Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 27 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Presiden: Kejar, Tangkap, dan Hantam Bandar Narkoba

Senin 27/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko WIdodo menegaskan bahwa penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) merupakan kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum, baik itu Polri maupun Badan Narkotika Nasional (BNN), untuk mengejar, menangkap, dan menghajar para bandar narkoba.

“Kita tegaskan perang melawan narkoba di Indonesia. Saya ingin ingatkan kepada kita semuanya, kejar mereka. Tangkap mereka. Hantam mereka,” tegas Presiden Jokowi saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Tamansari, Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (26/6).

Presiden Jokowi mengatakan perang terhadap kejahatan narkoba harus dilakukan sampai tuntas. “Ingat Bapak dan Ibu sekalian, 40 sampai 50 generasi muda kita mati karena narkoba. Kalau undang-undang memperbolehkan, dor (tembak mati) mereka (bandar narkoba). Sayangnya undang-undang tidak memperbolehkan,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jumlah pengguna narkoba terus meningkat dan sudah sampai ke semua kalangan. “Tahun 2015, diperkirakan angka prevalensi pengguna narkoba mencapai 5,1 juta orang, 40 sampai 50 generasi muda kita tiap harinya mati karena narkoba. Kerugian material diperkirakan kurang lebih 63 triliun rupiah, yang mencakup kerugian akibat belanja narkoba, biaya pengobatan, barang-barang yang dicuri, biaya rehabilitasi, dan lainnya,” ungkap Presiden.

Selain itu, para pengedar narkoba kini telah bergerak dan menemukan cara-cara baru untuk mengelabui masyarakat. Anak-anak dan wanita sudah dimanfaatkan oleh para pengedar narkoba untuk dijadikan kurir barang haram itu. “Mainan anak, kaki palsu, dan barangbarang yang tidak diduga kini menjadi modus baru penyelundupan narkoba,” tutur nya.

Harus Bersinergi

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bahu membahu memberantas peredaran narkoba. Sebab, kejahatan narkoba yang dibiarkan berlarut-larut dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Saya ingatkan, semua harus bersinergi. Kita terkadang hanyut dalam runitinas harian kita, padahal kalau ini dibiarkan, bisa melemahkan sendisendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” seru Presiden.

“Kata-kata sudah tidak diperlukan lagi, kita memerlukan tindakan nyata. Semua perlu bersinergi, mulai dari BNN, Polri, Kementerian/Lembaga, LSM, masyarakat, semua harus betul-betul melakukan langkah-langkah yang terpadu untuk melawan narkonba,” sambung Presiden.

Sementara itu, Kepala BNN, Komisaris Jenderal Budi Waseso, mengungkapkan bahwa peredaran narkoba di Indonesia sudah berada di level memprihatinkan. Hal itu dikarenakan banyaknya pengguna barang haram tersebut, yakni sudah ada 42.429 orang yang direhabilitasi sepanjang periode 2015-2016, sebanyak 1.015 kasus berhasil diungkap, dan 72 sindikat dibekuk. “Sebanyak 1.681 tersangka ditangkap dan diamankan,” kata Buwas.

Dalam pengembangannya, lanjut dia, BNN juga mengungkap tindak pidana pencucian uang terkait narkoba dengan nilai mencapai 142 miliar rupiah. “Adapun barang bukti dan jumlah narkoba yang berhasil diungkap diantaranya sabu-sabu 2,8 ton, ekstasi 707.864 butir, ganja 4,1 ton, dan lahan ganja seluas 69 hektar berhasil dimusnahkan,” tutupnya.

Kader Pelopor Revolusi Mental dari Jatinangor

Sabtu 25/6/2016 | 06:49
A   A   A   Pengaturan Font

Mulai tahun ini, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Jawa Barat, tak ada lagi yang langsung di tempatkan di ibukota provinsi, atau bahkan langsung bekerja di ibukora Jakarta. Mereka, para lulusan sekolah birokrat itu, akan ditempatkan di kecamatan- kecamatan. … Selengkapnya

Pusat dan Pemda Wajib Membina Aparatur Desa

Sabtu 25/6/2016 | 06:43
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya program alokasi dana desa. Program tersebut merupakan implementasi dari UU Desa yang bertujuan mewujudkan desa kuat mandiri dan sejahtera. Perlu penguatan aparatur pemerintah desa.

“Ini membutuhkan peran pemerintah pusat dan Pemda untuk … Selengkapnya

Klaim Tiongkok Ingkari ZEE RI

Sabtu 25/6/2016 | 06:34
A   A   A   Pengaturan Font

Wilayah Laut Tiongkok Selatan kini menghangat kembali. Tiongkok terus menyuarakan klaimnya atas wilayah tersebut meski dinilai telah mengingkari Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

Jakarta – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan klaim Tiongkok atas Traditional Fishing Ground … Selengkapnya

mondial

Selasa, “Crisis Center” Bahas Opsi Pembebasan

Senin 27/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Belum terealisasinya patroli bersama untuk mengamankan wilayah perbatasan disebabkan saat ini Filipina masih dalam masa transisi pemerintahan.

JAKARTA — Crisis center sedang mengkaji opsi-opsi yang akan diambil pemerintah untuk membebaskan tujuh warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok bersenjata di Filipina.

“Mungkin hari Selasa (28/6), kita sudah dapatkan jawaban permulaan kemungkinan opsiopsi yang akan kita ambil,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan seusai menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2016 di Jakarta, Minggu (26/6).

Dalam rapat terbatas, Jumat pekan lalu, dengan Menlu, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Bakamla, Menteri Pertahanan dan Menko Polhukam, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk mengaktifkan kembali crisis center. Crisis center tersebut bertugas mendalami kronologi kejadian penyanderaan tujuh anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia dan mencari letak atau lokasi penawanan mereka di Filipina. Crisis center tersebut dipimpin langsung oleh Sesmenko Polhukam, Mayjend TNI Eko Wiratmoko. Saat ini crisis center itu sedang mengidentifikasi kasus ini.

Ketujuh WNI itu merupakan anak buah kapal tugboat Charles 001 dan tongkang Robi 152. Mereka disandera dalam dua waktu berbeda di sekitar Laut Sulu pada 20 Juni lalu. Luhut menjelaskan, dari hasil identifikasi yang dilakukan oleh crisis center itu, tim akan bertemu dan menentukan opsi tindakan apa yang akan dilakukan negara untuk menyelamatkan tujuh WNI yang disandera militan Abu Sayyaf itu. “Selasa pagi, kita rapat lagi. baru kita tentukan sikap,” kata Luhut.

Ketika ditanya tentang efektivitas kerja sama atau patroli bersama di laut yang telah disepakati antara pemerintah Indonesia, Filipina dan Malaysia, Luhut menegaskan bahwa hasil pertemuan antara tiga negara, Indonesia, Filipina, dan Malaysia di Yogyakarta, pada 5 Mei 2016 itu, implementasinya belum berjalan.

“Ya, itu sudah dibicarakan oleh panglima TNI, ada beberapa yang belum jalan dari kesepakatan trilateral itu. Memang belum semua pihak melaksanakan itu,” ujar dia.

Poin kesepakatan utama dari pertemuan trilateral itu adalah patroli bersama ketiga negara di wilayah perairan untuk mencegah kejahatan transnasional, termasuk aksi pembajakan kapal. Kesepakatan lainnya adalah, peningkatan koordinasi pemberian bantuan cepat bagi warga dan kapal yang sedang berada dalam keadaan bahaya, peningkatan kerja sama pertukaran informasi intelijen antara ketiga negara, serta pembentukan saluran hotline untuk koordinasi saat terjadi ancaman keamanan dan keadaan darurat.

Masa Transisi

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebelumnya beralasan, belum terealisasinya patroli bersama untuk mengamankan wilayah perbatasan disebabkan saat ini Filipina tengah dalam masa transisi pemerintahan. Kendati demikian, Indonesia, kata dia, telah menyerahkan pola kerja sama pengamanan yang dapat diimplementasikan kepada Malaysia dan Filipina.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Penerangan AL Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto dalam keterangan tertulisnya, mengatakan TNI Angkatan Laut saat ini tengah menggali informasi dari enam anak buah kapal (ABK) tugboat Charles 001 dan tongkang Robi 152 yang bersandar di Balikpapan setelah dibebaskan penyandera.

Tiongkok Tolak India Bergabung di NSG

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BEIJING – Sikap pemerintah Tiongkok tidak berubah. Negara Tirai Bambu itu menentang India untuk masuk menjadi anggota Nuclear Suppliers Group (NSG). Pernyataan sikap tersebut, disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Jumat (24/6), dalam pertemuan anggota-anggota NSG di Ibu Kota Seoul, … Selengkapnya

“Brexit” Hambat Unifikasi Eropa

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa menghasilkan keputusan keluarnya Inggris (Brexit) dari UE. Hasil ini menuai beragam komentar dan tanggapan dari sejumlah pemimpin Eropa.

 LONDON – Hasil referendum Inggris yang keluar pada Jumat (24/6) kemarin, menyatakan keluarnya Inggris dari UE. … Selengkapnya

“Brexit” Ancaman Bagi Semangat Globalisasi

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Bagi masyarakat Inggris, 23 Juni 2016 akan menjadi hari yang tidak terlupakan. Setelah melalui perdebatan selama bertahun-tahun, akhirnya masa penentuan tiba. Pada hari itu, masyarakat Inggris berbondong-bondong melaksanakan referendum untuk memutuskan keluar dari Uni Eropa (UE) atau tetap bertahan dengan … Selengkapnya

ekonomi

RI Bakal Makin Tertinggal Jika Ikuti Pasar Bebas

Senin 27/6/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Arus balik proteksionisme Inggris juga akan diterapkan negara maju ke Indonesia. Ekonomi RI terpuruk karena menteri terkait tak pahami konstelasi perdagangan global.

JAKARTA – Keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa atau British Exit (Brexit) dinilai justru akan memperkuat posisinya di antara kekuatan ekonomi global lain. Jika selama ini dikenal ada “4 Macan Dunia”, yakni Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Jepang, dan Uni Eropa maka sekarang ditambah Inggris menjadi “5 Macan Dunia”.

Bagi Indonesia, perubahan kekuatan ekonomi global itu diperkirakan berdampak buruk karena tidak siap mandiri di bidang industri maupun pertanian pangan. Indonesia sebagai negara yang masih lemah bakal makin tertinggal karena harus mengikuti aturan pasar bebas yang didominasi negara maju.

Kepala Laboratorium Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Adde Maruf Wirasenjaya, mengatakan terlalu gegabah menganggap Inggris sedang gali lubang kubur sendiri dengan kemenangan Brexit.

Sebab, lanjut dia, Inggris adalah negara besar yang saat ini menjadi antitesa dari optimisme regionalisme dan keterbukaan. Pada akhirnya, kepentingan nasional menjadi konsep dan ukuran yang langgeng terutama aspek ekonomi, kepastian hidup yang nyata bagi mayoritas warganya.

“Kesepakatan-kesepakatan regionalisme tidak boleh berlangsung elitis lagi. Brexit adalah pelajaran, konteks di kita adalah, memaksa masuk kesepakatan global tapi triple defisit, seperti sekarang inilah yang dirasakan rakyat. Maka harus dievaluasi segera,” kata Adde saat dihubungi, Minggu (26/6).

Menurut ekonom senior UGM Yogyakarta, Revrisond Baswir, pilihan rakyat Inggris keluar dari Uni Eropa merupakan pukulan telak bagi cita-cita terbentuknya pasar yang bisa menyelesaikan segala persoalan. Pasar ternyata tidak bisa mengatur dirinya sendiri.

“Peraturan yang nyata-nyata mengatur pasar. Dan peraturan itu dibuat oleh negara maju. Maka kalau Indonesia masuk ke pasar yang peraturan dibuat oleh negara lain, tidak ada masa depan lain bagi Indonesia kecuali hanya akan menjadi negara pecundang,” kata dia, Jumat (24/6).

Aturan negara maju itu cenderung mengacu pada sistem pasar bebas yang digagas pertama kali oleh ekonom Adam Smith.

Sebelumnya, seorang menteri bidang ekonomi Indonesia berpendapat Brexit menguntungkan Indonesia. Pernyataan itu sungguh sangat disayangkan, karena sebenarnya Brexit dan kemungkinan pecahnya Uni Eropa bukan melemahkan Inggris secara perdagangan, justru untuk memperkuat diri agar tidak terpaksa membuka pintu.

Kalau Inggris menerapkan proteksi, Uni Eropa bisa dipastikan juga tidak akan membuka pintu. Artinya, jika Uni Eropa juga menerapkan proteksi kepada Inggris, bisa dipastikan bakal menerapkan kebijakan serupa ke negara lain termasuk Indonesia. Padahal, Indonesia tegolong negara lemah dan terbelakang, sektor industrinya ketinggalan 50 tahun.

Revrisond mengungkapkan sekalipun banyak pejabat tidak khawatir dengan Brexit namun pada saatnya nanti Indonesia akan terkena pengaruh juga. Apalagi, dalam kabinet ada menteri yang tidak menyadari bahwa perekonomian Indonesia itu rapuh dan tidak paham persaingan dunia. “Menteri itu gemar impor dan melemahkan industri pertanian sehingga Indonesia menjadi tidak siap menghadapi proteksi yang dibangun Inggris,” papar dia.

Indonesia juga akan menghadapi kesulitan besar karena tidak pernah siap menghadapi arus balik dari proteksi negara yang sudah maju. Hal ini terjadi karena kebergantungan Indonesia pada impor pangan sudah akut akibat rent seeking dan kroni.

Perhitungan Ulang

Adde menegaskan pemerintah Indonesia harus segera membuat perhitungan ulang untuk bisa memastikan bahwa kesepakatan yang dibuat oleh negara kuat, seperti Trans-Pacific Partnership (TPP), akan menguntungkan rakyat banyak.

Menurut dia, logika tentang rakyat dipojokkan pada kompetisi akan berbenah adalah logika menggampangkan persoalan. Pertanyaan mendasarnya justru, apa yang sudah dilakukan negara untuk meningkatkan daya saing nasional.

“Kalau cuma patuh pada aturan yang dibuat negara maju, itu bukan kerja. Kerja adalah saat tangan negara hadir memberi kekuatan pada rakyat, menghalau kartel, membuat peraturan yang berpihak pada rakyat secara luas,” kata Adde.

SKL BLBI Menyalahi UU Kekayaan Negara

Senin 27/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyatakan akan melanjutkan penyelidikan kasus dugaan korupsi terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) patut diapresiasi. Untuk itu, KPK mesti bertindak cepat agar kasus penyalahgunaan wewenang di sektor … Selengkapnya

Menguat Diikuti Aksi Beli

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan cenderung melemah. Pada perdagangan awal pekan, Senin (20/6), IHSG ditutup menguat naik 0,59 persen atau 28,39 poin ke level 4.863, asing tercatat melakukan aksi jual … Selengkapnya

Tertekan Dampak “Brexit”

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (24/6) sore, melemah 105 poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.353 rupiah per dollar AS. Pelemahan disebabkan dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) atau Brexit.

“Sentimen Inggris keluar dari … Selengkapnya

rona

Liza Natalia: Rahasia Bugar Selama Ramadan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski di bulan Ramadan, kegiatan berpuasa jangan sampai menghalangi untuk tetap rutin berolahraga. Setidaknya begitu menurut Liza Natalia. Penyanyi, aktris dan instruktur senam ini mengatakan meski berpuasa bulan Ramadan, kita harus tetap menjaga kebugaran. “Olah raga yang bisa kita lakukan, waktunya itu saat mendekati jam-jam berbuka puasa,” kata Liza, baru-baru ini, di bilangan Senayan, Jakarta.

Liza menyebut olah raga tidaklah harus yang berat-berat, olah raga ringan pun bisa dilakukan menjelang berbuka, dan setelah berbuka sebelum makan besar. “Olah raga bisa aja dilakukan di kantor, atau pada saat kita di mall, ada jam-jam tertentu kita bisa melakukan olah raga, sebaiknya satu jam sebelum buka puasa. Olah raga ringan aja, seperti streching, yoga. Tidak boleh yang berat. Itu tidak disarankan, karena akan cepat membuat haus,” ujar Liza.

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, menurutnya tak hanya soal olah raga saja, namun juga perlu menjaga pola makan yang baik. Agar tubuh bugar saat berpuasa, Liza juga punya tips sehat. “Untuk sahur, saya menyarankan tidak makan makanan yang manismanis. Teh manis pun jangan terlalu banyak. Usahakan lebih memperbanyak air putih dan buah,” ucap artis kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 ini.

Liza pun juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat. “Lebih baik banyak makanan yang mengandung serat atau biji-bijian. Tapi kalau banyak makan makanan yang berat, justru akan membuat kita lemas dan cepat lapar,” saran kakak ipar artis Ashanty ini.

Liza menganjurkan, pada saat berbuka puasa, sebisa mungkin disarankan tidak langsung makan makanan yang berat. “Karena membuat kita gampang lemas dan ngantuk. Sebisa mungkin diusahakan bertahap, takjil dulu, minum, baru makan berat. Jadi kalau bisa bertahap aja. Kalau yang kebiasaan olah raga, sehabis minum air putih, kurma, takjil segala macam, baru olah raga,” tutur bintang film drama komedi Cintaku di Rumah Susun ini.  yzd/S-1

Calvin Harris Buka Suara Soal Taylor Swift

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Calvin Harris akhirnya buka mulut perihal berakhirnya jalinan cinta dengan Taylor Swift. DJ Skotlandia itu menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi antara ia dan penyanyi 26 tahun itu dengan membalas komentar penggemar di Instagram.

Dalam beberapa jawaban yang ia unggah, Harris … Selengkapnya

Peduli Kesehatan dan Lingkungan melalui Kompetisi

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menjaga lingkungan bukan tugas orang per orang, melainkan menjadi tugas semua elemen masyarakat. Pasalnya, menjaga lingkungan melibatkan semua kepentingan.

Banyak cara untuk menanamkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan atau menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan terhadap anak, salah satunya melalui berbagai kegiatan … Selengkapnya

Led Zeppelin Menang Gugatan Hak Cipta “Stairway to Heaven”

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Grup music legendaris Led Zeppelin memenangi kasus gugatan hak cipta yang dilayangkan terhadap anggota grup band rock asal Inggris itu, setelah juri menolak klaim bahwa petikan gitar pembuka Stairway to Heaven diambil dari band asal AS, Spirit.

Keputusan juri, yang … Selengkapnya

megapolitan

Pemudik Gunakan Kereta Api Diprediksi 1,5 Juta Orang

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Antisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan jasa kereta api, PT KAI mensiagakan 52 KA Reguler.

 Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memprediksi jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran 2016 meningkat 5 persen hingga sebanyak 1.598.000 penumpang dibandingkan pada 2015 sebanyak 1.519.487 penumpang.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang, Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 52 KA reguler, 14 KA tambahan, dan 7 KA fakultatif yang bisa dijalankan sewaktu-waktu selama masa posko angkutan Lebaran 26 Juli-17 Juli 2016. 

“Selama masa angkutan Lebaran ada 73 perjalanan KA dengan jumlah 37.948 tempat duduk yang tersedia setiap harinya,” kata Senior Manager Humas PT KAI Persero Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno saat ditemui di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Ia mengatakan tiket perjalanan KA untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual, sedangkan untuk tujuan Jawa Barat seperti Cirebon, Tegal, dan Bandung masih 65 persen tersedia.

Bambang menambahkan Daop 1 Jakarta menambah fasilitas di stasiun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Penambahan fasilitas yang disediakan antara lain mencakup mesin cetak tiket mandiri (CTM) dan posko kesehatan. 

“Mesin CTM sudah kita tambah dari yang tadinya 26 unit sekarang jadi 30 unit tersebar di stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, dan Bogor,” kata Khusus untuk stasiun Gambir dan Pasar Senen yang semula memiliki masing-masing 8 dan 7 CTM, jumlahnya telah ditambah menjadi masing-masing 12 CTM.

Sementara untuk pos kesehatan telah disediakan di setiap stasiun mulai dari stasiun Merak, Sukabumi, hingga Cikampek. “Namun, pos kesehatan yang jam operasionalnya sampai 24 jam hanya di stasiun-stasiun khusus yakni Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, dan Cikampek,” ujar Bambang.

Daop 1 Jakarta memprediksi jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran 2016 meningkat 5 persen hingga sebanyak 1.598.000 penumpang dibandingkan pada 2015 sebanyak 1.519.487 penumpang.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang, Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 52 KA reguler, 14 KA tambahan, dan 7 KA fakultatif yang bisa dijalankan sewaktu-waktu selama masa posko angkutan Lebaran 26 Juli-17 Juli 2016. “Selama masa angkutan Lebaran ada 73 perjalanan KA dengan jumlah 37.948 tempat duduk yang tersedia setiap harinya,” kata Bambang.

Ia mengatakan tiket perjalanan KA untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual, sedangkan untuk tujuan Jawa Barat seperti Cirebon, Tegal, dan Bandung masih 65 persen tersedia.

Bus Gratis

Sementara itu Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Latif Usman megatakan Polda Metro Jaya menyiapkan armada bus gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. “Kami siapkan empat bus untuk mengangkut pemudik menggunakan sepeda motor yang berlebihan penumpang,” kata Ajun Komisaris Besar Latif Usman

Latif menyebutkan armada bus yang mengangkut pemudik itu disiagakan di titik pemeriksaan Kedung Waringin Bekasi Jawa Barat. Pihak kepolisian akan menyiapkan tujuh lokasi pemeriksaan terhadap pemudik menggunakan sepeda motor di sepanjang Kalimatang hingga Bekasi.

Dijelaskan Latif, petugas kepolisian akan memeriksa pemudik menggunakan sepeda motor bagi yang berpenumpang lebih akan diturunkan.

Selanjutnya, petugas akan membawa dan memindahkan pemudik itu menuju pos terdekat guna meneruskan perjalanan menuju kampung halamannya menggunakan bus gratis.

Bus tanpa ongkos perjalanan tersebut menurut Latif akan membawa pemudik hingga menuju Semarang Jawa Tengah. Latif mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor memperhatikan keselamatan berlalu lintas. Ant/P-5

Tiga Pengadang Gubernur Ahok Ditangkap

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Polres Jakarta Utara menangkap tiga orag yang diduga terlibat demo anarkis dan pengadangan rombongan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, usai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Penjaringan Indah, Kamis (23/6).

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Daniel … Selengkapnya

PNS Pemprov DKI Dilarang Terima Parsel

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengharapkan tak seorang pun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima parsel saat lebaran mendatang. “PNS jangan terima parsel ya. Tidak boleh,” kata Djarot di Jakarta, … Selengkapnya

Pengunjung Mulai Padati Pasar Tanah Abang

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kurang dari dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai ramai dikunjungi masyarakat khususnya kaum perempuan. Pasar Tanah Abang menjadi surga berbelanja fesyen karena jenis dan model yang bervariatif.

Pantauan Koran Jakarta sejak … Selengkapnya

olahraga

Meksiko Pertahankan Osorio

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MEXICO CITY – Federasi Sepak Bola Meksiko tetap mempertahankan posisi Juan Carlos Osorio sebagai pelatih tim nasional, meskipun “El Tri” kalah telak 0-7 dari juara bertahan Chile pada laga perempat final kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016.

Meski tersingkir selepas pertandingan di Santa Clara, California, AS, pada Sabtu (18/6), Meksiko menjadi salah satu tim unggulan pada Piala Amerika ke- 100 itu dengan jumlah pendukung yang melimpah dalam setiap pertandingannya.

Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Meksiko, Guillermo Cantu mengatakan sebuah konferensi pers tentang kepergian Osorio bukanlah pilihan yang bagus. Pelatih asal Kolombia itu akan tetap melatih tim Meksiko hingga Piala Dunia 2018 di Rusia yang merupakan tugas utama Osorio sejak Oktober 2015.

“Hasil dari Copa America kemarin adalah gagal, tapi tujuan kami adalah Piala Dunia Russia 2018. Kami harus mempercayakan tim dan dengan pemimpin seperti Juan Carlos Osorio,” Kata Cantu, seperti dilansir ESPN, Kamis (23/6) waktu setempat. “Kami harus mempercayai seseorang, karena itu kami bisa melihat apa yang akan terjadi setelahnya,” lanjutnya.

Kekalahan dari Chile pada perempat final, yang disebut sebagai kekalahan paling pahit dan memalukan dalam sejarah sepak bola Meksiko oleh sebagian media di negara itu, mengakhiri 22 pertandingan tidak terkalahkan.  ben/Rtr/S-2

Portugal Serukan Kebangkitan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Portugal akan tampil lebih tajam untuk menang setelah imbang pada tiga laga babak penyisihan grup.

LYON – Setelah berhasil melaju ke babak sistem gugur Piala Eropa 2016 dengan hanya meraih tiga hasil imbang, Portugal siap untuk merebut kemenangan saat berhadapan … Selengkapnya

Cedera, Azarenka Mundur dari Ajang Wimbledon

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Petenis asal Belarusia, Victoria Azarenka mengundurkan diri dari arena Grand Slam Wimbledon akibat cedera lutut kanan yang menimpanya. Azarenka sebenarnya menempati unggulan keenam di ajang ini dan prestasi terbaiknya mencapai babak semifinal di tahun 2001 dan 2012. Cedera … Selengkapnya

Demi Kehormatan

Sabtu 25/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tuan rumah Amerika Serikat akan berupaya mengakhiri partisipasi di Copa America Centenario 2016 dengan berada di level terbaik, finis di posisi ketiga.

ARIZONA – Amerika Serikat dan Kolombia akan bertemu untuk kedua kalinya di ajang Copa America Centenario, Minggu (26/6) … Selengkapnya

kupas

Pemilu Akan Lebih Efesien Jika Disatukan

Sabtu 25/6/2016 | 02:33
A   A   A   Pengaturan Font

Simplikasi paket Undang-Undang Politik, mendesak dilakukan. Paket UU Politik itu sendiri terdiri dari UU Pemilu Legislatif, UU Pemilihan Presiden, UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah dan UU Penyelenggara Pemilu.

Saat ini, kesemua regulasi tentang pemilihan berdiri sendiri. Kerapkali, karena jadi UU tersendiri, terjadi tumpang tindih. Antara satu klausul dengan yang lain, acapkali saling bertentangan. Padahal menyangkut isu yang sama.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sendiri telah menunjukan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum sebagai ‘leader’ perumus naskah simplikasi paket UU Politik. Seperti dituturkan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo, telah dibentuk tim khusus yang juga melibatkan para pakar untuk menyusun naskah tersebut. Sekarang, tim sudah mulai bekerja menyusun naskah.

Untuk mengetahui, sudah sejauhmana tim penyusun naskah simplikasi paket UU Politik bekerja, Wartawan Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Profesor Djohermansyah Djohan.

Mantan Dirjen Otonomi Daerah tersebut, adalah salah satu anggota tim perumus naskah simplikasi paket UU Politik. Berikut petikan wawancaranya.

Pemerintah sepakat akan melakukan simplikasi paket UU Politik. Kira-kira UU apa saja yang akan disatukan?

Setidaknya ada tiga Undang-Undang yang terkait dengan pemilihan umum. Tiga UU itu, yakni UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden atau biasa disebut UU Pilpres. Lalu UU Penyelenggara Pemilu, dan UU Pemilu Legislatif.

Tiga UU itu yang akan disatukan. Namanya nanti apa jika sudah disatukan?

Nanti, namanya UU Penyelenggaraan Pemilu. Tapi kan itu baru usulan nama saja. Belum final.

Pemerintah sudah bentuk tim. Anda salah satu yang masuk jadi anggota tim. Tim sekarang sudah bekerja?

Sudah. Sudah mulai bekerja. Bahkan draf pendahuluan sudah dibuat. Bila sudah dibuat, dan disatukan.

Apa sebenarnya manfaatnya?

Bila sudah disatukan, ini akan jadi payung hukum penyelenggaraan pemilihan di Indonesia. Ini akan jadi payung hukum pelaksanaan Pilpres yang digelar bersamaan dengan Pileg.

Kalau bicara manfaat ya banyak. Misalnya, rakyat atau pemilih kan tidak perlu lagi bolak-balik ke TPS untuk memilih anggota legislatif, lantas memilih kembali lagi milih presiden dan wakil presiden. Mereka cukup sekali saja datang ke TPS, bisa milih legislatifnya juga eksekutifnya.

Manfaat lainnya? Ini ju

ga sangat bermanfaat bagi penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu. Jadi mereka hanya satu persiapannya, tak lagi seperti dulu mempersiapkan Pileg, setelah itu Pilpres.

Dua kali bekerja. Sekarang satu kali bekerja. Dari sisi energi, waktu juga mungkin anggaran juga akan lebih hemat.

Dari sisi isu. Kira-kira isu krusial yang akan masuk dalam simplikasi paket UU Politik apa saja?

Isu yang masuk, salah satunya tentang sistem pemilu, apakah tetap proporsional terbuka, seperti yang kita pakai pada pemilu 2014 atau proporsional tertutup. Sekarang menguat agar proporsional terbuka kembali diubah menjadi proporsional tertutup.

Pemerintah sendiri condongnya seperti apa? Kita

bukan bicara condongnya seperti apa. Kita tugasnya susun sistem yang terbaik. Paling baik. Ya, suara dari partai-partai yang muncul sekarang kan kuatnya agar sistem itu dikembalikan ke sistem proporsional tertutup.

Jadi kalau kembali ke proporsional tertutup, partai yang tentukan daftar. Jadi, nanti pemilih itu coblos gambar partai, bukan caleg. Kalau terbuka kan caleg.

Tapi menurut partai, proporsional terbuka itu memunculkan konflik di internal. Konflik antar caleg dalam satu partai.

Pemilih pun banyak juga yang bingung, karena tak kenal caleg-calegnya yang ada dalam kerta suara.

Sepertinya akan kembali ke proporsional tertutup?

Ya tidak juga. Nanti ya, tidak serta merta langsung diubah begitu saja menjadi proporsional tertutup. Prinsipnya bukan mentahmentah kembali ke proporsional tertutup.

Pastinya ada penyempurnaan- penyempurnaan. Misalnya, dalam menentukan nomor urut nantinya parpol juga perlu melakukan semacam pemilihan pendahuluan.

Targetnya kapan simplikasi paket UU Politik bisa selesai?

Ada dua tahap. Untuk tahap I, kita harapkan pada tahun 2016 ini, harus sudah selesai penyatuan beberapa UU.

Yang disatukan UU Pemilihan Presiden, UU Pemilu Legislatif dan UU Penyelenggara Pemilu. Nanti kan hasilnya berupa UU Penyelenggaraan Pemilu. Ini yang akan digunakan untuk pemilu pada bulan April tahun 2019.  agus supriyatna/AR-3

 

“Kami Menambah Loket Penjualan dan E-Ticketing”

Jumat 24/6/2016 | 06:18
A   A   A   Pengaturan Font

Penumpukan penumpang yang biasa terjadi menjelang arus mudik dan balik saat pengendara ingin naik kapal penyeberangan diharapkan tidak terjadi lagi pada Lebaran kali ini.

Guna mewujudkan layanan penyeberangan yang aman, lancar, nyaman dan selamat sampai tujuan, PT ASDP Indonesia Ferry … Selengkapnya

Kehidupan Keluarga Tito Sederhana dan Jauh dari Kesan Glamor

Kamis 23/6/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hari ini Komisi III DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal menggantikan Kapolri Jenderal … Selengkapnya

Sikap Indonesia di Perairan Natuna Sudah Benar

Rabu 22/6/2016 | 02:30
A   A   A   Pengaturan Font

Insiden pengusiran 10-12 kapal pencuri ikan asing yang sedang mencari ikan di perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Jumat (17/6) telah menimbulkan ketegangan antara Indonesia dan Tiongkok.

Beijing secara resmi mengajukan surat protes kepada pemerintah Indonesia atas insiden tersebut, dimana satu … Selengkapnya

berita lain

KPR iB BTN Beri Kontribusi Sejuta Rumah di Aceh

Jumat 24/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Potensi bisnis perbankan berbasis iB di Propinsi Aceh diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar terhadap realisasi program sejuta rumah dengan layanan KPR iB Bank BTN. Dengan potensi yang besar itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menambah lagi kantor cabang … Selengkapnya

“Payment Gateway” Permudah Transaksi UKM

Kamis 23/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sistem pembayaran saat ini masih menjadi salah satu kendala bagi sistem pembayaran produk usaha kecil. UKM butuh solusi tanpa ribet agar pembeli dapat melakukan berberapa pilihan transaksi tanpa harus memiliki portal e- commerce.

Biasanya sistem pembayaran dimiliki pelaku ecommerce dengan … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya