Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 25 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Kapal Terbalik di Malaysia, 8 WNI Tewas Tenggelam

Senin 25/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JOHOR BARU. – Sebuah kapal yang memuat imigran Indonesia tenggelam di perairan Pantai Batu Layar, Kota Tinggi, Malaysia. Sebanyak delapan orang tewas tenggelam, 20 orang hilang, dan 34 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Taufiqur Rijal selaku perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru menyatakan jasad korban tewas akan secepatnya dipulangkan ke Tanah Air.

Sedangkan untuk korban selamat lainnya, pemerintah Indonesia mengupayakan pemulangan pula tanpa harus ada pemeriksaan lanjutan oleh imigrasi Malaysia.

“Didapat kesepakatan bersama untuk dapat segera memproses korban selamat dipulangkan ke Indonesia sebagai korban kapal tenggelam tanpa melalui proses hukum,” kata Taufiqur, Minggu (24/7).

Sebelumnya, Kepala Polisi Kota Tinggi, Inspektur Rahmat Othman, mengatakan polisi pertama kali menerima laporan dari masyarakat yang mendengar teriakan minta tolong dari perairan pada Sabtu (23/7) malam, sekitar pukul 21.45 waktu setempat.

Tim Operasi Pencarian dan Penyelamatan (SAR) yang terdiri dari polisi, Marine Operations Force (MOF) dan pemadam kebakaran langsung menyisir lokasi kejadian. “Pada siang hari ini, tujuh mayat telah ditemukan terdiri dari dua laki-laki dan lima perempuan berusia antara 20 dan 40,” kata Othman.

Othman mengatakan berdasarkan penyelidikan awal, setidaknya diketahui ada sekitar 60 orang di perahu nahas tersebut. “Orang Indonesia itu diyakini hendak menuju Batam ketika insiden itu terjadi,” ujarnya.

Saat ini, menurut Othman, operasi SAR mencoba fokus pencarian hingga tiga mil dari pantai. Proses ini melibatkan sekitar 12 polisi laut, dua anggota dari kantor polisi Rengit, serta lima petugas pemadam kebakaran.

Sementara itu, Direktur Imigrasi Kementerian Luar Negeri Malaysia, Datuk Rohaizi Bahari, mengatakan berdasarkan pemeriksaan awal, hanya tiga dari 34 korban yang berhasil diselamatkan, yang memiliki paspor.

Para imigran ilegal ini diketahui mengeluarkan biaya antara 500 hingga 1.200 ringgit kepada nahkoda kapal. “Rencananya, mereka akan berkumpul di hutan sebelum keluar dari Malaysia lewat jalur tidak resmi,” kata Bahari.

Bahari menuturkan berdasarkan cerita korban, kapal tersebut dihantam gelombang besar dengan ketinggian antara satu sampai dua meter.

“Sehingga menyebabkan kapal terbalik,” tuturnya. Sementara itu, skuad Pos Sepang Royal Artillery 21 pimpinan Letnan Muhammad Aiman Zainuddin menahan 34 imigran illegal yang selamat tersebut.

Mereka terdiri dari 26 laki-laki dan delapan perempuan dengan rata-rata berusia antara 20-50 tahun. Saat ini semuanya diserahkan ke pihak Imigrasi Malaysia.

“Mereka kini berada di Kompleks Rumah Menteri di Setia Tropika, untuk tindakan lebih lanjut,” kata Zainuddin. Ant/AR-2

Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jaksa Masih Minim

Sabtu 23/7/2016 | 06:54
A   A   A   Pengaturan Font

Pemberantasan korupsi di Tanah Air masih jauh dari harapan. Institusi yang berperan menangani masalah korupsi ini harus bersinergi dan serius mencegah dan juga memberantas korupsi.

Jakarta – Jaksa Agung Agung HM Prasetyo mengakui minimnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan Agung. … Selengkapnya

Ubah Limbah Batu Bara Jadi Bahan Baku Beton

Sabtu 23/7/2016 | 06:21
A   A   A   Pengaturan Font

Saat hujan deras, ditambah lagi dengan buruknya sistem drainase, dapat dipastikan sejumlah jalan nasional akan tergenang air. Akibatnya jalanan tersebut tidak hanya menghambat kelancaran lalu lintas, tapi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Untuk menjawab kebutuhan dan persoalan tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan … Selengkapnya

KPK Periksa Anggota DPR Terkait Suap

Sabtu 23/7/2016 | 06:16
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengungkap kasus dugaan penyuapan kepada panitera PN Jakut, Rohadi terkait pengurusan perkara asusila penyanyi Saipul Jamil, KPK memeriksa anggota DPR, Sareh Wiyono.

JAKARTA – KPK memeriksa anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerinda, Sareh Wiyono. Dia diperiksa sebagai … Selengkapnya

mondial

Banjir dan Longsor di Tiongkok Tewaskan 154 Orang

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SHANGHAI – Kantor berita Xinhua pada Minggu (24/7) mewartakan sekurangnya telah 154 orang tewas dan puluhan ribu warga kehilangan tempat tinggal setelah hujan lebat yang memicu banjir dan longsor melanda wilayah utara Provinsi Hebei, Tiongkok.

“Ada sekitar 154 orang tewas dan 111 orang lainnya masih hilang dalam bencana hujan lebat yang memicu banjir dan longsor di utara Provinsi Hebei,” demikian ditulis Xinhua yang mengutip keterangan dari Kementerian Hubungan Sipil Tiongkok.

Bencana banjir dan longsor di Hebei juga dilapor telah merusak sekitar 50 ribu unit rumah. Selain melanda Hebei, dilaporkan akibat hujan lebat juga telah mengakibatkan kerusakan di di wilayah pusat Provinsi Henan.

Menurut keterangan media dan laporan pemerintahan daerah, bencana banjir di Tiongkok kali ini telah menyebabkan penderitaan bagi 8,6 juta penduduk. Banjir juga dilaporkan telah mengakibatkan lebih dari 1,5 juta hektare tanaman siap panen mengalami kerusakan serta kerugian ekonomi sebesar lebih dari 20 milyar yuan. Rtr/Xinhua/I-1

Polisi Thailand Hukum Gadis Cilik Perobek Daftar Pemilih

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Dua gadis berusia delapan tahun dituntut telah melakukan pelanggaran peraturan kampanye referendum Thailand yang dijadwalkan berlangsung 7 Agustus mendatang, karena merobek kertas daftar pemilih tertempel di dinding. Hal itu disampaikan pihak polisi Thailand pada Minggu (24/7).

“Kedua gadis … Selengkapnya

Kebakaran Lahan di LA Paksa Ratusan Warga Mengungsi

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LOS ANGELES – Sebuah jilatan api yang merembet amat cepat, diwartakan pada Sabtu (23/7) malam waktu Amerika Serikat (AS) telah menyebabkan lahan seluas 20 ribu ekar di sekitar kawasan perbukitan Santa Clarita, barat laut Los Angeles, hangus terbakar.

“Kebakaran mulai … Selengkapnya

Ledakan di Kabul Tewaskan 80 Orang

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 KABUL – Dua ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Kabul, Afghanistan, pada akhir pekan lalu, diwartakan pada Minggu (24/7) telah menewaskan sekitar 80 orang dan melukai lebih dari 230 orang. Atas aksi teror itu, kelompok militan Islamic State (ISIS) … Selengkapnya

ekonomi

SUN Dipengaruhi “Profit Taking”

Senin 25/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Perlu diwaspadai adanya investor yang mencoba untuk ambil posisi jual dengan harapan bisa kembali mengkoleksi di harga bawah.

JAKARTA – Adanya aksi ambil untung (profit taking) di pasar Surat Utang Negara (SUN) membuat laju penguatannya cenderung tertahan, bahkan bisa terjadi pelemahan. Apalagi hal tersebut diikuti dengan kondisi global yang kembali mengkhawatirkan.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan meski laju pasar obligasi masih memiliki ruang untuk bergerak positif namun, mulai adanya aksi ambil untung yang diikuti kondisi global yang kembali dikhawatirkan dapat membuat laju pasar obligasi cenderung tertahan penguatannya. “Bahkan bisa juga diselingi dengan pelemahan,” ungkapnya Minggu (24/7).

Belum lagi, ditambahkan Reza, perlu diwaspadai juga bahwa masih adanya sebagian investor yang mencoba untuk ambil posisi jual dengan harapan bisa kembali mengkoleksi di harga bawah. “Nantinya akan membuat laju pasar obligasi kembali terkonsolidasi,” tambahnya.

Menurut Reza, tetapnya BI rate meski pihaknya menilai cukup positif namun, belum tentu juga dianggap positif oleh pasar obligasi dimana harapan akan penurunan level BI rate menjadi sirna untuk menjadi stimulus pasar obligasi. Kondisi ini pun masih membutuhkan konfirmasi lebih lanjut untuk mendukung arah kenaikan lanjutan. Oleh karenanya waspadai potensi pelemahan lanjutan. Kemungkinan laju harga obligasi dapat bergerak dengan rentang pergerakan di kisaran ± 5 hingga 15 bps. “Untuk itu, tetap cermati perubahan dan antisipasi sentimen yang ada,” imbuhnya.

Bergerak Terbatas

Sedangkan analis obligasi MNC Securities, I Made Adi Saputra, memperkirakan harga SUN akan cenderung bergerak terbatas, dengan masih berpeluang untuk mengalami penurunan jelang pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika.

Setelah mencermati agenda ekonomi domestik, pelaku pasar akan kembali fokus terhadap pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika (FOMC Meeting), Federal Reserve, yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (26/7) Rabu (27/7) waktu setempat. “Investor global akan mencermati kebijakan moneter yang akan diambil oleh bank sentral tersebut, setelah beberapa indikator ekonomi Amerika di bulan Juni 2016 menunjukkan perbaikan,” ujarnya.

Secara tehnikal, menurut Made, harga SUN masih berada pada tren kenaikan harga sehingga dalam jangka pendek masih berpeluang untuk mengalami kenaikan. Hanya saja harga SUN yang rata – rata masih berada pada area jenuh beli (overbought), akan membatasi potensi kenaikan harga dan bahkan membuka peluang terjadinya koreksi harga secara terbatas.

“Kami menyarankan pada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN, dengan melakukan strategi trading jangka pendek memanfaatkan momentum kenaikan harga SUN. Kami masih merekomendasikan jual untuk FR0056, sementara itu opsi beli untuk seri FR0058, FR0068 dan FR0072,” pungkas Made. n

Total Emisi Obligasi dan Sukuk Menjadi Rp56,02 Triliun

Senin 25/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) membukukan total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2016 senilai 56,02 triliun rupiah. Total emisi obligasi dan sukuk tersebut terdiri dari 42 emisi dari 35 emiiten.

Mengutip keterangan resmi BEI, … Selengkapnya

Aliran Dana Asing Masih akan Terus Masuk

Senin 25/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Aliran dana asing masih akan terus masuk ke pasar modal domestik. Sentimen yang datang baik dari global, seperti Brexit dan kebijakan tax amnesty menjadi sentimen positif pasar.

Analis saham PT First Asia Capital, David Nathanael Sutyanto, mengatakan … Selengkapnya

Waspadai Risiko “Bubble” Ekonomi

Senin 25/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Instrumen investasi, baik di sektor keuangan maupun riil, perlu diperbanyak untuk menampung dana repatriasi dari program amnesti pajak sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan bubble ekonomi.

JAKARTA – Derasnya aliran dana masuk (repatriasi) dari program pengampunan pajak atau tax amnesty perlu diantisipasi. … Selengkapnya

rona

Pokemon Akan Dibawa ke Layar Lebar

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Legendary Entertainment bersama The Pokemon Company membawa Pokemon ke layar lebar lewat film live action yang detilnya masih dirahasiakan. Ceritanya akan mengikuti perjalanan Detektif Pikachu, karakter yang dibuat dari game Jepang bernama sama.

Versi video game-nya bercerita tentang Tim Goodman, pria muda yang pergi mencari ayahnya yang hilang ke Rhyme City, tempat ia bertemu dengan Pikachu.

Ini akan menjadi film live action pertama Pokemon, yang pernah dibuat versi film animasi berjudul “Pokemon: The First Movie” di Amerika Serikat pada November 1999 disusul dengan “Pokemon: The Movie” tahun 2000, “Pokémon 3: The Movie”, “Pokemon 4Ever”, dan “Pokémon Heroes”.

Demam Pokemon kembali melanda pemain game berkat game Pokemon Go yang membuat pemain dapat menangkap monster-monster virtual di dunia nyata.

Seri game Pokemon pertama kali diperkenalkan pada 1996 dan video game itu terjual 279 juta unit di seluruh dunia berdasarkan data The Pokemon Company, yang juga menunjukkan bahwa 21,5 miliar trading card dikirim ke 74 negara dan serial animasinya sudah tayang hingga 19 musim.

Universal Pictures mengatur distribusi film di luar Jepang, sementara Toho akan mengatur distribusi di Jepang. Produksi film live action Pokemon akan dimulai tahun depan menurut siaran laman Entertainment Weekly.  Rtr/S-2

Menikmati Kuliner Murah Meriah di Jakarta

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mendengar nama DKI Jakarta, banyak bayangan yang melintas di pikiran. Antara lain sebagai ibukota negara, macetnya, langganan banjir, budaya betawinya, obyek wisatanya, dan lainnya. Lantas, bagaimana dengan kuliner kota Jakarta? Tentunya banyak tempat kuliner yang bisa di datangi buat siapapun … Selengkapnya

Seni Jadi Penggerak Sosial

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sekelompok seniman dari berbagai komunitas yang ada di Polandia bekerja sama dengan seniman dan berbagai komunitas yang ada di Indonesia menghelat pameran seni rupa kontemporer di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia pada Juni 22 Juli 2016. Dengan mengetengahkan tajuk, “Social … Selengkapnya

Aneka Kue Tradisional dari Makassar

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada saat pesta pernikahan, menyambut tamu istimewa atau hari raya, maka selalu disajikan aneka makanan khas yang telah dilakukan secara turun temurun. Seiring dengan perjalanan waktu, berbagai makanan istimewa tersebut menjadi kesukaan masyarakat sekitar dan dapat dibuat kapan saja, tidak … Selengkapnya

megapolitan

“Car Free Day” Jadi Ajang Berburu Pokemon

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Warga Jakarta memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) untuk berolahraga atau berjalan santai sambil menikmati udara segar di jantung Ibu Kota. Namun sejumlah anak muda sengaja datang ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk berburu monster Pokemon.

Muhammad Dian Manunggal, 22 tahun, asal Semarang, Jawa Tengah. Dia sengaja datang lebih pagi ke CFD untuk berolahraga sekaligus berburu Pokemon yang sedang menjadi hobi barunya saat ini. “Dari pagi selain olahraga jalan sehat, menyempatkan mencari Pokemon,” kata Dian di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/7).

Menurut Dian, mencari Pokemon di kawasan CFD sangat gampang karena sangat banyak dibandingkan tempat lainnya yang harus mencari dan menunggu lama. Selain jumlahnya yang banyak, Pokemon di kawasan CFD juga bagus-bagus.

Sementara itu dalam Gerakan Kebaikan Keluarga Indonesia, Bogor, Game Pokemon Go jadi bahan puisi sastrawan Indonesia Taufik Ismail.

Puisi yang berkisah tentang keluarga Indonesia dibacakan Taufik dari kitap tebal yang berisi catatan-catatan puisinya dihadapan ratusan tamu undangan.

Isi puisi tersebut berkisah seorang anak yang mengenal Taufik lalu menanyakan kepadanya apakah manusia itu hidup mengejar waktu atau waktu yang mengejar manusia. Pertanyaan itu menggugah maestro penyair tersebut hingga mengabadikannya dalam sebuah karya sastra.

Pada pertemuan kedua kalinya ketika sang anak tumbuh dewasa, percakapan antara Taufik dan pemuda itupun kembali terjadi. Hingga sebuah pertanyaan muncul tentang apa perbedaan antara kehidupan zaman dulu dengan zaman sekarang.

Melalui puisinya Taufik menjawab dengan makna yang mengandung unsur kritik sosial. 

“Di zaman dulu ketika belum ada korupsi, belum ada kekerasan terhadap perempuan, belum ada potongan 10 persen, belum ada tawuran, belum ada dana fiktif, belum ada beramai-ramai menghabiskan anggaran akhir tahun, belum ada potongan 20 persen, belum ada yang namanya tawuran, belum ada yang namanya Pokemon Go,” kata Taufik.

Zaman dahulu, lanjut Taufik yang ada hanya keikhlasan dan kesederhanaan, Model-model Indonesia dahulu digerakkan kebaikan, keikhlasan yang dapat membawa kebahagiaan. 

nis/Ant/P-5

Tangerang Raih Adipura Kirana

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Kota Tangerang kembali meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Penghargaan Adipura untuk kategori Metropolitan yang diraih tahun ini adalah Adipura Kirana … Selengkapnya

Disdik Bekasi Akui 32.520 Siswa Tak Tertampung

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengakui 32.520 siswa atau 70 persen pelajar tidak tertampung pada saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) daring (online 2016), karena daya tampung sekolah negeri sudah penuh.

“Untuk itu siswa yang tidak … Selengkapnya

DKI dan PT Godang Hitung Aset Bantargebang

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI –  Dinas Kebersihan DKI Jakarta bersama mantan pengelola  Tempat Pengelolaan Samph Terpadu (TPST)  Bantargebang, PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan Navigat Energy Indonesia (NOEI) mulai menghitung jumlah aset milik masing-masing.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji mengatakan, penghitungan aset … Selengkapnya

olahraga

Pogba Kembali ke Manchester United

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Manchester United (MU) akan menyelesaikan kesepakatan transfer 110 juta pounds yang merupakan rekor tertinggi musim ini, untuk membawa kembali gelandang Juventus Paul Pogba ke Old Trafford pekan ini. Pogba hengkang dari MU ke Juventus di era Sir Alex Ferguson pada 2012.

Menurut dailymail kesepakatan itu kian dekat setelah agen Pogba Mino Raiola terbang ke Miami untuk membicarakan detail kontrak tersebut. Kepastian Pogba pergi dari Juventus setelah klub raksasa kota Turin itu dipastikan mendapatkan Gonzalo Higuaian dari Napoli.

Namun menurut mantan bintang MU, Paul Scholes, harga transfer selangit tersebut tidak sepadan untuk Pogba. “Uang sebanyak itru hanya pantas untuk pemain yang setidaknya telah mencetak 50 gol untuk satu musim, seperti Cristiano Ronaldo,” papar Scholes.

Kembalinya Pogba ke MU juga telah diisyaratkan pelatih Jose Mourinho yang memastikan timnya masih akan aktif berburu pemain terutama gelandang sentral guna menutup bisnis transfer mereka jelang memasuki musim baru.

Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Zlatan Ibrahimovic telah resmi mendarat di Old Trafford musim panas ini dan diyakini kehadiran Paul Pogba dari Juventus akan melengkapi kepingan transfer Mourinho.

“Kami sangat yakin dengan pasar transfer yang ada. Sejauh ini target kami empat pemain, satu bek tengah, gelandang, penyerang dan pemain bertipe kreatif dan ketika kami menuntaskannya maka skuat akan seimbang,” ujar Mourinho.

MU sendiri kalah dari Borussia Dortmund 4-1 di ajang International Champions Cup di Tiongkok, Jumat (22/7).

“Kami tak diperkuat Ibrahimovic, Marouane Fellaini, Anthony Martial, Morgan Schneiderlin. Banyak yang tak ada. Bursa transfer masih dibuka hingga 31 Agustus dan terkadang ada beberapa hal yang terjadi di luar perkiraan dan akan ada reaksi untuk itu. Namun kami 75 persen menuju tuntasnya target transfer dan saat nanti kami merekrut satu gelandang, maka pekerjaan krusial dinyatakan selesai,” paparnya.

Kedatangan Pogba diperkirakan akan mengancam keberadaan Juan Mata di MU. Mourinho mengarsiteki Chelsea ketika Mata meninggalkan Stamfor Bridge untuk bergabung dengan United pada Januari 2014, setelah ia dua kali berturut-turut memenangi penghargaan Pemain Terbaik Klub dalam dua musim sebelumnya di Setan Merah.

“Ia berada di sini dan ia bekerja keras. Ia tahu apa yang saya tahu adalah ia merupakan pemain bagus dan ia memiliki ruang di skuad. Sampai 31 Agustus, pasar masih terbuka bagi siapapun pemain saya tidak bahagia, namun sejujurnya menurut saya ia bahagia,” tutur Mourinho kepada BBC.

Mata menyumbang enam gol dari 38 penampilannya di Liga Inggris musim lalu, ketika United finis di peringkat kelima. S-1

Liverpool Boyong Wijnaldum

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Striker asal Belanda Giorginio Wijnaldum telah bergabung dengan Liverpool dari klub yang terdegradasi Newcastle United. Demikian diungkap “The Reds” Sabtu (23/7). Tidak ada biaya transfer yang diungkapkan namun laporan media mengatakan sebesar 25 juta pound atau sekitar 500 … Selengkapnya

Neymar Ingin Emas Olimpiade

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Neymar telah mendukung Rogerio Micale untuk memimpin Brasil merebut medali emas Olimpiade ketika ajang yang berlangsung di Rio itu dimulai bulan depan. Micale, pelatih tim Brasil U-20 dan U-23, telah mengejutkan Neymar dengan kualitas karyanya sejauh ini dan itu berarti … Selengkapnya

Persaingan Pep dan Mou Pecah di Tiongkok

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski hanya ajang uji coba, namun pertemuan di antara dua pelatih top itu menyita banyak perhatian.

SHANGHAI – Pep Guardiola dan Jose Mourinho akan memulai rivalitas baru dalam derby Manchester yang digelar di tempat yang jaraknya lebih dari 5.000 mil … Selengkapnya

kupas

“Kami Temukan Adanya Indikasi Persekongkolan”

Sabtu 23/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dua produsen sepeda motor ternama, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YMMI) dan PT Astra Honda Motor (AHM), diduga kuat melakukan praktik monopoli penjualan sepeda motor skuter matik 110-125 cc.

Dugaan ini dilayangkan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), lembaga yang menangani masalah persaingan usaha tidak sehat di dalam negeri.

Guna mengetahui alasan KPPU menuding Yamaha dan Honda melakukan pengaturan harga, berikut wawancara Koran Jakarta dengan Ketua KPPU, Muhammad Syarkawi Rauf.

Apa temuan KPPU sehingga memperkaralah Yamaha dan Honda?

Kedua perusahaan ini diduga melakukan pelanggaran dengan cara memonopoli pasar. KPPU telah melakukan penyelidikan selama 2 tahun, tepatnya sejak tahun 2013 hingga 2014. Penyelidikan dilakukan pada semua motor matik dengan kapasitas mesin 110 hingga 125 cc, karena relevan dengan pasarnya. Setelah menemukan alat bukti KPPU pun memanggil kedua perusahaan tersebut untuk mengikuti pemeriksaan.

Apa alasannya sehingga KPPU harus melakukan investigasi perdagangan sepeda motor jenis skutik matik tersebut?

Alasan kami cukup kuat, kami temukan adanya indikasi persekongkolan dari jalinan komunikasi melalui surat elektonik antara petinggi direksi kedua produsen sepeda motor tersebut. Mereka berkoordinasi untuk menyesuaikan harga harga jual jenis sepeda motor tersebut di dalam negeri. Kami menemukan tren harga sepeda motor YMMI selalu mengikuti kenaikan harga motor pabrikan AHM. Selain itu, dari beberapa keterangan yang kami dapatkan ada struktur harga yang kami lihat idealnya harga sepeda motor jenis itu dijual sekitar 7- 8 juta rupiah per unit, tetapi faktanya sekarang, justru berbeda yakni sampai 15 juta rupiah. Berdasarkan itu kami akan melakukan penelitian, jangan-jangan ini kemahalan.

Apa ada kerugian lain dari praktik bisnis semacam ini?

Selain motif menguasai pasar dan meningkatkan penjualan, kami menduga persekongkolan tersebut juga dilakukan untuk menghalangi pelaku usaha baru masuk ke industri sepeda motor.

Ada motif melakukan kartel yaitu menambah keuntungan bagi pemain tersebut dan menjegal adanya pesaing baru di pasar. Atas dasar beberapa hal itulah kami melakukan penyelidikan, kemudian karena ada dua alat bukti yang cukup, kam kemudian mengangkat perkara ini ke proses penyelidikan untuk selanjutnya ditingkatkan lagi ke persidangan.

Terus, apa alasannya sehingga kasus ini perlu untuk ditelusuri?

Perlu disadari, ada dua pemain besar dalam pasar industri sepeda motor di Indonesia. Keduanya yakni Yamaha dan Honda. Jika dijumlahkan, dua perusahaan ini menguasai sekitar 97 persen pangsa pasar sepeda motor skutik. Industri yang terkonsentrasi seperti ini sangat berpeluang terjadinya kombinasi antara dua perusahaan dalam rangka menguasai penjualan.

Apa yang diperiksa KPPU?

KPPU telah menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan kartel kedua perusahaan. Sidang perdana itu telah digelar pada Selasa (19/7) lalu, dengan agenda Pemeriksaan Pendahuluan Perkara Nomor 04/ KKPU-I/2016. Perkara itu terkait dengan Dugaan Pelanggaran Pasal 5 Ayat (1) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam industri sepeda motor jenis skuter matik 110-125 cc di Indonesia, yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Lalu, keduanya hadir untuk mengikuti sidang?

Tidak, pada sidang pertama ini hanya Yamaha yang hadir mengikuti persidangan, sementara Honda absen.

Apa langkah KPPU selanjutnya?

Majelis komisi akan melakukan pemeriksaan pendahuluan dalam jangka waktu 30 hari terhitung sejak 19 Juli 2016 hingga 30 Agustus 2016 untuk menyimpulkan perlu atau tidak dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kedua perusahaan itu diberi waktu untuk memberi sanggahan hingga 26 Juli mendatang.

Sanggahan itu juga sekaligus untuk membuktikan bahwa kedua perusahaan sepeda motor asal Jepang ini tidak bersalah atau tidak bekerja sama dalam mengatur harga jual motor matik dengan kapasitas mesin 110-125 cc. Setidaknya itu mementahkan dugaan KPPU terkait praktik bisnis tidak sehat.

Jika diperlukan, apa yang akan dilakukan dalam sidang selanjutnya?

Majelis Komisi akan memberi kesempatan kepada terlapor yakni Yamaha dan Honda untuk mengajukan tanggapan terhadap dugaan pelanggan. Kedua perusahaan juga perlu menyertakan nama saksi dan ahli serta surat atau dokumen lainnya, demi mendukung bantahan tuduhan yang dibuat oleh investigator.

Jika terbukti salah, apa denda yang diberikan terhadap kedua perusahaan itu?

Sesuai dengan regulasinya, jika terbukti besala maka keduanya harus membayar. Adapun nilanya paling tinggi 25 miliar rupiah.

“Kalau Ibu Mega yang Meminta, Saya Enggak Bisa Jawab”

Jumat 22/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam berbagai hasil survei terkait elektabilitas calon Gubernur DKI Jakarta, nama Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok, masih yang tertinggi. Peluang Ahok yang berstatus petahana tersebut cukup besar untuk memenangi pemilihan 2017.

Beberapa nama memang sudah muncul sebagai calon … Selengkapnya

Kami Ingin Profesional Jalankan Tugas dan Jaga Nama Baik KPU

Kamis 21/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja menetapkan ketuanya yang baru, setelah menggelar rapat pleno pada Senin malam hingga Selasa dini hari kemarin. Juri Ardiantoro, eks Ketua KPU, terpilih menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal sehari setelah lebaran.

Sebelumnya untuk mengisi … Selengkapnya

Kegiatan Kontra Radikalisasi Harus Tetap Berjalan

Rabu 20/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah beberapa tahun menjadi buruan aparat, Ketua Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tinombala. Melalui baku tembak di daerah Tambarana, Palu, Sulawesi Tengah pada Senin (18/7) Satu orang lagi yang tewas diketahui bernama Muchtar.

Selengkapnya

berita lain

Elemen Penting dalam Perawatan Rumah

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perawatan rumah merupakan kunci utama untuk menciptakan suasana rumah yang sehat dan nyaman. Dalam merawat rumah, harus diperhatikan informasi mengenai hal-hal penting agar rumah tetap terlihat indah.

Ketika sebuah rumah tetap terjaga kebersihan dan perawatannya, tentu saja tidak akan ditemui … Selengkapnya

Ponsel ‘Middle’ Mulai Support VR

Kamis 21/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Era multimedia menuntut ponsel pintar memiliki kemampuan lebih baik. Hadirnya konten virtual reality (VR) menuntut pordusen ponsel berinovasi dalam menghadirkan ponsel mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Di tengah pasar smartphone yang sedang lesu Lenovo tampaknya berusaha terus eksis. Kali ini … Selengkapnya

Civic R Versi Standar Cetak Rekor Waktu

Rabu 20/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keluaran terbaru dari Honda yaitu All New Honda Civic Type R berhasil mendapatkan beberapa prestasi dalam hal waktu.

Pada sesi tes resmi yang dilakukan oleh di lima sirkuit balap kelas dunia yaitu sedan ini berhasil mencetak waktu terbaru. Pada sesi … Selengkapnya