Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 30 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Presiden Akan Buka MTQ Ke-26 di NTB

Sabtu 30/7/2016 | 06:33
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 di, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan meresmikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke- 26 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden bersama Ibu Iriana dan rombongan sudah bertolak ke Kupang pada Jumat (29/7) sore dan akan menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 yang diselenggarakan di Alun-Alun Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang Sabtu (30/7) pagi.Peringatan Harganas kali ini mengedepankan keikutsertaan keluarga dengan mengangkat konsep “Reuniting, interacting, empowering and sharing”.

Usai menghadiri puncak peringatan Harganas ke-23, Presiden bersama rombongan langsung ke Lombok untuk meresmikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-26.

Pembukaan MTQ Tingkat Nasional ke-26 akan dilangsungkan di Astaka Utama Islamic Centre, Kota Mataram, Lombok. Usai menghadiri Pembukaan MTQ ke-26, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Sabtu (30/7) tengah malam.

Pembukaan MTQ Nasional juga akan dihadiri 30 duta besar dari negara sahabat, terutama dari negara-negara Timur Tengah, termasuk para gubernur dan bupati/ wali kota. Selain itu. akan disaksikan sekitar 5.000 orang dari para kafilah, termasuk masyarakat NTB. Untuk menghibur, malam pembukaan juga diisi penampilan grup musik legendaris Bimbo serta Debu dan Opick .

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram mengungkapkan, sebelum dibuka oleh Presiden Jokowi, sejumlah acara akan dilaksanakan dalam menyambut MTQ Nasional ke-26 di NTB itu. Di antaranya pada 27 Juli dilakukan Semaan Al Quran dengan melantunkan ayat-ayat suci Al Quran oleh 1.000 orang hafiz dan hafizah. – fdl/AR-3

Kebebasan Beragama Masih Memprihatinkan

Sabtu 30/7/2016 | 06:24
A   A   A   Pengaturan Font

Praktik kehidupan bergama dan soal kebebasan beragama masih menjadi masalah besar di Tanah Air. Semua elemen masyarakat harus memperjuangkan kebebasan beragama.

Jakarta – Setara Institute kembali melansir laporan pemantauan kondisi kebebasan beragama atau berkeyakinan di Indonesia. Menurut Bonar Tigor Naipospos, … Selengkapnya

Sanusi Segera Disidang

Sabtu 30/7/2016 | 06:14
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – M Sanusi, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dalam waktu 14 hari ke depan akan menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta. Ia akan bersidang dengan dua berkas sekaligus yakni kasus dugaan suap pembahasan raperda reklamasi … Selengkapnya

Kesenjangan Mutu PTN Masih Lebar

Sabtu 30/7/2016 | 06:11
A   A   A   Pengaturan Font

Kesenjangan mutu PTN harus segera diatasi, karena akan berdampak pada kualitas lulusan, dan daya saing. Hingga saat ini, PTN bermutu masih berpusat di pulau Jawa.

JAKARTA – Disparitas atau kesenjangan mutu di jenjang pendidikan tinggi dalam negeri masih sangat lebar. … Selengkapnya

mondial

Paus Minta Buka Pintu bagi Migran

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, kembali menyerukan umat bagi menolong kaum migran. Hal itu disampaikan pada penutupan forum World Youth Day di Krakow, Polandia.

 KRAKOW – Paus Fransiskus mendesak kalangan muda agar bersikap terbuka terhadap kedatangan para migran dan pengungsi. Kalangan muda, juga diminta untuk meninggalkan zona nyaman mereka dan membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Imbauan itu disampaikan Paus dalam rangkaian hari terakhir forum World Youth Day di Kota Krakow, Polandia, Kamis (28/7) waktu setempat. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 600 ribu anak-anak muda dari seluruh dunia.

“Hati yang pemurah bisa menjadi tempat damai bagi para pengungsi, yaitu mereka yang tidak punya tempat tinggal atau telah kehilangan rumah mereka. Hati yang pemurah mampu membangun sebuah rumah dan sebuah keluarga bagi mereka yang dipaksa untuk meninggalkan negara mereka. Sikap ini disebut kelembutan dan kasih sayang. Hati yang pemurah itu membuka pintu bagi para migran dan pengungsi,” kata Paus Fransiskus.

Saat ini, pemerintah Polandia berada dalam posisi menentang mandat dari Uni Eropa (UE) terkait kuota bagi negara-negara anggota UE untuk menampung para pencari suaka. Partai Hukum dan Keadilan Polandia (PiS) yang saat ini berkuasa, menentang usulan Paus Fransiskus tersebut, bahkan sejumlah pemimpin gereja juga masih bersikap ragu untuk menerima pengungsi dan migran, khususnya yang berasal dari negara-negara Islam.

Sebelumnya pada Kamis pagi, Paus Fransiskus memanjatkan doa di kuil Kota Czestochowa, ikonnya Polandia. Kegiatan Paus berikutnya memimpin misa yang dihadiri oleh sekitar 10 ribu jamaah. Dalam kesempatan itu, Paus pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Polandia atas keimanan mereka dalam menghadapi masa-masa sulit.

Menurut Paus, keimanan masyarakat Polandia menguat dalam berbagai situasi, dimana hal ini bisa terlihat pula dalam sejarah. Polandia bangkit dan menjadi agama sebagai ruh setelah beberapa dekade berada dalam aturan komunis.

Relik Perang

Usai mengikuti forum World Youth Day, pada Jumat (29/7) kemarin, Paus berkesempatan untuk pergi ke sebuah relik Perang Dunia II, kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau di Oswiecim. Di depan gerbang kamp maut bertuliskan “Arbeit Macht Frei” (Kerja Bebaskan Anda) yang didirikan tentara NAZI Jerman itu, Paus membungkukkan diri untuk memanjatkan doa bagi 1,5 juta orang yang tewas dibunuh oleh tentara NAZI Jerman semasa Perang Dunia II.

Pada kesempatan kunjungan ke Kamp Auschwitz-Birkenau, Paus berkesempatan bertemu dengan 12 orang penyintas Auschwitz yang masih tersisa.

Paus sama sekali tak mengeluarkan pernyataan saat berada di kamp konsentrasi itu. bahkan saat terduduk di dekat barak kamp itu, Paus terlihat terdiam merenung. 

Sebelum berangkat ke Oswiecim, Pemimpin Gereja Katolik Roma yang kini berusia 79 tahun itu mengatakan bahwa memanjatkan doa dalam keheningan adalah cara terbaik bagi menghormati mereka yang tewas di kamp maut ini.

Pada buku tamu di Museum Kamp Auschwitz-Birkenau, Paus menulis dalam bahasa Spanyol, “Tuhan, kasihanilah umatMu dan Tuhan berilah pengampunan atas semua kekejaman,”. uci/Rtr/I-1

Kevin Rudd Mundur dari Pencalonan

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY – Mantan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, pada Jumat (29/7) menarik pencalonan dirinya sebagai bakal calon Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keputusan itu diambil Rudd setelah PM Australia, Malcolm Turnbull, menyatakan Rudd tak layak menjabat Sekjen PBB dan menolak … Selengkapnya

Chelsea Clinton: “Jabatan Presiden adalah Panggilan Hidup Hillary”

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi setiap anak, ibu adalah sosok yang tidak tergantikan. Ini pula yang dirasakan oleh Chelsea Victoria Clinton, 36 tahun, puteri tunggal dari calon Presiden Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton dan mantan Presiden AS, Bill Clinton.

Pada hari terakhir Konvensi Nasional … Selengkapnya

Tiongkok-Laos Teruskan Pembangunan Rel Kereta Cepat

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 VIENTIANE – Pemerintah Tiongkok dan Laos menyatakan akan terus berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan megaproyek transportasi jaringan kereta cepat yang menghubungkan Kota Kunming di barat daya Tiongkok dengan Ibu Kota Vientiane, Laos.

Sejak dilakukan pencanangan pembangunan megaproyek transportasi ini pada Desember … Selengkapnya

ekonomi

Impor Daging Gagal Tekan Harga

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sistem pemeliharaan peternakan sapi rakyat perlu diubah dari pola usaha perbibitan menjadi penggemukan.

 JAKARTA – Kebijakan Operasi Pasar (OP) daging murah impor belum efektif menurunkan harga daging sapi menjadi 80 ribu rupiah/kg sesuai instruksi Presiden Jokowi. Terbukti, harga daging sapi di sebagian besar wilayah masih di atas 100 ribu dollar AS, sekalipun pasca lebaran. 

Impor daging dinilai sebagai solusi jangka pendek untuk menekan lonjakan harga salah satu komoditas pangan tersebut. Sayangnya, kebijakan itu dirancang tidak secara matang sehingga terkesan terburu-buru. 

Direktur Pengadaan Perum Bulog, Wahyu MM mengakui OP Daging Sapi yang dilakukan Bulog saat bulan Ramadan dan Idul Fitri yang lalu, kurang optimal. Sebab, penunjukan kepada Perum Bulog mendadak, atau 7 hari sebelum bulan puasa. 

Menurut Wahyu, Perum Berdikari sebagai penanggung jawab sebelumnya belum juga bisa mendatangkan impor daging sapi. “Akhirnya, dengan waktu yang mepet, menjelang lebaran, kami mampu mendatangkan 1.200 ton daging sapi impor beku,” katanya dalam diskusi bertema Evaluasi Operasi Pasar daging Sapi, Peningkatan Suplai dan Segmentasi Pasar, yang digelar Bincang Bincang Agrisbisnis (BBA) di Jakarta, Kamis (28/7). 

Setelah itu, Bulog langsung menggelar OP Daging Sapi di berbagai wilayah di Indonesia, sekitar 80 persen diantaranya di Jabodetabek. “ Dari kuota 10 ribu ton impor daging, kami mampu menjual 3.000 ton daging sapi, memang belum bisa menurunkan harga. Namun, itu usaha maksimal yang bsia dilakukan,” katanya. 

Hal senada diungkapkan Marina Ratna Dwi Kusumajati, Direktur Utama PD Dharma Jaya. Dia mengeluhkan proses perijinan impor yang lama, sehingga pihaknya kesulitan mendatangkan daging impor dari Australia. Dari 500 ton yang ditagetkan, Dharma Jaya bafu bisa mendatangkan daging sapi impor sebanyak 140 ton saja. 

Pengamat kebijakan peternalan, Rochadi Tawaf, mengatakan banyak kebijakan pemerintah dilahirkan untuk menurunkan harga daging sapi, ternyata tidak memberikan pengaruh. Kebijakan yang selama ini ditempuh pemerintah justru tidak akan memberikan dampak positip terhadap penurunan harga daging sapi. 

“Malahan yang akan terjadi bahkan lebih dahsyat dari yang diperkirakan sebelumnya, yaitu antara lain terjadinya depopulasi sapi potong dan sapi perah di negeri ini.” katanya. 

Dia menegaskan kebijakan saat ini bukan melindungi peternak sapi di dalam negeri malah sebaliknya. “Atau memang, fenomena ini by design untuk melancarkan masuknya daging sapi dari India. 

Rantai Pasokan

Menurut Rochadi, fluktuasi harga pangan saat ini lebih disebabkan kondisi supply-demand. Dia berpendapat solusi dasar penyelesaian kasus ini adalah peningkatan ketersediaan sapi lokal siap potong di dalam negeri. 

Selain itu, lanjutnya, sistem pemeliharaan peternakan sapi rakyat perlu diubah dari pola usaha perbibitan menjadi usaha penggemukan.

“Sehingga, nilai tambahnya akan lebih besar yang berimplikasi kepada peningkatan kesejahteraan peternak di perdesaan,” jelasnya. ers/E-10

Meningkat, Pembiayaan HCI Triwulan II-2016

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Perusahaan pembiayaan, Home Credit Indonesia (HCI), membukukan pertumbuhan kinerja positif hingga triwulan kedua 2016. Total pembiayaan sepanjang April-Juni tahun ini mencapai 145 miliar rupiah, meningkat dibandingkan capaian periode sama tahun lalu (yoy) sebesar 41 miliar rupiah. 

Pada triwulan … Selengkapnya

IHSG Ditutup Melemah

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jumat (29/7), ditutup melemah sebesar 83,21 poin atau 1,57 persen menjadi 5.215,99 seiring aksi ambil untung investor. 

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan bahwa aksi ambil … Selengkapnya

Kawasan Konservasi Mesti Bermanfaat bagi Rakyat

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong agar kawasan konservasi perairan benar-benar bermanfatan untuk masyarakat lokal dan tradisional. Hal itu sejalan dengan komitmen dan target pemerintah yang menetapkan 20 juta hektar (ha) sebagai kawasan konservasi perairan sampai dengan … Selengkapnya

rona

Ben Kasyafani Sempat “Nervous” Jelang Pernikahan

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ben Kasyafani melepas masa sendirinya dengan menikahi Nesyana Ayu Nabila alias Ines. Pada 30 Juli 2016 ini, Presenter, actor, dan VJ ini resmi menikah di Hotel The Ritz Carlton, kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Desainer Ferry Sunarto pun didaulat sebagai perancang pakaian pengantin calon kedua mempelai yang nantinya berkonsep rose gold.

“Kalau Ines pinginnya rose gold, karena sesuai dengan hari H. Jadi akan ada dua motif yang kita pakai. Kalau motifnya tergantung Mas Ferry,” kata Ben saat fitting baju di House of Ferry Sunarto di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (27/8) lalu.

Untuk prosesi akad nikah yang sakral, baik Ben maupun Ines sepakat untuk mengemas adat Minang. Ben dan Ines pun juga mengutarakan keinginannya agar pakaian mereka nantinya tetap kental dengan nuansa islami. Meski bagi Ben ini adalah pernikahan keduanya setelah bercerai dari Marshanda, namun Ben mengaku masih tetap degdegan.

“Deg-degan bangetlah, nervous pasti. Hari pas akad nikah itu semua perhatiannya ke meja itu, jadi pastilah nervous. Walaupun sehari-hari kita akting, banyak bicara, tapi aku tetap deg-degan. Makin diomongin makin deg-degan,” ungkap Ben.

Terpaut usia sembilan tahun antara Ben dan Ines, dan terbilang belum lama saling mengenal, namun bukan menjadi masalah berarti bagi keduanya. Baik Ben maupun Ines tetap meyakini, pasangannya akan mampu menjadi sosok penyempurna di dalam hidup mereka. Begitu jugalah sosok Ben di mata Ines. “Sosok yang selalu menyemangatin. Karena aku kan orangnya nggak pedean. Dia care, jadi ngerasa lebih semangat,” aku Ines.

Sedangkan Ben merasa Ines sosok yang asyik diajak bicara. “Memang masih dalam proses kenal. Kita kenal itu kan relatif singkat, tapi aku sama Ines berusaha membiasakan diri untuk apa-apa selalu share. Jadi apa-apa itu diomongin,” papar Ben.

Ben mengakui usia mereka terpaut cukup jauh, namun Ben merasa calon istrinya itu sosok yang dewasa dalam berpikir. “Ines tuh mungkin usianya cukup jauh sama aku, tapi aku bisa melihat dia seorang yang dewasa dan aku merasa dia bisa membawa aku sebagai orang yang baik. Feeling aku merasa kalau Ines bisa membawa aku bahagia di dunia dan akhirat,” puji Ben. “Alhamdulillah kalau dia menganggap begitu,” sambar Ines. yzd/S-2

Optimalkan Otak Anak sebagai Penentu Kecerdasan

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemenuhan kebutuhan nutrisi si kecil di usia dini merupakan syarat utama dalam upaya pembangunan pondasi yang kuat untuk tumbuh kembang dan kecerdasannya jangka panjang.

Ahmad Suryawan, Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo … Selengkapnya

Marcel Chandrawinata Suka Wanita yang Cerdas

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi Marcel Chandrawinata, cantiknya seorang wanita tak hanya melulu soal fisik semata. Aktor, presenter dan model ini menyebut seorang wanita harus cantik luar-dalam. “Cantik luar-dalam itu mendasar sekali. Cowok itu kan nggak munafik, mana mau cowok jalan sama cewek jelek. … Selengkapnya

Bernostalgia dengan “Game” Terbaik Sepanjang Masa

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jauh sebelum Nintendo DS mulai digemari, Game Boy Advance (GBA) sudah lebih dulu disukai. GBA juga merupakan konsol permainan genggam yang berada di bawah naungan Nintendo.

Perlu Anda ketahui bahwa GBA ini adalah konsol terakhir dari seri Game Boy. Jadi, … Selengkapnya

megapolitan

Bogor Bangun Jalan Layang RE Martadinata

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor Jawa Barat menyatakan pembangunan jalan layang (flyover) di perlintasan kereta api Jalan RE Martadinata menggunakan dana bantuan pusat yakni dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Total dana bantuan yang diberikan Kementerian PUPR sebesar 50 miliar rupiah,” kata Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman di Bogor, Jumat(29/7).

Ia mengatakan peletakan batu pertama pembangunan jalan layang RE Martadinata akan dilakukan 2017, yang menjadi penanda dimulainya pembangunan. Pembangunan jalan layang tersebut diyakini sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan.

Menurutnya, Jl RE Martadinata sebagai ruas jalan ring dua di Kota Bogor mengalami peningkatan volume kendaraan pascapemberlakuan sistem satu arah (SSA) seputar Kebun Raya Bogor yang dimulai 1 April 2016. “Jalan layang ini menjadi upaya untuk mengurai kepadatan volumen kendaraan di jalan tersebut,” katanya.

Menurutnya, harus ada rekayasa lalu lintas sebelum dimulainya pembangunan jalan layang RE Martadinata dengan membuat beban-beban berat di titik pertemuan jalan dengan rel kereta api agar dapat terurai.

“Jalan layang ini solusinya. Semoga 2017 nanti peletakan batu pertama terlaksana, sebagai tindak lanjut dari program sistem satu arah,” katanya.

Usmar menambahkan Pemkot Bogor tidak hanya berencana membangun jalan layang RE Martadinata tetapi sejumlah jalan lainnya seperti di Jl MA Salmun dan Kebon Pedes. 

“Di tahun 2017 dan 2018 nanti akan ada tiga jalan layang yang akan dibangun untuk meminimalkan dampak dari sistems atu arah dan mengurai kemacetan yang selama ini sering terjadi di ketiga ruas jalan tersebut,” katanya.

Menurut Usmar, Pemkot Bogor memprioritaskan pembangunan jalan layang di perlintasan sebidang Jl RE Marthadinata disegerakan dengan menugaskan seluruh instansi terkait memulai pengerjaan tahap awal.

“Kami prioritaskan terlebih dahulu pengerjaannya di Jl RE Marthadinata, karena lebih mendesak untuk mengatasi kemacetan dan untuk keamanan berlalu lintas,” katanya.

Menurut Usmar, DED untuk jalan layang Marthadinata sudah dibuat. Pemkot Bogor juga sudah mengusulkan anggaran pembangunan kepada pemerintah pusat. Secara keseluruhan pembangunan jalan layang didanai oleh pemerintah pusat. 

Usmar mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan sejumlah dinas terkait untuk memulai proses pembangunan jalan layang RE Marthadinata tahap awal sesuai dengan kemampuan masing-masing OPD. Misalnya DLLAJ diminta melakukan survei untuk pengalihan atau rekayasa arus saat pelebaran jalan dilakukan. Ant/P-5

Pembangunan 10 Pasar Rakyat Selesai Akhir 2016

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pembangunan fisik 10 pasar rakyat di sejumlah lokasi di Ibu Kota ditargetkan selesai dikerjakan akhir tahun ini. Pasar rakyat yang dibangun dengan konsep hanggar tersebut menelan biaya 140 miliar rupiah dari dana Penyertaaan Modal Pemerintah (PMP). “

Asisten … Selengkapnya

Nelayan Minta Menko Luhut Hentikan Reklamasi

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta khawatir pergantian Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dari Rizal Ramli ke Luhut Binsar Pandjaitan akan mengubah kebijakan penghentian reklamasi pulau G dan meninjau ulang keberadaan pulau-pulau reklamasi.

Padahal, sebelumnya Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) … Selengkapnya

Puluhan Spanduk Politik Ditertibkan

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Puluhan spanduk politik dari sejumlah lokasi di Jakarta Pusat ditertibkan karena tidak memiliki izin dan mengganggu keindahan kota. Totalnya ada 23 spanduk politik yang kami tertibkan,” kata Rahmat Lubis, Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Jumat (29/7).

Rahmat menyebutkan, … Selengkapnya

olahraga

Kontingen Olimpiade Indonesia Sudah di Perkampungan Atlet

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

RIO DE JANEIRO) – Sebagian anggota kontingen Indonesia sudah mulai memasuki perkampungan atlet di kota Rio de Janeiro, Brasil, dan menggunakan fasilitas-fasilitas di tempat penginapan resmi peserta Olimpiade 2016, sepekan menjelang dimulainya pesta olah raga terbesar di dunia tersebut.

“Atlet dan ofisial panahan dan atletik sudah masuk perkampungan atlet, kita juga sedang menunggu atlet dari angkat besi,” kata ketua kontingen Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari di Rio de Janeiro, Jumat (29/7).

Rombongan besar kontingen Indonesia telah bertolak dari Jakarta pada Rabu (27/7) lalu. Namun sebelumnya sejumlah cabang olah raga sudah lebih dulu berangkat dan melakukan transit sebelum ke Rio de Janeiro. Di antaranya angkat besi sebelum bergabung ke Brasil, melakukan latihan dan pemanasan di Afrika Selatan.

Menurut Oktohari, fasilitas penginapan bagi para atlet di perkampungan atlet yang terdiri atas sejumlah gedung-gedung bertingkat itu cukup memadai. “Lokasinya pun cukup strategis dan dekat pintu gerbang menuju berbagai venue dan fasilitas lainnya,” katanya.

Sejauh ini, tambahnya, tidak ada keluhan mengenai fasilitas dalam perkampungan. Ia berharap selama Olimpiade 5-21 Agustus atlet-atlet Indonesia tidak menemui masalah terkait fasilitas akomodasi tersebut.

Perkampungan atlet Olimpiade 2016 tersebut terletak di area Barra da Tijuca, terdiri atas 31 gedung apartemen. Sekitar 18.000 atlet dan ofisial peserta Olimpiade mendapat tempat di kompleks tersebut.

Namun sebelumnya sejumlah negara sempat mengeluhkan fasilitas tempat penginapan atlet tersebut. Di antaranya kontingen Australia yang sempat menolak masuk dan mengeluhkan banyaknya kebocoran air dalam ruangan di perkampungan atlet itu, kabelkabel yang masih tanpa pengaman, dan seringnya gangguan listrik.

Keluhan senada juga datang dari kontingen Italia dan Selandia Baru. Panitia sendiri langsung mengerahkan ratusan pekerja untuk memperbaiki sejumlah kerusakan fasilitas di bangunan perkampungan atlet tersebut.  baz/S-2

Leicester Hadapi Tantangan PSG

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LOS ANGELES – Juara Liga Inggris musim lalu, Leicester City akan mencoba menghadapi tantangan juara Ligue1 Prancis, Paris St German dalam pertandingan turnamen pra musim International Champions Cup yang digelar di Stadion StubHub Centre, Los Angeles, Minggu (31/7) WIB.

Leicester … Selengkapnya

Lionel Messi Fokuskan Kemenangan

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Barcelona akan menghadapi Celtic dalam pertandingan pra musim di Stadion Aviva, Dublin, Minggu (31/7). Bintang asal Argentina, Lionel Messi dipastikan akan menjadi bagian dari pasukan Luis Enrique dalam pertandingan persahabatan tersebut.

Messi pun mengatakan, dia akan tetap fokus untuk merebut … Selengkapnya

Klopp Diuji Montella

Sabtu 30/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CALIFORNIA – Liverpool akan mencoba bangkit untuk merebut kemenangan pertama mereka diajang International Champions Cup ketika menghadapi salah satu raksasa Seri A, AC Milan, di Levi’s Stadium, Santa Clara, California, Minggu (31/7) WIB. Sebelumnya pasukan Jurgen Klopp itu kalah 1-0 … Selengkapnya

kupas

Bisa Saja Itu Trik Freddy Budiman untuk Tunda Eksekusi

Sabtu 30/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Menjelang eksekusi para terpidana mati, termasuk Freddy Budiman, di media sosial beredar tulisan Koordinator KontraS, Haris Azhar. Tulisan itu mengungkapkan Freddy, terpidana yang baru saja dieksekusi mati, selama menjalankan bisnis narkoba, telah menyetor sekitar 90 miliar rupiah ke oknum pejabat polisi dan sekitar 450 miliar rupiah kepada oknum BNN.

Dalam tulisan yang menyebar secara luas di dunia maya itu Haris mengatakan bahwa apa yang ditulisnya itu, merupakan pengakuan langsung dari Freddy. Dirinya menemui Freddy langsung di dalam sel tahanan di Lapas Nusakambangan pada 2014.

Dalam pertemuan tersebut, Freddy mengaku sudah menyetor uang ke oknum BNN dan ke oknum perwira tinggi Mabes Polri. Tidak hanya itu, Freddy juga mengaku selalu berkoordinasi dengan oknum kedua lembaga itu, agar penyelundupan narkobanya dari China ke Indonesia bisa lancar.

Bahkan Freddy juga mengatakan, dia pernah mengantar narkoba dengan didampingi oknum jenderal berpangkat bintang dua, dari Medan ke Jakarta, dengan mobil penuh narkoba.

Dengan keluarnya statemen yang ‘menohok’ itu bagaimana reaksi dari Polri?

Berikut wawancara wartawan dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat (29/7).

Soal tulisan Haris Azhar tentang pengakuan Freddy Budiman, bagaimana tanggapan bapak?

Saya sudah tugaskan Pak Kadiv Humas (Irjen Pol Boy Rafli) untuk bertemu Pak Haris Azhar, informasinya tepatnya seperti apa.

Karena kalau kita lihat yang beredar viral itu informasinya kan enggak jelas, ada polisi, ada disebut-sebut nama-nama BNN, yang lain-lain ya, nah kita ingin tahu, apakah Pak Hariz Azhar mendapat informasi itu, ada nggak nama-nama yang jelas berikut buktinya.

Bapak sudah baca tulisan Haris Azhar itu?

Sudah, sudah saya baca

Lalu?

Saya tugaskan Pak Kadiv Humas untuk bertemu Pak Haris Azhar, kalau memang ada data lengkap akan kita follow up. Tapi kalau hanya data seperti yang viral itu saja, ini bisa diterjemahkan, bisa saja terjadi kita akan dalami, tapi bisa saja jadi alasan yang bersangkutan untuk menunda eksekusi, supaya ramai jadi tunda eksekusi.

Apa polisi bisa melakukan penyelidikan berdasarkan cerita itu?

Nggak bisa, itu namanya informasi, bukan namanya kesaksian, kalau kesaksian itu, alat bukti saksi itu, dia harus mendengar, melihat dan mengetahui sendiri, tapi yang diterima Pak Haris Azhar ini kan informasi.

Apa langkah selanjutnya?

Saya sudah menugaskan Kadiv Humas untuk menemui Pak Haris Azhar secepat mungkin, apakah ada informasi yang lebih detail lagi atau segitu saja. Kalau segitu saja, karena tidak menyebut nama, bukti dan lain-lain, maka bisa dua, bisa mungkin iya, kita dalami, tapi bisa juga itu alasan yang bersangkutan untuk menunda eksekusi.

Jadi polisi akan mengklarifikasi lebih dahulu?

Artinya kami akan lakukan klarifikasi ke Pak Haris Azhar yang menyampaikan informasi ini ke publik. kalau informasi hanya seperti itu, kita akan lakukan penyelidikan ke dalam, tapi juga jangan salah, bisa juga yang bersangkutan (Freddy) menyampaikan dalam rangka untuk menunda eksekusi, dan itu trik-trik seperti ini sering kita temui. eko nugroho/AR-3

Pelaksanaan Eksekusi Mati Sudah Siap

Jumat 29/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Kejagung memastikan akan melakukan hukuman mati tahap ketiga terhadap 14 terpidana mati kasus narkoba. Semua persiapan untuk pelaksanaan eksekusi telah rampung.

Untuk mengupas persiapan pelaksanaan hukuman mati, Koran Jakarta mewawancarai Kepala Pusat Penerangan Umum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) M Rum, … Selengkapnya

“Saya Bertekad untuk Membangun Sistem yang Lebih Baik”

Kamis 28/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo meminta agar manajemen di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diperbaiki lagi pasca terbongkarnya kasus vaksin palsu yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak balita.

Presiden Jokowi berharap terjadinya kasus vaksin palsu yang merupakan … Selengkapnya

Pemerintah Masih Menimbang Sistem Pemilu 2019

Selasa 26/7/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah dan DPR, berencana bakal menyatukan Undang-Undang tentang Pemilu. Regulasi yang bakal disatukan adalah UU tentang pemilihan legislatif, pemilihan presiden, dan UU tentang Penyelenggara Pemilu. Nantinya, jika sudah disatukan dalam sebuah UU, regulasi tersebut bakal diberi nama UU Penyelenggaraan Pemilu.

Selengkapnya

berita lain

Fasad untuk Estetika dan Penarik Konsumen

Jumat 29/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Fasad atau bagian muka rumah mampu memberikan sejumlah makna. Aspek estetika dan psikologis menjadi faktor yang dapat mempengaruhi desain fasad. Alhasil, berbagai imajinasi terbangun dengan berbagai karakter.

Massa bangunan berbentuk maju mundur merupakan salah satu fasad yang digunakan sejumlah … Selengkapnya

Teknologi Bajos untuk Tingkatkan Getah Pinus

Kamis 28/7/2016 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketidakseimbangan antara produksi getah pinus dan yang dibutuhkan industri menuntut adanya terobosan cerdas untuk mengatasinya. Dunia industri sangat membutuhkan getah pinus, yang bisa diolah menjadi bahan untuk aneka produk, antara lain gondorukem, terpentin, pewangi lantai, dan parfum.

Kekurangan pasokan … Selengkapnya

Mobil Konsep dan Baru di GIIAS 2016

Rabu 27/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan dihelat pada 11-21 Agustus, Mitsibishi akan menampilkan mobil konsep.

Mobil konsep yang bakal dihadirkan kali ini berasal dari segmen Small Crossover MPV. Mobil konsep ini memadukan ketangguhan sebuah SUV … Selengkapnya