Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 29 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pansus RUU Terorisme Masih Kaji Peran TNI

Rabu 29/6/2016 | 06:53
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendukung usulan revisi Undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Salah satunya yang direvisi adalah soal penambahan peran TNI dalam pemberantasan terorisme.

“Ada fraksi yang mendukung peran TNI lebih mendominasi, ada yang menolak. Saya kira kalau memang UU tersebut perlu direvisi, yang dilakukan demi untuk kepentingan negara,” kata anggota Komisi III DPR, Sarifudin Sudding dalam diskusi di ruang Media Center, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (28/6).

Menurut Sudding, Pansus masih akan meminta masukan dari banyak pihak soal ini. Usai Lebaran, Pansus Revisi UU Terorisme masih akan mengundang Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Polri. Pansus akan mendengarkan aspirasi dari elemen lain.

Saat ditanya apakah akan mempergunakan militer untuk memperkuat sistem penanggulangan terorisme, Sudding menjawab peran TNI dalam pemberantasan terorisme akan dibutuhkan saat terorisme sudah mengarah ke makar atau perang. Untuk pelibatan militer ini tentu perlu ada pembatasan.

“Kalau belum menjurus ke sana, pelibatannya harus tetap proporsional. Misalnya khusus kalau di hutan, yang sulit dijangkau. Juga untuk tugas-tugas di luar negeri,” kata Sudding.

Harus Maksimal

Usulan merevisi UU tersebut, selain untuk mendukung kinerja Badan Intelijen Negara (BIN) juga guna meningkatkan keamanan negara dari serangan terorisme. Dengan revisi kiranya wewenang kerja yang baru nanti tidak hanya berdampak pada substansi penindakan, namun tugas dan fungsi lembaga penanggulangan terorisme harus maksimal.

“Pokok yang telah diembankan sekarang akan dikembangan. Intinya Komisi III akan tetap menyusun undang-undang bukan hanya menimbang dalam segi penindakan, namun peningkatan kinerja dengan mengedepankan azas HAM tetap akan menjadi acuan,” papar anggota Pansus UU Terorisme ini.

Pemaparan lain disampaikan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Hermawan Sulistyo. Menurut dia, militer bisa menjadi target berikutnya serangan teroris di Indonesia. “Setelah polisi, teror itu bisa mengarah ke militer. Karena militer dianggap sebagai simbol kekuatan dan kekerasan. Di negara lain sudah terjadi seperti itu,” kata Hermawan. – fan/N-3

Kejagung Pastikan Kasus Menara BCA Dilanjutkan

Rabu 29/6/2016 | 06:45
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan pemeriksaan kasus dugaan pembangunan di luar kontrak Menara BCA dan Apartemen Kempinski, terus dilanjutkan. Masih mengumpulkan keterangan saksi dan menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Penyidikan kasus tersebut masih terus berjalan. Masih menunggu … Selengkapnya

Kawasan Transmigrasi Jadi Pusat Ekonomi Baru

Rabu 29/6/2016 | 06:41
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, kawasan transmigrasi berpeluang jadi pusat ekonomi baru. Pasalnya, sebelum ditetapkan menjadi kawasan transmigrasi, terlebih dulu dipastikan bahwa lokasi tersebut memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

“Kawasan transmigrasi adalah cerminan … Selengkapnya

Pola Pengawasan Obat Harus Dievaluasi

Rabu 29/6/2016 | 06:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan diminta untuk mengevaluasi pengawasan dan perizinan obat terkait terungkapnya peredaran vaksin imunisasi palsu sejak 2003.

“Sistem pengawasan pemerintah harus dievaluasi lagi, diperketat pengawasan dan perizinan obat hingga peredarannya,” ujar Anggota … Selengkapnya

mondial

Serangan Granat Lukai 8 Warga Malaysia

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KUALA LUMPUR – Sebuah serangan granat terjadi pada sebuah bar di wilayah Puchong, pinggiran Ibu Kota Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (28/6) dini hari. Atas serangan itu pihak kepolisian menyatakan 8 orang terluka dan menyangkal serangan tersebut dilakukan oleh kelompok teroris.

“Serangan granat terjadi di Movida bar di Puchong. Delapan pengunjung, termasuk satu warga negara Tiongkok, yang sedang menyaksikan turnamen sepak bola Euro terluka,” demikian pernyataan pihak kepolisian Kuala Lumpur.

Atas serangan granat itu, wakil Kepala Polisi negara Bagian Selangor, Abdul Rahim Jaafar, menyebut motif serangan itu bisa jadi persaingan bisnis, balas dendam, atau ada salah satu pengunjung yang jadi target pembunuhan.

Serangan serupa pernah terjadi pada 2014 saat sebuah bom meledak diluar pub di Kuala Lumpur hingga menewaskan seorang pria dan melukai 12 orang lainnya. Motif pelaku meledakkan bom juga diduga akibat persaingan bisnis. Rtr/I-1

Turki Perbaiki Hubungan dengan Israel dan Russia

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 ISTANBUL – Pemerintah Turki mengumumkan perbaikan hubungan diplomatik dengan dua negara yaitu Israel dan Russia. Hal itu dikemukakan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada Senin (27/6) sore waktu setempat.

Hubungan bilateral antara Turki dan Israel mengalami perpecahan sejak 6 … Selengkapnya

AS Protes Pelecehan Terhadap Diplomatnya di Moskwa

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan tindak pelecahan dan pengawasan aparat di Russia terhadap diplomat AS kian meningkat dan oleh karena itu Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, telah mengeluhkan hal ini pada Presiden Russia, Vladimir Putin.

Selengkapnya

Myanmar Masuk dalam Peringkat Buruk “Human Trafficking”

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Pihak Amerika Serikat (AS) menyatakan telah memasukkan Myanmar dalam daftar global tahunan mengenai peringkat terburuk pelanggaran perdagangan manusia (human trafficking).

Menurut keterangan seorang pejabat di Washington yang berwenang mengenai isu ini menyebutkan bahwa langkah ini ditujukan untuk mendesak … Selengkapnya

ekonomi

Ruang Fiskal Lebih Longgar

Rabu 29/6/2016 | 06:31
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah optimistis APBNP 2016 memberikan ruang fiskal lebih luas untuk merespons dinamika global dan domestik di tahun berjalan, termasuk dampak Brexit.

JAKARTA – Sidang Paripurna DPR, Selasa (28/6), akhirnya mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 yang diajukan pemerintah. Postur APBN-P itu dinilai pemerintah lebih realistis dengan perkembangan ekonomi terkini apalagi menyertakan tambahan penerimaan dari program pengampunan pajak.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan APBNP 2016 juga menghasilkan keputusan strategis karena defisit anggaran bisa ditekan menjadi 296,7 triliun rupiah atau 2,35 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Dengan defisit anggaran yang lebih terjaga, pemerintah memiliki ruang gerak untuk menjalankan roda pemerintahan dalam enam bulan terakhir dengan lebih fleksibel agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh dan mempunyai daya tahan dari gejolak global.

“Hal ini menjadikan APBNP 2016 menjadi lebih pruden dan memberikan ruang fiskal yang lebih luas untuk merespons dinamika global dan domestik yang akan berkembang di tahun berjalan, termasuk dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit),” jelas Bambang.

Dalam APBNP 2016, asumsi pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, tingkat inflasi empat persen, suku bunga SPN tiga bulan 5,5 persen, nilai tukar rupiah 13.500 per dollar AS, harga ICP minyak 40 dollar AS per barel, lifting minyak 820 ribu barel per hari dan lifting gas 1.150 ribu barel setara minyak per hari.

Berdasarkan asumsi makro tersebut, pendapatan negara dan hibah ditetapkan 1.786,2 triliun rupiah dan belanja negara diputuskan sebesar 2.082,9 triliun rupiah. Pembiayaan defisit 2,35 persen akan memanfaatkan dana Saldo Anggaran Lebih (SAL) dan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN).

Penghematan Belanja
Pemerintah akan melakukan langkah penghematan anggaran belanja, terutama untuk kegiatan operasional dan kegiatan yang kurang produktif, guna memberikan nilai tambah yang lebih tinggi pada setiap rupiah dana yang dikeluarkan.

“Belanja pemerintah diharapkan lebih produktif untuk mendukung akselerasi perekonomian nasional saat perekonomian global masih melambat,” kata Bambang.

Salah satu kementerian yang terkena upaya pemangkasan anggaran adalah Kementerian Perindustrian sebesar 369,5 miliar rupiah dari pagu awalnya sebesar 3,26 triliun rupiah.

“Akibat pengurangan anggaran tersebut maka anggaran Kemenperin dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (RAPBN P) tahun ini hanya sebesar 2,89 triliun rupiah,”ungkap Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, kemarin. bud/ers/Ant/E-10

Telkom Gandeng Pelni Garap Sistem Komunikasi

Rabu 29/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin memperluas komitmennya terhadap pengembangan sektor maritim dan logistik Indonesia. Salah satu pembuktian tersebut ditunjukkan dengan menggarap ICT (Information and Communication Technologies atau Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK) Sistem Komunikasi Kapal Laut (Siskomkap) … Selengkapnya

Penurunan Nilai Kontrak Pengelolaan Dana Berdampak Positif

Rabu 29/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Penurunan nilai KPD dari 10 miliar rupiah menjadi 5 miliar rupiah akan membuat investor menjadi berani masuk ke pasar efek.

JAKARTA – Rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk merevisi peraturan batas minimal Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) dari 10 miliar rupiah … Selengkapnya

Agar Wajah Ekonomi Indonesia Tak Lagi Buruk

Rabu 29/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Sejak awal mulai menjalankan roda pemerintahan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sudah mencanangkan tekad menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang kompetitif. Terlebih, Indonesia sudah masuk dalam komunitas Masyarakat Ekonomi Asean, yang menuntut daya saing dengan negara tetangga lainnya.

Kemudahan berusaha … Selengkapnya

rona

Giring ‘Nidji’ Terus Asah Kemampuan Akting

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Giring yang biasa tampil atraktif di atas panggung bersama band Nidji mendadak berubah jadi cowok kalem dan soleh bernama Ilhan dalam film “Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea”.

“Saya biasanya nyanyi, tiba-tiba harus cool,” kata Giring usai pemutaran perdana “Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea” di Jakarta, kemarin.

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Asma Nadia itu menjadi kali kedua Giring alih profesi menjadi aktor.

Pria yang telah beberapa kali mengisi suara untuk film animasi “Petualangan Singa Pemberani” ini bergabung dengan Bunga Citra Lestari dan Morgan Oey dalam kisah cinta segitiga berlatar Negeri Ginseng itu.

Karakter yang diperankan Giring adalah Ilhan, pria berperangai serius yang telah lama menaruh hati pada Rania (Bunga Citra Lestari), muslimah aktif yang gemar melancong ke berbagai belahan dunia.

Di sisi lain, Rania bertemu dengan Hyun Geun (Morgan Oey), pria Korea yang terang-terangan memperlihatkan ketertarikan pada gadis itu. Meski berhasil menampilkan sosok yang berbeda lewat peran Ilhan, Giring enggan berpuas diri.

Pria 32 tahun itu masih ingin mengasah kemampuan akting dan membuka kesempatan untuk menjajal film-film dengan genre berbeda.

“Saya enggak mau di sini-sini saja mainnya, pungkas dia. Key: giring nidji, giring ganesha, jilbab traveler.  Ant/S-2

Yuki Kato Terbiasa Mudik Tiap Tahun

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menjelang lebaran, biasanya orang mulai sibuk berbelanja mempersiapkan pakaian baru untuk dikenakan saat lebaran. Namun berbeda halnya dengan Yuki Kato. Aktris, model, dan presenter ini mengaku sudah tidak terlalu memikirkan beli baju baru untuk lebaran nanti.

“Kalau dulu sih iya … Selengkapnya

Jang Keun-suk Mulai Tur Asia

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktor sekaligus penyanyi Korea Selatan Jang Keun-suk mulai menggelar tur Asia yang diselenggarakan tahunan pada akhir pekan ini, kata agensinya, Senin (27/6). Bintang hallyu 28 tahun itu akan membuka 2016 “Jang Keun-suk Asia Tour: It’s Showtime” pada Sabtu di Olympic … Selengkapnya

Ketika Vaksin Palsu Menghantui Publik

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Peredaran vaksin palsu yang baru-baru ini diungkap kepolisian tentu mengkhawatirkan orangtua yang memiliki anak bayi dan balita. Lantas bagaimana jalan keluarnya?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat tidak terlalu takut dengan keamanan vaksin. Saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan fasilitas kesehatan … Selengkapnya

megapolitan

Puskesmas di DKI Aman dari Vaksin Palsu

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di wilayah Ibu Kota aman dari peredaran vaksin-vaksin palsu. 

“Rumah sakit dan juga puskesmas yang tersebar di wilayah Kota Jakarta dipastikan aman lah dari peredaran vaksin-vaksin palsu itu,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (28/6). 

Meskipun demikian, Ahok tetap meminta kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta agar memberikan sanksi tegas terhadap rumah sakit atau puskesmas yang terbukti menjual vaksin palsu. “Saya tetap meminta kepada Dinas Kesehatan, rumah sakit atau pun puskesmas yang terbukti menjual vaksin-vaksin palsu harus dikenai sanksi. Dinas Kesehatan yang tentukan sanksinya,” ujar Ahok. 

Dia menilai tindakan yang telah dilakukan oleh oknum pembuat vaksin-vaksin palsu tersebut sangat kejam karena membahayakan kesehatan manusia, sehingga harus diberikan sanksi yang berat. “Saya tidak habis pikir sama orang yang membuat vaksin palsu itu. Tindakannya itu sangat kejam, membahayakan orang lain. Bahkan sudah sepuluh tahun orang-orang itu membuat vaksin palsu,” tutur Ahok. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengungkapkan sampai dengan saat ini, pihaknya masih terus melakukan pengecekan terhadap vaksin-vaksin yang digunakan di seluruh rumah sakit swasta di Ibu Kota. 

Rumah Sakit

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan masih belum dapat informasi terkait adanya vaksin palsu yang diduga beredar di empat rumah sakit di Jakarta.

“Mudah-mudahan tidak ya karena itu jahat banget, itu meracuni betul oleh karena itu, siapapun itu harus dihukum berat. Dinkes dan BPOM untuk melakukan penyisiran kembali,” kata Djarot.

Penyisiran terkait peredaran vaksin palsu bukan hanya yang terjadi saat ini, tapi tentang keberadaan yang lalu. Dan Djarot mengharapkan warga tidak perlu khawatir karena pemprov menjamin keaslian vaksin, katanya.

“Kami jamin, kami jamin tapi tetap untuk RSUD ya kita tetap waspadai. kami tetap menjamin. Kalau tidak begitu, mana bisa dipercaya, bahaya loh vaksin palsu itu, kalau ada yang sampai main-main dan itu secara sengaja dilakukan otomatis tidak hanya kita pecat tetapi kita pidanakan,” kata Djarot.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse dan Kriminal dan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyatakan bahwa ada empat rumah sakit di Jakarta yang diduga berlangganan vaksin palsu untuk bayi. 

“Di Jakarta, ada empat rumah sakit,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya di Mabes Polri. Selain empat rumah sakit, kata dia, ada dua apotek dan satu toko obat di Jakarta yang disinyalir juga menggunakan vaksin palsu. pin/nis/ant/P-5

Belasan Ribu Botol Minuman Keras Dimusnahkan

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Sebanyak 19.628 botol minuman beralkohol ilegal hasil penertiban sejak Januari sampai Juni 2016 dimusnahkan di kawasan Silang Monas Tenggara, Jakarta Pusat, Selasa (28/6).

Pemusnahan minuman beralkohol ilegal tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot Saiful … Selengkapnya

Pendaftar MAN I Kota Bogor Lebihi Kouta

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 1 Kota Bogor, Jawa Barat resmi ditutup, jumlah pelamar melebihi kuota mencapai 900 orang. “Kami menerima 900 pelamar, sementara kuota kami hanya 400 orang siswa,” kata Kepala Sekolah MAN 1 Ruyani saat … Selengkapnya

Pasar Murah Daging Sapi Ludes Terjual

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang memastikan stok bahan pokok aman saat lebaran nanti.

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menjual daging bersubsidi bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Jakarta Barat. Sebanyak 10,3 ton daging sapi … Selengkapnya

olahraga

Islandia Mengubah Peta Delapan Besar

Rabu 29/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

NICE – Kemenangan mengejutkan Islandia 2-1 atas Inggris di Allianz Arena, Selasa (28/6) telah merubah peta kekuatan di babak delapan besar Piala Eropa 2016. Setelah tertinggal pada menit keempat melalui penalti Wayne Rooney, Islandia segera menyamakan kedudukan melalui Ragnar Sigurdsson menit ke-6 dan menggandakan keunggulan di menit ke-18 melalui tembakan Kolbeinn Sigthorsson. Pasukan dari negeri berpenduduk 330 ribu jiwa ini seakan menjadi anomali yang menantang kekuatan timtim bertabur bintang di babak perempat final.

Islandia memang menjadi perkecualian di antara para kontestan babak delapan besar lainnya. Polandia yang dimotori bintang Bayern Munich Robert Lewandowski akan berhadapan dengan Portugal yang mengandalkan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo, Jumat (1/7) WIB.

Wales yang bertumpu pada bintang Real Madrid lainnya, Gareth Bale, berhadapan dengan Belgia yang dipimpin Eden Hazard, Sabtu (2/7) WIB. Italia dan Jerman yang sama-sama memiliki tradisi sepak bola panjang dengan sederet bintangnya juga saling berhadapan, Minggu (3/7) WIB.

Sementara satu slot lagi yang akan menghadapi tuan rumah Prancis pada Senin (4/7) WIB, tadinya diprediksi akan menjadi milik Inggris. Namun skenario itu dimentahkan tim debutan Islandia yang tampil penuh kejutan.

Cukup berada di putaran final Piala Eropa sebenarnya sudah merupakan sejarah gemilang bagi Islandia. Kini tanpa mereka sangka pencapaian itu terus bergulir menjadi sesuatu yang lebih besar. Bahkan diraih lebih mudah dari yang diharapkan setelah Inggris gagal menempatkan mereka di bawah tekanan serius.

Inggris diperkirakan mendominasi pertandingan yang akan membuat Islandia bertahan. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, satu-satunya gol yang berhasil mereka jaringkan dalam kekalahan 1-2 itu adalah dari titik putih. Sementara Islandia bermain menekan dan tampak lebih berbahaya saat menyerang.

“Saya tidak berpikir Inggris menekan kami,” ujar pelatih Islandia Heimir Hallgrimsson.

Piala Eropa telah memiliki beberapa pemenang kejutan dengan Denmark merebut gelar pada tahun 1992 setelah hanya lolos menggantikan Yugoslavia yang didiskualifikasi. Selain itu Yunani merebut gelar pada tahun 2004 setelah tidak berada di putaran final selama 24 tahun.

Toby Alderweireld Waspadai Bale

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Toby Alderweireld mengatakan timnya akan menghadapi ujian yang sulit saat menghadapi Wales di perempat final Piala Eropa 2016, Sabtu (2/7) melebihi laga melawan Hungaria di Toulouse. Alderweireld membuka keunggulan saat menghadapi Hungaria sebelum Belgia yang terinspirasi oleh kapten Eden Hazard, … Selengkapnya

Terdepak dari Suzuki, Espargaro Diikat Aprilia

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ASSEN – Setelah didepak Suzuki untuk musim depan, Aleix Espargaro akhirnya bergabung dengan tim Aprilia. Pebalap MotoGP asal Spanyol kelahiran 30 Juli 1989 itu akan memperkuat Aprilia untuk dua musim ke depan.

Suzuki sudah dipastikan akan ditinggal rider energiknya, Maverick … Selengkapnya

Hodgson Mengundurkan Diri

Rabu 29/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NICE – Empat tahun masa kepelatihan Roy Hodgson di tim nasional Inggris berakhir tiba-tiba setelah kekalahan mengejutkan 1-2 dari Islandia di babak 16 besar Piala Eropa 2016, Selasa (28/6) dini hari WIB. Hodgson yang kini berusia 68 tahun, mengumumkan pengunduran … Selengkapnya

kupas

“Saya Curiga Ada Unsur Penipuan”

Rabu 29/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disibukkan lagi dengan kasus pembelian lahan untuk pembangunan rumah susun Cengkareng Barat, Jakarta, yang diduga terjadi salah perhitungan.

Disebut-sebut, Pemprov DKI Jakarta membeli lahan miliknya sendiri sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai terjadi penggunaan anggaran yang tidak semestinya.

Guna mengetahui duduk persoalan kasus tanah Cengkareng itu, Koran Jakarta mewawancarai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Berikut petikannya.

Apa tanggapan Anda tentang kasus tanah Cengkareng?

Kita nggak tahu. Justru itu ada penipuan. Tanah itu digarap belasan tahun, ada mafia tanah saya kira. Ada penghilangan surat yang menyatakan itu sewa bukan milik DKI. Padahal itu aslinya ternyata punya DKI. Waktu lapor ke lurahnya, disebutnya bukan. Makanya saya minta mesti ditelusuri duitnya kemana saja. Apakah oknum kelurahan juga terima duit.

Apa yang akan dilakukan Pemprov DKI untuk menindaklanjutinya?

Kita koordinasi dengan Bareskrim agar segera dilapor resmi untuk ditindaklanjuti. Ini ada penipuan. Tapi yang tahu jelas kepala dinas perumahan.

Sebelum pembelian tanah itu, Anda menerima laporannya seperti apa?

Kita cuma terima laporan sesuai aturan saja, kita perintahkan beli karena ada pihak mau jual tanah.

Adakah indikasi kerugian negara atas pembelian tanah ini?

Kalau beli barang sendiri pasti penipuan. Tapi sekarang bisa nggak menyalahkan dinas perumahan? Ini kita proses saja. Ini kita sudah lapor KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Karena ini ada hubungannya dengan gratifikasi dengan yang dilaporkan dulu. Laporan gratifikasi dari mana?

Yang 10 miliar rupiah lebih, waktu dilaporkan dikasih ke dinas perumahan kemudian kita suruh dikembalikan. Itu kayanya ada hubungan. Waktu itu, saya dilaporin dari kepala dinas, ada sejumlah uang dari hasil pembelian. Saya tanya kenapa ada duit seperti itu, lalu mereka jawab: mereka kasih pak.

Mereka itu siapa?

Penjual. Saya langsung curiga. Kasih berapa? Kasih lihat. Wah, miliaran. Belasan miliar ini. Saya bilang ini bukan kasih terima kasih ini. Ini pasti ada sesuatu. Makanya saya lapor KPK, terus diselidiki.

Camat mengatakan itu tanah perseorangan?

Betul. Makanya tanah ditipu juga. Saya juga heran, kenapa enggak diperiksa? Kan tanah itu bisa dilihat. Kita mana ngerti? Kan kalian yang beli. Saya bilang nggak bisa, balikin. Saya suruh tim, lapor ke KPK. Waktu itu upacara, kan? Makanya saya marah waktu upacara itu. gitu loh. Dia bilang ini kepala bidang yang ngatur duitnya. Duitnya ada di mana? Nggak tahu, disembunyiin?

Apakah pejabat di dinas perumahan?

Ya, perumahan. Makanya kita copot. Kenapa beli pake tarik-tarik kontan? Maksudnya ini baliknya. Pasti ada sesuatu, bagi-bagi duit ini. Nah terus ada laporan dari para pejabat, ada yang mau bagi duit, dia tolak. Ada yang lapor. Nah saya makin curiga.

Masyarakat Bisa Layangkan Gugatan “Class Action” pada Pemerintah

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Terungkapnya peredaran vaksin palsu belakangan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Praktik pemalsuan vaksin ini dinilai merupakan buah dari kelalaian pemerintah dalam melakukan pengawasan, mengingat sudah terjadi sepanjang 13 tahun.

Untuk itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersedia memfasilitasi masyarakat … Selengkapnya

Bnn Tembak di Tempat Pengedar Narkoba Setelah Revisi Uu

Senin 27/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum baik itu Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bersinergi untuk mengejar, menangkap dan menghajar para bandar narkoba tersebut agar generasi muda Indonesia … Selengkapnya

Pemilu Akan Lebih Efesien Jika Disatukan

Sabtu 25/6/2016 | 02:33
A   A   A   Pengaturan Font

Simplikasi paket Undang-Undang Politik, mendesak dilakukan. Paket UU Politik itu sendiri terdiri dari UU Pemilu Legislatif, UU Pemilihan Presiden, UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah dan UU Penyelenggara Pemilu.

Saat ini, kesemua regulasi tentang pemilihan berdiri sendiri. Kerapkali, … Selengkapnya

berita lain

Tren Konsep Dekorasi Monokrom

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Warna monokromatik sekarang ini sedang banyak diminati oleh para pemilik rumah karena tampilannya yang terlihat simpel dan modern. Berikut ini informasi mengenai pro dan kontra warna monokromatik yang sedang menjadi tren dekorasi di kalangan pemilik rumah.

Kombinasi Warna Senada

Selengkapnya

Operator Gencar Kembangkan Aplikasi IoT

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Era internet of things (IoT) akan menjadi layanan masa depan bagi operator telekomunikasi. Apa saja layanan dan fitur yang ditawarkan?

IoT menawarkan otomasi bagi segala jenis perangkat baik untuk sektor industri maupun rumah tangga, yang mampu menciptakan keamanan, kenyamanan, hemat … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya