Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 2 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Wujudkan Kabinet Bersih dan Kompeten

Sabtu 2/7/2016 | 00:06
A   A   A   Pengaturan Font

Manfaatkan momentum Ramadan untuk introspeksi dan pembenahan diri.
Penurunan daya beli rakyat jauhkan dari misi pembangunan berkelanjutan dan merata.

JAKARTA – Sejumlah kalangan mengingatkan pemerintah agar menjadikan bulan Ramadan ini sebagai momentum membenahi beragam kesalahan kebijakan yang merugikan rakyat. Pengelola negara juga diharapkan mesti terus mengingat selalu ada konsekuensi atau penghakiman baik di dunia maupun akhirat atas semua tindakan yang telah dilakukan.

Seperti diketahui bnyak pembantu presiden yang dinilai tidak menjalankan visi dan misi Presiden Jokowi. Misalnya, kebijakan impor pangan yang masif dan intermediasi perbankan untuk jor-joran kredit properti.

Untuk itu Presiden Jokowi dalam sisa waktu pemerintahannya mesti segera melakukan pembenahan kabinet agar sesuai dengan visi dan misi yang sudah dicanangkan.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudistira, mengatakan salah satu dari pembenahan itu adalah mengganti menteri yang tidak menjalankan program Nawa Cita Presiden. Artinya, pergantian menteri atau reshuffle untuk merealisasikan semua usaha kebijakan pemerintah, di antaranya sejumlah paket kebijakan, penghapusan ribuan peraturan pemerintah daerah yang menghambat, dan pengampunan pajak (tax amnesty).

“Semua itu bisa jalan jika menterinya melaksanakan. Kalau tidak atau bertentangan dengan misi, maka kebijakan pemerintah itu, seperti tax amnesty, tidak akan tercapai. Akibatnya pemerintah, BI dan OJK akan kehabisan seluruh alat dan perangkat pemerintah untuk memecahkan masalah,” kata dia saat dihubungi, Jumat (1/7).

Sebelumnya beredar kabar Presiden Joko Widodo akan merombak kabinet dalam waktu dekat. Reformasi kabinet ini seharusnya untuk merealisasikan janji Jokowi saat kampanye, yakni menciptakan kabinet yang bebas dari titipan partai, menempatkan menteri yang 100 persen karena kemampuan, dan kesetiaan pada misi untuk pembangunan yang berkelanjutan menghadapi krisis ekonomi dunia.

Menurut Bhima, kinerja kabinet bergantung pada kemampuan menteri melaksanakan program presiden. Apabila masih ada menteri yang ditugaskan partai untuk kepentingan rent seeking itu pasti bertentangan.

“Sebab, ujung-ujungnya pemerintah akan berutang lagi untuk menambal defisit anggaran. Artinya, utang negara yang sekarang sekitar 4.000 triliun rupiah akan terus meningkat, bisa mencapai 5.000 triliun rupiah, hanya dalam waktu kurang 5 tahun. Defisit perdagangan juga akan meninggi karena kebergantungan impor pangan yang diciptakan belasan tahun oleh oknum pejabat,” papar Bhima.

Jika hal itu terus berlangsung, imbuh Bhima, Indonesia akan kehabisan instrumen moneter untuk menangkal devaluasi rupiah. Akibatnya, kurs rupiah 15 ribu rupiah per dollar AS tidak sulit terjadi. Salah satu penyebabnya, pemerintah menambal defisit APBN sekitar 300 triliun rupiah per tahun melalui cetak uang, yang menjadi lingkaran setan penyebab inflasi bahan pokok dalam negeri.

Tidak Riil

Pemerintah harus menyadari perekonomian nasional sedang tidak sehat, antara lain, karena kebergantungan pada pangan dan barang modal yang harus diimpor, seperti komputer sampai mesin. Inflasi riil Indonesia juga tinggi. Contohnya, bisa dilihat pada harga mobil Kijang yang pada 2000 hanya berkisar 60 jutaan rupiah, sekarang sudah mencapai kira-kira 200 jutaan rupiah. Bandingkan dengan di negara maju, harga mobil dari 2000 sampai sekarang hampir sama.

Penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) dinilai tidak riil karena tidak menggambarkan kenyataan di lapangan. Kalau inflasi menjadi lingkaran setan daya beli masyarakat, berarti terjadi peningkatan kemiskinan. Akibatnya, kesenjangan antara kaya raya dan miskin makin lebar. Ini menjadi momok bagi gejolak sosial.

Bhima menegaskan, jika data resmi pemerintah tidak sama maka misi Jokowi untuk pembangunan merata dan berkelanjutan tidak mungkin tercapai, malah bertolak belakang. “Kalau misinya pembangunan yang merata dan berkelanjutan, tapi yang terjadi daya beli menurun, berarti bukan hanya tidak tercapai tapi menjauh dari tujuan. Seperti kita berjalan menuju utara tapi kita berputar-putar menuju selatan,” ungkap dia.

Sementara itu, anggota Pokjasus Dewan Ketahanan Pangan, Gunawan, menilai Indonesia sesungguhnya mampu menjadi negara besar dan mewujudkan pemerataan kesejahteraan rakyat karena mempunyai pasar yang besar, serta wilayah yang luas. Selain itu, Indonesia memiliki sumberdaya manusia untuk pembangunan ekonomi dan memunyai sumber daya alam. Hanya saja, apabila tidak dikelola dalam satu misi besar secara holistik maka Indonesia akan terus menjadi negara tertinggal.

“Mumpung momentum Ramadan, penguasa mesti diingatkan akan datangnya hari penghakiman di akhirat, dan hal itu pasti datang bagi kita semua. Semua kebijakan tidak lepas dari konsekuensi di dunia dan akhirat,” papar dia.

Ahok Mesti Prioritaskan Macet, Banjir, dan Pangan

Sabtu 2/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), harus konsentrasi pada pembenahan kemacetan lalu lintas, penanggulangan banjir, dan pemenuhan pangan yang terjangkau. Artinya, kalau dengan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang mencapai 70 triliun rupiah tidak bisa menyediakan … Selengkapnya

Perusahaan yang Tak Bayar THR Dikenai Sanksi

Jumat 1/7/2016 | 06:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan akan menjatuhkan sanksi administratif dan denda bagi pengusaha yang tidak membayar atau telat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) pekerjanya.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri di Jakarta, Kamis (30/7), mengatakan apabila pengusaha terlambat membayarkan THR maka akan … Selengkapnya

Antrean Kendaraan Keluar Tol Brexit Mencapai 13 KM

Sabtu 2/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hujan ekstrem di musim kemarau yang terjadi di Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya merupakan anomali cuaca.

BREBES — Volume pemudik terus meningkat. Kemacetan menjelang keluar Gerbang Tol Brebes Timur alias Brebes Exit (Brexit) mulai mengular hingga 13 kilometer.

“Tadi siang … Selengkapnya

mondial

2,2 Juta Data Teroris Dibocorkan di Internet

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 NEW YORK – Media Daily Mail pada Kamis (30/6) mewartakan bahwa sebuah file berisi data sekitar 2,2 juta tersangka teroris telah dibocorkan melalui internet. Data yang dikenal dengan nama World-Check Risk Screening yang dikelola oleh perusahaan data keuangan Thomson Reuters, memuat nama-nama tersangka teroris dan orang-orang yang terkait, serta organisasi dalam jaringan kejahatan. 

Sementara itu laman Fortune.com menuliskan bahwa data World-Check versi tahun 2014, telah ditemukan oleh seorang ahli masalah keamanan dunia maya pada perusahaan piranti lunak Mackeeper, Chris Vickery, lewat jaringan internet Reddit tanpa menggunakan nama pemakai atau kata sandi apapun sebagai pengamanan.

“Saya tak melakukan peretasan untuk memperoleh data ini,” kata Vickery. “Ini jelas merupakan pembocoran data walaupun data tersebut bukan secara langsung berasal dari Thomson Reuters,” imbuh dia.

Menurut Vickery, yang dikhawatirkan dari bocornya data tersebut yaitu daftar itu mungkin memuat nama-nama orang yang tidak bersalah, dan karenanya orang itu bisa mendapat nama buruk di seluruh dunia.

Thomson-Reuters mengatakan telah menghubungi “pihak ketiga” yang memasang informasi kedaluwarsa itu di internet dan pihak ketiga tadi, yang tidak disebut namanya, sepakat untuk mencabut daftar itu dari internet.

“Kami telah berbicara dengan pihak ketiga itu untuk menjamin peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,” kata juru bicara Thomson Reuters, David Crundwell. Tidak jelas apakah Thomson Reuters membayar jumlah tertentu kepada pembocor rahasia itu.

Informasi Rahasia

Menurut penelusuran Daily Mail, data World-Check ini lazimnya digunakan oleh badan-badan intelijen, bank, dan berbagai perusahaan di seluruh dunia dan telah dibocorkan melalui internet. Laman Vice.com menerangkan ada lebih dari 300 instansi pemerintahan dan dinas intelijen, sejumlah 49 dari 50 bank terbesar dan 9 dari 10 firma hukum dunia yang menggunakan data ini.

Disebutkan pula bahwa Thomson Reuters membeli World-Check Risk Screening pada 2011. , after it had been set up in London in 2000. World-Check sendiri sudah ada di London sejak tahun 2000.

Versi terbaru World-Check memuat diantaranya daftar hitam 93 ribu individu yang dicurigai terkait jaringan terorisme, maupun operasi kriminal terorganisasi serta pencucian uang. BBC/VoA/DailyMail/I-1

Xi Jinping Pimpin Peringatan HUT Partai Komunis Tiongkok

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Presiden Tiongkok yang juga Sekretaris Umum Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (PKT), Xi Jinping, pada Kamis (1/7) memimpin peringatan 95 tahun berdirinya partai tersebut, di Balai Agung Rakyat, Beijing.

Dalam pidato yang berdurasi sekitar dua jam di hadapan … Selengkapnya

Suasana Pekan Terakhir Ramadan di Berbagai Negara

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selain masyarakat Indonesia, warga Bangladesh juga gembira menyambut hari kemenangan yang sudah semakin dekat. Terlebih, pada Rabu (29/6) kemarin, Kementerian Administrasi Publik Bangladesh secara resmi mengumumkan libur nasional menyambut Idul Fitri selama 9 hari, terhitung mulai 1 Juli.

Warga muslim … Selengkapnya

Inggris Mencari Pemimpin Baru

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan kubu Brexit pada referendum pekan lalu, telah menguncang sistem kepemimpinan di Inggris. Kini Inggris pun disibukkan kembali oleh kampanye bagi menentukan pemimpin negara setelah PM Cameron menyatakan akan mundur.

LONDON – Usai pelaksanaan referendum yang dimenangkan kubu Brexit, saat … Selengkapnya

ekonomi

Serapan Anggaran Kementerian PUPR Meningkat

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerap anggaran sebesar 27,4 triliun rupiah atau 26 persen dari total anggaran Kementerian PUPR dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016 yang mencapai 104,08 triliun rupiah. Jumlah tersebut terhitung hingga 29 Juni tahun ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Taufik Widjoyono mengatakan serapan tersebut lebih tinggi dari serapan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 15,5 persen. “Serapan tahun ini jauh lebih cepat karena pelaksanaan lelang yang dimuali sejak akhir 2015 lalu,” ungkapnya melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (1/7).

Adapun fokus program yang menjadi fokus Kementerian PUPR terang Taufik ialah pada sektor pangan dan air. Kementerian PUPR turut mendorong tercapainya kedaulatan pangan dan ketahanan air. Sektor lainnya pada konektivitas antara wilayah serta bidang perumahan dan pemukiman.

Pada sektor pangan, kementerian PUPR telah membangun jaringan irigasi seluas 52 ribu hektar (ha) serta merehabilitasi jaringan irigasi seluas 348 ribu ha, 30 waduk, 387 embung serta peningkatan sarana prasarana pengelolaan air baku sebesar 6,27 meter kubik per detik.

Terkait konektivitas, Kementerian PUPR membangun jalan baru di daerah perbatasan, baik di Sumatera, Kalimantan maupun Papua sepanjang 769 kilometer (km), peningkatan kapasitas jalan nasional dengan panjang 1.366 km, pembangunan jembatan 8.052 meter (m), peningkatan jembatan 4.682 km serta pembangunan jalan tol 29 km. 

ers/E-10

Selama Ramadan, Inflasi Jakarta Naik Jadi 0,52 %

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indeks Harga Konsumen (IHK) di DKI Jakarta selama Juni 2016 mengalami inflasi 0,52 persen. Dengan demikian IHK DKI Jakarta hingga pertengahan tahun 2016 mencapai 0,76 persen dan laju inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) sebesar … Selengkapnya

IHSG Sepekan Terus Melaju

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan cenderung menguat dan berhasil menyentuh level 5.000. Laju IHSG tidak lepas dari sentimen positif yang datang dari global, terutama pengaruh hasil referendum rakyat Inggris tentang … Selengkapnya

Obligasi AP II Tercatat di BEI

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Surat utang atau obligasi PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) senilai 2 triliun rupiah resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (1/7).

“Hari ini bersejarah bagi Angkasa Pura II, hal ini merupakan pertama kali masuk pasar … Selengkapnya

rona

Pilihan di Akhir Ramadan

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mencari nuansa berbeda saat berbuka puasa? Kemang Culinary Festival (KCF) bisa jadi pilihan ngebuburit bersama pasangan.

Event satu ini selalu menghadirkan berbagai menu makanan atau minuman yang bernuansa tradisional, siap untuk dinikmati saat berbuka puasa. Selain menawarkan sajian makanan tradisional yang sudah cukup dikenal masyarakat, event ini juga menghadirkan berbagai hiburan dengan nuansa khas Ramadan.

Menyambut bulan Ramadan sekaligus dalam rangka ulang tahun kota Jakarta yang ke-489, Lippo Mall Kemang menghadirkan event kuliner dengan tema KCF yang akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 26 Juni 2016.

“Dalam rangka Ramadan dan menyambut Lebaran tahun ini, Lippo Mall Kemang (LMK) memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dengan menghadirkan KCF, yang menawarkan lebih dari 30 jumlah menu makanan, mulai dari makanan pembuka atau tajil, makanan utama, dessert hingga jajanan pasar,” ujar Henricus Helmy, Marcom Manager LMK, Jakarta.

2

Menurut Henricus, dalam kesempatan KCF ini, pihak Lippo Mall Kemang sengaja memilih menu dan sajian makanan kuliner khas Indonesia.

“Selain bertujuan untuk mengangkat kuliner Indonesia, juga sangat sesuai untuk menemani pengunjung berbuka puasa bersama teman, kolega dan keluarga,” kata dia.

KCF, lanjut Henricus, menghadirkan deretan makanan seperti Es Campur Jelly Acen, Kerak Telor Betawi Buncit, Dodol Betawi , Soto Betawi H. Mamat, Srabi Solo Delima Resto, Mie Kocok Bandung Marika, Mie Aceh Cut Putroe, Kambing Guling Pak Marno, Es Cendol Bandung Citarasa, Rawon & Lontong Cap Gomeh Tuman dan jenis makanan lainnya.

Tak hanya sekedar menggelar festival kuliner, LMK juga mengadakan program CSR Ramadan dengan menyerahkan santunan kepada 200 anak penerima Kartu Jakarta Pintar dan 50 anak yatim yang berasal dari area Jakarta Selatan dan sekitarnya.

3

Selain itu, kata Henricus, LMK juga memberikan nuansa tradisional dengan menampilkan dekorasi Ramadan dan dekorasi dengan nuansa kampung Betawi.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat menjadikan LMK bukan hanya tempat berbelanja, namun juga merupakan salah satu pusat wisata kuliner di Jakarta Selatan dengan tujuan pengunjung eksklusif LMK bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang baru, sambil menikmati suasana Avenue of The Stars dengan nuansa Ramadan dan kuliner khas Indonesia,” tukasnya.

Palang Pintu

Pada kesempatan berbeda, acara tahunan Festival Palang Pintu (FPP) Kemang XI digelar beberapa pekan sebelumnya. Festival yang menampilkan budaya Betawi ini digelar di sepanjang Jalan Kemang Raya mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Tahun ini, festival itu disebut lebih meriah karena digelarnya lomba kreasi jurus silat yang akan memperebutkan piala Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Selama festival berlangsung didirikan dua panggung utama yang menampilkan berbagai kesenian tradisional Betawi. Tak ketinggalan 270 booth yang menjual berbagai macam produk, khususnya kuliner.

4

“Selama festival berlangsung ada pengalihan arus lalu lintas. Arus lalu lintas dari arah Kemang McDonnald ke arah Kemang Selatan dialihkan melalui Jalan Kemang Selatan VIII dan keluar di Jalan Kemang Selatan XII,” ungkap Christianto, Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan.

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Kemang Selatan menuju Kemang Raya dialihkan melalui Jalan Raya Pangeran Antasari. Menurut Christ, bagi masyarakat yang berkunjung, dapat menitipkan kendaraannya di kantong-kantong parkir di sekitar pintu masuk yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Ketua Panitia FPP, Ridwan Nazar mengatakan, dalam penyelenggaraan kali ini pihaknya masih mempertahankan atraksi utama, Lomba Palang Pintu yang memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta. Selain itu juga diadakan lomba kreasi jurus silat memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olah Raga.

“Selain melestarikan kebudayaan Betawi. Acara ini merupakan ajang silaturahmi para pelaku seni budaya Betawi. Dan tentunya dalam rangka menyambut HUT ke-489 Kota Jakarta,” ungkapnya.

Dikatakan Ridwan, di FPP Kemang ini berdiri dua panggung utama yang diisi oleh penampilan tari-tarian, pertunjukan musik, kebudayaan Betawi Samrah hingga Sohibul Hikayat. Acara juga dimeriahkan oleh 270 booth yang 30 persennya stan kuliner.

Sedang sisanya adalah booth beragam pernak-pernik unik hasil kerajinan, hingga pakaian jadi. pur/R-1

Pusat Jajan Baru

Kuliner kini kian menjadi daya tarik bagi banyak orang. Tak heran jika sekarang ini, banyak tempat yang menyajikan ragam kuliner dengan berbagai konsep yang unik lagi menarik.

Selain Festival Kuliner Kemang dan Festival Palang Pintu Kemang, ada tempat lain untuk ngabuburit. Itulah #PASARMOI yang terletak di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara. Di sini, pengunjung bisa berwisata kuliner dengan nuansa pasar modern dengan interior mancanegara.

Pasar yang memiliki luas 4.000 meter persegi dan terletak di lantai Lower Ground (LG) MOI ini juga mengusung perpaduan dari beberapa konsep.

“Kami menghadirkan beberapa konsep, yakni bazar, foodcourt, dan modern market di satu tempat indoor, di sebuah mal dengan ruangan AC,” kata Wedi Lawira, GM Food and Beverage (FnB) Agung Retail Indonesia. Tak hanya itu, di tempat ini juga hadir untuk pertama kalinya, Breakfast Complex, untuk memenuhi kebutuhan sarapan yang buka mulai pukul 07.00 pagi, dari berbagai tenant kuliner populer di Jakarta.

5

“Kami memiliki area street market atau pusat jajan yang terdiri dari puluhan produk lokal. Untuk para pecinta sushi, adapula produk sushi berkualitas dari Shigeru Sushi dengan harga mulai tiga ribu rupiah,” lanjut dia.

Beberapa tenant pilihan yang hadir di #PASARMOI saat ini antara lain adalah Shigeru Sushi, Tours Les Jours, Dapur Mamih Sateku, Bajji Pamai, Bakmi Alok hingga Bubur Kwong Tung.

6

Wedi menambahkan, tenant yang ada akan berganti dalam setiap tiga bulan sekali. Hingga pembukaan, jumlah tenant yang tergabung dalam pasar MoI sebanyak 81, yang meliputi makanan dan produk fesyen. pur/R-1

 

Rihanna Traktir Pizza Fans yang Antre Kehujanan

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Rihanna mentraktir pizza para penggemarnya yang sedang kehujanan mengantri masuk ke lokasi konsernya di Manchester pada Rabu malam waktu setempat, demikian situs NME.

Rihanna manggung di Old Trafford, Manchester, Inggris sebagai rangkaian tur dunia-nya: Anti.

Dikabarkan saking banyaknya fans yang … Selengkapnya

Kelly Tandiono Terjun ke Drama Musikal

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kelly Tandiono terus menjajal dunia baru di luar modeling dan akting di layar lebar, kali ini ia terjun ke drama musikal. “Saya dari dulu ingin ikut drama musikal, menyanyi dan menari,” kata Kelly di Jakarta, Kamis malam.

Drama musikal dianggapnya … Selengkapnya

Tetap Nyaman dan Asyik saat Mudik

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak terasa Idul Fitri semakin dekat. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik untuk menyambut keluarga di rumah, maupun untuk mudik.

Tahun ini, kita harus siap dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan … Selengkapnya

megapolitan

Ketika Gelora Bung Karno Jadi Terminal Bayangan

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Deretan bus besar terparkir rapi di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Bus-bus itu menunggu kedatangan para pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya masing-masing. Kondisi ini, tak jauh berbeda dengan terminal bayangan yang ada di beberapa tempat lainnya.

Hanya saja, terminal bayangan ini resmi diadakan untuk memfasilitasi kegiatan mudik bareng yang dilakukan beberapa pihak, baik BUMN ataupun pihak swasta. Seperti terlihat Jum’at (1/7), di sisi utara Gelora Bung Karno (GBK), PT Pertamina (Persero) memberangkatkan 4900 orang ke kampung halamannya masing-masing.

Bertajuk Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik 2016, Pertamina berupaya mengapresiasi pekerja front liner seperti mekanik, petugas SPBU, pekerja outsource, pekerja pabrik pelumas, dan pelanggan setia Pertamina dengan mengajaknya mudik bersama. Diantara pemudik itu, ada juga 200 anggota keluarga Pasukan Orange (Petugas Kebersihan) DKI Jakarta yang turut diajak Pertamina.

“Cakupan luasan ini jadi sangat menarik. Karena kami juga memberi perhatian khusus pada pasukan oranye di Jakarta yang selalu menjaga kebersihan Jakarta,” ujar Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto usai melepas Mudik Bareng, di Senayan, Jakarta Pusat,. Jum’at (1/7)

Dia berharap, setiap pemudik bisa menjaga keluarga, anak-anak dan barang-barang bawaannya. Momen lebaran, katanya, selalu dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab seperti pencurian, atau kejahatan lainnya. Dia pun meminta supir bus dan penumpang, tetap menjaga kesehatan selama perjalanan.

Insyaallah, apabila tertib, semua akan aman. Samua yang membantu terlaksananya silaturahmi, akan diberi pahala yang besar,” katanya.

Sedikitnya, lanjutnya, pertamina menyiapkan 85 armada bus untuk 4.900 orang pemudik. Dari 85 bus tersebut, 65 bus dengan 3.700 pemudik diberangkatkan melalui program Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik 2016. Kemudian 10 bus Pertamina lainnya diberangkatkan dalam program Mudik Bareng BUMN dan 10 bus lainnya akan diberangkatkan melalui program mudik Kementrian ESDM dengan total 1.200 pemudik.

Untuk memastikan keselamatan pemudik, seluruh pengemudi armada bus telah menjalani tes kesehatan menyeluruh oleh Dinas Kesehatan, sebelum diperbolehkan bertugas. Kelayakan kendaraan juga menjadi perhatian utama, tambah Wianda. 

Sementara itu, Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta, Marullah Manawi yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, jumlah pemudik dari Jakarta tahun lalu mencapai 3,7 juta jiwa. Menurutnya, dengan mudik bareng seperti ini akan membantu masyarakat ke tempat tujuannya dengan aman. Apalagi, jumlah pemudik yang diberangkatkan mencapai 4900 orang.

Dalam kesempatan itu, Marullah meminta agar pemudik memastikan rumah yang ditinggalkannya dalam keadaan aman. Menurutnya, Pemprov DKI telah melakukan koordinasi untuk pengamanan lingkungan di Jakarta. peri irawan/P-5

MUI Tak Persoalkan Larangan Takbir Keliling

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya tidak mempersoalkan larangan takbir keliling di sejumlah kota di Indonesia, terutama di Jakarta.

“Takbir keliling menjadi tradisi umat Islam di Indonesia. Untuk daerah tertentu yang rawan, harus patuh dengan … Selengkapnya

Sopir Truk Sampah Tuntut Uang Operasional Cair

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BEKASI – Ratusan pekerja harian lepas (PHL) Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara yang menjadi sopir truk sampah menuntut agar uang operasional untuk pembayaran tol dari Januari-Juni 2016 dicairkan.

RH, 43 tahun, salah satu sopir yang tugasnya melayani Kecamatan Penjaringan mengatakan, … Selengkapnya

Selama Ramadan, Inflasi Jakarta Naik Jadi 0,52 %

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indeks Harga Konsumen (IHK) di DKI Jakarta selama Juni 2016 mengalami inflasi 0,52 persen. Dengan demikian IHK DKI Jakarta hingga pertengahan tahun 2016 mencapai 0,76 persen dan laju inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) sebesar … Selengkapnya

olahraga

Portugal ke Semifinal

Sabtu 2/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

MARSEILLE — Pemain pengganti Portugal Ricardo Quaresma, kiper Rui Patricio dan sensasi gelandang berusia 18 tahun Renato Sanches adalah pahlawan saat Portugal mengalahkan Polandia 5-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan perpanjangan. Hasil laga yang berlangsung di Stade Velodrome, Jumat (1/7) dini hari WIB itu memastikan langkah Portugal ke semifinal Piala Eropa 2016.

Patricio menukik dan tangan kirinya memblokir penalti Jakub Blaszczykowski eksekutor keempat Polandia. Hal itu memungkinkan pemain pengganti Quaresma mencetak gol penentu kemenangan Portugal dalam drama adu penalti. Sebelumnya gol quaresma pada perpanjangan waktu memastikan kemenangan atas Kroasia di babak 16.

Robert Lewandowski menempatkan Polandia unggul dengan gol pada menit kedua. Pemain muda Portugal Sanches menyamakan kedudukan dengan tembakan luar biasa di menit ke-33 saat dirinya menjadi starter di tim nasional Portugal untuk kali pertama.

Tak ada gol tercipta setelah itu dan Portugal yang dikalahkan melalui adu penalti oleh Spanyol di semifinal empat tahun lalu, tidak akan peduli karena mereka maju ke babak empat besar di Piala Eropa untuk keempat kalinya dalam lima edisi. Di semifinal Portugal akan menghadapi Belgia atau Wales.

“Gol ini adalah momen yang luar biasa. Saya senang menjadi man of the match lagi, tapi individu selalu muncul setelah tim,” ujar Sanches, yang juga mencetak gol kedua pada adu penalti.

Cristiano Ronaldo, yang empat tahun lalu tidak bisa mengambil tendangan penalti yang direncanakan ketika ia menjadi eksekutor kelima saat Portugal kalah dari Spanyol yang akhirnya menjadi pemenang, kali ini mengambil kesempatan pertama.

Joao Moutinho dan Nani juga penuh percaya diri mencetak gol sebelum Patricio mengayunkan badannya untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dan torehan Quaresma memastikan perayaan bagi Portugal.

Polandia telah sukses mengkonversi keseluruhan dari lima penalti saat menyingkirkan Swiss di putaran terakhir, juga setelah bermain imbang 1-1, tapi tidak bisa mengulang prestasi itu. “Para pemain menempatkan perhatian penuh ke pertandingan ini dan bermain dengan berani sepanjang turnamen, kekalahan ini menyakitkan,” ujar pelatih Polandia Adam Nawalka.

“Kami belum kalah dalam pertandingan di turnamenkami tersingkir melalui adu penalti Kami sudah bergerak maju. Turnamen ini telah membuktikan bahwa kami memainkan sepak bola yang sangat baik tetapi kekalahan ini menyakitkan.”

Lebih dari sepertiga skuad berada di bawah usia 25, dengan Sanches menjadi pemain termuda yang mencetak gol di tahap pertandingan sistem gugur Piala Eropa.

Robert Lewandowski Tetap Dapat Pujian

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Adam Nawalka menegaskan kapten Polandia Robert Lewandowski tetap mengakhiri Piala Eropa dengan baik meski hanya mencetak satu gol. Gol satusatunya Lewandowski di Piala Eropa 2016 tercipta pada laga melawan Portugal, Jumat (1/7) dini hari WIB dan Polandia akirnya tersingkir setelah … Selengkapnya

Ricciardo di Red Bull Sampai 2018

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SPIELBERG – Pebalap asal Australia, Daniel Riccciado dipastikan tetap bersama Tim Red Bull Racing sampai 2018 mendatang. Kepastian ini berarti memupus keinginan Ricciardo untuk pindah ke Ferrari seperti yang selama ini santer tersiar di arena paddock.

Ricciardo baru saja memperpanjang … Selengkapnya

Dihantui Kenangan Buruk

Sabtu 2/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jerman selalu kalah saat berhadapan dengan Italia di babak sistem gugur turnamen besar.

BORDEAUX – Upaya Jerman merebut gelar juara Eropa akan berhadapan dengan mimpi buruk mereka ketika menghadapi Italia pada babak perempat final Piala Eropa 2016 di Bordeaux, Minggu … Selengkapnya

kupas

Informasi Vaksin Palsu Harus Bisa Dipahami Masyarakat

Sabtu 2/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Perkembangan informasi tentang vaksin palsu telah membuat masyarakat menjadi resah. Sekalipun polisi telah menetapkan beberapa tersangka tapi tetap saja masih tersisa sejumlah kekhawatiran, terutama terkait dengan vaksin palsu yang telah digunakan untuk anak balita selama beberapa tahun beredar.

Pemerintah sendiri tampak berhati-hati menyikapi kasus vaksin palsu ini. Bahkan, Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) mewanti-wanti kepada pihak yang menangani perkara vaksin palsu untuk tidak menyebut rumah sakit yang terdeteksi menggunakan vaksin palsu.

Agar publik mendapatkan informasi yang baik dan bertanggung jawab tentang penanganan vaksin palsu, berikut wawancara Koran Jakarta dengan Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, Abduhamid Dipopramono.

Bagaimana sikap KIP terhadap informasi penanganan kasus vaksin palsu?

Informasi tentang peredaran vaksin palsu menurut Pasal 10 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) adalah merupakan informasi yang wajib diumumkan serta-merta oleh badan publik pemerintah terkait, dalam hal ini Badan POM dan Kementerian Kesehatan. Sebab vaksin palsu sudah mengancam hajat hidup orang banyak.

Pengumuman tentang vaksin palsu harus disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau dan bahasa dipahami masyarakat. Yang dimaksudkan dengan mudah dijangkau adalah harus diumumkan secara resmi melalui media, situs/website resmi badan publik pemerintah, dan dengan selebaran cetakan bagi masyarakat yang tidak membaca media maupun website, karena belum semua masyarakat kita mampu membeli koran dan bisa membaca website.

Materi subtansi informasi yang harus disampaikan adalah tentang potensi bahaya dan besaran dampak yang ditimbulkan dari vaksin palsu tersebut. Lalu cara menghindari bahya dampak yang ditimbulkan, prosedur apabila keadaan darurat terjadi, cara mendapatkan bantuan dari pihak yang berwenang, dan informasi tentang upaya-upaya yang sudah dan akan dilakukan badan publik pemerintah.

Pada kasus yang terkait dengan etika profesi, seperti dokter, bagaimana sesungguhnya informasi yang harus disampaikan?

Pihak berwajib juga harus mengumumkan tentang siapa saja pelaku dan hukuman yang diberikan kepada pembuat vaksin palsu dan jaringannnya, termasuk distributor, suplier bahan dan botol, serta pihak pemakai yang meliputi rumah sakit dan para dokternya. Mereka ditindak bukan saja secara pidana, tetapi bagi dokter yang terlibat juga harus diberi sanksi etika profesi.

Kasus vaksin palsu telah meresahkan masyarakat, bagaimana seharusnya informasi yang harus disampaikan?

Agar informasi dari pemerintah tidak justru meresahkan, maka harus ada koordinasi yang baik antar badan publik dan bersifat dingin. Keterangan yang berbeda-beda dan malah menyalahkan konsumen akan semakin memperburuk keadaan. Seperti yang tercantum dalam Pasal 2 Ayat (7) UU KIP bahwa badan publik pemerintah harus menyampaikan informasi yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan.

Badan POM meminta kepada polisi untuk tidak menyebutkan nama rumah sakit yang menggunakan vaksin palsu, bagaimana pendapat KIP?

Jika sudah jelas dan selesai proses hukum yang dilakukan pihak berwajib maka para terpidana pun harus diumumkan ke masyarakat, tidak boleh ditutup- tutupi. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan lega kepada masyarakat atas penanganan terhadap pelaku kejahatan pemalsuan vaksin.

Keterbukaan informasi ini akan bisa mengembalikan keparcayaan masyarakat kepada pemerintah. KIP mengimbau agar Polri, Badan POM, dan Kementerian Kesehatan untuk terus intensif melakukan pengawasan di lapangan karena sangat mungkin pelaku pembuatan vaksin palsu bukan hanya pasangan suami istri yang sekarang sudah tertangkap, bisa jadi ada pelaku lain karena bisnis ini sangat menggiurkan.

“Saya Curiga Ada Unsur Penipuan”

Rabu 29/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disibukkan lagi dengan kasus pembelian lahan untuk pembangunan rumah susun Cengkareng Barat, Jakarta, yang diduga terjadi salah perhitungan.

Disebut-sebut, Pemprov DKI Jakarta membeli lahan miliknya sendiri sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai terjadi penggunaan anggaran … Selengkapnya

Cukai Akan Menurunkan Daya Beli Masyarakat

Kamis 30/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan mengenaikan cukai plastik kemasan menuai protes dari beragam kalangan. Protes yang paling keras dilancarkan oleh pelaku industri yang menilai pemerintah tidak serius untuk mendorong pertumbuhan ekonomi jika kebijakan itu jadi dieskekusi.

Pengenaan cukai terhadap … Selengkapnya

Masyarakat Bisa Layangkan Gugatan “Class Action” pada Pemerintah

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Terungkapnya peredaran vaksin palsu belakangan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Praktik pemalsuan vaksin ini dinilai merupakan buah dari kelalaian pemerintah dalam melakukan pengawasan, mengingat sudah terjadi sepanjang 13 tahun.

Untuk itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersedia memfasilitasi masyarakat … Selengkapnya

berita lain

Asing Bidik Pasar Bisnis Sewa Apartemen

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertumbuhan sewa apartemen makin menggiurkan di kawasan Jakarta Pusat. Merambahnya para profesional baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang bekerja di Jakarta Pusat memicu meningkatnya permintaan sewa apartemen dibandingkan pembelian apartemen.

Hardi Saputra, Business Intellegence manager Rumah 123. com, … Selengkapnya

Trik Operator Kurangi Delay Pengguna FB

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya akses ke media sosial yang dimiliki para OTT sepeca Twitter, Facebook (FB), Youtube sebenarnya cukup membebani bagi operator telekomunikasi di Indonesia. Selain banyaknya bandwidth yang harus ke luar negeri akses ke media sosial yang rata-rata berada di luar negeri … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya