Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 31 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Butuh Langkah Konkret Atasi Kekerasan terhadap Anak

Selasa 31/5/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian PPPA berupaya keras untuk menekan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan.

YOGYAKARTA – Kekerasan terhadap anak di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu dibutuhkan langkah konkret dengan melibatkan partisipasi semua pihak. “Kasus kekerasan terhadap anak terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Sudah seperti gunung es. Butuh kerja sama dari setiap pihak guna menekan angka kekerasan pada anak,” kata Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak KPPPA, Agustina Erni di Yogyakarta, Senin (30/5).

Saat ini, Kementerian PPPA berupaya keras untuk menekan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan yang sudah menjadi gunung es tersebut. Menurut Agustina, jika kekerasan terhadap anak terus dibiarkan akan mengancam generasi emas yang kelak akan menjadi penerus kelangsungan bangsa.

Anak, terang dia, akan menjadi potensi dan peluang kemajuan Indonesia. Mereka adalah modal bagi periode bonus demografi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Bonus demografi dari usia produktif ini hanya terjadi sekali jadi anak harus diselamatkan.

Untuk itu, kata Agustina, perlu upaya penguatan pencegahan dan penanganan untuk kekerasan terhadap anak. Saat ini, Kementerian PPPA telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah kekerasan pada anak dan perempuan. Di antaranya, menjalin kerja sama dengan kementerian lain, pemberdayaan ekonomi, dan melakukan perlindungan anak berbasis masyarakat.

“Ini pencegahan atau antisipasi, penanganan, dan mengintegrasikan korban ke masyarakat. Karena upaya ini tidak mudah, aparat khususnya kepolisian juga harus tanggap,” ungkapnya.

Program Unggulan
Selain itu, lanjut Agustina, Kementerian PPPA menyosialisasikan program-program unggulan kementerian kepada sejumlah unsur masyarakat dengan berbagai latar belakang lewat Temu Nasional Partisipasi Publik untuk PPPA (PUSPA) 2016. Dalam PUSPA 2016 itu, KPPPA berupaya untuk mewujudkan three ends. Three ends terdiri dari tiga target yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia dan mengakhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan.

Untuk memastikan program three ends bisa tercapai pada akhir tahun ini, Kementerian PPPA perlu menggalang partisipasi publik seluas-luasnya. Peserta PUSPA 2016 berasal dari berbagai unsur masyarakat di antaranya dari Kementerian PPPA, unit pemberdayaan perempuan tingkat provinsi seluruh Indonesia, lembaga swadaya masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi profesi, akademisi/lembaga riset, dunia usaha dan media.

Kegiatan PUSPA terdiri dari berbagai aktivitas di antaranya konferensi, sesi berbagi pengalaman inspiratif “Pecha Kucha”, Pasar Ide, Alun-alun, kunjungan, lokakarya, dan diakhiri dengan Deklarasi Yogyakarta. “Deklarasi Yogyakarta itu berisi hasil dari PUSPA 2016,” pungkasnya.

Tanggung Biaya Sementara itu, Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PP dan PA, Vennetia R Danes mengatakan implementasi serta pencapaian SPM Bidang Layanan Terpadu bagi Perempuan dan Anak Korban Kekerasan ini masih belum banyak diterapkan. Vennetia mengatakan perlu adanya koordinasi khususnya pembiayaan yang harus ditanggung korban agar tertata dalam kementerian, seperti visum dan autopsi.

“Korban seharusnya tidak perlu membayar visum. Secara teknis daerah harus memasukan SPM ke dalam penganggaran,” kata Vennetia, di Jakarta, kemarin. Menurut Vennetia, membayar visum harus masuk ke dalam anggaran Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPP dan PA) untuk memperkuat pelayanan terpadu bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Seperti diketahui, dalam mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kementerian PP dan PA telah mengeluarkan Permen Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Layanan Terpadu bagi Perempuan dan Anak Korban Kekerasan yang disebut SPM KTPA.

Sebagai bentuk komitmen Kementerian dan Lembaga, SPM ini ditandatangani oleh 9 K/L yang memberikan layanan kepada korban kekerasan. Lima jenis layanan yang merupakan hak korban yaitu layanan pengaduan, kesehatan, rehabilitasi sosial, penegakan dan bantuan hukum.

“Selain itu juga hak pemulangan dan reintegrasi sosial bagi perempuan dan anak korban kekerasan,” ujar Vennetia. Sementara itu terkait Perppu Perlindungan Anak, Vennetia mengatakan mendukung perppu yang telah disahkan oleh Presiden tersebut, khususnya dalam perlindungan hak perempuan, mengingat data kekerasan terus meningkat seperti fenomena gunung es. ion/cit/E-3

Anggota DPRD Bandar Lampung Ditemukan Tewas dan Dimutilasi

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

PALEMBANG — Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Djoko Prastowo memastikan bahwa potongan tubuh yang ditemukan polisi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, di Jembatan Dua Desa, Tanjungkemala, Kecamatan Martapura, adalah bagian dari tubuh anggota DPRD Kota Bandar … Selengkapnya

Kebijakan Pangan Dikendalikan oleh Para Pemburu Rente

Selasa 31/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Impor pangan terus dilanggengkan, bukti masih bercokolnya pemburu rente.Rencana impor gula mentah mengabaikan hasil produksi petani tebu rakyat.

JAKARTA – Sejumlah kalangan menilai janji kemandirian pangan akan sangat sulit tercapai karena berbagai kebijakan terkait pangan yang dikeluarkan pemerintah selama ini … Selengkapnya

Pengalaman Reserse, Alasan Irjen Ari Dono Jadi Kabareskrim

Selasa 31/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Telegram Rahasia (TR) Nomor ST/1314/V/2016 tanggal 27 Mei 2016 yang ditandatangani Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Badrodin Haiti menyatakan Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri, Irjen Pol Ari Dono Sukmanto, ditunjuk menjadi Kepala Bareskrim Polri menggantikan … Selengkapnya

mondial

Junta Cabut Pencekalan bagi Politisi Thailand

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Pemerintah Thailand diwartakan akan mencabut pencekalan bagi politisi yang ingin bepergian ke luar negeri yang telah berlangsung selama dua tahun pada Rabu (1/6) pekan ini. Hal itu diumumkan Menteri Pertahanan Thailand pada Senin (30/5) kemarin.

“Pencabutan pencekalan adalah bukti dari itikad baik junta yang mempercayai para politisi. Politisi yang tak terkait kasus hukum bisa bepergian ke luar negeri. Terserah mereka apakah mau membawa agenda politik saat di luar negeri,” demikian kata Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Pertahanan Thailand, Prawit Wongsuwan.

Dengan keluarnya keputusan itu berarti mantan PM Yingluck Shinawatra, tak memenuhi kriteria sebagai politisi yang diizinkan bepergian ke luar negeri karena sedang menghadapi dakwaan kriminal atas penyelewengan skema subsidi beras.

Sejak beberapa bulan belakangan, pihak militer yang berkuasa sejak kudeta kekuasaan pada Mei 2014 lalu, memang mulai melonggarkan sejumlah pelarangan atas aktivitas politik karena pada Agustus mendatang akan dilakukan referendum bagi mensahkan rancangan konstitusi. Rtr/I-1

Foto Wartawan Jepang Muncul di Internet

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 TOKYO – Pemerintah Jepang menyatakan akan melakukan berbagai upaya untuk membebaskan seorang wartawan asal Jepang, Jumpei Yasuda, yang sekarang menjadi sandera kelompok radikal yang berafiliasi dengan kelompok al-Qaeda di Suriah, setelah foto Yasuda tersebar di internet pada Minggu (29/5) tengah … Selengkapnya

RI-Norwegia Akan Tingkatkan Dialog HAM

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Belgia, Borge Brende, Senin (30/5). Pertemuan kedua menlu tersebut untuk membahas 2nd Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC), sekaligus untuk membuka pintu dialog antar kedua … Selengkapnya

Kongres Filipina Umumkan Hasil Pilpres

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Sidang akbar kongres Filipina yang dilaksanakan Senin (30/5), menyatakan Rodrigo Duterte sebagai pemenang pemilu presiden 9 Mei lalu dan akan menjadi Presiden Filipina yang ke-16 menggantikan Benigno Aquino yang akan mengakhiri masa jabatannya bulan mendatang.

“Saya umumkan bahwa … Selengkapnya

ekonomi

Ketentuan Jibor Disempurnakan

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) kembali menyempurnakan ketentuan mengenai suku bunga penawaran antarbank atau Jakarta Interbank Offered Rate (Jibor). Hal tersebut dimaksudkan untuk menyediakan acuan suku bunga pasar yang semakin kredibel dan digunakan secara luas oleh masyarakat, khususnya perbankan.

Penyempurnaan ketentuan dilakukan melalui penerbitan ketentuan baru, yaitu No. 18/14/DPK tentang Suku Bunga Penawaran Antarbank (Jibor), yang berlaku mulai 1 Juni 2016. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (30/5) menyatakan penyempurnaan ketentuan kali ini, diatur antara lain mengenai perluasan window time transaksi antarbank kontributor, menjadi 20 menit dari 10 menit.

Selain itu, jangka waktu meminjam (borrowing) atau meminjamkan (lending) rupiah diperpanjang dari paling lama satu bulan menjadi paling lama tiga bulan. Nominal transaksi pun ditambah, dari paling banyak sepuluh miliar rupiah menjadi paling banyak dua puluh miliar rupiah, sementara total permintaan transaksi dari seluruh Asking Bank yang dipenuhi oleh quoting bank tidak melebihi dua puluh miliar rupiah per hari.

Sebelumnya, upaya peningkatan kredibilitas Jibor telah dilakukan Bank Indonesia pada awal 2015, dengan membentuk kuotasi Jibor yang transaksional. Dalam pengaturan tersebut, kuotasi seluruh bank kontributor dalam Jibor dapat ditransaksikan oleh sesama bank kontributor selama 10 menit sejak terdapat pengumuman kuotasi.

“Hal itu memungkinkan bank untuk mengetahui secara transparan suku bunga kuotasi Jibor masing-masing individu bank kontributor, mekanisme pembentukan JIBOR, dan metode pemilihan kontributor Jibor,” kata Tirta.

Pendalaman Keuangan

Pada tahun 2016 papar Tirta, terdapat 17 bank kontributor yang telah menyampaikan suku bunga indikasi offer rate dan bid rate melalui Laporan Harian Bank Umum (LHBU). Dari data tersebut, offer rate kemudian diolah sehingga menghasilkan Jibor yang dipublikasikan pada pukul 10.00 WIB di situs BI.

Dengan penyempurnaan kali ini, penggunaan Jibor diharapkan kian meningkat sehingga dapat mendorong penciptaan likuiditas pasar dan pada gilirannya membantu percepatan pendalaman pasar keuangan.

PT Semen Indonesia Pertahankan Kualitas

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

BANJARMASIN -Persaingan industri semen kian ketat hingga berdampak terhadap penjualan. Salah satunya akibat adanya kelebihan pasokan menyusul peningkatan kapasitas produksi dan kehadiran pemain baru, termasuk asing.

Di Kalimantan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) berupaya mempertahankan raihan pangsa pasar … Selengkapnya

Telkom Garap ICT PT Garam dan Perhutani

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengembangkan transformasi information and communication technology (ICT) pada dua BUMN yakni PT Garam (Persero) dan Perum Perhutani.

Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, Telkom bersinergi dengan PT Garam menyediakan enterprise resources planning … Selengkapnya

BI Terapkan Kebijakan Makroprudensial Terukur

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kebijakan makroprudensial diharapkan berdampak positif pada upaya menjaga stabilitas sistem keuangan nasional, khususnya untuk mencegah dan mengurangi risiko sistemik.

JAKARTA – Gejolak perekonomian global dan domestik tahun lalu yang berlanjut hingga triwulan I-2016 telah berpengaruh pada kondisi sistem keuangan Indonesia. … Selengkapnya

rona

Aplikasi Tukar Wajah untuk Android

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dewasa ini, jika Anda aktif bermain sosial media (sosmed) seperti Instagram atau Path, maka banyak orang mengunggah hasil foto dengan wajah yang tertukar.

Ingin turut merasakan serunya aplikasi tukar wajah seperti ini? Anda bisa mencoba beberapa aplikasi tukar wajah berikut ini.

msqrd-android-apk-1024x699 (1)

1. MSQRD

MSQRD adalah sebuah singkatan dari Masquerade. Baru tiga bulan diluncurkan, aplikasi ini sudah diakuisisi Facebook. Namun, untuk saat ini MSQRD sudah tersedia di iPhone dan Android. Aplikasi ini mengusung konsep video selfie dengan merekam klip pendek dari wajah Anda yang diedit secara digital sehingga nampak seperti wajah tokoh lainnya.

Bahkan, MSQRD memungkinkan Anda untuk menambahkan aksesoris virtual, seperti topeng atau menukar wajah Anda dengan teman. Aplikasi ganti wajah ini juga bisa membagikan hasil editan langsung ke Instagram, Facebook, dan Twitter.

2. Face Swap Live

Pengguna Android tidak bisa menggunakan Face Swap Live, karena aplikasi ini hanya dirancang khusus untuk perangkat iOS saja. Face Swap Live adalah aplikasi pintar yang bisa menukar wajah atau bagian tubuh lainnya dengan teman Anda yang juga berada dalam satu frame.

Bahkan, Face Swap Live juga bekerja dengan baik pada foto. Misalnya, Anda menggunakan foto selebriti terkenal, kemudian Anda menempatkan wajah Anda pada foto selebriti tersebut.

 maxresdefault (1)

3. Snapchat

Sosmed yang satu ini memang sedang naik daun. Bagaimana tidak, banyak orang yang membagikan ID Snapchat mereka di profil media sosial lainnya. Snapchat sangat disukai karena selalu menyediakan efek real time yang lucu dan menarik.

Salah satu yang paling disukai adalah fitur tukar wajah dengan teman Anda yang sama-sama berada dalam satu frame saat Anda sedang merekam klip pendek untuk Snapchat. Namun, karena Snapchat adalah sosmed, maka Anda hanya bisa menggunakan fitur dan efek di aplikasi ini secara online. Snapchat tersedia di iPhone maupun Android.

4. Face Swap Booth

how-to-face-swap-2

Pernahkah Anda berniat untuk mengganti foto wajah seluruh personel One Direction dengan wajah Anda? Ya, keisengan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan Face Swap Booth. Aplikasi gratis ini memungkinkan Anda untuk dapat bereksperimen dengan mengubah wajah orang lain dengan wajah Anda atau siapapun.

Face Swap Booth adalah aplikasi ganti wajah yang tersedia di Android maupun iOS. Walaupun tidak setenar Snapchat dan Face Swap Life, Face Swap Booth ini tetap worth untuk dicoba sebagai media keisengan Anda.

5. Face Stealer

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini memampukan Anda untuk “mencuri” wajah orang lain. Namun, aplikasi ini sama sekali tidak berbahaya dan merugikan orang lain, karena Face Stealer memang dibuat hanya untuk bersenang-senang. Aplikasi yang sempat dibesut Yahoo ini mendapatkan respon positif dari pengguna iOS.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengaplikasi wajah orang lain, misalnya Albert Einstein atau Monalisa, pada wajah Anda dalam sebuah foto. Meskipun editan dari aplikasi ini tidak begitu halus, tetapi Face Steales adalah aplikasi yang cukup fun untuk dicoba.

msqrd-android-2

6. Photo Face Swap

Bila pada umumnya Anda merasa bahwa aplikasi sejenis memiliki editan yang kurang rapi, maka Anda bisa menggunakan Photo Face Swap.

Hasil editing wajah yang sangat halus membuat hasil penukaran wajah jadi tampak sempurna. Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Face Bomb Effect, di mana Anda bisa mengubah foto yang berisikan beberapa wajah menjadi wajah satu orang yang sama. Anda bisa mengunduh Photo Face Swap secara gratis melalui Google Play Store.

7. MixBooth

Bosan dengan aplikasi penukar wajah? Cobalah untuk menggunakan Mix- Booth. Aplikasi ini cukup menghibur karena dapat mencampur dua wajah menjadi satu wajah. Banyak pasangan dan muda-mudi yang menggunakan aplikasi ini untuk mengira-ngira seperti apa rupa anak mereka kelak.

Cukup tambahkan dua foto dengan wajah yang berbeda, lalu MixBooth akan segera mencampur kedua wajah tersebut secara otomatis untuk menghasilkan sebuah foto dengan kombinasi dari dua wajah. Anda pun bisa mencampur wajah orang asing atau selebriti dengan wajah Anda untuk bersenang-senang.

8. Face Swap

Sesuai namanya, aplikasi ganti wajah yang satu ini dapat bekerja dengan baik untuk menukar dua wajah berbeda. Hasil editing yang berasal dari aplikasi ini terbilang cukup baik.

Namun, ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini, seperti proses penukaran wajah yang terbilang lambat. Jadi, Anda harus lebih sabar dalam menunggu aplikasi ini menukar kedua wajah yang berbeda dalam satu foto yang sama. Untuk mencoba Face Swap, Anda bisa mengunduh aplikasi ini gratis pada perangkat Android.

face-changer-c0b1e1-h900

9. Face Changer

Saatnya Anda bersenangsenang dengan Face Changer, yang merupakan aplikasi lucu untuk mengubah setiap bagian pada wajah Anda. Ya, Anda bisa menggunakan foto dari teman, lalu mengubah rambutnya menjadi botak, matanya menjadi berwarna merah seperti alien, dan sebagainya.

Pendeknya, Face Changer adalah aplikasi yang amat menyenangkan sebagai hiburan atau untuk sekedar menjahili teman. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih gemuk, telinga lebih runcing, dan mulut terbuka dan bertaring seperti hewan buas. Aplikasi yang dikembangkan oleh Scoompa ini sudah mendapat rating 4,1 di Google Play Store.

iphone_screenshot_2

10. Face Switch

Sejatinya, fokus dari aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk menukar wajah saja, tetapi juga untuk mencampur wajah pertama dengan wajah yang kedua. Adalah Face Switch, yang merupakan aplikasi unik mengubah wajah Anda secara mudah. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengubah mata, hidung, bibir, atau bahkan warna kulit Anda.

Di samping itu, fitur unggulan dari Face Switch yang sempat kami singgung di awal adalah kemampuannya untuk menggabungkan dua wajah sekaligus. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store secara gratis.

Nah, inilah sepuluh aplikasi ganti wajah yang bisa dimanfaatkan untuk bersenang- senang atau sekedar iseng menjahili teman Anda. Selamat mencoba!  pur/R-1

screen480x480 (1)

Vino G Bastian Jadi Anggota Tim SAR

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Vino G Bastian nampak gagah saat mengenakan seragam Tim SAR nasional. Ternyata, kostum yang dikenakan Vino itu terkait dengan film terbaru yang dibintanginya bertajuk Bangkit! yang bergenre action, drama, dan juga thriller. Dalam film itu, aktor papan atas Tanah air … Selengkapnya

Zaskia Sungkar: Koleksi Ramadhan Terinspirasi Alam

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Fashion designer Zaskia Sungkar memamerkan koleksi busana Ramadhan terbarunya dengan tema Sadahurip yang terinspirasi dari Gunung Sadahurip yang berada di Pacitan, Jawa Timur.

“Dalam merancang busana aku memang fokus pada kebudayaan Indonesia. Kali ini terinspirasi dari Gunung Sadahurip di Pacitan,” … Selengkapnya

Tatjana Saphira Ungkap Makna Kecantikan dari Dalam

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris Tatjana Saphira mengungkap makna cantik dari hati bagi dirinya. Menurut dia, cantik dari hati adalah bagaimana seorang wanita memiliki kecantikan dari dalam hati yang terwujud dalam setiap aktivitas kebaikan yang dilakukan.

“Tidak hanya cantik dari luar tapi cantik dari … Selengkapnya

megapolitan

DKI Fokus Sistem Ganjil Genap

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengaku masih melakukan kajian pengganti kebijakan penghapusan 3 in 1. Dari hasil kajian awal, ada dua opsi kebijakan yang sedang dimatangkan, yakni ganjil genap dan sistem satu arah (SSA).

“Solusi jangka pendek, ya itu tadi kami sudah studi soal ganjil genap atau sistem satu arah. Tapi itu juga belum selesai kajiannya,” kata Ahok, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (30/5).

Ahok mengatakan kemacetan tetap akan terjadi meski kebijakan 3 in 1 tidak dihapuskan. Hal tersebut lantaran jumlah kendaraan terus bertambah, sementara rasio jalan tidak bertambah.

“Kalau dibiang macet waktu masih ada 3 in 1 juga macet. Kamu liat saja jam macet juga masih gitu kok. Tiap hari tambah mobil, jalan nggak nambah ya pasti macet,” ujarnya.

Untuk solusi jangka panjang, harus diterapkan sistem Electronic Road Pricing (ERP). Namun sistem tersebut baru bisa diterapkan pada tahun depan. 

“Memang ada penambahan kendaraan, betul. Makanya satu-satunya solusi ya pembatasan kendaraan, ya ERP tapi mesti tunggu, realisasi tahun depan,” ucapnya.

Sementara waktu, Basuki meminta pengandara mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan

Sejak pertengahan Mei, peraturan minimal tiga orang penumpang untuk mobil pribadi atau three in one di jalan-jalan protokol, resmi dihapus.

Dihapuskannya three in one ini membuat pengguna mobil roda empat dapat leluasa melintas di jalan-jalan protokol. 

Di sisi lain, penghapusan three in one dinilai menjadi faktor yang menambah kemacetan di jalan-jalan protokol. 

Terkait anggapan itu, Ahok membantahnya. “Waktu masih ada 3 in 1 juga macet. Kamu lihat saja jam macet juga masih kok,” ujar Ahok. pin/Ant/P-5

Dua Pekan Operasi Patuh Jaya, Kecelakaan Mendominasi

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengungkapkan selama gelaran Operasi Patuh Jaya sejak 16-29 Mei 2016 tercatat ada 130 kecelakaan lalu lintas. 

“Korban laka lantas tercatat ada 140 jiwa. 14 korban … Selengkapnya

BPN Serahkan Lahan 234,42 Hektare Kepada Bogor

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan lahan seluas 234,42 hektare kepada petani di empat desa yang ada di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan secara khusus menghadiri … Selengkapnya

Urus KTP, Tak Perlu Rekomendasi RT

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 RT/RW tak bersedia laporkan masalah lingkungan melalui Qlue, DKI akan meminta ibu-ibu PKK untuk laporkan melalui aplikasi Qlue.

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan, perpanjangan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tidak perlu lagi memerlukan rekomendasi RT/RW. … Selengkapnya

olahraga

Ricciardo Frustrasi di Monako

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MONTE CARLO – Wajah Daniel Ricciardo mungkin terlihat kurang bersemangat saat naik ke podium kedua Grand Prix (GP) Monaco di Sirkuit Monte Carlo, Minggu (29/5) malam. Pebalap
Red Bull itu mengaku frustrasi karena ketika hampir menjadi juara di seri balapan kelima Formula 1 musim 2016 ini justru gagal saat menjelang akhir balapan.

Sayang, ambisinya untuk meraih takhta juara di Monaco kandas ketika Lewis Hamilton begitu kuat di barisan terdepan. Pebalap asal Australia itu sebenarnya punya kecepatan mobil yang cukup untuk menantang Hamilton usai membebaskan diri dari safety car.

Meskipun mencoba menemukan cara untuk melawan saingannya dengan mengganti ban ultrasoft ke supersoft, Ricciardo kehilangan momen kemenangannya saat masuk ke dalam pit. “Jujur, bahkan tidak ingin mengomentari balapan,” kesalnya. “Saya kira, kami bisa tampil sebagai juara kali ini. Ini sangat tidak menyenangkan setelah dua pekan berturut-turut, sekarang saya sudah kacau dan itu menyebalkan,” tambahnya.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi ketika saya kehilangan race balapan karena ban. Saya diminta untuk menggantinya. Mereka seharusnya sudah siap,” ungkapnya.

Ricciaro yang baru mencicipi podium pertamanya musim ini di Monako itu bersikeras apa yang terjadi kali ini bukan atas keinginannya.

Padahal dia mengaku RB05 yang ditungganginya memiliki kecepatan baik di lintasan basah dan kering sehingga dia yakin bisa mengalahkan Hamilton sebagai pesaing kuatnya.  baz/S-2

Ingin Melangkah Lebih Jauh

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari 23 pemain di dalam skuad Ceko, 15 pemain berasal dari klub lokal. Ini kontras dengan skuad Ceska pada Piala Eropa 2008, yang diwakili pemainpemain dari Chelsea, Juventus, dan AC Milan.

Perhatian utama penggemar tim nasional Republik Ceko ke putaran … Selengkapnya

Penanganan Satlak Prima Jauh Lebih Baik

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Manajer Tim Panahan, Frederick Rosandi dan High Performance Director (HPD) Angkat Besi, Alamsyah Wijaya mengakui Satlak Prima di bawah kepemimpinan Ahmad Soetjipto sudah berjalan on the track dalam memenuhi kebutuhan atlet yang dipersiapan ke Olimpiade 2016 di Rio … Selengkapnya

Morgensen Bidik Gelar Indonesia Terbuka

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Paska pulih dari Cedera, Carsten Morgensen yang berpasangan dengan Mathias Boe siap bersaing di Indonesia Open. Dia bahkan tak gentar dengan jagoan Indonesia, Hendra Setiawan Mohammad Ahsan.

JAKARTA – Pebulu tangkis Denmark, Carsten Morgensen tampil perdana di Indonesia Terbuka 2016 … Selengkapnya

kupas

Perppu Memungkinkan Pelaku Pemerkosaan Dihukum Mati

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016. Perppu ini merupakan perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Undang-undang sebelumnya dianggap tak cukup memberikan efek jera karena ancaman maksimal pidananya hanya 15 tahun. Selain itu, direvisi juga Pasal 81 dan 82 dari UU tersebut dengan pemberatan dan tambahan hukuman.

Perppu itu sendiri mengamanatkan adanya Peraturan pemerintah (PP), yang akan mengatur secara rinci terkait teknis pelaksanaan hukuman tambahan dan pemberatan hukuman yang memungkinkan dijatuhkannya hukuman mati.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa :

Tanggapan Anda terkait ditandatanganinya Perppu Tindak Kejahatan Seksual yang sering disebut Perppu kebiri?

Pro dan kontra sesuatu yang wajar, sebelumnya dilakukan diskursus dan debat publik cukup lama diprakarsai Menko PMK serta Presiden telah mengambil sikap tegas.

Kontra masih terjadi karena banyak yang menyebut ini perppu kebiri. Jadi perlu dicatat sikap tegas yang diambil Presiden bukan Perppu Kebiri, melainkan Perppu untuk upaya perlindungan terhadap anak.

Masyarakat perlu cermat memahami, yang dikeluarkan pemerintah itu adalah Perppu untuk perlindungan terhadap anak dan semua pihak patut mendukungnya, tetapi bukan Perppu kebiri.

Banyak pihak menyesalkan kebiri dimasukkan ke dalam Perppu, komentar Anda?

Dalam Perppu memang ada pemberatan dan tambahan hukuman bagi pelaku tindak kejahatan seksual. Salah satu pilihannya adalah kebiri. Tapi tidak sembarang diterapkan. Untuk lebih jelas, Perppu mengamanatkan yanga akan di-breakdown masing-masing melalui Peraturan Pemerintah (PP).

Isi Peraturan Pemerintah akan memuat apa saja?

Perppu mengamanatkan yang masing-masing akan di-breakdwon dalam PP terkait teknis pelaksanaan, bagaimana pemberatan hukuman dan tambahan hukuman bagi pelaku tindak kejahatan seksual tersebut.

Juga, akan dijelaskan terkait proses kebiri kimia, publikasi di area umum, pemasangan alat untuk mendeteksi berupa chip, siapa yang melaksanakan dan melakukan pengawasan di lapangan.

Pembagian kewenangan antar kementerian seperti apa nantinya?

Semuanya akan diatur dan dijelaskan secara detail melalui PP, baik yang terkait dengan kewenangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun Kementerian Sosial (Kemensos).

Bagaimana dengan proses rehabilitasi korban?

Hukuman tambahan, berupa publikasi identitas pelaku, kebiri kimia, pemasangan alat pendeteksi dengan chip yang diikuti proses rehabilitasi terhadap korban, keluarga korban, serta para pelaku.

Bagi para pelaku yang telah menjalani hukuman dan keluar masih ada kesempatan memiliki keturunan dan tidak berarti memutus masa reproduksi setelah jeda waktu dua tahun.

Bagaimana dengan pemberatan hukuman, apakah dimungkinkan adanya hukuman mati?

Untuk pemberatan hukuman, berupa hukuman minimum 10 tahun, hukuman seumur hidup dan hukuman mati, serta semua keputusan dipastikan setelah melalui proses persidangan.

Bagi para pelaku yang telah menjalani proses hukuman, sebelum menghirup udara bebas dan kembali ke tangah masyarakat mereka akan mendapatkan rehabilitasi.

Tidak Ada Intervensi Dalam Pemberkasan Perkara Jessica

Sabtu 28/5/2016 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyidikan kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin, usai minum kopi (bercampur sianida) di Restoran Olivier di Grand Indonesia Shopping Towns, Jakarta, pada 6 Januari 2016, telah sampai di titik kulminasi. Kamis (26/5), jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyatakan berkas … Selengkapnya

Indonesia Jadi Sasaran Perang Asimetris

Senin 30/5/2016 | 06:03
A   A   A   Pengaturan Font

Nasionalisme makin luntur. Nilai-nilai budaya asing makin merangsek. Selain itu, ancaman narkoba juga kian mengkhawatirkan. Nila-nilai kebangsaan mesti terus disuarakan dan disosialisasikan, agar generasi muda tak lupa akan jati dirinya.

Karenaitu, empat pilar bangsa, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika … Selengkapnya

Ini Akibat Salah Kelola di Mahkamah Agung

Jumat 27/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT), pada Senin (23/5) berhasil menangkap Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang, Bengkulu bernama Janer Purba, 55 tahun. Selain itu, juga ditangkap hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Bengkulu Toton, dan Panitera Pengganti … Selengkapnya

berita lain

Variasi Ide Penataan Jendela

Senin 30/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Memiliki jendela yang indah merupakan salah satu nilai plus untuk menambah karakter interior rumah. Seperti apa penataan jendela agar tampak indah dan serasi dengan tata ruang rumah?

Kehadiran jendela mampu menyediakan pencahayaan natural dari sinar matahari yang cukup untuk menyinari … Selengkapnya

Kian Inovatif, Sistem Pembayaran Toko “Online”

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Rendahnya kepemilikan kartu kredit dan debit menjadi tantangan tersendiri bagi industri e-commerce dan transaksi online. Pasalnya dari 250 juta takyat negeri ini jumlah kartu kredit hanya sebesar 6,81 juta sedangkan jumlah kartu debit 60 juta saja.

Untuk memberikan kemudahan bagi … Selengkapnya

Desain CR-Z Lebih Agresif dan Sporty

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen mobil sport kian mengerucut. Pabrikan Jepang, Honda, kian unjuk gigi dengan “hybrid sport” CR-Z. Mobil ini kian merebut hati konsumen sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Generasi mutakhir, Honda … Selengkapnya