dengan seorang sutradara bernama Andrew Lau dan menawarinya berperan untuk film bertajuk “All You Need is Love”.

“Alasan saya … Selengkapnya

Aneka Ayam Geprek

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Masakan dengan lauk ayam sangat digemari di Indonesia. Sajian sangat beragam. Salah satu yang khas adalah ayam geprek. Seperti apa sensasi menikmati kuliner ayam geprek?

Ayam Geprek Khas Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya budaya dan kota wisata. Yogyakarta juga kota kuliner. … Selengkapnya

megapolitan

Demo Masak Jajanan Manis Gulaku di Kecamatan Makasar

Rabu 25/5/2016 | 10:14
A   A   A   Pengaturan Font

Kecamatan Makasar Jakarta Timur ramai dipenuhi oleh ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada Selasa (24/5). Mereka antusias mengikuti  Demo Memasak Jajanan Manis Nusantara bersama Gulaku.

Menurut Ketua PKK Makasar, Niar Sonjaya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Gulaku ini sangat menolong bagi ibu-ibu untuk menambah pengetahuan di bidang kuliner. “Prisipnya saya mendukung kegiatan ini, apalagi besar manfaatnya buat ibu-ibu, ditambah akan segera masuk bulan puasa,” katanya.

Pembukaan acara dilakukan oleh Fiter Cahyono selaku Communication Officer Gulaku. “Ini merupakan kepedulian Gulaku untuk ambil bagian dalam melestarikanwarisan kuliner asli Indonesia, agar tidak pudar diterjang serbuan makanan internasional,” jelas Fiter.

Dalam acara ini juga hadir Chef Yeni Ismayani untuk mendemokan pembuatan Kue Sikaporo, kue asal Bugis yang disukai kalangan bangsawan.

Acara jadi semakin meriah ketika dilakukan lomba membuat kue Dadar Eten. Keluar sebagai Juara Pertama ibu-ibu dari Kelurahan Halim Perdana Kusuma.

“Acaranya hebat, sangat meriah, kuenya juga jadi lezat dan kita jadi tahu bagaimana membuat kue yang benar,” kata Ayani Suparjo yang keluar sebagai Juara ketiga lomba membuat kue.

Pada kesempatan itu juga dibagikan doorprize. Lalu bagi yang belanja paket mendapat hadiah langsung berupa voucer belanja JJ Royal Kopi Tubruk Caramel Latte, toples Gulaku, serta hadiah menarik lainnya.

Demo Masak Jajanan Manis Nusantara berikutnya akan digelar pada Rabu 25 Mei Kelurahan Ciacas,Sabtu 28 Mei Pasar Musi dan Selasa 31 Mei Kelurahan Musi. (ars)

Ledakan Tabung Lukai Delapan Orang

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ledakan tabung gas melukai delapan orang warga di Rumah Makan Sederhana Baru Slipi Jakarta Barat pada Selasa (24/5).

“Korban menjalani perawatan di Rumah Sakit Pelni Petamburan Jakarta Barat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi … Selengkapnya

Bursa Kerja Kota Tangerang Dibanjiri Pencari Kerja

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Sebanyak 4.036 lowongan kerja tersedia dalam bursa kerja yang digelar Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan tanggal 24-26 Mei 2016 di pusat perbelanjaan Tangerang City.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Abduh Surahman di Tangerang, Selasa (24/5), mengatakan lowongan … Selengkapnya

Dewan Minta Apartemen Penunggak Fasos/Fasum Disegel

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

  BPKAD belum mampu menginventarisir dengan baik berapa pengembang yang masih menunggak fasos/fasum.

JAKARTA – Banyaknya penunggak kewajiban fasilitas sosial/fasilitas umum (fasos/fasum) dari beberapa pengembang di Jakarta, anggota DPRD DKI meminta agar properti baik apartemen atau rail estate milik pengembang nakal … Selengkapnya

olahraga

Misi Akhiri Penantian

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sejak 1972, Jerman menjadi negara yang tak pernah absen tampil di putaran final Piala Eropa. Tapi tidak semua perjalanan Jerman di Piala Eropa berjalan mulus.

Termotivasi menjadi pemenang Piala Dunia 2014, Jerman akan berupaya mengakhiri penantian 20 tahun gelar juara Piala Eropa di Prancis bulan depan. Jerman adalah tim yang paling sering tampil di putaran final Piala Eropa. Mereka sudah 11 kali lolos dan tiga kali menjadi juara.

Namun mereka telah menunggu lama untuk kembali mengangkat trofi. Terakhir kali Jerman jadi juara terjadi pada 1996. Karena itulah gelaran Piala Eropa 2016 menjadi kesempatan untuk mengakhiri penantian panjang. Jerman berada di grup C, bersaing dengan Ukraina, Polandia, dan Irlandia.

Sejak 1972, Jerman menjadi negara yang tak pernah absen tampil di putaran final Piala Eropa. Mereka selalu lolos dalam event empat tahunan itu. Tapi tidak semua perjalanan Jerman di Piala Eropa berjalan mulus. Bahkan beberapa kali mereka tersingkir di putaran awal.

Meski memiliki laju mulus di babak sistem gugur Piala Dunia, langkah Jerman di Piala Eropa lebih berat. Tercatat, tiga kali mereka tersingkir di fase penyisihan grup putaran final Piala Eropa. Dua kali di antaranya finis di peringkat Ketiga klasemen penyisihan grup (1984 dan 2004), serta menempati peringkat dasar klasemen pada 2000.

Padahal secara umum, Jerman adalah tim yang memegang sejumlah rekor di Piala Eropa. Di antaranya mereka termasuk di antara tim-tim raksasa Eropa yang punya pengalaman tiga kali juara Eropa.

Tim berjuluk “Die Mannschaft” itu telah memenangkan 23 pertandingan di antara 43 laga putaran final yang dilakoninya. Terbanyak di antara timnas-timnas negara Eropa lainnya.

Meski punya catatan rekor gemilang tersebut, Jerman tak pernah bisa jadi juara pada periode 1996 hingga sekarang.

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew berambisi untuk meraih gelar juara Piala Eropa. Sebuah gelar yang belum bisa dia raih setelah menjadi pelatih pada 2006 hingga sekarang maupun saat menjabat asisten pelatih pada 2004-2006.

Loew yakin para pemain yang telah dipilih untuk mengisi skuadnya jelang Piala Eropa 2016 sudah tepat. “Kami memilih para pemain ini karena yakin tim ini punya perpaduan yang bagus antara pengalaman dan semangat muda,” ujar pelatih berusia 56 tahun itu.

“Secara keseluruhan kami memiliki skuad yang diisi dengan kualitas, dan fleksibilitas yang tinggi, kondisi itu bagus untuk bisa meraih kesuksesan di Piala Eropa,” sambungnya.

Pemain-pemain berpengalaman di timnas Jerman seperti Manuel Neuer, Mats Hummels, dan kapten Bastian Schweinsteiger, masuk dalam skuad sementara Jerman jelang Piala Eropa tersebut.

Mereka akan dipadukan dengan pemain-pemain muda seperti Joshua Kimmich (21 tahun-Bayern Muenchen), Julian Weigl (20-Borussia Dortmund), dan Julian Brandt (20-Bayer Leverkusen), yang baru pertama kali dipanggil ke timnas senior Jerman.

Di sisi lain, Loew juga tak memungkiri merasa khawatir karena sejumlah pemain mengalami cedera berkepanjangan.  ben/S-1

Pemain Bintang Ramaikan Copa America

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CALIFORNIA – Peraih penghargaan pemain terbaik dunia sebanyak lima kali Lionel Messi dari Argentina, bintang asal Chile Alexis Sanchez dan pemain Brasil Dani Alves berada di antara nama-nama bintang di daftar nama akhir turnamen Copa America Centenario, yang akan digelar … Selengkapnya

Rashford Siap Jalani Debut Timnas

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Striker Marcus Rashford kemungkinan akan membuat debut di tim nasional saat Inggris melawan Australia pada hari Jumat (27/5) setelah bergabung dengan skuad Piala Eropa 2016. Meski demikian pelatih Roy Hodgson mengatakan pemain muda itu tidak memiliki waktu banyak … Selengkapnya

Dadi Tetap Puas Tampil di TdF 2016

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LABUAN BAJO – Stage Best Indonesian Rider dari tim Trengganu Cycling Team, Dadi Suryadi, mengaku puas dengan hasil yang diperolehnya di Tour de Flores (TdF) 2016. Meskipun pebalap asal Jawa Barat itu jatuh di etape pertama dan mengalami cedera di … Selengkapnya

kupas

“Kita Jangan Mewariskan Impor”

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan instansi pemerintah yang secara tegas menolak impor komoditas pangan. Sebab, impor hanya memperkaya petani di negara lain tetapi memiskinkan atau mematikan petani di negeri sendiri.

Lagi pula, Kementan merupakan lembaga yang berfungsi untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi. Kemudian, jika impor dilakukan maka tentunya segala bentuk bantuan yang diberikan Kementan sama sekali tidak berguna. Atas dasar itu pula Kementan tetap menolak rencana impor pangan jelang ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2016. Guna mengetahui sikap Kementan itu, berikut wawacara Koran Jakarta dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Bagaimana sikap Anda terhadap kebijakan impor komoditas pangan? Saya dengan tegas menolaknya. Dalam rapat rapat kabinet beberapa hari lalu, ada yang mau impor bawang merah. Tapi saya katakan tidak karena kebutuhan bahan pokok bisa kita penuhi tanpa harus impor, apalagi pada tahun ini produksi bawang merah banyak dan surplus. Sekarang ini produksi bawang merah di Indonesia adalah 241.600 ton sementara kebutuhannya 175.600 ton.

Kalau impor beras, bagaimana? Demikian pula dengan impor beras, saya menolak. Karena serapannya jelang ramadan telah hampir dua kali lipat dari tahun lalu, yakni 2 juta ton beras dan 2,3 juta ton gabah dari petani.

Meski sebelumnya sempat khawatir ada lonjakan harga beras, sehingga terpaksa impor 600 ribu ton beras beberapa waktu lalu. Namun, kami menjamin beras impor tersebut hanya cadangan dan tidak akan dijual ke masyarakat. Apalagi saat ini stok beras telah mencukupi. Itu termasuk dengan kebutuhan bahan pokok lain, takkan ada impor.

Apa yang menguatkan Anda untuk mengatakan tidak perlu impor? Kalau tidak ada Panglima TNI dan KSAD, mungkin saya sudah menyerah. Perlu anda ketahui, banyak pihak yang menginginkannya melanjutkan impor. Bahkan beberapa malam yang lalu ada beberapa orang yang mendesak dilakukan impor, tapi saya tolak.

Terus, bagaimana langkah anda untuk menjamin hal itu? Kami bisa mengatasi mafia beras yang selama ini mengakar di Indonesia. Perlu diingat hal yang paling berat untuk merealisasi kestabilan bahan pokok adalah mengajak petani menanam padi. Karena itu, dia menggandeng TNI untuk meningkatkan luasan lahan tanam padi dan jumlah penyerapan padi.

Adakah pihak yang terganggu dengan sikap Anda? Saya menyadari menolak impor beras berarti banyak pula yang diganggu. Misal, sebelumnya pemerintah Thailand menelepon saya terkait impor sapi, tetapi saya tolak. Namun, terkait reshuffle itu wewenang presiden sendiri, itu hak prareogratif presiden. Yang terpenting bagi kami adalah kerja, kerja dan kerja.

Bagaimana konsep pembangunan pertanian yang Anda maksud? Membangun pertanian adalah sesuatu yang mutlak karena tidak hanya dinikmati oleh generasi saat ini, namun juga untuk generasi yang akan datang. Kita dapat berteduh hari ini, karena ada orang lain yang menanam pohon itu lama sebelumnya, karenanya kita jangan mewariskan impor dan kemiskinan bagi generasi mendatang.

Terus, apa yang harus dilakukan? Pembangunan berbasis pertanian perlu diubah menjadi berorientasi pada dua paradigma baru yaitu paradigma pertanian untuk pembangunan dan paradigma pertanian bioindustri yang berkelanjutan. Tujuannya adalah mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani. erik sabini/AR-2

Mendagri Tidak Pernah Mencabut Perda Anti Miras

Selasa 24/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Informasi tentang Menteri Dalam Negeri,Tjahjo Kumolo akan mencabut Peraturan Daerah anti minuman keras atau perda miras, terus menuai pro- kontra. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sendiri dengan tegas membantah, akan atau telah mencabut perda anti miras.

Bahkan, ia mendukung penuh … Selengkapnya

Kontribusi Tambahan untuk Membangun Infrastruktur

Senin 23/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, untuk meminta konrtibusi tambahan kepada pengembang menuai polemik. Pasalnya, Ahok telah menggunakan kewenangannya untuk menyepakati perjanjian kerja sama bersama para pengembang dengan menetapkan kontribusi tambahan sebesar 15 persen.

Ahok memutuskan hal itu dengan … Selengkapnya

Kami Tidak Pandang Bulu, yang Salah Akan Kena Sanksi

Sabtu 21/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan membekukan sementara izin kegiatan pelayanan penumpang dan bagasi (groundhandling) Lion Group di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan dan PT Indonesia Air Asia di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pembekuan itu dimulai lima hari kerja setelah … Selengkapnya

berita lain

BTN, Permudah UM Rumah hingga Bagi Hadiah Mewah

Senin 23/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja yang terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK ) kian dipermudah untuk mendapatkan bantuan uang muka (UM) perumahan dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN). Bank pelat merah ini terus berkomitmen memberikan kemudahan dalam penyediaan … Selengkapnya

“e-Money” di Taksi Berbasis Aplikasi

Selasa 24/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Taksi konvensional mulai adoposi teknologi digital dalam pemesanan. Bahkan taksi konvensional sudah memberlakukan tarif tetap untuk merebut konsumen di tengah persaingan yang makin ketat dengan taksi aplikasi.

Revolusi digital telah merubah cara-cara konvesional yang ribet, lama, tidak efisien menjadi lebih … Selengkapnya

Desain CR-Z Lebih Agresif dan Sporty

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen mobil sport kian mengerucut. Pabrikan Jepang, Honda, kian unjuk gigi dengan “hybrid sport” CR-Z. Mobil ini kian merebut hati konsumen sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Generasi mutakhir, Honda … Selengkapnya