Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 28 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Kementerian Belum Kompak Bangun Citra Nasional

Rabu 28/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jokowi meminta kementerian dan lembaga negera menghilangkan ego sentrisme dalam hal membangun nation branding.

JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengkritik kementerian dan lembaga negara yang belum kompak dalam membangun citra nasional Indonesia. Presiden menilai kementerian dan lembaga negara masih berjalan sendiri-sendiri dalam membangun citra tersebut, termasuk saat membangun citra Indonesia di dunia internasional.

“Misalnya Kementerian Perdagangan mengangkat tagline ‘Remarkable Indonesia’. Tapi Kementerian Pariwisata mengusung ‘Wonderful Indonesia’,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas saat membahas peningkatan citra Indonesia di mata internasional, di Kantor Presiden, Selasa (27/9).

Hadir dalam rapat itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi.Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi juga tampak hadir di dalam rapat terbatas tersebut.

Presiden mengatakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga mempunyai tagline sendiri yang berbeda. Belum lagi jika kementerian melaksanakan promosi melalui pameran. Jokowi mengaku kecewa saat mendapatkan laporan bahwa stan pameran yang ditempati oleh lembaga negera dan kementerian umumnya berukuran kecil dan terletak di lokasi yang sangat tidak strategis.

Akibat strategi yang tidak komprehensif itu, upaya membangun citra positif Indonesia di dunia tidak optimal. Kondisi tidak memperkuat dan tidak meningkatkan citra terhadap Indonesia, tetapi justru malah semakin mengurangi.

“Sebagai negara besar, Indonesia harus punya citra. Harus punya reputasi positif di dunia internasional sehingga dengan reputasi itu bukan hanya memperkuat kita sebagai bangsa, tapi juga meningkatkan daya saing,” tegas Kepala Negara.

Presiden ingin citra Indonesia dapat positif di mata dunia. Karena itu Presiden Jokowi meminta kementerian dan lembaga untuk semaksimal mungkin dalam membangun citra positif itu.

“Harus kita garap habis-habisan,” ujar Jokowi .

Secara konkret, Jokowi meminta kementerian dan lembaga menghilangkan ego sentrisme dalam hal membangun nation branding. Presiden juga tidak mau hanya membangun citra dengan slogan dan logo semata.

“Nation branding adalah penyelenggaraan negara. Citra positif harus dijaga dengan cara memberikan pelayanan publik yang baik, cepat dan profesional. Sekali lagi saya tekankan bahwa branding, tidak berhenti pada citra positif di iklan, melainkan betul-betul bisa kita jumpai di sehari-hari,” tegas Presiden.

Ide Cemerlang

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, perbedaan logo atau slogan sebuah negara untuk sektor investasi, perdagangan dan pariwisata adalah hal yang wajar. Sejumlah negara menerapkan hal serupa. Misalnya, Amerika Serikat, Singapura, Kanada, Selandia Baru, Meksiko dan Australia.

Meski demikian, Arief mengatakan, ide Presiden Joko Widodo untuk membuat satu slogan untuk semua sektor sebagai nation branding adalah ide yang cemerlang. Pemerintah akan menerbitkan nation branding tersebut. “Jadi kita akan punya family branding yang orang-orang tahu bahwa kalau logo ini identik dengan Indonesia,” ujar Arief di Kompleks Istana Kepresidenan.

Slogan dan logo itu nantinya akan menghiasi seluruh produk-produk Indonesia, khususnya produk yang diekspor. Misalnya, kopi bubuk, teh sachet, dan produk olahan lain. Britania Raya, sebut Arief, juga menerapkan satu slogan dan simbol untuk seluruh sektor. Slogan dan simbol itu merupakan nation branding mereka.

Arief mengatakan, dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden, Selasa siang juga dibahas sejumlah kemungkinan soal pembentukan nation branding. Misalnya, apakah menggunakan logo dan slogan “Wonderful Indonesia” milik Kemenpar, namun, tetap memakai gaya huruf sama dengan “Remarkable Indonesia” yang digaungkan Kemendag dan BKPM. Atau menggunakan bentuk-bentuk lainnya.

Penyidik KPK Mendalami Kasus E-KTP

Selasa 27/9/2016 | 06:45
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Untuk mendalami kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis elektronik (e-KTP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin. Dia diperiksa untuk melengkapi berkas tersangka Sugiharto.

“Pemeriksaan tersebut untuk melengkapi … Selengkapnya

Presiden Minta Pencarian Korban Banjir Garut Ditingkatkan

Selasa 27/9/2016 | 06:37
A   A   A   Pengaturan Font

Hingga saat masih ada 20 korban banjir bandang Garut yang belum ditemukan. Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar pencarian korban ditingkatkan.

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada tim di lapangan agar meningkatkan pencarian korban banjir bandang di Garut, Jawa … Selengkapnya

Birokrat Harus Siap Ditempatkan di Mana Saja

Selasa 27/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Seorang aparatur negeri sipil, harus siap ditempatkan dimana saja. Tidak harus selalu ditempatkan di daerah asal.

Hal tersebut dikatakan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat memberi kata sambutan di acara penyerahan SK PNS kepada alumni Institut Pemerintahan Dalam … Selengkapnya

mondial

Bekas Bos IMF Terancam Hukuman 4 Tahun

Rabu 28/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Massa yang berkerumun mencemooh mantan direktur eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), Rodrigo Rato, ketika tiba di pengadilan di Madrid, Spanyol, Senin (26/9) waktu setempat. Rato menjalani sidang perdana atas dugaan penyalahgunaan beberapa kartu kredit perusahaan untuk memenuhi pengeluaran pribadi.

Jika persidangan berhasil membuktikan bekas bos IMF itu bersalah maka Rato terancam hukuman kurungan penjara 4 tahun hingga 4,5 tahun.

Sebelum diangkat menjadi orang nomor satu di IMF, Rato adalah mantan menteri keuangan Spanyol dan pernah memimpin People Party, partai berkuasa di Negara Matador.

Rato beserta 64 pejabat eksekutif Bankia Spanyol dan pendiri Caja Madrid Bank dituduh telah menghabiskan dana sebesar 12 juta euro atau setara 13,48 juta dollar AS untuk kebutuhan pribadi atau yang acap disebut kartu hitam. Tindakan kejahatan ini dilakukan pada rentang waktu 2003 dan 2012. Ketika itu, Rato menjabat sebagai kepala Bankia sebelum akhirnya bank itu membutuhkan sebuah dana talangan dari pemerintah Spanyol pada 2012 atau persisnya ketika zona eropa tersandung krisis utang.

“Hijo de puta,” demikian teriakan orang-orang yang berkerumun saat Rato memasuki ruang sidang. Kalimat itu berarti ‘dasar anak pelacur’.

Pada persidangan tersebut, Rato menegaskan tidak melakukan kesalahan yang telah dituduhkan padanya. Sedangkan Miguel Blesa, kepala Caja Madrid bank, akan memberikan kesaksian pada Jumat nanti (30/9).

Pengacara Blesa, Carlos Aguilar, menolak berkomentar. Begitu juga oleh Ignacio Ayala, pengacara Rato. Surat kabar El Pais mewartakan, dalam persidangan, Ayala menyebut bukti yang dibawa ke pengadilan tidak sah karena melanggar hak.

Terbongkarnya kisah hidup Rato dan para pejabat eksekutif lainnya, yang penuh dengan gelimang harta dengan menggunakan kartu hitam, telah memancing kemarahan publik. Skandal ini terbongkar pada 2014 atau ketika Spanyol sedang menjadi sebuah negara emerging, tetapi dihadapkan pada krisis keuangan, dimana Bankia diambang kehancuran.

Sejumlah dokumen di pengadilan menuliskan, kartu hitam tersebut sudah dipergunakan untuk membeli perhiasan, liburan dan membeli pakaian yang mahal-mahal. Rato dituding telah menghabiskan hampir 100.000 euro dalam dua periode jabatannya di Bankia. Dalam pernyataan pengadilan sebelumnya, Rato yang menjabat sebagai kepala IMF periode 2004 – 2007, telah mengembalikan jumlah uang yang dicatutnya tersebut.

Saat ini, jaksa penuntut menuntut Rato dengan hukuman penjara 6 tahun dan denda 9,3 juta euro. Blesa menjabat sebagai Kepala Caja Madrid bank periode 1996 hingga 2010. Tak lama kemudian, Caja Madrid bank merger dengan beberapa bank lainnya untuk membentuk Bankia.

Kasus penggelapan dana lewat kartu kredit ini menjadi satu dari beberapa kasus korupsi kelas kakap yang diinvestigasi dan sekarang memasuki persidangan. Pemimpin People Party sekaligus Perdana Menteri Spanyol sementara, Mariano Rajoy, berusaha mencari dukungan untuk mencoba dan membentuk sebuah pemerintahan Spanyol yang baru demi mengakhiri kebuntuan politik dan supaya Spanyol tidak perlu lagi menggelar pemilu untuk ketiga kalinya dalam satu tahun.

Hillary-Trump Saling Tuding

Rabu 28/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Debat babak pertama calon presiden Amerika Serikat (AS) berlangsung panas. Calon presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton, dan calon presiden dari Republik, Donald Trump, terlihat saling tuding.

Debat yang berlangsung di Universitas Hofstra di Long Island, … Selengkapnya

Kolombia Teken Kesepakatan Damai dengan Pemberontak FARC

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 CARTAGENA – Setelah selama 52 tahun berperang, akhirnya pihak pemerintah Kolombia yang dipimpin Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, menandatangani kesepakatan damai dengan pemimpin pemberontak Marxist, Timochenko, pada Senin (26/9). Momentum itu mengakhiri peperangan dan kekerasan berdarah yang telah menelan jiwa … Selengkapnya

Trump Akan Mengakui Yerusalem Ibukota Israel

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHIGNTON – Amerika Serikat (AS) akan mengakui Israel sebagai ibukota Yerusalem. Demikian disampaikan Donald Trump dalam kampanyenya di New York, AS, Minggu (25/9) waktu setempat, jika terpilih menjadi orang nomor satu di AS.

Janji itu disampaikan Trump setelah melakukan pertemuan … Selengkapnya

ekonomi

Era Bunga Murah Berakhir, Beban Utang Indonesia Kian Berat

Rabu 28/9/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kenaikan bunga The Fed jadi salah satu risiko pertumbuhan ekonomi kawasan Asia.
Ada potensi pembalikan modal dipicu perubahan kebijakan moneter di negara maju.

JAKARTA – Indonesia yang sangat mengandalkan penerbitan surat utang untuk menambal defisit anggaran dinilai bakal menemui kesulitan ketika era suku bunga rendah global berakhir, antara lain ditandai dengan kenaikan suku bunga bank sentral AS atau Fed Fund Rate.

Indikasi bakal segera dinaikkannya suku bunga The Fed itu terbaca dari makin berkurangnya porsi kepemilikan Tiongkok, Jepang, dan Arab Saudi pada obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS). Padahal, AS kini juga sangat membutuhkan investasi negara lain di surat utang guna menutup pembengkakan defisit anggaran.

Ekonom UMY, Achmad Ma’ruf, mengatakan aksi penjualan obligasi pemerintah AS yang terus dilakukan negara pemegang porsi terbesar seperti Tiongkok, Jepang, dan Arab Saudi akan mendorong The Fed untuk menaikkan suku bunga acuan guna menjaga surat utang Negara Paman itu tetap menarik negara kreditur.

Hal itu membuat era bunga murah global akan segera berkhir yang dampaknya akan terasa bagi negara yang sangat tergantung pada utang dalam dollar AS, termasuk Indonesia. Beban bunga akan membengkak.

“Indonesia akan sulit kalau suku bunga global naik. Jadi memang penguatan domestik ini harus digenjot diiringi dengan membuat kesepakatan perdagangan bersama di level Asia,” kata Ma’ruf ketika dihubungi, Selasa (27/9).

Sinyal kenaikan bunga The Fed juga diungkapkan oleh Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB). Deputi Kepala Ekonom ADB, Juzhong Zhuang, mengatakan ADB mencatat berbagai risiko yang tetap dapat memengaruhi proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan Asia mengingat lingkungan eksternal yang masih rapuh dan kemungkinan kenaikan Fed Fund Rate.

“Kondisi ini akan membuka peluang terjadinya gangguan aliran modal sehingga menyulitkan manajemen kebijakan makro ekonomi di kawasan ini,” papar dia saat menyampaikan edisi pembaruan laporan ekonomi tahunan, Asian Development Outlook (ADO) 2016, di Hongkong, Selasa.

Sebelumnya, peneliti Indef, Bhima Yudhistra, memperkirakan apabila tekanan jual terhadap surat utang pemerintah AS terus berlanjut maka Desember nanti mau tidak mau The Fed akan terpaksa menaikkan suku bunga. Implikasinya, akan ada potensi flight to quality sehingga Indonesia harus menaikkan imbal hasil obligasi negara untuk menahan pelarian modal.

“Tapi, kondisi ini berbahaya buat Indonesia karena dari segi kurs akan ada fluktuasi kurs. Kebutuhan dollar naik,” jelas Bhima.

Selain itu, imbuh dia, utang Indonesia yang kini hampir 3.500 triliun rupiah sudah terbilang tinggi dan memberatkan keuangan negara. Dengan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah maka beban kewajiban utang kian membengkak.

“Kalau tidak dinaikkan, capital outflow akan makin besar. Untuk menghindari hal itu semestinya fundamental fiskal kita diperkuat. Tapi faktanya, fiskal kita sekarang lagi sulit,” tukas dia.

Perkuat Domestik

Sebagaimana dikabarkan, negara pemegang terbesar obligasi pemerintah AS, seperti Tiongkok dan Jepang, telah mengurangi kepemilikannya dalam tiga kuartal berturutturut. Penurunan kepemilikan itu terus berlangsung dalam tiga bulan terakhir, seiring dengan penurunan imbal hasil atau yield obligasi pemerintah AS belakangan ini.

Kreditur mancanegara memiliki peran kunci dalam membiayai utang AS saat negara itu menarik banyak utang untung memulihkan ekonomi setelah krisis keuangan. Sejak 2008, investor asing telah menaikkan investasi lebih dari dua kali lipat pada obligasi pemerintah AS dan kini memiliki sekitar 6,25 triliun dollar AS.

Ma’ruf mengatakan berkurangnya kepemilikan Tiongkok dan Jepang itu mengindikasikan negara-negara tersebut sedang membutuhkan dana untuk menyelamatkan ekonomi dalam negerinya. Ini juga menggambarkan ketidakpercayaan bahwa resesi global akan segera pulih.

“Sebaliknya, resesi yang lebih besar bisa saja sedang diantisipasi oleh Tiongkok dan Jepang. Dalam perlambatan ekonomi global saat ini bangak aksi dilakukan untuk bertahan dari pertumbuhan negatif, salah satunya sekarang ini Tiongkok dan Jepang coba dorong domestiknya,” jelas Ma’ruf.

Sementara itu, ADB juga mengingatkan meski pertumbuhan ekonomi kawasan Asia diprediksi stabil tapi para pembuat kebijakan perlu mewaspadai berbagai risiko negatif, termasuk potensi berbaliknya aliran modal yang bisa dipicu oleh perubahan kebijakan moneter di perekonomian maju, terutama di AS.

“Tertundanya pemulihan telah menyulitkan perekonomian industri utama, yakni AS, Uni Eropa, dan Jepang sehingga ADB kali ini memangkas prakiraan pertumbuhan global 2016 menjadi 1,4 persen, lalu naik tipis ke 1,8 persen pada 2017,” kata Juzhon.

Industri Asuransi Fokus Perkuat Layanan Digital

Selasa 27/9/2016 | 06:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perusahaan asuransi jiwa di dalam negeri terus berlomba meningkatkan layanan kepada nasabah melalui pemanfaatkan teknologi digital. Perbaikan layanan tersebut diharapkan dapat memperkuat daya saing mereka di tengah ketatnya persaingan di pasar asuransi jiwa nasional.

Melalui pemanfaatan kemajuan … Selengkapnya

Perpanjangan Hanya untuk Kelengkapan Dokumen

Selasa 27/9/2016 | 06:33
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi mengatakan perpanjangan waktu amnesti pajak hanya untuk penyampaian lampiran atau kelengkapan dokumen terkait Surat Pernyataan Harta dan bukan pembayaran tebusan.

“Intinya waktu yang diperpanjang adalah lampiran dari dokumen harta yang … Selengkapnya

Perusahaan Fintech Siap Bayar Pajak

Selasa 27/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam situasi yang belum ada aturan, pengenaan kewajiban bagi perdagangan daring, seperti bisnis e-commerce sebaiknya berupa pajak sektor jasa karena banyak unit bisnis fintech berbadan hukum.

JAKARTA – Para pelaku industri keuangan dan perdagangan berbasis teknologi mengaku siap membayar pajak … Selengkapnya

rona

Plastik Buatan dari Karbon Dioksida dan Biomasa

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ilmuwan Stanford University, Inggris, berhasil mengembangkan plastik dari karbon dioksida (CO 2) dan biomasa seperti limbah pertanian dan rumput. Teknologi baru diklaim menjadi alternatif untuk botol plastik dan barang-barang lainnya yang umumnya terbuat dari minyak bumi.

Produk plastik, saat ini bayak terbuat dari polimer yang disebut sebagai polyethylene terephthalate (PET) atau juga dikenal sebagai polyester. Di seluruh dunia, sekitar 50 juta ton PET diproduksi setiap tahun untuk beragam barang seperti kain, elektronik, wadah minuman, dan produk perawatan pribadi.

PET terbuat dari dua komponen, asam tereftalat dan etilena glikol, yang berasal dari olahan minyak bumi dan gas alam. Industri PET menghasilkan produk CO 2,,yakni gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

“Tujuan kami adalah untuk menggantikan produk turunan minyak bumi dengan plastik terbuat dari CO 2,” kata Matthew Kanan, asisten profesor kimia di Stanford yang terlibat dalam riset ini.

Penggunaan bahan baku dari bahan bakar fosil yang dikombinasikan dengan energi yang dibutuhkan untuk memproduksi PET, menurut Kanan menghasilkan lebih dari empat ton CO 2 untuk setiap ton PET yang diproduksi.

“Jika Anda bisa melakukannya tanpa menggunakan banyak energi non-terbarukan, Anda secara dramatis dapat menurunkan emisi karbon dari industri plastik,” tambah Kanan, sebagaimana dikutip dari science daily.

Kanan dan rekan kerjanya, fokus pada polyethylene furandicarboxylate (PEF) sebagai bahan alterntif untuk PET. PEF terbuat dari etilena glikol dan senyawa yang disebut asam 2-5-Furandicarboxylic (FDCA).

“PEF adalah pengganti yang menarik untuk PET, karena FDCA dapat bersumber dari biomassa bukan minyak bumi. “ tambah Kanan.

Meskipun PEF lebih menjanjikan, namun industri plastik belum menemukan cara murah untuk memproduksi FDCA yang berkelanjutan di skala industri.

Salah satu pendekatan yang digunakan adalah mengkonversi fruktosa dari sirup jagung menjadi FDCA. Tapi menanam tanaman untuk industri membutuhkan banyak lahan, energi, pupuk dan air.

“Penggunaan fruktosa bermasalah, karena produksi fruktosa memiliki jejak karbon yang cukup besar, dan, pada akhirnya, Anda akan bersaing dengan produksi pangan,” kata Kanan. “Akan jauh lebih baik untuk membuat FDCA dari biomassa, seperti rumput atau bahan limbah yang tersisa setelah panen.” tambah Kanan.

fdfdf

Tim Stanfordpun kemudian bereksperimen dengan furfural, yakni senyawa yang terbuat dari limbah pertanian yang telah banyak digunakan selama beberapa dekade. Tapi membuat FDCA dari furfural dan CO 2membutuhkan bahan kimia berbahaya dan mahal serta boros energi untuk membuatnya.

Tim Stanford kemudian berekperimen dengan menggunakan senyawa karbonat. Aanindeeta Banerjee, mahasiswa pascasarjana yang terlibat dalam program ini mengkombinasikan karbonat dengan CO 2 dan asam furoic, turunan dari furfural. Banerjee, kemudian memanaskan campuran tersebut sekitar 290 derajat Fahrenheit (200 derajat Celsius) untuk membentuk garam cair.

Hasilnya dramatis. Setelah lima jam, 89 persen dari campuran cairan-garam telah terkonversi ke FDCA. “Langkah berikutnya, mengubah FDCA ke dalam plastik PEF, adalah proses langsung yang telah dikerjakan oleh peneliti lain,” kata Kanan.

Pendekatan tim Stanford ini, memiliki potensi secara signifikan mengurangi emisi rumah kaca, karena CO 2yang diperlukan untuk membuat PEF dapat diperoleh dari emisi pembangkit listrik bahan bakar fosil atau situs industri lainnya.

Produk yang terbuat dari PEF juga bisa didaur ulang atau menjadi karbondioksida melalui proses pembakaran hingga akhirnya, CO 2 akan diambil oleh rumput, gulma dan tanaman terbarukan lainnya, kemudian dapat digunakan untuk membuat PEF. “Kami percaya bahwa kimia kita dapat membuka janji PEF yang belum terealisasi. Ini hanya langkah pertama,” tambah Kanan.

Kanan dan rekan juga mulai menerapkan temuan mereka untuk produksi bahan bakar terbarukan dan senyawa lain dari hidrogen dan CO 2. “Itu aplikasi baru yang paling menarik yang kita kerjakan sekarang,” katanya.  nik/berbagai sumber/E-6

Tentang Material Bioplastik

bioplastik-kreislauf

Bioplastik merupakan plastik atau polimer dimana secara alamiah dapat dengan mudah terdegradasi baik melalui serangan mikroorganisme maupun oleh cuaca. Umumnya, bioplastik bukanlan merupakan senyawa tunggal. Melainkan komposit dari berbagai macam klas bahan yang memiliki fungsinya masing-masing.

Material plastik yang dimasukkan ke dalam kelompok bioplastik jika memenuhi sejumlah persyaratan, diantaranya biobased yakni berbahan baku dari biomassa seperti minyak nabati, jagung, maupun rumput yang tengah di kembangkan di Standford University serta biodegradable. Yakni, bioplastik harus bisa dihancurkan melalui proses biologi atau alami.

Selama ini, sejumlah bioplastik yang sudah dikembangkan, berasal dari gula, tepung-tepungan, minyak nabati/hewani dan selulosa. Biomassa tersebut harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu untuk menjadi bioplastik.

Sementara biodegradable berarti bahwa materialt plastik tersebut bisa dihancurkan secara kimia oleh mikroba di alam menjadi senyawa-senyawa alamiah seperti: air, karbon dioksida, dan kompos. Proses degradasinya tergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya dan dilakukan biasanya tampa menggunakan bahan tambahan atau aditif.

Karakteristik biodegradable tidak tergantung pada asal bahan bakunya, tetapi lebih pada struktur kimiawinya. Jadi bisa saja bioplastik yang 100 persen dibuat dari biomassa bisa non-biodegradable, atau bahkan ada materkal plastik yang 100 persen dari bahan fosil tetapi bisa didegradasi oleh mikroba.  nik/berbagai sumber/E-6

3rd Anniversary Party

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Buat penikmat kuliner lezat dan penyuka hiburan, pastinya tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini, JJ Royal Brasserie yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, LG Floor A01, Jalan Profesor Doktor satrio Kav.3-5 Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan. 

Tepat pada … Selengkapnya

Brad Pitt Dikabarkan Terlibat Kekerasan pada Anaknya

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Departemen Kepolisian Los Angeles membantah laporan bahwa bintang Hollywood Brad Pitt tengah diselidiki atas dugaan kekerasan terhadap anak dan mengatakan otoritas tidak menerima tuduhan seperti itu terhadap sang aktor.

“Kami tidak menerima laporan dalam catatan kami mengenai pengaduan terhadap Brad … Selengkapnya

Ponsel Pintar dengan Teknologi Kamera Kelas Atas

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hampir semua smartphone saat ini sudah menggunakan perangkat kamera. Dan hebatnya hasil jepretan-nya kini sudah seperti kualitas kamera konvensional pada umumnya.

Kamera merupakan salah satu perangkat terpenting dalam sebuah smartphone. Jika dilihat dari segi fungsi kamera pada ponsel pintar memang … Selengkapnya

megapolitan

DKI Segera Normalisasi Kali Krukut

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginventarisir bangunan yang terkena trase Kali Krukut. Normalisasi di kawasan tersebut mendesak dilakukan mengingat banyaknya bangunan yang berdiri di bantaran kali. 

“Saya enggak peduli. Saya harus bongkar ini semua, nggak ada pilihan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (25/9) 

Aho menegaskan, tidak ada cara untuk mengatasi banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, selain normalisasi sungai. Normalisasi tidak terelakkan lantaran lebar sungai sudah berkurang banyak, dari semula memiliki lebar 20-25 meter, kini tersisa 4-7 meter saja.

Ahok mengaku telah memiliki bukti foto-foto kondisi Kali Kurut sebelumnya. Dari data itu, pihaknya akan mengembalikan trase sungai seperti sebelumnya. “Ini saya sudah punya semuanya. Saya lagi cek ini semua. Kan kami masih dipegang BPN,” ucapnya.

Pihaknya, sambung Ahok, akan melakukan pengecekan terhadap bukti kepemilikan lahan. Bagi warga yang tidak memiliki sertifikat, akan direlokasi. Sementara jika lahan bersetifikat, pihaknya akan membebaskan lahan. 

Ahok mengatakan, setelah pendataan selesai, akan langsung dilakukan normalisasi Kali Krukut. Rencananya, normalisasi akan dimulai pada Oktober mendatang. 

Normalisasi Kali Krukut diagendakan pada Oktober mendatang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah mendata bangunan yang terkena trase. “ Kami lagi selesaikan trase, bulan depan kami sudah mulai kerja. Kami minta kontribusi-kontribusi swasta untuk turun dan alat berat kami”

Dalam kesempatan ini, Ahok mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan trase dalam waktu dekat. Direncanakan pada bulan depan sudah bisa dilakukan normalisasi Kali Krukut.

“Kami lagi selesaikan trase, bulan depan kami sudah mulai kerja. Kami minta kontribusi-kontribusi swasta untuk turun dan alat berat kami,” kata Eva, 

Basuki menambahkan akan ada beberapa rumah yang terkena dampak normalisasi. Mereka terkena trase sungai yang semula memiliki lebar 20-25 meter. Saat ini tersisa lebar sungai 6-7 meter saja, selain itu kedalaman Kali Krukut juga hanya berkisar 0,5 meter saja.

“Mungkin ada beberapa rumah yang kena. Saya sudah dapat fotonya lengkap, mana yang mau kami kerjakan,” tegasnya.

Siaga Bencana

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, menyiagakan puluhan personil untuk mengantisipasi terjadinya banjir dadakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Irman Puja Hendra di Tangerang, Senin, mengatakan seluruh personil tersebut disebar di beberapa titik wilayah yang rawan terjadinya banjir.

Seperti halnya di Puri Kartika, Komplek DDN, Ciledug Indah 1 dan 2, serta Pondok Bahar, Candulan, dan Pinang Griya.

“Ada beberapa titik lokasi rawan banjir yang menjadi konsentrasi kita untuk menyiapkan personil dalam membantu warga jika terjadinya banjir dadakan,” ujarnya.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi di wilayah Timur Kota Tangerang pada akhir pekan lalu disebabkan karena curah hujan yang tinggi.

Selain menyiapkan personil di beberapa wilayah, BPBD Kota Tangerang pun menyiagakan empat perahu serta logistik untuk warga. pin/nis/Ant/P-5

Penetapan APBD-P 2016 Rampung Pekan Ini

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016, ditargetkan rampung pekan ini. Untuk merealisasikannya, Pihak eksekutif dan legislatif telah mencapai kesepakatan. 

“Kita berharap cepat, apalagi bahan sudah ada dan siap disajikan. Hanya tinggal proses formalnya saja “

Selengkapnya

Reza Diperiksa Terkait Kasus Pelecehan Gatot

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Penyanyi Reza Artamevia menjalani pemeriksaan dugaan tindak pidana pemerkosaan yang dilakukan Gatot Brajamusti kepada dua wanita bernisial CT dan “Password 2”. “Pemeriksaan sebagai saksi berjalan lancar,” kata pengacara Reza, Muhammad Kamil di Jakarta, Senin (26/9).

Penyidik Subdirektorat Remaja … Selengkapnya

Calon Kepala Daerah Perlu Kontrak Politik

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris menegaskan calon kepala daerah yang layak memimpin Jakarta melalui pilkada serentak tahun 2017 perlu memiliki kontrak politik.

“Pada saat kampanye, ketiga pasangan calon gubernur/wakil gubernur tentu akan mendatangi berbagai … Selengkapnya

olahraga

Totti Gagal Selamatkan Roma

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

Roma dikalahkan oleh dua gol dari Iago Falque, pemain yang mereka pinjamkan ke Torino di awal awal musim. Hasil itu juga menjadi kekalahan pertama mereka di Torino untuk pertama kalinya sejak tahun 1990.

Andrea Belotti membawa Torino di depan setelah laga berlangsung delapan menit dan mereka menambah keunggulan ketika Falque mencetak gol dari titik penalti di menit ke-53 setelah Belotti dijegal oleh Bruno Peres.

Kiper Torino Joe Hart dua kali menggagalkan upaya mantan rekan setimnya di Manchester City Edin Dzeko untuk menyamakan kedudukan bagi Roma.

Roma mendapat hadiah hadiah penalti di menit ke-55 dan Totti yang masuk sebagai pemain pengganti usai babak pertama dan bermain pada musim ke-25 nya untuk klub itu tak melakukan kesalahan untuk menaklukkan Hart. Torehan itu menjadi gol keduanya musim ini. Falque memulihkan keunggulan dua gol Torino 10 menit kemudian.

Totti kini menjadi pencetak gol kedua terbanyak sepanjang masa Serie A, terpaut 24 gol dari rekor Silvio Piola yang menorehkan 274 dan ditetapkan pada tahun 1954. “Totti adalah pemain terbaik di Italia dalam 25 tahun terakhir. Ini memberi saya kesenangan melihat dia masih bermain,” ujar pelatih Torino Sinisa Mihajlovic.

Di sisi lain pelatih Roma Luciano Spalletti marah dengan inkonsistensi timnya. “Untuk waktu yang lama tim ini telah menunjukkan terlalu banyak hasil tertinggi dan terendah, baik di bawah saya ataupun pelatih lain,” ujarnya.  ben/Rtr/S-1

 

 

 

DKI Juara Umum Terbang Layang

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Tim terbang layang DKI Jakarta berhasil melampaui target perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX-2016 Jawa Barat. Dari sembilan medali yang diperebutkan di Lanud TNI AU Suryadarma, DKI Jakarta membawa pulang tujuh medali emas dan empat perak … Selengkapnya

Walcott Butuh Penanganan khusus

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Pelatih Arsenal Arsene Wenger telah menekankan ia selalu yakin pada Theo Walcott. Meski demikian dia penyerang yang belum berkembang sesuai harapan seperti awal ketika dirinya bangkit dan menonjol.

Walcott mengalami pukulan besar ketika ia ditinggalkan dari skuad Inggris … Selengkapnya

PON 2020 Harus Fokus ke Cabor Olimpiade

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gelaran PON 2020 harus fokus pada cabang olah raga yang dipertandingkan di olimpiade. Selain itu harus ada pembatasan usia atlet untuk regenerasi.

BANDUNG – Gelaran Pekan Olah raga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat dinilai lebih mengutamakan kepentingan dan gengsi … Selengkapnya

kupas

Ketersediaan Blanko “e-KTP” Tergantung pada Anggaran

Selasa 27/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengeluhkan ‘ditahannya’ anggaran sebesar 300 miliar rupiah lebih oleh Kementerian Keuangan. Anggaran sebesar itu tadinya akan dialokasikan untuk pengadaan blanko dan perawatan peralatan.

Soal blanko e-KTP sendiri, sempat jadi pemberitaan. Beberapa daerah mengeluhkan kekurangan blanko. Namun pihak Kementerian Dalam Negeri sendiri, dalam hal ini Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil mengklaim blanko cukup tersedia. Tapi memang dengan ditahannya anggaran untuk pengadaan blanko, dikhawatirkan stok yang ada akan habis. Zudan mengatakan, tersisa 1,3 juta blanko.

Diperkirakan stok blanko bakal habis pada bulan Oktober ini. Sementara, pemerintah sedang berkejaran dengan waktu, merampungkan sisa perekaman data warga. Tercatat masih ad 18 jutaan warga yang belum terekam. Tenggat perekaman sendiri ditetapkan akhir September ini.

Untuk mengetahui hal itu lebih jauh, Koran Jakarta sempat mewawancarai Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh, berikut petikan wawancaranya.

Kabarnya stok blanko akan habis?

Setiap hari itu kita keluarkan blangko e-KTP sekitar 100 – 150 ribu. Kita rutin alokasikan untuk daerah. Berapa yang habis di daerah, tadi malam pecetakan di daerah tiap hari ya, ini laporan teman-teman dari data center. Tadi malam melaporkan, perekaman tunggal 113 ribu. Kondisi riil yang cetak tadi dalam ada 101 ribu. Kita rata-rata membagi per hari 100 ribu. Blangko yang beredar di daerah sekarang 1,8 juta artinya cukup sampai pertengahan Oktober.

Bagi yang sudah merekam, akan langsung dapat e-KTP fisiknya?

Yang rekam baru (diprioritaskan). Kalau pindah pegang dulu (yang lama).

Jadi total sisa blanko berapa sebenarnya?

Yang beredar di daerah 1,8 juta, ditambah di pusat sama saya 1,3 juta. Jadi totalnya ada 3,1 juta yang tersisa. Dulu kita punya 18,7 juta blangko. Itu belum habis semua di daerah.

Anda meminta anggaran untuk pengadaan blanko tak di ‘block’. Sudah ada jawaban dari Menkeu?

Dan kalau anggaran tetap di block, apa dampaknya? Bisa kosong. Cuman aman sampai Oktober ini. Tapi kan lelang butuh waktu. Antisipasi di situ.

Kalau anggaran ditahan, ada restrukturisasi anggaran?

Sudah, cuman kan tahap 3 ini sudah habis anggarannya. Tidak ada lagi, bisa enggak gajian nanti. Enggak ada lagi, itu dipotongnya pertama dan kedua 498 miliar. Pertama 145 miliar, kemarin 344,5 miliar. Ada uangnya mari kerjakan. Kalau Dukcapil itu 22 output, e-KTP satu output. Namun di dalamnya ada akta lahir, pindah datang dan lain- lain.

Kalau ada yang pindah status, KTP-nya ditarik?

Ya, (ditarik) setelah terbit yang baru, terus diminta. Selama ini salah prosedur. Orang pindah, belum jadi KTP-nya, sudah ditarik. Mestinya nanti, terus tidak bisa punya pegangan apa-apa dong. Orang yang pindah atau berubah status, jangan diminta KTP-nya sebelum yang baru dikasih.

Sekarang pergerakan perekaman bagaimana progresnya?

Ya, 163 – 164 ribu yang merekam. Cetaknya di bawah itu.

Ada sisa 20 jutaan yang belum terekam. Pemerintah sendiri berusaha keras mengejar itu. Boleh tahu berapa yang double datanya?

Nanti mendekati akhir September, baru kita cek. Sekarang tinggal 18 juta. Dari 18 juta itu, ada 7 jutaan di luar negeri. Lalu sisa 11 juta. Termaksud juga yang double.

Banjir dan Longsor Akibat Ulah Manusia

Senin 26/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia berduka lagi. Banjir bandang disertai longsor menerjang Garut. Korban pun berjatuhan. Sebanyak 30 orang lebih meninggal. Ratusan luka-luka. Dan, ratusan rumah juga rusak.

Bencana banjir bandang, jelas bukan ‘takdir’ Tuhan. Tapi, terkait erat dengan perbuatan yang dilakukan manusia. Banjir … Selengkapnya

Kemendagri Terus Memantau Setiap Tahapan Pilkada

Sabtu 24/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Dalam Negeri telah membentuk tim pemantauan pemilihan kepala daerah. Tim ini salah satu tugasnya melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam proses pemilihan. Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Daerah-daerah rawan konflik itu antara lain Aceh, Papua, Banten dan … Selengkapnya

“Kalau Ada yang Menilai PON XIX Kacau, Itu Penilaian Gegabah”

Jumat 23/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 mulai berlangsung 17 September dan akan berakhir 29 September mendatang. 44 Cabang olah raga dipertandingkan pada PON tahun ini. Namun dipertengahan event, sejumlah insiden bermunculan. Mulai dari kericuhan antara atlet, supporter hingga … Selengkapnya

berita lain

Menuju Kota Pintar Berbasis Digital

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BSD City akhir akhir ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT (Information Technology) bertaraf national dan internasional. Ini menunjukkan komitmen kuat Sinar Mas Land mengembangkan hunian berkonsep smart city.

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City kian mengarah … Selengkapnya

Penyedia Data Center Fokus Layanan

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyedia layanan data center meningkatkan layanan data center mereka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan pelanggan yang membutuhkan layanan data center lebih berkualitas.

Peraturan Pemerintah (PP) No.82 Tahun 2012 tentang Penyelengaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) memberikan peluang sekaligus … Selengkapnya

Mobilio E Prestige CVT 1,5: Nyaman dan Lincah

Rabu 21/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Honda Prospect Motor (HPM ) untuk melahirkan kendaraan bersegmen low MP V memang sangat tepat. Pertama kali muncul pada medio 2014, Honda Mobilio langsung menjadi salah satu idola di segmen low MPV.

Honda Mobilio yang menjadi produk perdana Honda … Selengkapnya