Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 26 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Impor Gula Bukti Kemenangan Pemburu Rente

Kamis 26/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ekonomi kroni mencari keuntungan dari kegiatan impor berbasis rente.
Atasi urusan pangan melalui impor tak selesaikan masalah mendasar pertanian.

JAKARTA – Rencana menteri BUMN membuka keran impor gula mentah menjelang panen raya tebu di Tanah Air dianggap sebagai kebijakan yang tidak pro-petani nasional. Langkah itu juga menandakan pemerintah lebih memenangkan kepentingan segelintir pihak yang menikmati rente dari impor tersebut.

Hal itu juga berarti pemerintah lebih berpihak kepada kepentingan pengusaha ketimbang memperbaiki taraf hidup petani lokal dan produktivitas nasional.

Pengamat ekonomi pertanian UGM Yogyakarta, Jangkung Handoyo Mulyo, menilai Indonesia sudah terlalu lama mengkhianati kekuatan sendiri, yakni lahan luas dan subur yang didukung oleh jumlah penduduk yang besar.

Di sisi lain, lanjut dia, ekonomi kroni dan rente mengakibatkan tumbuhnya pengusaha dan pejabat berwenang yang tidak merepresentasikan kekuatan bangsa, bahkan melecehkannya dengan mencari untung dari kegiatan impor berbasis rente.

“Kalau dalam bahasa Pak Jokowi saat kampanye, kita terlalu lama memunggungi laut dan sawah, mengkhianati petani. Kini saatnya kembali ke asal muasal kekuatan utama kita sekaligus kelemahan utama kita yakni pangan, yang selama ini dicukupi dari impor,” papar dia ketika dihubungi, Rabu (25/5).

Sebelumnya, sejumlah kalangan menilai kebijakan Menteri BUMN, Rini M Soemarno, yang menugaskan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan impor gula mentah sebanyak 381.000 ton di saat petani tebu sedang memulai panen raya pertama memunculkan dugaan adanya praktik perburuan rente atau rent seeking di kalangan oknum pejabat negara.

Pasalnya, setiap tahun pemerintah terlihat seperti kecanduan mengimpor gula dengan dalih menstabilkan harga, tanpa berusaha lebih keras untuk meningkatkan produktivitas gula nasional guna mencapai cita-cita swasembada pangan.

Padahal, impor gula tanpa kendali seperti yang selama ini dilakukan pemerintah selain menjauhkan dari target swasembada, juga mematikan kehidupan petani tebu nasional. Dan, sebaliknya justru menguntungkan petani negara lain.

“Kabinet terus saja melanggengkan politik impor. Padahal, rent seeking impor jadi candu yang mematikan petani,” tegas Guru besar ekonomi pertanian UGM Yogyakarta, Masyhuri.

Menurut Jangkung, dibukanya kembali keran impor gula merupakan hasil dari simpang-siurnya data gula nasional. Tanpa basis data yang disepakati bersama, masing-masing kementerian akan memiliki basis argumen sendiri-sendiri.

“Bahwa data BPS (Badan Pusat Statistik) selama ini dirasa masih meragukan maka sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk memperbaikinya,” tutur dia.

Padahal, lanjut dia, Presiden sudah menegaskan bahwa data BPS harus menjadi satu-satunya acuan.

“Kalau perintah Presiden tidak segera dieksekusi, itu namanya pembangkangan.”
Jangkung juga menilai upaya pejabat pemerintah menyelesaikan urusan pangan melalui impor tidak akan menyelesaikan masalah mendasar pertanian. “Justru sebaliknya, Indonesia akan terbebani oleh kebergantungan pada impor,” ujar dia.

Membunuh Petani

Sementara itu, petani tebu dari Desa Asmorobangun, Kecamatan Punci, Kediri, Jawa Timur, Subiyanto, mengatakan para petani di daerahnya mulai mengkhawatirkan dampak rencana pemerintah mengimpor gula, yakni merembesnya gula impor ke pasaran konsumen.

“Jatim memang surplus tapi kita juga harus memikirkan kebutuhan saudara-saudara kita di Indonesia Timur sehingga tidak mungkin stok gula untuk Jatim saja, kalau diikat pun nanti malah harga jatuh,” jelas dia.

Ia menambahkan petani memahami kalau harus impor untuk kebutuhan industri, tetapi kebijakan itu waktunya tidak tepat karena seharusnya dilakukan lima bulan lalu dengan perhitungan yang matang.

“Kalau sekarang di Kediri sudah masuk musim giling. Logikanya pemerintah menunggu musim giling selesai. Kalau tetap impor sama saja membunuh petani,” tegas dia.

Subiyanto menilai kondisi saat ini menunjukkan dan fungsi pemerintah serta Bulog tidak jalan. Seharusnya, peran Bulog sebagai penyangga harus ditingkatkan. Menurut dia, kebijakan impor yang dipaksakan itu menunjukkan pemerintah tidak hadir untuk petani.

“Kami bisa mengerti kalau impor untuk kebutuhan industri silahkan saja, tapi masalahnya selalu merembes ke pasaran, itu yang kami tidak suka,” ungkap dia. YK/SB/WP

Mega: Pangan Urusan Hidup Mati Bangsa

Kamis 26/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Universitas Padjadjaran (Unpad) menganugerahkan Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri, gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa bidang politik dan pemerintah.

Sejumlah kalangan menilai, anugerah itu pantas diberikan karena Megawati sudah memperlihatkan prestasi dalam politik dan pemerintahan serta mampu … Selengkapnya

KPK Geledah Ruang Kerja Kepala PN Kepahiang

Kamis 26/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi mengatakan MA harus mengevaluasi kembali sistem pembinaan dan pengawasan hakim.

KEPAHIANG. — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di ruang kerja Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang, Bengkulu, Janner Purba pada Rabu ( 25/5).

Sekitar … Selengkapnya

Presiden Tanda Tangani Perppu Hukuman Kebiri

Kamis 26/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Rabu (25/5). Perppu ini turut mengatur hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

Selengkapnya

mondial

Jalanan di Florence Ambruk

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

FLORENCE – Sebuah jalan tepi Sungai Arno dekat jembatan terkenal Ponte Vecchio di wilayah Lungarno Torrigiani, Florence, Italia, diwartakan mengalami ambruk pada Rabu (25/5) pagi. Akibat insiden ini tak terdapat korban jiwa, namun sekitar 20 mobil yang terparkir ikut terperosok serta merusak jaringan pipa air bersih.

“Jalanan sepanjang 200 meter dan selebar 7 meter mengalami ambruk dan jaringan utama pipa air bersih yang ada dibawah jalanan itu menjadi rusak berat. Kondisi ini mengakibatkan Kota Florence mengalami krisis air bersih,” cuit Wali Kota Florence, Dario Nardella, pada akun media sosial miliknya.

Karena insiden jalanan yang ambruk ini, Wali Kota Nardella, seperti dikutip dari kantor berita ANSA menyatakan telah meminta penghuni dua gedung apartemen yang berada dekat lokasi kejadian agar mengungsi untuk sementara demi keamanan mereka.

Dugaan awal mengatakan bahwa pemicu ambruknya jalanan adalah akibat pipa bocor dan tergerusnya tanah akibat semprotan air pipa bocor. BBC/Rtr/I-1

Mesir Minta Bantuan Prancis dan Italia

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 KAIRO – Pihak Mesir akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan dua perusahaan asal Prancis dan Italia untuk membantu upaya pencarian kotak hitam dari pesawat Airbus A320-232 milik maskapai EgyptAir MS804 yang diduga jatuh di Laut Tengah pada 19 Mei lalu.

Menurut … Selengkapnya

Netanyahu Diduga Lakukan Pelanggaran Hukum

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 TEL AVIV – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sedang dihujani hujatan menyusul sebuah laporan pengawas keuangan yang menyebut catatan keuangan Netanyahu telah menimbulkan kecurigaan, sehingga bisa disebut pelanggaran pidana. Laporan penyelewengan keuangan itu dipublikasikan pengawas keuangan negara Joseph Shapira pada … Selengkapnya

Afghanistan Serukan Perdamaian pada Pimpinan Taliban Baru

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KABUL – Pemerintah Afghanistan pada Rabu (25/5) menyerukan terciptanya perdamaian dengan kelompok Taliban setelah kelompok radikal itu menunjuk pemimpin yang baru mereka yaitu Haibatullah Akhunzada. Terpilihnya Akhunzada setelah pemimpin Taliban sebelumnya yaitu Mullah Akhtar Mansour tewas akibat serangan pesawat nirawak … Selengkapnya

ekonomi

Kementan Minta Tekan Serangan Hama

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 KARAWANG – Kementerian Pertanian (Kementan) meminta petugas Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) untuk mengurangi serangan hama tahun ini. Apabila tidak diantisipasi, serangan hama akan berdampak serius pada tumbuhan sehingga berpotensi merugikan petani hingga belasan triliun rupiah per tahunnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan, tahun lalu, pemerintah mampu menekan serangan hama menjadi hanya 1,3 persen dari luas lahan pertanian dari catatan sebelumnya 5-10 persen. “Karenanya, tahun ini harus di bawah satu persen, yakni hanya 0,5 persen. Itu untuk mencegah kerugian petani,” ungkapnya dalam acara Pekan Peramalan II di BBPOPT Karawang, Jawa Barat, (25/5).

Dalam acara itu, selain Mentan, hadir pula Dirjen Tanaman Pangan Kementan Hasil Sembiring, Kepala BBPOPT Sarsito Wahono Gaib Subroto dan stakeholder terkait lainnya beserta ratusan petugas BBPOPT.

Mentan menjelaskan terdapat beragam jenis hama, termasuk wereng dan tikus yang kerap muncul ketika sebelum atau saat benihnya tumbuh. Karenanya, pembasmian hama tersebut perlu dilakukan sedini mungkin atau preventif ketimbang kuratif. Sebab, jika sudah menyebar luas, petani akan semakin kesulitan dan biayanya kian membengkak. 

Lebih lanjut, dijelaskannya, apabila tahun ini serangan hama bisa ditekan hingga 0,5 persen dari luas lahan, nilai penghematannya cukup besar. Mentan mengausmsikan apabila serangan hama di atas 5 persen, kerugiannya mencapai 12 triliun rupiah per tahun. 

BBPOPT merupakan lembaga yang bertugas untuk melaksanakan dan mengembangkan peramalan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), serta rujukan proteksi tanaman pangan dan hortikultura.

Menurut Mentan, kerja keras petugas sangat diharapkan pemerintah. Terhadap petugas BBPOPT, Mentan meminta agar secara intensif turun ke lapangan meskipun teknologi pertanian semakin canggih. Jika tak didukung kerja keras petugas lapangan, teknologi itu tidak akan berarti apa-apa.

Kepada seluruh petani nusantara, Mentan meminta untuk terus menjalankan gerakan tanam cepat. Itu berlaku untuk semua komoditas pangan. Peningkatan produksi itu akan diimbangi dengan upaya mengurangi serangan hama sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Impor Daging

Terkait dengan instruksi presiden untuk menurunkan harga daging sapi di bawah 80 ribu rupiah per kilo gram (kg), Mentan menyebutkan, dalam waktu dekat akan dilakukan impor daging murah sebesar 10 ribu ton.

“Kami sudah tanda tangani rekomendasi impor daging murah. Itu sesuai dengan intruksi presiden. Saat ini sedang diproses untuk realisasinya,”ungkapnya.

Jawaban Mentan untuk memperkuat pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya yang menyebutkan bahwa impor daging diperlukan untuk menambah stok atau persediaan, soalnya selama Ramadhan kebutuhan daging meningkat, sehingga stabilitas stok perlu dijaga. ers/E-10

ExxonMobil Minta Tambahan Kuota Produksi Minyak Blok Cepu

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Exxon Mobil meminta penambahan kuota produksi minyak di Blok Cepu yang saat ini ditargetkan sebesar 185 barel per hari (bph). Raksasa minyak dan gas (migas) asal Amerika Serikat (AS) itu melihat potensi besar cadangan minyak dari pengeboran yang … Selengkapnya

Jabar Promosikan Wisata melalui JTX XVIII/2016

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memasarkan potensi pariwisata melalui Jabar Travel Exchange atau JTX XVIII/2016 mulai tanggal 24 hingga 26 Mei 2016. Even tahunan JTX ini dinilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Jabar.

“Jabar memilki … Selengkapnya

Pemerintah Perketat Impor Gas

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Selama ini, pasokan gas bumi dalam negeri lebih banyak diekspor ketimbang untuk memenuhi kebutuhan domestik.

 JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta semua pihak untuk mengutamakan penyerapan gas dalam negeri ketimbang impor. Selama ini, pasokan gas dalam … Selengkapnya

rona

Adele Teken Kontrak Ratusan Juta Dollar dengan Sony

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Inggris Adele menandatangani kontrak baru dengan Sony senilai 90 juta pound (131 juta dollar AS / 1,79 triliun rupiah). Kontrak itu menjadi salah satu rekor terbesar, menurut media Inggris.

Diva berusia 28 tahun itu merupakan penyanyi dengan penjualan terlaris di dunia tahun lalu, dan memecahkan rekor penjualan di Inggris dan Amerika Serikat (AS) lewat album ketiganya 25 dan lagu terkenalnya Hello.

Adele sebelumnya bekerja sama dengan label indie asal London X Recordings sejak dia remaja.

Kemungkinan diva pemenang Grammy itu hijrah ke raksasa musik Sony, dengan menandatangani kontrak lewat salah satu label milik Sony di AS, Columbia.

Seorang narasumber industri seperti dikutip The Guardian pada Selasa tidak merinci jumlah album yang disyaratkan dalam kontrak tersebut, namun mengatakan kontrak itu “memberikan Sony hak untuk merilis lagu mendatangnya secara eksklusif di seluruh dunia.”

Kontrak itu sama dengan kontrak multi-album senilai 100 juta dollar AS (sekitar Rp1,36 triliun) yang disepakati Whitney Houston dengan Arista Records pada 2001. Setara dengan 135 juta dollar AS (sekitar Rp1,84 triliun) saat ini.  Ant/S-1

Nowela Donasikan Hasil Penjualan Album Perdana

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tak diragukan lagi kemampuan Nowela dalam hal olah vokal, apalagi ia telah sukses di ajang pencari bakat Indonesian Idol. Namun, tetaplah ada kurangnya jika seorang penyanyi profesional tanpa diiringi oleh suatu karya musik, terutama album. Nowela pun boleh bernafas lega, … Selengkapnya

Gagasan Insan Muda untuk Pelestarian Lingkungan

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

HiLo Green Leader 2016, ajang penghargaan kepada insan muda pegiat lingkungan dengan kemampuan kepemimpinan yang mampu menggerakkan dan menginspirasi masyarakat untuk turut melestarikan lingkungan.

William Wimpy keluar sebagai pemenang, menyusul kemudian Joni Sudarmanto sebagai Runner-Up. Keduanya berhak atas dana dukungan … Selengkapnya

Drive: Album Baru Tandai Satu Dekade Berkarier

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menjaga eksistensinya di blantika musik Tanah Air, Drive akhirnya merilis album kelimanya bertajuk Essence of Life. Ada yang berbeda dari band beraliran pop rock asal Jakarta kali ini. Posisi vokalis yang sebelumnya pernah diisi oleh Anji dan di album keempat … Selengkapnya

megapolitan

Ahok Wacanakan Penghapusan PBB

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mewacanakan penghapusan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Ibu kota Jakarta. Alasannya, penarikan PBB selama ini mengikuti kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang memungut pajak dari warga di bawah negara jajahannya. 

Jadi kenapa sih kita ngikutin Belanda. Rumah tinggal rakyat harusnya tidak perlu dikenakan pajak. Mungut pajak harusnya ke orang asing, bukan ke rakyat sendiri,” kata Ahok saat memberikan pengarahan dan secara simbolis menandatangani Perjanjian Kinerja Kepala SKPD/UKPD Pemprov DKI Jakarta Tahun 2016 di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (25/5).

Menurut Ahok, penghapusan PBB bisa diterapkan di Ibu kota secara bertahap. Kebijakan tersebut seperti halnya penghapusan PBB untuk rumah non perumahan atau cluster dengan nilai jual objek pajak (NJOP) di bawah 1 miliar rupiah yang mulai diterapkan sejak tahun lalu.

“Hari ini kita baru bisa hapus PBB rumah tinggal yang NJOP-nya di bawah 1 miliar rupiah karena kita takut penghasilan tidak cukup buat bangun infrastruktur,” tandas Ahok.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghapus sanksi denda administrasi piutang pajak bumi dan bangunan pedesaan perkotaan (PBB P2) periode 1993 hingga 2012.

“Warga bisa langsung datang dengan membawa fotocopi PBB P2 atau mencatat Nomor Objek Pajak (NOP) ke kantor Bank DKI untuk membayar kewajibannya “

Penghapusan denda dan keringan pokok ini sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 103 Tahun 2016 perihal keringanan pokok dan penghapusan denda administrasi PBB P2 sebelum dikelola pemerintah daerah yang resmi diberlakukan sejak tanggal 28 April.

Kepada warga yang hingga saat ini masih memiliki tunggakan setoran PBB P2 periode 1993 hingga 2012 dapat melunasi kewajibannya tanpa perlu mengajukan permohonan ke kantor UPPD terlebih dahulu. 

“Warga bisa langsung datang dengan membawa fotocopi PBB P2 atau mencatat Nomor Objek Pajak (NOP) ke kantor Bank DKI untuk membayar kewajibannya,” kata Andri Kunarso, Kepala UPPD Taman Sari emh/P-5

Ia menambahkan, Pergub Nomor 103 Tahun 2016 memberikan keringanan pokok sebesar 50 persen dan penghapusan denda administrasi PBB P2 untuk periode 1993 hingga 2009. 

“Sedangkan keringan pokok sebesar 25 persen serta penghapusan denda administrasi PBB P2 periode 2010 hingga 2012,” tandasnya. 

Berdasarkan data UPPD Taman Sari, tercatat tunggakan PBB P2 perorangan maupun badan hukum periode 1993 hingga 2012 mencapai sekitar 50 miliar lebih rupiah.  Ant/P-5

Selama Ramadan Jam Kerja PNS Dipotong 30 Menit

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Selama Ramadan, jam kerja para pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan dipersingkat. Walau demikian, sistem pemberian Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) tetap diberlakukan seperti hari normal.

“Kalau masuknya tetap pukul 07.30, hanya pulangnya lebih cepat jadi … Selengkapnya

Bogor Penuhi Permintaan Warga Bojongkulur

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai merespon tuntutan warga Perumahan Vila Nusa Indah, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Puteri, yang menginginkan dilakukan pemulihan infrastruktur pascabanjir.

“Pemkab Bogor menjanjikan proyek pemulihan lingkungan pascabanjir di Vila Nusa Indah akan bergulir paling … Selengkapnya

Pakai Sandal Dilarang Masuk ke Istana Bogor

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Jawa Barat, mengimbau masyarakat yang ingin mengunjungi Istana Bogor dalam kegiatan Istana Untuk Rakyat (Istura) tidak memakai sandal agar dapat diizinkan masuk ke dalam istana.

Imbauan ini disampaikan lantara pada … Selengkapnya

olahraga

Kejutan Besar Warnai Prancis Terbuka

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Kejutan besar mulai mewarnai pembukaan gelaran Prancis Terbuka 2016. Unggulan ketiga, Angelique Kerber harus angkat koper di babak pertama. Juara Australia terbuka itu takluk atas petenis nonunggulan, Kiki Bertens dalam duel tiga set 2-6, 6-3, dan 3-6 pada pertandingan yang digelar di Philippe Chatrier, Selasa (24/5) malam WIB.

Kekalahan petenis Jerman itu memperpanjang sebuah catatan buruk. Catatan Gracenote menyebut, Kerber menjadi juara bertahan Australia Terbuka kelima yang kalah di babak pembuka Roland Garros setelah Chris O’Neil (1979), Barbara Jordan (1980), Lindsay Davenport (2000), dan terakhir Li Na (2014).

Selain itu, ini juga menjadi yang kedua kalinya petenis putri unggulan tiga besar tereliminasi di babak pertama ajang Grand Slam berturut-turut. Sebelumnya Simona Halep (unggulan kedua di Australia Terbuka 2016) dan Kerber (Prancis Terbuka 2016).

Sejak berpartisipasi di Roland Garros pada 2007, Kerber tidak pernah melangkah jauh. Pencapaian terbaiknya hanyalah perempat final pada 2012. Di partai berikutnya, Bertens akan menghadapi pemenang antara petenis wild card Alize Lim melawan Camila Giorgi.

Senasib dengan Kerber, mantan petenis nomor satu dunia Jelena Jankovic yang menjadi unggulan 23 juga kandas di tangan Tatjana Maria juga dalam tiga set, 3-6, 6-3, 3-6.

Sedangkan mantan finalis Simona Halep mampu menghadang tantangan set pertama untuk melaju ke putaran ketiga Prancis Terbuka untuk kedua kalinya selama kariernya lewat kemenangan 7-6(5), 6-2 atas petenis Kazahkstan Zarina Diyas pada Rabu (25/5).

Sementara itu, petenis unggulan kelima asal Jepang, Kei Nishikori melaju ke babak ketiga Grand Slam Prancis Terbuka 2016 usai menikam Andrey Kuznetsov dari Rusia 6-3, 6-3, 6-3 di Roland Garros, Rabu (25/5). Selanjutnya, dia akan jumpa petenis Spanyol Fernando Verdasco.

Verdasco sendiri melangkahkan kakinya ke babak ketiga usai menaklukkan Ivan Dodig dalam laga yang berakhir 6-2, 6-1, 6-3.

Sedangkan petenis unggulan pertama, Novak Djokovic juga bertekad untuk menyelesaikan penampilanya di Roland Garros 2016 dengan kemenangan. Djokovic menang mudah atas petenis Taiwan, Yen-Hsun Lu 6-4, 6-1, 6-1, Selasa (24/5) malam WIB. “Kesempatanku untuk memperjuangkan trofi itu di tangan Yang Maha Kuasa. Saya tidak dapat mengubahnya, tapi saya bisa memberikan yang terbaik, seperti biasanya,” kata Djokovic yang belum pernas juara di Prancis Terbuka. baz/S-2

Ronaldo Siap Hadapi Final

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Cristiano Ronaldo meyakinkan penggemar Real Madrid dia akan fit untuk bermain pada laga final Liga Champions, Sabtu (28/5) melawan Atletico Madrid di Milan. Hal itu diungkap Ronaldo setelah dia terpincang keluar dari sesi latihan, Selasa (24/5) waktu setempat.

Selengkapnya

Pelita Jaya Bertekad Juara IBL 2016

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gelaran Indonesian Basketball League memasuki puncaknya, hari ini. Pelita Jaya bertekad untuk merebut gelar juara, kendati lawan yang dihadapi begitu perkasa di musim ini yakni, CLS Knights Surabaya.

JAKARTA – Tim Pelita Jaya Energi Mega Persana (EMP) bertekad untuk meraih … Selengkapnya

Debutan Siap Berikan Kejutan

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keberhasilan Irlandia Utara melangkah ke Piala Eropa kali ini juga tak bisa dilepaskan dari pertolongan Inggris. Pasalnya, mayoritas pemain yang membela timnas Irlandia Utara saat ini tengah berkiprah di Inggris.

Irlandia Utara menorehkan sejarah mereka untuk pertama kalinya melaju ke … Selengkapnya

kupas

Tunggakan Pengembang Diserahkan Kepada Jaksa

Kamis 26/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Persoalan tunggakan kewajiban pengembang atas fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) telah berlangsung bertahuntahun. Pemerintah Provinsi DKI pun dibuat tidak berkutik untuk menagih kewajiban para pengembang hitam ini.

Padahal, nilai tunggakan 28 pengembang pemilik Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) pada tahun 2010 saja mencapai 80 triliun rupiah.

dikabarkan data DPD Real Estat Indonesia (REI) DKI menyebutkan kewajiban fasos dan fasum siap ditagih telah mencapai 128 triliun rupiah.

Untuk mengetahui lebih lanjut akan hal itu, Koran Jakarta mewawancarai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di selasela kesibukannya di Balai Kota, Jakarta. Berikut petikannya.

Apa langkah Anda untuk menagih kewajiban fasos dan fasum dari pengembang?

Akan kita tagih terus. Kalau dia nggak mau bayar dengan barang, kita konversikan dengan uang saja. Ada yang 50 miliar rupiah, 70 miliar rupiah, 90 miliar rupiah hingga ratusan miliar rupiah.

Tapi, yang boleh bayar itu bagi pemegang SIPPT tahun 2008 ke sini. Lalu kalau ada yang nggak sanggup bayar, kita kasih cicil sebanyak 4 hingga 5 kali cicilan.

Kenapa dari tahun 2008, bukankah tunggakan sudah ada sejak lama?

Mulai rapi itu ketika ditagih melalui skema volume dan berapa persen dari luas bangunan, yakni dari tahun 2008 itu sampai sekarang.

Jadi, bayangkan dari 2007 sampai 1970 kita hitung. Lalu, cara menghitungnya bagaimana?
Kita hanya boleh menghitung, pengembang yang membangun 5.000 meter persegi dikenakan kewajiban fasos dan fasum 20 persen sejak tahun 2008.
Kalau yang dulu, pasti dia nggak mau?
Perusahaannya pun sudah nggak ada. Zaman dulu sudah punya PPPL atau IPPL 75 persen saja sudah boleh diterbitkan SIPPT.

Ada berapa pengembang yang masih memiliki tunggakan fasos dan fasum?

Kita lagi bicara sama BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), karena BPK yang mencatat tunggakan fasos dan fasum itu dari tahun 1970. Sebenarnya banyak pengembang yang menunggak fasos dan fasum, tapi itu juga berdebat.

Sebab, Izin-izin dari tahun 1970 sampai 1980an itu tidak menyebutkan berapa kewajiban fasos dan fasum. Saat itu hanya ngomong untuk perbaiki got, saluran.

Terus kalau saluran yang diperbaiki itu sekarang ada dimana? Sudah diduduki orang, sudah diserahkan atau belum.

Karena dulu nggak ada pakai berita acara serah terima (BAST) saat penyerahan. Nah, hal ini kita lagi diskusikan dengan BPK, saya bilang, kalau fasos dan fasum dari tahun 1970 dihitung terus, siapa pun jadi gubernur harusnya dia dapat tidak wajar. Karena nggak ada yang putus.

Dari catatan Anda, berapa pengembang yang sudah menyerahkan fasos dan fasum ke DKI?

Banyak tanah orang yang belum dibebaskan sebesar 25 persen dilaporkan sebagai fasos dan fasumnya DKI.

Padahal orang ini belum dibayar pengembang, akhirnya ya berantem. Kami bayar juga nggak boleh, dia (yang punya tanah) mau jual juga nggak boleh, karena itu jalur hijau.

Nah, ini lagi kita dudukan sama BPK, untuk kita putuskan. Tapi tunggakan pengembang tetap ditagih, kita serahkan kepada jaksa sebagai piutang negara untuk menagih.

Kabarnya tunggakan fasos dan fasum itu mencapai ratusan triliun?

Saya nggak tahu, kalau anda tafsirkan pakai 20 persen dari luas bangunannya, bisa saja. Tapi punya dasar hukum nggak.

Ini kan jadi masalah. Makanya lebih baik kita berbicara dari tahun 2008 ke sini. Kalau tahun 2008 ke sini ada pengembang nunggak kan jelas.

Bagaimana langkah ke depannya untuk menagih fasos dan fasum?

Sekarang saya lagi pikir, karena beli tanah di Jakarta ini susah. Saya mau bikin Pergub lagi, saya nggak mau terima duit. Saya mau bikin Pergub yang isinya kewajiban fasos dan fasum disesuaikan berdasarkan appraisal lahan.

Jadi, pengembang membayarnya pakai tanah yang kemudian diatasnamakan pemerintah DKI.
Kalau oknum pejabat main komisi sama yang beli tanah, nggak jadi beli tanah juga kan?
Tapi kalau swasta yang beli, kita pakai appraisal, bisa dapat. Lebih baik saya dapat tanah, lebih untung.  peri irawan/AR-2

“Kita Jangan Mewariskan Impor”

Rabu 25/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan instansi pemerintah yang secara tegas menolak impor komoditas pangan. Sebab, impor hanya memperkaya petani di negara lain tetapi memiskinkan atau mematikan petani di negeri sendiri.

Lagi pula, Kementan merupakan lembaga yang berfungsi untuk membantu petani dalam … Selengkapnya

Mendagri Tidak Pernah Mencabut Perda Anti Miras

Selasa 24/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Informasi tentang Menteri Dalam Negeri,Tjahjo Kumolo akan mencabut Peraturan Daerah anti minuman keras atau perda miras, terus menuai pro- kontra. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sendiri dengan tegas membantah, akan atau telah mencabut perda anti miras.

Bahkan, ia mendukung penuh … Selengkapnya

Kontribusi Tambahan untuk Membangun Infrastruktur

Senin 23/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, untuk meminta konrtibusi tambahan kepada pengembang menuai polemik. Pasalnya, Ahok telah menggunakan kewenangannya untuk menyepakati perjanjian kerja sama bersama para pengembang dengan menetapkan kontribusi tambahan sebesar 15 persen.

Ahok memutuskan hal itu dengan … Selengkapnya

berita lain

BTN, Permudah UM Rumah hingga Bagi Hadiah Mewah

Senin 23/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja yang terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK ) kian dipermudah untuk mendapatkan bantuan uang muka (UM) perumahan dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN). Bank pelat merah ini terus berkomitmen memberikan kemudahan dalam penyediaan … Selengkapnya

Kian Inovatif, Sistem Pembayaran Toko “Online”

Kamis 26/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Rendahnya kepemilikan kartu kredit dan debit menjadi tantangan tersendiri bagi industri e-commerce dan transaksi online. Pasalnya dari 250 juta takyat negeri ini jumlah kartu kredit hanya sebesar 6,81 juta sedangkan jumlah kartu debit 60 juta saja.

Untuk memberikan kemudahan bagi … Selengkapnya

Desain CR-Z Lebih Agresif dan Sporty

Rabu 25/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen mobil sport kian mengerucut. Pabrikan Jepang, Honda, kian unjuk gigi dengan “hybrid sport” CR-Z. Mobil ini kian merebut hati konsumen sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Generasi mutakhir, Honda … Selengkapnya