Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 24 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jaksa Masih Minim

Sabtu 23/7/2016 | 06:54
A   A   A   Pengaturan Font

Pemberantasan korupsi di Tanah Air masih jauh dari harapan. Institusi yang berperan menangani masalah korupsi ini harus bersinergi dan serius mencegah dan juga memberantas korupsi.

Jakarta – Jaksa Agung Agung HM Prasetyo mengakui minimnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan Agung. Sebab, masih banyak jaksa yang terjerat kasus hukum, mulai dari kasus penyalahgunaan narkoba hingga korupsi.

“Banyak kekecewaan masyarakat akibat banyaknya jaksa yang tersandung kasus hukum. Nama kita selalu tercoreng akibat ulah kita sendiri dalam penanganan perkara. Butuh energi lama untuk memulihkan kepercayaan masyarakat,” kata Jaksa Agung. saat menjadi inspektur upacara dalam acara Upacara Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-56 di Lapangan Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (22/7).

Prasetyo mengatakan, tahunini, puluhan jaksa dikenakan sanksi ringan hingga berat lantaran sejumlah pelanggaran. Dia menekankan, penanaman integritas dan profesionalisme dalam setiap pekerjaan yang dilakukan para jaksa, sebagaimana tema acara ini “Tingkatkan integritas, profesionalisme dan disiplin diri menuju kejaksaan yang mumpuni, mandiri, dan terpuji”.

Para jaksa diminta menahan diri untuk tidak terjerumus dalam pelanggaran hukum. ”Bukannya dengan menyiasati aturan hukum, menghindari diri agar tidak tertangkap tangan dan melakukan strategi laimnTito Karnivian Teksnya yang tidak perlu dilakukan,” kata Prasetyo.

Prasetyo menegaskan bahwa para jaksa yang melanggar kode etik dan profesi serta melanggar hukum akan ditindak tegas. Hal ini perlu diterapkan guna memulihkan citra Kejaksaan Agung di mata masyarakat.

Pada Hari Bhakti Adhyaksa ke-56. Presiden Joko Widodo juga memberikan dorongan agar jajara kejaksaan meneruskan perubahan melawan mafia kasus . Karena itu, rakyat ingin jaksa bersikap jujur dan profesional. Ucapan Presiden ini dimuat dalam akun twitternya @jokowi, Jumat. ”Jaksa yang jujur dan profesional idaman kita semua. Teruskan perubahan, lawan mafia kasus. Selamat Hari Bhakti Adhyaksa 2016 -Jkw.”

Komitmen Polri

Sementara itu Mabes Polri menegaskan komitmennya untuk menekan angka korupsi di Indonesia. Untuk itu Mabes Polri segera melakukan kesepakatan atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kejagung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersamasama mengikis habis korupsi di Indonesia. Kelebihan yang ada di KPK dan Mabes Polri akan dimanfaatkan untuk menekan angka korupsi di Indonesia.

Menurut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, pihaknya akan segera membuat MoU dengan kejaksaan dan KPK khususnya dalam penanganan kasus korupsi di Indonesia. “Di luar kasus korupsi, kami juga sudah memiliki komitmen dengan membangun hubungan baik formal maupun informal dengan jajaran kejaksaan, dan saya akan teruskan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk membangun kerjasama yang sehat, yang baik, lebih dekat dengan jajaran kejaksaan agar reformasi hukum di Indonesia dapat seperti diharapkan Bapak Presiden yang betul-betul bisa terlaksana secepat mungkin,” kata Tito.

Ditambahkannya, dengan kerja sama, diharapkan reformasi hukum dalam arti keadilan dapat segera ditegakkan. “Penanganan perkara-perkara internal baik dalam rangka penegakan hukum, dalam rangka pencegahan di semua proses tingkatan baik penyidikan, yang berhubungan dengan kejaksaan. Di proses penuntutan Polrijuga membantu jaksa untuk mempersiapkan bukti-bukti maupun di peradilan dimana jaksa bertanding, Polri akan membantu menyiapkan alat bukti yang diperlukan. Ini yang kita harapkan termasuk sampai pada tingkat eksekusi-eksekusi, termasuk eksekusi mati sepanjang sudah memenuhi koridor hukum maka Polri tentu akan membackup Kejagung,” ujar Tito, Jumat.

Untuk saat ini, pihaknya telah membahas poin-poin apa yang akan dimasukkan dalam MoU tersebut. “Sudah ada drafnya, sudah kita sampaikan, pihak kejaksaan sudah menyampaikan kepada KPK, kepada Polri, kami lagi membahas bersamasama poin-poin mana nanti ada tim kecil poin mana yang akan direvisi, diperbaiki, secepat mungkin kita akan MoU,” ujar Tito. – eko/AR-3

Penanggulangan Terorisme Utamakan Pendekatan Lunak

Sabtu 23/7/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Kementerian Agama berharap Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan lebih mengedepankan pendekatan yang lunak dalam menanggulangi terorisme.

“Mudah-mudahan (pendekatan itu) membuat orang menyadari bahwa yang diperlukan bukan tindakan kekerasan, melainkan pembuatan masa depan yang bisa memberikan kesempatan berkembang … Selengkapnya

Ubah Limbah Batu Bara Jadi Bahan Baku Beton

Sabtu 23/7/2016 | 06:21
A   A   A   Pengaturan Font

Saat hujan deras, ditambah lagi dengan buruknya sistem drainase, dapat dipastikan sejumlah jalan nasional akan tergenang air. Akibatnya jalanan tersebut tidak hanya menghambat kelancaran lalu lintas, tapi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Untuk menjawab kebutuhan dan persoalan tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan … Selengkapnya

KPK Periksa Anggota DPR Terkait Suap

Sabtu 23/7/2016 | 06:16
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengungkap kasus dugaan penyuapan kepada panitera PN Jakut, Rohadi terkait pengurusan perkara asusila penyanyi Saipul Jamil, KPK memeriksa anggota DPR, Sareh Wiyono.

JAKARTA – KPK memeriksa anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerinda, Sareh Wiyono. Dia diperiksa sebagai … Selengkapnya

mondial

Trump Kedepankan Kepentingan AS

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Konvensi Nasional Partai Republik ditutup dengan mendengarkan pidato penerimaan nominasi Donald Trump sebagai calon Presiden AS. Dalam pidatonya, Trump berjanji jika terpilih jadi presiden, akan mengutamakan kepentingan dan keamanan AS. 

 CLEVELAND – Calon Presiden Amerika Serikat (AS) yang dinominasikan kubu Republik, Donald Trump, menyatakan bahwa pesaingnya dari kubu Demokrat, Hillary Clinton, telah mewariskan “kematian, kehancuran, terorisme, dan kelemahan” saat Hillary menjabat jadi Menteri Luar Negeri AS.

“Mari kita penjarakan ia kelemahan menjalankan kebijakan luar negeri AS dan kalahkan dirinya pada November mendatang,” ucap Trump, 70 tahun, yang sontak disetujui massa pendukungnya yang hadir di venue utama Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland, saat acara penutupan konvensi pada Kamis (21/7) malam waktu AS.

Selain mengeluarkan kecaman, Trump dalam pidato penerimaan nominasi sebagai Presiden AS dari kubu Republik juga menyatakan akan mengambil langkah tegas untuk mengenyahkan kriminalitas dan imigran haram dari bumi Amerika, serta mengatasi isu tingginya angka pengangguran dan kemiskinan yang disebut Trump sebagai warisan kegagalan pemerintahan pimpinan Presiden Barack Obama.

“Kami akan memimpin negeri ini kembali pada arah keamanan, kemakmuran, dan perdamaian. Negeri kita tak hanya akan jadi sebuah negara yang bermurah hati dan ramah tamah, namun juga negara yang taat hukum dan aturan,” ujar Trump. 

Pidato Trump dengan durasi 75 menit dimaksudkan untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu presiden melawan Hillary, menjawab pada pendukung Partai Republik bagaimana cara Trump menyatukan partai dan merinci alasan mengapa Partai Demokrat harus dikalahkan pada pilpres 8 November mendatang.

Selain mengutarakan situasi AS yang dalam ancaman dari imigran ilegal serta teror dari kelompok militan Islamic State (ISIS), Trump juga membicarakan kehancuran infrastruktur dan kian melemahnya perekonomian AS akibat kesepakatan perdagangan yang tak adil serta isu kekerasaan akibat latar belakang ras.

“Kami akan menghentikan semua itu,” kata Trump yang dalam kampanyenya juga kerap menuduh imigran haram telah merebut lapangan pekerjaan dari warga AS dan melakukan tindak kriminal sehingga kemudian Trump berjanji akan membuat tembok di sepanjang perbatasan negaranya.

“Kriminalitas dan kekerasan yang terjadi saat di seluruh negeri akan segera berakhir. terhitung 20 Januari 2017, keamanan akan dipulihkan,” imbuh Trump. 20 Januari 2017 adalah hari pelantikan Presiden AS yang baru.

Namun dibalik gemuruh dukungan terhadap Trump, acara penutupan konvensi ternyata diboikot oleh nama politisi besar Partai Republik seperti Mitt Romney dan anggota keluarga Bush yang pernah dua kali menduduki kursi kepresidenan.

Sosok Pembaruan

Trump juga secara tegas menyatakan akan menghindari kesepakatan dagang multilateral dan mengedepankan kesepakatan bilateral, dan melakukan negoisasi ulang kesepakatan dagang NAFTA jika ia terpilih jadi Presiden AS nanti. Isu kesepakatan dagang adalah isu politik tradisi Partai Pepublik yang amat sensitif. “Kami tak ingin meneken kesepakatan dagang yang merugikan dan mendahulukan (kepentingan) Amerika dan warga negaranya,” ucap Trump berapi-api.

Dalam pidatonya, taipan real estate asal New York itu sempat sesumbar soal kemenangan dirinya terhadap 16 pesaingnya sebagai sebuah perjuangan dan mengklaim dirinya sebagai sosok pembaruan yang berhasil melawan tradisi dari politisi yang berkuasa. Trump tadinya adalah satu-satunya bakal calon Presiden AS yang bukan berasal dari kaum politisi, melainkan dari latar belakang pebisnis. 

“Saya terjun ke arena politik agar pihak penguasa tak lagi menekan individu yang tak bisa mempertahankan dirinya dan oleh karenanya saya, seorang diri, akan membereskan semua itu,” pungkas Trump. Rtr/I-1

Eks PM Portugal Jadi Unggulan Calon Sekjen PBB

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Mantan Perdana Menteri Portugal yang pernah menjabat sebagai Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi, Antonio Guterres, diwartakan pada Kamis (21/7) waktu New York, Amerika Serikat (AS), berpeluang besar jadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa berikutnya, menggantikan Sekjen Ban … Selengkapnya

Upaya Inggris Tanamkan Empati soal Pengungsi pada Generasi Muda

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di sebuah wilayah pinggir Ibu Kota London, sekelompok murid sekolah dasar (SD) Norbury School sedang berkhayal membayangkan jika mereka tinggal jauh dari rumah karena Inggris, negara tempat mereka tinggal selama ini yang mendadak dalam kondisi berperang. Saat mata mereka terpejam … Selengkapnya

Eks Tokoh Gerakan Antikorupsi Tiongkok Diciduk

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 HONG KONG – Seorang mantan pemimpin Desa Wukan, Lin Zuluan, secara mengejutkan dihadapkan ke meja hijau dengan tuduhan telah menerima uang suap. Menurut kantor berita Xinhua, Lin dikenal publik Tiongkok ketika pada 2011 lalu menyerukan aksi unjuk rasa atas penyerobotan … Selengkapnya

ekonomi

IHSG Menguat Meski Terbatas

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia selama sepekan cenderung menguat meski mulai terbatas. 

Pada perdagangan awal pekan Senin (18/7), IHSG ditutup menguat naik 0,34 persen atau 17,32 poin ke level 5.127. Asing tercatat kembali melakukan aksi beli (dari nett buy 1,20 triliun rupiah menjadi nett buy 44,4 miliar rupiah). 

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, mengawali pekan ini, IHSG masih mampu untuk melanjutkan penguatannya. “Setelah sempat terkoreksi minor secara intraday perdagangan akibat adanya imbas profit taking,” ungkapnya saat dihubungi, Jumt (22/7). 

Penguatan masih berlanjut pada perdagangan hari kedua, Selasa (19/7), IHSG ditutup menguat naik 0,88 persen atau 45,33 poin ke level 5.172. Begitu juga pada perdagangan hari ketiga, Rabu (20/7), IHSG ditutup menguat naik 1,35 persen atau 69,99 poin ke level 5.242. 

Akan tetapi pada perdagangan hari keempat, Kamis (21/7), IHSG berbalik arah ditutup melemah 0,49 persen atau 25,85 poin ke level 5.216. Asing tercatat melakukan aksi beli (dari nett buy 862,23 miliar rupiah menjadi nett buy 494,97 miliar rupiah). Di hari terakhir perdagangan pekan ini IHSG berhasil ditutup di level 5.197. Posisi IHSG akhir pekan ini berada di atas dari posisi perdagangan pekan lalu di level 5.100. yni/AR-2 

PLN-Regulator Mesti Bersinergi

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Perseteruan antara PLN dan Kementerian ESDM yang berlarut-larut dikhawatirkan dapat menghambat upaya pemenuhan kebutuhan listrik kepada masyarakat.

 JAKARTA – Konflik antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai regulator dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai operator sektor kelistrikan harus … Selengkapnya

Industri Otomotif Dipacu Berorientasi Ekspor

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong penguatan industri otomotif dalam negeri. Peningkatan ekspor produk otomotif kini menjadi fokus pemerintah melalui peningkatan upaya pengembangan dan riset. 

“Kita rumuskan strategi dan lakukan upaya-upaya agar ekspor yang berjumlah sekitar 207 ribu unit … Selengkapnya

Sumur Minyak Tapen berproduksi 300 bpd pada Agustus

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 TUBAN – Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah menargetkan sumur minyak Tapen II di Desa Sidoharjo, Tuban, Jawa Timur bisa berproduksi sekitar 300 barel per hari pada Agustus 2016. 

“Kalau target kami sumur minyak Tapen sudah berproduksi Agustus,” … Selengkapnya

rona

Mewaspadai Hipertensi pada Ibu Hamil

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hipertensi dalam kehamilan sebenarnya hal yang umum terjadi pada Ibu hamil.

Seorang wanita dikatakan mengalami hipertensi pada kehamilan jika tekanan darahnya di atas 140/90 mm Hg. Pengeluaran urin yang sangat sedikit juga merupakan gejala tekanan darah tinggi pada kehamilan.

“Jika ibu hamil tidak pernah buang air kecil, maka hal ini perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala darah tinggi. Namun untuk mengetahuinya secara pasti, Anda dapat melakukan tes urin. Biasanya urin penderita darah tinggi ibu hamil juga mengandung protein,” ujar Sita D. Utari, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Evasari di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kenaikan berat badan yang tidak normal juga patut diwaspadai. Meskipun kenaikan berat badan merupakan hal yang normal dialami ibu hamil, namun jika kenaikannya berlebihan dan disertai gejala lain, tentu hal ini perlu untuk diwaspadai.

“Tanda yang paling terasa adalah terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, wajah dan bagian-bagian tubuh yang lain. Jika tanda-tanda di atas Anda alami, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter,” kata Sita.

???????????????????????????????

Ia menerangkan, ada beberapa jenis hipertensi dalam kehamilan, antara lain hipertensi kronik, hipertensi kronik dengan praeklamsia, hipertensi gestasional, praeklamsia dan eklamsia.

Hipertensi kronik yaitu jika hipertensi terjadi sebelum Anda hamil atau lima bulan sebelum hamil, maka kondisi tersebut disebut hipertensi kronik.

“Kebanyakan wanita tidak mengetahui dirinya mengalami hipertensi kronik karena memang tidak menyebabkan gejala. Tanpa disadari hal tersebut akan terbawa ketika seseorang hamil,” kata Sita.

Sedangkan Hipertensi kronik dengan praeklamsia adalah kondisi ketika hipertensi kronik tidak ditangani dengan baik atau telah memburuk sehingga lanjut hingga saat hamil. Protein juga ditemukan pada urine Anda.

Berbeda dengan Hipertensi gestasional, Anda berisiko mengalami hipertensi jenis ini ketika tekanan darah Anda meningkat setelah lima bulan kehamilan. Tidak ada kandungan protein pada urine atau tanda-tanda rusaknya organ pada tubuh ketika Anda mengidap hipertensi gestasional.

Lalu bagaimana dengan Praeklamsia? Tiga kondisi yang telah disebutkan di atas berpotensi berubah menjadi praeklamsia, terutama jika tidak ditangani dengan benar.

Sita menuturkan, kondisi ini adalah adanya tekanan darah tinggi yang menyebabkan rusaknya organ pada tubuh dan ditemukannya protein dalam urine.

“Biasanya kondisi ini terjadi setelah lima bulan kehamilan. Tanda-tanda seseorang masuk ke tahapan ini adalah merasakan sakit kepala yang tidak tertahankan, nyeri perut bagian atas sebelah kanan, mual, muntah, sesak napas, penglihatan memudar, jumlah urine menurun, kadar trombosit menurun, atau organ hati tidak berfungsi dengan baik,” paparnya.

Sedangkan untuk Eklamsia terjadi ketika ibu hamil dengan kondisi praeklamsia mengalami kejang-kejang. Ini adalah kondisi terparah terkait hipertensi dalam kehamilan. Praeklamsia lebih berpotensi terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil, mengandung pada usia muda (di bawah 20 tahun) atau mengandung pada usia tua (di atas 40 tahun), memiliki ibu (kandung atau mertua) atau saudara dengan riwayat penyakit hipertensi terkait kehamilan, memiliki kelebihan berat badan, mengandung bayi kembar, atau memiliki riwayat penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau masalah ginjal.

?????????????????????????????????????????????????????????

Menghambat Pertumbuhan Janin

Jika hipertensi pada kehamilan tidak ditangani dengan baik bisa berdampak negatif bagi bayi dan Anda sendiri, berikut beberapa diantaranya.

1. Aliran darah ke plasenta berkurang

Kondisi ini bisa membuat bayi dalam kandungan tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi.

2. Pertumbuhan janin terhambat

Janin yang tidak cukup menerima oksigen dan nutrisi bisa menghambat proses pertumbuhan janin, sehingga bayi lahir dengan berat badan rendah atau prematur.

3. Kelahiran prematur

“Demi menyelamatkan nyawa Ibu dan si kecil kadang dokter akan menyarankan kelahiran bayi secara prematur. Caranya dengan jalan dilakukan induksi atau sectio caesar. Hal ini untuk mencegah eklamsi dan komplikasi lainnya,” kata Sita.

4. Abrupsio plasenta

Kondisi ketika plasenta terpisah dari dinding dalam rahim sebelum proses persalinan. Jika hal ini terjadi plasenta Anda akan rusak, Anda juga akan mengalami pendarahan yang hebat. Kedua hal ini bisa membahayakan nyawa Anda dan si kecil.

5. Bayi meninggal dalam kandungan

Kondisi ini bisa saja terjadi pada masa kehamilan 5 bulan atau lebih. Bayi meninggal dalam kandungan karena tidak mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan seperti oksigen dan nutrisi.

6. Berkembangnya penyakit kardiovaskular

Jika Anda sudah sampai pada tahap pre-eklamsi maka Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular setelah melahirkan. Khususnya jika Anda melahirkan bayi secara prematur. Namun Anda bisa meminimalisasi risiko dengan menjalani gaya hidup sehat usai melahirkan.  san/R-1

Tangani dengan Benar

shutterstock_128607101

Jika Anda terkena hipertensi saat hamil sebaiknya jaga kesehatan Anda dengan baik dan benar, yaitu rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan agar kondisi Anda tetap terjaga.

“Ketika seseorang menderita hipertensi, dokter akan memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah. Tidak perlu khawatir obat tersebut akan mempengaruhi janin karena ada beberapa obat penurun tekanan darah yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil,” tutur Sita.

Ikuti pula semua petunjuk dan dosis minum yang dianjurkan dokter. Jangan berhenti mengonsumsi atau mengganti dosis tanpa pengawasan dari dokter. Hindari pula obat herbal yang menurut kepercayaan bisa membantu menurunkan tekanan darah tanpa bukti ilmiah yang kuat.

“Ingat, kehamilan adalah masa rentan terhadap bahaya maka dari itu terapkan selalu gaya hidup sehat saat hamil seperti rutin berolah raga, mengonsumsi makanan yang bergizi misalnya sayur, buah dan daging tanpa lemak, susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung garam tinggi, hindari merokok dan minuman beralkohol,” tutupnya.  san/R-1

pregnant_belly_doctor_clipboard_color

 

Syaharani Tak Tertarik Buat Lirik Bahasa Gaul

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi jazz Saira Syaharani Ibrahim atau yang dikenal dengan Syaharani tidak tertarik membuat lirik lagu dengan bahasa pergaulan sehari-hari.

“Mayoritas yang kugunakan bahasa baku, aku jarang gunakan bahsa pergaulan karena aku merasa itu bukan cara berpuisiku,” kata Syaharani.

Syaharani mengatakan, … Selengkapnya

“Game” yang Mengajak Bersosialisasi dan Berinteraksi

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Akhir pekan lalu menjadi hari paling menyenangkan bagi Dedy Subarkah (35), warga Godean Sleman. Betapa tidak, ada rasa penasaran yang menuntunnya mencoba Pokemon Go.

Bukan hal yang sulit untuk menginstal dan mulai memainkan game ini. Ia mulai berjalan, seperti tutorial … Selengkapnya

Miranda Kerr Tunangan dengan CEO Snapchat

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Model cantik Miranda Kerr telah mengonfirmasi jika dirinya kini sudah resmi bertunangan.

Mantan istri Orlando Bloom ini mengungkapkan kabar gembira tersebut dengan memposting sebuah foto animasi antara dia dan tunangannya Evan Spiegel.

Evan sendiri disebutkan melamar Miranda secara romantis dengan … Selengkapnya

megapolitan

PNS Main Game Bakal Dipotong Tunjangan Kinerja

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan akan memotong tunjangan kinerja daerah (TKD) para pegawai negeri sipil (PNS) yang ketahuan bermain “game” saat jam kerja.

“PNS DKI yang ketahuan bermain game saat jam kerja pasti akan dipotong TKD-nya. Sebetulnya yang susah itu adalah kalau PNS tidak ketahuan main game,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (22/7)

Menurut Ahok pria yang lebih akrab disapa Ahok seharihari itu, besaran TKD yang diberikan kepada masing-masing PNS di lingkungan Pemprov DKI mengacu pada “key performance indicator” (KPI).

“Pemberian TKD para PNS itu kan berpatokan pada KPI. Jadi, bukan hanya karena bermain game saja. Tapi memang, kalau ketahuan bermain game, ya sudah pasti TKD-nya dipotong,” ujar Ahok. pin/Ant/P-5

Pemprov Bongkar 80 Makam Fiktif

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen akan terus membongkar keberadaan makam fiktif di Taman Pemakaman Umum (TPU) di Ibukota. 

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, dalam satu hari, makam fiktif yang ditemukan bisa mencapai 80 titik. 

“Kemarin ini … Selengkapnya

DKI Ambil Alih Lenggang Jakarta

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kawasan penataan pedagang kaki lima di eks IRTI Monumen Nasional Lenggang Jakarta saat ini masih terdapat sejumlah masalah. Salah satunya harga jual makanan yang dinilai terlalu tinggi sehingga membuat kawasan itu tetap marak pedagang kaki lima (PKL).

“Kalau … Selengkapnya

Tanggul Kali Pesanggrahan Jebol

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Puluhan warga hingga malam hari tidak berani kembali ke rumah karena ketinggian air mencapai 100 centimeter.

JAKARTA – Hujan yang mengguyur di Jakarta sejak, Jumat (22/7) siang hingga sore mengakibatkan dua tanggul Kali Pesanggrahan Jebol. Akibatnnya, ratusan rumah di kawasan … Selengkapnya

olahraga

Juventus Rekrut Pjaca

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TURIN – Juventus menambah kekuatan lini serang mereka dengan merekrut winger berusia 21 tahun, Marko Pjaca, Kamis (20/7) waktu setempat. Pjaca dibeli Juve dari Dinamo Zagreb dengan nilai transfer sebesar 23 juta euro (sekitar Rp 331 miliar), yang harus dilunasi selama 2 tahun.

“Pemain berusia 21 tahun tersebut telah menandatangani kontrak selama 5 tahun dengan klub,” demikian pernyataan Juve.

Pjaca selama ini juga menjadi incaran dua tim asal kota Milan, AC Milan dan Inter Milan yang dikabarkan juga tertarik merekrut pemain asal Kroasia tersebut. Namun keberhasilan Juve memboyong Pjaca memupus harapan tim asal kota Milan tersebut.

AC Milan dan Inter Milan Juve jatuh cinta dengan Pjaca setelah tampil impresif selama dua musim bersama Dinamo. Dia menjadi salah satu pilar penting di balik keberhasilan Dinamo menjuarai Liga Kroasia dan Piala Kroasia pada musim lalu.

Pjaca menjadi pemain keempat yang direkrut Juventus pada bursa transfer musim panas. Sebelumnya, Juve berhasil mendatangkan Miralem Pjanic, Mehdi Benatia, dan Dani Alves. Juve bertekad memperkuat pasukan agar bisa bicara banyak di ajang Liga Champions yang kerap menjadi kuburan bagi tim-tim asal Italia.  S-1

Rosberg Tetap di Mercedes hingga 2018

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BUDAPEST – Pebalap Mercedes, Nico Rosberg mengakhiri spekulasi terkait masa depannya setelah menandatangi kontrak baru berdurasi dua tahun hingga 2018. Rosberg yang kontraknya di Mercedes berakhir akhir bulan ini otomastis tetap akan berduet dengan pesaing utamanya saat ini, Lewis Hamilton.

Selengkapnya

Glenn Victor Diharapkan Tembus Semifinal Olimpiade

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Olimpian renang Indonesia, Richard Sambera bertumpu pada Glenn Victor Sutanto untuk bisa menorehkan prestasi gemilangnya di ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Meski tak dipatok medali, Glenn diharapkan bisa menembus babak semifinal pada lomba yang digelar di … Selengkapnya

Conte Ingin Chelsea Kembali ke Liga Champions

Sabtu 23/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Pelatih Chelsea Antonio Conte menargetkan kembali ke Liga Champions yang dia gambarkan sebagai rumah bagi “The Blues”.

Mantan pelatih tim nasional Italia mengambil alih Chelsea setelah Piala Eropa 2016 dan timnya telah membuat awal yang beragam pada pra-musim, … Selengkapnya

kupas

“Kami Temukan Adanya Indikasi Persekongkolan”

Sabtu 23/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dua produsen sepeda motor ternama, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YMMI) dan PT Astra Honda Motor (AHM), diduga kuat melakukan praktik monopoli penjualan sepeda motor skuter matik 110-125 cc.

Dugaan ini dilayangkan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), lembaga yang menangani masalah persaingan usaha tidak sehat di dalam negeri.

Guna mengetahui alasan KPPU menuding Yamaha dan Honda melakukan pengaturan harga, berikut wawancara Koran Jakarta dengan Ketua KPPU, Muhammad Syarkawi Rauf.

Apa temuan KPPU sehingga memperkaralah Yamaha dan Honda?

Kedua perusahaan ini diduga melakukan pelanggaran dengan cara memonopoli pasar. KPPU telah melakukan penyelidikan selama 2 tahun, tepatnya sejak tahun 2013 hingga 2014. Penyelidikan dilakukan pada semua motor matik dengan kapasitas mesin 110 hingga 125 cc, karena relevan dengan pasarnya. Setelah menemukan alat bukti KPPU pun memanggil kedua perusahaan tersebut untuk mengikuti pemeriksaan.

Apa alasannya sehingga KPPU harus melakukan investigasi perdagangan sepeda motor jenis skutik matik tersebut?

Alasan kami cukup kuat, kami temukan adanya indikasi persekongkolan dari jalinan komunikasi melalui surat elektonik antara petinggi direksi kedua produsen sepeda motor tersebut. Mereka berkoordinasi untuk menyesuaikan harga harga jual jenis sepeda motor tersebut di dalam negeri. Kami menemukan tren harga sepeda motor YMMI selalu mengikuti kenaikan harga motor pabrikan AHM. Selain itu, dari beberapa keterangan yang kami dapatkan ada struktur harga yang kami lihat idealnya harga sepeda motor jenis itu dijual sekitar 7- 8 juta rupiah per unit, tetapi faktanya sekarang, justru berbeda yakni sampai 15 juta rupiah. Berdasarkan itu kami akan melakukan penelitian, jangan-jangan ini kemahalan.

Apa ada kerugian lain dari praktik bisnis semacam ini?

Selain motif menguasai pasar dan meningkatkan penjualan, kami menduga persekongkolan tersebut juga dilakukan untuk menghalangi pelaku usaha baru masuk ke industri sepeda motor.

Ada motif melakukan kartel yaitu menambah keuntungan bagi pemain tersebut dan menjegal adanya pesaing baru di pasar. Atas dasar beberapa hal itulah kami melakukan penyelidikan, kemudian karena ada dua alat bukti yang cukup, kam kemudian mengangkat perkara ini ke proses penyelidikan untuk selanjutnya ditingkatkan lagi ke persidangan.

Terus, apa alasannya sehingga kasus ini perlu untuk ditelusuri?

Perlu disadari, ada dua pemain besar dalam pasar industri sepeda motor di Indonesia. Keduanya yakni Yamaha dan Honda. Jika dijumlahkan, dua perusahaan ini menguasai sekitar 97 persen pangsa pasar sepeda motor skutik. Industri yang terkonsentrasi seperti ini sangat berpeluang terjadinya kombinasi antara dua perusahaan dalam rangka menguasai penjualan.

Apa yang diperiksa KPPU?

KPPU telah menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan kartel kedua perusahaan. Sidang perdana itu telah digelar pada Selasa (19/7) lalu, dengan agenda Pemeriksaan Pendahuluan Perkara Nomor 04/ KKPU-I/2016. Perkara itu terkait dengan Dugaan Pelanggaran Pasal 5 Ayat (1) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam industri sepeda motor jenis skuter matik 110-125 cc di Indonesia, yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Lalu, keduanya hadir untuk mengikuti sidang?

Tidak, pada sidang pertama ini hanya Yamaha yang hadir mengikuti persidangan, sementara Honda absen.

Apa langkah KPPU selanjutnya?

Majelis komisi akan melakukan pemeriksaan pendahuluan dalam jangka waktu 30 hari terhitung sejak 19 Juli 2016 hingga 30 Agustus 2016 untuk menyimpulkan perlu atau tidak dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kedua perusahaan itu diberi waktu untuk memberi sanggahan hingga 26 Juli mendatang.

Sanggahan itu juga sekaligus untuk membuktikan bahwa kedua perusahaan sepeda motor asal Jepang ini tidak bersalah atau tidak bekerja sama dalam mengatur harga jual motor matik dengan kapasitas mesin 110-125 cc. Setidaknya itu mementahkan dugaan KPPU terkait praktik bisnis tidak sehat.

Jika diperlukan, apa yang akan dilakukan dalam sidang selanjutnya?

Majelis Komisi akan memberi kesempatan kepada terlapor yakni Yamaha dan Honda untuk mengajukan tanggapan terhadap dugaan pelanggan. Kedua perusahaan juga perlu menyertakan nama saksi dan ahli serta surat atau dokumen lainnya, demi mendukung bantahan tuduhan yang dibuat oleh investigator.

Jika terbukti salah, apa denda yang diberikan terhadap kedua perusahaan itu?

Sesuai dengan regulasinya, jika terbukti besala maka keduanya harus membayar. Adapun nilanya paling tinggi 25 miliar rupiah.

“Kalau Ibu Mega yang Meminta, Saya Enggak Bisa Jawab”

Jumat 22/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam berbagai hasil survei terkait elektabilitas calon Gubernur DKI Jakarta, nama Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok, masih yang tertinggi. Peluang Ahok yang berstatus petahana tersebut cukup besar untuk memenangi pemilihan 2017.

Beberapa nama memang sudah muncul sebagai calon … Selengkapnya

Kami Ingin Profesional Jalankan Tugas dan Jaga Nama Baik KPU

Kamis 21/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja menetapkan ketuanya yang baru, setelah menggelar rapat pleno pada Senin malam hingga Selasa dini hari kemarin. Juri Ardiantoro, eks Ketua KPU, terpilih menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal sehari setelah lebaran.

Sebelumnya untuk mengisi … Selengkapnya

Kegiatan Kontra Radikalisasi Harus Tetap Berjalan

Rabu 20/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah beberapa tahun menjadi buruan aparat, Ketua Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tinombala. Melalui baku tembak di daerah Tambarana, Palu, Sulawesi Tengah pada Senin (18/7) Satu orang lagi yang tewas diketahui bernama Muchtar.

Selengkapnya

berita lain

Memaksimalkan Dekorasi Vertikal Ruang Tamu

Jumat 22/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas.

Dekorasi vertikal yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu … Selengkapnya

Ponsel ‘Middle’ Mulai Support VR

Kamis 21/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Era multimedia menuntut ponsel pintar memiliki kemampuan lebih baik. Hadirnya konten virtual reality (VR) menuntut pordusen ponsel berinovasi dalam menghadirkan ponsel mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Di tengah pasar smartphone yang sedang lesu Lenovo tampaknya berusaha terus eksis. Kali ini … Selengkapnya

Civic R Versi Standar Cetak Rekor Waktu

Rabu 20/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Keluaran terbaru dari Honda yaitu All New Honda Civic Type R berhasil mendapatkan beberapa prestasi dalam hal waktu.

Pada sesi tes resmi yang dilakukan oleh di lima sirkuit balap kelas dunia yaitu sedan ini berhasil mencetak waktu terbaru. Pada sesi … Selengkapnya