Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 10 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pengadilan Tinggi Perberat Hukuman Fuad Amin

Rabu 10/2/2016 | 09:14
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat hukuman mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron. Hukuman Fuad Amin menjadi 13 tahun ditambah denda 1 miliar rupiah subsider 6 bulan kurungan dan pencabutan hak memilih dan dipilih karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

“Fuad Amin terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Menjatuhkan pidana penjara selama 13 tahun dan denda 1 miliar rupiah subsider 6 bulan kurungan serta dijatuhi pidana tambahan berupa pencabutan hak memilih dan dipilih selama 5 tahun sejak selesai menjalani pidana penjara,” kata Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, M Hatta, di Jakarta, Selasa (9/2).

Pada 19 Oktober 2015, pengadilan tingkat pertama memutuskan Fuad Amin divonis 8 tahun dan denda 1 miliar rupiah subsisder enam bulan penjara. Vonis itu jauh lebih rendah dibanding tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) KPK yang menuntut Fuad untuk divonis selama 15 tahun penjara dan denda 3 miliar rupiah subsider 11 bulan kurungan.

Fuad Amin dinilai terbukti melakukan pidana korupsi dengan menerima suap 15,45 miliar rupiah dan melakukan tindak pidana pencucian uang senilai 354,448 miliar rupiah sehingga KPK menyatakan banding. “Majelis membuat putusan pada 3 Februari 2016 dengan ketua majelis hakim Elang Prakoso Winowo,” tambah Hatta.

Diapreasiasi KPK
Atas putusan banding tersebut, JPU KPK akan mendiskusikannya dengan pimpinan. “Saat ini JPU masih menunggu salinan putusannya. Kami mengapresiasi putusan banding termasuk putusan mencabut hak politik. Untuk upaya hukum selanjutnya sedang didiskusikan dengan pimpinan,” kata pelaksana harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati.

Dalam perkara ini, Fuad melakukan tiga perbuatan pidana. Pertama, Fuad mendapatkan uang 15,65 miliar rupiah dari PT Media Karya Sentosa (MKS) sebagai balas jasa atas peran Fuad mengarahkan tercapainya Perjanjian Konsorsium dan Perjanjian Kerjasama antara PT MKS dan Perusahaan Daerah (PD) di Bangkalan PD Sumber Daya.

Kedua, Fuad terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dalam kurun waktu Oktober 2010-Desember 2014 yaitu menerima uang dari PT MKS sejak bulan Oktober 2010-Desember 2014 sebesar 14,45 miliar rupiah dan menerima uang dari pemotongan realisasi anggaran SKPD Pemkab Bangkalan sekitar 10 persen dari Oktober 2010-2014 yaitu sebesar 182,574 miliar rupiah. Ketiga, Fuad melakukan pidana pencucian uang pada periode 2003-2010 sebagaimana dakwaan ketiga. n Ant/N-3

Masyarakat Butuh Informasi Cepat dan Mendalam

Rabu 10/2/2016 | 09:10
A   A   A   Pengaturan Font

Kemajuan teknologi membuat masyarakat sekarang membutuhkan informasi yang cepat dan mendalam atas segala hal yang terjadi di sekitar mereka.

MATARAM – Ketua Dewan Pers Bagir Manan menyoroti kian cepatnya masyarakat memperoleh informasi melalui media daring. Meski kecepatan informasi adalah hal … Selengkapnya

Tersangka Penjual Ginjal Akan Bertambah

Rabu 10/2/2016 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Mabes Polri menduga ada sindikat lain yang melakukan jual beli ginjal selain tiga orang yang telah ditangkap sebelumnya. Polisi terus mengembangkan kasus tersebut agar biisa mengungkap secara tuntas. “Tersangka kemungkinan akan bertambah. Kasus ini akan terus dikembangkan,” kata … Selengkapnya

KemenPAN-RB Laporkan 17 Portal ke Polisi

Rabu 10/2/2016 | 01:13
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melaporkan 17 portal yang mengunggah informasi bohong dan menyesatkan tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016 ke Mabes Polri. Selain tidak benar, informasi tersebut dikhawatirkan akan membuka celah terjadinya … Selengkapnya

mondial

Otoritas Taiwan Tahan Pengembang Apartemen Wei-guan

Rabu 10/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

TAINAN. – Otoritas berwenang untuk wilayah Tainan, Taiwan menahan para pengembang yang bangunan apartemennya remuk digoyang gempa bumi, Selasa (9/2).

Direktur Bidang Hukum pemerintah Kota Tainan Hsiao Po-jen, mengatakan para pengembang itu ditahan atas tuduhan telah melakukan kelalaian hingga berakibat jatuhnya korban jiwa. Korban tewas dalam gempa bumi, Sabtu (6/2) pukul 04.00 waktu Taiwan itu, paling banyak ditemukan di gedung apartemen, Wei-guan Golden Dragon Building.

Sementara itu Wakil Sekjen pemerintah Kota Tainan, Liu Shih-chung, mengatakan telah mengeluarkan surat penahanan terhadap Lin Ming-hui beserta dua rekannya, pengembang yang membangun Wei-guan Golden Dragon Building. Para pengembang yang ditahan, ditanyai soal kualitas konstruksi bangunan, khususnya bahan-bahan yang digunakan.

Kaleng Minyak Goreng

Sedangkan sejumlah saksi mata mengatakan di tempat reruntuhan ditemukan kaleng-kaleng minyak goreng yang dibungkus dan diletakkan di rongga dinding yang terpapar oleh kerusakan. Ada pula lubang persegi empat di tempat reruntuhan.

Mediamedia di Taiwan mewartakan, ada dugaan penggunaan polystyrene sebagai balok pendukung yang kemudian dicampur dengan beton. Gedung apartemen Weiguan Golden Dragon Building memiliki 17 lantai.

Pada lantai paling rendah gedung Weiguan Golden Dragon Building diisi oleh toko-toko. Bangunan berbentuk huruf U ini, selesai dibangun pada 1994 dan telah menjadi gedung pencakar langit yang paling remuk diguncang gempa bumi pada akhir pekan lalu. Ada lebih dari 100 orang penghuni di sana yang masih masuk dalam daftar orang hilang.

Mereka diperkirakan terkubur dalam puing-puing. Upaya pencarian dan evakuasi yang dilakukan tidak berhasil menemukan korban selamat. Wakil Wali Kota Tainan, Tseng Shu-cheng, mengatakan jumlah korban hilang sebanyak 103 orang dan pencarian masih dilakukan.

WNI Terluka

Di tempat terpisah, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan hingga saat ini baru ditemukan 10 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban luka dalam gempa bumi di Tainan itu.

Sekedar informasi, jumlah WNI yang terdata di wilayah tersebut sebanyak 17.000 jiwa. Dari jumlah itu, 16.800 diantaranya adalah buruh migran dan sisanya pelajar serta WNI lainnya.

Gempa bumi di Tainan terjadi Sabtu (6/2) pukul 04.00 waktu Taiwan, dengan kekuatan skala 6.4 SR. Gempa berpusat di sekitar Tainan, Kaohsiung, Pintung dengan kedalaman dangkal 16 km. Setidaknya 4 gedung besar, termasuk bangunan aparte men, runtuh akibat gempa tersebut. Kota Tainan sendiri diperkirakan berpenduduk 2 juta orang.  uci/rtr/P-4

Kanada Akhiri Misi Anti-ISIS di Irak dan Suriah

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

OTTAWA – Perdana Menteri Justin Trudeau, pada Senin (8/2) menyatakan bahwa pemerintah Kanada akan segera menarik 6 unit pesawat tempur mereka yang diikutsertakan dalam misi koalisi internasional untuk menggempur kubu prtahanan kelompok militan Islamic State (ISIS) baik yang ada di … Selengkapnya

Tabrakan Kereta di Bavaria, 9 Penumpang Tewas

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BAD AIBLING – Pihak kepolisian Jerman, dalam keterangan pers melaporkan ada sembilan orang tewas dan lebih dari seratus penumpang lainnya mengalami luka-luka saat terjadi tabrakan kereta komuter dekat Kota Bad Aibling atau sekitar 60 kilometer sebelah tenggara Munchen pada Selasa … Selengkapnya

Menlu Filipina Mundur

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Presiden Filipina, Benigno Aquino, pada Senin (8/2) sore, telah menerima surat pengunduran diri Albert del Rosario dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Filipina. Menurut keterangan del Rosario, 76 tahun, pada Reuters, diplomat senior yang jadi ujung tombak Manila … Selengkapnya

ekonomi

Saham IPO Rawan “Digoreng”

Rabu 10/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Saham dengan kapitalisasi pasar yang kecil rawan dipermainkan investor besar.

JAKARTA – Pada pekan ini dua emiten akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni PT Mitra Pemuda Tbk dan PT Mahaka Radio Integra Tbk. Prospek emiten yang akan melantai di pekan ini melihat pada pergerakan sahamnya akan rawan dipermainkan oleh investor.

Analis Infovesta Utama, Beben Feri Wibowo melihat harga penawaran Initial Public Offering (IPO) dan jumlah saham yang ditawarkan, kedua emiten tersebut memiliki kapitalisasi sangat kecil, yaitu PT Mitra Pemuda Tbk (+/- 0,001 persen dibandingkan kapitalisasi bursa) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (+/- 0,002 persen) sehingga pergerakan sahamnya sangat rawan dipermainkan oleh investor dengan modal yang besar.

“Kapitalisasi pasar kedua emiten tersebut sangatlah kecil, sehingga pembentukan harga saham kedua emiten tersebut di Bursa cenderung rawan dipermainkan oleh investor,” ungkapnya kepada Koran Jakarta, Selasa (9/2).

Kendati demikian, melihat pada kondisi sekarang menurut Beben, bisa saja saham emiten tersebut diminati oleh investor. Dalam hal ini investor memiliki kebiasaan mengoleksi saham-saham yang baru IPO atau listing di Bursa untuk mencari return cukup tinggi di awal perdagangan, meski kepemilikannya hanya bersifat sementara.

PT Mahaka Radio Integra Tbk menawarkan harga IPO di batas bawah 750 rupiah, sebelumnya rentang harga IPO 750-1.000 rupiah. Sedangkan, PT Mitra Pemuda menetapkan harga IPO di batas tengah 185 rupiah, sebelumnya rentang harga IPO 150-220 rupiah.

Analis saham PT Anugrah Sentra Investama, Yusuf Nugraha mengatakan kalau meliat pada prospek industrinya cukup bagus. Apalagi untuk PT Mahaka Radio Integra Tbk di mana industri media sekarang ini tumbuh, seiring dengan permintaan pasar terutama jasa periklanan. Dengan tumbuhnya permintaan pasar untuk jasa periklanan maka mendorong prospek saham Mahaka. “Pendapatan terbesar dari industri media radio berasal dari iklan,” ujarnya.

Kendati demikian, kalau melihat ruang lingkup industrinya terbatas dan pendapatannya hanya mengharapkan dari iklan saja, sehingga benefit ke investor tidak terlalu signifikan. Ditambah lagi, banyak perusahaan besar melakukan efisiensi biaya termasuk biaya iklan. Apalagi di saat ini konsumsi masyarakat masih rendah.

Beben menjelaskan penetapan harga merupakan kesepakatan antara underwriter dan emiten dengan menyesuaikan kondisi fundamental dan prospek bisnis emiten, tetapi tidak bisa menjadi tolak ukur minat atau tidaknya investor. Bahkan bisa saja penetapan harga tersebut merupakan strategi underwriter dan emiten yang sengaja menetapkan harga di bawah agar terlihat relatif lebih murah, sehingga membuka peluang terjadinya oversubscribed.

Target IPO

Mengacu pada target Bursa yang ingin memasukkan lebih dari 35 emiten baru di tahun ini menurut Beben peluangnya sangat kecil. Paling tidak perusahaan yang IPO tahun ini akan mendekati pencapaian tahun lalu sekitar 16 emiten atau maksimal sekitar 20an emiten.

Meskipun, faktor yang dapat mendukung optimisme Bursa, tentunya datang dari kebijakan pemerintah yang sangat diharapkan untuk merealisasikan target pencapaian ekonomi dan pembangunan infrastruktur sesuai dengan APBN 2016, meski hambatan dan tantangan masih mengadang.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak empat perusahaan masuk dalam daftar proses pelepasan sebagian saham atau penawaran umum perdana saham (IPO).

“Ada empat perusahaan yang masuk dalam pipeline IPO di BEI,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Selasa.

Ia mengharapkan bahwa optimisme pasar terhadap ekonomi nasional pada 2016 ini yang mulai membaik akan meningkatkan ekspansi sejumlah perusahaan domestik, diharapkan perusahaan-perusahaan nasional memanfaatkan pasar modal untuk meraih dana ekspansi.

“Perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal dengan melepas sebagian sahamnya, atau menerbitkan surat utang (obligasi),” katanya.

Bursa Saham Mulai Bergairah

Rabu 10/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Nilai transaksi harian meroket mencapai 9,51 triliun rupiah pada akhir perdagangan pekan lalu. Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menyentuh level 4.798 atau naik 3,96 persen dibanding penutupan pekan sebelumnya.

Hal ini menandakan optimisme di pasar … Selengkapnya

Perusahaan Asuransi Fokus Garap “Bancassurance”

Rabu 10/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perusahaan asuransi kini mulai fokus mengembangkan kanal distribusi bancassurance yang kontribusi terhadap pendapatan premi terus meningkat. Ini karena perkembangan bancassurance dalam mendongkrak pendapatan premi di industri asuransi cukup pesat dan hampir menyamai saluran keagenan.

Prospek kanal distribusi … Selengkapnya

Jabar Tingkatkan Jumlah Wirausaha Baru Tahun Ini

Rabu 10/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Barat berkomitmen meningkatkan jumlah pelaku usaha guna memperkuat daya saing perekonomian setempat di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Karenanya, UMKM, tahun ini menargetkan mencetak dua ribu wira usaha baru … Selengkapnya

rona

Roger Danuarta Manfaatkan Kesempatan di Tahun Monyet Api

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Momentum Imlek dimanfaatkan Roger Danuarta berkumpul dengan keluarga besarnya. Beberapa tradisi saat Imlek pun selalu menjadi ritual penghangat suasana saat berkumpul bersama.

“Ritual biasa ya, wajib kumpul keluarga. Apalagi keluarga besar catchingup. Tradisi makan, angpao, seruseruan, becanda sama keluarga,” ujar Roger ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, barubaru ini.

Aktor dan penyanyi kelahiran Jakarta, 20 Mei 1982 ini menyebut Imlek adalah sebuah perayaan tahun baru, juga merayakan musim semi di awal tahun. Tradisi bagi-bagi angpao pun menjadi rutinitas di keluarga Roger. Namun, Roger tak ingin menyebut jumlah angpao yang diterimanya “Nggak boleh disebut. Yang pasti masih dapatlah. Kan belum nikah,” tutur putra sulung dari penata rambut terkenal Johnny Danuarta ini.

Mengenai makna tahun ini yang merupakan tahun monyet api, Roger mengaku tidak terlalu mengerti. “Nggak gitu ngerti ya. Tapi monyet kan diibaratkan pintar dan lincah. Jadi pintar mengambil kesempatan saja. Api kan panas. Jadi istilahnya ini bersemangat,” sebut aktor yang turut berlakon di sinetron 7 Manusia Harimau ini.

Sayangnya, di momen bahagia ini Roger tak lagi bersama ayah tercinta. Roger jelas merindukan masa-masa kebersamaannya dengan sang ayah di saat merayakan Imlek. “Banyak kenangan yang udah kita lakuin sih. Bokap itu orangnya rame. Dia pasti yang paling niat buat hias rumah untuk seru- seruan. Ya paling momen yang gitu,” papar Roger.

Artis yang belum lama ini bebas dari tahanan lantaran kasus narkoba itu berharap apa yang diusahakannya tahun ini bisa berjalan lancar dan sukses seperti yang diinginkannya.

“Ya kan monyet nih, semoga bisa ambil kesempatan yang ada di tahun ini,” pungkas Roger.  yzd/S-2

Memperlakukan Bumi secara Lebih Beradab

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski baru pertama kali digelar, Festival Iiklim 2016 mampu memberi pengaruh besar atas keberlangsungan kehidupan di bumi.

Alam belakangan terlihat begitu “murka” terhadap manusia selaku penghuninya.Berdasarkan catatan, bencana alam hasil dari perubahan iklim terus menerus berdatangan,badai, cuaca ekstrem hingga efek meningkatnya virus Zica, yang … Selengkapnya

Ratu Bidadari Siap Buktikan Tuduhan ke Ian Kasela

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi dangdut, Ratu Bidadari, menegaskan dirinya siap membuktikan tuduhannya terhadap Ian Kasela. Perempuan yang juga dikenal dengan sebutan Ratu Gogel (Goyang Gelombang) ini akan menjalani visum untuk membuktikan adanya tindak pencabulan seperti yang telah dia laporkan ke Kepolisian Daerah Metropolitan … Selengkapnya

Katarak Salah Satu Penyebab Kebutaan

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak yang menganggap enteng, ketika terkena katarak. Padahal, katarak adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan, sekaligus berpengaruh pada tingkat produktivitas.

Ketua Komite Mata Nasional, Andy F Noya mengungkapkan, tingginya jumlah orang dengan katarak di Indonesia amat memengaruhi produktivitas … Selengkapnya

megapolitan

Juli 2016, Universitas Pertamina Terima Mahasiswa Baru

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation segera membuka Universitas Pertamina. Kampus Universitas Pertamina di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Pada Juli 2016. Universitas dengan enam fakultas ini sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru

“Pendirian Universitas Pertamina sejalan dengan kemajuan industri, globalisasi, dan pertumbuhan ekonomi dunia yang menuntut peningkatan kebutuhan akan SDM yang berkualitas yang tangguh dan mampu bersaing di bidang pengelolaan energi,” ujar Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Umar Fahmi di Jakarta, Selasa (9/2)

Pertamina Foundation, kata Umar Fahmi, ditunjuk sebagai pengelola Universitas Pertamina sesuai aturan yang berlaku untuk pengelolaan perguruan tinggi non-perguruan tinggi negeri (PTN).
Universitas Pertamina akan memulai tahap pembelaran pertama pada tahun ajaran baru, Juli mendatang. Dia memperkirakan, setiap program studi sarjana minimal 60 mahasiswa. pin/P-5

Cap Go Meh Bogor Street Digelar 22 Februari

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR –  Pesta rakyat Cap Go Meh Bogor Street Festival yang menjadi agenda tahunan Kota Bogor, Jawa Barat, kembali akan digelar 22 Februari 2016. “Cap Go Meh itu diperingati setiap hari ke 15 setelah Imlek, tahun ini jatuh pada tanggal … Selengkapnya

Pemerintah harus Serius Hadapi Gelombang PHK

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) DKI Jakarta menilai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masal di tanah air merupakan dampak dari anjloknya harga minyak dunia.  Hal  tersebut terjadi, Sehingga daya beli global yang semakin menurun sehingga banyak produk yang … Selengkapnya

“Teman Ahok” Yakin Capai 1 juta KTP

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penantang Ahok Pilkada DKI Jakarta terus bermunculan. Mulai dari Ridwan Kamil yang digadang gadang PKS, Sandiaga Uno yang ditunjuk Prabowo sebagai cagub Gerindra, Abraham ‘Lulung’ Lunggana dan Yusril Ihza Mahendra.

JAKARTA – Teman Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) optimis dukungan 1 … Selengkapnya

olahraga

Milan Dihantam Cedera

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Harapan AC Milan untuk menembus kualifikasi Liga Champions mendapat hantaman pada Senin (9/2) waktu setempat, setelah Juraj Kucka dan M’Baye Niang bergabung dengan Giacomo Bonaventura dalam daftar pemain cedera klub menjelang serangkaian pertandingan kunci.

Kucka, gelandang serba bisa yang didatangkan juara Eropa tujuh kali itu pada musim panas silam, berpeluang absen pada pertandingan liga akhir pekan ini melawan bekas klubnya Genoa setelah mengalami cedera otot saat bermain imbang 1-1 dengan Udinesea pada Minggu.

“Juraj Kucka mengalami cedera pada salah satu otot di paha kirinya. Kebugaran sang gelandang akan dinilai kembali dalam tujuh sampai sepuluh hari,” kata Milan pada pernyataannya pada Senin.

Penyerang Prancis Niang merupakan tambahan hebat untuk skuad Milan sejak kembali dari masa pinjaman di Genoa tahun lalu, namun ia harus menjalani sejumlah tes setelah mengalami “kerusakan otot” pada akhir pekan. Bonaventura absen pada pertandingan akhir pekan di San Siro karena cedera pinggul.

Pelatih Sinisa Mihajlovic mengatakan pada pekan lalu bahwa penyerang Mario Balotelli hanya bugar untuk menjadi pemain pengganti, sedangkan penyerang Prancis Jeremy Menez belum pulih sepenuhnya dari cedera jangka panjang.

Penyerang asal Brasil Luiz Adriano juga belum bugar sepenuhnya untuk memainkan pertandingan secara penuh, membuat Mihajlovic hanya memiliki sedikit pilihan untuk mendampingi penyerang asal Kolombia Carlos Bacca.

Milan menghuni peringkat keenam dengan terpaut 16 angka dari pemuncak klasemen Napoli, dan tertinggal enam angka dari tim peringkat ketiga Fiorentina.  Ant/S-1

Xabi Alonso Siap Hadapi Jadwal Ketat

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Xabi Alonso mengatakan Bayern Muenchen harus pada kondisi terbaik menghadapi jadwal ketat selama sebulan ke depan yang dimulai dengan laga perempat final DFB-Pokal kontra Bochum, Kamis (11/2) dini hari WIB.

Juara Bundesliga telah menetapkan pandangan mereka memenangkan treble winner di … Selengkapnya

Menuju Rekor Baru

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Luis Enrique menatap rekor sementara Gary Neville berada di pinggir jurang saat Barcelona dan Valencia bentrok.

VALENCIA – Luis Enrique bisa membuat sejarah bagi Barcelona ketika tim juara bertahan itu berhadapan dengan Valencia di leg kedua semi final Copa del … Selengkapnya

Leicester Tak Tertekan

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Tekanan kini berada pada saingan Leicester City untuk mengggusur “The Foxes” dari puncak klasemen Liga Inggris. Demikian diungkap pelatih Claudio Ranieri setelah timnya mengatasi salah satu pesaing gelar Manchester City dengan kemenangan 3-1 akhir pekan lalu.

Dua gol … Selengkapnya

kupas

Kejagung Akan Lakukan Sita Aset Yayasan Supersemar

Rabu 10/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mahakamah Agung (MA) telah mengabulkan gugatan Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap Yayasan Supersemar, dalam kasus dugaan penyelewengan dana beasiswa yang disalurkan Yayasan Supersemar.

Dalam putusannya, MA mengharuskan Yayasan Supersemar dan ahli waris mantan Presiden RI HM Soeharto untuk membayar 315 juta dolar Amerika Serikat dan 139,2 miliar rupiah atau bila ditotal setara dengan uang 4,4 triliun rupiah.

Setelah ditunggu beberapa kali, oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Yayasan Supersemar tetap tidak mau membayar uang denda secara sukarela, sehingga akhirnya Jaksa Pengacara Negara (JPN) mengajukanpermohonan sita eksekusi aset Yayasan Supersemar pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Pengajuan permohonan sita eksekusi aset Yayasan Supersemar diajukan pada hari Senin, dua pekan yang lalu. Dalam permohonan sita eksekusi tersebut, kejaksaan melampirkan ratusan deposito dan aset milik Yayasan Supersemar.

Bagaimana kelanjutan pelaksanaan sita eksekusi terhadap Yayasan Supersemar?

Dua minggu yang lalu, JPN (Jaksa Pengacara Negara) telah mengajukan sita eksekusi terhadap aset Supersemar, berupa giro, deposito, tanah dan mobil. Pengajuan dilakukan pada Senin, dua pekan lalu, tepatnya 1 Februari 2016. Adapun aset- aset yang dimintakan untuk dieksekusi adalah rekening, deposito, dan giro di berbagai bank yang seluruhnya berjumlah 113 buah rekening/deposito/giro.

Selain deposito, kejaksaan juga melampirkan aset yang akan dieksekusi berupa dua bidang tanah dan bangunan seluas lebih kurang 16 ribu m2 yang terletak di Bogor dengan luas lebih kurang delapan ribu m2, dan di Jakarta dengan luas lebih kurang delapan m2, serta kendaraan roda empat sebanyak enam unit.

Yang nantinya melakukan eksekusi atau menjadi eksekutornya adalah PN Jakarta Selatan dan bukan jaksa.

Jadi beda dengan pidana, kalau kasus pidana, nanti yang akan melakukan eksekusinya adalah jaksa tetapi kalau perdata itu yang akan melakukan eksekusi adalah pengadilan dalam hal ini PN Jakarta Selatan. JPN dalam hal ini bertindak mewakili Presiden.

Selain aset yang diajukan apakah ada penambahan aset lagi?

Kejaksaan terus mencari dan akan terus mencari sampai selesai.

Untuk deposito sendiri itu atas nama Yayasan Supersemar atau atas nama pribadi atau perseorangan?

Saya belum tahu persis karena nanti PN Jakarta Selatan akan mempelajari terlebih dahulu, karena penyitaan nanti itu tergantung PN.

Untuk Gedung Granadi apakah akan turut disita?

Saya belum tahu, JPN mengajukan permohonan dan harapannya dikabulkan. Yayasan Supersemar melalui kuasa hukumnya telah mengajukan gugatan atas putusan MA. Kuasa hukum Yayasan Supersemar menilai besaran denda tidak sesuai dengan penerimaan dari BUMN selama Soeharto berkuasa.

Kuasa hukum juga mengajukan somasi terhadap kejaksaan, terkait dengan pemblokiran deposito yang terjadi jelang eksekusi.

Terhadap semua gugatan itu, apa yang akan dilakukan kejaksaan?

Eksekusi nanti tetap jalan, gugatan akan dihadapi. Kalau ada gugatan balik, pasti kami hadapi. eko nugroho/AR-3

Publik Tetap Menuntut Akurasi dan Kelengkapan Isi Berita

Selasa 9/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketua Dewan Pers Bagir Manan berbicara soal kehidupan pers masa kini, di tengah era digital.

Di Nusa Tenggara Barat, tempat dihelatnya puncak acara Hari Pers Nasional 2016 (HPN 2016), Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Ketua Dewan Pers, Bagir Manan di Hotel … Selengkapnya

“Kita Akan Segera Putuskan untuk Ditarik”

Sabtu 6/2/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dan mantan Ketua KPK, Abraham Samad, serta Komisioner KPK, Bambang … Selengkapnya

Kecil Kemungkinan Berdampak pada Orang Dewasa

Jumat 5/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah akhirnya mengeluarkan travel advisory kepada masyarakat Indonesia yang akan berpergian ke sejumlah negara endemik Virus Zika seperti Amerika latin.

Peringatan ini dikeluarkan pasca World Health Organization (WHO) menyatakan darurat kesehatan global untuk Virus Zika beberapa hari lalu.

Travel … Selengkapnya

berita lain

Danai Rumah Murah, BTN Siap Kelola Dana Tapera

Jumat 5/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembiayaan untuk rumah murah harus menjadi prioritas pemerintah. Untuk mendukung pembiayaan hunian murah, Bank Tabungan Negara (BTN) siap mengelola dana tabungan perumahan rakyat (tapera) yang potensinya mencapai puluhan triliun setiap bulannya. Rencananya bulan ini DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tapera … Selengkapnya

Jasa Logistik Melesat di Era e-Commerce

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Produk kreatif Indonesia akan kian melesat tahun ini. Platform e-commerce (bisnis digital) bakal marak dengan segmentasi usaha yang beragam. Industri kreatif juga makin mendapat tempat di hati konsumen karena tumbuhnya marketplace hingga penyedia layanan jasa logistik.

Pertumbuhan e-commerce sekarang ini … Selengkapnya

Hujan, Perhatikan Daya Cengkram Ban

Rabu 3/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Saat hujan yang hampir mengguyur setiap hari seperti sekarang perlu diperhatikan kondisi ban. Pemilihan ban yang tepat menjadi penting agar dalam kondisi jalan berair masih bisa mencengkram dengan baik.

Menurut Product Marketing Manajer PT Michelin Indonesia, Refil Hidayat, ban yang … Selengkapnya