Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 27 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

“Reshuffle” Lebih Cepat Lebih Baik

Senin 27/6/2016 | 07:06
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta. – Direktur Archipelago Solidarity Foundation Engelina Pattiasina mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk secepatnya melakukan perombakan kabinet atau reshuffle, demi untuk konsolidasi pemerintahan agar sesuai dengan cita-cita dan program Nawacita Presiden Jokowi.

Dalam proses reshuffle, salah satu menteri yang yang harus diganti adalah ESDM Sudirman Said. Sebab selama ini kebijakan kurang sejalan dengan Menko yang membawahinya, dan juga program utama Nawacita.

“Saya kira reshuffle lebih cepat lebih baik, dan Menteri ESDM Sudirman Said diganti oleh menteri yang lebih berpihak pada kepentingan rakyat banyak sebagaimana amanat UUD 1945, khususnyanya pasal 33 yaitu demi kesejahteraan rakyat banyak,” ujar Engelina pada wartawan pada acara buka puasa bersama di kediamannya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, kemarin malam.

Engelina menilai, sejumlah kebijakan Menteri ESDM tak sejalan dengan jiwa UUD 1945 Indikasi tak sejalan terlihat dari sikap dan keputusan yang diambil, berbeda dengan arahan Menko Kemaritiman, khususnya dalam bidang Migas, seperti pembangunan kilang Blok Masela di Maluku. Menteri ESDM ngotot meminta dibangun di laut sementara Menko Kemaritiman menghendaki kilang dibangun di darat.

Imbas dari sikap dan pemikiran menteri ESDM itu, meski Presiden Jokowi telah memutuskan bahwa pembangunan kilang Blok Masela dibangun di darat, masih saja muncul gerakan-gerakan yang tetap berpandangan bahwa pembangunan kilang di laut lebih baik dan sebagainya.

“Saya beberapa kali ke Maluku dan melihat kecendrungan ada semacam adu domba antara pihak yang pro pembangunan kilang di darat dan pihak yang ngotot ingin dibangun kilang di laut. Ini berbahaya bila dibiarkan, sebab bisa menjadi benih-benih konflik di masyarakat,” ujar Enggelina mengingatkan.

Ditanya siapa calon pengganti Menteri Sudirman Said, tokoh yang pedul dengan masyarakat Maluku ini mengau tidak memiliki calon.

“Terserah Presiden, siapa saja, asalkan sang menteri menjunjung tinggi dan kemudian melaksanakan UUD 1945. Sebab ini sangat mendasar, jika itu dilaksanakan, maka rakyat akan merasakan hasil sumber alam yang melimpah, jika tidak, maka akan seperti sekarang, masyarakat yang tinggal di daerah kaya sumber Migas, hidupnya tetap miskin,” tambahnya.

Khusus mengenai Blok Masela yang mengandung cadangan gas abadi ini, Engelina mengatakan, pembangunan kilang di darat akan berdampak sangat positif bagi masyarakat Maluku, ”Muli flayer effectnya sangat besar. Mislanya, ketika kilang mulai dibangun maka dibutuhakn rumah sakit dan sarana lain yang diperlukan,” katanya, sur/AR-3

Perkuat Koordinasi untuk Cegah Terorisme di Jatim

Senin 27/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri belum lama ini mengamankan sejumlah terduga teroris dari lokasi berbeda di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Disita sejumlah bom rakitan siap pakai, senjata api rakitan, dan bahan kimia pembuat bom. Penangkapan tersebut juga mengungkap … Selengkapnya

Penyidik KPK Cari Penyuap Lain

Senin 27/6/2016 | 06:25
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengungkap secara menyeluruh dugaan penyuapan dalam pembahasan Raperda Pantai Utara Jakarta, KPK menggali informasi kemungkinan ada penyuap lain yang terlibat.

JAKARTA – KPK meminta keterangan pendiri Agung Sedayu Grup, Sugianto Kusuma alias Aguan untuk mencari penyuap lain kepada Ketua … Selengkapnya

Peserta BPJSTK Harus Peduli Haknya

Senin 27/6/2016 | 06:22
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengembangkan fitur baru pada aplikasi BPJSTK mobile.

Fitur ini memberikan akses kepada para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan informasi terkait status kepesertaan, besaran upah, hingga jumlah tenaga kerja di perusahaan tempatnya … Selengkapnya

mondial

Banjir dan Kebakaran Terburuk Landa AS

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Sebanyak tiga wilayah di Negara Bagian West Virginia, yang terparah dihajar banjir bandang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah federal Amerika Serikat (AS). Banjir tersebut menjadi yang terparah dalam lebih dari satu abad terakhir dan telah menewaskan 24 orang. Musibah banjir di negara bagian itu disebabkan oleh hujan deras yang tiada henti.

Kepastian pengucuran bantuan tersebut, disampaikan langsung oleh Presiden AS, Barack Obama, Sabtu (25/6) kepada Gubernur West Virginia, Earl Ray Tomblin. Beberapa bantuan yang digelontorkan adalah tempat tinggal sementara hingga program renovasi.

“Banjir bandang di West Virginia adalah musibah besar dan pemerintah federal AS diperintahkan untuk mengulurkan bantuan kepada pihak-pihak yang menjadi korban, terutama di wilayah Kanawha, Greenbrier, dan Nicholas,” kata Presiden Obama.

Kepada Tomblin, Obama juga mengucapkan duka cita mendalam atas musibah ini dan memastikan padanya pemerintah federal AS akan memenuhi hal-hal yang dia butuhkan. Tomblin mengatakan setidaknya ada 6 wilayah di negara bagian yang dipimpinnya dalam kondisi rusak parah dan West Virginia memang sangat membutuhkan bantuan.

Hingga Sabtu (25/6), total korban tewas yang tercatat sekitar 24 orang, dimana 16 orang berasal dari wilayah Greenbrier, di tenggara West Virgina, dimana 9 korban dari jumlah tersebut adalah tentara. Di wilayah itu dan 6 wilayah lainnya di Kanahwa, mengalami intensitas hujan yang sangat tinggi. Selain West Virginia, Negara Bagian Ohio dan wilayah Jackson juga dilaporkan mengalami musibah banjir dan memakan korban jiwa masing-masing 1 orang.

Hujan lebat yang tiada henti pada Kamis (23/6) lalu, dengan cepat menimbulkan banjir setinggi 25,4 sentimeter dan aliran sungai-sungai menjadi deras. Aliran air tersebut masuk ke rumah-rumah penduduk dan menyebabkan kerusakan dimana-mana.

Tomblin menyatakan ada 44 wilayah sampai 55 wilayah di West Virginia dalam kondisi darurat dan diharapkan akan diterjunkan sekitar 400 anggota Garda Nasional di negara bagian itu untuk membantu proses evakuasi pada Sabtu (25/6). Sekitar 32.000 rumah penduduk dan aktifitas bisnis mati karena pasokan listrik diputus.

Sedangkan juru bicara untuk Divisi Keamanan Nasional dan Penanggulangan Keadaan Darurat West Virginia, Tim Rock, hingga Sabtu (25/6) ratusan penduduk telah diselamatkan. Saat ini tim penyelamat masih terus melakukan evakuasi warga.

Kebakaran California

Sementara itu di Negara Bagian California, kebakaran hebat di pusat California masih terjadi hingga Sabtu (25/6) lalu dan dilaporkan telah menghanguskan setidaknya 150 rumah penduduk dan 75 rumah hancur. Pemerintah Negara Bagian California mendesak warga untuk segera melarikan diri sebelum api semakin sulit dipadamkan.

Musibah kebarakan atau masyarakat California, terjadi sejak Kamis lalu (23/6) yang diawali dari wilayah utara Kota Bakersfield di wilayah Kern. Di sana, dilaporkan terdapat dua korban tewas dan tiga petugas pemadam kebakaran dilarikan ke rumah sakit serta ratusan penduduk di evakuasi dari tempat tinggal mereka.

Agar kebakaran tidak semakin menyebar, lebih dari 1.100 petugas pemadam kebakaran dikerahkan, dimana 35.700 hektare wilayah dalam kondisi gosong.

Gubernur California, Jerry Brown, menyatakan wilayah Kern kini berstatus darurat. Kebakaran sejak Kamis lalu ini, disebabkan kekeringan yang melanda penjuru California sehingga mudah menyulut kebakaran. uci/Rtr/I-1

Proyek Pelebaran Terusan Panama Diresmikan

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 PANAMA CITY – Sebuah kapal kontener berbendera Tiongkok, Cosco Shipping Panama, yang didorong oleh sejumlah kapal tunda melalui pintu air kanal Terusan Panama yang baru di Agua Clara di Provinsi Colon, Panama, menandai peresmian proyek pelebaran Terusan Panama pada Minggu … Selengkapnya

Unidos Podemos Diyakini Menangkan Pemilu Spanyol

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 MADRID – Pada Minggu (26/6), warga Spanyol kembali melakukan pemilu bagi memilih anggota parlemen. Partai antipenghematan Spanyol, Unidos Podemos, diyakini meraih kemenangan dalam pemilu putaran ke-2 ini.

Jika kemenangan Partai Unidos Podemos itu benar-benar terjadi, maka akan jadi jalan keluar … Selengkapnya

Dubes RI untuk Kroasia Wafat

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Duta Besar Republik Indonesia untuk Kroasia, Alexander Litaay, meninggal dunia dalam tugasnya karena serangan jantung pada Minggu (26/6), sekitar pukul 10.30 waktu Kroasia. Kabar wafatnya Dubes Alex beredar di grup media sosial Dubes RI.

Berita suka tersebut disampaikan … Selengkapnya

ekonomi

Sepekan Masih Terpengaruh Brexit

Senin 27/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Isu Brexit yang akan diikuti negara lain di Eropa bakal menambah ketidakpastian ke sektor keuangan.

JAKARTA – Sentimen hasil referendum Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) terhadap bursa efek global masih akan terasa dampaknya hingga pekan depan. Apalagi, jika berdampak ke negara lain di Eropa yang juga ingin keluar dari Uni Eropa, seperti sekelompok orang di Prancis yang menyatakan ingin mendorong negaranya keluar dari Uni Eropa.

“Isu Brexit yang akan diikuti negara lain bakal menambah ketidakpastian ke sektor keuangan. Artinya, kalau tidak suka dengan itu mereka jual dulu aset yang berisiko ke aset yang pasti seperti dollar AS dan emas,” kata Vice President PT Samuel Sekuritas, Mohamad Al Fatih, di Jakarta, Minggu (26/6).

Menurut Mohamad, pasar saham domestik sempat mengalami kepanikan setelah hasil referendum Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa. “Sempat panik ya karena Brexit ini sesuatu yang tidak diduga. Angket-angket sebelumnya cenderungnya memerlihatkan akan tetap (bertahan di Uni Eropa). Ternyata tidak. Sesuatu yang tidak terduga itu tidak baik untuk pasar,” katanya.

Sementara itu, saham-saham di Amerika Serikat berakhir melemah tajam pada Jumat (Sabtu pagi WIB) mengikuti kekacauan global, setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam sebuah referendum bersejarah.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 611,21 poin atau 3,39 persen menjadi ditutup pada 17.399,86. Indeks S&P 500 merosot 76,02 poin atau 3,60 persen menjadi berakhir di 2.037,30, dan indeks komposit Nasdaq anjlok 202,06 poin atau 4,12 persen menjadi 4.707,98. Sebelumnya, pasar ekuitas Eropa juga menukik.

Indeks acuan DAX di Bursa Efek Frankfurt, Jerman, terperosok 6,82 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis tenggelam 8,04 persen. Di Asia, saham Tokyo juga anjlok dengan indeks acuan saham Nikkei kehilangan hampir 8,0 persen, sedangkan indeks acuan Tiongkok, indeks komposit Shanghai merosot 1,30 persen menjadi 2.854,29 poin.

“Reaksi pasar lebih besar dari itu mungkin terjadi jika para pedagang tidak begitu yakin Inggris akan tetap,” kata Chris Low, kepala ekonom di FTN Financial.

Stabilitas Ekonomi
Sementara itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai stabilitas ekonomi domestik yang baik turut menjaga kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) periode 20-24 Juni 2016 hanya melemah tipis 0,01 persen ke posisi 4.834,57 poin jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Kepala Komunikasi Perusahaan BEI, Dwi Shara Soekarno, mengatakan sentimen perkembangan perekonomian dunia, khususnya Eropa terkait hasil referendum Inggris yang keluar dari Uni Eropa (Brexit) menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja IHSG.

“Meski IHSG melemah, namun hanya tipis karena daya tahan perekonomian Indonesia terhadap sentimen eksternal cukup kuat,” katanya. Meski dibayangi sentimen negatif eksternal, lanjut dia, investor asing di sepanjang periode 20-24 Juni 2016 itu masih mencatatkan beli bersih di pasar saham Indonesia senilai 1,44 triliun rupiah.

Secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat beli bersih dengan nilai 8,08 triliun rupiah. Pada periode itu, nilai kapitalisasi pasar BEI di sepanjang 20- 24 Juni 2016 itu juga meningkat menjadi 5.187,53 triliun rupiah dari 5,172.39 triliun rupiah di akhir pekan sebelumnya. Rtr/Ant/AR-2

Emiten Ban Buka Kantor Baru di AS

Senin 27/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) mengincar pertumbuhan pendapatan tahun ini 10 persen sampai 15 persen. Dengan demikian Perseroan berharap untuk pendapatan bisa mencapai 260 juta dollar AS hingga 272,5 juta dollar AS.

Angka tersebut meningkat dari … Selengkapnya

Bank Sentral di Dunia Perkuat Koordinasi Pasca “Brexit”

Senin 27/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Brexit berpotensi memicu krisis keuangan, bukan hanya di Uni Eropa tetapi juga Inggris, yang dikhawatirkan menganggu proses pemulihan global.

Jakarta – Bank sentral di dunia terus memantau perkembangan kondisi keuangan global menyusul hasil mengejutkan referendum di Inggris yang memutuskan untuk … Selengkapnya

Peran Uang Koin Kian Terpinggirkan

Senin 27/6/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyayangkan sikap masyarakat yang mulai meminggirkan peran uang koin dalam kehidupan sehari-hari. Uang koin yang seharusnya menjadi salah satu alat tukar saat bertransaksi fungsinya bahkn sering digantikan dengan permen, sebagai mahar perkawinan bahkan jadi mainan … Selengkapnya

rona

Noah Sambut Positif untuk “Sings Legends”

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Resmi merilis Album baru yang berisi aransemen ulang lagu-lagu lama “Sings Legends” pada Mei 2016, vokalis Noah merespon besarnya antusiasme pendengar musik terhadap albumnya tersebut.

“Responnya sejauh ini, kalau saya pribadi, saya pribadi lebih bagus dan lebih luas,” kata Ariel, di sela-sela “Salam Ramadan with Noah 2016″ di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Ia menimpali, “Karena album Sings Legends ini kalau generasi sekarang tahunya dari kami. Tapi, kalau generasi-generasi sebelumnya sudah pada tahu lagunya, jadi lebih luas responnya.”

Album “Sings Legends” berisi sembilan lagu lawas karya musisi legendaris, antara lain “Andaikan Kau Datang” (Koes Plus), “Kupukupu Malam” (Titiek Puspa) dan “Biar ku Sendiri” (The Mercys).

Di antara lagu tersebut juga terselip lagu “Sendiri Lagi” yang diaransemen a ala musik kekinian, atau disebut musik elektronik, bersama musisi elektronik, disc jockey (DJ), dan produser musik muda Angger Dimas.

Sementara itu, lagu “Sajadah Panjang” (Taufik Ismail), yang dipopulerkan trio Bimbo pada 1984, dipilih sebagai single perdana NOAH dari album “Sings Legends”.  Ant/S-2

“Brexit” Pengaruhi “Game of Thrones”

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

“Game of Thrones”, serial populer dari televisi kabel HBO yang sebagian difilmkan di Irlandia Utara, tidak akan terganggu oleh keputusan Inggris Raya keluar dari Uni Eropa. Sebelum ini diprediksi kehilangan pendanaan dari Uni Eropa.

Kamis lalu rakyat Inggris memutuskan keluar … Selengkapnya

Slank Peringati Hari Anti Narkoba Internasional

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), grup Slank bersama Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa menggelar kegiatan bersama di Padepokan Pemulihan Slankers, di Markas Slank, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (26/6). Slank yang mendapat dukungan penuh Kementerian Sosial … Selengkapnya

Dian Nitami Kembali ke Layar Lebar

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah lama vakum, Dian Nitami menandai kembalinya ke ranah hiburan Tanah Air dengan membintangi film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2). Di film itu, Dian berperan sebagai Tuti Marini Puspowardojo, ibunda mantan presiden Habibie yang berjuang membesarkan delapan anaknya, setelah … Selengkapnya

megapolitan

Pengguna Narkoba di Ibu Kota Tiap Tahun Meningkat

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pemprov DKI mengetatkan pengawasan narkoba hingga anak usia sekolah dasar.

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat, penggunaan narkotika dan zat adiktif lainnya (Narkoba) di Jakarta cukup meningkat dibanding tahun lalu. Sedikitnya, ada 3,5 persen penduduk Jakarta mengkonsumsi barang haram tersebut.

“Prosentasenya bertambah naik. Saat ini, yang terkena narkoba sekitar 3,5 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan tahun lalu hanya 3,4 persen,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional, di Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (26/6).

Peningkatan jumlah warga yang terdampak narkoba itu, ungkapnya, dikarenakan Jakarta selalu menjadi sasaran empuk jaringan internasional. Menurutnya, wilayah Jakarta Utara adalah daerah rawan peredaran dan penggunaan narkoba. “Saya bilang sama Badan Narkotika Provinsi (BNNP) dan BNN tentang adanya oknum yang terlibat dalam peredaran narkoba itu. Seperti saat operasi di kelab malam, ternyata pemakainya orang bea cukai,” katanya.

Untuk itu, dia meminta BNN agar tidak pandang bulu dalam menindak pemberantasan narkobat. Jika ditemukan aparatur negara, baik PNS, TNI/Polri atau oknum lainnya yang mengedarkan dan mengkonsumsi narkoba, untuk langsung ditindak. 

“Makanya, kalau perang total ya harusnya tindakan juga harus total. Kita juga secara berkala melakukan operasi di tempat-tempat hiburan malam. Karena narkoba paling banyak masuk ke tempat hiburan. Dan Jakarta ini memang paling rawan, paling rawan itu di Jakarta Utara,” ungkap dia.

Djarot mengakui, sulit membendung peredaran narkoba yang menyasar hingga anak usia sekolah. Karena itu, DKI akan mengetatkan pengawasan narkoba hingga anak usia sekolah dasar \”Anak yang duduk di Taman Kanak-kanak (TK) Jakarta masih belum. Tapi tetap kita waspadai agar narkoba tidak menyentuh anak TK atau anak Sekolah Dasar (SD),” kata Djarot.

Kondisi berbeda terjadi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ibukota. Kata Djarot, pelajar berseragam putih abu-abu Ibu Kota banyak yang mengkonsumsi narkoba. Karena itu, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI melakukan tes narkoba bagi pelajar yang akan melanjut ke jenjang SMA.

“Kemarin kita gelar tes urine di beberapa SMA dan hasilnya ada yang positif kena narkoba,” 

Terbesar

Kepala BNN, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso mengatakan, Jakarta termasuk tiga besar provinsi dengan penggunaan narkotika tertinggi se-Indonesia. Peringkat pertama adalah Sumatera Utara, kemudian DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Ketiga kota tersebut sering menjadi daerah sasaran pengiriman narkoba.

Menurutnya, BNN telah berhasil menanggulangi narkoba baik dalam pengurangan permintaan maupun dalam pengurangan pasokan. Terkait pengurangan permintaan, ungkapnya, dia optimalkan pencegahan dengan cara peningkatan ekstensifikasi dan intensifikasi komunikasi, informasi dan edukasi ke seluruh warga Indonesia.

“Dalam bidang pemberdayaan masyarakat, BNN telah membentuk satgas (satuan tugas) anti narkoba di seluruh Indoneaia dengan total 19.854 orang, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, swasta, aparatur pemerintah dan lainnya,” kata dia.

Dalam rangka deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkotika, lanjut pria yang akrab dipanggil Buwas, pihaknya telah melakukan tes urine terhadap 186.533 orang selama kurun 3

2015-2016. Dari tes urin itu, 1.175 orang diantaranya positif menggunakan narkoba. “Kami juga telah melatih 705 warga di kawasan rawan narkotika dengan keterampilan life skill, merehabilitasi 42.429 pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan narkoba di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selama kurun 2015-2016 ini, Buwas mengklaim gelah mengungkap 1015 kasus dari 72 jaringan sindikat narkoba dengan tersangka sebanyak 1681 orang. Selain itu, pihaknya juga berhasil mengungkap tindak pidana pencucian uang dari kejahatan narkotika sebesar 142 miliar rupiah.

“Hingga Juni 2016, barang bukti yang disita adalah 2,8 ton sabu, 707.864 ekstasi, 4,1 ton ganja dan 69 hektar lahan ganja,” tandasnya. pin/ nis/P-5

Gubernur Banten Sidak ke Pasar Induk Tangerang

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok yang melambung sangat meresahkan dan membenani masyarakat.Untuk memastikan kebutuhan sayur mayur dan buah-buahan di bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah nanti mencukupi, Gubernur Banten, Rano Karno melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di … Selengkapnya

Jalan Raya Jatiasih Bekasi Jadi Jalur Truk Sampah

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI- Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat mempersiapkan Jalan Raya Jatiasih sebagai satu-satunya jalur yang boleh dilewati truk pengangkut sampah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang.

“Supaya mendukung, Jalan Raya Jatiasih kami siapkan pelebaran agar lalu … Selengkapnya

PNS Terima Parsel Dikenakan Sanksi

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta untuk menolak pemberian parsel Lebaran. Jika terbukti menerima akan ada sanksi untuk PNS.

“Kami minta PNS tolak parsel jika ada yang akan memberi. … Selengkapnya

olahraga

Di Maria Harapkan Argentina Juara

Senin 27/6/2016 | 14:21
A   A   A   Pengaturan Font

NEW JERSEY – Bintang timnas Argentina, Angel Di Maria, berharap bakal mempunyai cerita menyenangkan di laga final Copa America Centenario, hari ini, Senin (27/6) WIB, melawan Chile. Pasalnya, selama ini pemain sayap Paris Saint Germain (PSG) itu sering kali kurang beruntung di laga final bersama timnas Argentina.

Ketika Argentina tampil di final Piala Dunia 2014, Di Maria tidak bisa ambil bagian lantaran cedera. Ia pun hanya bisa menyaksikan Tim Tango dikalahkan Jerman 0-1 lewat babak tambahan. Hampir setahun kemudian, Argentina melaju ke babak final Copa America 2015. Kali ini, Di Maria menjadi bagian dari starting XI. Namun, sekitar setengah jam pertandingan berjalan, ia harus ditarik keluar lantaran mengalami cedera hamstring. Posisinya lantas digantikan Ezequiel Lavezzi.

Chile merupakan lawan yang sama di final Copa America 2015, dan kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti, namun Argentina akhirnya kalah 1-4.

Kini, Argentina kembali melaju ke final dengan lawan yang sama pada 2015. Di Maria yang cedera ketika Argentina bertanding melawan Panama di fase grup berharap bisa tampil lagi.

Pelatih Argentina, Gerardo Martino mengatakan, selain Augusto dan Ezequiel Lavezzi, pemain lainnya bisa tampil semua. .”Semuanya, kecuali Augusto dan Lavezzi, bisa dimainkan,” ujar Martino.

Di Maria berharap bisa memberikan kontribusi lebih di final kali ini.   Rtr/ben/S-2

Miller Ukir Sejarah

Senin 27/6/2016 | 01:03
A   A   A   Pengaturan Font

ASSEN – Pebalap asal Australia, Jack Miller mengukir sejarah di ajang MotoGP dengan menjadi pebalap dari tim satelit pertama yang memenangi MotoGp dalam 10 tahun terakhir. Pebalap dari Estrella Galicia-Marc VDS Honda itu menjadi yang tercepat pada balapan di Assen, … Selengkapnya

Pertaruhan “The Three Lions”

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NICE – Inggris akan melakoni laga sulit di babak 16 besar dengan lawan mereka Islandia tengah termotivasi karena berada di puncak pencapaian sejarah olah raga negara tersebut. Situasi yang terjadi pada kedua tim membuat laga yang berlangsung di Stadion Nice, … Selengkapnya

Ulangan Final 2012

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Juara bertahan Spanyol akan menghadapi rival lama mereka Italia yang akan menjadi laga ulangan final Piala Eropa 2012.

PARIS – Laga sengit bakal berlangsung saat juara bertahan Spanyol bentrok dengan rival lama mereka Italia di Stade de France, Selasa (28/6) … Selengkapnya

kupas

Bnn Tembak di Tempat Pengedar Narkoba Setelah Revisi Uu

Senin 27/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum baik itu Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bersinergi untuk mengejar, menangkap dan menghajar para bandar narkoba tersebut agar generasi muda Indonesia tidak menjadi korbannya.

Setidaknya, pada tahun 2015 pengguna narkoba diperkirakan mencapai 5,1 juta orang, 40-50 generasi muda meninggal akibat narkoba serta kerugian material akibat ini mencapai triliunan rupiah (kurang lebih 63 triliun rupiah). Karena itu, Presiden Jokowi sebagai Kepala Negara mengajak seluruh lapisan masyarakat, bukan saja aparat penegak hukum untuk bahu membahu memberantas peredaran narkoba di Indonesia.

Karena, kalau dibiarkan berlarutlarut akan dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.Bahkan, dalam pemberantasan narkoba, Presiden berkeinginan ada efek jera bagi para bandar agar dilakukan tembak ditempat, tetapi masih terhalang Undang-undang yang ada.

Untuk mengupas soal pemberantasan narkoba ini, Koran Jakarta mewawancarai Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Budi Waseso usai peringtan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Jakarta, Minggu (26/6). Berikut Petikanya.

Presiden Jokowi dalam sambutan Peringatan HANI menegaskan perang terhadap narkoba. Untuk menindaklanjuti, Apa yang akan dilakukan BNN kedepan?

BNN terus berupaya meningkatkan ekstensifikasi (perluasan) dan intensifikasi (mengintesifkan) komunikasi, informasi, dan edukasi ke seluruh pelosok Indonesia (terkait bahaya narkoba)

Selain itu apa lagi?

BNN (juga) telah membentuk satgas anti narkoba di seluruh Indonesia dengan total 19.854 orang, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, swasta, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Sekarang ini ada modus dengan menyasar anakanak dan wanita untuk dimanfaatkan untuk dijadikan korban regenerasi pangsa pasar, yang didanai jaringan internasional dan bekerja sama dengan jaringan itu. Sebenarnya tujuan mereka mengalihkan peredaran kepada anak-anak dan wanita ini kenapa?Ya, tujuan mereka itu agar bisa terus ciptakan pasar, selain itu juga agar suplai (narkoba) bisa terus masuk.

Lalu, langkah apa yang akan dilakukan BNN?

Kita akan selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti perkembangan modus operandi yang dilakukan oleh pelaku.

Terkait narkoba, Presiden sudah geram dan ingin bandar narkoba ditembak, tapi terhalang UU, tanggapannya seperti apa?

Soal penembakan di tempat itu akan kita kaji, akan kita revisi undang-undangnya. Kalau nanti sudah jadi, BNN dan jajarannya yang lain bisa menjalankan perintah Presiden sesuai dengan yang disampaikan.

BNN sepakat dengan keinginan Presiden?

Para pengedar harus ditindak tegas, seperti halnya jaringan Freddy Budiman. Dia masih melakukan operasi jaringan melalui Lapas-lapas, sudah kita buktikan dan kita tidak mau menyentuh yang bersangkutan, karena nanti jadi alasan yang bersangkutan bisa melakukan upaya hukum untuk PK (peninjauan kembali).

Sebenarnya, perintah untuk tembak di tempat sudah ada UU nya, tinggal kita menghindari daripada kesalahan yang di lapangan, asalkan mereka berdasarkan pada peraturan.

Kalau sudah ada, kenapa enggak dilakukan, apakah masih ada keraguan BNN dalam melaksnakannya?

Sama sekali tidak ada keraguan, kami tegas, seperti melakukan penembakan pelaku di lapangan. Hanya Bapak Presiden kalau Undang-Undang ada muncul baru, bisa dilakukan ya kita dengan senang hati kita akan melakukan itu. (Karena) Akan meringankan negara dan meringankan lapas itu sendiri, itu kita ikuti perkembangannya.

Pemilu Akan Lebih Efesien Jika Disatukan

Sabtu 25/6/2016 | 02:33
A   A   A   Pengaturan Font

Simplikasi paket Undang-Undang Politik, mendesak dilakukan. Paket UU Politik itu sendiri terdiri dari UU Pemilu Legislatif, UU Pemilihan Presiden, UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah dan UU Penyelenggara Pemilu.

Saat ini, kesemua regulasi tentang pemilihan berdiri sendiri. Kerapkali, … Selengkapnya

“Kami Menambah Loket Penjualan dan E-Ticketing”

Jumat 24/6/2016 | 06:18
A   A   A   Pengaturan Font

Penumpukan penumpang yang biasa terjadi menjelang arus mudik dan balik saat pengendara ingin naik kapal penyeberangan diharapkan tidak terjadi lagi pada Lebaran kali ini.

Guna mewujudkan layanan penyeberangan yang aman, lancar, nyaman dan selamat sampai tujuan, PT ASDP Indonesia Ferry … Selengkapnya

Kehidupan Keluarga Tito Sederhana dan Jauh dari Kesan Glamor

Kamis 23/6/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hari ini Komisi III DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal menggantikan Kapolri Jenderal … Selengkapnya

berita lain

Tren Konsep Dekorasi Monokrom

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Warna monokromatik sekarang ini sedang banyak diminati oleh para pemilik rumah karena tampilannya yang terlihat simpel dan modern. Berikut ini informasi mengenai pro dan kontra warna monokromatik yang sedang menjadi tren dekorasi di kalangan pemilik rumah.

Kombinasi Warna Senada

Selengkapnya

“Payment Gateway” Permudah Transaksi UKM

Kamis 23/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sistem pembayaran saat ini masih menjadi salah satu kendala bagi sistem pembayaran produk usaha kecil. UKM butuh solusi tanpa ribet agar pembeli dapat melakukan berberapa pilihan transaksi tanpa harus memiliki portal e- commerce.

Biasanya sistem pembayaran dimiliki pelaku ecommerce dengan … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya