Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 2 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Panglima: Pembebasan 10 WNI Adalah Hasil Operasi Intelijen

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Proses pembebasan sendiri berlangsung sangat dinamis serta lancar, karena Yayasan Sukma menggunakan pendekatan pendidikan.

JAKARTA. – Sepuluh pelaut Indonesia yang diculik kelompok militan Abu Sayyaf dan disandera selama lima pekan akhirnya dibebaskan, Minggu (1/5).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, keberhasilan pembebasan 10 warga negara Indonesia dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf ini tidak lepas dari operasi intelijen.

“Operasi total, baik formal maupun informal, di dalamnya ada TNI. Maka, TNI melakukan operasi-operasi juga koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, yaitu operasi intelijen,” ujar Gatot di Istana Bogor, Minggu.

Gatot berharap metode yang sama dapat membebaskan empat warga negara Indonesia yang masih disandera kelompok bersenjata.

“Saya mohon doa agar yang empat (WNI) bisa kita bebaskan dengan selamat. Kembali lagi, melakukan diplomasi total,” ujar Gatot.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, keberhasilan membebaskan 10 WNI itu merupakan hasil dari diplomasi total, baik antarpemerintah, maupun diplomasi jaringan informal yang tidak bisa diungkapkan ke publik.

“Dari awal kami sampaikan semua komunikasi dan semua jaringan kami buka. Semua opsi juga kami buka, dengan satu tujuan, yaitu mengutamakan keselamatan 10 WNI dan syukur alhamdulilah, upaya ini berhasil,” ujar Retno.

Jadi Negosiator

Berbagai pihak mengaku ikut menjadi negosiator dalam pembebasan 10 WNI itu. Salah satunya adalah Yayasan Sukma.

Menurut Deputi Chairman Media Group Rerie L. Moerdijat, pembebasan 10 sandera WNI yang ditahan sejak 23 Maret lalu itu dilakukan sekitar pukul 12.15 waktu setempat, di Pantai Parang, Sulu, Mindano Selatan, Filipina.

Pembebasan sandera ini, kata Reirie, dilakukan atas kerja tim kemanusiaan Surya Paloh yang merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma (Sekolah Sukma Bangsa di Aceh) dibawah Ahmad Baidowi, M.Ed dan DR.Samsul Rizall Panggabean, kelompok Media Group, Partai NasDem di bawah Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Victor B. Laiskodat serta anggota DPR Fraksi Partai NasDem Mayjen (Purn) Supiadin.

“Usaha dan proses pembebasan dilakukan oleh tim kemanusiaan Surya Paloh sejak tanggal 23 April 2016. Negosiasi pembebasan sandera dilakukan jaringan Yayasan Sukma dengan melakukan dialog langsung dengan pihak tokoh masyarakat, LSM, lembaga kemanusian daerah Sulu yang memiliki akses langsung ke pihak Abu Sayyaf di bawah koordinasi langsung pemerintah Republik Indonesia,” tegas Rerie dalam rilisnya yang diterima Koran Jakarta, Minggu.

Proses pembebasan sendiri berlangsung sangat dinamis serta lancar, karena Yayasan Sukma menggunakan pendekatan pendidikan.

Jauh sebelumnya, Yayasan Sukma sudah menjalin kerja sama pendidikan dengan pemerintah otonomi Moro Selatan.

Berdasarkan keterangan reporter Metro TV Desi Fitriani yang mengikuti pembebasan sandera secara langsung, setelah sandera diserahkan kepada tim kemanusiaan Surya Paloh di Pantai Parang, setelah menunggu 4 jam, para sandera itu dibawa ke rumah Gubernur Zulu selama satu setengah jam, untuk proses verifikasi, makan serta ramah tamah.

Setelah itu, mereka langsung diterbangkan dari Zulu menuju Zambonga menggunakan dua helikopter jenis UH 1 H.

Kemudian pemerintah Filipina menyerahkan secara resmi para sandera itu kepada pihak Kedubes Indonesia di Malaysia dan perwakilan Partai Nasdem Victor b. Laiskodat.

Dari Zambong, 10 sandera itu dipulangkan ke Tanah Air, menggunakan pesawat khusus tim kemanusiaan Surya Palloh di bawah pimpinan Victor B Laiskodat, didampingi oleh pihak Kedutaan Besar Indonesia di Filipina minister conseler Edi Mulya, untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri/Kementerian Luar Negeri di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Menurut rilis Yayasan Sukma itu, penculikan terhadap 10 sandera terjadi tanggal 27 April. Penculik dibawah pimpinan Tawing Umair ingin menculik bisnismen di Pulau Tawi Tawi, Filipina Selatan, namun gagal karena bisnismen tersebut mendapatkan pengawalan ketat.

Dalam perjalanan pulang dari Tawi Tawi ke arah utara berpapasan dengan kapal Indonesia Brahma 12. Akhirnya kapal berbendera Indonesia itu jadi sasaran kelompok ini.

“ABK yang disandera kemudiian dititipkan di tempat aman dibawah pimpinan Al Habsy, namun pemilik sanderanya tetap Tawing Umair. Tim kemanusian Surya paloh sejak awal sudah melakukan komunikasi intensif dengan tim Tawing dibawah koordinasi pemerintah Repubik Indonesia,” tegas Rerie.  fdl/ro/P-4

Abu Sayyaf Bebaskan 10 Awak Kapal Indonesia

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA. – Sepuluh pelaut Indonesia yang diculik kelompok militan Abu Sayyaf dan disandera selama lima pekan akhirnya dibebaskan, Minggu (1/5).

Kepala kepolisian Sulu, Inspektur Wilfredo Cayat, mengatakan 10 WNI itu dibebaskan pada siang hari.

“Beberapa orang tak dikenal mengantar ke-10 … Selengkapnya

DPR Bakal Bentuk Panja Menara BCA

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan membentuk panitia kerja (Panja) penyalahgunaan kontrak Superblok Grand Indonesia (BI), yakni pembangunan Menara BCA dan Apartemen Kempinski, yang diduga merugikan keuangan negara sekitar 1,29 triliun rupiah.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengatakan … Selengkapnya

Pengawasan Pemilu Diperkuat

Sabtu 30/4/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Selama ini Badan Pengawas Pemilu tidak punya kewenangan dalam menangani sengketa administrasi Pemilu, karena itu upaya memperkuat badan ini disambut gembira.

Jakarta – Penggiat pemilu, mendukung usulan pemerintah dan DPR yang akan menambah kewenangan Badan Pengawas Pemilu. Usulan tersebut masuk … Selengkapnya

mondial

Cruz Minta Dukungan di California

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Untuk menjegal Donald Trump, sebuah manuver politik kembali diambil pesaingnya, Ted Cruz. Bakal calon Presiden AS dari kubu Republik itu membujuk agar seluruh delegasi di California, berdiri dibelakangnya.

 BURLINGAME – Bakal calon Presiden Amerika Serikat dari kubu Republik, Ted Cruz, kembali menjalankan strategi politik untuk mengakhiri peluang pesaing utamanya yaitu Donald Trump, gagal meraih dukungan delegasi yang diperlukan untuk maju sebagai nomine calon Presiden AS dari Partai Republik pada pemilu presiden 8 November mendatang.

Cara yang diambil Cruz yaitu dengan membujuk agar seluruh delegasi dari Negara Bagian California yang berjumlah 172 orang, mendukungnya baik dalam kaukus pada 7 Juni mendatang maupun dalam Konvensi Nasional Partai Republik pada 18-21 Juli mendatang di Cleveland.

“California akan jadi penentu dalam kaukus Republik,” kata Cruz menyinggung kaukus yang akan digelar pada 7 Juni mendatang. “Jika kita terpecah-belah, Hillary Clinton akan menang dan kampanye (Partai Republik) akan sia-sia,” imbuh dia.

Strategi politik itu disampaikan sendiri oleh Senator dari Texas yang kini berusia 45 tahun itu saat berpidato di forum pertemuan Partai Republik California di Burlingame, Sabtu (30/4) waktu AS. Dengan strategi ini, Cruz berkeyakinan dirinya bisa menyingkirkan Trump.

Untuk maju sebagai nomine calon Presiden AS yang disyaratkan lewat hasil Konvensi Nasional Partai Republik, setiap bakal calon harus mendapatkan minimal dukungan dari 1.237 delegasi dari Partai Republik. 

Jika strategi Cruz ini berhasil, maka mau tak mau akan dilakukan kontes pada Konvensi Nasional Partai Republik yang diikuti masing-masing bakal calon Presiden AS dari kubu Republik.

Menurut hitungan jajak pendapat terkini, Trump saat ini telah meraih hampir 1.000 dukungan delegasi, sementara Cruz hingga kini hanya memiliki kurang dari 600 dukungan delegasi. Akan tetapi semua bakal calon masih bisa merebut peluang lebih banyak delegasi dalam beberapa penyelenggaraan kaukus mendatang.

Agendanya para bakal calon Presiden AS dari kubu Republik akan kembali bersaing di kaukus Negara Bagian Indiana, pada Selasa (3/5). Di Indiana terdapat 57 delegasi, dan jika Trump bisa menang total di negara bagian ini, maka ia masih belum memenuhi syarat 1.237 delegasi.

Raih “Endorsement”

Ternyata bujuk rayu Cruz tak sia-sia karena segera disambut mantan Gubernur California, Pete Wilson, yang serta merta menyatakan dukungan (endorsement) pada Cruz. 

“Kita tak ingin punya nomine capres yang menurunkan jumlah dukungan pada partai kami,” kata Wilson menyinggung menurunnya dukungan kaum perempuan terhadap Trump akibat kampanyenya yang kerap menyerang isu sensitif tentang jender, imigran asing, serta menyinggung umat Muslim. 

Sebelum menyatakan strategi politik terbarunya untuk merebut dukungan dari California, Cruz telah menyatakan bahwa jika dirinya terpilih maju sebagai calon Presiden AS dari kubu Republik, maka ia akan meminta Carly Fiorina sebagai Wakil Presiden AS.

Fiorina adalah mantan CEO perusahaan IT yang bermarkas di Palo Alto, California. Sosok pemimpin perusahaan perempuan dan lokasi markas perusahaan ini, diharapkan akan jadi modal Cruz untuk meraih dukungan di California.

Di lain pihak, Trump, 69 tahun, menyebut sistem nominasi politik di Partai Republik amat merugikannya. Oleh karena itu, ia lalu memutuskan untuk mencari cara sendiri diluar aturan partai dan dirinya sesumbar bisa menduduki kursi di Gedung Putih tanpa bantuan anggota Partai Republik. Rtr/I-1

Banjir di Texas Menewaskan 6 Warga

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

AUSTIN – Cuaca buruk berupa angin tornado yang disertai hujan badai yang terjadi di wilayah Texas, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (30/4), diwartakan telah menyebabkan banjir bandang serta akibat bencana itu 6 orang tewas.

“Mereka yang tewas adalah seorang nenek … Selengkapnya

PBB Tolak Klaim Kedaulatan Israel atas Golan

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KAIRO – Klaim Israel belum lama ini bahwa dataran tinggi yang direbutnya dari Suriah beberapa dasawarsa lalu akan tetap menjadi bagian dari negara Yahudi ditolak oleh Dewan Keamanan PBB (DK PBB). “Status tanah yang diduduki Israel di perbatasan Suriah-Israel tetap … Selengkapnya

Nelayan Tiongkok Dilatih Pertahanan Diri

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BAIMAJING – Para nelayan Tiongkok yang berlabuh di kota pelabuhan Baimajing yang ada di sebuah pulau di Provinsi Hainan, selain mendapatkan subsidi berupa bahan bakar dan es pendingin dari pemerintahan Beijing, juga dilaporkan akan diberi pelatihan pertahanan diri saat mereka … Selengkapnya

ekonomi

Pacu Produksi Daerah Sentra Padi

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Peran cepat pemerintah daerah serta dukungan dari pengembangan inovasi dan kreativitas sektor pangan yang baik diharapkan dapat meningkatkan produksi padi.

BANTAENG – Pemerintah meminta daerah produsen padi meningkatkan produktivitasnya untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan nasional. Banyaknya bantuan yang disalurkan seharusnya dapat memberikan stimulus terhadap peningkatan produksi, sebagai salah satu bentuk respons terhadap kebijakan pemerintah.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, ketika mengikuti panen raya di desa Rappoa, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, mengapresiasi produktivitas petani-petani di wilayah tersebut. Sebab, mereka mampu meningkatkan produksinya menjadi 9,4 ton per hektar (ha) atau lebih tinggi dari pencapaian sebelumnya yang berkisar antara 3-4 ton per ha.

“Ini merupakan langkah yang tepat, kiranya daerah lainnya mampu meningkatkan produksi seperti kab. Bantaeng,”ungkapnya di Bantaeng, Sulsel, Jumat pekan lalu.

Mentan mengungkapkan peningkatan produksi di Bantaeng disebabkan langkah cepat pemerintah daerah setempat serta dukungan dari pengembangan inovasi dan kreativitas sektor pangan yang cukup baik. Hal serupa juga terjadi pada pengembangan bibit unggul yang telah banyak dilakukan dengan pengawasan ketat melalui turun langsung ke lapangan.

Terkait hasil produksi meningkat tersebut, Mentan meminta kepada petani untuk menjualnya ke Badan Urusan Logistik (Bulog). Di sisi lainnya, Bulog  diminta untuk menyerap gabah petani dengan harga yang wajar, setidaknya jangan sampai di bawah Harga Patokan Pemerintah (HPP) sebesar 3.700 rupiah per kilo gram (kg) untuk Gabah Kering Panen (GKP).

Dalam kunjungan itu, Mentan menambah bantuan cabe rawit 75 hektar (ha), cabe besar 75 ha dan kentang 20 ha serta benih padi dan jagung. Bantuan lainnya lagi, seperti pompa sebanyak 20 unit untuk membantu petani mencukupi pasokan air dari sungai dalam memenuhi kebutuhan air untuk  lahan seluas 1.000 ha. 

Kementan berencana terus menyalurkan bantuan bagi  sejumlah daerah yang dinilai mampu meningkatkan produksi. Diharapkan bantuan-bantuan tersebut bisa memacu untuk meningkatkan produksi

Bupati Bantaeng HM. Nurdin Abdullah mengungkapkan pemberian bantuan oleh pemerintah benar-benar telah memberikan banyak kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan petani di wilayahnya.  “Kami siap  untuk memenuh taget pemerintah terkait kebutuhan benih,” tegasnya.

Beras Murah

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke toko tani di Makassar, Mentan menemukan penjualan beras murah. Adapun jenis beras itu yakni premium dengan harga 7.500 ribu rupiah per kilo gram (kg) atau jauh di bawah harga umumnya yang di atas 10 ribu rupiah per kg.

Beras itu bersumber dari gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang langsung membawa berasnya ke Toko Tani tersebut. Terkait dengan volume pembelian, setiap minggunya Toko Tani harus menjual 10 ton karena banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkannya.

Mentan menyampaikan, banyak keuntungan yang diperoleh dari kebijakan beras murah dari toko tani tersebut. “Keuntungannya, konsumen tidak terbebani dengan harga yang tinggi. Ini tentunya kontras dengan kebanyakan pelaku usaha yang menjual dengan harga tinggi,”ungkapnya saat mengunjungi Toko Tani di Makassar. ers/E-10

Kemenpar: 3 Hal Penting Kembangkan Destinasi Wisata

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengungkapkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata, meliputi akses, atraksi dan amenitas. Melalui strategi tersebut, diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisata, baik domestik maupun mancanegara.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan, ‎saat … Selengkapnya

ASDP Terapkan Pola Operasional seperti Lebaran

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menerapkan pola operasional seperti pada angkutan Lebaran pada libur panjang akhir pekan ini. Langkah ini dimaksudkan untuk mengindari penumpukan karena terjadinya lonjakan penumpang. ”Kami perkirakan di pelabuhan Merak, puncak arus penyeberangan akan … Selengkapnya

Ardin Pimpinan Bamsoet Dinilai Illegal

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (ARDIN), Dr John N Palinggi sangat menyesalkan digelarnya Rapimnas dan Munas II yang mengaku sebagai Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (ARDIN Indonesia) pimpinan Bambang Soesatyo (Bamsoet). John … Selengkapnya

rona

Pendidikan di Indonesia Masih Utamakan Pengajaran

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kelemahan sistem pendidikan nasional Indonesia terletak pada pola implementasinya yang lebih menekankan pada pengajaran bukan pada pendidikan.

Pengamat Pendidikan Profesor Arief Rahman mengungkapkan mengajar dan mendidik memiliki definisi yang berbeda. Mengajar adalah proses mentranfer ilmu pengetahuan, sedangkan mendidik membentuk watak, sikap, moral, dan pola pikir.

Dengan demikian, mengajar belum tentu mendidik. Pasalnya, yang dihasilkan dari pengajaran hanyalah bersifat kecerdasan, tetapi belum tentu menjamin terbentuknya budi pekerti.

“Padahal tidak hanya pintar yang dibutuhkan. Jangan cuma menekankan pengajaran, ini berbahaya, ” tutur Arief.

Apabila sistem pengajaran tetap ditonjolkan, tambahnya, fenomena yang terjadi sekarang akan terus terjadi, di mana banyak pejabat memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, namun melakukan tindakan yang tercela seperti korupsi.

“Ini membuktikan, kecerdasan otak seringkali tak koheren dengan kecerdasan nurani. Percuma bila sekedar cerdas tapi moral bobrok, ” ungkap Arief.

Puluhan siswa SD mencoba mikroskop saat berlangsungnya Festival Sains Anak yang bertajuk Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2013 di Ecovention Ancol, Jakarta

Selain sistem pendidikan, Arief juga mengkritisi kualitas guru yang masih rendah. Ia menyatakan, ditingkat pendidikan guru saja, pembinaan yang diberikan terhadap calon guru masih sangat lemah, pada saat melakukan program kerja lapangan (PKL).

Menurut Arief, saat PKL di mana mahasiswa turun ke lapangan untuk mengajar di sekolah-sekolah, para mahasiswa itu masih juga sekadar berkutat dengan proses belajar mengajar, tanpa arah didikan fundamental kepada murid-muridnya. “Jadi yang pertama kali perlu digodok itu gurunya, ” imbuh Arief.

Arief berharap di dalam proses pendidikan nantinya lebih menekankan pada hal-hal yang sifatnya moral dan agama bukan hanya pada nilai-nilai akademis saja.

Sementara itu, menurut Prof. Nelson Tansu, profesor termuda AS asal Indonesia, persoalan utama yang membuat pendidikan di Indonesia tertinggal jauh adalah kurang optimalnya pelaksanaan sistem pendidikan ( yang sebenarnya sudah cukup baik ) di lapangan yang disebabkan sulitnya menyediakan guru-guru yang berbobot untuk mengajar di daerah.

Menurutnya, sebenarnya kurikulum Indonesia tidaklah kalah dari kurikulum negara maju, tetapi pelaksanaannya yang masih jauh dari optimal. Implementasi pendidikan yang kurang benar.

“Kurang sadarnya masyarakat mengenai betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk generasi mendatang, sehingga profesi ini tidak begitu dihargai dan dipandang sebelah mata,” tegasnya.

Kultur belajar bukanlah masalah utama, tambahnya, tetapi kultur masyarakat secara keseluruhan karena tidak disadarinya pendidikan adalah investasi bangsa.

Di sisi lain, ucap Nelson, terbatasnya fasilitas untuk pembelajaran baik bagi pengajar dan yang belajar juga menjadi masalah. Nelson berpendapat, semua masalah itu sudah disadari semua pihak, mulai dari pakar pendidikan, pemerintah, dan orang tua siswa/mahasiswa.

Banyak kegiatan yang dilakukan Kemdikbud untuk meningkatkan bobot guru, tetapi tindak lanjutnya yang nol besar, sehingga kegiatan semacam penataran, sosialisasi, dan lain-lain, terkesan ‘yang penting terlaksana’.

“Jika kondisi semacam itu tidak diubah untuk dibenahi, kecil harapan pendidikan bisa lebih maju. Jika pendidikan dipolitisir maka sampai kapanpun pendidikan Indonesia sulit untuk maju. Memang ada beberapa sekolah sudah terpandang, namun dibandingkan populasi sekolah yang ada, sangat tidak signifikan” pungkas Nelson.

Sekelompok seniman siswa SD Gowak I Pringsurat yang tergabung dalam grup karawitan menunjukkan kepiawaiannya menabuh gamelan pada lomba Karawitan tingkat SD dalam rangka Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) di pendopo Pengayoman Temanggung Jateng, Sabtu (3Desak Pemerintah

Pada kesempatan berbeda, musisi sekaligus anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mendesak pemerintah untuk memperhatikan SMK Musik.

Anang Hermansyah mengatakan seharusnya pemerintah lebih serius menggarap SMK Musik sebagai upaya linier dalam pemberdayaan ekonomi kreatif. “Momentum Hardiknas tahun ini, saya kira pemerintah harus serius menggarap sekolah kejuruan musik (SMK Musik). Ini sebagai bentuk komitmen untuk mendorong ekonomi kreatif. Musik adalah salah satu bidang untuk mendorong ekonomi kreatif,” ungkapnya di Jakarta.

Menurutnya, dengan pemerintah memperhatikan SMK Musik, baik dari sisi kurikulum, maupun sarana dan prasarana, diharapkan mampu mencetak musisi masa depan yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

“Lebih dari itu, akses masyarakat terhadap musik semakin terbuka,” tambahnya.

Dia menuturkan, Komisi X DPR RI telah melakukan komunikasi dengan Kemdikbud terkait dukungan terhadap keberadaan SMK Musik. “Ada pembicaraan komitmen tentang hal tersebut. Harapannya, dalam APBN 2016 rencana tersebut dapat diakomodasi,” tukasnya.

Saat ini total SMK Musik di seluruh Indonesia hanya sembilan sekolah yakni SMK 1 Padang, SMK Negeri 8 Solo, SMK Negeri 9 Surabaya, SMK Musik Cikini Jakarta, SMK Negeri 1 Kasian Bantul, SMK Negeri 2 Kasian Bantul, SMK Negeri 3 Sukawati Bali, SMK Negeri 10 Bandung dan SMK Negeri 3 Banyumas.

Berbagi Buku

Sementara itu, pada lain keadaan, selebriti Tina Toon, dalam rangka menyambut Hardiknas, pihaknya menyalurkan kepeduliannya kepada anak yatim piatu dengan membagikan buku-buku pelajaran.

Sejumlah anak usia dini mengikuti proses belajar di sekolah alam Salena, Kelurahan Buluri, Ulujadi, Palu,

“Aku memang ingin mewujudkan kepedulian pada momen Hardiknas tahun ini. Caranya dengan bagi-bagi buku supaya teman-teman lebih semangat buat belajar lagi. Intinya supaya mereka punya semangat buat belajar. Soalnya memang masih banyak anak yang belum sekolah, apalagi materi pendidikan juga banyak yang belum maksimal, terutama di daerah pelosok,” ujar Tina di Panti Asuhan Putra Nusa-Putra, Jalan Penjernihan I No 11, Pejompongan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Apa yang dilakukan Tina ini merupakan kegiatan rutinnya di tengah kesibukannya menyanyi. Menurutnya, sudah sepantasnya ia menyisihkan sedikit rezeki bagi yang tidak mampu. “Aku memang suka banget ngadain acara sosial kayak begini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tina juga menyempatkan diri untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak yatim. Diakuinya, hal tersebut juga sudah biasa ia lakukan. “Aku memang ngajar les bahasa Inggris atau Mandarin ke adik-adik kelas. Biasanya bahasa Inggris juga, kalau matematika itu terlalu rumit kali ya. Ini dadakan saja acaranya. Ingin melakukan acara sosial. Senang ngajar ya senang. Sampai sekarang deh mengajar,” pungkasnya.  pur/R-1

Sejumlah siswa SD mengikuti lomba  engrang batok di SD Juara Medan, Sumut, Senin (2/5).

Prince Rogers Nelson Dokumen Hasil Penggeledahan Masih Dirahasiakan

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pihak berwenang di Minnesota memperoleh surat perintah penggeledahan sehubungan dengan kematian bintang pop Prince, dan mendapatkan perintah pengadilan untuk merahasiakan temuan menurut dokumen yang ditunjukkan pertengahan pekan lalu.

Wakil Kepala Jason Kamerud dari kantor sherif Carver County, Minnesota, menyebut pengawasan … Selengkapnya

Ragam Kelezatan Racikan Soto

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu kuliner popular di Indonesia adalah Soto. Makanan merupakan salah satu makanan yang sangat disukai masyarakat di Indonesia.

Makanan Soto dengan cita rasa yang khas menurut daerahnya masing-masing ini, punya peminat tersendiri. Di berbagai tempat di Indonesia, kita dapat … Selengkapnya

Tiga Perempuan dalam Suasana Berbeda

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam memperingati Hari Buruh sekaligus masih dalam suasana Hari Kartini, Galeri Indonesia Kaya bersama Dinda Kanya Dewi, Ririn Ekawati, dan Maryam Supraba mempersembahkan sebuah pertunjukan monolog bertajuk “Tiga Titik Monolog” yang diangkat dari naskah film yang disutradarai oleh Wawan Sofyan … Selengkapnya

megapolitan

Pusat Diminta Segera Normalisasi Kali Bekasi

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat tengah mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan normalisasi Daerah Aliran Sungai Kali Bekasi.

“Upaya ini sedang kita lakukan dalam rangka menanggulangi persoalan banjir yang kerap melanda sejumlah perumahan warga di sepanjang bantaran Kali Bekasi,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu di Bekasi, Minggu (1/5).

Menurut dia, normalisasi Kali Bekasi sudah mendesak untuk direalisasikan mengingat situasi banjir di sekitarnya saat ini semakin parah.

Pada Kamis (21/4) lalu, kata dia, sebanyak 5.000 rumah warga digenangi banjir akibat luapan Kali Bekasi dengan ketinggian 40 centimeter hingga empat meter.

Pihaknya sejauh ini belum dapat berbuat banyak guna membantu para korban banjir di kawasannya mengingat DAS Kali Bekasi merupakan kewenangan Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) di bawah komado Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Langkah koordinasi dengan pemerintah pusat sangat diperlukan, mengingat Kali Bekasi merupakan tanggung jawab pemerintah pusat,” katanya.Namun demikian, pihak terus melakukan upaya pemulihan di sejumlah lingkungan bantaran Kali Bekasi bersama dengan warga dan instansi terkait.

“Normalisasi saluran air terus kita lakukan melalui berbagai aktivitas masyarakat dan sudah dilakukan secar bersama dengan TNI, Polri dan jajaran masyarakat. Kita melakukan pembersihan lumpur dan sampah,” katanya.

Pihaknya juga turut melakukan penaggulangan banjir di lokasi terparah Perumahan Pondok Mitra Lestari dengan memasang beronjong di tanggul jebol,” katanya. Ant/P-5

Sensus Acuan Anggaran Ekonomi Rumah Tangga

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, sensus ekonomi 2016 dapat menjadikan acuan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menentukan anggaran pengembangan bagi ekonomi rumah tangga.

Khususnya di DKI Jakarta, buat saya sensus ekonomi betul-betul menguntungkan. … Selengkapnya

DKI Akan Selidiki Dana BOS yang Macet

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelidiki dana Bantuan Operasional (BOS) yang belum turun. Bebrapa sekolah tingkat menengah di Jakarta dikabarkan belum terma BOS untuk Triwulan Pertama

“BOS tahap satu sudah cair yakni untuk triwulan pertama. Kalau triwulan kedua … Selengkapnya

Sampah Demo Buruh 7,5 Ton

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Aksi demo ribuan buruh merayakan Hari Buruh Sedunia (May Day) meninggalkan banyak sampah bertebaran di sejumlah titik. Sudin Kebersihan Jakarta Pusat mencatat setidaknya terdapat 7,5 ton sampah yang dihasilkan pasca-aksi demo tersebut. 

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat, … Selengkapnya

olahraga

Pesta Leicester Tertunda

Senin 2/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

MANCHESTER. – Ambisi Leicester City menorehkan sejarah merebut gelar juara Liga Inggris tertahan, setelah pasukan berjuluk “The Foxes” itu bermain imbang 1-1 saat dijamu Manchester United (MU) di Old Trafford, Minggu (1/5).

Pasukan besutan Claudio Ranieri itu hanya butuh satu kemenangan untuk dongeng indah merebut gelar sepak bola paling bergengsi di tanah Inggris pertamakalinya dalam 132 tahun sejarah klub.

MU yang sejak awal bertekad menggagalkan pesta Leicester di Old Trafford, unggul lebih dulu melalui gol cepat Anthony Martial di menit kedelapan. Namun kapten Wes Morgan kembali memberikan harapan Leicester untuk berpesta ketika dia menyamakan kedudukan hanya berselang empat menit kemudian.

Tanpa pencetak gol terbanyak Jamie Vardy yang masih menjalani suspensi, Leicester tetap mampu mengimbangi permainan cepat “Setan Merah”.

Bahkan Leicester masih mampu bertahan dari gempuran pasukan Louis Van Gaal meski tinggal 10 pemain setelah Danny Drinkwater diusir wasit karena akumulasi kartu kuning di menit ke-86. Hasil imbang bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjangnya.

Dengan hasil tersebut Leicester saat ini mengantongi nilai 77, unggul delapan poin dari saingan terdekatnya Tottenham Hotspur yang akan dijamu Chelsea pada Selasa (3/5) dini hari WIB. Sedangkan MU mengantongi nilai 60 dari 35 kali pertandingan.

Bagi Tottenham, secara matematis harapan untuk mengejar Leicester kembali terbuka. Dengan 69 poin yang mereka miliki saat ini, pasukan besutan Mauricio Pochettino bisa meraih nilai maksimal 78 poin.

Syaratnya Tottenham menyapu bersih tiga pertandingan sisa dengan kemenangan dan berharap Leicester kalah. Hanya saja jika Tottenham kalah dari Chelsea, apapun hasil yang diraih Leicester dalam dua pertandingan sisa tetap akan menobatkan klub yang bermarkas di King Power Stadium ini menjadi juara.

Leicester juga akan tetap menjadi juara jika mereka kembali merebut hasil imbang dalam dua pertandingan tersisa, yaitu menjamu Everton, Sabtu (7/5) dan dijamu Chelsea padsa Minggu (15/5).

Publik kota Leicester sendiri sudah bersiap menyambut kejayaan klub sepak bola kesayangan mereka. Bangunan- bangunan monumental, penggemar dan bahkan sosis berubah menjadi biru di kota Leicester.

Ini menjadi mimpi indah bagi mereka mengingat musim lalu tim ini berjuang agar tak terdegradasi dari Liga Primer.

Seluruh kota penuh semangat, diliputi kegembiraan yang tak pernah ditemui sebelumnya. Dan menjadi biru. Lebih dari 100 perusahaan bisnis, sekolah dan organisasi, mendukung kampanye “Back the Blues” (dukung si biru). drb/ben/Rtr/S-1

Persaingan Kian Panas

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Persaingan La Liga kian panas jelang akhir musim setelah Barcelona, Atletico dan Real merebut kemenangan.

BARCELONA – Pemimpin klasemen La Liga Barcelona makin dekat mempertahankan mahkota mereka setelah menang tandang 2-0 atas 10 pemain Real Betis melaui gol Ivan Rakitic … Selengkapnya

KLB PSSI Tunggu Rekomendasi FIFA

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) masih menunggu rekomendasi dari Federasi Sepak bola Internasional (FIFA). Saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga masih menunggu kabar dari Ketua Komite Olimpiade Indonesia … Selengkapnya

Pesta Guardiola Tertunda

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN – Pesta Bayern Munich ditunda oleh Borussia Moenchengladbach yang bangkit untuk hasil imbang 1-1 di Allianz Arena, Sabtu (30/4). Hasil itu memaksa klub Bavarian menunggu setidaknya sepekan untuk meraih gelar Bundesliga berturut-turut.

Bayern, membutuhkan kemenangan untuk membungkus gelar, namun … Selengkapnya

kupas

Perubahan untuk Menguatkan Sinyal Kebijakan Moneter

Senin 2/5/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menurunkan suku bunga acuan BI Rate tiga bulan berturut-turut, Bank Indonesia (BI) pada pertengahan bulan April ini mengumumkan kebijakan dengan mereformulasi BI Rate sebagai suku bunga kebijakan menjadi BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Kebijakan ini akan menjadi acuan utama di pasar keuangan dan akan memperkuat transmisi kebijakan moneter lewat suku bunga di pasar keuangan dan perbankan.

Untuk mengetahui lebih detail tentang bunga acuan baru tersebut, berikut petikan wawancara dengan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung.

Apa latar belakang mengubahsuku bunga kebijakan?

 Derasnya aliran modal asing yang masuk sejak krisis global 2010- 2012 menyebabkan perbedaan yang besar antara suku bunga BI Rate dengan suku bunga di Pasar Uang Antar Bank (PUAB), ini mulai terjadi sejak pertengahan 2010.

Besarnya ekses likuiditas di PUAB dari aliran modal asing tersebut menyebabkan suku bunga PUAB tenor jangka pendek sangat rendah mendekati DF, jauh di bawah BI Rate yang konsisten dengan pencapaian sasaran inflasi.

Sementara itu, belum berkembangnya PUAB menyebabkan belum terbentuknya struktur suku bunga PUAB itu sendiri khususnya tenor di atas 3 bulan hingga 12 bulan.

Dengan kondisi tersebut transmisi kebijakan moneter menjadi kurang efektif dalam memengaruhi suku bunga di pasar uang. Hal itu yang mendorong BI mendekatkan suku bunga kebijakan ke arah tenor yang diacu oleh pasar uang yaitu tenor yang lebih pendek.

Apa yang ingin diharapkan dari reformulasi BI Rate menjadi BI- 7 Days (Reverse) Repo Rate?

Tujuan utama mereformulasi BI Rate menjadi BI-7 Days Repo Rate ada tiga, pertama untuk lebih menguatkan sinyal kebijakan moneter di pasar keuangan, kemudian kedua, meningkatnya efektivitas transmisi kebijakan moneter melalui pengaruhnya pada pergerakan suku bunga pasar uang dan suku bunga perbankan.

Ketiga, diharapkan pasar keuangan yang terbentuk lebih dalam khususnya transaksi dan pembentukan struktur suku bunga di pasar uang antarbank (PUAB) untuk tenor 3-12 bulan.

Apa kelebihan dari BI-7 Days Repo Rate?

Kalau BI Rate benar-benar hanya jadi acuan, sedangkan BI-7 Days Repo Ratediharapkan jadi anchor baik perbankan maupun di pasar uang antarbank, sehingga pasar lebih berkembang.

Apa perbedaan BI Rate dan BI-7 Days Repo Rate?

BI Rate per April 2016 berada di level 6,75 persen atau setara dengan suku bunga 12 bulan dalam struktur suku bunga operasi moneter. Sedangkan BI 7-Day Repo Rate saat ini berada di level 5,50 persen atau setara dengan suku bunga operasi moneter 7 hari.

Kapan suku bunga acuan baru efektif berlaku?

BI Rate tetap sebagai suku bunga kebijakan sebelum 19 Agustus 2016, setelah itu baru BI 7-Day Repo Rate yang akan digunakan sebagai acuan.

Dengan demikian dalam struktur tenor operasi moneter, suku bunga kebijakan akan bergeser dari tenor 1 tahun menjadi tenor yang lebih pendek.

Bagaimana efektivitasnya terhadap penurunan suku bunga dana dan kredit perbankan?

Perubahan ditujukan untuk memperkuat efektivitas kebijakan moneter, sehingga setiap ada perubahan tingkat suku bunga kebijakan, baik naik maupun turun bisa berdampak pada suku bunga pasar uang dan perbankan, baik deposito maupun kredit, jadi dampak perubahannya semakin cepat.

Untuk pelaksanaan teknisnya, bagaimana jadwal pengumuman suku bunga baru ini dan untuk perubahannya berapa basis poin?

Jadwal pengumuman sama seperti sebelumnya yaitu sebulan sekali sesudah Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan dan untuk perubahannya baik naik maupun turun sebesar 25 basis poin (bps) seperti best practise di bank Juda Agung sentral lain. budi/AR-2

Izin Kerja Ada Tapi Disalahgunakan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditangkap karena melakukan pengeboran tanah untuk proyek kereta cepat tanpa izin di wilayah Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara.

Pemeriksaan terkait izin kerja lima TKA pekerja kereta cepat … Selengkapnya

“Feedloter” dengan Sengaja Menahan Stok

Kamis 28/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjatuhkan sanksi senilai 106 miliar rupiah kepada 32 perusahaan penggemukan sapi atau feedloter.

Hukuman itu diberikan karena feedloter tersebut menahan pasokan yang memicu terjadinya kenakan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek. Akibatnya, daya beli … Selengkapnya

AKP Ichwan Lubis Diancam Pasal Pencucian Uang

Rabu 27/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis (IL) ditangkap anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan dugaan menerima dana hasil kejahatan narkoba sebesar 2,3 miliar rupiah dari bandar narkoba.

Uang hasil kejahatan narkoba itu diduga diberikan agar bandar narkoba yang saat itu … Selengkapnya

berita lain

Merawat Lantai Kayu agar Lebih Artistik

Senin 2/5/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lantai yang terbuat dari kayu memang sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Lantai kayu harus dirawat dengan hati-hati agar tampilannya tetap terlihat indah.

Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus diperhatikan tetapi keawetan lantai kayu … Selengkapnya

Layanan Video “Streaming” Banting Harga

Kamis 28/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak hadirnya penyedia konten video berbayar cukup menguntungkan bagi pelanggan. Kompetisi yang sengit diantara mereka membuat pelanggan mendapatkan harga murah, dengan beragam kualitas.

Setelah konten video berbayar Netflix sempat tampil, belakangan ini muncul Tribe, Hooq, dan juga Iflix. Tribe misalnya … Selengkapnya

Beijing Auto Show 2016 Memburu Pasar Raksasa

Rabu 27/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok saat ini menjadi salah satu kiblat industri otomotif di Asia setelah Jepang. Pada 2014 misalnya sebanyak 23,48 juta mobil terjual di Tiongkok. Kini pameran mobil Beijing Auto Show 2016 menjadi yang paling ditunggu. Produk apa saja yang diluncurkan?

Sebagai … Selengkapnya