Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 29 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Pengelola ”Homestay” Butuh Pelatihan

Jumat 29/7/2016 | 05:09
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pemerintah menargetkan pada tahun 2017 sebanyak 720 orang pengelola, pemilik homestay, dan tour guide di Tanah Air memiliki sertikat standardisasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Untuk itu pemerintah melalui Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia bidang Kepariwisataan Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pelatihan peningkatan kapasitas SDM KUKM, melalui sertifikasi pengelola homestay dan guide.

Saat ini ada sebanyak 720 KUKM yang bergerak di bidang tersebut telah mengikuti pelatihan. Dengan rincian 400 pengelola dan pemilik homestay, dan 300 guide di beberapa provinsi tujuan wisata, di antaranya Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Deputi bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetyo mengatakan, sertifikasi bagi pelaku KUKM yang bergerak dalam tour guide, pengelola dan pemilik homestay ini sangat penting, terutama dalam menghadapi pasar bebas Masyakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pasalnya, dengan diberlakukannya MEA dipastikan akan banyak tenaga kerja asing (tour guide) dan pengelola homestay yang masuk ke Indonesia dengan mudah, sehingga persaingan pun makin ketat.

“Itulah salah satu pentingnya pelatihan peningkatan kapasitas SDM KUKM, melalui sertifikasi pengelola homestay dan guide ini,” kata Prakoso didampingi Asisten Deputi Peran serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo pada acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Pariwisata, di Bandung, Kamis (28/7).

Dengan pelatihan ini, diharapkan kemampuan para tour guide dan pengelola homestay semakin meningkat dan profesional, baik dari sisi pelayanan, pengelolaan atau manajemen maupun kemampuan berbahasa asing.

“Dengan keprofesional para tour guide dan pengelola homestay kita, diharapkan pasar di bidang ini dapat kita kuasai,” tambahnya. Oleh karena itu, Prakoso meminta para peserta serius dalam mengikuti pelatihan tersebut. “Dengan semakin profesional para tour guide dan pengelola homestay akan mempercepat pengembangan pariwisata di Tanah Air,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Prakoso juga meminta para tour guide, pemilik dan pengelola homestay untuk membentuk koperasi. Dengan berkoperasi diharapkan dapat memperbesar jaringan dan skala usaha, serta mempermudah mendapatkan permodalan dari perbankan.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi bidang Pengembangan Standarisasi dan Sertifikasi Kemenkop dan UKM, Tati Haryati menambahkan bahwa pihaknya akan membantu para KUKM yang bergerak di bidang homestay dan tour guide untuk mendapatkan sertikasi dari BNSP.

“Kami siap membantu, baik dari sisi penyiapan administrasi maupun pembiayaan,” kata dia seraya menambahkan bahwa biaya sertifikasi sekitar 1,5 hingga 2 juta rupiah. tgh/sdk/E-3

Gubernur Seluruh Sumatera Harus Saling Dukung

Kamis 28/7/2016 | 07:03
A   A   A   Pengaturan Font

Lampung – Seluruh pemerintah daerah se-Pulau Sumatera harus saling dukung, dan saling melengkapi. Bukan saling hambat. Sehingga akselerasi pembangunan di seluruh Sumatera bisa melaju kencang. Dan, yang tak kalah penting, pembangunan benar- benar terintegrasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Yuswandi … Selengkapnya

Manusia Harus Bisa Melestarikan Air

Jumat 29/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Baru-baru ini, ahli hidrogeologi dari Univeristas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Sari Bahagiarti Kusumayudha, mengungkapkan air yang layak dikonsumsi saat ini sangat terbatas, yakni jumlahnya hanya tiga persen saja dari total volumen air yang ada di bumi.

Karena itulah, selain harus … Selengkapnya

Jessica Bantah Tidak Menolong Mirna

Jumat 29/7/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan menganggap majelis hakim tidak adil.

JAKARTA. – Jessica Kumala Wongso membantah bahwa ia membantu Wayan Mirna Salihin setelah disuruh Manager Bar, Devi Siagian. Jessica mengaku sempat membantu saat Mirna akan dibawa dengan kursi roda ke … Selengkapnya

mondial

Penyanderaan WNI Berpindah-Pindah

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, menyampaikan bahwa pihaknya mendapat informasi bahwa tujuh anak buah kapal (ABK) asal Indonesia, yang disandera oleh kelompok bersenjata di wilayah Filipina selatan, masih terus berpindah-pindah tempat. Menurut Arrmanatha, hingga saat ini pemerintah Indonesia terus menghimpun informasi dari sumber-sumber di lapangan dan dari otoritas setempat serta pemerintah Filipina.

“Diketahui bahwa tujuh ABK WNI yang disandera itu masih berpindah-pindah, kadang-kadang mereka dipecah dalam dua kelompok, kadang-kadang disatukan,” kata Arrmanatha, di Jakarta, Kamis (28/7).

Jubir Kemlu RI memastikan pemerintah Indonesia terus berupaya untuk membebaskan dan memulangkan para ABK yang disandera itu melalui koordinasi dan kerja sama dengan otoritas dan pemerintah Filipina serta berbagai pihak di lapangan. 

Terkait upaya pembebasan sandera WNI yang diduga diculik kelompok Al Habsyi Misaya, salah satu faksi kelompok bersenjata Filipina, Abu Sayyaf, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, bahkan telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Filipina, Perfecto Yasay Jr, untuk membahas upaya pembebasan seluruh ABK asal Indonesia yang jumlah seluruhnya sebanyak 10 orang.

Sementara itu, masih terkait penyanderaan ABK WNI oleh kelompok radikal Abu Sayyaf, pihak RI menuntut pemerintah Filipina turut bertanggung jawab dalam penyelesaian dan keselamatan WNI yang disandera hingga kepulangannya ke Indonesia. 

Tuntut Jaminan

Menyusul sejumlah aksi penculikan yang terjadi dalam setahun terakhir terhadap anak buah kapal (ABK) asal Indonesia oleh kelompok Abu Sayyaf, pemerintah Indonesia diminta memberikan jaminan kegiatan pelayaran nasional. Saat ini, Asosiasi Pemilik Kapal Nasional (Insa) telah mentaati kebijakan pemerintah terkait moratorium pengiriman batubara ke Filipina sampai menunggu adanya kepastian keamanan dari pemerintah Filipina.

Menurut Ketua Umum Insa, Carmelita Hartoto, kebijakan tersebut akan berdampak pada semakin lesunya industri pelayaran nasional, lantaran bertambahnya kapal-kapal yang tidak beroperasi. Padahal, potensi pengiriman batu bara dari Indonesia ke Filipina sangat besar dan merupakan peluang bagi perusahaan pelayaran nasional.

“Sebelum adanya pelarangan sementara kegiatan ekspor batu bara ke Filipina, jumlah kapal yang tidak beroperasi sebanyak 30 persen,” ucapnya.

Peluang ini bisnis di sektor batu bara tersebut, sekarang terancam hilang karena adanya kebijakan moratorium akibat aksi penculikan dan penyanderaan ABK. Dengan begitu, apabila permasalahan ini tidak segera diselesaikan, maka peluang usaha tersebut akan diambil oleh negara lain.

“Rencana pemerintah untuk menempatkan aparat keamanan di atas kapal, saya rasa kurang tepat untuk mengantisipasi terjadinya penculikan dan pembajakan di laut karena itu hanya akan menambah beban operasional kapal,” kata Carmelita.

Dikatakannya, untuk area-area yang berisiko tinggi, diharapkan adanya peningkatan keamanan kawasan teritorial sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan antara pemerintah Indonesia, Filipina, dan Jepang. Peningkatan keamanan kawasan dapat dilakukan dengan cara menambah armada kapal-kapal patroli, meningkatkan jam patroli kapal dan meningkatkan kerja sama antarnegara. uci/Ant/I-1

Dua Jenderal Turki Mundur

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ISTANBUL – Kantor berita CNN Turki pada Kamis (28/7) mewartakan dua jenderal telah menyatakan pengunduran diri dari militer Turki. Keputusan mundurnya dua jenderal ini dilakukan selang sehari setelah pemecatan secara tak hormat hampir 1.700 personel militer karena diduga terlibat dalam … Selengkapnya

Universitas Singapura Raih Peringkat Tertinggi

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 SINGAPURA – Perguruan tinggi di kawasan ASEAN ternyata tak kalah kualitasnya dengan perguruan tinggi di negara-negara Asia, Eropa, ataupun Amerika yang telah amat berkembang pesat.

Berdasar peringkat terbaru yang dipublikasikan Times Higher Education Asia University Rankings awal pekan lalu disebutkan … Selengkapnya

Paus Prihatin Serangan di Eropa

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Paus Fransiskus menyatakan serangan teror di Eropa saat ini merupakan bukti bahwa dunia saat ini dalam situasi peperangan yang digerakkan sejumlah orang dan demi kepetingan ekonomi.

 WARSAWA – Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, tetap menjalankan misi kunjungannya ke Polandia, … Selengkapnya

ekonomi

Laba Bersih BJB Capai Rp905 Miliar

Jumat 29/7/2016 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) membukukan laba sebesar 905 miliar rupiah pada semester I tahun ini, atau tumbuh sebesar 56,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (yoy). Pendapatan bunga bersih penyumbang terbesar laba brersih perusahaan.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan pendapatan bunga bersih tumbuh sebesar 25,9 persen, sedangkan fee based income tumbuh 8,4 persen. “Selain itu kami berhasil mengendalikan struktur pendanaan menjadi lebih efisien,” ujarnya melalui siaran pers di Bandung, Kamis (28/7).

Sementara itu dari sisi kredit, sepanjang Januari- Juni 2016, Bank BJB menyalurkan pembiayaan senilai 60,13 triliun rupiah atau meningkat 15,2 persen secara yoy.

Keberhasilan tersebut juga diikuti dengan membaiknya rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Saat ini, NPL Bank BJB sebesar 2 persen turun dari posisi semester I-2015 sebesar 3,6 persen.

Fokus Pembiayaan
Untuk pendanaan kredit, Irfan mengatakan Bank BJB masih akan fokus pada kredit konsumer yang membidik nasabah PNS dan pensiunan serta melakukan pembelian aset. Kredit konsumer BJB selama semseter pertama disalurkan sebanyak 41,45 triliun rupiah atau naik 14,5 persen secara yoy.

Sementara itu, kredit mikro pertumbuhannya lebih konservatif untuk mengurangi angka NPL. Kredit komersil disalurkan senilai 10,78 triliun rupiah, sementara kredit mikro disalurkan sebanyak 3,45 triliun rupiah.

“KPR dan Mikro kami sangat selektif, tujuannya memang untuk memperbaiki NPL. NPL tinggi di sektor mikro. Memang ada penurunan untuk kredit mikro sebesar 12,2 persen,” tegasnya. Hingga semester I lalu, sejumlah rencana atau target perusahaan sebenarnya sudah tercapai.

Seperti target laba yang ternyata sudah dapat direalisasikan pada tahun berjalan, atau sebelum akhir tahun. Demikian juga dengan target pertumbuhan kredit, yang sudah mencapai diatas target. NPL pun ditargetkan mencapai 2 persen diakhir tahun, namun saat ini target itu sudah dapat direalisasikan. tgh/E-10

Panin Siap Tampung Dana “Tax Amnesty”

Jumat 29/7/2016 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Panin Asset Management (PAM) dan Panin Sekuritas menyiapkan strategi dalam menampung dana repatriasi dan deklarasi. PAM memperkirakan akan mendapatkan dana repatriasi dan deklarasi dari tax amnesty sebesar 5 triliun rupiah hingga 10 triliun rupiah pada tahun ini. … Selengkapnya

Terminal 3 Soetta Dioperasikan pada 17 Agustus

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan dioperasikan pertengahan bulan depan, tepatnya pada 17 Agustus mendatang. 

“Kami menginginkan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat menjadi hadiah di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Budi usai … Selengkapnya

Impor Pangan Mesti Dikurangi

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Jika produksi petani tidak dimanfaatkan dan pemerintah cenderung membuka kran impor selebar-lebarnya, maka petani akan menjadi pihak yang dirugikan. 

 JAKARTA– Pemerintah diminta untuk menekan aktivitas impor pangan yang dikahawatirkan semakin membebani defisit transaksi berjakan atau current account deficit. Untuk itu, … Selengkapnya

rona

Melihat Penangkaran Penyu di Dua Kabupaten

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu hewan purba yang sampai saat ini masih hidup adalah kura-kura. Kura-kura yang hidup di laut lebih sering disebut penyu. Hewan ini sangat lucu sehingga seringkali diburu untuk hewan peliharaan.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Selain itu tentunya untuk menetaskan telurnya di pasir pantai. Penyu mengalami siklus bertelur yang beragam, dari 2 hingga 8 tahun sekali.

Penyu betina menyukai pantai berpasir yang sepi dari manusia, suara bising, dan cahaya sebagai tempat bertelur. Sekali bertelur bisa mencapai seratusan butir.

Namun dari ratusan butir telur yang dikeluarkan seekor penyu betina, hanya sebagian kecil saja yang berhasil menjadi tukik (anak penyu) dan tumbuh hingga dewasa. Telurnya kerap diburu, sementara tukik kerap menjadi mangsa burung liar atau hewan air yang lebih besar lainnya.

Hampir semua jenis penyu termasuk daftar hewan yang dilindungi undang-undang nasional maupun internasional karena dikhawatirkan akan punah disebabkan oleh jumlahnya makin sedikit.

Namun, sebagian orang masih menganggap penyu adalah salah satu hewan laut yang memiliki banyak kelebihan. Selain tempurungnya yang menarik untuk cenderamata, dagingnya yang lezat ditusuk jadi sate penyu, berkhasiat untuk obat dan ramuan kecantikan.

Sehingga hewan ini menjadi hewan yang sangat dilindungi, karena ancaman kepunahan. Di Jawa Barat (jabar) terdapat dua lokasi yang menjadi pusat penangkaran penyu. Tujuannya untuk konservasi penyu menjaga dari kepunahan.

fasilitas wisata

Pangumbahan, Sukabumi

Untuk mencapai lokasi penangkaran penyu memang cukup sulit. Maklum saja, penyu baru akan mendarat untuk bertelur di lokasi yang sepi. Sehingga biasanya pada musim ombak besar atau hujan badai, penyu betina siap untuk mendarat.

Lokasi yang menjadi penangkaran terletak di Pantai Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya ada di kawasan wisata Ujung Genteng, bagian paling selatan dari Sukabumi. Lokasinya dikelilingi oleh hutan bakau dan perkebunan milik PTPN.

Musim bertelur biasanya terjadi saat musim angin barat, atau gelombang besar. Saat laut tidak bersahabat tentunya akan jarang nelayan yang mendekati pantai, saat itulah waktu yang tepat bagi penyu untuk mendarat dan bertelur.

konservasi penyu-prasasti1

Petugas konservasi pun biasanya hanya mengamati dari kejauhan dan baru mendekati penyu setelah hewan itu mulai bertelur. Sebab ketika sudah bertelur, maka hajatnya itu akan dituntaskan.

Lokasi penangkaran juga biasanya sudah menjadi lokasi tujuan rutin bagi para penyu untuk datang. Mereka sepertinya tahu dan saling memberikan informasi kepada kawanan jika bertelur di penangkaran aman bagi telur-telur mereka.

Dalam satu lubang sangkar telur, bisa ditemukan puluhan bahkan sampai seratus butir telur. Dengan harga telur yang cukup mahal, bisa mencapai 10 ribu per buah, maka telur-telur itu tentunya menjadi penghasilan baru bagi nelayan. Khususnya jika musim angin barat tidak bersahabat dan membuat nelayan tidak bisa melaut.

Upaya melestarikan penyu sebenarnya sudah sering dilakukan pemerintah setempat, antara lain dengan mendirikan pusat penangkaran penyu sejak Desember 2009 oleh Dinas Kelautan Kabupaten Sukabumi. Kini setelah berjalan hampir tiga tahun, upaya tersebut sudah membuahkan hasil.

Lokasi konservasi penyu hijau di pantai tersebut kini sudah mulai dikenal masyarakat luas dan menjadi daya tarik wisatawan. Meski diakui untuk mencapai lokasi penangkaran, turis harus berusaha ekstra. Jalur transportasi menuju lokasi masih sangat buruk. Terlebih pada saat musim penghujan dan angin kencang, akses jalan menuju penangkaran sering tidak bisa dilalui karena terputus banjir dan air laut yang naik ke darat.

Namun bagi pengunjung, sulitnya mencapai lokasi akan terbayarkan dengan menyaksikan langsung penyu bertelur dan melepaskan tukik ke lautan. Anak penyu berlarian di pasir menuju ke ombak, sesekali terhantam ombak kembali ke daratan. Namun mereka terus berusaha untuk menuju ke lautan lepas. tgh/R-1

Batu Hiu, Pangandaran

pantai sepi konservasi panumbahan

Penangkaran dan konservasi penyu kedua terletak di wilayah Kabupaten Pangandaran. Awalnya, penangkaran penyu terletak di Dusun Sinangsari, Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak. Penangkaran ini dikelola desa setempat dan pemerintah memberikan bantuan dana.

Namun sayangnya penangkaran ini sempat rusak parah akibat tsunami, namun lambat laun kembali dibenahi pemerintah setempat.

Masih di Pangandaran, lokasi penangkaran juga ada di kawasan Batu Hiu. Kawasan konservasi kecil ini dikelola secara independen oleh kelompok masyarakat setempat, Kelompok Pelestari Biota Laut-Batu Hiu. Namun siapa pun boleh datang dan melihat lokasi penangkaran secara gratis. Pengunjung hanya dihimbau memberikan bantuan sedekah untuk makan para penyu.

Dinamakan demikian karena pantai ini lebih banyak terdapat batu karang. Tidak jauh dari pantai terlihat sebongkah karang yang menjulang keatas, ketika air pasang karang ini berbentuk seperti sirip hiu jika dilihat dari atas bukit, karena itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai Batu Hiu. Meski gratis, pengelola konservasi dengan sukarela mendampingi wisatawan yang datang dan menjelaskan tentang konservasi penyu.

Waktu yang tepat Melihat penyu bertelur memang harus dilakukan saat malam hari dengan kondisi yang gelap gulita. Karena penyu adalah hewan pemalu, maka ia akan menunggu saat hari gelap dan sepi untuk naik ke pantai dan bertelur. Nah, peristiwa ini sangat jarang ditemui.

Namun tidak usah khawatir, masyarakat bisa ikut melihat penyu yang keluar dari telur dan melepaskannya ke lautan. Di konservasi terdapat tiang atau patok kecil yang menandakan ada sarang telur penyu.

Saat yang tepat untuk melihat penyu bertelur adalah antara pukul 12 malam hingga menjelang fajar. Namun tidak semua pengunjung akan beruntung dapat melihat langsung proses tersebut. Tidak ada cahaya yang diperbolehkan terlihat di lokasi bertelur sehingga hanya penjaga konservasi yang akan tahu di mana ada penyu sedang mendekat ke pantai untuk bertelur.

Setiap sore menjelang malam biasanya ada pelepasan anak penyu ke laut. Sekali pelepasan dapat mencapai 500 ekor lebih. Sengaja dilepaskan malam hari agar tukik bisa tetap selamat dari gangguan hewan liar, khususnya burung pemangsa.

Karena menyaksikan penyu bertelur hanya dapat dilakukan malam hingga dini hari demikian pula melepas penyu hanya dapat dilakukan petang hari, maka lebih baik pengunjung menginap satu malam.  tgh/R-1

konservasi penyu-rumah telur1

Cerita Kue Putri Kandis

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jambi adalah ibukota dari provinsi Jambi. Provinsi ini berada di bagian tengah Pulau Sumatera, antara Palembang dan Padang. Kota Jambi dilalui oleh Sungai Batanghari yang memiliki banyak pesona wisata. Dahulu Jambi merupakan bagian dari kerajaan Melayu yang berpusat di sepanjang … Selengkapnya

Ayu Ting Ting Rilis VCD Original

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mengikuti kesuksesan album The Best Of Ayu Ting Ting yang dirilis tahun lalu, Ayu Ting Ting kini merilis VCD Karaoke Original bertajuk Sambalado, yang memuat sejumlah lagu-lagu terbaiknya, seperti Sambalado, My Lopely, Suara Hati, Kekasihku, Sik Asik, Single Happy, Yang … Selengkapnya

James McAvoy Perankan Penculik Berkepribadian Ganda

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemeran Profesor Xavier muda dalam X-Men saga, James McAvoy, akan tampil dalam sebuah film bergenre supranatural suspense thriller, “Split”, produksi Universal Pictures. Yang menarik, pria yang pernah meraih predikat aktor terbaik dari Scottish BAFTA, British Independent Film Award, London Critics … Selengkapnya

megapolitan

Makam Fiktif Dijual Rp8 Juta Per Unit

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Makam fiktif ditemukan disejumlah tempat pemakaman umum di semua wilayah DKI Jakarta.

 JAKARTA – Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Barat terus melakukan pendataan terkait dugaan makam fiktif di sejumlah taman pemakaman umum (TPU).

Uus Kuswanto, Kepala Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta menjelaskan, pihaknya juga sudah menghubungi pihak ahli waris pemilik makam. Dari pengakuan ahli waris, mereka membeli makam fiktif dengan harga 2 juta rupiah hingga 8 juta rupiah.

“Satu unit makam seharga 2 juta rupiah hingga 8 juta rupiah . Makam fiktif terbongkar karena tidak terdaftar di buku register maupun PTSP. Tapi di lapangan terdapat batu nisan dan gundukan tanah,” ungkap Uus Kuswanto.

Kali ini petugas juga kembali mendeteksi tujuh makam fiktif. Rinciannya di TPU Tegal Alur unit Islam sebanyak lima unit dan TPU Joglo sebanyak dua. Sebelumnya, di Jakarta Barat sudah ditemukan 160 makam fiktif.

“Tim kami masih bekerja. Hingga hari ini, telah bertambah sebanyak tujuh makam fiktif,” tandasnya.

Selain itu, sebanyak 11 makam fiktif di TPU Menteng Pulo, Kelurahan Menteng Atas, Setiabudi, dibongkar Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta “Empat makam terindikasi fiktif, masih diverifikasi. Sekarang kita bongkar yang 11 makam dulu “

Diduga ada 14 makam fiktif di TPU Menteng Pulo ini. Namun baru 11 makam yang dibongkar karena sudah dipastikan fiktif.

Modus Pemalsuan

Menurut Iqbal, praktik makam fiktif itu sudah terjadi sejak tahun 2015 silam. Modusnya dengan membuat gundukan dan nisan lazimnya makam asli.

Meskipun persis dengan makam asli, identifikasi bisa dilakukan dengan mengecek data makam dan ahli waris, serta pemeriksaan izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM). “Indikator itu kita gunakan untuk mengecek,” ucapnya.

Ia juga memastikan, untuk lahan makam di Jakarta Selatan jumlahnya terbilang masih cukup, khususnya di TPU Kampung Kandang.

“Di Jakarta Selatan yang kita sediakan, terutama di TPU Kampung Kandang, tersedia lebih dari 10 persen,” tandasnya.

Sehari sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan juga telah membongkar 10 makam fiktif di TPU Jeruk Purut, Cilandak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djaffar Muchlisin menjelaskan Pembuat makam fiktif melibatkan oknum masyarakat, petugas harian lepas (PHL) dan PNS di lingkungan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. Namun, ungkapnya, sejak Juni 2016 , pihaknya sudah menindak oknum itu dengan menggeser dan memecat hampir 75 persen pegawai yang ada di bawahnya.

“Sebenarnya penindakan terhadap oknum-oknum PHL sudah dilakukan semenjak saya masuk. Saat inu terus berproses, tapi memang saya kira sudah beberapa di bulan Juni. Ada sekitar 75 persen diubah. Artinya ada ada yang distafkan, ada yang digeser.,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan penertiban makam di berbagai wilayah di Jakarta. Sedikitnya sudah ada 230 makam yang telah diselidiki terbukti merupakan makam fiktif. Dari jumlah itu, baru 32 makam sudah dibongkar Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. 

Artinya ada perkembangan setiap saat. Nah ini sudah kita upayakan untuk penertiban dan kita lakukan pengangkatan nisan sampai saat ini sudah dilakukan kurang lebih sekitar ada 32 yang sudah dibongkar,” ungkapnya. 

Ratusan makam fiktif itu, dia temukan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Pondok Rangon, Jakarta Timur, dan Kawi-Kawi, Jakarta Pusat. Dalam waktu dekat, katanya, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI akan melakukan penertiban di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. 

pin/nis/pik/P-5

Hadiah Diserahkan ke 50 Pemenang

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2016 PT Jakarta International Expo (Jiexpo) menyerahkan hadiah kepada 50 pengunjung Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang memenangkan berbagai hadiah. “Ini termasuk Budi Hariyanto pemenang New Toyota Fortuner,” demikian disampaikan Direktur Marketing PT Jakarta International … Selengkapnya

Papua Bersedia Ikut Festival Cisadane

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Banten kembali menggelar Festival Cisadane yang akan dilaksanakan 30 Juli hingga 6 Agustus 2016.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Kamis (28/7), mengungkapkan Festival Cisadane 2016 merupakan salah satu ajang mempromosikan Kota … Selengkapnya

Airin Terpilih Sebagai Ketua Apeksi

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016-2020.

Terpilihnya wali kota Tangsel tersebut setelah melalui hasil musyawarah dan mufakat secara terbuka oleh tim formatur dari … Selengkapnya

olahraga

Awal Buruk Madrid

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Real Madrid mengalami start pra-musim kurang ideal saat kalah dari Paris St-Germain.

OHIO – Real Madrid mengawali pra-musim yang kurang dari ideal saat mereka kalah dari Paris Saint-Germain yang lebih bugar di turnamen International Champions Cup (ICC). Tim asuhan Zinedine Zidane kalah 1-3 dari PSG pada laga yang berlangsung di Stadion Ohio, Amerika Serikat, Kamis (28/7) WIB.

“Kami tidak bisa membiarkan hasil ini terjadi lagi. Apa yang harus dilakukan para pemain di pertandingan berikutnya adalah memberikan seluruh kemampuan,” kata Zidane. “Kami saat ini sedang dalam tahap persiapan dan harus bangun untuk kecepatan, itulah gunanya pramusim. Kami tahu bahwa liga adalah sesuatu yang sangat panjang dan dituntut harus membuat fondasi yang kuat. Kami sedikit kurang dalam hal agresivitas, terutama di babak pertama. Adapun poin positif, kami terus menguasai bola dan memiliki peluang untuk mencetak gol,” ujarnya.

Bek PSG Thomas Meunier menjaringkan bola dua kali di babak pertama menambah gol pembuka Jonathan Ikone saat laga baru berlangsung dua menit untuk menandai dominasi klub asal kota Paris itu di awal laga.

Alvaro Morata ditempatkan langsung ke peran tunggal mencolok dalam penampilan pertamanya sejak meninggalkan Juventus, saat Zidane menurunkan starter yang termasuk Isco, Rafael Varane dan Jese Rodriguez.

Pelatih PSG Unai Emery itu mendampingi timnya untuk laga uji coba pramusim ketiga setelah mengalahkan West Brom 2-1 dan Inter 3-1 dalam pertandingan pertama ICC pada hari Minggu.

Thiago Silva, Javier Pastore, Lucas Moura dan Edinson Cavani semua menjadi starter untuk PSG saat Emery terlihat meningkatkan kecepatan tim. Mereka berhasil melakukan awal yang sempurna saat pemain muda Ikone merobek pertahanan Madrid, yang berupaya menjegal pemain berusia 18 tahun itu. Dia berhasil mencetak gol saat laga baru berlangsung dua menit, menggiring bola melewati empat bek Madrid yang tak berdaya sebelum menembak bola melewati kiper Francisco Casilla.

Silva diganti karena cedera setelah laga berlangsung 10 menit dengan Meunier datang untuk menggantikannya. Bek kanan itu berhasil menambah keunggulan timnya dengan mencetak gol di menit ke-34. Meunier tidak memberi Madrid waktu untuk bereaksi ketika ia mencetak gol ketiga lima menit kemudian.

Marcelo mencetak gol hiburan bagi Madrid pada akhir babak pertama lewat titik penalty, menyusul handball salah satu bek PSG. Gol itu membuat Kevin Trapp gagal menjaga clean sheet.

Zidane menurunkan tim yang sama sekali berbeda untuk paruh kedua, dengan Marco Asensio, Martin Odegaard dan Dani Carvajal semua masuk, sementara ia juga meminta anaknya Enzo menggantikan Lucas Vazquez.

Penampilan baru Madrid memberikan hal yang lebih baik meski PSG juga menurunkan mantan bintang Madrid Angel di Maria untuk menggantikan pencetak gol Ikone. Tapi tim asuhan Zidane masih berjuang untuk mendobrak pertahanan PSG yang kompak.

Pertahankan Rodriguez

Sementara itu Zidane telah mengakhiri spekulasi mengenai masa depan pemain asal Kolombia James Rodriguez dengan mengkonfirmasi winger berusia 25 tahun itu akan tetap di klub.

Laporan di Inggris dan Spanyol telah mengaitkan Rodriguez, yang bergabung dengan Real dari Monaco setelah Piala Dunia 2014, dengan kepindahan ke Liga Inggris musim panas ini. Manchester United berada di antara klub-klub yang tertarik untuk memperoleh jasanya.

Berbicara menjelang laga kontra PSG, Zidane mengatakan: “James adalah pemain Real Madrid. Kami telah memiliki skuad yang sangat baik, kami telah memenangkan gelar dengan tim ini dan James adalah bagian dari tim ini. Dia akan tetap di Real Madrid.”

Rodriguez tampil mengesankan pada musim debutnya di Real, mencetak 17 gol dan membuat 17 assist lebih pada 46 penampilan. Tapi dia kehilangan tempatnya di starting line-up dan hanya menjadi starter 12 kali pada musim 2015-2016.

Real, yang menjadi runner-up di bawah Barcelona pada La Liga musim lalu, hanya mendatangkan satu pemain sejauh ini pada bursa transfer musim panas, dengan striker asal Spanyol Alvaro Morata kembali ke klub, dua tahun setelah dijual ke Juventus.  ben/Rtr/S-1

Gomes Wujudkan Mimpi

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA – Barcelona telah menyelesaikan penandatanganan kontrak dengan gelandang Portugal Andre Gomes dari Valencia pada kesepakatan yang akhirnya menjadi senilai 70 juta euro (sekitar 1 triliun rupiah). Demikian diungkap klub juara La Liga itu, Rabu (27/7) waktu setempat. Pemain berusia … Selengkapnya

Manajemen Rio Masih Cari Solusi

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

HOCKENHEIM – Pebalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto dipastikan masih akan tampil di Grand Prix Jerman akhir pekan ini. Namun, manajemen Rio masih berusaha mencari solusi untuk melunasi pembayaran 7 juta euro kepada Manor Racing agar bisa tampil sampai … Selengkapnya

PSSI Siapkan Tiga Stadion

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Timnas Indonesia akan berlaga di AFF Cup 2016 pada 19 November hingga 17 Desember mendatang. Dua negara menjadi tuan rumah yakni Myanmar di Grup A dan Filipina di Grup B.

Namun hingga saat ini Timnas belum tahu akan … Selengkapnya

kupas

Pelaksanaan Eksekusi Mati Sudah Siap

Jumat 29/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Kejagung memastikan akan melakukan hukuman mati tahap ketiga terhadap 14 terpidana mati kasus narkoba. Semua persiapan untuk pelaksanaan eksekusi telah rampung.

Untuk mengupas persiapan pelaksanaan hukuman mati, Koran Jakarta mewawancarai Kepala Pusat Penerangan Umum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) M Rum, Kamis (28/7).

Berikut petikannya. Bagaimana perkembangan persiapan eksekusi mati?

Kita sudah persiapkan (semua) karena waktunya sudah semakin dekat. Tapi persiapan kita belum final. Jadi kita belum bisa kasih kepastian waktunya.

Notifikasi ke kedutaan besar asing sudah dilakukan?

Sudah…sudah dilakukan notifikasi, itu dalam rangka persiapan.

Berapa kedutaan besar asing yang sudah diberitahu?

Berapa negaranya belum bisa kita sebutkan. Pokoknya sudah dinotifikasi lah.

Apakah Freddy Budiman masuk dalam daftar?

Freddy Budiman salah satu yang kita persiapkan. Kita masih siapkan administrasinya, koordinasi dengan pihak terkait, dengan polisi, dengan petugas kesehatan, dengan lembaga pemasyarakatan, dengan keluarga-keluarganya. Ini dalam rangka persiapan.

Surat penolakan Peninjauan Kembali (PK) Freddy sudah diterima?

Surat PK Freddy nanti saya cari informasi, tapi kemarin kita sudah berusaha mendapatkan putusan PK Freddy Budiman.

Izin menjenguk terpidana dihentikan kenapa?

Itu dalam rangka persiapan pelaksanaan pidana mati. Anggaran kan sudah di-cover, anggaran untuk 16 orang. Tetapi jumlah yang dieksekusi tentu kita prioritaskan yang sudah melaksanakan semua hak hukumnya.

Berapa jumlah yang sudah melaksanakan hak hukumnya?

Itu masih dalam verifikasi kita.

Berapa terpidana mati yang sudah di Nusakambangan?

Banyak, di Lapas Nusa Kambangan terpidana mati itu ada 40-an. Tapi masih kita verifikasi mana yang sudah memenuhi syarat.

Ada terpidana mati yang baru dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, apa akan dieksekusi?

Itu dalam rangka persiapan. Jadi sebagian besar sudah ada di Nusakambangan. Terpidana mati ada banyak, jumlahnya 152 orang. Untuk kasus pembunuhan ada 92 orang, terorisme ada dua orang, narkotika ada 58 orang.  eko nugroho/ AR-3

“Saya Bertekad untuk Membangun Sistem yang Lebih Baik”

Kamis 28/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo meminta agar manajemen di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diperbaiki lagi pasca terbongkarnya kasus vaksin palsu yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak balita.

Presiden Jokowi berharap terjadinya kasus vaksin palsu yang merupakan … Selengkapnya

Pemerintah Masih Menimbang Sistem Pemilu 2019

Selasa 26/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah dan DPR, berencana bakal menyatukan Undang-Undang tentang Pemilu. Regulasi yang bakal disatukan adalah UU tentang pemilihan legislatif, pemilihan presiden, dan UU tentang Penyelenggara Pemilu. Nantinya, jika sudah disatukan dalam sebuah UU, regulasi tersebut bakal diberi nama UU Penyelenggaraan Pemilu.

Selengkapnya

Eksekusi Mati Domain Penegak Hukum, Presiden Tidak Ikut Campur

Senin 25/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Freddy Budiman, gembong narkoba yang telah divonis mati oleh pengadilan tingkat pertama.

Tak lama berselang, Merry Utama, kurir narkoba 1,1 heroin yang juga divonis mati di pengadilan tingkat pertama … Selengkapnya

berita lain

Desain Cantik di Lahan Panjang dan Sempit

Senin 25/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agar tercipta desain dan penataan ruangan yang sedap dipandang, pemilik rumah harus menyesuaikan dengan bentuk lahan. Penataan untuk rumah dengan lahan kotak akan berbeda dengan penataan rumah berbentuk memanjang.

Tantangan dalam mengatur dan menata furnitur di ruangan persegi panjang adalah … Selengkapnya

Teknologi Bajos untuk Tingkatkan Getah Pinus

Kamis 28/7/2016 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketidakseimbangan antara produksi getah pinus dan yang dibutuhkan industri menuntut adanya terobosan cerdas untuk mengatasinya. Dunia industri sangat membutuhkan getah pinus, yang bisa diolah menjadi bahan untuk aneka produk, antara lain gondorukem, terpentin, pewangi lantai, dan parfum.

Kekurangan pasokan … Selengkapnya

Mobil Konsep dan Baru di GIIAS 2016

Rabu 27/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan dihelat pada 11-21 Agustus, Mitsibishi akan menampilkan mobil konsep.

Mobil konsep yang bakal dihadirkan kali ini berasal dari segmen Small Crossover MPV. Mobil konsep ini memadukan ketangguhan sebuah SUV … Selengkapnya