Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 11 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Waspadai Tanah Longsor dan Banjir

Kamis 11/2/2016 | 09:21
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah wilayah di Tanah Air yang mempunyai potensi hujan tinggi rawan banjir, longsor, dan puting beliung.

JAKARTA – Potensi banjir dan longsor di sejumlah wilayah du Tanah Air masih tinggi hingga akhir Februari 2016. Potensi hujan yang tinggi berpeluang terjadi di sebagian Sumbar, Bengkulu, Lampung, seluruh Jawa, Bali, dan NTB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, potensi hujan tinggi juga akan terjadi di Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Papua, dan Papua Barat.

“Sehingga wilayah-wilayah yang mempunyai potensi hujan tinggi itu rawan banjir, longsor, dan puting beliung,” kata dia di Jakarta, Rabu (10/2). Berdasarkan dari sifat hujan pada Februari, kata dia, hujan di atas normal akan terjadi di Sumatera bagian barat, sebagian 3Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

“Dari hasil analisa prakiraan dengan kejadian bencana yang terjadi, di Bangka Belitung masih terjadi sifat hujan di atas normal pada Februari sehingga memiliki potensi terjadi banjir selama bulan ini,” tuturnya. Ia menjelaskan adanya pengaruh El Nino menyebabkan jumlah hujan berkurang dan sebarannya tidak merata selama Januari 2016.

“Hujan pada Januari yang lebih kecil menyebabkan kejadian banjir dan longsor pada Januari 2016 menurun dibandingkan Januari 2015, yaitu penurunan kejadian banjir sebesar 43 persen dan longsor 75 persen,” katanya. Selain itu, lanjutnya, mundurnya musim hujan, menyebabkan puncak musim hujan terjadi pada Februari 2016 sehingga bencana banjir, longsor, dan puting beliung berpotensi banyak terjadi pada bulan ini. Sutopo mengatakan, sejak Januari hingga 8 Februari 2016, terdapat 166 kabupaten/kota di Tanah Air terdampak banjir dan tanah longsor.

Korban meninggal akibat banjir dan tanah longsor sebanyak 43 orang, luka berat enam orang, dan luka sedang lima orang. Selanjutnya, kata dia, korban terdampak banjir dan tanah longsor sebanyak 75.549 jiwa. “Kerugian akibat banjir dan tanah longsor sebanyak 418 unit rumah rusak berat, 76 unit rumah rusak sedang, dan 488 unit rumah rusak ringan,” ungkapnya. Dalam kesempatan itu, Sutopo juga mengatakan bahwa BNPB telah menyusun rencana kontijensi untuk mengantisipasi banjir di Provinsi DKI Jakarta.

“Berdasarkan rencana kontijensi bencana banjir yang disusun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, banjir diperkirakan pada Februari 2016,” katanya. Wilayah Jakarta akan terjadi siaga darurat banjir pada minggu pertama sampai ketiga, dan tanggap darurat pada minggu ketiga sampai keempat bulan ini. Pada siaga darurat ada 34 kelurahan, 134 RW di 18 kecamatan terdampak dan 52.451 jiwa mengungsi di 72 titik pengungsian.

Sementara itu, pada tanggap darurat ada 57 kelurahan, 201 RW di 23 kecamatan terdampak banjir dengan 56.113 jiwa mengungsi di 83 lokasi. “Rencana kontijensi ini dijadikan dasar dalam kesiagaan untuk menghadapi banjir di Ibu Kota,” katanya.

Perlu Koordinasi
Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan perlu ada koordinasi lintas kementerian/lembaga dan juga dengan pemerintah daerah untuk mengatasi dan mengantisipasi dampak bencana banjir dan longsor yang melanda beberapa daerah di Indonesia. “Koordinasi diperlukan terutama untuk mengetahui persiapan pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi bencana,” kata dia.

Menurut dia, koordinasi akan membangun sinergi sehingga kementerian/lembaga bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. “Begitu pula pemerintah daerah, bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya,” ujarnya. Kepala Seksi Kesiapsiagaan pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana alam pada puncak musim hujan.

“Bulan Februari ini puncak musim hujan, kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap datangnya bencana alam di Garut,” kata dia. Menurut dia, sejumlah daerah di Garut memiliki geografis dan kontur wilayah rawan terjadi bencana alam, seperti longsor, banjir, pergerakan tanah dan angin puting beliung. “Segala kemungkinan bencana bisa terjadi. Karena itu, kami mengimbau masyarakat Garut untuk senantisa mewaspadai cuaca ekstrem ini,” pungkasnya. cit/Ant/E-3

Percepatan Pembangunan Papua Berbasis Adat

Kamis 11/2/2016 | 09:12
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah tengah mengembangkan model percepatan pembangunan di Papua berbasis pendekatan adat. Pembangunan itu juga harus berbasis sumber daya manusia melalui peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kelembagaan lokal.

Untuk mewujudkan percepatan tersebut, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan … Selengkapnya

Seleksi Calon Mahasiswa PTKIN Diluncurkan

Kamis 11/2/2016 | 09:10
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Agama meluncurkan dua jalur seleksi bersama untuk ujian masuk 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dua jalur tersebut dilakukan melalui Seleksi Prestasi Akademik (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN) yang dilakukan secara online. Ketua Panitia Nasional SPAN-PTKIN … Selengkapnya

Hukuman Fuad Amin Diperberat Menjadi 13 Tahun Penjara

Kamis 11/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Fuad memanfaatkan jabatannya selaku Bupati Bangkalan dari Oktober 2010 hingga Februari 2013 dan Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan pada September hingga Desember 2014 untuk memperkaya diri sendiri.

JAKARTA. – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat vonis hukuman terhadap mantan Bupati Bangkalan, Jawa … Selengkapnya

mondial

Sengketa LTS Makin Runyam, India dan AS Ikut Campur

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW DELHI – Sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) semakin melibatkan banyak pihak. Pada Rabu (10/2), Amerika Serikat (AS) dan India menggelar perundingan untuk membahas latihan militer gabungan, termasuk di kawasan LTS yang sedang dipersengketakan. Langkah ini diperkirakan bakal memancing kemarahan Beijing yang mengklaim sebagian besar wilayah itu.

Melalui perundingan tersebut, Washington menginginkan sekutu-sekutunya di kawasan Asia bersatu melawan Tiongkok terkait sengketa LTS, dimana ketegangan demi ketegangan yang terjadi dipicu oleh sikap Beijing. Pemerintah Tiongkok membangun tujuh pulau buatan di Kepulauan Spratly.

Sumber di Kementerian Pertahanan AS yang tidak mau ditulis identitasnya mengatakan diskusi antara AS dan India soal latihan gabungan sudah dilakukan, dimana pelaksanaannya kemungkinan dalam tahun ini. Adapun tempat latihan akan berada di sekitar Samudera India, termasuk LTS. Hingga berita ini ditulis, Beijing belum memberikan berkomentar karena masih libur panjang Tahun Baru.

Tiongkok menuding Washington sedang mencari hegemoni kelautan atas nama kebebasan bernavigasi. Tuduhan tersebut dilontarkan setelah sebuah kapal laut AS berlayar sejauh 12 mil laut menuju ke wilayah Paracel, LTS, pada akhir Januari lalu. Hal serupa dilakukan sebelumnya pada Oktober 2015, dimana kapal laut AS berlayar di sekitar Kepulauan Spratlys. uci/rtr/AR-3

Korut Eksekusi Kastaf AD

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL – Kantor berita Yonhap pada Rabu (10/2) mewartakan bahwa Kepala Staf Angkatan Darat Korea Utara (Korut) yang bernama Ri Yong Gil, telah dieksekusi. Kabar ini diungkapkan oleh seorang narasumber yang tak mau diketahui jati dirinya dan pihak Yonhap pun … Selengkapnya

Trump dan Sanders Unggul di New Hampshire

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

COLUMBIA – Harapan masyarakat Amerika Serikat (AS) untuk memiliki presiden perempuan pertama tampaknya belum bisa terwujud. Hasil kaukus di negara bagian New Hampshire memperlihatkan bakal calon presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton kalah dari Bernie Sanders.

Pertarungan pada Selasa (9/2) … Selengkapnya

Korban Tewas Tabrakan Kereta di Bavaria Bertambah

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BAD AIBLING – Tim penyelamat Jerman, melaporkan pada Selasa (9/2) waktu setempat bahwa jumlah penumpang tewas dalam insiden tabrakan kereta di wilayah Bad Aibling, Bavaria, pada Senin (8/2) pagi telah bertambah hingga semuanya menjadi 10 jiwa. Hingga kini, menurut pihak … Selengkapnya

ekonomi

MI Luncurkan Dua DIRE

Kamis 11/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Paket kebijakan ekonomi pemerintah jilid V terkait penghilangan pajak berganda dana investasi real estate (DIRE) mulai menunjukkan dampak positif di industri reksa dana. Salah satu manajer investasi, BNI Asset Management (BNI-AM), berencana menerbitkan dua DIRE di tahun ini.

Direktur BNI Asset Management Isbono mengatakan salah satu produk akan diterbitkan semester I -2016. Instrumen investasi ini ditargetkan bisa mengumpulkan dana investor hingga 500 miliar rupiah. “Produk ini berbeda dengan DIRE yang sudah ada karena berupa non listed,” ujar Isbono.

Alasan tidak dicatatkan di Bursa, jelas Isbono, karena produk DIRE yang sudah ada di Bursa, tidak aktif diperdagangkan.

Head of Investment BNI Asset Management Hanif Mantiq menambahkan produk ini akan beraset dasar hotel jaringan internasional dengan tingkat okupasi 45 persen. Rencananya, lokasi hotel berada di salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. “Lokasi hotel berada di Bali,” ujar Hanif.

Perusahaan properti pemilik hotel akan menggunakan dana hasil DIRE untuk ekspansi usaha. Lebih jauh Haniuf mengatakan produk ini diperkirakan bisa membagikan return 15 persen per tahun. Di mana, return 6 persen-8 persen berasal dari pengelolaan tenant atau sewa kamar dan ruangan sementara sisanya return 10 persen berasal dari kenaikan harga tanah. Dia optimistis DIRE ini akan dilirik investor seiring turunnya suku bunga deposito.

Pihaknya juga bakal menerbitkan DIRE beraset dasar pusat perbelanjaan di Sumatera. Pusat perbelanjaan ini tergolong baru beroperasi Return DIRE ini diprediksi lebih besar ketimbang produk beraset dasar hotel. “Namun masih kami hitung,” tuturnya.

Target Agresif

BNI-AM memasang target agresif di tahun ini. Anak usaha Bank Negara Indonesia tersebut berambisi mengatrol dana kelolaan (asset under management/ AUM) hingga 30 persen.

AUM BNI-AM per 30 Desember 2015 berada di posisi 12,8 triliun rupiah. Dengan demikian AUM di akhir tahun diharapkan mencapai 16,64 triliun rupiah.

“BNI Asset Management berambisi untuk meningkatkan lebih jauh performa bisnisnya di tahun 2016 ini,”ucap Presiden Direktur BNI-AM, Reita Ferianti di Jakarta, Rabu (3/2).

Reita mengungkapkan telah berhasil menaikkan ranking di league table perusahaan Manajer Investasi di Indonesia berdasarkan situs portal reksa dana Infovesta, dari posisi 10 di tahun 2014 menjadi rangking tujuh di 2015.

Penyerapan Tenaga Kerja di Jabar Terbesar

Kamis 11/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 2015 berhasil menyerap tenaga kerja hingga 301.474 orang. Angka tersebut berkontribusi 21 persen dari total penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebanyak 1.435.704 tenaga kerja. … Selengkapnya

Konstruktor Lokal Skala Kecil Harus Berdaya Saing

Kamis 11/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pengusaha jasa konstruksi lokal skala kecil dan menengah menghadapi persaingan ketat dari konstruktor besar, baik domestik maupun asing, terlebih di saat implementasi pasar tunggal Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Karenanya, mereka harus terus didorong agar naik … Selengkapnya

Batasan PMA Akan Diperlonggar

Kamis 11/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pelonggaran DNI diklaim bukan sebagai bentuk liberalisasi investasi, melainkan upaya modernisasi untuk memperkuat daya saing.

JAKARTA – Pemerintah akan memperlonggar batasan penanaman modal asing (PMA) melalui perubahan daftar negatif investasi (DNI) untuk membangun iklim investasi kondusif. Meski demikian, pemerintah berkomitmen … Selengkapnya

rona

Tatjana Saphira Merasa Belum Total Berakting

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski dinilai bermain bagus dalam film I Am Hope, namun Tatjana Saphira merasa penampilannya belum total seratus persen. Apa sebab? “Sebenarnya aku pengin banget botakin rambut seperti peran di film. Tapi ada beberapa hal yang buat aku nggak bisa dibotaki beneran, karena masih ada kontrak dengan pihak lain. Akhirnya ya pakai makeup aja yang bagus banget, rapi banget. Didandanin sekitar tiga sampai empat jam baru rapi,” ucap Tatjana, saat ditemui di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Di film yang diproduseri oleh Wulan Guritno, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah- Joesoef itu, Tatjana berperan sebagai Mia, seorang gadis penderita kanker yang berjuang semasa hidupnya melawan kanker. Artis muda berdarah campuran Indonesia-Jerman ini mengaku, peran di film itu mengundang emosionalnya. Tak heran jika Tatjana ikut larut dalam keprihatinan terhadap tokoh Mia. “Sebelumnya nggak ada yang seemosional ini. Aku jadi ikut terharu,” jelas Tatjana.

Aktris dan model bernama asli Tatjana Saphira Hartmann ini berharap film karya sutradara Adilla Dimitri ini bisa membuka mata masyarakat luas mengenai perjuangan seorang penderita kanker di Indonesia. Menurut aktris kelahiran Jakarta, 21 Mei 1997 ini, apa yang digambarkan dalam film I Am Hope merupakan sedikit gambaran dari apa yang dialami oleh seorang penderita kanker. Tatjana menilai, penderita kanker membutuhkan perhatian khusus dari orang-orang terdekatnya, serta juga masyarakat dan pemerintah.

“Perlu dukungan dan perhatian ya, paling nggak itu bisa meringankan,” tutur aktris cantik yang turut membintangi film Negeri Van Oranje ini. Film I Am Hope ini rencananya akan diputar serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 16 Februari 2016 mendatang.

Film besutan rumah produksi Alkimia Production ini pun juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama, seperti Tio Pakusadewo, Fachry Albar, Ray Sahetapy, Fauzi Baadilah, Alessandra Usman, Feby Febiola, Ario Wahab, dan juga Ine Febriyanti.  yzd/S-1

Joko Anwar Berharap Dukungan bagi Film Budaya

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sutradara kawakan Joko Anwar menyatakan banyak film bertemakan budaya lokal tak mendapat modal, sehingga tidak dapat ditayangkan di berbagai bioskop Tanah Air. “Selama ini filmfilm yang mengangkat budaya lokal justru tidak mendapat modal. Untuk itu, kita perlu mengundang investor asing,” … Selengkapnya

Maria Selena Enjoy di Dunia Presenting

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Belakangan ini, Maria Selena sepertinya sangat menikmati profesinya sebagai pembawa berita televisi. Namun, pembawa program berita di televisi bukanlah hal baru baginya, sebab sebelumnya Puteri Indonesia 2011 ini sudah seringkali memandu program acara televisi, seperti program acara olah raga. Maria … Selengkapnya

Ryan Reynolds Bangga Perankan “Deadpool”

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah bertahun-tahun pembuatan, Deadpool muncul di layar lebar pekan ini dan para penggemar anti-hero Marvel bisa berinteraksi dengan para pemerannya dalam satu acara khusus di New York pada Senin lalu.

Ryan Reynolds, Morena Baccarin, Ed Skrein membintangi film dengan humor … Selengkapnya

megapolitan

Kawasan Kalijodo akan Dijadikan Taman Kota

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Pemerintah Provinsi  (Pemprov) DKI Jakarta segera membongkar pusat hiburan malam Kalijodo di Penjaringan, Jakarta Utara. Pusat transaksi prostitusi di Jakarta ini akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

“Pokoknya semua harus ditutup. Kalijodo itu jalur hijau, harus kita bongkar. Gitu saja,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai meresmikan RPTRA Puspita, Rabu (10/2) di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Nantinya, kata Ahok, kawasan Kalijodo akan dibuatkan taman dan jalan yang bagus untuk masyarakat sekitar. Sedangkan warganya, akan dipindahkan ke rumah susun sewa yang saat ini masih proses pembangunan. Pembongkaran kawasan itu, katanya, akan dilakukan setelah penertiban pemukiman kumuh di Waduk Pluit.

“Kita sudah mau lakukan pembongkaran, cuma kita pikir belum siap karena masih konsetrasi di Waduk Pluit. Kalau Waduk Pluit sudah selesai, kita mau gusur. Pas kita baca berita insiden fortuner segala macam, Kalijodo ini lebih baik kita bongkar sajalah, karena lebih banyak mudaratnya,” kata Ahok.

Menurutnya, Pemprov DKI sedang mempersiapkan kekuatan personel karena penggusuran tempat prostitusi itu berpotensi mendapatkan perlawanan. Ahok pun akan meminta bantuan kepolisian dan tentara untuk mengamankan pembongkaran di Kalijodo.

Dikatakan Ahok, pihaknya tidak akan memberikan tempat pengganti untuk lokalisasi prostitusi itu. Sebab, katanya, saat ini pun praktik prostitusi sudah menjalar ke berbagai tempat. “Serius dong, kamu kira saya bercanda. Kita lagi ukur-ukur kekuatan dulu. Yang penting jangan dikasih lokasi buat prostitusi,” ucapnya.

Ahok menegaskan, PSK yang menjajakan diri di kawasan Kalijodo itu dipastikan bukan orang Jakarta. Namun, ungkapnya rencana pembongkaran kawasan Kalijodo yang sejak dulu direncanakan tidak pernah dilakukan,  karena sedang berkonsentrasi membongkar pemukiman di pinggir sungai dan waduk.

“Dia bukan orang Jakarta. Semua pendatang. Mana ada  orang Jakarta prostitusi, semua impor. Memang iya, sejak dulu akan dibongkar,  tetapi mereka bilang tahan dulu, bereskan sungai-sungai dulu katanya.  Kalijodo itu kan enggak terlalu kena sungai. Nah, kami utamakan yang terkena sungai dan waduk dulu,” tegasnya.

Setelah insiden Kecelakaan Fortuner di Jalan Daan Mogot KM 15, Kalideres, Jakarta Barat,  yang menewaskan empat  orang,  Senin (8/2), nama Kalijodo kembali mencuat. Pengemudi Fortuner, Ricky Agung Prasetio  tidak bisa mengontol kendaaraannya karena menenggak 10 botol miras di sebuah cafe di kawasan Kalijodo.

Kawasan Kalijodo sudah lama dijadikan pusat pelacuran kumuh dan tempat hiburan malam. Bahkan, lokalisasi ini merupakan tertua di Jakarta dan tetap dibiarkan beroperasi sampai sekarang. Bisnis esek-esek layaknya di Gang Dolly, Surabaya ini disediakan pada ratusan cafe yang dibangun diantara Kali Angke dan Sungai Kanal Banjir Barat.

Dikenal sebagai tempat prostitusi murah tapi bergaya mewah, Kawasan Kalijodo ini pun banyak diminati pria hidung belang. Bahkan, kabarnya, si PSK mendapat gaji bulanan yang diberikan oleh muncikarinya. Selain prostitusi, kawasan ini pun sering dijadikan arena perjudian dan tempat hiburan malam.

Berdasarkan data Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara, ada sekitar 50 kafe yang beroperasi di kawasan Kalijodo dan sekitar 150 orang PSK tinggal di sana. Namun, setiap malamnya, PSK yang beroperasi di sana bisa mencapai hingga 500 orang dengan tarif bervariasi.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam menertibkan kawasan Kalijodo. Jakarta Utara.

“Nanti, kami lakukan koordinasi dengan pemda, apa langkah-langkah kami untuk lakukan penertiban di tempat itu,” ujar Tito.

Kapolda  menegaskan kalau Pemprov DKI hendak melakukan penertiban, polisi siap membantu. “Apa kebijakan pemda, kami ikuti, kami akan dukung,” kata Tito. Pin/pik/P-5

Ahok Janji Istana Bebas Genangan

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gubernur DKI menduga, ada orang menyabotase yang tidak senang melihat Jakarta bebas banjir.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan kawasan Istana Presiden tidak akan tergenang. Menurutnya, genangan air yang ada di jalan Medan Merdeka Utara arah … Selengkapnya

Seorang Ibu Rebut Senjata Api Perampok

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI – Seorang ibu rumah tangga bernama Nuraini Aritonang,  54 tahun, berhasil menggagalkan aksi perampokan sepeda motor di Perumahan Cikunir Indah, Kota Bekasi, Selasa (9/2) malam setelah merampas pistol milik pelaku.

“Malam itu ada sekitar empat pelaku yang mau membawa … Selengkapnya

Anggota DPRD Bekasi Publikasikan Gaji ke Publik

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi Ronny Hermawan memublikasikan besaran gaji bulanan yang rutin diterimanya setiap bulan dengan alasan transparansi publik. “Karena saya mengemban jabatan publik dan banyak warga tanya, ya sudah saya jelaskan saja … Selengkapnya

olahraga

Persaingan Proliga 2016 Bakal Kian Ketat

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kehadiran pemain-pemain berkualitas dunia, seperti Miss Oregon AS, Alaina Bergsma bakal membuat persaingan Proliga 2016 semakin ketat dan menambah daya tarik bagi penonton.

JAKARTA – Miss Oregon Amerika Serikat (AS), Alaina Bergsma bakal menjadi daya tarik tersendiri dalam gelaran Pertamina Proliga 2016. Bergabung bersama Tim Putri Gresik Petrokimia, Alaina dan pemain asing kelas dunia lain dipastikan akan menambah ketatnya persaingan tim di Proliga 2016.

Direktur Proliga, Hanny Surkatty, berharap penyelenggaraan Proliga 2016 yang merupakan kompetisi bola voli tertinggi di Tanah Air ini bakal lebih kompetitif dibandingkan dengan musim lalu. Hal itu karena banyaknya pemain kelas dunia yang ambil bagian di Proliga musim ini.

Sebut saja, Logan Tom pemain timnas AS dan Marinne Steinbercher asal Brasil yang bergabung dengan tim Jakarta Pertamina. Tom, pevoli 34 tahun itu adalah salah satu pemain andalan AS saat meraih merebut medali perak di Olimpiade 2008 Beijing dan London 2012 lalu.

Belum lagi si cantik, Bergsma yang bergabung dengan timnas voli AS sejak 2013 lalu. Termasuk pemain timnas Tiongkok mantan Olimpian 2012 yang bergabung dengan tim Jakarta Electric PLN, Jakarta PGN Popsivo yang juga menggunakan jasa pemain Tiongkok serta pemain Thailand yang direkrut Bekasi BVN.

Praktis, kehadiran para pemain kelas dunia itu bakal mengangkat kualitas dan mendongkrak persaingan di bagian putri Pertamina Proliga 2016. Mengingat hanya lima tim yang kini ikut ambil bagian setelah mundurnya, Jakarta Bank DKI, Jakarta BNI Taplus, dan Manokwari Valleria Papua Barat dari arena Proliga 2016.

“Berkurangnya tim putri tidak mengurangi tingkat persaingan yang ada di Proliga musim ini. Semua tim tetap tampil maksimal. Kehadiran para pemain dunia juga menjadi daya tarik tersendiri buat penonton, karena kita bisa menyaksikan langsung pemain kelas dunia di Proliga 2016 ini,” kata Manajer tim putri Jakarta Electric PLN, Heri Hermawan saat Konferensi Press di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (10/2).

Pernyataan serupa juga diungkapkan manajer dari tim putri lainnya. Seperti Manajer tim putri Pertamina, Sutrisno yang menyebut persaingan bakal semakin meningkat dan kualitas mutu kompetisi semakin bertambah dengan didatangkannya pemain asing yang berkualitas tinggi.

Manajer Gresik Pertamina, Gatot Santoso menambahkan, semangat dari tim-tim yang ambil bagian di Proliga 2016 ini sangat besar untuk membangun bola voli Indonesia dan memperbesar gelora api kualitas Proliga.

Terkait pemain asingnya, Bergsma, Gatot mengatakan itu adalah rekomendasi dari pelatih Tiongkoknya, Li Hua Ning selain pemain asal Kuba Lisbet Arredondo Reyes yang tahun lalu juga bergabung dengan Gresik Petrokimia.

“Motivasinya cukup besar untuk hadir di Indonesia. Tadinya kami juga aga khawatir, pemain cantik itu mau tidak kerja keras buat tim, tapi setelah dicoba ternyata dia jadi motor di dalam tim, ini yang dibutuhkan tim,” sebut Gatot.

Lebih Berkualitas

Kompetisi Proliga 2016 bakal diikuti lima tim putri dan enam tim putra. Selain Gresik Petrokimia, tim putri juga bakal diikuti Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Electric PLN, Jakarta PGN Popsivo dan tim pendatang baru Bekasi BVN. Sedangkan di tim putra, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Electric PLN, Surabaya Samator, Jakarta BNI Taplus, Palembang Bank Sumsesl Babel dan Bekasi BVN.

Jakarta Electric PLN bakal menjadi tuan rumah putaran pertama seri pembuka Proliga 2016 di GOR Ken Arok, Malang 19-21 Februari dan dilanjutkan di Gresik dan Probolinggo. Putaran kedua bakal digelar di Solo, Jakarta, dan Palembang. Sedangkan babak final four bakal digelar di Bandung dan Yogyakarta sebelum Grand Final di Jakarta.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, Imam Sudjarwo mengapresiasi dukungan dari Pertamina terhadap gelaran Proliga 2016. Ini jadi tahun kedua Pertamina hadir sebagai sponsor utama Proliga setelah musim lalu.  baz/S-2

“The Hammers” Singkirkan Liverpool

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berhasil menyingkirkan Liverpool menjadi salah salah satu kemenangan terbesar West Ham.

LONDON – Fans yang memiliki kenangan lama mungkin tidak setuju, tapi pelatih West Ham United Slaven Bilic yakin kemenangan atas Liverpool Rabu (10/2) dini hari WIB menjadi salah satu … Selengkapnya

Format Liga Champions Ditinjau Ulang

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Klub sepak bola terbesar di Eropa tertarik untuk mengamankan lolos otomatis ke Liga Champions dan mereka akan bekerja sama dengan dengan UEFA untuk meninjau ulang format kompetisi antar klub tertinggi di benua biru itu.

Asosiasi Klub Eropa (ECA) … Selengkapnya

Sevilla Tetap Waspada

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

VIGO – Michael Krohn-Dehli menegaskan skuad Sevilla belum membahas prospek mencapai final Copa del Rey meski memegang keungulan agregat 4-0 atas Celta Vigo. Kedua tim akan bentrok pada laga leg kedua semifinal Jumat (12/2) dini hari WIB.

Gelandang asal Denmark … Selengkapnya

kupas

Serapan Tenaga Kerja Baru Lebih Banyak Ketimbang PHK

Kamis 11/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Baru- baru ini merebak isu tutupnya perusahaan elektronik multinasional seperti Panasonic, dan Toshiba.
Dari dua perusahaan besar tersebut, dikabarkan setidaknya ada sekitar 2.500 pekerja menjadi korban PHK. Rinciannya 1.500 dari Panasonic, sementara sisanya 1.000 pekerja dari Toshiba.

Untuk memperjelas kebenaran isu PHK besarbesaran tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri. Berikut petikannya.

merebaknya isu PHK akhir- akhir ini?

Isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) disinyalir ada yang membesar-besarkan. Pemerintah tetap mengecek dan memverifikasi isu-isu PHK yang beredar. Tidak semuanya benar.

Jadi, menurut Bapak ada yang sengaja membesar-besarkan isu PHK ini?

Saya tidak mau mengomentari hal itu. Intinya, entah besar atau kecil, berita PHK memang lebih seksi dibanding berita serapan tenaga kerja baru.

Faktanya data serapan tenaga kerja baru lebih banyak ketimbang PHK. Bapak lebih suka membahas isu serapan tenaga kerja baru?

Sebagai menteri, ya pasti. Seperti di sektor industri, misalnya, lapangan kerja baru dari 40 perusahaan baru saja butuh 184.779 pekerja, itu baru bisa dipenuhi 21.383 orang ( karena) perusahaan kesulitan cari tenaga kerja kompeten.

Tenaga kerja itu baru sebagian di sektor industri, belum seluruhnya, dimana realisasi investasi tahun 2015 naik 17.8 persen dan menyerap 1,435 juta tenaga kerja, belum sektor jasa seperti pariwisata.

Kalau bicara PHK, pasti akan ada terus ya?

Kalau bicara PHK, kasusnya memang ada, tapi penyerapan tenaga kerja baru lebih banyak. Pabrik tutup ada, tapi pabrik baru lebih banyak. Prinsip dari sikap pemerinrah terkait isu PHK jelas. Satu, jika tidak terpaksa banget, jangan ada PHK. Cari skema lain agar PHK jadi opsi terakhir seperti pengurangan shift, jam kerja.

Dua, jika PHK karena satu dan lain hal harus dilakukan, maka harus disepakati dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh setempat. Jadi rencana efisiensi harus didialogkan secara bipartit dulu, tidak boleh sepihak.

Tiga, jika memang PHK sudah disepakati bersama SP/SB setempat, maka pastikan kesepakatan jalan dan semua hak pekerja dipenuhi. Empat, jika PHK akhirnya terjadi, pemerintah siapkan program bamper seperti re-training bagi korban PHK, mendorong korban PHK berwirausaha dengan fasilitas pelatihan, KUR dan lainnya.

Jadi, sudahilah jadi bangsa yang seneng ribut. Jangan teriak-teriak PHK tapi enggak jelas datanya. Apalagi untuk menaku-nakuti rakyat dan bikin keresahan.

Kalau memang benar-benar ada PHK, bagaimana solusinya?

Bawa datanya ke pemerintah by name by address. Pasti akan ditangani dengan baik. Pemerintah selau cek ricek info PHK dari manapun asalnya dan ditangani dengan sebaik-baiknya. Banyak memang statemen PHK dari kalangan tertentu yang tak benar.

Banyak pula berita PHK yang sudah basi didaur ulang. Walau begitu, sekali lagi, pemerintah tetap cek dan ricek.

Penyebaran isu PHK memperlemah pemerintah, bagaimana tanggapannya?

Pasti memperlemah, tapi bagi mereka (yang sebar isu) tidak berfikir ke sana. Mari sadari bahwa tantangan kita hari ini justru lebih ke soal kompetensi naker kita. Angkatan kerja kita sekarang didominasi lulusan SMA ke bawah, demikian pula dengan yang menganggur.

Oleh karenanya, dari pada ngeributin soal PHK yang sepertinya sedang dihembuskan oleh pihak tertentu, mendingan mari sama-sama fokus menggenjot percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja kita. Tentunya dengan kompetensi yang memumpuni.

Apa langkah yang dilakukan untuk mencapai itu?

Kemnaker sedang menggenjot agar skema pelatihan kerja jadi prioritas negara, swasta dan juga masyrakat sipil, termasuk SP/SB. Pelatihan kerja harus dikeroyok bareng-bareng. muhammad umar fadloli/AR-3

Kejagung Akan Lakukan Sita Aset Yayasan Supersemar

Rabu 10/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mahakamah Agung (MA) telah mengabulkan gugatan Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap Yayasan Supersemar, dalam kasus dugaan penyelewengan dana beasiswa yang disalurkan Yayasan Supersemar.

Dalam putusannya, MA mengharuskan Yayasan Supersemar dan ahli waris mantan Presiden RI HM Soeharto untuk membayar 315 juta … Selengkapnya

Publik Tetap Menuntut Akurasi dan Kelengkapan Isi Berita

Selasa 9/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketua Dewan Pers Bagir Manan berbicara soal kehidupan pers masa kini, di tengah era digital.

Di Nusa Tenggara Barat, tempat dihelatnya puncak acara Hari Pers Nasional 2016 (HPN 2016), Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Ketua Dewan Pers, Bagir Manan di Hotel … Selengkapnya

“Kita Akan Segera Putuskan untuk Ditarik”

Sabtu 6/2/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dan mantan Ketua KPK, Abraham Samad, serta Komisioner KPK, Bambang … Selengkapnya

berita lain

Danai Rumah Murah, BTN Siap Kelola Dana Tapera

Jumat 5/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembiayaan untuk rumah murah harus menjadi prioritas pemerintah. Untuk mendukung pembiayaan hunian murah, Bank Tabungan Negara (BTN) siap mengelola dana tabungan perumahan rakyat (tapera) yang potensinya mencapai puluhan triliun setiap bulannya. Rencananya bulan ini DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tapera … Selengkapnya

Jasa Logistik Melesat di Era e-Commerce

Selasa 9/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Produk kreatif Indonesia akan kian melesat tahun ini. Platform e-commerce (bisnis digital) bakal marak dengan segmentasi usaha yang beragam. Industri kreatif juga makin mendapat tempat di hati konsumen karena tumbuhnya marketplace hingga penyedia layanan jasa logistik.

Pertumbuhan e-commerce sekarang ini … Selengkapnya

All New Pajero Sport Laris

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah diluncurkan secara resmi pada 29 Januari 2016 lalu di Fairmont Hotel – Senayan, Jakarta, nampaknya The All New Pajero Sport sukses membuat membuat penasaran para konsumen setia SUV di Indonesia.

Acara peluncuran yang dihadiri langsung President & Chief Operating … Selengkapnya