Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 28 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

DPR Kritisi Kinerja BPN Yang Belum Maksimal

Rabu 28/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Permasalahan sertifikat tanah di Indonesia bagaikan parasit yang sulit lepas dari inangnya.

Peraturan yang sulit dan perbedaan data dari pusat hingga ke tingkat Kabupaten menyebabkan masalah pertanahan di Indonesia sulit dipecahkan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil saat rapat kerja perdananya dengan Komisi II DPR di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

Dalam paparannya di hadapan seluruh anggota Komisi II DPR, Sofyan mengaku masih banyak tanah di seluruh Indonesia yang belum bersertifikat yang berdampak tingginya permasalahan di Indonesia.

Sofyan memaparkan saat ini indeks pertanahan sekitar 0,9 persen, yang artinya sektor pertanahan masih perlu banyak yang dibenahi agar “Presiden menanggapi serius reforma agraria.

Indeks tesebut cukup buruk maka perlu diberpaiki indeks tersebut. Selain itu perlu juga UU yang harus disinkronkan,” ujar Sofyan.

Banyaknya tanah yang belum disertifikat langsung ditanggapi oleh anggota Komisi II DPR Luthfi Mutty mengatakan banyaknya tanah yang belum disertifikasi lantaran warga kesulitan untuk mendaftar.

Warga sudah memiliki pandangan negatif ketika ingin mendaftar untuk memperoleh sertifikat tanah. “Berurusan dengan kantor pertanahan persepsinya mereka lama dan mahal.

Kenapa lama? Berurusan dengan kantor pertanahan tidak jelas berapa biaya yang dibutuhkan sehingga urusannya cepat selesai.

Kenapa mahal? Tidak jelas biaya untuk selesaikan urusan itu. Itu hasil temuan saya dengan pengurus wilayah ipad Sulsel,” keluh Luthfi.

Dirinya mengaku sebenarnya permasalahan ini sudah ia sampaikan melalui keterangan tertulis kepada Menteri sebelumnya Ferry Mursyidan Baldan.

Namun ia menyayangkan sikap dari Menteri Ferry yang dinilainya seperti ada semacam proteksi terhadap aparat di Sulawesi tersebut. Selain itu, Luthfi juga menemukan adanya berbagai jenis pungutan liar di kepengurusan pertanahan daerah.

Seperti biaya partisipasi, selain itu ada dana kontribusi, biaya permohonan hak, dan biaya perpanjangan hak pungutan yang nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

”Kemudian ada biaya pencabutan pemblokiran Rp25 juta per sertifikat. Biaya pelaksana putusan peradilan nilianya ratusan juta rupiah,” jelas politikus Nasdem itu. fan/A-3

KPK Periksa Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri

Rabu 28/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembai memeriksa mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Irman.

Dia diperiksa untuk mendalami kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, … Selengkapnya

Perajin Kayu Jati di Bojonegoro Kesulitan Bahan Baku

Rabu 28/9/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Kabupaten Bojonegoro yang berada di pesisir utara Jawa Timur, terkenal dengan kekayaan alam berupa minyak dan gas bumi, yang telah memasok 20 persen kebutuhan energi nasional.

Potensi lain yang tak kalah menarik adalah budidaya pohon jati yang banyak tumbuh di … Selengkapnya

Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Hukum

Rabu 28/9/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengemukakan bahwa pemerintah tengah menyiapkan paket kebijakan di bidang hukum.

“Kalau kemarin sudah ada paket kebijakan ekonomi, nanti juga ada paket kebijakan hukum,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan … Selengkapnya

mondial

Taiwan Lumpuh Akibat Topan Megi

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Taipei- Sebagian besar pemerintah kota dan kabupaten di wilayah timur dan selatan Taiwan mengumumkan ditutup saat topan Megi melanda pulau itu dengan membawa angin kencang dan hujan deras.

Beberapa pemerintah wilayah yang mengumumkan penutupan tersebut adalah Keelung, Taipei, New Taipei, Taoyuan, Hsinchu, Miaoli, Taichung, Nantou, Changhua, Pingtung, Yilan, Hualien, dan Taitung, demikian laporan Kantor Berita Taiwan CNA, Selasa.

Beberapa sekolah dan kantor di Kaohsiung, Tainan, Chiayi, dan Yunlin masih buka pada Selasa pagi, namun akan tutup pada sore hari.

Sejumlah sekolah dan kantor di daerah terpencil, Lienchiang dan Kinmen, masih buka pada Selasa. (27/9). Bursa efek dan pasar mata uang asing Taiwan juga tutup pada hari ini.

Manajemen kereta api cepat “Taiwan High Speed Rail Corp” mengumumkan penangguhan semua pelayanan kereta api, Selasa. Perusahaan kereta api reguler “Taiwan Railways Administration” juga mengumumkan penghentian pelayanan semua kereta api, kecuali kereta api komuter.

Sejumlah rumah sakit di Taipei mengumumkan perubahan pelayanan rawat inap dan pasien dengan janji atau dalam kondisi tertentu harus diperiksa di rumah sakit sebelum mendapatkan perawatan. 

Sejumlah kereta api MRT Taipei tetap beroperasi secara normal, namun dengan interval waktu disesuaikan dengan berbagai kondisi. Pelayanan sepeda publik “YouBike” juga menghentikan operasi pada Selasa mulai pukul 02.00 waktu setempat (01.00 WIB).

Badan Penerbangan Sipil menyatakan, semua penerbangan domestik dibatalkan, Selasa, demikian dengan jaringan koneksi “mini three” daerah terpencil Kinmen-Matsu-pelabuhan China juga dihentikan.

Direktorat Jenderal Lalu Lintas Jalan Raya menyatakan bahwa pengguna sepeda motor tidak diizinkan memasuki jalan raya ruas Suao-Hualien, Selasa, mulai pukul 08.00 waktu setempat sebagai tindakan preventif.

Sementara itu, sejumlah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor industri dan perikanan juga diliburkan.

Sebelumnya mereka juga diliburkan dari pekerjaannya saat Taiwan dilanda topan Meranti dan Melaka belum lama ini. Ant/CNA/AR-3

Thailand Akui 3 Bayi dan 1 Janin Terserang Zika

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BANGKOK – Pemerintah Thailand menginvestigasi empat kasus Zika menyusul kelahiran tiga bayi dengan microcephaly dan satu bayi yang masih dalam kandungan 9 bulan. Laporan yang diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Thailand pada Selasa (27/9) ini, menjadi kasus Zika pertama yang terkait … Selengkapnya

Sidang Umum PBB Tak Bahas Sekretaris Jenderal

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pertemuan puncak yang berlangsung pada Senin pekan lalu di Markas Besar PBB mengesahkan deklarasi soal pengungsi dan migran.

 NewYork- Setelah selama sepekan berlangsung, pelaksanaan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-71 berakhir pada Senin (26/9) waktu New York, Amerika Serikat … Selengkapnya

Polisi Brasil Tangkap Mantan Menteri Keuangan

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 RIO DEJANEIRO – Kepolisian Brasil pada Senin (26/9) waktu setempat diwartakan telah menahan mantan Menteri Keuangan yang juga merangkap sebagai kepala staf Kepresidenan pemerintahan terdahulu yaitu Antonio Palocci, karena tuduhan korupsi.

“Palocci ditahan karena bertindak sebagai perantara Partai Pekerja dengan … Selengkapnya

ekonomi

ADB Pangkas Proyeksi Ekonomi RI

Rabu 28/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Di tengah pelemahan investasi dan ekspor, konsumsi rumah tangga sebagai pilar utama pertumbuhan dihadapkan pada tantangan pelemahan ekonomi global yang dapat menggerus permintaan masyarakat.

JAKARTA – Bank Pembangunan Asia (ADB) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini menjadi 5,0 persen dari prediksi pada Maret lalu sebesar 5,2 persen. Revisi tersebut dilakukan karena pilar penopang pertumbuhan yakni investasi dan ekspor kinerjanya masih lemah.

Kepala Perwakilan ADB di Indonesia, Steven Tabor menyatakan, di tengah melemahnya investasi dan ekspor, pilar pertumbuhan utama yakni konsumsi rumah tangga dihadapkan pada tantangan pelemahan ekonomi global, yang bisa mengurangi permintaan masyarakat.

Namun, dengan tingkat upah minimum yang lebih tinggi, kenaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan inflasi yang terkendali mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga. “Peningkatan alokasi APBN yang lebih tinggi untuk dana desa dan prospek yang lebih baik di sektor pertanian juga akan meningkatkan pendapatan di pedesaan,” kata Tabor saat memaparkan laporan ADB di Jakarta, Selasa (27/9).

Selain itu, investasi swasta akan memperoleh manfaat dari penerapan penerbitan paket kebijakan ekonomi jilid I-XIII, karena ada perbaikan iklim investasi dan proses kemudahan berusaha yang lebih sederhana.

Dia juga memperkirakan peningkatan belanja pemerintah untuk pembangunan sarana infrastruktur pada paruh kedua 2016, yang sejalan dengan pola tahunan kenaikan penyerapan anggaran menjelang akhir tahun. Namun, secara keseluruhan investasi dan konsumsi pemerintah akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya karena rendahnya realisasi penerimaan pajak.

“Pemerintah perlu mempertimbangkan berbagai langkah untuk menghadapi risiko terhadap prospek pertumbuhan jika terjadi pemangkasan anggaran dan keterlambatan implementasi proyek infrastruktur,” kata Tabor.

Dalam edisi pembaruan publikasi ekonomi tahunan 2016 ini, ADB juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 mencapai 5,1 persen atau turun dari proyeksi sebelumnya 5,5 persen, karena ada perkiraan perlambatan kinerja investasi.

Risiko Pertumbuhan
Namun, Kepala Ekonom ADB Shang-Jin Wei, menyatakan ada beberapa risiko yang dihadapi Indonesia. Pertama, target penerimaan negara diperkirakan meleset tahun ini. Kondisi tersebut dikhawatirkan dapat menghambat program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah.

Kedua, lanjut Wei, pertumbuhan kredit perbankan terus melemah. Pelambatan pertumbuhan pembiayaan tersebut diperkirakan dapat mengerem laju pemulihan investasi swasta domestik. “Risiko eksternal yang utama pertumbuhan global yang lebih lemah dari prakiraan awal, dan meningginya gejolak pasar finansial dunia,” ujar Wei.

Meski demikian, Wakil Kepala Perwakilan ADB di Indonesia, Sona Shrestha mengatakan masih ada prospek bagi ekonomi Indonesia untuk tumbuh dengan lebih sehat tahun ini, meski situasi sedang sulit akibat perlambatan ekonomi global.

“Seiring makin terwujudnya reformasi kebijakan di Indonesia dan membaiknya momentum pertumbuhan perekonomian di negara industri utama, besar kemungkinan kita akan melihat peningkatan ekonomi lebih lanjut,” kata Shrestha.

Laporan juga mencatat pengurangan kesempatan kerja yang dapat melemahkan kepercayaan masyarakat karena menyebabkan masalah stagnasi pendapatan, meningkatnya jumlah pengangguran dan masalah overskill. ahm/bud/E-10

Bank Berharap GWM Diturunkan

Rabu 28/9/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Perbankan berharap Bank Indonesia (BI) kembali melakukan pelonggaran moneter dengan menurunkan ketentuan rasio Giro Wajib Minimum (GWM) dari 6,5 persen menjadi 5 persen. Permintaan itu disampaikan agar bank lebih leluasa menyalurkan kredit di akhir tahun yang diperkirakan meningkat.

Selengkapnya

Sriwijaya Air akan IPO pada Maret 2017

Rabu 28/9/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Saat ini manajemen Sriwijaya Air tengah merampungkan proses surat-menyurat terkait dengan IPO.

JAKARTA – PT Sriwijaya Air berencana mencatatkan perseroan di bursa saham melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/ IPO) pada Maret 2017 mendatang. CEO Sriwijaya Air, Chandra … Selengkapnya

“Cross Trading” Untungkan Malaysia

Rabu 28/9/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perdagangan efek lintas negara atau cross trading khususnya dalam perdagangan efek syariah dikhawatirkan hanya akan menguntungkan Malaysia. Direktur Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Fadilah Kartikasari, mengatakan kondisi pasar Malaysia saat ini telah jenuh dan mulai mengincar … Selengkapnya

rona

Lola Amaria Sukses Sentuh Emosi Penonton Italia

Rabu 28/9/2016 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

Film “Jingga” garapan sutradara Lola Amaria sukses merebut hati para penonton yang datang ke Festival Film Indonesia (FFI) di Cinema Spazio Alfieri di kota Firenze, Italia, akhir pekan lalu.

“Jingga” mendapatkan apresiasi karena berhasil menampilkan elemen penting dalam kehidupan manusia, seperti peran keluarga dalam kehidupan anak, demikian Counsellor Pensosbud KBRI Roma Charles Ferdinand Hutapea dalam rilisnya kemarin.

Film ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang anak yang mengalami kebutaan di masa remaja dan harus menyesuaikan dengan kehidupan barunya yang serba gelap ini berhasil dituangkan secara apik dan detil ke dalam alur cerita film.

Sisi kemanusiaan yang diusung film ini sangat menyentuh pemirsa Italia, yang memang memiliki budaya sangat kental dalam menghargai nilai-nilai humanisme dan kekeluargaan.

Lola Amaria saat memperkenalkan film kepada penonton Italia bertutur ia mengangkat tema cerita yang tidak biasa dan memperlihatkan bahwa sekalipun di tengah keterbatasan infrastruktur untuk kaum tunanetra, ada semangat kekeluargaan yang memberikan dorongan untuk terus menjalani hidup.

Film “Jingga” sukses membawa penonton ke dalam suasana emosi yang dalam, tuturnya. Sementara penonton lainnya, Veronica menilai sekalipun film ini mengungkap suatu sisi yang pesimistik, namun ada sisi positif yang diangkat yaitu peran keluarga.

Festival Film Indonesia di Firenze 2016 diadakan untuk ketiga kalinya.  ion/S-2

Candra Darusman Garap Buku dan Album Musik

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lewat dukungan label rekaman Signature Music Indonesia, Candra Darusman akan menggarap album musik dan juga sebuah buku bertajuk Perjalanan Sebuah Lagu, yang membahas soal intelectual property dan hak cipta di dalam industri musik. Buku dan album karya Candra Darusman itu … Selengkapnya

Ardina Rasti: Film Nasional Mulai Bangkit

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gairah film Indonesia kini terus menggeliat. Di bioskop-bioskop Tanah Air mulai banyak film nasional diputar dan mendapat apresiasi dari penonton. Ini pula yang disadari oleh Ardina Rasti. Aktris, penyanyi, presenter dan model ini ikut senang film-film karya anak bangsa mulai … Selengkapnya

Tekstur Lembut Bumbu Pecel Kawi

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bumbu Pecel Kawi mengambil posisi di tengah antara bumbu pecel dan bumbu sate ayam. Bumbu Pecel Kawi berbeda dengan bumbu pecel Madiun, yang teksturnya sedikit kasar dengan remahan kacang yang masih mendominasi rasa bumbu, dan aroma daun jeruk purut yang … Selengkapnya

megapolitan

Dua Bus Transjakarta Tidak Lulus Uji Kir

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Dua Bus Trannsjakarta dinyatakan tidak lulus uji kir di Pusat Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung, Jakarta Timur. Kedua bus itu tidak lulus lantaran perbedaan warna bodi kendaraan antara di STNK dengan kondisi ril.

Kepala PKB Pulogadung, Muslim mengatakan, di STNK tertera warna bus adalah putih kombinasi biru. Namun faktanya, bus bermerek Mercedes-Benz dengan balutan karoseri “Tentrem” itu berwarna putih dengan kombinasi abu-abu. “Kami sudah minta ke PT Transjakarta untuk melakukan perubahan warna. Tentunya surat perubahan harus dilampirkan,” kata Muslim.

Menurut Muslim, warna abu-abu sengaja dipesan pihak operator PPD untuk mengenang warna bus PPD dahulu. Karena itu, pihaknya meminta pada PT Transjakarta agar merubah STNK nya menjadi warna putih kombinasi biru.

Jika tidak melakukan perubahan maka sampai kapanpun pihaknya tak akan meluluskan uji kir tiga armada baru Transjakarta tersebut. 

“Kami tidak mau meluluskan warna bus yang berbeda spek-nya. Di STNK tertera putih kombinasi biru namun wujudnya putih kombinasi abu-abu,” lanjut Muslim. nis/P-5

Anggaran Pengamanan Pilkada Rp66 Miliar

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Lembaga Riset Indonesia menyatakan warga DKI Jakarta menginginkan pemimpin yang memiliki dimensi kinerja dan kepribadian yang baik.

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menganggarkan 66 miliar rupiah untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Anggaran tersebut diajukan dalam APBD … Selengkapnya

Dugaan Korupsi Perawatan Ditelusuri

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 DKI melarang pemasangan papan reklame atau papan iklan di seluruh JPO agar peristiwa jembatan roboh di Pasar Minggu tidak terulang.

 JAKARTA – Penyidik Polda Metro Jaya menelusuri dugaan tindak pidana korupsi dana perawatan jembatan penyeberangan orang yang ambruk di Pasar … Selengkapnya

Normalisasi Kali Sekretaris Kebon Jeruk Dikebut

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Normalisasi kali Sekretaris di wilayah Jakarta Barat terus dikebut. Di Kecamatan Kebon Jeruk, normalisasi kali ini melintasi empat kelurahan, yakni Sukabumi Utara, Sukabumi Selatan, Kelapa Dua dan Kebon Jeruk.

“Saat ini masih dilakukan pendataan di wilayah Kelapa Dua. … Selengkapnya

olahraga

Roberto Firmino Dipuji Klopp

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menjelaskan keputusannya untuk memainkan Roberto Firmino sebagai penyerang tengah. Dia memuji penampilan pemain asal Brasil itu. Firmino ditempatkan dalam peran sentral di belakang pemain seperti Daniel Sturridge dan Divock Origi. Dia telah menjaringkan bola dua kali dalam lima pertandingan Liga Inggris.

Klopp mengatakan kemampuan pemain berusia 24 tahun untuk menekan secara alami memungkinkan dia untuk bermain di mana saja di garis serang. “Roberto selalu terlibat dalam tindakan ofensif (menyerang) atau tindakan defensive (bertahan),” ujar pelatih asal Jerman itu kepada Sky Sports.

“Dia memiliki keahlian alami bahwa ia tahu dan dia tidak berpikir terlalu banyak tentang merebut bola kembali, itu adalah naluri alami yang diinginkan banyak pemain. Dia benar-benar kuat dalam situasi itu dan dia bisa bermain hampir pada semua posisi ofensif,” sambungnya.

Klopp yang lebih memilih timnya kembali mendominasi permainan lagi juga memuji performa Firmino. “Dia terlibat sehingga ia selalu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Tetapi target kami adalah memiliki bola selama mungkin bahwa kami tidak perlu berpikir terlalu banyak tentang apa yang kami lakukan ketika mereka memenangkan bola,” tandasnya.

Liverpool berada di posisi keempat klasemen setelah tiga kemenangan liga berturut-turut, termasuk kemenangan 5-1 atas Hull City akhir pekan lalu. Pertandingan mereka selanjutnya adalah lawatan ke Swansea City, akhir pekan ini. ben/Rtr/S-1

 

Emilia Guliva Hampp Galau Pilih Jadi Atlet atau Artis

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Darah atlet memang tidak mengalir dalam diri Emilia Guliva Hampp dari kedua orang tuanya. Emil, begitu disapa justru lahir dari keluarga yang kental dengan bakat seninya. Kendati telah berhasil meraih emas PON 2016 dari cabang ski air nomor slalom putri, … Selengkapnya

Riedl Puas Perkembangan Timnas

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SOLO – Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl mengaku puas dengan perkembangan anak asuhnya usai melakukan pemusatan latihan (TC) di Solo. Riedl mengatakan timnas ada progres terutama soal kerja sama tim dan tehnik baik individu pemain maupun antarlini. “Kami melihat ada … Selengkapnya

Barca Tanpa Messi

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN – Barcelona akan bertandang ke Borussia Moenchengladbach untuk pertandingan Liga Champions, Kamis (29/9) dini hari WIB. Mereka akan melakoni laga itu tanpa Lionel Messi. Namun pelatih Luis Enrique mengatakan, timnya memiliki cukup pilihan dan senjata untuk kesenjangan akibat ditinggalkan … Selengkapnya

kupas

“Kami Menyayangkan Tindakan Anarkis, Harusnya Diupayakan Musyawarah”

Rabu 28/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pelomik tentang klaim siapa yang sah mengaku sebagai hak waris kerajaan Gowa, berujung rusuh. Wakil dari keluarga kerajaan Gowa, memprotes keras kebijakan yang ditempuh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, yang mengeluarkan Perda tentang Lembaga Adat Daerah. Apalagi dalam Perda tersebut, Bupati Adnan diangkat sebagai Raja Gowa.

Tak pelak, pengangkatan itu menuai protes keras kubu keluarga kerajaan Gowa. Mereka menganggap, Adnan mengangkangi keluarga kerajaan. Dan, merampas hak-hak keluarga kerajaan.

Mereka pun, beberapa kali melakukan unjuk rasa memprotes serta menuntut agar Perda tersebut dibatalkan. Polemik kian mengeras, setelah terjadinya perusakan brankas milik kerajaan Gowa.

Perwakilan Pemda Gowa, tokoh adat serta wakil keluarga kerajaan Gowa sudah dipanggil pula di Jakarta, membahas polemik tersebut. Tapi, belum juga ada penyelesaian yang memuaskan keduabelah pihak, Senin kemarin, gedung DPRD Kabupaten Gowa dibakar sekelompok massa yang marah. Situasi di Gowa pun meski sudah kondusif tapi tetap tegang. Dua kubu masih bersetigang dan berbeda pendapat.

Untuk mengetahui langkahlangkah Kementerian Dalam Negeri menyikapi persoalan tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Selasa (27/9), berikut petikanya.

Gedung DPRD Gowa dibakar massa, tanggapan Anda sebagai Mendagri?

Saya menyayangkan ada kebakaran atau dibakarnya gedung DPRD Gowa. Harusnya kalau ada masalah dimusyawarahkan dengan baik tidak perlu merusak gedung DPRD. Saya menyesalkan, harusnya bisa dimusyawarahkan, apapun DPRD itu adalah wakil rakyat yang harus menerima setiap masukan setiap permasalahan yang nantinya masukan itu dibahas bersama dengan pemerintah daerah yang ada.

Sudah ada langkah dari Kemendagri?

Saya sudah minta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpu) untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat setempat dan Pemda Gowa.

Bukankah sebelumnya sudah ada pertemuan di Jakarta yang mempertemukan Pemda Gowa, tokoh adat dan wakil keluarga kerajaan Gowa? Apa hasil pertemuannya?

Ya, sebelumnya Kemendagri sudah menerima Bupati Gowa, tokoh adat Gowa dan Sulsel dan keluarga Kerajaan Gowa. Langkah awal sudah dilakukan Kemendagri jauh-jauh hari. Kami mengundang tokoh-tokoh adat, baik di Gowa maupun di Sulsel. Kami juga sudah menerima keturunan keluarga Raja Gowa. Kami juga sudah memanggil Pemda Gowa.

Perda LAD yang diduga jadi pemicu permasalahan. Akan ada evaluasi terhadap Perda tersebut?

Kalau permasalahannya berkaitan dengan Perda, rekomendasi Kemendagri sudah menyerahkan ke Gubernur untuk mengklarifikasi, mempelajari mengenai Perda tersebut, apakah ini ada perubahan, memungkinkan dirubah Perdanya atau dibatalkan atau diperbaharui, saya kira kami menunggu dari gubernur.

Tapi sekarang situasinya sudah kacau, gedung DPRD dibakar orang. Bagaimana langkah daruratnya?

Ya sayang ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab justru melakukan aksi anarkis membakar gedung DPRD.

Kemendagri sudah kirim tim kesana?

Kami sudah mengirim tim ke sana, Hari ini kami sudah mengirim tim untuk bertemu Kepolisian, Kabinda, Pemda untuk segara mengurai permasalahan ini apa. Kok sampai terjadi anarkis, terjadi kebakaran.

Kalau gubernur belum mencabut Perda itu, apakah akan ada desakan Kemendagri untuk mencabutnya?

Pemerintah itu ada hirarkinya. Perda itu kan Perda Kabupaten atau Kota. Saya kira harus dibahas dulu, harus diklarifikasi dulu oleh Gubernur, baru nanti diserahkan ke Kemendagri. Kami sudah meminta Gubernur Sulsel untuk mempelajari Perda Kabupaten Gowa tersebut, kemudian melaprkan ke Kemendagri.

Pihak Pemda Sulsel dan Gowa mengatakan Perda itu tak bermasalah. Tanggapan Anda?

Ya, walaupun menurut keterangan Pemda provinsi dan Kabupaten Gowa memang Perda itu tidak menjadi masalah, namun kami kirim tim ke sana untuk mencari ada sebab apa, sehingga sampai harus dibakar gedung DPRD. Saya kira bisa dimusyawarahkan dan DPRD bisa membicarakan hal itu.

Situasi sekarang bagaimana?

Sekarang sudah cooling down semua. Kami sudah koordinasi dengan kepolisian dan kirimkan tim untuk mencari solusi terbaik karena dari sisi Pemda soal Perda tidak masalah. Dari masyarakat maunya apa sampai DPRD.

Ketersediaan Blanko “e-KTP” Tergantung pada Anggaran

Selasa 27/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengeluhkan ‘ditahannya’ anggaran sebesar 300 miliar rupiah lebih oleh Kementerian Keuangan. Anggaran sebesar itu tadinya akan dialokasikan untuk pengadaan blanko dan perawatan peralatan.

Soal blanko e-KTP sendiri, sempat … Selengkapnya

Banjir dan Longsor Akibat Ulah Manusia

Senin 26/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia berduka lagi. Banjir bandang disertai longsor menerjang Garut. Korban pun berjatuhan. Sebanyak 30 orang lebih meninggal. Ratusan luka-luka. Dan, ratusan rumah juga rusak.

Bencana banjir bandang, jelas bukan ‘takdir’ Tuhan. Tapi, terkait erat dengan perbuatan yang dilakukan manusia. Banjir … Selengkapnya

Kemendagri Terus Memantau Setiap Tahapan Pilkada

Sabtu 24/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Dalam Negeri telah membentuk tim pemantauan pemilihan kepala daerah. Tim ini salah satu tugasnya melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam proses pemilihan. Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Daerah-daerah rawan konflik itu antara lain Aceh, Papua, Banten dan … Selengkapnya

berita lain

Menuju Kota Pintar Berbasis Digital

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BSD City akhir akhir ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT (Information Technology) bertaraf national dan internasional. Ini menunjukkan komitmen kuat Sinar Mas Land mengembangkan hunian berkonsep smart city.

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City kian mengarah … Selengkapnya

Penyedia Data Center Fokus Layanan

Selasa 27/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyedia layanan data center meningkatkan layanan data center mereka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan pelanggan yang membutuhkan layanan data center lebih berkualitas.

Peraturan Pemerintah (PP) No.82 Tahun 2012 tentang Penyelengaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) memberikan peluang sekaligus … Selengkapnya

Tampang Seram Motor Jadul

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meningkatnya daya beli membuat merek motor premium Eropa yang berharga mahal terus membanjiri Indonesia. Produk terbaru yang masuk ke tanah air adalah Motor Moto Guzzi V9 Roamer dan Bobber.

Piaggio Indonesia (PID) secara resmi memasarkan dua motor di Indonesia sekaligus … Selengkapnya