Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | August 27 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Petahana Harus Serahkan Surat Cuti Saat Daftar

Sabtu 27/8/2016 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Keharusan cuti bagi petahana yang maju dalam pemilihan kepala daerah, adalah perintah Undang-Undang Pilkada. Ketentuan itu harus ditaati. Bahkan surat kesediaan cuti, sudah mesti diserahkan pada saat mendaftar. Bila belum menyerahkan, besar kemungkinan persyaratan akan dianggap kurang lengkap. Dan, bisa saja kemudian itu dibatalkan oleh penyelenggara.

“Calon saat daftar menyerahkan kesediaan untuk cuti, disertai pernyataan untuk cuti di luar tanggungan negara,” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono, di Jakarta, Jumat ( 26/8).

Mekanismenya, kata dia, Menteri Dalam Negeri yang punya otoritas untuk memberikan izin cuti bagi gubernur. Sementara bagi bupati atau wali kota, menyerahkan surat kesediaan cuti kepada gubernur. “Nah, H-3 Mendagri beri surat cuti kepada yang bersangkutan.

Yang bersangkutan harus laporkan surat cuti ke KPU. Itu mekanismenya. Sempat alot apakah persyaratan cuti masuk persyaratan atau PKPU kampanye. Susbtansi sudah disepakati memang harus ada pernyataan kesediaan untuk cuti,” tuturnya.

Tentu, lanjut Soni, ketika seorang kepala daerah cuti, maka perlu diangkat pelaksana tugas. Diperlukan pendelegasian kewenangan. Meski sekarang sudah ada PP Nomor 6 tahun 2016 yang mengatur itu, tapi akan dipertegas lagi dengan Permendagri yang akan mengatur lebih rinci tentang pendelegasian kewenangan, khususnya dalam Pilkada. Secara khusus dalam Permendagri itu akan dijelaskan dengan rinci, apa tugas dan kewenangan seorang Plt.

“Supaya ada pegangan. Kalau gubernur nyalon, ya wagub yang jadi Plt. Ketika wagubnya juga nyalon, ya eselon daerah atau pusat yang jadi Plt, tergantung Mendagri atas nama Presiden,” ujar Soni.

Dalam Permendagri nanti, akan diatur bagaimana kalau Plt itu tak dilantik. Akan dipertegas soal itu. Minggu depan, Permendagri akan keluar. Prinsipnya, di Permendagri nanti, substansi lebih jelas soal penunjukan Plt dalam konteks Pilkada.

“Fokus pemerintah, kita menghandle atau mengawal cutinya kepala daerah. Harus atur bagaimana cuti dikeluarkan. Kemudian gimana menjamin dalam kampanye tersebut memastikan netralitas PNS,” ujarnya.

Terkait supporting kepada KPU dan Bawaslu, pemerintah juga berkomitmen, berusaha keras agar itu terjamin. Misalnya mengenai penganggaran bagi penyelenggara. Saat ini diakui, masih ada 27 daerah yang Nota Perjanjian Hibah Daerahnya (NPHD) masih terkendala. Terutama NPHD terkait dengan anggaran Bawaslu. – ags/AR-3

DPR Mulai Uji Calon Hakim Agung Adhoc

Jumat 26/8/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai menggelar proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon hakim agung dan calon hakim adhoc Tipikor.

Ketua Komisi III, Bambang Soesatyo mengatakan saat ini pihaknya akan mulai melakukan pengujian … Selengkapnya

39 WNI Masih Ditahan Pemerintah Filipina

Sabtu 27/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Sebanyak 39 warga negara Indonesia (WNI) masih ditahan di Kantor Imigrasi Filipina. Sementara itu 138 warga Indonesia lainnya sudah selesai diverifikasi identitasnya dan telah dipindahkan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia, Kamis, (25/8), pada pukul 24.00 WIB.

“Saat … Selengkapnya

Perkuat Sosialisasi untuk Mencegah Pembakaran Hutan

Jumat 26/8/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan, pemerintah pusat dan daerah harus memperkuat upaya sosialisasi pencegahan pembakaran hutan.

JAKARTA – Dengan ditetapkannya status siaga darurat di sejumlah provinsi yang rawan kebakaran, pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda) sudah bisa melakukan … Selengkapnya

mondial

Wakil Mendagri Bolivia Tewas Disiksa Penambang

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 La Paz, Bolivia – Wakil Menteri Luar Negeri Bolivia, Rodolfo Illanes, disiksa hingga tewas setelah pekerja tambang pengunjuk rasa menculik dia, kata pemerintah setempat, kemarin.

Petugas setempat menangkap sekitar 100 orang dan berjanji menghukum yang bertanggung jawab.

“Pada waktu ini, semua tanda menunjukkan bahwa wakil menteri Rodolfo Illanes dibunuh dengan keji dan pengecut,” kata Menteri Dalam Negeri Bolivia, Carlos Romero, dalam pernyataan tertulis.

Dia menjelaskan, Illanes pergi menemui pekerja tambang, yang berunjuk rasa pada Kamis pagi di Panduro, sekitar 160km dari ibu kota Bolivia, La Paz. Di tengah jalan, pekerja tambang mencegat dan menculiknya.Pemerintah berupaya menemukan mayat Illanes, kata Romero, mengenai perkara itu, yang mengejutkan banyak warga Bolivia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Bolivia, Reymi Reffeira, menangis di depan televisi saat menggambarkan bagaimana Illanes, yang baru ditunjuk sebagai wakil menteri pada Maret, dipukuli dan disiksa sampai mati.”Kami tidak akan membiarkan tindakan jahat itu berlalu begitu saja tanpa hukuman. Sejumlah petugas menyelidiki sekitar 100 orang, yang ditangkap,” kata Ferreira.

Pekerja tambang di Bolivia berdemonstrasi meminta perubahan sejumlah undang-undang. Namun demonstrasi itu berubah menjadi kekerasan pada pekan ini setelah adanya penutupan jalan raya.

Pada Rabu (24/8) , dua pekerja tewas oleh peluru polisi, sementara pemerintah mengaku bahwa 17 polisi terluka.Federasi Nasional Koperasi Tambang Bolivia, yang pada mulanya adalah sekutu dekat Presiden Bolivia, Evo Morales, mulai protes dan berjanji tidak akan berhenti berdemonstrasi setelah perundingan terkait legislasi pertambangan berakhir dengan kegagalan.

Mereka meminta konsesi tambang yang lebih besar dengan aturan longgar terkait pertanggung jawaban terhadap lingkungan. Mereka meminta hak untuk bekerja bagi perusahaan swasta dan juga perwakilan lebih besar dari serikat buruh.

Sebagian besar pekerja tambang di Bolivia, yang merupakan salah satu negara termiskin di Amerika Selatan, kini bekerja untuk koperasi. Mereka menyambung nyawa dengan memproduksi perak, timah, dan seng.

Masih sedikit perusahaan tambang swasta asing di negara tersebut, tidak seperti Peru ataupun Chile.

Perekonomian Bolivia bergantung pada gas alam, yang menyumbang setengah dari ekspor negara tersebut. 

Morales menasionalisasi kekayaan alam Bolivia sejak berkuasa pada 2006 dan sempat menuai pujian dengan berbagai program kesejahteraan dan pembangunan.

Namun, pemerintahannya harus menerima badai kritik dan tudingan kroniisme dan otoritarianisme dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan, serikat pekerja yang pernah menjadi basis dukungan kini terpecah. Ant/AR-3

Turki Kembali Diguncang Serangan Bom

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Istanbul – Lagi-lagi serangan bom mengguncang Turki, dimana sebuah bom mobil meledak pada Jumat (26/8) pukul 7 pagi di sebuah halaman kantor pusat Kepolisian Turki di kota Cizre, provinsi Sirnak. Korban tewas dalam insiden itu sebanyak 11 orang dan 78 … Selengkapnya

White Helmets, Kelompok Sukarelawan yang Menolong Ribuan Warga Suriah

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Anda tentu masih mengingat ketika sepekan lalu sebuah foto yang viral di media sosial memperlihatkan seorang anak asal Kota Aleppo, Suriah, bernama Omran Daqneesh (5 tahun) tengah terduduk di ambulans dengan muka bersimbah darah setelah diselamatkan oleh  kelompok sukarelawan dari … Selengkapnya

Hakim Perintahkan Pencarian Email Hillary Terbaru

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Meski sudah mengakui salah oleh Hillary atas apa yang dilakukannya selama menjadi Menlu 2009-2013, maalah penggunaan email pribadi tanpa izin ini, aparat kehkiman masih meminta penyelidikan soal ini.

 Florida – Seorang hakim di Amerika Serikat (AS) pada Kamis (25/8) memerintahkan … Selengkapnya

ekonomi

Berusaha Menjadi yang Terbaik

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak perusahaan pembiayaan mengalami penjualanan naik tapi labanya turun. Akibatnya, begitu rasio kredit bermasalah naik langsung menghantam kinerja keuangan, karena menjadi biaya.

Kinerja industri pembiayaan selama dua tahun terakhir menunjukkan performa yang kurang menggairahkan. Kondisi ini diperburuk dengan kredit bermasalah atau non performing finance (NPF) yang terus melambung. Kendati demikian, bagi lelaki bertubuh tinggi besar ini bukanlah hal yang menakutkan. Dia tetap optimistik dan yakin perusahaan yang dikomandaninya akan menjadi perusahaan terbaik di industri pembiayaan.

Ya, kini pria yang memiliki nama lengkap Ignatius Susatyo Wijoyo diganjar menjadi Direktur Utama Mandiri Tunas Finance (MTF) sejak 2010. Dia memaparkan, industri pembiayaan pada dua tahun belakangan ini bukanlah waktu yang baik. Hampir banyak perusahaan pembiayaan mengalami penurunan penjualan.

Mengacu pada kualitas yang buruk maka perusahaan pembiayaan fokus pada perbaikan kualitas ketimbang penjualan. Apalagi dari data industri menyatakan terjadi penurunan 1 persen dari 15 persen menjadi 14 persen, dan ini pun sebenarnya kurang baik. “Kalaupun tumbuh, menurut saya antara 2-3 persen, dan itu sudah baik tahun ini,” ungkapnya.

Menurut Susatyo, akan menjadi percuma kalau jualannya banyak tapi kualitasnya buruk. Apalagi yang dijual tidak menjadi laba malah sebaliknya menjadi biaya, dikarenakan kreditnya macet sehingga unitnya ditarik atau di-write off sehingga menjadi kerugian bagi perusahaan.

Ia pun sering kali mengatakan, banyak perusahaan pembiayaan mengalami penjualanan naik tapi labanya turun. Akibatnya, begitu rasio kredit bermasalah naik langsung menghantam kinerja keuangan, karena menjadi biaya. “Kalau ini ditarik begitu dijual tapi tetap rugi atau tidak bisa ketarikagunannya, akhirnya jadi write off. Itulah sebabnya orang jadi fokus mengurusi NPF. Akhirnya jualannya jadi ngerem dan melihat kualitasnya jelek, jadi mereka lebih hati-hati lagi,” ujarnya.

Menurutnya NPF yang paling bagus di bawah 1 persen. Bagaimanapun NPF itu adalah orang yang menunggak lebih dari 90 hari. Jadi kalau semisal kreditnya jatuh tempo pada tanggal 2, dan begitu pada tanggal yang sama bulan berikutnya menunggak, maka orang tersebut menunggak satu angsuran.

Persaingan Tajam

Di tengah persaingan ketat antarperusahaan pembiayaan mobil, Susatyo menegaskan, untuk pembiayaan mobil sebenarnya pemainnya tidak banyak, apalagi yang fokusnya pada mobil baru, bahkan pemainnya hanya sekitar 10-12 perusahaan. Berbeda dengan perusahaan pembiayaan mobil bekas yang terbilang lebih banyak.

Meski pemain di pembiayaan mobil baru sedikit, namun perusahaan yang terjun ke bisnis tersebut adalah perusahaan besar semua. Kalau tidak perusahaan berlatar belakang perbankan atau perusahaan principal atau ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

“Pemain mobil baru kalau tidak latar belakangnya perbankan, dia prinsipal. Perusahaan lain kemungkinannya kecil sekali masuk ke pembiayaan mobil baru. Selain berat membutuhkan kontinuitas dan harus besar modalnya,” jelasnya.

“Inilah yang menjadi barrier. Walaupun ceruknya ada tapi persaingannya tajam, meski hanya diisi oleh 10 sampai 12 perusahaan. MTF yang fokus pada pembiayaan mobil baru karena MTF juga tidak berafiliasi pada satu merek maka pihaknya bisa memasarkan semua merek,” tambahnya.

Itu sebab, bagaimana kedekatan dengan dealer dan data base masing-masing sangat penting. Sebab, ketika lama-kelamaan data base ini habis maka perusahaan pembiayaan harus attrack ke data base yang lain yakni ke dealer. Dari situlah terjadi persaingan di pelayanan seperti servisnya harus lebih cepat, misal orang yang mengajukan kredit ke MTF.

Secara bunga dan DP bisa sama dengan perusahaan yang lain tapi prosesnya bisa lebih cepat misal tiga jam. “Akhirnya digitalisasi dan pelayanan dikedepankan. Kemudian kemudahan untuk dijangkau bukan hanya fisically tapi informasi itu bisa mobile application dan orang sedang berlomba-lomba membuatnya,” ujarnya.

Alhasil persaingan di bunga akan tajam. Namun, sebentar lagi akan terundiferensiasi sehingga setahun atau dua tahun lagi bunganya akan sama, tetapi bagaimana agar prosesnya cepat. Setelah itu adalah after sales, bagaimana cara membayar angsurannya. Bagi yang punya rekening Mandiri bisa langsung didebit sehingga memudahkan membayar angsuran. “Itu yang nantinya akan menjadi persaingan dua tiga tahun ke depan,” ujar pria yang sudah malang-melintang di industri pembiayaan selama 23 tahun sejak 1993. Karirnya dimulai ketika lulus kuliah pada 1993 dari jurusan Ekonomi Manajemen, UGM. Lalu, ia masuk ke perusahaan Astra menjabat sebagai Manajemen Trainee (MT) dididik di Toyota Astra Motor (TAM), setelah itu disalurkan ke ACC pada 1994.

Ia meny0ukai pekerjaan ini karena berhubungan dengan manusia dan Indonesia karena ia harus berkeliling pada perusahaan cabang yang tersebar di Indonesia. Semenjak itu ia merasa pekerjaan itu ‘ia banget’ karena berhubungan dengan dealer dan banyak daerah di luar kota dan mengenal karakter Indonesia. “Saya sangat menikmati hidup saya ini. Kebetulan juga secara karir cukup baik. Selama di Astra dari 1994-2005 dan hampir 12 tahun,” kenangnya.

Susatyo juga sempat bergabung di Adira, lalu menancapkan kakinya di MTF pada 2009. Ia pun lebih merasa banyak suka ketimbang duka. Baginya kantor itu seperti tempat bermain. Apalagi ketika MTF baru berdiri, ia berkeyakinan bahwa MTF bisa menjadi bayi raksasa serta menjadi pemain besar dan itupun terjadi. yuni rahmi/AR-2

Pengusaha Mebel Sepakati Pembentukan Klaster

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 YOGYAKARTA – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (HIMKI) menyepakati pembentukan kluster industri khusus mebel dan kerajinan. Langkah ini dimaksudkan untuk mempermudah pengrajin mengurus segara dokumen ekspor. 

HIMKI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah pengusaha mebel dan kerajinan setempat yang mengantongi … Selengkapnya

Pembangunan Pulau Terluar Dipercepat

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Jakarta– Pemerintah mempercepat pembangunan pulau-pulau terluar sebagai tempat pengelolaan perikanan terpadu dan terintegrasi melalui penerbitan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan. 

“Kami harapkan pembangunan 15 pulau terluar bisa lebih cepat dengan dukungan Inpres,” kata Menteri … Selengkapnya

UGM-OJK Bentuk Pusat Riset Literasi Keuangan

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 YOGYAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) meresmikan pembentukan Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Jumat (26/8). Fasilitas tersebut diharapkan dapat mendukung upaya meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. 

Selengkapnya

rona

Vino G Bastian Senang Tiket Film Warkop Dijual “Presale”

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebagai salah satu bintang utama film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos, Vino G Bastian merasa bangga lantaran tiket bioskop film yang dibikin ulang oleh Falcon Pictures itu telah resmi menjual tiket presale sebelum masa tayang di bioskop 8 September 2016 mendatang. Vino mengatakan sudah semestinya film nasional diberikan kehormatan layaknya film luar.

“Saya lihat promosi seperti ini memang sudah sepantasnya untuk menghormati Warkop DKI. Ini salah satu strategi promosi yang bagus banget,” ujar Vino saat ditemui di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain tiket presale sebelum hari H, nantinya para penonton juga bisa mendapat bonus CD Soundtrack Original Warkop DKI yang dinyanyikan oleh ketiga pemeran utama, Vino G Bastian sebagai Kasino, Abimana Aryasatya sebagai Dono, dan Tora Sudiro sebagai Indro. Di rekaman itu, ada pula suara Indro Warkop mengisi khas nyanyian Warkop DKI. “Baru pertama kali ini main film tapi saya ngisi soundtrack juga,” kata Vino.

Soal rekaman untuk soundtrack film, Vino mengaku awalnya cukup medapatkan kesulitan dalam bernyanyi. “Sulit juga karena saya nggak punya basic nyanyi, kalau musik saya paling ada di belakang, saya main drum biasanya. Tapi ya Warkop nggak bisa dipisahin dari musik. Warkop ini unik, berkarya di media apapun,” tambah Vino.

Vino pun mengaku kian tak sabar menantikan tayangnya secara perdana di bioskop-bioskop Tanah Air. Apalagi, tiket nontonnya sudah dijual sebelum masa tayang. Tentunya, hal ini pertama kali dilakukan untuk film nasional.  yzd/S-1

Mengelola Berat Badan dengan Pola Hidup Sehat

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak kandungan alami yang disediakan alam bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

World Health Organization (WHO) mengategorikan obesitas (OB) sebagai penyakit yang telah menjadi endemik di seluruh dunia. Sementara berdasarkan data yang dirilis Kemenkes, angka OB di Indonesia cenderung meningkat dalam … Selengkapnya

Jessica Alba Menyesal Punya Tato

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seni merajah tubuh alias tato seakan menjadi tren bagi semua kalangan belakangan ini. Tato yang awalnya lebih berkesan negatif karena identik dengan kekerasan dan dunia hitam, belakangan seakan menjadi mode para pesohor, dari dunia olah raga hingga artis.

Namun Aktris … Selengkapnya

Madonna “Saya Bukan Aktris Medsos”

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menjadi terkenal bukanlah hal yang mudah didapatkan Madonna, itulah hal yang diakui penyanyi yang sudah menjadi penyanyi papan atas itu. Menurutnya, dia harus bekerja keras untuk mendapatkan prestasi yang kini menempatkannya seperti saat ini.

Sementara, ibu dari tiga orang anak … Selengkapnya

megapolitan

“Tidak Ada Tempat Bagi Begal di Ibu Kota”

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya melalui Subdit Reserse Mobil (Resmob) menaruh perhatian khusus bagi para pelaku kejahatan jalanan terutama terkait Begal yang kembali marak. Karena menjadi perhatian, Subdit Resmob sampai membentuk tim khusus untuk membersihkan Ibukota Jakarta dari kejahatan Begal.

Untuk mengetahui lebih detail lagi apa yang dilakukan Subdit Resmob dalam membersihkan Ibu Kota dari kejahatan jalanan (begal), wartawan Koran Jakarta Muhamad Umar Fadloli mewawancarai Kepala Subdit Resmob Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto.

Langkah apa dilakukan Resmob berantas begal?

Bagi kami, tidak ada kompromi bagi pelaku curas (Pencurian dengan kekerasan) seperti begal ini. Kami sudah menyatakan perang melawan begal.

Ada perintah khusus dari Direktur Kriminan Umum?

Kami, arahan dari Dirkrimum (Kombes Rudy Heriyanto) bagaimana kami perang melawan begal. Kami dari subdit Resmob membentuk Timsus (Tim Khusus). Timsus ini terdiri dari 20 orang dan dibagi empat kelompok. Tim ini berjalan memang khusus membekuk kasus begal, curas dan curanmor. Ini terbukti dari hasil timsus terkait pengungkapan.

Berapa yang diungkap Resmob terkait begal?

Selama tahun 2016, ada sekitar 16 kasus begal yang ditangani oleh Subdit Resmob dan dari 16 kasus terungkap semua

Kasus itu di wilayah mana?

Wilayaha Jakarta Timur, Bekasi, dan Depok. Dari 16 perkara yang diungkap ada 24 pelaku diamankan, 24 kendaraan roda dua hasil kejahatan serta empat pelaku ditembak mati.

Kenapa sampai ditembak mati?

Pelaku ini membekali diri senjata tajam dan api, mereka tidak segan apabila tertangkap dan diketahui aksinya berupaya mengancam korban, terbukti saat dilakukan penggerebekan, penangkapan, pelaku menembak menodongkan senjata apinya. Alhamdulillah petugas tak terkena proyektil dan kami akhirnya melakukan penembakan tersangka dilokasi kejadian.

Selain begal, kasus yang jadi fokusnya?

Kami juga melakukan pengungkapan kasus pencuriran dengan kekerasa dan pencurian kendaraan bermotor, serta kasus lain yang meresahkan masyarakat seperti pencurian, penipuan, penyekapan, penculikan dan pembunuhan yang juga menjadi atensi dari pimpinan. P-5

 

Sabtu, Perekaman e-KTP di Kelurahan Tetap Buka

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuka loket kependudukan di seluruh kantor kelurahan yang ada di Jakarta setiap hari Sabtu. Hal ini untuk percepatan perekaman e-KTP atau KTP elektronik yang batas waktunya sampai 30 September mendatang.

” Ini untuk … Selengkapnya

Pemprov Akan Bangun Pasar Tematik

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya akan membangun pasar tematik. Saat ini, pihaknya tengah merevitalisasi sejumlah pasar tradisional di beberapa tempat di Jakarta.

“Kita lihat nanti tipikalnya. Zoningnya kita lihat, komersial zoningnya kita lihat, nanti … Selengkapnya

Djarot Minta Warga Jaga Keamanan

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Putera Betawi akan disandingkan dengan kandidat calon gubernur yang ditetapkan koalisi kekeluargaan, Sandiaga Uno.

 JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta masyarakat untuk turut menjaga keamanan Pilkada DKI Jakarta 2017. Sebab, pilkada kerap diwarnai pemaksaan kehendak, intimidasi, … Selengkapnya

olahraga

Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Eropa

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Cristiano Ronaldo terpilih sebagai penerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa musim 2015-2016. Pemain asal Portugal itu mengungguli rekan setimnya di Real Madrid Gareth Bale dan pemain Atletico Madrid Antoine Griezmann.

“Kami benar-benar senang karena dua pemain Real di antara yang terbaik di Eropa,” ujar presiden klub Florentino Perez.

Ronaldo mencetak 51 gol dalam 48 pertandingan di semua kompetisi untuk Real yang memenangi Liga Champions dan runner-up di La Liga. Dia juga memainkan peran kunci dalam kemenangan negaranya di Piala Eropa 2016.

Ronaldo dengan cepat memuji rekan satu timnya di klub dan tim nasional Portugal. “Sungguh menakjubkan. Saya berharap untuk menang malam ini dan saya sangat bangga harus mengucapkan terima kasih kepada rekan tim saya, Real Madrid dan tim nasional Portugal. Karena mereka banyak membantu saya untuk memenangkan penghargaan ini,” ujar Ronaldo.

Ronaldo kini ingin mengambil penghargaan Ballon d’Or dari rivalnya bintang Barcelona Lionel Messi. “Saya harap begitu, tapi saat ini saya akan menikmati menerima penghargaan ini,” ucapnya.

Saat Ronaldo meraih capaian lain, Griezmann kembali berada di pihak yang kalah melawan bintang Portugal di kedua final Liga Champions dan Piala Eropa. Namun, Ronaldo meyakini ada saatnya bagi Griezmann menjadi sorotan.

“Seperti yang saya katakan di atas panggung, ia pantas untuk memenangkan trofi ini ia kalah pada dua final, jadi itu sial baginya tapi saya pikir dia pemain yang fantastis. Dia anak yang baik, dia tetangga saya – dia tinggal di sebelah saya – dan dia layak mendapatkannya. Dia akan menang pasti satu hari nanti. Saya harap begitu,” ujar Ronaldo. ben/Rtr/S-1

 

 

Bravo Resmi ke City

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Manchester City telah resmi menandatangani kontrak bersama kiper asal Chile Claudio Bravo dari Barcelona untuk kesepakatan awal 18 juta euro, Kamis (25/8) waktu setempat. Pemain berusia 33 tahun itu menyetujui kontrak empat tahun untuk bergabung ke City saat … Selengkapnya

Luis Enrique Incar Kemenangan ke-100

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Barcelona akan mencoba memberikan Luis Enrique kemenangan ke-100 di pertandingan ke-125 nya bertanggung jawab atas tim saat bentrok kontra Athletic Bilbao di La Liga, Minggu (28/8).

Luis Enrique yang merupakan mantan pemain Barca dan kini berusia 46 tahun … Selengkapnya

Christo Berpeluang Raih Dua Gelar

Sabtu 27/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MAKASSAR – Tuan rumah berpeluang Indonesia memborong dua gelar juara sekaligus pada turnamen tenis Internasional Permata Bank Men’’s Future 2016. Petenis andalan Indonesia, Christopher Rungkat berhasil lolos ke partai final baik di kategori tunggal maupun ganda bersama David Agung Susanto … Selengkapnya

kupas

Warga Negara Asing Terlibat Dalam Pembuatan Paspor Ilegal

Sabtu 27/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mabes Polri sudah bertekad untuk menjadikan kasus ditangkapnya 177 jemaah haji asal Indonesia oleh otoritas Filipina sebagai pintu masuk untuk menyelidiki kasus-kasus serupa yang menimpa jemaah haji asal Indonesia di negara lain.

Dalam kasus 177 calon jemaah haji di Filipina ini, Tim penyidik Mabes Polri menemukan adanya indikasi keterlibatan warga negara asing dalam pengiriman 177 calon jemaah haji ke Filipina. Bagaimana kelanjutan dan perkembangan penyelidikan kasus 177 calon jemaah haji tersebut? Berikut wawancara wartawan Koran Jakarta, dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Gedung Mabes Polri, Jumat (26/8).

Bagaimana perkembangan penyelidikan kasus 177 calon jemaah haji di Filipina? Bagaimana proses pemulangannya? Soal 177 calon jemaah haji, untuk pemulangan dikerjakan Kementerian Luar Negeri. Kami hanya hanya membantu, ada liaison officer (LO) di sana, berpangkat Kombes yang membantu, tetapi proses pemulangan diupayakan oleh Kementerian Luar Negeri dan beberapa instansi lain seperti BIN dan lain lain.

Kita sekali lagi hanya membantu. Kemudian mereka saat ini dalam detention, ada juga yang sudah dippindahkan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila. Mudah mudahan setelah verifikasi kewarganegaraannya selesai, mereka segera dipulangkan.

Apa tugas tim yang dikirim ke Filipina? Nah yang jelas dari Polri tugasnya penyidikan. Ksita sudah kirim tim melakukan interview untuk melihat apakah ada pidananya atau tidak? Misalnya (apakah ada unsur) penipuan, sengaja melakukan pemalsuan paspor? Ini nanti kita dalami.

Tim yang dibentuk Bareskrim Polri sudah bergerak, ada sejumlah tim di Indonesia dan Filipina dan nanti hasil di Filipina akan ditindaklanjuti tim di Indonesia. Tim di Indonesia akan bergerak dan melakukan langkah-langkah, dan hasilnya akan disampaikan ke publik.

Yang memberi mereka paspor atau yang memberangkatkan mereka apakah dapat menjadi tersangka? Tergantung, ya. Kalau mereka sengaja, dan diketahui mereka itu WNI dan mereka ada di sini, kita akan lakukan langkah langkah hukum.

Koordinatornya sudah dimintai keterangan? Ya ini kan kegiatan penyelidikan kita ya, apakah ada warga negara kita yang terlibat? Kalau ada WNI yang terlibat, maka berlaku asas personality, artinya semua warga negara Indonesia di dalam dan di luar negeri melakukan pidana, dapat dikenakan hukum pidana Indonesia dan berlaku asas teritorialiter artinya siapapun dan warganegara manapun yang ada di wilayah Indonesia, dapat dikenakan hukum pidana Indonesia.

Nah kalau pelaku adalah WNA dan dia melakukannya di luar negeri tentu tidak dapat dikenakan pidana kita. Kita akan koordinasi dengan negara terkait. Kita dapat informasi, diantaranya adalah WNA yang melakukan itu, diantaranya itu. Nanti kalau sudah berhasil akan disampaikan ke publik, nanti kalau tidak, akan menggagalkan strategi penyidikan kita.

Ada indikasi keterlibatan WNA, bagaimana informasi lebih lanjut soal ini? Memang dari penyelidikan yang dilakukan Tim Bareskrim di Filipina, kita mendapat informasi bahwa ada keterlibatan WNA dalam kasus tersebut.

Sudah berapa jemaah haji yang dikirim ke KBRI? Saya mendapat laporan berdasarkan verifikasi terakhir, sebanyak 138 orang, sudah diverifikasi, dan dinyatakan clear, lalu dipindah ke KBRI, itu yang saya dapat laporan dari LO, mungkin jam ini, sudah bertambah lagi.

Itu termasuk koordinator? Jangan sekali lagi bicara detail, mengenai itu, karena tim sedang bergerak. Saya tidak ingin mengagalkan strategi penyidikan tim dari Bareskrim yang sudah bergerak. eko nugroho

Amendemen Bisa Direalisasi 2017

Kamis 25/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wacana amendemen Undang-Undang Dasar 1945 terus bergulir. Adalah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang getol menyuarakan itu. Konstitusi perlu diamendemen. Terlebih setelah bergulirnya wacana tentang perlunya Garisgaris Besar Haluan Negara atau GBHN.

Seperti gayung bersambut, dukungan terhadap amendemen datang pula dari … Selengkapnya

Jangan Sampai Setiap 5 Tahun Undang-undang Diganti

Jumat 26/8/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah mengaku sudah menyelesaikan draf RUU Penyelenggaraan Pemilu. UndangUndang ini diproyeksikan jadi regulasi yang akan menggabungkan tiga UU terkait pemilu, yakni UU Pemilu ­Legislatif, UU Pemilihan Presiden dan UU Penyelenggara Pemilu.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal itu, wartawan Koran … Selengkapnya

Kelompok Abu Sayyaf Kini Dikepung 10 Ribu Pasukan Filipina

Rabu 24/8/2016 | 05:29
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filipina terkait pembebasan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang masih disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina.

Hal ini dilakukan meski dua sandera atas nama Sofyan (anak buah kapal TB Charles 001) … Selengkapnya

berita lain

Komitmen BTN Membangun Perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Jumat 26/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dukungan Bank Tabungan Negara (BTN) dalam program Sejuta Rumah menjadi sinyal baik buat rakyat yang ingin punya rumah layak huni. Dukungan ini untuk mengurangi angka backlog (kurang pasokan) perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Di sisi lain, perlu adanya sustainability untuk … Selengkapnya

Speaker “Bluetooth” Beragam Fungsi

Kamis 25/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu aksesori yang dibutuhkan dalam mendengarkan musik dari ponsel adalah speaker. Speaker dengan koneksi bluetooth dengan bermacam fungsi dan model bakal hadir di pasaran sebentar lagi.

LG akan segera memamerkan empat produk speaker dengan koneksi bluetooth pada ajang IFA … Selengkapnya

Teknologi Mesin Kian Inovatif

Rabu 24/8/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para produsen otomotif terus menyempurnakan mesin bakar (combustion engine). Pasar sudah dijejali teknologi hibrida, mesin listrik, dan fuel cell. Pabrikan terus berusaha membuat mesin bakar tampil lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan tetap bertenaga.

Mazda dan BMW merupakan salah satu pabrikan … Selengkapnya