Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 1 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Lahirnya Pancasila 1 Juni Akan Jadi Hari Libur Nasional

Rabu 1/6/2016 | 06:54
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah sedang melakukan finalisasi peraturan Presiden untuk menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya Pancasila dan menjadikannya libur nasional.

JAKARTA – Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pemerintah tengah menyiapkan rancangan peraturan Presiden (Perpres) tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya libur nasional.

Rancangan Perpres yang mengatur hal tersebut masih difinalisasi. “Rancangan Perpres yang mengatur hal itu masih dalam proses finalisasi,” kata Pramono, di Jakarta, kemarin.

Wacana penetapan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni sebagai libur nasional sempat ramai dibicarakan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun tidak terlaksana. Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni menggunakan momen pidato Soekarno dalam sidang “Dokuritsu Junbi Cosakai” atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada 1 Juni 1945.

Dalam pidato itulah konsep dan rumusan awal Pancasila mulai dikemukakan, namun baru disepakati dan dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Syaifullah Yusuf mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai pengingat bagi masyarakat untuk tetap mempertahankan Pancasila dalam kondisi apa pun. Pada era globalisasi seperti ini, pergumulan ideologi sering terjadi dan mengikis falsafah bangsa.

“Pancasila ini istimewa karena hanya kita yang punya sehingga harus kita banggakan. Kalau enggak ada jalan tengah Pancasila, mungkin tak ada kerukunan dalam keberagaman seperti ini,” kata Syaifullah.

Sudah Final

Sebagai pedoman berbangsa, tambah Syaifullah, Pancasila sudah final, sehingga bagi kelompok yang menolak hendaknya kembali mengaji Pancasila dan dilihat aspeknya yang mampu menyatukan berbagai perbedaan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau, bahasa, suku, dan latar belakang. Masalah seperti itu enggak bisa dihindari, tapi bagaimana nantinya kearifan lokal perlu diseleraskan untuk kepentingan nasional.

Sementara itu, Ketua Umum Presidium Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Muliawan Margadana mengatakan Pancasila sudah sakti sejak kelahirannya. Jika dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia, Pancasila menghancurkan ideologi lain yang tidak sepaham itu disebabkan karena Pancasila memang sakti, karena ia lahir di tengah kecamuk dua kutub idiologi besar saat itu, namun tetap memunculkan kemandiriannya.

Pancasila, tambah Muliawan, tetap akan memiliki kesaktian jika bangsa Indonesia memelihara dan melaksanakan sila-silanya dalam kehidupan sehari-hari. Kesaktian Pancasila akan hilang hanya ketika bangsa Indonesia tidak mencintai lagi, menggantikannya secara sadar ataupun tidak dengan nilai-nilai baru yang tidak berakar pada nilai yang digali dari tradisi Nusantara. Kesaktian

Pancasila akan bertambah dari waktu ke waktu ketika bangsa Indonesia terus mencintainya tanpa syarat. Pancasila adalah satu dan tak terpisahkan dengan bangsa Indonesia. Kelahiran bangsa Indonesia yang ditandai dengan kemerdekaan 17 Agustus 1945 juga tidak bisa dipisahkan dari Pancasila. Bangsa Indonesia, tambah Muliawan, akan hilang tanpa Pancasila dan Pancasila akan musnah tanpa bangsa Indonesia. Yang mencintai Pancasila adalah bangsa Indonesia dan bukan bangsa lain.

Menurut Muliawan, peristiwa- peristiwa yang berusaha menghancurkan dan menggantikan Pancasila dengan dasar yang lain merupakan pembuktian bahwa Pancasila tidak bisa dilepaskan dari bangsa Indonesia dan demikian pula sebaliknya. Pancasila itu adalah dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Ia merupakan norma tertinggi dari kehidupan bangsa Indonesia. – fdl/eko/SM/Ant/N-3

Bantuan Air Bersih untuk Pengungsi Sinabung

Rabu 1/6/2016 | 06:31
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bencana erupsi Gunung Sinabung yang terjadi sejak tahun 2010 meninggalkan luka yang teramat mendalam bagi masyarakat Karo, Sumatera Utara. Hingga akhir Mei 2016 Gunung Sinabung masih mengeluarkan awan panas dan debu vulkanik yang mengakibatkan puluhan ribu warga dari … Selengkapnya

Rektor PTN Tidak Boleh Bebani Mahasiswa Miskin

Rabu 1/6/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Setiap mahasiswa yang masuk dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN hanya membayar biaya kuliah UKT sesuai tingkat kemampuan ekonominya.

SEMARANG – Rektor diminta bijaksana dalam menetapkan uang pangkal di jalur ujian mandiri. Meskipun diperbolehkan memungut di luar UKT pada jalur mandiri, … Selengkapnya

Klaim Jaminan Hari Tua Terus Membengkak

Rabu 1/6/2016 | 06:25
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Selama November 2015 hingga Maret 2016 jumlah pekerja yang mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencapai sekitar 7.500 orang. Dan sejak Januari hingga Maret 2016 rata-rata klaim mencapai 50 hingga 55 … Selengkapnya

mondial

Arab Saudi Hancurkan Serangan Misil Yaman

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 DUBAI – Pihak koalisi militer Arab yang dipimpin Arab Saudi pada Senin (30/5) tengah malam menyatakan telah berhasil mencegat dan menghancurkan serangan misil balistik yang ditembakkan dari Yaman. Serangan misil ini, menurut pihak Arab Saudi, telah mengancam kesepakatan gencatan senjata yang telah berlaku sejak April lalu.

“Serangan misil ini merupakan yang kedua kalinya dalam bulan ini. Misil itu berhasil dirontokkan di udara dan tak ada korban jiwa akibat serangan ini. Tak hanya itu, pihak Angkatan Udara kami juga telah berhasil menghancurkan alat peluncur misil tersebut,” demikian pernyataan koalisi militer yang dikutip dari kantor berita Arab Saudi, SPA.

Koalisi militer negara Arab pimpinan Arab Saudi telah melakukan intervensi ke wilayah Yaman sejak Maret tahun lalu dengan alasan ini membantu memulihkan kekuasaan pimpinan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi. Saat ini kelompok militan Houthi penyokong mantan Presiden Ali Abdullah Saleh, berhasil mendesak Presiden Hadi hingga ia kabur ke luar negeri.

Kelompok Houthi dan kubu pemerintah Yaman dukungan Arab Saudi beberapa waktu lalu melakukan perundingan damai di Kuwait untuk menghentikan perang yang telah berjalan selama 14 tahun Rtr/I-/AR-3

Lagi, Menteri di Kabinet Presiden Temer Mundur

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BRASILIA – Panggung politik Brasil terus memanas. Pada Senin (30/5) waktu setempat, Menteri Transparansi Brazil, Fabiano Silveira, mengundurkan diri menyusul bocornya rekaman suara, yang menjelaskan Silveira mencoba menggelapkan sebuah bukti korupsi yang sudah terlanjur menyebar. Silveira menjadi anggota kabinet terakhir … Selengkapnya

Kebakaran di Depo Amunisi India, 17 Tewas

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 NEW DELHI – Sebuah kebakaran dahsyat telah melalap depo amunisi terbesar di India pada Selasa (31/5). Menurut keterangan pihak Angkatan Bersenjata India, kebakaran itu telah memicu sebuah ledakan besar yang menewaskan sedikitnya 17 orang.

“Tim pemadam kebakaran sepanjang malam terus … Selengkapnya

Duterte Umumkan Susunan Kabinet

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Presiden Filipina, Duterte, menggelar rapat tertutup dengan orang-orang yang ditunjuknya untuk menduduki posisi menteri di kantor Department of Public Works.

 DavaoCity- Presiden Filipina terpilih, Rodrigo Duterte, mengumumkan susunan kabinet yang akan bekerja dibawah pimpinanya sebagai orang nomor satu di Filipina. … Selengkapnya

ekonomi

BBTN Incar Dana NU Rp40 Triliun

Rabu 1/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menargetkan bisa meraih dana warga Nahdlatul Ulama (NU) sebesar 40 triliun rupiah dalam program gerakan nasional sejuta wakaf uang. Target tersebut diambil dari 50 persen jumlah warga NU yang mencapai 83 juta Nahdliyin.

“Kalau 83 juta warga NU mewakafkan uangnya sebesar 1 juta rupiah maka potensi dana yang bisa terserap bisa 83 triliun rupiah. Dari jumlah tersebut kami targetkan 50 persen nya bisa masuk ke BTN, jadi sekitar 40 triliun rupiah,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono, usai peluncuran Gerakan Wakaf Uang Sejuta Nahdliyin di Surabaya, kemarin.

Acara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baidan serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Moh. Hasan Mutawakkil Alailah.

Maryono menjelaskan, dalam kerja sama dengan PBNU, BTN hanya sebagai fasilitator penempatan dana. Sedangkan yang akan mengelola dana tersebut langsung ditangani oleh lembaga wakaf milik NU dan digunakan untuk kepentingan warga NU.

Menurut Maryono, selain potensi perolehan dana dari sejuta wakaf, BTN juga berpotensi memperoleh t a mb a ha n nasabah sekaligus dana murah melalui kerja sama ini. Pasalnya nahdliyin yang ingin mencicil uang wakafnya wajib membuka rekening di BTN, baik BTN Syariah maupun konvensional. Pada kuartal I/2016 total akun yang tercatat di Bank BTN sekitar 6 juta dengan nilai 27,4 triliun rupiah.

Maryono optimistis target tersebut bisa tercapai. Pasalnya PBNU merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia. Selain itu ada banyak manfaat yang akan dikerja samakan bersama PBNU lewat lembaga-lembaga dan badan otonom di bawah naungan PBNU.

BTN juga sekaligus memperkenalkan Kartu Debit Visa BTN iB. Kartu tersebut sekaligus dapat menjadi kartu anggota NU. Kartu tersebut dapat digunakan untuk sarana autodebet wakaf, infak, zakat dan sedekah.

Dengan dukungan VISA, seluruh warga NU akan mendapatkan kemudahan bertransaksi debit di seluruh outlet berlogo VISA, transaksi ATM diseluruh mesin ATM VISA, Link dan ATM Bersama di seluruh dunia.

Lebih lanjut Maryono menegaskan, setelah PBNU, kerja sama serupa juga akan dilakukan dengan Muhammadiyah yang juga mempunyai basis massa cukup cukup besar. “Dana murah ini dapat menunjang program sejuta rumah,” tambahnya.

Tingkatkan Kesejahteraan

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengatakan, gerakan nasional wakaf sejuta nahdliyin merupakan terobosan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan warga NU. Sedangkan untuk mempermudah warga NU dalam pengumpulan wakaf uang, maka pihaknya menggandeng BTN. “Jadi kerja sama ini akan saling menguntungkan dan memberikan kemudahan bagi warga NU,” katanya.

Pada kuartal I/2016 aset Unit Usaha Syariah (UUS) BTN tercatat sebesar 14,733 triliun rupiah atau tumbuh 29,49 persen dibandingkan periode sama tahun 2015 yang sebesar 11,409 triliun rupiah.

Satgas Paket Deregulasi Dibentuk

Rabu 1/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah membentuk satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai hambatan dan permasalahan serta melakukan fasilitasi publikasi dan desiminasi paket kebijakan ekonomi.

Jakarta – Pemerintah membentuk empat satuan tugas (Satgas) atau task force untuk memantau pelaksanaan paket kebijakan ekonomi yang terbit sejak September … Selengkapnya

Dana IPO Mesti Jelas

Rabu 1/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Meski IPO semua sektor menarik bagi pasar tapi khusus sektor ritel sangat terkait dengan brand emiten yang dimaksud.

JAKARTA – Penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham, terutama bagi calon emiten di sektor ritel, akan mencapai target apabila terdapat penjelasan … Selengkapnya

Bukopin Gandeng Jasindo

Rabu 1/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menggandeng PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) untuk mengasuransikan nasabah tabungan atas musibah kecelakaan diri.

“Ini merupakan peningkatan kerja sama yang lebih berdaya guna. Karena pelanggan kami mengalami peningkatan, maka kami merasa perlu … Selengkapnya

rona

Johnny Depp Didukung Keluarga Hadapi Tuduhan KDRT

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Johnny Depp, yang sedang menghadapi tuduhan melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya Amber Heard, mendapat dukungan kuat dari putri dan mantan pasangannya Vanessa Paradis.

Heard, yang mengajukan gugatan cerai di Los Angeles pekan lalu dan datang ke pengadilan dengan mata lebam, menuduh bintang Hollywood nomine Oscar itu melakukan kekerasan padanya.

Aktris-model 30 tahun itu memberikan foto wajahnya yang memar ke pengadilan yang diklaim akibat pertengkaran pada 21 Mei. Dia juga mengaku takut aktor 52 tahun yang berperan dalam film Pirates of Caribbean itu akan menyakitinya.

Seorang juri kemudian mengeluarkan surat perintah penahanan Depp, memintanya menjauh dari Heard. Namun sekarang orangorang yang dekat dengan Depp, termasuk putrinya Lily-Rose dan bekas pasangan lamanya Vanessa Paradis, menyampaikan dukungan mereka pada sang aktor.

Lily-Rose Depp mengunggah foto di Instagram, memperlihatkan dia saat Bayi, Depp sedang menggandeng tangannya dan membantu dia berjalan. “Ayah saya orang terbaik dan paling penuh cinta yang saya kenal, dia ayah yang luar biasa bagi saya dan adik saya, dan semua orang yang mengenalnya juga akan mengatakan hal yang sama,” tulis gadis 17 tahun itu dalam keterangan foto.

Laman berita selebriti TMZ pada Minggu (29/5) mengunggah foto surat berisi tulisan tangan yang disebut berasal dari Paradis. Di situ dia menggambarkan bekas pasangannya sebagai “orang paling sensitif, penuh cinta dan penyayang.”

“Saya percaya dengan segenap hati bahwa tuduhan itu tidak pantas, selama bertahun-tahun saya mengenal Johnny, dia tidak pernah berlaku kasar secara fisik pada saya, dan ini sama sekali tidak seperti pria yang hidup bersama saya selama 14 tahun yang membahagiakan,” demikian isi tulisan tersebut.  Ant/S-1

Membincangkan Pancasila dari Beragam Dimensi

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebagian kalangan agaknya sepakat jika 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila, kendati jujur mesti diakui, hingga saat ini Pancasila masih sekadar retorika yang hangat diperbincangkan.

Berbicara Pancasila berarti berbicara dengan banyak dimensi. Dimensi sejarah salah satunya, yang tak mungkin … Selengkapnya

Gubernur Ganjar Nyanyi Bareng The Groove

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penampilan spesial The Groove menjadi puncak event Loenpia Jazz 2016. Ribuan jazz lover memadati Komplek Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (28/5).

The Groove memupus dahaga fans beratnya dengan lagu-lagu hits dari empat albumnya; Kuingin (1999), Mata Telinga dan Hati (2001), Hati-Hati … Selengkapnya

Livi Zheng Siapkan Film Bertema Budaya Tanah Air

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sutradara muda asal Indonesia yang namanya berkibar di Hollywood, Livi Zheng, mempersiapkan film bertema karapan sapi berlatar Madura karena tertarik melestarikan budaya Tanah Air yang tidak dimiliki bangsa lain.

“Tradisi seperti ini haruslah diabadikan dan salah satu caranya adalah dengan … Selengkapnya

megapolitan

Pengunjung Istana Bogor Tembus 19.660 Orang

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Penyelenggaraan Istana Untuk Rakyat (Istura) dalam rangka Hari Jadi Bogor ke 534 telah berakhir Selasa, selama lima hari kegiatan kunjungan ke Istana Bogor pengunjung menembus angka 19.660 orang. 

“Total jumlah pengunjung Istana Bogor selama penyelenggaraan Istura mencapai 19.660 orang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Jawa Barat, Shahlan Rasyidi, di Bogor, Selasa (31/5).

Syahlan mengatakan, jumlah pengunjung tahun ini meningkat drastis dari penyelenggaraan tahun sebelumnya 2015 yakni sebanyak 13.926 orang. Penurunan tersebut terjadi karena ada kebijakan pengunjung tidak dapat lagi masuk ke dalam Istana Bogor dengan alasan keamanan presiden yang menetap di sana. “Alhamdulillah tahun ini target kunjungan 15.000 orang terlampaui, pengunjung meningkat dari tahun sebelumnya,” kata dia.

Menurut Shahlan, peningkatan ini terjadi karena gencarnya sosialisasi yang dilakukan pihaknya baik melalui website, siaran radio maupun media cetak. Selain itu, minat masyarakat untuk melihat langsung istana yang menjadi tempat tinggal Presiden RI Joko Widodo.

“Masyarakat sudah banyak yang tahu kalau Presiden Joko Widodo bertempat tinggal di Istana Bogor. Walau mereka tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruangan istana, animo mereka tetap ada ingin melihat langsung kondisi istana,” kata Shahlan.

Ia mengatakan, hari terakhir kegiatan Istura dipadati pengunjung. Tercatat 4.035 pengunjung mengantri untuk masuk ke Istana Bogor yang dibuka mulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 13.30 WIB.

“Jumlah pengunjung hari ini hampir sama dengan jumlah hari Kamis (26/5) yang mencapai 40.49 orang,” katanya.

Menurut Shahlan, kunjungan Istana Untuk Rakyat tidak hanya diminati oleh masyarakat Bogor tetapi luar Bogor. Beberapa pengunjung ada yang berasal dari Kepulauan Seribu, Riau, Jawa, bahkan pengunjung mancanegara. “Tahun ini jumlah pengunjung mancanegara cukup banyak, ada sekitar 30 orang,” kata Shahlan.

Pengunjung mancanegara tersebut berasal dari Amerika Serika sebanyak delapan orang, Jepang delapan orang, Inggris tiga orang, Malaysia empat orang, Ceko tiga orang, Australia satu orang, Turki satu orang dan Jerman dua orang.

Nadine Peizer dan Bea Dufsield warga negara Jerman menjadi salah satu pengunjung Istana Untuk Rakyat di hari terakhir penyelenggaraan.  Ant/P-5

Jessica Mulai Beradaptasi dengan Tahanan Lain

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Tersangka pembunuh Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, sudah bisa beradaptasi dengan tahanan lainnya di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur. 

“Awalnya Jessica sempat kaget dengan lingkungan tahanan baru, namun kini sudah mulai beradaptasi,” ujar Kuasa Hukum … Selengkapnya

Harga Ayam Potong Bergerak Naik

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sejak tiga hari ini memang sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan, terutama ayam, bawang merah, cabai merah, bawang putih dan kentang.

 JAKARTA – Harga kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur mengalami lonjakan cukup signifikan. Seperti harga ayam dan daging … Selengkapnya

Saat Puasa, PNS DKI Masuk Lebih Pagi

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA- Selama Ramadan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masuk lebih pagi. Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) PNS akan masuk kerja jam 07.00 WIB dan pulang jam 14.00 WIB.

“Cepat kok, sudah tinggal pergub. Kan sudah … Selengkapnya

olahraga

Bank BRI Juara KORAN JAKARTA FUTSAL COMPETITION 2016

Rabu 1/6/2016 | 07:28
A   A   A   Pengaturan Font

KJFC-2Tim futsal Bank BRI keluar sebagai pemenang “Koran Jakarta Futsal Competition 2016” yang berlangsung di Lapangan Hanggar Futsal Pancoran, Jakarta, Minggu (29/5).Tim BRI mengalahkan tim futsal Koran Jakarta 2 di nal. Sedangkan posisi juara III ditempati Bank BNI dan juara IV diraih Hotel Santika Kelapa Gading. KJFC-3

Selain sebagai juara, tim Bank BRI juga menyabet gelar Tim Terbaik, kemudian pemainnya, Heru Iskandar. tampil sebagai pencetak gol terbanyak, yakni 11 gol.

Kompetisi yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-8 (SEWINDU) Koran Jakarta itu berhadiah total 12,5 juta rupiah. Kompetisi dibuka oleh Managing Director Koran Jakarta, Fiter Bagus Cahyono, yang ditandai dengan tendangan pembuka atau kick off. KJFC-4

Sebanyak 15 tim terdaftar sebagai peserta, yakni Telkom, XL- axiata, Jakpro, Sriwijaya Air, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, HAM, OMG, Koran Jakarta 1, Koran Jakarta 2, Hotel Santika Slipi, Hotel Santika Kelapa Gading, Wika, WPP, Bank BTN, dan Bank Mandiri. – ars

Rashford Berlanjut Bersama MU

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Striker Marcus Rashford telah menandatangani kontrak baru di Manchester United yang akan membuatnya tetap di Old Trafford hingga 2020 dengan opsi untuk memperpanjang selama satu tahun. Demikian diungkap klub dalam website mereka (www.manutd.com), Senin (30/5) waktu setempat.

Lulusan … Selengkapnya

Pirro Gantikan Baz di Catalunya

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CATALUNYA – Pebalap Italia, Michele Pirro bakal menggantikan posisi Loriz Baz di tim Avintia Racing pada Grand Prix Spanyol di Sikruit Catalunya, Minggu (5/6). Posisi Baz terpaksa digantikan karena kondisi Baz yang patah kaki usai insiden yang terjadi di tikungan … Selengkapnya

Kejutan Warnai Babak Pertama Indonesia Open

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kejutan besar langsung terjadi di babak pertama Indonesia Terbuka Super Series Premier setelah ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan-Debby Susanto tersingkir. Ini patut menjadi evaluasi jelang Olimpiade Brasil nanti.

JAKARTA – Kejutan mulai menghiasi babak pertama gelaran Indonesia Terbuka Super Series … Selengkapnya

kupas

Putusan PTUN Menjadi Inspirasi untuk Daerah Lain

Rabu 1/6/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang dipimpin Hakim Ketua Adhi Budi Sulistyo mengabulkan gugatan para nelayan terhadap izin reklamasi Pulau G yang dilakukan oleh PT Muara Wisesa Samudra.

Dalam sidang keputusan di PTUN Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (31/5), hakim meminta Pemda mencabut izin reklamasi Pulau G yang telah diberikan kepada pengembang itu.

Menurut pertimbangan para hakim, reklamasi tidak memiliki aspek kepentingan umum. Reklamasi juga akan berdampak buruk pada ekosistem laut di Pulau G. Selain itu, tidak ada pula analisis dampak lingkungan yang melibatkan para nelayan.

Sayangnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana tetap melanjutkan mega proyek reklamasi itu.

Bila sebelumnya proyek reklamasi Pulau G diberikan ke pengembang swasta, paska putusan PTUN ini proyek reklamasi akan dialihkan pengerjaan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta telah mewawancarai Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Riza Damanik di Jakarta, Selasa (31/5).

Bagaimana tanggapan anda tentang Majelis Hakim yang mengabulkan gugatan para nelayan dalam sidang keputusan PTUN?

Kami mengapresiasi hakim PTUN yang mengabulkan gugatan dan keberatan nelayan Teluk Jakarta terhadap proyek reklamasi Pulau G.

Ini berarti hakim PTUN setuju dengan nelayan bahwa reklamasi Pulau G bertentangan dengan UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dan tanpa adanya Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, termasuk tidak adanya partisipasi masyarakat dalam hak ataa lingkungan yang bersih dan sehat.

Apa saja isi gugatan KNTI yang diajukan?

Gugatan kita adalah terkait masalah teknis pelaksanaan reklamasi dan keputusan Gubernur yang memberikan izin kepada para pengembang.

Hal itu yang kita gugat karena melalui prosedur yang tidak semestinya, salah satunya tidak melibatkan masyarakat yang nantinya paling merasakan dampak reklamasi yaitu para nelayan.

Apakah dengan keberhasilan gugatan di Pulau G itu menjadi cerminan terhadap Pulau lainnya yang akan digugat ?

Tentu saja, karena memang yang dilakukan oleh Pemprov DKI mengeluarkan izin kepada para pengembang pada dasarnya sama dengan apa yang saat ini kita menangkan saat ini.

Dengan dikabulkannya gugatan tersebut, apa yang harus dilakukan Pemprov DKI ?

Keputusan ini harus segera diimplementasikan di lapangan. Pertama, proyek reklamasi harus segera dihentikan, lalu segera memperbaiki lingkungan, dan pemulihan sosial ekonomi nelayan di Teluk Jakarta itu yang menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta.

Kami mendukung perbaikan dan pemulihan Teluk Jakarta dengan pembangunan partisipatif. Tidak ada lagi kata-kata moratorium.

Kita menginginkan pemberhentian reklamasi secara total karena secara hukum sudah terbukti melakukan pelanggaran.

Ahok tetap akan melanjutkan proyek reklamasi itu melalui BUMD tanpa melanggar kesepakatan dengan pengembang. Apa tanggapan Anda?

Jika Ahok bersikukuh tetap melanjutkan proyek reklamasi, itu berarti gubernur kita ini secara terang-terangan membangkang dan tidak mematuhi perundang- undangan yang ada.

Itu sama saja melawan hukum yang berlaku di negeri ini. Karena ini kan sudah jelas terbukti banyak pelanggaran, bahwasanya laut itu untuk kepentingan bersama, bukan untuk kepentingan golongan-golongan atas atau para pengembang.

Bagaimana sikap KNTI jika Ahok benar-benar melanjutkan proyek reklamasi itu melalui BUMD ?

KNTI akan terus mengawal karena perjalanan ini memang masih panjang. Kami juga akan melawan, seluruh daerah akan mengerucut ke jantung kota.

Komitmen kita untuk memberhentikan secara total proyek reklamasi. Perlu diketahui bahwa DKI Jakarta merupakan barometer nelayan tingkat nasional.

Apa yang diharapkan KNTI ke depannya?

Kami cinta Indonesia, kami cinta DKI. Kami berharap jangan sampai masalah ini menjadi bola api. Pemerintah pusat maupun daerah harus segera mengambil langkahlangkah tegas untuk kebaikan masyarakat.

Selain itu, kita juga berharap putusan ini juga memberi inspirasi kepada kepada daerah lain untuk segera menghentikan kegiatan reklamasi di daerahnya, seperti Bali, Makassar, dan lainnya. anisa ibrahim/P-4

Tidak Ada Intervensi Dalam Pemberkasan Perkara Jessica

Sabtu 28/5/2016 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyidikan kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin, usai minum kopi (bercampur sianida) di Restoran Olivier di Grand Indonesia Shopping Towns, Jakarta, pada 6 Januari 2016, telah sampai di titik kulminasi. Kamis (26/5), jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyatakan berkas … Selengkapnya

Perppu Memungkinkan Pelaku Pemerkosaan Dihukum Mati

Selasa 31/5/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016. Perppu ini merupakan perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Undang-undang sebelumnya dianggap tak cukup memberikan efek jera karena ancaman maksimal pidananya hanya … Selengkapnya

Indonesia Jadi Sasaran Perang Asimetris

Senin 30/5/2016 | 06:03
A   A   A   Pengaturan Font

Nasionalisme makin luntur. Nilai-nilai budaya asing makin merangsek. Selain itu, ancaman narkoba juga kian mengkhawatirkan. Nila-nilai kebangsaan mesti terus disuarakan dan disosialisasikan, agar generasi muda tak lupa akan jati dirinya.

Karenaitu, empat pilar bangsa, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika … Selengkapnya

berita lain

Variasi Ide Penataan Jendela

Senin 30/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Memiliki jendela yang indah merupakan salah satu nilai plus untuk menambah karakter interior rumah. Seperti apa penataan jendela agar tampak indah dan serasi dengan tata ruang rumah?

Kehadiran jendela mampu menyediakan pencahayaan natural dari sinar matahari yang cukup untuk menyinari … Selengkapnya

Waze untuk Navigasi Pribadi

Selasa 31/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Waze telah meluncurkan Waze 4.3 dengan menawarkan desain yang lebih segar dan bersih untuk memberikan layanan navigasi, pelaporan, dan saling berbagi yang lebih mudah. Peta Waze 4.3 dengan fitur juga menu dan pelaporan jalan, didesain ulang.

“Aplikasi ini sudah diperbaiki … Selengkapnya

Nissan Serena, High MPV Tangguh

Rabu 1/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Momen lebaran salah satu yang paling dinantikan adalah mudik. Inilah saat sebuah keluarga menempuh perjalanan jauh yang menyenangkan sekaligus melelahkan.

Dibutuhkan mobil yang tangguh, mampu membawa banyak penumpang dan barang. Salah satu mobil andalah saat mudik kalau tidak jenis MPV … Selengkapnya