Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 11 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Jaksa Agung Surati DPR

Jumat 12/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Merujuk pada Undang-Undang Jaksa Agung, hak memberikan deponering atau melakukan penyampingan perkara sepenuhnya milik Jaksa Agung.

JAKARTA. – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo berencana deponering atau pengesampingan perkara demi hukum bagi dua mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

Bahkan Jaksa Agung telah mengirim surat ke Komisi III (Hukum) DPR untuk untuk meminta pandangan Dewan.

“Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat telah menerima surat dari Kejaksaan Agung ihwal permintaan pandangan rencana deponering atau pengesampingan perkara demi hukum bagi dua mantan pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.”

tegas Ketua Komisi Hukum, Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (11/2). Usai rapat internal, Kamis (11/2), Bambang mengatakan Komisi Hukum dan Hak Asasi Manusia Dewan Perwakilan Rakyat menolak usul dari Jaksa Agung terkait dengan pemberian deponering atau penyampingan perkara demi hukum bagi dua mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi itu Komisi III DPR menganggap kasus itu belum memenuhi persyaratan deponering.

“Hadir dalam rapat internal sepuluh fraksi diwakili Kapoksi, intinya menolak dengan berbagai pertimbangan,” kata Bambang Soesatyo seusai rapat internal di Ruang Rapat Komisi III. Menurut Bambang, jika merujuk pada Undang-Undang Jaksa Agung, hak memberikan deponering atau melakukan penyampingan perkara sepenuhnya milik Jaksa Agung.

Namun pertimbangan Komisi III menilai tidak ada kepent i ngan umum mendukung pemberian deponering. “Kami minta ke pimpinan DPR untuk kembal i kan surat tersebut ke kejaksaan,” kata politikus Partai Golkar itu. Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa mengatakan permintaan dari Jaksa Agung itu tidak memenuhi unsur hukum.

“Kalau kami setujui, berarti ini kan mendegradasi institusi kepolisian. Berarti kami merusak hubungan kami dengan kepolisian,” kata Desmond. Surat dari Jaksa Agung Muhammad Prasetyo ini diterima pimpinan DPR, Rabu (10/2).

Surat itu sebenarnya ditujukan untuk pimpinan DPR, tapi kemudian didelegasikan ke Komisi Hukum. Surat itu berisi permintaan pandangan terkait dengan rencana deponering oleh kejaksaan bagi kedua mantan Pimpinan KPK itu.

Bambang melanjutkan, sikap Kejaksaan Agung dengan meminta pandangan DPR tersebut sudah benar. Menurut dia, dalam aturan deponering, Kejaksaan hanya meminta pendapat. Setelah itu, baru bisa menentukan sikap.

Rahasia Negara

Menanggapi surat yang dikirim ke DPR itu, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo bahwa surat itu masuk kategori rahasia negara. “Deponering atau tidak, itu masuk kategori rahasia negara. Tolong hormati proses yang ada.

Tolong bersikap arif, jangan mengadu domba antar lembaga negara,” ujar Prasetyo. Selasa pekan lalu, Presiden Joko Widodo memanggil Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti untuk membahas perkara Bambang Widjojanto, Abraham Samad, dan penyidik KPK, Novel Baswedan. Jokowi meminta ketiga perkara itu diselesaikan agar tidak berlarutlarut dan menjadi beban.

Sehari sebelumnya, pimpinan KPK sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan terlebih dahulu untuk membahas nasib Bambang, Abraham, dan Novel. Tiga kemungkinan langkah hukum dibahas, yaitu deponering, Surat Ketetapan Penghentian Perkara (SKPP), atau melanjutkan perkara ke persidangan.

Prasetyo menambahkan, perkara pimpinan dan penyidik KPK ini adalah isu sensitif. Setiap langkah yang diambil akan mendapat respons yang berbeda dari lembaga hukum terkait, yaitu KPK dan Polri. fan/eko/Ant/P-4

Buktikan Instansi yang Transparan

Jumat 12/2/2016 | 01:16
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG – DPRD Jateng selalu menerima kritik secara terbuka dari masyarakat terhadap kinerjanya,karena menjadi bagian dari membuka ruang publik. Hal tersebut merupakan salah satu indikator sebagai sebuah instansi yang transparan dan akuntabel.

“Masyarakat boleh mengkritik, bahkan mencaci kami kalau kerja … Selengkapnya

Pilot Dimakamkan di Samping Kopilot Golden Eagle

Jumat 12/2/2016 | 01:12
A   A   A   Pengaturan Font

Yogyakarta – Mayor Penerbang Ivy Safatillah yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano di Malang, dimakamkan tepat di samping makam Kapten Penerbang Dwi Cahyadi, di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Kapten Penerbang Dwi Cahyadi adalah kopilot pesawat tempur … Selengkapnya

Berdayakan Aset yang Mati Di Desa

Jumat 12/2/2016 | 01:06
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah akan memberdayakan sejumlah aset yang mati di sejumlah daerah sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Jakarta akarta akartaakarta – Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Erani Yustika menjelaskan, kewenangan yang diberikan kepada … Selengkapnya

mondial

Melenchon Bakal Jadi Saingan Kuat Francois Hollande

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Politisi yang merupakan ketua kubu sayap kiri Prancis yang radikal, Jean-Luc Melenchon, menyatakan ia akan kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon Presiden Prancis pada pemilu presiden 2017 nanti. Pernyataan pencalonan Melenchon itu bisa merusak agenda kubu Sosialis yang kembali mengharapkan agar Francois Hollande terpilih kembali sebagai Presiden Prancis untuk masa jabatan kedua kalinya.

“Saya mengajukan diri untuk ikut pilpres pada 2017,” kata Melenchon yang mempublikasikan pencalonannya lewat rekaman video di laman miliknya.

“Pemilu presiden ini bisa membuka peluang bagi rakyat. Peluang bagi membalik halaman baru perjuangan yang damai dan demokratis terhadap sistem di negeri ini yang tak beradab dan semua rakyat terjebak didalamnya,” imbuh politisi berusia 64 tahun itu.

Dalam percaturan politik Prancis, Melenchon bukanlah politisi yang bisa dianggap enteng. Sebelum menjadi ketua kubu sayap kiri, ia merupakan mantan anggota legislatif dari Partai Sosialis.

Pada pemilu presiden 2012 lalu, Melenchon berhasil mendapatkan dukungan sebesar 11,1 persen suara dalam putaran pertama pilpres berkat dukungan dari kubu Komunis Prancis. Rtr/I-1

50 Ribu Warga Melarikan Diri dari Aleppo

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ONCUPINAR – Komite Palang Merah Internasional mengatakan pada Rabu (10/2) waktu setempat bahwa setidaknya 50.000 warga Suriah telah melarikan diri dari pertempuran di Aleppo. Komite itu pun menambahkan bahwa pasokan air telah terganggu di beberapa bagian provinsi di wilayah konflik … Selengkapnya

Lagi, Dua Bakal Capres Republik Mundur

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Dua bakal calon presiden Amerika Serikat (AS) dari kubu Republik kembali mundur. Mereka adalah Gubernur New Jersey, Chris Christie, dan mantan CEO Hewlett Packard, Carly Fiorina, yang menyatakan mundur dalam bursa pencalonannya sebagai Presiden AS pada pemilu presiden … Selengkapnya

Presiden RI akan ke Sunnylands

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mulai 14 Februari mendatang, akan digelar KTT ASEAN-AS di Sunnylands, California. Presiden RI, Joko Widodo, didamping Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, diagendakan bakal menghadiri pertemuan itu.

JAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo, dipastikan menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN-AS … Selengkapnya

ekonomi

Pelaku Pasar Optimistis

Jumat 12/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Investor asing akan lebih memilih membeli obligasi pemerintah yang risikonya rendah.

JAKARTA – Melemahnya data makro ekonomi AS bisa membuat investor asing beralih ke emerging market namun tidak secara mutlak. Semuanya masih tergantung pada kondisi makro ekonomi emerging market yang akan dituju sebagai tempat investasi.

“Jika kondisinya tidak cukup baik bagi makro ekonomi dan pasar saham, maka investor asing cenderung memilih menyimpan uang cash,” ungkap Beben Feri Wibowo Analis Infovesta Utama kepada Koran Jakarta, Kamis (11/2).

“Sedangkan jika kondisi makro dinilai cukup baik tetapi kondisi pasar sahamnya masih tertekan investor asing akan tetap berinvestasi, tetapi menyasar instrumen investasi yang memiliki risiko relatif lebih rendah seperti pendapatan tetap baik SUN atau obligasi korporasi.”

Dengan kata lain, adakalanya emerging market diuntungkan dengan kondisi ekonomi AS yang kurang baik karena nilai tukar dollar AS terhadap mata uang lokal negara lain bisa melemah, sekaligus membuka peluang terjadinya peralihan arus investasi dari AS ke emerging market. “Namun demikian, peristiwa tersebut tidak serta merta langsung terjadi, investor asing akan tetap memperhatikan kondisi makro ekonominya,” lanjutnya.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan sepanjang bulan Januari ekonomi AS menambah 151.000 tenaga kerja, jauh dibawah bulan Desember 262.000. Karena pertimbangan hal ini maka Gubernur Bank Sentral AS, Janet Yellen, kemarin, menyatakan belum akan menaikkan Fed Rate, namun juga menolak untuk menurunkannya. Rupiah pun menguat pada pembukaan perdagangan Kamis pagi ke level 13.380 per dollar AS.

Menurut Beben, Indonesia masih dapat menjadi primadona di antara negara emerging market untuk berinvestasi bisa jadi, terakhir rilisnya data kuartal IV-2015 mencapai 5,04 persen atau di atas ekspektasi 4,8 persen, paling tidak memberikan kepercayaan diri yang cukup baik bagi investor asing maupun lokal.

Bukan hanya itu, pembangunan infrastruktur oleh pemerintah sejak awal tahun merupakan daya tarik tersendiri khusus bagi investor asing. Sisi lain, inflasi dalam negeri masih cukup terkendali dikisaran +/- 4,5 persen (mengesampingkan daya beli masyarakat), terakhir inflasi Januari 2016 sebesar 0,51 persen MoM (month on month) atau 4,14 persen YoY (year on year).

Analis saham PT Paramitra Alfa Sekuritas, Mohamad Adityo Nugroho mengatakan data makro ekonomi AS masih stabil dan sama sekali tidak jelek. Memang dalam pidatonya Janet Yellen mengemukakan risiko yang dihadapi oleh perekonomian meningkat, namun kebijakkan The Fed untuk menaikkan suku bunga masih jalan terus. “Artinya The Fed masih optimis dengan kondisi perekonomian mereka,” ujarnya.

Untuk sektor riil, jumlah penduduk Indonesia yang besar tentu menjadi pasar yang menggiurkan bagi para produsen- produsen global untuk berinvestasi di sini. Memang kondisi infrastruktur Indonesia selama ini menjadi hambatan minat investasi asing. Namun itulah yang saat ini sedang digeber oleh pemerintah.

“Capital Inflow”

Menguatnya rupiah terhadap dollar AS dalam beberapa waktu terakhir, dan bertambahnya posisi net buy asing di BEI menjadi indikasi masuknya dana asing kembali ke Indonesia. Jadi investor asing sudah mulai memasuki Indonesia. “Rupiah menguat karena adanya dana asing yang masuk. Namun seberapa besar pertambahannya masih menjadi tanda tanya,” imbuhnya.

Apalagi menguatnya rupiah terhadap dollar AS menambah optimisme pelaku pasar untuk berinvestasi di pasar modal domestik kata Beben pastinya, karena nilai tukar salah satu cerminan dari kondisi ekonomi domestik yang lebih baik. Bukan hanya itu, nilai tukar yang stabil atau cenderung menguat lebih meyakinkan pelaku usaha untuk menerapkan perencanaan dan strateginya, sehingga potensi pencapaian target bisnis semakin lebih besar. “Sekaligus membuka peluang kinerja keuangan lebih baik yang berujung pada kondisi perekonomian,” kata Beben.

Dengan begitu, lanjut Beben, potensi investor asing akan kembali masuk ke pasar saham domestik ada dengan syarat pemerintah mampu merealisasikan target ekonomi sesuai dengan APBN 2016, yaitu pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen (paling tidak tumbuh di atas 5 persen), nilai tukar 13.900 rupiah per dollar AS, dan inflasi masih terkendali +/- 4,5 persen.

The Fed Tak Mungkin Turunkan Bunga Acuan

Jumat 12/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Washington – Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed tak mungkin menurunkan kembali bunga acuannya meskipun pilihan tersebut memungkinkan terjadi apabila kondisi perekonomian di Negeri Paman Sam melemah. Kendati The Fed mengakui potensi risiko terhadap perekonomian di AS, bank … Selengkapnya

Manajer Investasi Luncurkan Produk Baru

Jumat 12/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Manajer Investasi, Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) meluncurkan satu produk reksa dana saham di awal Februari ini.

Produk bernama Batavia Enhanced Equity Strategy (BEES) ini mengkombinasikan saham-saham berkapitalisasi besar (bigcap) dan saham dengan kapitalisasi kecil dan menengah … Selengkapnya

Persepsi Investor Akan RI Pulih

Jumat 12/2/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah mengklaim Indonesia dianggap sebagai salah satu negara dengan manajemen ekonomi makronya relatif prudensial dan stabil di antara emerging economy.

JAKARTA – Tren nilai tukar rupiah dalam beberapa hari terakhir yang cenderung menguat dinilai sebagai simbol pulihnya kepercayaan asing terhadap … Selengkapnya

rona

Sajian Bebek, Kuliner Madura yang Menggugah Selera

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pulau Madura yang terletak di sisi utara Jawa Timur dikenal memiliki beragam budaya, mulai kesenian hingga kuliner. Ragam hidangan khas Madura yang banyak dikenal antara lain Soto Daging, Sate Ayam, Kaldu Kokot, dan Nasi Bebek.

2016_0204_10311700

Khusus untuk penggemar nasi bebek yang sedang bepergian ke Madura, tujuan yang tidak bisa ditawartawar lagi adalah Nasi Bebek Sinjay. Memang sejak Jembatan Suramady beroperasi pada 2009, rumah makan yang terletak di Jalan Raya Ketengan nomor 45 Kecamatan Burneh, Bangkalan, ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Selain mudah dijangkau, hanya perlu waktu dari satu jam Surabaya, kala itu belum banyak tujuan dengan menu serupa. Kuliner satu ini cukup terkenal kelezatannya, dibuktikan dari antrian pengunjung yang selalu mengular. Bahkan pada tahun-tahub awal, pengunjung yang datang terlalu siang hari seringkali harus pulang dengan kecewa karena kehabisan.

Nasi Bebek Sinjay awalnya hanya sebuah warung pinggir jalan yang buka sejak tahun 2003 di kawasan tersebut. Seiring banyaknya pelanggan, kini warung itu telah berubah menjadi rumah makan yang mampu menampung 500 pengunjung dengan puluhan pegawai.

2016_0204_10282500

Amin Sinjay, 36 tahun, generasi kedua pemilik rumah makan itu menjelaskan, usahanya dimulai orang tuanya yang hanya seorang petani untuk menambah penghasilan.

“Nama Sinjay diambil dari bahasa Arab artinya ilham, bahwa ayah saya waktu itu dapat ide untuk membuka warung nasi bebek. Sebelum Jembatan Suramadu berdiri warung kami sudah banyak dikenal orang dari luar Bangkalan, setelah buka (jembatan) malah lebih ramai lagi karena lebih dekat (dari Surabaya),” tutur dia.

Bukan berlebihan bila pelanggan rela menyeberangi Selat Madura demi hidangan satu ini. Daging bebek gorengnya jauh dari kesan alot, seperti menyerah saat dikunyah dalam mulut.

Selain empuk, aroma daging bebeknya juga tidak seamis nasi bebek pada umumnya. Disajikan bersama nasi pulen plus gorengan tepung kremes berwarna coklat yang super gurih.

Belum cukup di situ, sensasi kuliner nasi bebek makin lengkap dengan sambal pencit (mangga muda) nya. Potongan-potongan pencit dengan rasa kecut segar diuleg dengan sambal khas Madura yang super pedas, disajikan berhias daun kemangi dan timun segar, menambah cita rasa hidangan ini.

Amin menambahkan, kelebihan lain nasi bebeknya adalah menggunakan daging unggas bebek, bukan itik. “Kami punya trik sendiri agar dagingnya bisa empuk, saking empuknya ada yang bilang seperti dipresto. Selain itu daging yang digunakan adalah asli daging bebek, bukan entog (itik), cirinya ukuran lebih kecil, lebih gurih, dan warnanya lebih kekuningan, sedangkan entog lebih gelap kemerahan,” tutur dia.

Untuk bersantap, pengunjung karena harus membayar ke kasir dahulu sesuai jumlah porsi yang diinginkan, baru setelah itu mengambil pesanan di loket sebelahnya. Harga seporsinya cukup terjangkau, hanya 25 ribu rupiah sudah termasuk minuman teh dalam botol.

Tidak seperti umumnya, kita tidak bisa memilih jenis potongan daging seperti paha, dada dan sebagainya. “Sematangnya masakan dari dapur itu yang pengunjung dapat, ini dilakukan demi memperlancar antrian yang pada hari libur bisa berdiri sampai satu jam. Kalau dulu banyak yang kehabisan, tapi sekarang kami sudah persiapkan stok sehingga meski datang sore hari masih kebagian,” ungkap dia.

Setelahnya pengunjung dapat menikmati hidangan di deretan meja memanjang seperti yang sering digunakan di asrama-asrama. Meski tidak menggunakan pendingin udara, untuk ukuran Madura yang terkenal panas, hawa di rumah makan ini cukup sejuk karena berhadapan langsung dengan hamparan sawah di bagian belakangnya.

Amin menambahkan, keunikan lain bersantap di rumah makannya adalah tidak ada perbedaan antara masyarakat biasa dengan golongan atas.

“Sudah sering artis atau pejabat yang berkunjung ke sini. Serunya mereka tidak protes meskipun harus mengantri dibelakang pengunjung lain, karena kami memang tidak mengistimewakan siapapun,” jelasnya.

Untuk yang eneg dengan bebek bisa memilih menu ayam goreng yang tak kalah lezatnya. Ayam goreng berbumbu khas sinjay ini juga disajikan dengan kremesan gurih dan sambal pencit khas Madura.

Kini bagi penggemar nasi bebek yang tidak punya cukup waktu menyeberang ke Madura bisa mendapatkan bebek Sinjay di dua cabang di kawasan Kapas Krampung dan Ahmad Yani Surabaya.

Namun tentunya menyeberangi Jembatan Suramadu dan menikmati suasana persawahan Pulau Garam memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. SB/E-6

Sensasi Rempah Bebek Songkem

2016_0204_10314700

Nasi bebek Madura memang telah dikenal kelezatannya. Daging yang empuk, gurih, plus pedas sambal pencit khas madura yang segar tapi panas menjadi trademark-nya.

Hadirnya bebek songkem seolah ingin membawa para kulinerista pada sensasi santap yang berbeda. Ciri khasnya adalah daging bebek yang dikukus sehingga saat menyantap kita akan merasakan sensasi empuk yang luar biasa.

Baik pesanan porsi potongan atau satu ekor, tersaji unik berbalut daun pisang. Setiap suwiran daging kehitaman masuk ke rongga mulut, seolah meleleh begitu menyentuh lidah saking empuknya. Meski menu kukusan, tak usah ragu akan rasanya, bumbunya begitu meresap sampai ke lapisan daging yang palong dalam.

Rasa gurih nan lembut, berpadu dengan nasi pulen hangat, plus sayur kemangi dan timun segar yang dicocol sambal pencit, memberikan sensasi yang luar biasa. Tak heran, bumbu yang dioleskan pada daging bebek, tetap utuh dan tidak mengering seperti jika digoreng.

Namun bagi yang merindukan rasa klasik bebek goreng tak perlu khawatir. Rumah makan ini juga menyajikan menu bebek goreng yang tak kalah dasyhat gurihnya. Bagiamana tidak, kukusan daging yang sudah empuk itu lalu digoreng, tersaji renyah bersama kremesan tasty.

Rasa bebek goreng songkem, sedikit berbeda dengan bebek goreng umumnya, namun pastinya drastis lezat ! Gurihnya lebih berkelas, dengan rasa rempah yang kental mewarnai lidah kita. Di tambah empuknya yang super, sungguh wajib dicoba.

Sementara untuk keluarga atau relasi yang enggan daging bebek, tetap bisa memesan ayam songkem yang tak kalah enaknya.

Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, nasi bebek atau ayam songkem kukus potongan hanya 21 ribu rupiah, nasi bebek atau ayam songkem goreng potongan 22 ribu rupiah, sedangkan satu ekor bebek songkem kukus atau goreng hanya 66 ribu rupiah, cukup untuk lima orang.

Untuk teman minum kita bisa memilih baik dingin atau hangat antara lain teh, legen, jeruk atau pokak-minuman khas Bangkalan. Harga minuman juga terjangkau antara 3 ribu rupiah sampai 6 ribu rupiah.  SB/E-6

Tersaji dalam Balutan Daun Pisang

 2016_0204_10303300

Kisah Bebek Songkem berawal berpuluh-puluh tahun yang lalu, dari Desa Songkem, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura. Songkem yang dalam Bahasa Jawa artinya adalah sungkem, penghormatan pada orang tua atau sesepuh dengan berlutut di pangkuan sambil meminta restu atau memohon maaf.

Pada setiap desa di Madura, minimal ada seorang sesepuh atau Kyai yang dalam istilah almarhum Gus Dur (Presiden RI ke-4, Abdurachman Wahid) sebagai Kyai Ndeso. Kyai-kyai Ndeso dengan sukarela dan ikhlas mengajarkan mengaji anak-anak tanpa menarik biaya. Umumnya sebagai bentuk ucapan terima kasih para orang tua anak-anak tersebut, mereka membawakan buah tangan berupa makanan bebek atau ayam.

Pemberian panganan berupa “bebek songkem” yang dilakukan pada hari-hari tertentu itu kini berlanjut ke dunia bisnis, Pak Salim seoranf warga Sampang yang membuka usaha rumah makan “Bebek Songkem” yang terletak di Jalan Raya Ketengan Kelurahan Tonjung, Kecamatan Burneh, Bangkalan.

Berjarak satu jam perjalanan dari Surabaya, rumah makan yang terasa asri ini selalu ramai oleh penyuka kuliner. Meja-meja lesehan di bawah atap joglo siap menampung puluhan pengunjung, yang datang tak hanya dari Surabaya, bahkan dari Jakarta, Bandung, hingga para wisatawan mancanegara.

Keistimewaan bebek songkem adalah daging bebek kukus, yang tersaji dalam balutan daun pisang. Selain lezat, cara pengolahan dengan mengkukus, menjamin makanan ini rendah kolestrol, tampil juga dalam tag line yang tertera di dinding reatoran Rendah kolestrol sesuai anjuran para dokter, Bebek Songkem Pak Salim? “Nyaman Onggu” (enak banget).

“Pada masa ramai seperti musim liburan, dalam sehari bisa menghabiskan 100 ekor bebek. Meski proses masaknya lama, pengunjung yang datang tidak perlu terlalu lama menunggu, karena bebek sudah selesai dimasak, tinggal dihangatkan saja,” kata karyawan RM Bebek Songkem, Diah.  SB/E-6

Khas dengan Irisan Sambal Pencit

Bagi yang hobi masak, bisa mencoba membuat Bebek Songkem di rumah, meski lezatnya belum tentu menyamai makan di tempatnya. Daging bebek yang sudah dibersihkan, dikukus selama tiga jam dalam panci. Ciri khas bebek songkem ada diproses ini, posisi leher dan kepala bebek ditekuk menunduk seperti orang sungkem.

Tak hanya itu, daging empuk nan lezat songkem ternyata tidak dikukus dengan air. Bagaimana mungkin ? Sebagai pengganti air, bebek ditaruh di atas belahan batang pisang. Cara ini menghasilkan uap air dengan aroma khas yang meresap ke setiap suwir dagingnya.

Sebelum masuk panci kukusan, tentu terlebih dahulu daging diolesi bumbu dasar berupa garam, bawang merah merah, bawang putih, cabe, serta rempah rahasia dari dapur Pak Salim.

Sementara untuk membuat sambal pencit khas madura, iris kecil-kecil pencit (mangga muda), olesi debgan rajangan cabe rawit, bawang merah bawang putih dan bumbu rahasia.

Daging bebek songkem Pak Salim sendiri sudah terasa pedas, tanpa sambal pencit. Hal ini dikarenakan bumbu dasar saat memasak juga sudah mengandung cabe rawit, hanya saja tak terlalu pedas, cukup menimbulkan sensasi hangat yang menambah selera santap.  SB/E-6

Keripik Lorjuk Goreng hingga Rumput Teki

Kenyang makan bebek dan ayam goreng jangan langsung pulang. Mampir dulu beli oleh-oleh beragam jajanan khas Madura yang banyak dijual di etalase depot-depot kuliner di sepanjang Jalan Raya Ketengan. Seperti di Rumah Makan Madurese yang punya hidangan utama Bebek Songkem, aneka keripik gurih nan unik tersedia.

Sebut saja lorjuk goreng, yang berbahan dasar kerang bambu atau razor clam. Hewan bercangkang ini banyak terdapat di perairan atau pantai pesisir Pulau Madura, dan memiliki rasa khas yang telah dikenal masyarakat Jawa Timur. Selain digoreng sebagai keripik, petis lorjuk, rengginang lorjuk dan kacang lorjuk, hewan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan agar terasa lebih nikmat.

Lorjuk sendiri kaya akan gizi, sejumlah literatur menyebutkan hewan ini diketahui setidaknya mengandung asam lemak omega3, magnesium, kalium, dan vitamin B12. Bahkan sebagian masyarakat meyakini lorjuk mampu mencegah mutasi sel kanker di dalam tubuh, serta menjaga kondisi kardiovaskular.

Bicara jajanan laut, jangan ketinggalan membeli kerupuk teripang. Teripang atau timun laut adalah hewan karang cara bergeranya lambat, hidup pada dasar substrat pasir, dan banyak ditemukan dalam lumpur pasir atau di lingkungan terumbu.

Hewan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi protein dan rendah kandungan lemak. Kandungan nutrisi dalam teripang tersebut dapat mengikat jaringan pertumbuhan dan kulit, memulihkan penyakit sendi, serta menurunkan kolestrol dan menghambat proses penuaan.

Ada juga Kripik Rumput Teki, yang dibuat dari umbi rumput teki dengan rasa yang gurih, agak pahit, mirip keripik melinjo tapi agak berbeda. Sementara yang doyan manis, bisa mencoba Sarang Burung Suramadu. Jajanan kering ini terbuat dari tepung beras dan gula aren.

Selain pilihan di atas masih banyak ragam jajanan dan oleh-oleh, sebut saja keripik siput songkem, telur teripang, petis ikan tongkol, dan terasi pasean (udang). Harga yang ditawarkan relatif terjangkau mulai 10 ribu rupiah hingga 38 ribu rupiah per kemasan.  SB/E-6

 

“Harry Potter” Seri 8 akan Terbit Juli

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah sembilan tahun novel terakhir dalam seri terlaris tentang bocah penyihir, akhirnya Seri ke-8 kisah “Harry Potter” akan diterbitkan di seluruh dunia pada bulan Juli mendatang.

Hal ini menjadi kabar baik bagi penggemar Harry Potter yang tidak bisa menyaksikan pentas … Selengkapnya

Nikita Mirzani: “Puas dengan Ahok, Dhani Gak Pas Deh”

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sudah biasa jika sesama kaum selebritas mendukung selebritas lainnya maju ke kancah politik. Namun, berbeda halnya dengan Nikita Mirzani saat diminta pendapatnya soal diusungnya musisi Ahmad Dhani menjadi calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub mendatang. Ternyata, Nikita lebih memilih Basuki … Selengkapnya

Kevin Julio Prihatin Maraknya LGBT

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di kancah dunia hiburan acap kali ditemukan perilaku-perilaku yang menyimpang dalam hal seksual, seperti adanya kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Di dunia gemerlap selebritas, orang-orang yang memiliki kecenderungan LGBT itu sudah dianggap hal biasa dan bahkan memiliki komunitas … Selengkapnya

megapolitan

Ahok Buka Peluang Diusung PDIP

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  membuka peluang bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2017.

“Mungkin kita bisa gabung PDIP, tapi tergantung PDIP kan. Yang pasti, saya sudah bicara dengan mereka, dengan wakil juga oke pak Djarot,” ujar Ahok kepada wartawan, di balai Kota Jakarta Pusat. Kamis (11/2)

Meski demikian, Ahok masih tetap akan menunggu satu juta KTP yang sedang dikumpulkan “Teman Ahok” untuk maju pada jalur independen.  Ahok mengaku sudah telah berkomunikasi dengan “Teman Ahok”,  (kelompok atau komunitas yang mendukung Ahok untuk maju dalam pilkada melalui jalur independen), jika KTP tidak terkumpul satu juta, maka dirinya akan maju dengan PDIP pada Pilkada 2017.

“Makanya kita nggak tahu. Mungkin saya mesti ketemu dan ngomong ke “Teman Ahok. Kami nggak mau membuat “Teman Ahok” kecewa karena nggak gampang kumpulin sejuta KTP itu,” katanya.

Dikatakan Ahok, dukungan warga untuk maju pada jalur independen tidak semata mengumpulkan KTP saja. Pasalnya, setiap warga mesti mengisi form dukungan yang benar-benar akan mendukung pada jalur independen.

“Dulu orang kumpulkan KTP saja susah, ini harus formulir sejuta. Input saja setengah mati. Sekarang saya tanya, “Teman Ahok” kan ngomong bahwa orang yang sudah daftar kasih KTP akan dikasih notifikasi sms. Tapi masih ada yang belum menerima notifikasi,” ungkap Ahok.

Setelah dikonfirmasik, lanjutnya, ternyata dukungan 700 ribu warga yang telaah dikumpulkan “Teman Ahok”, baru sekitar 250 warga yang diberikan notifikasi SMS dukungan. Menurutnya, “Teman Ahok”  baru memasukkan 250 ribu dukungan warga untuk Ahok itu ke dalam sistem komputer. “Pasti butuh waktu itu, mereka kan hanya relawan, 10 orang lebih,” ucapnya.

Meski demikian, Ahok memastikan dukungan dari “Teman Ahok”  bisa terkumpul mencapai 1 juta KTP. Jika KTP ini tak terkumpul, maka dia tidak menjanjikan akan maju pada jalur independen bersama Teman Ahok. “Makanya saya yakin sejuta KTP terkumpul, jika tidak, bisa nggak ikut kali,” tegasnya.
Saat dikonfirmasi terkait mundurnya Ali Sadikin dari jabatan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ahok mengaku tidak tahu menahu. Menurutnya, sejak dulu dia sudah dekat dengan Ketua Umum PDIP, Megawati tapi tidak ada hubungannya dengan kemunduran Boy Sadikin. 

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat yang juga kader PDIP mengatakan rencana mundurnya Boy Sadikin sudah berhembus sejak lama. Namun, katanya, DPP PDIP belum merapatkannya secara khusus untuk membahas kemunduran Boy Sadikin itu. “Tentu pak Boy juga perlu dipanggil diklarifikasi. Tapi waktu dipanggil seminggu lalu sebelum rakernas, beliau belum datang, belum ada waktu,” katanya.
Menurut Djarot, mundurnya Boy Sadikin dari Ketua DPD akaan diputuskn secepatnya. Biasanya, lanjut Djarot, DPP akan mengundang langsung kader terkait untuk diputuskan dalam rapat DPP, dari rapat itu, DPP partai memutuskan‎ akan menolak atau menerima pengunduran itu,” jelas Djarot.

Terkait dengan rencana musisi Ahmad Dhani maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, Ahok mengaku telah mendengar kabar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hendak mengusung musisi Ahmad Dani. . “Enggak apa-apa, bagus dong,” kata  Ahok. pin/P-5

Pemkot Bogor Dorong Warga Gunakan Tas Belanja

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Jawa Barat, mendorong produksi tas belanja di kalangan masyarakat seiring komitmen pemerintah menerapkan kantong plastik berbayar.

“Komitmen menerapkan kantong plastik berbayar tujuannya untuk mengurangi sampah plastik, mendorong masyarakat menggunakan tas belanja. … Selengkapnya

Pekan Depan Berkas Jessica Dilimpahkan

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Polda Metro Jaya pekan depan   berencana melimpahkan berkas kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica Kumala Wongso ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

“Pekan depan berkas tahap pertama akan kami serahkan ke JPU. … Selengkapnya

Pemprov Fasilitasi Eks Gafatar untuk Transmigrasi

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Warga  eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang masih bertahan di pengungsian yang berada di Ibukota akan diikutkan dalam program transmigrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan memfasilitasi  mereka yang bersedia ikut transmigrasi.

“Jadi kami akan transmigrasikan bagi mereka yang tidak … Selengkapnya

olahraga

Zlatan Ibrahimovic Singkirkan Lyon

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Zlatan Ibrahimovic mencetak dua gol dalam empat menit babak kedua untuk memastikan Paris St Germain melenggang ke perempat final Piala Prancis dengan kemenangan kandang 3-0 atas Olympique Lyonnais, Kamis (11/2) dini hari WIB.

Setelah babak pertama tanpa gol di Parc des Princes, Ibrahimovic membuka skor di menit 63 ketika ia mengkonversi umpan silang Lucas dari jarak dekat.

Pemain asal Swedia itu menambahkan golnya dan efektif membuat permainan aman bagi PSG ketika meyambut umpan silang Serge Aurier. Adrien Rabiot mencetak gol dari umpan silang Maxwell untuk menyelesaikan kemenangan dengan 15 menit laga tersisa.

PSG belum kalah di semua kompetisi sejak takluk dari Real Madrid di Liga Champions pada awal November dan mereka telah melaju di 21 pertandingan dengan hanya meraih imbang pada satu laga.

Usai laga, pelatih Laurent Blanc telah mengungkapkan ia bisa menandatangani perpanjangan kontrak dengan Paris Saint- Germain pada akhir pekan. Telah dilaporkan pada awal musim bahwa PSG bisa berpisah dengan Blanc jika mereka gagal memenangkan Liga Champions.

Namun, Blanc menolak hal tersebut dan, mengatakan kepada France 3 bahwa dia akan segera memperpanjang kontrak. “Jika ini harus dilakukan dalam beberapa hari mendatang, itu terjadi pada akhir pekan,” ujarnya.

PSG akan menghadapi Lille di Ligue 1 pada hari Sabtu sebelum bertemu Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions tiga hari kemudian.

Ditanya tentang jadwal sibuk mereka, Blanc tidak terpengaruh. “Jika Anda berbicara kepada saya tentang kalender, kami tidak terpengaruh,” jelasnya.  ben/Rtr/S-1

Manor Racing Masih Memberi Harapan ke Rio Haryanto

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, masih mendapatkan kelonggaran waktu untuk menuntaskan pembayaran dengan tim Manor Racing seminggu ke depan. Hal ini diputuskan setelah Managing Director Manor, Abdullah Boulsien bertemu dengan Rio dan Menpora Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Jakarta, … Selengkapnya

Muenchen Tetap di Jalur

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN – Bayern Muenchen melaju ke semifinal Piala Jerman dengan kemenangan 3-0 atas 10 pemain VfL Bochum, Kamis (11/2) dini hari WIB. Robert Lewandowski mencetak dua gol untuk menjaga harapan treble winners Muenchen tetap di jalur.

Dengan langkah pelatih Pep … Selengkapnya

Hawks Benamkan Bulls

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Atlanta Hawk mencatat hasil memuaskan menjelang jeda All-Star dalam kompetisi bola basket NBA, setelah memaksa Chicago Bulls menelan kekalahan beruntun keempat, Kamis (11/2) WIB.

Hawk yang sebelumnya dikalahkan Orlando Magic, berhasil bangkit untuk menaklukkan tuan rumah Bulls 113-90. … Selengkapnya

kupas

Kami Minta Tak Ada Impor Beras dan Jagung

Jumat 12/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Nusa Tenggara Barat atau NTB, jadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional 2016. Di Kawasan khusus pariwisata Mandalika, puncak acara HPN 2016 dilangsungkan Selasa (9/2). Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta beberapa menteri kabinet, hadir langsung.

Wartawan Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi di Lombok. Berikut petikan wawancaranya.

NTB, jadi tuan rumah HPN 2016. Apa pengaruhnya?

Tentu sangat berpengaruh. Tamu banyak yang datang dan ini menggerakan roda perekonomian, terutama pariwisata.

Dari sisi pertumbuhan ekonomi, apa saja yang sudah dicapai?

Pada 2015, perekonomian di NTB tumbuh dengan baik. Pertumbuhan perekonomian, dengan seizin Allah dan ikhtiar seluruh masyarakat NTB, bisa tumbuh 21 persen. Ini pertumbuhan tertinggi dibanding provinsi di seluruh Indonesia.

Dampaknya kepada tingkat kemiskinan?

Seiring pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tingkat kemiskinan dalam satu tahun juga turun menjadi 0,65 persen. Tingkat kedalaman kemiskinan atau keparahan kemiskinan juga menurun.

Di saat yang sama gini ratio atau ketimpangan juga turun, dari Maret ke September turun dari 0,37 persen menjadi 0,29 persen. Itu gini ratio terendah di Indonesia.

Saya optimistis, dengan kebijakan dari pemerintah yang tegas, terutama dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di NTB, harapan kami di NTB setelah di bangun kawasan Mandlika, demikian pula pengembangan global hub di Lombok Utara dan pengembangan Samota di Sumbawa di kembangkan dengan baik, saya yakin pertumbuhan di NTB akan meningkat lagi.

Kalau soal produksi pangan?

Beberapa hal yang berpengaruh di NTB pada 2015 harga produksi pangan terjaga dengan baik. Petani bisa menikmati hasil dari produksi pertaniannya dengan baik. Saya minta, kalau bisa tak ada impor beras.

NTB itu mampu menghasilkan sekitar 1,3 juta ton beras. Dan 700 ribu ton itu dikonsumsi dalam daerah. Dan 600 ribu ton jadi movement nasional diserap Bulog dan perdagangan antar daerah.

Tapi apa problemnya?

Problemnya, Bulog sampai sekarang belum mampu menyerap secara maksimal hasil produksi pertanian. Hasil produksi jagung di NTB misalnya, pada 2015 pertumbuhannya tertinggi di Indonesia, dari 760 ribu ton jadi satu juta 10 ribu ton, atau naik juta naik 26 persen.

Kabarnya NTB sudah bisa mengekspor jagung?

Ya, sekitar 150 ribu diekspor langsung dari pelabuhan di Sumbawa

Anda saat berpidato mengkritik rencana Bulog mengimpor jagung atau membeli jagung impor. Kenapa?

Ya, kami dengar ada rencana Bulog beli jagung impor dengan harga 3.000 rupiah per kilogram. Ah, kalau 3.000 rupiah itu digunakan Bulog misalnya untuk membeli jagung petani kami saat panen raya dulu, itu petani akan jauh lebih sejahtera.

Saya masih ingat, saat bapak Presiden hadir di Festival Tambora. Beliau menyampaikan, Bulog akan menyerap jagung dengan harga 2.500 rupiah. Tapi, apa yang instruksi bapak Presiden belum dilaksanakan oleh Bulog di NTB. Terpaksa saya harus sampaikan.

Masyarakat di NTB banyak mengeluh, bahkan menjerit, saat panen raya harga produksi mereka jatuh, bahkan sampai 1.600 rupiah per kilogram.

Tiba-tiba ini saya dengar Bulog mau impor jagung dengan harga 3.000 rupiah. Kalau saja 3.000 rupiah untuk petani dalam negeri saya yakin itu meningkatkan kesejahteraan petani. NTB selain pertanian juga ditopang pariwisata.

Apa saja yang sudah dan akan dikembangkan?

Ya pertumbuhan ekonomi di NTB semakin baik, salah satunya ditopang oleh pariwisata yang pengembangannya semakin baik. Saya yakin, apabila kawasan Mandalika berkembang baik dan 12 dari 15 destinasi yang sedang dikembangkan juga berkembang dengan baik, NTB akan memberi kontribusi bagi nasional.

Saya optimistis, berapapun target yang diberikan Menteri Pariwisata, bisa dipenuhi. Tahun 2016 target naik 50 persen dari 1 juta wisatawan asing menjadi 1,5 juta wisatawan asing. Insya Allah bila di support dengan baik itu tercapai.

Saya juga berharap, urat nadi logistik, seperti misalnya jalan nasional dari pelabuhan Lembar ke Kayangan bisa dibuat by pass, saya optimistis bisa men-double-kan pertumbuhan.

Pertumbuhan UMKM bagaimana?

UMKM juga menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi. Saya ilustrasikan, KUR misalnya yang ditargetkan 1 triliun untuk NTB, baru satu bulan, bulan Januari, sudah terserap 20 persen. Bila ini berjalan baik, bulan kelima target bisa tercapai.

Karena itu kemarin saya minta target KUR untuk NTB di tingkatkan. Ini akan menumbuhkan para wirausahawan dan anak muda bekerja lebih keras lagi. Implementasi dana desa juga berjalan baik, bahkan mempengaruhi ekonomi di desa. Dan gini ratio di desa juga menurun.  agus supriyatna/AR-3

Serapan Tenaga Kerja Baru Lebih Banyak Ketimbang PHK

Kamis 11/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Baru- baru ini merebak isu tutupnya perusahaan elektronik multinasional seperti Panasonic, dan Toshiba. Dari dua perusahaan besar tersebut, dikabarkan setidaknya ada sekitar 2.500 pekerja menjadi korban PHK. Rinciannya 1.500 dari Panasonic, sementara sisanya 1.000 pekerja dari Toshiba.

Untuk memperjelas kebenaran … Selengkapnya

Kejagung Akan Lakukan Sita Aset Yayasan Supersemar

Rabu 10/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mahakamah Agung (MA) telah mengabulkan gugatan Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap Yayasan Supersemar, dalam kasus dugaan penyelewengan dana beasiswa yang disalurkan Yayasan Supersemar.

Dalam putusannya, MA mengharuskan Yayasan Supersemar dan ahli waris mantan Presiden RI HM Soeharto untuk membayar 315 juta … Selengkapnya

Publik Tetap Menuntut Akurasi dan Kelengkapan Isi Berita

Selasa 9/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketua Dewan Pers Bagir Manan berbicara soal kehidupan pers masa kini, di tengah era digital.

Di Nusa Tenggara Barat, tempat dihelatnya puncak acara Hari Pers Nasional 2016 (HPN 2016), Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Ketua Dewan Pers, Bagir Manan di Hotel … Selengkapnya

berita lain

Menata Furnitur di Ruang Kelas

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Desain interior sebuah ruang kelas tidak sekedar tempat duduk dan menulis. Yang tidak kalah penting, tata letaknya perlu mengakomodir pembelajaran siswa selama di dalam kelas.

Meja, kursi, lemari maupun papan tulis merupakan furnitur yang biasa dijumpai di dalam kelas. Umumnya, … Selengkapnya

Suara Lebih Jernih Berkat VoLTE

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi komunikasi data berbasis 4G LTE membuat komunikasi suara semakin murah. Bahkan, suara yang dihasilkan juga lebih jernih.

Sebelum era 4G LTE (Long term evolution), komunikasi suara yang mengandalkan Voice over Internet Protocol (VoiP) masih banyak kekurangan.

Komunikasi VioP lewat … Selengkapnya

All New Pajero Sport Laris

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah diluncurkan secara resmi pada 29 Januari 2016 lalu di Fairmont Hotel – Senayan, Jakarta, nampaknya The All New Pajero Sport sukses membuat membuat penasaran para konsumen setia SUV di Indonesia.

Acara peluncuran yang dihadiri langsung President & Chief Operating … Selengkapnya