Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 27 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Anggota DPR Damayanti Divonis 4,5 Tahun Penjara

Selasa 27/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Damayanti telah membantu KPK dalam menetapkan tersangka lain, yakni anggota Komisi V DPR, Budi Supriyanto dan Andi Taufan Tiro, serta Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary.

JAKARTA — Mantan anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Damayanti Wisnu Putranti dijatuhi hukuman penjara 4 tahun dan 6 bulan serta denda sebesar 500 juta rupiah dengan subsider 3 bulan kurungan.

Damayanti dinyatakan bersalah lantaran menerima uang suap proyek pelebaran jalan Tehoru-Laimu, Maluku, senilai 8,1 miliar rupiah. Damayanti terbukti menerima duit suap dari Direktur Utama PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Damayanti Wisnu Putranti terbukti sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama sesuai dalam dakwaan alternatif pertama,” ujar Ketua Majelis Hakim Sumpeno, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (26/9).

Vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. (JPU). Jaksa pada sidang tuntutan 29 Agustus 2016 mengajukan tuntutan pidana penjara 6 tahun dan denda 500 juta rupiah dengan subsider 6 bulan kurungan kepada Damayanti.

Selain itu, terdakwa dituntut hukuman tambahan, yaitu pencabutan hak politik untuk dipilih selama lima tahun setelah menjalani vonis pokok pidana.

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menilai perbuatan Damayanti tidak mendukung program pemerintah, serta merusak sistem demokrasi dan mekanisme check and balances antara eksekutif dan legislatif menjadi tidak efektif.

Meski demikian, menurut Majelis, Damayanti berlaku sopan, mengakui kesalahan, belum pernah dihukum, dan berterus terang. Damayanti juga dinilai telah berkerja keras sebagai wakil rakyat yang memperjuangkan aspirasi di daerah pemilihannya.

Selain itu, Majelis Hakim juga sependapat dengan jaksa penuntut dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa Damayanti merupakan justice collabolator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menilai, Damayanti telah mengakui perbuatannya dan berterus-terang sehingga perkara hukum menjadi jelas.

Ia dianggap telah membuka perbuatan pihak lain yang terlibat, yakni pengusaha Abdul Khoir, dan dua staf Damayanti, yaitu Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini. Keterangan Damayanti juga membuat terang mengenai adanya skenario oleh pihak-pihak tertentu di Komisi V DPR serta pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam rangka pengurusan persetujuan anggaran Kementerian PUPR dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Selain itu, keterangan Damayanti telah membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menetapkan tersangka lain, yakni anggota Komisi V DPR, Budi Supriyanto dan Andi Taufan Tiro, serta Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary.

Hak Asasi

Majelis Hakim juga menolak tuntutan pencabutan hak politik terhadap Damayanti Wisnu Putranti. Hakim menilai, hak politik merupakan hak asasi manusia setiap warga negara yang tidak dapat dibatasi oleh siapapun.

“HAM harus dilindungi, dihormati, dipertahankan dan tidak boleh diabaikan karena alasan apapun, sehingga Majelis tidak sependapat dengan tuntutan Jaksa penuntut KPK,” ujar hakim Sigit Herman Binaji, saat membacakan putusan.

Menurut hakim, dalam alam demokrasi, masyarakat Indonesia semakin cerdas dalam menggunakan hak pilihnya mengenai jabatan publik tertentu baik ekesekutif maupun legislatif. Majelis berpendapat, dipilih atau tidak seseorang, harus diserahkan kepada masyarakat untuk menilai integritas dan kapasitas calon pejabat publik.

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menggunakan Pasal 43 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Dalam UU tersebut, setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilu, berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Selain itu, setiap warga negara berhak turut serta dalam pemerintahan dengan langsung atau dengan perantaraan wakil yang dipilihnya dengan bebas.

Sebelumnya, Damayanti Wisnu Putranti didakwa menerima suap sebesar 8,1 miliar rupiah dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir. Damayanti didakwa secara bersama-sama dengan anggota Komisi V lainnya, Budi Supriyanto, dan dua orang stafnya, Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini.

Hakim Sumpeno menawarkan waktu kepada Damayanti untuk mempertimbangkan atas putusan yang telah dijatuhkan. Ia memberikan waktu selama satu pekan untuk menerima atau mengajukan banding.

Mendengar putusan hakim, Damayanti terlihat meneteskan air mata. Ia lantas mengusap kelopak matanya menggunakan tisu. Setelah putusan, ia terlihat menjabat tangan majelis hakim dan jaksa penuntut umum di ruang sidang.

Polisi Buru Pelaku Pembakaran DPRD Gowa

Selasa 27/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

GOWA – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan dua hari setelah perusakan dan pembakaran Gedung DPRD Gowa sudah ada titik terang identitas para pelakunya.

“Dua hari ini kita target sudah ada hasil. Besok kita buka rekaman CCTV dan setelah … Selengkapnya

KPK Tahan Jaksa Farizal di Rutan Pomdam Jaya Guntur

Selasa 27/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi menahan jaksa di Kejaksaan Negeri Padang, Farizal, Senin (26/9). Usai diperiksa KPK sebagai tersangka selama sekitar tujuh jam, Farizal keluar dari Gedung dengan mengenakan rompi oranye yang menandakan bahwa ia telah menjadi tahanan KPK. Farizal … Selengkapnya

Ketentuan ‘Terpidana’ Digugat Tiga LSM

Senin 26/9/2016 | 06:41
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Tiga organisasi kemasyarakatan yakni Indonesian Corruption Watch (ICW), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan KoDe Indonesia berencana menggugat Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU yang mengatur tentang dibolehkannya terpidana percobaan nyalon di pemilihan kepala daerah. Gugatan akan … Selengkapnya

mondial

New York Times Dukung Capres Hillary Clinton

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Media terkemuka Amerika Serikat (AS) asal New York, New York Times (NYT), pada Sabtu (24/9) secara gamblang menyatakan dukungannya terhadap calon Presiden AS dari kubu Demokrat, Hillary Clinton, untuk duduk di kursi Gedung Putih pada pemilu 8 November mendatang.

“Hillary Clinton lebih memiliki kualifikasi dibandingkan pesaing capres Republik, Donald Trump, dalam hal mengatasi tantangan yang akan dihadapi AS,” demikian diungkapkan NYT. “Hillary adalah politisi paling gigih dalam generasinya dan ia memiliki pengalaman dalam politik dan diplomasi serta reputasi keberanian sekaligus mampu menyatukan pihak-pihak yang berbeda pendapat,” imbuh media tersebut.

Kedua capres AS saat ini berasal dari Negara Bagian New York. Hillary pernah menjabat senator dari negara bagian AS itu, sementara Trump baik kelahiran dan markas bisnis utamanya berada di Kota New York. Karena latar belakang itu, tak heran jika dukungan dari NYT amat berpengaruh bagi kelanjutan pelaksanaan kampanye pilpres bagi pihak Hillary maupun Trump.

Tak hanya itu. Dalam pernyataan selanjutnya NYT menyebut Hillary memiliki komitmen pengabdian sepanjang hidupnya terkait jabatan orang nomor satu di AS yang bisa mencari solusi dalam dunia nyata dan oleh karenanya warga AS harus menempatkan Hillary pada posisi pekerjaan di Gedung Putih.

“Selama 40 tahun mengabdi pada rakyat, Hillary Clinton telah kenyang belajar permasalahan politik dan merespons atas setiap permasalahan tersebut. Dukungan kami  lebih pada intelektual, pengalaman, ketegasan dan keberaniannya terhadap pengabdian terhadap masyarakat  yang tiada hentinya, serta satu-satunya dan yang pertama perempuan yang maju di arena pilpres ini,” ungkap NYT.

Dukungan NYT dilontarkan hanya selang dua hari sebelum digelar sesi debat capres AS putaran pertama pada Senin (26/9) waktu AS. Sesi debat capres AS sendiri akan digelar sebanyak 3 putaran.

Dalam sesi debat putaran pertama, Hillary harus bisa meyakinkan warga AS bahwa dirinya lebih unggul dibandingkan Trump. Saat ini dalam publik AS ada keraguan atas kepercayaan terhadap Hillary setelah muncul isu pengelolaan email pribadi Hillary yang dipergunakan untuk berkorespondensi dengan sejumlah pihak saat ia masih menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS.

NYT menyebut kelalaian yang dilakukan Hillary sempat melencengkan karakternya, namun berkat kapabilitasnya yang bisa memperbaiki kinerja Kementerian Luar Negeri AS serta sumbangsihnya keperduliannya terhadap anak, perempuan, dan keluarga, telah jadi nilai tambah bagi capres Partai Demokrat ini.

“Nyonya Hillary Clinton berhasil mempertunjukkan dirinya sebagai seorang realis yang percaya Amerika tak bisa berlindung dibalik samudera maupun tembok perbatasan, namun ia harus terlibat dalam urusan dunia secara percaya diri agar bisa memperjuangkan kepentingan dan nilai-nilai luhur Amerika Serikat,” ucap harian tersebut seraya menyindir Trump yang sama sekali tak punya pengalaman politik nyata selain ketegasannya dalam sebuah acara reality show dan hal itu akan sangat jadi pilihan terburuk dalam sejarah perpolitikan modern AS jika pada pemilu mendatang Trump jadi juaranya.

Selain NYT, dukungan media terhadap Hillary juga telah disampaikan Dallas Morning News dan Cincinnati EnquirerRtr/I-1

Tiongkok Operasikan Teleskop Luar Angkasa Terbesar

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Pihak Tiongkok pada Minggu (25/9) telah mengoperasikan teleskop radio luar angkasa terbesar yang berada di Lembah Pingtang  di pegunungan Provinsi Guizhou. Teleskop yang berdimensi luas sebanding dengan 30 lapangan bola dan pembangunannya memakan biaya 180 juta dollar itu … Selengkapnya

Polisi Tangkap Penembak di Mal Washington

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BURLINGTON – Tersangka penembak senapan di sebuah mal di Kota Burlington, Washington, Amerika Serikat (AS) hingga menewaskan 5 orang pengunjung, diwartakan telah tertangkap aparat kepolisian pada Sabtu (24/9). 

“Tersangka penembak adalah Arcan Cetin, 20 tahun, warga Oak Harbor, Washington. Cetin … Selengkapnya

PBB Bahas Ketegangan di Aleppo

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Peningkatan konflik di Suriah, kembali jadi sorotan. Di tengah serangan di Aleppo, delegasi Inggris menuding keikutsertaan Russia dalam konflik ini sebagai sebuah kejahatan perang.

 LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, dalam sesi wawancara dengan BBC pada Minggu (25/9), … Selengkapnya

ekonomi

RRT dan Jepang Lepas T-Bills, Bunga Fed Terdorong Naik

Selasa 27/9/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok dan Jepang mengurangi kepemilikannya dalam tiga kuartal berturut-turut.
Kenaikan Bunga The Fed bakal kian menambah biaya pembayaran utang pemerintah RI.

JAKARTA – Keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, menunda penaikan suku bunga acuan, Fed Fund Rate, hanyalah sementara sehingga tidak menutup kemungkinan Fed Fund Rate segera didorong naik dalam waktu dekat.

Indikasi itu terutama bisa terlihat dari menurunnya minat negara kreditur terhadap obligasi pemerintah AS. Dikabarkan, negara pemegang terbesar obligasi AS, seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Jepang, mulai mengurangi kepemilikan pada berbagai jenis obligasi pemerintah AS termasuk Treasury Bills (T-Bills).

Peneliti Indef, Bhima Yudhistra, mengemukakan sesungguhnya memegang surat utang negara AS dianggap paling aman. Oleh karena itu, pemerintah Tiongkok sangat dominan memegang obligasi AS karena menyadari kondisi perekonomian AS lebih memberikan prospek.

“Namun, Tiongkok dan Jepang sudah melakukan aksi jual karena The Fed menunda-nunda kenaikan suka bunga. Kemungkinan The Fed menaikkan Desember, tapi ini juga belum pasti. Selain itu, menurunnya kepemilikan investor terhadap T-bills karena secara global ada penurunan investasi,” ujar dia ketika dihubungi, Senin (26/9).

Di sisi lain, lanjut Bhima, pada beberapa negara beberapa negara yang sangat mengandalkan penerbitan surat utang untuk menutup defisit, termasuk Indonesia, dipaksa untuk menaikkan imbal hasil.

Oleh karena itu, menurut dia, aksi jual surat utang pemerintah AS oleh negara kreditur terbesar juga bisa dibaca sebagai tekanan pada The Fed untuk segera menaikkan suku bunga. “Data terakhir kenapa suku bunga tidak naik karena indikator dalam negeri mereka belum sesuai target,” papar Bhima.

Ia memperkirakan apabila tekanan jual terhadap surat utang pemerintah AS terus berlanjut maka Desember nanti mau tidak mau The Fed akan terpaksa menaikkan suku bunga. Implikasinya, akan ada potensi flight to quality sehingga Indonesia harus menaikkan imbal hasil obligasi negara untuk menahan pelarian modal.

“Tapi, ini berbahaya buat Indonesia karena dari segi kurs akan ada fluktuasi. Kebutuhan dollar naik,” jelas Bhima.

Selain itu, imbuh dia, utang Indonesia yang kini hampir 3.500 triliun rupiah sudah terbilang tinggi dan memberatkan keuangan negara. Dengan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah maka beban kewajiban utang kian membengkak.

Rekor Pemangkasan

Sebelumnya, Bloomberg, Senin, melaporkan negara pemegang terbesar obligasi pemerintah AS seperti Tiongkok dan Jepang telah mengurangi kepemilikannya dalam tiga kuartal berturut-turut. Berdasarkan catatan kustodian bank sentral AS atau Federal Reserve, ini merupakan rekor pemangkasan. Penurunan kepemilikan, seiring dengan penurunan imbal hasil atau yield obligasi pemerintah AS belakangan ini.

Menurut Jim Leaviss, dari M&G Investment di London, Inggris, hal ini menimbulkan kekhawatiran. Berlanjutnya penjualan itu bisa menyebabkan kerugian besar di pasar yang oleh sebagian orang dinilai sudah kelewat mahal.

Dengan kemungkinan pemerintah AS menghadapi pembengkakan defisit yang harus ditutup dengan tambahan utang 10 triliun dollar AS dalam satu dasawarsa ke depan, permintaan asing akan sangat penting untuk menjaga kenaikan biaya pinjaman, terutama saat the Fed terus mengisyaratkan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Tekanan jual dari bank sentral adalah “hal yang harus diingat,” ujar Leaviss. “Hal ini, sama seperti the Fed, berarti kita makin dekat dengan akhir era yield rendah.”

Kreditur manca negara memiliki peran kunci dalam membiayai utang AS saat negara itu menarik banyak utang untuk memulihkan ekonomi setelah krisis keuangan. Sejak 2008, investor asing telah menaikkan investasi lebih dari dua kali lipat pada obligasi pemerintah AS dan kini memiliki sekitar 6,25 triliun dollar AS.

Tiongkok, negara asing pemegang terbesar obligasi AS, telah menyalurkan kembali ratusan miliar dollar ke AS ketika ekonomi negara eksportir itu booming. Tapi, kini situasinya mulai berubah. Jumlah utang pemerintah AS yang disimpang di kustodian the Fed telah menyusut 78 miliar dollar pada kuartal ini, menyusul penurunan hampir 100 miliar dollar AS selama enam bulan pertama tahun ini.

Data Fed menunjukkan penurunan itu merupakan yang terbesar dalam basis sepanjang tahun (year-to-date) sejak 2002 dan empat kali lipat dari rekor nilai sepanjang tahun yang pernah dicatat.

Penurunan Suku Bunga Kredit Lamban

Senin 26/9/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG – Kebijakan Bank Indonesia (BI) melonggarkan kebijakan moneter dengan maksud agar bank bisa mentransmisikan ke dalam penurunan suku bunga simpanan dan kredit ternyata tidak berjalan dengan mulus. Meskipun suku bunga dana sudah turun cepat dan signifikan, penurunan bunga kredit … Selengkapnya

BUMN Pembiayaan Sekunder Menjadi Grosir KPR

Senin 26/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

PT Sarana Multigriya Finansial akan menjadi grosir untuk menyalurkan produk KPR pada perbankan.

SEMARANG – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Sarana Mutigriya Finansial (SMF) akan menerbitkan produk Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Sejahtera. Pembiayaan perumahan tersebut ditujukan untuk Masyarakat … Selengkapnya

Waspadai Serbuan Fintech Asing

Senin 26/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan perusahaan fintech harus diatur agar bisa menumbuhkan pasar keuangan dengan membuka akses ke masyarakat tetapi tetap mengedepankan perlindungan konsumen.

SEMARANG – Kehadiran layanan financial technology (Fintech) di pasar keuangan telah menembus batas-batas negara sebagai wilayah operasionalnya. Karenanya, pasar keuangan … Selengkapnya

rona

Kemeriahan Budaya dari Negeri Ginseng

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Acara Korea Festival 2016 terus mempertahankan popularitas Korean Wave dan memperkenalkan budaya Korea di Indonesia, akan segera digelar selama Oktober 2016 berlokasi di Lotte Shopping Avenue, CGV Cinemas dan ICEBSD. 

 Tahun lalu, setiap organisasi Korea yang berada di Indonesia mengadakan acara di waktu yang berbeda. Namun, kali ini ada perbedaan, yaitu untuk mempromosikan pariwisata Korea, setiap organisasi secara bergantian mengadakan acara masing-masing pada Oktober, yang ditetapkan sebagai Bulan Korea. 

Sesuai gilirannya, pada Oktober nanti acara yang digelar Korea Tourism Organization Jakarta (KTO Jakarta) adalah 2016 Korea Festival – Autumn & Winter. Acara ini akan digelar pada 30 September – 2 Oktober 2016, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. 

“Acara festival ini biasa diselenggarakan dua kali setahun. Berbagai jenis acara tengah dipersiapkan untuk festival ini. Di antaranya kompetisi K-pop Cover Dance dan K-pop Cover Sing. Untuk pertunjukan, ada pertunjukan gratis dari tim pertunjukan Non-verbal Korea, yaitu Nanta dan Fireman,” ujar Akhmed Faezal Alhamdi, Manajer MICE dari Korea Tourism Organization (KTO), di Kedubes Korea, Jakarta, Selasa (20/9). 

Nanta merupakan pertunjukan yang memadukan adegan lucu di dapur dengan musik khas Korea yaikni samulnori. Sedangkan Fireman adalah pertunjukan yang menggabungkan aksi non-verbal dengan aksi parkour yang berkisah tentang para pemadam kebakaran yang heroik, dramatis, sekaligus kocak. 

Akhmed menambahkan, ada juga pertunjukan Taekwondo dari tim delegasi nasional Indonesia. Selain itu, akan diselenggarakan juga survei aktor Korean Wave paling populer di Indonesia. Dan tentu saja, selama acara berlangsung ada mini travel mart yang menjual produk pariwisata Korea (produk wisata musim gugur dan musim dingin) kepada para pengunjung. 

Pada Oktober nanti, Korean Cultural Center (KCC), KTO, aT Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation, Korea International Trade Association (KITA), dan Korea Creative Content Agency (KOCCA), dengan didukung Kedubes Korea, secara bergantian akan mengadakan acara yang berkaitan dengan kebudayaan Korea. 

“Festival kali ini diawali dengan diselenggarakannya National Day pada 30 September di Hotel Fairmont, Senayan dan diikuti beragam acara kebudayaan antara lain K-Contents dan Games, konser K-Pop, K-Food, K-Travel Fair, K-Fashion, Korea- Indonesia Film Festival, dan pameran instalasi Korea-Indonesia,” kata Akhmed. 

Sementara itu, Dubes Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia Cho Tai-young mengatakan festival ini diselenggarakan untuk mempererat kerja sama kedua negara. 

“Saya berharap agar event ini semakin mempererat hubungan bilateral kedua negara,terutama di bidang pariwisata dan budaya. Semoga berbagai lapisan masyarakat Indonesia akan datang untuk melihat ragam budaya di acara ini,” ucapnya. san/R-1 

 Korea Seafood Festival 2016

 Sebagai bagian dari acara Korea Festival 2016 di Indonesia, KITA Jakarta Center menyelenggarakan Korea Seafood Festival di Lottemart Kelapa Gading pada Sabtu dan Minggu, 1 ~ 2 Oktober 2016.Acara yang didukung Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel ini bertujuan mempromosikan produk‐produk laut olahan dari Korsel ke pasar Indonesia. 

“Karakteristik atau yang spesial dari produk laut olahan dari Korsel adalah rasanya yang kuat, pedas, dan melalui proses dimasak, ini sesuai dengan selera orang Indonesia. Turut ambil bagian dalam acara tersebut, akan hadir delegasi dari Korsel yang terdiri dari 12 perusahaan Korea yang bergerak dibidang produk laut olahan,” kata Danial Kweon, Direktur Pusat KITA. 

Sekitar 30 jenis produk laut olahan akan dipamerkan di acara ini di Lottemart Kelapa Gading. Adapun beberapa jenis produknya adalah berbagai jenis produk olahan rumput laut seperti lembaran rumput laut, makanan ringan dalam berbagai rasa dan kemasan, ikan olahan, kerang abalone, produk laut olahan dalam bumbu pedas, ikan tuna, gurita, makanan siap saji dari produk laut, saut, dan lain‐lain. 

screen-shot-2016-09-26-at-12-07-14-am

Semua itu dirangkai dalam bentuk stan dengan beberapa aktivitas seperti food taste, foto dengan asesoris bentuk binatang laut, pemutaran video cara mudah memasak makanan Korea, dan pengisian jajak pendapat tentang produk‐produk yang dipamerkan tersebut. 

“Dari Hasil survei, kami berharap memperoleh pendapat dari partisipan untuk produk laut olahan yang akan masuk ke pasar Indonesia. Sehari sebelum Korea Seafood Festival ini, KITA Jakarta Center juga menyelenggarakan acara Temu Bisnis (1 on 1 B2B meeting) di Hotel Mandarin Oriental Jakarta. Diharapkan acara tersebut turut mendukung Pemerintah Korea untuk meningkatkan ekspor dan membuka peluang baru kerjasama antara dua negara, Indonesia dan Korea,” kata Danial. san/R-1 

 Korea-Indonesia Creative Economy Fair 2016

 Korea-Indonesia Creative Economy Fair ini akan menjadi pameran pertama dan terbesar di Indonesia yang menekankan pada K-Content seperti game, broadcast, animasi dan karakter, komik, dan lain-lain. 

Terdapat Experience Center yang diikuti 58 perusahaan untuk memperkenalkan KContent (broadcast, game, animasi & karakter, komik, dll) kepada masyarakat Indonesia dengan berbagai program seperti export counseling, business matching, experience center, pameran, konser K-Pop (Taeyang, Akdong Musician, dan Nell), dan lain-lain. 

Program B2B seperti Export Counseling dan pitching merupakan langkah awal ekspansi mancanegara dan menjadi program pertukaran pertama dalam bisnis marketing antara Korea dan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

screen-shot-2016-09-26-at-12-04-19-am

“Korea Creative Content dibangun untuk mendukung perusaahan konten lokal dan memperoleh kesuksesan tidak hanya di area lokal, tapi juga dapat berkembang ke negara lainnya melalui berbagai program. Melalui pameran ini, kami bertujuan untuk memikat pengunjung lokal melalui berbagai KContent seperti konser K-Pop tanggal 8 Oktober 2016 nanti,” ucap Greg Namgol Kim, Direktur KOCCA (Korea Creative Content Agency) Indonesia. 

K-Content memperoleh popularitas tinggi di mancanegara karena standar yang tinggi dan teknologi yang dibangun K-Content itu sendiri. Dalam waktu singkat, K-Content juga menunjukan pertumbuhan pesat di pasar asing seperti Indonesia. 

“Berdasarkan popularitas K-Content yang tinggi di luar negeri, kami akan melakukan yang terbaik untuk memperluas K-Content ke seluruh dunia termasuk Asia Tenggara,” pungkas Greg. san/R-1 

Andien Bahagia Jadi Calon Ibu

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Memasuki bulan keenam kehamilan, Andien mengaku semakin senang menjalani perannya sebagai calon ibu dari bayi yang tengah dikandungnya. Bagi Andien, kehamilannya itu adalah anugerah yang hadir kepada dirinya dan suami. Andien pun mulai merasakan berbagai perubahan penting yang terjadi di … Selengkapnya

Rudy Habibie Dinobatkan sebagai Film Terpuji di FFB 2016

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Film “Rudy Habibie (Habibie Ainun 2), garapan sutradara Hanung Bramantyo, yang bercerita tentang kisah masa muda Presiden RI periode 1998-1999 BJ Habibie dinobatkan sebagai Film Terpuji di Festival Film Bandung (FFB) ke-29 Tahun 2016.

Dalam acara yang digelar di Monumen … Selengkapnya

Daniel Radcliffe Tak Lagi Tertarik Bintangi Harry Potter

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pottermania mungkin akan tetap hidup dan sangat berterima kasih atas spinoff Harry Potter, “Fantastic Beasts and Where To Find Them”, namun aktor Daniel Radcliffe menyatakan tidak tertarik membintangi film tersebut.

Ketika ditanyai soal spekulasi mengenai kemungkinan ada versi lain dari … Selengkapnya

megapolitan

DKI Akan Tambah Lokasi Hari Bebas Kendaraan

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemnprov) DKI Jakarta  mengaji penambahan lokasi pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau yang biasa dikenal car free day.

” Tapi kalau belum memungkin, pelaksanaan di wilayah akan kita tambah, dari satu bulan sekali jadi tiap minggu” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah  di Jakartam Minggu (25/9).

Dia mengatakan, setiap pelaksanaan HBKB di tingkat wilayah maupun provinsi selalu dipadati warga. Karena itu, pihaknya berencana menambah lokasi pelaksanaan.

Menurut Andri, kualitas udara di lokasi HBKB lebih baik dibanding hari biasa. Hal ini baik bagi kesehatan dan sarana silaturahmi masyatakat. 

“Kita harap sejalan dengan animo tinggi masyarakat. Juga diperhatikan masalah kebersihan,” katanya.

Sementara itu,Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehuhamasan (Diskominfomas) DKI Jakarta, Raides Aryanto mengatakan, dalam waktu dekat akan diluncurkan website HBKB. Sehingga publik bisa melihat agenda apa saja yang akan digelar di acara tersebut.  emh/P-5

 

TPA Sumur Batu Bekasi Dinyatakan Darurat

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta menilai, pengelolaan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Sumur Batu, Bekasi amburadul. Pasalnya, TPA Sumur batu sudah kelebihan kapasitas namun tetap diberikan tambahan sampah hingga 1500 ton per hari.

“Sudah hampir empat bulan … Selengkapnya

DKI Tata PKL di “Car Free Day”

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menata pedagang kaki lima (PKL) agar tidak mengganggu lalu lintas warga yang berolahraga.

Kepala Bidang Operasional dan Penegakan Hukum Satpol PP DKI Jakarta, Budhi Novian mengatakan, perlu ada kesepakatan instansi terkait untuk … Selengkapnya

Hujan Lebat, Pohon Tumbang dan Papan Reklame Roboh

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak sore hari menyebabkan terjadinya genangan di sejumlah ruas jalan Ibu kota.

 JAKARTA – Hujan deras yang mengguyur kawasan Ibu Kota Jakarta, Minggu (25/9 malam, membuat sejumlah pohon besar tumbang di kawasan Jakarta … Selengkapnya

olahraga

Kimmich Menangkan Bayern

Senin 26/9/2016 | 01:09
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN – Juara bertahan Bayern Munich membutuhkan gola kemenangan pada menit ke-88 dari Joshua Kimmich untuk mengalahkan Hamburg SV 1-0, Minggu (25/9) dini hari WIB. Hasil itu mengokohkan posisi mereka, unggul tiga poin di puncak klasemen Bundesliga.

Hamburg berjuang keras untuk menjaga hasil imbang tanpa gol, berharap untuk mengakhiri tiga kekalahan beruntun, Kiper Rene Adler membuat beberapa penyelamatan sebelum Kimmich mencetak gol menyambut umpan Franck Ribery.

Hasil itu membuat Bayern mengoleksi 15 poin, unggul tiga poin dari urutan kedua Borussia Dortmund, yang mengalahkan Freiburg 3-1 pada Jumat.

“Itu adalah pertandingan yang sangat sulit bagi kami, seperti yang diperkirakan,” ujar pelatih Bayern Carlo Ancelotti. “Hamburg bermain dengan banyak intensitas dan posisi yang baik. Mereka membuathal yang sulit bagi kami,” sambungnya.  ben/Rtr/S-1

Anarkistis, Atlet Papua Diskorsing

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BANDUNG – Kekerasan kembali terjadi di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX- 2016. Kini di cabang hoki yang membuat atlet DKI Jakarta, Dadan Mochammad Ramdhani mendapat lebih dari 10 jahitan usai mengalami robek di bagian otot kepala belakangnya. Insiden itu … Selengkapnya

DKI Lampaui Target di Atletik

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Lampaui target, tim atletik DKI Jakarta bawa pulang 12 medali emas PON XIX- 2016 Jawa Barat. Medali emas di hari keempat dipersembahkan tim estafet 4 X 100 meter putri dan nomor 1.500 meter putri di Stadion Pakansari Cibinong, … Selengkapnya

Dominasi Elga di BMX Terus Berlanjut

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Elga Kharisma Novanda masih belum tergoyahkan dari cabang BMX. Atlet asal Malang ini selalu dominan sejak kualifikasi hingga merebut emas PON 2016. 

 CIAMIS – Elga Kharisma Novanda yang memperkuat kontingen Jawa Timur berhasil mempertahankan predikat Ratu BMX Indonesia setelah kembali … Selengkapnya

kupas

Banjir dan Longsor Akibat Ulah Manusia

Senin 26/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia berduka lagi. Banjir bandang disertai longsor menerjang Garut. Korban pun berjatuhan. Sebanyak 30 orang lebih meninggal. Ratusan luka-luka. Dan, ratusan rumah juga rusak.

Bencana banjir bandang, jelas bukan ‘takdir’ Tuhan. Tapi, terkait erat dengan perbuatan yang dilakukan manusia. Banjir terjadi, karena daya dukung lingkungan yang rusak. Akibatnya alam murka. Banjir di Garut, serta bencana banjir lainnya di Tanah Air, akibat lingkungan yang dirawat.

Untuk mengetahui apa penyebabnya banjir bandang di Indonesia, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang juga Peneliti Utama Hidrologi dan Pengelolaan DAS di BPPT, Minggu (25/9) berikut petikan wawancaranya.

Indonesia berduka. Banjir bandang menerjang Garut. Puluhan orang meninggal. Apa penyebab utamanya?

Bencana banjir bandang yang terjadi di Garut sesungguhnya merupakan salah satu potret buruknya pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk.

Kenapa banjir dan longsor dari tahun ke tahun intensitasnya meningkat?

Banjir dan longsor dari tahun ke tahun terus meningkat. Meningkatnya banjir dan longsor tersebut tidak lepas dari faktor alam dan manusia. Faktor alam adalah pengaruh perubahan iklim global yang menyebabkan dapur massa uap air bertambah sehingga menjadikan cuaca ekstrem makin sering terjadi. Faktor manusia adalah degradasi lingkungan dan tingginya kerentanan sehingga risiko bencana juga meningkat.

Faktor manusia lebih dominan sebagai penyebab bencana?

Faktor manusia ini yang lebih dominan menyebabkan banjir dan longsor dibandingkan alam. Banjir dan longsor sesungguhnya tidak lepas dari imbas kerusakan DAS.

Wajah kerusakan DAS di Indonesia sudah sedemikian parahkah?

Saat ini, kerusakan DAS di Indonesia sangat luar biasa. Dari 450 DAS di Indonesia, 118 DAS dalam kondisi kritis. Jika pada tahun 1984 hanya terdapat 22 DAS kritis dan super kritis, maka tahun 1992 meningkat menjadi 29 DAS, 1994 menjadi 39 DAS, 1998 menjadi 42 DAS, 2000 menjadi 58 DAS, tahun 2002 menjadi 60 DAS, dan tahun 2007 sekitar 80 DAS yang rusak super kritis dan kritis. DAS Cimanuk misalnya sudah tergolong kritis sejak 1984. Kondisinya makin rusak akibat intervensi manusia yang makin masif merusak DAS.

Dampaknya rusaknya DAS apa?

Respons dari kerusakan DAS tersebut adalah semakin sensitifnya lingkungan terhadap komponen yang ada dalam sistem lingkungan. Ketika hujan mudah banjir dan longsor, namun sebaliknya ketika kemarau demikian mudahnya terjadi kekeringan.

Apa tak ada upaya memperbaiki dan mengelola DAS selama ini?

Upaya pengelolaan DAS terus dilakukan. Namun ternyata hasilnya belum signifikan. Buktinya degradasi DAS juga terus menigkat. Dampak yang ditimbulkan pun terus meningkat. Banjir, longsor, erosi, sedimentasi dan daya dukung serta daya tampung lingkungan terlampaui. Ada sesuatu yang salah, namun selalu tidak ada solusi permanen dan jangka panjang. Saat terjadi bencana semua pihak, baru ingat bahwa bencana timbul disebabkan kerusakan DAS.

Sesungguhnya penanganan masalah DAS sudah sejak tahun 1969 dilakukan, yaitu dengan Proyek Penghijauan Departemen Pertanian 001 yang kemudian dilanjutkan pada tahun 1972–1978 proyek Upper Solo Watershed Management and Upland Development Project bekerjasama dengan FAO untuk memformulasikan sistem pengelolaan DAS.

Apa langkah yang harus dilakukan dalam pengelolaan DAS?

Ciri khas dari pengelolaan DAS tersebut adalah mengedepankan aspek fisik, khususnya dengan membangun terasering yang padat tenaga kerja dan mahal. Salah satu sumber kegagalan pengelolaan DAS adalah tidak adanya pemeliharaannya setelah proyek berakhir. Begitu masa bakti proyek pemberian subsidi input dan modal usaha tani habis, maka petani tidak mampu lagi menerapkan teknologi konservasi yang.

Permasalahan dalam teknologi pengelolaan DAS pada umumnya adalah masalah pemeliharaan setelah proyek berakhir. Berbagai proyek konservasi tanah skala besar di Jawa seperti Proyek Citanduy II, Upland Agriculture and Conservation Project/UACP, dan Land Rehabilitation and Agroforestry Development mempunyai masalah yang sama yakni pemeliharaan teras merosot drastis setelah proyek selesai.

Jadi harus bagaimana?

Menyadari hal demikian, bahwa masalah DAS bukan hanya bertumpu pada pada masalah fisik dan teknis saja, maka perlu adanya suatu keseimbangan dengan pengelolaan DAS yang bersifat partisipatoris. Pendekatan pembangunan partisipatoris dimulai dengan orang-orang yang paling mengetahui tentang sistem kehidupan masyarakat, setempat yaitu masyarakat itu sendiri. Dalam kontek DAS pendekatan ini memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat untuk menilai dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mengembangkan diri.

Kemendagri Terus Memantau Setiap Tahapan Pilkada

Sabtu 24/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Dalam Negeri telah membentuk tim pemantauan pemilihan kepala daerah. Tim ini salah satu tugasnya melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam proses pemilihan. Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Daerah-daerah rawan konflik itu antara lain Aceh, Papua, Banten dan … Selengkapnya

“Kalau Ada yang Menilai PON XIX Kacau, Itu Penilaian Gegabah”

Jumat 23/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 mulai berlangsung 17 September dan akan berakhir 29 September mendatang. 44 Cabang olah raga dipertandingkan pada PON tahun ini. Namun dipertengahan event, sejumlah insiden bermunculan. Mulai dari kericuhan antara atlet, supporter hingga … Selengkapnya

Alokasi Kursi DPR Saat Ini Cederai Amanat Konstitusi

Kamis 22/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Proses penyusunan regulasi penyelenggaraan Pemilu 2019 telah mulai. Saat ini Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri tengah menyusun Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu 2019 (RUU Pemilu). Dari sejumlah materi yang menjadi isu krusial dalam RUU tersebut, isu alokasi kursi DPR ke setiap … Selengkapnya

berita lain

Menuju Kota Pintar Berbasis Digital

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BSD City akhir akhir ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT (Information Technology) bertaraf national dan internasional. Ini menunjukkan komitmen kuat Sinar Mas Land mengembangkan hunian berkonsep smart city.

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City kian mengarah … Selengkapnya

Teknologi Simulasi 3D untuk “Smart City”

Kamis 22/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

3D experience dapat membantu para penyedia layanan digital untuk mengoptimalkan konten, teknologi dan aplikasi pada perumahan. Untuk kota pintar, teknologi ini bisa membantu memperbaiki kehidupan, kota, dan gaya hidup, melalui sensor-sensor atau Internet of Things.

Kota butuh solusi pintar dalam … Selengkapnya

Mobilio E Prestige CVT 1,5: Nyaman dan Lincah

Rabu 21/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Honda Prospect Motor (HPM ) untuk melahirkan kendaraan bersegmen low MP V memang sangat tepat. Pertama kali muncul pada medio 2014, Honda Mobilio langsung menjadi salah satu idola di segmen low MPV.

Honda Mobilio yang menjadi produk perdana Honda … Selengkapnya